17 November 2019
A400M berkunjung ke Jakarta (photo : Antaranews)
AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat angkut militer A400M milik Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) pada Selasa, 12 November, datang ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Kedatangan pesawat difasilitasi oleh Kedutaan Besar Inggris di Jakarta bekerja sama dengan Airbus Defence and Space (Airbus DS), RAF, dan pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah.
Tercatat, kunjungan singkat A400M ke Jakarta kali ini merupakan yang keempat kalinya. Sebelumnya, A400M milik Angkatan Udara Perancis datang ke Jakarta mendampingi tiga jet tempur Dassault Rafale-B pada Agustus tahun lalu.
Sejauh ini, pemerintah Indonesia via Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih melakukan negosiasi untuk rencana beli dua unit A400M.
Rencana pembelian A400M pertama kali bergaung saat posisi Menteri BUMN masih dijabat Rini Soemarno. BUMN tertarik membeli pesawat angkut militer yang berkapasitas lebih besar dari C-130 Hercules ini untuk melayani penerbangan kargo ke wilayah Indonesia bagian timur khususnya.
Airbus DS mengatakan, hingga saat ini belum ada kontrak yang ditandatangani oleh Indonesia untuk rencana pembelian A400M.
Pesawat angkut CN-235 dapat diproduksi dengan hak penuh oleh PT DI (photo : IndoAviation)
Kedatangan A400M kali ini, selain persinggahan usai mengunjungi Australia, pun dimaksudkan sebagai bagian dari pemantapan lobi yang dilakukan pihak Airbus DS.
Kedutaan Besar Inggris di Jakarta menyatakan, A400M sangat cocok digunakan di Indonesia.
Sumber Airspace Review yang lain, usai acara penyambutan A400M di Bandara Halim mengungkapkan, ada negosiasi antara Airbus Group dengan pemerintah Indonesia plus PT Dirgantara Indonesia (PTDI) terkait A400M yang belum berujung kepada penandatanganan kontrak.
Airbus menawarkan pembelian dua A400M sebagai syarat dikabulkannya hak penuh produksi pesawat CN235 oleh PTDI.
“Artinya, bila Indonesia membeli 2 A400M, maka dalam melaksanakan produksi CN235 PTDI tidak perlu lagi menunggu komponen yang harus di-approve oleh pihak Airbus DS di Spanyol. PTDI bisa punya hak penuh dan langsung melakukan produksi pesawat sendiri serta menjualnya kepada pihak pemesan,” ungkap dia.
Selama ini, komponen CN235 diproduksi bersama oleh PTDI dan Airbus DS. Jadi, produksi CN235 oleh PTDI bagaimana pun, sebagian masih tergantung kepada Airbus DS.
“Kalau pembelian 2 A400M dilaksanakan, itu akan jadi keuntungan buat PTDI dalam melakukan produksi CN235. Pengiriman pesawat kepada pemesan pun bisa jadi lebih cepat,” jelasnya.
(Airspace Review)
INDONESIA DARURAT A400M TYPE DESTROYER
BalasHapusππ mulai mulai darurat
HapusTERUS DARURAT APA MANING YA K ? PROK PROK PROK.....π
Hapus@wong edan COBA MASUK KE FACEBOOK INFOKOMANDO MEDAN PERANG BARU BANYAK ORANG MALAYDOG MASUK KOMEN DI SITU,
HapusIya om petta saya coba masuk, om petta bisa masukan saya ke mmp atau mdr? Saya coba berkali kali gak bisa
Hapus@wong edan AKU DI BLOK JUGA MA MELAYU ASU ITU ππ
HapusMalon emang pengecut π¬π¬
HapusMental tissue, style nya aja sok bergaya ala militer π
Hapussudah indog cakap lebih
HapusHalah mental bangsa malon memang pengecutπππ
HapusJer basuki mowo beha....π
BalasHapusPanas beha ne, enek mowone ngono
Hapuscoba tawarin ke malon
BalasHapusTawarn? Malaysia udah ada 4 om..oh lupa sewa dari hongkong haha
HapusHaha jom songlap π€£
HapusHe malon Dah lunas bayarnya belum ? π
HapusKih kih kih
Malays tunggu sewaan lagi... Malunya tudm terbang kalo ada sewa je...πππππ
HapusKEPADA ORANG ORANG INDONESIA SILAHKAN DATANG KE AKUN FACEBOOK INFOKOMANDO DI SITU MEDAN PERANG BARU BANYAK ORANG MALAYDOG MASUK KOMEN
HapusHaha sewa beli biasa la..cicilan..sudah dtg ke palu lagi wkwk
HapusNgapain ke palu ,mau siram sawah ya???ππ
HapusHahaha, maklum budjet Ciput. Sedih Cari hiburan Kat blog ini.
HapusAda minyak nya tak? Minyak pon tak modal π
HapusLha kalau A400 ini jatuh dikemudian hari siapa yg rugi, mau kagak british perusahaan2 british angkat kaki di asean termaksud australia?????? Woyyy australia emang kalau ente beli pembom siluman us terus kami takut dan diam aje, lha malah kami terimakasih karena bila us kasih ente beli pesawat pembom siluman prodaknya maka kami jg boleh dong beli s400 dan bikin rudal jelajah berhiulu ledak nuklir ππ
BalasHapusJangan memancing yg gk ya australia ππ
Pasti seru tuh... lumayan bikin jiran senam jantung
HapusSantai raden, wacana ini udah ada sejak lama... dan emang BUMN kita juga btuh buat program BBM 1 harga.
HapusMenurutku gabakal jatuh selama gunung kemukus masih mengeluarkan awan panasnya π
Seru banget dong, kita mampu kok bikin senjata nuklir tp karena kita ingin suasana damai kita gk melakukannya,,,kita lg ngembangin rudal jelajah sekelas tomhawk dan kalibr, jangan gara2 australia entar tu rudal dipasangin hulu ledak nuklir' kalau kita minta s400 dengan semangat dan sesegaera mungkin rusia langsung mengirimnya karena radarnya akan menguasain asean.
Hapusya kalau tetangga selatan mau main panas ya kita harus bersiap, bisa jadi dengan ngelobi US biarkagak kasih tu stealth bomber atau langkah paling hard core ya beli sistem dari rusia.
HapusS400 misal, dengan jarak sergap mencapai 400 km dan ketinggian mencapai 27 km, dengan jumlah per batalion 9 buah peluncur, 1 radar, 1 command, 1 powersuply. cukup lah buat ngehadang serangan daei sisi selatan.
apalagi jika radarnya ga cuma 1, digabung dengan Vera, Smart L dan lain sebagainya.
toh harga bisa nyesuaiin kebutuhan. lagian siapapun yg mau baik sama indonesia pasti juga dapet untung kok.
asal kagak merugikan dimari.
TNI AU stay dengan herky aja ππΌ
BalasHapusUntuk Tni au mending herky atau beli c17 sekend, meaki sekend aku yakin c17 jauh lebih tangguh dr A400 ini, jermana aje tolak mentah2 ini pesawat' pesawat2 yg ditolak jerman biasanya emang bener2 bermasalah, makai f35 aje jerman emoh dan malah milih f18 super hornet.
