22 Februari 2024

PTDI Segera Ekspor 4 Unit CN235 ke Nigeria, Pasar Baru di Afrika

22 Februari 2024

CN235 versi angkut militer Skadron 27 TNI AU (photo: Skadron Udara 27)

Bisnis.com, JAKARTA – PT Dirgantara Indonesia (PTDI) sedang dalam proses perolehan kontrak pengadaan baru pesawat multiguna CN235-220 sebanyak 4 unit dengan Allied Aeronautics Limited (AAL), perusahaan lokal di Nigeria untuk end user Angkatan Darat. 

Direktur Utama PTDI  Gita Amperiawan menyampaikan sejauh ini PTDI telah mengirimkan sebanyak 70 unit berbagai seri pesawat CN235 ke banyak konsumen, baik domestik maupun global. Dari jumlah itu, sebanyak 5 unit tersebar di benua Afrika, meliputi Senegal, Burkina Faso, dan Guinea. 

Sementara, ungkap Gita, pesanan baru dari Nigeria semakin menegaskan peran Indonesia sebagai mitra pertahanan yang signifikan di benua Afrika dan kemampuannya dalam manufaktur pertahanan. 

“Untuk pesawat CN235, ini akan menjadi pesanan ekspor pertama yang diperoleh PTDI pada 2024, sekaligus memperluas pasar di wilayah Afrika dan membuka jejak baru di Nigeria,” ujarnya melalui keterangan resmi, Rabu (21/2/2024).

Menurutnya, ekspor pesawat CN235-220 ke benua Afrika memiliki nilai strategis bagi industri nasional karena rekam jejak pasokan pesanan ekspor dan kepuasan pelanggan luar negeri kemudian akan menjadi syarat utama dalam kegiatan tender internasional. Kontrak baru untuk Nigeria ini juga menjadi salah satu langkah strategis PTDI untuk menembus pasar negara-negara Asia Selatan dan Afrika.  

Pesawat ini, jelasnya, dikembangkan secara mandiri oleh PTDI melalui kerja sama transfer teknologi dengan CASA Spanyol pada 1980. 

Gita memaparkan Pesawat CN235-220 memiliki sejumlah keunggulan, antara lain kemampuan lepas landas dari landasan pendek yang tidak beraspal dan berumput, dengan sistem avionik glass cockpit, autopilot, disertai ramp door dan winglet di setiap ujung sayap untuk stabilitas dan penghematan bahan bakar yang lebih baik. 

Selain itu, bersamaan dengan perhelatan Singapore Airshow 2024, PTDI juga akan menyoroti peran pentingnya dalam manufaktur dan pengembangan bisnis, memperkuat ikatan dengan pelanggan, pemasok, dan mitra, termasuk kekuatan bisnis anak usaha, dalam hal ini PT Nusantara Turbin & Propulsi (PT NTP) di bidang engineering dan MRO gas turbines dan rotating equipment. 

Acara ini juga menjadi kesempatan bagi PTDI untuk menunjukkan bagaimana pihaknya terus memelopori ekosistem industri dirgantara yang berkelanjutan dan kontribusinya terhadap perusahaan global.  

Pameran penerbangan terbesar di Asia, Singapore Airshow 2024 akan dibuka sepanjang tanggal 20-25 Februari 2024 di Changi Exhibition Centre dan PTDI akan hadir menyoroti beragam produk pesawatnya, produk komersial N219, serta produk pertahanan CN235 dan NC212i.

(Bisnis)

42 komentar:

  1. MONUMEN MIG29 = Sudah tentu, pemindahan MiG-29N sebagai monumen akan menutup pelbagai spekulasi alam maya berhubung masa depan pesawat tersebut
    ---
    UNMANNED GROUND VEHICLE TERBESAR (UGV LCS) = Laporan Jawatankuasa Kira-Kira Wang Negara (PAC) berhubung kemajuan projek pembinaan kapal tempur pesisir (LCS) Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) mendedahkan lima kapal itu dijangka siap pada 2029
    😛24/7 NGAKAK LOON😛

    BalasHapus
  2. Tak main" ya guys 4 biji, ternyata negara" Afrika kaya" ya guys 😂😂👍👍👍, sangat bertolak belakang dengan negri jiran MISKINOS 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  3. Sementara Malon masih sibuk dengan Maharogolele Mangkrak, bagai langit dan bumi

