27 Desember 2017

Pemerintah Aceh Berencana Beli Pesawat N-219

27 Desember 2017


Pesawat N-219 Nurtanio (image : tandaseru)

BANDA ACEH (RA) – Pemerintah Aceh berencana membeli pesawat terbang jenis N219 produksi PT Dirgantara Indonesia (PT DI), dengan opsi untuk mengembangkan fasilitas produksi N219, kedirgantaraan serta antariksa di Aceh.

Untuk itu, Pemerintah Aceh akan memfasilitasi lokasi area untuk keperluan beridirinya fasilitas kedirgantaraan tersebut.

Sebagaimana dikutip dari Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh Mulyadi Nurdin, hal tersebut dibahas dalam pertemuan antara Pemerintah Aceh dengan PT Dirgantara Indonesia, di Bandung, 19 Desember 2017 lalu.

Mulyadi Nurdin menambahkan bahwa dalam kesempatan itu turut ditandatangani kesepakatan untuk melakukan kerjasama strategis antara Pemerintah Aceh dan PT Dirgantara Indonesia.

Dari Pemerintah Aceh ditandatangani oleh Penasehat khusus Gubernur Aceh, Capt. Muchammad Nasrun Natsir, sedangkan dari pihak PT Dirgantara Indonesia (PTDI) oleh Kepala Divisi Penjualan PT Dirgantara Indonesia (Persero), Ade Yuyu Wahyuna.

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh, Mulyadi Nurdin menjelaskan bahwa pada kesempatan itu, pemeritah Aceh juga menyampaikan rencana untuk mengembangkan fasilitas dirgantara dan antariksa, antara lain, Aero City dengan fasilitasnya, termasuk kawasan industri dan MRO (Maintenance Repair Overhaul).

“Pemerintah Aceh akan membangun tiga Kawasan Ekonomi Khusus yang akan didukung oleh transportasi yang terintegrasi,” ujar Mulyadi Nurdin mengutip kesepakatan tersebut.

Merespon rencana tersebut, PTDI akan memberikan proposal terkait dengan pembentukan fasilitas final assembly lines N219, termasuk program pengembangan SDM putra daerah Aceh dalam bidang industri kedirgantaraan .

Proposal tersebut akan disampaikan kepada pemerintah Aceh pada akhir Januari 2018 mendatang.

Terkait dengan rencana Aceh membentuk Aero city, PTDI akan mempelajari kemungkinan untuk pendirian fasilitas ISH (Indonesia Service Hub) di Aceh, untuk menangkap costumer dari Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Adapun N219 merupakan pesawat penumpang berkapasitas 19 orang yang digerakkan dengan dua mesin turboprop produksi pratt and whitney aircraft of Canada Limited PT6A-42 masing-masing bertenaga 850 SHP.

Pesawat ini mampu terbang dan mendarat di landasan pendek sehingga mudah beroperasi di daerah-daerah terpencil. PTDI sukses melakukan uji terbang perdana pesawat N219 pada 16 Agustus 2017 lalu.

(Harian Rakyat Aceh)

32 komentar:

  1. Kesian malaysia tak de kepakaran bina aircraft

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setakat beli lesen baik tak pak,kipas pesawat superjumbo jet kamu pakai kami buat pak, kalau setakat body Pesawat aje bilang bikin pesawat baik kamu tengok dulu ia mat rempit,iebih Baik mat rempit Minta Tolong aje mat lampir mungkin boleh tolong kamu bikin pesawat..

      Untuk bikin pesawat tengok dulu industary kamu itu mat rempit, Indonesia hanya bisa Spank park 40% Dalam pesawat. Malaysia bikin Spank park 40% kami tak mahu bikin pesawat kerena Tahu belanja besar, perancis sendiri akui malaysia boleh bikir pesawat Rafael sebab fasiliti kami ada ok
      Lihat aje cara kamu bikin bom sukhoi itu homemade guna Welding mig manual ix ix ix biki malu aje pak.

      Lihat aje apa berlaku tot kapal selam Korean bagi tot pada indonesia "korean punya goblock cakap Indonesia boleh biking kapal selam, lepas tandatangan aje dan lihat fasiliti indonesia Dibiling indonesia gak bisa bikin kapal selam, tot bermasalah, germen tak kasi jual spank pank Macam2 alasan kamu berikan mat rempit ok Jawapan Semua jawapan tak boleh pakai mat rempit ok..

