13 November 2020

Prabowo Berusaha Keras untuk Menyelesaikan Kesepakatan Jet Tempur

13 November 2020

F-5E/F Tiger di skadron udara 14 Madiun (photo : Kusri Hatmoyo)

JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bulan lalu menghabiskan lebih dari dua minggu dalam misi untuk memecahkan teka-teki lama tentang bagaimana Indonesia akan mengganti jet tempurnya yang sudah tua.

Prabowo, yang terbang ke AS, Austria, Prancis, dan Turki, juga melakukan tawar-menawar karena Indonesia dibatasi oleh anggaran negara yang terbatas dan karena kementerian pertahanannya memangkas pendanaannya ketika COVID-19 menuntut pendapatan pajak dibelanjakan di tempat lain.

"Yang dilakukan Prabowo sekarang adalah mencari opsi terbaik, kesepakatan terbaik," kata Muhamad Haripin, peneliti pertahanan di Pusat Kajian Politik di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Pertahanan menerima lebih banyak dana daripada kementerian lain dalam anggaran negara tahun ini, tetapi Prabowo masih harus mempersempit pilihannya menjadi satu opsi, kata Haripin, karena membeli dari beberapa negara mungkin "membutuhkan seluruh anggaran pertahanan."

Su-35 Russia (photo : AFP)

Pesawat tempur andalan TNI AU, F-5 buatan AS, telah beroperasi selama hampir empat dekade dengan sedikit peningkatan. Ketegangan yang meningkat di Laut Cina Selatan membuat Jakarta perlu segera meningkatkan peralatan militernya.

Salah satu opsi, produksi jet tempur gabungan dengan Korea Selatan, menemui hambatan. Setelah gagal membayar angsuran keduanya pada bulan Agustus, Indonesia dikabarkan sedang mencoba untuk menegosiasikan kembali bagian biaya tersebut.

Jet Sukhoi Su-35 dari Rusia tetap menjadi pilihan terbaik. Meskipun Indonesia pada tahun 2018 setuju untuk membeli 11 pejuang seharga $ 1,1 miliar, Indonesia menyimpan reservasi karena AS telah mengancam sanksi atas kesepakatan senjata dengan Moskow.

Karena alasan ini, kunjungan Prabowo ke AS pada leg pertama turnya sangat menonjol. Dia diundang ke Pentagon - sebuah langkah signifikan yang mengharuskan Washington untuk terlebih dahulu mencabut larangan masuknya selama dua dekade ke Prabowo karena dugaan pelanggaran hak asasi manusia - sebagai bagian dari kampanye untuk menarik negara-negara Asia Tenggara menjauh dari China.

Rafale Prancis (photo : timesnownews)

Undangan tersebut juga memberi AS kesempatan lain untuk mencoba membujuk Indonesia agar tidak membeli jet tempur Rusia.

Pejabat pertahanan Indonesia mengatakan pembicaraan itu termasuk diskusi tentang jet tempur. AS dilaporkan telah mendorong untuk menjual F-16 generasi keempat Indonesia yang dilengkapi dengan teknologi baru; Pelatihan pilot dan fasilitas tambahan lainnya akan diberikan. Tapi Jakarta dikatakan memainkan kartunya untuk F-35 generasi kelima.

Kesepakatan yang tertunda dengan Rusia menarik bagi Indonesia yang kekurangan uang karena setengah pembayaran harus dilakukan untuk ekspor minyak sawit, karet, dan komoditas lainnya. Ini juga memberi Prabowo pengaruh di AS, di mana F-35 mahal, ketika ia mencoba untuk mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari Washington.

Jakarta menyimpan kenangan pahit karena bergantung pada persenjataan AS, pernah terkena embargo senjata AS dari 1999 hingga 2005 akibat pelanggaran hak asasi manusia di Timor Timur. Larangan tersebut membuat militer Indonesia kekurangan suku cadang dan amunisi.

Variabel di sini adalah kemenangan pemilihan presiden dari Demokrat Joe Biden, yang mungkin mengubah hubungan AS-Rusia dan memengaruhi rencana Indonesia.

Typhoon AU Austria (photo : AeroTime)

Opsi mundur Prabowo adalah Austria dan 15 jet Eurofighter Typhoon yang ingin diturunkan Wina saat merestrukturisasi angkatan udaranya. Di Eropa, Prabowo mengadakan pembicaraan dengan mitranya Klaudia Tanner tentang masalah ini, menurut pejabat kementerian pertahanan.

Eurofighter bekas dapat menghemat rupiah Indonesia, tetapi potensi pembelian telah mendapat sorotan di dalam negeri. Kritikus mengatakan jet tempur itu sudah ketinggalan zaman dan biaya pemeliharaan akan menguras kas negara. Pembelian tersebut juga membutuhkan persetujuan dari Inggris, Jerman, Italia dan Spanyol, yang terlibat dalam pengembangan jet tersebut.

Pilihan yang lebih kecil kemungkinannya adalah Prancis dan Turki, pelabuhan terakhir Prabowo. Laporan dari perjalanan menteri pertahanan sebelumnya ke Paris, pada Januari, mengatakan dia menyatakan minatnya pada jet tempur Rafale Prancis - laporan yang kemudian dikatakan Prabowo merupakan keinginan pemerintah Prancis. Turki, sementara itu, memiliki program pengembangan jet tempurnya sendiri dan dilaporkan tertarik untuk mengundang negara-negara Muslim untuk berpartisipasi di dalamnya.

Pejabat kementerian pertahanan Indonesia mengatakan diskusi baru-baru ini di Prancis menyangkut potensi pembelian peralatan pertahanan yang tidak ditentukan, sementara pembicaraan di Turki mengenai sistem kapal selam dan "potensi kerja sama dalam kendaraan udara tak berawak."

Rizal Sukma, peneliti senior di Pusat Kajian Strategis dan Internasional Indonesia, mengatakan banyak pertimbangan lain yang masuk ke dalam pembelian senjata besar, seperti memastikan pasokan suku cadang dan pemeliharaan. “Pemerintah Indonesia perlu memperhatikan hal ini,” kata mantan duta besar untuk Inggris itu.

224 komentar:

  1. Balasan
    1. Sinetron TERSANJUNG 1,2,3,4,5 dan 6 seperti Sequel, Prequel, Remake, Reboot, Spinoff terserah lah... Yang rakyat inginkan semoga di akhir cerita happy ending...

      Hapus
  2. Harus kerja keras loh masih banyak yang harus dibeli..ada su35 yang masih belum tiba, lagi mau beli viper, rafale, typhoon, ifx, osprey, poseidon, wedgetail, super galaxy, patriot, thaad

    BalasHapus
    Balasan
    1. πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†

      πŸ€”πŸ€”πŸ€”

      Mat Sabu KW

      Hapus
    2. Masalah nya di dana, Indonesia harus pinter-pinter memilih senjata yg pas untuk keperluan TNI

      Hapus
  3. Ngapain beli Rafale??? Konstitusi Perancis mendukung penghinaan terhadap orang muslim hanya dengan alasan karena kebebasan bicara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alutsista TNI sekarang banyak tuh yg dari Perancis, coba situ list ...πŸ˜‘

      Hapus
    2. mesin anoa.. 😁😁

      Hapus
    3. mesin renault ganti mitsubishi lah...
      asal ga diganti mesin jahitπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. Konstitusi mendukung kebebasan berekspresi. Orang lain merasa terhina bukan masalah konstitusi, yg penting jangan sampai berbuat kriminal.

