26 Januari 2019
Tank Medium Pindad (photo : Masakan Nyokap)
TEMPO.CO, Bandung -Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose mengatakan, pendapatan PT Pindad tahun 2018 lampaui target. “Di 2018 pendapatan kami di atas target RKAB (Rencana Kerja Dan Anggaran Biaya). Revenue kami Rp 3,2 triliun,” kata dia di Bandung, Kamis, 24 Januari 2019.
Abraham mengatakan, laba bersih yang diperoleh tahun lalu juga melampaui perolehan laba tahun lalu yang menembus Rp 94 triliun. “Laba kami kurang lebih di Rp 98 miliar,” kata dia.
Ekspor Pindad tahun ini diklaimnya naik, kendati tidak dirincinya. “Hampir 12 persen naiknya dari tahun sebelumnya,” kata Abraham.
Abraham mengatakan, sebagian laba disetorkan pada pemerintah. “Rencana laba ini, kita akan deviden sebesar 7 persen, kemudian memberikan bonus ke karyawan. Sisanya untuk perbaikan gedung dan investasi,” kata Abraham.
Abraham mengatakan, porsi pendapatan dari lini alutsista diklaimnya terus naik. Lini industri juga menanjak. “Dari pertahanan naik, tapi yang dari industrial cukup bagus, kurang lebih (mencapai pendapatan) hampir Rp 1 triliun,” kata dia.
Proporsi lini industri pertahanan dan industrial juga masih belum berimbang. Abraham mengaku, pendapatan dari lini industrial mengambil porsi 35 persen dari total pendapatan.
Pada 2019, lini industri juga diperkirakan belum bisa mengimbangi pendapatan dari sektor industri pertahanan. “Belum. Karena ktia dapat kredit ekspor untuk (pembiayaan produksi alutsista) untuk kavaleri dan infatri cukup besar,” kata Abraham.
Abraham mengatakan, tahun ini Pindad juga membidik kontrak pembelian Medium Tank produksi bersama Pindad dan Turki dari Kementerian Pertahanan RI. “Mudah-mudahan Meidum Tank masuk tahun ini untuk kebutuhan mungkin 22-24 unit,” kata dia.
Abraham mengatakan, tahun 2019 ini Pindad menargetkan perolehan laba lebih besar. “Tahun ini, di 2019 kita targetkan 3 digit laba kita,” kata dia.
Hari ini, Kamis, 29 Januari 2019, Menteri BUMN Rini M Soemarno menyambangi kompleks industri Pindad. Rini mengunjungi sejumlah fasilitas produksi milik Pindad. Diantaranya Pertamini atau fasilitas kios penjualan BBM, fasilitas produksi tabung gas elpiji, serta tabung udara untuk air brake system, dan Anjungan Minyak Higienis (AMH-o).
Dikutip dari siaran persnya, Pindad telah memproduksi tabung gas elpiji ujntuk Pertamina. Pada 2015, Pertamina memesan 1,2 juta tabung gas elpiji. Sementara Pindad juga menerima pesanan 40 ribu unit tabung gas elpiji 4,5 kilogram dari PT ECGI (East Continen Gas Indonesia), setiap bulannnya mulai Juni 2019 ini harus mulai mengirim 10 ribu unit perbulan. Kapasitas produksi tabung gas elpiji Pindad saat ini 300 ribu tabung per bulannya.
Menteri BUMN Rini M Soemarno sempat mencoba kendaraan angkut tempur Anoa buatan Pindad. “Saya juga sudah coba Anoa, nyupir sendiri. Alhamdulillah selamat. Saya yakin prajurit kita kalau pakai Anoa selamat karena saya nyetir aja selamat. Pasti selamat,” kata dia, Kamis, 29 Januari 2019.
(Tempo)
Indon berjaya eksport alutsista kepada tni.. Kerana hanya tni mahu beli.. Wkwkwk
BalasHapusbwahahhahahaa.. lagi2 beruk malons menunjukkan kegoblokannya.. apa karena program MRSS-nya dibatalkan ya...??? sakit ati mengalahkan akal sehat jadi pada stres tuh maloners IQ tiarap... kahkahkahkah.. π π π π π π π π π π .. kesiaaaanann beruk malons..
HapusLha uniform askar,amunition,rifle SS-2,CN-235,boat RHIB yg digunakan ATM ko tuh bukan keh buatan indonesia lon....mikir pake otak lon,jgn mikir pake jubor wkwkwk
Hapusmantaaaaapp om pit.. kasih link biar mingkem tuh malons LOW QI..!! kahkahkah..
HapusMungkin logikanya begini: Poland berjaya mengekspor tank T-72 kw3 ke idiot malaydogsial pembeli pertama sekaligus terakhir π
HapusKih kih kih
Haibat PT PINDAD.. Selain membuat senjata, escavator, generator.. ternyata membuat pula alat2 komersil yg digunakan masyarakat.. Pokonya jauh sekali jika dibandingkan SDM Indonesia dengan SDM LOW IQ Malon.. Bangsa pencipta dengan bangsa mentality pengemis bantuan kerajaan cem malons.. kahkahkahkah.. bak langit dan bumi brooooooooo.... uhuuuuuuyyyy.. π π π π π π π π π π π π π π π
BalasHapusBetul bro,Malon cuma besar mulut dan NATO (NO ACTION TALK ONLY) wkwkwk
HapusDEFTECH Malon telah bukukan keuntungan US$ 1 Billion kerana telah berjaya eksport weapon ke planet NAMEX dan PLUTO wkwkwk
BalasHapusbukan ekspor weapon om pit.. tpi dadah.. ekspor malon mengalahkan kartel meksiko atau kartel Kolombia yg termasyhur.. karena produksi dadah malon didukung oleh sultannya.. fact..!! xixixixi..
HapusNyatanya kemarin ada salah satu sultan malon positif pengguna dadah.. haibaaatt betul malons niiiee...!!!! kahkahkah.. π π π π π π π ππ
Tahniah malon telah berjaya export vita berapi n dadah.
HapusKahkahkahkah
ππππππ
efek progam MRSS di cancel, merajalela grounded dilimbungan karena SDM LOW IQ MALONS, Submarine grounded, Kapal banyak yg ompong dan lapok.. membuat banyak beruk2 malons Stres akut menuju gila kedana.. kahkahkahkah..
