24 Juli 2019

Tingkatkan Daya Saing, Menhan Tekankan Kerjasama Erat Tiga Pilar Industri Pertahanan

24 Juli 2019


Fregat Sigma 10514 sudah dapat dibuat oleh PT PAL (photo : Damen)

Jakarta – Dalam usaha memajukan industri pertahanan, Indonesia menghadapi tantangan yang sangat kompleks baik berupa persaingan ketat antar negara dalam merebut pangsa pasar maupun kemampuan dan daya saing.

Menghadapi tantangan tersebut diperlukan strategi yang jitu serta kerja sama yang erat diantara ketiga pilar industri pertahanan yaitu pemerintah, pengguna dan industri pertahanan.

Demikian dikatakan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu pada saat memimpin Rapat Pleno Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) 2019 dengan tema “Sinkronisasi Arah Kebijakan Strategis Pengembangan Industri Pertahanan Tahun 2020-2024”, Senin (22/7) di kantor Kemhan, Jakarta.


Kapal selam Type 209/1400 sudah dapat dibuat oleh PT PAL (photo : Liputan6)

“Ketiga pilar industri pertahanan harus dapat merumuskan suatu kebijakan strategis, yang sinkron dan bersinergi, serta memiliki komitmen dan konsistensi yang kuat dalam membangun dan mengembangkan industri pertahanan”, tandas Menhan.

Lebih lanjut Menhan mengatakan, semenjak ditetapkannya Undang-Undang Nomor 16 tahun 2012 tentang Industri Pertahanan, telah ditetapkan berbagai kebijakan strategis terkait industri pertahanan, sehingga telah dicapai berbagai kemajuan antara lain, dalam penguasaan teknologi manufacturing kapal selam, kapal PKR, tank medium, roket nasional, dan peningkatan kapasitas produksi munisi.

Selain itu, kontrak pengadaan Alpalhankam melalui PDN pada Renstra saat ini meningkat sangat pesat sebesar 262% dibandingkan dengan Renstra sebelumnya. Implementasi pelaksanaan IDKLO (2014 s.d 2018) telah mencapai 74,8% dari nilai kontrak, atau setara dengan nilai 2,46 miliar USD.


Tank medium Harimau sudah bisa dibuat oleh PT Pindad (photo : S. Honggo)

Namun demikian, Menhan meminta semua pihak yang terkait dengan industri pertahanan tidak cepat berpuas diri karena masih terdapat hal-hal yang perlu menjadi perhatian untuk lebih meningkatkan lagi kinerja industri pertahanan.

Beberapa hal yang menjadi penekanan Menhan antara lain, perlunya komitmen pengguna untuk secara konsisten mengutamakan produk dalam negeri pada rencana strategis jangka menengah dan panjang dalam pemenuhan Alpalhankam tahun 2020-2024.

Selanjutnya, kepada industri pertahanan ditekankan harus dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi serta senantiasa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk teknologi four point zero (4.0) untuk memenuhi alpalhankam yang sesuai dengan tuntutan opsreq dan spektek dari pengguna.


Pesawat tempur KFX/IFX sebentar lagi akan dibuat oleh PT DI (photo : KoreaArms)

Sedangkan, kepada sebelas kementerian/lembaga anggota KKIP ditekankan untuk membangun sinergitas dan sinkronisasi sesuai Tupoksi masing-masing, melalui koordinasi yang lebih intensif dan efektif sehingga terjadi akselerasi/percepatan program pembangunan dan pengembangan industri pertahanan yang maju, kuat, mandiri dan berdaya saing.

Rapat Pleno KKIP dihadiri Anggota KKIP, Tim Pelaksanan dan Staf Ahli KKIP serta perwakilan industri pertahanan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Swasta. Berkesempatan pula turut hadir pada rapat tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

(Kemhan)

198 komentar:

  1. Balasan
    1. https://youtu.be/AMxkMf3GR3w
      Flasback...liat lagi upacara..sekalian demo tempur darat laut udara...peringatan dengan demo 3 matra..satu2nya di dunia...malon wajib liat..ohh mengerunkan.

      Hapus
    2. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Mantap bukan kaleng kaleng cem gempurwaria bencong....malon diayam ayamkan nelayan nguyen

    Malon senang digondolin umngok

    Kihkihkih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambah banyak produk indonesia, tapi masih kalah sama produk STiker tetangga sebelah 1 hari 1ton stiker

      Hapus
  3. 2,46 milyar dollar = 2400 juta dollar wow buat bayar utang malon lunas 😁

    BalasHapus
  4. Indinesia wow bngtz 💪💪💪💪

    BalasHapus
  5. Omaegot,Omaegot...aq makin iri dan panas je lihat indonesia 😁😁

    BalasHapus
  6. Selamat pagi
    SALAM JARING NGUYEN BUAT SEMUANYA 😁😁

    BalasHapus
  7. Industri militer indonesia bukan kaleng2 cem industri militer sebelah wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jelas bukan tipu tipu cem gempita taming sari dan vita birahi...😁😁

      Hapus
    2. Kalau sebelah industri cari wang kopi je..😁

      Hapus
  8. Semoga kfx/ifx segera diproduksi, mengimbangi china yg telah berhasil modifikasi pesawat su 35 yg dimilikinya

    BalasHapus
  9. JANGAN TIDAK BAYAR PULA YAH HUTANG IFX..ATAU TUNGGU DELEGASI KORSEL DATANG NAGIH HUTANG JUGA BISA..YANG JELAS SEDIAKAN UANGNYA KARENA KORSEL NDAK MAHU PRODUK BUATAN INDONESIA HAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini contoh yg tdk faham..(idiot)....😁

      Hapus
    2. APA YANG TIDAK FAHAM? PIHAK KOREA SENDIRI UDAH PUSING SAMA INDONESIA BERKAITAN IFX INI..APA MAU NAFIKAN JUGA? MAU DIBILANG HOAX JUGA? HAHAHA..BERAPA KALI MAU RENEGOSIASI OM SEBELUM JADI IFXNYA..MAKANYA KALAU NDAK MAMPU NGAK USAH LEBIH-LEBIH..CUMAN 20 PERSEN JUGA MASIH KELUK KESAH MAU BAYAR...NYUMBANG CUMAN 20 PERSEN EH MAU MACEM2 TOT MAU PASANG SENDIRI MAU...BERLEBIHAN TAHU..KALAU NYUMBANG SAMPAI AT LEAST 40 PERSEN BISALAH MINTA TOT DAN PASANG SENDIRI

      Hapus
    3. Lo punya quota internet ga ....
      Lo search tuh produk export Indonesia ke Korsel,,,KL kg ketemu,banting hp Lo..mata Lo colok pake garpu...😁😁

      Hapus
    4. SEMUA JUGA MAU BARTER..SU35 BARTER EH IFX JUGA MAU BARTER..HAHA MENDING BARTER KAMU AJALAH PERGI KORSEL WKWKWKW

      Hapus
    5. Cicilan sdh dibayar ....sekali lagi,mata lo pake,jgn bisa Lo cuma bisa dipakai nonton bokep gay ...😁

      Hapus
    6. KALAU NGA ADA DANA NEGOSIASI DARI AWAL TIDAKLAH DIPERMALUKAN BEGINI..KALAU TAHU NYUMBANG CUMAN SEDIKIT NGAK USAH BERLEBIHAN MINTA MACEM2...

