19 September 2024

LEN Pamerkan UAV Untuk Keperluan Surveilance dan Kombatan

19 September 2024

UAV DID 3.11 produksi PT LEN (photo: JawaPos)

PT Len Pamerkan Teknologi UAV di Bali Airshow

KBRN, Bandung: Induk holding DEFEND ID, PT Len Industri (Persero) turut meramaikan acara bergengsi Bali International Airshow 2024. PT Len ikut serta dengan mengenalkan UAV DID 3.11, yakni pesawat terbang tanpa awak.

UAV DID 3.11 merupakan produksi dalam negeri yang dirancang dengan kemampuan yang mumpuni untuk berbagai misi, mulai dari penginderaan, pemetaan, pengawasan wilayah teritorial dan maritim, hingga misi kombatan.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, salah satunya adalah Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam pembukaan opening ceremony Bali International Airshow 2024, Luhut menyampaikan, acara tersebut merupakan kesempatan bagus untuk membentuk kolaborasi dan kerjasama.

UAV DID 3.11 produksi PT LEN (photo: LEN)

"Kehadiran perusahaan-perusahaan besar hari ini bukan hanya untuk pameran, ini merupakan titik balik strategis industri aviasi Indonesia dengan produk berkualitas tinggi, seperti pesawat terbang tanpa awak DID 3.11 produksi PT Len Industri (persero) dan N219 produksi PT Dirgantara Indonesia yang juga anak perusahaan dari Holding BUMN Industri Pertahanan DEFEND ID," kata Luhut, Rabu (18/9/2024).

Direktur PT Len Industri (Persero), Bobby Rasyidin menyampaikan, UAV DID 3.11 sudah memiliki TKDN 45 persen, saat ini terdapat 2 jenis UAV yang diproduksi, yaitu untuk keperluan surveilance dan kombatan.

"Kedepannya kami akan development payload sesuai dengan misi yang diperlukan user. Contohnya payload untuk SAR (Synthetic Apperture Radar), Direction Finder, dan Jammer Fitur Unggulan UAV DID 3.11. Lalu kemampuan multifungsinya dirancang untuk dilengkapi dengan berbagai sensor canggih, UAV ini mampu menjalankan berbagai misi dengan efektif dan efisien," kata Bobby.

Spesifikasi UAV DID 3.11 produksi PT LEN (photo: istimewa)

Lanjut Bobby, Endurance yang efektif: Dengan waktu terbang di atas 10 jam, UAV DID 3.11, dapat melakukan misi dalam jangka waktu yang lebih panjang sehingga lebih efektif dalam menjalankan misi.

Kemampuan operasional yang efisien, Dengan kemampuan take-off/landing otomatis, kemudahan pengoperasian, mobilisasi yang ringkas dan jenis bahan bakar yang umum. UAV DID 3.11 efisien dalam operasional maupun penggelarannya. Selain itu, biaya operasional menggunakan UAV lebih ekonomis jika dibandingkan dengan pesawat udara konvensional.

Dampak terhadap Industri Pertahanan Indonesia hadirnya UAV DID 3.11,  merupakan tonggak sejarah bagi industri pertahanan dan bagi Indonesia. Antara lain: Penguatan Kedaulatan: UAV DID 3.11 akan memperkuat kemampuan pertahanan dan pengawasan, serta meningkatkan efektivitas dalam menangkal berbagai ancaman.

Keberhasilan Indonesia dalam mengembangkan UAV canggih akan meningkatkan prestise bangsa di mata dunia, dan menunjukkan bahwa Indonesia telah menjadi pemain utama dalam industri kedirgantaraan.

Penting lainnya, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Tinggi: UAV DID 3.11 memiliki TKDN sebesar 45%, menunjukkan komitmen PT Len Industri dalam mengembangkan produk dalam negeri. UAV DID 3.11 buatan PT Len Industri ini merupakan manifestasi nyata dari semangat kemandirian bangsa dalam penguasaan teknologi kedirgantaraan.

(RRI)

Safran Integrating the PASEO Joint Fires on Hanwha’s Redback Infantry Fighting Vehicle

19 September 2024

Hanwha Redback Infantry Fighting Vehicle (IFV) (photo: Australian Arny)

Safran Electronics and Defense Australasia has been chosen to supply PASEO Joint Fires advanced day and night panoramic sight for integration on the Hanwha Defence Australia’s Redback Infantry Fighting Vehicle (IFV).

The PASEO Joint Fires solution provides the long-range Intelligence, Surveillance, Target Acquisition, & Reconnaissance sensor for the Redback IFV supplied by Hanwha to the Australian Defence Forces (ADF) under the LAND 400 Phase 3 project. The contract calls for the production and delivery of PASEO Joint Fires sensors and associated ancillaries.

This contract leverages the world leading position of the PASEO family which has sold more than 2,500 units for IFVs, Main Battle Tank and Joint Fires worldwide. It integrates high performances day and night all weather optronics sensors and offers 360° coverage with a high-rate sectorial scanning capability. The PASEO Joint Fires includes Safran’s Geonyx inertial navigation system, which provides precise and reliable positions, even if satellite navigation signals are unavailable or inaccessible (GNSS-Denied environment).

PASEO Joint Fires advanced day and night panoramic sight (photo: Safran)

The project will continue Safran’s legacy of providing premium optronics sensor solutions for the Royal Australian Navy and the Australian Army. Safran Electronics and Defense Australasia already successfully delivered its portable optronic solutions under LAND 17 project aimed at enhancing Australian’s artillery capabilities and LAND 300 project to equip the Australian soldiers with next-generation surveillance and target acquisitions ancillaries. As well as its onboard day and night sight MINEO integrated on the Hanwha Defence Australia’s Huntsman family of vehicles under the LAND 8116 Phase 1 project.

Safran Electronics & Defense Australasia benefits from Safran's international know-how and network to support its local customers. It will leverage its extensive sovereign optronic engineering and sustainment capability to allow Hanwha Defence Australia and the ADF to achieve their capability outcomes.

Anthony Bianco, Safran Electronics and Defense Australasia, Head of Sales and Marketing “We are delighted to continue to support Australian Defence and Hanwha Defence Australia with yet another trusted and battle proven optronic solution where we will be supporting the design, integration and sustainment in country. It will be critically important that this superior capability is delivered to Australian Defence as we have done for Army over the last five years.” 