BalasHapusUGLY MALONS BABU BUCKINGHAM.. π π π π π π π π π π π
Tank Medium Pindad harimo item gak bakal masyuk SIPRI bkn SUPRI hore haha!π€ π€ π€
BalasHapusyg penting su-35 masyuk
BalasHapusyg penting rudal amraam masyuk
yg penting rudal 9x masyuk
yg penting NASAMS masyuk
yg penting APACHE masyuk
yg penting LPD masyuk
yg penting mistral atlas masyuk
yg penting uda bayar cicilan IFX haha!π€π€π€
yg penting tank medium pindad uda lulus uji bentar lagi masyuk uhuuyy haha!π½π½π½
Ditambah destroyer iver masyuk
Hapuspake rudal jelajah kaliber yak om haha!πππ
Hapussedangken yg sebelah bayar cicilan utang aja pake acara nyari "samurai bond" dulu..eh ngebon toh, duwit jakuzzi tuch diputer2 haha!π€Ή♂️π€Ή♂️π€Ή♂️
BalasHapushttps://www.freemalaysiatoday.com/category/bahasa/2018/06/12/malaysia-mohon-pinjaman-dari-jepun-untuk-bayar-hutang/
Mahathir Mau Jual Aset Negara untuk Bayar Utang π
Hapushttps://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-4249736/mahathir-mau-jual-aset-negara-untuk-bayar-utang
Punya 3 proyek sekaligus: SU-35, IFX & VIPER jelas tidak rasional...!!!
BalasHapusSementara negara-negara lain berlomba merampingkan ragam alutsistanya....kalau disini pengennya malah digedein π€¦π€¦π€¦
Suka tidak suka....salah satu rencana diatas harus diterminasi π€·
Yang ketiban sampur gak usah sakit hati πππ
Yang tukang bikin hitungan juga harus rasional π΅️π΅️
prasaan yg pasti cuman 2...haha!π²π²π²
Hapusitupon satunya proyek masa depan, kok ada yg kefanasan yak, apa ferlu disumpel fisank πππ haha!πππ
viper fansklub ππ
HapusNash itu dia bro....π€·
HapusTapi kalo konsul ma master ngitung, nafsunya malah mau ditambah lagi jenis pespurnya....emang niat poligami π€¦π€¦π€¦
potensi KFX bernasib seperti HAL tejas berapa persen nih ?
Hapuskok proyeknya kontroversial banget πππ
mas hari mungkin tau π
mas hari ini sales IKEA.. jadi jngan tanya masalah IFX/KFX.. pasti jawabnya yg itu.. haha..
HapusLho mas Smili ini gimana toh ?
HapusMas Smili khan setuju kalo asal bukan rusia toh ?
Lha IFX mau dibikin hanya 16 unit gitu lho.
Jadi sisanya yang 32 unit pakai apa ?
Pasti mas Smili juga seperti saya nggak mau Sukhoi khan ?
Pasti mas Smili mau yang bisa kalahkan Sukhoi secara altitude dan BVR.
Yang memenuhi 2 syarat itu hanya F22, EF Typhoon dan F15 versi terbaru. F22 nggak mungkin. EF Typhoon ribet 4 negara. F15 yang paling mungkin toh ?
Atau mas Smili mau yang siluman tapi bukan dari timur ? F22 dan F35 yang memenuhi syarat itu. F22 jelas nggak mungkin. Yang paling mungkin untuk diakuisisi kalo siluman ya F35 toh ?
aaahhhh mas smili ini gimana seh..?? yg konsisten dong kalau milih janda.. haaaiiiissshh.. ππ
HapusBingung....mo ngriplei siapa duluan nih π
HapusIdamanku cuma 2 : Viper dan gripen ng πππ
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusKalo demi IFX kita harus borong dulu Viper, kenapa gak sekalian banyakin vipernya toh IFX "hanya" dirancang sedikit lebih unggul dari F-16 (inget lho, waktu dirancang dulu basisnya belum exist teknologi radar aesa & mission komputer sekelas F35/F22 π€·).
HapusViper sendiri dg dicangkok teknologi f35/f22 berupa radar aesa, mission computer masih bisa bertahan sampai 30 tahun kedepan...lalu dimana keunggulan kompetitif IFX π€·
Padahal didepan sana sudah menunggu pespur gen 5/6 πππ
Sementara perkembangan teknologi elektronik itu sangat cepat....dan kita belum punya basis industri yg sudah mapan dibidang ini πππ
Dalam hal IFX aku setuju dg pendapat Pak Habibie....pespur beli saja yg paling canggih yg tersedia dipasaran, tapi kita fokus di sektor pesawat komuter : KARENA DISITULAH LETAK KEUNGGULAN KOMPETITIF KITA SAAT INI (rancang bangun dan Airframe pesawat komuter) π©π©π©
Dalam pikiran orang dagang spt saya...ini soal bagaimana menempatkan investasi dg modal yg terbatas ☝️
Mungkin kasusnya seperti CN-235.. Kita bikin hullnya saja.. sedangkan mesin kan sudah jelas dari GE, jeroan mungkin thales/Hanwa/Honeywell/LM, rudal dari MBDA/Raytheon.. jadi merakitnya di PT DI.. kan sudah dibangun itu hanggar khusus untuk IFX.
HapusHarus ada loncatan mas.. mosok pesawat kitiran teros.. katanya pengen mengembangkan pesawat penumpang bermesin jet seperti punya boeing dan Airbus..??
Naaah itu....kita harus pandai mengukur sampai dimana kapasitas kita dan bagaimana mengelolanya menjadi kekuatan yg paling optimal ☝️
HapusPasar pesawat kelas komuter itu masih sangat besar dan memiliki nilai ekonomis serta nilai tambah yg besar, dan disitulah saat ini letak talenta kita yg sebenarnya π€π€π€
HapusJangan lupa, posisi PT. DI saat ini jauh dibawah ketika masajayanya IPTN (sdm, teknologi, modal, komputer dan pengalaman)...jadi jangan kemaruk dulu tapi tekuni keunggulan kompetitif kita supaya kita jadi JAWARA dibidang ini πͺπͺπͺ
Jangan hanya bisa ini-itu tapi serba setengah-setengah....dan sebenarnya belum benar-benar mandiri πππ
kalau memang hanya 16 unit yg diambil.. semoga dirakit di PT DI semua dengan asistensi dari pihak KAI. Atau untuk gelombang pertama bisa 6 unit dibuat di KAI, 10 unit bisa dirakit di PT DI.
