12 Juni 2024

Drone : "Game Changer" Kekuatan Udara TNI AU (1)

12 Juni 2024

UAV Taktis Aerostar Skadron Udara 51 (photo: Kaskus Militer)

Bagaimana dengan Indonesia? 

Mantan Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal (Purn) Fadjar Prasetyo mengungkapkan bahwa TNI AU telah mempelajari dan mengoperasikan UAV atau drone sejak 2015. 

Bahkan, ia menyebut, pasukan drone TNI AU juga sudah ikut bergabung di dalam sejumlah operasi gabungan yang dilakukan TNI-Polri di sejumlah wilayah Indonesia. 

"Ke depan TNI akan terus dilengkapi dengan UAV dan UCAV (unmanned combat aerial vehicle/pesawat tempur tanpa awak) yang lebih modern," ungkap Fadjar saat membuka Rapat Pimpinan TNI AU Tahun 2024 di Gedung Puri Ardhya Garini, Jakarta, pada 29 Februari 2024 lalu, seperti dikutip dari Antara. 

Sejauh ini, TNI Angkatan Udara telah memiliki dua skadron yang mengoperasikan UAV atau drone, yaitu Skadron Udara 51 yang bermarkas di Lanud Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat dan Skadron Udara 52 yang berbasis di Lanud Raden Sadjad, Kepulauan Natuna. 

Skadron Udara 52 merupakan markas bagi CH-4 Rainbow, sebuah UAV yang dikembangkan China Academy of Aerospace Aerodynamic. Pesawat ini memiliki daya tahan terbang hingga 40 jam dan daya tempuh mencapai 5.000 kilometer. 

Hangar drone Aerostar berada di Skadron Udara 51 yang bermarkas di Lanud Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat (photo: Skadron Udara 51)

Pesawat ini juga dibekali kemampuan untuk dapat memuat muatan seberat 345 kilogram hingga sistem persenjataan berupa drop bomb atau guided drop bomb. Serta terintegrasi dengan satelit BLOS (Beyond Line of Sight). 

Drone tipe MALE ini pernah ikut dalam latihan gabungan (latgab) TNI bersandi "Dharma Yuda 2019" di Pusat Latihan Tempur Marinir Asembagus, Situbondo, Jawa Timur. 

Menariknya, selama mengikuti pelatihan tersebut, drone ini dikendalikan dari jarak jauh yaitu dari Surabaya, menurut Panglima TNI saat itu, Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto.

MALE drone ini rupanya berhasil melakukan misi menembak dan mengebom dari jarak 15.000 kaki dengan hasil yang sangat presisi. 

Hadi menyebut, CH-4 masuk dalam pengadaan alutsista pada rencana strategis (renstra) TNI Tahap II tahun 2019. Rencananya, TNI akan mendatangkan enam pesawat serupa untuk menambah kekuata pada dua skadronnya. 

Sementara itu, Skadron Udara 51 juga berhasil pada saat ikut ambil bagian dalam operasi gabungan TNI-Polri. 

UCAV MALE CH-4 Skadron Udara 52 (photo: Liputan6)

Misalnya, pada saat memburu kelompok teroris Santoso di Poso, Sulawesi Tengah, TNI AU ikut serta dalam Operasi Tinombala. 

Drone yang digunakan Skadron Udara 51 difungsikan untuk melakukan pengamatan berbagai area pegunungan, hingga berhasil mengidentifikasi pergerakan kelompok tersebut. 

Hasil pemantauan itu kemudian dilaporkan sebagai informasi intelijen yang menjadi panduan bagi pasukan di darat untuk melaksanakan misi melumpuhkan kelompok ini. 

TNI AU sendiri rencananya akan menambah dua skadron baru untuk mempertebal kekuatan pasukan dronenya, yaitu Skadron Udara 53 di Tarakan, Kalimantan Utara dan Skadron Udara 54 di Abdurachman Saleh, Malang, Jawa Timur. 

Mantan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma (Purn) R Agung Sasongkojati mengatakan, dua skadron ini nantinya akan menjadi home base bagi ANKA, pesawat MALE drone buatan Turkish Aerospace Industries (TAI). 

ANKA diketahui memiliki kemampuan terbang selama 33 jam dengan berat 1.700 kilogram dan dapat terbang dengan kecepatan 88 knot.

MALE drone ini dapat menjalankan berbagai fungsi sebagai drone tempur, seperti observasi (intelligence, surveillance, dan reconnaissance/ISR), deteksi dan identifikasi target, signal intelligence dan electronic warfare. 

Hangar drone CH-4 berada di Skadron Udara 52 yang berbasis di Lanud Raden Sadjad, Kepulauan Natuna (photo: Skadron Udara 52)

Selain itu, ANKA juga memiliki kemampuan untuk close air support mission, mengawasi wilayah maritim dan perbatasan, communication relay, air-to-ground strike, serta dilengkapi beberapa jenis senjata. 

Mengutip Instagram @kemhanri, konfigrasi perangkat dan senjata yang bisa disematkan meliputi EO/IR SATCOM+Radio Relay, EO/IR+SATCOM + Laser Guided Smart Bombs and Missiles, EO/IR+SATCOM+SAR/ISAR/GMTI+AIS dan EO/IR+COMINT/DF+ESM/ELINT. 

Rencananya, Indonesia akan mendatangkan 12 unit ANKA dari Turki. Kepala Biro Humas Setjen Kemenhan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha menyebut, kontrak pembelian selusin MALE drone itu mencapai 300 juta dolar AS atau setara Rp 4,5 triliun. 

Pembelian tersebut disertai dengan beberapa program pelatihan, alih teknologi,dan dukungan untuk integrated logistic support (ILS), ground support and test equipment (GS&TE), flight simulator, infrastruktur hangar, dan masa garansi selama 24 bulan/600 jam terbang. 

Adapun dari 12 unit pesawat yang dibeli, enam di antaranya akan dirakit di Indonesia bersama PT Dirgantara Indonesia melalui proses transfer teknologi itu. Mewujudkan pasukan drone TNI AU yang profesional Adaptasi terhadap teknologi kedirgantaraan modern perlu dilakukan TNI AU untuk menangkal setiap potensi ancaman yang akan dihadapi pada masa yang akan datang. 

See full article Kompas

126 komentar:

  1. ✅️bola lolos jd wakil kawasan haha!🤗🤗🤗
    ✅️ah140, ppa frigat terpanjang
    FREMM semakin hampir hore haha!👏👏👏

    kasian kl, uda gak lolos...
    eh cuman MOU doank...last last kensel tuch...tunggu ogos ama ujung raon haha!😄😄😄

    BalasHapus
  2. Anka=Akan siapa hayooo haha!🤣🤣😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anka ompong om @palu gada

      Hapus
    2. nyoiihhh..dron tengok2 doank om pemburu haha!😅😅😅

      Hapus
  3. KABARNYA QUALIFIKASI PIALA DUNIA ROUND 2 MALON SUDAH TERSINGKIR LAGI YA???..KESIAN


    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔🐔
    🤣🤣🤣🤣


    BHUAHAHAHAHAHAHA...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maap ya MALON.....kami lolos round 3.... 🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  4. MASA NATURALISASI TERBANYAK TERSINGKIR....LEMAH



    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔🐔
    🤣🤣🤣🤣


    BHUAHAHAHAHAHAHA...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maap ya MALON.... Kalian Lemah 🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  5. 2024 KATA KUNCI = WILL NOT BE EQUIPPED WITH ANY WEAPONRY (ANKA OMPONG)
    Malaysia to use Anka-S for Maritime Surveillance
    While the specific equipment configuration of the Ankas is not currently known, they will be operated solely as a maritime surveillance platform in Malaysian service, and will not be equipped with any weaponry. According to European Security & Defence reporting from LIMA 2023, the Malaysian Ankas will have modified wings to improve their endurance.
    -----
    2023 KATA KUNCi WILL NOT ARMED (ANKA OMPONG)
    Erol Oguz, unmanned aerial systems programme manager at Turkish Aerospace, told ESD at LIMA that the UAV type being supplied to Malaysia will be a new version of the Anka-S with modified wings. Oguz also confirmed that the Ankas will not be armed, but will carry a maritime intelligence, surveillance and reconnaissance (ISR) payload that includes a synthetic aperture radar and an electro-optical/infra-red sensor.
    -----
    2024 KATA KUNCI SURVEILLANCE CAPABILITIES (ANKA OMPONG)
    Former Defense Minister, Datuk Seri Mohamad Hasan emphasized the importance of equipping the country with comprehensive surveillance capabilities and the need to have “eyes to see and ears to hear” everything happening in the country’s waters, especially in the South China Sea
    -----
    2024 KATA KUNCI LMS = THEY COULD STILL BE FINALISING THE TECHNICAL DETAILS OF THE SHIPS
    Three of the ships will be built in Turkiye under the LOA according to the release though it did not identify the shipyards to build them. Defence Minister DS Khaled Nordin was present at the LOA handing over ceremony so it is likely the ministry will issue – a less detailed press release on it. Do note that even if the LOA is issued, they could still be finalising the technical details of the ships
    😝STILL BE FINALISING THE TECHNICAL DETAILS OF THE SHIPS = ANKA OMPONGGGGGG😝

    BalasHapus
  6. TNI AU sendiri rencananya akan menambah dua skadron baru untuk mempertebal kekuatan pasukan dronenya, yaitu Skadron Udara 53 di Tarakan, Kalimantan Utara dan Skadron Udara 54 di Abdurachman Saleh, Malang, Jawa Timur.
    ----
    Fiks yg utara buat ngawasin seblah haha!😂😂😂

    BalasHapus
  7. TIMNAS MALON SELEVEL TIMLES...



    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔🐔
    🤣🤣🤣🤣


    BHUAHAHAHAHAHAHA...

    BalasHapus
  8. Bye malon....👋
    🇮🇩 👉🌐

    🤪🤪🤪🤪🤪🤪
    😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  9. Thanks tiap hari mendoakan 🇮🇩 kami untuk 🌐 mendunia

    🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  10. CNN Indonesia
    https://www.cnnindonesia.com › ...
    Malaysia Gagal Lolos Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

    GAGAL TETOSSS...AYAM SAYUR

    PETOOOOK..
    PETOOOOK...


    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔🐔
    🤣🤣🤣🤣


    BHUAHAHAHAHAHAHA...

    BalasHapus
  11. Jangan merasa tersakiti yee..

    Nanti kami usulkan diadakan AFF 2nd League...
    Anggotanya Vanuatu, PNG, Timles, Malon...semoga juara

    🤣🤣🤣🤣😂😂

    BalasHapus
  12. warganyet pasti NGAMUK🔥
    dron tempur kita sudah lama lalu lalang di udara
    dron kita super banyak haha!☺️☺️☺️

    sementara kl, gak punyak kasian haha!⛔️⛔️⛔️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dah dipake hunting tero di Sulsel oom...😬

      Hapus
    2. nyoiihh uda batel pulpen,
      lah tetangga seblah aset militer masa dipake buat Sipil PATI?
      bikin Malyu produsen alutsista...
      percayalah lama2 kl di banned tuch om pedang haha!😅😅😅

      Hapus
  13. Sebentar lagi ada MALON MEMBUAL untuk menghibur diri
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  14. Geng malon masih tido semua, semalam ga bisa tido, gagal lagi..🤣🤣🤣😭

    Sory yee, kami tidur nyenyak, bangun senyum bugar....😃😀

    BalasHapus
  15. Palestine pun masuk round 3...
    Kami bersama mereka ..😏👍

    BalasHapus
  16. maren waktuw di GBK pada ngakak pas tau seblah gak lolos haha!🤣🤣🤣
    apalagi curva nord 45 di kiri, ultras grd dikanan...jingkrak2 gutbai kl haha!🤪🤪🤪

    apalagi PPA mo datang, FREMM semakin hampir...makin merana para warganyet kl di ds haha!😆😆😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. palu gada 11 Juni 2024 pukul 23.59
      warganyet NGAMUk🔥
      FREMM semakin hampir hore haha!👏👏👏

      _________________
      Om pal

      Harga FREMM kita USD 600 JT/UNIT masih kalah ama LCS KARATAN SEBELAH yag harganya USD 758 JT/unit

      😂😂😂

      Hapus
    2. nyoihhh om acno, kegagalan teote tetangga kl:
      ❌️korvet kedah klas, 300 jt dolar/bijik jadinya OPV omfong haha!😵‍💫😵‍💫😵‍💫
      ❌️frigat kecil lcs, rm 9 bn($2.8 bn kurs 2011)
      pesan 6 turun jadi 5..harga sama...minta suntik naik...blum pasti aktip...Akan haha!🤣🤣🤣

      pokonya mahal, kata warganyet..
      jenius ala top 5 universitih

      Hapus
  17. YESSS


    ROUND 3 WORLD CUP QUALIFIER 2026 AFC


    MALON MALAYSEWA🇲🇾, MALAYDESH 🇲🇾... BAWAH KAKI INDONESIA

    BalasHapus
  18. Semoga anka di pakai untuk membom negara asal teroris dr Azhari dan nordin m top

    BalasHapus
  19. UCAV MALE CH-4..? 🤣🤣🤣🤣

    Mau tanya berfungsi juga ke di konflik Papua..? Nampak seperti PEMBAZIRAN... 🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. versi ompong.. punya malon..

      tu, yang namanya drone..
      efisien dan mematikan..

      🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  20. GEMPURWIRA11 Juni 2024 pukul 20.53
    Orang kaya shoping CASH KALIS NGUTANG 3 Kapal Korvet full senjata....

    Berbeza dengan negara miskin yang mengharapkan kapal RONGSOK SEDEKAH yang sudah tidak layak pakai.. 🤣🤣


    Asrizal Rusli Beli LCA F/A-50 18 buah, percuma Pohang-class 2 buah..kalau jadi kenyataan aku janji akan meminati K-Pop termasuk drama dan band-nya..aku juga akan sertai army BTS untuk melengkapkan lagi sokongan aku kepada produk Korea Selatan

    ☝️☝️☝️MEMBUAL,TIDAK KONSISTEN DAN BODOH...APA YG DIPERCAYA DARI MALON INI 🤣😂🤣😂🤣😂

    LAGI LAWAK 😂🤣😂🤣😂🤣 LAWAK LAGI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Born to be PEMBUAL
      😂🤣😂🤣😂🤣

      Hapus
    2. Kenapa mengamuk ni..? Rileks la GORILLA... 🤣🤣🤣

      Hapus
  21. KASTA PENGUTANG... 🤣🤣

    Kementerian Keuangan Indonesia
    (Kemenkeu) telah menyetujui permintaan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk pengadaan kendaraan udara tempur tak berawak (UCAV) dengan pinjaman luar negeri, dan negara sedang mengevaluasi pemberi pinjaman yang cocok untuk ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus.. ini janjinya gemana... panglima udara TUDM... loh ini..


      Panglima Tentera Udara Jen Tan Sri Mohd Asghar Khan Goriman Khan berkata lawatan itu adalah untuk membincangkan mengenai perancangan memperoleh pesawat F/A-18D (Hornet) milik Tentera Udara Kuwait yang masih dalam keadaan baik dan mempunyai waktu jam operasi yang rendah berbanding pesawat Hornet TUDM sedia ada.

      "TUDM masih menaruh harapan untuk memiliki pesawat pejuang F/A-18D Hornet walaupun tindakan terkini oleh negara itu yang terpaksa menyelenggara dan menaik taraf pesawat Hornet sedia ada disebabkan penghantaran pesawat pejuang F/A-18E/F (Super Hornet) dibeli oleh Kuwait berdepan kelewatan.

      "Kuwait mempunyai 39 pesawat itu terdiri daripada dua dan satu tempat duduk sahaja. Jadi pada lawatan itu nanti pihak TUDM dan kerajaan Malaysia sendiri akan menentukan jumlah pesawat yang diperlukan," katanya pada sidang media di sini hari ini.





      masak dibuat bahan lawak...

      🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪

      Hapus
  22. Parah MISKIN... ANKA SIGN KONTRAK KOSONG guys... 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  23. Malon ANKA versi OMPONG...wkwkwkwk

    BalasHapus
  24. Parah NGUTANG LENDER terus guys... 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Parah.. kalah teros guys.. kelas ayam sayur..

      Hapus
  25. Parah MEMBUALNYA guys
    😂🤣😂🤣😂🤣

    BalasHapus
  26. 2024 KATA KUNCI = WILL NOT BE EQUIPPED WITH ANY WEAPONRY (ANKA OMPONG)
    Malaysia to use Anka-S for Maritime Surveillance
    While the specific equipment configuration of the Ankas is not currently known, they will be operated solely as a maritime surveillance platform in Malaysian service, and will not be equipped with any weaponry. According to European Security & Defence reporting from LIMA 2023, the Malaysian Ankas will have modified wings to improve their endurance.
    -----
    2023 KATA KUNCi WILL NOT ARMED (ANKA OMPONG)
    Erol Oguz, unmanned aerial systems programme manager at Turkish Aerospace, told ESD at LIMA that the UAV type being supplied to Malaysia will be a new version of the Anka-S with modified wings. Oguz also confirmed that the Ankas will not be armed, but will carry a maritime intelligence, surveillance and reconnaissance (ISR) payload that includes a synthetic aperture radar and an electro-optical/infra-red sensor.
    -----
    2024 KATA KUNCI SURVEILLANCE CAPABILITIES (ANKA OMPONG)
    Former Defense Minister, Datuk Seri Mohamad Hasan emphasized the importance of equipping the country with comprehensive surveillance capabilities and the need to have “eyes to see and ears to hear” everything happening in the country’s waters, especially in the South China Sea
    ============================
    2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    -
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    -
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    -
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    -
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    -
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang..
    😝ANKA OMPONG = HUTANG BAYAR HUTANG😝

    BalasHapus
  27. >>> ada malon ber-MENTAL KERUPUK ...WKWKWKWK
    dengan berkomentar :
    GEMPURWIRA12 Juni 2024 pukul 07.36
    UCAV MALE CH-4..? 🤣🤣🤣🤣

    Mau tanya berfungsi juga ke di konflik Papua..? Nampak seperti PEMBAZIRAN... 🤣🤣

    ------------------------------------------------------------------

    >>> malon SUKA BUAL BESAR REKA REKA CERITA

    >>> malon SUKA BUAL BOMBASTIS SEPERTI F-18 DIPAKAI lawan tentara SULU ...... WKWKWKWKWK....


    >>> Ngapain juga lawan KKB pakai UCAV.

    >>> lawan KKB cukup dengan gerilya saja.


    HAHAHAHAHAHAHA.....

