05 Juni 2024

PT PAL Indonesia Menandatangani MoU Strategis dengan Naval Group untuk Meningkatkan Kapabilitas dan Jangkauan Pasar

05 Juni 2024

Penanda-tanganan MOU PAL-Naval Group di Cherbourg, Prancis (photo: PAL)

Cherbourg, Perancis, (4/06)  – PT PAL Indonesia dan Naval Group telah mengambil langkah signifikan untuk memperkuat kemitraan strategis mereka dengan menandatangani Nota Kesepahaman (MoU). Agenda penandatanganan yang berlangsung di Galangan Kapal Selam Naval Group, di Cherbourg, Perancis ini dilaksanakan oleh Chief Marketing Officer (CMO) PT PAL Willgo Zainar, dan Vice President Sales Director for Asia Pacific Naval Group, Nicolas Hersart de la VillemarquΓ©.

MoU ini menandai momen penting bagi kedua perusahaan, dengan tujuan meningkatkan kapabilitas bersama dalam meraih pasar potensial dalam dan luar negeri. Kemitraan ini didasarkan pada kontrak yang telah ditandatangani sebelumnya dengan Kementerian Pertahanan RI, untuk pembangunan dua unit kapal selam Scorpene Evolved Lithium-Ion Battery. Kapal selam ini akan sepenuhnya diproduksi di fasilitas hanggar kapal selam milik PT PAL di Surabaya, Indonesia.

Melalui penandatanganan MoU ini membuka jalan dalam kolaborasi yang lebih mendalam di luar konstruksi kapal selam. Salah satu proyek utama yang disoroti dalam kemitraan ini adalah pengembangan Fregat Multi Misi Belh@rra (FDI). Fregat FDI, sebagai salah satu fregate dengan teknologi dengan persenjataan terbaik di dunia.

“Kolaborasi ini akan memungkinkan PT PAL Indonesia untuk memperoleh keahlian dalam teknologi modern dan terbaru kapal perang permukaan , sehingga menjadikan PT.PAL  mitra lokal strategis bagi Naval Group di Indonesia” ungkap Willgo Zainar.

Spesifikasi fregat FDI/Belharra class (image: Naval Group)

Willgo turut menambahkan bahwa “ke depannya, PT PAL akan mendapatkan Transfer Teknologi (ToT) penuh untuk desain kapal lengkap dengan teknologi tinggi dan modern serta manajemen pembangunan kapal fregat secara digital. Hal ini akan meningkatkan kapabilitas PT PAL dalam membangun kapal fregat canggih dan bersaing di pasar global”.

Kemitraan strategis ini diharapkan dapat memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Perancis, khususnya di sektor pertahanan. Kerja sama yang terus ditingkatkan ini diharapkan dapat memenuhi jawaban atas penguasaan teknologi Alutsista serta menjajaki peluang pasar global. Dengan mendorong kolaborasi ini, baik PT PAL maupun Naval Group berkomitmen untuk berkontribusi pada stabilitas dan keamanan regional.

Willgo Zainar  turut menekankan keuntungan dalam kolaborasi ini bahwa, “Kesepakatan ini tidak hanya meningkatkan kapabilitas teknis kami tetapi juga memperkuat posisi kami di pasar pertahanan global. Kami sangat bersemangat tentang peluang yang akan dibawa oleh kemitraan ini dalam hal kemajuan teknologi dan jangkauan pasar”.

Saat PT PAL dan Naval Group memulai kemitraan yang ditingkatkan ini, kedua perusahaan siap mencapai tonggak pencapaian penting di sektor pertahanan angkatan laut, mendorong inovasi, dan mendorong pertumbuhan jangka panjang.

(PAL)

96 komentar:

  1. Balasan
    1. GAS keun... Belhara class
      Mahal di atas level Gowind...tawarannya menarik 1 unit di buat di Naval..2 unit dibuat di PT PAL.

      Hapus
    2. Tawaran FREMM Italia jadi tidak menarik...6 Kapal tapi semua unitnya di buat di ficantieri.

      Kecuali ficantieri tawarkan proposal baru yang menarik.

      Hapus
    3. Om Tupez:

      tampaknya KEMHAN INDONESIA sedang MELEMPAR UMPAN kepada FINCANTIERI untuk PROJECT FREMM yang 6 unit itu harus ada yang diproduksi lokal PT. PAL.

      Jika FINCANTIERI TIDAK REVISI PROPOSAL , maka:

      >>> NAVAL GROUP SEMAKIN GIAT MEN-TAKE OVER PROPOSAL FINCANTIERI dengan MENAWARKAN FREMM ala PRANCIS dengan sebagian unit dibuat di PT PAL.

      >>>kan FREMM PRANCIS UDAH SANDAR DI PRIOK BULAN LALU....itu CLUE-nya...

      Jika Pizza tidak TERSEDIA maka Baguette pun TERSAJI kepada INDONESIA.

      Hapus
    4. Biasa om bakul itu salah satu trick...
      Selain untuk menekan harga biar bersaing.
      Biar Industri galangan kapal kita maju dapat ToT + berproduksi terus alias menghidupkan dapur PT.PAL.

      Hapus
    5. ntar proyek diajukan yo to terus ngantri lagi.., belom antrian FREMM fincanteri sudah tunggu tahun yo to pengajuan.., mungkin sama scorpene waktunya, kelar.. si jepun mogami sekarang jepun lagi inovasi buat diajukan katanya, ditambahini PO dari NG... tambahlagi.. banyak proyek tinggal semua itu political will nya pemerintah..

      Hapus
  2. PSSSST...PASTI ADA YANG TERSAKITI


    πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‡²πŸ‡Ύ πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”
    🀣🀣🀣🀣🀣


    BHUAHAHAHAHA...