      Hapus
    2. Wkwkwk,aq gelak nak tawa baca cakap mahataik nih Wkwkwk...nak bina uniform sahajepun malaysia tak reti konon pula nak bina rafale di malaysia Wkwkwk...Iyelah,malaysia tuh sudah mendunia apa2pun malaysia telah bina Wkwkwk

      Hapus
    3. Buat saudara mat rempit,, jgn memprovoke lgi bantah coment forumer malysia sesuai fakta, dan buat saudara Mahatair, saya bingung saudara tahu atau pura2 tdk tahu, perlu saudara ketahui utk pesawat N-219 itu murni design anak bangsa bukan sekadar lgi beli licensi...kami bangga akan pencapaian kami,klau content lokal yg dipakai dipesawat N219 memang tdk 100% kami buat, namun bertahap, mudah2an kami bisa meningkatkn konten lokal pada pesawat N219,perlu saudara ketahui perusahaan boeing sendiri tdk 100% memproduksi onderdilbpd pesawat mrk, dan saudara jg mengatakan bahwa malaysia hg bisa memproduksi pesawat selevel rafael...saya bukan merendahkan kemampuan Malaysia tp ap malaysia mempunyai pengalaman memproduksi peswat, krn membuat pesawat hrs didukung SDM yg mumpuni, ap Malaysia sdh Mempunyai SDM yg dpt diandalkann...coment saudara menunjukan bahwa saudara tdk senang akn pencapaian Indonesiaa????

      Hapus
    4. Didi @ biasalah bro namanya jg iri mereka tak suka pencapaian indonesia

      Hapus
    5. Iri dgn n-219???.... since when asshole!!!

      Hapus
    6. Harta@ ini salah satu forumer tetangga yg tak de sopan sama dgn nash

      Hapus
    7. Banyak la ko punya sopan...

      Hapus
    8. Ko selamber sebar fitnah ckp kitorng jeles Sopan la sngt.....

      Hapus
    9. "Spank park"
      "spank pang"

      bahasa mana lagi itu koh haha!🎏🎏🎏
      makanya blajar bahasa yg bner dolo om mahat batu, biar gak balapan ama om antiembalgo haha!😋😋😋

      Hapus
    10. oiye om mahat batu, guwe bawaiin nich oleh2...
      🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      biar lebih tenang & lancar ngetiknya yach haha!

      Hapus
  2. tulusan judul artikel ini mestinya bukan "PEMERINTAH ACEH" mestinya "PEMERINTAH PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM"

    supaya tidak terjadi polemik.
    maaf ya kalau saya keliru...

    BalasHapus
  3. Adakah indonesia satu satunya negara asean yg 'mampu' membina pesawat dlm negeri?jawapannya ya dan tidak..sebenarnya dgn teknologi dan fasiliti yg ada malaysia,singapore bahkan thailand boleh membina pesawat dlm negeri sendiri tp mereka lebih selesa membeli pesawat yg tersedia dipasaran..kenapa?jawapannya mudah

    Utk bina pesawat sendiri memerlukan bnyk komitmen..contohnya DANA (ini bukan masalah bg malaysia dan singapore memandangkan malaysia dan singapore sanggup menyediakan dana yg besar seperti projek AV8 Gempita dan LCS Maharajalela),MASA dan teknologi yg MENJANJIKAN..adakah logik singapore yg sudah berada jauh dr segi teknologi dihadapan negara2 asean lain bahkan mempunyai duit yg bnyk masih tidak boleh membina pesawat sendiri?begitu juga malaysia?sedangkan malaysia dan singapore adalah hanya negara di asean yg mempunyai kebolehan MRO pesawat c130 hercules sendiri,malah indonesia,thailand dan philipine menggunakan kepakaran malaysia dan singapore dlm MRO c130 mereka,dan utk pengetahuan malaysia juga membekalkan komponen penting pesawat komersial milik airbus dan boeing..jd mengapa malaysia dan singapore masih tidak membina pesawat dlm negeri sendiri?hal ini kerana kematangan teknologi!!di pasaran ada bnyk pesawat yg mempunyai keMATANGan teknologi yg hanya tggu utk dibeli..jika membina sendiri dlm negeri memerlukan masa yg lama dan belum tentu seiring dgn teknologi terkini dan dgn pesawat yg ada di pasaran.