    BalasHapus
  28. Tunggu 32 bulan setelah kontrak efektif.... Lah itu pun kalau aktif la... 🤣🤣

    SIGN KONTRAK KOSONG.. 🤣🤣

    BalasHapus
  29. 1 ANKA S special edition seharga 2 hingga 3 UAV CH4 ya... 🤣🤣

    Barang MUR... MUR.... MUR

    BalasHapus
  30. >> INDONESIA SIGNED PROCUREMENT UCAV ANKA FULL COMBAT READY = 12 UNIT PAKET LENGKAP

    > malon hanya (akan) beli ANKA = 3 unit


    WOWWWWW.....INDONESIA GITU LOH !!! USD 300 JUTA-AN.....12 UNIT UCAV ANKA FULL COMBAT READY !


    malon ...SEMAKIN TERTINGGAL TERPINGGIRKAN !

    BalasHapus
  31. INDONESIA SUDAH PUNYA 2 SKADRON UAV / UCAV di Pontianak dan Natuna DAN AKAN BERTAMBAH PERESMIAN PEMBANGUNAN SARANA FISIK INFRASTUKTUR UNTUK 2 SKADRON UAV / UCAV BARU di TARAKAN DAN MALANG

    TOTAL 4 SKADRON UAV/UCAV TNI AU

    malon = Not Available (N/A)


    WKWKWKWKWKWKWKWKWK......

    BalasHapus
  32. versi ompong... ngapain ..

    🤣🤣🤣🤣

    beda jauh...

    BalasHapus
  33. INDONESIA BELI UCAV ANKA dengan Skema Pinjaman Luar Negeri dan BERHASIL .

    ARTINYA :
    >>>> TURKIYE HAPPY
    >>>> INDONESIA HAPPY DAN RELAX
    >>>> LENDER HAPPY DAN GOOD LONG-TERM PROFIT

    >>>> malon TERIAK TERIAK SAMBIL LONCAT LONCAT KEPANASAN KESANA KEMARI TIDAK TERIMA INDONESIA SEMAKIN MAJU DAN KUAT.

    >>>> malon IRI DENGKI SAKIT HATI PADA INDONESIA yang SEMAKIN MAJU DAN KUAT.


    WKWKWKWKWKWKWKWKWK......

    BalasHapus
  34. yavuz bukan temfel stiker lagi, pasang bendera dimana2...last last kensel haha!😅😅😅

    BalasHapus
  35. ya ampong, alutsista sama sekali ga ada efek deteren.
    ngapain dipake..

    itu bukan alutsista cuman buat monitoring aja..

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    beda dengan kami..

    ada misile nya..

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  36. tempel sticker doang.. woeey..

    👇

    terus.. ini janjinya gemana... panglima udara TUDM... loh ini..


    Panglima Tentera Udara Jen Tan Sri Mohd Asghar Khan Goriman Khan berkata lawatan itu adalah untuk membincangkan mengenai perancangan memperoleh pesawat F/A-18D (Hornet) milik Tentera Udara Kuwait yang masih dalam keadaan baik dan mempunyai waktu jam operasi yang rendah berbanding pesawat Hornet TUDM sedia ada.

    "TUDM masih menaruh harapan untuk memiliki pesawat pejuang F/A-18D Hornet walaupun tindakan terkini oleh negara itu yang terpaksa menyelenggara dan menaik taraf pesawat Hornet sedia ada disebabkan penghantaran pesawat pejuang F/A-18E/F (Super Hornet) dibeli oleh Kuwait berdepan kelewatan.

    "Kuwait mempunyai 39 pesawat itu terdiri daripada dua dan satu tempat duduk sahaja. Jadi pada lawatan itu nanti pihak TUDM dan kerajaan Malaysia sendiri akan menentukan jumlah pesawat yang diperlukan," katanya pada sidang media di sini hari ini.





    masak dibuat bahan lawak...

    🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  37. terus.. ini janjinya gemana... panglima udara TUDM... loh ini..


    Panglima Tentera Udara Jen Tan Sri Mohd Asghar Khan Goriman Khan berkata lawatan itu adalah untuk membincangkan mengenai perancangan memperoleh pesawat F/A-18D (Hornet) milik Tentera Udara Kuwait yang masih dalam keadaan baik dan mempunyai waktu jam operasi yang rendah berbanding pesawat Hornet TUDM sedia ada.

    "TUDM masih menaruh harapan untuk memiliki pesawat pejuang F/A-18D Hornet walaupun tindakan terkini oleh negara itu yang terpaksa menyelenggara dan menaik taraf pesawat Hornet sedia ada disebabkan penghantaran pesawat pejuang F/A-18E/F (Super Hornet) dibeli oleh Kuwait berdepan kelewatan.

    "Kuwait mempunyai 39 pesawat itu terdiri daripada dua dan satu tempat duduk sahaja. Jadi pada lawatan itu nanti pihak TUDM dan kerajaan Malaysia sendiri akan menentukan jumlah pesawat yang diperlukan," katanya pada sidang media di sini hari ini.





    masak dibuat bahan lawak...

    🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪


    iki nang suroboyo dadi panglima koyok ngene di kaplok sandal cangkem e, rek...

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  38. terus.. ini janjinya gemana... panglima udara TUDM... loh ini..


    Panglima Tentera Udara Jen Tan Sri Mohd Asghar Khan Goriman Khan berkata lawatan itu adalah untuk membincangkan mengenai perancangan memperoleh pesawat F/A-18D (Hornet) milik Tentera Udara Kuwait yang masih dalam keadaan baik dan mempunyai waktu jam operasi yang rendah berbanding pesawat Hornet TUDM sedia ada.

    "TUDM masih menaruh harapan untuk memiliki pesawat pejuang F/A-18D Hornet walaupun tindakan terkini oleh negara itu yang terpaksa menyelenggara dan menaik taraf pesawat Hornet sedia ada disebabkan penghantaran pesawat pejuang F/A-18E/F (Super Hornet) dibeli oleh Kuwait berdepan kelewatan.

    "Kuwait mempunyai 39 pesawat itu terdiri daripada dua dan satu tempat duduk sahaja. Jadi pada lawatan itu nanti pihak TUDM dan kerajaan Malaysia sendiri akan menentukan jumlah pesawat yang diperlukan," katanya pada sidang media di sini hari ini.





    masak dibuat bahan lawak...

    🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    iki nang suroboyo dadi panglima koyok ngene di kaplok sandal cangkem e, rek...

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤪🤪🤪🤪🤪🤪


    kesimpulannya mulai pejabat sekelas panglima TUDM hingga rakyat sekelas si malon.. artinya rakyat sana SUDAH TIDAK DIPERHITUNGKAN DI KANCAH INT ..bisa dikatakan hewan..

    sebab bicara forum diskusi kedaulatan SUDAH TIDAK PADA TOPIK PEMBAHASAN..

    alias GILA SEMUA.. pantesan
    cina, duduki PERAIRAN BTI, RAKYAT SANA BANYAK BANGLADESH, INDIA, DLL BANGSA...