HapusNnnnnaaaaahhh.. kalau TNI puas dengan kinerja IFX versi rakitan PT DI. bisa ditambah lagi tuh order.. tidak perlu langsung 1 skuadron mungkin bertahap 8 unit dan seterusnya.
Kasusnya seperti PKR, NBELL, CN-235 dengan semua variannya.. haha.. Lanjooooott..!!! πͺπͺπͺππ
Siapa tau jiran2 sebelah cem Filiphina, Brunai, timles, Atau negara2 Afrika berminat kan lumayan.. yohohohoho.. ππ
Itu bedanya pesawat tempur vs pesawat angkut....pd kandungan teknologi elekteoniknya ☝️
Hapusini pesawat komuter yg sampean maksud yg mana masee..?? kitiran atau jet..??? Kalau kitiran 90 penumpang masih ada harapan karena disitu hanya ada ATR.. laaaahh kalau jet..??
Hapusrealistis saja masee.. disitu sudah dikuasai Boeing dan Airbus.. Sukhoi Rusia saja susah bersaing dengan mereka berdua.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusKomuter itu ya sekelas ATR itu...sama segmen pesawat perintis N-219 bro.
HapusDg kapasitas kita yg terbatas, dan masih harus dipecah-pecah utk proyek ini-itu....gak bakalan fokus kalo menurut saya, apalagi kalo harus berhadapan dg kompetitor yg sudah mapan π€·
Pengembangan pesawat itu kan tidak bisa sekejap mata....makin kita tidak fokus, makin hilang pula oportunisti kita dipasar tersebut ☝️
Dan kompetitorpun bebas dansa-dansi kegirangan....πΊππ―
Haha.. N-219 kan sudah jalan mase.. tinggal menunggu sertifikasi dan diproduksi massal.. kalau pengen sekelas ATR sbenarnya tidak perlu ribet kok.. tuh C-295 minta lisensinya ke Airbus.. kan hampir sama tuh kapasitasnya tinggal hilangin ramp doornya.. ππ
HapusLaaahh terus kalau IFX dibatalkan.. angus dong uang 8 trilliun mase..?? haha.. sekali layar terkembang, pantang kembali pulang.. lanjooooott gan..!!! ππ
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusYa bedalah mas antara rancangan pesawat penumpang vs pesawat transpor....antara hitungan keekonomisan biaya operasi dan faktor kenyamanan+utilitasnya π€·
HapusKalo soal lanjut atau enggaknya aku Gak tau lah...itu hanya pikiranku ttg proyek IFX yg ambisius, yg seakan-akan malah mengabaikan oportunity yg sudah ada di depan mata π€
HapusMoga pemerintah lekas mendapat exit strategy yg jitu, tanpa merusak hubungan baik dg korsel π€π€π€
Kalau saya IFX tetap harus lanjut mase.. melihat produk PT DI seperti CN-235 dan NBELL yg sudah riwa-riwi di langit Indonesia sampai Afrika. Disini kualitas tkdak perlu diragukan.. Alon2 waton kelakon.. ππ
HapusItulah bedanya antara produk pesawat tempur vs pesawat transpor....pesawat transpor tidak terlalu besar kandungan elektroniknya sementara pesawat tempur, porsi yg besarnya adalah pd konten elektronik dan softwarenya (source code) π€·
HapusSementara kita saat ini belum punya basis industri yg mapan disitu....artinya kita menggotong produk orang lain diatas karya kita πππ
bayangin jika suatu saat IFX sudah mengudara.. dan dibawa patroli TNI keliling Indonesia tanpa masalah.. apa ngk ngiler tuh philipin, Brunei, Senegal, Ghana,..?? haha..
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusItu kalo "source codenya" kita sudah bisa bikin sendiri dan kita punya industri yg meproduksi rudal, elektronik warfare, dan tkdn lainnya π€·
HapusFaktanya saat ini, justru industri dikorsel lah yg jauh lebih siap dan lebih banyak menikmati manfaat TKDN dari proyek KFX/IFX ini....dan kita menjadi konsumennya ☝️
seiringnya waktu pasti ada TOT secara alami mas.. semisal di Indonesia ada PT LEN mungkin bisa bekerjasama dengan si empunya software IFX..
HapusYa itu kan berandai-andai hal yg masih diawang-awang, sementara saat ini juga di korsel sudah ada beberapa industri yg sudah siap dg produk TKDN untuk konten KFX mereka....kembali lagi ini soal bagaimana kita menaruh investasi yg paling optimal sesuai kapasitas kita spt menghasilkan keuntungan yg maksimal ☝️
HapusMas bro apa sudah tau kalo material alumunium utk industri aviasi....kita masih impor π€·
Nnnnaaaahh bener kan.. kasusnya seperti CN-235..saya tidak tau perjanjian apa dulu antara Indonesia dan Spanyol saat membuat program CN-235.. tpi faktanya sampai sekarang kita memang hanya kebagian membuat hull.. mesin dari Kanada,softwer mungkin Honeywell. Ngk pa2 kok.. lancar jaya order terus mengalir.. ππ
HapusKalau tidak salah bahan pembuat hull pesawat hampir sama dengan bahan pembuat body mobil mas..?? kalau iya.. saya pernah baca.. japan steel sudah membuat pabrik pembuat bahan itu di cilegon..
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusItulah berkali2 saya bilang bedanya konten antara pesawat tempur vs pesawat transport.....selama kita belum punya basis industri penunjang yg mapan, kita bisa jual airframe misal senilai $10 juta π sementara produsen komponen dan konten pendukungnya memetik omzet bisa ratusan kali lipat dibanding kita π€·
HapusSama aja kita kerja sama orang tapi tidak kerasa....karena kebanggaan semu π€
kalau soal marketing saya angkat tangan mas.. π π ..
HapusMas Bagaz,
Hapus8 triliun hangus ?
Nggak juga tuh. Jika para teknisi dan desainer yang dikirim ke Korsel memanfaatkan dengan baik apa yang diberikan di sana, ilmu mereka dapat diterapkan di sini.
8 triliun rupiah itu sekitar 550-600 juta usdolar.
Justru kita akan lebih rugi lagi jika kita terjerumus lebih dalam tapi nggak jadi.
Nah sekarang dengan andil yang sudah diberikan sebanyak 8 triliun itu, mungkin kita bisa minta kompensasi misalnya lisensi pesawat propeller seperti Wong Bee dan turunannya sehingga bisa dijadikan pesawat COIN. Atau kita bisa minta hak untuk merakit FA-50 dulu.
N219 kabarnya sudah order 500an unit, tapi ini entah benar atau tidak lho.
HapusDengan 500 unit N219 ini sampai kapan PTDI bisa menyelesaikan pesanannya ?
Mengingat dalam waktu 5 tahun ini, PTDI hanya bisa menyelesaikan puluhan unit pesawat berbagai jenis.
Naaah....itu ☝️
HapusUntuk proyek IFX yg masih diawang2, kita tidak segan mengguyurkan dana trilyunan rupiah...sementara utk N-219 yg peminatnya sudah jelas, untuk biaya mendesain saja harus dibela-belain "sharing cost" dg Lapan π€·
Belum lagi biaya sertifikasi dan ketika masuk tahap produksi πππ
Persis spt yg dikatakan master ngitung...π€·
HapusDemi mengejar prestise, bisa-bisa oportuniti yg sudah ada didepan mata terbengkalai....krn mencetak SDM yg mumpuni itu tidak bisa instant ⏲️
Benar yg dibilang tenaga ahli IFX asal ITB yg mengatakan, untuk menjalankan 3 proyek besar secara simultan (N-219, IFX, R-80)....RI sangat kekurangan tenaga ahli yg kompeten π€
eeiitt..sejak kapan om smiling dmen Vaiper, uda dech jgn bohongin si dede, itu rapale mao dikemenongin, hayo kalo nakal guwe fentung nichπ¨ haha!π€₯π€₯π€₯
HapusBenar yg dibilang tenaga ahli IFX asal ITB yg mengatakan, untuk menjalankan 3 proyek besar secara simultan (N-219, IFX, R-80)....RI sangat kekurangan tenaga ahli yg kompeten π€
Hapusngaco dech, apa urusannya r-80 ama fetedei hayo, uda dech jgn ngelanture haha!π€₯π€₯π€₯
N-219 ituw beda project dgn IFX.
tujuan dibikinnya n-219 itu regenerasi, agar insinyur2 muda fetedei bisa bikin pesawat dari a to z sperti ketika dulu pak habibie dkk bikin nc-212 diawal rintisan fetedei.
ini kt mantan dirut fete ketika ditanya knp yu bikin n219 oleh mantan presiden ituw? haha!πππ
tentuw kali ini bersama LEN. skopnya lebih lebar dgn kehadiran patner diluar fete.
Hapusoleh sebab ituw akan byk org indonesia yg menyerap ilmu ini.
walopun kita py byk ahli2 pesawat yg masi dlm masa ke emasannya, tp blum tentuw mau pulang ke indo/tana air.
sebab knp? mungkin trauma irama haha!πΈπΈπΈ
ada TKI yg kerja di erbas, diwawancara tipi nasional wkt ituw haha!πππ
dan bbrp lagi kerja di perusahaan asing kompetitor fetedei lg haha!π€π€π€
sedangkan IFX adalah proyek masa depan,
mungkin bener apa kata pak habibi, sebaiknya lebih ditekan dioesawat propeler.
HapusN219, sama Cn235 diperbesar kapasitas produksinya.
apalagi kalau bisa lisensei penuh cn295, mengingat pesawat serba guna ini pasarnya luas.
cukup untuk jadi batu pijakan untuk PTDI berkembang lagi.
proyek IFX, seperti proyek yg dipaksakan demi hegemoni karya bangsa sesaat.
kalaupun iya jadi mungkin performanya tidak jauh berbeda dari f 18, merujuk dari desain awal yg sedikit lebih hebat dari f 16.
@palugda
HapusLha itu nanti yg ngerjain R-80 insinyur aviasi asal mana bro....Kalo bukan insinyur Indonesia π€·
Beliau ini kan bicara skala yg lebih luas, bukan hanya ttg pt.di doang....achhhh, mbok nangkepnya jangan sepotong2 gitu πππ
gini lhooo.. untuk sekarang atau kedepannya.. menghentikan proyek IFX adalah keputusan tidak populer di mata masyarakat, bobotnya mungkin sama dengan keputusan menaikkan harga BBM.
HapusSebab duit kita sudah terlanjur banyak masuk ke proyek jangka panjang ini.. 7-8 trilliun itu jmlah yg tidak sedikit lhooooo.. coba bayangkan..!! pihak oposisi di DPR pasti mencak2 sama kek kasus bank Century dulu. Bikin gaduh saat tahun2 politik adalah tidak bagus bagi kepentingan bangsa.
Jadi sudah tepat keputusan pemerintah sekarang.. saya kira jumlah 16 itu adalah awal.. kalau pihak TNI puas dengan kinerja.. yaaaa tambah lagiii.. gitu aja kok repot.. haha...
R-80...?? hhmmmmm.. saya kok pesimis dengan masa depan proyek ini ya mas.. soalnya tidak ada berita pergerakan signifikan pak ilham habibie untuk melangkah lebih lanjut. Setelah mendapatkan bantuan dana beberapa milliar dari masyarakat.. kok seolah2 beritanya jadi senyap ya..??
HapusKalau tidak salah saya pernah baca dana ini malah mau diinvestasikan ke properti.. π²π²
Naaah, berarti mas bagaz sdh bisa mulai membenarkan klaim diatas....kalo jumlah insinyur aviasi indonesia yg berpengalaman itu sangat kurang utk menjalankan 3 proyek besar secara simultan π€·
HapusIFX...apakah lanjut atau diterminasi, selalu mengandung resiko dan ongkos, tinggal dipilih yg paling kecil resikonya π€
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusDan kalo proyek r-80 dipending (sekian tahun, smp produknya siap) artinya selama masa kekosongan itu kita membiarkan peluang pasar pesawat komuter kelas tsb, disamber oleh ATR !!!