    Malaysia dan singapore sudah mempunyai teknologi dan fasiliti yg bagus dlm bidang aerospace..lihat aja AIROD milik malaysia dan ST Aerospace milik singapore..AIROD adalah satu satunya company di asia yg mendapat sertifikat lockheed martin utk MRO c130 Herculessdan kehadapan AIROD menargetkan akan melakukan MRO utk a 400m,helikopter blackhawk dll ..malah 13 buah c-130 hercules tentera marin amerika yg berpangkalan di jepun dihantar oleh amerika ke malaysia utk di MRO..malaysia juga telah meregenerasi dua buah c 130 hercules yg dlm kondisi amat teruk yg diambil dr libya (sebuah) dan c 130 hercules milik angkatan udara tunisia yg rosak teruk (sebuah) dan kini dua buah pesawat ini dilelomg di fasiliti AIROD di subang..malah upgrade c130 hercules dan bae hawk tudm nnt akan dilakukan sendiri dlm.nwgeei oleh AIROD..kisah ST Aerospace milik singapore?tak perlu sy cerita ttg kemajuan teknologi negara ini..A4 super skyhawk singapore pun di upgrade oleh company ini.

    *Soalan emas:mengapakah indonesia masih memerlukan negara luar utk melakukan MRO pesawat c130 hercules mereka sedangkan mereka sudah bisa membina pesawat dlm negeri sendiri?adakah PTDI tidak bisa MRO c130 hercules TNI AU?mengapa perlu hantar ke AIROD Malaysia dan ST Aerospace Singapore?jawab dalam hati aja deh :)

    Sumber:
    .forum singapore (sg forum/military)

    .Malaysian defence/AIROD

    https://www.bharian.com.my/node/179998/amp

    defense-studies.blogspot.com/2016/09/kemhan-perbaiki-lima-pesawat-hercules.html?m=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eleh banyak cakap,kau kira bina air craft atau jet pejuang cem bina kereta kebal,ada macam2 teknologi rumit dan susah sangat ada pada pembinaan aircraft ni,cem2 ilmu ada pada pembinaan aircraft atau jet pejuang cem fisika,match,aeronautica,chemical,metalurgi ect,lebih susah sangat bina dan design jet pejuang atau aircraft berbanding cuma MRO

      Hapus
    2. Sy tau mat rempit,enjin mmg pasti dari perusahan luar,sistem kokpit dan sensor segala perangkat juga dr negara luar malah badan pesawat seperti komposit juga ada yg dari negara luar..pesawat yg dibina di dunia ini bukan 100% bikinan sesebuah negara itu kerana ada penggunaan komponen luar malah agak kurang pesawat yg mempunyai 80% buatan tempatan..yg sy tekankan dlm komen ini adalah kemampuan bidang dirgantara sesebuah negara,maksudnya jgn direndahkan jika tidak tahu kerana akan memalukan diri sendiri..ada negara lebih baik dlm sesuatu bidang dan ada negara sebaliknya..mampu bina pesawat kenapa tidak mampu MRO sedangkan kamu kata MRO itu lebih mudah drpd bina pesawat...adakah bermakna PTDI ketinggalan teknolohi..jika sy copy balik komen kamu diatas ia akan jd begini:

      Mat rempit:'Kesian malaysia tak de kepakaran bina aircraft'

      Jd sy boleh kata mcm ni: 'Kesian indonesia takde kepakaran MRO pesawat,sedangkan ia lebih mudah dari bina pesawat'

      Hapus
    3. Buat Tentera Kabur, Malaysia memang mempunyai fasiliti MRO, jika saudara bertanya kenapa PT DI tdk melakukan MRO, it lebih krn memang strategi pasar, dan perlu saudara ketahui diIndonesia pusat perbaikan pesawat byk dilakukan olh Perusahaan Swasta, wlau perbaikan lebih cenderung utk pesawat Sipil

      Hapus
    4. Nice comment didi,ya sy tau..saja mau mengusik mat rempit..malah ptdi juga bisa assemble heli seperti puma,fennec,bell dll dan juga ada komponen ec725 yg dibuat oleh indonesia manakala malaysia tidak ada lg heli yg di assemble dlm negeri setau sy...pebaikan dan perawatan pesawat di indonesia juga fokus dlm perawatan pesawat sipil...

      @mat rempit:komen sy di atas sekadar perkongsian yg sy pernah baca di forum militer singapore dan bukan bersifat perbandingan..tenang aja.. Peace

      Hapus
    5. Tentara@ indonesia khususnya PT DI sudah lama MRO pesawat2 militer kerajaan Arab Saudi,bila tak tak apa2 jgn cem katak di bawah tempurung suka merendahkan indonesia,sila baca PT DI indonesia tempat MRO pesawat2 militer arab saudi : www.indomiliter.com/indonesia ingin ekspansi pesawat lebih besar lagi di arab saudi/01-12-2016

      Hapus
    6. Salah link,sila baca : www.militermeter.com dgn tajuk dan tgl yg sama dgn di atas

      Hapus
    7. C130 ko Service kat mane mat???

