BCM 4 akan diberinama KRI Balongan 908 (photo : BatamClick)
PT Batamec Shipyard – TNI AL Resmi Luncurkan Kapal BCM 127 M
Batamclick.com, Batam – Tentar Nasional Infonesia Angkatan Laut (TNI AL) bersama dengan PT Batamec Shipyard meluncurkan 1 unit kapal jenis BCM (Bantu Cair Minyak) dengan panjang 127 Meter di Slipway PT Batamec Shipyard, Tanjung Uncang, Kota Batam, Jumat (2/9/2022), yang diluncurkan langsung oleh Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut (Aslog KASAL), Laksmana Pertama (Laksma) TNI Agus Santoso.
Kapal BCM buatan anak bangsa yang nantinya akan diberi nama KRI Balongan, akan diperuntukkan untuk pengangkutan BBM di Komando Armada III (Koarmada III) di wilayah Papua. Dan kapal ini merupakan kapal BCM keempat yang dimiliki oleh TNI AL, yakni KRI Bontang, KRI Tarakan, dan KRI Balongan.
Laksamana Muda TNI A.R. Agus Santoso menjelaskan bahwa kapal BCM yang telah dimulai pembangunannya sejak tahun 2020 lalu ini memiliki kapasitas tangki Kargo total sebesar 5500 ton yang digunakan untuk membawa bahan bakar, dan Air tawar.
Akan ditugaskan di Koarmada 3
“Kapal BCM atau tanker ini akan menyuplai kapal-kapal operasi di Armada 3 Papua, kapal ini memiliki kapasitas angkut hingga 5500 ton,” ujar Agus kepada awak media usai peluncuran kapal BCM, Jumat (2/09/2022) di Batamec Shipyard, Tanjung Uncang, Batam.
Lanjut dikatakan Agus, TNI AL membutuhkan enam Kapal BCM untuk melayani suplai bahan bakar dan air tawar kapal-kapal patroli yang ada di laut. Saat ini baru ada 4 unit, itupun satu kondisinya tidak memungkinkan lagi, sehingga akan digantikan oleh kapal BCM buatan PT. Batamec Shipyard.
”Saat ini TNI AL terus melakukan modernisasi Alutsista, salah satunya adalah KRI. Dalam proses pembangunan kapal, TNI AL mempercayakan pada perusahaan dalam negeri seiring dengan semakin menggeliatnya industri galangan kapal nasional, salah satunya PT Batamec Shipyard.
“Kami berharap PT Batamec mampu meningkatkan mutu serta kemampuan dalam membangun kapal perang produksi dalam negeri yang berteknologi tinggi sehingga PT Batamec bisa menjadi referensi TNI AL untuk menjalin kerjasama di masa mendatang,” tutur Agus.
Ditempat yang sama President Direktur PT Batamec Shipyard, Maya Miranda Ambarsari, yang diwakilkan Dr. Dolly A Prameswari, Direktur Keuangan PT Batamec Shipyard menjelaskan bahwa Kapal BCM 127 meter ini merupakan kapal BCM kedua yang dibuat Batamec, dan secara total pihaknya sudah mengerjakan 12 kapal pemerintah.
”Kapal BCM ini merupakan kapal kedua yang kami bangun untuk kebutuhan TNI AL. Kami akan menjaga kepercayaan ini, semoga semua berjalan lancar, tepat waktu, dan tepat mutu sehingga dapat mendukung kegiatan operasional TNI AL, ujar Dolly.
Dijelaskan Dolly, kapal BCM 4 ini merupakan kapal bantu yang memiliki fungsi untuk megirimkan dan mengisi bahan bakar minyak (BBM) serta akomodasi lainnya seperti Air Tawar dan Kebutuhan makanan termasuk hal-hal yang diperlukan oleh kapal-kapal TNI AL yang sedang bertugas menjaga keamanan laut nusantara.