”We are proud to continue our relationship with Safran Electronics & Defense Australasia across both our Huntsman and Redback vehicles for our Australian customer,” Hanwha Defence Australia’s Acting Managing Director Mr Dean Michie. “In today’s congested and contested battlespace, their technology is a key offering on our vehicles.”

(Safran)

Indonesian Air Force Orders Four Airbus H145 Helicopters

19 September 2024

For TNI AU, Airbus H145 helicopters will be deployed for military training and light search-and-rescue missions (photo: Airbus)

Bali – The Indonesian Air Force has placed an order for four Airbus H145 helicopters as part of its training modernisation programme. The order was announced during the Bali International Airshow taking place this week.

Under the agreement between the Indonesian Air Force and PT Dirgantara Indonesia (PTDI), Airbus will deliver the five-bladed H145s to PTDI, who will manage the reassembly and completion of the mission equipment and other customisation work at its facility in Bandung, Indonesia, for final delivery to the air force. These multi-mission helicopters will be deployed for military training and light search-and-rescue missions.

“We are honoured by Indonesia’s selection of the country’s first Airbus H145 for its new training fleet. We are fully confident that the highly versatile H145 will make a positive impact in enhancing its military pilot training and at the same time be a critical enabler for its search-and-rescue operations. With a trusted partner in PTDI, we look forward to working together in support of Indonesia’s fleet,” said Vincent Dubrule, Head of Asia-Pacific, Airbus Helicopters.

“We are deeply honoured by the trust placed by the Indonesian Air Force through their order of the H145 helicopters as part of their training modernisation programme. This collaboration not only strengthens the long-standing partnership between PTDI and Airbus, but also showcases our commitment to providing innovative and reliable solutions for national operational needs. Through this close partnership, PTDI will not only support the delivery of the H145 helicopters but will also enhance our capabilities in terms of integration and assembly at our facilities. We are confident that this cooperation will create new opportunities for the development of the national aerospace industry and further sustain the long-term relationship between PTDI and Airbus, which we continue to strengthen for a more advanced future,” said Gita Amperiawan, President Director, PT Dirgantara Indonesia.

H145 cockpit (photo: Airbus)

Airbus Helicopters and Indonesia have an enduring relationship of close to 50 years dating back to 1976 when PTDI first obtained a licence to produce the NBO-105 helicopter. PTDI became a key supplier of Airbus H225’s rear fuselage and main airframe in 2008, with full production in place in Indonesia by 2011. The two companies expanded the industrial cooperation in 2017, to include support and services dedicated for the Indonesian military fleet of helicopters, and most recently deepened the collaboration to explore the development of aerostructure production for the manufacturer's helicopter platform, helicopter completions, and enhancing local maintenance, repair and overhaul capabilities.

The latest version of Airbus’ best-selling H145 adds an innovative five-bladed rotor to the multi-mission H145, increasing the useful load of the helicopter by 150 kg. The simplicity of the new bearingless main rotor design eases maintenance operations, improves serviceability and reliability, and enhances flight comfort for both passengers and crew.

Worldwide there are more than 1,700 H145 family helicopters in service, with a total of more than 7.9 million flight hours. The Helionix digital avionics suite includes a high performance 4-axis autopilot, increasing safety and reducing pilot workload. Its particularly low acoustic footprint makes the H145 the quietest helicopter in its class, while its CO2 emissions are the lowest among its competitors. The H145 family is used to train military personnel by armed forces around the world, including the US Army, the UK Armed Forces and soon Germany.

18 September 2024

Kemhan Lakukan Peluncuran OPV 90M Produksi PT Daya Radar Utama

18 September 2024

Kapal OPV 90M produksi PT Daya Radar Utama (photos: istimewa, Kemhan)

Staf Ahli Menhan Bidang Politik Mayjen TNI Drs. Nugroho Sulistyo Budi, M. M., M.Han., memimpin upacara peluncuran (launching) Kapal OPV 90M di Lampung, Rabu (18/9), produksi PT. Daya Radar Utama.


Kegiatan peluncuran kapal merupakan salah satu milestone pembangunan kapal yang menandai pertama kalinya kapal berada di air, dan pembangunan kapal OPV 90M ini merupakan wujud kontribusi Kemhan dalam mendukung kemandirian industri pertahanan dalam negeri, untuk meningkatkan laju perekonomian nasional dan kesejahteraan rakyat Indonesia.


"Atas nama Menteri Pertahanan, saya dan seluruh jajaran Kementerian Pertahanan dan TNI Angkatan Laut menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih atas kerja sama dan kerja keras yang dilakukan PT. Daya Radar Utama beserta staf, serta Satuan Tugas Yekda dalam negeri Kapal OPV 90M, sehingga mampu menunjukkan kemampuan yang patut diapresiasi dengan selesainya pembangunan kapal yang sesuai kontrak."


"Selain itu saya juga mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan launching yang berjalan dengan aman dan lancar," kata Kabaranahan Kemhan dalam sambutannya, yang disampaikan Staf Ahli Menhan bidang Politik.

Super Hornet Australia Akan Menerima Pod IRST dari AS

18 September 2024

Sensor IRST21 (photo: Lockheed Martin)

Angkatan Udara Kerajaan Australia akan menerima 12 pod Pencarian dan Pelacakan Inframerah (Infrared Search and Track/IRST) ASG-34A(V)1 Blok II untuk 24 F/A-18F Super Hornet sebelum akhir tahun 2025. Departemen Pertahanan Australia telah mengalokasikan senilai $74 juta untuk membeli pod tersebut melalui skema Penjualan Militer Asing (Foreign Military Sales/FMS) dengan Angkatan Laut AS.

Juru bicara Departemen Pertahanan Australia mengatakan kepada ADM bahwa “RAAF dijadwalkan untuk menerima pengiriman 12 Pod Pencarian dan Pelacakan Inframerah (IRST) Blok II hingga tahun 2024 dan 2025. Perkiraan biaya akuisisi untuk 12 Pod IRST adalah $74 juta,” dan dilanjutkan kemudian “Pod IRST tidak memerlukan pemutakhiran F/A-18F ke standar Block III."