      Hapus
    8. C130 ko Service kat mane mat???

      Hapus
    9. Harta@ lockheed martin join malaysia buka MRO...kata teman kau indonesia tak de facility MRO pesawat militer,aq kasi link teman kau langsung bengap

      Hapus
    10. Indonesia sibuk nak buat pesawat sehinggakan frigate dan korvet mereka tak dilengkapi senjata dan alatan elektronik.. dgr kata tak dpt lesen import utk exocet... kesian.. keh keh keh

      Hapus
    11. Dein@ bila nak cakap di blog indonesia mesti cakap benar dan jgn troller dan berlakon semua tahu cem Shed....kl ada kapal indonesia tdk ade alatan elektronik dan weapon dan tak de lesen import exocet sila hantar link,jgn kata2nya cem cakap kau tuh yg cuma boleh jd troller

      Hapus
  4. Waduh yg dari Indonesia maupun Malaysia pada adu hebat2an..ngk liat kenyataan..ngk ada Industri Dirgantara di Asia Tenggara yg bisa independen..

    Mau DI, ST, Airod..semuanya kerja tergantung ama Partner..tuh liat DI coba jalan sendiri dg N250 dn N2130..hasilnya jebol..krn ngk kuat duit..

    DI most of it's business tergantung sama Airbus..(kecuali proyek KFX/IFX yg nanti sams KAI dn LM)..
    DI ngk punya MRO ? Lah punya..tapi MRO untuk produk2 kerjasama AIRBUS..
    Yah ngk mungkin DI MRO C-130..kerjasamanya sama Airbus Military..jelas MRO arah ke produk yg kerjasama..

    Di dunia ini selain pemain besar..ngk ada yg bisa independen..liat Bombardier..akhirnya their big project the C Regional Jetliner dilepas ke Airbus..krn ngk kuat sendiri..
    Lihat Embrear..with out the doubt the most sucessfull Commercial Aerospace Industry outside US and Europe..sekarang mulai bicara partnership dg Boeing..why..because economics and commercial realisation..

    Makana ane ngk yakin tuh Regio'nya Habibie bakalan bisa commercially run..krn seperti jaman dia megang DI..egonya Habibie mau jalan sendiri..

    DI N219 walaupun diatas kertas produk sendiri..tapi udah kelihatan DI ngajak Airbus untuk kerjasama..liat aja janji Airbus untuk bantu sertifikasi..
    Airbus butuh DI untuk buat produk2 dari kelas yg ngk ekonomis jika dibuat sendiri oleh Airbus..dan DI butuh Airbus untuk ngebuka market..

    Udah deh..ngk usah adu hebat'an..semua aero industry di kawasan ini hanya bisa hidup kalau kerjasama dg pemain2 utama..This region is not big enough market to justified stand alone independent aero player...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Patutlah yg cakap diatas nih kumur2 berantakan soalnya dia antek barat rupanya Wkwkwk

      Hapus
    2. Kalo semua rakyat indonesia cem mental anda dipastikan indonesia bakalan gk merdeka2....belom apa2 awak sudah so'uzhon duluan dan pesimis

      Hapus
  5. Hooi Rempit..model macam kau yg bikin berantakan..model ngebual..maki2 orang lain..nutupin kekurangan dengan babyak lagak..he,he..

    BalasHapus
  6. thank you for information

    คาสิโนออนไลน์ที่น่าเชื่อถือและมีความเป็นมืออาชีพที่สุดในตอนนี้

    โปรโมชั่นGclub ของทางทีมงานตอนนี้แจกฟรีโบนัส 50%

    เพียงแค่คุณสมัคร สล็อตออนไลน์ กับทางทีมงานของเราเพียงเท่านั้น

    ร่วมมาเป็นส่วนหนึ่งกับเว็บไซต์คาสิโนออนไลน์ของเราได้เลยค่ะ

    สมัครสล็อตออนไลน์ >>> Goldenslot

    สนใจร่วมสนุกกับ คาสิโนออนไลน์ คลิ๊กได้เลย

    มีทั้งคาสิโนออนไลน์ หวยออนไลน์ ฟุตบอลออนไลน์ สล็อตออนไลน์ และอื่นๆอีกมากมาย

    BalasHapus