A team of technicians preparing aircraft very early (all photos : QDND)
The aircraft moves to the runway.
The first meteorological flight was carried out by the commanding officer.
Take control of the sky.
Perform combat training flight exercises.
People's Army Online - In the last days of the flight training season in 2020, although the weather and the work to ensure the flight training was not as favorable as expected, the cadres and soldiers of the 935 Air Force Regiment (Division 370, The Air Force - Air Force) has promoted its responsibility, took advantage of time, overcame difficulties, successfully completed the content of the flight training program.
Pilot checks before boarding.
The flight crews are strictly organized in accordance with the procedures, so far the Regiment has all met and exceeded the training targets, ensuring absolute safety.
Pilot boarded to prepare to fly.
Radar for flight training.
Register flight log.
1 xaxaxaxa
BalasHapusmalao eject kat hanggar
BalasHapusXaxaxaxa gmn nih kok vietnam yg mkm nya basic bs terbang sedangkan yg paling canggih sekawasan malah eject kat hanggar doang xaxaxaxaxa yuuuhhhuu malon nih🍌🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛
Hapusmkm = makam
Hapus🤣🤣🤣🤣🤣
👎👎👎👎👎
Mereka kata ' safe fuel ' lah bang, sapa yg nak perang better nonton tivi trus bobo🤪
Hapus2 xaxaxaxa
BalasHapuskalau foto2 diatas benar benar bekerja.
BalasHapustidak seperti grade A hanya foto selfie
wkwkwkwk
Nah fotonyapun kalau d buka linknya jelas kapan d uploadnya, kalau yg grade AAAAAAAAAAAAAA foto kenangan om ESSEN xaxaxaxaxaxaxa yuuuhhhuuu malon nih🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛
HapusBetul,kilangnya pun bersih gk blepotan penuh oli wkwkwk
Hapustak pernah ada berita MKM?
BalasHapusoh iya kan grounded semua
👎👎👎👎
🤣🤣🤣🤣
Cuma 4 ekor yg bs terbang bung,kesian
HapusAda om yg tahun kemarin,kena asam urat ketika pameran,pengennya pamer malah bikin muka mahatir merah nahan marah n malu xaxaxaxaxa yyuuuuhhhuuu malon nih🍌🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛😛
Hapusmalu di muka tamu undangan...
Hapuslari sembunyi ke bilik jamban
🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣
Sukhoi Mr Nguyen berani halau bomber cina di LCS,beda dgn Sukhoi sebelah ada bomber cina pusing2 kat Sabah Sukhoi sebelah pura2 tidur takut scramble guna halau bomber cina wkwkwk
BalasHapusWehhh jangan salah om MAT, ssukhoi malon lebih berani lho om,................berani halu........xaxaxaxaxaxa yuuhhhuuu malon nih🍌🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛😛😛
HapusHalu tingkat dewa wkwkwk
HapusMeanwhile RMAF SU-30MKM
BalasHapusSleeping in hangar 🤣🤮
.....krik....krik....krik.....yg penting jaguh om helmsey xaxaxaxaxaxa yuuuuhhhuuu malon nih🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛😛
HapusSukhoi sebelah dikeluarkan dari hanggar hanya untuk terbang parade hari kemerdekaan 31 August saja,ada bomber cina datang pura2 tidur ajalah wkwkwk
BalasHapusMemangnya sudah merdeka yah?
HapusMalon merdeka false. Rakyatnya banyak di bohongi dan di bikin halu oleh kerajaan halu🤡
HapusIriyanto@ sesungguhnya blm wkwkwk
HapusMbut Reng@ betul,British msh bisa bercokol 999 tahun di malon
Untuk pengetahuan, senapang angin sangat di takuti tentera ATM....
BalasHapusKehkehkeh....
Lawan penyelundup kelas teripun perlu datangkan pasukan yg di kata elite vat gaya 69....Cemen amat pasukan reguler nya.....
BalasHapusDasar pasukan 🤡 badut...
Wakkakakakak.....👎👎👎
hahaha tentara gaya 69,
Hapusmaho?
gimana itu critanya om?
wkwkwkw
Keliatan apron dan landasan y kumuh y , sepertiy kurang perawatan ,beda dengan apron dan landasan di sultan Hasanuddin sebagai home base y Sukro kinclong ,apalagi di pangkalan udara lanud Iswahjudi Jauh lebih kinclong lagi
BalasHapuskinclong halu?
HapusMalon halu memanjang....
HapusRuw sego bungkuse ndang d jupok xaxaxaxa nih🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛
HapusBakul semongko, ga laku banting stir jadi pengemis nasi bungkus 🍌🍌🤣🤣
HapusKalo di hasanuddin kan biaya operasional dan maintenancenya ditanggung renteng sama angkasa pura 🤗
HapusKALO INI TAK HALUPUN 😁
BalasHapusUtbah Hassan Cuba lock dgn su-30 atau jernas..tgok die tkejut tak,,lock pas tu cabut la mach 3��
Azua Zuharada knp pesawat kita x intercep??? anto jer Cik SU turr bg gempak2 sikit baru dia tahu Malaysia negara berdaulat
Ranger Omar betul tu min. Kurangkan selfie masa bertugas. Cctv dimana2
Wan Safi Apa masalah China? Nak suruh MKM kejar ke
Wan Safi sbb kena kejar la hntr bomber ������
Lukman Hakim Tengok jelah... pastu kritik buat surat ke china...buat lagi..sampai pentadbiran bertukar tukar...
Iejard Iejard TUDM xhantar jet pejuang buat rondaan kawasan sama
Scar Flower 400km apa la sht..kita ada Shorad..igt kita gentar,,
Perajurit Biru Mana starburst manpads nk tembak ni. Kena mesti hancur berkecai menate beruk terbang ni.
Roy Vanessa Ada Fighter Jet buat apa...?hnya untuk pertunjukan Hari Kebangsaan saja ke��
Mohamad Amir MS Manpads jalankan tugas anda
Qiu Herry Mohamad Amir MS diluar jangkawan
Farhan Masron Pakai kapal coastguard asyik kene halau je.. Dia hntr bomber tgk mcm mana.. Haha
SALAM KEROPOK LEKOR....
Kwaakkakakaka....
HapusJaguhhh????? xaxaxaxaxaxa yuuihhhuuu malon nih🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛
HapusMalon idiot di kira manpads bisa ngejatuhin bomber cina ������
HapusJernas wakakakak
HapusJerigen Nasi
Sememang Malon lemah dan halu selalu😁
BalasHapusAne g bisa bayangkan kalau atm perang berhadap-hadapan dgn teroris,pejuang sulu ataupun tentara dr negara lain,gmn ekspresi wajahnya ya????????xaxaxaxaxa coba d lihat wajah para atm ketika melakukan pemboman dgn mortar ketika melawan pejuang sulu dulu d youtube.....xaxaxaxaxaxa seluruh tentara / prajurit pasti ketakutan dlm perang n itu wajar tp kalau tentara sdh menyerah sebelum perang itu bisa d lihat dr ekspresi wajah mereka....xaxaxaaxa yuuuhhhuuu malon nih🍌🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛
HapusMereka lagi sibuk nyiapin bendera putih sekarang, buat persiapan jika terjadi konfrontasi militer
Hapushttps://nasional.sindonews.com/read/250282/14/ksad-bahas-penyediaan-senjata-dan-latihan-militer-dengan-perwakilan-us-army-1606666298
BalasHapus===========≠===================
Ada yang paham persenjataan apa yang dimaksud KSAD di atas ?
TIADA KAITAN SAMA KITA..SUKHOI PUNYA VIETNAM INI SAMA LEVEL SUKHOI PUNYA TNI
BalasHapusJadi level MKM boleh halau bomber cina keh wkwkwk
Hapussama level tapi kami punya nyali
Hapusgk seperti pilot MKM yg berhati tissue
MKM yg kata kalian paling canggih se kawasan
tau ada bomber, mewek, pura2 tuli dan tidoo..
wkwkwkw
Xaxaxaxaxa jelas beda level lah dgn malon pier xaxaxaxaxa vietnam n Indonesia bisa terbang n combat ready sedangkan punya malon??????????...........xaxaxaxaxa nih pier🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛😛
HapusJANGAN NANTI MYANMAR DULU DAPET SU35NYA YAH..MALU TNI
BalasHapusIt's no problem yg penting MKM tak de telor guna halau bomber cina ������
HapusXaxaxaxaxa g masalah myanmar yg punya su35 duluan pier xaxaxaxa yg penting mereka bisa n mampu, lha malonte gmn apa g malu d salip sama myanmar pier???? Rank aja d bawah kaki myanmar xaxaxaxaxaxa nih pier🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛😛
HapusPantes bomber China nyantai pusing pusing diatas negara malonsss
BalasHapusLha wong ternyata Scramblernya pakai simulator 🤦🏾♂️🤦🏾♂️🤦🏾♂️ malonsss malonsss terik amat sih
Wehhh salah om, tuh mkm malonte berani scramble kok om,.......cuma pas lagi halu....xaxaxaxaxaxa yuuuhhhuuu malon nih🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛
HapusNgakak ane om,ngak dapat dibayangin malon scramble pake simulator ngejar bomber cina,auto sama aja bo'ong om wkwkwk
HapusWah berarti pilotnya tuh latihan di simulator sambil ngehalu ada bomber China di depannya...wkwkwkwk
HapusHalu yah kasian banget...wkwkwk
Kedudkan sementara NETIZEN INDONESIA yg BUDIMAN 5 VS GANK MALONISTI 0....XAXAXAXAXA...Malon kalah mulu kpn menangnya
BalasHapus...Myanmar tertariknya yaitu pada Su-30 SM dan Su-57 Felon
BalasHapusjadi nanti genk SUKRO di Asean, MALON yang terlemah
... Xixixixixixixi 😁
Aseeeeeeeeeek
Hapusmkk itu setara mk2 ini semetara cobra mkm kita sekelas punya russia sendiri,sekelas mki dan mka algeria haha
HapusBodo amat mau mkm,mkk,mki klo gk bisa terbang y namanya grounded selamanya
Hapusemangnya kalau perawatan emang bisa terbang yah..
HapusPerawatan dari tahun sebelum mat sabu menjabat menjadi menteri sampai mat sabu lengser masih perawatan kah si MKM😂😂😂
HapusBatch 2 kcr 60 m baru 50% kan ada di postingan IG nya PT PAL, 6 jam yang lalu, tolong posting di DS juga min
BalasHapuskita malah nabung dulu bukan melulu kayak subianto semua mau..akhirnya mamerika jelas2 ngak kasi f35 ke ri..belum mampu utk operasikan jet ultra canggih haha..
BalasHapusOoo nabung y...mmm y uda dpt hasilnya motor sama atv tu xaxaxaxaxa...nabung coy...buat bayar utang iya
HapusGred A nabung tapi yg dibeli boat pemintas,handy talky,meriam zaman Jepun wkwkwk
Hapusnabung dulu yang benaran nga usah melulu..pergi perancis mau rafale, pergi eropah muanya typhoon, pergi usa maunya f35 pergi swedia maunya gripen pergi russia maunya su35 haha..tolol amat
BalasHapusBangke lo.....prawowo dibilang tolol 😤😤😤
HapusYg tolol itu masih menganggap MKM yg dibeli 15 tahun yg lepas masih superior sampe sekarang wkwkwk
HapusYg tolol y malon...pesawat gk pernah perawatan, kapal lemes cacat gk ounya senjata, latihan 14 th sekali.....itu yg namanya tolol bin dongo
Hapuskalau mau operasikan jet canggih itu harus ikut turutan..dari f16 biasa ke viper dulu baru bisa minta f35..ini malah f16nya masih jadul block awal sudah mau lompat tingkat terus 5th gen..bego yah
BalasHapusYg bego itu masih menganggap MKM di beli 15 tahun masih superior sampe sekarang,bangun woiii wkwkwk
HapusEh suka suka kita....anda iri xaxaxaxa...beli dong
Hapusyang jelas superior dri punya tni haha
HapusSuperior cem mana hanya 4 MKM yg boleh terbang wkwkwk
HapusXaxaxaxa...malon tolol...superior katanya...terbang aj gk bisa d kata superior xaxaaxa...bangun lo tolol jgn ngimpi...superior bisa scramble cina gk
Hapusfakta yang jelas mk2 ini sama aja levelnya mkk punya tni sementara mkm kita welll...sudah2 level f15sg sanggar
BalasHapusSudah well rongsoknya,hanya 4 ekor yg boleh terbang wkwkwk
HapusXaxaxaxaxa....ngimpi...mkm grounded smua d samain sama F15 xaxaxaxaxa.....minum obat dulu sana lin malon
HapusSpecial parade only,,,,tahniah🤪
HapusScramble kok pakai simulator lon malonsss
BalasHapusNgakak qw😂😂
...Rp 480 Trilyun selama 5 tahun, yang merupakan penghasilan MUI dari label HALAL
BalasHapuskalau dibelikan Su-35 Flanker E dan Su-57 Felon,...dapat berapa ratus Unit yach ?
Ntung Blegedes, bantuin hitungin donk !
... Xixixixixixixi 😁
Kang jendral gmna kabarnya
Hapus...sae bin apik, bro
Hapus... Xixixixixixixi 😁
Masih sering main ke warungnya neng Fatma kahh
Hapus🏃☁️🏃☁️🏃☁️
Alya Fatma maksud saya
Hapus🏃☁️🏃☁️🏃☁️
...neng Siti Rahmah, mungkin ?
Hapus... Xixixixixixixi 😁
MEGAWATI PERINTAHKAN MENDIKBUD NADIEM MAKARIM LURUSKAN SEJARAH TAHUN 1965 DAN PKI
BalasHapusNha klo ini yg d lurusin bkn sejarah....tpi utekmu ru..ndaru
HapusSuwandaru atau Iskandar ganti akun lg
HapusJet pejuang ASKAR BERUK BERSARONG Lebih siluman,
BalasHapusKarna apa karena Semua jet pejuang Sudah di MESIUMKAN....
Min,angkat beritanya marinir latihan pertempuran kota (urban warfare) di lampung
BalasHapusTak macem indon
BalasHapusPesawat sukhoi cuman 16 pun buat simulator sepuluh hebatlah indon lawak lawak
BalasHapus...daripada simulatornya banyak, tapi Sukhoi nya cuma 4 ekor ?
Hapus... Xixixixixixixi 😁
tak bisa bandingin ya? 18 -16
HapusBeli 18 MKm yg bisa terbang cuma 4 biji
HapusIndonesia beli 16 27/30 SKM/mk2 yg bisa terbang full dong😂😂
Kmrin dah brp yv datang abis perawatan dri belarusia.
Hapus...Kelihatan Sangar Punya 28 Jet Tempur, Malaysia Hanya Bisa Terbangkan 4 Buah Pesawatnya Saja, Sosok ini Ungkap Bobroknya Militer Malaysia ?
Hapus👇👇👇
https://www.google.com/amp/s/intisari.grid.id/amp/032290818/kelihatan-sangar-punya-28-jet-tempur-malaysia-hanya-bisa-terbangkan-4-buah-pesawatnya-saja-sosok-ini-ungkap-bobroknya-militer-malaysia
... Xixixixixixixi 😁
Yg kmrin Rudal Merapi dan rudal Kodok made In Cirnov gak diangkat min
BalasHapusOh my good ,ada rudal kodok ternyata , astaziiiim
HapusUSCG Cutter Class comparison
BalasHapushttps://media.defense.gov/2019/Aug/15/2002171357/860/780/0/190811-G-AW789-2070.JPG
Senin, 30 November 2020
BalasHapusKSAD Bahas Penyediaan Senjata dan Latihan Militer dengan Perwakilan US Army
Perkuat hubungan antara kedua negara
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan beberapa perwakilan tentara Amerika Serikat salah satunya, Director Armament OCD US Army. Pertemuan tersebut terkait hubungan kerja sama militer antara kedua negara yang meliputi penyediaan perlengkapan militer hingga pertukaran tentara dalam menjalani pelatihan.
Salah satu program yang dijalankan yakni Latihan Bersama Platoon Exchange Indonesia-Amerika. Indonesia mengirimkan 1 SST TNI AD sebanyak 43 orang untuk mengikuti pelatihan bersama 25th ID di Hawaii, Amerika Serikat.
Sebaliknya US Army juga mengirimkan prajurit untuk mengikuti pelatihan di satuan TNI AD. “Kami ingin memberi kabar baik tentang Platoon Exchange, tadi pagi saya dengan Kolonel McCullough menghadiri acara pelepasan prajurit TNI AD,” ujar Commander Angela Edwards di Mabesad, dalam tayangan Youtube TNI AD, Minggu (29/11/2020).
Commander Edwards melanjutkan prajurit TNI AD akan mendapatkan pelatihan terbaik di Hawaii. Begitu juga prajurit Amerika ternyata telah tiba di Indonesia untuk mendapatkan pelatihan. Namun Edwards mengaku khawatir kegiatan tersebut terganggu karena adanya pandemi Covid-19.
