21 April 2021

Semua Pihak Dikerahkan untuk Menemukan KRI Nenggala 402

21 April 2021

KRI Nenggala 402 (photo : jejak tapak)

Koordinat KRI Nanggala Ditemukan, Dua Kapal Selam Penyelamat Dikerahkan

JAKARTA, iNews.id - Kapal selam Indonesia KRI Nanggala-402 hilang kontak di perairan utara Bali, Rabu (21/4/2021). Kapal selam tersebut hilang kontak ketika sedang menjalani latihan penembakan rudal sekitar pukul 03.00 WITA. 

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma Julius Widjojono menyebutkan saat ini dua kapal selam lain dikerahkan untuk melakukan penyelamatan.

"Dua kapal selam sedang dalam perjalanan ke titik untuk rescue," tutur Julius dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu (21/4/2021) malam. 

Dia menerangkan, proses rescue dilakukan menyusul telah diketahuinya titik koordinat KRI Nanggala-402. Menurutnya, KRI Nanggala-402 hilang kontak di sekitar 60 mil atau 95 kilometer dari laut Bali. 

"Hingga saat ini anggota TNI AL masih melakukan pencarian namun koordinat hilangnya kapal selam tersebut sudah ditemukan, sekitar 95 kilometer dari arah utara Pulau Bali," ucapnya.

Selain itu, kata Julius, TNI AL turut mengerahkan kapal selam lain guna membantu pencarian kapal selam tersebut. Berdasarkan informasi yang disebutnya ada 53 orang di dalam kapal buatan Jerman Barat itu. 

"Ada 53 orang di kapal selam," tuturnya. (INews)

Panglima Minta Bantuan Singapura dan Australia Cari Kapal Selam TNI AL

VIVA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan saat ini pihaknya masih terus melakukan pencarian atas hilangnya kapal selam KRI Nanggala-402 milik TNI Angkatan Laut di wilayah perairan utara Pulau Bali.

Menurut Panglima, sejumlah kapal perang TNI Angkatan Laut yang memiliki kemampuan pencarian benda di bawah permukaan air telah dikerahkan untuk memastikan keberadaaan KRI Nanggala-402 yang hilang di sekitar 95 kilometer dari Pulau Bali itu.

Bahkan, TNI rencananya juga akan meminta bantuan dari negera tetangga yaitu Singapura dan Australia untuk terlibat dalam pencarian kapal selam buatan Jerman yang kini berusia hampir 40 tahun itu.

"Iya, kan kita selama ini punya kerja sama ya kalau pencarian terkait dengan kecelakaan latihan dengan Singapura maupun Australia, dan sudah kita komunikasikan," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Rabu, 21 April 2021.

Panglima TNI juga menambahkan, jumlah awak kapal KRI Nanggala-402 yang berada di on-board sebanyak 53 prajurit TNI Angkatan Laut. Kapal itu hilang kontak sekitar pukul 04.30 setelah melaporkan ingin melakukan penyelaman untuk melakukan gladi penembakan Terpedo dari bawah permukaan laut.

Namun, tak lama berselang KRI Nanggala-402 milik TNI Angkatan Laut itu dikabarkan tidak melaporkan hasil penembakannya lagi ke Pangkalan.

"Terakhir komunikasi ketika 4.30 mau laksanakan penembakan sudah tidak ada komunikasi," kata Panglima TNI. (Viva)

131 komentar:

  1. Innalilahi wa innailaihi rojiun

    Semoga seluruh awak dapat diselamatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alamat kri cakra bakal pensiun juga,
      Alamat submarine rescue masuk tender,
      Alamat pengadaan chambogo season 2 dipercepat,
      Semoga semua crew dan awak kapal dapat diselamatkan segera,
      Btw thanks to singapore yang merespon cepat dan langsung mengirimkan sub rescuenya ke tkp.

      Hapus
  2. Hope the 53 Indonesian navy crew are safe..stay safe and pray

    BalasHapus
  3. Innalilahi bersabarlah semoga semua baik baik saja, tabah sampai akhir..

    BalasHapus
  4. Pentingnya memiliki Submarine Rescue ship... Karena kita sudah memiliki banyak KS... Terlebih lagi sudah memiliki fasilitas membuat & MRO KS di dalam negeri.

    Hal ini sudah pernah di bahas diskusi mungkin beberapa thn lalu.

    Tunggu dulu accident baru mulai sibuk.

    Padahal Submarine rescue ship mempunyai kelebihan yg banyak tidak hanya rescue KS tapi bisa juga dipakai untuk rescue pesawat yg jatuh di laut dll.

    Semoga Allah SWT melindungi awak kru KRI NENGGALA 402 selamat.

    TABAH SAMPAI AKHIR

    "Jalasveva Jayamahe"

    BalasHapus
  5. Tumpahan minyak diduga dari kapal selam RI Nanggala-402 sempat terlihat di perairan sekitar lokasi tenggelamnya kapal. TNI AL menduga tumpahan minyak itu lantaran adanya kerusakan pada tangki bahan bakar minyak (BBM) kapal tersebut.
    "Terjadinya tumpahan minyak di sekitar area tenggelam, kemungkinan terjadi kerusakan tangki BBM retak," kata Kadispenal Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono, saat dihubungi, Rabu (21/4/2021).
    Julius menyebut kemungkinan retaknya tangki BBM akibat tekanan air laut ketika menyelam. Dia menyebut ada dugaan sementara KRI Nanggala-402 tengah mencoba memberi sinyal posisi tenggelamnya kapal selam tersebut.

    "Karena tekanan air laut atau pemberian sinyal posisi dari KRI NGL-402," ucapnya.

    Sebelumnya diberitakan, Kadispenal Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono mengungkap hasil analisis sementara tenggelamnya KRI Nanggala-402. Kapal selam tersebut diduga tenggelam lantaran mati listrik hingga hilang kendali.

    "Kemungkinan saat menyelam statis terjadi black out sehingga kapal tidak terkendali," kata Julius.

    Julius mengatakan kapal selam juga tidak dapat melaksanakan prosedur darurat lantaran mengalami black out. Menurutnya, seharusnya ada tombol darurat agar kapal bisa kembali timbul ke permukaan.

    "Kapal tidak terkendali dan tidak dapat dilaksanakan prosedur kedaruratan, harusnya ada tombol darurat untuk menghembus supaya kapal bisa timbul ke permukaan," ucapnya.

    https://news.detik.com/berita/d-5541505/tni-ungkap-ada-kemungkinan-tangki-bbm-kri-nanggala-402-retak

    BalasHapus
  6. Apa gak kelebihan muatan ya....sampai diisi 53 orang ๐Ÿค”

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Terjadinya tumpahan minyak di sekitar area tenggelam, kemungkinan terjadi kerusakan tangki BBM retak," kata Kadispenal Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono, saat dihubungi, Rabu (21/4/2021).
      Julius menyebut kemungkinan retaknya tangki BBM akibat tekanan air laut ketika menyelam. Dia menyebut ada dugaan sementara KRI Nanggala-402 tengah mencoba memberi sinyal posisi tenggelamnya kapal selam tersebut.

      "Karena tekanan air laut atau pemberian sinyal posisi dari KRI NGL-402," ucapnya.