      Hapus
    7. TAPI MASIH BERMASALAH KAN? KORSEL MASIH MARAH2 AMA KAMU KAN HAHAHA

      Hapus
    8. Itu strategi...apa salahnya,,😁😁😁
      Knp Lo yg repot...Korsel biasa aja tuh...Lo fokus jualan minyak,SM keropok lekor..😁😁

      Hapus
    9. Siapa marah....mn linknya..
      Jgn link taon jebot Lo taruh disini..
      Berita terakhir Wiranto beserta delegasi nak k Korsel untuk renegosiasi, setelah indo membayar cicilan 20 persen kemarin... marahnya dmn...😔

      Hapus
    10. KORSEL BISA AJA? HAHAHA UDAH TAHU DIA YANG NGUTANG BUKAN MAU PERGI SANO UTK NEGOSIASI..SAMPE2 DELEGASI KOREA PERLU DATANG UNTUK NAGIH HUTANG? TAK TAHU MALU..BERHUTANG TAPI BERLAGAK KAYAK DIA YANG BERI HUTANG HAHAHA

      Hapus
    11. Masing-masing pemerintahan ada program prioritas...Joko fokus infrastruktur...lu faham ga..
      SBY ya beda..wajar itu, masalah cm diteknis.. komentar Lo yg nyinyir itu ga berdasar,,

      Hapus
    12. IYELAH DIGERTAK UNTUK DIKELUARKAN DARI PROGRAM BARU MAHU PERGI MERAYU AMA KORSEL HAHAHA

      Hapus
    13. Malu apaan....
      KL punya hutang triliunan cem negaramu baru gua malu sbg rakyatnya Krn ga bisa bantu,,,cm bisa iri dan nyinyirin negara lain....😁😁

      Hapus
    14. PRIORITAS KONON..TAPI PRODUKNYA MAHU..HAHAHA ADA SAJA CARI JALAN UNTUK NGAK KELUAR DANA HAHAH..TUKAR SAJA NAMA KE BARTEROSIA HAHHAA

      Hapus
    15. SEMUA NEGARA PUN HUTANG OM..HAHA TAPI YAH DIBANDING INDONESIA RAKYAT MALAYSIA TIDAKLAH SAMPAI JUTAAN MERANTAU KENEGARA LAIN UTK CARI REZEKI..ALUSISTA BANYAK AJA NGAK GUNA KALAU RAKYAT SENDIRI BANYAK MEREMPAT...DINEGARA SENDIRI DAN DINEGARA LAIN

      Hapus
    16. Digertak...😁😁😁
      Indonesia masih mw Krn nilai perdagangan Korsel masih besar disini,jg menjaga hubungan baik yg sdh terjalin,ga ada tuh gertak 2......kami BKN bangsa pengecut...😁😁

      Hapus
    17. Merantau jg buat kerja...bkn ngemis,,,slhnya dmn??
      Gua respect sm orang2 tki,kg nyusahin negara,malah bantu...
      BKN kaya pejabat negaramu yg doyan merongrong Kewangan kerajaan sampai bangkrut pula...😁

      Hapus
    18. lah kite yg ngutang, warganyet gred a yg setres haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    19. dahh mendingan luh fikirin tuch
      utang heli kecik dolo
      ongkos kirim SPH
      ongkos serpis apgred EMKAEM
      ongkos serpis apgred herkules
      ongkos serpis apgred hawk
      ongkos serpis apgred lekiu

      ama byk lagi tuch siapa yg mao lanjutken haha!🤑🤑🤑

      Hapus
    20. Prodaknya mau ya Krn dibutuhkan disini,,,apa salah KL nak barter jika ia pon setuju,bila tdk pon siap bayar pakai Wang,,, masalah besar itu,,,cari alasan yg lain lah,,yg lebih berbobot sedikit..😁
      Ayo,gua tunggu nih..😁

      Hapus
    21. Beruk BERSARONG MALAYSUENG bisanya melancap kat bilik termenung,, BUDUH teknologi tak ada kemajuan Mundur.. macam jaman pitekan tropush erecktus.. Kehkehkeh..

      Hapus
    22. 1 lagi, kalo mao belajar bahasa gred a yg bner donk, masa harus diajarin om pit dkk haha!🙄🙄🙄

      Hapus
    23. Indonesia dan Korea Selatan yg punya hajatan project KFX/IFX malon pula yg menyalak cem anjing,iri dan dengki ya lon... mengenai pembayaran project IFX kenapa pula yg ko yg panas lon...last day Korsel & Indonesia dah sepakat pembayaran project KFX/IFX melalui skema pembayaran imbal balik artinya Korsel beli weapon buatan Indonesia cem CN-235 MPA,ASW,rifle,uniform askar dll sebaliknya jg Indonesia beli jg weapon buatan korsel,gitu lon...kalo tak paham jgn suka menyalak cem anjing lon 😁😁

      Hapus
    24. malon nyinyir ke INDONESIA ga abis" dari thn 2004 dr jaman topix, timawa dll..����
      Indo mah santai lon cz kerjasama dg korsel bkn cm IFX doank..
      noh kapal selam next batch CBG korsel udh tanda tangan kontrak,..duit gede itu lon..malon punya duit ????

      Hapus
    25. masalah IFX indo santai..cz indo kl korsel lebih butuh indo soal airframe, bukan indo butuh korsel...

      Hapus
    26. Hahaha korsel butuh indonesia? Hahahahahah..kiranya indo lebih mahir dari korsel la utk bina pesawat? Mendunia btol..kalau macam itu bina aja sendiri2 ngak usah join itu korsel punya projek

      Hapus
    27. Sebetulnya i could not care less about kfx/ifx ini..yang aku bising ri ini tidak mahu ngaku lemah dgn ngutang..hahaha

      Hapus
    28. Hahahaha sesungguhnya malon lebih lemah lagi dan hutangnya lebih berat

      Hapus
    29. Tapi itu masalahnya om..korsel sendiri nga mau produk indonesia..haha pergi lawat page korea armed forces kalau ada masa..dia sendiri bilan kalau korsel ngak mahu produk indonesia..korsel juga bilang kalau mrk juga bukan negara welfare mau kasi loan sama indonesia..haha..wajar kalau korsel ngk mahu produk indonesia karena korsel sendiri punya produk/industri alusista yg jauh lebih bagus dr produk indonesia

      Hapus
    30. Malaysia yang ngutang gue kok tenang aja hahaha..

      Hapus
    31. Siapa bilang tak mau produk indonesia, malon termakan cakap tak berdasar di FB, again ifiot malon lebih percaya berita FB dr pada cabaran para pejabat di korsel... Poor malon
      .😁

      Hapus
    32. Lo tenang tp pejabat kerajaan lo yang stress. Baru ada kerajaan bayar hutang dengan hutang lagi, disini bayar hutang dengan deviden hasil pembangunan bukan dengan hutang lagi.

      Poor malays gali lobang tutup lobang....😁

      Hapus
    33. Kami yg mau buat pesawat kok malon yg stres,, sana urus negaramu

      Hapus
    34. Tp btolkan kalau ikut logikanya korsel udah ada perusahaan alusista sendiri yg tak kalah keren..produksi mbt ada light tank ada..panser ada..pesawat ada..heli carrier ada..destroyer ada..kalau ikut logika mudahnya korsel ngak butuh produk dari negara lain

      Hapus
    35. Post fb itu maybe xberdasar tapi ada link berita dari korselnya om..dalam bahasa korsel..

