12 Juni 2024

Drone : "Game Changer" Kekuatan Udara TNI AU (2)

12 Juni 2024

TAI Anka UCAV MALE (photo: DefenseNews)

Mewujudkan pasukan drone TNI AU yang profesional 

Adaptasi terhadap teknologi kedirgantaraan modern perlu dilakukan TNI AU untuk menangkal setiap potensi ancaman yang akan dihadapi pada masa yang akan datang. 

Rencana penambahan drone, menurut KSAU Marsekal TNI Mohammad Tonny Harjono, bakal memperkuat armada pertahanan udara yang saat ini telah dimiliki TNI AU. 

Selain CH-4 Rainbow dan ANKA, menurut Tonny, Indonesia berencana mendatangkan drone Bayraktar. 

Bayraktar merupakan MALE drone besutan Baykar Turki, yang juga digunakan militer Ukraina saat menghadapi perang melawan Rusia.

"Mohon doa restunya, Angkatan Udara menjadi Angkatan Udara yang adaptif mengikuti perkembangan teknologi dan perkembangan situasi nasional, regional, maupun global," kata Tonny usai acara HUT ke-78 TNI AU di Lapangan Dirgantara AAU, Yogyakarta, seperti dilansir dari Antara. 

Penerbang pesawat F-16 Fighting Falcon yang pernah terlibat dalam peristiwa Bawean ini menambahkan, ketiga jenis pesawat tanpa awak ini berteknologi satelit. Sehingga, diharapkan mampu mendukung pertempuran beyond visual range (BVR) atau pertempuran udara Jarak jauh.

"Kita bisa menerbangkan dari luar area yang ingin kita pantau misalnya di Papua atau di daerah mana, kita bisa menerbangkan dari luar Papua," ungkap penerbang tempur dengan callsign "Racoon" ini.

Ruang kontrol drone Anka (photo: TUSAS)

Dalam wawancara khusus dengan Kompas.com, Agung mengungkapkan, teknologi pesawat drone dalam lima tahun terakhir, seperti yang digunakan dalam perang Rusia-Ukraina maupun serangan balasan Iran terhadap Israel, telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dari aspek teknologi. 

Jika sebelumnya, sistem pengendalian drone sangat mahal, saat ini banyak sistem kendali yang digunakan untuk drone dengan harga yang lebih murah, sudah bisa digunakan untuk drone dengan spesifikasi militer. 

"Maka tadinya yang autopilot, untuk survei, untuk terbang sejam-dua jam, sekarang bisa digunakan untuk menerbangkan drone 5 jam, 6 jam, membawa bahan peledak, melintasi negara, melintasi gunung, bahkan juga bisa disetel untuk following terrain, terbang rendah sesuai dengan mengikuti kontur, sehingga bisa menyerang dari Jarak jauh dan bisa bebas melewati tangkapan radar," ungkap Agung di program BRIGADE Podcast yang tayang di kanal YouTube Kompas.com, Rabu (29/5/2024). 

Mantan pilot F-5 Tiger dengan callsign "Sharky" ini menambahkan, Indonesia yang merupakan negara kepulauan besar ini akan diuntungkan bila memperkuat armada drone untuk pengawasan.

Ia menjelaskan, sebagai negara dengan luas mencapai 1.904.569 kilometer persegi, tantangan yang dihadapi Indonesia pada saat ini adalah pada aspek pengawasan. 

Banyak kasus kejahatan yang terjadi di wilayah perbatasan yang tak terpantau langsung, meskipun upaya pengawasan telah dilakukan selama 24 jam baik menggunakan radar maupun pesawat pengintai. 

Adapun kasus kejahatan itu, misalnya, illegal fishing, illegal mining, hingga penyelundupan barang secara illegal, baik itu narkoba maupun barang lain yang memiliki nilai ekonomis tetapi telah diproduksi di dalam negeri. Sehingga, hal tersebut berdampak terhadap perekonomian Indonesia. 

Baykar Bayraktar TB2 MALE UCAV (photo: Baykar)

"Kita perlu pengawasan 24 jam. Udara bisa diawasi lewat radar kalau ada pesawat masuk. Laut juga ada radar. Namun tetap (pengawasan lewat radar) itu terbatas karena pengoperasinya adalah manusia," ucapnya. 

Dengan drone, upaya pengawasan dapat dilakukan lebih maksimal. Sebab, selain dikendalikan secara manual oleh pilot, drone juga bisa dikendalikan secara otonom dengan bantuan AI. 

