14 Februari 2020

Indonesia to Develop MPA Variant of N219

14 Februari 2020


N219 miniature aircraft (photo : Republika)

State-owned aerospace company PT Dirgantara Indonesia (PTDI) has been approached by the country’s navy to develop a militarised version of the N219 Nurtanio twin-turboprop aircraft, the company confirmed with Jane’s at Singapore Airshow 2020.

The indigenously developed aircraft, which derives its design from the Airbus Military C212 Aviocar, made its maiden flight in August 2017 from the Husein Sastranegara International Airport in Bandung, Indonesia.

“The Indonesian Armed Forces have approached us to develop a military-specifications variant of the aircraft, including for maritime patrol operations,” said Igan Satyawati, vice-president of business development and marketing at PTDI.

“To meet their requirements, we will study how the aircraft can be structurally reinforced and balanced out, such that it can be mounted with sensors and other equipment related to operations such as maritime patrol,” she added.

“However, these are future plans, and at this point of time, our team is focused on attaining certification from the Civil Aviation Authority of Indonesia for the aircraft,” she emphasised. The certification is expected to complete in 2020.

The N219 has an overall length of 16.7 m, a height of 6.2 m, and a wingspan of 19.5 m. The aircraft has a maximum take-off weight of 7,030 kg (15,498 lb) and can deliver a maximum payload of 2,313 kg.

(Jane's)

108 komentar:

  1. Artikel dari The Aviation Geek Club ini, yang ditulis Dario Leone, menjelaskan Bagaimana Gripen-A dapat mudah memenangkan semua pertempuran udara dalam latihan.

    Diceritakan oleh purnawirawan pilot AU Swedia, Stefan Englund.

    Gripen-A adalah tipe Gripen yang sudah siap tempur di tahun 2006. Gripen-C/D baru mau memasuki tahap IOC, sedangkan proyek Gripen-NG belum dimulai sampai tahun 2008.

    Dalam latihan Red Flag 2006, Gripen-A mengambil peran Red side -- pihak lawan tanding, yang tidak mendapat dukungan AEW&C, dan minimal ground support. 3 - 4 Gripen menghubungkan diri dengan TIDLS dan bertindak sebagai mini-AEW&C sendiri untuk mencapai full situational awareness, dan menghadang lawan yang lebih kuat.

    Hasilnya?

    Menurut pengalaman Englund:
    "Di hari pertama, kami men-knock out 10 lawan, termasuk satu Typhoon, tanpa ada satupun Gripen yang tertembak.

    Situational Awareness sangat baik, kami juga berhasil mengelak dari semua SAM (ground defense) di darat.

    Dalam Red Flag di Alaska, satu pilot Gripen berhasil menembak jatuh 5 F-16 Block-50+ (dengan mesin GE-129).

    Gripen adalah satu2nya pespur yang berhasil memenuhi semua parameter misi latihan, dan tidak ada satupun yang tertembak."

    Dalam latihan terpisah melawan 5 F-16AM Norwegia:
    "Tiga (3) Gripen berhasil memenangkan tiga ronde latihan melawan F-16; 5-0, 5-0, dan 5-1".

    Dalam latihan Loyal Arrow di Swedia sendiri melawan F-15C:
    "3 F-15 dicegat dengan sukses - 2 tertembak jatuh, dan 1 berhasil lari."


    Lebih lanjut, Englund menjelaskan:
    "Ya, Thrust-to-Weight ratio Gripen-A memang lebih rendah dibandingkan F-16, tetapi drag rate, dan wing loading Gripen lebih baik dibandingkan F-16.

    Alhasil, Gripen-A dapat melaju ke kecepatan supersonic tanpa perlu menyalakan afterburner, masih dengan membawa 4 AMRAAM, 2 Sidewinder, dan 1 external tank. Tidak sulit untuk mengimbangi F-16 untuk mendapat climb rate yang sebanding."

    "Kami bukan tidak bisa tertandingi, tetapi setiap kali Gripen terlalu diremehkan.