HapusF-35 n A-400 ini barang belum mature tapi dah kesusu dijual, yang parah ya A400 ini. Kmaren jatuh katanya ada crack deket landing gear, lah ini barusan jerman juga moh.
HapusBukan lending gir aje tp disambungan sayap dipundak ada potensi creck, ini secara tidak langsung nyuruh pt.di mecahkan masalah ini.
Hapustawarannya menggiurkan emang, 2 biji buat lisensi penuh.
Hapustapi kalau tanpa TOT buat Maintenance ya samaaja boong, kalau rewel harus ngundang pakar dari luar.
kalau diperbaiki sendiri mesti dilihat sama supervisi airbus.
saya masi milih c 130 atau kalau gak C17, walau BEKAS. soalnya apa 1, payload nanggung. 2, yg make dikit apalagi jerman baru nolak 2 biji yg gress. 3, spareparts dan tot juga masalah.
hmmm...... kalau bicara soal embargo gausah sesumbar, mulai inggris, amerika, russia, dan eropa juga pernah nge embargo sini. tinggal gimana mainin politik gitu ae.
Iya @VM kita mesti sangkutin geopolitik juga kalo mau compare sista2 yg mau dibeli
HapusPak jokowi gamau lo barang bekas tapi π, aku sih fine aja C-17 buat AU
Hapuspernah dengar ungkapan "Hasil dari Perang adalah sebagai pertimbangan politik"
Hapusyup, semua kebutuhan dan keperluan lapangan terkadang bisa meleset jika politik tidak mendukung.....
dan satu lagi. Bapak Menhan Mengumumkan strategi pertempuran BLITZKRIEG 2.0 untuk menghadapi ancaman dari luar, ya meski sifatnya masih counter offensive bukan aggresive offensive.
cekidot dimari.
https://youtu.be/mjzhURBQzk4
if you wannabe german, start it with their tanks
Beli aja cuma 2 biji ini, dan TNIAU sdh ahli MRO pesawat angkut.
BalasHapusTapi hak penuh produksi N235 menjadi full PT DI punya.
Sekali mendayung 2 - 3 pula terlampui
Yep, kalo bisa sekalian turbopropnya dapet biar N-245 dan R-80 lebih santai ngembanginnya
HapusNah itu dia tujuan british, secara tidak langsung karena tensin mungkin mereka kagak mau meminta langsung ke pt.di tuk mecahkan kasus ini, mereka yakin pt.di mampu memecahkannya karena pt.di ahlinya untuk urusan crash dan crash, jerman menemukan potensi crash pada sayap A400.
HapusSebenernya apa bedanya hak penuh atau tidak, bila dikaitkan dengan suply komponen? Kan beberapa komponen memang masih di buat di sana. Ada yg bisa jelaskan?!
HapusMungkin hak penuh itu diijinkan memproduksi seluruh komponenya disini, dr engine sampai baut terkecil' berarti engine nya akab dibuat pt.di.
HapusKomponen yg masih dibuat disana hanya mesin turboprop saja om
HapusYg lainnya termasuk electro avionik sdh dibuat sendiri oleh indonesia
Om@raden
HapusMudah2an saja produksi mesin juga oleh PT.DI
tapi sepertinya saat ini belum...
@Raden, kalau begitu bagus juga, tp yg lebih penting lagi hak bebas menjual ke negara manapun tanpa zona zona lagi... πππ
HapusBukanya engine CN bikinan Canada bro ?
HapusKebalek CN buatan GE (US), C295 buatan PW (kanada)
Hapus@Helmy
HapusJangan ambil turopropnya. Masalah A400M sebagian besar disana.
Sisanya development problems dan bahkan beberapa sesuai timeline. Entah kenapa ini pesawat banyak dapat negative press.
Wah, pesawat ini bagus utk TNI guna mengirimkan pasukan untuk membebaskan kaum Muslimin Uyghur dari kejahatan tentara komunis π· Aseng
BalasHapusHe hairus baukaki.. pesawat ini bagus untuk jatuhin lu dari ketinggian 18000 kaki πππ
HapusLo kalo mau masuk surga duluan jihad lah ke myanmar kaga jauh apa perlu gue ongkosin jangan tong kosong nyaring bunyi ngisingnya
HapusSeksiteng isi otaknya taik, nyuruh orang perang cepat di suruh perang tiarap dikolong tempat tidur.
HapusUyghur yang kamu bela itu radikal(kecuci otak) dan mau mendirikan "caliphate state" mereka juga sering melakukan aksi teror dn bom bunuh diri di Xinjiang awal tahun 2000an. Di Suriah juga banyak Uyghur yg join ISIS
HapusMakanya saya setuju dengan pembuatan kamp2 yamg mirip Pondok deradikalisasi di Indonesia.
BTW masalah Islam, islam itu udah di China dr abad ke 6. Waktu PD2 mereka punya peran besar melawan pasukan jepang. Dan lihat Suku Hui mayoritas muslim di China, mereka fine2 aja di sana dan mereka bilang emang sebagian Uyghur itu memang resek(kalo disini mirip PeAk 212).
Intinya riset dulu lah, jangan asal jeplak π
Liang taik gila detected ππ
HapusNyooiii kalau emang uyghur itu baik2 dan tidak ikut2an isis dan HTI pasti dibela iran, lha iran aje santai kok kenapa si seksiteng yg isi otaknya taik malah nyuruh2 orang perang, dia aje kagak berani jihad malah2 nyuruh2 orang π♂️π€¦♂️
HapusT
HapusA
HapusI
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapus@Liang Tai Seng Eh Anjing NICA, jelasin dulu itu masalah bapakmu yang katanya Letkol, masak sekelas Letkol nggak bisa njabarin asal kesatuan dan resimennya. Inget, sekelas Letkol minimal adalah komandan Batalyon dan ane sudah cek di Mabes, tidak ada arsip Komandan Batalyon, Komandan Resimen, ataupun paling rendah Komandan Kompi di seluruh Indonesia yang pernah dijabat oleh Letkol (Purn) Ibrahim mu itu. Dan Letkol Ibrahim ini yang mana ? banyak yang namanya Letkol Ibrahim apalagi Purnawirawan disini. Jadi jika ente kagak bisa jelasin, maka ente termasuk dalam orang-orang Munafik, antara omongan dan kenyataan berbeda jauh dan tidak bisa dibuktika kebenarannya. Dan soal Uyghur, ente jangan samaratakan China Muslim sama mereka, Etnis Uyghur dari dulu memang berungkali berontak karena sejatinya mereka lebih ke etnis Turk, daripada China itu sendiri. Berbeda dengan Etnis Hui, yang benar benar Etnis "China Muslim" Turunan dari Etnis Han, dan sudah sejak dulu kala banyak orang etnis Hui merupakan Perwira maupun Jenderal tentara China, seperti Laksamana Muhammad Cheng Ho (Zheng He / Ma He) ; Jenderal Ma Shaowu : Tao-yin of Kashgar 1924–1933 ; Jenderal Ma Fuxing : Tao-yin of Kashgar 1916–1924 ; Jenderal Ma Hongbin : Gubernur Gansu 1930 – 1931 ; Jenderal Bai Chongxi : 1st Minister of National Defense of the Republic of China 1946 – 1948 ; dll, sehingga sangat berbeda dengan Etnis Uyghur yang sejak dulu sudah menjadi musuh bebuyutan Etnis Hui karena berungkali memberontak kepada Pemerintah.πππ
Hapusharap diingat Republik China dan Republik Rakyat China adalah sebuah negeri yg berbeda
Hapus@rak Republik China merupakan awal dari RRC maupun ROC sekarang, didirikan oleh Dr.Sun Yat Sen dan Kuomintang tahun 1912 dan berakhir dibawah pimpinan Chiang Kai Sek tahun 1948 lalu terpecah menjadi 2 negara, yaitu RRC di benua, dan ROC di Semenanjung.πππ
HapusMalon makin menikus dan selau blah. Blah. Blahπ
BalasHapusKasihan bangkraps, cuman bisa beli kapal lemes itu pun utang 30 tahun ππ€£
BalasHapuskejar 295 skalian aja..
