26 Oktober 2020

Otokar Tawarkan Kaya II untuk Pengganti Condor

26 Oktober 2020

Otokar Kaya II (all photos : milisavunma)

Kontingen penjaga perdamaian Malaysia di Lebanon yang terlibat dalam United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL), yang dikenal sebagai MALBATT 850 diperkirakan akan menerima Armored Personnel Carrier (APC) 4×4 baru pada tahun 2021 untuk menggantikan Radpanzer Condor yang sudah tua.

Sebanyak 42 Condor dikerahkan ke Lebanon dalam dua gelombang sejak 2006 ketika kontingen penjaga perdamaian pertama, MALCON 1 dikerahkan.

Satu Condor hancur dalam kecelakaan pada tahun 2008 menewaskan pengemudi, Kpl Jun Anak Sang dari MALCON 2. Pada tahun 2013, pengemudi Recovery Vehicle, Sjn Rosdi Mohamad Zan tewas ketika truk Volvo menarik Condor yang rusak, terguling di sebuah jurang.

Angkatan Bersenjata Malaysia (MAF) pada awalnya meminta APC 6×6 untuk menggantikan Condor dimana PINDAD Rimau buatan Indonesia disebut-sebut sebagai salah satu kandidat yang disukai.

Hal ini kemudian ditunda sampai saat ini ketika tender dikeluarkan untuk 20 APC 4×4 baru. Spesifikasi tender tersebut akan mencakup senapan mesin 7,62 mm, Remote Control Weapon System (RCWS), dan kapasitas untuk menampung setidaknya 8 personel bersenjata lengkap.

Meski tidak dipublikasikan, kendaraan lapis baja yang dikerahkan juga dilengkapi dengan rangkaian Electronic Warfare (EW) untuk mengganggu dan mengalahkan bom yang dipasang di jalan atau Improvised Explosive Devices (IED). Dipercaya bahwa praktik semacam itu telah diterapkan sejak MAF terlibat dalam misi penjaga perdamaian di Afghanistan dengan EW suite (atau jammer) buatan Turki dipasang di kendaraan.

Sejak 2016, MALBATT 850 telah menerima 9 IAG Guardian Plus 4×4 Mine Resistance Armored Protected (MRAP) kendaraan untuk mengisi celah yang ditinggalkan oleh Denel RG-31 Nyala 4×4 MRAP pinjaman PBB yang sebelumnya digunakan oleh kontingen sebagai pengawal Condor.

IAG Guardian diperoleh berdasarkan pengaturan offset yang dibuat dengan Thales berkenaan pengadaan rudal permukaan ke udara Starstreak. Sementara mereka bertugas dengan istimewa di sepanjang perbatasan Lebanon-Israel serta platform Batalyon Mobile Reserve (BMR). Kendaraan buatan UEA ini berada di bawah sorotan Auditor Jenderal karena ditemukan bahwa mereka tidak dilengkapi dengan RCWS meskipun sistem tersebut telah ditentukan oleh PBB.

Agar adil, negara-negara kontributor lain di UNIFIL sebagian besar mengoperasikan APC mereka masing-masing tanpa RCWS juga karena fakta bahwa penduduk lokal sangat sensitif dan tersinggung karena memiliki pasukan penjaga perdamaian dalam populasinya di atas kendaraan lapis baja militer yang dilengkapi dengan sensor yang dilengkapi RCWS.

Penjaga perdamaian Malaysia memang memiliki beberapa kontak dengan pendukung Hizbullah beberapa tahun yang lalu maka keputusan untuk tidak melengkapi Guardian dengan RCWS adalah murni alasan keselamatan operasional.

Meski demikian, program APC baru ini menarik banyak pemasok, salah satunya Otokar Turki yang menawarkan kendaraan Kaya II 4×4 MRAP.

Yang menjadikan Kaya II kandidat kuat dalam tender kali ini adalah menggunakan sasis truk medium Mercedes Unimog yang mirip dengan kendaraan Condor Malaysia.

Artinya, jika dipilih, Kaya II akan dapat memanfaatkan rantai pasokan yang ada dan dukungan pemeliharaan dari armada Condor karena kesamaan sasis.

Sasis Unimog dapat diandalkan karena truk tersebut juga dalam dipakai aktif oleh Royal Malaysian Police (RMP).

Pelatihan kepada awak terutama untuk pengemudi menjadi mirip begitu juga dengan peralatan servis dan suku cadangnya. Mempertimbangkan bahwa mengangkut Condor kembali ke Malaysia tidak akan layak secara finansial dan bijaksana untuk dilakukan, mungkin ini dapat dipreteli dari komponen yang berguna dan dijadikan sebagai stok komponen untuk armada Kaya II.

Tentara Malaysia juga memiliki persyaratan tersendiri bagi MRAP untuk melengkapi Batalion Siap Sedia (BSS), Pasukan Khusus dan Brigade Parasut ke-10. Dengan lebih dari 200 Condor yang belum diganti, potensi memiliki Kaya II yang menggunakan sasis serupa berarti akan ada banyak penghematan biaya.

Meski begitu, risiko keusangan komponen terlihat jelas, contohnya ketika Royal Malaysian Air Force (RMAF) memutuskan untuk membeli delapan badan pesawat baru Alenia MB-339CM lead in fighter trainer (LIFT) yang menggunakan mesin Rolls-Royce Viper yang bersumber dari pesawat latih jet Aermacchi MB-339AM.

