23 Juli 2019

Patrol Boat Preview for Timor-Leste Delegation

23 Juli 2019


Timor Leste delegation previewed their future patrol boat (photo : RAN)

Senior officers and officials of Timor-Leste’s military - Falantil Forcas Defesa de Timor Lorosae (F-FDTL) - and Defence Department previewed their future patrol boat during a recent visit to the Republic of Tuvalu’s new Guardian Class Patrol Boat Te Mataili II in Cairns.

Te Mataili II is the second Guardian Class Patrol Boat built by Western Australian shipbuilder Austal under a contract that will see 23 ships built for Timor-Leste and 12 Pacific island nations over four years.

The patrol boats are being gifted by Australia, complete with through-life training and support, under the Pacific Maritime Security Program (PMSP).

Timor-Leste will receive two Guardians in 2023, providing much-needed maritime surveillance and response capability.

The important visit gave the delegation firsthand experience of the patrol boat’s unique design, systems, equipment, habitability, operational capabilities and manoeuvrability.

The delegation included F-FDTL Inspector General, Brigadier General Cornelio Xemenes ‘Maunana’, Ministry Defence Director Maia Goncalves Martinho, 2nd Tenente Ermenio dos Santos and 2nd Tenente Jacinto Nascimento, who were escorted by Timor-Leste Ministry of Defence Adviser, David Seymour and Senior Defence Cooperation Program Navy Adviser, Lieutenant Commander Mark Sorby.


Te Mataili II Tuvalu's new patrol boat (photo : dailypost)

Commanding Officer Te Mataili II, Inspector Seleganui Fusi, and his officers were very proud to showcase their new ship with a guided tour and a demonstration underway in the vicinity of Cairns Harbour.

Brigadier Maunana and Mr Martinho experienced being deployed in the sea boat from the uniquely designed stern launch position, and also manoeuvred the ship during a man overboard exercise.

Tuvalu’s Commissioner of Police also welcomed a Timor-Leste Naval officer to join the vessel for part of its passage to its home port in Funafuti, Tuvalu,

The Commanding Officer said the high standard of training his crew received from the Australian Defence Cooperation Program’s Sea Training Group had improved their ability to perform well together and meet the required standards.

The Timor-Leste delegation also visited HMAS Cairns to be briefed on Cairns Naval Base facilities in anticipation of future visits when the patrol boats operate in the Pacific or undergo maintenance.

When thanking the Commanding Officer and ship’s company for their warm hospitality, Brigadier Maunana presented Inspector Seleganui with a traditional hand-woven scarf, called a tais, and a DCP crest, wishing them a safe voyage home to Funafuti.

According to Lieutenant Commander Sorby, the visit did more than just showcase capability.

“Not only did the officers and ship’s company of Te Mataili II reveal their ship’s capabilities, they also enjoyed sharing Tuvaluan culture and language, which to everyone’s surprise was similar to Timorese.

“For me, this visit highlighted the important language and cultural links which exist across the PMSP group of nations that could help to promote closer cooperation and support, particularly for Timor-Leste, who is starting from a much lower baseline,” Lieutenant Commander Sorby said.

(RAN)

42 komentar:

  1. Balasan
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
    2. Yahhh...

      Prettttt lah

      Hapus
  2. Malon kenapa tak dapat hibah nih,malon kan anggota FPDA

    BalasHapus
    Balasan
    1. MALON ngga dibagi, karena masih menganggap dirinya Grade A

      Hapus
    2. Malon maunya cari gratisan plus diskonan bro mat rempit...kan negara miskin...gak punya harta,dan warisan budaya...akhirnya mengambil dan mengaku milik tetangga sebelahnya...

      Hapus
    3. Malon dianggap benalu kali oleh fpda

      Hapus
    4. Karena malon masih dianggap
      SELUAR DALAM JALUR GEMILANG
      Oleh anggota FPDA

      Hapus
    5. Keputusannya malon is sempak😝😝

      Hapus
  3. Ssh ngemis F-18 RAAF ngga dikasih, sekarang Australia bagi bagi kapal patroli gratis.... MALON ngga dikasih lagi. Kasihaaaan jadi negara Grade A

    BalasHapus
  4. cina memang cocok di usir dari NKRI, numpang hidup, belagu lagi, kami tidak pernah usil sama cina2 di negeri ini, mayoritas maling uang di NKRI orang cina, bandar sabu mayoritas cina, buat survey abal2 juga cina! yg jelas KOMUNIS dari dulu mau ganti ideologi PANCASILA!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ada TNI yg dari etnis tionghoa mau diusir juga? Ente mau ngusir mereka? Gitu?

      Hapus
    2. Tanpa ragu2 saya katakan liang taik anda orang gila,omongan anda gak jelas ditujukan siapa,tunjuk. Oknum aseng itu siapa? ,atw mungkin anda adalah janda gatel STW yang doyan perhatian πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
    3. Tul masπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£

      Hapus
    4. NAON ANJING SIAH KEHED !

      Hapus
    5. Mulutnya basah kah, atau mulut yg bawah πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
  5. ...Malayon πŸ‡²πŸ‡Ύ Beruk...slave British, nich 🍌🍌🍌🍌🍌 ???

















    ... Xixixixixixixi 😜

    BalasHapus
    Balasan
    1. πŸ’― πŸ’πŸ’πŸ’















      ... Xixixixixixixi 😜

      Hapus
  6. Kasian timor leste....
    bandara internasionalnya dibangun dan didanai oleh BUMN Nasional yaitu Waskita Karya.
    Sekarang mereka punya bandara yg layak, walaupun masih kalah jauh dibandingkan dengan bandara2 yg ada di Indonesia.

    Pengangguran dimana2, dan yang sangat membuat terkejut! Sekitar >15% penduduk prianya adalah kaum LGBT.

    Untung mereka terusir dengan sendirinya dan kita menolak sewaktu rakyatnya ingin bergabung kembali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😱😡😡😡

      Hapus
    2. Kalo lgbt negeri gred A++ berapa % mas?

      Hapus
    3. 83 perseratus penduduk laki malon pernah disodomi

      Hapus
    4. Naudzubillah...
      Ya Rabb, semoga azab Mu tidak menimpa kami

      https://m.youtube.com/watch?v=SBOlupt1NYs

      Hapus
    5. 83% mendonia kali si malonπŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™ŒπŸ™Œ

      Hapus
  7. Sorry lon aset Kapal Indonesia kalau digabung dr KKP, KPLP, Polisi Air, dan KRI.. Sekitar 640 kapal.. Itu data di 2016... Gak tahu kalo kapal kapal baru yg baru di rilis... Malon bisa meriang kalau tahu jumlah sebenar..😁

    BalasHapus
  8. xixixiix...Malon mulai kehabisan quota internet,....

    ==========kasihan......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapok dia beli helmet canggih tak guna, akhirnya money buat beli quota habis

      Udah gitu jatah beli quota bulan depan sudah habis buat servis kipas boatnya yang tersangkut jaring nguyen


      Kesiaaan.....

      Hapus
  9. Malon di bully timur leste, boat ini anti jaring tak seperti KD Pekan yang di tewaskan jaring nguyen


    Bwahahahahhahahahahahaha......πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  10. timles yg termasyuk baru kenal ama osi aja diberi hibah kapal baruw mantap haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰
    sdangkan "kawan lama" yg ituw kok di sekip, pdhl seken aja gak nolak haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    mungkin kerna tajir mlilit, osi sungkan kaliyak tatut ditolak haha!πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›

    BalasHapus
  11. Malon tak butuh boat.... mereka butuh wang.....😁😁
    Wang yg banyak ya Pur...😁

    BalasHapus
  12. ...waaaaaach, Indonesia bisa jadi tuan rumah PIALA DUNIA kalau kaya gini...bisa ditahun 2026 atau 2030 atau 2034 dst...