      Hapus
    36. Terus knp kamu yg nyolot dan kepentingan kamu di sini apa xixixixizi

      Hapus
    37. Lagi pula ada post dari forumer military korsel yang ngatakan tenaga indonesia yang dihantar ke korsel bukan ikut sama bangunkan ifx pun sekadar belajar know how aja

      Hapus
    38. Di JELASKAN BERKALI2 PUN DAN DGN BUKTI PUN KALIAN TDK PAHAM2 ,,,,ITU ARTINYA KALIAN BODOH

      Hapus
    39. Xavier@ Ko nih perlu banyak baca supaya ko tak cem tin kosong,setakat ini Korsel dah beli 12 biji CN-235 dalam berbagai versi,ada versi VIP,MPA PATROL,MULTI MISSION etc..Korsel jg dah beli uniform askar buatan Indonesia,rifle PINDAD...ko imagine 12 CN-235 wangnya dah hampir US$ 1 milyar belum lg yg lain...korsel perlukan Indonesia kerana Indonesia adalah satu negara di ASIA yg punya knowledge dan kepakaran dalam bina aircraft,kenapa Korea tak ajak negara ko ataupun Singapore yg dah maju teknologinya,itu kerana negara ko dan Singapore tiada knowledge dan kepakaran dalam ilmu aeronautica...dunia mengakui scientist indonesia cem Prof Habibie yg di beri gelar bapak crash dunia kerana ia menemukan ilmu dan formula rumus2 untuk mengatasi crash/keretakan pada body aircraft saat flying...BOEING,AIRBUS,LOCKHEED MARTIN,EMBRAER,LEONARDO,ROBOSONEXPORT,NASA apreciate dgn penemuan knowledge Anti crash Prof Habibie tuh,dunia mengakui Indonesia punya kepakaran dalam bina aircraft,jadi jangan ko heran BOEING,AIRBUS,LEONARDO,LOCKHEED MARTIN,EMBRAER dan lain2 kasi Wang fee/royalti kepada Prof Habibie pada setiap 1 biji aircraft yg mereka bina kerana ilmu anti crash temuan Prof Habibie tuh di pakai mereka dalam setiap pesawat yg mereka bina...Korsel adalah negara pemberi Loan terbesar di Indonesia,subs aja dapat Loan dari Korea 😁😁

      Hapus
    40. Xde kepentingan saja bikin panas..sedarkan negara yang fikir mereka terbaik didunia tiada masalah..ngutang dan tak mampu ngaku aja om haha..malah disalahkn korsel bilang yang korsel lebih butuhkn indonesia dalam ifx haha..what a joke..

      Hapus
    41. Singapore dah join program f35 om haha..dah siap pun f35nya tunggu hantar aja..

      Hapus
    42. So sumbangan indonesia apa dlm projek ifx ini? Sudah terang program ini diselia oleh lockheed om..tni sumbang dana aja om

      Hapus
    43. Hahahaha benar2 bebal si beruk malon satu ini,,, yg panas itu pastinya kamu krn negara kalian lagi mundur dalam aset militer dan tdk ada pembelian sampai 2055 dan kalian berusaha menghibur diri dgn membully negara lain tentang aset dan kerja sama mereka apa itu tdk iri, panas dan dengki namanya

      Hapus
    44. Tahniah aja atas ifxnya jgn bubar ya om..kalau masalah ngaku aja bukan susah pun haha..masih lgi nga mau ngaku haha

      Hapus
    45. Tidak ada pembelian? Haha thun depan kapal 2 ke 3 bjik msuk om..tender utk fic ama utility heli utk tldm juga sudah diopen tender om haha..

      Hapus
    46. Xaxaxaxaxaxaxaxaxa lha kepentingan elu d sini apa lon??? Xaxaxaxaxaxaxaxaxa terserah kita ama Korsel lah maunya seperti apa n bagaimana, elu d pojokan aja, lha kepakaran bina alutsista aja g becus malah sok komen xaxaxaaxaxaxaxaxax nih 🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    47. Yang jelas tidak tunggu 2055..2055 itu program ganti ahmad yani hahaha..ntah bila boleh ganti..hutang ifx belum hbis bayar haha

      Hapus
    48. Haha aku aja sudah tak mampu tangani kok haha

      Hapus
    49. Waduh2 goblok kebanyakan ini beruk satu,,, f35 itu program nya sdh lama dan berpuluh2 tahun yg lalu dan kamu mau samakan ifx/kfx yg program nya baru mulai beberapa tahun aja dan itu di mulai dari nol tdk sama dgn f35 yg dasarnya memang sdh jadi .Tdk sama dgn kalian yg ngaku2 bisa bikin pesawat generasi 5 cukup dua tahun dan sekarang di mana pesawat generasi 5 kalian itu

      Hapus
    50. Apa ahmad yani ini mau dimasukkan ke guiness world record..kapal dari 60an masih digagahi..hhaha sure you can refurbish it tambah oniks ka apakah. tapi kalau badannya udah tua tidak guna juga amunisi modern haha

      Hapus
    51. Xavier @ engineer Korea dan Indonesia saling belajar dalam project KFX/IFX nih,Korea pun tak de ilmu dalam bina jet pejuang generasi 5,mereka masih blank,sama jg dgn Indonesia,apa yg Indonesia tahu pasti lah diajarkan ke Korea,begitu jg Korea apa yg dia tahu,Korea ajarkan jg pada Indonesia...Korea dan Indonesia belum ada ilmu dalam bina jet pejuang generasi 5,so sama2 saling belajar lah

      Hapus
    52. Hai si sapi jgn menunjukkan kebodohan dan kesombongan mu di sini,,, kamu ada otak ada mata punya pikiran terus kamu mau menceramahi orang2 yg ada di sini dgn bual opini prbadi dan memaksakan kehendak mu agar kami ikut kebodohan mu, ,,hahahaha kamu bkn warga malon yg suka di tipu2 seperti mu

      Hapus
    53. Kamu hanya bisa melihat keburukan dan kelemahan tetangga kalian tp setelah mereka berhasil kalain hanya bisa melongo dan teriak2 seperti anjing yg kelaparan

      Hapus
    54. Malon harap IFX gagal, tampak sekali IRI DENGKI beruk beruk malays ni... Tenang je ruk.. 2023 tiba tiba muncul Prototype malon kejang kejang di kamarnya masing masing...😁😁😁

      Hapus
    55. Xavier@ ku cabar ko,singapore sumbang apa dalam project F-35,sumbang ilmu keh 😁😁...singapore cuma sumbang duit 😁😁...memang Korea banyak di bantu Lockheed Martin dalam bina FA-50,tapi FA-50 bkn jet pejuang halimun lon,ya bezalah dgn KFX/IFX lon...F-35 dah ada basic nya dari wujud F-22,sedangkan KFX/IFX bina dari nol yg di bina dari tahun 2009.. dalam hal ini Indonesia sumbang dana dan ilmu,bkn cem Malon punya project wet dream bina PTM generasi 6 dalam masa 2 tahun,Wang tak de,ilmu tak de,cem mana nak bina PTM generasi 6,WET DREAM 😁😁😁... walaupun loan tapi Indonesia mampu bayar dan tak sampe jual aset negara buat bayar hutang lon 😁😁😁...indonesia tak sampe jual aset lah untuk projek ini lon 😁... Achmad yani dah ada gantinya yaitu iver,aq nak tanya pengganti si legend Nuri siapa keh 😁😁😁

      Hapus
    56. Lha nih beruk malah lari k Ahmad Yani classical xaxaxaxaxaxaxaxaxa yg d bahas apa malah komen yg lain xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih lon 🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    57. Cb ruk brp dl type KFX / IFX ada ? Kenapa di pilih double engine...
      Kenapa Indonesia kalau berhutangvatau tidak bayar ,ga di usir aja dr proyek itu...ko malahan ttp d pertahanin...?
      Jawab ruk kalau bs...jng cm asumsi2 ga jelas dan ga berdasar....jd ketahhan bego nya former beruk malon...hahaha

      Hapus
    58. Sumbang duit udah jadi jetnya om hahaha

      Hapus
    59. Askar ketot malays@ betul bro banyak forumer malon berharap IFX nih gk jadi dan gagal karna mereka iri dan dengki sekali bro

      Hapus
    60. Tak dengki om sbb udah ditawari su57e haha..udah matang beli aja

      Hapus
    61. Xavier bebal@ sumbang duit kalo tak dibantu knowledge dari Indonesia jetnya gak jadi om 😁😁

      Hapus
    62. Itu pun kalo malon ada duit om,nak bawa pulang paladin hibah USApun malon tak de Wang 😁😁😁...mana lebih haibat bisa bina sendiri jet pejuang dari pada beli dan beli terus dan tak de kepakaran bina jet pejuang sendiri om...sekali kena embargo dan crisis tak de Wang maka mati lah 😁😁

      Hapus
    63. Cuma d tawari ya.. xaxaxaxaxaxaxaxaxa n cuma tertarik... xaxaxaxaxaxaxaxaxa tp sayang takda duwit xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih 🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    64. Om pit,lha itu om wong sdh g ada kepakaran, bangkrapt n sok komen lagi xaxaxaxaxaxaxaxaxa cermin mana cermin!!!! Xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih lon 🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    65. dahh mendingan warganyet gred a fikirin nich:
      utang heli kecik dolo
      ongkos kirim SPH
      ongkos serpis apgred EMKAEM
      ongkos serpis apgred herkules
      ongkos serpis apgred hawk
      ongkos serpis apgred lekiu

      ama byk lagi tuch siapa yg mao lanjutken haha!🤑🤑🤑

      mao open tender kek, yang namanya masih "AKAN" selamanya "AKAN" om sapier, mana 2020 lagi haha!😁😁😁

      Hapus
    66. Kalau ngga mau kapal China Coast Guard dan PLAN markir di perairan kalian.... Bayarlah Hutang dgn segera, sekalian sama bayar cicilan berikut bunga LMS kalian

      Hapus
    67. Yg jelas in reality program KFX/IFX masih berjalan dan detail masih on scedule, perkara ada perubahan di bidang penganggaran itu biasa aja dalam kerjasama antar negara, malon sila tengok dalam pengembangan JSF dan JF sulfur, bagaimana pergolakan di masing negara anggota mengenai pembiayaan toh pesawat tetap jadi kan... Masalahnya malays sdh berbuat dan bina apa selain besarkan hutang dan lobang jubor ruk...😁😁

      Hapus
  10. ...... KEMANDIRIAN......
    .......😁😁😁😁😁.......
    Para Malon harus faham....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon mana paham"KEMANDIRIAN" bro...Malon cuma paham Wang kopi2,stampal sticker,songlap,sodom jubor,LGBT,gambling/judi,maksiat,cakap sembang mendunia bro 😁😁

      Hapus
    2. Malon dari sononya tak bisa mandiri,merdeka dibantu mama british...pembangunan pakai dana commonwealth...jadi tuan rumah sea games juara dibantu referee...jadi sampai kapanpun tak akan pernah mandiri

      Hapus
  11. Maasyaa Allah. Allahu akbar! Indonesia hebat. Indonesia kuat.

    BalasHapus
  12. Malan bakal guling2 xiii xiii 😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon kejang di kamarnya masing masing... Tengok aja beruk malays di sini..😁

      Hapus
  13. Mohon maaf para suhu, izin bertanya, apakah pengadaan SU 35 terkesan tarik ulur dikarenakan salah satunya karena pemerintah menilai musuh luar yg potensial bagi Indonesia adalah negara china yg makin agresif terkait klaim laut china selatan, padahal china juga sebagai pengguna SU 35? Apakah mungkin pembelian SU 35 dirasa kurang tepat sehingga "drama" pengadaannya sangat lama? Mohon maaf dan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. CAATSA terselubung...😁😁

      Hapus
    2. Emang siapa yg bikin drama?

      😂😂😂😂😂😂

      Hapus
    3. Indonesia alutsista gado2 barat dan timur, su 35 ya bisa untuk hadapi lawan yg dr selatan.

      Hapus
    4. Stasiun TV and produser sinetron om...😁😁

      Hapus
    5. Ane bukan fans boy timur/barat, tapi apapun yang kemenhan beli silahkan saja..😁



      Hapus
    6. Di lcs paling jg negara yg bersengketa yg jd target pitensial cino. TNI mah cukup nongkrong di natuna ja udah bagus😂😂😂😂

      Hapus
    7. Pembelian Su-35 itu tepat sekali bro kerana pesawat yg mampu menghadapi F-35 Australia dan Singapura adalah Su-35 bro..menurut yg pernah ane baca dari statement resmi pejabat kemenhan pembelian Su-35 ini jalan terus bro

      Hapus
    8. Buat meredam CAATSA, indo lobi f16v 32 unit,,,, pusing dah tuh Trump...😁

      Hapus
    9. Jaka @ betul bro,buat redam CAATSA Indonesia beli 2 skuadron F-16 viper,tambahan Apache lg,heli Chinook,poseidon jg mau di beli bro

      Hapus
    10. Untuk Su 35..kita mah sabar ja kerena butuh lobby2 ekstra...karena Su35 & S400 barang yg di haramkan mamarika.

      Hapus
    11. Kalo menurut ane tergantung cara pandang kita saja.. Kita yg punya uang sebenarnya bakal untung dr semua sisi.. Bila deal tukat komodity berhasil kita dapat Su35, jika tidak pon amerika buka kerannya untuk akuisisi barang barang US.. Yang punya uang tetap raja bro... Yang penting punya uang bukan miskin cem tetangga kesayangan....

      😁😁😁

      Hapus
    12. Sepertinya jika su35 dihalangi terus viper pastinya juga gak akan dibeli kok tenang aja, kebutuhan akan produk viper cuma sekedar ingin lolos sanksi

      Hapus
    13. @Mat Rempit Nahlo, pusing pusing nggak tuh si Trump sama senat gegara SU-35 kita. Kalau dikasih pengecualian untuk beli apa kata yang lain yang udah kena CAATSA duluan. Kalau nggak dikasih alamak bakal rugi bandar juga, soalnya Indonesia lagi pesen banyak Alutssta ke AS macam F-16 Viper, Chinook, dll plus senjata untuk Iver Mayoritas juga dari AS (Mk 41 sekalian SM 3 nya, mk56 sekalian essmnya plus harpoon juga) kecuali kalau modul senjatanya mau diganti dari Eropa (Mk41 dengan Sylver a50/a70, Harpoon dengan Exocet, tapi tetap mk56 dari as juga soalnya udah jadi pakem Modul Stanflexnya pake mk56) 😂😂😂

      Hapus
    14. Kelakuan usa om wong beli sedikit juga mau disangsi,mereka gak malu tuh barang dibeli hanya gara2 ingin lolos sangsi,bukan karna keinginan atau kebutuhan jualan setengah maksa

      Hapus
    15. Biarin bro, itung itung nambah inventori TNI AU, kan beli ke rusky jg awalnya karna embargo US, TNI AU masih seneng sama Fighter US kok.. Sukur sukur F35 di buka juga kerannya... 😁😁

      Hapus
    16. Berandal lokajaya @ mungkin Indonesia di kasi pengecualian bebas CAATSA karna USA ngandalin Indonesia di LCS bro,tengok malon,Thailand,kamboja,myanmar dah dah letoy semua dibawah kekuasaan cina,Filipina masih abu2,cuma Indonesia n Vietnam aja yg berani hadapin cina di LCS...jadi USA berpikiran Indonesia akan lemah di LCS bila dikenakan CAATSA bro,sehingga Indonesia tak boleh lemah di LCS maka Indonesia tak dikenakan CAATSA

      Hapus
    17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    18. Mamarika itu gendeng wong negara eropa wong koncone bisa di sangsi...makanya sekarang negara eropa kalau buat peralatan militernya mengurangi kandungan bahan yg berasal dari mamarika.

      Hapus
    19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    20. Sekedar predikisi politik ye karena ini emang bidangku,,,catat ini opoini ane doang' menurutku untuk hubungan china - indonesia masih aman2 aja sesuai treknya dan dimata china indonesia bukanlah ancaman karena china tau betul hubungan indonesia - barat yg sebenarnya' indonesia masih nurut ame barat karena posisi indonesia masih rapuh dr segala aspek terutama ekonomi tp indonesia tidak pernah mengijinkan pihak mana pun tuk mendirikan pangkalan militer di indonesia dan inilah nilai plus indonesia dimata china sehingga hubungan indonesia - china masih dalam trek yg tepat' menurutku tidak terlintas dibenak china untuk bermusuhan dengan indonesia karena china tau betul indonesia bukan negara agresor sehingga berpotensi menjadi ancaman bagi mereka' china tau betul karakter indonesia yg lebih memilih peran penengah dalam suatu menghadapi masalah karena damai itu jauh lebih indah, tp ane tekankan disini china akan tetep waspada karena pola pikir politik sebuah pemerintahaan suatu negara bisa aja berubah sehingga menuntut mereka tetep waspada, untuk pemerintahan saat ini menurutku dimata china indonesia masih positif dan bukan ancaman bagi mereka,,,jd kasus su35 tidak ada sangkut pautnya ame china, ini murni disebabkan pemerintahaan ini sedikit paranoid' tp ini positif kok agar lebih hati2 karena ekonomi kita masih rentan kena hama wereng, fillingku pespur su35 datang setelah kontrak f16v diteken, jd su35 tdk akan batal dan menunggu waktu yg tepat untuk mendatangkannya.

      Hapus
    21. Gw setuju sama statemen bro situngkir, China ngga melihat Indonesia sebagai ancaman.. Sempat juga China shock melihat Indonesia begitu ngotot mengenai perbatasan tetapi kalau gw lihat China test case mengenai perbatasan, sebagaiman dgn Vietnam disitulah China respect dgn TNI dan Indonesia. Dimana Indonesia masih berperan sebagai pihak netral dan ikut menjaga kedamaian di LCS

      Hapus
    22. @Raden_situngkir Bener, soalnya China juga pasti mikir 2x kalau mau clash sama Indonesia. Soalnya apa, disini banyak invest mereka pasti rugi kalau clash sama negara yang diberi invest sendiri, dan juga mereka pastinya tidak mau membuat kita dalam posisi Offensive lagi seperti saat Ambalat dan tiba-tiba muncul "Yakhont" cs kedua kan berabe juga dimereka dan tindakan ini juga diambil oleh Australia yang masih menjaga agar tragedi "Alice Spring" jangan sampai terulang kembali , dan juga walaupun hubungan Indonesia-China pasang surut tapi hubungan itu tetap berjalan baik sejak zaman kerajaan sampai sekarang walapun dibawah tangan. Terakhir karena kita sejak dulu tidak pernah punya riwayat clash dengan China, beda dengan Jepang, Korea, dan negara Barat yang sejak jaman kerajaan sering clash dengan mereka.

      Hapus
    23. Nyoiii,,,intinya mereka jg tau fokus indonesia tidak lebih dr mempertahankan NKRI, seandainya indonesia masuk 5 besar kekuatan dunia china pun tak akan khawatir karena mereka tau betul bahwa indonesia bukan tipe negara agrhesor dan lebih mementingkan loby2 yg bertujuan menciptakan kedamaian, hubungan china - indonesia jg punya banyak kepentingan ekonomi yg membuat ke dua ekonomi negara ini tetep stabil meski dalam situasi perang dagang seperti saat ini,,,kata perang bagi indonesia adalah sesuatu hal yg emang bener2 tk terelakkan lg atau bila negara lain menyerang indonesia secara militerlah baru ada istilah perang bagi indonesia, aku yakin china tk akan melakukan ini bahkan lebih menginginkan indonesia stabil karena kestabilan indonesia adalah keuntungan bagi ekonomi china.

      Hapus
  14. Roket, radar, sistem manajemen tempur, kita juga bisa buat sendiri. Sebentar lagi satelit juga bisa buat sendiri. Insyaa Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satelite kecil kita mah sudah bisa buat..tinggal roket peluncurnya lagi di buat.

      Hapus
    2. Kalau satelit kita udah ada pakarnya, yaitu Profesor Josaphat Tetuko 😁😁😁

      Hapus
    3. prof Josaphat itu pakar radar om Brandal

      Hapus
    4. Setahap lagi LAPAN membuat RPS, doakan saja mereka berhasil. Mau potong jalan ke Argentina saja mereka sdh membuat roket tronador III, radar 3D dan reaktor nuklir mini kalau engineer kita mampu bisa aja di implementasikan di kapal induk atau kapal selam buatan PAL nanti

      Hapus
    5. @maste mobile bidang keahlan prof. josaphat salah satunya satellite communications dan microsatellite onboard Synthetic Aperture Radar (SAR) sensor jadi masih berkaitan dengan satelit, walaupun berbasis geografis tapi nantinya bisa digunakan untuk kebutuhan militer.😁😁😁

      Hapus
  15. wahh mimin blom apdet poto si PEKAER nich, kasi liat yg ada milenium gannya donk haha!💪💪💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih ompal,ntar gred A cakap PKR INDONESIA ompong 😁😁

      Hapus
    2. padahal ompongan kafal balom 3 bijik tuch yach om pit, pake acara pura2 tunda uji laut/sea trial segala haha!😳😳😳

      padahal kite tau lah akal2an ling ling ituw.
      coba klo uji lautnya uda kelar tahun laluw, begh dijamin super ompong se-kawasan malah sedunia haha!🤣🤣🤣
      makanya mrk sengaja naikin dok lagi, buat nutub aib, sembari bastet eh bustit cari2 alesan haha!😝😝😝

      di grup gred a sebelah lebih sadiz lagi, skrg mulai tumbuh rasa anti bustit eh bantet haha!👻👻👻
      klo ditarik banyolan mereka kesini wah dijamin ngakak kite gaes haha!😀😀😀