Meskipun mulai beroperasi pada tahun 2008, tujuh armada yang tersisa (satu hancur dalam kecelakaan) tidak dapat beroperasi pada tahun 2017 karena keusangan mesin Viper.

(MFH)

229 komentar:

  1. Hahahahaha
    Malon condor longor...

    PBB PUN HENDAK DI PRANK MALON
    BAJA NIPIS dan OMPONG

    🤣🤣😁😁😁😁😁😁

    BalasHapus
  2. Mumet ki Indonesia....kabeh-kabeh arep diborong 😵

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gua mah cukup 2 saja....yg satunya diupgrade scr periodik

      Hapus
  3. Ahahahahahaa..

    Cocok buat KL, negeri yang budget militernya ciput se SEA

    😂😂😂😂

    BalasHapus
  4. Haha masih lebih bagus kebanding si kodok anoa itu..hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anoa sudah bertahun tahun dipercaya PBB, bahakan user tentera malbatt sendiri menginginkan anoa, tapi apa daya uang di korupsi orang tengah hingga tak mampu beli apc 6x6 anoa yang telah teruji PBB ini

      Hapus
    2. @sabu lu abis nyabu dimanaaa maboknye disini :D

      Hapus
    3. Yang pasti anoa tak suka guling² macam gempita 🤭🤣🤣

      Hapus
    4. Sudah mas, gak usah diladeni malonista....itu ikutan mbah gono dan mas ps memecahkan misyeri yg sedang mendera mereka

      Hapus
    5. yang penting spec Anoa sudah teruji sesuai standar UNIFIL & tak perlu drama tipu-tipu serta tewaskan pegawai sendiri.. 🤣🤣

      Hapus
    6. tak ada komplen dari UN itu big poin buat ANOA 6X6 PINDAD, dah itu saja😁🙂

      Hapus
  5. Pengganti condor dipastikan 6x6 samada gempita 6x6, pars 6x6, tigon atau otokar arma

    BalasHapus
  6. "Sudah jatuh tertimpa janda 👇......😭😭😭"

    Pada tahun 2013, pengemudi Recovery Vehicle, Sjn Rosdi Mohamad Zan tewas ketika truk Volvo menarik Condor yang rusak, terguling di sebuah jurang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai disini paham ya betapa para pria malon tak punya kepakaran....sampai punya istri saja mintak "disopiri" pria bangladesh 🤣🤣🤣

      Hapus
  7. DEFTECH tawarkan "MISKIN II" 4x4 dan "RASUAH Mk.VV" 6x6 untuk UNIFIL

    BalasHapus
  8. ...INTERMEZO, cerita Jadul tapi nggak BOSAN untuk dikenang ?

    ...ada 3 bayi kembar LAKI2, lagi mengobrol dalam kandungan Ibunya...dan anak yang sudah diperkirakan lahir pertama membuka percakapan ;

    Anak 1: " Aku kalau sudah lahir dan besar nanti, ingin jadi ARSITEK supaya kita bertiga tidak sesak seperti di dalam sini...kalau kamu ? " ( sambil noleh ke Adiknya yang pertama )

    Anak 2 : " kalau Aku nanti mau membuat pabrik LAMPU, karena disini gelap sekali "

    Anak 1 : " ...kalau kamu ? " ( sambil noleh ke Adiknya yang kedua )

    Anak 3 : " kalau Aku nanti mau jadi INTEL, karena Aku penasaran sama anak kecil berkepala PLONTOS...yang suka datang 2 x seminggu nengokin kita sambil bolak balik trus habis itu NGELUDAHIN kita bertiga...lalu pergi ? "

    Anak 1 dan 2 : " 😋😋😋😋😜 "


















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suatu pagi, mbah Gono dibuat keheranan, kenapa "helm" nya berwarna merah.....keheranan yg sama yg dialami oleh mas Pedang Setan, cuma kali ini warnanya biiiiru 🙆🙆🙆

      Usut punya usut, ternyata beberpa hari belakangan ada tingkah kejahilan bbrp orok yg masih dalam kandungan yg melalukan aksi vandalisme kepada orang-orang botak yg mengusik ketentraman mereka.....dg menyemprotkan cat pilok warna-warni 🔴🔵

      Hapus
    2. ... 😁😁😁😜

      Hapus
  9. Angkatan Bersenjata Malaysia (MAF) pada awalnya meminta APC 6×6 untuk menggantikan Condor dimana PINDAD Rimau buatan Indonesia disebut-sebut sebagai salah satu kandidat yang disukai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata diam2 malon suka 😀😀😀

      Hapus
    2. tapi gak jadi dibeli,
      karena PINDAD tak mau kasih uang kopi ke orang tengah MAF

      Hapus
    3. Loby pindad kurang ke malaysia

      Hapus
    4. Loby pindad kurang ke malaysia

      Hapus
    5. Bkn loby pindad yg kurang...malon mntanya spek yg mcm2 tpi bayarnya ngutabg...y pindad ogah

      Hapus
  10. ...cerita si Anak NAKAL dan neneknya ;

    ...Suatu pagi, seorang anak lelaki kecil keluar dari kamarnya dan bertanya pada neneknya,

    “Nek, mana Papa dan Mama?”
    “Mereka masih di dalam kamar cu.”, jawab neneknya.

    Anak itu tertawa, kemudian sarapan sendirian lalu pergi bermain.

