13 Juli 2021

Kolinlamil Siap Operasikan Kapal Perang Baru KRI Teluk Youtefa 522

13 Juli 2021

Kapal Angkut Tank/LST KRI Teluk Youtefa 522 (all photos : TNI AL)

Jakarta ------ Satya Wira Jala Dharma. Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) siap mengoperasikan KRI Teluk Youtefa 522 yang diresmikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono di Dermaga Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (12/7). 

Setelah sebelumnya dilakukan serah terima kapal dari PT Daya Radar Utama kepada TNI AL yang diwakili Asisten Logistik Kasal Laksda TNI Puguh Santoso dan diserahkan kepada Panglima Kolinlamil Laksda TNI Arsyad Abdullah.

Pada kesempatan itu, Kasal juga mengukuhkan Letkol Laut (P) I Nyoman Armenthia W. sebagai komandan kapal pertama yang akan bertugas di jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil). 

“Hari ini kita telah melaksanakan serah terima KRI Teluk Youtefa-522 kemudian peresmian KRI dan juga pengukuhan komandan KRI Teluk Youtefa-522,” kata Kasal kepada awak media. 


Sebagai salah satu alutsista TNI AL terbaru, KRI Teluk Youtefa - 522 akan bertugas di jajaran Kolinlamil melaksanakan tugas operasi angkutan laut militer dalam Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). 

“KRI  Teluk  Youtefa-522  memiliki fungsi asasi sebagai kapal angkut tank, tugas pokok kapal  angkut  tank. Nantinya bisa mengganti kapal-kapal angkut tank yang umurnya yang sudah lanjut,” kata Kasal.

KRI Teluk Youtefa-522 dirancang mengangkut MBT (Main Battle Tank) jenis Leopard milik TNI AD dan tank BMP-3F milik Marinir itu akan berada di jajaran Kolinlamil. 

“Dalam situasi damai bisa untuk latihan bisa untuk angkut pasukan di wilayah Barat maupun wilayah Timur,” ungkap Laksamana TNI Yudo Margono. 

Kapal produksi dalam negeri di PT. Daya Radar Utama (DRU) di Srengsem, Panjang, Bandar Lampung itu diharapkan dapat membantu tugas pokok TNI AL menjaga wilayah maritim Indonesia. 


“Khususnya operasi gabungan yaitu operasi amfibi maupun operasi pendaratan administrasi. Sehingga bisa mengangkut pasukan maupun mengangkut tank Leopard maupun tank amfibi,” ujar orang nomor satu TNI AL ini.

Adapun nama KRI Teluk Youtefa-522 yang diambil dari nama teluk di Jayapura, Papua dan berjenis Landing Ship Tank (LST) itu bisa menampung 360 prajurit dan 120 personel anak buah kapal (ABK). 

KRI Teluk Youtefa-522 memiliki panjang 120 meter, lebar 18 meter, draft 3 meter (full load)  dengan bobot 4.508 ton. 

KRI  Teluk Youtefa-522 memiliki kecepatan maksimum 16 knots, kecepatan jelajah 14,8   knots dan kecepatan ekonomis 13,6 knots dengan kemampuan jelajah sejauh 7.200  nautical miles serta mampu berlayar 20 hari dengan menggunakan dua mesin STX-MAN diesel 4.320   KW. KRI Teluk Youtefa 522 dapat mengangkut 10 unit tank Leopard, 1 unit panser 2 AVBL, 1 unit transporter, dan 2 unit helikopter. 

95 komentar:

  1. Yang takde LST sila tepi kat tandas!

    BalasHapus
    Balasan
    1. BERITA TERKINI
      • Kapal Peneliti China ( Yuan wang 3) bersandar ke dermaga Singapore.
      13 July 2021

      Sumber : https://twitter.com/alert5/status/1414767782369972229?s=20

      Hapus
  2. Tambah lagi kekuatan armada angkut LST.

    BalasHapus
  3. Setelah ini Galangan PT.DRU bersiap bangun OPV 90M.