      Sebelumnya diberitakan, Kadispenal Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono mengungkap hasil analisis sementara tenggelamnya KRI Nanggala-402. Kapal selam tersebut diduga tenggelam lantaran mati listrik hingga hilang kendali.

      "Kemungkinan saat menyelam statis terjadi black out sehingga kapal tidak terkendali," kata Julius.

      Julius mengatakan kapal selam juga tidak dapat melaksanakan prosedur darurat lantaran mengalami black out. Menurutnya, seharusnya ada tombol darurat agar kapal bisa kembali timbul ke permukaan.

      "Kapal tidak terkendali dan tidak dapat dilaksanakan prosedur kedaruratan, harusnya ada tombol darurat untuk menghembus supaya kapal bisa timbul ke permukaan," ucapnya.

      https://news.detik.com/berita/d-5541505/tni-ungkap-ada-kemungkinan-tangki-bbm-kri-nanggala-402-retak

      Hapus
    2. Kemudian tentang fasilitas "Emergency Blowing Tank" yang tidak berfungsi.....ini patut mendapat perhatian serius, karena alat ini ibarat ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰ kursi lontar bagi kru kapal selam ☝️

      Hapus
    3. Kelebihan penumpang bagi kapal selam adalah yg serius.....apalagi saat mengalami kejadian emergensi, karena sistim HVAC dan suplai oksigennya sangat terbatas ☝️

      Semakin banyak orang, akan semakin pendek masa ketersediaan oksigen darurat didalam kapal selam......dan ini sangat beresiko ๐Ÿ˜ฃ

      Hapus
    4. Maaf.....dalam peristiwa sepeti ini memang kedisiplinan kita masih rendah dibandingkan orang barat ๐Ÿ™

      Beberapa kali kita mengalami kejadian fatal akibat "kelebihan muatan": Sepeti pada kecelakaan pesawat Casa 212 milik direktorat topografi AD yg jatuh dibukit tenjo saat uji coba kamera baru buatan jerman....saat itu beramai-ramai para pejabat di instansi tsb beserta pihak suplair menumpang pesawat itu.

      Lalu saat combat boat AD tenggelam di kepulauan seribu akibat kelebihan muatan

      Hapus
    5. @Dengan alatan baru
      @Maharaja Top 5

      Wallahualam. Semoga saja bukan karena kelebihan muatan crew karena mau melihat live penembakan torpedo SUT dari KRI Naggala dan rudal C802.

      Hapus
    6. Terkadang alasannya sangat "heroik"......petugas yg bertanggung jawab atas kesuksesan latihan penembakan ingin memastikan jangan sampai ada kesalahan.

      Dan kabarnya besok panglima dan kapolri akan menaiki kasel ini utk menerima penyematan brevet hiu kencana

      Hapus
    7. Kalau jumlah torpedo yg dibawa hanya yg akan diuji coba, seharusnya belum kelebihan muatan. 17 orang tidak lebih berat dari dua torpedo 533mm, malah bisa saja hanya seberat satu buah torpedo.

      Hapus
    8. Maaf.....yg saya maksut bukan kelebihan muatan dalam konteks bobot, tapi kelebihan muatan dalam konteks pengelolaan udara dalam sirkulasi tertutup ๐Ÿคท

      Makin banyak orang makin banyak kebutuhan oksigen, sementara makin banyak CO2, panas bau dan uap air yg dikeluarkan.

      Dengan kelistrikan yg tidak berfungsi tentu akan meningkatkan "kekritisan" situasi saat ini

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=818081315581998&id=223363678387101

      Hapus
    2. https://www.instagram.com/p/CN7kha4hB3M/?igshid=1q3slb2j4s920

      Hapus
    3. Klo bener Martadinata kita yg nemuin kapal selamnya fix udh battle proven keren sih pancaran sonarnya bisa deteksi kapal selam

      Hapus
    4. Alhamdulillah...informasi yg sangat kita tunggu, thanks kawan

      Hapus
    5. Link baru keknya di hapus sama ownernya
      https://www.instagram.com/p/CN7zt5NBAuw/?igshid=codkyi8mictd

      Hapus
    6. ALLAH HU AKBAR...ALLHAMDULILAH YA ALLAH BERIKAN MEREKA KESELAMATANBYA ALLAH

      Hapus
    7. Alhamdulillah sudah ada titik terang keberadaan KRI Naggala 402. Makasih bro, buat informasinya.

      Hapus
    8. Tpi mengenai sudah naik ke permukaan masih spekulasi tpi alhamdullilah setidaknya ada titik terang

      Hapus
    9. TNI Luruskan Kabar Simpang Siur 'Kapal Selam KRI Nanggala-402 Ditemukan

      https://news.detik.com/berita/d-5541754/tni-luruskan-kabar-simpang-siur-kapal-selam-kri-nanggala-402-ditemukan?fbclid=IwAR1qL3kxSppXgXogAppPhc7IGxH9dzqikEBDED8ueF93vKZmbT_-vV5mu90

      Hapus
  8. Pemerintah pusat presiden khususnya kemhan harus memperhatikan aset2 AL ini banyak yg sudah uzur, bahkan yg seharusnya pensiun masih disuruh bertugas, AL ini garda terdepan di laut bahaya datang mereka yg hadang, anggaran AL DAN AU wajib diutamakan, untuk modernisasi alutsista nya, dengan terjadinya hal seperti ini anggaran untuk kapal penyelamat kasel harus di angarkan, nyawa awak lebih penting dari segalanya jangan biarkan mereka menunggu ajal di aset tua, kabar kasel hilang sampai sekarang belum ada perkembangan seharusnya mereka sudah pulang dan memberi kabar,

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Sabda tukang sapu Universitas Suryadarma

      Alman Helvas
      @AHelvas

      Submarine rescue system for Indonesia may supply by a European firm. The ROV and SDV will be European made. Platform may be build in Indonesia with proven design supply by that European firm. But likely something terrible happen before Indonesia can acquire it. May God help them.

      Hapus
  10. Pensiun kan KRI Nanggala dan KRI Cakra

    Teken kontrak KRI Nagapasa class Batch 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pasti hadir pas teken kontrak. Wkwkwkwk.. sesuai nama akun saya.. wkwkwkwk..

      Saya berharap kontrak Scorpene SBR/U214 dan Submarine Rescue Vessel..

      Hapus
    2. ☝️☝️ sangat setuju jangan diremajakan terus selain mahal biayanya, sangat rentan resiko gagal fungsi

      Hapus
    3. Beli ber kilo-kilo aja biar pasti

      Hapus
  11. Nah jgn nagapasa yg bagusan dikiit yg ada kemampuan AIP nya

    BalasHapus
  12. Erick Thohir Rombak Direksi PT PAL Indonesia

    Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri BUMN Erick Thohir merombak susunan Direksi PT PAL Indonesia (Persero). Erick mengganti tiga direktur BUMN pertahanan dan manufaktur itu.
    Pergantian direksi tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK- 123/MBU/04/2021 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT PAL Indonesia (Persero). Surat itu tertanggal hari ini, Rabu (21/4).

    Kementerian BUMN memutuskan untuk memberhentikan Direktur Utama Budiman Saleh. Sebagai gantinya, Erick menunjuk Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang.

    Selain Direktur Utama PAL, Kementerian BUMN juga mengganti Direktur Rekayasa Umum & Harkan Sutrisno dan Direktur Pembangunan Kapal Turitan. Mereka diberhentikan dengan hormat karena periode masa tugas telah usai.

    "Kepada Bapak Budiman Saleh, Bapak Sutrisno dan Bapak Turitan Indaryo, kami sampaikan ucapan terima kasih atas sumbangan pikiran dan tenaga selama menjabat sebagai direksi perseroan," terang Sekretaris PAL Indonesia Rariya Budi Harta dalam keterangan resmi.

    Selain itu, Kementerian BUMN juga mengubah nomenklatur jabatan Direksi PAL Indonesia. Jabatan Direktur Rekayasa Umum, Pemeliharaan, dan Perbaikan menjadi Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan. Posisi ini diisi oleh Kuntjoro Pinardi.

    Sementara itu, nomenklatur Direktur Pembangunan Kapal diubah menjadi Direktur Produksi, yang kini dijabat oleh Iqbal Fikri.

    "Kami berharap dengan penunjukan posisi direksi ini akan membuat PAL menjadi perusahaan berkelas dunia yang mampu bersaing di pasar global," imbuh Rariya.

    Dalam sambutannya, Direktur Utama PAL Indonesia Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang menyampaikan tantangan ke depan yang dihadapi PAL adalah kesiapan menyambut era industri 4.0. Ia berharap agar PAL dapat memberikan kontribusi yang terbaik kepada negara.

    Dirangkum dari berbagai sumber, Kaharuddin merupakan orang yang telah malang melintang di dunia perkapalan. Ia sempat mendalami dunia perkapalan hingga ke Universitas Nagasaki, Jepang berbekal beasiswa dari BJ Habibie.

    Ia sempat meraih predikat mahasiswa terbaik studi perkapalan se-Jepang pada 1997. Pengalamannya mendesain kapal tidak bisa diragukan lagi.

    Tercatat, ia telah mendesain lebih dari 350 kapal milik perusahaan Jepang dari segala jenis kapal. Mulai dari kapal tanker pengangkut minyak, LPG, bahan kimiar, hingga kontainer vessel.

    Berikut susunan Direksi PT PAL Indonesia (Persero) per 21 April 2021

    Direktur Utama: Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang
    Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan: Kuntjoro Pinardi
    Direktur Produksi: Iqbal Fikri
    Direktur Keuangan: Irianto
    Direktur SDM & Umum: Etty Soewardani

    Link :

    https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210421202027-92-633064/erick-thohir-rombak-direksi-pt-pal-indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah ini Kode keras Dari Kementerian BUMN dengan mengganti DIRUT PT.PAL yg kenyang asam garam di Industri perkapalan Jepang untuk segera kontrak Mogami Class dan membangun Mogami Class di PT PAL.

      ๐Ÿคฉ๐Ÿคฉ๐Ÿคฉ๐Ÿคฉ๐Ÿคฉ

      ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž

      Hapus
    2. Asa sesepuh sini yg punya info karir dan background Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang sebelumnya ?

      Hapus
    3. Prestasi Pria Asal Surabaya ini Bermula dari Kapal Othok-Othok

      Menyandang gelar sebagai negara maritim terbesar di dunia, Indonesia memiliki tantangan berat. Memiliki pasar yang besar maka akan diperlukan angkutan laut yang menghubungkan serta menyuplai kebutuhan primer dan sekunder ke seluruh wilayah Nusantara. Mewujudkannya harus dimulai dari sebuah impian besar talenta-talenta anak bangsa. Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang adalah salah satu anak bangsa yang sudah malang melintang di dunia perkapalan tanah air bahkan internasional. Masa kanak-kanaknya dipenuhi impian membuat kapal, hobinya pun membuat kapal-kapalan, inspirasinya berasal dari mainan legendaris bernama kapal othok-othok. Kini setelah usianya separuh baya ia benar-benar membuat kapal yang mengarungi lautan, persis seperti mimpinya di masa lalu.

      Pria bergelar lengkap Dr Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang, M.Eng ini adalah laki-laki berkelahiran Kota Pahlawan, Surabaya 14 Maret 1971. Putra dari pasangan Roselin Trislan dan Otjan Daud Djenod Dg Malladja ini sempat kuliah di Arsitektur Universitas Hasanuddin dan Teknik Penerbangan ITB namun kemudian mendapat beasiswa dari BJ Habibie ke Universitas Nagasaki. Saat kuliah di Jepang inilah dirinya mendalami dunia perkapalan. Djenod kemudian mendapatkan gelar doktornya di Hiroshima University, Jepang di bidang arsitektur perkapalan (Naval Architecture) dan sempat meraih Mahasiswa Terbaik Studi Perkapalan se-Jepang di tahun 1997. Ketika dirinya kuliah S3 di Jepang tersebut, Djenod berhasil membuat algoritma sistem optimasi desain kapal untuk kapal kontainer, yang diperlukan untuk mencapai efisiensi dalam proses pembangunan kapal. Temuannya itu kemudian dia patenkan dan banyak digunakan oleh perusahaan kapal di Jepang. Pengalamannya mendesain kapal tidak bisa diragukan lagi, dirinya telah mendesain lebih dari 350 kapal milik perusahaan Jepang. Sebanyak 350 desain kapal ia hasilkan selama dirinya bekerja di Jepang sejak 2005 hingga 2011 atau rata-rata sebanyak 70 proyek per tahun dari mulai jenis Oil Tanker, Chemical Tanker, LPG Tanker, Pure Car Carrier, Container vessel, dan berbagai jenis kapal lainnya yang semuanya dibangun di Jepang. Keinginannya untuk membangun dunia maritim Indonesia mendorongnya untuk mendirikan perusahaan kapal di Surabaya bernama Terafulk Megantara yang didirikan pada tahun 2006. Melalui modal yang dikumpulkannya bersama kawan-kawannya, perusahaannya memfokuskan diri pada manufaktur kapal. Kapal pertama yang bangun perusahaannya bernama Tunas Terafulk I dan telah diluncurkan di Galangan Kapal Bangkalan, Madura, Jawa Timur, pada 21 Desember 2010 yang lalu. Kapal ini relatif tidak besar, panjangnya sekitar 30 meter dengan bodi kapal terbuat dari aluminium dan kapasitas penumpang sekitar 70 kursi. Kapal kelas ini adalah kapal pertama di Indonesia yang keseluruhan proses pembuatannya, mulai dari desain hingga produksinya dikerjakan oleh Putra Indonesia.

      Hapus
    4. Kapal keduanya Tunas Terafulk II, kapal dengan jenis yang sama, yakni kapal penunjang produksi migas kelas Crewboat dengan kapasitas 70 Pax dan ukuran panjang 30 meter yang dikerjakan di galangan di Madura sedang dalam proses pengerjaan. Pria yang tahun 2012 lalu mendapatkan penghargaan Bacharuddin Jusuf Habibie Technology Award ini juga mengungkapkan bahwa dirinya siap untuk membangun kapal selam untuk Indonesia. Hal tersebut disampaikan Kaharuddin di hadapan Ketua DPR Setya Novanto dan sejumlah tamu undangan Penghargaan Achmad Bakrie (PAB) di Djakarta Theatre, Jumat, 21 Agustus 2015. "Saya siapkan desain kapal selam 30 meter, jika Indonesia mau buat dan jalankan itu dengan tenaga kita sendiri, saya siap untuk membangunnya," ujar ilmuwan yang telah menimba ilmu perkapalan di Jepang selama 15 tahun tersebut. Kaharuddin Djenod memiliki harapan agar bangsa Indonesia mampu mandiri dalam bidang maritim. Dirinya juga menyatakan terinspirasi salah satu pesan mantan Presiden Sukarno tentang kedaulatan maritim. "Sebagai putra bangsa, saya ingin realisasikan pesan Bung Karno pada Januari 1950, hendaknya Indonesia membangun industri maritim dan dirgantara jika ingin memperkuat pertahanan," ucapnya. Melihat demikian banyak prestasinya sudah selayaknya generasi muda Indonesia melihat dan belajar kepadanya. Djenod sendiri berharap pada kaum muda di Indonesia untuk memiliki kesadaran secara nasional akan potensi bangsa untuk maju dan mau berkiprah secara global. "Jika kesadaran ini tidak dimiliki maka pola ekonomi kita yang hanya menjadi bangsa konsumen dan memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap bantuan asing akan terus berlanjut," pungkas Djenod.

      Link :

      https://www.goodnewsfromindonesia.id/2015/09/15/prestasi-pria-asal-surabaya-ini-bermula-dari-kapal-othok-othok/amp

      Hapus
  13. 23 Jam Hilang, Kapal Selam TNI Nanggala 402 Akhirnya Ditemukan
    Kamis, 22 April 2021 | 00:12 WIB
    Oleh :
    Radhitya Andriansyah
    VIVA Militer: Kapal selam KRI Nanggala 402 TNI Angkatan Laut
    Foto :
    Berner Zeitung
    VIVA Militer: Kapal selam KRI Nanggala 402 TNI Angkatan Laut
    SHARE
    VIVA – Kabar baik datang dari kapal selam KRI Nanggala 402 milik TNI Angkatan Laut, yang sempat dinyatakan hilang sejak dini hari tadi, Rabu 21 April 2021. Kabar terbaru, muncul kontak dari kapal selam tempur buatan Jerman itu.

    Dikutip VIVA Militer dari akun Twitter bernama Jurnal Maritim, disebutkan bahwa kontak dengan KRI Nanggala 402 sudah bisa dilakukan. Akan tetapi, salah satu alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI itu masih belum mampu untuk kembali naik ke permukaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kabar: Sudah ada kontak dengan KRI Nanggala 402 namun Kasel belum bisa naik ke permukaan. Hasil SONAR aktif REM: ada pergerakan bawah laut dengan V 2.5Kts di sekitar lokasi oil spill,” bunyi pernyataan Jurnal Maritim di Twitter

      Hapus
    2. Diperkirakan ada masalah pada electric pump dan bateray,...

      Hapus
    3. Sudah ada kontak dari kasel awak semuanya sehat kesediaan oksigen aman, masalahnya tidak bisa muncul ke permukaan,

      Hapus
    4. Nah ini yg harus mendapat perhatian kenapa kapal selam tak mau naik.ke permukaan......pasti perangkat "emergency ballasr tank" nya bermasalah, entah karena malfungsi, perawatan yg terabaikan pada tekanan tabung udara HP atau valve nya yg melemah ๐Ÿค”

      Jika "emergency ballast tank" tak berfungsi, sementara jumlah penumpang melebihi yg seharusnya akan semakin memperumit tingkat kritis bagi kru kasel.

      Semoga para awak diberi kekuatan dan diberikan jalan untuk memperbaiki sistem yg gagal dan lekas muncul ke permukaan dg selamat ๐Ÿ™

      Hapus
    5. Yg kemarin di overhull di pal, kri cakra apa nangala..??

      Hapus
    6. Alhamdulilah selamat.....wajib dipensiunkan kapal.selamnya dan diganti kilo๐Ÿ˜

      Hapus
    7. Saya kurang begitu paham cara kerja emergency ballast tank. Apa harus perbaiki pompa, rewiring batre atau ada override manual?

      Hapus
  14. Breaking news


    Pabrik rudal israel meledak hebat, iran pernah sesumbar akan membalas israel karna menyerang fasilitas nuklin iran


    Bangunan pabrik rudal israek lulu lantak


    BalasHapus
    Balasan
    1. ...IsraHELL berusaha menyerang Natanz - Iran ( pegunungan bunker Rudal Iran )

      kini kena IsraHELL ke batunya


















      ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

      Hapus
    2. Besides bad news from our submarine, we got good news from Israhell. I hope they go to fight each other and then both become ruins

      Hapus
  15. Balasan
    1. ...dalih IsraHELL sich, uji coba senjata baru...katanya ?



















      ... Xixixixixixixi ๐Ÿ˜

      Hapus
    2. Uji coba kok di pabrik bukan pada tempatnya, kalau pun gagal di lab nga sampai segitu kerusakannya karna ada prosedur ketat untuk keamanan apalgi ini pabrik rudal

      Hapus
  16. Yohohoho,

    Peperangan anti kapal selam itu nggak harus pakai kapal selam. Kalo misal harga kapal selam usd 450 juta per unit, yang 1 unit bisa dicancel dan dibelikan heli aks yg sudah battle proven contoh mh60r. Korsel baru2 ini teken kontrak pembelian heli multiperan mh60r senilai usd 447,2 juta dapat 12 unit. Kalo harga 1 unit kasel usd 450 juta, jika diswitch ke mh60r udah dapat 12 unit dan ada sisa usd 2,8 juta. Idealnya kita punya 42 unit heli aks setara mh60r. Atau kita bisa modifikasi 12 unit mh60r dan 4 poseidon. Kalo nggak punya duit 12 mh60r dan 2 poseidon. Selain itu lengkapi panther yg sudah ada dengan peralatan aks.

    Usul saya :
    Cuekin gfp
    Tunda scorpene
    Batalkan u214 sebanyak 4 unit switch ke mh60r sebanyak 12 unit ditambah poseidon 2 unit lengkap tools dan armament.
    Lanjutkan 3 changbogo yang tertunda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memangnya musuhnya hanya kasel?

      Hapus
    2. Kan sudah ada heli panther om
      Dan klo gak slh info dri formil di IG disitu TNI AL menunda pengadaan heli serang dan akan fokus lengkapi persenjataan 11 unit AKS secara bertahap.

      Hapus
    3. Bedakan fungsi... kasel buat nilai atack.. heli aks buat deffens

      Hapus
  17. Nenggala hrsnya sdh masuk jadwal repair berat nih di pt.pal semoga selamat semua... bukti produk jerman terbaik di dunia....

    BalasHapus
  18. Breaking news
    22 apr 2020/ 01:58



    Alhamdulilah kasel nangala sudah di amankan dari geng beruk, nunggu berita resmi besok aja ahhh,

    BalasHapus
  19. Laut Bali emang terkenal angker bagi setiap kapal yang melintas dikarenakan banyaknya paling.alhamdullillah crew hiu kencana sudah terlatih menghadapi setiap trouble dibawah permukaan laut. KRI NGL 402 saat ini sudah berhasil kontak dengan KRI REM dan masih dalam pantau untuk memastikan kerusakkan eletrik.mari kita berdoa semoga sj arus laut Utara Bali bisa diajak bersahabat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terbukti REM class bisa diandalkan, saatnya REM class batch 2 (ane bukan sales damen)
      ๐Ÿƒ‍♂️๐Ÿƒ‍♂️๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ๐Ÿ’จ

      Hapus
    2. Semoga 402 bisa lekas kembali ke permukaan dgn selamat.

      Hapus
  20. Nunggu maloners nyinyir posting 3..2..1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insayaalah kami masih waras untk tidak mengtroll bencana utk dihina

      Hapus
    2. Thanks dein ternyata anda masih lebih sihat otak daripada para malonyet yang lain

      Hapus
    3. Terima kasih masih menyisakan kewarasan dan kebijaksanaan anda

      Hapus
  21. Wajib di ganti scorpene/u214,dan mengingat kasel tni semakin bnyk seharusnya sudah dibekali kapal rescue kasel seperti Singapura

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah pasti diganti,
      Cuma yg ribet ruwet dri Menkue dan Bappenas nunggu bisa cair

      Hapus
  22. Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Klo kamu kena musibah nnti,saya boleh ketawa tak

      Hapus
    3. Putrajaya KW aka ASUwandaru pengikut Sekte penyembah baliho selalu senang diatas penderitaan orang lain dan musibah yg ada di Indonesia.

      Hapus
    4. KAlo malon terkena musibah janji aku selamatan sekampung buat merayakan

      Hapus
    5. Siapapun kamu Putrajaya atau asu ndaru, jika ada kerabat atau keluarga lho yg terkena musibah gw bakalan tertawa

      Hapus
  23. Ks jadul wajip pensiun. Ganti sm soryu mumpung Dirut PT PAL udah di ganti sm yg malang melintang di jepang

    BalasHapus
  24. Guys, ternyata DIRUT PT. PAL yg baru menjabat Bapak Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang adalah pendiri PT. Terafulk Megantara dan Beliau yg mendesign Kapal Selam Midget 30meter.

    Siap-siap jadi kenyataan Kapal Selam Midget 30meter. Horeee.. ๐Ÿ‘๐Ÿฅณ๐Ÿคฉ๐Ÿ˜Ž

    Baca biodatanya dibawah

    ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

    Prestasi Pria Asal Surabaya ini Bermula dari Kapal Othok-Othok

    Menyandang gelar sebagai negara maritim terbesar di dunia, Indonesia memiliki tantangan berat. Memiliki pasar yang besar maka akan diperlukan angkutan laut yang menghubungkan serta menyuplai kebutuhan primer dan sekunder ke seluruh wilayah Nusantara. Mewujudkannya harus dimulai dari sebuah impian besar talenta-talenta anak bangsa. Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang adalah salah satu anak bangsa yang sudah malang melintang di dunia perkapalan tanah air bahkan internasional. Masa kanak-kanaknya dipenuhi impian membuat kapal, hobinya pun membuat kapal-kapalan, inspirasinya berasal dari mainan legendaris bernama kapal othok-othok. Kini setelah usianya separuh baya ia benar-benar membuat kapal yang mengarungi lautan, persis seperti mimpinya di masa lalu.

    Pria bergelar lengkap Dr Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang, M.Eng ini adalah laki-laki berkelahiran Kota Pahlawan, Surabaya 14 Maret 1971. Putra dari pasangan Roselin Trislan dan Otjan Daud Djenod Dg Malladja ini sempat kuliah di Arsitektur Universitas Hasanuddin dan Teknik Penerbangan ITB namun kemudian mendapat beasiswa dari BJ Habibie ke Universitas Nagasaki. Saat kuliah di Jepang inilah dirinya mendalami dunia perkapalan. Djenod kemudian mendapatkan gelar doktornya di Hiroshima University, Jepang di bidang arsitektur perkapalan (Naval Architecture) dan sempat meraih Mahasiswa Terbaik Studi Perkapalan se-Jepang di tahun 1997. Ketika dirinya kuliah S3 di Jepang tersebut, Djenod berhasil membuat algoritma sistem optimasi desain kapal untuk kapal kontainer, yang diperlukan untuk mencapai efisiensi dalam proses pembangunan kapal. Temuannya itu kemudian dia patenkan dan banyak digunakan oleh perusahaan kapal di Jepang. Pengalamannya mendesain kapal tidak bisa diragukan lagi, dirinya telah mendesain lebih dari 350 kapal milik perusahaan Jepang. Sebanyak 350 desain kapal ia hasilkan selama dirinya bekerja di Jepang sejak 2005 hingga 2011 atau rata-rata sebanyak 70 proyek per tahun dari mulai jenis Oil Tanker, Chemical Tanker, LPG Tanker, Pure Car Carrier, Container vessel, dan berbagai jenis kapal lainnya yang semuanya dibangun di Jepang. Keinginannya untuk membangun dunia maritim Indonesia mendorongnya untuk mendirikan perusahaan kapal di Surabaya bernama Terafulk Megantara yang didirikan pada tahun 2006. Melalui modal yang dikumpulkannya bersama kawan-kawannya, perusahaannya memfokuskan diri pada manufaktur kapal. Kapal pertama yang bangun perusahaannya bernama Tunas Terafulk I dan telah diluncurkan di Galangan Kapal Bangkalan, Madura, Jawa Timur, pada 21 Desember 2010 yang lalu. Kapal ini relatif tidak besar, panjangnya sekitar 30 meter dengan bodi kapal terbuat dari aluminium dan kapasitas penumpang sekitar 70 kursi. Kapal kelas ini adalah kapal pertama di Indonesia yang keseluruhan proses pembuatannya, mulai dari desain hingga produksinya dikerjakan oleh Putra Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapal keduanya Tunas Terafulk II, kapal dengan jenis yang sama, yakni kapal penunjang produksi migas kelas Crewboat dengan kapasitas 70 Pax dan ukuran panjang 30 meter yang dikerjakan di galangan di Madura sedang dalam proses pengerjaan. Pria yang tahun 2012 lalu mendapatkan penghargaan Bacharuddin Jusuf Habibie Technology Award ini juga mengungkapkan bahwa dirinya siap untuk membangun kapal selam untuk Indonesia. Hal tersebut disampaikan Kaharuddin di hadapan Ketua DPR Setya Novanto dan sejumlah tamu undangan Penghargaan Achmad Bakrie (PAB) di Djakarta Theatre, Jumat, 21 Agustus 2015. "Saya siapkan desain kapal selam 30 meter, jika Indonesia mau buat dan jalankan itu dengan tenaga kita sendiri, saya siap untuk membangunnya," ujar ilmuwan yang telah menimba ilmu perkapalan di Jepang selama 15 tahun tersebut. Kaharuddin Djenod memiliki harapan agar bangsa Indonesia mampu mandiri dalam bidang maritim. Dirinya juga menyatakan terinspirasi salah satu pesan mantan Presiden Sukarno tentang kedaulatan maritim. "Sebagai putra bangsa, saya ingin realisasikan pesan Bung Karno pada Januari 1950, hendaknya Indonesia membangun industri maritim dan dirgantara jika ingin memperkuat pertahanan," ucapnya. Melihat demikian banyak prestasinya sudah selayaknya generasi muda Indonesia melihat dan belajar kepadanya. Djenod sendiri berharap pada kaum muda di Indonesia untuk memiliki kesadaran secara nasional akan potensi bangsa untuk maju dan mau berkiprah secara global. "Jika kesadaran ini tidak dimiliki maka pola ekonomi kita yang hanya menjadi bangsa konsumen dan memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap bantuan asing akan terus berlanjut," pungkas Djenod.