    BalasHapus
  3. LCS DIBAYAR 6 JADI NOL = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
    ---
    NGPV DIBAYAR 27 JADI NOL = Najib berkata, Limbungan TLDM dikorporatkan kerajaan pada 1991 sebelum dijual kepada syarikat swasta Penang Shipbuilding & Construction Corporation(PSC) untuk menjadi syarikat PSC-Naval Dockyard pada 1995. Pada tahun 1998, kerajaan memberi kontrak pembinaan untuk 27 kapal NGPV dengan anggaran bajet RM30 bilion kepada syarikat swasta itu. Fasa pertama membabitkan pembinaan enam kapal pertama dengan kos RM6 bilion. "Namun kontrak ini gagal dan tiada satu kapal pun diserahkan oleh PSC-Naval Dockyard
    ---
    LCS BAYAR HUTANG LAPUK NGPV = seperti didedahkan Jawatankuasa Kira-kira Wang Negara (PAC) dan CEO LTAT, syarikat BNS menggunakan RM400 juta daripada bayaran pendahuluan bagi projek LCS untuk menjelaskan hutang lapuk bagi projek NGPV,"
    syarikat PSC-Naval Dockyard pada Disember 2005 sebelum dijenamakan semula menjadi syarikat Boustead Naval Dockyard Sdn Bhd
    ---
    OPV DIBAYAR 3 JADI 1 = THHE BANGKRUT : Offshore fabricator and shipbuilder TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13.
    ============================
    TIADA MATERAI LMS SPH ..........
    TIADA PEROLEHAN ASET UTAMA SEMASA DSA 2024 – AIR TIMES
    Justeru, ini memberi gambaran masih belum ada kata putus mengenainya terutama kontrak pembelian sistem artileri mudah gerak (SP howitzer) walaupun calon akhir telah ada.Perolehan sistem SP sebelum ini disebut banyak pihak akan dimuktamadkan semasa DSA 2024 dengan calon utama ialah Nexter Caesar manakala pesaingnya EVA buatan Slovakia.Begitu juga dengan perolehan kapal misi pesisir (LMS) apabila ia tidak termasuk dalam kontrak yang dimeterai pada DSA.Ini kali kedua andaian untuk LMS dimeterai meleset selepas kali pertama pada Pameran Maritim dan Aeroangkasa Langkawi pada Mei tahun lalu.Sehubungan itu, walaupun nilai keseluruhan kontrak sebanyak RM7.3 bilion diumumkan Kementerian Pertahanan (Mindef) tetapi sebahagian besarnya hanyalah bagi perkhidmatan selenggaraan dan lain-lain
    ===============================
    ASET USANG = ISU aset pertahanan negara yang usang dan tidak boleh berfungsi dengan baik bukanlah satu perkara baharu dan sering menjadi topik hangat di Dewan Rakyat, setiap kali Menteri Pertahanan baharu dilantik.
    Namun, sebenarnya, masalah penggunaan aset usang ini bukan hanya membabitkan pelbagai ketumbukan dalam Angkatan Tentera Malaysia (ATM), malah Polis Diraja Malaysia (PDRM), Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (Maritim Malaysia) dan pasukan keselamatan lain sebagai sebahagian daripada barisan pertahanan negara.
    😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝

    BalasHapus
  4. SALAM AH140-kapal nomer 2,
    uda potong baja nich haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³
    kasian warganyet kl, PANIK...langsung kabuurrrr haha!😁😁😁
    https://facebook.com/photo.php?fbid=939355264544512&set=gm.499760515721273&type=3

    BalasHapus
  5. Whatt !! OGOS lagi 2026 🀣🀣🀣

    Lawakan LCS

    BalasHapus
  6. PAL Naval
    Pasti MantapπŸ‡²πŸ‡¨πŸ‡²πŸ‡¨πŸ‡²πŸ‡¨

    Bousted Lunas 🀣🀣🀣

    BalasHapus
  7. kasian tetangga seblah uda gak dianggap Naval Grup lagi, buktinya
    NG hanya tawarkan Belhara ke kita
    dan semakin lengket dgn PT PAL haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naval tau om PAL...mana galangan kapal yang baik...coz reputasi Naval hancur di buat sebelah... wkkkkwkk.

      Hapus
    2. Belum lagi SPH Caesar 155mm kena Prank sampai 2X.
      Kapal Scorpung basic nggak nyelam2.
      Rafale buat kantor cabang tapi Rafale nggak di kontrak2.

      Hancur Reputasi France di buat Melon.

      Hapus
    3. nyoihh hancur reputasi gegara kl, sampe dcns ganti nama naval grup!
      eh BNS ikutan pulak haha!πŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ

      Hapus
  8. FDI Frigate kalo fix dipilih sama TNi AL ini bakal dpt Full TOT trus katanya ItAR free ya !?
    Infonya FDI lebih Advance ketimbang Fremm

    BalasHapus
    Balasan
    1. FDI Belhara class Desain kapal depannya inverted bow... membuat laju kapal lebih smooth.
      CMS & Radarnya juga bagus.
      Yang paling unggul bisa bawa rudal jelajah MdCN jarak jangkauannya 1000km.

      Full Tot pembuatan kapalnya... persenjataannya tidak termasuk.
      Menurut France kapal ini sudah ItaR free.

      Hapus
    2. So di gas kan aja,kecil2 cabe rumit πŸ˜„

      Hapus
  9. tampak dalam brosur FDI/belhara bisa pake vls sylver mk.2 utk rudal jelajah/kruiser haha!πŸš€πŸš€πŸš€
    artinya frigat ini bole usung scalp/storm shadow yak?
    wahh manteb, komonalitas ama rafale, kasel dan platform laen buat serang darat
    wah fremm dpt lawan berat, kalo matra laut pengen pake scalp...ura haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. btewe klo storm shadow ada gak versi navalnya,
      bisa donk pasang ke ah-140...begh, MENYALA Abangkuh haha!πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

      Hapus
    2. FREMM tawarannya kurang menarik walaupun harga lebih OK...
      Belhara tawarkan bisa di buat di PT.PAL nilainya jadi ++

      Jadi lengkap
      Light Fregat PKR RE.Martadinata
      Medium Fregat Belhara class
      Heavy Fregat Arrowhead Type 31

      Hapus
    3. Belhara bisa bawa rudal MdCN/NCM jarak jangkauannya 1000km...kira2 beli kapal Belhara di bolehkan beli rudal MdCN nggak ya..?

      Hapus
    4. mtcr free haha!🀭🀭🀭
      jgn lufa, PPA versi Full om tupz haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

      Hapus
    5. Lhaaaah.....NG kan juga bikin FREMM kang

      Hapus
    6. PPA itu ya cuma sekedar OPV om pal...tapi rasanya Fregat kelas berat.... wkkkkwkk.
      PPA kapal perang rasa kokpit pesawat.

      Hapus
    7. Buat Perancis hal mudah utk mencopot radar herakles dan mengganti dg Sea-fire spt yg dipakai di Belharra.....dg kemampuan angkut yg lebih besar πŸ’ͺ

      Hapus
    8. ✅️lah fremm itali kamsudnya om smilikity, prencis blom nawarin fremm mrk donk ahh haha!☺️☺️☺️

      klo guwe liat harga FDI, lbh hemat drpd fremm itali/prencis jd selling point NG
      tapi klo bner ditawarkan rudal jelajah ituloh sbg pembeda yg gak ada di fremm itali kan yg lg kita bid haha!πŸš€πŸš€πŸš€
      fremm hanya bodi bongsor, tapi kita kan uda punyak ah140 & ppa haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      ✅️PPA miliki Pawer, Speed & otomasi tinggi, hanya 90 kru kapal, lawannya gak punyak haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰
      jaman now kombo efisiensi & efektifitas yg dicari

      kalo pun ingin level yg berbeda, yaa naik kelas donk ke destroyer ngapaen frigat mulu haha!🦾🦾🦾

      Hapus
  10. Tunggu trio beruk bahas hutang, ikan dll diluar militer. Ha ha ha ha

    BalasHapus
  11. MMW 5 Juni 2024 pukul 09.20
    - Merah Putih class - buatan Inggeris.
    - KRI Raden Eddy Martadinata - DUA dari ENAM module dibina di Belanda.
    - KRI I Gusti Ngurah Rai - SATU dari ENAM module dibina di Belanda.
    - Bung Tomo class - semua buatan Inggeris
    - Diponegoro class - semua buatan Belanda
    - Bung Karno class - kapal KOSONG untuk VVIP
    - Fatahilla class - semua buatan Belanda
    - Kapitan Pattimurra class - semua buatan Jerman Timur

    Kesimpulannya INDONESIA TIADA pengalaman membuat, merekabentuk dan membangunkan frigate atau corvette dari mula hingga tamat. INDON Setakat buat kapal kepci boleh leee.....🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    Malaysia ada pengalaman dengan 6 buah Kedah class dan Maharaja Lela class. Sebelum tu OPV KM Tun Fatimah. 🀭🀭🀭
    _____________________________


    HEHEHEHE oi MEMEK TOLOL BABI ANAK LON-T


    nih aku kasih pejelasan biarin otak TOLOL kau paham sikit.


    1.) MERAH PUTIH CLASS... basic n design memang dari Inggris, BUT 100% semuanya dibuat oleh PT.PAL dengan modifikasi design sedikit.

    2.) REM memang dibuat sepenuhnya di Belanda... GNR 90% dibuat oleh Indonesia hanya 1 module yg dibuat oleh Belanda.

    3.) KRI BUNG KARNO memang VVIP TOLOL... kau pikir CUMA itu yg dibuat , dibangun 2 lagi MISSILE CORVETTE ya TOLOL

    . Nah SEMOGA OTAK KAU PAHAM...


    NAH SEKARANG AKU BUKA BOROK N KETOLOLAN KAU..


    1.) MAHARAJA LELAH CLASS.


    itu kalo ikut OTAK BABI TOLOL kau ya memek.. LCS itu buatan PRANCIS dan LUNAS tak de kepakaran bina 1 kapal pon 12 tahun plus RASUAH BESAK.


    LCS = BUATAN PRANCIS


    2.) KEDAH CLASS


    BUATAN JERMAN ALIAS MEKO 100....PRODUK GAGAL N OMPONG M, TUA PLUS USANG.

    27 AKAN DIBUAT BUT 6 SAHAJA... KAPAL PERTAMA TELAT 7 TAHUN DIBUAT...


    KEDAH CALSS = BUATAN JERMANπŸ‡©πŸ‡ͺ



    3.) TUN FATIMAH CLASS OPV


    BUATAN BELANDA.. DAMEN OPV

    . KAPAL PON CACAT DESIGN N MANGKRAK



    TUNGGU FATIMAH = DAMEN OPV BELANDA NETHERLANDSπŸ‡³πŸ‡±




    TOLOL... TOLOL...


    MEMEK.. GUNA OTAK LAH SIKIT TOLOL



    LCS = BUATAN PRANCIS GOWIND

    KEDAH CLASS= MEKO 100 artinya buatan JERMANπŸ‡©πŸ‡ͺ... DAN KAPAL PON OMPONG USANG.. N RASUAH


    TUN FATIMAH CLASS = DAMEN 1800 artinya BUATAN NETHERLANDSπŸ‡³πŸ‡±



    mana ada sejarahnya MALAYSEWAπŸ‡²πŸ‡Ύ buat kapal perang.


    lawak lu MEMEK TOLOL

    BalasHapus
  12. si MeWeK tiarap, panik pt pal lagi potong baja kapal kedua Arrowhead kita om acno haha!πŸ₯ΆπŸ₯ΆπŸ₯Ά

    BalasHapus
  13. Mantab... Geng MALON pasti makin KEPANASAN... Hahahahahaha

    BalasHapus
  14. Fregat Multi Misi Belh@rra (FDI) Mantab ya guys....


    Bukan kapal LCS KALENG KERUPUK yang menggunakan modul PALSU versi TIPU TIPU... Hahahahahaha

    BalasHapus
  15. Fregat Multi Misi Belh@rra (FDI) sudah pasti menggunakan modul ASLI bukan TIPU -TIPU berbanding kapal lcs KALENG KERUPUNG geng BERUK MALON tuh ....wkwkwkwkkwk


    Sudah KORUPSI MALON pandai pula TIPU TIPU RAKYAT...Hahahahahah πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  16. Fregat Multi Misi Belh@rra (FDI) persenjataannya jauh di atas kapal LCS KALENG KOSONG....wkwkwkwwkwkwkw

    HEBAT guys....BERUK MALON JANGAN DENGKI....wkwkkwkw

    BalasHapus
  17. teote pt pal dan galangan lainnya;
    ✅️FPB 57m lisensi Luursen Jerman,
    ✅️Frigat Sigma-PKR, damen
    ✅️AH-140, babcock
    ✅️LPD makassar klas, dsme
    ✅️kasel nagapasa klas dsme

    hasilnya:
    ✅️KCR 40-60meter
    ✅️KCR Trimaran
    ✅️KORVET 75meter
    ✅️OPV 80 meter
    ✅️OPV 98meter
    ✅️OPV 110meter
    ✅️BHO 105meter
    ✅️LST 100-120meter
    ✅️LPD Tarlac klas 120meter
    ✅️Tanker 125 meter
    dan banyak lagi aset kapal hasil karya anak bangsa haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

    ini buat seluruh warganyet kl yang lagi MeWeK, emang kalian bisa buat apa? REHULL kan!? kasian haha!πŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ

    BalasHapus
  18. Mantap PT PAL INDONESIA
    makin mesra dengan Naval Group....


    Yang bina 5 kapal KALENG KOSONG dengan teknologi JADUL tuh tepi sedikit.... Wkwkkwkwkwkw

    Kasihan sebelah DI BODOHI terus.... Mereka sangat KECEWA dan MALU diketawakan... Wkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
  19. Fregat FDI tu guys.... .sebagai salah satu fregate dengan teknologi dengan persenjataan terbaik di dunia.


    Bye bye kapal lcs KALENG KOSONG pengangkut SAYURAN...WKWKKWKWKWKW πŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ

    BalasHapus
  20. opv kedah klas teote meko jerman,
    tetap OMFONG, masa bangga❓️
    eiittt beli lagi si LeMeS uda OMFONG eh Lamban haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
    seblah hobi banget koleksi aset OMFONG haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…
    pantesan levelnya cuman ampe REHULL doank haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kedah klas diklaim sdh plug and play. Pasang misile exo cukup 1 hari. Tapi bertahun2 gak pasang2 .... mungkin miskin gak mampu beli rudal atau jangan2 radar, sensor dll didowngrade????

      Hapus
    2. Melon kena tipu2 plug & play.
      Tidak semudah itu.
      Padahal rudal harus di sesuaikan kecocokan dengan CMS.
      Belum juga harus dikalibrasi dengan alat pengendali tembakan.

      Hapus
    3. nyoih teote kedah klas kl disunat SONGLAPER gaesz haha!😜😜😜

      ❌️BELI korvet OMFONG tapi bayar seharga frigat full senjata...fiks di MALING bangsa sendiri.

      ❌️kontraknya korvet jadinya OPV, di dongred bangsa sendiri haha!😁😁😁
      itupun masi UTANG haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  21. proyek teote seblah
    teote meko
    teote si LeMeS, tp kensel haha!πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„
    teote gowing
    hasilnya REHULL doank haha!😝😝😝

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasilnya bangkrut dan diambil alih 🀣🀣🀣

      Hapus
    2. trus minta suntik lagi..banyakkk, gak skalian metong om haha!🀫🀫🀫

      Hapus
  22. Cuman ada di MALON kapal menggunakan MODUL PALSU buat TIPU-TIPU rakyat... Hahahahahaha


    buat MALU ASEAN saja... WKWKWKWK πŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ

    BalasHapus
  23. Chill relax yavlon
    Sebentar lagi FMP ke 2 bakal Cutting Steel πŸ‡²πŸ‡¨

    BalasHapus
  24. Kredibilitas NAVAL hancur ketika bekerjasama dengan galangan kapal malasya πŸ₯², saat ini NAVAL Group sangat percaya dengan reputasi dan kemampuan PT PAL dalam memproduksi Kapal selam dan Frigate moderen 🀫

    Bahkan siap memberikan lisensi salah satu produknya🀫

    Malasya tak boleh 😊

    BalasHapus
  25. Woooyyyy udah lagi berita nya wwwoooyyy.......berita ini buat MALON semakin sempoyongan....alias kolaps 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  26. Jaga-jaga...dimalingnya teknologi... 😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝

    BalasHapus
    Balasan
    1. RELAX INDONESIA BUILD 48 KF21 = Despite the offer for less money and a reduced technology transfer, Indonesia's plan to build 48 aircraft at its local factory remains effective, a senior DAPA official said.
      -----
      RELAX KOREA = "We need to adjust the ratio of cost sharing and secure additional funds so as not to cause delays in the KF-21 development program," Noh said.
      -----
      RELAX EKSPOR MRSS UEA The United Arab Emirates (UAE) announced it had awarded the Indonesian shipyard PT PAL an AED1.5 billion (USD408.32 million) contract to supply a “multimission vessel” during the IDEX 2023 show being held in Abu Dhabi from 20 to 24 February.
      -----
      RELAX EKSPOR B2 SSV FILIPINA State-owned shipbuilder PT PAL Indonesia received an order from the Department of National Defense (DND) of the Philippines for two landing platform docks (LPDs).
      The company and the Philippine government signed the sale and purchase contract in Manila on June 24. Willgo Zainar, chief marketing officer of PT PAL Indonesia, said it was the second time that PT PAL Indonesia had received the order for warships from the Philippines.
      -----
      RELAX BUILD FRIGAT On August 25, the keel laying ceremony for the first of two Red White frigates was held at Indonesian state-owned shipbuilder PT PAL Indonesia’s facility in Surabaya City, East Java. Based on Babcock's Arrowhead 140 design, it is said that with a 140-metre length and a displacement of 5,996 tons, the Red White frigate will be the largest and most advanced surface combatant ever constructed in Indonesia.
      -----
      RELAX BUILD SUBMARINE The Indonesian government has selected military shipbuilding company Naval Group to supply two Scorpène submarines that will be built in Indonesia.
      The full lithium-ion battery (LiB) submarines will be built by state-owned shipbuilder PT PAL in Surabaya through a transfer of technology from Naval Group, the France-based company said in a press statement on Tuesday.
      ==================================
      LCS DIBAYAR 6 JADI NOL = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
      -----
      NGPV DIBAYAR 27 JADI NOL = Najib berkata, Limbungan TLDM dikorporatkan kerajaan pada 1991 sebelum dijual kepada syarikat swasta Penang Shipbuilding & Construction Corporation(PSC) untuk menjadi syarikat PSC-Naval Dockyard pada 1995. Pada tahun 1998, kerajaan memberi kontrak pembinaan untuk 27 kapal NGPV dengan anggaran bajet RM30 bilion kepada syarikat swasta itu. Fasa pertama membabitkan pembinaan enam kapal pertama dengan kos RM6 bilion. "Namun kontrak ini gagal dan tiada satu kapal pun diserahkan oleh PSC-Naval Dockyard
      -----
      OPV DIBAYAR 3 JADI 1 = THHE BANGKRUT : Offshore fabricator and shipbuilder TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13.
      -----
      40 SKYHAWK BEKAS - 48 SKYHAWK BEKAS HILANG
      The Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM, or Royal Malaysian Air Force) ordered 88 A-4s (25 A-4Cs and 63 A-4Ls), Only 40 PTM Skyhawks, 34 single seat versions and six two-seat trainers, were delivered......'
      -----
      33 F18 BEKAS - 3X SURAT DITOLAK = Bercakap di Parlimen semalam, Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab itu
      😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝

      Hapus
    2. Ha ha ha ha bicara maling, ada yg pesan 6 tapi dikasih 5 plus harus nambah biaya. Ha ha ha ha ha tolol abissss

      Hapus
    3. BAWA SAMPAN GUNAKAN PANCI MASAK SAYUR BUAT HELM BAWA SENAPAN VITABERANAK DALAM KUBUR...


      TU USIR CCG...


      BERANI..


      πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  27. JAGA JAGA...KAPAL MALON...NAIK KE DARAT LAGI WKKWKWKWKWKWKWKWKWKWK
    Tipu tipu jeee 🀣🀣🀣🀣🀣🀣 main air sekejap...naik lagi 🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. EMANG BERAK DIKALI..

      🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  28. Kalo sampai kebeli.....alamat proyek FMP bakal tamat sampai di batch 1 doang 😒

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya di buatnya nggak banyak cukup 2 unit dulu... dilihat nanti cocok nggak sesuai dengan AL... seluruh sistemnya berfungsi dengan baik apa tidak.

      Kalau nggak ya memang alamat... nggak di teruskan lagi proyek FMP.

      Hapus
    2. Mau ikut gaya China? Bikin 2 berbagai desain, terus tiba2 bikin 50?

      Hapus
  29. Pasti ada GORILLA MALAYA beserta geng Beruk yang hatinya TERSAKITI melihat info menggembirakan ini.....maklum aja deh beda Kasta siiiiih πŸ™‚πŸ™‚

    BalasHapus
  30. Langkah cerdas Ketua Otorita IKN mengundurkan diri agar X tersangkut banyaknya kasus dan penyelewang...

    Bodoh betol jika Jokowi nak mengurbankan mereka atas aksi ileggal oleh jajaran Jokowi di IKN ..

    Orang pintar dan profesioanl memang harus menjaga nama baiknya di tengah gemerlapan wang...

    https://www.youtube.com/watch?v=UOPmVzEP50Q

    BalasHapus
    Balasan
    1. MANGKRAK =
      1.ECRL $ 20 bn dolar
      2. Forest city $ 100bn dolar
      3.China-Malaysia Qinzhou Industrial Park (CMQIP) $ 4,2 bn dolar
      4.Malaysia-China Kuantan Industrial Park (MCKIP) $ 3,77 bn dolar
      5.China Railway Rolling Stock Corp’s Rolling Stock Center - $ 131 juta dolar
      ================
      1MDB =
      2024 Malaysia has several Chinese Belt and Road Initiative projects under construction, including the East Coast Rail Line, Kuantan Port Expansion, Green Technology Park in Pahang, Forest City, Robotic Future City, and Samalaju Industrial Park Steel Complex.
      -----
      43x PENCEROBOHAN = Jumlah keseluruhan pesawat asing yang dikesan dan direkodkan menceroboh ruang udara negara dari bulan Januari 2023 sehingga Mei 2023 ialah berjumlah 43 kes pencerobohan.
      -----
      316 HARI BTA = Bilangan hari di mana kapal-kapal pengawal pantai China melakukan rondaan di Beting Patinggi Ali berhampiran dengan operasi minyak dan gas penting Malaysia telah meningkat daripada 279 hari pada 2020 kepada 316 hari pada tahun lepas
      ================
      HUTANG NEGARA RM 1.5 TRILLION
      HUTANG 1MDB RM 18.2 BILLION
      TUNGGAKAN SEWA SABAH USD 15 BILLION
      -
      2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
      -
      2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
      ================
      SCANDALS = Now and then, by exception, scandals spill out into the public domain, like Bumiputera Malaysia Finance 1982, Bank Negara’s FX losses in the 1980s and 1990s, the Scorpene submarines of 2002, the National Feedlot scandal – “cowgate” – of 2012, 1MDB, and the latest LCS naval procurement. But these are just the tip of the iceberg of systematic pilferage. It has become the institutional norm.
      ---
      KLEPTOCRACY = Although it began in Malaysia, the scandal's global scope implicated institutions and individuals in politics, banking, and entertainment, and led to criminal investigations in a number of nations. The 1MDB scandal has been described as "one of the world's greatest financial scandals" and declared by the United States Department of Justice as the "largest kleptocracy case to date"
      😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝

      Hapus
    2. Sesuai dugaan, beruk akan stress kalau bahas militer di DS karena aset mereka semua busuk ha ha ha ha

      Hapus
  31. MANGKRAK =
    1.ECRL $ 20 bn dolar
    2. Forest city $ 100bn dolar
    3.China-Malaysia Qinzhou Industrial Park (CMQIP) $ 4,2 bn dolar
    4.Malaysia-China Kuantan Industrial Park (MCKIP) $ 3,77 bn dolar
    5.China Railway Rolling Stock Corp’s Rolling Stock Center - $ 131 juta dolar
    ================
    1MDB =
    2024 Malaysia has several Chinese Belt and Road Initiative projects under construction, including the East Coast Rail Line, Kuantan Port Expansion, Green Technology Park in Pahang, Forest City, Robotic Future City, and Samalaju Industrial Park Steel Complex.
    -----
    43x PENCEROBOHAN = Jumlah keseluruhan pesawat asing yang dikesan dan direkodkan menceroboh ruang udara negara dari bulan Januari 2023 sehingga Mei 2023 ialah berjumlah 43 kes pencerobohan.
    -----
    316 HARI BTA = Bilangan hari di mana kapal-kapal pengawal pantai China melakukan rondaan di Beting Patinggi Ali berhampiran dengan operasi minyak dan gas penting Malaysia telah meningkat daripada 279 hari pada 2020 kepada 316 hari pada tahun lepas
    ================
    HUTANG NEGARA RM 1.5 TRILLION
    HUTANG 1MDB RM 18.2 BILLION
    TUNGGAKAN SEWA SABAH USD 15 BILLION
    -
    2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    -
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ================
    SCANDALS = Now and then, by exception, scandals spill out into the public domain, like Bumiputera Malaysia Finance 1982, Bank Negara’s FX losses in the 1980s and 1990s, the Scorpene submarines of 2002, the National Feedlot scandal – “cowgate” – of 2012, 1MDB, and the latest LCS naval procurement. But these are just the tip of the iceberg of systematic pilferage. It has become the institutional norm.
    ---
    KLEPTOCRACY = Although it began in Malaysia, the scandal's global scope implicated institutions and individuals in politics, banking, and entertainment, and led to criminal investigations in a number of nations. The 1MDB scandal has been described as "one of the world's greatest financial scandals" and declared by the United States Department of Justice as the "largest kleptocracy case to date"
    😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝

    BalasHapus
  32. Tampaknya anda semua lupa dengan apa yang terjadi antara PT PAL dan Navantia di berita di atas....

    Itu hanyalah Memorandum of Understanding (MOU) ... X ada ikatan hukum bagi pihak yang membuat MOU ...

    Bayangkan perilaku Indon selama ini ...KOmitmen atas komitmen yang mengikat macam Letter of Agreement .. banyak yang diingkari atau X dilakasanakan ... Banyak contoh nyata yang saya yakin Ion tahu hal itu ... Apalagi MOU yang X mengikat dan ada implikasi hukum jika Indon melanggarnya .... Hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kontrak MALON memang aneh. Kontraktor terlambat malah kewajiban dikurangi dapat bonus pula
      LAWAK 🀣🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. LCS DIBAYAR 6 JADI NOL = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
      ---
      NGPV DIBAYAR 27 JADI NOL = Najib berkata, Limbungan TLDM dikorporatkan kerajaan pada 1991 sebelum dijual kepada syarikat swasta Penang Shipbuilding & Construction Corporation(PSC) untuk menjadi syarikat PSC-Naval Dockyard pada 1995. Pada tahun 1998, kerajaan memberi kontrak pembinaan untuk 27 kapal NGPV dengan anggaran bajet RM30 bilion kepada syarikat swasta itu. Fasa pertama membabitkan pembinaan enam kapal pertama dengan kos RM6 bilion. "Namun kontrak ini gagal dan tiada satu kapal pun diserahkan oleh PSC-Naval Dockyard
      ---
      LCS BAYAR HUTANG LAPUK NGPV = seperti didedahkan Jawatankuasa Kira-kira Wang Negara (PAC) dan CEO LTAT, syarikat BNS menggunakan RM400 juta daripada bayaran pendahuluan bagi projek LCS untuk menjelaskan hutang lapuk bagi projek NGPV,"
      syarikat PSC-Naval Dockyard pada Disember 2005 sebelum dijenamakan semula menjadi syarikat Boustead Naval Dockyard Sdn Bhd
      ---
      OPV DIBAYAR 3 JADI 1 = THHE BANGKRUT : Offshore fabricator and shipbuilder TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13.
      ============================
      TIADA MATERAI LMS SPH ..........
      TIADA PEROLEHAN ASET UTAMA SEMASA DSA 2024 – AIR TIMES
      Justeru, ini memberi gambaran masih belum ada kata putus mengenainya terutama kontrak pembelian sistem artileri mudah gerak (SP howitzer) walaupun calon akhir telah ada.Perolehan sistem SP sebelum ini disebut banyak pihak akan dimuktamadkan semasa DSA 2024 dengan calon utama ialah Nexter Caesar manakala pesaingnya EVA buatan Slovakia.Begitu juga dengan perolehan kapal misi pesisir (LMS) apabila ia tidak termasuk dalam kontrak yang dimeterai pada DSA.Ini kali kedua andaian untuk LMS dimeterai meleset selepas kali pertama pada Pameran Maritim dan Aeroangkasa Langkawi pada Mei tahun lalu.Sehubungan itu, walaupun nilai keseluruhan kontrak sebanyak RM7.3 bilion diumumkan Kementerian Pertahanan (Mindef) tetapi sebahagian besarnya hanyalah bagi perkhidmatan selenggaraan dan lain-lain
      ===============================
      ASET USANG = ISU aset pertahanan negara yang usang dan tidak boleh berfungsi dengan baik bukanlah satu perkara baharu dan sering menjadi topik hangat di Dewan Rakyat, setiap kali Menteri Pertahanan baharu dilantik.
      Namun, sebenarnya, masalah penggunaan aset usang ini bukan hanya membabitkan pelbagai ketumbukan dalam Angkatan Tentera Malaysia (ATM), malah Polis Diraja Malaysia (PDRM), Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (Maritim Malaysia) dan pasukan keselamatan lain sebagai sebahagian daripada barisan pertahanan negara.
      😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝😝

      Hapus
    3. PENGADAAN LCS 2011 = Pengadaan enam LCS pada 2011 itu juga dilakukan tanpa tender terbuka. Kapal-kapal itu akan dibangun di Galangan Kapal Boustead dan unit pertama sedianya dikirim pada 2019.
      ---
      LCS DIJANGKA 2019 = KD Maharaja Lela setelah ditugaskan, diluncurkan secara seremonial pada Agustus 2017. Seharusnya telah dikirim ke RMN pada April 2019
      ---
      LCS DIJANGKA 2022 = menurut jadual asal, setakat Ogos 2022 sepatutnya lima buah kapal LCS harus disiap dan diserahkan kepada TLDM.
      ---
      LCS DIJANGKA 2023 = Seharusnya telah dikirim ke RMN pada April 2019, dengan kapal terakhir dijadwalkan untuk serah terima pada Juni 2023. Namun, progres kapal pertama baru sekitar 60% selesai
      ---
      LCS DIJANGKA 2025 = Kapal pertama Littoral Combat Ship (LCS) TLDM itu dijangka hanya akan siap pada tahun 2025, iaitu 12 tahun selepas projek itu bermula pada Oktober 2013 dan kerajaan telah membayar RM6 bilion kepada kontraktor utama projek itu.
      ---
      LCS DIJANGKA 2026 = Lima kapal LCS akan diserahkan kepada TLDM secara berperingkat dengan kapal pertama dijangka diserahkan pada penghujung 2026
      ---
      LCS DIJANGKA 2029 = TLDM hanya akan dapat memperoleh kelima-lima LCS pada 2029 berbanding kontrak asal di mana 5 kapal LCS itu sepatutnya diserahkan pada 2022.
      ================
      2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
      -
      2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
      -
      2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
      -
      2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
      -
      2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
      -
      2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
      -
      2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.
      ================
      LCS DIBAYAR 6 JADI NOL = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
      -----
      NGPV DIBAYAR 27 JADI NOL = Pada tahun 1998, kerajaan memberi kontrak pembinaan untuk 27 kapal NGPV dengan anggaran bajet RM30 bilion kepada syarikat swasta itu. Fasa pertama membabitkan pembinaan enam kapal pertama dengan kos RM6 bilion. "Namun kontrak ini gagal dan tiada satu kapal pun diserahkan oleh PSC-Naval Dockyard
      -----
      OPV DIBAYAR 3 JADI 1 = THHE BANGKRUT : Offshore fabricator and shipbuilder TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13.
      😝DRAMA TIAP TAHUN = HUTANG DAN LCS😝

      Hapus
    4. Yang jelas Naval Group lebih paham, mana galangan kapal dengan reputasi dan kemampuan bagus seperti PT PAL dan mana galangan kapal bermasalah 🀧🀫

      Hapus
    5. Yang namanya kerja sama ya diawali dengan MoU terlebih dahulu lah..dasar idiot.

      Hapus
    6. Ada beruk kepanasan. Ha ha ha ha santai aja

      Hapus
  33. Ohhh... Jadi ini salah satu MOU yang di INGKARI sama geng MALON.. Hahahahahahaha

    Parah geng MALON nih..nilai orang lain buruk padahal ahikatnya perangai MALON jauh LEBIH BURUK layaknya SAMPAH... Hahahaha


    BACA tuh MALON.. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    PT PAL Indonesia telah menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan Boustead Naval Shipyard (BNS) untuk membangun kapal dukungan multirole pertama Malaysia (MRSS) di Indonesia. Kapal tersebut setara kelas LPD.