    BalasHapus
  4. kukira lst milik malon.
    pasti lst malon lebih bagus yaa

    BalasHapus
  5. MANTAP mainan baru lagi Pur Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  6. TNI AL dalam 1 Minggu ni je dah resmikan 3 kapal perang yang terdiri dari 2 Unit kapal KAL yaitu KAL SARUDIK dan KAL PANDANG serta 1 kapal LST yaitu KRI Teluk youtefa 522 MUANTAB yang PRANK selalu tu tepi sikit Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  7. Nah ini baru betul kapal LST yang dirancang khusus untuk mengangkut tank, pasukan dan logistik bukan seperti SEBELAH Tu Kapal Tongkang pun di Klaim sebagai kapal LST dan lagipula kapal Tongkang itu bisa mendaratkan Tank di pantai Pur....??? Pasti tak bisa kan Pur dan harus mencari dermaga dulu untuk mendaratkan tank dan pasukan... Wkwkwkwkw


    Dasar geng PEMBUAL Wkwkwkwkw




    KRI Teluk Youtefa-522 memiliki kecepatan maksimum 16 knots, kecepatan jelajah 14,8 knots dan kecepatan ekonomis 13,6 knots dengan kemampuan jelajah sejauh 7.200 nautical miles serta mampu berlayar 20 hari dengan menggunakan dua mesin STX-MAN diesel 4.320 KW. KRI Teluk Youtefa 522 dapat mengangkut 10 unit tank Leopard, 1 unit panser 2 AVBL, 1 unit transporter, dan 2 unit helikopter.

    BalasHapus
  8. Nah malah mampu mengangkut 2 Helikopter, 1 Helikopter diletakkan di Helipad dan 1 lagi di Hanggar MALON semakin IRI DAN DENGKI guys Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  9. Bagus untuk OMSP, apalagi di wilayah T3 yang rawan bencana

    BalasHapus
  10. Masih kurang sih,butuh 10 LST untuk angkut 100 Leopard. Minimal 40-50 LST biar bisa mudah saat invansi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat ini bukan TNI AL saja yang mengoperasikan kapal LST tapi TNI AD juga mengoperasikan 3 unit kapal LST bro tapi ukurannya masih dibawah KRI teluk Bintuni class

      Hapus
    2. TNI AD jg punya Kapal LST ADRI khusus amgkut tank MBT leopard,

      Hapus
    3. Masih kurang bro, Panser Anoa aja jumlahnya 400-an belum termasuk MBT,MLRS,SPH,IFV,APC lainnya.

      Hapus
  11. Seperti ini yang saya Maksud Pur kapal LST KRI Teluk Bintuni class mampu mendaratkan tank dan pasukan di Pantai dan tidak harus mencari dermaga untuk mendaratkannya Wkwkwkwkw


    Kira-kira kapal Tongkang bisa Mendaratkan tank di Pantai Pur ......???? Wkwkwkwkw




    https://www.airspace-review.com/wp-content/uploads/2020/12/BMP-3F-masuk-ke-KRI-Teluk-Youtefa-768x512.jpg

    BalasHapus
  12. Yang takde LST tepi sikit Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  13. Nah PT daya radar utama dah beberapa kali kapal buatannya sudah cecah air manakala BHIC 1 kapal pun tak siap-siap Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  14. LOL APA KAITANNYA SAMA MALAYSIA DENGAN POST INI WKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya adalah biar malon bercermin....jgn sombomg jgn takabur....ngingngetin ente semua blum bisa buat kapal sendiri gk usah macem macrm...gk usah sok ye

      Hapus
    2. Ya adalah biar malon tdk sembang dan koyak mendunia

      Hapus
    3. Biar malon tau klo buat kapal tu gk mudah...gk asal buat gk asal sambung yg akhirnya malah mangkrak kaaratan

      Hapus
    4. Ada lha kaitannya .. Ini sebuah contoh dari PT. DRU milik swasta, kenapa supaya negeri grade A konon katanya .. bisa bina kapal yang benar tidak seperti Bastard bisa salah potong saja dan supaya pintar .. jangan masih didaratan dengan 3 balon kuning besar sudah diresmikan .. malu nya .. πŸ˜ƒπŸ˜€πŸ˜‚

      Hapus
  15. sesama seagama, sesodara sebangsa (jawa, melayu dll) gak boleh perang. camkan tu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nha trus klo ente d serang sama maloner ente cma diem aj......brti ente tolol

      Hapus
    2. Alchemist ini kalo bukan kadrun yaaaa beruk malaya

      Hapus
    3. Maaf nih. Maen ente kurang lama di medsos. Priode 2006-2010 lg ngapain bro?