      Di Inggris juga bebas menghina Tuhan, nabi dan Ratu.

      Hapus
  4. Okelah gak perlu beli F35 karena selain infrastruktur penunjang gen 5 kita masih jauh ditambah antrian sampai 9 tahun alias 2030 baru nyampe padahal di medio 2025 KFX direncanakan sudah mulai available artinya opsi F35 bisa diskip melihat komparasi KFX vs F35 dari sisi engine kalau memang dibutuhkan untuk dedicated buru sergap.

    SU35 udah paling bener jalurnya Karena kita punya banyak sparepart tools untuk Sukhoi yg mubazir kalau dihilangkan.

    Logisnya sih untuk saat ini Viper dan SU35 tandem yg mungkin tercapai karena saat ini produsen pesawat fokus di gen 6 yg mungkin akan viral di 2030 2035 nanti.. bila TNI beli F35 dan baru Dateng 2030 maka akan menjadi sedikit outdated spt saat ini kita punya gen 4 dikompare gen 5 situasinya.

    Tornado dan Rafale kalau beneran jadi anggap saja bonus terbaik.

    Dan ingat gaesss defisit perdagangan RI US itu makin tahun semakin besar untungnya buat RI sampai Minggu kemarin Trump menghapus tarif pajak masuk barang2 dari RI khusus buat RI saja tetapi tetap mengenakan tarif ini kepada India dan Brazil yg artinya RI dianggap special dan imbalnya kita harus patuh kepada US kalau kondisi "nyaman" spt skrg masih mau dinikmati.

    Sanksi CAATSA itu perih gaess πŸ˜‚πŸ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju bro:
      Su35 dan f16 Viper adalah tandem terbaik dan realistis!

      ✌πŸ‘πŸ€—

      Hapus
    2. Makannya di beli F-16 Viper, Osprey, Poseidon, Wedgetail untuk daya tawar dan negosiasi Sanksi CAATSA. contoh India yg sukses negosiasi ke AS dari sanksi CAATSA

      Hapus
    3. Sayangnya dimari dari gen 4 ke gen 4,5 aja saat ini masih gelap..

      Belum lagi kalo ntar (siapa tahu) ada gen 5,5 sebelum ke gen 6...namanya juga penjual.

      Fiuuuh...😌

      Hapus
    4. Gen 5 ikut Jepang bisa gak yaa untuk pengembangan IFX Block II..

      😁😁

      Hapus
    5. @Unknown
      Jepang tidak punya proyek gen 5, yg ada lebih dekat ke gen 6. Tujuannya counter J-20 dan Su-57.

      Hapus
  5. Of course, krn Indonesia negara besar dgn luas wilayah keseluruhan lebih dari 5jt km2 dgn penduduk 250jt jiwa.

    Bagaimana rakyat sehat negara kuat! Butuh pemimpin/pemikir yg bukan kaleng2!

    Jika negara kecil dan penduduk jauh lebih sedikit dari Indo, kalo sampe negaranya sakit pertahanan nya lemah, yah itu sih kelewatan namanya!
    = Negara salah urus!

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚




    BalasHapus
    Balasan
    1. keknya guwe tau tuch, inisialnya "K" yach om haha!🀭🀭🀭

      Hapus
  6. rudal AIM-120 AMRAAM dan AIM-9 Sidewinder aja masih terbatas jumlahnya, malah mau nambah pesawat tempur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa.. Katamu seperti itu kan..

      Terus ente mau nya gimana kalo gak nambah pesawat tempur??

      Hapus
    2. Nich baca

      Diam2 indonesia nambah AMRAAM.. 😁😁

      Production Lot 32 (spt yg sdh kita ketahui bersama)
      https://www.defense.gov/Newsroom/Contracts/Contract/Article/1474871/

      Production Lot 33
      https://www.defense.gov/Newsroom/Contracts/Contract/Article/2047884

      Hapus
    3. Amraam 120 C7 & Sidewinder 9X sedang dalam pembuatan.

      Indo masih banyak stok Sidewinder P4
      Bahkan Sidewinder P5 sudah ready di cantolan F 16 tanpa diketahui kapan ordernya.

      Makanya urusan beli pensil & pulpen nih rahasia.

      Hapus
    4. ntuw p-5 hasil kerja senyap opa RR yak om tupz, gak banyak ngemenk tiba2 "ADA" ajah haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘
      mayan buat stop gep amraam, keknya ntuw rudal agak lama jadinya

      untungnya kita masi punyak maenan ruski yg pelornya bisa bebas masuk tanpa ribet om tupz haha!😎😎😎

      apgred falkon-star+EMLU utk 10 f-16 A/B OCU pon tak banyak yg tau total besaran kontraknye yg aseli, tiba2, dil ama LM 2 taon laluw.
      kalo angka yg disebut media ituw keknya gak mungkin dech,
      secara 2 program jadi satu ama radarnya baruw. beda banget amat f-16 gurun.

      bisa dibilang 10 bijik apgred terakhir ini mnurut guwe malah lebih TOP.

      namun f-16 gurun masi bisa di apgred lebii jauu lagi ke yang lebih TOP, asal ada dananya haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

      Hapus
  7. Diam2 indonesia nambah AMRAAM.. 😁😁

    Production Lot 32 (spt yg sdh kita ketahui bersama)
    https://www.defense.gov/Newsroom/Contracts/Contract/Article/1474871/

    Production Lot 33
    https://www.defense.gov/Newsroom/Contracts/Contract/Article/2047884/

    BalasHapus
  8. Eka Fatmala.....jebul ayune koyo kepodang kuning 😍😘😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iku garwo nome mbah gono lho 😟

      Hapus
    2. Yo emooooooh to......si mbake πŸƒπŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨

      Hapus
    3. Lho wes dibelani dodol kebon jare😝

      Hapus
    4. Kebon ngendi meneh sing digadekne.....hawong pekarangan wes entek dilunthung kabeh goge mundutke motor putra-putrane kok πŸ™„

      Hapus
    5. Kebon mburi omahe tonggoe seng didol mbah diwenehi bonus wit gedang klutuk

      Hapus
    6. Ealahhhhhh.....sue-sue lemah kuburan ndeso kae rak yo melu didol 🀦

      Hapus
    7. Huss... 😁😁😁🀣

      Hapus
    8. Wonge ulan ngarep arep sunat sampean koyoke diundang

      Hapus
  9. Alman Helvas
    @AHelvas

    In years to come, people speculated Indonesia is going to acquire used C-130H. Such speculation is absolutely not true. Indonesian Ministry of Defense only has plan to buy new C-130J instead of used one. The unclear thing is whether future acquisition will use same lender or not.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wis ngerti Not True kok yo diberitake om helvas, ngupi sik konoπŸ˜ƒ

      Hapus
  10. Indonesia ki kakehan pusat kajian....mulo ra putus-putus, jet endi sing arep dituku 😣😣😣

    BalasHapus
  11. Prabowo, yang terbang ke AS, Austria, Prancis, dan Turki, juga melakukan tawar-menawar karena Indonesia dibatasi oleh anggaran negara yang terbatas dan karena kementerian pertahanannya memangkas pendanaannya ketika COVID-19 menuntut pendapatan pajak dibelanjakan di tempat lain.