KRI 905 Tarakan 905 (photo : TNI AL)
”Kapal ini memiliki fungsi RAS atau Replenishment at Sea yang memungkinkan untuk mentransfer bahan bakar, Air tawar dan kebutuhan yang berbentuk solid ke kapal lain sambil berlayar beriringan. Selain itu, kapal ini juga memiliki stasiun pengisian bahan bakar Helicopter yang memungkinkan untuk melakukan pengisian bahan bakar helicopter di laut. Kapal ini memiliki dimensi panjang keseluruhan 127 m, Lebar 16 m, Tinggi sekitar 30 m dan Draft 6.15 m,” jelas Dolly.
Secara rinci, kapal ini memiliki kapasitas tangki Kargo total sebesar 5500 m3 yang digunakan untuk membawa bahan bakar, dan Air tawar serta 2 kontainer berpendingin yang digunakan untuk membawa suplai makanan dan 1 kontainer untuk membawa suplai bahan makanan kering. Kapal ini dapat mengakomodasi total 102 personel dengan rincian 80 personel awak kapal utama, 6 personel Awak Helicopter dan 16 personel pasukan tambahan. Kapal ini memiliki 2 buah mesin berkapasitas 7577 hp, kapal ini didesain untuk dapat mencapai kecepatan hingga 18 Knot. Selain itu, kapal ini juga memiliki 3 set generator listrik dengan kapasitas 550 ekW untuk memenuhi seluruh kebutuhan listrik operasional kapal.
Penyempurnaan Desain
Pada Kapal BCM 4 kali ini dilakukan beberapa pennyempurnaan desain dari generasi sebelumnya yakni pada bagian lambung (Hull), Sistem Penggerak (Propulsion system) dan Ruang Kemudi (Wheelhouse), pada bagian Lambung kapal BCM 4 ditambahkan Bulbous bow atau pemecah ombak di bagian depan sehingga membuat kapal dapat bergerak lebih stabil di laut lepas yang memiliki gelombang laut yang tinggi.
KRI Bontang 905 (photo : Tempo)
Kapal ini dapat meningkatkan Efisiensi Konsumsi Bahan Bakar saat beroperasi di laut, dimana pada bagian system penggerak kapal ini mendapatkan penyempurnaan di bagian Propeller yang mana digenerasi sebelumnya menggunakan Fixed Pitch Propeller (FPP) namun pada BCM 4 ini menggunakan Controllable Pitch Propeler (CPP).
Penyempurnaan ini memungkinkan kapal untuk merubah sudut kemiringan dari daun baling-baling (Pitch Propeller) Kapal. Sehingga kapal dapat beroperasi dengan kecepatan yang lebih bervariasi tanpa harus merubah kecepatan putaran (RPM) mesin yang diharapkan memperpanjang usia mesin kapal dan meminimalisir kerusakan mesin yang dapat terjadi karena naik turunnya putaran dan daya mesin.
Terakhir, peningkatan dilakukan pada Ruang kemudi atau anjungan kapal yang dapat melihat dengan sudut pandang 360 derajat dimana di kapal generasi sebelumnya hanya memiliki sudut pandang 180 derajat, sehingga memungkinkan para juru mudi dan petugas di anjungan untuk bisa memantau area sekeliling kapal dari anjungan.
Pertamax turbo......
BalasHapusJalesveva Jayamahe .......
Hapus========malon... tepi sikit ke katil bocil.....sana....
Mantap betul, sebelah boleh tengok aset milik jiran je wkwkwk....