Menanggapi hal tersebut, Jenderal Andika berjanji akan mendatangi tempat latihan di Yonif Para Riders 502 Malang, Jawa Timur. Rencananya, Andika akan berkunjung ke sana bersama salah satu pimpinan US Army, yakni Major General Braga. "Saya akan memastikan keadaan para prajurit Amerika di sana,” katanya.
Link :
https://garudamiliter.blogspot.com/2020/11/ksad-bahas-penyediaan-senjata-dan.html?m=1
Minggu, 29 November 2020
BalasHapusMarsda TNI Henri Alfiandi, Kisah Scramble Hawk 209 TNI AU Kejar F-111 Aardvark di Kupang
✈ Belum Pernah Diungkap
Scramble ada satu kata yang sangat dikhawatirkan para penerbang tempur. Membayangkan sirine meraung-raung dan para penerbang harus bergegas ke ruang ganti pakaian untuk memakai baju terbang, dan kemudian berlari ke apron. Pesawat dihidupkan, penerbang onboard, segera taxi dan airborne. Semakin cepat lepas landas akan semakin baik.
Dalam banyak kisah selama Perang Dunia II, tak jarang keterlambatan mengakibatkan kematian dan pangkalan porak poranda dihantam bom serta roket dari pesawat musuh.
Penerbang TNI AU memang tidak sesering pilot tempur negara-negara NATO, Jepang, Korea Selatan, dan Rusia menghadap situasi scramble.
Scramble adalah memobilisasi pesawat militer secara cepat untuk menghadapi ancaman udara. Karena itu scramble selalu dilatihkan di skadron-skadron tempur TNI AU. Bagaimana jika menghadapi situasi sesungguhnya?
“Saya luck. Itu zamannya Top Gun dan saya terbang di A-4 tidak mau kalah dengan F-16, film Top Gun mempengaruhi saya sebagai penerbang tempur dan meninggikan proudness. Saya juga masuk Top Gun Indonesia yaitu Fighter Weapon Instructure Course (FWIC) tahun 1999,” tutur Marsda TNI Henri Alfiandi membuka kisahnya.
Selesai FWIC, persisnya 12 September 1999, Kapten Pnb Henri Alfiandi berangkat tugas ke Kupang. Ia datang untuk menggantikan kelompok penerbang terdahulu yang melaksanakan standby operasi setelah Dili dilanda konflik pasca jajak pendapat.
Saat itu diberlakukan pergantian penerbang setiap dua minggu sekali. “Saat ke Kupang dengan Hercules, saya satu pesawat dengan Pak Marie Muhammad sebagai Ketua PMI,” kenangnya.
Di hari keempat, Kamis, 16 September, satu flight pesawat BAe Hawk 109/209 disiapkan di flight line Lanud El Tari, Kupang. Misi rutin patroli (Combat Air Patrol) sesuai arahan Panglima Koopsau II yang memerintahkan tembak jatuh pesawat apapun yang melintasi wilayah udara Indonesia tanpa izin karena situasi ‘panas’ saat itu.
Bertindak sebagai flight leader hari itu Kapten Pnb Azhar “Gundala” Aditama dengan wingman Kapten Pnb Henri “Tucano” Alfiandi bersama Lettu Pnb Anton “Tomcat” Mengko.
Kapten Azhar menerbangkan Hawk 209 TT-1207 kursi tunggal. Sedangkan Kapten Henri dan Lettu Anton menggunakan Hawk 109 TL-0501 kursi tandem. TNI AU hanya menempatkan tiga Hawk 109/209 di Kupang. Kedua pesawat lepas landas sekitar pukul 9 pagi.
Patroli dilaksanakan ke arah tenggara (225 derajat) menuju batas FIR (Flight Information Region) Darwin, Australia.
Koordinasi dilakukan dengan Satuan Radar (Satrad) 251 Kupang yang mengoperasikan radar GCI (Ground Control Interception) dipimpin Mayor Lek Haposan.
Dalam tiga hari patroli di lokasi yang sama, Henri selalu melihat kejanggalan di wilayah perairan di depan muka Kupang. “Lewat di situ saya selalu lihat ada kapal layar. Saya laporkan. Kapal ini (sepertinya) memancarkan berita radio dan berperan sebagai hub. Kapal layar itu mesti di situ, seperti kapal pesiar,” jelas Henri.