F/A-18 Super Hornet US Navy membawa pod IRST pada tangki bahan bakarnya di bawah badan pesawat (photo: Lockheed Martin)

Berbeda dengan Su-27/30 Flanker, Rafale dan KF-21 yang memiliki IRST pada hidung pesawat tepat di depan kokpit pilot, pod IRST Block II pada F/A-18F Super Hornet adalah berupa tangki bahan bakar garis tengah FPU-12/A yang dimodifikasi dengan bagian hidung yang diubah untuk mengakomodasi sensor Lockheed Martin IRST21. Tangki yang dimodifikasi, yang dikenal sebagai FPU-13/A, membawa 490 liter bahan bakar lebih sedikit dibandingkan dengan FPU-12/A standar.

Pod Block II, yang pertama kali terbang pada akhir tahun 2019, dan belum memasuki layanan operasional. Pod ini memiliki kinerja yang lebih baik daripada sistem Block I dan juga lebih ringan dan lebih kecil, sehingga memungkinkan lebih banyak bahan bakar untuk dibawa di bagian tangki unit. Sedangkan Block I telah digunakan sejak tahun 2019 pada operasi kapal induk USS Nimitz di Timur Tengah.

Philippine Army's Plan to Reactivate More FV 101 Scorpion Tank

18 September 2024

FV 101 Scorpion of the Philippine Army (photos: MaxDefense)

In a surprising yet strategic move, the Philippine Army has successfully repaired and returned several of its aging FV 101 Scorpion Light Tanks to active service.

This development marks a significant milestone in the Army's efforts to maximize its existing assets while modernizing its forces.

The FV 101 Scorpion once the backbone of the Philippine Army's armored capabilities had been largely sidelined in recent years especially following the arrival of the more advanced Sabra Llight Tanks purchased from Israel's Elbit Systems.

One of the key elements of this plan involves upgrading the Scorpions with modern weapon systems.

The Army is expected to equip the reactivated tanks with new more powerful armaments that will greatly enhance their combat capabilities.

See full article Update PH

17 September 2024

Balitbang Kemhan Laksanakan Pengujian Kamikaze Drone dan Weaponized Drone

17 September 2024

Uji fungsi prototipe kamikaze drone (photos: Kemhan)

Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Melaksanakan Uji Fungsi Prototipe Kamikaze Drone Tahap 1 di AWR Pandanwangi, Lumajang

Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan melaksanakan kegiatan uji fungsi Prototipe Kamikaze Drone Tahap I yang dilaksanakan pada tanggal 2 s.d 6 September 2024 di Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi Lumajang Jawa Timur. Kegiatan Uji fungsi dipimpin oleh Laksma TNI Danto Yuliardi Wirawan,S.T, M.T selaku Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan, serta didampingi oleh Kolonel Laut (KH) Ir. Herlambang Effendy, M.Si Kabid Matra Laut Puslitbang Balitbang Kemhan, para Peneliti/Perekayasa, APN, Kasubbid Bidang Matra Laut Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan. Kegiatan uji fungsi juga melibatkan tim uji dari Dissenlekal, Dislitbangal, Kormar dan Puslaik Kemhan. Litbang Prototipe Kamikaze Drone Tahap I ini diselenggarakan oleh Balitbang Kemhan bekerjasama dengan PT. AKM Teknologi Nuswantara sebagai upaya penguasaan teknologi pertahanan dalam rangka mewujudkan kemandirian Alpalhankam buatan dalam negeri.


Kegiatan Uji fungsi Prototipe Kamikaze Drone Tahap I dimaksudkan untuk menguji kemampuan Prototipe Kamikaze Drone Tahap I sesuai dengan syarat-syarat operasional dan spesifikasi teknis yang telah ditetapkan. Uji fungsi yang dilaksanakan dinilai telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan yang meilputi beberapa aspek yaitu aspek konstruksi dan perlengkapan, aspek kemampuan, aspek kelancaran kerja dan aspek insani. (Kemhan)

Supervisi weaponized drones (photos: Kemhan)

Kapuslitbang Iptekhan Menghadiri Supervisi Rancang Bangun Weaponized Drone di Lapangan Pusdik Armed Batujajar Bandung

Marsma TNI S. Arief Hardoyo, ST, M.IT, M.Sc berkunjung di Lapangan Tembak Pusdik Armed Batu jajar Bandung, pada tanggal 4 s.d 6 Septembar 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk mengawasi secara langsung kegiatan rancang bangun Weaponized Drone, Dimana pelaksanaan Litbang apakah sudah sesuai dengan rencana baik spesifikasi, mutu, waktu maupun manajemen resiko agar dapat berjalan lancar sesuai tahapan yang telah dibuat, serta proses Litbang yang dilakukan ini memiliki kualitas dan performance yang handal sesuai requirement yang telah ditetapkan.

Supervisi Weaponized Drone ini merupakan salah satu upaya meningkatkan pengawasan dan kontrol dalam penguasaan teknologi di bidang pembangunan ekosistem riset dan inovasi drone yang dipersenjatai dihadapkan dengan output yang telah di capai antara konseptual desain yang sedang direncanakan, Requirement dan referensi serta kaidah-kaidah standar dalam perhitungan dan simulasi yang dibutuhkan untuk mendukung terwujudnya Weaponized Drone yang benar-benar sesuai engineering yang pada gilirannya dapat meningkatkan sistem pertahanan.


Penguasaan teknologi drone selalu berevolusi dari masa ke masa sesuai kebutuhan masyarakat dunia saat ini, begitu juga dengan pemanfaatannya yang semula hanya dimanfaatkan oleh masyarakat sipil bergeser menjadi kepentingan militer. Pemanfaatan drone sebagai peralatan militer yang didukung teknologi canggih diperlukan reserve engineering yang disesuaikan requirement dilingkungan TNI, sehingga Balitbang Kemhan mencoba dan berupaya melakukan akselerasi penguasaan teknologi, melakukan misi Intelegence, Surveilance, dan Reconaisanse (ISR) serta mengembangkan Mission System Tactical Combat.

Kegiatan Supervisi yang merupakan hasil kegiatan bersama dengan mitra Litbang PT. SAS Aero Sishan dapat berjalan sesuai On The Track. Dilihat dari fungsinya TNI membutuhkan Weaponized Drone sebagai future target untuk mendukung tugas OMP dan OMSP sehingga Opsreq yang berisi persyaratan keandalan (reliability), kemampuan adaptasi (adaptability), daya tahan (sustainability) dan kemampuan kerjasama ops (interoperability) sesuai dengan kebutuhan organisasi skadrone UAV  merupakan kunci hubungan antara riset dan inovasi guna meningkatkan daya saing menuju keberhasilan perwujudan Weaponized Drone menjadi Alutsista tangguh di masa depan. Kegiatan Supervisi ini sejalan dengan transformasi sistem kelitbangan yang inklunsif dan berkelanjutan, bersinergi meneguhkan keberpihakan pada peningkatan kualitasi riset dan inovasi melalui peningkatan berbasis engineering untuk kemandirian pertahanan yang mampu diproduksi dalam negeri sebagai peralatan yang mendukung tugas pokok TNI dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI.