    1. BMW Stadium-JAKARTA

    BMW merupakan kepanjangan dari Bersih, Manusiawi, Berwibawa. Jafni menerangkan jika sebenarnya ia meredesain rancangan yang ada karena saat ini stadion itu masih dalam proses pembangunan di daerah Tanjung Priok, Jakarta Utara. Jafni hanya menambahkan beberapa elemen dari desain BMW Stadium yang ada.Estimasi kapasitas 75.525 penonton dengan asumsi pembangunan mulai 2015 sampai 2021.

    2. Maladewa Stadium-BALI

    Jafni membuat desain stadion ini terinspirasi dari Tari Kecak Bali. Dalam desain yang dibuat jafni, ia mengestimasi kapasitas 58.000 penonton dengan asumsi pembangunan 2019 sampai 2025.

    3. 46 Garuda Jaya Stadium-YOGYAKARTA


    Pada desain ini, Jafni memasukkan sponsor. Hal itu terlihat dari desain dan juga nama dari stadion itu.
    Estimasi berkapasitas 57.000 penonton dengan asumsi dibangun tahun 2020-2025.

    4. Sultan Hasanuddin Sport Complex-MAKASSAR

    Menurut Jafni, inilah desainnya yang sangat terlihat unsur lokalnya. Ia terinspirasi dari rumah adat Sulawesi Selatan untuk dijadikan desain dasar stadion yang didesain berkapasitas 89.875 dan estimasi dibangun tahun 2021-2025.

    5. Djarum Eco Stadium-SEMARANG

    Ini adalah desain kedua yang memasukkan unsur sponsorship pada pembangunan stadion. Karakter lebih hijau dan ramah lingkungan sangat muncul pada stadion yang didesain berkapasitas 70.775 penonton ini.

    Selain 5 stadion itu, Jafni dan Fikti juga meredesain beberapa stadion yang saat ini sudah ada, yaitu ;

    Gelora Bung Karno Jakarta, Gelora Bung Tomo Surabaya, Stadion Palaran Samarinda, Stadion Maguwoharjo Sleman, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Riau Main Stadium Pekanbaru, dan Stadion Batakan Balikpapan...
















    ... Xixixixixixixi 😜

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...Malayon πŸ‡²πŸ‡Ύ Beruk, semakin ketinggalan















      ... Xixixixixixixi 😜

      Hapus
    2. ...apalagi stadion PAPUA BANGKIT di Jayapura - Papua...sudah πŸ’― selesai...














      ... Xixixixixixixi 😜

      Hapus
  13. YAH SETARAF PC40 OR KCR40 TNI LAH HAHAA

    BalasHapus
  14. Congrats Timor Leste!

    Your neighbor IDIOT INDONS are jealous.



    WKWKKWKWKWKWKWK

    BalasHapus
  15. Remember Timor Leste is a new country.
    Not part of Indonesia.

    TIMOR LESTE BECAME A NEW COUNTRY DUE TO INDONESIAN IDIOTISM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brunai? Singapura? They are wellfare state Not part of malonsiaπŸ˜€πŸ˜πŸ˜€

      Hapus
    2. Sabah dan sarawak sebentar lagi menyusul,hidup sulu army...sipadan dan ligitan akan kembali lagi ke Indonesia tak lama lagi...dan terakhir malassial akan terhapus dari peta dunia di tahun 2045

      Hapus
    3. Kl tower bakalan jadi beijing tower kalo tak bayar hutang....

      Hapus
    4. Cepat bayar lon you punya hutang ke cina,daripada PM cina nak mahu ambil cik siti nurhalize jadi selirnya...kasihan lon,jangan minta diskon lagi malu2in negara ASEAN sahaja

      Hapus
  16. Judi Online

    Judi Bola

    Slot Online

    i am regular reader, how are you everybody? This post posted at this site is truly good.

    BalasHapus