    MELAYU MALAYSIA TERNYATA TINGGAL NAMA..


    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤪🤪🤪🤪🤪🤪


    BalasHapus

  39. kesimpulannya mulai pejabat sekelas panglima TUDM hingga rakyat sekelas si malon.. artinya rakyat sana SUDAH TIDAK DIPERHITUNGKAN DI KANCAH INT ..bisa dikatakan hewan..

    sebab bicara forum diskusi kedaulatan SUDAH TIDAK PADA TOPIK PEMBAHASAN..

    alias GILA SEMUA.. pantesan
    cina, duduki PERAIRAN BTI, RAKYAT SANA BANYAK BANGLADESH, INDIA, DLL BANGSA...

    MELAYU MALAYSIA TERNYATA TINGGAL NAMA..


    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤪🤪🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  40. baru kali ini diskusi ditopik yang dibicarakan alutsista nya ada, masih juga bertanya..


    keterlaluan idiotnya..

    🤣🤣🤣🤣🤣🤪🤪🤪🤪

    BalasHapus
  41. Utang Jokowi Tembus Rp 8.338 Triliun 😂🤣😂🤣😂🤣

    https://www.youtube.com/watch?v=5EwjDQbI-lA

    Jom pakat beli alutsista . PSP akan menambah utangnya.....😝😝😝😝😝

    Confirm akan bertambah kontrak kosong!!
    😝😝😝😝😝

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fakta terus bertambah dan berdatangan alutsista baru tni
      Beda nasib dengan MALON, hanya AKAN dan CANCEL
      🤣🤣🤣🤣🤣🥱

      Hapus
  42. MEMBUAL KALIS NGUTANG
    Faktanya
    UTANG + KEWAJIBAN MALON > 84,5% GDP,
    UTANG (versi kera jaan) 64,5% GDP (limit 65%)
    Pinjaman luar negeri RM 34,5 B (limit RM 35 B)
    Anggaran 2024 tambah UTANG 4,3% GDP

    MELAWAK KALIS NGUTANG
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Utang Jokowi Tembus Rp 8.338 Triliun 😂🤣😂🤣😂🤣

      https://www.youtube.com/watch?v=5EwjDQbI-lA

      Bank pula berbondong-bondong tutup ATM.
      Ngapa kehabisan Uang kerana bayar utang?😝😝😝😝😝

      Skip to 1.35 minit.
      https://www.youtube.com/watch?v=5EwjDQbI-lA

      Hapus
  43. Si babu malon cuma gini jee ..
    ====÷÷÷=====

    "...Undian pembagian grup akan digelar di Kuala Lumpur, Malaysia pada 27 Juni mendatang. Sementara ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dimulai September 2024 hingga Juni 2025.."

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣😭😭😭

    BalasHapus
  44. Utang Jokowi Tembus Rp 8.338 Triliun 😂🤣😂🤣😂🤣
    Bank berbondong-bondong tutup ATM.
    Ngapa kehabisan Uang kerana bayar utang?😝😝😝😝😝

    Skip to 1.35 minit.
    https://www.youtube.com/watch?v=5EwjDQbI-lA

    BalasHapus
    Balasan
    1. MEMBUAL KALIS NGUTANG
      Faktanya
      UTANG + KEWAJIBAN MALON > 84,5% GDP,
      UTANG (versi kera jaan) 64,5% GDP (limit 65%)
      Pinjaman luar negeri RM 34,5 B (limit RM 35 B)
      Anggaran 2024 tambah UTANG 4,3% GDP

      MELAWAK KALIS NGUTANG
      🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  45. Kasihan MALON minim shoping akibat UTANG MENGGUNUNG

    BalasHapus
  46. Utang Jokowi Tembus Rp 8.338 Triliun 😂🤣😂🤣😂🤣

    https://www.youtube.com/watch?v=5EwjDQbI-lA

    Bank pula berbondong-bondong tutup ATM.
    Ngapa kehabisan Uang kerana bayar utang?😝😝😝😝😝

    Skip to 1.35 minit.
    https://www.youtube.com/watch?v=5EwjDQbI-lA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan bandingkan dg KERAjaan yg miskin. PDB indonesia jauhhhhh lebih besar dari KERAjaan beruk

      Hapus
  47. Anka display punyak Turki masa diklaim HM warganyet kl ??? mana bukti kontrak epektip?
    katanya barter, NO CASH...antrian buncit haha!😜😜😜

    HALAHHHH gausa dianggap Pembual seblah ituw haha!🤣🤣🤣
    ❌️2018 teringat warganyet pembual klaim display heli kecik mdg 530g di heli expo milik kl, alasannya kamo warna tdm, nanti kirim bulan OGOS...full senjata hellfire bla ..bla..blaa..ampe bebusa haha!🤤🤤🤤
    ini link yg dipake terus bertahun tahun tak sampe...kasian Dmikinos Tegar haha!😬😬😬
    ⬇️⬇️⬇️⬇️⬇️⬇️
    Deliveries Imminent For Malaysian MD 530G
    https://youtube.com/watch?v=gJAhjxdVLKk&pp=ygUpIGRlbGl2ZXJpZXMgaW1taW5lbnQgZm9yIG1hbGF5c2lhIG1kIDUzMGc%3D

    siapa yg percaya ama warganyet, tak brabi tunjuk kontrak epektip dolo=pembual haha!🤣🤣🤣

    YAVUZ jgk contoh temfel2an ala seblah haha!😋🤫🤫

    BalasHapus
  48. DRONE ISRAEL LAGI !

    SEHARUSNYA SUDAH DI ISI DRONE ELANG HITAM , COMBAT MISSION YANG DI PERMASALAHKAN SEBENARNYA SUDAH BISA DI SEDIAKAN PT LEN SUDAH SUKSES BUAT & PERSIAPKAN COMBAT MISSION PRODUCT PT LEN , SEHINGGA NANTINYA BAGUS UNTUK IDHAN & KESIAPAN PENGADAAN JUGA WEAPON SYST. YA G SUDAH DI PERSIAPKAN PTDI SEJAK LAMA DARI KERJASAMA DENGAN TURKIYE BISA SEGERA DI PASANG SEMUA TELAH
    SIAP !