    F-15, misalnya, bisa saja menjaga jarak dan mencoba menembak BVR, atau menghindari Meteor; tetapi ini bukan cara yang baik untuk bisa memenangkan pertempuran udara."

    Gripen-C/D, dan Gripen-E/F sudah mendorong tolok ukur ini lebih jauh lagi sejak tahun 2006.

    Tentu saja, semua pilot yang bertanding disini adalah pilot profesional yang sudah menabung sistem latihan NATO.

    Pertandingan udara dengan pespur inferior su-35 versi export, yang hanya bisa membawa senjata kadaluarsa RVV-AE, dan pilot yang sistem latihannya abal2 -- ya, tentu saja akan berakhir dengan sangat mudah sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atoooo mbah, binyun mbah.....binyun πŸ™†πŸ™†πŸ™†

      Ate mundut : Viper + Gripen NG, opo Viper + Rafale....opo malah Gripen NG + Rafale wae πŸ€”πŸ˜–πŸ€•

      Hapus
    2. Paragraf terakhir kok kedengaran suaranya Pengendara Kegelapan ya?





      πŸƒ‍♂️πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨

      Hapus
    3. Mundut mbah rafale + gripen buat RKAF

      TNI purun e Super Flanker n Viper

      πŸ•ΊπŸ’ƒπŸ•ΊπŸ’ƒπŸ•ΊπŸ’ƒπŸ•ΊπŸ’ƒ

      Hapus
    4. Sing penting wonten ToTne πŸ˜πŸ‘

      Hapus
    5. Ono ambune sales iki😁😁

      Hapus
    6. Jika demikian yang terjadi, maka sejak 2006-2020 ini gripeng laris manis bak kacang goreng. Apakah demikian ?????

      Hapus
    7. Hoaaammmzzzz 😴😴😴

      Abal2 kok pada tatut ketemu su35???? Ingat Cuman china operator su35 saat ini, dan rusia tau sifat china yg hoby mencuri jd mereka rusia gk mau kecolongan lg sehingga tak mungkin memberi su35 dengan sistem avionic atau pun perangkat lunak terkini versi su35 yg digunakan rusia, semua cuman klaim tp ujung2 tatut ketemu su35 dan ini fakta bukan KLAIM, apa jaminan kalau perancis dan swedia bener2 memberikan teknologi versi yg mereka gunakan untuk produk pesepur versi eksport mereka???? Liat fakta dr dulu gk ada pespur eropa yg bener2 bertaring mampu hadapi produk pespur rusia' rusia jg gk sebodoh itu mau produk su35 konyol hanya karena kemampuan perangkat lunak pespur lawannya, su35 sangat2 jauh berkembang dalam konflik suriah' sesungguhnya indonesia beruntung bila pembelian su35 sedikit bermasalah karena saat su35 hadir berarti su35 indonesia lebih sempurna dr su35 yg dibeli china disebabkan su35 terus memperbaiki kekurangannya di konflik suriah, masalah apakah rusia mau memberi su35 yg terbaik atau tidak itu tergantung negara mana yg beli dan bagaimana pendekatan negara tersebut terhadap rusia' kalau negara yg hoby mencuri teknologi ya pastinya rusia akan berfikir panjang memberikan produk terbaiknya.

      Hapus
    8. Aku mung pengin nonton gripeng landing di jalan2 tol.. kayake seruuuu😁😁😁 latihan kedaruratan

      Hapus
    9. Sesuk tak usul pak anies ben ngundang Gripen NG melu formula E.....rak seru kui ono pespur balapan karo mobil listrik neng kemayoran πŸ›΄πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨

      Hapus
    10. Hawong gor kepingin kok ra oleh to mas lentera jiwa ....πŸ˜ͺ

      Hapus
    11. Nek Grepe mesti setuju kabeh po meneh nek adem

      Hapus
    12. Gripen E/F boleh lah...
      cuma Pernyataan yg terakhir...LEBAY bin ALAY...wkwkkkwkkk