    Ketika pulang, hari sudah siang. Si anak lelaki itu bertanya lagi pada neneknya,

    “Nek, di mana Papa dan Mama ?”
    “Mereka masih di dalam kamar cu.”, jawab singkat neneknya.

    Anak itu tertawa geli, lalu menghabiskan makan siangnya dan pergi bermain lagi.

    Malam harinya si anak baru pulang untuk makan malam. Sebelum makan si anak itu bertanya lagi pada neneknya.

    “Nek, mana Papa dan Mama ?”
    “Dari tadi pagi mereka masih dikamar, cu”, kembali neneknya menjawab.

    Anak itu kembali tertawa geli.

    “Kenapa sih kamu ketawa-ketawa?”, tanya neneknya keheranan.


    Si anak menjawab :

    “Semalam kan papa masuk kamarku, minta gel pelembab kulit, tapi saya kasih lem super glue…”



























    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
  11. Downwory mengajukan cerai pada karin yang maniac sex. Kalau sehari sekali masih oke lah, ini tidak karin bahkan pernah minta main 9x sehari, tubuh downwory lemah lelah hadapi permainan enak itu, bukan hanya lelah badan tapi kadang sampai penis perih lecet

    BalasHapus
  12. Semangko ku kebal Dari peluru Assault rifle dan telah teruji oleh pbb

    BalasHapus
  13. ...Malam yang dingin. Seorang tukang becak MANYUN karena gak dapat penumpang dari sore. Akhirnya si tukang becak memutuskan untuk pulang. Dalam perjalanan pulang, tiba-tiba muncul seorang wanita berambut panjang memanggilnya. “Wah, penumpang nih,” pikir si tukang becak. Akhirnya wanita itu naik.

    Tukang becak: “Mau kemana, dik?”
    “Jalan aja pak, nanti saya beritau” jawab wanita itu datar.
    Ketika sampai di dekat kuburan, Tiba-tiba menyuruh becak berhenti. “Stop, bang…”,katanya.

    Pada saat si wanita turun, tukang becak melihat ternyata kaki wanita berambut panjang itu tidak menyentuh tanah. Serta merta si tukang becak berkata sambil mengigil : “Hiiii….Kuntilanakkkkkkkkk……”

    Dengan spontan wanita itu melirik sinis ke arah si tukang becak : “Biarin…daripada lu, tukang becak!”




















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
  14. Penjaga perdamaian Malaysia memang memiliki beberapa kontak dengan pendukung Hizbullah beberapa tahun yang lalu maka keputusan untuk tidak melengkapi Guardian dengan RCWS adalah murni alasan keselamatan operasional.

    bahkan hizbulah saja tidak percaya sama tentara perdamaian malaysia...karna sangking mendonianya kelakuan malon yang menjual teman dan saudara nya sendiri...atau bahkan senang menambah derita orang lain disaat ditimpa musibah...!!!
    masih mau bilang malon bisa dipercaya...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. D kira US tu...liat aj benderanya yg njplak bendera orang...bbrp kali kan tebtaea pbb malon d brondong tembakan akibat mereka liat tu bendera d kira bendera US xixixixi

      Hapus
  15. Btw memang Kilang di Malon ta de yg bisa buat APC 4x4 sendiri..? malu je Kebodohannya mendunia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masak gk tau brada mreka lbh baik tempel sticker drpd buat sendiri...malon kan negara pemalas...tpi omongnya negara grade A...gtu aj masak kalah sama indonesia yg kata mereka negara miskin, negara gk maju...tpi kok bisa buat ranpur sendiru

      Hapus
  16. Malay dan pinoy user terbanyak condor, masih best pindad 6x6 lah takda komplen dari UN dan masyarakat libanon, bravo pt.pindad
    Lanjutkan!

    BalasHapus
  17. nampaknya MALAYSIA SHOPING lagi..geng INDON kelihatan sangat DENGKI dan IRI...wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Angkatan Bersenjata Malaysia (MAF) pada awalnya meminta APC 6×6 untuk menggantikan Condor dimana PINDAD Rimau buatan Indonesia disebut-sebut sebagai salah satu kandidat yang disukai

      Hapus
    2. Nampaknya INDON semakin dengki sebab LMS MALON yang dibanggakan Gemfur bermasalah wkwkwkwkwk Asyikkkkkkk

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. takde masalahnya..OK je LMS tu belayar...wkwkwkwkwkwkw

      yang masalah bagaimana nak ganti body kapal INDON yang guna PLAT BESI MURAH tu agar lebih ketahanan lama operasi di laut...wkwkwkwkwkw

      Hapus
    5. Hahaha tak payah tipu pur LMS Malon memang bermasalah wkwkwkwkwk

      Hapus
    6. Endurance 20 hari
      .. Senjata meriam cino
      .. radar cino
      .. pelat besi cino
      .. plus defect/masalah tentunya!

      Selamat menikmati!
      👏

      Hapus
  18. MALAYSIA tak nak pakai RIMAU yang ternyata tipis dan kurang kualiti... walaupun harga sangat murah namun keselamatan nyawa lagi penting berbanding harga yang sangat murah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah LMS yang banyak masalah pun Malon beli purr Wkwkwkwkwk Asyikkkkkkk

      Hapus
    2. Itu cuman bual kau aja Pur wkwkwkwkw buktinya UN tak pernah protes sama anoa, malah yang terbanyak di gunakan di UN wkwkwkwkwk Asyikkkkkkk

      Hapus
    3. Endurance 20 hari
      .. Senjata meriam cino
      .. radar cino
      .. pelat besi cino
      .. plus defect/masalah tentunya!