Dengan melihat begitu besarnya manfaat kegiatan Supervisi sebagai salah satu upaya menjaga pencapaian kemajuan pekerjaan sehingga pekerjaan dapat selesai tepat waktu dan sesuai dengan mutu dan kualitas yang diharapkan serta sasaran kinerja yang telah disepakati. Capaian progress report admistrasi dan capaian kemajuan fisik harus selalu balance dan beriringan antara satu dengan lainnya. Dokumen hasil Litbang Supervisi yang dilakukan oleh Balitbang dan PT. SAS Aero Sishan ini merupakan kesepakan bersama sebagai langkah antisipatif untuk menghadapi kebutuhan pemeriksaan administrasi lanjutan pada kegiatan Weaponized Drone di masa depan. Turut mendampingi dalam peninjauan Supervisi rancang bangun Weaponized Drone yaitu Kabid Daya Gerak Puslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan Kolonel Cpl Tusih Widayat, SE, Peneliti Madya Puslitbang Alpahan Letkol Cpl Rudy Indartono, ST, Pembina IVa Puguh Adi Satriyo, S.T., M.Han dan Penata III/c Sumiati, S.Sos., M.M. (Kemhan)

Australia Set to Become Home to Hypersonic Flight Testing After Southern Launch and Hypersonix Sign MoU

27 September 2024

Hypersonix DART (image: Hypersonix)

Leading South Australian spaceport provider Southern Launch and Queensland hypersonic vehicle and scramjet technology manufacturer Hypersonix Launch Systems are helping to cement South Australia’s position as the next global aerospace hub after signing a Memorandum of Understanding (MoU) to collaborate on a turnkey hypersonic test bed service.

Hypersonix is an aerospace engineering, design and manufacturing company specialising in hypersonic vehicle technology and scramjet engines. Under the MoU, Hypersonix and Southern Launch will work together to develop a mission to launch and return Hypersonix’s test bed vehicles at either of Southern Launch’s spaceports.

Southern Launch CEO Lloyd Damp says, ‘South Australia has some geographical advantages that make it the perfect place to test hypersonic vehicles. We are excited to work with the Hypersonix team to help test their groundbreaking technology from our facilities.’

Hypersonic aircraft fly at more than five times the speed of sound and require plenty of space to test and evaluate the technology. To reach hypersonic speeds Hypersonix’s aircraft will be launched on a rocket before separating and igniting its own scramjet engines to reach speeds up to Mach 12.

Hypersonix scramjet DART (photo: Hypersonix)

Hypersonix CEO Matt Hill says, ‘The intensity of hypersonic testing is set to rise rapidly and there are a huge number of both emerging technology companies and large aerospace companies that need hypersonic flight heritage for their products. Our hypersonic test bed will make this affordable for these companies to flight qualify their technology.’

The two companies will begin collaborating on a concept of operations for a future commercial launch and return of a Hypersonix test bed vehicle. Hypersonix’s long term ambition is to bring affordable aircraft-like operations to access to space, flying to the edge of space for spacecraft deployment and returning to land like a plane.  Hypersonic engines will also power a future generation of passenger aircraft with the potential of reducing the flight time from Sydney to London to just 2 hours.

Lloyd says, ‘The Whalers Way Orbital Launch Complex and Koonibba Test Range are designed to be flexible to host a variety of missions. We are proud that we can work with the Hypersonix team to help with the advancement of hypersonic vehicle technology and add another chapter to our nation’s aerospace capabilities right here in South Australia.’

Work on a joint mission will begin immediately with a hope to launch in late 2025.

Tembakan Perdana Tank Harimau di Hutan Kalimantan dalam Latbakjatranpur TA. 2024 Yonkav 13/SL

17 September 2024

Pergeseran kendatraan tempur hingga latihan penembakan tank Harimau di Daerah Latihan Tempur Amborawang, Samboja Barat, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur (photos: Yonkav 13)

Yonkav 13/Satya Lembuswana belum lama ini menggelar latihan Menembak Senjata Berat di Daerah Latihan Tempur (Rahlatpur) Kodam VI/Mulawarman di Amborawang, salah satunya Tank Harimau buatan PT Pindad bersama FNSS Turki.

“Tembakan Perdana Tank Harimau di Hutan Kalimantan”, ungkap Yonkav 13 dalam unggahannya. (Kemhan)

Pangdam VI/Mlw Terima Brevet Kehormatan Menembak Kanon Yudha Bramasta Wiratama di Rahlatpur Amborawang

Amborawang – Hari ini, Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo, S.E., mengunjungi Daerah Latihan Tempur (Rahlatpur) Kodam VI/Mulawarman yang terletak di Amborawang, Samboja Barat, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur guna melaksanakan kunjungan kerja terhadap Latihan Menembak Senjata Berat Yonkav 13/Satya Lembuswana, Jumat (06/09/24).

Kunjungan ini menjadi salah satu momen spesial bagi Kodam VI/Mulawarman dengan adanya penyematan Brevet Kehormatan Menembak Kanon Yudha Bramasta Wiratama kepada Pangdam VI/Mulawarman sebagai bentuk penghargaan atas keahlian menembak yang luar biasa.

Kedatangan Mayjen TNI Tri Budi Utomo, S.E., di Markas Komando Rahlatpur pada pukul 09.00 WITA disambut hangat oleh Komandan Batalyon Kavaleri 13/Satya Lembuswana (Danyonkav 13/SL), Letkol Kav Agus Wibowo H, dan jajaran petinggi Kodam VI/Mlw. Setibanya di lokasi latihan, Pangdam disambut dengan yel-yel penuh semangat oleh seluruh peserta latihan dari Yonkav 13/SL. Ia kemudian menerima penjelasan singkat mengenai spesifikasi Tank Harimau dan mekanisme penembakan kanon dari Danyonkav 13/SL.