      Hapus
    13. Mulang om Tupez kudu nyimak videone disik (neng ngisor kae), nembe oleh narik kesimpulan bab pentinge nduweni duo Gripen E+Globaleye πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

      Hapus
    14. Ojo lali videone di subsribe lan dishare yo om Tupez ...πŸ‘ŒπŸ»πŸ‘πŸ»

      Hapus
    15. video opo yo...mulai dari design & prototype...pembuatan Gripen E..test terbang pertama gripen E baik di sweden & brazil...sampe terbang formasi bareng rafale dkk...sudah habis sy lahap videonya mbah.wkwkwkk

      Hapus
    16. Video kinerjane gripen NG berpasangan karo Globaeye kanti sarana datalink gawean saab, koyo sing didemokke neng findlandia....wes pokoke efisien banget πŸ‘ŒπŸ»

      Gripene ra perlu nguripke radar, cukup dipasok data karo globaleye via datalink....dadi pespur lawan ora sadar yen nembe dicedaki karo gripen lan ditembak rudal mergo sing mancarke radar gor globaleye sing posisine adoh πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻

      Hapus
    17. Video ngelink juga sudah sy lahap..video yg lain aja deh mbah...video Rondo wae yg joss..wkkwkķkkk😁

      Hapus
    18. "Nggo konco kentel.....opo sing ora to πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»"

      https://youtu.be/7l51KfzOl6Y

      Hapus
    19. 2006-> uda gak valeeed keles haha!🀭🀭🀭

      Hapus
  2. Kemaruk, yang amfibi belum kelar udah mau yg laen. But better than...
























































    Wrong steel cutting πŸ•ΊπŸ’ƒπŸ•ΊπŸ’ƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajar saja om helmsley..

      Negara kita dihuni manusia... Dan manusianya pun kreatif serta inovatif, ciri cirinya bisa kita lihat ketika satu project sedang dikerjakan pasti rancangan project berikutnya sudah ada, jadi engginer kita nggak sempat nganggur dan ilmunya terus berkembang...

      Tak macam negara sebelah yang di huni species kera,.. Udah jelek, bego malas pulak.....
      Hahahaha....

      Hapus
    2. Pandangan kedepan dan imajinasi itu perlu karena itu yg bikin semangat dan teknologi lahir dari imajinasi seseorang yg kadang di anggap gila

      Hapus
  3. Ni lon tengok tajuk ni kita dah bikin variant sendiri, ini kilang asli beza dengan AIRCROT yang tak punya kepakaran πŸ™ŠπŸ™‰πŸ™ŠπŸ™ˆ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lemes dong om klo ngecrot terus xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa yuuhhhuuu Malon nih 🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    2. Macam kapalnya mbah, yang namanya LeMeS tanpa ada persenjataannya dan tak ada kuasa untuk digunakan di perairan cina selatan πŸ˜πŸ‘

      Hapus
  4. Arep digawe pesawat MPA ki endurane pirang jam to.......πŸ€”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha iyo thoo...opo mungkin "khusus customer" Sing rodho cekak?🧐🧐😡

      Hapus
    2. Kalau sekelas malon pasti sanggup bayar walau guna hutang lembik, berbeda dengan yang CN235 yang harganya mahal, dan yang pasti udah botol pulpen 😁😁😁

      Hapus
    3. Yen MPA kan mung liwat thok tho mase..ra perlu laah endurance suwi..

      Sing penting iso liwat karo ngawasi arah tujuane.


      Wong mung Mlipir Pinggir Angkringan..πŸ˜‚πŸ˜

      Hapus
    4. tergantung sopoo sing beli lahh mas hari.. ono juga "pelanggan' yg cuma punya syarat flight hournya sampe k maladewa plus marcella zalianty..πŸ™ŠπŸ™ŠπŸ‘»πŸ‘»πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️

      Hapus
    5. urusan sue suenan ki gur takonono mbah gono πŸ’ƒπŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨

      Hapus
    6. Kalo ga salah ni pesawat payload nya paling gede, berarti ada potensi buat bawa minyak goreng lebih banyak.. jdi endurance bisa ditingkatkan.. gitu ga sjh???