HapusKalo begitu, siapa yg menggelar karpet merah buat ATR....πππ
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapushaha.. ini perbandingannya sama dengan kasus mobnas kita yg sampai sekarang tidak pernah terwujud, karena bayang2 2 raksasa Jepang di Indonesia yg sudah bercokol puluhan tahun. Toh kita tidak rugi kok.. terjadi hubungan simbiosis mutualisme yg saling membutuhkan dan saling menguntungkan antara keduanya.
HapusNnnnnaaaahh.. karena menghadapi kenyataan seperti itu.. makanya pemerintah dari zaman SBY sudah menggenjot program mobil listrik made in Indonesia.. karena mobil versi ini semua pabrikan dunia masih dlm pengembangan...jadi kita masih ada kesempatan untuk menguasai tekhnologi dan ceruk pasar tanah air.
Lha kalo menurut mas bahas bgmn dg peluang ceruk pasar yg akan diisi oleh IFX...pespur yg rentang harganya sekelas dg T-2 jepang dan apa itu pesawat taiwan π€·
HapusSementara kompetitornya maen segmen harga dibawahnya πππ
Kasarannya gini...haha.. ok kita realistis.. lepas program peswat komersil 90 penumpang, lanjut IFX, N-219, CN-235 dengan semua variannya termasuk calon gunship kita.. haha.. ditambah masih ada lisensi CN-212, NBELL, COUGAR, Dauphin, Super puma.. jaminan tetap negebul kok dapur kita karena pasar dlm negeri kebutuhannya masih banyak.
HapusLaaaahh kalau pesawat 90 penumpang itu.. prosesnya masih panjang, banyak hal yg harus dipenuhi.. termasuk mencari pasar dan membuat ekosistem agar pasokan lancar.
lhooooo.. lhooooo.. kan ada pasar dlm negeri mase.. yg kebutuhannya mininal 3 skuadron.. saya yakin negara berkembang dan cekak cem pinoy, brunai, Nigeria, senegal,Bangladesh, Ghana pasti berminat kok jika IFX lancar digunakan TNI AU.. hehe.. tahun segitu ngk yakin saya negara2 itu membeli pespur generasi 5..π π π lanjoooott gan.!!!
HapusYakin pasar yg disebut itu kita semua yg bakal meraup, trus korea woles aja π€·
HapusBelum lg kasus korsel yg dilarang amrik jualan t-50 ke negara mana itu π
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusTrus amerika juga legowo saja, pasarnya di asia diambil orang π€
HapusDuluuuu sekali....
HapusKorsel mulai pembangunan pesawat propeler untuk pesawat latih berkode KT-1B
Lalu dikembangkanlah pesawat itu jadi pesawat serang darat sekaligus COIN. Lalu pesawat itu dijual dan laris di pasar.
Kemudian Korsel mulai merakit F16 lisensi dari Amrik untuk kebutuhan Korsel sendiri.
Lalu Korsel bersama Lockheed Martin bersama2 mengembangkan pesawat T50 golden eagle yang kemudian berkembang versinya menjadi TA-50 dan FA-50. Lalu pesawat itu dijual dan laris di pasar.
Sekarang lihat Brazil.
Brazil mengembangkan pesawat latih yang berkembang jadi pesawat COIN serang darat Super Tucano. Lalu pesawat itu dijual dan laris di pasar.
Lalu kemudian Brazil bekerjasama dengan Swedia untuk bikin gripen ng.
Sekarang, Indonesia duluuuuu bikin Sikumbang, hanya buat terbang sebentar, produksi mandek dan tidak dijual di pasar.
Kalau RI mau maju, bikin dulu pesawat latih propeller, dan kembangkan itu jadi pesawat serang darat COIN. Jual dulu ke negara lain yang agak banyak.
Lalu kerjasama dulu bikin Viper atau gripen dirakit di sini.
Sesudah biasa, bikin pesawat yang benar2 baru melalui SAAB atau Dassault atau Boeing atau Lockheed Martin.
InsyaAllah mas.. Ainul yaqiin.. xixi.. IFX type Air superiority sedangkan type itu di Amerika cuma ada F-15 Eagle yg dijual dan harganya woooooww... π±π±.
HapusKan mesin dan sensor IFX made in USA mase.. jadi dia menikmati hasilnya juga.. haha.. ππ
"@palugda
HapusLha itu nanti yg ngerjain R-80 insinyur aviasi asal mana bro....Kalo bukan insinyur Indonesia π€·
Beliau ini kan bicara skala yg lebih luas, bukan hanya ttg pt.di doang....achhhh, mbok nangkepnya jangan sepotong2 gitu πππ"
-------
eeeiitt itu dia om similikitir, guwe malah nulis justru lebih secara gombal eh global haha!π€£π€£π€£
berhubung maren asyik malming dikota ujan, tak bisa kujelaskan panjang lebar, mendingan molor haha!π€π€π€
jd begini, pengembang R-80 adalah prusahaan swasta.
kate guwe, apa urusannya r-80 ama fetedei bner donk. mereka(r-80) adalah pihak swasta gak harus py tenaga ahli dr lokal.
bisa saja mrk pake tenaga konsultan asing bahkan aseng buat ngejar kualifikasi tertentu, asal kuwat bayar aje haha!πππ
lagipula klo om smiling perna baca, saat n250 dibuat pon, mrk pake kok konsultan asing.
dari sini uda kliatan cara pandang seorang ing.habibie.
dan guwe pon setuju, kalo mao buat perusahaan internasional yg lejit & cepat maju, tak harus 100% wajib tenaga kerja lokal bukan? haha!πͺπͺπͺ
kerna beliau(ing.habibie-red) pon diterima bekerja disalah satu perusahaan top dunia pada jamannya haha!πππ
dan saat ini banyak TKI kita yg punya ke ahlian bidang aeronautika pon bekerja dibanyak industri aviassi /penerbangan asing diluar nagerih haha!π€π€π€
seperti yg uda guwe tulisken diatas haha!πππ link pon tersedia lho haha!πΊπΊπΊ
knp mereka bekerja di LN? ada banyak hal, diantaranya:
-di dalam negeri industri penerbangan hanya 1 otomatis persaingan sangat ketat.