Tank Harimau merupakan kendaraan tempur andalan TNI AD buatan PT.Pindad pada tahun 2022 yang diterima Satuan Yonkav 13/SL pada Mei 2024 sebanyak 9 unit.

Dalam kesempatan ini, tidak hanya meninjau, Pangdam VI/Mulawarman juga turut berpartisipasi dalam latihan dengan mengendarai sendiri Tank Harimau dan melaksanakan penembakan sebanyak satu butir Munisi Kanon Kaliber 105 MM, menunjukkan keterampilan dan kepemimpinannya dalam medan tempur.

Puncak acara berlangsung pada pukul 11.07 WITA, saat Pangdam VI/Mulawarman disematkan Brevet Kehormatan Menembak Kanon Yudha Bramasta Wiratama oleh Danyonkav 13/SL. Prosesi penyemtan tersebut diiringi dengan penyerahan Sertifikat Kehormatan yang ditandatangani oleh Danpussenkav TNI AD dan Topi Laken Kavaleri sebagai simbol pengakuan atas prestasi ini.

Selain itu, Pangdam VI/Mulawarman juga menandatangani kelongsong Munisi Kanon Kaliber 105 MM sebagai kenang-kenangan, diiringi dengan sesi foto bersama yang mengabadikan kebersamaan dan penghargaan tersebut.

Pemberian brevet kehormatan menembak kanon kepada Pangdam VI/Mulawarman (photos: Kodam VI)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapoksahli Pangdam VI/Mulawarman, Brigjen TNI Drs. Yuswandi, M.Si., seluruh Asisten Kasdam dan Kabalakdam VI/Mulawarman, Irutum Itdam VI/Mulawarman Kolonel Inf Handoko Yudho, dan Wadanpomdam VI/Mulawarman, Letkol Cpm Arif serta Dandeninteldam VI/Mulawarman, Letkol Inf Syaiful Arif, S.Sos., M.Han.

Setelah kegiatan inti, Pangdam VI/Mlw melaksanakan ibadah Sholat Jumat di Rahlatpur, dilanjutkan makan siang bersama di ruang makan Markas Komando Rahlatpur. Pada pukul 13.35 WITA, Pangdam VI/Mulawarman beserta rombongan menyelesaikan rangkaian kunjungan kerja ini dan meninggalkan Rahlatpur menuju Balikpapan dengan penuh kesan.

Kapendam VI/Mulawarman, Kolonel Kav Kristiyanto, S.Sos., yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan,“Kunjungan ini tidak hanya berjalan aman dan lancar, tetapi juga menegaskan soliditas serta profesionalisme Prajurit Kodam VI/Mulawarman dalam menghadapi tantangan latihan tempur. Pangdam VI/Mulawarman telah menginspirasi kita semua dengan contoh kepemimpinan yang kokoh dan kecakapan dalam menguasai teknologi tempur,” pungkasnya.

(Kodam VI Mulawarman)

Lockheed Martin and Thales Sign Teaming Agreement to Manufacture GMLRS for Australia

17 September 2024

A Guided MLRS is fired from Lockheed Martin’s HIMARS launcher (photo: Lockheed Martin)

CANBERRA  – Lockheed Martin Australia and Thales Australia have signed a Teaming Agreement to explore the opportunities to advance the development and production of Solid Rocket Motors (SRM) for the Australian market.

The purpose of the agreement is to collaborate, qualify and produce Guided Multiple Launch Rocket System (GMLRS) Solid Rocket Motors and other components in support of the Guided Weapons and Explosive Ordnance (GWEO) Enterprise.

The Teaming Agreement production effort will focus on jointly developed tasks to produce an Australian SRM System, as well as to explore supply chain options to establish Australian industrial capability for related components.

GMLRS rocket with a GPS-aided inertial navigation system with a maximum range of 70 km (image: Lockheed Martin)

The collaboration will assess the possibility of future potential design, development, production or co-production of sub-components of the GMLRS missiles, and potentially inform Commonwealth considerations in establishing a resilient GWEO Enterprise that is globally competitive and may include the domestic manufacture of SRMs ranging from simple rockets to large, complex strategic motors.

“Lockheed Martin is already a world-leader in missile systems and sub-systems, and partnerships with experienced, world-class companies like Thales advance our ability to enable the achievement of the Australian Government’s objectives under the GWEO Enterprise,” said Warren McDonald, Chief Executive Lockheed Martin Australia and New Zealand.

Lockheed Martin Australia and Thales have unique and complementary backgrounds and expertise in the manufacture and delivery of 21st Century Security solutions and weapons capabilities. This Teaming Agreement is an opportunity to strengthen the existing partnership between the two companies. In 2021, the companies signed a Teaming Agreement to cooperate in the design, development and production of Lockheed Martin’s Long-Range Anti-Ship Missile – Surface Launch variant, with a specific focus on booster and rocket motor technologies.

Building upon the 2021 teaming agreement, the new agreement will support Lockheed Martin’s identification of Australian supply chain opportunities. This approach intends to support local manufacture of guided weapons and allow Lockheed Martin to further strengthen Australia’s national defence industrial base.

GMLRS ER precision rocket, with a calibre of 227 mm could reach a 150 km target (image: Lockheed Martin)

Thales Australia’s Chief Executive Officer, Jeff Connolly, said, “This is AUKUS in action. Close collaboration with industry leaders like Lockheed Martin is essential for Australia to domestically manufacture weapon sub-sections and components, which was identified as a priority in the 2024 Defence Industry Development Strategy. Thales’ partnership with Lockheed Martin is an important step in developing options for Commonwealth consideration toward an accelerated sovereign GMLRS capability for the Australian Defence Force.”

About Lockheed Martin Australia
Headquartered in Canberra, Lockheed Martin Australia is a wholly-owned subsidiary of Lockheed Martin Corporation. The company employs more than 1,600 people in Australia working on a wide range of major programs spanning the aerospace, Defence and civil sectors. 

About Thales Australia and New Zealand
Thales in Australia and New Zealand is a trusted partner of the Australian Defence Force across the Land, Sea and Air environment. Thales employs over 4,300 people in Australia, and supports over 2,000 jobs along its Australian supply chain. Since 2020, Thales has managed Defence’s Strategic Domestic Munitions Manufacturing (SDMM) capability, guaranteeing the Australian manufacture and supply of strategic munitions to the Australian Defence Force.