      Link :

      https://www.goodnewsfromindonesia.id/2015/09/15/prestasi-pria-asal-surabaya-ini-bermula-dari-kapal-othok-othok/amp

      Hapus
    2. Erick Thohir Rombak Direksi PT PAL Indonesia

      Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri BUMN Erick Thohir merombak susunan Direksi PT PAL Indonesia (Persero). Erick mengganti tiga direktur BUMN pertahanan dan manufaktur itu.
      Pergantian direksi tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK- 123/MBU/04/2021 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT PAL Indonesia (Persero). Surat itu tertanggal hari ini, Rabu (21/4).

      Kementerian BUMN memutuskan untuk memberhentikan Direktur Utama Budiman Saleh. Sebagai gantinya, Erick menunjuk Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang.

      Selain Direktur Utama PAL, Kementerian BUMN juga mengganti Direktur Rekayasa Umum & Harkan Sutrisno dan Direktur Pembangunan Kapal Turitan. Mereka diberhentikan dengan hormat karena periode masa tugas telah usai.

      "Kepada Bapak Budiman Saleh, Bapak Sutrisno dan Bapak Turitan Indaryo, kami sampaikan ucapan terima kasih atas sumbangan pikiran dan tenaga selama menjabat sebagai direksi perseroan," terang Sekretaris PAL Indonesia Rariya Budi Harta dalam keterangan resmi.

      Selain itu, Kementerian BUMN juga mengubah nomenklatur jabatan Direksi PAL Indonesia. Jabatan Direktur Rekayasa Umum, Pemeliharaan, dan Perbaikan menjadi Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan. Posisi ini diisi oleh Kuntjoro Pinardi.

      Sementara itu, nomenklatur Direktur Pembangunan Kapal diubah menjadi Direktur Produksi, yang kini dijabat oleh Iqbal Fikri.

      "Kami berharap dengan penunjukan posisi direksi ini akan membuat PAL menjadi perusahaan berkelas dunia yang mampu bersaing di pasar global," imbuh Rariya.

      Dalam sambutannya, Direktur Utama PAL Indonesia Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang menyampaikan tantangan ke depan yang dihadapi PAL adalah kesiapan menyambut era industri 4.0. Ia berharap agar PAL dapat memberikan kontribusi yang terbaik kepada negara.

      Dirangkum dari berbagai sumber, Kaharuddin merupakan orang yang telah malang melintang di dunia perkapalan. Ia sempat mendalami dunia perkapalan hingga ke Universitas Nagasaki, Jepang berbekal beasiswa dari BJ Habibie.

      Ia sempat meraih predikat mahasiswa terbaik studi perkapalan se-Jepang pada 1997. Pengalamannya mendesain kapal tidak bisa diragukan lagi.

      Tercatat, ia telah mendesain lebih dari 350 kapal milik perusahaan Jepang dari segala jenis kapal. Mulai dari kapal tanker pengangkut minyak, LPG, bahan kimiar, hingga kontainer vessel.

      Berikut susunan Direksi PT PAL Indonesia (Persero) per 21 April 2021

      Direktur Utama: Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang
      Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan: Kuntjoro Pinardi
      Direktur Produksi: Iqbal Fikri
      Direktur Keuangan: Irianto
      Direktur SDM & Umum: Etty Soewardani

      Link :

      https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210421202027-92-633064/erick-thohir-rombak-direksi-pt-pal-indonesia

      Hapus
    3. @saatnya teken kontrak FYI kuntjoro pinardi ini KADRUN yang disusuipin ama prabowce...cek track recordnye nih orang aset PKS! :(

      Hapus
    4. Tanda2 mau pakai sistem Jepang? Perombakan cukup besar.

      Hapus
  25. Semoga awak KS Nanggala 402 kembali ke permukaan dgn selamat dan sehat wal afiat. Aamiin.

    Selamatkan dan kumpulkan kembali mereka dgn keluarganya ya Allah!

    (Ramadhan bulan baik dan penuh keberkahan)

    BalasHapus
  26. Ini buah yang harus kita terima ketika perncanaan pertahanan pertahanan dibuat oleh orang-orang yang lebih mementingkan kepentingan pribadi dan memperkaya diri sendiri daripada kepentingan yang lebih hakiki bagi negaranya ...

    Bagaimana bisa terjadi .. punya angkatan laut dengan armada kapal selam teapi gak memperhatikan fasilias pendukung keslamatannya .. Gak punya sama sekali kapal kapal pentelamat (submarines rescue vessel) yang mutlak selalu ready di pangkalan untk mengantisipasi ketika terjadi musibah ..

    Sain itu.. tampaknya faktor kepatuhan kepada kelayakan operasi juga sering terabaikan .. bagaimana mungkin KS KRI 402 yang hanya mampu menampung maks. 35 awak.. tiba-tiba diisi oleh 53 orang .. ada apa ini ? mengapa diperbolehkan oleh komandan padaha ia tahu dan paham bahwa kondisi overload ini akan sangat membahayakan keslamatan KS dan awaknya ...

    Tampaknya harus diakui bahwa semua salah urus yang terjadi di TNI-AL (dan mungkin juga di matra lainnya) semuanya bersumber kepada budaya korupsi yang sudah sangat merusak sendi-sndi dasar kehidupan bernegara kita .. keselamatan manusia dikurbankan oleh pimpinan hanya demi memprkaya diri sendiri ..

    Oh Indonesiaku ... Trnyata musuh utamamu bukanlah China atau Malaysia .. tetapi sikap ketidak-pedulian dan kebodohan orang-orang yang diberi tanggung-jawab mengelolanya .. Nafsu memperkaya diri sendiri ternyata telah mneumpulkan akal sehat mereka ... Jika terus terjadi seperti ini ... Indonesia akan hancur di tangan pemimpinnya sendiri ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Macem YDPA, Najib, Rosmah, Mahatuir, Kroni, Jerung, orang tengah itu ke yg memperkaya diri sendiri.. wkwkwkwkwk..

      Malon akan hancur di tangan Agong yg doyan Kawin karena harta negara digunakan untuk para selir dan gundik2 nya.. wkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Hahahahaha ,, Ternyata Malaysia dan Indonesia punya masalah yang sama .. sama-sama teruknya ..

      Maklumilah kerana kita punya gen yang sama ... gen untuk korupsi atau rakus memperkaya diri sendiri tetapi disaat yang sama kita mempertotonkan sikap dan sifat kita yang rajin dan taat beribadah ... Gen warisan yang sama kerana kita memang sejatinya serumpun ...