      Selamat menikmati!
      👏

      Hapus
  19. malingsia itu dgn BUMN mereka deftech dari dulu udah dapet beragam proyek yg seharusnya sekarang mereka udah bisa ngeluarin produk sendiri hasil reserve enginering proyek terdahulu.

    - pengadaan acv 300 dari turki
    - pars 8x8 dari turki

    Walaupun cuma asemble kit doang seharusnya enjiner mereka udah bisa reserve enginering buat produk sendiri.

    Proyek banyak mark up.
    Enjiner melayu pada tolol & idiot.

    Hasilnya sekarang mereka nggk berkembang

    BalasHapus
  20. kalau rimau disukai sudah lama beli walaupun harga sangat MURAH namun hingga kini MALAYSIA tak beli pun..bukan nak kata la... ayat MINAT tu sekadar tak nak INDON kecil hati je kalau kata direct cakap TAK MINAT kasihan pula INDON pastinya terasa hati... wkwkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah LMS yang banyak masalah pun Malon beli purr cem mana Wkwkwkwkwk Asyikkkkkkk

      Hapus
    2. takde masalahnya..OK je LMS tu belayar...wkwkwkwkwkwkw

      yang masalah bagaimana nak ganti body kapal INDON yang guna PLAT BESI MURAH tu agar lebih ketahanan lama operasi di laut...wkwkwkwkwkw

      Hapus
    3. Itu kata kau pur wkwkwkwk TLDM sendiri yang menemukan masalah pada LMS Malon wkwkwkwk

      Hapus
    4. https://militermeter.com/malaysia-temukan-kelemahan-pada-kapal-lms-buatan-china/

      Hapus
  21. ada 4 tender pembelian sudah dibuka...
    1. pesawat MPA
    2. UAV MALE
    3. kenderaan perisai APC baru
    4. kenderaan perisai APC untuk pasukan pengaman PBB di LUBNAN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Last last CANCEL di jangka di tamatkan yekan fur wkwkwkwk Asyikkkkkkk

      Hapus
    2. mana boleh cancel bro kalau tander pembelian sudah dibuka... kamu INGAT ini perjanjian macam INDON ke langgar persetujuan antara negara seperti KFX dan juga Su-35...wkwkwkwkwkw

      Hapus
    3. Salam dari orang awam Pur 👇👇🤣🤣

      Mohd Syafiq Kita agak lambat dalam mengejar aset aset ketenteraan dek kerana kekangan kewangan yg dihadapi..China telah berjaya mengumpan kita dgn hutang berbilion ringgit.. secara x lgsung kerajaan menghadapi kekangan wang ringgit dlm melakukan persedian ketenteraan..apa pun..kita mgharapkan yg terbaik dari pasukan ketenteraan untuk mnjga kedaulatan tanah air..

      Mar Bob Apa yg kita alami sekarang serupa mcm Indonesia 15 tahun lepas. Semuanya gara2 bajet ciput. Sekarang ni depa plak dh potong kita Dari segi aset Dan belanjawan

      Hapus
    4. wkwkwkwkw... saya tanya kamu tu komen dari mentri pertahanan MALAYSIA atau komen orang awam...???


      KASIHAN geng INDON terpaksa copy komen orang awam yang tak tahu apa apa pun...wkwkwkwkwkwkw KASIHAN INDON semakin LAWAK

      Hapus
    5. Kd.LeMeS....system management error dan meriam 30mm tidak bisa reloading peluru...NAK GELAK TERTAWA @PURR....kena PRANK WUHAN ya...low quality ships...tapi harga paling mahal ya ...wakakakakak

      Hapus
    6. Hahaha dia bukan orang awam dia orang jujur Pur bukan bual macam kau Wkwkwkwkwk Asyikkkkkkk

      Hapus
  22. Haha anoa itu desain jadul skali desain vab dari tahun kuno wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pasti tak suka guling guling Broo dan paling banyak di gunakan di UN wkwkwkwkwk Asyikkkkkkk

      Hapus
    2. LeMeS, Endurance 20 hari
      .. Senjata meriam cino
      .. radar cino
      .. pelat besi cino
      .. plus defect/masalah tentunya!

      Selamat menikmati!
      👏

      Hapus
  23. paling banyak diguna oleh UN...?? serius la bro... wkwkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serius lah Broo, UN tak pernah pun protes spesifikasi anoa wkwkwkwk bukan macam Malon yang prank UN 🤭🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Gempita sudah diguna UN blom pur ?

      Oh iya.. tak boleh diekspor ya.. 🤭😂🤣

      Hapus
    3. wkwkwkwkwk... buat apa hantar GEMPITA kalau Condor sudah dihantar ke sana...??? TOLOL...wkwkwkwkkw

      Ingat ke sana mau pergi perang ka...??? geng INDON sememangnya LAWAK...wkwkwkwkw

      Hapus
    4. Yelah gempita tuh sememangnyer khas untuk PATI jer..



      wkwkwkwkwkwkwkwkwk

      Hapus
    5. Indo telah mengirim 80 lebih brandnew Anoa.

      Sementara tetangga sebelah kirim 40 condor yg sudah tua.

      Jelas beda bro!