      Hapus
  16. BANGUNKAN OPV?BUKANNYA SEBELUM NI WNI DISINI BILANG TNI NGAK PERLU OPV CUMAN PERLU FREGAT DAN KORVET LOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. OPV 90 Meter itu sebenarnya versi mini dari Fregat Martadinata Class,persenjataanya juga sama tapi lebih sedikit.

      Hapus
    2. IRI lah tu OPV Kedah class MALON OMPONG cuma pakai meriam je wkwkwkwkw

      Hapus
    3. Nih video OPV 90 Meter terlihat pakai rudal Exocet Block 3 dan senjata yang persis dengan Martadinata.

      https://youtu.be/MVM2wPWi8Y0

      Hapus
    4. Bung Tomo class tuh udah OPV om,tapi TNI-AL lebih utamakan pengadaan frigate ocean going dulu baharu OPV om

      Hapus
    5. Bung Tomo Class,Diponegoro Class itu sebenarnya masuk OPV dibandingkan corvette.

      Hapus
    6. Bahasa halus aja biar malon iri hati dan dengkinya ngga akut

      Hapus
  17. KADRUN MALAIKAT LAKNATULLAH!!!
    KADRUN HOBBY MAKAN BIPANG!!!

    BalasHapus
  18. Ada yang tahu berapa jumlah total LST yang sudah dimiliki TNI? Mohon infonya. Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 14 aktif tugas, 2 dalam pembangunan, 4 masih sea trial,3 tambahan direncanakan sebelum 2024.

      Hapus
    2. 11 sudah bakal pensiun di 2030-an jadi bakal ada pengganti setelah bintuni class.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Bro mechanize@ jumlah kapal LST TNI AL yang masih aktif adalah 20 unit ( yang terdiri dari KRI teluk Bintuni class,KRI teluk Gilimanuk class,KRI dan KRI teluk Semangka class ) + 4 unit dalam pembuatan ( KRI teluk Palu,KRI teluk Calang,KRI teluk Weda dan KRI teluk Wondama yang merupakan KRI teluk Bintuni class )

      Hapus
    5. Ada beberapa yang sudah mulai dinonaktifkan karena umurnya lebih dari 40-an. Makanya cuma masukin 14 unit karena perkiraan saya beberapa bakal pensiun ke.depannya

      Hapus
    6. Yang 20 unit itu masih aktif semuanya bro kalau yang sudah pensiun dan tenggelam tidak saya masukkan

      Hapus
    7. 1 KRI Teluk Amboina, 4 LST kelas Teluk Semangka, 5 LST kelas Teluk Bintuni.
      Ada juga 11 LSM Type 108 (Teluk Gelimanuk).

      Masih mungkin berkurang tergantung saya ingat atau tidak catat info kapal yg baru pensiun.

      Hapus
    8. yg ditanya total LST TNI gaesz..

      matra laut terbanyak,
      tapi,
      matra darat punya jugak loh LST..uda lebih 1 lusin jumlahnya, yg terbaruw bisa angkut EMBITI..SETRONK dan helikopter haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

      Hapus
  19. Peluncuran KRI.Youtefa 522.
    Sesuatu yg tidak bisa dilakukan galangan di Malon...

    https://www.facebook.com/groups/183021936698489/permalink/328405382160143/

    Kita lihat Gaes tgl.15 July besok 1st cutting utk 2 unit kapal OPV 90m PT.DRU..di sertifikasi oleh Lloyd Register...

    BalasHapus
    Balasan
    1. D kira buat kapal gampang bro nusantara....boleh ngejar teknologi u menghasilkan alutsista sendiri...tpi klo ngejar gk d sertai SDM yg mumpuni y hasilnya kaya malon tu

      Hapus
    2. Kepakaran salah potong memang malon ahlinya

      Hapus
    3. Setelah LST,menyusul juga segera cecah air KCR60M 5 dan 6.