    Padahal anggaran yang dipotong 7% dan harus dibatasi impor alusista, itukan anggaran ditahun 2020 🀦🏻‍♂️

    *Hadehh, sekelas NIKKEI kok gak tahu .....

    BalasHapus
  12. Berita favorit @gempuriwa ini πŸ™ŽπŸ»‍♂️

    BalasHapus
  13. Indon tak akan kemana, lepas 2024 baru ade shopping, dah tercatat dalam. Sejarah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sejarahnya MAKMU RUW NDARUW πŸƒπŸƒπŸƒ

      Hapus
    2. masaaaa...lah ntuw satu persatuw dateng,
      patriot
      trevia-15
      kozak 2-m
      radar weibel
      radar leonardo
      m-109
      td-2000b
      pandur 2
      harimo item
      bahkan NASAMS uda siyaaappp di teluk NAGA..kesian om daruw kalah mulu, hore haha!πŸš€πŸš€πŸš€

      Hapus
    3. Masih dapat BLT, Makan, Tidur, Modol, dan Dikubur di Indonesia aja sok-sokan jadi Malon.. Malu woi asu, babi..

      Suwandaruw Asu
      Suwandaruw Idiot
      Suwandaruw Tolol
      Suwandaruw Syiah
      Suwandaruw Khawarij

      πŸ–•πŸ–•πŸ–•

      πŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘Š

      🀜🀜🀜🀜

      πŸ€›πŸ€›πŸ€›πŸ€›

      Hapus
  14. Haku nak mengaku, saye nie time travel from tahun 3000,sengaja nak balik tahun ini, nak cakap pada korang, kalau ko alami kemunduran kerena proxy xie jie ping

    BalasHapus
    Balasan
    1. F35 itu bagian strategi Menhan untuk lanjutkan su35,gak mungkin menhan beli f35 tanpa kajian dulu dri TNI AU.
      Yg masuk kajian Dri TNI AU dan menhan itu
      F16 Viper,su35,dan typhoon.

      Hapus
    2. Ko tu salah, wat per buang waktu washing time, America tak akan berikan alutsista terbaik, kerena indon bukan Sekutu, apalagi usa dah tau indon lebih ke cina now

      Hapus
    3. Kenape lon... Oh iya salah satu adminnya stroke yaa atau disana sepi ngga ada pembelian alutsista buat malon makanya nyinyirin jirannya

      Hapus
    4. halaaa time trapel segala, malming ke ancol aja luh nebenk gratisan om daruw haha!πŸ›΅πŸ›΅πŸ›΅

      Hapus
    5. Masih dapat BLT, Makan, Tidur, Modol, dan Dikubur di Indonesia aja sok-sokan jadi Malon.. Malu woi asu, babi..

      Suwandaruw Asu
      Suwandaruw Idiot
      Suwandaruw Tolol
      Suwandaruw Syiah
      Suwandaruw Khawarij

      πŸ–•πŸ–•πŸ–•

      πŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘Š

      🀜🀜🀜🀜

      πŸ€›πŸ€›πŸ€›πŸ€›

      Hapus
    6. ngomong opo kae gak diundang kok moro? πŸ˜ƒ

      Hapus
  15. So puas puaskan lah nak cakap kosong kat blog, kat fb, kat Tweet, nak sembang "akan" Tiap hari pon boleh, hakikat reality zonk, dah tercatat dalam history tahun 3000 kalau indon akan jadi lawak

    BalasHapus
    Balasan
    1. nape om daruw KEFANASAAN yach BANYAK yg baruw datang JOM SHOPPING SOPING haha!πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

      kesian gak ada yg dengerin, om DARUW semangkin tertinggalllll jauuuuuu...minus 3000 masehiiiiiihhh

      Hapus
    2. Masih dapat BLT, Makan, Tidur, Modol, dan Dikubur di Indonesia aja sok-sokan jadi Malon.. Malu woi asu, babi..

      Suwandaruw Asu
      Suwandaruw Idiot
      Suwandaruw Tolol
      Suwandaruw Syiah
      Suwandaruw Khawarij

      πŸ–•πŸ–•πŸ–•

      πŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘Š

      🀜🀜🀜🀜

      πŸ€›πŸ€›πŸ€›πŸ€›

      Hapus
    3. tanya kat mindef malay? Selama ini banyak meeting apa hasil nya, cuma beli speedboat ke, lalu monumen maharajalele cam mana? Letak tengah kota kenakan ticket masuk kota dapat devisaπŸ˜ƒ

      Hapus
  16. Dalam catatan history tahun 3000 , lepas covid nie gomen indon nak naikkan tax, inflasi apapon untuk kembali kan duit hilang dan bayar hutang, dan akhirnya rakyat indon makin miskin menderita

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa luh aje ngutang di WARTEG SARI BAHARI menteng dalem kagak bayar2, pake ngurusin negara PNS bokaan pula,
      napelah KEFANASAAN om DARUW yach BANYAK yg baruw datang

      JOM SHOPPING SOPING haha!πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

      JOM SHOPPING SOPING haha!πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

      JOM SHOPPING SOPING haha!πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

      JOM SHOPPING SOPING haha!πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

      Hapus
  17. Balasan
    1. πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€ ndaruw ngemeng dw ra ono seng ngreken πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘† ben wae om PS PALING MARI NGENE turu

      Hapus
    2. ☝️☝️☝️ bar nyimeng, halunya 100% ON 🌚

      Hapus
    3. Masih dapat BLT, Makan, Tidur, Modol, dan Dikubur di Indonesia aja sok-sokan jadi Malon.. Malu woi asu, babi..

      Suwandaruw Asu
      Suwandaruw Idiot
      Suwandaruw Tolol
      Suwandaruw Syiah
      Suwandaruw Khawarij

      πŸ–•πŸ–•πŸ–•

      πŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘Š

      🀜🀜🀜🀜

      πŸ€›πŸ€›πŸ€›πŸ€›

      Hapus
  18. Iku gambar paling nduwur (zet F5) ki sing moto seniorku, arane : om Kusri πŸ’ͺ🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoax iku wong seng moto Mbah GONO SOKO lereng Kemukus jare 🀣

      Hapus
  19. Dalam sejarah tahun 3000
    1. Indon tak akan dapat apapon dari usa, selain tawaran alutsista padang pasir
    2. Perancis tak akan jual Rafale kerena alasan politik dan sentimen agama
    3. Autria akan zonk kerena banyak negara terlibat

    4. Harapan tersisa hanya Rusia, tapi indon akan hancur kerena caatsa
    Akhirnya indon akan dapat halu sambil koar koar tak jelas kat internet
    Tu bocoran catatan sejarah tahun 3000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahli ramal..kpn cina dongfeng amerika bro

      Hapus
    2. Oke tak pernah, cina tu hanya pandai cakap tikus kosong, mental tak de

      Hapus
    3. Sama mental kau macam tikus..
      Kena bambu runcing kau tewas

      Hapus
    4. Kata malon kaleng-kaleng ya bro... Yasalam...