    BalasHapus
  4. MONUMEN MIG29 = Sudah tentu, pemindahan MiG-29N sebagai monumen akan menutup pelbagai spekulasi alam maya berhubung masa depan pesawat tersebut
    ---
    UNMANNED GROUND VEHICLE TERBESAR (UGV LCS) = Laporan Jawatankuasa Kira-Kira Wang Negara (PAC) berhubung kemajuan projek pembinaan kapal tempur pesisir (LCS) Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) mendedahkan lima kapal itu dijangka siap pada 2029
    😛24/7 NGAKAK LOON😛

    BalasHapus
  5. Kerja sama melalui transfer of technology? Nggak salah tuh? Kerja sama 50:50 secara kolaborasi. CASA harus R&D sendiri bagian CN235 yg milik IPTN buat bikin C295.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg R&D sendiri itu c295.. Klu CN235 itu yg JOINT VENTURE yg keroyokan antara CASA & IPTN..

      sedangkan IPTN (DI) R&D sendiri N-250 dengan DNA CN-235.

      bedanya C295 sukses.. Sementara N-250 disuntik mati

      Hapus
    2. Yang dibahas/ditawarkan CN235-220 => versi 220 hasil pengembangan PT DI dari versi basic/awalnya.

      ====!
      "..CN-235-200/220
      Improved version. Structural reinforcements to cater for higher operating weights, aerodynamic improvements to wing leading-edges and rudder, reduced field length requirements and much-increased range with maximum payload. Series 200 is Spanish-built, Series 220 Indonesian-built..."

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Makanya. Kenapa ada kata transfer of technology? ToT yg diterima harusnya pas bikin C212 dan Bolkow, bukan CN235.

      Dari Airvectors:
      "IPTN came up with a comparable "Series 220" in 1996, but the design tweaks were made generally independently of CASA."

      Hapus
    5. Mungkin itu maksud si penulis, dari ToT C212, menuju kerjasama ke CN235.

      Kalo pembaca awam, bisa salah persepsi...😁😂😂

      Hapus
    6. Saya yakin MBB juga berkontribusi. Kasihan tidak dianggap.😋

      Kalau bilang Airbus atau EADS boleh lah.

      Hapus
  6. Jdi peskut ringan sejuta umat 🤟😀

    "..Untuk pesawat CN235, ini akan menjadi pesanan ekspor pertama yang diperoleh PTDI pada 2024, sekaligus memperluas pasar di wilayah Afrika dan membuka jejak baru di Nigeria,” ujarnya melalui keterangan resmi, Rabu (21/2/2024).

    BalasHapus
  7. Laris manis
    Senegal,burkina faso,guinea,nigeria
    Tahun depan bisa nyusul kamerun,togo,afsel,atau pantai gading
    😀

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. PT DIRGANTARA INDONESIA HARUS SEGERA REALEASE KESIAPAN PRODUKSI N 219 AMPHIBIOUS VERSION , NEGARA INDONESIA SUDAH SANGAT MEMBUTUHKAN LAYANAN PESAWAT JENIS INI SANGAT DI IRONIS MELIHAT PENGIRIMAN LOGISTIK PEMILU PUN YANG SEBENARNYA SUDAH SEGMEN N219 AMPHIBIOUS TAPI TIDAK BISA DI LAKUKAN KARENA ADA PENGHAMBATAN DANA PROJECT SEHINGGA KEAMANAN & KECEPATAN LOGISTIKNYA BENAR² TERHAMBAT PADAHAL DI BLUE PRINT AWAL PROJECT N 219 AMPHIBIOUS 2021 HARUS MASUK MASA INDUSTRI ATAU 2024 INI SUDAH BISA LAYANI TUGAS NEGARA ,JUGA MASYARAKAT LUAS DI KEPULAUAN² NKRI ATAU PEDALAMAN PULAU SUDAH MENUNGGU LAYANAN
    N 219 AMPHIBIOUS VERSION SEMOGA BISA SEGERA REALEASE & MASUKI MASA INDUSTRI .

    MENGAPA PTDI PROJECT IF 21 🇮🇩 INDONESIAN FIGHTER JET TIDAK DI TAMPILKAN JUGA DI SINGAPORE AIR SHOW EXHIBITION ITU KAN PROJECT UNGGULAN & LANGSUNG RI BAWAH NEGARA ATAU DI JAMIN APBN LANGSUNG PENDANAANNYA & TELAH DI UNDANGKAN.


    MAJU TERUS PTDI ,
    KEMANDIRIAN YESS !

    BalasHapus
  10. Mantab kalau dapat sign 4 unit
    Semoga di tambah lagi dgn pesanan Philippines.