BalasHapusasyyyiiiikkkk SELAMAT KOARMADA 3, dapet ASET BARUW haha!πππ
BalasHapusskalian PROMO donk mayan bikin FANAS warganyet jiran Lagi aahhh
Jadwal kedatangan yg uda kontrak alias BELI bukan "AKAN" apalagi SEWA cem KL haha!π€π€π€
2023
✅c-130 SUPER J
✅heli EC-725
✅kapal VVIP
✅prototaip BORAMAE
✅medium tank
✅pandur
✅radar LEONARDO
✅pesawat AMFIBI KANADA
✅kapal anti ranjau MCM Jerman Abeking & Rasmussen
2024
✅c-130 SUPER J
✅heli EC-725
✅kapal OPV-95m
✅T-50i golden eagle
✅pesawat AMFIBI KANADA
2025
✅frigat ah-140-indo uda peluncuran yaa gaesz haha!π€π€π€
✅c-130 super j
✅T-50i golden eagle
2026
✅rafale
✅atlas
PESTA terus kita haha!π₯³π₯³π₯³
sementara jiran seblah gak SHOPPING SOPING...puter2 teruuussszzz tanpa hasil
JOM KEFANASAANNNNN LAGGIIiii haha!π₯π₯π₯
KOARMADA III,
BalasHapussemakin kuat dapat ASET BARUW lagi, mantap haha!πͺπͺπͺ
2 PC 60 meter uhuuyy BARUW haha!π₯³π₯³π₯³
1 tanker 127 meter BARUW haha!π₯³π₯³π₯³
eiiittt...stok kapal angkatan laut yg BARUW masi ada
LST, BRS dan KCR 60 meter serba baruw...
spertinya smuanya dipersiapkan buat dikirim ke koarmada 3, makin lengkap cuy
wahhh pake rudal di timur makin tajam pager kita gaesz uhuuyy haha!πππ
Yang belum terisi tinggal Satsel dan Satran.
Hapusnyoih om irs,
Hapuspnasaran satsel bakal bermarkaz dimana tuch?
denger2 ada markas goib disana buat hiu kencana haha!π»π»π»
betewe lanudal biak uda pake cn-235 mpa blom siy?
pengennya namba lagi di merauke... rame ktnya haha!πππ
Cn 235 mpa buat patroli yg isi dari TNI AU skdrn 27 biak.....cn 235 TNI AL skdrnnya masih di Lanudal Juanda.
HapusHuaseem itu tetotnya πππjengat kayak gitu keliatan perkasa banget π€£π€£π€£
BalasHapusIyo, peli-ne gede men..
Hapusπππ
EWW,itu tho yg namanya PELI-NE GEDIππ
HapusFungsinya buat ngecrot'in didalam NGANUπ€π€π€
Ini buatan tempatan dan bukan SEWA cem sebelah ya ngoahahaha
BalasHapusIni BUATAN dalam negeri @MAT PIT
HapusBukan buatan negeri sebelah YG CUMA NAK AKAN BELI VERSI TERBARU π€£π€£π€π€
"Saat ini baru ada 4 unit, itupun satu kondisinya tidak memungkinkan lagi, sehingga akan digantikan oleh kapal BCM buatan PT. Batamec Shipyard"
BalasHapusTanda2 KRI Sungai Gerong 906 mau pensiun? Atau yg dimaksu KRI Arun 903?
Awal tahu KRI Tarakan dipindahkan dari Satban Armada III ke Armda II.
Yg gde2 gantinya hrs gde2 jg om irs, masa yg gocenk haha!π€π€π€
Hapushrs bikin baruw lagi yg setara kri 903
mnurut om irs berapa kebutuhan tanker logistik yg hr dipunyai al
Ambil patokan tahun '65 saja, 11 kapal. Mau lebih realistis paling 3 per armada.
HapusMau setara KRI Arun ambil desain Tide-class BMT versi 8000 m3. Dijamin setara, standar RFA walaupun lebih kecil.
200 meter..wusyaaah gde amat om, dulu guwe naik ke tanker indihe, ins jyoti dr haluan ke buritan rada pegel yak, 178 meter pas cek..pantesan haha!π΅π«π΅π«π΅π«
Hapusberhubung kite blum punyak kapal induk/LHD..keknya blum perluw haha!π€π€π€
mungkin disamaiin ajah dl om, ato naikin150m, cucoklah buat nyusu frigat2 raksasa kite ntar
Yang 200 m kapasitas 24000 m3, beli yang kecilan lah.π
HapusVersi 8000 m3 panjangnya hanya 145.6 m. Tanker 175 m, kalau tidak salah antara 12000 - 18000 m3, jadi kayaknya masih overkill juga.