      Hapus
    5. SALAM OSPREY 8 bijik

      yaa luh aje ngutang di WARTEG SARI BAHARI menteng dalem kagak bayar2, pake ngurusin negara PNS bokaan pula,
      napelah KEFANASAAN om DARUW yach BANYAK yg baruw datang

      JOM SHOPPING SOPING haha!πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

      JOM SHOPPING SOPING haha!πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

      JOM SHOPPING SOPING haha!πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

      JOM SHOPPING SOPING haha!πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

      Hapus
    6. ☝️☝️☝️ bar nyimeng, energi halunya naik 100% ON 🌚

      Hapus
    7. Masih dapat BLT, Makan, Tidur, Modol, dan Dikubur di Indonesia aja sok-sokan jadi Malon.. Malu woi asu, babi..

      Suwandaruw Asu
      Suwandaruw Idiot
      Suwandaruw Tolol
      Suwandaruw Syiah
      Suwandaruw Khawarij

      πŸ–•πŸ–•πŸ–•

      πŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘Š

      🀜🀜🀜🀜

      πŸ€›πŸ€›πŸ€›πŸ€›

      Hapus
  20. F35 itu bagian strategi Menhan untuk lanjutkan su35,gak mungkin menhan beli f35 tanpa kajian dulu dri TNI AU.
    Yg masuk kajian Dri TNI AU dan menhan itu
    F16 Viper,Su35,serta Typoon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Note Su35 masih diusakan wktunya tepat buat nego lagi klo mulus bukan hanya 11 tp bisa 1 skuadron ya.

      Hapus
    2. Apa nak kajian? Barang tak berubah apa lagi yang nak dikaji?

      Hapus
    3. Iyaa itu kata elu..
      Masa iya beli tanpa kajian from User nya hahah tlol kau

      Hapus
    4. Ruw kapan kucing saya hamil lagi??πŸ˜ͺπŸ˜ͺπŸ˜ͺ

      Hapus
    5. Harak kucinge sampeyan kucing lanang to mas πŸ™†πŸ»

      Hapus
    6. ☝️☝️☝️ habis nyimeng, energi halunya naik 100% ON 🌚

      Hapus
    7. πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
  21. Dalam catatan sejarah tahun 3000 indon hanya berjaya zaman Sukarno dan SBY, selain itu zaman lawak semua tak de apapon, tu history saye from time travel, korang tak pircaya tak pe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Percaya sama Tuhan saje saya..

      Hapus
    2. Ruw hongkong mengko bengi metu nomer piro, SGP metu nomer piro ramalno seng jitu kang lebih manfaat

      Hapus
    3. ☝️☝️☝️ bar nyimeng, energi halunya naik 100% ON 🌚

      Hapus
  22. mungkin ESPER dipecat gegara gak mao jual f-35 kekita kali yak haha!🀣🀣🀣

    lha secara bosnye, opa koboi jambul koneng kan PEDEGE, apapun dijual asal duwit masyuk slama masa pandemik haha!🀠🀠🀠

    liat aja kasus UAE, amrik masabodo amat ame isroil, kontrak 10 milyar dolar lgs disetujui deplu amrik jugak haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘
    termasyuk sederet dron, ampe patriot.
    yang ini ESPER okeh ocehπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

    πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡
    US approves $23bn advanced arms sale to UAE: Pompeo
    The Trump administration notified Congress it has approved the sale of more than $23bn in advanced weapons systems, including F-35 fighter jets and armed drones, to the United Arab Emirates, Secretary of State Mike Pompeo said.

    https://www.aljazeera.com/news/2020/11/10/us-approves-23-bn-advanced-arms-sale-to-uae-pompeo

    πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

    WASHINGTON, November 10, 2020 - The State Department has made a determination approving a possible Foreign Military Sale to the Government of the United Arab Emirates of F-35 Joint Strike Fighters and related equipment for an estimated cost of $10.4 billion. The Defense Security Cooperation Agency delivered the required certification notifying Congress of this possible sale today.
    https://www.dsca.mil/press-media/major-arms-sales/united-arab-emirates-f-35-joint-strike-fighter

    ---------------------------------

    yang jadi misteri opa wowo kesono shopping soping apa aja yak,
    gak lama menteri luar negeri amrik mike POMPEO secara SPESIAL mampir ke bogor.

    apakah POMPEO datang buat dil OSPREY lanjut & kasi perpanjangan TARIF(GSP) sebagai ganti, f-35 yg gagal kerna ESPER tak mampu???

    2 komponen penting amrik
    DEPHAN (ESPER)
    DEPLU (POMPEO)

    WASHINGTON, July 6, 2020 - The State Department has made a determination approving a possible Foreign Military Sale to the Government of Indonesia of eight (8) MV-22 Block C Osprey aircraft and related equipment for an estimated cost of $2 billion. The Defense Security Cooperation Agency delivered the required certification notifying Congress of this possible sale today.
    https://www.dsca.mil/press-media/major-arms-sales/indonesia-mv-22-block-c-osprey-aircraft

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia harus gerak cepat sebelum Trump Turun Tahta.. Memang Trump ini terkenal mata duitan..

      ��������

      Hapus
    2. Masih dapat BLT, Makan, Tidur, Modol, dan Dikubur di Indonesia aja sok-sokan jadi Malon.. Malu woi asu, babi..

      Suwandaruw Asu
      Suwandaruw Idiot
      Suwandaruw Tolol
      Suwandaruw Syiah
      Suwandaruw Khawarij

      πŸ–•πŸ–•πŸ–•

      πŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘Š

      🀜🀜🀜🀜

      πŸ€›πŸ€›πŸ€›πŸ€›

      Hapus
    3. nyooiihhh om uk531, opa jambul koneng tau banget DUWIT ituw dimana, makanya dikirimlah tangan kanannya ->MIKE POMPEO haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘
      waktuw awal terpilih dulu lgs dateng WAPRES amrik mike PENCE->shopping soping banyak kite wkt ntuw.

      beda kalo admin opa jambul koneng, kalo liat KL, bawaannya lgs pengen derma haha!😷😷😷

      mangkenye KL gak perna dikunjungin pasukan opa jambul koneng dari awal ampe akhir pemerintahaannye, kesian yak haha!🀠🀠🀠

      Hapus
    4. halo om daruwww...uda ada duwit blom wat bayar utang ngupi2 haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

      Hapus
  23. Saya tahu pak bowo, beli pesawat memang ga semudah beli kacang, tp juga ga selama ini juga milih2nya, apapun pilihan pesawatnya yg penting bisa memperkuat TNI, saya setuju saja, mohon disegerakan kesepakatannya, biar cepet datang barangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi diusahakan bung
      Momen pas disaat pasca pilpres amerika..su 35 tetep progres
      Bukan cuma 11 tp bisa lbh klo deal imbal dagang

      Hapus
  24. Dalam history tahun 3000 tercatat banyak indon kecewa berharap video gisel asli, tapi reality beza, kat video tu ada tatoo kat peha, gisel tak punya, habis lar indon kecewa tak melancap lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gisel kan cntik seksi
      Kasihan kau homo

      Hapus
    2. Suwandaruw.. Ente sudah cium tangan dan cium kaki Rizieq Shihab.. xixixxixxi..