      Hapus
    7. Endurance 8,5 jam jare wiki .

      Hapus
    8. Eling ae mas Boy ki karo "nostalgia boneka teddy bear" πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Kae disik rak ono zalianty kakak beradik, njur ono meneh haris samsuudin karo sijimeneh ......gor penasaran, njur kui aturan maine kepiye πŸŽπŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨

      Hapus
    9. Gur nggo darto + buble window.

      πŸ˜…

      Hapus
    10. Ojo mengalihkan pembicaraan disik mas @PS .......iki lagi ngrembug barang wigati (videone kapan metu 😱😱😱)

      Hapus
    11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    12. Endurance lumayan om bisa pp zee, trus kan versi ampibi bisa langsung penindasan di laut krn versi gunship juga walau lebih ringan gotongannya

      Hapus
  5. N219 MPA MADE IN PT.DIRGANTARA INDONESIA.....


    MALINGSIA BISA BUAT PESAWAT APA.??

    BLAH..BLAH..BLAH..BLAH..

    KRIK..KRIK..KRIK..KRIK..

    TAK ADA....

    BalasHapus
  6. MALON SEMAKIN NUNGGING πŸš€πŸš€πŸš€πŸš€πŸš€πŸš€πŸš€ KENA TUSBOL TERUS KOH KOH KOH

    BalasHapus
  7. Industri pertahanan Malondog hanya bisa plan, plan dan plan, tak kan kuasa masuk dalam industri aviation, mentok buka workshop kwalitas lembab karena mura😁

    BalasHapus
  8. VERY UGLY AND POOR QUALITY.

    SEND ONE TO CONGO FOR TESTING.

    πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahkan bahasa melays pon kau malu gunakan.. Teruk lah malays ni..πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Iri trus tak kan mampu buat hahhha..your coments its poor like dongkey

      Hapus
    3. Iya nanti kita kirim ke kongo untuk testing sekalian promo ke negara afrika lainnya disana lon hahhayy..

      Hapus
  9. FOR SURE IT IS POWERED BY ENGINE MADE 100% IN INDONESIA:

    TONG-TONG 400HP PISTON TYPE ENGINE.











    KOH KOH KOH


    πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸŽπŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahkan bahasa malays pon kau malu gunakan.. Teruk lah malays ni..πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    2. Nak gune cakap mallasnya xsume orang leh faham lah tu, beruk cakap gune bahasa tu , manusia xleh reri ...beruk for beruk ..koh koh koh ngoookkk !

      Hapus
    3. This garbage above is too jealous to see MOVING FORWARD ☝️😁😁

      Hapus
    4. FOR SURE PROTON IS POWERED BY ENGINE MADE IN 100% MALON ?

      TONG-TONG 5HP PISTON TYPE ENGINE.

      ======shame malon……..

      Hapus
    5. Indonesia selalu berinovasi dengan pasti, disisi lain malays Kl selalu konkek sesama lelaki setiap hari..πŸ˜‚

      Hapus
  10. MEMALUKAN SEKALI....SUDAH TAHUN 2020 MALINGSIA TIDAK MAMPU MEMBUAT PESAWAT TERBANG..

    KOH..KOH..KOH..KOH...


    POOR MALINGSIA

    BalasHapus
  11. Indonesia Negara Super Power ! Amerika & Russia lewat

    BalasHapus
  12. Kita yg kau bilang Low IQ gini bisa buat pesawwat terbang perintis dan eksport ke negara2 afrika gimana jadi klo kita punya High IQ nanti...huhu

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Min request berita ini min....
    Rudal jenis apa yg akan direverse ama PT. DI...

