06 Juli 2015

PAL Indonesia Lakukan Revitalisasi KRI Arung Samudra

06 Juli 2015


 KRI Arung Samudra, kapal latih TNI AL (photo : Koran Sindo)

PT PAL INDONESIA (Persero) saat ini sedang melaksanakan revitalisasi Kapal yaitu KRI Arung Samudra (KRI ARSA) jenis kapal latih yang dimiliki TNI Angkatan Laut, tepatnya di dock “Apung Surabaya”. Kapal tersebut adalah Salah satu kapal latih selain KRI Dewaruci, diawaki oleh 16 personil dengan berbagai keahlian. Banyak penghargaan yang diperoleh sejak 1953 kali pertama Kapal ini membentangkan layar berkeliling dunia. Hingga pernah dilakukan selama 1 tahun dan 1 bulan. Kapal yang pernah dikomandani  oleh beberapa pejabat Tinggi TNI Angkatan Laut, saat ini dikomandoi oleh Mayor Laut (P) Suroto.

Deputi Bidang SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kementerian Maritim, Dr.Syafri Burhanuddin dan rombongan didampingi oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H, M.A.P, berkenan meninjau KRI Arung Samudra yang saat itu sedang dalam revitalisasi di PT PAL Indonesia dan diterima langsung oleh Direktur SDM & Umum Etty Soewardani turut mendampingi Kepala Divisi Pemeliharaan & Perbaikan, Ismu.

Pada kesempatan tersebut Kapal yang memiliki banyak prestasi dari berbagai kompetisi di dunia ini masih dilakukan revitalisasi guna membantu program Kerjasama Kementerian Koordinator Kemaritiman dan TNI-AL.


Kapal layar KRI Arung Samudra (photo : kaskus Militer)

Sukses dengan program Ekspedisi Nusantara Jaya I, KRI ARSA ini nantinya juga dapat berpartisipasi dalam program pengenalan kemaritiman pada pemuda-pemudi Indonesia. Memiliki panjang 39,40 m, lebar 6,45 m, kedalaman (draught) 2,60 m, luas layar 434 m2, diharapkan dapat sukses seperti KRI Banda Aceh – 593 buatan PT PAL Indonesia. Rute yang telah disiapkan ini akan menjadi kesempatan dalam memberikan pengetahunan dan wacana kemaritiman dari kapal yang pernah dikomandani PANGARMATIM pada 1996.

Program yang ditujukan kepada para siswa-siswi untuk dapat mengarungi dan menjelajahi wilayah Indonesia dengan KRI ARSA untuk membatu program pemerintah dengan visi tol laut-nya untuk menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi antara Indonesia bagian barat dan timur. Dengan Revitalisasi ini diharapkan KRI Arung Samudra dapat beroperasi kembali serta dapat bergabung dalam pelaksanaan Sail Tomini yang akan di gelar pemerintah Indonesia pada Agustus s/d September 2015.

(PAL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar