12 November 2025

Rudal NSM Akan Lengkapi Fregat Improved Mogami class dan USV Australia

12 November 2025

Sebuah model fregat Improved Mogami dipamerkan di Indo Pasifik 2025 (photo: Janes)

Armada fregat kelas Improved Mogami Australia sedang dibangun untuk mengakomodasi  Naval Strike Missile (NSM), seorang perwakilan dari Mitsubishi Heavy Industries (MHI) telah mengonfirmasi.

Berbicara kepada Janes di Pameran Maritim Internasional Indo Pasifik 2025 di Sydney, perwakilan tersebut mengatakan bahwa ini akan menjadi perbedaan utama antara fregat kelas Improved Mogami yang sedang dibangun untuk Angkatan Laut Kerajaan Australia (RAN) dan yang sedang dibangun untuk Pasukan Bela Diri Maritim Jepang (JMSDF).

Sebagai ganti NSM, fregat kelas Improved Mogami yang sedang dibangun untuk Jepang akan dilengkapi dengan rudal Tipe 12 yang telah ditingkatkan.

Selain pilihan rudal antikapal, yang akan dipasang di tengah kapal, kapal perang Australia akan dilengkapi dengan persenjataan dan sensor yang sebagian besar sama dengan yang sedang dibangun untuk JMSDF, tambah perwakilan MHI.

Perlengkapan ini meliputi mast utama Unified Complex Radio Antenna (UNICORN) kelas Improved Mogami dan sistem radar multifungsi OPY-2 X-band empat sisi pada superstruktur.

Demikian pula, varian Australia dan Jepang juga akan dipersenjatai dengan meriam angkatan laut Mk 45 Mod 4 127 mm di posisi utama, turret sistem pertahanan udara SeaRAM yang menghadap ke belakang di atas hanggar helikopter, dan sistem peluncur vertikal (VLS) Mk 41 32-sel.

Australia mengumumkan pada bulan Agustus bahwa mereka telah memilih fregat kelas Improved Mogami MHI sebagai platform pilihan untuk kebutuhan fregat serbaguna RAN.

Kapal-kapal baru ini akan menggantikan armada fregat kelas Anzac milik Angkatan Laut Australia yang sudah tua dan telah beroperasi sejak tahun 1990-an. (Jane's)

Leidos’ next-generation uncrewed surface vessels (USVs), Sea Archer and its larger variant, Longbow, equipped with NSM missile (image: Leidos)

Leidos Australia and Kongsberg Sign MOU to Advance USV Strike Capability

Sydney, Australia – 6 November 2025: Leidos Australia and Kongsberg Defence Australia have signed a Memorandum of Understanding (MOU) to explore the integration of Kongsberg’s Naval Strike Missile (NSM) with Leidos’ next-generation uncrewed surface vessels (USVs), Sea Archer and its larger variant, Longbow.

Building on Leidos’ proven success in launching missiles from unmanned vessels, the partnership aims to demonstrate how integrating the NSM with advanced USVs could extend the reach, responsiveness and adaptability of maritime strike possibilities.

Kongsberg’s ship-based NSM is a sea-skimming, precision-guided cruise missile capable of engaging targets at a range of more than 300 km. Designed for survivability, the NSM features autonomous target recognition and advanced terminal manoeuvres to evade modern defences.

Sea Archer, currently under construction in Australia, is a high-speed, long-range USV designed to support modular payloads for strike, electronic warfare, logistics resupply and intelligence, surveillance, and reconnaissance (ISR). Equipped with Leidos’ advanced autonomy software and AI-powered battle management technologies, the vessel reaches speeds up to 40 knots, has a range of 1,500 nautical miles and supports a payload of over 900 kg. 

The larger Longbow variant has an increased payload capacity of 3,000 kgs and is powered by four (4) OXE marine diesel engines with 300 horsepower supporting a range in excess of 2,750 nautical miles.  

Currently at the proof-of-concept stage, there is potential to explore NSM integration with a variety of Leidos USVs. Further development and integrated payload capabilities are being trialled both in the US and in Australia in 2026.

“This MOU represents a significant step forward in exploring a mission-ready, sovereign maritime strike capability for Australia,” said Paul Chase, chief executive of Leidos Australia. 

“By combining the proven performance of the NSM with the flexibility and endurance of a Longbow Sea Archer, we are offering Defence a potent, adaptable and locally supported solution for future operational needs.” (Leidos)

37 komentar:

  1. ⚖️ MRCA LCS SPH MRSS/LPD = ZONK
    DAMPAK POLITIK Garis vertikal menunjukkan pergantian kepemimpinan:
    • 2013: PM Najib / Menhan Zahid.
    • 2015: Menhan Hishammuddin.
    • 2018: PM Mahathir / Menhan Mat Sabu.
    • 2020: PM Muhyiddin / Menhan Ismail Sabri.
    • 2021: PM Ismail Sabri / Menhan Hishammuddin.
    • 2022: PM Anwar / Menhan Khaled Nordin
    ====================
    ====================
    1. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT five units c130j hercules
    2. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT two unit frankethal class countermine vessels (pulau fani class)
    3. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT four units kcr 60 fast missiles boats pt pal
    4. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT 9 units bell 412 epi
    5. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT 8 additional h225 m
    6. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT 2 units bell 429 global ranger
    7. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT 18 medium weight tank harimau
    8. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT 22 pandur ii ifv
    9. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT two unit hospital ships
    10. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT one unit command and control variant c295
    11. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT one unit cn235 mpa
    12. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT 7 badak fsv, 26 anoa apc and 10 additional komodo recce vehicles in 2022
    13. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT 4 as 550 fennec and 8 as565 mbe, in 2024
    14. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT five nc212i in 2023
    15. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT one leonardo rat 31 dl/m
    16. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT five c130h ordered from australia in 2013 (finished in 2020) after received grant of 4 c130h
    17. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT 9 teluk bintuni class lst
    18. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT six ch4b ucav ordered in 2019
    19. REAL CONTRACT t and process building of abeking & rasmussen design ocean hydrography ship
    20. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT building two ah140 aaw frigate
    21. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT building two opv 90 asw patrol vessels
    22. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT two large lcu for army
    23. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT building two a400m heavy cargo aircraft
    24. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT m3 amphibious bridging system
    25. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT 3 kt1 wong bee ordered in 2018 along with radar and spares for t/a50
    26. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT building 13 gm 403 gci radar from thales
    27. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT building 12 anka s ucav
    28. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT building additional ch4b ucav
    29. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT slingshot satcom system
    30. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT falcon 8x aircraft
    31. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT thales alenia earth observation satelite
    32. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT 22 s70m blackhawk
    33. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT 6 n219 aircraft
    34. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT 3 cn235 for army
    35. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT 2 ppa patrol frigate
    36. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT 2 scorpene subs
    37. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT khan short range ballistic missiles from turki
    38. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT trisula air defense system
    39. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT 6 t50i aircraft
    40. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT oiler and replenishment ship
    41. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT several tug harbor ships
    42. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT submarine rescue vessels and system
    43. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT 45 atmaca
    44. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT 48 kaan
    45. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT 48 kf21
    46. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT 42 Rafale
    47. ZONK MOD 6x PM 5x MOF 6x vs REAL CONTRACT 42 J10C

    BalasHapus
    Balasan
    1. KROASIA vs MALONDESH = 11-0
      Timnas U-17 Malondesh kalah telak 0-11 dari Kroasia dalam laga uji coba pada 11 November 2025. Kekalahan ini memicu kemarahan publik dan kritik tajam terhadap pelatih Javi Jorda.
      Berikut detail lengkapnya:
      ๐Ÿ† Hasil Pertandingan
      • Skor akhir: Malondesh U-17 0 – 11 Kroasia U-17
      • Tanggal pertandingan: 11 November 2025
      • Jenis laga: Uji coba internasional
      • Tujuan: Persiapan menuju Kualifikasi Piala Asia U-17 2026 bagi Malondesh dan Kualifikasi Piala Eropa U-17 2026 bagi Kroasia
      ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ Dampak di Malondesh
      • Reaksi publik: Banyak pendukung kecewa dan menyerukan agar pelatih Javi Jorda dipecat.
      • Kritik terhadap pelatih: Javi Jorda sebelumnya juga gagal membawa tim lolos ke Piala Asia U-17 2025 dan tampil buruk di Piala AFF U-16 2024
      • Kekhawatiran: Kekalahan ini menimbulkan keraguan besar terhadap kesiapan skuad muda Malondesh menghadapi kompetisi regional mendatang.
      ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ Kontras dengan Timnas U-17 Indonesia
      • Di hari yang sama, Indonesia U-17 menang 2-1 atas Honduras dalam ajang Piala Dunia U-17 2025.
      • Kemenangan tersebut membuka peluang Indonesia lolos ke babak 32 besar dan menunjukkan peningkatan signifikan dalam performa tim

      Hapus
  2. EXCLUDING AMMO = FFBNW
    EXCLUDING AMMO = FFBNW
    EXCLUDING AMMO = FFBNW
    REVISED (FINAL): RM11.2B FOR 5 SHIPS
    (final agreed-upon contract price dealing with cost overruns)
    RM 2.24 billion (2023) per unit + ToT (ceiling) [or USD948M (2023 inflation) or ~USD700M (2011 forex) or ~USD490M (2023 forex) (excluding ammo)
    Inflation adjustment roughly equivalent to USD948 million in 2023 US dollars (excluding ammo)
    -------------
    REVISED (INITIAL): RM 9.128B FOR 5 SHIPS
    (initial figures using the original contract price in dealing with cost overruns)
    RM 1.8 billion (2011) per unit + ToT (ceiling) or USD560 million per ship (excluding ammo)
    Inflation adjustment roughly equivalent to USD758 million in 2023 US dollars (excluding ammo)
    -------------
    ORIGINAL: RM 9B FOR 6 SHIPS
    RM 1.5 billion (2011) per unit + ToT (ceiling) or USD466 million per ship (excluding cost overruns and ammo)
    Inflation adjustment roughly equivalent to USD631 million in 2023 US dollars (excluding cost overruns and ammo)
    -------------
    NEVER BUILT ANYTHING BUT = TRAWLERS OR POLICE BOATS
    NEVER BUILT ANYTHING BUT = TRAWLERS OR POLICE BOATS
    NEVER BUILT ANYTHING BUT = TRAWLERS OR POLICE BOATS
    Despite the auditor-general stating that PSC-Naval Dockyard had never built anything but trawlers or police boats before being given the contract, the company was contracted to deliver six patrol boats for the MAID OF LONDON (MALON) Navy in 2004 and complete the delivery in 2007.
    Those were supposed to be the first of 27 offshore vessels ultimately cost RM24 billion plus the right to maintain and repair all of the country’s naval craft.
    ===================
    ===================
    PRODUK DALAM NEGERI 2009-2024
    HASIL PROGRAM MINIMUM ESSENTIAL FORCE (MEF) TNI AL. ASET KAPAL PERANG STRIKING FORCE TNI AL
    KAPAL CEPAT RUDAL PRODUK PT PAL =
    1. KRI Kapak 625
    2. KRI Panah 626
    3. KRI Kerambit 627
    4. KRI Sampari 628
    5. KRI Tombak 629
    6. KRI Halasan 630
    KAPAL CEPAT RUDAL PRODUK SWASTA NASIONAL =
    1. KRI Clurit 641
    2. KRI Kujang 642
    3. KRI Beladau 643
    4. KRI Alamang 644
    5. KRI Surik 645
    6. KRI Siwar 646
    7. KRI Parang 647
    8. KRI Terapang 648
    9. KRI Golok (Trimaran) 688
    KAPAL PATROLI CEPAT PRODUK SWASTA NASIONAL =
    1. KRI Pari 849
    2. KRI Sembilang 850
    3. KRI Sidat 851
    4. KRI Cakalang 852
    5. KRI Tatihu 853
    6. KRI Layaran 854
    7. KRI Madidihang 855
    8. KRI Kurau 856
    9. KRI Torani 860
    10. KRI Lepu 861
    11. KRI Albakora 867
    12. KRI Bubara 868
    13. KRI Gulamah 869
    14. KRI Posepa 870
    15. KRI Escolar 871
    16. KRI Karotang 872
    17. KRI Mata Bongsang 873
    18. KRI Dorang 874
    19. KRI Bawal 875
    20. KRI Tuna 876
    21. KRI Marlin 877
    22. KRI Butana 878
    23. KRI Selar 879
    24. KRI Hampala 880
    25. KRI Lumba-Lumba 881
    KAPAL KORVET PRODUK SWASTA NASIONAL =
    1. KRI VVIP Bung Karno 369
    2. KRI Bung Hatta 370
    3. KRI Raja Ali Fisabilillah 391
    4. KRI Lukas Rumkoren 392
    ASET KAPAL PERANG SUPPORTING FORCE TNI AL PRODUKSI DALAM NEGERI
    KAPAL LOGISTIK PRODUK SWASTA NASIONAL =
    1. KRI Dumai 904
    2. KRI Tarakan 905
    3. KRI Bontang 906
    4. KRI Balongan 907
    KAPAL LPD (LANDING PLATFORM DOCK) PRODUK PT PAL =
    1. KRI Semarang 594
    2. KRI Dr. Wahidin Sudirohusodo 991
    3. KRI Dr. Rajiman Wedyodiningrat 992
    KAPAL PEMETAAN BAWAH AIR PRODUK SWASTA NASIONAL =
    1. KRI Pollux 935
    KAPAL SELAM TRANSFER TEKNOLOGI KORSEL-PT PAL =
    1. KRI Nagapasa 403
    2. KRI Ardadedali 404
    3. KRI Alugoro 405

    BalasHapus
  3. Sangka Malaydesh...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคช๐Ÿ˜›

    BalasHapus
  4. Futsal Malaydesh nii guys...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคช๐Ÿ˜›

    https://youtube.com/shorts/NeIIhtmWjBI?si=ce18jfCzaxyddlFD

    BalasHapus
  5. BUKTI LCS OMPONG MELOMPONG ......
    LOI NSM = LCS OMPONG
    LOI NSM = LCS OMPONG
    LOI TARANTULA = GOIB
    Mindef hari ini menandatangani surat hasrat (LOI) bernilai RM1.8 bilion kepada Mildef International Technologies Sdn. Bhd. (MILDEF).
    Selain Tarantula, Mindef turut menganugerahkan LOI bernilai RM800 juta kepada Lumut Naval Shipyard (Lunas) bagi perolehan kelengkapan logistik untuk kapal tempur pesisir (LCS). Seterusnya membekal 2 set pelancar Naval Strike Missile (NSM) bernilai RM44 juta.
    ----
    BUKTI OPV GAGAL
    BUKTI OPV GAGAL
    BUKTI OPV GAGAL
    Bagaimana pun kapal kedua dan ketiga (OPV 2, OPV 3) gagal disiapkan dengan kedua-duanya telah mencapai status pembinaan sebanyak 76% dan 57%.
    Kerajaan memeterai perjanjian dengan THHE Destiny pada 2017 untuk membekalkan tiga unit OPV pada kos RM740 juta untuk APMM dan kapal peronda itu dijadual diserahkan pada 2022
    ----
    MKM = BARTER PALM OIL
    MIG29N = BARTER PALM OIL
    MAID OF LONDON (MALON) has used palm oil to barter for military equipment, including fighter jets. The MAID OF LONDON (MALON) Armed Forces (MAF) is made up of the Royal MAID OF LONDON (MALON) Navy, the Royal MAID OF LONDON (MALON) Air Force, and the MAID OF LONDON (MALON) Army.
    ----
    A400M
    PEMBAYARAN BERPERINGKAT = DEBT
    MAID OF LONDON (MALON) membeli pesawat Airbus A400M secara ansuran dan bukan secara tunai. Pembelian pesawat A400M dilakukan melalui kontrak yang melibatkan bayar berperingkat.
    ----
    FA50M BARTER PALM OIL
    On the other hand, South Korea aims to sell another 18 FA-50s to MAID OF LONDON (MALON) in the future. MAID OF LONDON (MALON) announced that at least half of the payment would be made in palm oil
    ----
    SCORPENE BARTER PALM OIL
    Under the deal, France would buy RM819 million’s (€230 million) worth of MAID OF LONDON (MALON) palm oil, RM327 million (€92 million) of other commodities, and invest RM491 million (€138 million) for training and techNOLogy transfer to local firms here.
    ----
    PT91 BARTER PALM OIL RUBBER
    Payment for the purchase includes 30 percent of direct off-set in the form of training and techNOLogy transfer and 30 percent of indirect off-set in commodities like palm oil and rubber.
    ----
    EXCLUDING AMMO = FFBNW
    EXCLUDING AMMO = FFBNW
    EXCLUDING AMMO = FFBNW
    REVISED (FINAL): RM11.2B FOR 5 SHIPS
    (final agreed-upon contract price dealing with cost overruns)
    RM 2.24 billion (2023) per unit + ToT (ceiling) [or USD948M (2023 inflation) or ~USD700M (2011 forex) or ~USD490M (2023 forex) (excluding ammo)
    Inflation adjustment roughly equivalent to USD948 million in 2023 US dollars (excluding ammo)
    -------------
    REVISED (INITIAL): RM 9.128B FOR 5 SHIPS
    (initial figures using the original contract price in dealing with cost overruns)
    RM 1.8 billion (2011) per unit + ToT (ceiling) or USD560 million per ship (excluding ammo)
    Inflation adjustment roughly equivalent to USD758 million in 2023 US dollars (excluding ammo)

    BalasHapus
  6. KROASIA vs MALONDESH = 11-0
    Timnas U-17 Malondesh kalah telak 0-11 dari Kroasia dalam laga uji coba pada 11 November 2025. Kekalahan ini memicu kemarahan publik dan kritik tajam terhadap pelatih Javi Jorda.
    Berikut detail lengkapnya:
    ๐Ÿ† Hasil Pertandingan
    • Skor akhir: Malondesh U-17 0 – 11 Kroasia U-17
    • Tanggal pertandingan: 11 November 2025
    • Jenis laga: Uji coba internasional
    • Tujuan: Persiapan menuju Kualifikasi Piala Asia U-17 2026 bagi Malondesh dan Kualifikasi Piala Eropa U-17 2026 bagi Kroasia
    ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ Dampak di Malondesh
    • Reaksi publik: Banyak pendukung kecewa dan menyerukan agar pelatih Javi Jorda dipecat.
    • Kritik terhadap pelatih: Javi Jorda sebelumnya juga gagal membawa tim lolos ke Piala Asia U-17 2025 dan tampil buruk di Piala AFF U-16 2024
    • Kekhawatiran: Kekalahan ini menimbulkan keraguan besar terhadap kesiapan skuad muda Malondesh menghadapi kompetisi regional mendatang.
    ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ Kontras dengan Timnas U-17 Indonesia
    • Di hari yang sama, Indonesia U-17 menang 2-1 atas Honduras dalam ajang Piala Dunia U-17 2025.
    • Kemenangan tersebut membuka peluang Indonesia lolos ke babak 32 besar dan menunjukkan peningkatan signifikan dalam performa tim

    BalasHapus
  7. NSM PERTAMA DIASEAN ADALAH MILIK INDONESIA.

    MANTAP.


    FMP SEMAKIN HAMPIR JADI.. Terlambat sedikit yang pasti dah 95% jadi.

    Manakala LCS MALAYSEWA๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ NEGARA KLAIM KAYA, IQ VERY VERY HIGH, TAPI LCS KECIK LOW QUALITY 15 YEAR TAK JADI SATU POM

    BalasHapus
  8. NSM PERTAMA DIASEAN ADALAH MILIK INDONESIA.

    MANTAP.


    FMP SEMAKIN HAMPIR JADI.. Terlambat sedikit yang pasti dah 95% jadi.

    Manakala LCS MALAYSEWA๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ NEGARA KLAIM KAYA, IQ VERY VERY HIGH, TAPI LCS KECIK LOW QUALITY 15 YEAR TAK JADI SATU POM

    BalasHapus
  9. NSM PERTAMA DIASEAN ADALAH MILIK INDONESIA.

    MANTAP.


    FMP SEMAKIN HAMPIR JADI.. Terlambat sedikit yang pasti dah 95% jadi.

    Manakala LCS MALAYSEWA๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ NEGARA KLAIM KAYA, IQ VERY VERY HIGH, TAPI LCS KECIK LOW QUALITY 15 YEAR TAK JADI SATU PON

    BalasHapus
  10. Modifnya tidak signifikan. Ganti SSM tinggal ganti box launcher. Setelah itu kerja-sama buat integrasi sistem elektronik.

    Di kita masalahnya radar X-band dan Mk. 41?

    BalasHapus
  11. Berita hari ini..... RINGGIT semakin KUAT di Asia...... ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ


    Asia Kebakaran Hebat: Rupiah - Won Jatuh, Cuma Ringgit Berani Lawan AS

    https://www.cnbcindonesia.com/research/20251112090425-128-684444/asia-kebakaran-hebat-rupiah--won-jatuh-cuma-ringgit-berani-lawan-as

    BalasHapus
    Balasan
    1. PANTASSSS..........
      LCS = FAILURE
      VB BERAPI LP06 = FAILURE
      TANK STRIDE = FAILURE
      ----------------
      Indonesia unggul dalam olimpiade fisika dan matematika internasional karena sistem pembinaan yang lebih terstruktur dan dukungan kompetisi nasional yang kuat, sementara Malondesh belum memiliki ekosistem pembinaan sains yang seintensif Indonesia.
      Berikut penjelasan lebih rinci berdasarkan data dan konteks:
      ๐Ÿ… Prestasi Indonesia di Olimpiade Internasional
      • Matematika (IMO 2024): Indonesia meraih 1 emas, 3 perunggu, dan 2 honorable mention di ajang International Mathematical Olympiad ke-65 di Inggris.
      • Fisika (APhO 2024): Tim Indonesia menyapu bersih medali di Asian Physics Olympiad di Malondesh: 1 emas, 1 perak, 3 perunggu, dan 3 honorable mention.
      • SIMOC 2024 (Singapura): Indonesia menjadi juara umum, mengalahkan Malondesh dan Singapura, dengan 115 medali emas dari 456 peserta.
      ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ Faktor Keberhasilan Indonesia
      • Pembinaan berjenjang: Indonesia memiliki sistem seleksi dan pembinaan berlapis dari tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional melalui Olimpiade Sains Nasional (OSN).
      • Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas): Lembaga ini secara aktif membina siswa-siswa terbaik untuk ajang internasional.
      • Komunitas dan alumni aktif: Banyak alumni olimpiade yang kembali sebagai pelatih dan mentor.
      • Dukungan pemerintah dan swasta: Termasuk beasiswa, pelatihan intensif, dan fasilitas belajar.
      ============
      ============
      ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ Mengapa Malondesh Tertinggal?
      • Kurangnya sistem pembinaan nasional yang terstruktur: Tidak ada ajang sekelas OSN yang konsisten dan masif di seluruh negeri.
      • Fokus pada kompetisi regional: Malondesh lebih sering mengirim peserta ke olimpiade regional atau berbasis undangan, bukan kompetisi global seperti IMO atau IPhO.
      • Minimnya eksposur dan publikasi: Prestasi siswa Malondesh di bidang sains jarang dipublikasikan secara luas, sehingga tidak membentuk ekosistem kompetitif.
      • Kebijakan pendidikan yang lebih fokus pada rata-rata, bukan pada pembinaan talenta unggul.
      ----------------
      ⚓ Proyek Kapal Tempur Pesisir (LCS)
      • Nilai proyek: RM9.1 miliar untuk 6 kapal kelas Maharaja Lela.
      • Masalah: Keterlambatan ekstrem, pembengkakan anggaran, dan dugaan korupsi. Hingga 2025, belum ada kapal yang diserahkan ke Angkatan Laut Malondesh.
      ----------------
      ๐Ÿ”ซ Senapan Vita Berapi (VB Berapi LP06)
      • Produsen: Vita Berapi, perusahaan lokal Malondesh.
      • Desain: Bullpup, peluru 5.56×45mm NATO, kapasitas 30 peluru.
      • Kontroversi:
      o Desain dianggap aneh dan tidak profesional, bahkan menjadi bahan olok-olok publik dan media internasional.
      o Dirancang oleh Viktor Prykhodko, seorang warga Rusia yang tinggal di Malondesh, namun latar belakang teknisnya tidak jelas.
      o Tidak pernah digunakan secara resmi oleh militer Malondesh.
      ----------------
      ๐Ÿ›ก️ Tank Ringan STRIDE
      • Pengembang: STRIDE (Science and Technology Research Institute for Defence), lembaga riset militer Malondesh.
      • Tujuan: Meningkatkan kemandirian industri pertahanan nasional.
      • Kritik:
      o Minimnya transparansi dan uji coba publik membuat efektivitas tank ini diragukan.
      o Tidak ada bukti bahwa tank ini telah digunakan secara aktif oleh militer atau diekspor.
      o Dibandingkan dengan kendaraan tempur ringan dari negara lain, STRIDE dianggap belum kompetitif secara teknologi maupun biaya.

      Hapus
    2. ⚓ 1. LCS (LITTORAL COMBAT SHIP) – Kegagalan Proyek Kapal Tempur
      Masalah utama:
      • Keterlambatan ekstrem: Proyek dimulai pada 2011 untuk membangun 6 kapal tempur pesisir, namun hingga 2025 belum ada satu pun yang selesai.
      • Pembengkakan biaya: Dari anggaran awal RM9 miliar, lebih dari RM6 miliar telah dibelanjakan tanpa hasil nyata.
      • Manajemen buruk: Audit mengungkapkan penyimpangan dalam kontrak, perubahan desain tanpa persetujuan, dan lemahnya pengawasan oleh Kementerian Pertahanan.
      • Dampak strategis: Kegagalan ini menghambat kemampuan Angkatan Laut Malondesh untuk menjaga wilayah maritim secara efektif.
      ๐Ÿ”ซ 2. VB BERAPI LP06 – SENAPAN SERBU YANG GAGAL TOTAL
      Latar belakang:
      • Senapan ini adalah upaya Malondesh untuk mengembangkan senjata serbu lokal dengan desain bullpup, menggunakan peluru 5.56×45mm NATO.
      • Dirancang oleh Viktor Prykhodko, seorang warga Rusia yang tinggal di Malondesh, dan diproduksi oleh Vita Berapi.
      Masalah utama:
      • Desain buruk: Senapan ini menjadi bahan olok-olok internasional karena bentuknya yang tidak ergonomis dan tampak “aneh”.
      • Tidak lolos uji militer: Tidak pernah digunakan secara resmi oleh militer Malondesh karena performa dan reliabilitas yang diragukan.
      • Kegagalan branding: Alih-alih menjadi simbol kemandirian industri pertahanan, VB Berapi LP06 justru mempermalukan reputasi Malondesh di bidang ini.
      ๐Ÿ›ก️ 3. TANK STRIDE – PROYEK TANK NASIONAL YANG MANDEK
      Catatan:
      • STRIDE (Science Technology Research Institute for Defence) adalah lembaga riset militer Malondesh.
      • Proyek tank ini bertujuan menciptakan kendaraan tempur ringan buatan lokal.
      Masalah utama:
      • Tidak pernah masuk tahap produksi massal: Prototipe sempat dipamerkan, namun tidak ada kelanjutan.
      • Kurangnya dukungan industri: Malondesh belum memiliki ekosistem manufaktur militer yang cukup matang untuk mendukung produksi kendaraan tempur berat.
      • Kegagalan strategi: Proyek ini menunjukkan kurangnya perencanaan jangka panjang dan sinergi antara riset dan kebutuhan operasional militer.
      ๐Ÿ“‰ Kesimpulan dan Implikasi
      Ketiga kasus ini mencerminkan kegagalan sistemik dalam pengadaan alutsista Malondesh, termasuk:
      • Lemahnya tata kelola proyek dan pengawasan internal.
      • Ketergantungan pada pihak luar tanpa transfer teknologi yang efektif.
      • Kurangnya integrasi antara riset, industri, dan kebutuhan militer.
      ----------------
      5x PM BUAL MRCA LCS SPH MRSS = 2025 ZONK
      6x MOD BUAL MRCA LCS SPH MRSS = 2025 ZONK
      6x MOF BUAL MRCA LCS SPH MRSS = 2025 ZONK
      SERIUS!!! BADUT BERUK = MEMBUAL SHOPPING
      -
      5x GANTI PM = 84,3% TO GDP
      5x GANTI MOF = KLAIM LUNAS 2053 = GAGAL (NAMBAH DEBT)
      SERIUS!!! BADUT BERUK = MEMBUAL KLAIM KAYA
      -
      5x GANTI PM = TIDAK BAYAR HUTANG TERTUNGGAK
      6x GANTI MOD = KEKANGAN KEWANGAN
      SERIUS!!! BADUT BERUK = MEMBUAL KLAIM KAYA
      ----------------
      MRCA 2025-2017= ZONK = NO PROCUREMENT
      5x GANTI PM
      5x GANTI MOD
      6x GANTI MOF
      -
      LCS 2025-2011 = ZONK = MANGKRAK
      5x GANTI PM
      6x GANTI MOD
      6x GANTI MOF
      -
      SPH 2025-2016 = ZONK = NO PROCUREMENT
      5x GANTI PM
      5x GANTI MOD
      6x GANTI MOF
      -
      MRSS/LPD 2025-2016 = ZONK = NO PROCUREMENT
      5x GANTI PM
      5x GANTI MOD
      6x GANTI MOF

      Hapus
    3. KLAIM KUAT = MEANWHILE ….
      DEFISIT ANGGARAN
      UTANG NEGARA BERTAMBAH
      UTANG HOUSEHOLD BERTAMBAH
      ASET MILITER = SEWA
      -----------
      ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ 1. Klaim Kekuatan Ringgit: Narasi Stabilitas Makro
      Pemerintah Malondesh dan Bank Negara Malondesh (BNM) secara konsisten menyampaikan bahwa Ringgit Malondesh (RM) tetap kuat dan undervalued. Namun, nilai tukar Ringgit terhadap USD tetap melemah (kisaran RM4.75–RM4.80/USD), menunjukkan bahwa narasi tersebut belum sepenuhnya didukung oleh dinamika pasar.
      ๐Ÿ“‰ 2. Defisit Fiskal yang Besar
      Malondesh mengalami defisit fiskal kronis sejak krisis 1997, dan tren ini berlanjut:
      Tahun Defisit Fiskal % terhadap PDB
      2022 RM99 miliar 5.6%
      2023 RM85.4 miliar 5.0%
      2024* RM82.0 miliar 4.9% (target)
      2025* RM76.0 miliar 4.3% (target)
      ๐Ÿ”น Kontributor utama defisit:
      • Subsidi energi dan pangan.
      • Belanja sosial dan bantuan tunai.
      • Proyek infrastruktur besar (ECRL, Pan Borneo).
      • Pembayaran bunga utang.
      ๐Ÿ”น Risiko fiskal:
      • Ruang fiskal makin sempit untuk stimulus.
      • Ketergantungan pada utang domestik dan luar negeri.
      • Kebutuhan reformasi pajak (GST, cukai barang mewah) belum terealisasi.
      ๐Ÿฆ 3. Utang Negara dan Rumah Tangga yang Meningkat
      ๐Ÿ›️ Utang Pemerintah:
      • Total utang: RM1.18 triliun (2025), sekitar 61.2% dari PDB.
      • Liabilitas kontinjensi (jaminan BUMN): RM260 miliar.
      • Pembayaran bunga tahunan: RM45 miliar.
      ๐Ÿ”น Struktur utang:
      • 97% dalam mata uang Ringgit (mengurangi risiko nilai tukar).
      • 3% dalam mata uang asing (USD, JPY, EUR).
      ๐Ÿ  Utang Rumah Tangga:
      • Rasio utang rumah tangga terhadap PDB: 84.5% (salah satu tertinggi di ASEAN).
      • Komposisi:
      o Kredit perumahan: 52%
      o Kredit kendaraan: 20%
      o Pinjaman pribadi dan kartu kredit: 28%
      ๐Ÿ”น Risiko sosial-ekonomi:
      • Kenaikan suku bunga oleh BNM menekan kemampuan bayar.
      • Stagnasi pendapatan dan inflasi biaya hidup.
      • Maraknya pinjaman digital dan fintech tanpa jaminan.
      ๐Ÿ›ก️ 4. Belanja Militer yang Agresif dan Skema Sewa
      Malondesh meningkatkan belanja pertahanan sebagai respons terhadap:
      • Ketegangan di Laut Cina Selatan.
      • Kebutuhan modernisasi aset militer yang sudah tua.
      • Komitmen terhadap misi perdamaian internasional.
      ๐Ÿ“Š Anggaran Pertahanan:
      • 2023: RM19.7 miliar
      • 2024: RM21.2 miliar
      • 2025: RM22.5 miliar (proyeksi)
      ๐Ÿ”น Jenis belanja:
      • Kapal MRSS, sistem pertahanan udara, kendaraan taktis.
      • Modernisasi pesawat dan radar.
      • Pelatihan dan kesiapsiagaan.
      ๐Ÿ”น Skema sewa:
      • Beberapa aset militer disewa (leasing) untuk menghindari belanja modal langsung.
      • Contoh: kendaraan tempur, pesawat pengintai, sistem komunikasi.
      • Risiko: menambah liabilitas jangka panjang dan kurang transparan dalam laporan fiskal.
      ๐Ÿ“Œ Kesimpulan: Ketegangan antara Narasi dan Realitas
      Aspek Narasi Pemerintah Realitas Ekonomi
      Ringgit Stabil dan undervalued Tertekan oleh dolar AS dan arus keluar modal
      Fiskal Defisit menurun Beban bunga dan subsidi tetap tinggi
      Utang Terkendali dan domestik Rasio terhadap PDB tinggi dan membatasi ruang fiskal
      Militer Modernisasi efisien Skema sewa menambah liabilitas tersembunyi
      Rumah Tangga Konsumsi tetap kuat Utang tinggi dan rentan terhadap suku bunga

      Hapus

  12. Ringgit semakin KUAT....


    Asia Kebakaran Hebat: Rupiah - Won Jatuh, Cuma Ringgit Berani Lawan AS

    https://www.cnbcindonesia.com/research/20251112090425-128-684444/asia-kebakaran-hebat-rupiah--won-jatuh-cuma-ringgit-berani-lawan-as

    BalasHapus
    Balasan
    1. BERIKUT PENJELASAN RINCI BERDASARKAN PERBANDINGAN STRUKTUR, KEBIJAKAN, DAN KAPASITAS INDUSTRI PERTAHANAN
      ----------------
      ๐Ÿ› ️ 1. Struktur dan Sejarah Industri Pertahanan
      • Indonesia:
      o Memiliki BUMN strategis seperti PT Dirgantara Indonesia (PTDI) untuk pesawat, PT Pindad untuk senjata dan kendaraan tempur, dan PT PAL untuk kapal perang.
      o Sejak era Orde Baru, Indonesia sudah mengembangkan industri militer domestik sebagai bagian dari strategi kemandirian alutsista.
      o Produk unggulan: pesawat CN-235 dan N-219, tank medium Harimau, kapal perang jenis korvet dan LPD.
      -
      • Malondesh:
      o Tidak memiliki BUMN militer sekuat Indonesia. Industri pertahanan lebih bergantung pada kerja sama luar negeri dan pengadaan langsung.
      o Beberapa perusahaan seperti DefTech dan Boustead Naval Shipyard ada, tapi belum mampu memproduksi sistem senjata kompleks secara mandiri.
      o Proyek kapal tempur Littoral Combat Ship (LCS) mengalami keterlambatan dan kontroversi besar.
      ----------------
      ๐Ÿ’ฐ 2. Anggaran dan Skala Militer
      • Indonesia:
      o Anggaran pertahanan lebih besar dan jumlah personel militer jauh lebih banyak: 400.000 personel aktif dan 400.000 cadangan, plus 250.000 paramiliter.
      o Skala kebutuhan militer yang besar mendorong pengembangan industri dalam negeri.
      -
      • Malondesh:
      o Personel aktif hanya sekitar 113.000, dengan cadangan 51.600 dan paramiliter 100.000.
      o Skala kebutuhan lebih kecil, sehingga tidak mendesak untuk membangun industri militer mandiri.
      ----------------
      ๐Ÿงญ 3. Kebutuhan Geopolitik dan Strategis
      • Indonesia:
      o Negara kepulauan dengan ribuan pulau dan perbatasan laut yang luas, membutuhkan kapal perang dan pesawat patroli untuk menjaga kedaulatan.
      o Konflik perbatasan seperti Ambalat dan potensi ancaman di Laut Natuna Utara memperkuat urgensi pengembangan alutsista.
      -
      • Malondesh:
      o Fokus pertahanan lebih pada pengamanan internal dan kerja sama regional, bukan kemandirian industri militer.
      o Ketergantungan pada aliansi dan pembelian dari negara lain seperti Prancis, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.
      ----------------
      ๐Ÿงฉ 4. Kebijakan dan Dukungan Pemerintah
      • Indonesia:
      o Ada dorongan politik kuat untuk kemandirian industri pertahanan, termasuk regulasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri).
      o Pemerintah aktif mendorong ekspor alutsista ke negara lain seperti Filipina dan Senegal.
      -
      • Malondesh:
      o Kebijakan industri pertahanan belum konsisten, dan proyek besar seperti LCS menghadapi masalah tata kelola dan transparansi.
      o Belum ada roadmap jangka panjang yang jelas untuk membangun industri militer mandiri
      ----------------
      5x PM BUAL MRCA LCS SPH MRSS = 2025 ZONK
      6x MOD BUAL MRCA LCS SPH MRSS = 2025 ZONK
      6x MOF BUAL MRCA LCS SPH MRSS = 2025 ZONK
      SERIUS!!! BADUT BERUK = MEMBUAL SHOPPING
      -
      5x GANTI PM = 84,3% TO GDP
      5x GANTI MOF = KLAIM LUNAS 2053 = GAGAL (NAMBAH DEBT)
      SERIUS!!! BADUT BERUK = MEMBUAL KLAIM KAYA
      -
      5x GANTI PM = TIDAK BAYAR HUTANG TERTUNGGAK
      6x GANTI MOD = KEKANGAN KEWANGAN
      SERIUS!!! BADUT BERUK = MEMBUAL KLAIM KAYA
      ----------------
      MRCA 2025-2017= ZONK = NO PROCUREMENT
      5x GANTI PM
      5x GANTI MOD
      6x GANTI MOF
      -
      LCS 2025-2011 = ZONK = MANGKRAK
      5x GANTI PM
      6x GANTI MOD
      6x GANTI MOF
      -
      SPH 2025-2016 = ZONK = NO PROCUREMENT
      5x GANTI PM
      5x GANTI MOD
      6x GANTI MOF
      -
      MRSS/LPD 2025-2016 = ZONK = NO PROCUREMENT
      5x GANTI PM
      5x GANTI MOD
      6x GANTI MOF

      Hapus
    2. BERIKUT PENJELASAN RINCI BERDASARKAN PERBANDINGAN STRUKTUR, KEBIJAKAN, DAN KAPASITAS INDUSTRI PERTAHANAN
      ----------------
      ๐Ÿ› ️ 1. Struktur dan Sejarah Industri Pertahanan
      • Indonesia:
      o Memiliki BUMN strategis seperti PT Dirgantara Indonesia (PTDI) untuk pesawat, PT Pindad untuk senjata dan kendaraan tempur, dan PT PAL untuk kapal perang.
      o Sejak era Orde Baru, Indonesia sudah mengembangkan industri militer domestik sebagai bagian dari strategi kemandirian alutsista.
      o Produk unggulan: pesawat CN-235 dan N-219, tank medium Harimau, kapal perang jenis korvet dan LPD.
      -
      • Malondesh:
      o Tidak memiliki BUMN militer sekuat Indonesia. Industri pertahanan lebih bergantung pada kerja sama luar negeri dan pengadaan langsung.
      o Beberapa perusahaan seperti DefTech dan Boustead Naval Shipyard ada, tapi belum mampu memproduksi sistem senjata kompleks secara mandiri.
      o Proyek kapal tempur Littoral Combat Ship (LCS) mengalami keterlambatan dan kontroversi besar.
      ----------------
      ๐Ÿ’ฐ 2. Anggaran dan Skala Militer
      • Indonesia:
      o Anggaran pertahanan lebih besar dan jumlah personel militer jauh lebih banyak: 400.000 personel aktif dan 400.000 cadangan, plus 250.000 paramiliter.
      o Skala kebutuhan militer yang besar mendorong pengembangan industri dalam negeri.
      -
      • Malondesh:
      o Personel aktif hanya sekitar 113.000, dengan cadangan 51.600 dan paramiliter 100.000.
      o Skala kebutuhan lebih kecil, sehingga tidak mendesak untuk membangun industri militer mandiri.
      ----------------
      ๐Ÿงญ 3. Kebutuhan Geopolitik dan Strategis
      • Indonesia:
      o Negara kepulauan dengan ribuan pulau dan perbatasan laut yang luas, membutuhkan kapal perang dan pesawat patroli untuk menjaga kedaulatan.
      o Konflik perbatasan seperti Ambalat dan potensi ancaman di Laut Natuna Utara memperkuat urgensi pengembangan alutsista.
      -
      • Malondesh:
      o Fokus pertahanan lebih pada pengamanan internal dan kerja sama regional, bukan kemandirian industri militer.
      o Ketergantungan pada aliansi dan pembelian dari negara lain seperti Prancis, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.
      ----------------
      ๐Ÿงฉ 4. Kebijakan dan Dukungan Pemerintah
      • Indonesia:
      o Ada dorongan politik kuat untuk kemandirian industri pertahanan, termasuk regulasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri).
      o Pemerintah aktif mendorong ekspor alutsista ke negara lain seperti Filipina dan Senegal.
      -
      • Malondesh:
      o Kebijakan industri pertahanan belum konsisten, dan proyek besar seperti LCS menghadapi masalah tata kelola dan transparansi.
      o Belum ada roadmap jangka panjang yang jelas untuk membangun industri militer mandiri
      ----------------
      5x PM BUAL MRCA LCS SPH MRSS = 2025 ZONK
      6x MOD BUAL MRCA LCS SPH MRSS = 2025 ZONK
      6x MOF BUAL MRCA LCS SPH MRSS = 2025 ZONK
      SERIUS!!! BADUT BERUK = MEMBUAL SHOPPING
      -
      5x GANTI PM = 84,3% TO GDP
      5x GANTI MOF = KLAIM LUNAS 2053 = GAGAL (NAMBAH DEBT)
      SERIUS!!! BADUT BERUK = MEMBUAL KLAIM KAYA
      -
      5x GANTI PM = TIDAK BAYAR HUTANG TERTUNGGAK
      6x GANTI MOD = KEKANGAN KEWANGAN
      SERIUS!!! BADUT BERUK = MEMBUAL KLAIM KAYA
      ----------------
      MRCA 2025-2017= ZONK = NO PROCUREMENT
      5x GANTI PM
      5x GANTI MOD
      6x GANTI MOF
      -
      LCS 2025-2011 = ZONK = MANGKRAK
      5x GANTI PM
      6x GANTI MOD
      6x GANTI MOF
      -
      SPH 2025-2016 = ZONK = NO PROCUREMENT
      5x GANTI PM
      5x GANTI MOD
      6x GANTI MOF
      -
      MRSS/LPD 2025-2016 = ZONK = NO PROCUREMENT
      5x GANTI PM
      5x GANTI MOD
      6x GANTI MOF

      Hapus
    3. BERIKUT PENJELASAN RINCI BERDASARKAN PERBANDINGAN STRUKTUR, KEBIJAKAN, DAN KAPASITAS INDUSTRI PERTAHANAN
      ----------------
      ๐Ÿ› ️ 1. Struktur dan Sejarah Industri Pertahanan
      • Indonesia:
      o Memiliki BUMN strategis seperti PT Dirgantara Indonesia (PTDI) untuk pesawat, PT Pindad untuk senjata dan kendaraan tempur, dan PT PAL untuk kapal perang.
      o Sejak era Orde Baru, Indonesia sudah mengembangkan industri militer domestik sebagai bagian dari strategi kemandirian alutsista.
      o Produk unggulan: pesawat CN-235 dan N-219, tank medium Harimau, kapal perang jenis korvet dan LPD.
      -
      • Malondesh:
      o Tidak memiliki BUMN militer sekuat Indonesia. Industri pertahanan lebih bergantung pada kerja sama luar negeri dan pengadaan langsung.
      o Beberapa perusahaan seperti DefTech dan Boustead Naval Shipyard ada, tapi belum mampu memproduksi sistem senjata kompleks secara mandiri.
      o Proyek kapal tempur Littoral Combat Ship (LCS) mengalami keterlambatan dan kontroversi besar.
      ----------------
      ๐Ÿ’ฐ 2. Anggaran dan Skala Militer
      • Indonesia:
      o Anggaran pertahanan lebih besar dan jumlah personel militer jauh lebih banyak: 400.000 personel aktif dan 400.000 cadangan, plus 250.000 paramiliter.
      o Skala kebutuhan militer yang besar mendorong pengembangan industri dalam negeri.
      -
      • Malondesh:
      o Personel aktif hanya sekitar 113.000, dengan cadangan 51.600 dan paramiliter 100.000.
      o Skala kebutuhan lebih kecil, sehingga tidak mendesak untuk membangun industri militer mandiri.
      ----------------
      ๐Ÿงญ 3. Kebutuhan Geopolitik dan Strategis
      • Indonesia:
      o Negara kepulauan dengan ribuan pulau dan perbatasan laut yang luas, membutuhkan kapal perang dan pesawat patroli untuk menjaga kedaulatan.
      o Konflik perbatasan seperti Ambalat dan potensi ancaman di Laut Natuna Utara memperkuat urgensi pengembangan alutsista.
      -
      • Malondesh:
      o Fokus pertahanan lebih pada pengamanan internal dan kerja sama regional, bukan kemandirian industri militer.
      o Ketergantungan pada aliansi dan pembelian dari negara lain seperti Prancis, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.
      ----------------
      ๐Ÿงฉ 4. Kebijakan dan Dukungan Pemerintah
      • Indonesia:
      o Ada dorongan politik kuat untuk kemandirian industri pertahanan, termasuk regulasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri).
      o Pemerintah aktif mendorong ekspor alutsista ke negara lain seperti Filipina dan Senegal.
      -
      • Malondesh:
      o Kebijakan industri pertahanan belum konsisten, dan proyek besar seperti LCS menghadapi masalah tata kelola dan transparansi.
      o Belum ada roadmap jangka panjang yang jelas untuk membangun industri militer mandiri
      ----------------
      5x PM BUAL MRCA LCS SPH MRSS = 2025 ZONK
      6x MOD BUAL MRCA LCS SPH MRSS = 2025 ZONK
      6x MOF BUAL MRCA LCS SPH MRSS = 2025 ZONK
      SERIUS!!! BADUT BERUK = MEMBUAL SHOPPING
      -
      5x GANTI PM = 84,3% TO GDP
      5x GANTI MOF = KLAIM LUNAS 2053 = GAGAL (NAMBAH DEBT)
      SERIUS!!! BADUT BERUK = MEMBUAL KLAIM KAYA
      -
      5x GANTI PM = TIDAK BAYAR HUTANG TERTUNGGAK
      6x GANTI MOD = KEKANGAN KEWANGAN
      SERIUS!!! BADUT BERUK = MEMBUAL KLAIM KAYA
      ----------------
      MRCA 2025-2017= ZONK = NO PROCUREMENT
      5x GANTI PM
      5x GANTI MOD
      6x GANTI MOF
      -
      LCS 2025-2011 = ZONK = MANGKRAK
      5x GANTI PM
      6x GANTI MOD
      6x GANTI MOF
      -
      SPH 2025-2016 = ZONK = NO PROCUREMENT
      5x GANTI PM
      5x GANTI MOD
      6x GANTI MOF
      -
      MRSS/LPD 2025-2016 = ZONK = NO PROCUREMENT
      5x GANTI PM
      5x GANTI MOD
      6x GANTI MOF

      Hapus
    4. KLAIM KUAT = MEANWHILE ….
      DEFISIT ANGGARAN
      UTANG NEGARA BERTAMBAH
      UTANG HOUSEHOLD BERTAMBAH
      ASET MILITER = SEWA
      -----------
      Ringgit Malondesh diklaim stabil meski dibayangi defisit anggaran, peningkatan utang negara dan rumah tangga, serta belanja militer yang meningkat—ini mencerminkan strategi fiskal dan komunikasi pemerintah yang kompleks.
      Berikut penjelasan detail berdasarkan data dan dinamika terbaru:
      ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ 1. Klaim Ringgit Kuat: Narasi Pemerintah
      Pemerintah Malondesh, khususnya melalui Kementerian Keuangan dan Bank Negara Malondesh (BNM), menyatakan bahwa nilai tukar ringgit tetap stabil dan mencerminkan fundamental ekonomi yang sehat. Beberapa argumen yang digunakan:
      • Cadangan devisa mencukupi untuk intervensi pasar.
      • Inflasi terkendali dan pertumbuhan ekonomi tetap positif.
      • Diversifikasi ekspor dan surplus neraca berjalan mendukung nilai tukar.
      Namun, klaim ini sering dikritik karena tidak mencerminkan tekanan eksternal seperti penguatan dolar AS dan arus keluar modal dari pasar negara berkembang.
      ๐Ÿ“‰ 2. Defisit Anggaran dan Utang Negara
      Malondesh mencatat defisit fiskal sebesar RM99 miliar pada 2022, dengan utang nasional mencapai RM1.08 triliun atau sekitar 60.3% dari PDB. Meskipun masih di bawah batas statutori 65%, tren ini menunjukkan:
      • Ketergantungan pada pembiayaan utang untuk belanja negara.
      • Kewajiban pembayaran bunga yang meningkat.
      • Ruang fiskal yang makin sempit untuk stimulus ekonomi.
      ๐Ÿ›ก️ 3. Belanja Militer dan Aset Sewa
      Meski banyak aset militer Malondesh sudah usang (171 unit melebihi usia 30 tahun), pemerintah tetap mengalokasikan RM21.2 miliar dalam Belanjawan 2026 untuk modernisasi pertahanan. Ini termasuk:
      • Pembelian sistem pertahanan udara (MANPADS).
      • Kapal MRSS dan kendaraan taktis.
      • Fokus pada kesiapsiagaan dan misi perdamaian.
      Namun, sebagian pengadaan dilakukan melalui skema sewa atau leasing, yang menambah beban liabilitas jangka panjang.
      ๐Ÿ  4. Kenaikan Utang Rumah Tangga
      Utang rumah tangga Malondesh juga meningkat, dipicu oleh:
      • Kredit perumahan dan kendaraan.
      • Konsumsi berbasis pinjaman (kartu kredit, pinjaman pribadi).
      • Tekanan biaya hidup dan stagnasi pendapatan.
      Utang rumah tangga Malondesh sempat mencapai sekitar 85% dari PDB, salah satu yang tertinggi di Asia Tenggara.
      ๐Ÿ” 5. Mengapa Pemerintah Tetap Klaim Stabilitas?
      Klaim ringgit kuat dan ekonomi stabil meski indikator fiskal memburuk bisa dijelaskan melalui:
      • Strategi komunikasi fiskal untuk menjaga kepercayaan investor dan publik.
      • Pengelolaan persepsi pasar agar tidak terjadi pelarian modal.
      • Penekanan pada indikator makro tertentu (seperti cadangan devisa dan pertumbuhan) sambil mengabaikan tekanan struktural.
      ๐Ÿ“Œ Kesimpulan
      Klaim kekuatan ringgit Malondesh adalah bagian dari narasi stabilitas makro yang dikembangkan pemerintah, meski realitasnya menunjukkan tekanan dari:
      • Defisit fiskal yang besar.
      • Utang negara dan rumah tangga yang meningkat.
      • Belanja militer yang agresif, sebagian melalui skema sewa.

      Hapus
  13. Ringgit semakin kuat?
    Manakala KD Meherejelele semakin MANGKRAK

    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคช๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

    BalasHapus
  14. Masa Ringgit kuat tapi sewa Heli BEKAS dan GAGAL, HORNET mengemis Kuwait GAGAL...

    Lalu paksa orang percaya jika MALAYDESH kaya....

    ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคช๐Ÿคช๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

    BalasHapus
  15. BERIKUT PENJELASAN RINCI BERDASARKAN PERBANDINGAN STRUKTUR, KEBIJAKAN, DAN KAPASITAS INDUSTRI PERTAHANAN
    ----------------
    ๐Ÿ› ️ 1. Struktur dan Sejarah Industri Pertahanan
    • Indonesia:
    o Memiliki BUMN strategis seperti PT Dirgantara Indonesia (PTDI) untuk pesawat, PT Pindad untuk senjata dan kendaraan tempur, dan PT PAL untuk kapal perang.
    o Sejak era Orde Baru, Indonesia sudah mengembangkan industri militer domestik sebagai bagian dari strategi kemandirian alutsista.
    o Produk unggulan: pesawat CN-235 dan N-219, tank medium Harimau, kapal perang jenis korvet dan LPD.
    -
    • Malondesh:
    o Tidak memiliki BUMN militer sekuat Indonesia. Industri pertahanan lebih bergantung pada kerja sama luar negeri dan pengadaan langsung.
    o Beberapa perusahaan seperti DefTech dan Boustead Naval Shipyard ada, tapi belum mampu memproduksi sistem senjata kompleks secara mandiri.
    o Proyek kapal tempur Littoral Combat Ship (LCS) mengalami keterlambatan dan kontroversi besar.
    ----------------
    ๐Ÿ’ฐ 2. Anggaran dan Skala Militer
    • Indonesia:
    o Anggaran pertahanan lebih besar dan jumlah personel militer jauh lebih banyak: 400.000 personel aktif dan 400.000 cadangan, plus 250.000 paramiliter.
    o Skala kebutuhan militer yang besar mendorong pengembangan industri dalam negeri.
    -
    • Malondesh:
    o Personel aktif hanya sekitar 113.000, dengan cadangan 51.600 dan paramiliter 100.000.
    o Skala kebutuhan lebih kecil, sehingga tidak mendesak untuk membangun industri militer mandiri.
    ----------------
    ๐Ÿงญ 3. Kebutuhan Geopolitik dan Strategis
    • Indonesia:
    o Negara kepulauan dengan ribuan pulau dan perbatasan laut yang luas, membutuhkan kapal perang dan pesawat patroli untuk menjaga kedaulatan.
    o Konflik perbatasan seperti Ambalat dan potensi ancaman di Laut Natuna Utara memperkuat urgensi pengembangan alutsista.
    -
    • Malondesh:
    o Fokus pertahanan lebih pada pengamanan internal dan kerja sama regional, bukan kemandirian industri militer.
    o Ketergantungan pada aliansi dan pembelian dari negara lain seperti Prancis, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.
    ----------------
    ๐Ÿงฉ 4. Kebijakan dan Dukungan Pemerintah
    • Indonesia:
    o Ada dorongan politik kuat untuk kemandirian industri pertahanan, termasuk regulasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri).
    o Pemerintah aktif mendorong ekspor alutsista ke negara lain seperti Filipina dan Senegal.
    -
    • Malondesh:
    o Kebijakan industri pertahanan belum konsisten, dan proyek besar seperti LCS menghadapi masalah tata kelola dan transparansi.
    o Belum ada roadmap jangka panjang yang jelas untuk membangun industri militer mandiri
    ----------------
    5x PM BUAL MRCA LCS SPH MRSS = 2025 ZONK
    6x MOD BUAL MRCA LCS SPH MRSS = 2025 ZONK
    6x MOF BUAL MRCA LCS SPH MRSS = 2025 ZONK
    SERIUS!!! BADUT BERUK = MEMBUAL SHOPPING
    -
    5x GANTI PM = 84,3% TO GDP
    5x GANTI MOF = KLAIM LUNAS 2053 = GAGAL (NAMBAH DEBT)
    SERIUS!!! BADUT BERUK = MEMBUAL KLAIM KAYA
    -
    5x GANTI PM = TIDAK BAYAR HUTANG TERTUNGGAK
    6x GANTI MOD = KEKANGAN KEWANGAN
    SERIUS!!! BADUT BERUK = MEMBUAL KLAIM KAYA
    ----------------
    MRCA 2025-2017= ZONK = NO PROCUREMENT
    5x GANTI PM
    5x GANTI MOD
    6x GANTI MOF
    -
    LCS 2025-2011 = ZONK = MANGKRAK
    5x GANTI PM
    6x GANTI MOD
    6x GANTI MOF
    -
    SPH 2025-2016 = ZONK = NO PROCUREMENT
    5x GANTI PM
    5x GANTI MOD
    6x GANTI MOF
    -
    MRSS/LPD 2025-2016 = ZONK = NO PROCUREMENT
    5x GANTI PM
    5x GANTI MOD
    6x GANTI MOF

    BalasHapus
  16. KLAIM KUAT = MEANWHILE ….
    DEFISIT ANGGARAN
    UTANG NEGARA BERTAMBAH
    UTANG HOUSEHOLD BERTAMBAH
    ASET MILITER = SEWA
    -----------
    Ringgit Malondesh diklaim stabil meski dibayangi defisit anggaran, peningkatan utang negara dan rumah tangga, serta belanja militer yang meningkat—ini mencerminkan strategi fiskal dan komunikasi pemerintah yang kompleks.
    Berikut penjelasan detail berdasarkan data dan dinamika terbaru:
    ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ 1. Klaim Ringgit Kuat: Narasi Pemerintah
    Pemerintah Malondesh, khususnya melalui Kementerian Keuangan dan Bank Negara Malondesh (BNM), menyatakan bahwa nilai tukar ringgit tetap stabil dan mencerminkan fundamental ekonomi yang sehat. Beberapa argumen yang digunakan:
    • Cadangan devisa mencukupi untuk intervensi pasar.
    • Inflasi terkendali dan pertumbuhan ekonomi tetap positif.
    • Diversifikasi ekspor dan surplus neraca berjalan mendukung nilai tukar.
    Namun, klaim ini sering dikritik karena tidak mencerminkan tekanan eksternal seperti penguatan dolar AS dan arus keluar modal dari pasar negara berkembang.
    ๐Ÿ“‰ 2. Defisit Anggaran dan Utang Negara
    Malondesh mencatat defisit fiskal sebesar RM99 miliar pada 2022, dengan utang nasional mencapai RM1.08 triliun atau sekitar 60.3% dari PDB. Meskipun masih di bawah batas statutori 65%, tren ini menunjukkan:
    • Ketergantungan pada pembiayaan utang untuk belanja negara.
    • Kewajiban pembayaran bunga yang meningkat.
    • Ruang fiskal yang makin sempit untuk stimulus ekonomi.
    ๐Ÿ›ก️ 3. Belanja Militer dan Aset Sewa
    Meski banyak aset militer Malondesh sudah usang (171 unit melebihi usia 30 tahun), pemerintah tetap mengalokasikan RM21.2 miliar dalam Belanjawan 2026 untuk modernisasi pertahanan. Ini termasuk:
    • Pembelian sistem pertahanan udara (MANPADS).
    • Kapal MRSS dan kendaraan taktis.
    • Fokus pada kesiapsiagaan dan misi perdamaian.
    Namun, sebagian pengadaan dilakukan melalui skema sewa atau leasing, yang menambah beban liabilitas jangka panjang.
    ๐Ÿ  4. Kenaikan Utang Rumah Tangga
    Utang rumah tangga Malondesh juga meningkat, dipicu oleh:
    • Kredit perumahan dan kendaraan.
    • Konsumsi berbasis pinjaman (kartu kredit, pinjaman pribadi).
    • Tekanan biaya hidup dan stagnasi pendapatan.
    Utang rumah tangga Malondesh sempat mencapai sekitar 85% dari PDB, salah satu yang tertinggi di Asia Tenggara.
    ๐Ÿ” 5. Mengapa Pemerintah Tetap Klaim Stabilitas?
    Klaim ringgit kuat dan ekonomi stabil meski indikator fiskal memburuk bisa dijelaskan melalui:
    • Strategi komunikasi fiskal untuk menjaga kepercayaan investor dan publik.
    • Pengelolaan persepsi pasar agar tidak terjadi pelarian modal.
    • Penekanan pada indikator makro tertentu (seperti cadangan devisa dan pertumbuhan) sambil mengabaikan tekanan struktural.
    ๐Ÿ“Œ Kesimpulan
    Klaim kekuatan ringgit Malondesh adalah bagian dari narasi stabilitas makro yang dikembangkan pemerintah, meski realitasnya menunjukkan tekanan dari:
    • Defisit fiskal yang besar.
    • Utang negara dan rumah tangga yang meningkat.
    • Belanja militer yang agresif, sebagian melalui skema sewa.

    BalasHapus
  17. KLAIM KUAT = MEANWHILE ….
    DEFISIT ANGGARAN
    UTANG NEGARA BERTAMBAH
    UTANG HOUSEHOLD BERTAMBAH
    ASET MILITER = SEWA
    -----------
    ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ 1. Klaim Kekuatan Ringgit: Narasi Stabilitas Makro
    Pemerintah Malondesh dan Bank Negara Malondesh (BNM) secara konsisten menyampaikan bahwa Ringgit Malondesh (RM) tetap kuat dan undervalued. Namun, nilai tukar Ringgit terhadap USD tetap melemah (kisaran RM4.75–RM4.80/USD), menunjukkan bahwa narasi tersebut belum sepenuhnya didukung oleh dinamika pasar.
    ๐Ÿ“‰ 2. Defisit Fiskal yang Besar
    Malondesh mengalami defisit fiskal kronis sejak krisis 1997, dan tren ini berlanjut:
    Tahun Defisit Fiskal % terhadap PDB
    2022 RM99 miliar 5.6%
    2023 RM85.4 miliar 5.0%
    2024* RM82.0 miliar 4.9% (target)
    2025* RM76.0 miliar 4.3% (target)
    ๐Ÿ”น Kontributor utama defisit:
    • Subsidi energi dan pangan.
    • Belanja sosial dan bantuan tunai.
    • Proyek infrastruktur besar (ECRL, Pan Borneo).
    • Pembayaran bunga utang.
    ๐Ÿ”น Risiko fiskal:
    • Ruang fiskal makin sempit untuk stimulus.
    • Ketergantungan pada utang domestik dan luar negeri.
    • Kebutuhan reformasi pajak (GST, cukai barang mewah) belum terealisasi.
    ๐Ÿฆ 3. Utang Negara dan Rumah Tangga yang Meningkat
    ๐Ÿ›️ Utang Pemerintah:
    • Total utang: RM1.18 triliun (2025), sekitar 61.2% dari PDB.
    • Liabilitas kontinjensi (jaminan BUMN): RM260 miliar.
    • Pembayaran bunga tahunan: RM45 miliar.
    ๐Ÿ”น Struktur utang:
    • 97% dalam mata uang Ringgit (mengurangi risiko nilai tukar).
    • 3% dalam mata uang asing (USD, JPY, EUR).
    ๐Ÿ  Utang Rumah Tangga:
    • Rasio utang rumah tangga terhadap PDB: 84.5% (salah satu tertinggi di ASEAN).
    • Komposisi:
    o Kredit perumahan: 52%
    o Kredit kendaraan: 20%
    o Pinjaman pribadi dan kartu kredit: 28%
    ๐Ÿ”น Risiko sosial-ekonomi:
    • Kenaikan suku bunga oleh BNM menekan kemampuan bayar.
    • Stagnasi pendapatan dan inflasi biaya hidup.
    • Maraknya pinjaman digital dan fintech tanpa jaminan.
    ๐Ÿ›ก️ 4. Belanja Militer yang Agresif dan Skema Sewa
    Malondesh meningkatkan belanja pertahanan sebagai respons terhadap:
    • Ketegangan di Laut Cina Selatan.
    • Kebutuhan modernisasi aset militer yang sudah tua.
    • Komitmen terhadap misi perdamaian internasional.
    ๐Ÿ“Š Anggaran Pertahanan:
    • 2023: RM19.7 miliar
    • 2024: RM21.2 miliar
    • 2025: RM22.5 miliar (proyeksi)
    ๐Ÿ”น Jenis belanja:
    • Kapal MRSS, sistem pertahanan udara, kendaraan taktis.
    • Modernisasi pesawat dan radar.
    • Pelatihan dan kesiapsiagaan.
    ๐Ÿ”น Skema sewa:
    • Beberapa aset militer disewa (leasing) untuk menghindari belanja modal langsung.
    • Contoh: kendaraan tempur, pesawat pengintai, sistem komunikasi.
    • Risiko: menambah liabilitas jangka panjang dan kurang transparan dalam laporan fiskal.
    ๐Ÿ“Œ Kesimpulan: Ketegangan antara Narasi dan Realitas
    Aspek Narasi Pemerintah Realitas Ekonomi
    Ringgit Stabil dan undervalued Tertekan oleh dolar AS dan arus keluar modal
    Fiskal Defisit menurun Beban bunga dan subsidi tetap tinggi
    Utang Terkendali dan domestik Rasio terhadap PDB tinggi dan membatasi ruang fiskal
    Militer Modernisasi efisien Skema sewa menambah liabilitas tersembunyi
    Rumah Tangga Konsumsi tetap kuat Utang tinggi dan rentan terhadap suku bunga

    BalasHapus
  18. KLAIM KUAT = MEANWHILE ….
    DEFISIT ANGGARAN
    UTANG NEGARA BERTAMBAH
    UTANG HOUSEHOLD BERTAMBAH
    ASET MILITER = SEWA
    ----------
    Ringgit Malondesh (RM) dinilai undervalued oleh otoritas domestik, namun pelemahannya terhadap USD mencerminkan tekanan eksternal dan ketidakpercayaan pasar terhadap narasi tersebut.
    Berikut penjelasan mendalam mengenai ketidaksesuaian antara narasi resmi dan realitas pasar:
    ๐Ÿฆ Narasi Resmi: RM Kuat dan Undervalued
    Pemerintah Malondesh dan Bank Negara Malondesh (BNM) menyatakan bahwa:
    • Fundamental ekonomi Malondesh tetap solid, dengan pertumbuhan PDB yang stabil, surplus neraca berjalan, dan cadangan devisa yang memadai.
    • RM dianggap undervalued, artinya nilai tukarnya lebih rendah dari nilai wajarnya berdasarkan indikator fundamental seperti paritas daya beli (PPP), neraca transaksi berjalan, dan produktivitas.
    • Tujuan narasi ini adalah untuk menjaga kepercayaan investor dan publik, serta mencegah spekulasi berlebihan terhadap depresiasi mata uang.
    ๐Ÿ“‰ Realitas Pasar: RM Melemah terhadap USD
    Namun, nilai tukar RM terhadap USD tetap berada di kisaran RM4.75–RM4.80/USD, bahkan sempat menyentuh level terendah sejak krisis 1998. Beberapa faktor penyebabnya:
    1. Kebijakan Moneter Global
    • The Fed mempertahankan suku bunga tinggi (5,25–5,50%), menarik arus modal ke AS dan memperkuat USD.
    • Investor global cenderung memindahkan dana ke aset USD yang lebih aman dan memberikan imbal hasil lebih tinggi.
    2. Outflow Modal dan Sentimen Pasar
    • Arus keluar modal asing dari pasar obligasi dan saham Malondesh menekan permintaan terhadap RM.
    • Ketidakpastian politik domestik dan global memperburuk sentimen terhadap mata uang emerging markets, termasuk RM.
    3. Persepsi Pasar terhadap Risiko
    • Meskipun fundamental domestik kuat, pasar menilai risiko eksternal lebih dominan, seperti ketergantungan pada ekspor komoditas dan volatilitas global.
    • Pasar tidak sepenuhnya percaya pada narasi undervaluation jika tidak didukung oleh intervensi nyata atau reformasi struktural.
    ⚖️ Mengapa Narasi dan Realitas Tidak Sinkron?
    • Valuasi fundamental ≠ harga pasar jangka pendek. Pasar valuta asing sangat dipengaruhi oleh ekspektasi, arus modal, dan sentimen global.
    • Narasi undervaluation bersifat jangka panjang, sedangkan pelemahan RM mencerminkan tekanan jangka pendek.
    • Tanpa intervensi aktif atau reformasi struktural, pasar akan tetap menilai RM berdasarkan risiko dan imbal hasil relatif.
    ----------
    GOVERNMENT DEBT : 69% of GDP
    HOUSEHOLD DEBT : 84.3% of GDP
    As of June 2025, Maid of london (MALON) 's federal government debt was RM 1.3 trillion, up from RM 1.25 trillion at the end of 2024, with a projected debt-to-GDP ratio of 69% by the end of 2025. Simultaneously, household debt reached RM 1.65 trillion in March 2025, representing 84.3% of GDP, but this level is considered manageable due to strong household financial assets, which are 2.1 times higher than the total debt.
    Federal Government Debt
    • End of 2024: RM 1.25 trillion
    • End of June 2025: RM 1.3 trillion
    • Projected Debt-to-GDP: 69% by the end of 2025
    Household Debt
    • 2025 : RM1.73 trillion, or 85.8% of GDP GDP
    ----------
    MISKIN = 2025 .....
    RM 1.65 TRILLION = 84.3% OF GDP
    RM 1.65 TRILLION = 84.3% OF GDP
    RM 1.65 TRILLION = 84.3% OF GDP
    MARCH 2025 — deputy finance minister. KUALA LUMPUR (Aug 13): Maid of london (MALON) 's household debt stood at RM1. 65 trillion as of end-March 2025, equivalent to 84.3% of gross domestic product (GDP) as at end-March 2025, a level that remains elevated but is balanced by strong household assets.

    BalasHapus
  19. " MALONDESH Puluhan tahun dipaksa mengemis hak petroluem"
    https://youtu.be/twBFsD8CTtc

    Yes disco disco first...,then i give you free pen....yes disco disco ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
    PMX HOMO MENDONIA ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  20. Bau-bau shoping LHD guys...
    Bye malaydesh....๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคช๐Ÿ˜›

    https://www.youtube.com/live/hHTHoApt95I?si=Nvx49v3Z0G2I25ql

    BalasHapus
  21. KLAIM KUAT = MEANWHILE ….
    DEFISIT ANGGARAN
    UTANG NEGARA BERTAMBAH
    UTANG HOUSEHOLD BERTAMBAH
    ASET MILITER = SEWA
    ----------
    Pemerintah Malondesh menyampaikan narasi optimis tentang stabilitas ekonomi dan keberhasilan kebijakan fiskal. Namun, data dan dinamika pasar menunjukkan adanya tekanan struktural dan risiko yang belum sepenuhnya diakui secara publik. Ketegangan ini tercermin dalam lima aspek utama:
    ๐Ÿ” Penjabaran Per Aspek
    Aspek Narasi Pemerintah Realitas Ekonomi
    Ringgit Stabil dan undervalued Nilai tukar ringgit melemah akibat penguatan dolar AS dan arus keluar modal
    Fiskal Defisit menurun Beban bunga utang dan subsidi tetap tinggi, membatasi ruang belanja produktif
    Utang Terkendali dan mayoritas domestik Rasio utang terhadap PDB tinggi, mengurangi fleksibilitas fiskal
    Militer Modernisasi efisien Skema sewa (leasing) menambah liabilitas tersembunyi di luar neraca resmi
    Rumah Tangga Konsumsi tetap kuat Utang rumah tangga tinggi dan rentan terhadap kenaikan suku bunga
    ๐Ÿง  Analisis Mendalam
    1. ๐Ÿ’ฑ Ringgit
    • Narasi: Pemerintah menyatakan bahwa ringgit undervalued dan akan pulih seiring waktu.
    • Realitas: Tekanan eksternal seperti kenaikan suku bunga The Fed dan ketidakpastian global mendorong investor menarik dana dari pasar Malondesh, memperlemah ringgit. Ini berdampak pada inflasi impor dan daya beli masyarakat.
    2. ๐Ÿ“‰ Fiskal
    • Narasi: Defisit fiskal diklaim menurun berkat reformasi dan efisiensi belanja.
    • Realitas: Walaupun defisit nominal menurun, beban bunga utang dan subsidi energi tetap tinggi. Ini mengurangi ruang fiskal untuk belanja pembangunan dan perlindungan sosial.
    3. ๐Ÿ’ฐ Utang
    • Narasi: Utang dianggap aman karena mayoritas bersumber dari domestik.
    • Realitas: Rasio utang terhadap PDB mendekati batas yang direkomendasikan, sehingga pemerintah memiliki ruang terbatas untuk stimulus fiskal tanpa memicu kekhawatiran pasar.
    4. ๐Ÿ›ก️ Militer
    • Narasi: Modernisasi dilakukan secara efisien dan bertahap.
    • Realitas: Penggunaan skema sewa untuk peralatan militer menciptakan liabilitas tersembunyi yang tidak tercatat sebagai utang resmi, berpotensi membebani anggaran di masa depan.
    5. ๐Ÿ  Rumah Tangga
    • Narasi: Konsumsi domestik tetap menjadi penopang pertumbuhan.
    • Realitas: Tingginya utang rumah tangga (terutama kredit konsumsi dan perumahan) membuat sektor ini rentan terhadap kenaikan suku bunga dan perlambatan ekonomi.

    BalasHapus
  22. Apa dengan Ringgit naik Malaydesh jadi di undang ke KTT GAZA??
    Apa dengan Ringgit naik PMX Malaydesh tak jadi di usir Xie Jin ping??


    Jawabnya : Tidak ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  23. ANOMALI KLAIM KUAT =
    DEFISIT TIAP TAHUN
    UTANG NEGARA BERTAMBAH
    UTANG HOUSEHOLD BERTAMBAH
    ASET MILITER = SEWA
    ------------
    Ringgit yang menguat tidak serta-merta mencerminkan kekuatan fundamental fiskal atau kesejahteraan ekonomi rakyat. Anomali ini muncul karena penguatan mata uang terjadi bersamaan dengan tekanan fiskal dan utang yang meningkat.
    Berikut penjelasan terstruktur atas paradoks ini:
    ๐Ÿงฉ Mengapa Ringgit Bisa Kuat?
    • Arus masuk modal asing: Investor global tertarik pada obligasi Malaysia karena stabilitas politik, disiplin fiskal relatif, dan prospek pertumbuhan ekonomi.
    • Ekspektasi suku bunga: Meredanya ekspektasi penurunan suku bunga Bank Negara Malaysia membuat ringgit lebih menarik dibanding mata uang lain.
    • Permintaan eksternal membaik: Ekspor meningkat, terutama dari sektor elektronik dan komoditas, menopang nilai tukar.
    ⚠️ Namun Realitas Fiskal dan Sosialnya Kontras
    Indikator Kenyataan Implikasi
    Defisit Anggaran Target 2025: 4.1% dari PDB Pemerintah masih belanja lebih besar dari pendapatan, menandakan tekanan fiskal
    Utang Negara RM1.247 triliun (akhir 2024) Meski pertumbuhan utang melambat, totalnya tetap besar dan membebani anggaran
    Utang Rumah Tangga Terus meningkat (data BNM) Beban bunga dan konsumsi rumah tangga tertekan, risiko sosial meningkat
    Aset Militer = Sewa Banyak aset strategis disewa, bukan dimiliki Ketergantungan pada pihak luar, keterbatasan kontrol dan kedaulatan aset
    ๐Ÿ” Mengapa Ini Disebut Anomali?
    • Mata uang kuat biasanya diasosiasikan dengan surplus fiskal dan utang rendah, tapi Malaysia menunjukkan sebaliknya.
    • Penguatan ringgit lebih bersifat teknikal dan sentimen pasar, bukan refleksi dari kekuatan struktural ekonomi.
    • Utang dalam ringgit memang mengurangi risiko valuta asing, tapi tetap membebani APBN dan ruang fiskal.
    ๐Ÿงญ Implikasi Kebijakan dan Risiko
    • Kebijakan subsidi dikurangi (RON95, listrik), memicu tekanan sosial.
    • E-invoicing dan perluasan SST diterapkan untuk menambah pendapatan, tapi bisa menekan sektor informal.
    • Risiko crowding-out: Pembayaran bunga utang bisa mengurangi ruang belanja produktif (pendidikan, kesehatan).
    • Ketahanan militer dan fiskal terancam jika aset strategis hanya disewa, bukan dimiliki.

    BalasHapus
  24. ANOMALI KLAIM KUAT =
    DEFISIT TIAP TAHUN
    UTANG NEGARA BERTAMBAH
    UTANG HOUSEHOLD BERTAMBAH
    ASET MILITER = SEWA
    ------------
    ๐Ÿ“‰ Indikator Realitas dan Implikasi Fiskal-Sosial
    Indikator Kenyataan Implikasi Detail
    Defisit Anggaran 2025: 4.1% PDB Belanja negara melebihi pendapatan Menunjukkan tekanan fiskal berkelanjutan. Pemerintah harus mencari pembiayaan tambahan, berpotensi meningkatkan utang atau memangkas belanja sosial. Ini mengurangi fleksibilitas fiskal untuk menghadapi krisis atau mendanai pembangunan jangka panjang.
    Utang Negara RM1.247 triliun (2024) Pertumbuhan utang melambat, tapi total tetap tinggi Beban bunga utang menyerap sebagian besar anggaran tahunan. Risiko crowding-out muncul: belanja produktif seperti pendidikan dan kesehatan bisa ditekan demi membayar kewajiban utang. Ini juga menurunkan kepercayaan investor terhadap keberlanjutan fiskal.
    Utang Rumah Tangga Meningkat (BNM) Rumah tangga makin bergantung pada kredit Beban bunga menekan daya beli dan konsumsi domestik. Jika suku bunga naik, risiko gagal bayar meningkat. Ini bisa memicu tekanan sosial, terutama di kelompok berpendapatan rendah dan menengah.
    Aset Militer Disewa, Bukan Dimiliki Ketergantungan pada pihak luar Mengurangi kontrol strategis dan kedaulatan. Dalam situasi geopolitik yang tidak stabil, ketergantungan ini bisa menjadi titik lemah pertahanan nasional dan memperbesar risiko fiskal jika biaya sewa melonjak atau kontrak terganggu.
    ๐Ÿ” Mengapa Ini Disebut Anomali?
    • Mata uang kuat ≠ fundamental kuat: Ringgit menguat bukan karena surplus fiskal atau utang rendah, melainkan karena sentimen pasar dan faktor teknikal (misalnya aliran modal jangka pendek).
    • Utang dalam ringgit ≠ ringan: Meski mengurangi risiko valuta asing, utang tetap membebani APBN dan mempersempit ruang fiskal untuk belanja pembangunan atau perlindungan sosial.
    ๐Ÿงญ Implikasi Kebijakan dan Risiko Struktural
    1. Pengurangan Subsidi
    • Subsidi RON95 dan listrik dikurangi untuk menghemat anggaran.
    • Dampaknya: tekanan biaya hidup meningkat, terutama bagi rumah tangga berpendapatan rendah.
    • Risiko: ketidakpuasan sosial, protes, dan penurunan konsumsi domestik.
    2. E-Invoicing dan Perluasan SST
    • Tujuannya meningkatkan pendapatan negara.
    • Dampaknya: sektor informal bisa tertekan karena biaya kepatuhan meningkat.
    • Risiko: kontraksi aktivitas ekonomi mikro dan potensi penghindaran pajak.
    3. Crowding-Out Belanja Produktif
    • Pembayaran bunga utang menyerap ruang fiskal.
    • Dampaknya: belanja untuk pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur bisa dikurangi.
    • Risiko jangka panjang: penurunan kualitas SDM dan daya saing ekonomi.
    4. Ketahanan Militer dan Fiskal
    • Ketergantungan pada aset sewaan mengurangi kontrol strategis.
    • Dampaknya: risiko keamanan meningkat jika akses terhadap aset terganggu.
    • Risiko fiskal: biaya sewa bisa melonjak, memperburuk defisit.

    BalasHapus
  25. ANOMALI KLAIM KUAT = MEANWHILE ….
    -----
    1. ๐Ÿ”ฅ Pengurangan Subsidi (RON95 & Listrik)
    Dampak Langsung:
    • Kenaikan harga barang dan jasa akibat biaya energi yang lebih tinggi.
    • Inflasi biaya hidup, terutama berdampak pada rumah tangga B40 dan M40.
    Risiko Struktural:
    • Ketidakpuasan sosial: Potensi demonstrasi, tekanan politik, dan penurunan kepercayaan publik terhadap pemerintah.
    • Penurunan konsumsi domestik: Daya beli melemah, berdampak pada pertumbuhan sektor ritel dan UMKM.
    • Efek domino fiskal: Jika subsidi dikurangi tanpa kompensasi sosial (seperti transfer tunai bersasar), tekanan sosial bisa berujung pada kebutuhan intervensi fiskal baru.
    2. ๐Ÿ“Š E-Invoicing dan Perluasan SST (Sales & Service Tax)
    Dampak Langsung:
    • Peningkatan kepatuhan pajak di sektor formal.
    • Tekanan pada sektor informal dan mikro: Biaya administrasi dan digitalisasi bisa menjadi beban.
    Risiko Struktural:
    • Kontraksi ekonomi mikro: Pelaku usaha kecil bisa memilih keluar dari sistem formal, memperluas ekonomi bayangan.
    • Potensi penghindaran pajak: Jika sistem terlalu kompleks atau tidak inklusif, pelaku usaha bisa mencari celah untuk menghindari pelaporan.
    • Risiko ketimpangan digital: Usaha kecil di daerah terpencil bisa tertinggal karena keterbatasan akses teknologi.
    3. ๐Ÿงฎ Crowding-Out Belanja Produktif
    Dampak Langsung:
    • Pembayaran bunga utang menyerap ruang fiskal yang seharusnya dialokasikan untuk belanja pembangunan.
    • Penurunan belanja modal dan sosial: Pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur bisa dikorbankan.
    Risiko Struktural:
    • Penurunan kualitas SDM: Investasi rendah di pendidikan dan kesehatan berdampak pada produktivitas jangka panjang.
    • Daya saing ekonomi menurun: Infrastruktur yang stagnan memperlambat pertumbuhan sektor swasta dan investasi asing.
    • Risiko fiskal jangka panjang: Ketergantungan pada utang untuk belanja rutin memperburuk sustainability fiskal.
    4. ๐Ÿ›ก️ Ketahanan Militer dan Fiskal
    Dampak Langsung:
    • Ketergantungan pada aset sewaan (misalnya pesawat, kapal, sistem radar) mengurangi kontrol strategis.
    • Risiko keamanan: Jika akses terhadap aset terganggu (misalnya karena konflik geopolitik atau gagal bayar), kemampuan pertahanan bisa lumpuh.
    Risiko Struktural:
    • Biaya sewa melonjak: Dalam kondisi pasar yang tidak stabil, biaya sewa bisa meningkat tajam, memperburuk defisit fiskal.
    • Kerentanan strategis: Ketergantungan pada pihak ketiga dalam sistem pertahanan bisa membuka celah keamanan nasional.
    • Efek reputasi fiskal: Ketidakmampuan membayar sewa bisa menurunkan peringkat kredit negara dan kepercayaan investor.

    BalasHapus
  26. ANOMALI KLAIM KUAT = MEANWHILE ….
    -----
    ๐Ÿ“‰ Defisit Anggaran Tahunan
    • Defisit fiskal 2023 mencapai RM99 miliar, atau sekitar 5% dari PDB.
    • Belanja negara melebihi pendapatan secara konsisten, terutama untuk subsidi, gaji pegawai, dan pembayaran bunga utang.
    • Ketergantungan pada pinjaman domestik untuk menutup defisit, memperbesar beban bunga dan rollover utang.
    ๐Ÿ’ฐ Utang Negara dan Liabilitas Tersembunyi
    Tahun Utang Pemerintah Liabilitas Total % terhadap PDB
    2022 RM1.08 triliun RM1.5 triliun ~80%
    2023 RM1.2 triliun >RM1.5 triliun >80%
    • Liabilitas tersembunyi termasuk jaminan pemerintah atas BUMN, PPP, dan pinjaman luar negeri.
    • Akta FRA 2023 mencoba membatasi utang, tapi belum efektif menurunkan tren.
    ๐Ÿ  Utang Rumah Tangga Meningkat
    • Malondesh memiliki rasio utang rumah tangga terhadap PDB >80%, salah satu yang tertinggi di Asia Tenggara.
    • Penyebab:
    o Kredit konsumsi dan perumahan yang mudah diakses.
    o Stagnasi pendapatan riil.
    o Ketergantungan pada pinjaman untuk kebutuhan dasar.
    ๐Ÿ›ก️ Aset Militer = Sewa?
    • Banyak peralatan militer dan fasilitas strategis disewa atau dibeli melalui skema leasing atau PPP.
    • Tujuannya:
    o Menghindari belanja modal besar di APBN.
    o Menjaga defisit tetap “terlihat” rendah.
    • Dampaknya:
    o Kepemilikan aset strategis rendah.
    o Ketergantungan pada vendor luar negeri.
    o Potensi risiko keamanan dan biaya jangka panjang.
    ๐Ÿ” Kesimpulan: Ketegangan Naratif vs Realitas
    Klaim Resmi Realitas Fiskal dan Struktural
    Ekonomi tumbuh Tapi defisit dan utang membengkak
    Stabilitas makro Tapi rumah tangga tertekan utang
    Modernisasi militer Tapi aset strategis disewa, bukan dimiliki
    Reformasi fiskal Tapi belum menurunkan beban utang
    Anomali ini mencerminkan ketidakseimbangan antara narasi makroekonomi dan fondasi fiskal yang rapuh. Untuk mengatasi ini, Malondesh perlu:
    • Transparansi penuh atas liabilitas tersembunyi.
    • Reformasi belanja dan pendapatan negara.
    • Penguatan daya beli rumah tangga.
    • Revisi strategi kepemilikan aset strategis.

    BalasHapus
  27. ANOMALI KLAIM KUAT = MEANWHILE ….
    -----
    ⚖️ Ketegangan Naratif vs Realitas: Malondesh
    Klaim Resmi Realitas Fiskal dan Struktural
    Ekonomi tumbuh Tapi defisit dan utang membengkak
    Stabilitas makro Tapi rumah tangga tertekan utang
    Modernisasi militer Tapi aset strategis disewa, bukan dimiliki
    Reformasi fiskal Tapi belum menurunkan beban utang
    1. ๐Ÿ“ˆ Ekonomi Tumbuh vs ๐Ÿ“‰ Defisit dan Utang Membengkak
    Narasi Resmi:
    • PDB tumbuh 4–5% per tahun.
    • Ekspor dan investasi asing tetap stabil.
    • Inflasi terkendali dan pengangguran menurun.
    Realitas:
    • Defisit fiskal struktural: Sejak 1998, Malondesh belum pernah mencatat surplus anggaran. Defisit 2023 mencapai ~5% dari PDB.
    • Utang pemerintah federal: Melebihi RM1.2 triliun (lebih dari 60% PDB), belum termasuk liabilitas luar neraca seperti jaminan BUMN dan PPP.
    • Beban bunga: Pembayaran bunga tahunan melebihi RM40 miliar, menyerap lebih dari 15% pendapatan pemerintah.
    • Belanja rigid: Lebih dari 50% APBN terserap untuk gaji, subsidi, dan emolumen—menyisakan ruang fiskal sempit untuk pembangunan.
    ๐Ÿ” Implikasi: Pertumbuhan PDB tidak otomatis mencerminkan kesehatan fiskal. Ketergantungan pada utang untuk menambal defisit menimbulkan risiko solvabilitas jangka panjang.
    2. ๐Ÿงฎ Stabilitas Makro vs ๐Ÿš️ Rumah Tangga Tertekan Utang
    Narasi Resmi:
    • Inflasi rendah (2–3%).
    • Nilai tukar relatif stabil.
    • Sistem perbankan kuat dan likuid.
    Realitas:
    • Utang rumah tangga >80% PDB: Salah satu yang tertinggi di Asia Tenggara.
    • Kredit konsumsi dan perumahan mendominasi portofolio pinjaman.
    • Stagnasi pendapatan riil: Upah tidak sebanding dengan kenaikan biaya hidup, mendorong rumah tangga berutang untuk kebutuhan dasar.
    • Risiko sistemik: Ketergantungan pada leverage rumah tangga membuat ekonomi rentan terhadap guncangan suku bunga dan pengangguran.
    ๐Ÿ” Implikasi: Stabilitas makro tidak menjamin ketahanan mikro. Ketimpangan antara indikator makro dan tekanan keuangan rumah tangga menciptakan ilusi stabilitas.
    3. ๐Ÿ›ก️ Modernisasi Militer vs ๐Ÿ—️ Aset Strategis Disewa
    Narasi Resmi:
    • Investasi dalam pertahanan meningkat.
    • Modernisasi alutsista dan latihan bersama negara mitra.
    Realitas:
    • Skema sewa dan leasing digunakan untuk menghindari belanja modal besar dalam APBN.
    • Contoh: Proyek LCS (Littoral Combat Ship) mengalami penundaan dan pembengkakan biaya, tanpa kejelasan pengadaan aset.
    • Kepemilikan aset rendah: Banyak fasilitas dan peralatan militer tidak dimiliki langsung oleh negara.
    • Risiko jangka panjang: Ketergantungan pada vendor luar negeri dan kontrak jangka panjang mengurangi fleksibilitas strategis.
    ๐Ÿ” Implikasi: Modernisasi berbasis sewa menciptakan ilusi kapasitas militer tanpa memperkuat kedaulatan aset strategis.
    4. ๐Ÿงพ Reformasi Fiskal vs ๐Ÿงจ Beban Utang Tak Menurun
    Narasi Resmi:
    • Konsolidasi fiskal melalui pengurangan subsidi dan perluasan basis pajak.
    • Pengenalan Fiscal Responsibility Act (FRA) 2023 untuk mengatur batas defisit dan utang.
    Realitas:
    • FRA belum operasional penuh: Tidak ada sanksi atau mekanisme penegakan yang kuat.
    • Subsidi tetap besar: Subsidi BBM, listrik, dan makanan tetap menyerap puluhan miliar ringgit.
    • Pendapatan negara stagnan: Ketergantungan pada pajak tidak langsung (SST) dan dividen Petronas.
    • Reformasi pajak tertunda: GST belum dikembalikan, tax base tetap sempit.
    ๐Ÿ” Implikasi: Reformasi fiskal bersifat kosmetik jika tidak disertai keberanian politik untuk menata ulang struktur belanja dan pendapatan.
    ๐Ÿงญ Kesimpulan: Narasi ≠ Ketahanan
    Ketegangan ini mencerminkan paradoks klasik negara middle-income: pertumbuhan ekonomi dan stabilitas makro tidak menjamin keberlanjutan fiskal dan ketahanan sosial. Tanpa reformasi struktural yang nyata, Malondesh berisiko terjebak dalam:
    • Middle-income trap fiskal: Pertumbuhan tanpa ruang fiskal.
    • Debt-driven growth: Pertumbuhan yang bergantung pada utang publik dan rumah tangga.
    • Keterbatasan strategis: Ketergantungan pada sewa dan outsourcing untuk fungsi negara inti.

    BalasHapus
  28. KONTRAS KLAIM KUAT = MEANWHILE ….
    ----
    Malondesh menghadapi ketegangan serius antara narasi resmi dan realitas fiskal-struktural: pertumbuhan ekonomi dan reformasi diumumkan, namun tekanan utang, defisit, dan ketergantungan aset tetap tinggi.
    Berikut penjabaran detail dari empat ketegangan utama antara klaim resmi dan realitas yang terjadi di Malondesh:
    ⚡ 1. Klaim: Ekonomi tumbuh
    Realitas: Defisit dan utang membengkak
    • Pemerintah menyatakan ekonomi tumbuh, namun pertumbuhan 2025 lebih lemah dari proyeksi awal karena tekanan eksternal dan konsumsi domestik yang melambat.
    • Defisit fiskal 2024 memang turun ke 4.1% dari PDB, tapi ini masih tinggi dan rentan terhadap risiko pendapatan rendah dan belanja tak terduga.
    • Utang publik terus meningkat, sebagian karena pembiayaan subsidi, bantuan sosial, dan proyek infrastruktur jangka panjang.
    ๐Ÿฆ 2. Klaim: Stabilitas makro
    Realitas: Rumah tangga tertekan utang
    • Narasi stabilitas makro tidak mencerminkan kenyataan tekanan utang rumah tangga yang tinggi, terutama dari pinjaman konsumtif dan perumahan.
    • Bank Negara Malondesh mencatat rasio utang rumah tangga terhadap PDB tetap di atas 80%, salah satu yang tertinggi di Asia.
    • Inflasi yang masih fluktuatif dan kenaikan suku bunga global memperburuk beban cicilan dan daya beli masyarakat.
    ๐Ÿ›ก️ 3. Klaim: Modernisasi militer
    Realitas: Aset strategis disewa, bukan dimiliki
    • Pemerintah mengklaim modernisasi militer, namun banyak aset strategis seperti radar, kapal patroli, dan pesawat pengintai disewa dari mitra luar negeri.
    • Ini menimbulkan ketergantungan jangka panjang dan keterbatasan kontrol operasional, serta risiko keamanan nasional jika kontrak tidak diperpanjang atau terganggu.
    • Model sewa ini sering digunakan untuk menghindari belanja modal besar, tapi mengaburkan beban fiskal jangka panjang.
    ๐Ÿ“‰ 4. Klaim: Reformasi fiskal
    Realitas: Beban utang belum turun
    • Malondesh telah meluncurkan Public Finance and Fiscal Responsibility Act 2023 dan memperluas cakupan SST serta e-invoicing.
    • Namun, reformasi ini belum menghasilkan penurunan signifikan dalam beban utang atau efisiensi belanja.
    • Subsidi bahan bakar baru akan direformasi mulai Juli 2025, dengan estimasi penghematan RM4 miliar—jumlah yang belum cukup untuk membalikkan tren utang.
    ๐Ÿ” Kesimpulan dan Implikasi
    Malondesh menghadapi ketegangan naratif yang serius: klaim resmi menekankan pertumbuhan dan reformasi, tetapi realitas menunjukkan tekanan fiskal, ketergantungan aset, dan beban utang rumah tangga. Untuk mengatasi ini, diperlukan:
    • Transparansi fiskal yang lebih tinggi (termasuk aset sewa dan kewajiban kontinjensi)
    • Reformasi subsidi dan belanja yang lebih dalam
    • Strategi pengelolaan utang rumah tangga dan peningkatan literasi keuangan
    • Evaluasi ulang model pembiayaan militer dan infrastruktur

    BalasHapus