16 September 2024

Kasal Hadiri Resepsi di Kapal Perang Italia ITS Cavour

16 September 2024

Kasal mengunjungi ITS Cavour C-550 kapal induk Italia (photos: TNI AL)

Jakarta --- Dalam rangka mempererat hubungan kerja sama dengan negara sahabat sekaligus sebagai bentuk Naval Diplomacy, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali didampingi Wakasal Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma menghadiri acara Deck Reception di atas kapal perang Italia ITS Cavour (C-550) yang tengah sandar di Dermaga 300 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (15/09).

Kedatangan Kasal beserta Pejabat Utama Mabesal disambut hangat oleh Duta Besar Italia H.E. Mr. Benedetto Latteri, Director of Naval Armaments Vice Admiral Giuseppe Abbamonte, IT Navy Carrier Strike Group Commander Rear Admiral Giancarlo Ciappina, dan Captain (N) Francesco Fagnani.

Kapal induk ITS Cavour C-550 (photos: Marina Militare)

Kasal dalam sambutannya menyampaikan bahwa Deck Reception yang digelar merupakan kesempatan yang baik untuk berkolaborasi antara kedua Angkatan Laut serta untuk meningkatkan kemampuan pertahanan dan keamanan maritim.

Kapal perang Italia ITS Cavour (C-550) adalah kapal induk short take off and vertical landing (STOVL) yang merupakan kapal induk utama Panglima Tertinggi Armada Angkatan Laut Italia yang dirancang untuk menggabungkan operasi udara pesawat tempur dan helikopter. ITS Cavour (C-550) mampu menjalankan empat kemampuan sekaligus, yaitu kemampuan sebagai kapal induk, platform logistik dan amfibi, unit komando dan kontrol, serta kemampuan sebagai kapal rumah sakit.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asrena Kasal Laksda TNI Achmad Wibisono, Asintel Kasal Laksda TNI Akmal, Asops Kasal Laksda TNI Yayan Sofiyan, Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Dr. Hermanto, serta Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M, Perwakilan dari Kementerian Pertahanan, TNI AD, dan TNI AU.

(TNI AL)

Perolehan 18 Pesawat FA-50M Ikut Jadual – Mohamed Khaled

16 September 2024

TUDM akan mulai menerima pesawat FA-50M mulai 2026 (image: Mal MoD)

JINJU – Tahap kemajuan pembinaan 18 pesawat pejuang ringan FA-50M milik Malaysia telah mencapai 39 peratus (39%) ketika ini dengan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) dijangka mula menerima kumpulan pertama pesawat pejuang itu pada 2026.

Menteri Pertahanan, Datuk Seri Mohamed Khaled Nordin berkata, kesemua pesawat pejuang ringan berkenaan dibina mengikut jadual dan perolehan pesawat pejuang ringan FA-50M itu adalah antara perancangan dalam Pelan Pembangunan Keupayaan TUDM 2055 (CAP55).

“Kita memang perlu menambah aset udara kerana ruang udara angkasa kita luas dan memerlukan angkatan udara yang berkesan dalam melaksanakan peranannya.

“Kita beli FA-50M pada tahun lepas dan saya telah datang sendiri ke kilang pembuatannya di Korea Selatan untuk melihat kemajuan pembinaan FA-50M, selain melihat kelebihan yang ada pada pesawat itu,” katanya selepas membuat lawatan di Korea Aerospace Industries (KAI) dan syarikat Hanwha Aerospace di sini.

Beliau berkata, KAI dan Hanwha Aerospace merupakan syarikat pengeluar aset ketenteraan yang bertanggungjawab dalam pembinaan 18 pesawat pejuang FA-50M milik Malaysia.

“Walaupun KAI bertanggungjawab dalam pembuatan FA-50M, namun enjin F404 yang digunakan dibina oleh syarikat Hanwha Aerospace,” katanya.

Kementerian Pertahanan (MINDEF) dan syarikat aeroangkasa Korea Selatan itu menandatangani kontrak pada Mei tahun lepas bagi perolehan 18 pesawat pejuang ringan FA-50M (Malaysia) dianggarkan bernilai RM4 bilion.

Mohamed Khaled berkata, perolehan pesawat pejuang ringan FA-50M itu akan memperkasakan lagi ketumbukan Angkatan Tentera Malaysia khususnya TUDM dalam menjaga keselamatan dan kedaulatan ruang angkasa negara.

Diminta mengulas sama ada Mindef ingin menambah aset udara selain FA-50M, beliau berkata, perolehan aset udara yang lain bergantung pada perancangan TUDM dan kewangan negara.

“Di bawah CAP55 TUDM, kita ada senaraikan (untuk membeli aset udara) dan kita berharap agar kerajaan dapat memenuhi keperluan seperti yang pernah dirancang Mindef,” katanya.

Penanda-tanganan perjanjian Ikramatic System dan KAI tentang simulator penerbangan FA-50M (photo: KAI)

Simulator penerbangan
Sementara itu, Mohamed Khaled turut menyaksikan pemeteraian perjanjian peringkat kedua Program Kolaborasi Industri (ICP) antara syarikat tempatan Ikramatic Systems Sdn Bhd dengan KAI.

Ketika ditemui media, Pengarah Eksekutif Ikramatic Syed Mohamad Ikram berkata, ICP itu membolehkan Ikramatic dan KAI membangunkan secara bersama dua simulator penerbangan jenis Full Mission Simulator dan Operational Flight Trainer.

Beliau berkata, kedua-dua simulator itu bakal digunakan untuk melatih juruterbang FA-50M di dalam negara menjelang 2026.

“Satu daripada ICP yang dilakukan ialah pembangunan bersama sistem simulator dengan syarikat tempatan iaitu seperti berkongsi pengetahuan dan kepakaran untuk memajukan industri tempatan.

“Kami, syarikat Ikramatic telah dipilih untuk menjadi penerima ICP oleh KAI atas pengalaman 26 tahun membina simulator kapal terbang buatan tempatan,” katanya dan menambah KAI percaya Ikramatic mempunyai pengalaman dan kualiti baik sebagai sebuah syarikat.

Pada Disember tahun lepas, Ikramatic menandatangani kontrak peringkat pertama dan dilantik menjadi vendor kepada KAI bagi projek luar negaranya.