      😂😂😂

      Hapus
  24. Karin ajukan cerai kepada downwory karena kebiasaan addict suka kocok istri sampai pagi, karin awalnya senang permainan downwory yg suka main 2kan jari kesela pahanya, tapi seiring waktu itu teramat melelahkan kalau setiap hari dilakukan, downwory sangat suka melihat karin kejang orgasme berkali-kali, bukan malah menghentikan saat klimaks, downwory makin intens terus menerus mainkan jarinya saat karin klimaks itu teramat menguras tenaga karin

    BalasHapus
    Balasan
    1. wong edan koe le le...!!!
      biasa komeng di porn web gini nih...salah alamat kamu dek...!!!
      kayak kamu aja yang punya kelamin dan nafsu...?!?!??!

      Hapus
  25. Baru mau akan saja sudah bangga..paling ujung2nya cancel atau jumlah yg dikirim tak sesuai yg diminta krn uang kopi2 Malon sangat ganas..itupun hanya beli APC 4x4 ..

    BalasHapus
  26. Karin punya kebiasaan di rumah cuma pakai daster tipis menerawang sampai terlihat celana dalamnya, hari itu karin masak, tapi mendadak downwory dekap dari belakang, dan pelorotin cd karin, akhirnya pisang downwory menyusup masuk sela paha karin sambil masak

    BalasHapus
  27. wkwkwkwkwkw..ada INDON iri nampaknya....

    ANOA tu sudah la murah design usang..tipis pula tu...tak berbaloi untuk dibeli...

    BalasHapus
    Balasan
    1. At least performa tak pernah mengecewakan slama berkhidmat di UNIFIL and last but not least.. tidak sampe membunuh pegawai sendiri.. kaya si onoh tuh.. 🤣

      Hapus
    2. Indo telah mengirim 80 lebih brandnew Anoa.

      Sementara tetangga sebelah kirim 40 condor yg sudah tua.

      Jelas beda bro!

      😂😂😂

      Hapus
  28. KL tak pernah cancel?

    Itu korvet 6biji yang KL order, udah sign...last, last senyap & ternyata cancel pur...

    Hwakakakakakakak...

    Cancel pun KL rahasiakan.

    😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  29. Spesifikasi tender tersebut akan mencakup senapan mesin 7,62 mm, Remote Control Weapon System (RCWS), dan kapasitas untuk menampung setidaknya 8 personel bersenjata lengkap.

    Meski tidak dipublikasikan, kendaraan lapis baja yang dikerahkan juga dilengkapi dengan rangkaian Electronic Warfare (EW) untuk mengganggu dan mengalahkan bom yang dipasang di jalan atau Improvised Explosive Devices (IED). Dipercaya bahwa praktik semacam itu telah diterapkan sejak MAF terlibat dalam misi penjaga perdamaian di Afghanistan dengan EW suite (atau jammer) buatan Turki dipasang di kendaraan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan paksa beli asset baru Purr....hutang malon sudah mencapai 60% dr PDB....budget malon take wang...muhyidin dan si Agong pun lagi galau...wakakakakak berlaku kan keadaan darurat donk...

      Hapus
    2. Indo telah mengirim 80 lebih brandnew Anoa.

      Sementara tetangga sebelah kirim 40 condor yg sudah tua.
      Baru mau ganti sekarang?????

      Yang benar saja bro!

      😂😂😂

      Hapus
  30. PBB pun kena Prank Malon krn APC Condor..Anoa yg kau bilang tipis sudah masuk standar UN dan tak ada komplain macem Malon..darul kelakar

    BalasHapus
    Balasan
    1. bro untuk pengetahuan kamu APC Condor ni sudah lama ikut dalam misi PBB di konflik BOSNIA, Konflik Somalia, Konflik Timur Leste, Konflik Lubnan... itu apa bro...??? wwkkwkwkwkwkwk


      dan terbukti dalam misi penyelamatan tentera US yang di kepung militia somali dalam pertempuran BLACK HAWK DOWN...

      Indon apa tahu...wkwkwkwkkw

      Hapus
    2. bro untuk pengetahuan kamu APC Condor ni sudah lama ikut dalam misi PBB di konflik BOSNIA, Konflik Somalia, Konflik Timur Leste, Konflik Lubnan... itu apa bro...??? wwkkwkwkwkwkwk


      dan terbukti dalam misi penyelamatan tentera US yang di kepung militia somali dalam pertempuran BLACK HAWK DOWN...

      Indon apa tahu...wkwkwkwkkw

      Hapus
    3. gak perna ada KL difilem blekhokdon...tak SAH!

      KL rajin hobi berita HOWAKS haha!🥳🥳🥳

      Hapus
    4. "Satu Condor hancur dalam kecelakaan pada tahun 2008 menewaskan pengemudi, Kpl Jun Anak Sang dari MALCON 2. Pada tahun 2013, pengemudi Recovery Vehicle, Sjn Rosdi Mohamad Zan tewas ketika truk Volvo menarik Condor yang rusak, terguling di sebuah jurang."

      -----------------------


      upss..nah ini baruw berita..teguling2 macam fisank guling gaesz haha!🍌🍌🍌

      Hapus
    5. Indo telah mengirim 80 lebih brandnew Anoa.

      Sementara tetangga sebelah kirim 40 condor yg sudah tua.
      Baru mau ganti sekarang?????

      Yang benar saja bro!