      Hapus
    3. Itu namanya Bangsa Munafiqun ... Bangsa Munafik Sejati .. Bangsa Bermuka Dua ....Bipolar ... Menjadi Maling saat masih memakai jubah beribadah ...wkwkwkwkwkwk

      Hapus
    4. Terbukti yah, memang unknown yang ini yang selalu pura2 jadi geng malay menjelek2an bangsa sendiri alias munafik sejati

      Hapus
  27. Tragik betul .. Musibah KRI 402 Nanggakla ini mebuktikan bahwa memenuhi isi pocket pimpnan ternyata lebih penting daripada keselamatan anak buahnya .. Setelah kejadian ini ... mereka yang bertanggung-jawab akan mulai beramai-ramai mencari Kambing Itemnya untuk disalahkan .. tetapi kemudian setelah beberapa lama kemudian kembali ke pola yang lama
    Inilah Indonesia .. Gambaran perilaku Indonesia yang eebenarnya ... demia uang kedaulatan negara digadaikan (refer to perjanjian ekstradisi Indonesia dengan Sinaporea oleh SBY), demi uang keselamatan diabaikan (kasus KRI 402 Nanggala ini), demi uang negarapun dirampok (kasus BLBI) dan banyak contoh lainnya yan memuakan .. teapi nyata terjadi ..


    BalasHapus
  28. Jangan mulai ngetroll. Kita hormati dan hargai ceasefire dari geng malay kemarin. Tunggu dan berdoa Nanggala kembali dengan selamat.
    Masih banyak waktu buat troll war esok hari.

    BalasHapus
  29. Baiknya banyak2 berdo'a tuk keselamatan para awak Hiu Kencana khususnya KS Nanggala402.

    Faktor keselamatan di kapal selam sangat penting. Tentu TNIAL khususnya awak Hiu Kencana sudah sangat faham.

    Kalo 'kelebihan muatan", rasanya gak mungkin. Tuk kasus kapal permukaan saja sangat berbahaya, apalagi tuk kapal selam.

    Kita tunggu saja berita resminya.

    BalasHapus
  30. Gak kebayang .. Jatuhnya Harga Diri kita .. ketika kita bergantung sepenuhnya proses penyelamatan kapal selam milik kita sendiri dilakukan oleh angkatan laut negara lain (Singapore, Australia, India dan mungkin juga China) ..ditengah bualan dan propaganda bombastis Menhan kita ingin membangun angkatan perang yang kuat dan modern dengan membeli bermacam-macam jenis senjata (pesawat tempur, kapal perang, rudal dst).. padahal kebutuhan dasar yang mutlak harus kita miliki demi mnjamin keselamatan anak-anak kita di TNI-AL menjadi terabaikan ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bikin jatuh tuh malah komen asbun kayak situ ini..��

      Hapus
    2. Jika permasalahan ini bisa dijadikan pelajaran maka ngga ada harga diri yg jatuh bung.... Namanya kecelakaan harus dipelajari penyebabnya agar bisa menjadi S.O.P

      Hapus
    3. @unknown santai ajh lah boss...TNI sudah tau apa yang mereka kerjakan kok shit happens all the times contoh noh F-22 ama F-35 tuh barang pesawat "maha dewa" canggih tapi ttp aje jatoh mah jatoh aje

      Hapus
  31. Kita harus mengakui kedisiplinan kita kurang..

    BalasHapus
  32. Mari semua bangsa Indonesia yang mencintai TNI, bersama sama berdoa memohon kepada Allah SWT agar awak KRI Nanggala diberi keselamatan. Li qodoi hajatina saiulillahi.....Al Fatihah.

    BalasHapus
  33. Salut tuk awak kapal selam๐Ÿ‘

    Berminggu-minggu bekerja menjaga kedaulatan negara di kegelapan dan kedalaman laut.

    Tanpa matahari dan udara alami.

    Terasing dari dunia luar.

    Hanya sonar sbg mata dan telinga.

    Bagaimana mereka bisa tetap belerja, beribadah, puasa, atau berbuka di kedalaman lautan?!

    Jelas mereka bukan orang biasa. Mereka prajurit2 pilihan!

    Salut for awak KS TNIAL!๐Ÿ‘

    "TABAH SAMPAI AKHIR"

    God bless you all. Cause this is Ramadhan.



    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi waktu dijaman whiskey class tanpa AC beroperasi. Para awak hanya menggunakan kaus kutang dan celana singlet dan untuk urusan BAB harus menunggu kapal muncul di permukaan dahulu

      Hapus
    2. @jendral jack tapi selama whiskey class aktif di ALRI belum ada kejadian kecelakaan yang signifikan padahal dari segi teknologi type 206 lebih cangiih kemana2 (pada jaman itu) plus type 206 yang kita punya sudah direpowering di kroya kan?

      Hapus
    3. Betul mereka manusia manusia pilihan yang tabah sampai akhir sesuai moto hiu kencana.bahkan prajurit hiu kencana ex whiskey class banyak dari mereka yang harus menahan buang air besar dan kecil berhari2 dikarenakan ketiadaan toilet WC dan di masa tua beliau2 banyak terkena penyakit kronik dampak dari menahan buang air,semoga amal dan jasa beliau2 untuk negara dan bangsa dibalas ALLAH SWT.amin

      Hapus
  34. OMG... Kapal eelam milik Indonesia ... musibah terjadi di wilayah Indonesia pula .. tetapi angkatan laut Singapore, India dan Australia yang akan mencoba menyelamatkannya karea mereka punya Submarine Rescue Vessel (SRV) ... Sedangkan kita sendiri hanya akan menjadi penonton karena tak punya SRV ..


    Lebih tragis lagi .. SRV milik negara lain itu diperkirakan baru samapi ke lokasi musibah hari Mnggu ini (4 hari dari saat terjadinya musibah) .. padahal kita tahu bahwa persedian oksigen di KS 402 Nanggala itu hanya untuk 3 hari atau 72 jam saja ...

    Coba kita punya SRV .. maka peluang untuk menyelamatkan awak kapal Nanggala mungkin akan lebih besar .. Inilah contoh bagimana pengabaian pentingnya memiliki SRV sendiri yang bari kita sadari setelah terjadi musibah seperti ini ... Nah sekarang siapa yang mau menjadi kambing hitamnya ?

    BalasHapus
  35. https://www.viva.co.id/militer/militer-indonesia/1366660-terdeteksi-sonar-ini-lokasi-kapal-selam-tni-nanggala-402-ditemukan

    BalasHapus
  36. Bayangkan dalam latihan evakuasi tahun 2012 pun ada kegagalan padahal di kedalaman 30 m saja ... bayangkan apa yang terjadi di kedalaman 700 m ...
    ---------------
    Musibah Saat Latihan Evakuasi di KRI Cakra 401

    Untuk pertama kalinya, Korps Hiu Kencana TNI AL pada 7 Februari 2012, melaksanakan latihan basah untuk proses evakuasi kapal selam. Sebagai wahana uji dipilih KRI Cakra 401 yang berada di perairan Pasir Putih, Situbondo, Jawa Timur.

    Skenario dari latihan ini adalah karamnya KRI Cakra 401 bersama 6 awaknya, karena mengalami kerusakan mesin. Satu persatu awak akan diselamatkan dari conning tower kapal selam, untuk kemudian naik ke permukaan laut. Keenam personel dibagi ke dalam tiga gelombang dan setiap gelombang dua orang. Dalam simulasi pertama dan kedua, para korban muncul ke permukaan air dalam waktu 15 menit. Namun dalam proses penyelamatan ketiga terjadi masalah.