-standar gaji
-beda visi & misi, ciyeee haha!π«π«π«
peluang2 bisnis sperti ini akan menjadi pemicu semangat para pekerja. tanpa bisnis dan visi baru, itu kapal bakal terombang ambing tanpa arah, akhirnya karam haha!π©π©π©
Hapushadirnya bisnis baruw sperti proyek N-219, n-245, IFX serta r-80 harusnya makin menarik.
berarti masa depan aviasi kita sangat cerah untuk puluhan tahun kedepan. dan bisa saja menarik minat putra putri kita yg beredar di luar nageri balik kampung, asal dokunya cuco tp haha!πππ
walo smua hal2 diatas terkesan ambisius, tapi penuh tantangan haha!π§π§π§
liat proyek IFX sudah dirancang jau2 hari dlm interval waktuw sampai 25 tahun kedepan.
jadi gak instan bgetoh. persiapan2nya pon uda dibikin dan diatur dr tenaga teknis sampe infrastruktur.
mmg fetedei bukan bisa segalanya, namun paling tidak bisa ngebantu tni-au mewujudkan cita2nya punya jet tempur, sesuai undang2 tentuww.
mmg terkesan biaya tinggi, tp yah salah sendiri sapa yg suru bikin undang2 haha!π€£π€£π€£
guwe sich suka IFX, dr rancangannya uda jaman now bingit. optimis model gini lebih oke di taon 2030-2040. dan moga2 bisa melanglang buana 50 tahun haha!πππ
drpd paketan pespur taon 80-90an, uda pait haha!π€£π€£π€£
knp pilih kerjasama proyek KFX/IFX?
Hapusyak ituw dia duwit kita kan gak sebanyak negeri2 laen yg py ambisi sama.
trus yg ngajak bareng kyk model koryo siapa? pespur rancang baruw lho bkn yg uda bredar.
kalo mao yg ultra moderen gen 5, boro2 diajak..minat aja dikata "blum saatnya" anyirrr, ngantre lagi donk belasan taon haha!π±π±π±
Malon kepakarannya dalam produksi dadah tuk export, buka casino legal dan halal di genting Highlands tuk ambil cukainya demi ekonomi kerajaan daulat tuanku.
BalasHapusfilipin, bangladesh, brunei menyatakan minat...negera grade a ikutan gak yaaa haha!πͺπͺπͺ
BalasHapusternyata oh ternyataa..
"Menhan Malaysia Disebut Tertarik Medium Tank Pindad" hore haha!π·π·π·
https://nasional.kompas.com/read/2018/11/08/22233861/menhan-malaysia-disebut-tertarik-medium-tank-pindad.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMalon bukan negara asean lagi. Tapi sudah naik taraf jadi negara grade a. Konon grade a hendak nak ngutang tejas
Hapuseksport amunisi ke amerika dan NATO.
BalasHapuswuihh mantap
Jangan lupa bagi2 bonus buat pekerja pt pindad
BalasHapusMungkin kamsudnya kamis tanggal 24 januari 2019.
BalasHapusTanggal 29 januari 2019 itu hari selasa
malaysia catatkan minus budget kerena songlap enjin,part radar,kipas....songlap juta juta triliun
BalasHapusIndustri militer malay? Itu semacam mitos atau apa? Kenapa tidak pernah terdengar beritanya? Namun konon memang ada pusaka super sakti bernama VITA BERLENDIR pabrikan semenanjung.
BalasHapusindustri malon kek jualan durian broooo.. musiman.. kahkahkah.. buka kalau ada projek dari kerajaan itupun songlap sinan-sinun.. xixixi.. Biasalah SDM LOW IQ.. kurang kreatif malas kerja... π π π π
Hapusdan gak dipercaya bank. tak nak bayar hutang walau hutang menggunung. suka serah tugas keorang lain. dan tak nak kerja di tempat panas... malon noob..ππ
Hapusmalaysia sukses catatkan penjualan dadah sabu eksport kemana2,,,,capaian pajak judi gentinghiland teramat lumayan
BalasHapusNo one? π philipine already buy from pal π€
BalasHapusI give you 1 sample a garbage shipyard that produces garbage ships from malaydogsial π
http://www.malaysiandefence.com/wp-content/uploads/2018/10/1st-700x525.jpg
Kih kih kih
kecepatan 518km/jam.. ngalahin CN 235 nih.. haha..
BalasHapushttps://www.jejaktapak.com/2019/01/26/terbang-518-km-jam-v-280-valor-mulai-buktikan-kemampuan/
Suatu saat boleh juga diakusisi TNI sebagai penerus keluarga BELL.. ππ
Gak ada silver bullet bro π€·
HapusTeknologi vtol gitu hanya unggul disektor kecepatan tapi harus dibayar dg mahar yg muahal, terutama biaya opetasinya π π π
kan ngk sekarang mase... mungkin 20 tahun yg akan datang.
HapusTetap saja kalo dibandingkan dg pesawat bersayap konvensional, keunggulan teknologi pesawat model osprey harus dibayar lebih mahal ��
Hapus20-30 tahun kedepan ekonomi kita beda sekali dengan sekarang mas.. itu yg bilang bank dunia lhooo.. haha.. ππ
HapusBetul sekali...tapi 20-30 taun kedepan aku yakin teknologi sayap pesawat konvensional masih tetap dipakai, karena kesederhanaan dan murahnya itu π€·
HapusDeftech malon macam pukimak sampah lah tu pabrik
BalasHapusDeftec isinya bangla2 item...malondog cm jd tukang pel lantai...low iq.
Hapusπ π π π
mana komengnya lagi lon
Salam Budak Fauzi - sebagi orang Islam bahasa kamu aduhh kotor sekali. memperbanyak istighfar, nanti ditimpa kecelakaan.