Situasi aman tidak bertahan lama. Mayor Haposan melaporkan kepada Kapten Azhar bahwa dua pesawat tak dikenal melewati batas FIR Darwin pada ketinggian 8.000 kaki dengan kecepatan 160 knot.
Kata Henri, Satrad 251 meminta untuk mengecek sebuah helikopter yang tengah menuju Dili tapi mengarahnya ke Satrad. “Saya bilang ke wingman Lettu Azhar untuk cek, karena pesawatnya pakai radar,” ujar Henri.
Hawk 209 TT-1207 menggunakan radar AN/APG-66H, sehingga bertindak sebagai leader. “Siap mas, locked,” ujar Azhar.
“Berapa kecepatannya,” tanya Henri mulai bimbang. Azhar mengatakan 150 knot, sebelum tiba-tiba ia berteriak.
“Kecepatannya nambah, naik terus 160, 170, 200, loh kecepatannya sama (dengan kita),” jelas Henri. Jarak di antara Hawk dan pesawat yang belum diketahui identitasnya ini semakin mendekat sekitat 80 mil.
“Tahu begitu, saya langsung naik ke atas dan ambil posisi dog fight untuk melindungi Azhar karena saya tidak pakai radar. Saya di belakang dia,” ungkap Henri.
Kedua Hawk dari Skadron Udara 12 itu naik hingga ketinggian 28.000 kaki, mencapai ketinggian maksimumnya hingga badan pesawat bergetar. Mereka mulai sadar bahwa yang dihadapi bukanlah helikopter melainkan pesawat tempur.
HapusManuver tempur dilakukan kedua Hawk 109/209, termasuk mengaktifkan radar. Dalam kondisi sangat genting itu tiba-tiba pesawat musuh berbalik arah menuju dua Hawk TNI AU ini.
Pada saat itulah Kapten Azhar bisa melihat secara jelas pesawat apa yang sedang mereka buru. “Hornet,” teriaknya menyebut F/A-18 Hornet milik Australia.
“Mas, locked mas, tembak mas,” katanya kepada Henri.
“Jangan, kita tidak ada declared perang,” teriak Henri keras. Saat itu radar di pesawat sudah berbunyi, toot… toot… toot, menandakan sudah mengunci target.
Insiden berakhir sampai di sini. Kedua Hornet berbalik Kembali ke Selatan menuju FIR Darwin. Sebaliknya kedua Hawk kembali ke Lanud Lanud El Tari. Ternyata ceritanya belum selesai seperti selama ini sudah dikutip banyak media.
“Begitu Hornet ini pulang, dari sana airborne 4 pesawat disusul pesawat lebih besar sepertinya tanker lalu airborne 4 pesawat lagi sehingga total 8 pesawat tambah tanker,” ungkap Henri.
Waktu mereka tidak banyak.
Begitu mendarat, Henri sebagai yang tertua langsung memerintahkan untuk menyiapkan pesawat yang dilengkapi radar. “Saya minta hot refueling tapi tidak bisa,” jelasnya.
Akhirnya begitu mendarat, langsung engine shut down dan mengisi bahan bakar untuk kemudian langsung alignment dan terbang.
“Begitu landing saya langsung turun dan lari ganti pesawat, saya sempat ambil satu lemper dan minum teh. Lari lagi dan airborne dua pesawat,” kata Henri. Dua rudal AIM-9 Sidewinder masih menggantung ke dua sayap pesawatnya.
Begitu terbang, radar di pesawat langsung aktif. Terjadi perang elektronika yang tidak seimbang. Radar di Hawk mulai kacau karena mendapat serangan dari seberang sana.
Menurut Henri, radar di Hawk cuma bisa main di delapan frekuensi. Sementara pesawat yang tengah diincar 18 frekuensi sehingga duel elektronika itu menjadi tidak seimbang. Pesawat dari arah Australia dalam jumlah yang jauh lebih banyak itu semakin mendekati dua Hawk yang terbang dari Kupang.
60 mil, 50 mil, 40 mil, 30 mil, anggota di Satrad 251 sudah tegang dan ribut. Pesawat heading ke depan terus. “Begitu 20 mil, ada teriakan kembaliiiiiiii…..,” kenang Henri.
Henri baru sadar kalau drop tank di pesawatnya tidak bisa feeding alias tidak bisa menyalurkan bahan bakar ke mesin. Akibatnya pesawatnya menjadi tidak simetris, miring.