    BalasHapus
  11. Si BERUK 🙉🙉 MALON makin ketar ketir... Hahahahahahah

    BalasHapus
  12. Mig 29 Malon grounded tak ikut pameran di Singapura Air show puuur? Jangan ikut pameran di dalam negri kerajaan sahaja

    BalasHapus
  13. Indonesia ekspor pesawat dll
    Malon cm bisa ekspor condom


    Wakakkakaa

    BalasHapus
  14. KL ekspor pesawat jugak ke aprika...dalam bentuk poto tapi haha!🤭🤭🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ati2 om paling

      ntar sih anuw komen... pesawat untuk negara miskin 😂😂😂

      Hapus
    2. Laah..
      Berarti malon duluan miskin dong, pakai CN sejak '90an, itupon mereka ga mau bayar, minta barter ama ribuan Proton yang di Jakarta cuma dipake taksi..

      😂😂😂😂😂

      Hapus
    3. Proton itupon tipe Saga, yang tampal stiker dari Mitsubishi Lancer...😂😂😂😂

      Hapus
    4. Smart...nampal-nya 😂😂😂😂

      ====
      "..Proton Saga merupakan mobil pertama produksi perusahaan mobil Malaysia, PROTON. Saga generasi pertama didesain menurut model Mitsubishi Lancer Fiore dan menggunakan mesin Mitsubishi Orion 4G13.."

      Hapus
    5. KL punyak fiks termasyuk dmiskinos donk om acno haha!🤣😆

      yaa ampyunn temfel stiker uda membudaya diseblah om pedang haha!😁😁😁

      Hapus
  15. Malon dah ekspor pesawat tempur ptm gen 6 ke planet namex hahahaha

    BalasHapus
  16. Malon jg beli 8 biji CN-235 buatan PT DI NGOAHAHAHA..... AIROD mana,apa je kerjanya,apa benda pun tak ada dihasilkan ngoahahaha 🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. uda maerod, stc, mtc ampe bns semua uda teote pun masi kosong om pit haha!😂😂😂

      Hapus
    2. Kalo basic-nya "kosong", mo di tot apapun gak akan guna oom..

      Si Mangkrak Boustead adalah bukti pasal "kosong" - nya mereka itu

      Wakakakakakakaka

      Hapus
    3. Jangan kata 1cc, tak ada apapun, oom..
      a.k.a kosong, makanya 'gak nangkep' a.k.a dudul...

      😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    4. Sadissssss om PS 🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  17. PT DI lebih maju kehadapan berbanding AIROD lembab ngoahahaha

    BalasHapus
  18. yang SHOPPiNG militer lagi,
    uda waktunya fetedei mendisain pesawat angkut kelas 50 sipil tanpa ramp door

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bisa pake mesin jet jadi bisa buat VVIP jugak haha!👏👏👏

      Hapus
  19. Dalam dunia militer dan intelijen,curi mencuri data militer adalah hal yg wajar ,negara2 besar pun melakukan nya , tp eh ada satu negara yg TDK punya malu , tentaranya malah mencuri ransum negara lain 🤣🤣🤣💩💩💩, terlebih2 mereka suka mencuri ikan,kayu, kebudayaan,malah suka geser patok perbatasan pula 🤣🤣🤣🤣🤣,dan warganya pun suka iri dan dengki sama jirannya 🤣🤣🤣 👉👉👉🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾💩💩💩💩💩

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasian bosan saingan fisank ama tenyom makanya nyolong ransum para warganyet om haha!😂😂😂

      Hapus
  20. LOOOON.....VITA BIRAHI sudah dijual kemana aja selain ke planet NAMEX ?.....serius nih gue tanya, kalau kondom UNISEX juga dijual dimana ?.....orang planet Namex juga pakai Kondom ? 😁😁😂😂🤣

    BalasHapus
  21. Beda kelas memang negara yang menjual pesawat terbang dengan negara penghasil dan menjual Kondom 🙂

    BalasHapus
  22. Apa PT DI tidak punya rencana mengembangkan CN 235 seperti C 295?

    BalasHapus
  23. pgslot เว็บตรง เกมส์สล็อตออนไลน์ เกมยอดนิยมจากผู้เล่นทั้งโลกตอนนี้ การเล่นสล็อตของคุณจะไม่มีเบื่ออีกต่อไป pg slot ขอแนะนำให้มาเล่นกับเว็บเรามีทางเลือกทั้งเกมเเละโปรโมชั่น

    BalasHapus