200 m nanti susah parkirannya...wkwkkkk
HapusSebelah tak de aset kapal hantar logistic dan minyak tepi sikit kat bucu katil ngoahahaha ππ€£
BalasHapusAdanya KAPAL YG CUMA BISA HANTARKAN CONTENA @MAT PIT
HapusOrang kaya shopping lagi guys,tak cem sebelah sepi shopping, miskin keh ngoahahaha
BalasHapusKita negara MISKIN @MAT PIT katanya GEMPURWARIA
HapusNEGARA KAYA ITU SEWA BUKAN BELI
KAYAK NEGARA BERUK SEBELAH π€£π€£π€£π€£
NEGARA KAYA ITU :
Hapus1. 48 PESAWAT HILANG
2. 2 MESIN JET TEMPUR HILANG
3. LCS MANGKRAK
4. OPV MANGKRAK
5. LMS LEMES
6. HIBAH KEMERDEKAAN
7. BAYAR UPETI 999 TAHUN
8. TANK TIRUAN MOGOK
Masih kurang
HapusTAHUN 1997 KETIKA ada negara yg mencoba MERIAM CAESAR 155
Tapi sampai sekarang tak beli-beli
π€£π€£
US pun ikut diprank SAMA negara BERUK sebelah
HapusKETIKA dikasih HIBAH/gratisan MERIAM M109 -4 tapi yg dikasih (MALONS) malah minta sama SAMA yg NGASIH (US) untuk diupgrade KE STANDAR M109-7(PALADIN)
HABIS GITU KALAU SUDAH JADI SURUH NGANTERIN PULA KE NEGARA BERUK MALONS π€£π€£π€£
TETEP DITOLAK LAHπ€£
DIKASIH GRATISAN MALAH NGELUNJAK
TAMBAH OM..... KEPEPET BILANG SERUMPUN KETIKA LEBIH DIKIT INJAK NGELUNJAK!!!!!
Hapusowhh Bulbous bow guwe pikir airbag nyasar, abisnya gde beud mana ngacunk keatas haha!πππ
BalasHapusfremm amrik malah gak pake bulbous, katanya spy lebih ngebut.
NEGARA KAYA VERSI GEMPURWARIA BERUK MALONS
BalasHapus-NEGARA KAYA ITU HARUS SEWA BUKAN BELI
-MERIAM KECIL 105 TARIK LEMBU LEBIH HEBAT DARI PADA MERIAM BESAR SPH 155
-PESAWAT HIBAH MSA LEBIH CANGGIH DARIPADA PESAWAT MPA
-KAPAL KOPONG DAN LELET(LEMEZZ)TAK ADA SENJATA LEBIH HEBAT DARI PADA KAPAL YG MISILE AND RADAR CANGGIH (KRI 60M) DIKARENAKAN DAYA TAHAN KAPAL DILAUT LEBIH LAMA
ITULAH VERSI GEMPURWARIA CIRI CIRI NEGARA KAYA π€£π€£π€£
numpang nambain om:
Hapusharus punyak kapal mangkrak
minimal buat musium darat om haha!π€£π€£π€£
beli pesawat tak perlu enjin, jimat kos katanya haha!π€π€π€
Teringat proyek kapal tanker ukuran 97M negeri wakanda yg terbengkalai Krn perusahaannya bangkrut..upsπ€π€π€
BalasHapusYa elahh warga PACEEEBOOKKK masih sakit hati ni Yee.
HapusNgapa ,jatah nasi bungkus dah Habis kahπ€£π€£
Sono Dateng ke KEMUKUS buat ngambil nomer ANTRIAN
Koarmada 3 cuma di isi kapal Sekelas PC 40,sungguh miris
BalasHapusMintanya diisi NASI BUNGKUS ATAU APA
Hapusπ€£π€£
KALAU NASI BUNGKUS NGAMBIL SONO SI KEDAI UNCLE MUTOOOO
Nanti diisi dengan KEPALA LOE
HapusUnknown 5 September 2022 15.30
BalasHapusTeringat proyek kapal tanker ukuran 97M negeri wakanda yg terbengkalai Krn perusahaannya bangkrut..upsπ€π€π€
____________________________________
EITS.... ADA ASU yg masih mengenang BMC 97M..