    Ini berita gembira untuk opung duta rudal,.. Tapi mudah mudahan bukan rudalnya duta rudal yg direverse...hehehe...


    https://lancerdefense.com/2020/02/14/kemhan-dan-pt-dirgantara-indonesi-menandatangani-kontrak-reverse-engineering-system-rudal/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gausah disebut, ntar tau2 udah jadi πŸ•ΊπŸ’ƒπŸ•ΊπŸ’ƒ

      Hapus
    2. Semoga saja bukan jenis manpad shorad yg dirverse duluan...

      Hapus
  15. Malaysia bisa pun convert pesawat MPA

    CESSNA + VITA BERAPI + TAMING SARI + TALI RAPIA = PESAWAT MPA

    BalasHapus
  16. Kalau Horang kaya dan Berilmu sedang belanja dan Inovasi

    Yang miskin dan idiot cem Malon menonton saja dengan baik πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  17. MPA...MPA MULUUUU?! Kapan realisasi CN235 ASW nya??? Pak bowoooo CN 235/295 ASW nya pak. CAPEEEE deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Just thinking, Kalo N219 versi AMPHIBInya keren jadi bisa merapat di LANAL2 sepanjang pantai yg di patroli. Tinggal disediaiin dermaga apung kayak buat KASEL...

      Hapus
    2. Cn 235 asw ?? Yang di fliying test bad cn 235 gunship keles...cn 235 asw malah baru dengar sekarang

      Hapus
    3. Iya..PEMBURU KAPAL SELAM. Maksudku, sekitar kita sudah banyak kapal selam lalu lalang jadi harus dipikirkan punya FIXED WING ASW. Kita dah punya DAUPHIN ASW( ROTARY WING)nya.
      GUN SHIP mau memburu apa...nggak terlalu mendesak. OPM cukup DRONE CINA dan PTDI.
      Lihat ini

      https://youtu.be/YZ0-c2riC7c

      https://turkishnavy.net/casa-cn-235-100m-asw/

      Hapus
    4. Xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa om n250 nih sepertinya ngerti kegunaan,strategi n urgensinya penggunaan alutsista xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa tanya om seberapa mendesaknya pesawat fix wing asw utk Indonesia???? Sedangkan kalau d lihat dari dana n urgensinya kok belum begitu d butuhkan utk sekarang, lagian kita sdh n sedang menambah armada kapal perang yg multi peran, serta heli asw xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa

      Hapus
    5. Sedangkan gunship kan kita ada keperluan utk itu,bantuan tembakan utk infantri,penindakan kejadian d laut,Contra gerilya n banyak lagi xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa

      Hapus
    6. Lha itu gunship kan tinggal di ganti gotongannya pake terpedo, punya Yordania kan sudah om gunship plus gotong terpedo, tinggal modifikasi dikit ptdi pasti bisa

      Hapus
    7. Yg di uji flying testbed cn 235 yg list merah kemarin sebagai platform...bisa di kembangkan jadi gunship & jadi ASW.

      Hapus
    8. Om Taufiq, permasalahannya biasanya d pemasangan peralatan n pengintegrasian sistemnya, Krn hrs d perhitungkan dg cermat sekali, dimensi tempat yg tersedia utk penempatan alatnya,penguatan struktur body pesawat,balancingnya ect...ect...belum lagi utk tesnya n perhitungan kembali segala hal ketika ada trouble, intinya harus sabar lah utk bisa menghasilkan produk yg sesuai keinginan Krn ini pesawat terbang yg juga berujung k nyawa pengawalnya yaitu TNI xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa ngomong opo q Ki xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa yuuhhhuuu Malon nih 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    9. Mbahpret. CN 235 Gun ship dicetuskan oleh King Abdulah yordania tuk membantu KINGDOM SPECIAL OPS operation. Yang kita tau mereka memerangi ISIS. Sekarang gunshipnya masuk dr bagian SPECIAL OPS WING. Memang benar tuk bantauan tembakan INFANTRI, tapi SPEC OPS tapi bukan tuk perang terbuka , akan jadi makanan empuk sam. SPECTREnya USAF aja baru masuk kalo SAM sudah dinetralisasi. Anda bilang bs diperbantukan di laut...mau nenggelamin kapal siapa? Bs jadi masalah internasional kalo asal tenggelamin. Bu Susi NANGKEP dulu baru di tenggelamin. Gerilya, benar. Tapi INTENSITAS OPM dan PALU tidak segila ISIS di Suriah. Makanya KING ABDULAH minta dibuatin GUN SHIP CN 235.
      Pak JOKOWI dan kita tau kalo 2/3 wilayah kita laut dan sampe sekarang minim diperhatikan keamananya. Ya, kita punya Dauphin ASW. Tapi itu SHIP BORNE ASW jadi ngga jarak jauh dan tuk pertahanan kapal/ armada dr kasel. Dulu kita GANNET ASW yang jadi LAND BASE ASW kita. CN235 ASW bisa jadi MPA juga sambil patroli anti kasel. Laut kita harus DIPAGARI baek permukaan dan bawah lautnya.