      Hapus
    6. Pas tuh klo diangkat jadi sinetron azab bung @Palu Gada.. 🤣🤣🤣

      Hapus
  31. spesifikasi yang diminta pun sangat canggih... geng INDON pasti dengki...wkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa cangih nya coba...???
      apc kan untuk angkutan umum...tingal liat spesifikasi standar nya....pasti engak jauh jauh beda...kecuali yang kayak kemarinanya itu...yang ditolak pbb...!!!
      mungkin udah dinstal anti rudal kayak tropy yahudi...???
      waw malon memang hibat dan kaya je...!!!

      Hapus
  32. Akan dan cancel krn budget ciput dan rasuah ganas..sekelas APC pun negara kau tak bisa buat..Pur..pur..mending kau mojok di bilik sambil termenung..

    BalasHapus
  33. yang CANCEL tu INDON..seperti Su-35 pasal takde duit...wkwkwkwkkw KFX je TUNGGAK HUTANG lama bro...sadisss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum ada pembatalan purr....sabar saja...nanti kalau jadi di beli koyak pula dubur mu Purr...🤣

      Hapus
    2. Caesar, Paladin, F-18 Kuwait, MD-530, & the absolute famous “Landship” Maharogol kirim salam pur.. 🤣🤣🤣

      Hapus
    3. sabar la ni... sekejap su-35... sekejap..KFX...tak lama lagi Typhoon...terpaksa buat HUTANG LUAR NEGERI...wkkwkwkwkwkwk asyikkk

      Hapus
  34. Hantar link Pur jng kau bual..mana link SU 35 dan KFX Indo cancel..@DarulKelakar

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi bagi link yang Su-35 INDON dan KFX INDON sudah mula dibuat... tunjuk bro...wkwkwkwkwkkw

      Hapus
  35. lama2 kisah ttg IAG GUARDIAN KL difilemin gaesz masuk bioskop,
    kisah tentang kebranian KL nge-prank PBB, ehh tapi kegep gaesz, kesian haha!😱😱😱

    dikira PBB bole dikibulin, Lha KL,uda bleklis dari kasus LCS SALAH FOTONG ntuw haha!🥳🥳🥳

    BalasHapus
  36. kenderaan dipasang Remote Control Weapon System (RCWS) dan yang utama ada dilengkapi dengan rangkaian Electronic Warfare (EW) untuk mengganggu dan mengalahkan bom yang dipasang di jalan atau Improvised Explosive Devices (IED)..

    canggih bro.... INDON hanya mampu melihat...wkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indo telah mengirim 80 lebih brandnew Anoa.

      Sementara tetangga sebelah kirim 40 condor yg sudah tua.
      Baru mau ganti sekarang?????

      Yang benar saja bro!

      Hapus
  37. baca tu bro kenapa MALAYSIA mulanya tidak mahu memasang RCWS...


    Agar adil, negara-negara kontributor lain di UNIFIL sebagian besar mengoperasikan APC mereka masing-masing tanpa RCWS juga karena fakta bahwa penduduk lokal sangat sensitif dan tersinggung karena memiliki pasukan penjaga perdamaian dalam populasinya di atas kendaraan lapis baja militer yang dilengkapi dengan sensor yang dilengkapi RCWS.


    Penjaga perdamaian Malaysia memang memiliki beberapa kontak dengan pendukung Hizbullah beberapa tahun yang lalu maka keputusan untuk tidak melengkapi Guardian dengan RCWS adalah murni alasan keselamatan operasional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indo telah mengirim 80 lebih brandnew Anoa.

      Sementara tetangga sebelah kirim 40 condor yg sudah tua.
      Baru mau ganti sekarang?????

      Yang benar saja bro!

      Hapus
    2. Condor tua tapi sudah terbukti dimedan perang bro..terlibat dalam misi pertempuran BLACK HAWK DOWN..ANOA INDON...???? takde...wkwkwkwkwkwkwkkw

      Hapus
  38. Indo telah mengirim 80 lebih brandnew Anoa.

    Sementara tetangga sebelah kirim 40 condor yg sudah tua.
    Baru mau ganti sekarang?????

    Yang benar saja bro!

    BalasHapus
  39. Knp Malon beli Pur..kan cuma sekelas APC mana APC tempel stiker Malon yg dibangga2kan Pur..masa tak bisa buat..@Sembang dunia kebodohan Malon pur

    BalasHapus
  40. Kendaraan buatan UEA ini berada di bawah sorotan Auditor Jenderal karena ditemukan bahwa mereka tidak dilengkapi dengan RCWS meskipun sistem tersebut telah ditentukan oleh PBB.

    ------------------------------

    nagih duwit, pdhl aset pon tak nampak
    melanggar dot kom, sungguh kesian haha!🍌🍌🍌

    BalasHapus
  41. Bahkan Indo bikin fasilitas pendidikan untuk pasukan perdamaian PBB/UN terbesar di Asean!
    Peresmiannya dilakukan oleh Sekjen UN sendiri bro!

    Indo bukan kaleng2!
    ☝👍

    BalasHapus
  42. kenderaan perisai baru yang serba canggih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan itu setelah UN di PRANK terlebih dahulu.

      Malunya di dini bro (dada)!
      😫😫

      Hapus
  43. dilengkapi dengan rangkaian Electronic Warfare (EW) untuk mengganggu dan mengalahkan bom yang dipasang di jalan atau Improvised Explosive Devices (IED)..

    wah sangat canggih bro.... INDON hanya mampu melihat...wkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkwk...iya kalou jadi diambil...!!!
      ngahayal sambil elus elus bulung...!!!