      Hapus
    4. Slow but sure ya @ bro garuda jaya...gk usah cepet cepwt yg penting jadi dan kualitasnya bagus tidak recehan

      Hapus
  20. Masuk Kolinlamil yang mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kolinlamil jakarta atau kolinlamil barat bro

      Hapus
  21. "Nemu komen alay kayak gini yg banyak bertebaran di twitt nya @ahelvas dan banyak tempat lainnya......mereka ini entah alay atau memang belum tau kalo para teknisi di benghar sudah bisa memperpanjang umur airframe sukhoi sampai 500 JT (cukup hanya beli kit nya saja), atau personel AU menghidupkan kembali alat human centrifuge buatan perancis yg bahkan pabrik nya saja sudah tutup 🀷

    Dan masih banyak lagi......"

    >>> @AHelvas
    If we need negotiators the right choice is from our industry company, SOE, and a private company they have knowledge and skill. No one in DoD understands techniques about making and repair planes.<<<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sarkas tidak pada tempatnya brow, mana ada umur Sukhoi sampai 500 juta jam terbang, sekelas F-15EX yang baru aja cuma sampai 20.000 jam

      Hapus
    2. Begitu juga simulator hawk di lanud pekanbaru yg sudah lama "mati" juga bisa diperbaiki sendiri dan bisa operasional sampai sekarang......🀷

      Tapi pengakuan thd kepiawaian para pengawak benghar sangat bergantung dari komando atasnya......apakah lebih senang "maen beli-beli", lebih senang mengontrakkan ke konsultan swasta ataukah justru memperkuat potensi sendiri yg sudah ada supaya semakin handal πŸ€”

      Hapus
    3. Kamu terlalu pandai @entung mbelgedes........JT itu JAM TERBANG ☝️

      Hapus
    4. Memang benar kok pada dasarnya Kemenhan belum sadar sepenuhnya atas MRO pesawat, lha itu dulu kan pas beli Sukhoi kita gak beli fasilitas dan infrastruktur untuk MRO, Malay sama Vietnam punya loh (jumlah jelas mempengaruhi pengambilan keputusan, lha Sukhoi disini walaupun kesiapannya lumayan tapi jumlahnya cuma hitungan jari tangan dan kaki🀷🏻‍♂️)

      Jelas kalau mau bicara negosiasi seperangkat fasilitas MRO, ya sebaiknya konsultasikan sama BUMN/S terkait yang sudah berpengalaman, macam GMF Aeroasia dan PTDI

      Hapus
    5. Ohh JT maksudnya jam terbang, kukira juta maksudnya πŸ™πŸ™

      Hapus
    6. Simulator Hawk disini sudah ada yang bisa bikin, infoglobal lebih dari mampu itu, mereka kan juga sudah supply komponen kokpit Hawk

      Hapus
    7. Intinya "no one in the DoD" kali? Perwira teknis biasanya jabatannya berakhir di mana?

      Hapus
    8. Centrifuge itu juga bisa dibilang sepele, lha tinggal ganti regulator dan motor listrik, komponen macam akselerometer mah banyak yang jualan

      Hapus
    9. "Anda sangat akurat mas @IRS.....itulah kenapa dibentuk lembaga KKIP yg sekarang diketuai oleh famili bu Tin yg juga seorang penggiat twitter 🀣🀣🀣

      Entah apa sepak terjang KKIP saat ini yg nyaris tak terdengar .....tak senyaring twittanya yg bernada menyerang pemerintah (padahal si Johanes ini sekarang sudah digaji oleh negara πŸ€”)

      πŸ‘‰πŸ‘‰πŸ‘‰https://mobile.twitter.com/JSuryoP1

      Hapus
    10. KKIP sudah demisioner mas, sekarang tugas konsultasi dipegang TMI, yang ternyata bikinan Kemenhan sendiri 🀭🀭🀭

      Mau 'melangkahi' aturan di negeri ini, dimana semua pengadaan harus via broker berkedok konsultan/mitra

      Hapus
    11. Betul mas @Entung mbelgedes.....tapi itu kalo yg diputar adalah serum atau material tak bernyawa ☝️

      Tapi pengetahuan ttg human centrifugal, selain menuntut pengetahuan mekanis-elektronis dan programing utk pengendaliannya......tapi juga menuntut pengetahuan ttg aspek FISIOLOGIS manusia ☝️

      Kalo bukan manusia yg diputar .....secara teknis ya cara kerjanya mirip "komidi putar"

      Sampai sebuah perusahaan swasta menawarkan utk menghidupkan kembali human centrifugal ini dg biaya 177 M.......tapi ditangan Pak Dento Priyono (marsekal), alat ini dihidupkan kembali dg biaya hanya 3,5% saja πŸ‘‰πŸ‘‰πŸ‘‰ saat KASAU nya Pak Yuyu Sutisna

      Hapus
    12. Sama saja konsepnya, regulator arus listrik mengatur kecepatan motor, nanti akselerometer di kursi tes akan memberikan feedback ke operator tentang G-Force yang dialami peserta tes.