Ikramatic telah selesai menjalankan fasa pertama reka bentuk simulator FA-50M pada suku pertama 2024 dan kini berada pada peringkat akhir bagi fasa kedua reka bentuk sebelum beralih ke fasa pembinaan.

Pada Mac lepas, Bernama melaporkan perbezaan utama antara FA-50M milik TUDM dengan varian FA-50 yang lain ialah varian milik TUDM itu bakal dilengkapi dengan radar jenis Active Electronically Scanned Array (AESA) dan pelbagai komponen elektronik terkini serta peralatan mengisi minyak di udara.

Varian FA-50M yang bakal dimiliki oleh TUDM itu juga akan dilengkapi dengan kemampuan untuk melancarkan peluru berpandu dan bom berketepatan tinggi. 


TNI AL Inginkan Kapal Selam Interim

16 September 2024

Saat ini TNI AL mengoperasikan kapal selam TKMS Type 209/1300 dan DSME 209/1400 sedangkan kapal selam mendatang adalah Naval Group Scorpene Evolved (image: istimewa)

KSAL ungkap Jerman dan Turki tawarkan kapal selamnya untuk RI

Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengungkap beberapa negara di Eropa dan Asia menawarkan teknologi kapal selam mereka untuk memenuhi kebutuhan sementara (ad interim) kapal selam Indonesia.

Dia menyatakan ada kebutuhan untuk pengadaan kapal selam ad interim alias untuk sementara waktu sambil menunggu dua unit kapal selam baru yang dipesan Indonesia, Scorpene Evolved, dari Naval Group Prancis rampung dibuat.

"Kemarin memang disampaikan, kita perlu kapal selam interim untuk mengisi kekosongan selama 5–7 tahun, atau menambah kekuatan armada kapal selam selama 5–7 tahun. Nah ini, memang belum diputuskan dari negara mana, tetapi dari Italia sudah menawarkan, Jerman ada, kemudian dari Turki, dan ada negara di Asia juga ada," kata Laksamana Ali menjawab pertanyaan wartawan selepas upacara HUT Ke-79 TNI AL di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Selasa.

Setidaknya ada 5 parameter untuk memilih kapal selam interim TNI AL selain biaya, yaitu sistem SEWACO (sensor, weapon, communication) compatible dengan standar NATO mengikuti kapal selam yang telah dimiliki dan mendatang, sistem propulsi (menyesuaikan dengan propulsi kapal selam mendatang dengan diesel full LIB) dan waktu penyerahan yang pendek (image: istimewa)

Dia menjelaskan beberapa faktor yang perlu menjadi pertimbangan untuk pengadaan alutsista itu, di antaranya kapal selam yang dibeli kelak wajib punya kemampuan menyelam dalam waktu yang lama.

"Itu yang kami inginkan, yang lebih baik dari yang kita punya saat ini," kata KSAL.

Oleh karena itu, TNI AL juga masih mengkaji berbagai tawaran dan opsi yang tersedia, termasuk teknologi-teknologi kapal selam yang ditawarkan beberapa negara untuk Indonesia itu.

Debat teknologi mesin disesel Full LIB dan Li-AIP telah berakhir semenjak Naval Group memenangkan pengadaan 2 kapal selam mendatang melawan TKMS, dimana sistem AIP memerlukan penyediaan bahan bakar hidrogen torkompresi pada setiap pangkalan aju, dan ini akan merepotkan (photo: NavalNews)

"Kita akan lihat mana kira-kira yang paling memungkinkan, yang paling efektif dan efisien," ujar Laksamana Ali.

TNI AL saat ini diperkuat empat kapal selam, tetapi jumlah itu, menurut Ali, masih kurang memadai untuk menjaga perairan Indonesia yang luasnya 6,4 juta kilometer persegi. Ali, dalam berbagai kesempatan, menyebut idealnya armada TNI AL diperkuat 12 kapal selam.

Empat kapal selam yang saat ini beroperasi, yaitu KRI Cakra-401, KRI Nagapasa-403, KRI Ardadedali-404, dan KRI Alugoro-405.

Ke depannya, Komando Operasi Kapal Selam (Koopskasel) TNI AL bakal diperkuat dua kapal selam Scorpene Evolved dari Naval Group Prancis.

Fincantieri Type 212 NFS dengan propulsi new generation Lithium Ion Phospate (LIP) battery system, mempunyai SEWACO compatible dengan sistem NATO, dapat jadi kapal selam interim bila yang diserahkan ke TNI AL adalah kapal selam ke-2 dan ke-3 (rencana delivery ke AL Italia tahun 2027 dan 2029) (image: Fincantieri)

Dua unit kapal pesanan Indonesia itu rencananya bakal dibangun dari awal di galangan kapal PT PAL Indonesia di Surabaya, Jawa Timur. Sejauh ini, dua kapal pesanan Indonesia itu belum dibangun di galangan PT PAL karena masih menunggu kontrak pembelian efektif.

Umumnya, satu unit kapal selam rampung dibangun dalam waktu 5–7 tahun. (Antara)

"Refurbishment" Solusi Interim Armada Kapal Selam TNI AL

Sejauh ini, pemerintah Indonesia tampaknya telah mempertimbangkan beberapa opsi, termasuk pengadaan kapal selam bekas. 

Namun, penambahan kapal selam interim mungkin tidak sepenuhnya memenuhi kebutuhan operasional TNI AL, terutama dalam jangka panjang. 

Navantia S-80+ Isaac Peral, berteknologi AIP BEST (Bio-Ethanol Stealth Technology) disini  pangkalan aju harus menyediakan bio ethanol (lebih aman dibanding hidrogen terkompresi), SEWACO compatible dengan sistem NATO, dapat memenuhi syarat delivery asalkan yang diserahkan ke TNI AL adalah kapal selam ke-2 dan ke-3 (rencana delivery ke AL Spanyol tahun 2026 dan 2028), issue lainnya adalah dimensi kapal jauh lebih besar (image: Foronaval)

Sebelumnya, Laksamana Ali mengonfirmasi kemungkinan akuisisi kapal selam interim dari berbagai produsen, termasuk galangan kapal asing di Italia, Jerman, dan/atau China yang telah ia kunjungi selama setahun terakhir. 

Meskipun diversifikasi peralatan dapat mengurangi ketergantungan pada satu pemasok senjata, pengadaan platform dari berbagai negara dapat menimbulkan tantangan interoperabilitas yang signifikan.