Namun, AI yang bekerja di sini tetap berada di bawah kendali penuh pilot yang mengoperasikan drone tersebut dari ruang kendali. Hal ini penting untuk meminimalisir terjadinya kesalahan ketika AI mulai menganalisis potensi ancaman yang didapati pada saat melakukan pengawasan pada target yang ditentukan. 

"Dengan AI dia sudah bisa mewakili manusia untuk menentukan sampai seberapa jauh, dia ini sudah melanggar, mengganggu, mengusik, sehingga mereka bisa melakukan tindakan lain, yang baru setelah itu bertanya kepada manusia, saya ngapain nih," ujarnya. 

"Tapi sebelum itu dia sudah bisa dengan gerak-geriknya, dengan waktu jalannya, kecepatannya, gerak-gerik orang di dalam itu dia sudah mengetahui bahwa ini mencurigakan. setelah itu diverifikasi ini mencurigakannya beralasan tidak, tanya, nah baru itu manusia berperan," imbuh dia. 

Kelebihan lain di dalam penggunaan drone, menurut Sharky, tidak membutuhkan landasan panjang untuk take off. Kondisi ini menguntungkan apabila sewaktu-waktu dideteksi adanya ancaman langsung, drone bisa berperan terlebih dulu untuk melakukan pengintaian, pencegatan, bahkan perlawanan, sebelum pesawat tempur berawak menuju lokasi target. 

"Kalau ternyata dia dianggap sangat berbahaya lalu merupakan direct threat atau ancaman langsung, contohnya pesawat tanpa awak dengan kecepatan sekian lurus menuju ibu kota, wah ngapain nih, nah itu kita bisa langsung melakukan tindakan. Tindakan-Tindakan sesuai dengan prosedur akan dilakukan, dan itu drone akan lebih cepat," kata dia.
 
Simulator drone Bayraktar TB2 (photo: Baykar)

"Bahkan mungkin, sebelum manusianya take off, drone ini bisa di-take off-kan lebih dulu untuk menyanggong (mengecek). Karena dia (drone) kan (bisa) tiap saat (terbang). Enggak perlu orang bangung, lari, pasang ini (jaket pilot). (Drone itu) langsung deg nyala mesin, GPS-nya on, lalu dia sistemnya disiapkan dia bisa airbone dulu," imbuhnya. 

Dalam contoh lainnya, menurut Agung, kelebihan drone yang patut dipertimbangkan adalah terletak pada proses mencetak pilot, dibandingkan jet tempur. 

Menurutnya, jika ada misi yang sifatnya kuantitatif, membutuhkan pesawat dan pilot dalam skala besar, tentu akan menjadi tantangan tersendiri bila harus mencetak banyak pilot pesawat tempur dalam Waktu singkat. 

Pada dasarnya, kata Agung, teruji atau tidaknya seorang pilot untuk melaksanakan sebuah misi tergantung pada jam terbang yang telah mereka kantongi. 

Seorang pilot juga dituntut untuk memiliki kecerdasan tinggi, karena mereka dituntut harus mampu berpikir dan mengambil keputusan secara cepat, baik itu saat menjalankan misi mandiri maupun bekerja sama dalam tim. 

Namun untuk pilot jet tempur, juga dibutuhkan kemampuan fisik dalam beradaptasi yang tinggi. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap seberapa kuat mereka ketika menghadapi tekanan saat terbang dan juga berkorelasi terhadap mental dan kemampuan berpikirnya. 

"Nah untuk pesawat tanpa awak, tidak ada beban fisik yang lebih dalam. Tidak ada beban ini. Secara psikisnya dia (memang) harus kuat, (juga) secara skillnya. Namun skillnya kan bisa (dilatih) menggunakan simulator," ucapnya.

Skadron Udara drone no 53 dan 54 akan dibentuk dalam waktu dekat di Tarakan dan Timika melengkapi 2 skadron yang sudah ada (image: istimewa)

"Akibatnya, untuk mendapatkan pilot untuk pesawat tanpa awak relatif lebih mudah. Karena mungkin soal fisiknya ya, physically adapt itu dikurangi. Padahal itu beban terbesar untuk mendapatkan penerbang tempur itu adalah secara physically adapt," ujarnya. 

Sharky menegaskan bahwa seorang pilot memiliki peranan penting di dalam keberhasilan operasi yang dilakukan drone. Meskipun drone saat ini telah dibekali AI sehingga mampu bergerak otonom, proses pengambilan keputusan tetaplah harus berada di tangan pilot. 

Hal ini diperlukan agar drone tetap berfungsi sebagaimana mestinya yaitu sebagai alat pengawasan, pertahanan negara, serta membantu melumpuhkan setiap ancaman yang datang. Bukan sebaliknya menjadi mesin pembunuh bagi masyarakat sipil yang tidak bersalah karena kesalahan di dalam proses pengambilan keputusan. 

Seperti serangan drone otonom saat terjadi pada saat perang saudara di Libya pada 2020 lalu. 

Hal ini diketahui berdasarkan laporan panel ahli independen yang ditugaskan PBB untuk menyelidiki perang Libya, sebagaimana dilaporkan New York Times pada 3 Juni 2021. 

Konvoi logistik Haftar Affiliated Force (HAF) diburu dan dilawan dari jarak jauh oleh drone otonom STM Kargu-2, setelah dipukul mundur oleh pasukan militer yang bergerak atas perintah Perdana Menteri Faiez Serraj. 

Sistem senjata otonom mematikan diprogram untuk menyerang sasaran tanpa memerlukan konektivitas data antara operator dan amunisi. Pada dasarnya, drone tersebut dibekali kemampuan "fire, forget, and find" dalam misi yang sebenarnya.

See full article Kompas

64 komentar:

  1. 2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    -----
    TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ============================
    2024 KATA KUNCI = WILL NOT BE EQUIPPED WITH ANY WEAPONRY (ANKA OMPONG)
    Malaysia to use Anka-S for Maritime Surveillance
    While the specific equipment configuration of the Ankas is not currently known, they will be operated solely as a maritime surveillance platform in Malaysian service, and will not be equipped with any weaponry. According to European Security & Defence reporting from LIMA 2023, the Malaysian Ankas will have modified wings to improve their endurance.
    -----
    2023 KATA KUNCi WILL NOT ARMED (ANKA OMPONG)
    Erol Oguz, unmanned aerial systems programme manager at Turkish Aerospace, told ESD at LIMA that the UAV type being supplied to Malaysia will be a new version of the Anka-S with modified wings. Oguz also confirmed that the Ankas will not be armed, but will carry a maritime intelligence, surveillance and reconnaissance (ISR) payload that includes a synthetic aperture radar and an electro-optical/infra-red sensor.
    -----
    2024 KATA KUNCI SURVEILLANCE CAPABILITIES (ANKA OMPONG)
    Former Defense Minister, Datuk Seri Mohamad Hasan emphasized the importance of equipping the country with comprehensive surveillance capabilities and the need to have “eyes to see and ears to hear” everything happening in the country’s waters, especially in the South China Sea
    😝DEFICIT = ANKA OMPONG😝

    BalasHapus
  2. 2024 KATA KUNCI = WILL NOT BE EQUIPPED WITH ANY WEAPONRY (ANKA OMPONG)
    Malaysia to use Anka-S for Maritime Surveillance
    While the specific equipment configuration of the Ankas is not currently known, they will be operated solely as a maritime surveillance platform in Malaysian service, and will not be equipped with any weaponry. According to European Security & Defence reporting from LIMA 2023, the Malaysian Ankas will have modified wings to improve their endurance.
    -----
    2023 KATA KUNCi WILL NOT ARMED (ANKA OMPONG)
    Erol Oguz, unmanned aerial systems programme manager at Turkish Aerospace, told ESD at LIMA that the UAV type being supplied to Malaysia will be a new version of the Anka-S with modified wings. Oguz also confirmed that the Ankas will not be armed, but will carry a maritime intelligence, surveillance and reconnaissance (ISR) payload that includes a synthetic aperture radar and an electro-optical/infra-red sensor.
    -----
    2024 KATA KUNCI SURVEILLANCE CAPABILITIES (ANKA OMPONG)
    Former Defense Minister, Datuk Seri Mohamad Hasan emphasized the importance of equipping the country with comprehensive surveillance capabilities and the need to have “eyes to see and ears to hear” everything happening in the country’s waters, especially in the South China Sea
    =============
    2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    -
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    -
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    -
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    -
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    -
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.
    =============
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    😝ANKA OMPONG = HUTANG BAYAR HUTANG😝

    BalasHapus
  3. TB2 MALE UCAV...dron tempur lagiiii...kasian seblah tuch gak punyak ucav,
    Anka senjata Kosong, eh kontrakpun blum epektip haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa tau Italia mau hibah kapal induknya buat AL indo... bisalah diisi pakai TB3

      Hapus
    2. pengsan para warganyet se kl om tupz haha!🥶🥶🥶

      Hapus
  4. Sultan kalo SHOPPING tuch Banyaaakkkk dan tanpa henti haha!🤑🤑🤑
    klo yg seblah tuch ngaku sultan si kl, tapi tak perna shopping...abis bijimane yak bajet tipis bagi 5 haha!😵‍💫😵‍💫😵‍💫

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa TNI AL (PUSPENERBAL) juga lagi dekati BAYRAKTAR AKINCI.

      Hapus
    2. 2 skadron ucav ditaroh di tarakan n timika.


      Waw TARAKAN.. Dekat ama SABAH dong ups KL lagi om pal

      Hapus
    3. nyoiihhh, jangan lufa matra darat jugak akan segra meng aktifkan lagi 2 kodam lama di kalimantan, serta 1 yg baruw di ikn
      keknya persiapan buat nyerbu ke Utara haha!🤫🤫🤫

      Hapus
    4. Yang nyerbu daerah sabah sih ke depannya pinoy om pal..kita pantau aja... wkkkkwkk

      Hapus
    5. lah kita kan bisa mancing di air keruh om tupz..
      konflik kl kan gak hanya dengan sulu, tapi abangnya dari sebrang utara...bgituw LeMeS,
      kita masyuk dr tengah...misinya selamatkan Sultan Brunei haha!💪💪💪
      makanya di sumatera pun kodam lama di padang rencananya di reaktifisasi jugak serta beberapa di timur
      klo ada yg macem2 Tempiling pake TB2 ama hwasong korut haha!🚀🚀🚀

      Hapus
    6. Sementara semenanjung sibuk dengan Pati Bangladesh yang nanti berontak... wkkkkwkk

      Hapus
    7. rohingya jugak om tupz haha!😳😳😳

      Hapus
  5. Ngerih2 sedap radar jindale Australia

    BalasHapus
  6. GEMPURWIRA 12 Juni 2024 pukul 08.53
    BOLA SEPAK MALAY SAMPAH.. BAWAH KAKI INDONESIA

    SALAM ROUND 3
    ........

    Psstttt itu pun menang lawan Pinoy rakan sesama ASEAN... SEBELUMNYA DI BANTAI Iraq DIBERI TELUR.. 🤣🤣

    _-_-_-_-_&_-_-__-_-_--_-_-__-

    MALAYSEWA🇲🇾 MALAYDESH 🇲🇾.. VS NEGARA ASEAN VIETNAM

    23 Nov 2016 Malaysia v Vietnam (L) 0-1 AFF Championship

    16 Nov 2018 Vietnam v Malaysia (L) 2-0 AFF Championship

    11 Dec 2018 Malaysia v Vietnam (D) 2-2 AFF Championship

    15 Dec 2018 Vietnam v Malaysia (L) 1-0 AFF Championship

    10 Oct 2019 Vietnam v Malaysia (L) 1-0 FIFA World Cup Qualifier

    11 Jun 2021 Malaysia v Vietnam (L) 1-2 FIFA World Cup Qualifier

    12 Dec 2021 Vietnam v Malaysia (L) 3-0 AFF Championship

    27 Dec 2022 Vietnam v Malaysia (L) 3-0 AFF Championship



    lawan VIETNAM SAJA TAK MAMPU.


    GRUP MALAYDESH🇲🇾 MALAYSEWA 🇲🇾


    -OMAN.
    -KYRGYZSTAN.
    -TAIWAN.

    TAPI TAK MAMPU LOLOS.. MENANG PON KARENA LAWAN TAIWAN.


    Lawan KYRGYZSTAN pon win pertandingan awal TERTOLONG GOL "BUNUH DIRI/OG " PEMAIN KYRGYZSTAN SENDIRI.

    PERTANDINGAN KE-2 lawan Kyrgyzstan pon sama, untung ada GOL "OG/BUNUH DIRI" Pemain Kyrgyzstan menit 38 ...

    LAWAKAN.

    MALAYDESH🇲🇾 MALAYSEWA🇲🇾... LEMAH DIBAWAH KAKI INDONESIA

    BalasHapus
  7. https://www.facebook.com/share/p/WkkYdatbWMwajAiv/?mibextid=oFDknk


    WIH medium tank HARIMAU lagi latihan guys... BATALYON KAVALERI 13/SATYA LEMBUSWANA