      Ente di tungguin Rizieq Shihab..

      Hapus
  25. Dalam catatan tahun 3000 akan ada indon gila perhatian dan hingin gomen berikan penghargaan tinggi kat dia dan cakap jakarta amburadul, tu sejarah komputer tahun 3000

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun 3000 korang mati atau hidup nnti

      Hapus
    2. Suwandaruw.. Ente sudah cium tangan dan cium kaki Rizieq Shihab.. xixixxixxi..

      Ente di tungguin Rizieq Shihab..

      Hapus
  26. Xavier tahumln 3000 kira2 kau masih hidup kah

    BalasHapus
  27. Xvier korang tahun 3000 msoh hiduplah msih bisa koar2 kah

    BalasHapus
  28. wkwkwkwkwkwkw..dalam rakyat INDON kesusahan akibat corona hingga ribuan lagi cuba menyusup ke MALAYSIA secara haram untuk mencari rezeki...

    Mentrinya sibuk mau berbelanja beli aset pertahanan yang bernilai tinggi walaupun sanggup MENGUTANG...ironi negara ini.... jet pejuang lebih penting dari kebajikan rakyat... walaupun NGUTANG janji boleh menunjuk pada ASEAN...wkwkwkwkwkwkwkw lucu negara satu ni...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini negara kami bgun pertahanan..kenapa kau sakit hati ya krn bujet ciput

      Hapus
    2. @gempurWARIA
      Negara Malingsial Defence Budget CIPUT dan Ekonominya MENGUNCUP ...minggir sana dekat jamban....πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜…

      Hapus
    3. wkwkwkwkwkwkw.... apa yang kamu bangun pertahanan... saya tak nampak pun INDON tu kuat...wkwkwkwkwkwkw

      bro... budget ciput takpe jangan dipotong hingga separuh hingga sanggup NGUTANG..wkwkwkwkwkwkwkw

      Hapus
    4. Setengah pala otak kau out wkwkwkwk di potong 8 triliun kau cakap setengah wkwkwkwkwk budak tadika lagi pandai dari kau pur 🀭🀣🀣

      Hapus
    5. Nomad13 November 2020 09.00

      Ini negara kami bgun pertahanan..kenapa kau sakit hati ya krn bujet ciput

      Biasa om admin nya stroke dan negaranya puasa beli alutsista makanya kesini nyinyirin jirannya

      Hapus
    6. Bedakan million dan billion saja enggak bisa loe Purr....iya tidak apa ciput budget...tapi merepek macam pondan...malon tidak belanja alutsista...terlemah di ASEAN

      Hapus
    7. andalan gempur isu corona je, wake up tanya mindef kau tahun hadapan nak beli aset apalagi jgn hanya speedboat je, guna tarik banana boat dipantaiπŸ˜„

      Hapus
  29. "Mbah Gono durung tangi, tekno mubengi bar dikroyok preman loro nganti babak bundas........☹️πŸ˜–πŸ˜«"

    https://youtu.be/hCWitLB-9K0

    BalasHapus
    Balasan
    1. Premane ono 3
      1.Hh
      2.Gisel
      3.lisa blackpink
      πŸ˜΅πŸ€•πŸ€•πŸ€•

      Hapus
    2. 3+++ Mbah +tesi barang koyoke 😌😌😌

      Hapus
  30. Mana tuh xavier hilang
    Ditanya tahun 3000 msih hidup apa gak ehb kabur macam tikus

    BalasHapus
  31. Yasallam efek ekonomi kok gini amat ? Gak sesuai komen netizen nya dimarih.
    Hiks

    https://m.malaysiakini.com/news/550501

    Over 30k companies shut down since March, highest number in Aug
    11 Nov 2020, 5:34 pm

    30.000 perusahaan tutup ? Serius ? 😳

    Pantesan gak sanggup ngimbangi budget Philipina ya ?? πŸ™„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meskipun GK tutup ya tetep Malon bangkrut πŸ˜€πŸ˜€

      Hapus
    2. Casino judi bersyariah mahzab daulat tuanku tetap buka, rakyat malon harus mensyukuri nikmat apa yg raja putuskan demi ekonomi negeri darul kelakar.

      Hapus
  32. Dalam history tahun 3000 tercatat indon ada halu, jepun kasih harapan fregat tapi media indon cakap halu kata nak dapat destroyer, ingat don destroyer Jepang tu Aegis system from America, so America pasti tak akan benar kan transfer ke negara lain so jangan harap halu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banana boat pakai AC Split...wakakakak

      Hapus
    2. Masih dapat BLT, Makan, Tidur, Modol, dan Dikubur di Indonesia aja sok-sokan jadi Malon..

      ����������

      Hapus
  33. Catatan 3000 Garuda Indonesia PHK besar besar lagi 700 pekerja, banyak pramugari menangis kerena ini, bahkan banyak indon halu sedia tampung dalam kemelancapan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih dapat BLT, Makan, Tidur, Modol, dan Dikubur di Indonesia aja sok-sokan jadi Malon.. Malu woi asu, babi..

      Suwandaruw Asu
      Suwandaruw Idiot
      Suwandaruw Tolol
      Suwandaruw Syiah
      Suwandaruw Khawarij

      πŸ–•πŸ–•πŸ–•

      πŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘Š

      🀜🀜🀜🀜

      πŸ€›πŸ€›πŸ€›πŸ€›

      Hapus
  34. wkwkwkwkwkw... padahal Jepun baru rancang tapi geng INDON terus melompat seperti sudah beli....wkwkwkwkwkwkw

    INDON memang lawak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iri yah Pur negara kau tak di anggap oleh Jepun dan Amerika sebab di anggap lebih condong ke China wkwkwkwkwk kesian MALON 🀭🀣🀣

      Hapus
    2. Geng malon melompat kegirangan saat kapal balon kuning diluncurkan dari galangan seperti sdh commisioned padahal ditarik lagi ke galangan karena salah potong

      Hapus
  35. Catatan history 3000 juga tertulis kat file, nikita mirzani ungkap rahasia kat teman teman indon cem mane wanita dapat masturbate yang endul, nikita cakap guna selang air sambil semprot tekanan air sampai klimaks