    BalasHapus
  49. ATM dikurangi karena beralih pakai transaksi online...TOLOL

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  50. Mau MEMBUAL apapun, FAKTAnya
    1. MALON minim shoping alutsista
    2. UTANG MALON menumpuk hampir mencapai limit
    3. Tahun 2024 deficit apbn MALON mencapai 4,3% GDP
    4. UTANG MALON di apbn setara 90% Anggaran pembangunan MALON (termasuk shoping)

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  51. Nasib babu malon..
    Disuruh putar undian jee..

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    ====÷÷÷=====

    "...Undian pembagian grup akan digelar di Kuala Lumpur, Malaysia pada 27 Juni mendatang. Sementara ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dimulai September 2024 hingga Juni 2025.."

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣😭😭😭

    BalasHapus
  52. BOLA SEPAK MALAY SAMPAH.. BAWAH KAKI INDONESIA

    SALAM ROUND 3
    ........

    Psstttt itu pun menang lawan Pinoy rakan sesama ASEAN... SEBELUMNYA DI BANTAI Iraq DIBERI TELUR.. 🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya malon dibantai Oman...ikut U23 Asian Cup pulang bawa telur....

      Hapus
  53. Pssst DUO GORILA MALON bilang LOA = KONTRAK ......
    KASIHAN SAKING TOLOLNYA MEMBUAL GAK PAKE OTAK
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  54. Selama belum diserah, itu Anka masih punya Turki, TOLOL ....

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  55. Ayuh..
    Mana ada berita Anka sudah diserahkan oleh Turki...

    Ada kee..?

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    TOLOL

    BalasHapus
  56. GORILA MALON hanya bisa MEMBUAL
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  57. Sakit hati tuuu...

    🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  58. Hanya orang TOLOL yang klaim barang miliknya padahal belum diserahkan...

    🤣🤣🤣🤣🤣

    Sama halnya KLAIM Hornet Kuwait
    Padahal tidak dijual


    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  59. Hanya di MALON LOA=KONTRAK

    TAPI ITU HANYA BUALAN GEMPUR DAN MMW.

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  60. Bro Utang INDON bertambah teruk. Utang Jokowi Tembus Rp 8.338 Triliun

    https://www.youtube.com/watch?v=5EwjDQbI-lA

    Bank pula berbondong-bondong tutup ATM.
    Skip to 1.35 minit. 😂🤣😂🤣😂🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. LAH BUKANNYA UTANG MALON YG DAH MENCAPAI LIMIT 65% ....
      🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
  61. warganyet FANAS🔥
    ketauan pembual kelas berat haha!🤣🤣🤣

    2018 heli kecik display warna kamo tdm, kapan sampai?...OGOS tahun berapa, coba hitung angkanya haha!😆😆😆
    mana hellfire?

    ❌️eitttt ini blom RONGSOKAN SPH M109 apgred Paladin kata warganyet pembual akan datang selepas pru,
    mana buktinya? Goibkah haha!👻👻👻

    BalasHapus
  62. Nah sudah mucul DUO PEMBUAL yang bilang LOA=KONTRAK

    BalasHapus
  63. Panas lon..?

    🤣🤣🤣🤣🤣

    Jadi LPD itu punya MALON kee..?
    Karena ada di banner 15 to 5...

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  64. 2024 KATA KUNCI = WILL NOT BE EQUIPPED WITH ANY WEAPONRY (ANKA OMPONG)
    Malaysia to use Anka-S for Maritime Surveillance
    While the specific equipment configuration of the Ankas is not currently known, they will be operated solely as a maritime surveillance platform in Malaysian service, and will not be equipped with any weaponry. According to European Security & Defence reporting from LIMA 2023, the Malaysian Ankas will have modified wings to improve their endurance.
    -----
    2023 KATA KUNCi WILL NOT ARMED (ANKA OMPONG)
    Erol Oguz, unmanned aerial systems programme manager at Turkish Aerospace, told ESD at LIMA that the UAV type being supplied to Malaysia will be a new version of the Anka-S with modified wings. Oguz also confirmed that the Ankas will not be armed, but will carry a maritime intelligence, surveillance and reconnaissance (ISR) payload that includes a synthetic aperture radar and an electro-optical/infra-red sensor.
    -----
    2024 KATA KUNCI SURVEILLANCE CAPABILITIES (ANKA OMPONG)
    Former Defense Minister, Datuk Seri Mohamad Hasan emphasized the importance of equipping the country with comprehensive surveillance capabilities and the need to have “eyes to see and ears to hear” everything happening in the country’s waters, especially in the South China Sea
    =============
    2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    -
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    -
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    -
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    -
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    -
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.
    =============
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    😝ANKA OMPONG = HUTANG BAYAR HUTANG😝

    BalasHapus
  65. Kontrak secara formal akan dibuat selepas diterima Surat Setuju Terima dari petender yang berjaya

    Dikutip dari Proses Tender Kementerian Kewangan MALON

    TUH JELAS BEDANYA LOA DAN KONTRAK. KLO BELUM PAHAM BUKA TUH ATURAN TENDER DI MALON

    MMW DAN GEMPURWIRA SAMA2 MINIM LITERASI
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  66. GEMPURWIRA12 Juni 2024 pukul 08.56
    Bagi GORILLA Kepanasaaannn.. 🤣🤣

    Kontrak beli LMS dimeterai Malaysia-Turkiye, korvet kelas Ada pilihan TLDM dengan sistem peluru berpandu termoden

    https://www.dagangnews.com/article/kontrak-beli-lms-dimeterai-malaysia-turkiye-korvet-kelas-ada-pilihan-tldm-dengan-sistem-peluru-berpandu-termoden-38008

    Ni detailnya Bro:-

    https://www.malaysiandefence.com/wp-content/uploads/2024/06/GPxZHQFakAEtelk.jpg

    https://www.malaysiandefence.com/wp-content/uploads/2024/06/Screenshot_11-6-2024_173126_www.stm_.com_.tr_-2048x1285.jpeg

    https://www.malaysiandefence.com/wp-content/uploads/2024/06/Screenshot_11-6-2024_173147_www.stm_.com_.tr_-2048x485.jpeg

    VLA SAM tu mungkin ambik Korea Selatan K-SAAM (Korean Surface-to-Anti Air Missile) , menjadikan ini ADA Class versi terhebat!!

    https://www.navalnews.com/naval-news/2021/12/south-koreas-new-k-saam-sam-system-ready-for-mass-production/

    "Haegung is equipped with dual-mode seeker that is composed of a radar and an infrared seeker, enabling the efficient use in versatile maritime environment, as a both offensive and defensive weapon against hostile anti-ship guided missiles and aircrafts. Since the Vertical Launching System (VLS) launcher has been adopted as a launching platform, it is capable of omnidirectional multi-engagement regardless of a mother ship’s maneuvering status and target position. The maximum range is 20 km and maximum speed Mach 2."

