19 Juni 2017
KRI Nagapasa 403 (photos : Hiu Kencana)
MN, Jakarta – Bulan Oktober 2017 mendatang, satuan kapal selam Indonesia siap kedatangan kapal baru hasil kerjasama dengan galangan kapal Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME). Dalam hitungan 3 bulan, KRI Nagabanda 403 dari kelas Changbogo akan tiba di tanah air dan bergabung dengan 2 kapal selam lainnya yakni KRI Cakra 401 dan KRI Nanggala 402.
Bahkan dari informasi yang diperoleh dari Koarmatim, kedatangan itu bisa dipercepat mengingat kebutuhan saat ini. Semakin dinamisnya ancaman yang terjadi di perairan Indonesia maka kebutuhan akan kapal selam menjadi hal yang urgent.
Kapal selam ini mengunakan mesin diesel Type 12V493 AZ80 GA31L dan baterai Lithium-ion, serta mampu melaju dengan kecepatan 11 knot di permukaan dan 21,5 knot di bawah permukaan, dengan jangkauan operasional hingga 20 ribu km.
Dari sisi persenjataan, Chang Bogo dilengkapi 8 lubang torpedo berukuran 533 mm yang terintegrasi dengan rudal anti kapal UGM-84 Harpoon. Chang Bogo juga mampu memuat 28 ranjau laut.
Selanjutnya, kapal selam ini akan dilengkapi dengan torpedo dan peluru kendali. Ada pun naval combat management system-nya menggunakan MSI-90U Mk 2, Kongsberg Defence Systems. Untuk navigasi, kapal selam ini menggunakan Sagem’s Sigma 40XP inertial navigation system dan Integrating Navigation and Tactical Systems, dan OSI Maritime Systems ECPINS-W.
Ukuran kapal selam ini sedikit lebih besar ketimbang KRI Cakra 401 dan KRI Nanggala 402. Kemudian 2 KRI lagi yaitu KRI Nagarangsang dan KRI Trisula direncanakan akan menyusul tahun depan tiba di tanah air.
Akankah kedatangan KRI Nagabanda 403 akan mengulang kejayaan satuan kapal selam RI di era 1960-an? Kita nantikan!
(MaritimNews)
Welcome home nagabanda
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapusyang bener tu, nagapasa apa nagabanda sich...? nagarangsang dan trisula, lha ardadedalinya kemana...? malah di wikipedia KRI 405 namanya KRI alugoro, jadi bingung saya... pesanan ke korea realnya berapa sich, kog namanya banyak banget. ..?
HapusEra mandiri pembuatan kapal selam,,,goo INDONESIA
BalasHapus...mengulang kejayaan satuan kapal selam RI di era 1960-an? Masih jauh lah.. :D
BalasHapusWelcome..
BalasHapusSlowly but sure..
Jeroany bro 214 itu, apalagi nanti ks ke -3 yg di rakit di PT.PAL lebih mantep lagi, ke -4 dst itu lebih mutan
BalasHapusLet's build our armada with our own hands
BalasHapusada perbedaan mendasar terlihat jelas....itu periskop dan tiang2 sensor adalah ciri kepunyaan U212 dan 214....ini improve 209...alias mutan
BalasHapusSuwandaru@ ini bukan improve u209
HapusIni kapal selam baru DSME 1400
Emang DSME ilmuny dapet dari mana ? Maksud bung suwandaru cangkangy doang U209 tau Jeroany itu ada teknologi yg di sematkan u212 & u214 makanya di sebut mantan menhan purnomo yusgiantoro ,ks kita yg di pesan di korsel adalah KS MUTAN
HapusDoni@ belajar dari pesanan kita,.meraka buat kapal selam yang pertama ea punya kita ini,..
HapusBisa ngebedakan kan antara produksi sendiri dan linsensi ea,..
Pengen ngrliat pas parade.... 😵
BalasHapusyukk yyuukk, di banten lagi taun ini om.di dermaga ujung dulu keren abist
Hapuspnasaran liat 4 biji konvoi 401-404.
trus diatasnya bejejer masing2 heli Dauphin,Caracal,Apache ama Awewe kesayangan wwwuuiihhh pade ngiri tuch☮️haha!
trus leading ship kafal tiang tinggi bima suci, begh mantappp ⚓️
Tukang ngiri komen disini aja malu om muehehehe... Rasanya dunia aman dan nyaman kalo tetangga sebelah gak crewet
Hapusdsme apaan???itu turunan u 209 lah.....korea dan turki emang mendapat ilmu dan lisensi dari jerman....konsep sama cuma dinamakan changbogo....cuma ya bukan standart u209....tapi campuran 212 dan 214
BalasHapusSuwandaru@ lisensi apa?
HapusWaktu penawaran dulu ngapain jerman gandeng turki buat nawarin kekita bukan gandeng korea..?? Hihihihi
gak usah ngeyel or ngotot...baca sendiri dari media jerman sono.....jerman emang berikan lisensi pada turki dan korea terkait 209 dan 214
HapusSuwandaru@ mana kasih link ane yang membuktikan jerman ngasih linsensi terkait pesanan indonesia?
Hapusjerman berikan lisensi kepada turki dan korea...bukan pada indonesia......karena korea dan turki beli banyak makanya produksi dalam negeri......design ya tetap aja generasi 209 dan 214.....cuma korea memberikan namanya beda dengan nama changbogo class...tapi tetep aja barang yg sama
HapusSuwandaru@ coba ente baca lagi koment ane,ane minta link yang ente bilang bahwa jerman ngasih lisensi korea "terkait" pesanan indonesia,..
HapusKalau jerman ngasih linsesi ke korea,..
Tapi kenapa jerman gandeng turki buat penawaran ke kita..?
Kenapa namanya bukan U209/1400
Tapi dsme209/1400?
Hihihi..langsung senyap.. :D
Hapuszaka@ penawaran turki/jerman dulu karena kalah harga lah......mereka tawarkan harga 500-550 juta dolar.....korea menang kasih harga sekitar 350....korea bisa efisiensi cost produksi dan cost pekerja...hingga jadi murah
Hapusturky buat lisensi kapal selam juga gak diberi nama u 209/214...melainkan type preveze class dan reissclass.....kalau korea diberi nama changbogo class dan son won ill class....itu semua turunan 209 dan 214
HapusSawandaru@ petanyaanku linknya mana?
HapusAne gak tanyak u209 dan 214 punya korea,
yang ane tanyak terkait pesanan indonesia,..
Sawandaru@ jawaban ente gak nyambung, pertanyaan ane kalau jerman ngasih lisensi ke korea,untuk pesanan indonesia,ngapain jerman gandeng turki ngebuat penawaran ke kita..,?
Hapus@zaka bung baca artikel jangan cuma 1 sumber, coba baca jkgr,dll nanti bakal nemuin jawaban nya.
HapusWuuah..! Baterenya udah pake LIB ya?? Bukan LAB lagi.. Mantaabss! Artinya bisa nyelem lebih lama lagi kah?
BalasHapusASAP Go Home...
BalasHapusbah 403 bukannya fix nagapasa???
BalasHapustrus 404 ardadedali.
hmmn jangan2 yg diatas nomer kembar yg dateng kilo klass wuiiihh!
om antiembalgo siniiii,jgn ngumpet🤖🎯 haha!