      Hapus
    3. Beruk malays nyinyir itu karna kecewa dengan negrinya sendiri bro, mau kritis di negaranya takut kena pasal EA makannya mereka cuma berani nyinyir di marih...😁😁😁

      Sdh typical mereka dari dulu selalu iri dengki dengan kemajuan jirannya. Coba kalian tengok aja di forum mana beruk malays tak bikin onar...😁😁😁

      Hapus
    4. @palu gada, Bagi link grub malay nya dong kakak, pengin baca komentar para beruk siapa tau jadi obat penghilang penat

      Hapus
    5. AgusDev grup malay liat aja di facebook mungkin ada yang masih buka apa ya? Mdr kalau gak salah

      Hapus
    6. Buang buang waktu bro, disana sepi..😁

      Membernya itu itu aja, bahkan adminnya bising pasal helmet gojek di sini...😁😁😁

      Hapus
    7. www.malaysiandefence.com
      Hasil web
      Malaysian Defence - On The Way .... Anything and Everything on Malaysian ...

      Hapus
    8. Malaysia defence forum militer malaysia yg masih waras dan yg benar otaknya, selebihnya gesrek semua otaknya

      Hapus
  16. Pakai ID Lo PUR....jgn kabur Luh..

    BalasHapus
  17. Iri, nyinyir,tapi negaranya sendiri :

    -hutang seleher,
    -berhutang buat tutup hutang,
    -tak ada industri pertahanan export oriented
    -order tapi barang tak datang
    -bikin LCS ga jadi-jadi
    -bikin kapal kecil aja dari China

    Ahahahahahahaha..
    Ngaca dulu RUK

    😂😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka tiada cermin,cakap sembang mendunia,iri tanda tak mampu 😁😁

      Hapus
    2. Beruk malays nyinyir itu karna kecewa dengan negrinya sendiri bro, mau kritis di negaranya takut kena pasal EA makannya mereka cuma berani nyinyir di marih...😁😁😁

      Sdh typical mereka dari dulu selalu iri dengki dengan kemajuan jirannya. Coba kalian tengok aja di forum mana beruk malays tak bikin onar...😁😁😁

      Hapus
    3. Di MALON kaca mahal kali yaaa

      Hapus
  18. wadoooow baca berita ini aku tak tahan...
    aku nak pakai HELMET CANGGIH DULU JEEEER.....

    biar langsung bisa eject kat hanggar

    huhuhuhuuuuuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxaxa pakai helm canggih supaya bisa ejeck Kat hanggar biar d kata askar yg jaguh dunia akhirat xaxaxaxaxaxaxaxaxa terbaik om Essen xaxaxaxaxaxaxaxaxa yuhuuu lon nih 🍌🍌🍌🍌🍌🍌 xaxaxaxaxaxaxaxaxa....

      Hapus
    2. Gempoor sdh stress akut bro, bahkan pasal helmet pon buat dia rusuh ramai... Sadis sdh si gempoor ini...😂😂😂

      Hapus
    3. Lho mbahpret jangan menghina helmnya itu serbaguna mbah,bisa buat tawuran ,ngambil air di sungai,bisa untuk nglempar anjing juga kalau di malon helmnya bisa buat ojek juga😝😝

      Hapus
    4. Emang gank anak SMP pake tawuran segala xaxaxaxaxaxaxaxaxa tawari aja tuh helm k gojek biar berguna, daripada helm ada pesawat g ada yg bisa terbang,terus buat apa coba????? Xaxaxaxaxaxaxaxaxa helm canggih konon xaxaxaxaxaxaxaxaxa yuhuuu lon nih 🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    5. Namanya juga helm canggih ya jelas omnirole lah untuk ganjal roda pesawat juga bisa ,jadi pengganti payung waktu hujan juga mampu



      😠😠😠

      Hapus
    6. Njirrr buat ganjel roda pesawat xaxaxaxaxaxaxaxaxa sadissss cak PHP xaxaxaxaxaxaxaxaxa yuhuuu nih lon 🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  19. Helmet paling jaguh sedunia😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Helmet gojek lagi canggih, tak akan eject kat hanggar..😁😁

      Hapus
    2. Helm JHMCS di jakarta sudah banyak dipakai ojek online buat cari penumpang...jadi ga canggih lagi

      Hapus
  20. soal heli versi ringan,

    pengganti bolkow buat tni-ad uda ada, kita pake heli fennec 12 bijik yg dirakit fetedei bandung.

    knp fennec? sebab ini heli dirancang khusus militer, klo h145 itu non militer punyak, begitchu haha!😋😋😋
    klo versi militernya si uh-72 lakota.
    berhubung tni-al & tni-au blom milih heli ringan, jd terbuka kmungkinan si senglotta ini kaliyak haha!😍😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg jd pertanyaan buat guwe knp heli atak apace kagak dirakit fetedei, yaa sperti re-asembling cem karakal wkt itu haha!🤣🤣🤣
      yaa abis gimana yak, awewe101 kesayangan kita smua dianterin copotan aja ada fanas, pdhl bandung dinginkan haha!😜😜😜

      pas gilier heli atak apace, pada diam seribu bahasa haha!😛😛😛
      apa takut kerna ini maenan darat nomer satu, ato uda diem disumpel proyek fennec haha!🙄🙄🙄

      Hapus
    2. Beli apachenya kan ketengan om,coba belinya ratusan cem India pasti boeing kasi izin PT DI merakitnya. 😁😁

      Pernah ane baca nih suatu berita ompal,Leonardo bakal ngasi izin dan offset kpd PT DI untuk ngerakit heli AW-101 sendiri pabila Indonesia beli 13 biji AW-101 ompal,apa bkn yg tawaran yg menggiurkan tuh ompal 😁😁

      Hapus
    3. om pit, yg ingin guwe tekanin disini minimal re-asembling ato rakit ulang, bukan nuntut produksi 100% buat & rakit cem bikin ratusan ituw haha!😅😅😅

      yaa sperti re-asembling heli karakal 6 bijik, heli panther2 ituw. smua kan uda kelar di prancis sbenernya haha!😇😇😇

      kenyataannya, apace langsung kirim ke markasnya di semarang, sama cem awewe dulu di halim. tp ada yg fanas di bandung haha!😋😋😋

      Hapus
    4. Tawarannya ditolak. Habis itu mereka ribut2 waktu dikasih ke orang lain. Itu sih yg bikin ngeselin.

      Saya pendukung persaingan sehat. :D

      Sama Boeing kayaknya belum ada hubungan juga. US partner yg lama Bell IIRC.

      Hapus
    5. Simple om pal...karena AW saingannya Airbus Helikopter..jadi ya begitu dah rebutan pasar...padahal kalau PT.DI punya perjanjian bisa merakit & jualan heli AW...di kawasan peminatnya juga lumayan banyak..tapi ya begitu lah permainan tingkat tinggi..padahal pt.Di punya prnjanjian dgn Bell juga..berarti seharusnya bisa juga dengan AW...