      Hapus
  18. POOR MALINGSIA......

    BLAH..BLAH..BLAH..BLAH...

    BalasHapus
  19. SALAM SEWA HELIKOPTER UTILITY, SALAM TUNGGU DERMA ALATAN MPA DARI US CONVERT CN-235 KE PT. DI BANDUNG, SALAM CAP CAY 55, SALAM WET DREAM KE LAUT.





    MALON DARUL CASINO GENTING HIGHLANDS

    BalasHapus
  20. Indonesia selalu berinovasi dengan pasti, disisi lain malays Kl selalu konkek sesama lelaki setiap hari..πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang indonesia tu ndak puasan bikinan pabrikkan tangannya pada gatel mau ngoprek, Jepang aja pusing mikirinnya wkwkwk

      Hapus
    2. Yups....udah punya bini satu, tangannya selalu gatal kepingin nambah satuuuuuuu lagi

      Hapus
    3. Tipikal mbah2 nderamusπŸ‘†πŸ‘†πŸ‘† xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa πŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨πŸƒπŸƒπŸƒπŸƒπŸƒ

      Hapus
  21. Indonesia mendapat Hibah kapal KKP dari Jepang + renovasi-nya…… Kalau Darul Kelakar...dapat Hibah selalu ada tambahan bayar ini itu...kenapa ya ?

    https://www.jejaktapak.com/2020/02/15/jepang-hibahkan-kapal-hakurei-maru-ke-indonesia-plus-biaya-perbaikan/

    =====xixixi Malon tiada teman di Kawasan….karena terlalu Jeguh…

    BalasHapus
    Balasan
    1. tujuan Jepang nih..Proyek di Natuna….

      Hapus
    2. Kita gk minta2 macam jiran kita, tak perlu hutang macam jiran kita, orang jepun datang bawa surat perjanjian dengan pemberian kapal patroli dan uang sparepart untuk semua kapal Cost Guard kita Banzai Japan πŸ˜πŸ‘

      Hapus
  22. "Yen wes nyawang duo *Gripen NG+Globaleye* mudun neng kompetisi pesawat tempur neng finlandia....opo isih ragu karo kemampuane si Gripen E (dudu gripen C/D) 🀷"

    https://youtu.be/CpJNuzrmCZo

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku kog luweh seneng karo gripen ...digawe patroli muter-muter nang pinggiran...wes murah oleh ilmu maneh..

      ======dudu sales rek….xixix

      Hapus
    2. Ojo lali videone di subscribe yo mas .....ben mundak kondang πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

      Hapus
    3. Ben ae mas @kacung londo, bene poro fansboy rusky nyadar marang wigatine duo Gripen NG&Globaleye kanggo ngamanke nuswantoro.....yen wes nyimak videone nanti permati 😱😱😱

      Oki lali di subscribe lan dishare marang konco-konco neng kampung yo luuur πŸ‘πŸ»πŸ‘ŒπŸ»

      Hapus
    4. Sing ngene iki tak dukung, pak menhan pasti ndukung 99% dengan kemampuan yang diperlihatkan πŸ˜πŸ‘