BalasHapusDah ada N-245
Hapusdah sejauh mana n245?
HapusGoogling bro, internet bnyak
Hapusmksudnya mo diskusi perbandingan antara ambil hak produksi penuh 295 sebagai imbal beli a400 dengan pengembangan 245 prospeknya bagemana
HapusLebih prospektif 245 karena 295 itu tujuannya untuk mengurangi ketergantungan Airbus pada PT DI. Kecil kemungkinan mereka mau melepasnya.
HapusKenapa seolah olah inggris mengiba ngiba ke indonesia agar minta dibeli pesawat angkut A400 ini ?
BalasHapusDengan imbalan kode C jadi N sepenuhnya pada produksi pesawat 235 ini.
Disisi positifnya memang bagus buat PT.DI dan mungkin pesawat A400 ini cocok dgn geografis indonesia
sisi negatifnya pesawat ini mudah crack (perlu bukti lagi apa yg dilaporkan jerman)
Ada apa dengan inggris ???
Nah inggris tau urusan crack ini pt.di ahlinya, lha liat aje caranya sedikit maksa karena ada niat terselubung' kalau minta secara langsung tensin dong, inggris gitu loh moso minta tolong ame indonesia, nah jerman mungkin merekomendasikan agar diserahkan pt.di untuk memecahkan masalah ini' tp cara inggris kagak mau langsung2 entar meminta hak produksi untuk A400 atau apalah.
Hapusemang inggris yang nawarin ???? kebetulan aja ini A400 nya inggris yang maen ke indonesia , sebelum nya A400 malaysia juga pernah main ke indo buat di tawarin , Airbus itu joint venture uni eropa , jangan nyalahn inggris nya doang .
HapusLha emang ane kagak suka inggris emang masalah buat loe???? Iya ini emang A400 inggris tp yg nawarin jg orang2 inggris, emangnya kalau ni pesawat jatuh loe mau tanggung jawab???? Udah tau bermasalah masih aje nawarin,,,british tu penjajah dan ane anti british.
Hapuscoba tunjukan statemen saya yang bilang saya dukung a400 ? tipikal komen bocah .
Hapusairbus itu konsorsium terbesar nya dari perancis sama jerman , inggris seuprit doang , ini a400m nya inggris emang lagi kunjungan ke berbagai negara , urusan nawarin atau enggak itu mah dari airbus nya , bukan inggris nya, lagian juga udah brexit mereka
HapusLha yg bilang ente dukung A400 siapa??? lha ente kan bilang ane jangan cuman nyalahin inggrisnya, lha yg datang nawarin kan pihak airbus dr inggris' tujuannya jelas menekan kita karena kita berharap produksi penuh cn235' dengan harapan indonesia tatut dan membeli A400, terus ane mau nyalahin semuanya sementara yg nekan piahak airbus dr inggris???? Bicara brexit lg ente, PM inggris berganti ganti gara brexit' itukan masih rumit karena pengusaha british terpecah dua tentang brexit.
HapusPertanyaan Anonymous "Lha emang inggris nawarin ??"
Hapussaya kira itu pertanyaan yg ga perlu, toh si inggris emangcrencana mampir dimari setelah ke Asussie. lha emang misinya bawa A400M, selain misi rutin ya ada jufa toh misi diplomasi sekalian nawarin. toh kemaren udah ada berita hangat.
pesen ane mas jgn seenak jidat bilang "typical komen bocah" emang itu hak anda, tapi menghormati orang lain itu akan lebih baik, itu akan mencerminkan pribadi anda seterusnya.
"L4g1aN Ud4H 8r3x1T MeR3Ka" seriously ? need more articles to read didn't ya?
mas raden, yg agak sabar mas ngeladenin new comers.
emang A400M lagi banyak masalah mas, 2 biji gress yg dianter ke jerman aja ditolak mentah" gegara ada baut sama komponen yg ga sesuai tempatnya, tapi yg namanya sales tetep bilang "Airbus adalah perisahaan yg besar,dan konsumen bebas menyatakan kritik mereka. sebagaimana diketahui permasalahan yg muncul tidak pada komponen yg kritis"
Seriously, sebagai perbandingan baut yg karatan di Rotor Apache saja membuat semia unit Apache di grounded dan dibalikin ke pabrik. Still, professional QC needed here
Yep bener @VM slow aja disini kita diskusi ππΌ
Hapus@van muttohar Bener bung, meskipun berbeda pendapat alangkah baiknya sampaikan dengan bahasa yang baik. Dan untuk para sesepuh, supaya sabar dalam menghadapi Newcomer yang baru bergabung di blog ini.
Hapussaya hargai pernyataan bung @van muttohar , kalau dibilang saya newcomer , mungkin baru kali ini komentar tapi saya sudah sejak dahulu dari 2009 memantau formil mulai dari kaskus dan kawan kawan nya dan juga blog ini , bisa dibilang silent reader sejak lama , kadang suka kesal aja saya sama sama orang yang tipikal sekali masalah langsung dipandang buruk seterus nya , C-130 pun juga banyak masalah , bahkan yang beberapa bulan lalu di temukan retakan sayap sampe hampir di grounded semua di USAF , nah untuk yang permasalahan brexit ,
Hapushttps://www.airbus.com/content/dam/channel-specific/website-/company/global-presence/uk/Brexit-Risk-Assessment-21-Jun-FINAL.pdf
tentu nya kalau sampai mengeluarkan risk assesment , dianggap permasalahan serius
kadang juga suka kesel sama orang yang over chauvinist , dibawah saya menuturkan untuk bung @raden situngkir , persoalan jikalau indonesia mau masuk pasar internasional dalam hal penjualan pesawat , lebih baik gandeng antara airbus dan boeing agar punya kesempatan seperti embraer brazil , saya nya malah langsung di bilang "Mental jajahan" ... laaa , sub komponen N219 aja masih banyak yang import
Hapusdalam industri alutsista hampir tidak mungkin jika harus bekerja sendiri mas Anonymous. bermacam" komponen harus didatangkan dari negara yg sudah memiliki kemampuan produksi, saya mengerti kenapa harus menggandeng perusahaan besar. selain untuk nama untuk branding, juga untuk membantu jika terjadi masalah pendanaan.
