02 September 2014

Penerbad Latihan Bersama US Army

02 September 2014


AH-64 Apache dan Mi-35 (photo : skyscrapercity)

SEMARANG - Sebanyak 15 helikopter akan dilibatkan dalam latihan bersama (Latma) TNI AD dan US Army dalam sandi Garuda Shield atau Perisai Garuda. Latihan tersebut melibatkan personel dari berbagai cabang di angkatan darat, termasuk Penerbad, di antaranya 4 Bell-412, 2 BO-105, 2 MI-35, 1 MI-17V5, 4 AH- 64 Apache, 1 UH-60 Black Hawk, dan 1 HH-60 Black Hawk.

Latihan tersebut melibatkan 207 personel dari Penerbad dan 103 personel US Army Aviation. Latihan bersama Garuda Shield-8/2014 digelar 1-23 September mendatang di Semarang untuk aviation exercise dan di Asembagus Situbondo untuk ground force exercise yang dirangkai dengan materi aviation exercise meliputi pengintaian udara, bantuan tembakan, manuver mobilitas udara, dan evakuasi udara. Pembukaan Latma Garuda Shield-8/2014 di Lanumad AYani Semarang, Senin (1/9) dipimpin Danpus Penerbad Brigjend TNI Benny Susianto dengan ditandai penyematan tanda latihan kepada perwakilan personel TNI AD dan US Army yang berlangsung di Lanud Ahmad Yani.

KSAD Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, dalam sambutan yang dibacakan Danpus Penerbad Brigjend TNI Benny Susianto mengatakan, Latma Garuda Shield diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi peserta latihan untuk dapat melaksanakan tugas sebagai pasukan penjaga perdamaian PBB.

Juga dalam melaksanakan tugas-tugas negara yang berhubungan dengan operasi penerbangan. “Latihan bersama ini selain untuk meningkatkan profesionalisme keprajuritan dan interoperability di antara peserta. Juga diharapkan dapat meningkatkan kerja sama, saling percaya, dan persahabatan,” katanya.

Dia menambahkan, Latma Garuda Shield tahun ini difokuskan pada materi operasi perdamaian dengan metode gladi posko (command post exercise). Kemudian melaksanakan latihan gladi lapang (field training exercise) dengan materi operasi lawan insurjensi. Juga materi perawatan dan evakuasi kesehatan dan latihan bersama personel Penerbad dalam operasi taktis dan menembak bantuan udara. (H55-39)

(Suara Merdeka)

1 komentar:

  1. baru pertama kalinya negara asing belajar menginfasi pulau tua jawa dengan kekuatan udara ini latihan sudah meleceng dan yaris ga masuk akal

    BalasHapus