      Hapus
    5. OMG size E lha seng size D wae wes bingung piye nyekele xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa πŸƒπŸƒπŸƒπŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨

      Hapus
    6. Siji meneh testimoni selo rusky fansboi ☝️🏻 sing wes insyaf.....ayo sopomeneh sing bergabung 🀝🏻🀝🏻🀝🏻, ojolali subscribe videonya lho πŸ™πŸ»

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    8. Hati2 om sekalian om smiling sekarang Nyambi dadi sales xxx, lek d wenehi link d cek sek polahe oleh jebakan batmane xaxaxaxaxaxaxaxaxaxaxa πŸƒπŸƒπŸƒπŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨

      Hapus
    9. wes paham kog mbah polahe arek iku...soale wes sering kene jebakan batmen......xixixi

      Hapus
    10. 😁😁😁😁🀣

      Hapus
    11. Piye toh mbah@hari&mbahtung
      Wong tniau wis ana sukro and saiki pingin nambah seri35, kok panjenengan nyosorke gripik swedus karo jinten corona. Padahal cah nom2 wis ngerti,jenenge negara adi daya kui you Amrik karo Rusia. Dua2 punya pesawat terbaik di dunia.Mosok Sukro dianggap pswat amatiran????

      Hapus
    12. Gripen kui canggih iso diiparkir nang sembarang panggonan lohπŸ˜πŸ˜πŸ˜„

      Hapus
    13. klo masi konsep, masi tes, non produksi masal, susah menang disini gaesz haha!πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

      inget konsep,
      bukan kontrasepsi
      bukan kang asep haha!🀣🀣🀣

      sperti yg uda2 guwe tulis, gipeng bkn pespur yg tak bisa kompetitif.
      cuman sayang, doi dateng xlaluw terlambat dan tak siap tempur apalagi produksi.

      taimlainnya xlaluw salah, akibatnya xlaluw kalah ama produsen "BUESAR" yg cepat apdet.

      Hapus
    14. jd klo gipeng e/f mo lawan produsen amrik, prancis, ruski, eropa barat bahkan rrc di tahun 2020 ini, utk kompetisi dlm negeri kita.
      uda pasti kelar urusan.
      soalnye ini negeri butuh pespur siap produksi, bkn "AKAN" haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      dr bbrp taon laluw guwe tulis, taimlain jualan dosen kleian ituw salah total.
      pespurnya gak salah, begitchu.

      andai pengadaan dibuat 2023-2025, saat gipeng e/f kleian siyap, critanya bakalan lain. tp kenyataannya kan tak sperti ituw.

      mangkanya guwe ketawa aja klo dosen kleian mo citer ampe bebusa pon takkan berhasil. prediksi soal ini terlalu mudah buat guwe yg tak perna salah..oke oceh🧐🧐🧐

      Hapus
    15. pengadaan viper sperti disengaja dimajuin jadwal akusisinya, tentuw ada maksudnya. pengguna emang uda gak sreg.
      sm cem pengadaan esyu-35, klo cmn lwn c/d, gak berasa ada lawan haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      dosen kleian "hanya" buat pembanding doank haha!🀫🀫🀫

      lucunya taon 2026 keatas, KFX/IFX bakalan siyap tuk ujicoba, ini artinya semakin pupus kans gipeng ditana air ampe slama2nya alias kiamat haha!πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      percayalah, prediksi guwe xlaluw 100% benar haha!😎😎😎

      Hapus
    16. ☝☝☝☝πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
  23. setelah amfibi,knp smua larinya ke militerisasi mulu yak? apa gak bosen,
    lama2 pesawat produksi fetedei laennya susa jual lho..tp ini prediksikuh haha!πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

    inovasi pesawat ituw byk jenisnya coba sang fete bikin pesawat varian VVIP jugak. cem CN di gred a, ituw pon dpt tempat tertinggi disana lho, ampe menhannya dateng kesini, butulkan haha!πŸ™„πŸ™„πŸ™„

    BalasHapus