Hapusapabila harus dibandingkan mengenai oemasaran pesawat lokal (ambil contoh N 219) dengan embrarer yg memiliki bodi yg gambot dan bermesin jet. saya rasa bukan kapasitasnya.
coba lihat, N219 sendiri meskipun tidak menggandeng (secara resmi, hanya menyuplai mesin dari pabrikan luar) pasarnya sudah tercukupi untuk konsumen lokal, hal ini saya rasa sudah mencukupi buat ongkos produksi (though further study needed to count BEP of this prject), tanpa harus export untuk memasarkan produk.
berbeda dengan KC embrarer mesin jet yg punya kemampuan angkut setara C 130, bisa dibilang pesawat ini sulit mendapat pasar karena kalah saing dengan C130 dan banyak pesawat dari produsen lain yang sejenis/sekelas.
hal ini diperparah dengan pesanan lokal tidah mampu memenuhi BEP dari produksi pesawat tersebut, sehingga diharuskan melakukan penjualan secara export.
bicara soal fokker, dia tidak sepenuhnya mati. hanya lini pesawat saja yang di shutdown, lini perawatan, sparepart, dan pembuatan mobil masih jalan hingga sekarang. kenapa kok lini pesawat mati, 1 dia kalah saing dengan ATR. 2 sudah tidak adanya investor yg ingin mendanai pesawat lansiran Fokker. kembali lagi, politik bermain.
Mas Anonymous, untuk BREXIT sebenarnya saya lebih merujuk ke konsep umunya saja, terakhir perkembangan British diberibtenggat waktu sebelum januari 31 2020, untuk melakukan brexit.
Hapussaya kira efeknya sudah mulai jelas jika inggris tidak akan mendapat fasilitas dari EU, dan ini memungkinkan putusnya kerjasama di beberapa bidang, namun tidak menutup kemungkinan akan terus berlanjut "lagi lagi politik, hmmm"
ya yang namanya diskusi, ada berbagai bumbu" untuk menyedapkan suasana lah. hehe
@van mutohhar , satu lagi yang kurang di industri aviasi kita , yaitu "kompetisi" , di industri perkapalan kita hal macem "kompetisi" ini sudah mulai terlihat , dan hasil dari "kompetisi" itu berbuah sebuah inovasi terlebih dalam hal desain kapal , dilihat dari persaingan PT.Batamec , PT.DRU , PT.Citra Shipyard , PT.Palindo , PT.PAL , PT.Tesco Indomaritim dan PT.Lundin , bahkan kemarin saya sempat dapat info dari "Informan" saya , akhir bulan ini atau sekitar Desember , PT.Tesco indomaritim akan mengeluarkan varian baru kapal KCR/OPV 60 meter , bakal nyaingin KCR Clurit , kompetisi ini juga sangat diperlukan di industri aviasi dan juga persenjataan darat , saya juga berharap PT. Regio Aviasi nanti nya mandiri dan bukan sebagai anak perusahaan dibawah PT-DI
Hapus@An, lu main di Defence.pk yak ?
Hapussaya sering main di facebook , tau defence.pk tapi udah lama ga buka lagi , nanti saya coba kunjungi @van muttohar
Hapusindustri aviasi adalah industri mahal mas, kelas saingannya bukan lokal lagi. melainkan udah internasional. kemarin aja udah muncul penantang N219, udah dipesen FedEx 200 biji kalau ga salah.
Hapuskalau dimari persaingannya lebih kearah maintenance, untuk saat ini saya rasa tidak akan efisien jika pemerintah harus mendukung pengembangan industri aviasi lain selain PTDI. sementara PTDI memerlukan modal untuk peningkatan produksi pesawat guna memenuhi pesanan yg telah dan akan datang.
kalau yg kurang "kompetensi" harusnya diarahkan ke PT Pindad, yang sampai saat ini masih bisa dikatakan memonopoli penjualan senjata lokal.
sementara itu info terbaru dari KOMODO ARMAMENT, semua komponen sudah diproduksi LOKAL berikut barrel nya. dan yg imut adalah amunisi dengan selongsong polimer. wew
@van muttohar , baru lihat website nya , mungkin ini custom AR series buatan indonesia kali ya ,ngomong ngomong mereka lisensi apa murni sendiri bro ?
Hapusdari desainnya yg nyomot AR 15 sudah barang pasti mereka bayar lisensi mas. soalnya sistem bolt yang menggunakan gas vent sudah dipatenkan oleh Eugene Stoner sang pencipta AR 15.
Hapusdan oh ya ada yg bilang senjata basis murica itu ga reliabel jika terkena lumpur, hmm sebenernya ga sepenuhnya benar sih.
Hapusada kasus dimana M16A1 pas di ujicoba di lumpur berhasil.
dan AK 47 yang di uji coba di lumpur malah macet.
ada lagi HK416 yang masi turunan AR 15 juga nge jam pas di uji coba.
konsep senjata terbaik itu hanya ada pada desain, sementara dilapangan "man behind the gun" lah yg berperan.
tengok aja mbah Simo Haiya si white death, membunuh 500+ prajurit soviet dengan mosin nagant versi finland tanpa scope , wkwkwk.
contoh lain, ya mbah tatang koswara dong.
Yg jelas A400 harus terus di tawarkan...kalau gak jualan tidak ada pesanan..line produksi bisa tutup...apalagi negara di eropa sudah banyak yg kurangi pesanan A400..bahkan jerman baru menolak 2 bijik A400.
HapusMalon sudah tidak bisa berkata kata lagi...
BalasHapusHanya blah blah blah cam monyet ngigau
Hak produksi c 295 penuh deal
BalasHapusInilah resiko karma curi ilmu orang tp yg punya ilmu kagak diajak tuk produksi A400, nah sekarang yg punya ilmu disuruh mecahkan masalah A400,,,ini namanya murid kagak mau terima statusnya itu emang murid, ujungnya maksa si guru mecahkan masalah A400 π♂️π€¦♂️
BalasHapusMungkinkah sekelas erbas tak punya enjiner yang bisa ngatasi crack, apa harus enjiner pt DI yang harus atasin? Tapi imbalanya YA NA400M, pakai N didepanya
HapusMana mau mereka, alasannya kita kagak ikut ngembangi dr awal π
HapusMakhsudnya PT. DI gurunya om? Dan airbus murid gitu?
HapusAda perbedaan hitung2an berat yg sinkron ame kempampuan daya tahan sayap dan gir antara pesawat cargo cem A400 ini ame pesawat angkut komersil.
HapusLha iya toh, emangnya mereka kagak banyak curi ilmu habibie???? Begh, desain pesawat ini desain dasarnya diciptakan habibie.
HapusCoba dicek desain2 pesawat habibie yg ada di airbus π
HapusBahkan herky c130 itu rancangan habibie, mengerikan bukan kita cuman dapat ampasnya doang π
Hapushttps://m.cnnindonesia.com/teknologi/20190911195824-199-429646/daftar-pesawat-karya-tangan-dingin-bj-habibie
@Faktanya masuk akal juga, toh N-2140 kan juga mau dibuat mirip A-400 π€
HapusGantinya NA 400 ID atau NA 400 NG.. Gitu lebih baik...π
HapusOh hak cipta or hak Patent ? Sekecil apapun di lindungi oleh undang undang. Apalagi di dunia barat.