    BalasHapus
  36. Salah satu opsi, produksi jet tempur gabungan dengan Korea Selatan, menemui hambatan. Setelah gagal membayar angsuran keduanya pada bulan Agustus, Indonesia dikabarkan sedang mencoba untuk menegosiasikan kembali bagian biaya tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu opsi produksi jet pribadi gabungan dgn PT.DI menemui hambatan dikarenakan pihak Malon mau mencuri blue print milik PT.DI

      Hapus
  37. Kasian yah MALON tak di anggap oleh Jepun dan Amerika sebab Malon lebih condong ke China dan tak punya potensi untuk melawan China wkwkwkwkwk kasihan oh kasihan 🀭🀣🀣

    BalasHapus
  38. Tapi dalam super komputer tahun 3000 kalau korang tak tau, tahun tu dah ada science yang mana ada technology double dimension, yg artinya ada bumi lain dengan sejarah lain, yang tercipta dalam sejarah indon, tapi dengan pelaku sejarah lain tanpa proxy xie jie ping

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pasti sebelum thn 3000 malon terhapus dari peta dunia

      Hapus
  39. Kasian yah MALON tak di anggap oleh Jepun dan Amerika sebab Malon lebih condong ke China dan tak punya potensi untuk melawan China wkwkwkwkwk kasihan oh kasihan 🀭🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul lah MALON memang Condong ke China sebab tuh kapal Kecik je beli Kat China, buatan anak sekolah Wuhan pula tuh 🀭🀣🀣

      Hapus
  40. ada negara gagal bayar lama ansuran KFX guys.... bila diminta bayar hutang negara tu akan ajak nego lagi... bila diminta dinego lagi...wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada negara tak di anggap Jepun dan Amerika guys.... Sebab Malon di anggap lebih condong ke China...wkwkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Ada negara dimana pesawat cessna saja ngga mampu terbeli

      Hapus
  41. Kesepakatan yang tertunda dengan Rusia menarik bagi Indonesia yang kekurangan uang karena setengah pembayaran harus dilakukan untuk ekspor minyak sawit, karet, dan komoditas lainnya. Ini juga memberi Prabowo pengaruh di AS, di mana F-35 mahal, ketika ia mencoba untuk mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari Washington.

    BalasHapus
  42. waaahhh kalah Indonesia dengan PTM Gen6.
    PTM Gen 6 sudah berburu alien cacing.

    BalasHapus
  43. Kasian yah MALON tak di anggap oleh Jepun dan Amerika sebab Malon lebih condong ke China dan tak punya potensi untuk melawan China wkwkwkwkwk kasihan oh kasihan 🀭🀣🀣

    BalasHapus
  44. Kasian yah MALON tak di anggap oleh Jepun dan Amerika sebab Malon lebih condong ke China dan tak punya potensi untuk melawan China wkwkwkwkwk kasihan oh kasihan 🀭🀣🀣

    BalasHapus
  45. PTM Gen6 sudah memburu Hans SOlo dan menjatuhkan pesawatnya karena tidak terlihat.

    BalasHapus
  46. Technology ini kat tahun 3000 dinamakan mirror dimension, bumi macam ada kembar hidup tak nampak dalam waktu dan sejarah pada bumi yang lain, nah kat mirror dimension tu indon ada sejarah lain yg nampak megah, maju berjaya, makmur dan damai, tapi di belahan lain proxy xie jie ping akan buat negara sendiri kat tanah Afrika, dan Indonesia menjadi negara superioritas dunia yg damai dan megah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum thn 2500 saja malon sdh terhapus dari peta dunia

      Hapus
  47. PTM Gen6 tidak butuh wind tunnel karena sudah memakai ass tunnel untuk uji terbang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pesawat keluar dari ass tunnel lsg pakai camo kuning kecoklatan

      Hapus
    2. Luar biasa memang PTM Gen6 hasil pemikiran orang-orang yg mempunyai ass brain.

      Hapus
  48. PTM Gen6 tidak perlu uji wind tunnel karena bukan ditujukan untuk dipakai di BUMI....
    Minimal di planet namec

    BalasHapus
  49. PTM Gen6 sungguh halimunan sampai tidak terlihat

    produk ini adalah puncak dari (kebodohan) peradaban manusia karena terlalu canggih

    BalasHapus
  50. PTM Gen6 tidak memerlukan energi fuel karena memakai energi chi dari asshole nya rosmah

    BalasHapus
  51. Cem mana nih Pur MALON tak di anggap oleh Jepun dan Amerika, mereka hanya melawat ke Vietnam dan Indonesia saja sebab mereka menganggap bahwa MALON lebih condong ke China wkwkwkwkwkwk Asyikkkkkkk

    BalasHapus
  52. PTM Gen6 sudah teruji di pertempuran Star Wars memperebutkan bra rosmah yang bisa memerah otomatis

    BalasHapus
  53. PTM Gen6 adalah hasil khayalan top 5 universities yang bisa dipakai untuk melakukan pengeboman di jamban

    BalasHapus
  54. SALAM MALON LEBIH CONDONG KE CHINA 🀭🀣🀣

    SALAM MALON LEBIH CONDONG KE CHINA 🀭🀣🀣

    SALAM MALON LEBIH CONDONG KE CHINA 🀭🀣🀣

    SALAM MALON LEBIH CONDONG KE CHINA 🀭🀣🀣

    SALAM MALON LEBIH CONDONG KE CHINA 🀭🀣🀣

    BalasHapus
  55. ini lagi lawak.... wang tak cukup tapi paksa US untuk jual F-35 malah minta harga kompetitif....wkwkwkwkwkwk


    bro pernah dengar kata pepatah UKUR BAJU DIBADAN SENDIRI....wkwkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang korang nih sering gagal faham. Kalo level Menhan ketemu Menhan, apa mungkin cuma cakap2 kosong atau bual2 je.

      Apa mungkin Menhan Indo propose pembelian f35 ke Menhan US secara face to face, hanya gurau2 je?

      Jangan ko samakan cem orang awam/biase beli barang mahal. Bisa dipastikan cuma tanya je, krn takde duit.

      Ini antar negara antar menteri, setiap perkataan mewakili negara!

      Kalo Indo berani propose pembelian f35, berarti Indo sudah memperhitungkan seΔ£ala hal (termasuk pendanaan/uang nya). Masalah pembayaran bisa dgn banyak cara: bisa cash, barter, loan dll.

      Masalahnya cuma satu, US tidak bersedia menjualnya! It is clear that US did not want to sell f35 to Indonesia!

      Ingat, dan selalu akan ko ingat;☝

      Heli Apache yg sangat mahal pun dah kami beli!

      πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      Hapus
  56. SALAM MALON LEBIH CONDONG KE CHINA 🀭🀣🀣

    SALAM MALON LEBIH CONDONG KE CHINA 🀭🀣🀣

    SALAM MALON LEBIH CONDONG KE CHINA 🀭🀣🀣

    SALAM MALON LEBIH CONDONG KE CHINA 🀭🀣🀣

    SALAM MALON LEBIH CONDONG KE CHINA 🀭🀣🀣

    BalasHapus
  57. kesian KL makin lama makin susyahhh..
    banyak perusahaan yg tutup akibat LOKDON!
    malindo air tutup november 2020 haha!πŸ€‘πŸ€‘πŸ€‘

    nich contohnye KL yg kerja bner aja ampe turun kejalan, cari duwit tak berpangku tangan pada pemerintah

    Dulu kerja Malindo, sekarang jual air Milo
    https://www.utusan.com.my/nasional/2020/11/dulu-kerja-malindo-sekarang-jual-air-milo/

    klo sekelas mimin pesbuk mah, cuman ngarep stimulus pemerintah & belas kasih para WARGANYET KL ama inet gratisan haha!πŸ¦₯πŸ¦₯πŸ¦₯

    BalasHapus
  58. PTM Gen6 sungguh tak terhingga harganya karena hanya bisa dibayar oleh mata uang RM (Rosmah meki)

    BalasHapus
  59. Kasian yah MALON tak di anggap oleh Jepun dan Amerika sebab Malon lebih condong ke China dan tak punya potensi untuk melawan China wkwkwkwkwk kasihan oh kasihan 🀭🀣🀣

    BalasHapus
  60. PTM Gen6 bisa terbang tanpa mendarat dan bisa melayang selama 10 tahun. hanya dibutuhkan landasan ass strip untuk mendaratkannya.

    BalasHapus
  61. Saye tengok brukers MALON sedih Kat MDR sebab negara tak dianggap oleh Jepun dan Amerika sebab Malon lebih condong ke China wkwkwkwkwkwk, sedih yah Pur 🀣🀣

    BalasHapus
  62. PTM Gen 6 hasil design top 5 universities menggunakan program assplication for airspace plane

    BalasHapus
  63. Sejarah 3000 tarif tol jakarta cikampek naik, ini akan naikkan inflasi barangan lagi,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih dapat BLT, Makan, Tidur, Modol, dan Dikubur di Indonesia aja sok-sokan jadi Malon.. Malu woi asu, babi..

      Suwandaruw Asu
      Suwandaruw Idiot
      Suwandaruw Tolol
      Suwandaruw Syiah
      Suwandaruw Khawarij

      πŸ–•πŸ–•πŸ–•

      πŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘Š

      🀜🀜🀜🀜

      πŸ€›πŸ€›πŸ€›πŸ€›

      Hapus
  64. Catatan 3000 puan maharani dapat penghargaan mahaputra

    BalasHapus
  65. Ada negara yang sangking susahnya ingin menggunakan pesawat Cessna untuk berperang wkwkwkwkwk Cessna brooo gelak Pinoy 🀭🀣🀣🀣

    BalasHapus
  66. Catatan 3000 kader PDIP ingin megawati diangkat jadi pahlawan negara

    BalasHapus
  67. Salam Malon nak jadikan Cessna sebagai jet pejuang wkwkwkwkwkkw gelak satu dunia ini brooo 🀣🀣

    BalasHapus
  68. SALAM MALON LEBIH CONDONG KE CHINA 🀭🀣🀣

    SALAM MALON LEBIH CONDONG KE CHINA 🀭🀣🀣

    SALAM MALON LEBIH CONDONG KE CHINA 🀭🀣🀣

    SALAM MALON LEBIH CONDONG KE CHINA 🀭🀣🀣

    SALAM MALON LEBIH CONDONG KE CHINA 🀭🀣🀣

    BalasHapus
  69. kata WARGANYET KL,
    KL ituw moderen
    KL ituw gedong tinggi petronas
    KL ituw kaya raya
    KL ituw jadi inceran pati
    KL ituw gak perna susah

    abis liat poto ruma kayu dibawah ini kok laen!@# gak perlu time trapel ke taon 3000 cem om daruw,
    keknya gak lama lg lenyap dr peta bumi haha!🀭🀭🀭

    https://www.utusan.com.my/nasional/2020/11/jiran-gembirakan-warga-emas-sambut-deepavali/

    BalasHapus
  70. 01. Salam bina kapal salah potong 7 tahun tak cecah air
    02. Salam bina kereta kebal 8x8 tempel sticker tak boleh eksport
    03. Salam bina senapan tembak tupai vita berapi
    04. Salam bina tank ugly STRIDE mirip kendaraan sedot tinja
    05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly taming Sari
    06. Salam bina jet PTM Gen 6 hasil mimpi basah onani insinyur top university
    07. Salam bina drone ugly nyamuk
    08. Salam bina kereta terbang untuk grab antar galaxy
    09. Salam bina kereta proton tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
    10. Salam Komando letupkan wanita hamil
    11. Salam komando tewas saat demo tembak teman sendiri
    12. Salam komando pingsan saat latihan berbaris
    13. Salam kapal selam tak bisa selam sebelum mro
    14. Salam kapal kaleng hutangan dari cina untuk lawan cina
    15. Salam kapal rusak oleh jaring nelayan
    16. Salam kapal kargo untuk kapal militer Bunga pasir 5
    17. Salam jet hornet meletup guna parade aja
    18. Salam MKM 18 hanya 4 yg boleh terbang
    19. Salam mig29 grounded semua
    20. Salam kilang MRO pesawat lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
    21. Salam nuri lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
    22. Salam heli kecik tak datang2 DP 30% hangus di gondol najib
    23. Salam engine jet hilang di songlap
    24. Salam askar penjaga istana bagai anjing british selama 999 tahun
    25. Salam eject kat hanggar world record 2 kali
    26. Salam kapal militer kena sita
    27. Salam Mantan PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
    28. Salam Judi halal daulat tuanku
    29. Salam calon PM tikam menikam Homo berhomo ria
    30. Salam RFI dan kajian banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya tak
    31. Salam tak punya marine, kapal LPD, hali attack, dan SPH
    32. Salam Budget Pendidikan 2021 RM50 BILLION tapi OTAK 1CC
    33. Salam JF-17 PRANK
    34. Salam UCAV PRANK
    35. Salam MPA BAHARU PRANK
    36. Salam APC GUARDIAN PRANK PBB
    37. Salam Budget Pertahanan 2021 RM16 BILLION di Bagi 5 hanya cukup beli Boat Kecik Pemintas.
    38. Salam ATM perang lawan Ayam dan Anjing Di LAHAD DATU
    39. Salam TUDM ngebom Pohon Sawit dan Pokok Pisang di LAHAD DATU
    40. Salam UPGRADE 3unit CN 235 dari hasil DERMA ke USA
    41. Salam di Ceroboh 89x Bomber China
    42. Salam BASECAMP CHINA COAST GUARD & PLA NAVY di BETING PATINGGI ALI
    43. Salam Hutang PANDA BOND China dibayar dengan SAMURAI BOND Jepang
    44. Salam PROPINSI BARU CHINA "CHINAYSIA"
    45. Salam PINOY Prepare To Take Over SABAH
    46.Salam JOHOR BAHRU & SARAWAK MERDEKA
    47. Salam NAJIB & ROSMAH Tak Masuk Jail
    48. Salam FEE Komisi 70% Kroni, Jerung Orang Tengah
    49. Salam di ceroboh 100x APACHE Singapur
    50. Salam Pesawat CESSNA gotong AAMRAAM buat Gantiin MIG29 Grounded
    51. Salam tak Punya Pesawat Kepresidenan BBJ
    52. Salam Budget Pertahanan di Bawah Mantan Propinsi Singapur
    53. Salam Budget Pertahanan di bawah Philipina
    54. Salam Sewa 2biji Heli Mi8
    55. Salam Tak punya Heli Attack dibawah Bangladesh
    56. Salam 30% penduduk China, 20% penduduk Bangla
    57. Salam jual air Bersih Murah Ke Singapur
    58. Salam Pejuang Sulu & Armed Forces Of The Philippines
    59. Salam 4unit LeMaS FFBNW Ompong (Fitted For But No Weapons)
    60. Salam NSM PRANK
    61. Salam Missile Otomat, Sea Skua, Aspide, Exocet MM BLok II, JERNAS Zaman Batu, Lapuk & Expired.
    62. Salam Negara MEMBER FPDA PALING LEMBIK & PONDAN