    BalasHapus
  8. Lah.... ANKA tu kan SIGN KONTRAK KOSONG je.... 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2024 KATA KUNCI = WILL NOT BE EQUIPPED WITH ANY WEAPONRY (ANKA OMPONG)
      Malaysia to use Anka-S for Maritime Surveillance
      While the specific equipment configuration of the Ankas is not currently known, they will be operated solely as a maritime surveillance platform in Malaysian service, and will not be equipped with any weaponry. According to European Security & Defence reporting from LIMA 2023, the Malaysian Ankas will have modified wings to improve their endurance.
      -----
      2023 KATA KUNCi WILL NOT ARMED (ANKA OMPONG)
      Erol Oguz, unmanned aerial systems programme manager at Turkish Aerospace, told ESD at LIMA that the UAV type being supplied to Malaysia will be a new version of the Anka-S with modified wings. Oguz also confirmed that the Ankas will not be armed, but will carry a maritime intelligence, surveillance and reconnaissance (ISR) payload that includes a synthetic aperture radar and an electro-optical/infra-red sensor.
      -----
      2024 KATA KUNCI SURVEILLANCE CAPABILITIES (ANKA OMPONG)
      Former Defense Minister, Datuk Seri Mohamad Hasan emphasized the importance of equipping the country with comprehensive surveillance capabilities and the need to have “eyes to see and ears to hear” everything happening in the country’s waters, especially in the South China Sea
      =============
      2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
      -
      2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
      -
      2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
      -
      2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
      -
      2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
      -
      2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
      -
      2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.
      =============
      2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
      The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
      😝ANKA OMPONG = HUTANG BAYAR HUTANG😝

      Hapus
    2. itu drone MILIK TNI AU , tolol.
      sign contract sembarangan..


      dasar tolol..
      terus.. ini janjinya gemana... panglima udara TUDM... loh ini..


      Panglima Tentera Udara Jen Tan Sri Mohd Asghar Khan Goriman Khan berkata lawatan itu adalah untuk membincangkan mengenai perancangan memperoleh pesawat F/A-18D (Hornet) milik Tentera Udara Kuwait yang masih dalam keadaan baik dan mempunyai waktu jam operasi yang rendah berbanding pesawat Hornet TUDM sedia ada.

      "TUDM masih menaruh harapan untuk memiliki pesawat pejuang F/A-18D Hornet walaupun tindakan terkini oleh negara itu yang terpaksa menyelenggara dan menaik taraf pesawat Hornet sedia ada disebabkan penghantaran pesawat pejuang F/A-18E/F (Super Hornet) dibeli oleh Kuwait berdepan kelewatan.

      "Kuwait mempunyai 39 pesawat itu terdiri daripada dua dan satu tempat duduk sahaja. Jadi pada lawatan itu nanti pihak TUDM dan kerajaan Malaysia sendiri akan menentukan jumlah pesawat yang diperlukan," katanya pada sidang media di sini hari ini.





      masak dibuat bahan lawak...

      🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪

      Hapus
    3. hisap dadah sana, bodoh dan bual ,


      🤪🤪🤪🤪🤪

      Hapus
  9. Sudah menemukan enaknya pakai drone/UAV. 😆
    Strategi dalam perencanaan bakal berubah juga? Partner buat kerjasama di bidang ini jauh lebih banyak dan tidak dikuasai negara itu2 saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti beruba, klo pakem patroli 24/7 lebih hemat & efektip dron, pesawat intai mungkin dikurangi.
      begituw jugak untuk unsur serang, bisa jadi pespur & pembom harus siap2 diganti haha!😉😉😉

      Hapus
    2. satuw lagi banyakin satelit buat perluas daya jangkau tempur dron2 dimasa depan...jangan kebanyakan Starlink, ntar berabe kita diobok2 haha!😄😄😄

      Hapus
    3. Pespur skip ke Gen-6 saja.😋
      Salah satu fitur sebagai drone controller. Fitur mesin juga hemat BBM. Tempest pakai open architecture, jadi minimal ada satu yg compatibility tergantung user, bukan penjual.

      Hapus
    4. tempest kebanyakan komisarisnya om irs, macam taifun ajah..mo beli kebanyakan sujud haha!🤭🤭🤭

      Hapus
  10. Mantap


    APC/MRAP BUATAN TEMPATAN

    SSE P2 TIGER

    https://www.facebook.com/share/p/ChiDuTb7S4zVNFP5/?mibextid=oFDknk

    BalasHapus
    Balasan
    1. P2 tiger 10.000cc bakal laris manieszz
      karena pake casis & mesin ruski..
      klo pake f550 mulu kan ribet, klo pake ruski amanlah dari embel2 embalgo om acno haha!☺️☺️☺️
      ditunggu truk kamaz 8x8 dioprek buat MLRS kita jugak haha!🦾🦾🦾
      bosen liat truk niaga mulu yg dipake, kurang gt dech

      Hapus
    2. Yoi om pal


      Selain untuk mlrs... Bisa jga buat ARMORED TRUCK buat angkut pasukan

      Hapus
    3. nyooiih..ada jugak kan truk Baruw buat tarik meriam yg dari Belarusia, yaa 11, 12 lah haha!🤭🤭🤭

      Hapus
    4. Seharusnya PT.PINDAD buat truk spek militer...biar cepat lisensi Kamaz boleh Tatra juga boleh khusus buat chasis & mesin..cari yang mau di lisensi.. kemudian model trucknya... desain Pindad sendiri.