      Hapus
    2. Untuk budget belanja malon tahun 2021 belum tentu parlemen setuju purr...si Agong abdul pun hanya cakap² karut saja purr tidak ngerti politik demokrasi.

      Hutang malon di jangka cecah 70% dari GDP..ekonomi menguncup paling buruk se ASIA..mau beli alutsista pake apa purr...HUTANG lagi ke China Komunis purr...wakakaka

      Hapus
  44. ANOA.... tak sesuai... perlindungan nipis dan kualiti yang rendah sesuai la dengan harga..MURAH bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi di pakai pbb dan tak pernah prank hahahhaha

      Hapus
    2. Ada bukti pernyataan dari perwakilan UNIFIL yang ngomong gitu ga pur ? Jom tunjukkan..

      Hapus
    3. Klo cuma ucap-ucap bual.. burung perkutut peliharaan ane pon juga bisa pur.. 🤣🤣

      Hapus
    4. Barang masuk speknya diteliti dulu bro. Kalo sesuai, lolos!
      Kalo tak.....?
      Terpaksa buka tender!

      😂😂😂😂

      Hapus
  45. Di ulang-ulang lagi..kami cuma mau tau kenapa tidak kau beli APC buatan luar dari Turki..kenapa tidak kau beli APC buatan tempatan yang dibangga-banggakan..@negara darul kelakar

    BalasHapus
  46. aset HALU
    kesian KL bayar full ke westar, tapi tak dapat menagih ke pbb, apa sebab..rws halu haha!🙀🙀🙀
    lagi2 KL ditipu orang dalem

    👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

    Auditor-General Datuk Nik Azman Nik Abdul Majid said the government suffered a shortfall of RM2.22 million in reimbursement from the UN for the vehicles, as stated in the 2019 Auditor-General's Report (Compliance Audit Report on Ministries and Federal Departments).
    https://www.nst.com.my/news/nation/2020/08/618980/gs-report-nine-apcs-lebanon-peace-mission-not-un-standards

    BalasHapus
  47. @gempuriwa, gimana kabar tender pengganti pesawat MIG 29 ??

    BalasHapus
  48. Satu lagi, gimana kabarnya Malaysia sekarang aman-aman aja kan ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Junior
      Makin teruk bro... pm muhyiddin harusnya sudah tumbang..karena sudah minoritas di parlemen..AnwarIbra harusnya sudah naik. Hanya dibantu si Agong abdul saja selamat pantat dia.

      Budget malon 2021 belum tentu bisa di setujui/sahkan tanpa persetujuan dari mayoritas anggota parlemen...wakakakak

      Hapus
    2. Raja menolak status darurat!
      Hayo....!
      Tambah seru nih!
      🤗

      Hapus
  49. anoa dah gen 5 pur...bukan lagi perang electronika tapi perang nuk...dah diinstal anti radiasi...!!!
    xixixixixixi...halu koe pur...!!!

    BalasHapus
  50. Buka tender 4x4,

    Dan itu setelah UN di PRANK terlebih dahulu.

    Malunya di dini bro (dada)!
    😫😫

    BalasHapus
  51. banyangin gaesz KL hanya mampu beli aset RWS dibantuw PBB,

    ituw pon di sulap pake tisu mejik, abrakada bra eh malah lenyappp haha!🥳🥳🥳


    👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

    Auditor-General Datuk Nik Azman Nik Abdul Majid said the government suffered a shortfall of RM2.22 million in reimbursement from the UN for the vehicles, as stated in the 2019 Auditor-General's Report (Compliance Audit Report on Ministries and Federal Departments).
    https://www.nst.com.my/news/nation/2020/08/618980/gs-report-nine-apcs-lebanon-peace-mission-not-un-standards

    BalasHapus
  52. Anoa low quality?
    ...
    Wait a minute bro,
    Barang masuk speknya diteliti dulu oleh UN bro.
    Kalo sesuai, lolos!
    Kalo tak.....?
    ....
    Terpaksa buka tender lagi!

    😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempork seakan lebih jaguh dari sluruh perwakilan UN.. 🤦🏻‍♂️🤣

      Hapus
  53. Dah @pur, jom gali lubang, masukkan kepala!
    😊

    BalasHapus
  54. Indonesia kalo masalah kendaraan taktis gak perlu buka tender (alias langsung dibeli biar enak diicip-icip, coba itung indonesia sekarang udah punya berapa koleksi kendaraan taktis) 😏 ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang terbaru kemaren KOZAK 2M sama PATRIOT 😌 .....

      Hapus
    2. Lalu emangnya kalau ri punya 500 malaysia harus punya 500 juga? Emang keluasan ri sama dgn keluasan malaysia? Emang prsonil tentara kedua negara sama banyaknya?

      Hapus
    3. Gak perlu sok-sokan jadi orang malaysia 😏

      Hapus
  55. Heleh buka tender nanti kabur, kayak biasanya 😏

    BalasHapus
  56. Tenang aja om sekalian ini baru otokar nawarkan belum tentu malaysia akan beli..malaysia kan ngak punya uang

    BalasHapus
  57. dilengkapi dengan rangkaian Electronic Warfare (EW) untuk mengganggu dan mengalahkan bom yang dipasang di jalan atau Improvised Explosive Devices (IED).