Hal ini berpotensi meningkatkan biaya logistik dan pemeliharaan serta menyulitkan manajemen armada secara efektif. 

Selain itu, membeli kapal selam bekas bisa memakan biaya lebih tinggi daripada yang diperkirakan. 

TKMS Type 212 berteknologi hybrid baterai+AIP disini pangkalan aju harus menyediakan bahan bakar hidrogen terkompresi, SEWACO compatible dengan sistem NATO, untuk  memenuhi syarat delivery kapal selam yang diserahkan harus dari kapal selam bekas AL Jerman dan bukan membuat baru kapal selam (photo: TKMS)

Kapal selam yang lebih tua cenderung lebih rentan terhadap kecelakaan, membutuhkan perbaikan mahal, dan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar karena usianya. 

Selain itu, platform bekas memiliki umur operasional lebih pendek, pada akhirnya dapat mengurangi nilai dan efektivitasnya dalam jangka panjang.

Penting juga untuk dicatat bahwa opsi kapal selam bekas sangat terbatas. Sejauh ini, kapal selam yang mendekati masa pensiun termasuk kelas Los Angeles milik Angkatan Laut Amerika Serikat, yang telah beroperasi selama lebih dari 33 tahun, serta dua kapal selam kelas Tupi milik Angkatan Laut Brasil, yang baru-baru ini pensiun setelah lebih dari 20 tahun bertugas. 

Opsi pertama tidak sesuai untuk Angkatan Laut Indonesia, karena kapal selam kelas Los Angeles bertenaga nuklir dan pemerintah Amerika Serikat tidak berniat untuk memberikannya kepada Indonesia. 

Golcuk (lisensi TKMS/HDW) Type 214 merupakan varian ekspor dari Type 212 yang berteknologi hybrid baterai+AIP, disini pangkalan aju harus menyediakan bahan bakar hidrogen terkompresi, SEWACO compatible dengan sistem NATO, untuk  memenuhi syarat delivery kapal selam yang diserahkan harus dari kapal selam bekas AL Turki (Reis class ke 1 dan 2) atau pengalihan Reis class ke-3 dan ke-4 (masih dalam produksi) (photo: STM Savunma)

Sementara itu, perbaikan dan pembaruan kapal selam kelas Tupi akan membutuhkan biaya dan waktu yang signifikan. 

Perlu diketahui, kapal selam kelas Tupi sempat dianggap sebagai kandidat potensial pada tahun 2021, ketika pemerintah Indonesia menunjukkan minat untuk mengakuisisi kapal selam bekas setelah memperoleh persetujuan pinjaman luar negeri sebesar 600 juta dollar AS dari Kementerian Keuangan.

Saat itu, menurut laporan media Brasil Poder Naval, TNI AL dan Angkatan Laut Brasil sedang dalam pembicaraan untuk pengadaan kapal selam yang sudah pensiun tersebut. 

Oleh karena itu, pemerintah Indonesia dapat mempertimbangkan alternatif lain, seperti melakukan perbaikan pada kapal selam TNI AL yang sudah ada.

CSOC Wuchang Type S26T (versi ekspor dari Yuan class Type 039A) berteknologi hybrid baterai+AIP, disini pangkalan aju harus menyediakan bahan bakar yang kemungkinan juga hidrogen terkompresi, SEWACO tidak compatible dengan sistem NATO dan delivery kapal selam dapat cepat karena akan mengalihkan pesanan AL Thailand (photo: SCMP)

Saat ini, keempat kapal selam tersebut ditempatkan di Satuan Kapal Selam Komando Armada II TNI AL (Koarmada II) di Surabaya. 

Pada tahun 2021, KRI Cakra 401 menjalani perombakan besar-besaran oleh PT PAL Indonesia untuk meningkatkan kinerjanya. 

Program pemeliharaan, perbaikan, dan perombakan (MRO) yang signifikan ini mencakup komponen-komponen utama seperti badan tekan/hull, sistem mekanik dan elektrik, sensor dan alat deteksi, serta sistem senjata.

Sementara itu, pemerintah Indonesia telah merencanakan refurbishment program untuk kapal selam kelas Chang Bogo sejak awal tahun ini. Namun, hingga kini, pemerintah Indonesia belum melanjutkan rencana tersebut. 

TKMS/HDW Type 209/1400 Tupi class ex Brazil memenuhi unsur SEWACO compatible dengan sistem NATO namun propulsi kapal selamnya masih tipe lama tanpa teknologi perpanjangan kemampuan penyelaman namun waktu deliverynya pendek (photo: Brazilian Navy)

Indonesia telah menginvestasikan 1,1 miliar dollar AS untuk membangun tiga kapal selam Chang-Bogo.

Oleh karena itu, meninjau kembali rencana peningkatan kapal selam yang sudah ada akan lebih ekonomis dibandingkan membeli kapal selam baru. 

Dengan pengalaman PT PAL Indonesia dalam merombak KRI Cakra, perusahaan BUMN ini sangat tepat untuk memimpin program peremajaan tiga kapal selam lainnya. Kesempatan ini juga dapat memperkuat kapabilitas MRO PT PAL Indonesia. 

Untuk memaksimalkan manfaat dari program perbaikan ini, diperlukan kolaborasi dengan produsen asing yang memiliki pengalaman luas dalam proyek serupa. Pendekatan ini akan memastikan efektivitas dan umur panjang dari aset yang diperbarui. 

Diantara sekian kajian kapal selam interim, salah satu kajian yang muncul dan membutuhkan biaya paling kecil adalah melakukan upgrade Operational Readiness Enhancement (ORE) atas 3 kapal selam DSME 209/1400 Nagapasa class TNI AL yaitu kapal selam KRI Nagapasa 403 , KRI Ardadedali 404, dan KRI Alugoro 405 (photo: TNI AL)

Oleh sebab itu, memperbarui aset yang sudah ada dapat menjadi solusi yang lebih praktis dan hemat waktu dibandingkan dengan membeli kapal selam bekas. 

Meskipun kapal selam interim dirancang untuk menjembatani kesenjangan operasional, mereka juga harus memberikan manfaat operasional jangka panjang yang signifikan. 

Langkah ini juga lebih realistis dalam hal meningkatkan interoperabilitas dan collaborative combat, terutama mengingat Angkatan Laut Indonesia akan mengoperasikan kapal selam Scorpene Evolved buatan Perancis di masa depan.

See full article Kompas