Padahal ini LEBIH CANGGIH, CANTIK DESIGNnya n LEBIH BESAR LAGI.
127 METER ππππππππππππ
TAPI MASIH TAK BISA MELUPAKAN YANG 97M tolol yg hakiki.
Tolol
πππππππππ
Unknown 5 September 2022 15.30
BalasHapusKoarmada 3 cuma di isi kapal Sekelas PC 40,sungguh miris
____________________________________
NANTI ADA TAMBAHAN LAGI NYET.
KEPALA LOE.. Buat hiasan dermaga
Sejak 2012-2022 : sudah 10 tahun tp belum siap2,menghina Jiran Krn lcs mangkrak lah negerinya sendiri pun sama Ibarat Gajah di depan mata tidak tampak, semut di seberang lautan tampak,wkwk
BalasHapusKlo gempur tahu ini bisa dijadikan bahan troll ini Wkwkw
UPS
HapusLAGI KEHABISAN SABU YA NYET.
ASIK 127 METER BCM BARU..
EITHER ADA YANG TOLOL NIH
TOLOL macam OTAK KONTOL
ππππππππππππ
Bedanya mangkrak sebelah itu karena salah potong bukan
HapusIndikasi cakar2 an dan rebutan remah2 antara bns, oems dan kerajaan.
BalasHapusTadinya saling menutupi sekarang saling buka borok masing2
saatnya Juragans besi bangkai kapal madura nyari utangan di BRI
HapusGeng MALON pasti sembunyi di bucu katil karena TERSAKITI dengan berita kapal baru buatan INDONESIA .. wkwkwkwkwkwkwkwkwk
BalasHapusKapal LCS 12 tahun dan OPV MALON mana ???.....BERKARAT ya.. wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk
Manakala negara PEMBUAL buat kapal sekelas OPV saja mesti MANGKRAK...
BalasHapusApa lagi buat kapal TANKER dengan teknologi canggih guys .. wkwkwkwkwkwkwkw
KASIHAN MALON.. wkwkwkwkwkwkw
Selepas LCS, Kini Status Kapal OPV APMM Pula Jadi Tanda Tanya
21 Agustus 2022
IPOH: Ketika isu skandal kapal tempur pesisir pantai (LCS) milik TLDM hangat dibahaskan sekarang, kelewatan penyerahan kapal peronda luar pesisir (OPV) milik Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) pula menimbulkan kebimbangan umum projek ini juga berdepan masalah serupa.
Ini kerana kelewatan pembinaan OPV tidak sepatutnya berlaku setelah TH Heavy Engineering Berhad diberi satu tempoh yang lama untuk menyiapkan kapal-kapal berkenaan.
Pada masa yang sama, ia juga mencetuskan persoalan mengapa projek berskala besar seperti itu dianugerahkan kepada sebuah syarikat yang berhadapan dengan masalah kewangan.
Difahamkan, APMM sepatutnya menerima sebuah kapal OPV bulan ini setelah kerajaan memberi lanjutan sehingga 18 bulan kepada syarikat TH Heavy Engineering untuk menyiapkan tiga kapal OPV berkenaan.
Berdasarkan laporan media pada Jun lalu, APMM memaklumkan agensi itu tidak menerima kapal OPV ekoran beberapa masalah tertentu.
Laporan media itu turut memaklumkan, TH Heavy Engineering yang diklasifikasikan sebagai PN17 kini menanggung kerugian terkumpul RM629.8 juta dan hutang sebanyak RM165 juta, namun memiliki aliran tunai RM27.5 juta untuk membantunya menyiapkan kapal OPV berkenaan.
Penganalisis Pertahanan, Muhammad Fuad Mat Noor berkata berkata, sebagaimana amalan penganugerahan kontrak kerajaan perlu melalui tapisan pemilihan yang ketat, apatah lagi jika melibatkan aset-aset keselamatan.
Katanya, ini termasuk kekukuhan kewangan syarikat serta pengalaman dalam melakukan bidang kerja tersebut.