    BalasHapus
  67. LOA?
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  68. Alhamdulillah.. 😉

    https://finance.detik.com/bursa-dan-valas/d-7335350/jepang-takjub-ri-mulai-keluar-dari-cengkeraman-dolar-as

    BalasHapus
  69. Baru LOA, ada GORILA MALON bilang sudah kontrak dan bayar
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  70. 2024 KATA KUNCI LMS = THEY COULD STILL BE FINALISING THE TECHNICAL DETAILS OF THE SHIPS
    Three of the ships will be built in Turkiye under the LOA according to the release though it did not identify the shipyards to build them. Defence Minister DS Khaled Nordin was present at the LOA handing over ceremony so it is likely the ministry will issue – a less detailed press release on it. Do note that even if the LOA is issued, they could still be finalising the technical details of the ships
    -----
    2024 KATA KUNCI = WILL NOT BE EQUIPPED WITH ANY WEAPONRY (ANKA OMPONG)
    Malaysia to use Anka-S for Maritime Surveillance
    While the specific equipment configuration of the Ankas is not currently known, they will be operated solely as a maritime surveillance platform in Malaysian service, and will not be equipped with any weaponry. According to European Security & Defence reporting from LIMA 2023, the Malaysian Ankas will have modified wings to improve their endurance.
    -----
    2023 KATA KUNCi WILL NOT ARMED (ANKA OMPONG)
    Erol Oguz, unmanned aerial systems programme manager at Turkish Aerospace, told ESD at LIMA that the UAV type being supplied to Malaysia will be a new version of the Anka-S with modified wings. Oguz also confirmed that the Ankas will not be armed, but will carry a maritime intelligence, surveillance and reconnaissance (ISR) payload that includes a synthetic aperture radar and an electro-optical/infra-red sensor.
    -----
    2024 KATA KUNCI SURVEILLANCE CAPABILITIES (ANKA OMPONG)
    Former Defense Minister, Datuk Seri Mohamad Hasan emphasized the importance of equipping the country with comprehensive surveillance capabilities and the need to have “eyes to see and ears to hear” everything happening in the country’s waters, especially in the South China Sea
    ============
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    -----
    TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    😝STILL BE FINALISING THE TECHNICAL DETAILS OF THE SHIPS = ANKA OMPONGGGGGG😝

    BalasHapus
  71. MasyaAllah.. 😊

    https://www.detik.com/sumbagsel/bisnis/d-7336036/ri-unggul-soal-ini-jepang-saja-sampai-mau-belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyebab dari fenomena ini dapat dilihat dari beragam sudut pandang. Di antaranya,"kenyataan bahwa transaksi telah bergeser ke layanan digital (mobile banking dan app) yang mudah digunakan dan mudahj diakses dari beragam tempat pilihan nasabah," kata Arianto saat dihubungi CNBC Indonesia, Rabu (5/6/2024).
      Sedangkan dari sudut pandang nasabah, Arianto menyebut ada kebiasaan baru untuk menggunakan mobile banking dan mobile apps untuk transaksi keuangannya.

      Hapus
  72. Malon vs Nguyen pon tak pernah menang...

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    23 Nov 2016 Malaysia v Vietnam L 0-1 AFF Championship

    16 Nov 2018 Vietnam v Malaysia L 2-0 AFF Championship

    11 Dec 2018 Malaysia v Vietnam D 2-2 AFF Championship

    15 Dec 2018 Vietnam v Malaysia L 1-0 AFF Championship

    10 Oct 2019 Vietnam v Malaysia L 1-0 FIFA World Cup

    11 Jun 2021 Malaysia v Vietnam L 1-2 FIFA World Cup

    12 Dec 2021 Vietnam v Malaysia L 3-0 AFF Championship

    27 Dec 2022 Vietnam v Malaysia L 3-0 AFF Championship

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya kl kaya, eh kalah ama kismis om pedang haha!😋😋😋

      Hapus
  73. Ayam sayur diayam ayamkan si Nguyen

    Wakakakakakakaakkaak

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣😂😂😂😂

    BalasHapus
  74. Jangan kata bertempur, main bola sepak saja malon selalu dibantai Nguyen


    Wakakakakaakkakakaakak
    🤣🤣🤣🤣🤣😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  75. lah ATM tutup karena skrg jamannya Digital haha!😄😄😄
    Konversi kita Transfer via paltform hand phone, laptop, ipad
    kasian warganyet kl tak tau..pada MeWeK hidup jaman Dinosaurus kah haha!😬😬😬
    ⛔️Seperti minyak bumi, sekarang semua uda bruba konversi minyak ke listrik,
    mobil, motor, kompor dll

    ✅️kita uda punya 2 pabrik mobil listrik...makin tambah lagi
    kasian kl yg negerinya hidup dari minyak, tak lama lagi habis...
    sesuai denga Visi Tun M kl langsung Dmiskinos dalam 2x PRU alias 10 tahun kwdepan haha!😅😅😅

    BalasHapus
  76. Kesian....

    Si MISKIN hanya mampu SIGN KONTRAK KOSONG je... 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  77. Kasian si MISKIN Malon cuma mampu tampal Sticker pada Rafale je 🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  78. yang gratis aja kl tak sanggup bayar,
    apalagi SHOPPING...mustahil, lihat bajet kecil bagi 5...
    takkan sanggup kejar kami, 20 tahun didepan
    TIM ELIT SHOPPiNG SOPING,
    SHOPPING TERUS TIADA HENTI haha!🤑🤑🤑

    lah kl Mangkrak..apapun tiada bukti kontrak epektip=zonk haha!😜😜😜

    temfel2 stiker, bendera apalah semua Haluw haha!👻👻👻

    BalasHapus
  79. https://www.airtimes.my/2024/06/10/kolumnis-kontrak-sewa-helikopter-black-hawk-batal-atau-ada-keputusan-lain/


    Sewa pun terbatas......MISKIN

    BalasHapus
  80. https://www.airtimes.my/2024/06/10/kolumnis-kontrak-sewa-helikopter-black-hawk-batal-atau-ada-keputusan-lain/


    Sewa pun terbatal......MISKIN

    BalasHapus
  81. SEWA heli blekhok Tua pun tak ada kabar
    eh ini bulan juni, mei dach lewat jauuhh..kensel lagi kah?

    kocak, masa sewa aja Ngutang Lender haha!😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. abis ogos..ujung taon last last pasti kensel tuch om haha!😋😋😋

      Hapus
    2. Sewa Helicopter...katanya ogos...ogos...ogos...senjatanya formil malaysia alasan mau buat pawai kemerdekaan ....sampai bang jamil mampus itu barang gak pernah ada....waktu ada bendea Indonesia Di IFx gempur dan genk beruk ngotot bantah ini itu giliran Anka ada tulisan RMAF diminta tunjuk bukti pembayaran ngamuk2 ...dasar beruk bukan manusia mau nya menang sendiri...kayak zelensky badut ukraina...