Saat itu dari kedua belah pihak belum visual sehingga tidak bisa melihat satu sama lainnya. Tak lama kemudian kedua belah pihak berbalik arah kembali ke pangkalan masing-masing.
Setelah kembali ke Kupang, beberapa waktu kemudian Henri di telepon Komandan Skadron 3 Letkol Pnb M. Syaugi. Henri diomelin habis oleh seniornya itu yang menilainya ngawur karena nekad menantang Hornet.
“Di situ saya sadar kenapa bisa begitu nekad, saat itu saya teringat mungkin begitulah semangat perang 10 November 45,” ucap alumni AAU 88B yang memegang callsign Jupiter-329 di lingkungan instruktur penerbang TNI AU.
Disamber F-111 Aardvark
HapusSetelah kejadian 16 September yang penuh ketegangan itu, suasana kembali normal. Selama tiga hari berikutnya tidak ada lagi laporan pelanggaran udara oleh pesawat asing.
Dalam kondisi landai dan tenang menghanyutkan itu, disikapi penerbang dengan tetap siaga mengingat situasi di Timor Timur belum stabil. Setiap hari mereka selalu siaga di dekat pesawat dari pagi sampai siang. Sore baru terbang dengan kondisi tubuh sudah lelah.
“Jam 6 pagi sudah pakai coverall, terus standby sampai malam, setiap hari,” kata Mayor (Pur) Hasbullah, penerbang Skadron Udara 12 yang saat ini terbang di Garuda Indonesia.
Mereka standby hingga pukul 9 malam, rebahan di veldbeld di bawah pesawat sambil melihat puluhan pesawat berseliweran mengirim bantuan ke Dili.
“Saya tertua sehingga terus on seat, padahal sesungguhnya kondisi tubuh mulai menurun,” ujar Henri.
Sore itu, 23 September, tiba-tiba sirene kembali meraung dan suara petugas di radio seketika ribut. Scrambleeeee……!!!
Sebagian anggota yang baru selesai dan akan shalat Magrib, langsung lari ke ruang persiapan. Henri hanya mengenakan coverall dilipat di pinggang. Mereka langsung naik mobil dan ngebut ke arah pesawat diparkir. Terpal penutup pesawat dibuka dan langsung start engine lalu lepas landas.
“Lagi shalat, belum selesai rakaat pertama, sirine bunyi dan kita langsung lari. Pakai coverall di pesawat, pakai sepatu di pesawat, pakai seat belt pun sambil start engine, kondisi gelap, start engine langsung taxi dan bahkan arming saat sudah di line up position,” kenang Hasbullah yang menjadi Wingman.
Tinggal kasih link aja kok ribet amat
Hapus“Saya hitung scramble dari perintah sampai terbang 12 menit, sudah airborne,” aku Henri. Karena betul-betul dadakan, saat lepas petugas bandara belum sempat menyalakan lampu landasan.
HapusKedua pesawat terbang dalam status navigation off untuk menjaga kerahasiaan. “Mas, mau kemana,” tanya Wingman Lettu Pnb Hasbullah “Havoc” membuka pembicaraan. Sebelum terbang mereka belum sempat briefing.
“Menggok kiwo,” jawab Henri spontan dalam Bahasa Jawa.
“Apa itu mas,” balik ditanya dan dijawab Henri, kiri, kiri.
“Heading selikur,” ucap Henri lagi menyebut arah navigasinya. Kembali ditanya, “Mas, selikur itu apa.”
“Rongpuluh siji,” balas Henri rada kesal.
Sedetik kemudian Henri baru menyadari kalau wingman-nya Hasbullah berasal dari Makassar. “Jadi dia nggak ngerti Bahasa Jawa, padahal saya sudah bilang Australia itu bisa Bahasa Indonesia jadi kita pakai bahasa daerah saja,” cerita Henri penuh tawa.
Kedua Hawk 209 terbang sampai utara untuk mengejar pesawat yang tidak dikenal itu agar tidak sampai memasuki border.
Saat kedua Hawk 209 terbang patroli malam, tiba-tiba dari bawah yaitu anggota Satrad 251 memberitahu melalui radio sambil setengah berteriak. Apa yang membuat mereka berteriak seperti melihat hantu?
Rupanya dari arah Dili melesat kencang pesawat F-111 Aardvark dengan terbang rendah dan lalu nyamber di atas landasan El Tari, Kupang.