"Berbeza dengan pembinaan kapal tempur pesisir (LCS) Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM), kapal-kapal OPV ini sekarang telah hampir siap dan sepatutnya boleh diserahkan kepada APMM untuk proses selanjutnya.
“Kita tidak mahu berlaku sepertimana nasib TLDM dalam isu kapal tempur persisir (LCS) apabila sebuah pun masih belum siap, ia amat mendukacitakan.
“Kapal-kapal OPV ini juga merupakan sebahagian daripada usaha kerajaan untuk memperkasakan kedaulatan maritim negara," ujarnya kepada DagangNews.Com.
Mengulas lanjut kata Muhammad Fuad, masalah-masalah yang menyebabkan kelewatan pembinaan perlu disiasat oleh kerajaan khususnya Kementerian Kewangan demi wang awam yang dibelanjakan serta kepentingan negara.
Tegasnya, isu pembelian kelengkapan keselamatan seperti kapal OPV juga bukan sesuatu yang perlu disembunyikan kerana rakyat berhak untuk diberitahu.
"APMM amat memerlukan OPV kerana kapal ini besar dan boleh belayar untuk jangka masa lebih lama kerana fungsinya sebagai kapal induk kepada kapal kecil lain.
"Kehadiran kapal-kapal OPV di perairan negara kelak dapat menghindar anasir-anasir luar yang cuba menceroboh," ujarnya.
INDONESIA terus menambah kapal BARU buatan dalam negri....
BalasHapusManakala negara MISKIN masih menggunakan aset USANG dan TUA karena budget CIPUT..... Wkwkwkwkwkwkwkwk
Pejuang Sulu pun gelak... wkwkwkwkwkw
DEFENCE SECURITY ASIA) – Sebanyak 75 peratus daripada 44 buah kapal yang dimiliki oleh Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) pada ketika ini dikategorikan sebagai sudah “berusia” dengan ada di antaranya telah berkhidmat selama diantara 40 hingga 50 tahun.
Panglima Armada Barat TLDM Laksamana Madya Datuk Abu Bakar Md Alis berkata, TLDM amat memerlukan kapal-kapal yang baru untuk menggantikan kapal-kapal yang telah berusia itu.
“Sebagai contoh, kapal peronda laju (Fast Attack Craft) yang beroperasi di Pangkalan TLDM Kuantan, semuanya sudah mencecah usia 50 tahun. Dalam erti kata (kapal-kapal) TLDM sudah lebih usianya,” katanya sebagaimana dipetik oleh media tempatan hari ini.
Beliau ditemui oleh pemberita di Pangkalan TLDM di Lumut selepas menyambut kepulangan kapal KD Lekir daripada menyertai latihan maritim terbesar dunia, “Rim of the Pacific 2022” (RIMPAC 2022) anjuran Tentera Laut AmerikaSyarikat yang berlangsung di perairan sekitar Hawaii baru-baru ini.
Kegagalan memperolehi kapal-kapal baru untuk menggantikan kapal-kapal yang berusia atau (asset recapitalisation) memaksa TLDM melakukan proses “kitar semula” atau memanjangkan hayat kapal-kapal yang berusia itu.
Abu Bakar berkata, usaha “kitar semula” itu terpaksa dilakukan kerana tempoh operasi tinggi yang terpaksa dilalui oleh kapal-kapal TLDM.
Katanya,tempoh operasi kapal yang tinggi memerlukan TLDM sentiasa melakukan proses penyelenggaraan kapal dengan segera.
Beliau memberi contoh KD Lekir yang baru pulang dari Latihan RIMPAC 2022 yang perlu melalui proses penyelenggaraan singkat sebelum ia bersedia untuk misi operasi yang lain.
Untuk pengetahuan, kapal korvet KD Lekir milik TLDM yang ditauliahkan dalam perkhidmatan TLDM pada 1984 sudah berusia 38 tahun.
Namun,walau sudah berusia 38 tahun KD Lekir masih berupaya dan ketika RIMPAC 2022 diberi tanggung jawab untuk menembak peluru berpandu “Exocet MM40”, sekaligus menjadikannya sebagai kapal perang TLDM menembak peluru berpandu di luar perairan Malaysia.