    MOU ditandatangani pada 2 November 2016 saat pameran Indo Defence 2016 di Jakarta, dan membuka jalan bagi PT PAL untuk pertama kalinya terlibat dalam proyek pembangunan kapal Angkatan Laut Malaysia (RMN), jika kontrak diberkan kepada BNS.

    BalasHapus
  34. Geng MALON semakin KERASUKAN tak dapat terima kenyataan... Hahahaha


    Senangnya lihat BERUK pada PANIK... Hahahaha

    BalasHapus
  35. Yang sudah sign kontrak pun boleh DI PRANK... BATAL KERANA TIADA WANG... πŸ€£πŸ€£πŸ˜‚

    CONTOH SIGN KONTRAK NGEPRANK MIRAGE RONGSOK... Tau tau BATAL kerana tiada wang... 🀣🀣🀣

    BalasHapus
  36. TIADA MATERAI LMS SPH ..........
    TIADA PEROLEHAN ASET UTAMA SEMASA DSA 2024 – AIR TIMES ...........
    Justeru, ini memberi gambaran masih belum ada kata putus mengenainya terutama kontrak pembelian sistem artileri mudah gerak (SP howitzer) walaupun calon akhir telah ada.Perolehan sistem SP sebelum ini disebut banyak pihak akan dimuktamadkan semasa DSA 2024 dengan calon utama ialah Nexter Caesar manakala pesaingnya EVA buatan Slovakia.Begitu juga dengan perolehan kapal misi pesisir (LMS) apabila ia tidak termasuk dalam kontrak yang dimeterai pada DSA.Ini kali kedua andaian untuk LMS dimeterai meleset selepas kali pertama pada Pameran Maritim dan Aeroangkasa Langkawi pada Mei tahun lalu.Sehubungan itu, walaupun nilai keseluruhan kontrak sebanyak RM7.3 bilion diumumkan Kementerian Pertahanan (Mindef) tetapi sebahagian besarnya hanyalah bagi perkhidmatan selenggaraan dan lain-lain
    ===============================
    TIADA UANG ........
    HUTANG BAYAR HUTANG ..............
    HANYA BAYAR FAEDAH ..............
    Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Anwar Ibrahim (PH - Tambun) mendedahkan hal demikian dalam Sesi Soal Jawab Perdana Menteri, pagi tadi.
    "Hutang telah mencecah, liabiliti dan hutang kerajaan RM1.5 trilion. Iaitu 82% kepada KDNK. Untuk memperincinya, hutang kerajaan RM1079.6 trilion termasuk komitmen jaminan (hutang) RM205.9 bilion. 1MDB RM18.2 bilion dan liabiliti lain RM4142.2. Jumlah RM1445.9 trilion.
    "Hutang Kerajaan Persekutuan telah mencecah RM60.4%. Dia termasuk khidmat hutang. (Pada) 2022 kita bayar khidmat hutang RM41 bilion dan 2023 RM46 bilion.
    "Peratus hasil 2022 sebanyak 14%, 2023 16%. Ini hanya membayar faedah bukan membayar hutang tertunggak," katanya menjawab pertanyaan Ahli Parlimen Wong Kah Woh (PH - Taiping).
    ===============================
    ASET USANG = ISU aset pertahanan negara yang usang dan tidak boleh berfungsi dengan baik bukanlah satu perkara baharu dan sering menjadi topik hangat di Dewan Rakyat, setiap kali Menteri Pertahanan baharu dilantik.
    Namun, sebenarnya, masalah penggunaan aset usang ini bukan hanya membabitkan pelbagai ketumbukan dalam Angkatan Tentera Malaysia (ATM), malah Polis Diraja Malaysia (PDRM), Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (Maritim Malaysia) dan pasukan keselamatan lain sebagai sebahagian daripada barisan pertahanan negara.

    BalasHapus
  37. >>>> ada malon STRESS AKUT sampai MEMBACA DENGAN BENAR PUN TIDAK BISA !

    Balas

    ΩΩ„Ψ³Ψ·ΩŠΩ†_Ψ§Ω„Ω…Ψ­ΨͺΩ„Ψ© #Ψ·ΩˆΩΨ§Ω†_Ψ§Ω„Ψ£Ω‚Ψ΅Ω‰ 5 Juni 2024 pukul 13.23
    Tampaknya anda semua lupa dengan apa yang terjadi antara PT PAL dan Navantia di berita di atas....

    Itu hanyalah Memorandum of Understanding (MOU) ... X ada ikatan hukum bagi pihak yang membuat MOU ...

    Bayangkan perilaku Indon selama ini ...KOmitmen atas komitmen yang mengikat macam Letter of Agreement .. banyak yang diingkari atau X dilakasanakan ... Banyak contoh nyata yang saya yakin Ion tahu hal itu ... Apalagi MOU yang X mengikat dan ada implikasi hukum jika Indon melanggarnya .... Hehehehe
    ================================

    >>> jelas di artikel itu NAVAL GROUP >>>>kenapa pakai nama NAVANTIA , what an idiot , right ?


    INDONESIA DAN PRANCIS HAPPY DENGAN SISTEMATIKA IKATAN KERJASAMA SECARA LEGAL PROSEDURAL .....

    tapi ....

    justru MALON yang LONCAT LONCAT SAMBIL TERIAK TERIAK KEPANASAN.....

    HAHAHAHAHA....IRI DENGKI NICH YEEEE.....

    BalasHapus
  38. gimana NAVAL GROUP TIDAK SAKIT HATI terhadap MALON , right ?

    malon benar benar MEMBUAT NAVAL GROUP RUGI BESAR SECARA NAMA DAN FINANCIAL.

    BalasHapus
  39. jika PIZZA ITALIANO belum tersedia maka BAGUETTE FRANCE bisa tersaji untuk TNI AL.

    * Syarat : Fincantieri TIDAK REVISI PROPOSAL UNTUK BERBAGI PRODUKSI 3 UNIT DARI 6 UNIT di PT. PAL

    Bukankah FREMM Prancis udah MAEN AIR DI PRIOK bulan lalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Just wait MEF 2024-2029 terlaksana, banyak alutsista yg sudah masuk plan, bila terealisasi bisa bikin Jiran tambah dengki 🀣🀣

      Yang jelas bukan sewa 🀫

      Hapus
  40. >>>> masak sich malon malon di forum DS GAK SADAR udah dibanting 2x berturut turut ....hahaha

    saat malon ANGKUH DAN SOMBONG dengan LCS Gowind Class 3.100 yang konon selesai pada Agustus 2026....