Hapushahaha, , ,
Hapuskenapa bawa agama?
takde bahasan lain kah .korang jual agama?
sampah
Dont be naive In reality malaydogsial interseted indonesian medium tank π
BalasHapushttp://www.limaexhibition.com/industry_news_menhan-malaysia-tertarik-dengan-medium-tank-pindad.php
Kih kih kih
Laos said malaydogsial army most noop army in asean buy T-72 kw-3 garbage from poland π
BalasHapusKih kih kih
Japan and china say poor malaydogsial only 3rd country because they always ask for debt to these two countries π
BalasHapusKih kih kih
Malaydogsial Defense industry players need to exemplify Indonesia.. say mat sabu ministry malaydogsial defence π
BalasHapuslow iQ malaydogsial needs to understand this π
https://m.youtube.com/watch?v=0rinprpn_4Q
Poor Malonsial asking Japan for yen credit to solve RM1t debt π
BalasHapushttps://www.malaymail.com/s/1641122/dr-m-malaysia-asking-japan-for-yen-credit-to-solve-rm1t-debt
Desperate to Survive, Malaysial PM Sells His Country to china π
https://yaleglobal.yale.edu/content/asia-sentinel-desperate-survive-malaysias-pm-sells-his-country-china
Malaydogsial only 3rd World garbage country π
Low IQ Malaydogsial not have capability to built plane and any military tehnology..
BalasHapusit was confirmed by the Malaydogsial government π
https://m.malaysiakini.com/news/447615
Kih kih kih
Old craps nuri and little bird malaydogsial only plastic miniatur π no match with apache & mi35 TNI..
BalasHapusKih kih kih
"COPAS dari blog sebelah π.....kalo rusia keberatan dg syarat yg kita ajukan ya tinggal mereka tolak saja kontraknya, KELAR !!!"
BalasHapus?Perencanaan Air Baku, Air Bersih dan Air Limbah
Januari 27, 2019 at 9:43 amLog masuk untuk Membalas
Maklumlah… Masak teknologi canggih dituker Pete, Trasi, Sambel Pecel.. Rusia ya mikir.. ini pemimpin Indonesia sebetulnya bisa menghargai karya Rusia apa enggak sih?
Betuuuuul
Hapuskok jek nginceng to mas?
Hapusopo goleki sesepuh ? hihihi
Lucu-lucu je komennya, kreatif-kreatif...malah ada yg bilang kita sudah kirim pilot buat latihan nyopiri su-35 sejak 2014 π€·
HapusPadahal itu kan pilot su-27/30 latihan simulator...soalnya kita belum dibeliin π
Rusia gak butuh pembeli rudet kaya emak emak belanja di pasar.
HapusRewel bawel cerewet
Makanya....wasapin putin bro, suruh tolak aja PO sukhoi Indonesia π€·
Hapuskalo di cancel PO nya mau diganti apa to mas kapal kapalannya π
Hapusapa mas hari ngidam si viper?
hihihi, , ,
sayang su 47 ga dilanjut, bagus padahal modelnya kalo mau dijual
Viper pake conformal tank aja udah sesuatu banget mase π€·
HapusNanti kalo sudah komplit dg tanker dan AEW nya, trus rajin berlatih ke red flag πͺπͺπͺ
Sebelum keluar SO-nya ke pabrikan sukhoi.
HapusLebih baik rosoborok rusia batalin PO-nya emak emak rudet yang beli cuma ketengan selusin kurang sebiji itu.
Daripada semua dibuat pusing sama emak2 bawel banyak maunya, beli cuma ketengan pengen pake ote ote......
Sebel saya jadinya
Nih salah satu contoh gayanya emak emak dalam belanja
Hapushttps://jakartagreater.com/apakah-pembelian-jet-tempur-su-35-tni-au-delay/
Ote otenya digoreng terus sampai gosong sesuai keinginan emak emak itu.
Akhirnya emak2 itu diusir penjual
Xixxixi....macam pacarannya abg aja, udah gak nyaman tapi berat mo mutusin ππ£π₯.......π¨π¨π¨
Hapus"Ini yang bandel-bandel temennya siapa ..........πππ"
BalasHapushttps://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/27/103758126/susi-pemilik-kapal-ikan-tak-berizin-siap-siap-dipermalukan
Masih menunggu inovasi dan produk militer binaan tempatan asli Malay selain VITA BERLENDIR.
BalasHapusWet dream Malon dapat beli fighter jet saat ini cem fa-50, or tejas. negeri malying baru bangkrut. Apa kabar ptm-6 Made in Malon? Body di bikin dari angin, engine di buat dari udara, Elektronick di buat dari biogas, makanya jadi Pesawat halimunan terbaik saat ini benar2 tak kasat mata. Sukses Malaysia dgn maha karya state of the art pesawat pejuang ptm-6 π¦π¦π₯.
HapusDid You Know?
BalasHapusVita Berapi is the most dangerous rifle in the world. It can destroy tank and aircraft at one shot! and.. even the entire planet. How awesome is that?? proud to be malass.
M'sia not ready to make its own fighter jet just yet, says Mat Sabu
BalasHapusBernama
16 Oct 2018, 5:50 pm (Updated 16 Oct 2018, 5:57 pm)
Malaysia does not have the capability yet, especially in terms of finances, to have its own fighter jet, the Dewan Rakyat was told today.
Defence Minister Mohamad Sabu said that though researchers feel that Malaysia could produce a fighter jet in 2020, it would also depend on the country’s financial capacity.
=====
Ra théé dhét
Damn.. america need to waste their 25 years from scracth to flyin their Gen 5 which is still in the middle of development r8 now, India from year 1980 still can figure out their gen 4 approval of the reliability and diz is only takes two fuckin year to flyin their sixth gen ? Are they human or what ??.. diz iz rubbish.
HapusDeeply Condolence for Terror Bombing in Phillipine. Stay Tuff broda.. keep on fightin never surender with such terror acts.
BalasHapus...kalau Ane punya Uang Rp 200 Trilyun, maka dengan MANTAAAAP Ane akan memberikan Rp 75 Trilyun kepada negaraku Indonesia TERCINTA untuk membeli ;
BalasHapus16 unit Su-57 PAK FA
32 unit Su-35 Flanker E
8 unit Kilo Class New Russia
...Rp 25 Trilyun untuk membangun DESA ditempat Ane tinggal...Rp 100 Trilyun untuk bikin USAHA yang menyerap tenaga kerja banyak, tabungan dan tempat tinggal atau rumah...serta juga 2 YAYASAN ( 1 panti jompo, 1 panti anak Yatim-Piatu )
...do'ain yach, Aamiin
...Xixixixixixi :D
Itu hal yg mustahil broo..