      Hapus
    6. nyoih om pit, tawaran leo menggiurkan ituw, tp sayang tuan rumah dibandung seperti uda dipagarin ama kompetitor laen, makanya dapet julukan PDAM dr para tetua matra udara haha!😝😝😝

      yaa smua pada tau kan akhirnya, boikot2 dach dan berakhir nongol si awewe tanpa tanding..maksotnya pasangan gt haha!😛😛😛

      tp ituw dulu, laen skrg..pelan2 uda pada disingkirin yg nglawan titah kerajaan haha!😝😝😝
      makanya pernah guwe tulis jaman dulu, andai mro cem GMF, lion, pelita mao bantuw rawat pesawat tni, kerna mereka pengalaman pake serpis banyak jenis/merek pesawat termasuk kedua merek raksasa dunia erbas & bowing, pasti lancar shopping sopingnya..sebab mro cem gini tanpa beban tekanan perusahaan2 tertentuw, begithcu haha!😋😋😋

      eh gak sangka, jadi kenyataan kan, mulai dari lm, ntar bowing baruw..bakal cerah di tanah air haha!😆😆😆

      Hapus
    7. nyoih om irs & om tupz, guwe jg netral. impian guwe fetedei ituw bebas lepas dari tekanan industri raksasa dunia haha!😅😅😅
      sama seperti bumnis laen, pt pal, pt pindad dll, pada bebas kan enyak haha!😋😋😋

      namun bila fetedei gak bisa lepas2, jalan terakhirnya kita hrs pake perusahaan laen, bermula dari bumn/swasta mro seperti ketiga diatas. kita liat aja mana yg lebih maju pada akhirnya nanti.

      berawal dari mro trus sub kontraktor, bisa jadi ituw perusahaan mro bikin pesawat kelak haha!🤝🤝🤝

      Hapus
    8. https://youtu.be/H5tY69tTjio
      Untuk heli caracal untuk pembuatan main body fuselage & tail boom di buat di indo...cuma final integrationnya di lakukan di france kemudian kembali di re assembly & final acception test di indo...beda dengan CN 235 yg semua di lakukan di bandung...kenapa caracal di lakukan di france karena jalur produksinya bukan di indo.

      Hapus
    9. Kalo nggak salah, Caracal fuselage dan ekornya dibikin di sini, trus dikirim ke sono.

      Sampai sono si fuselage dan ekor itu disatuin, dikasih mesin, kursi dan avionik serta instalasi kabel2. Tapi belum dicat kamo, masih hijau kuning. Trus diuji terbang. Trus dikirim ke sini lagi.

      Sampai sini dipreteli dulu buat dicat. Selesai dicat dirakit lagi.


      Nah beda dengan Bell, fuselage dan ekor dibikin di sini, mesin dan avionik dan lainnya didatangkan baik dari luar negeri maupun dari dalam negeri. Trus dirakit disatuin, tes terbang, pretelin lagi mesinnya, trus dicat, trus pasang lagi.

      Kalo Apache India beda lagi, India hanya buat fuselage, trus dikirim ke Amrik, semua komponen lain dari Amrik, perakitan dan pengecatan dilakukan di Amrik. Trus didatangkan ke India udah utuh.

      Hapus
    10. Dari Boeing udah ada ditandatangani kerjasama dengan PTDI di bidang teknologi daya angkat vertikal.

      Kemungkinan kerjasama ini membuka adanya transfer teknologi aka offset untuk Apache dan Chinook.

      Hapus
    11. Nyoih om pal kita mah netral..cuma pingin PT.DI kita tambah lebih maju aja ya kan.😊

      Hapus
    12. nyoih om tupz, om woof2,
      kontrak kerjasama pembuatan fuselage & tailbum uda dr 2008, jau seblom kontrak heli karakal dgn kemhan haha!😛😛😛

      buat guwe sangat menggelitik bila "ada" org2 di fetedei bilang pembelian karakal ituw dapet teotenya bikin fuselage & tailbum haha!🤣🤣🤣

      kalo maunya guwe sich, kerna tailbum ama fuselage uda bisa, harus naik tingkat donk jgn ituw2 lagi teotenya, bosen haha!😑😑😑

      nyoih om tupz jalurnya di prancis,
      tapi buat nas-332 kan uda disini jugak jalur produksinya kan? pake tempel N soalnye haha!🤣🤣🤣

      terbaruw ada 2 bijik lagi tuch matra udara dapet

      Hapus
    13. nyoih om woof2, skrg bowing uda mulai nempel2 fete,
      makanya uda guwe tulis sblomnya,
      "tp ituw dulu, laen skrg..pelan2 uda pada disingkirin yg nglawan titah kerajaan haha!😝😝😝"

      betewe cinook ??? apa gak kesian gred a haha!😝😝😝

      Hapus
    14. Nyoi om pal kalau masalah buat fuselage & tailboom bukan TOT..itu mah memang sudah bisa dari indo buat NAS 332 super puma...kalau NAS 332 memang jalur produksinya di indo om pal...kalau caracal kan jenis baru jadi mungkin jalur produksinya blm mau di kasih sama france..seperti NC 212 yg jalur produksi sudah full di pindahkan ke indo..hhaaahaay

      Hapus
    15. Padahal waktu itu ada tawaran dari AW kalau indo bisa jadi pabrik assembling & jualan di kawasan...karena pihak AW mereka sudah tau kapasitas indo..tapi syg gak di terima..padahal syaratnya mudah cuma beli 8-10 heli AW...saat ini baru punya Aw101 kesayangn om pal..& aw 139 punya basarnas...ada yg ngambek takut helinya gak di beli ya x..padahal helinya sama2 juga cuma assembly.

      Hapus
    16. Jadi kesimpulannya PT DI ibarat gadis cantik yg diperebutkan pria2 tampan cem Leonardo,Airbus,Boeing dan Bell, beza dgn AIROD gred A si burok rupa dan lembab tak de yg merebutkannya,kesiannya 😁😁

      Hapus
  21. Buat raja troller sembang mendunia yg mulia Dato Tun Gempur gila aka TNI banci dipersilakan masuk...waktu dan tempat dipersilakan 😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sopan sekali mas rempit ini😁😁🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Xavir tukang sapu kilang isuzu... Sila cium kaki ku dulu ruk...😁😁

      Hapus
    3. Admin izuzu A K A pengangguran tukang ndulit susune banci bangkit teko kubur😁😁😁😁

      Hapus
    4. Xavier ada guna cakap sembang dan troll 😁😁

      Hapus
  22. SI SAPI DAN MALON YG LAIN SELALU MEMPERMASALAHKAN KAPAL TUA INDONESIA TP APA MEREKA BENAR2 PUNYA CERMIN DI RUMAH MEREKA, APA NEGARA MEREKA TDK PUNYA KAPAL TUA HAHAHAHAHA. O IYA LUPA BERUKKAN TDK PERNAH PAKR CERMIN XIXIXIXIXI

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesian ama tetangga kesayangan yg tak punya aset kapal baruw, uda 1 dekade lebih om haha!😅😅😅

      Hapus
    2. Mereka pura2 dungu bila melihat kemajuan TNI dan iri hati selalu bro

      Hapus
  23. Kenyataan yg PASTI :

    TUDM tak ada latihan tempur fighter-nya selepas LIMA.

    Itu menandakan terbangnya fighter mereka hanya bisa FLYPASS saja.