HapusLapan padahal udah dr 2013 mengusul untuk mengembangkan N-2140 tp kenapa pemerintah sepertinya takut ame airbus, lockheed martin dan boeing,,,terkadang nekad itu emang harus, negara besar pun udah berfikir beribu kali kalau mau nekan indonesia' ini bukan era 90an yg hanya us dan barat penguasa dunia, us dan barat kagak berani saat ini terlalu nekan indonesia karena ada china dan rusia yg dengan senang hati penuh pelukan hangat menerima indonesia dengan tangan terbuka tuk membuat koalisi maut.
Hapuskarena airbus tau enjineer nya PT-DI itu lumayan nakal , dari C212 aviocar bisa berubah jadi n219 , cn-235 varian yang paling mutakhir itu juga keluaran hasi modif enjineer kita , yang pake winglet .
Hapus@raden situngkir , gabisa sembarangan , malah harus nge gandeng 2 perusahaan besar itu , atau gak malah kena libas di pasar internasional , contoh brazil dengan embraer nya itu mereka gandeng boeing .
HapusEmangnya indonesia sembarangan dr mananya, oh maksud ente mau suka2 us ame eropa atur2 dunia ini gitu maksud loe' dulu emang bisa us dan eropa dengan gaya seperti itu dan pemikiran ente masih terbawa gaya era 80, 90, 2000 awal' sekarang beda coyyy, kalau gk dicoba ya maindsetnya akan tetep seperti jaman dulu takut kena libas dan bla bla bla,,,udah dicoba???? Belum kan, jd itu masih maindset anda yg terbawa suasana tempo dulu' lha china aman2 aje, kenapa bisa???? Ya karena untuk kebutuhan dalam negerinya aje udah buat produknya tetep jalan, indonesia bisa lakukan hal yg sama' maskapai yg tidak ambil prodak indonesia tutup aje.
Hapusmasih bocah ternyata , belum bisa bedain mana ngayal mana realistis .
HapusEnte yg ingusan masih terbawa suasan tatut π
Hapuschina aman darimana cuyyyyy , liat hasil nya mereka kalo amerika bener bener ngelarang lisensi paten desain semikonduktor sama processor mereka , mati semua itu industri elektronik mereka , jangan kebanyakan ngayal lah , realistis .
Hapusya silahkan aja wkwkwkw , jatoh nya nanti kaya fokker belanda PT DI kalo gak gandeng 2 perusahaan gede itu wkwkkw , terus kalo PT DI bangkrut tinggal nyalahin pemerintah tipikal orang kaya lu , ya gak ???
HapusRealistis tatut π hidup ini kalau kagak berani ambil resiko berarti ingusan, hoby dijajah,,,tatuttttt ππ€£
Hapusmabok chauvinist wkwkwkw .
HapusEmangnya china tolol tatut ame larangan, silahkan aje ngelarang ampe urat leher putus' produksi tetep jalan,,,mereka bisa kotor kenapa kita kgak boleh kotor,,,oh tatuttt π♂️π€¦♂️
HapusKalau ente baru minum thiner cukup mabok sendiri aje ye,,,oh tatutttt π♂️π€¦♂️
HapusMencuri ilmu gimana sih @Raden_Situngkir ?
Hapushmmm... belum pernah denger sejarah A400 m deh
Yg dimaksud mungkin ilmu cracknya pak habibie
Hapus@van muttohar A400 rancang bangunnya berasal dari Eyang Habibie sewaktu setelah kejatuhan IPTN saat krismon, eyang Habibie saat itu keliling Eropa untuk mencari dana mencegah hancurnya IPTN. Dan oleh pihak Airbus, stelah pembelian Cassa oleh mereka rancang bangun ini dimodifikasi dan diubah supaya tidak terkena penyalahgunaan hak paten, tetapi berakibat berubahnya perhitungan dari seluruh aspek pesawat, sehingga menimbulkan resoko keretakan pada bagian bagian pesawat maupun error - error lainnya.
Hapus@Anonymous Nih member baru omongonnya sengak tur melenceng jauh. Bagaimana bisa insur PT DI nakal ? kamu tau nggak sih kalau pesawat cn-235 itu hasil kerjasama Casa sama IPTN dan kita punya hak lisensi pemasaran, dan yang diperjuangkan adalah hak produksi penuhnya. Dan soal C212 Airbus sudah tidak memproduksinya lagi dan hanya PT DI yang memproduksinya sehingga secara de facto C212 sudah dipegang oleh PT DI namun secara de jure masih membutuhkan persetujuan dari Airbus dan itu juga tengah diperjuangkan untuk lisensi penuh. Dan apakah salah mengembangkan pesawat dari hasil kerjasama? Tidak, karena Airbus juga melakukannya dengan mlakukan pengembangan pada cn235 lalu muncullah Airbus C-295 dan juga EADS CASA HC-144 Ocean Sentry. Jadi, kalau ngomong dipikir dulu baik-baik ya, jangan asal ngoong tanpa data dan fakta. Dan juga jangan merasa sok pintar, karena para sesepuh disini selain karena hobby, juga banyak dari mereka yang berkecimpug dalam dunia militer langsung maupun industri militer. Jadi jangan sombong dulu, ingat diatas langit masih ada langit.
ada link nya ga seputar keterkaitan A400m dan almarhum bj habibie ?? link yang valid ya , jangan kata nya doang , please be a data driven society .
Hapushati hati dengan penyakit "otak buaya"/"croc brain" di indonesia .
Hapus@Brandal Lokajaya , terkait enjineer pt di nakal , situ gagal nyerna komen saya mas , ga ada paras negatif di komen itu
Hapusperhaps you needed more general term words rather than semi-satire words.
Hapus@Anonymous,
kedepan nya saya coba , biar orang paling awam pun dapet nelen
Hapus@Anonymous Nih baca O'Rourke, Kevin (2002). Reformasi: The Struggle for Power in Post-Soeharto Indonesia. Allen & Unwin. ISBN 9781865087542. Disitu dijelaskan kalau eyang Habibie sudah ikut dalam rancang bangun pesawat Airbus dimulai dari seri A300, karena saat itu beliau sudah menjadi Vice President Messerschmitt-BΓΆlkow-Blohm (Salah satu Partnership Airbus). Dan rancang bangun A400 mengambil sebagian rancang bangun series sebelumnya dengan beberapa perubahan dan pengembangan lebih lanjut, sehingga secara tidak langsung eyang Habibie ikut andil dalam meletakkkan dasar-dasar rancang bangunn A400, walaupun tidak diakui oleh pihak Airbus. Jadi sekarang, siapa yang terkena penyakit disini? ane atau ente yang sudah terkena penyakit "Meremehkan Bangsa Sendiri" kayak Liang Taik Seng atau Anjing-Anjing NICA lainnya. πππ
Hapusnah permasalahan disini , sering terlalu di wow kan berita berita di indonesia , seakan bapak almarhum bj habibie itu satu satu nya orang yang desain pesawat A400M padahal itu gabungan dari banyak enjineer lain nya, bahkan mungkin ratusan sampai ribuan , sampe sekecil mur baut dan bracket untuk menyatukan bagian bagian pesawat pun ada tersendiri enjineer yang mengerjakan nya , pertanyaan nya ... eyang habibie mengerjakan bagian mana nya a400m ??