    ANOA INDON takde sistem ni....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon tak de APC tempatan ciptaan sendiri 😏

      Hapus
    2. Baru skedar penawaran AKA tender yang belum tentu akan diambil atau tidak.. 🤣

      Hapus
  58. GEMPURWIRA26 Oktober 2020 13.49
    Condor tua tapi sudah terbukti dimedan perang bro..terlibat dalam misi pertempuran BLACK HAWK DOWN..ANOA INDON...???? takde...wkwkwkwkwkwkwkkw
    _________________________________

    Tapi kisahnya sayang gak pernah diperhitungkan (di film aja cuma jadi figuran) 🙄

    BalasHapus
  59. Logikanya kalau tni punya berbagai jenis kenderaan taktis..tentara malaysia ngak perlu ikutan kerana beda dari banyak hal bilangan personil keluasan dsb..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang indonesia model beginian enaknya diapain 😒

      Hapus
    2. masalahnya sejak bila MALAYSIA terikut dengan INDON ni... MALAYSIA ada doktrinnya sendiri ye...wkwkwkwkwkw

      Hapus
  60. memang la ANOA no complain kalau jarang diguna...wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panas ke bro...wkwkwkwkkwkw

      terima hakikat bro ANOA tak bermutu...

      Hapus
    2. Mulutmu tak bermutu quality pasaran 😏

      Hapus
    3. Bermutu ato tidak, takde yang peduli dengan penilaian ko pur.. 🥳🤣

      Hapus
  61. Anoa emang no komplain kerana yang desainnya bukan pindad cuman pasang vab aja wkwkwkw..

    BalasHapus
  62. @mat sabu, ikut-ikutan jadi maloners padahal dia orang indonesia 😏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maknanya ada INDON yang realistik..berbanding geng INDON yang suka BERHALUNISASI...wkwkkwkw

      Hapus
  63. Buka tender nanti ditinggal sama halnya Typhoon 😏 ....

    BalasHapus
  64. Urusin aja negaranya sendiri yang bentar lagi nyungsep 😏

    BalasHapus
  65. @MatSabu Anoa sudah di ekspor ke luar negeri dan VAB Prancis tak komplain karna yg buat dan design Pindad sendiri yg dari hanya Mesinnya saja..kami hanya ingin tanya..kenapa Malon beli APC buatan Turki..? mana APC buatan Tempatan Malon yg dibangga-banggakan..oh iya itu kan tempel stiker dan proyek uang kopi2 rasuah ganas pejabat malon..wkwkwk @negara otak di dengkul sembang dunia bodohnya..

    BalasHapus
  66. Silahkan pur nilai sepuas hati, kami ora peduli 😏

    BalasHapus
  67. Memang la LCS MAHARAJALELA NO COMPLAIN SEBAB tak mau cercah air sedikit pon

    BalasHapus
  68. Terima hakikat bro maharajalela class super stealth fregate monument bousted abadi tak cercah air

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohhh..seperti Kri Klewang II tu ye bro... sampai sekarang tak cecah air... Klewang pertama cecah air je terus hangus terbakar...

      Hapus
    2. Terserah kamu pur mau bicara apa 😏

      Hapus
  69. geng INDON pasti kecewa RIMAU mereka sekali lagi dipinggirkan dari dipilih oleh MALAYSIA...wkwkwkwkkw

    BalasHapus
  70. Terserah anoa kami dinilai buruk sama kamu pur 😏, yang makek kami bukan kamu kok ribet 😎

    BalasHapus
  71. Sembang terjaguh se asean kot nyata nyata LCS super stealth fregate monument bousted Maharajalela super ship tak cercah air

    BalasHapus
  72. ohhh..seperti Kri Klewang II tu ye bro... sampai sekarang tak cecah air... Klewang pertama cecah air je terus hangus terbakar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh macam LCS malon tu ye bro sampai sekarang tak cercah air. Sekali cercah langsung karam ke dasar lautan karena salah potong tu kah bro.. wkwkwkwk

      Hapus
    2. kri klewang terbakar bro cecah je air....wkwkwkwkkw

      Hapus
    3. Cuba LCS bawa layar bakalan terbakar atau tenggelam 😏

      Hapus
  73. Banggain aja kapal 100% made in chinanya sana di forum MDR 😏

    BalasHapus
  74. Pihak naval perancis aja dibikin bingung kapal jargonnya gowind class gak bisa berlayar 😏

    BalasHapus
  75. Mana new fregate mu?? Mana?? Dulu sembang terjaguh grade A konon. Nyata" buat LCS tak siap"

    BalasHapus
  76. Coba bawa berlayar sekarang pur LCS-nya jika berani 😏

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuba bawa kri klewang bro jika berani..harap tak terbakar lagilah...wkwkwkwkwkw

      Hapus
  77. MD500 aja ribet waktu mau dibungkus 😏

    BalasHapus
  78. Sembang belagak macam koboy kau ni pur gempurwira.. tengok fakta.. di lahan bousted tu apa yg berdiri tegak tak cercah air.. kata kapal kombatan halimunan grade A terjaguh. Cercah air pon tak mau. Sembang jago kot

    BalasHapus
  79. yang saya lihat INDON je yang pakai ANOA ni lepas tu puji diri sendiri KASIHAN INDON.... wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana new fregate mu?? Mana?? Dulu sembang terjaguh grade A konon. Nyata" buat LCS tak siap"

      Hapus
    2. wkwkwkwkkww... dia buat..dia pakai dan dia puji sendiri...asyikkkkkk

      Hapus
  80. APC terbaru dan canggih bro... bye bye...rimau...wkwkwkwkkk

    BalasHapus