      Hapus
  11. Hal ini diperlukan agar drone tetap berfungsi sebagaimana mestinya yaitu sebagai alat pengawasan, pertahanan negara, serta membantu melumpuhkan setiap ancaman yang datang. Bukan sebaliknya menjadi mesin pembunuh bagi masyarakat sipil yang tidak bersalah karena kesalahan di dalam proses pengambilan keputusan.
    ----------

    tetangga seblah pasti ada niat pake dron buat serang warga sipil sperti PATI,
    liat aja si Gempi gembrot dipake buat kejar PATI yg notabene warga sipil tak bersenjata...
    harusnya negara2 produsen alutsista mem Banned ato embargo seblah karena melanggar HAM haha!🤭🤭🤭

    BalasHapus
  12. 15 pilot kita uda di turki latihan ANKA
    lah kl pilotnya masi tido haha!🤭🤭🤭

    BalasHapus
  13. ANKA tudm versi....OMPONG...wkwkwkwk

    BalasHapus
  14. kalo warganyet merasa kaya pliss dech coba tunjukan SHOPPING banyak
    bukan SEWA haha!😅😅😅
    heli tua Blekhok pun tak nampak haha!😝😝😝
    Sewa demi Jimat Kos pertanda Bajet Kosong haha!⛔️⛔️⛔️

    BalasHapus
    Balasan
    1. drone tempur HALE Akinci otw ke tni al OM PAL.. Dah masuk target akusisi bersama RUDAL PERTAHANAN PANTAI, DLL

      Hapus
    2. SHOPPING terus kite, seblah flanga flongo om acno haha!😅😅😅

      Hapus
  15. GEMPURWIRA11 Juni 2024 pukul 20.53
    Orang kaya shoping CASH KALIS NGUTANG 3 Kapal Korvet full senjata....

    Berbeza dengan negara miskin yang mengharapkan kapal RONGSOK SEDEKAH yang sudah tidak layak pakai.. 🤣🤣


    Asrizal Rusli Beli LCA F/A-50 18 buah, percuma Pohang-class 2 buah..kalau jadi kenyataan aku janji akan meminati K-Pop termasuk drama dan band-nya..aku juga akan sertai army BTS untuk melengkapkan lagi sokongan aku kepada produk Korea Selatan

    ☝️☝️☝️MEMBUAL,TIDAK KONSISTEN DAN BODOH...APA YG DIPERCAYA DARI MALON INI 🤣😂🤣😂🤣😂

    LAGI LAWAK 😂🤣😂🤣😂🤣 LAWAK LAGI

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3 ekor orangutan segera muncul
      😂🤣😂🤣😂🤣

      Hapus
    2. Malon = Bual = Prank!!!!😂😂😂🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    3. defisit > pailit > procurement sulit

      Hapus
  16. Xaxaxaxaxaxaxaaxaxa 3 ANKA a.k.a A K A N malon pasti lebih banyak daripada 12 ANKA INDONESIA , benar tak gaess...ini kalau menurut lulusan top 5 university of the world (konon) ...SMART RIGHT!!!!!...🔥🔥🔥🔥🔥😂😂😂🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Top 5 university of the world planet of the apes 😂🤣😂🤣😂🤣

      Hapus
    2. university pencetak orang bodoh, yang bener ae.. 👇

      https://www.zonajakarta.com/nasional/67312617008/usai-hasilkan-kapal-perang-mangkrak-galangan-malaysia-minta-kerja-sama-dengan-indonesia?page=2


      yang bener aja

      Hapus
  17. Kalo liat map....3 skadeon UAV kita....mengurung MALON
    😂😂😂😂😂...siap2 puurr....ente di jamban ...kami photo wkkwkwkwkw....tak bisa tidokh nyenyak ente purr 🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  18. DRONE MALON OMPONG, JUST ONE SHOOT THEY WILL BE BLIND..

    🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  19. 2024 KATA KUNCI = WILL NOT BE EQUIPPED WITH ANY WEAPONRY (ANKA OMPONG)
    Malaysia to use Anka-S for Maritime Surveillance
    While the specific equipment configuration of the Ankas is not currently known, they will be operated solely as a maritime surveillance platform in Malaysian service, and will not be equipped with any weaponry. According to European Security & Defence reporting from LIMA 2023, the Malaysian Ankas will have modified wings to improve their endurance.
    -----
    2023 KATA KUNCi WILL NOT ARMED (ANKA OMPONG)
    Erol Oguz, unmanned aerial systems programme manager at Turkish Aerospace, told ESD at LIMA that the UAV type being supplied to Malaysia will be a new version of the Anka-S with modified wings. Oguz also confirmed that the Ankas will not be armed, but will carry a maritime intelligence, surveillance and reconnaissance (ISR) payload that includes a synthetic aperture radar and an electro-optical/infra-red sensor.
    -----
    2024 KATA KUNCI SURVEILLANCE CAPABILITIES (ANKA OMPONG)
    Former Defense Minister, Datuk Seri Mohamad Hasan emphasized the importance of equipping the country with comprehensive surveillance capabilities and the need to have “eyes to see and ears to hear” everything happening in the country’s waters, especially in the South China Sea
    =============
    PLA ANTI DRONE = The Chinese People's Liberation Army (PLA) deployed a new type of anti-drone gun during an ongoing multinational joint exercise with Southeast Asian countries, as China looks to address threats from small drones that have become common in recent conflicts around the globe, analysts said on Monday.
    😝ANKA OMPONG = PLA KETAWA😝

    BalasHapus
  20. WOWWWW.....Rencana TNI AU adalah 5 Skadron Drone UCAV : Natuna , Pontianak kemudian segera diresmikan Operasional di Tarakan, Timika, dan Malang.

    TNI - AU :
    UCAV Anka = 12 unit Full Combat Ready

    ada clue akan hadirnya UCAV TB-2 >>> MANTABS !

    Lanjutkan !!!

    BalasHapus
  21. Gimana malon mau GERAK ....tuch ada 3 skadron UCAV yang siap BOMBARDIR malon jika malon INVASI INDONESIA .....

    >>> Skadron UCAV Natuna
    >>> Skadron UCAV Pontianak
    >>> Skadron UCAV Tarakan


    Lanjutkan TNI AU ....Tambah Terus Skadron UCAV merata di seluruh wilayah Indonesia !


    >>> malon gempurwira PENING PUSING JANTUNGAN karena Jagoan KKB-nya siap-siap untuk dipetakan oleh Skadron UCAV TIMIKA pada beberapa waktu mendatang


    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ada critanya negeri semenanjung kecil sperti kl mao invasi kita om bakul,
      lah merek saat ini lagi di invasi Elder Brader uda 11 tahun sedjak 2013 BPA dikuasai tanpa perlawanan haha!😜😜😜
      warganyet kl aja aneh, masa gak berasa di ayamin abangnya haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  22. Alhamdulillah,,Tambah aset terus buat TNI👍😎

    BalasHapus
  23. BUAL, HALU..
    HISAP DADAH LAGI, LON..


    kesimpulannya mulai pejabat sekelas panglima TUDM hingga rakyat sekelas si malon.. artinya rakyat sana SUDAH TIDAK DIPERHITUNGKAN DI KANCAH INT ..bisa dikatakan hewan..

    sebab bicara forum diskusi kedaulatan SUDAH TIDAK PADA TOPIK PEMBAHASAN..

    alias GILA SEMUA.. pantesan
    cina, duduki PERAIRAN BTI, RAKYAT SANA BANYAK BANGLADESH, INDIA, DLL BANGSA...

    MELAYU MALAYSIA TERNYATA TINGGAL NAMA..


    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  24. para warganyet KL, Kaget Lagiiiii...FREMM semakin hampir haha!😆😆😆

    makanya terus aja NGAMUK🔥 uda guwe bilangin khan...
    pertanda Bagus kita bakal SHOPPING yang BARUW haha!🤑🤑🤑

    BalasHapus
  25. Sssssstttt...mereka lagi cari2 link expired bersiap untuk MEMBUAL lagi 😂😂
    Mulai keluar dlm hitungan 3 .....
    1 ................2 ................3

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu bakar menyan om ...... tebar fisankkkk