      Konsepnya sama, scale nya beda

      Hapus
  22. kapal sebesar ini ketahanan belayar hanya 20 hari....???

    kapal LMS yang kecil tu pun ketahanan belayar 15 hari ya guys....wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang guna kapal logistic sila minggir jauh2..


      Wkwkwkkwkwkwkwkkkwkwkwkkwkkkkkwkwkwkwkkwkwkwkwwkwkkwkwkkwkwkkwkwkkwkwkkwkkwkwkwwkwkwkwkwkwkwkwkwwkkwkwwkwkwkwkwkkkwkwkkwkwkkwkwk

      Hapus
    2. Inget.. untuk logistik.. bukan patroli lintas samudera..

      LeMeS bisa angkut tank tak ?

      🧠🀣🀣

      Hapus
    3. LeMeS suruh ngangkut tank? Bah, tanpa load aja cuma 24 Knot cupu, apalagi disuruh angkut tank🀭

      Hapus
    4. Beda azas om,LST guna Raid amphibi bkn cem LMS ompong dan nelayan Nguyen pun tak takut sama LMS ompong om

      Hapus
    5. Gempurwaria layak dapat piala sbg orang tertolol. LST kok diukur dari ketahanan berlatar. Asli gw ngakak.... Kok ada org srtolol ini

      Hapus
    6. Sudah typical dari tok buyutnya, geneticlahπŸ˜€

      Hapus
  23. Kesian tetangga kesayangan...pendaratan tank guna kapal logistik...tak de kepakarankah buat bina kapal sendiri....


    Wkwkwkwkwkkkwwkkwkwkkwkwwkwkwkkwkwkkwkwkwkkwkwwkkwkkkwkwkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkkwkwkwkkwkwwkwkwkwkwkwkwwkwkwkkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwwkkwwkwkkwwkkwkwkwkwk

    BalasHapus
  24. Ada satu negara tak punya LST...bawa tank buat pendaratan pasukan guna tongkang gaez....


    Wkwkkwkkwkwwkwwkkwkkwkkwkwkwkwkwkkwwkkwkwkwkwkwkwkkwwkkwwkkwkkwkkwkkwkwkkwkwkwkkwkwkkwkkwkwkwwkwkkwkwkwkwwkkwkwkkwkwkwkwkwkwkwkwkkkwkkwkwkwwkwkwkwkwkkwkwkwk

    BalasHapus
  25. Kapal LST ini tugasnya mengangkut pasukan, panser, Logistik dan tank Pur bukan untuk patroli Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  26. KAta gemfur..emang ada masalah angkut tank guna kapal logistik??jawabnya g masalah sih,cuman malu saja..keliatan malon tu bodoh,tak punya kepakaran bina kapal sendiri,awas jangan lari dari topik kapal fuuuuuuur....


    Wkwkwkwkkwwkkwkkwkwkwkkkkkwkwwwkkwkwkwkkwwkwkwkwkkwkkwkkwwwkwkwkwwkkwkwkwkkwkwkwkkwwkkwkkwkwkwkkwkwkkwwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwwkkwwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwk

    BalasHapus
  27. Invasi?


    Ckckckckck

    Nggak perlu itu invasi.


    Kenapa kita butuh LST, LPD dan LCU ?

    Bukan untuk angkut ratusan anoa untuk invasi.

    Tapi terutama untuk membantu menanggulangi bencana.

    Negeri kita itu adalah negara kepulauan yang terletak di ring of fire serta di pertemuan lempeng bumi.

    Jadi banyak gempa bumi, gunung meletus, tsunami dll.

    Untuk itu banyak kapal2 pendarat seperti LST dan LCU sangat dibutuhkan untuk mendaratkan bantuan yang sangat dibutuhkan untuk menanggulangi bencana seperti alat berat, truk logistik, genset dll.