Hapusga ada yang meremehkan .
Hapus@Anonymous Ane bukannya cari gara-gara, tapi jika ente menghina Eyang Habibie yang telah dengan jelas sangat berjasa bagi negeri ini, sedagkan ente tidak jauh lebih baik ataupun setidaknya sedikit punya prestasi bagi bangsa ini. Ente berhadapan dengan ane, dan walaupun ente sembunyi sampai Liang Neraka Jahanam pun tetep ane kejar sampai ente minta maaf dan mencabut pernyataan ente.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapusmasalah nya persepektif situ udah mengarah bahwasa nya saya ini menghina eyang habibie , padahal kalo diliat dari komen atas tujuan saya cuman meluruskan simpang siur yang dibuat oleh media terlebih persoalan industri aviasi , kalaupun eyang habibie masih hidup dan melihat perdebatan kita, saya yakin beliau paham karena bagian kode etik dari seorang enjineer
Hapus@Anonymous ente paham nggak sih, memang banyak insinyur dalam pembuatan pesawat Airbus, tapi disini ane menenkankan bahwa Eyang Habibie sudah meletakkan salah satu pondasi penting bagi Airbus maupun industri Dirgantara lainnya, yaitu Teori Crack yang telah berjasa menyelamatkan banyak nyawa manusia sampai saat ini.
Hapusmakan nya saya minta tunjukan , statemen saya yang mana yang menurut anda saya "menghina" almarhum bj habibie
Hapus@Anonymous Ente sekarang bahas kode etik, tapi dengan tanpa bukti ente telah menuduh Insinyur PT DI nakal seperti komen ente diatas, sedangakan ente pakai kata "nakal" itu dalam kondisi satir pun tetap bermakna negatif. Dan ente bilang nggak meremehkan eyang Habibie? Eh bleguk, yang ente singgung pesawat diatas itu hasil kerjasama zaman kepemimpinan Eyang Habibie, dan secara tidak langsung juga ente menghina Eyang Habibie "Insinyur Nakal" karena Eyang Habibie juga ikut sebagai insinyur sekaligus pemimpin IPTN dalam rancang bangun dan produksi pesawat tersebut.
Hapus@Anonymous karena airbus tau enjineer nya PT-DI itu lumayan nakal , dari C212 aviocar bisa berubah jadi n219 , cn-235 varian yang paling mutakhir itu juga keluaran hasi modif enjineer kita , yang pake winglet . "enjineer nya PT-DI itu lumayan nakal" Ente tau nggak sih kalau Eyang Habibie ikut dalam rancang bangun pesawat tersebut, jadi sama saja ente memasukkan Eyang Habibie kedalam kelompok "enjineer nya PT-DI itu lumayan nakal" karena pengembangan n-219 juga pasti dengan sepengetahuan Eyang.
Hapus@Anonymous Masih ngeles lagi ?
Hapussaya ulangi lagi kalau begitu komen saya diatas "terkait enjineer pt di nakal , situ gagal nyerna komen saya mas , ga ada paras negatif di komen itu"
Hapus@brandal lokajaya , kalau gak tanya @van muttohar terhadap bahasa semi satire saya , dah dulu bro debat nya , pagi kudu lanjut kerja wkwkwkw , kalo bisa cerna lagi kata kata saya diatas .
Hapusπππ Ente belajar Bahasa Indonesia berapa tahun sih, udah jelas kata "nakal" itu konotasinya negatif, mau di KBBI maupun dirujukan lainnya, jangan jadiin orang lain tameng. Hadepin sendiri jangan lari, jangan jadi pengecut setelah ente kasih statement kayak gitu. Mau niat ente satir kek, paradoks kek, hiperbola kek. Namanya kalimat berkonotasi negatif tetep artinya negatif. Jangan karena alasan kebebasan tapi ente mendobraknya jadi kebablasan, ingat segala omongan ente bisa dituntut secara hukum baik oleh PT DI secara perusahaan maupun ahli waris Eyang Habibie secara individu, karena omongan ente kena ke keduanya πππ
HapusVanmotthar@ emang yg namanya curi ilmu itu ane harus terangkan sedetail mungkin ya???? π€π♂️
HapusAnonymous@ emangnya curi ilmu itu wajib dipublikasikan sehingga ada linknya????? π♂️π€¦♂️ Gaya loe berasa tau segalanya tp maindset ente masih terkontaminasi dengan gaya tempo doloeee, pakai istilah nakal lg' Konotasi nakal itu ya emang negatif seperti yg dijelaskan brandallokaljaya,,,hhmmmm sepertinya ane kenal siapa ente anonymous' antekbarat???? π€π§π§π§π§π♂️π€¦♂️
Brandal lokaljaya@ gk usah dijelaskan lg capek ente jelaskannya, ane tau siapa dia' maindsetnya emang dah rusak, dr mas smilling sampai palu gada dah debat ame si bebal ni π
HapusMemang dalam membuat rancang bangun tuh banyak enjiner.
HapusTapi satu2nya di dunia pada saat itu yg bisa memecahkahkan masalah crack..adalah alm.habibie...Beliau merumuskan hitung2an yg menjadi patokan dalam pembuatan pesawat di seluruh dunia...& mempunyai hak royalti akan hal itu..sekaligus beliau mendapatkan julukan Mr.Crack
@Raden_situngkir πππ
Hapus@Tupez 01 Nah ini yang ane terangkan diatas, kalau Eyang Habibie adalah salah satu peletak dasar utama dalam dunia dirgantara, dan Airbus Series adalah salah satu contoh product yang menggunakannya, ane malah yang disuruh ngasih datanya. Ane kasih datanya malah die yang ngibrit lari. πππ
BUMN gausah buang2 duit gajelas, mending beli boeing c17 aja
BalasHapusKita udah di skak semenjak krismon 97 bro. Kalo N-250 berhasil gak perlu susah payah cari hak buat CN-235.
HapusAda yg bilang C-17 dah habis dan ada yg bilang sisa 5 biji whitetail, gajelas kurang sumber saya.
Terus C-17 gurun setauku juga gaada. Yg banyak mah C-5 galaxy
C 17 sudah gak ada sisa...sisa 5 bijik ready stok sudah ludes habis terjual..yg terakhir 1 unit ke india.
HapusMending beli Ilyushin76 yg terbaru...A400M tanggung...
BalasHapusGrounded yg ada om wkwk
HapusIl 76 perawatannya agak susah om...makanya india waktu itu membeli C17.
HapusAirbus A300 pun rancangan habibie,,,ini bener2 menyesakkan π€
BalasHapusMau gimana lagi, itu sewaktu IPTN mangkrak dan mendiang BJ habibie keliling dunia buat cari uang π
BalasHapusPenasaran sama calon 5 pespur pengganti F5 TNI.Ada yg tau?