Beberapa hari lepas, Panglima Markas Pemerintahan Armada Timur Laksamana Madya Datuk Sabri Zali yang ditemui pemberita selepas majlis penutup latihan OSTEX East di Sandakan juga menyebut benda yang sama.
Menurutnya, TLDM diperakui kekurangan kemampuan, kekuatan dan aset-aset untuk menangani konflik maritim disebabkan ada di antara kapal-kapalnya “sudah berusia” 40 tahun dan berada dalam keadaan yang usang.
Katanya, aset-aset milik TLDM sudah jauh ketinggalan berbanding tentera-tentera laut negara jiran seperti Singapura, Thailand dan INDONESIA
Oleh kerana itulah program pembinaan enam buah kapal Littoral Combat Ship (LCS) perlu diteruskan kerana TLDM memerlukan kapal-kapal perang itu untuk mempertahankan kedaulatan perairan negara.
“Tanpa aset-aset kombat ini (enam buah kapal LCS), kita tidak akan berkemampuan berbuat apa-apa apabila berlakunya konflik maritim. Saya bersikap berterus-terang berkenaan perkara ini, tidak ada apa yang mahu disembunyikan.”
“Seluruh dunia tahu mengenai kemampuan kita, lebih baik kita mengakuinya,” kata beliau secara berterus-terang. — DSA
Harga lms kd wuhan $64 juta perekor padahal kapalnya sekelas pc70 kosongan lg.
BalasHapusSedangka ssv tarlac class cuma $46 juta perbiji segede gaban, 123m, lengkap cms, tambah 2 rhib dan 2 lcv.
Belum seberapa om....tuh 48 PESAWAT hilang tapi biaya penyimpanan dan perawatan tetap jalan....LCS belum jadi satu pun......
HapusKapal OMPONG sudah mampu buat geng PEMBUAL merasa paling kuat guys... Wkwkkwkwkwkw
BalasHapusMau minyak tinggal minta aja lon
HapusLeMeS kapal OMPONG, pakai Baja Truck Milo... wakakakakakak
HapusKapal LCS ompong bila cecah air ngoahahaha
HapusPasti geng INDON tak tahu yang pesawat pejuang dan helikopter MALAYSIA mampu membawa misil anti kapal kan... Wkwkkwkwkwkw
BalasHapusLMS bisa bawa rudal?
HapusLol
Nuri bisa bawa rudal?
HapusLol
Emang brp ekor yg bs terbang ?
HapusPesawat pejuang dan helicopter usang dibanggakan lon malon aq berani taruhan kesiapan tempurnya palijg cuma 10-20 % plus rudal/missile nya expired.....mau ditembak sayang jimat ongkos gak bisa beli lagi.. cuma huat bluffing saja...dan cakap bual saja...
HapusGempurwaria Raja Bual... wakakakak..
HapusGempurwaria Membual Babipun Terbang.. wakakakak
Saya rasa ke depan Terafulk bisa design kapal LHD yg spek nya sesuai kebutuhan AL
BalasHapusKL punya brp kapal minyak nih?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus
BalasHapusATI-ATI GUYS ADA SETAN sih tukang PELANGGARAN HAM atau TAK PERDULI KEMANUSIAAN.
INI SETANNYA
πππππππππππππππππππππ
GEMPURWIRA 18 Agustus 2022 21.08
Kapal OMPONG makanan ringan misil Harpoon je... Wkwkkwkwkwkw
πππππππππππππππππππππππ
MALON MISKIN.. wakakakakak
BalasHapusTLDM OMPONG NAVY.....wkwkwkwk
BalasHapusKonon katanya negara maritim..bikin kapal pon rosak dan tidak bisa cecah air...tamadun malaybangla hanya kuat MEMBUAL...
Lms $64 juta dapat kapal 70m, slowpog, thin corosive plate, ompong kopong, tanpa cms cma radio & radar maritime sj.
BalasHapusKalo indo harga segitu sudah dapat corvete 75+,full speed 30knot up , full armament terpedo sam & ssm, Cms ready.