      Hapus
    2. 🍌🍌🍌🍌🍌 😂🤣😂

      Hapus
  26. Balasan
    1. ANKA tapi OMPONG...wkwkwkwk

      Hapus
    2. kesian gempi lg panas dingin

      Hapus
    3. 2024 CONTRACT 45 ATMACA
      This contract, which covers the procurement of 45 missile rounds and associated launcher units and user terminals, paves the way for the Indonesian Navy to be the first export customer of the Turkish-developed guided weapon.
      ---
      CONTRACT LPC TAIS TURKEY
      TAIS Shipyards secured a contract for two 65 m LPCs for TNI-AL Turkish Private TAIS Shipyards will construct two Large Patrol Crafts, LPC-65, for the Indonesian Navy (TNI-AL). Even though it is named patrol craft, the vessel will feature a 76mm gun, a dual 35mm gun turret, two 12.7mm STAMP remote weapon stations (RWS), and a Roketsan ASW rocket launcher. The vessel may have eight ATMACA anti-ship missiles (AShMs) or prefer French Exocets.
      ---
      2024 CONTRACT PPA
      Fincantieri and the Indonesian Ministry of Defence have signed a 1.18-billion-euro contract, within the framework of collaborative relations initiated by the Italian Ministry of Defence, for the supply of two PPA Units. PPA is a highly flexible ship with an outstanding technological standard.
      ---
      2024 CONTRACT DASSAULT 42 RAFALE F4
      (Saint-Cloud, le 8 Janvier 2024) – La dernière tranche de 18 Rafale pour l’Indonésie est entrée en vigueur ce jour. Elle fait suite à l’entrée en vigueur, en septembre 2022 et en août 2023, de la première et de la deuxième tranche de 6 et 18 Rafale, et vient ainsi compléter le nombre d’avions en commande pour l’Indonésie dans le cadre du contrat signé en février 2022 pour l’acquisition de 42 Rafale.
      ==================
      LMS B2 = CONTRACT????????????
      ATMACA = CONTRACT?????????
      EJDER YALÇIN = YANG BAYAR PBB
      LCS = DELAYEDDDDDDDD
      OPV = DELAYEDDDDD
      ANKA = ISR NO WEAPON
      ---
      +60 DATA SIPRI 2023...
      NO PHANTOMSTRIKE
      LCS DELAYED
      NO NSM
      RADAR EL/M-2032
      NO MICA
      NO AMRAAM
      ---
      2024 BUDGET CONSTRAINTS DEFICIT= The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
      😝NO CONTRACT NO PARTY😝

      Hapus
  27. 2024 CONTRACT 45 ATMACA
    This contract, which covers the procurement of 45 missile rounds and associated launcher units and user terminals, paves the way for the Indonesian Navy to be the first export customer of the Turkish-developed guided weapon.
    ---
    CONTRACT LPC TAIS TURKEY
    TAIS Shipyards secured a contract for two 65 m LPCs for TNI-AL Turkish Private TAIS Shipyards will construct two Large Patrol Crafts, LPC-65, for the Indonesian Navy (TNI-AL). Even though it is named patrol craft, the vessel will feature a 76mm gun, a dual 35mm gun turret, two 12.7mm STAMP remote weapon stations (RWS), and a Roketsan ASW rocket launcher. The vessel may have eight ATMACA anti-ship missiles (AShMs) or prefer French Exocets.
    ---
    2024 CONTRACT PPA
    Fincantieri and the Indonesian Ministry of Defence have signed a 1.18-billion-euro contract, within the framework of collaborative relations initiated by the Italian Ministry of Defence, for the supply of two PPA Units. PPA is a highly flexible ship with an outstanding technological standard.
    ---
    2024 CONTRACT DASSAULT 42 RAFALE F4
    (Saint-Cloud, le 8 Janvier 2024) – La dernière tranche de 18 Rafale pour l’Indonésie est entrée en vigueur ce jour. Elle fait suite à l’entrée en vigueur, en septembre 2022 et en août 2023, de la première et de la deuxième tranche de 6 et 18 Rafale, et vient ainsi compléter le nombre d’avions en commande pour l’Indonésie dans le cadre du contrat signé en février 2022 pour l’acquisition de 42 Rafale.
    ==================
    LMS B2 = CONTRACT????????????
    ATMACA = CONTRACT?????????
    EJDER YALÇIN = YANG BAYAR PBB
    LCS = DELAYEDDDDDDDD
    OPV = DELAYEDDDDD
    ANKA = ISR NO WEAPON
    ---
    +60 DATA SIPRI 2023...
    NO PHANTOMSTRIKE
    LCS DELAYED
    NO NSM
    RADAR EL/M-2032
    NO MICA
    NO AMRAAM
    ---
    2024 BUDGET CONSTRAINTS DEFICIT= The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    😝NO CONTRACT NO PARTY😝

    BalasHapus