Henri dan Hasbullah yang alumni IDP 7 itu sudah tidak sempat untuk mengejar, karena memang F-111, sekali lagi, bukanlah tandingan Hawk 209.
Aardvark adalah pembom-tempur yang mampu terbang supersonik, yang membuatnya dengan cepat meninggalkan wilayah Kupang.
Dalam kenangan Henri, terbang malam saat itu cukup mengerikan. Karena mereka tidak pernah melaksanakan terbang malam di Kupang, sehingga penerbang hanya mengandalkan check point dalam kegelapan malam.
Insiden ini segera menjadi berita utama media saat itu. Mereka para pelaku pun disambut bak pahlawan, dan menerima Well Done Certificate dari Panglima Kohanudnas Marsda TNI Soni Rizani.
1 Oktober 1999 di Kupang, Henri menerima kenaikan pangkat menjadi mayor. Pangkatnya disematkan oleh Pangkosekau Marsma Hari Kamdani. Dua hari setelah itu, 3 Oktober, mereka disambut meriah di Jakarta.
Mengenang masa penugasan di Kupang tahun 1999 itu, Marsda Henri mengaku bangga. Meski fasilitas terbatas dan seadanya, mereka tetap melaksanakan tugas dengan semangat juang tinggi. Mereka tidur di mess, bahkan velbeld pun disusun berjejer di ruang makan.
“Apa yang kita miliki saat itu hanyalah militansi, itu yang ditakutkan orang asing,” ucap Henri yang merasa beruntung memiliki pengalaman tempur sehingga tahu seperti apa sensasi perang.
Sepuluh tahun kemudian Kolonel Pnb Henri Alfiandi mendapat penugasan luar negeri sebagai Atase Udara Indonesia di Kedubes RI di Washington DC, Amerika Serikat.
Suatu hari Henri menghadiri gathering para atase yang, di antaranya dimeriahkan dengan golf bersama. Tengah ancang-ancang untuk melakukan pukulan swing, tiba-tiba seorang atase menegurnya.
“Henri, where were you in September 1999,” ceplosnya. Kaget dan langsung paham maksud pertanyaan ini, Henri spontan membalas, “Is that you."
Kedua penerbang tempur inipun larut dalam nostalgia 10 tahun silam, saat keduanya beradu muka di wilayah udara Kupang.
Henri kemudian menanyakan kepada Atase Udara Australia itu, kenapa melakukannya saat itu.
“I just want to see your combat readiness,” ujarnya. Keduanya hanyut dalam diskusi yang terkadang diselingi canda tawa. Kisah-kisah seperti ini lazim terjadi di antara penerbang tempur.
“So, what do you think,” pancing Henri lagi.
“Excellent,” ujar penerbang F-111 Aardvark itu.
“Dia mancing kita keluar lalu dia masuk dari utara dan nyamber, gila itu. Ini yang tidak pernah diceritakan,” aku Marsda TNI Henri Alfiandi yang saat ini menjabat sebagai Asisten Operasi KSAU.
Link :
https://garudamiliter.blogspot.com/2020/11/marsda-tni-henri-alfiandi-kisah.html?m=1
Terbaik penerbang TNI-AU ��
HapusKesimpulan :
HapusTNI AU berani scramble F-18 Hornet Aussie dan F-111 Aardvark pada saat embargo suku cadang pesawat tempur Hawk & F-16 oleh USA & British. Pada saat itu Indonesia belum punya SU27 & SU30.
Mental yg membuktikan Pilot TNI AU lebih berani dibandingkan Pilot TUDM yg tidak berani scramble Bomber China H-6J
Pilot TUDM mental Pondan, Takde Telor.. wkwkwkwkwkwkwk Asyiikkkk
🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣
Terbukti Hawk Indonesia
HapusHawk vs Hornet (Australia)
Hawk vs F-111 Aardvark (Australia)
Namanya TUDM itu pondan bro,cuma jaguh kandang 😂😂😂
Hapus...itulah kenapa Indonesia dijuluki " PEJUANG TYPE PETARUNG "
Hapus... Xixixixixixixi 😁
pesan moralnya " the man behind the gun " walau musuh punya senjata canggih kita tak kan mundur klo blm dicoba dihadapi, bravo TNI AU
HapusBeda dengan Sukhoi yang tercanggih yang emkam katanya canggih se kawasan ni lawak lah yang hanya bisa 4 ekor yang bisa terbang 😂😂😂
BalasHapusSalam dari Serawak