BalasHapus90 % ke viper dan Sukhoi-35. Walo yg terakhir ada upaya di jegal yu es atas upaya si tralala
Hapusudah pasti su-35 , soal nya pembelian awal itu 11 unit terus 2020 keatas mau ditambah 5 unit dengan maksud biar jadi 1 squadron (16 pesawat)
HapusMosok ? hmmm
Hapusmencurigakan
Menyesakkan bila ulas masalah ini ☹️
BalasHapusBeruk malays bingung karna jealousy...πππ
BalasHapusinalillahi ..sekarang rakyat malon sdh tdk bisa ngomong contohnya unknow cuma bisa blah blah...dan ..koh..koh..spt monyet..saya sebagai tetangga yg lagi kaya turut prihatin atas kejadian ini
BalasHapusWeiit unknown itu memang monyet malaya species baru bukan seperti monyet��
Hapushttps://m.cnnindonesia.com/teknologi/20190911191309-199-429627/teori-crack-warisan-habibie-untuk-industri-dirgantara
BalasHapusAyo di Ganyang aja ni fb MDR silahkan pasang vpn utk dpt masuk
BalasHapushttps://www.facebook.com/491298491253315/posts/966066343776525/?app=fbl
Warganyet disana aja pada gak betah disana om, sebagian nongkrong di marih...πππ
HapusKEPADA ORANG INDONESIA SILAHKAN DATANG KE AKUN FACEBOOK INFOKOMANDO MEDAN PERANG BARU BANYAK ORANG MALAYDOG MASUK KOMEN
BalasHapusSaya sudah masuk ke sana infokomando gak pake medan ,para malaydog disana kumpul daeng terutama artikel masalah perbatasan ,daeng Ahmad sampar B itu anda?
HapusHak intelektual di rampok dgn cara yg intelekπ
BalasHapusKita bisa serang balik juga lewat Rentaka FB. MDR dan MMP FB 97 % ajang onani otak maloners.
BalasHapusKlo kata ane si mnding jngn ambil a400 ini kmren ajh au jerman nolak pengiriman 2 unit k mereka..
BalasHapusBetul jika beresiko jangan diambil
HapusLucunya yg paling banyak masalah hanya punya Jerman...
HapusBukan paling banyak masalah punya jerman...tapi jerman lebih ketat dalam aturan layak terbang..masalah baut pun bisa di grounded tuh pesawat.
HapusDan banyak masalah di A400 yg blm di selesaikan oleh airbus...maka dari itu pun jerman menolak.
Maag oot... Dsni siapa yg nongkrong di world defense zone facebook ? Itu page mimpi militer ya ?? Klo udh ad artikel ttg produk mamarika yg komen pd ngimpi basah. Ngarep amat beli F15x, F35 π
BalasHapusItu grup kayak pernah liat
HapusMalaysia pun beli A400M, dapat hak penuh produksi kereta terbang πππ
BalasHapusKereta terbang type destroyer koh koh koh malooon idiot
Hapusππππ
HapusEhem, ada yang bilang herky karya Pak Habibie ?
BalasHapusHerky itu udah terbang pertama kali di tahun 1954. Desainnya dibuat mulai tahun 1951. Tahun 1951 itu Pak Habibie baru bersekolah di SMA Kristen Dago Bandung.
Sementara Pak Habibie tahun 1954 baru belajar teknik mesin di fakultas teknik perguruan tinggi Universitas Indonesia Bandung yang sekarang dikenal bernama Institut Teknologi Bandung (dulu Fakultas Teknik UI ada di Bandung dan kemudian berpisah dari UI menjadi ITB).
Jadi nggak mungkin Pak Habibie ikut merancang Herky.
Soal teori Crack pada pesawat dan teori Fly By Wire yang ditemukan Pak Habibie itu adalah hak paten punya Pak Habibie dan beliau dapat royalti dari perusahaan penerbangan yang menerapkan teori Crack dan teori Fly by Wire itu pada pesawat buatan perusahaan itu.
Jadi mereka (perusahaan pesawat asing) bayar royalti kepada almarhum Pak Habibie untuk setiap unit pesawat yang diproduksi yang menerapkan 2 teori itu.
Jadi mereka bayar royalti bukan mencuri teknologi.
Total hak paten yang dimiliki Pak Habibie adalah 42 hak paten.
Makanya Pak Habibie itu dapat hak untuk menjadi :
Anggota Kehormatan Persatuan Insinyur Malaysia (IEM)
Anggota Kehormatan Japanese Academy of Engineering
Anggota Kehormatan The Fellowship of engineering of United Kingdom, London
Anggota Kehormatan The National Academy of Engineering, AS
Anggota Kehormatan Academie Nationale de l'Air et de l'Espace, Perancis
Anggota Kehormatan The Royal Aeronautical Society, Inggris
Anggota Kehormatan The Royal Swedish Academy of engineering Science, Swedia
Anggota Kehormatan Gesselschaft Fuer Luft und Raumfarht (Lembaga Penerbangan & Ruang Angkasa) Jerman
Anggota Kehormatan American Institute of Aeronautics and Astronautics, AS
Anggota Kehormatan Masyarakat Aeronautika Kerajaan Inggris (1983)
Anggota Kehormatan Lembaga Penerbangan dan Antariksa, Jerman (1983)
Anggota Kehormatan Akademi Aeronautika Perancis (1985)
Jadi kalo komentar itu mbok ya riset dulu jangan hanya sepotong-sepotong biar nggak malu.
Maaf 46 hak paten, bukan 42 hak paten.p
HapusWiii gg pakde tungtung,
Hapusyo lek sampean muncul ki aku demen loh mas, ora kok panggah ngeloni bojomu ae. wkwkwk.
Hapuskalau ngeliat sejarahnya tung", terusir dari JKGR, dan selalu perang mulut di Indomiliter kok seru sepertinya πππ
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusBhuahahahaa ya c130 pertama produksi 1954, tp setelah banyaknya kasus2 creck pada pesawat2 yg ada pada jaman itu membuat c130 didesain ulang agar aman dr kasus2 crack dan habibie ikut dalam mendesain ulang pesawat tersebut,,,, gk laku analisis kardus ente tung ππ€£
Hapushttps://www.vivanews.com/amp/tvone/7066-video-bj-habibie-ikut-merancang-pesawat-militer-hercules-c-130
https://www.moneysmart.id/4-pesawat-karya-bj-habibie-yang-membanggakan/%3Famp&ved=2ahUKEwi4maT_9vLlAhWFxzgGHUgHBLcQFjAEegQICBAB&usg=AOvVaw1CtxGevwLpVAYReq0fz2-U&cf=1
https://www.google.com/amp/s/m.merdeka.com/amp/peristiwa/4-karya-bj-habibie-yang-bikin-bangga-indonesia.html
Terdepak di jkrgr, terbuang di indomiliter, terus ente mau nyebar analisis ente yg tidak bener2 detail disini???? π♂️π€¦♂️
next 3 batch kemungkinan masi 209 π«π«π«
BalasHapushttps://lancerdefense.com/2019/11/17/kapal-selam-kri-alugoro-405-berhasil-memenuhi-syarat-kestabilan/
Lha saya harap begitu dan batch 3 itu mulainya masih 7 tahun lagi sebab nunggu batch 2 selesai.