    Tim yang ada di permukaan telah menunggu sekitar 30 menit akan tetapi kedua awak kapal belum muncul juga. Setelah lama ditunggu, Kolonel Laut Jeffry Stanley Sanggel, Komandan Satuan Kapal Selam Koarmatim dan Mayor Laut Eko Indang Prabowo, muncul ke permukaan dengan kondisi yang cedera parah. Hidung dan telinga mereka mengeluarkan darah, serta tidak sadarkan diri, hingga akhirnya nyawa mereka tak dapat diselamatkan.

    Diduga tabung oksigen yang melekat di baju khusus mereka tidak berfungsi/selangnya lepas. Karena tidak ada oksigen, mereka terpaksa naik ke permukaan laut dengan cepat, sehingga mengalami dekompresi.

    Dekompresi adalah akumulasi nitrogen yang terlarut saat menyelam dan membentuk gelembung udara yang menyumbat aliran darah serta system syaraf. Udara yang kita hirup adalah oksigen dan nitrogen. Namun gas nitrogen tidak digunakan tubuh. Akibatnya, gas Nitrogen akan terakumulasi didalam tubuh penyelam, proporsional dengan durasi dan kedalaman penyelaman.

    Masalah terjadi, bila penyelam naik dengan cepat dari kedalaman tertentu, ke permukaan air. Hal ini seperti botol bir yang dikocok lalu kita buka tutupnya. Akumulasi nitrogen di dalam cairan tubuh penyelam dilepas dalam bentuk gelembung udara akibat penurunan tekanan secara drastis. Buih-buih inilah yang menyumbat aliran darah maupun sistem syaraf tubuh manusia dan berakibat fatal. (Haryo Adjie)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka SUDAH TAHU jauh lebih banyak dari apa yang SITU TAHU.

      Hapus
  37. Kadang kalo kita protes mengenai pengadaan alutsista yg kelewat mbulet pasti dijawab beli Alusista itu bukan kayak beli kacang goreng banyak parameter yg dipake dari indikator ekonomi sampe ketersedian anggaran .tapi kalo udah kejadian kayak gini gimana coba .iya beli Alusista itu bukan kayak beli kacang goreng tapi ingat nyawa prajurit juga jangan dianggap murah kadang gw pengen teriak .seandainya pak Karno punya paradigma sama kayak sekarang dimana belanja militer menggunakan indikator ekonomi dgn rumus rumus yg ribet dijamin Papua ngga balik ke NKRI .wong rakyat masih susah tapi bisa kebeli kasel 12 unit tanpa rumit.mig 21 bisa datang KRI IRIAN bisa mejeng dgn gagahnya.intinya belanja alutsista itu buat kedaulatan negara.jadi jangan selalu bandingin belanja alutsista dgn kebutuhan perut.nyawa prajurit jadi taruhannya.perang memang belum tentu terjadi di waktu dekat.tapi ironis perang nya belum ada tapi prajurit kita udah gugur duluan saat latihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. @unknown "si vis pacem parabellum" kl mo damai hrs siap perang ya kan bossque ;-)

      Hapus
    2. Bener bos .kadang lucu selalu kita denger pernyataan dr pejabat negara apalagi saat menhan nya Si RR yg bilang TNI itu tentara rakyat makanya belanja militer disesuaikan dulu dgn kebutuhan rakyat kadang gedek gw dengernya.HARUSNYA DIBALIK PERNYATAANNYA TNI ITU TENTARA RAKYAT MAKA UNTUK MELINDUNGI RAKYAT TNI HARUS KUAT APAPUN BAYARANNYA GITU DONG.APALAGI YG SERING NGOMONG BELANJA MILITER HARUS DISESUAIKAN DGN KONDISI EKONOMI INI LAGI PERNYATAAN NGACO.DIMANA MANA KLO EKONOMI MAU KUAT YA PERKUAT DULU MILITER.SEJARAH MENGAJARKAN MAJAPAHIT SAMA SRIWIJAYA ITU JADI KERAJAAN KAYA RAYA KRN MILITERNYA KUAT.BUKAN DIBALIK KLO EKONOMI MAKMUR BARU ANGGARAN MILITER DINAIKKAN KACAU DAH

      Hapus
  38. Kri nanggala sudah ada kontak semoga para awak kapal selamat

    BalasHapus
    Balasan
    1. KBRN, Jakarta: Kapal selam KRI Nanggala 402 yang sempat dinyatakan hilang sejak dini hari tadi, Rabu 21 April 2021. kabar terkini ada kontak dari kapal selam milik TNI Angkatan Laut tersebut.
      "Terima kabar: Sudah ada kontak dengan KRI Nanggala 402 namun Kasel belum bisa naik ke permukaan. Hasil SONAR aktif REM: ada pergerakan bawah laut dengan V 2.5Kts di sekitar lokasi oil spill. Diperkirakan ada masalah pada electric pump dan bateray," tulis Jurnal Maritim di akun Twitter yang dilihat RRI.co.id, Kamis (22/4/2021).
      Adanya kontak dari KRI Nanggala-402 ini mendapat respons dari warganet, salah satunya dari Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin.
      "Wahai Zat Maha Pelindung selamatkanlah KRI Nanggala-402. Doa&persembahan serta harapan kami hanya kepadaMU, Wahai Zat Yang Maha Dahsyat tolonglah hanya kpdMU kami persembahkan permohonan ini. 21 Jam Hilang, Kapal Selam TNI Nanggala 402 Akhirnya Ditemukan," tulis Ali di akun Twitternya.
      Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan diduga Kapal Selam Nanggala-402 berada di palung di kedalaman 700 meter laut Bali.
      Dikutip dari Kompas.com, saat hilang, Kapal Selam KRI Nanggala-402 membawa 53 orang yang terdiri dari 49 ABK, seorang komandan satuan, dan tiga personel senjata. Komandan KRI Nanggala adalah Letkol Laut (P) Heri Octavian yang sudah setahun memimpin kapal selam tersebut. (foto: Berner Zeitung)

      Hapus
  39. Doa terbaik tuk semua krew Nenggala,,tabah sampai akhir๐Ÿ˜Ž

    BalasHapus
  40. UPDATE:MV Mega Bakti(Malaysia) sudah bergerak untuk membantu misi SAR KRI Nanggala

    Source:
    -https://www.channelnewsasia.com/news/asia/indonesia-navy-bali-missing-submarine-singapore-swift-rescue-14671012

    -https://twitter.com/alert5/status/1385017024087085058

    BalasHapus
  41. Semoga cepat di temukan, dan semua awak selamat.
    Ini karna orang ga punya otak suka ledekin negara orang lain, sekarang kapal selam negara sendiri ga muncul2 kepermukaan..

    BalasHapus
  42. Kalau benar kasel nanggala tenggelam ke kedalaman 700m atau lebih kemungkinan selamat sangat kecil karna kemampuan kasel hanya 300m....dikedalaman yg melebihi kemampuan kasel maka akan terjadi presure yg sangat besar dan bs membuat awak kapal mendapat tekanan diluar kemampuan tubuh para awak...bahkan kasel bs meledak..,tp apapun yg terjadi kita berharap ada bantuan dr yg Maha Kuasa agar semua yg terbaik bs terjadi

    BalasHapus
  43. Bismillah insyaallah msh bisa diselamatkan, aamiin 72 jam oksigen daruratnya...

    BalasHapus
  44. Kalau kapal Mega Bhakti berhasil selamatkan kri Nanggala maka saya menghargai malaysia sbg saudara sejati

    BalasHapus