22 Mei 2017

ST Marine Pursues Air Cavity Hull Technology

22 Mei 2017


RSN Specialised Maritime Craft (photo : Monch)

Singapore Technologies (ST) Marine, the shipbuilding arm of defence prime ST Engineering, is in the final stages of validating new high-speed marine craft designs featuring its indigenously developed air cavity hull (ACH) technology, Jane's has learnt during the IMDEX 2017 exhibition being held in Singapore.

Air cavity hull (ACH) technology (image : research gate)

ACH technology aims to reduce the hydrodynamic drag of a marine vessel via air lubrication of its hull bottom. This injects and traps air underneath the hull to generate thin but large-area cavities that separate a significant section of the vessel's wetted hull surface from the contact with the water, resulting in improved operating efficiencies and overall performance.

(Jane's)

10 komentar:

  1. Inovative idea, they put thin "air cushion" underneath the hull in order to reduce the drag.. How many % they can get increasing in engine efficiency, any information ?

    BalasHapus
  2. termasuk ide yang bagus ,dengan adanya rongga udara akan mengurangi drag antara air dan lambung kapal .Tapi ada kelemahannya karena pasti ada batasan dan di range berapa hal ini bisa di lakukan . Kalsu kapal terlalu cepat ronggo itu jugas tidak akan berfungsi atau dalam keadaan berbelok tajam rongga udara juga akan bisa terbuka. Kesimpulanannya tidak maksimal seperti teory.
    Yang bagus itu temuan ilmuwan indonesia yaitu hull pelat datar tanpa bending hanya terdiri dari plat datar saya,dengan energi sedikit kapal bisa melaju kencang dibanding hukk biasa .Tapi seperti biasa desain ini belum di gunakan untuk kapal besar .Walau sudah terbukti bagus belum ada yang tertarik untuk menggunakannya untuk kapal besar dan militer .
    http://ristekdikti.go.id/menristekdikti-teknologi-kapal-pelat-datar-siap-penuhi-target-produksi-3-500-kapal-nelayan/

    BalasHapus
  3. Bisa jadi cikal bakal seperti USS zumwalt

    BalasHapus
  4. di belakang nampak 2 KRI, kelas sigma & KCR 60m. kece bingits yak

    BalasHapus
  5. Bagus bgt kapalny.....Tp bkn kapal yg kecil...Tp yg di samping itu lho...kapal apa itu....?KRI. Milik siapa kapal itu ya..? INDONESIA

    BalasHapus
    Balasan
    1. kece abis om tupez,630&sigma 2 biji punyah kitah uhuuyy

      Hapus
  6. Lepas.ni boleh la tiru. Lepas tu claim buatan indonesia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngapaen tiru???yg blakang percis aje kri 630 buatan aseli rapih jali galangan kami om dendeng haha!

      tapi sekarang tiada perlu fentung, kerna om dendeng menyebut dengan kata yg benar. makasi yach om telolet om

      Hapus
  7. Lepas.ni boleh la tiru. Lepas tu claim buatan indonesia..

    BalasHapus