    TERNYATA :
    1. PT. PAL LAKUKAN FIRST STEEL CUTTING FRIGAT MERAH PUTIH KE-2 / PROJECT AH-140 TNI AL

    2. PT. PAL SIGNED MoU dengan NAVAL GROUP PENINGKATAN KAPASITAS DAN KAPABILITAS PT. PAL untuk KHUSUSnya RENCANA PROJECT SELANJUTNYA : BELHARRA CLASS TNI AL


    ( inget kan dulu tahapan tahapan NAVAL GROUP PEPET TERUS PT.PAL untuk PROJECT SCORPENE EVOLVED....hehehehe...akhirnya DEAL 2 UNIT)

    Probabilitas BELHARRA CLASS akan dibangun di PT. PAL besar, tunggu setelah Pelantikan Presiden Prabowo S di Oktober nanti >>> nurut aku ya

    BalasHapus
  41. Kesian... SIGN KONTRAK KOSONG guys.. 🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2017 SULTAN PERAK KENA FAKE PSIM
      PSIM FAKE Jika pada peluncurannya tahun 2017 lalu kapal ini terlihat telah dilengkapi dengan modul PSIM, maka itu adalah modul PSIM palsu/fake yang dipasang untuk upacara peluncuran sebagaimana disampaikan dalam sidang PAC (Public Account Committe). Modul PSIM palsu ini kemudian dilepas saat kapal ini dipasangi hanggar.
      ---------------
      2024 RAKYAT KENA TIPU RM 11,2 BILLION
      RM 11.2 BILLION = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
      ---------------
      17 KREDITUR = Besides MTU Services, others include Contraves Sdn Bhd, Axima Concept SA, Contraves Advanced Devices Sdn Bhd, Contraves Electrodynamics Sdn Bhd and Tyco Fire, Security & Services Malaysia Sdn Bhd, as well as iXblue SAS, iXblue Sdn Bhd and Protank Mission Systems Sdn Bhd. Also included are Bank Pembangunan Malaysia Bhd, AmBank Islamic Bhd, AmBank (M) Bhd, MTU Services, Affin Hwang Investment Bank Bhd, Bank Muamalat Malaysia Bhd, Affin Bank Bhd, Bank Kerjasama Rakyat Malaysia Bhd, Malayan Banking Bhd (Maybank) and Kuwait Finance House (Malaysia) Bhd.
      ---------------
      TIADA MATERAI LMS SPH ..........
      TIADA PEROLEHAN ASET UTAMA SEMASA DSA 2024 – AIR TIMES
      Justeru, ini memberi gambaran masih belum ada kata putus mengenainya terutama kontrak pembelian sistem artileri mudah gerak (SP howitzer) walaupun calon akhir telah ada.Perolehan sistem SP sebelum ini disebut banyak pihak akan dimuktamadkan semasa DSA 2024 dengan calon utama ialah Nexter Caesar manakala pesaingnya EVA buatan Slovakia.Begitu juga dengan perolehan kapal misi pesisir (LMS) apabila ia tidak termasuk dalam kontrak yang dimeterai pada DSA.Ini kali kedua andaian untuk LMS dimeterai meleset selepas kali pertama pada Pameran Maritim dan Aeroangkasa Langkawi pada Mei tahun lalu.Sehubungan itu, walaupun nilai keseluruhan kontrak sebanyak RM7.3 bilion diumumkan Kementerian Pertahanan (Mindef) tetapi sebahagian besarnya hanyalah bagi perkhidmatan selenggaraan dan lain-lain

      Hapus
  42. Pppssstttt jangankan yg S E W A yg sdh d bayarpun kena P R A N K!!!!! ...LCS g jadi2, sdh gitu galanganya tdk kena pinalti malah nodong gomen utk tambah biaya RM 3b & itupon d setujui xaxaaxaxaxaxa sudah gitu unit kapalnya d kurangi, harusnya 6 malah jadi 5.....SMART RIGHT!!!!! xaxaxaxaxaxaxaxaxaxxaxaxaxaxaxaxaxaxaxxaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa

    BalasHapus
  43. Jaga jaga SI GORILLA akan klaim beli tu.. Padahal hanya MoU... 🀣🀣🀣

    SIGN kontrak saja NGEPRANK.. SIGN KONTRAK KOSONG... 🀣🀣πŸ€ͺ

    BalasHapus
  44. Xaxaxaxaxaxaxaxaxa yg sdh test drive 2x macam SPH CAESAR saja hrs gigit jari kena P R A N K!!!!!!! Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxa

    BalasHapus
  45. hajar terus tuch malon malon di forum DS....

    hahahaha......malon TIDAK TERIMA PT. PAL AKAN SEMAKIN MAJU MENGUASAI TEKNOLOGI KAPAL FRIGAT TERBARU SECARA DESIGN DAN TEKNOLOGI BEKERJASAMA DENGAN NAVAL GROUP PRANCIS.

    INDONESIA SAMPAI SAAT INI TIDAK RILIS KLAIM BELI BELHARRA CLASS UNTUK TNI AL.....tapi malon malon SIBUK NEGATIVE FRAMING bahwa INDONESIA KLAIM TELAH BELI BERLHARRA CLASS.

    GAGAL FRAMING NICH lon malon...WKWKWKWKWK

    BalasHapus
  46. Kenapa ya PT PAL yg MOU beruk2 pada loncat2 kepanasan. Ha ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena tidak ada yang bisa dibanggakan dari militer Malasya 🀭

      Hapus
    2. Karena beruk2 selalu iri, dengki terhadap negara kita om Arek, ditambah kapasitas otak mereka minus

      Hapus
  47. Ini baru betul kerja sama apik
    PAL = Naval
    Prancis tau PAL punya kualitas di asean bahkan di asia.
    Beda sama si sok jaguh Bousted Lunas
    Naval kena Prank🀣🀣

    BalasHapus
  48. ASET JUNI 2024
    ✅️first steel cutting FMP
    ✅️rantis ISR

    lah kl, lagi lagi SEPI haha!😝😝😝

    tiap tahun
    tiap bulan
    tiap minggu
    warganyet PANIK...kita dapet ASET BARUW LAGI horeeee haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  49. eiittt bantingan dr kita buat tetangga kesayangan, buka linknya felan felan yaaa..hadiah dr pt pal...
    harap warganyet kl tabah, ASET frigat kita emang uda beda jauh kok haha!🀭🀭🀭
    BESAR & PANJANG

    yaa makloum
    BEDA LEVEL, BEDA KASTA
    ⬇️⬇️⬇️⬇️⬇️⬇️⬇️
    https://facebook.com/1775120103/videos/1438256300139247/

    BalasHapus
  50. Itu kenapa pake silluete berlharra segara mister,
    Bikin bingung pak bowo aja nihπŸ˜‚

    BalasHapus