03 Agustus 2017

Kapal Selam KRI Nagapasa 403 Resmi Perkuat TNI AL

03 Agustus 2017

KRI Nagapasa 403 (photos : detik)

Kapal selam KRI Nagapasa-403 yang akan menjadi senjata andalan dari TNI Angkatan Laut segera perkuat armada TNI Angkatan Laut. Hal tersebut ditandai dengan peresmian acara Shipnaming dan Commissioning KRI Nagapasa–403 yang diresmikan secara langsung oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu dan Ibu Nora Ryamizard Ryacudu di dermaga galangan kapal DSME209 (Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering), Okpo, Geoje, Gyeongsang Selatan, Korea Selatan, Rabu (2/8). Dalam kegiatan ini Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi S.E., M.A.P., turut hadir dan menyaksikan peresmiannya.

Penamaan Nagapasa merupakan senjata dari pewayangan Indrajit, Nagapasa merupakan senjata dahsyat yang mampu melumpuhkan musuh. Dengan penamaan tersebut diharapkan Kapal selam KRI Nagapasa-403 dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai senjata andalan armada TNI Angkatan Laut.

Acara Shipnaming KRI Nagapasa-403 ditandai dengan pemecahan kendi oleh Ibu Nora Ryamizard Ryacudu sebagai tanda simbolis pemberian nama kapal selam DSME209 dan dilanjutkan dengan upacara Commissioning yang dipimpin oleh Menhan RI-Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu. Pada upacara commissioning Kapal DSME1400, bendera Merah-Putih dinaikkan di atas kapal sebagai tanda resmi KRI Nagapasa-403 telah menjadi bagian dari kekuatan TNI.

Perjalan panjang pembangunan Kapal Selam Diesel Elektrik DSME209  ini yang rencananya akan dikomandani oleh Letkol Laut (P) Harry Setyawan, S.E., meliputi kegiatan Steel cutting KRI Nagapasa-403 pada 3 Desember 2013, Keel laying pada 9 April 2015, serta Launching pada 24 Maret 2016 yang kemudian dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan sea trial serta pelatihan awak KRI Nagapasa-403 selama satu tahun. Kapal selam ini diawaki oleh 41 personil, direncanakan akan berlayar menuju Indonesia pada awal Agustus ini selama 17 hari.


Berdasarkan kontrak pengadaan kapal selam DSME 209 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dengan pihak galangan DSME Korea Selatan, maka dilaksanakan pembangunan kapal sebanyak tiga buah yang dimulai sejak bulan Januari 2013 dengan bobot 1400 ton, memilki panjang 61.3 meter dan lebar 7.6 meter dengan kecepatan ± 21 knot di bawah air.

Kapal selam DSME209 produksi DSME ini merupakan kapal selam dengan Latest Combat System, Enhanced Operating System, Non-hull Penetrating Mast and Comfortable Accomodation, serta dilengkapi dengan peluncur torpedo yang mampu meluncurkan torpedo 533 mm dan peluru kendali anti kapal permukaan yang merupakan modernisasi armada kapal selam TNI Angkatan Laut.

Dengan adanya penambahan jumlah kapal selam Indonesia, diharapkan dapat mendukung kegiatan operasi laut guna mengemban tugas TNI Angkatan Laut dalam rangka menjaga keamanan di wilayah laut yuridiksi nasional sehingga misi pembangunan nasional maritim Indonesia yang dicanangkan oleh Presiden RI: Indonesia sebagai poros maritim dunia dapat tercapai.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Dubes LBBP RI di Korea Selatan H.E. Mr. Umar Hadi, Katimlak KKIP Laksamana TNI (Purn) Soemardjono, Kasum Panglima TNI Laksamana Madya TNI Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., Kabaranahan Kemhan Laksamana Muda TNI Leonardi, Dirjen Renhan Kemhan Marsekal Muda TNI Abdul Muis, Aslog Kasal Laksamana Muda TNI Mulyadi, Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., Waasops Panglima TNI Laksamana Pertama TNI Nurhidayat dan Komandan Satgas Yekda KSDE Klas DSME209 Laksamana Pertama TNI Iwan Isnurwanto.

(TNI AL)

30 komentar:

  1. kesian malaysie....jom songlap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nak tanya rakyat indonesia kapal selam indon beroperasi berapa ribu jam setahun...

      Hapus
  2. Selamat bertugas.Semoga full armament.. :D

    BalasHapus
  3. This is awesome...
    Let those family of ketkeke ertuiwawawa and gambibit mother and sister to be the guest inside for the sailor and make them as a cook, helper as well..
    Hahahahaha

    BalasHapus
  4. Welcome home Nagapasa,,, you will bring back the great memory of Indonesian Navy like in de 60th

    BalasHapus
  5. Ini dibawanya gmn y? Keperti kilo vietnam apa langsung dikendarai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung dipake kemari.Kayak dulu pas kakaknya selesai overhoul disana.Lewat wilayah Philippine. :D

      Hapus
    2. Langsung disemplak om TT, sekalian biar ABK-nya katam perairan disekitar kita...gak kaya yang ngakunya gahar tapi kemana-mana minta gendong (takut jebol propulsinya), hhhh

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. Aku gak bakalan seneng dulu , sebelum ks dari rakitan di pt. PAL resmi beroperasi baru bangga meskipun masih ngerakit gitu soaly tidak semua negara mampu merakit kapal selam karena butuh kecermatan dan ketelitian yg tinggi , sdm yg mumpuni dan butuh sarana dan prasarana dengan kualitas teknologi tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. habis ini yg udah kelihatan terjadwal, pt palindo marine sama bppt bikin kapal selam 22m, pt pal mungkin masih lama

      Hapus
    2. gak pakai bantuan luar kelihatanya, dan design asli indonesia,

      Hapus
  7. Tahniah Indon! Psstikan torpedo nya ada ! Nanti menyelam tanpa peluru pulak!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesian malaysie....jom songlap...by the way...pt di produced torpedo.....don't buthurt wakakakakaka

      Hapus
    2. Tenang om Bagio...tanpa torpedopun kasel kami tetap berbahaya. seperti pepatah "Tak ada rotan, akarpun jadi...tak ada torpedo, tabung gas 50kg pun berguna"

      Walopun kadang kala tabung gas 50kg susah dicari dipasaran...kami masih punya suwandaru dan muarif rebon

      Hapus
    3. jangankan torpedo, si gembul kim jong un aje bisa diangkut!
      mao nebeng ke genting hailen jenguk bang saiful "ass"me husin yg lg merenung dipojokan🤓

      bawa oleh" tuch fisank haha!😅
      🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  8. Welcome Home KRI Nagapasa 403.
    Congratz Korps Hiu Kencana TNI AL.

    BalasHapus
  9. untuk wilayah laut barat indonesia...yg terbaik adalah midget....karena lebih stealt dan mematikan

    BalasHapus
  10. Nice one Indonesian navy new submarine

    BalasHapus
    Balasan
    1. indonesia now producing mini submarine/midget...maybe philipine interest with this one????

      Hapus
  11. hull 209......electronik equipment 214+212....nice mutan indo submarine

    BalasHapus
  12. Do they know how to use this machine?

    BalasHapus
  13. Selamat TNI🇮🇩AL & korps hiu kencana,
    jales veva jaya mahe👏.viva kri 403 nagapasa.




    BalasHapus
  14. Alhamdulillah...akhirnya ks nagapasa TNI-AL jdi dn ikut parade HUT TNI Oktober dn tank trbaru buatan indo/turki.Macan Asia Bangkit kembali...Smangat.

    BalasHapus