    Salam terlemah ASEAN
    Salam Kedekut ASEAN
    Salam lawak ASEAN
    Salam Rank 44 Badut ASEAN

    πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯Panas...Panas...Panas...Panas...Panas nih pisang 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

    BalasHapus
  71. Xavier13 November 2020 09.30
    Catatan 3000 puan maharani dapat penghargaan mahaputra

    Balas

    Lupa ya bu puan itu sebenarnya mantan mentri PMK era periode pertama pak jokowi, semua mantan mentri dikasih penghargaan itu ru! 🀦🏻‍♂️

    BalasHapus
  72. Catatan komputer 3000 akan ada bank kat indon songlap duit nasabah 22 milyar, tapi tak nak mau kembalikan hakim nasabah apa fungsi OJK??

    BalasHapus
  73. Xavier13 November 2020 09.31
    Catatan 3000 kader PDIP ingin megawati diangkat jadi pahlawan negara

    Balas

    Mantan persiden itu punya gelar tersendiri, ya elah ini aja gak tahu

    BalasHapus
  74. Xavier13 November 2020 09.47
    Catatan komputer 3000 akan ada bank kat indon songlap duit nasabah 22 milyar, tapi tak nak mau kembalikan hakim nasabah apa fungsi OJK??

    Ini orang anti pemerintahan ya 😏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nih orang 3000 mulu mungkin iq nya rendah serendah rendah nya

      Hapus
    2. Lagi jualan 3000 kali. Seperti MBT3000 atau HDF-3000.

      Hapus
  75. Suwandaru, cuma bicar pas-pasan gak ada penjelasannya 😭

    BalasHapus
  76. @GEMPURWIRA
    Bedakan million dan billion saja enggak bisa loe Purr....iya tidak apa ciput budget...tapi merepek macam pondan...malon tidak belanja alutsista...terlemah di ASEAN.

    Jepang dan US pun sudah tidak memandang sebelah mata negara malingsial ....sudah bagian dari China komunis.

    Jangan lupa purr perbanyak fiber boat..pakai AC Split...wakakakak

    BalasHapus
  77. @gempur:

    ini lagi lawak.... wang tak cukup tapi paksa US untuk jual F-35 malah minta harga kompetitif....wkwkwkwkwkwk


    bro pernah dengar kata pepatah UKUR BAJU DIBADAN SENDIRI....wkwkwkwkwkwkwkwkw

    --------

    Memang korang nih sering gagal faham. Kalo level Menhan ketemu Menhan, apa mungkin cuma cakap2 kosong atau bual2 je.

    Apa mungkin Menhan Indo propose pembelian f35 ke Menhan US secara face to face, hanya gurau2 je?

    Jangan ko samakan cem orang awam/biase beli barang mahal. Bisa dipastikan cuma tanya je, krn takde duit.

    Ini antar negara antar menteri, setiap perkataan mewakili negara!

    Kalo Indo berani propose pembelian f35, berarti Indo sudah memperhitungkan seΔ£ala hal (termasuk pendanaan/uang nya). Masalah pembayaran bisa dgn banyak cara: bisa cash, barter, loan dll.

    Masalahnya cuma satu, US tidak bersedia menjualnya! It is clear that US did not want to sell f35 to Indonesia!

    Ingat, dan selalu akan ko ingat;☝

    Heli Apache yg sangat mahal pun dah kami beli!

    πŸ€—πŸ€—πŸ€—



    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempurwaria prepare hisab sabu sebelum ngoceh di sini

      Asuwandaru hisab cimeng sabu sebelum ngoceh di sini


      SATU BAPAK LAIN IBU....

      Hapus
  78. Lanjutkan SU-35, di genapkan 16 pesawat dan rencanakan UPGRADE BESAR Su kita di Makasar ke SM++ . Kita harus punya BACK UP pesawat nggak di EMBARGO BARAT !!!! AMERIKA nggak seneng kita sepadan sama HANSIPnya ( AUSSIE & SINGA).
    KALO BISA.....DAPET SU-35 dan TYPHOON !!!!!
    TRIO HEAVY FIGHTER termasuk yg di Makasar jadi TULANG PUNGGUNG KOOSPAU 1,2,3.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupakan juga perancis akan mengumumkan kontrak pengadaa alusista indonesia sebelum akhir tahun ini

      Hapus
    2. O ya. Perancis masi BARAT. Paling tidak persentase Sukhoi 30-40 % dr kekuatan kita. JANGAN SAMPE WILAYAH UDARA KITA MELOMPONG krn embargo BARAT !!!!

      Hapus
    3. Halu, catatan komputer 3000 Perancis tak akan buat deal dengan indon kerena alasan politik dan ideologi terkini

      Hapus
    4. Habis sedut berapa linting ?

      Hapus
    5. Xavier13 November 2020 10.50

      Halu, catatan komputer 3000 Perancis tak akan buat deal dengan indon kerena alasan politik dan ideologi terkini



      kalo beneren deal, ini bisa jadi barbuk, trus ganti nama.

      Hapus
  79. Bandingin spek Nagapasa class vs Scorpene baru India, hanya minus di AShM..lainnya secara spek lebih baik Nagapasa.

    Kenapa bisa begitu?
    😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coz rasuah dari yang tercinta kroni, jerung dan orang tengah geng Jeby....

      Hapus
  80. Casino judi bersyariah mahzab daulat tuanku tetap buka, rakyat malon harus mensyukuri nikmat apa yg raja putuskan demi ekonomi negeri darul kelakar.

    BalasHapus
  81. Bosen liat asuwandaru asuxavier asukirik
    Bodohnya gk tanggung2

    Klo mw oposisi k pemerintah dan bukan type pengecut pecundang banci mcem jiran sebelah
    Loe protes saja langsung
    Percuma trol ini bukan blok politik tapi blok pertahanan

    kecuali emang dah tugas dari pembenci indo yg d susupkan k medsos sebagai agen penghianat bangsa

    Dari jaman batu sampe jaman android penghianat macem asu wandaruw selalu ada

    Kali2 d laporkan k tim cyber biar mampus

    BalasHapus