      Hapus
  82. 2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
    The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
    -----
    TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    ============================
    2024 KATA KUNCI = WILL NOT BE EQUIPPED WITH ANY WEAPONRY (ANKA OMPONG)
    Malaysia to use Anka-S for Maritime Surveillance
    While the specific equipment configuration of the Ankas is not currently known, they will be operated solely as a maritime surveillance platform in Malaysian service, and will not be equipped with any weaponry. According to European Security & Defence reporting from LIMA 2023, the Malaysian Ankas will have modified wings to improve their endurance.
    -----
    2023 KATA KUNCi WILL NOT ARMED (ANKA OMPONG)
    Erol Oguz, unmanned aerial systems programme manager at Turkish Aerospace, told ESD at LIMA that the UAV type being supplied to Malaysia will be a new version of the Anka-S with modified wings. Oguz also confirmed that the Ankas will not be armed, but will carry a maritime intelligence, surveillance and reconnaissance (ISR) payload that includes a synthetic aperture radar and an electro-optical/infra-red sensor.
    -----
    2024 KATA KUNCI SURVEILLANCE CAPABILITIES (ANKA OMPONG)
    Former Defense Minister, Datuk Seri Mohamad Hasan emphasized the importance of equipping the country with comprehensive surveillance capabilities and the need to have “eyes to see and ears to hear” everything happening in the country’s waters, especially in the South China Sea
    😝DEFICIT = ANKA OMPONG😝

    BalasHapus
  83. Kata MALON KONTRAK KOSONG, GHOIB, MISKIN, GAK ADA LENDER, DLL .... DLL ....

    FAKTANYA ALUTSISTA BERDATANGAN
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fakta ya guys ☝️☝️☝️BUALAN malon selama di DS itu2 saja 😂😂 SLALU OUT OF THE TOPIC dan yg penting SEDAPKAN HATI je 😂🤣😂🤣😂🤣

      Hapus
  84. 15 pilot kita uda di turki latihan ANKA
    lah kl pilotnya masi tido haha!🤭🤭🤭

    BalasHapus
  85. Malon...malon ngePRANK pun pake meterai, efek SEDAPKAN HATI je karena ZERO SHOPING 😂🤣😂🤣😂🤣

    BalasHapus
  86. Menhan malon TENGOK2 JE ke turkiye, poto2 dgn pejabat sana lalu diam2 tempel sticker tulisannya " NORDIN WAS HERE "
    😂🤣😂🤣😂🤣

    BalasHapus
  87. GEMPURWIRA12 Juni 2024 pukul 09.14
    Kesian....

    Si MISKIN hanya mampu SIGN KONTRAK KOSONG je... 🤣🤣🤣

    Kontrak kosong akan semakin bertambah sebab hutang Jokowi mencanak naik. Belum lagi masa Pribowo 🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    Utang Jokowi Tembus Rp 8.338 Triliun

    https://www.youtube.com/watch?v=5EwjDQbI-lA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgn bandingkan dg KERAjaan beruk. GDO indonesia 4x dari KERAjaan beruk

      Hapus
    2. 2024 KATA KUNCI = WILL NOT BE EQUIPPED WITH ANY WEAPONRY (ANKA OMPONG)
      Malaysia to use Anka-S for Maritime Surveillance
      While the specific equipment configuration of the Ankas is not currently known, they will be operated solely as a maritime surveillance platform in Malaysian service, and will not be equipped with any weaponry. According to European Security & Defence reporting from LIMA 2023, the Malaysian Ankas will have modified wings to improve their endurance.
      -----
      2023 KATA KUNCi WILL NOT ARMED (ANKA OMPONG)
      Erol Oguz, unmanned aerial systems programme manager at Turkish Aerospace, told ESD at LIMA that the UAV type being supplied to Malaysia will be a new version of the Anka-S with modified wings. Oguz also confirmed that the Ankas will not be armed, but will carry a maritime intelligence, surveillance and reconnaissance (ISR) payload that includes a synthetic aperture radar and an electro-optical/infra-red sensor.
      -----
      2024 KATA KUNCI SURVEILLANCE CAPABILITIES (ANKA OMPONG)
      Former Defense Minister, Datuk Seri Mohamad Hasan emphasized the importance of equipping the country with comprehensive surveillance capabilities and the need to have “eyes to see and ears to hear” everything happening in the country’s waters, especially in the South China Sea
      =============
      2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
      -
      2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
      -
      2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
      -
      2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
      -
      2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
      -
      2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
      -
      2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.
      =============
      2024 DEFICIT 4.3% 2023 DEFICIT 5%
      The reality is that, due to budget constraints, Malaysia’s military will continue to struggle to procure the equipment needed. With Budget 2024, Malaysia’s military will get some but not all of what it wants, as the government runs a tight budget focused on uplifting the socio-economic well-being of citizens while trying to ensure fiscal discipline as it aims to narrow the deficit to 4.3% of GDP by end-2024 (from 5%)
      😝ANKA OMPONG = HUTANG BAYAR HUTANG😝

      Hapus
  88. Sewa nya ogos ...ogos...ogos sampai bang jamil mampus tak akan ada....cuma membual saja..m.😜😜😜😜

    BalasHapus
  89. Guyss.. emang ada ya.. drone mata2.. fungsi intai.. tapi dikasih tulisan di body nya ini milik negara anuw... laah.. ketahuan dong.. sm yg diintai..

    BalasHapus
  90. Guys.. emang ada ya drone intai, tp di body nya dikasih tulisan negara yg punya... laaah ntar ketahuan dong...

    BalasHapus