HapusDr pd capek mendoakan sesuatu yg sangat tdk mungkin, mendingan kita makan. Pasti kenyang...hehehe
Gw bilang sih beli SU35 cukup 11 aja gak usah nambah.. Viper cukup 12 biji aja.. ini persiapan sampai 2030 saat Indonesia harus memilih membeli Gen 5 sesuai jaman saat itu. IFX gak usah banyak2 anggap aja kita beli ilmu meski hanya gen 4.5, nanti di 2030 sembari kita order Gen 5 sekaligus upgrade IFX jadi gen 5.
BalasHapusMas Super ki piye toh ?
HapusTahun 2030 baru milih ?
Kalo tahun 2030 baru milih, datengnya paling cepet baru tahun 2035.
Hawk kita paling lambat sudah harus diganti tahun 2030.
F16 block 32 dan F16 MLU kita hanya bisa terbang sampai 2029.
Jika baru milih tahun 2030, apa mau kosong 4 skuadron selama 5 tahun sampai 2035 ?
Belum lagi target pembentukan 1 koopsau terdiri dari 3 skuadron tempur baru setiap 5 tahun.
Kalo saya, mending dana :
usd 1,14 miliar pengganti F5
usd 4,5 miliar 3 skuadron baru
Sisa usd 0,8 miliar IFX.
1,14 + 4,5 + 0,8 = 6,44 miliar usd
Duit segitu bisa untuk biaya pengadaan F16 hibah second direfurbish pakai SLEP program dan diupgrade ke Viper sebanyak 98 unit sudah lengkap sensor, AESA, targeting pod dan rudal Amraam C7 serta AIM-9X.
Bisa dipakai sampai tahun 2048.
...hadeeuuuuuh sales RONGSOKAN, kumat nich
Hapus...Xixixixixixi :D
Berharap Jepang dan Indonesia bisa menggantikan posisi China nih. Jepang masalah dana hutangan Indonesia kebagian buat gerbongnya. Gagal maning son... cancel kabeh.
BalasHapusMudah2an China gak marah nih projectnya diabisin mahathir semua. Emang Najib korupnya parah bener.
https://www.straitstimes.com/asia/se-asia/malaysia-to-make-official-announcement-on-east-coast-rail-link-next-week-finance
Anggaran untuk calon tanker kita $500 juta dollar.. kalau A-330 dapat 2 kalau KC-46 Pegassus dpt 3.. hehe..
BalasHapushttps://lancerdefense.com/2019/01/27/tni-au-selesaikan-studi-terkait-persyaratan-pesawat-tanker/
Hayoo.. mas @bagaz mo pilih dpt 2 ato 3?? klo sy dpt yg bnyak aj lahh.. KC 46 lebih bnyak potensi landing d bnyak bandara d indonesia.
Hapussama mas.. haha.. kalau 3 sebenarnya kurang.. minimal 9 unit disebar di tiga komando udara kita. Tpi untuk awal 3 unit juga ok.. ππ
Hapus#Pertahanan: Utamakan aset untuk menjaga perairan negara – Panglima TLDM
BalasHapusSANDAKAN, 25 Jan – Panglima Tentera Laut Laksamana, Datuk Mohammad Reza Mohd Sany berkata, Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) akan mengutamakan aset yang perlu diselenggarakan segera, khususnya untuk operasi di perairan negara.
Beliau menyatakan langkah tersebut adalah bagi menjimatkan kos perbelanjaan secara berhemat dengan menggunakan peruntukan kerajaan yang sedia ada.
“Kerajaan baharu sekarang ini menghadapi bebanan hutang. Jadi, peruntukan adalah terhad.
“Untuk itu, kita perlu mengatur balik keperluan kita dengan peruntukan yang ada,” katanya ketika ditemui pemberita pada majlis ramah mesra Panglima Tentera Laut dengan warga TLDM Sandakan di sini pada Khamis.
Mohammad Reza turut memberitahu Sabah dijangka menerima dua kapal misi pesisir (LMS) secara berperingkat iaitu pada Oktober dan Disember tahun ini.
Menurutnya, dua kapal itu akan ditempatkan di Pangkalan TLDM Kota Kinabalu.
#kesiagaan #TLDM #AirTimes
Kesian tldmπ€£π€£π€£π€£π€£
...kenapa si Ntung NDABLEG BLEGEDES jadi sales Jet Tempur RONGSOKAN ???
BalasHapus1. Karena dia nggak suka dengan Jet Tempur buatan Russia
2. Karena F-22 RAPTOR nggak diekspor oleh US Amerika
3. Karena TNI AU nggak minat sama sekali pada Gripen SAAB, F-15 Eagle dan F-35 Lightning
4. Karena pada dasarnya si Ntung NDABLEG BLEGEDES ini adalah pengoleksi barang2 BEKAS tulen
...Xixixixixixi :D
Anda benaaarrr.
Hapus...Okelah, kalau begitu mas Bro Choko
Hapus...Xixixixixixi :D
kalo yang ini mereka mau beli yang mana ya kira" ?
BalasHapushttps://jakartagreater.com/bangladesh-jajaki-potensi-kerja-sama-dengan-pt-pal/
apakah kita boleh jual 10514 ? π
Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
BalasHapuspinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
francasmithloancompany@gmail.com)
AYOK GABUNG DAN SERU SERUAN DENGAN AGEN KAMI YANG SIAP MELAYANI ANDA SENANTIASA SELAMA NYA ~
BalasHapusminimal depositnya hanya 50 ribu loh & kita juga mempunyai game poker dengan minimal deposit 10 ribu saja ayo buruan
Kalian juga bisa melakukan deposit menggunakan Ovo
silakan masuk langsung ke website kami dan baca syarat ketentuan bonusnya
untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini :
Contact Kami :
BBM : D8B84EE1 / AGENS128
Line id : agens1288
WhatsApp : 085222555128
Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet
BalasHapusSetelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.
Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)
Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.
Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.
Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda
Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam
Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther
BalasHapusSaya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com
Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.