    Bahkan sekedar FLYPASS saja itu pesawat dapet masalah..ROSAK 😂

    FORUMER mereka sendiri yang MENYINDIR kalau AF mereka lembik..😂😂😂

    MEREKA olok-olok fighter kita ompong lah, bekasan gurun laah, rusak laah..tapi NYATANYA tak terhitung berkali-kali latihan SIMULASI TEMPUR. 😎

    Jadi, siapa niih yang AF yang letoy?

    Ahahahahahaha...

    JDAM laah, HELMET laah, RUDAL laah..tapi mereka tak pernah latihan.

    FOTO jadul doang = terjaguh se SEA??

    HWAKAKAKAKAKAKAKKK...😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul itu.

      Malah di kita, baru minggu lalu TNI AU baru saja latihan pemboman dengan melibatkan 41 pesawat!

      https://www.google.com/amp/s/jatim.sindonews.com/newsread/12681/1/41-jet-tempur-tni-au-membombardir-wilayah-lumajang-ada-apa-1563541648

      Hapus
    2. Belum lg exercise bersama US AIR FORCE di Manado bulan Juni kemarin,di tambah exercise oriented training yg libatkan 7 skuadron yg baru berakhir 2 minggu lalu,disambung lg exercise angkasa Yudha yg melibatkan 41 jet pejuang,selepas exercise Angkasa Yudha bakalan ada lagi exercise Latihan Gabungan TNI 2019 (LATGAB TNI 2019) ...jadi di sini fighter siapa yg lapok,rosak dan selalu bengap di hanggar ya 😁😁😁

      Hapus
  24. MAU BUDAK MALINGSIA NGOMONG APAPUN...FAKTA BERBICARA PT.PINDAD,PAL,DI DLL-NYA JAUH LEBIH BERPENGALAMAN, MENGUASAI TEKNOLOGI DAN LEBIH MAJU DARI BOUSTEAD, DEFTECH DLL. KARENA PRODUK BUATANNYA DIPAKAI DIDALAM NEGERI....LAH MALINGSIA SUDAH SAMPAI DMANA???
    ASSAULT RIFLE SAJA KAGAK BISA BUAT..APALAGI YG LAIN...KOH..KOH..KOH
    POOR MALON...JANGAN LUPA BAYAR HUTANG SAMA CINA...HAHAHHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgn gitu bro asault rifle VITA BIRAHI dah berjaya di eksport ke planet namex bro 😁😁

      Hapus
  25. Kalau memang Boeing sudah Deal dgn Indonesia perihal kans kerjasama Daya angkat vertikal (baca di berita kemaren) feeling saya sih pengadaan Chinook bukan lagi dalam status AKAN Project. Bisa jadi malah Boeing memindahkan pasar Asean atau mungkin Asia untuk jalur produksi dari Indonesia karena sampai saat ini rasanya baru Indonesia yg sudah bisa membuat Heli dan pesawat di kawasan Asean.

    Gak sabar pengen lihat Chinook terbang sambil ngangkut Anoa 6x6 atau Komodo pake tali panjang ala ala tentara Amerika...😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berita January 2019 masih MOU..
      Boeing and PT Dirgantara Indonesia (PDTI) have signed an MoU to explore cooperation opportunities in the field of vertical lift aircraft. Boeing Southeast Asia president Skip Boyce said the MoU demonstrated commitment to the growth of Indonesia’s aerospace industry and the provision of advanced capabilities to the armed forces. The agreement...

      Berita bulan kemaren rasanya sudah lebih maju daripada sekedar MOU. Any info ?

      Hapus
    2. Kadang si bapak itu senyap, tahu-tahu tinggal tunggu barang dateng mas...😁

      Beritanya hanya "umum", tapi biasanya udah deal, Herky J adalah contohnya..😁

      Emang kita beda ama "tipe" Pinoy kalo belanja..

      Dikita : ada yang "vulgar", ada juga yang "umum" tapi "senyap".

      😁

      Hapus
    3. Sabar menunggu om super seperti dirimu yg tetap sabar menunggu neng kharisma menjanda 😁😁😁...kaburrr 😆😆😆

      Hapus
    4. Xaxaxaxaxaxaxaxaxa ternyata termasuk "jendes" fansboys club nih xaxaxaxaxaxaxaxaxa....

      Hapus
    5. Nella kharisma dangdut koplo? Pancen ayu tenan kalo liat di u tube 😍😍😍

      Hapus
  26. Malassial sangat bangga sama HELMET nya, karena takut kena tilang/ticket sama Polisi. Huhahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Helm tukang gojek pun tak kalah tenar dgn helm pilot TUDM, malah jumlahnya sudah ratusan ribu. Wkwkwkwk....

      Hapus
  27. Balasan
    1. Unknown monkey from malassial,how are u today?are u fine?di rumah you ada cermin tidak,kalau tak ada bercermin sahaja di terminal...orang miskin dilarang bilang miskin pamalih...biar nanti aku bilangin ke direktur PT.DI kalo malon minta diskon pembelian cn 235 malu mau ngomong...kasihan orang miskin takut tak bisa bayar...

      Hapus
    2. POOR QUALITY PUN MALINGSIA BELUM BISA BUAT....AHOYY KD.MAHARAJALELA (ORANG BUGIS MAKASAR) DIMANAKAH KAU BERADA... MASIH DIATAS DOK LUMUT KAAH...LoL...LoL...LoL..

      Hapus
  28. Dari sebelah :

    Instalasi Bambu Kelon 24/07/2019

    Kok bisa begitu….padahal teman-temanku di TNI AU juga sudah bertitah untuk AEW&C mengerucut ke 2 kontestan yaitu Boeing Wedgetall dan Saab Erieye-ER (platform propeller atu emb-145), lho 🤷


    ========
    Snif...snif...mas smiling detected.

    😁😁😁😁

    BalasHapus
  29. Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kepada PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp900.000.000. Nama saya Ayu Amangku, saya dari Indonesia.

    Saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman tanpa riwayat kredit dan saya telah banyak membantu keuangan rumah, tetapi semuanya menolak saya karena peringkat kredit tinggi dan peringkat kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah berhenti membaca dan belajar tentang PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON di salah satu blog saya, saya menghubungi konsultan kredit Rika Rika melalui email: (rikaandersonloancompany@gmail.com) Whatsapp: +19147057484 dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal 28 Februari 2019 .

    Kemudian saya menyadari bahwa Tidak semua perusahaan pinjaman blog benar-benar palsu karena semua penghinaan keuangan saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki usaha bisnis yang berkualitas, saya tidak dapat menyimpan ini untuk saya jadi saya harus mulai dengan membagikan kesaksian ini tentang perubahan hidup . Anda dapat menghubungi Ms. Rika Anderson melalui, atau melalui Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi melalui Email: ayuamangku@gmail.com

    BalasHapus
  30. Saya tidak dapat cukup berterima kasih kepada Dr EKPEN TEMPLE kerana telah membantu saya mengembalikan kegembiraan dan ketenangan dalam perkahwinan saya setelah banyak masalah yang hampir menyebabkan perceraian, alhamdulillah saya bermaksud Dr EKPEN TEMPLE pada waktu yang tepat. Hari ini saya dapat mengatakan kepada anda bahawa Dr EKPEN TEMPLE adalah jalan keluar untuk masalah itu dalam perkahwinan dan hubungan anda. Hubungi dia di (ekpentemple@gmail.com)

    BalasHapus