    Sedang anoa yang ratusan itu juga bukan untuk invasi melainkan untuk menghadapi ancaman yang sudah masuk ke pulau dan daratan kita seperti terorisme, separatisme, disintegrasi bangsa dan huru-hara.

    Jadi sama sekali bukan untuk invasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang, pasca kerajaan Majapahit, pribumi kepulauan ini sudah mengakhiri petualangan sebagai bangsa penakluk kerajaan lain yg letaknya nun jauh di sana πŸ™„

      Hapus
  28. Ehm, kamsudnya,
    kalo perlu negosiator, bisa ambil dr orang2 inhan, SOE dan perusahaan swasta yg memiliki keahlian.

    Dan tidak seorangpun di Dephan yg mengerti cara membuat dan memperbaiki pesawat.

    Kesimpulan:
    Dephan perlu ngajak orang luar instansi kalo mau nego dgn pihak produsen/penjual.
    -->> Perlu konsultan bro!

    ... agak berbau2 iklan nih 😁


    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan yang nulis memang buka jasa konsultan "think-tank" 🀭

      Wess gak apa-apa, toh 'ngiklan' nya ga mempengaruhi fakta yang dia sampaikan kalau orang Kemenhan rata-rata gak begitu memahami masalah life cycle

      Hapus
    2. Ada yg salah kaprah disini mas @Entung.......para Asrena ketiga angkatan pasti sangat paham ttg menghitung TTLC 🀷

      Tapi kalo mentrinya lebih suka tidak melibatkan user (dalam hal ini ketiga asrena) dan memilih konsultan swasta.......mungkin ini "by design" πŸ€”

      Hapus
  29. πŸ’«✍️ ⛔⛔⛔


    *_STOP BERITA COVID-19_*

    Kuncinya:
    *Bila Terima hapus, terima hapus,....pasti covid akan menghilang krn tdk diperhatikan.*

    Supaya Covid tdk berkembang, kita *_STOP_* kirim berita ttg Covid.
    *Seperti yg di lakukan oleh Timor Leste, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, Australia, dan beberapa negara di Asia lainnya , termasuk Cina. Negara² tersebut melarang warga negaranya berkirim berita berita tentang Covid-19 melalui *_MEDSOS_*
    *MARI MULAI KITA TIRU DAN LAKUKAN STOP BERITA COVID*
    Yang wajib kita jaga adlh: *_IMAN-IMUN-AMIN_ dan patuhi Protokol kesehatan.*
    Abaikan berita dan jangan sebarkan berita Covid yg bikin resah, *_semakin kita resah, semakin mudah terpapar penyakit, apapun penyakitnya_*

    *Kita galang persatuan melawan Civid dengan cara tersebut.*

    *Kasihanilah bagi yg imunnya lemah akan menambah, stress...itu salah satu sebab mdhnya terkena penyakit.*

    *Kirim/share sebyak2nya kabar *STOP COVID* *kpd teman, sdr, & handai taulan*
    Sekedar membagi info
    πŸ™πŸ™ Lanjutkan.....!!!

    BalasHapus
  30. Gak tau kenapa tiap membahas ttg @lobster_merah, TMI dan @mari_berteman selalu muncul mahluk ini ☝️

    BalasHapus
  31. Malon nak guna kapal Tongkang bunga mas lima untuk Hantar Tank Pendekar Kontet??



    🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  32. My name is Fajar. I live in  Bedono in Central Java   I was in a very chronic financial issue and terminal health situation some few weeks back. After all my search for assistance from friends and neighbors proved abortive, I feel there was no one who truly cares. I became so exhausted due to lack of funds to expand my business and my 2 kids aged 5 and 8 were also not good looking due to lack of proper care as a result of finance. One faithful morning I saw an old time friend of my late husband and I told him all I have been going through and he said the only way he could help was to direct me to a good loan officer in USA that also helped him, He explained to me on how he was financially down and how he got boosted by this loan officer ( Mr Pedro   who grant him 7,000,000.00 USD loan at an affordable rate of 2% rate . He further assured me that they were the only legit loan firm he found online. He gave me their email &  That was how i applied and was also granted a loan and my life changed for the good. CONTACT THE ONLY GENUINE LENDER Mr Pedro VIA    Email:    pedroloanss@gmail.com  to resolve your financial mess.  

    BalasHapus