HapusUntuk AKS saya berharap ditempatkannya jaringan sonar bawah laut seperti SOSUS.
Kemudian saya berharap kapal2 korvet AKS dengan sonar VDS dibuat serta diakuisisinya pesawat fix wing PATMAR AKS AKPA yang mumpuni.
tapi masih moncer a mas tung 209 7 tahun lagi ? belum ada progress buat segmen AIP nya juga, kalau persenjataan kemungkinan juga diperbarui dan mengambil SLCM juga.
Hapuskalau korvet yg aktif dan moncer kan cuma 6 biji deh om, semua masi make kingklip dan belum kedengeran ada mau di akuisisi.
Soal SOSUS udah lama di bhaas namun belum dieksekusi secara e.
efekktif nampaknya, insyaaalloh Sinyak ke P8, meskipun saya agak ragu.
@Van Muttohar masih bung, karena walaupun 209 dari segi desain udah termasuk "berumur", tapi dari segi teknologi masih bisa diupgrade sesuai zaman. Dan kita sudah membuktikannya sendiri dengan KRI Cakra dan KRI Nanggala yang sampai sekarang masih moncer digunakan, sesuai semboyannya "Tabah Sampai Akhir" πππ
HapusESIABET adalah Salah Satu Agen Judi Bola Online & Bandar Slot Online Terpercaya di Indonesia !!
BalasHapus.
⏩ Tersedia 3 Pasaran Terlengkap Untuk SportBook
⏩ Ribuan Provider Slot Online Yang dapat kamu mainkan
⏩ Jackpot hingga jutaan rupiah selama 1 x 24jam
⏩ Taruhan Terkecil dari 5.000 rupiah
⏩ Bisa Bermain Judi Mix Parlay Bola Jalan
⏩ Minimal Bett Parlay Rp.10.000
⏩ Minimal Deposit Rp.25.000
⏩ Minimal WithDraw Rp.50.000
.
ESIABET juga menyediakan promo menarik yang bisa anda dapatkan setiap hari:
πBonus Member Baru
*Deposit 25.000 + Bonus 10.000
*Deposit 50.000 + Bonus 20.000
*Deposit 100.000 + Bonus 40.000
*Deposit 200.000 + Bonus 80.000
*Deposit 500.000 + Bonus 100.000
*Deposit 1.000.000 + Bonus 200.000
*Deposit 2.000.000 + Bonus 400.000
*Deposit 5.000.000 + Bonus 500.000
πWELCOME BONUS 100% (Khusus Slot) Maksimal Bonus 1jt
πWELCOME BONUS 100% (Khusus Bola) Maksimal Bonus 300rb
πBONUS NEXT DEPOSIT 10% (Khusus Bola, Live Casino, Slot Games)
πBONUS CASHBACK MINGGUAN SPORTBOOKS HINGGA 15%
πBONUS REBATE SLOT & LIVE CASINO 0.8%
.
Contac Person Online 24 Jam
☎Whatapps : 0859-3259-6161
π±LINE : ESIABET77
π±IG = ESIABETJITUPARLAY
Link Alternatif ESIABET
π www.esia365 .com
π www.esiabet8 .com
Salam Hoki & JP Selalu Bosku πͺπ
tawaran kerja sama dengan negara tukang gibul harus di evaluasi bisa mirip C295 ini itu ujung ujung nya pesawat di bikin di eropa di bilang buatan bandung NB:yee para benalu harus cepat di habisi hihi π
BalasHapusLu aja yg abis duluan.
HapusKecoak lu.
hiduppp om antiembalgoooooo pokk..pokk..pookk haha!πππ
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusLon beli 4 a400 diberikan full lisensi produksi nasi lemak kahkahakahaaa
BalasHapusapakah negara kita ini bner2 DARURAT PESAWAT ANGKUT TIPE DESTROYER BNERAN haha!π€π€π€
BalasHapusnegara & swasta:
Hapuskita punya boeing 747-400
kita punya boeing 737,
kita punya puluhan c-130,
kita punya c-160,
kita punya c-295,
kita punya cn-235,
dsb.
segini byk, emang masi perluw yak pesawat angkut berat buat armada logistik ke wilayah timur? haha!π€¨π€¨π€¨
buat militer kita, daya angkut a400m jelas kelas tanggung krng bermanfa'ad, embiti kita pon tak bs naek haha!πππ
Hapuskalo cuman angkut eskavator ama trek tangki bbm mini.
masa pindad gak bisa ape buat eskavator yg muat c-130 haha!π€£π€£π€£
ituw eskavator kan, bisa dicopot2 masukin peti palet beres dach...
lah pespur aja masyukk herki...
https://www.youtube.com/watch?v=8DUBli0u_PI
nach diluaran ada nich spesialis alat berat militer yg bikin eskavator sesuai herkules.
segmen pasar model gini layak ditiru pindad jugak haha!πππ
"HMEE has the capability of being transported inside a C17 without any preparation. Without bar armour and ECM, the HMEE can also be transported in a C130, with the addition of a JCB designed twin rear axle attachment. HMEE can be deployed anywhere in the World and is able to utilise the JCB Global Dealer Network. Spare parts can be shipped anywhere in the world within 48 hours."
https://www.jcb.com/en-gb/products/defence-products/high-mobility-engineer-excavator
Kok beli 2 ajahh.. Bukan indon banyak duittt.. Beli lah 20, malaysia yg kamu hina kan pun beli 4, Apa Bangsat banget kamu ni indon!negeri luas kok belian 2 ajahh.. Salam tewas 2-0 yahh.. Bola sepak memang kompem korang kena belasah amah malaysia... Jgn marah, kat stadium sendiri pun kena belasah.. Aku kasihan amahh kamu don'
BalasHapusJika bank Anda mengatakan tidak kepada Anda untuk pinjaman, ada tempat otentik di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin mendapatkan pinjaman institusi yang saya temukan secara online untuk semua saudara dan saudari Muslim yang sedang mencari pinjaman cepat untuk menyelesaikan masalah yang diinginkan dengan cepat. Saya mendapat pinjaman Rp.700.000.000. dari ibu KARINA ROLAND LOAN COMPANY yang saya gunakan untuk merenovasi rumah sakit saya dan untuk melengkapi bisnis saya. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan lalu. Saya meminjam dari mereka karena ada banyak perusahaan pinjaman palsu online. Saya juga memperkenalkan adik saya yang juga mendapat pinjaman Rp. 500.000.000 PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA. Sebelum saya menghubungi mereka untuk mendapatkan pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan mereka benar-benar otentik. Mereka tidak seperti perusahaan pinjaman barat yang palsu. Jadi saya meminta pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum dan peraturan Islam. Tidak Ada Jaminan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka memberikan proses yang cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa menyetujuinya. dan Anda juga harus membayar kembali pinjaman mereka pada waktunya. Saya ingin meminta semua Muslim sejati dan bukan muslim untuk menghubungi ibu karina yang baik di email atau whatsapp: +15857083478 (karinarolandloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi saya untuk nasihat juga melalui email (nurraysadiena@gmail.com)
BalasHapus