01 Juli 2019
Pesawat CN-235 220 pesanan Angkatan Darat Nepal (photo : Abdiel IR)
AIRSPACE REVIEW (AngkasaReview.com) – Pernah mengalami masa-masa sulit di awal Era Reformasi di penghujung tahun 1990-an hingga awal 2000-an, PT Dirgantara Indonesia (PTDI) perlahan mulai bangkit.
Pabrik pesawat yang telah tiga kali bersalin nama ini mulai bergairah lagi, disibukkan dengan proses pengerjaan pesanan pesawat andalannya NC212i-400 dan CN235-220.
Setelah menyerahkan CN295 Special Mission pesanan TNI AU (27/6/2019), pabrik pesawat asal Paris van Java ini tengah menuntaskan pengerjaan sebuah CN235 pesanan Dinas Penerbangan Angkatan Darat Nepal dan satu unit NC212i pesanan MoAC (Ministry of Agriculture and Cooperatives) Thailand.
Kedua pesawat kini tengah menjalani uji terbang intensif oleh PTDI sebelum diserahkan kepada pemesannya.
Bagi Sobat AR yang tinggal di sekitar wilayah Bandara Husein Sastranegara, pasti tak asing dengan lalu lalang pesawat berlabur warna hijau ini (belum menggunakan livery pemesan).
Pesawat pesanan AD Nepal mendapatkan nomor registrasi pabrik AX-2347 dengan nomor serial N-68 (produksi seri CN235 ke-68 oleh PTDI).
Sementara NC-212i pesanan MoAC Thailand memperoleh nomor registrasi pabrik AX-2124 dan nomer serial N-116 (produksi seri NC212 ke-116 oleh PTDI).
Proses pembelian CN235 untuk AD Nepal ditandatangani pada 16 Juni 2017 di Markas Besar AD Nepal di Kathmandu dengan nomor kontrak No. MGO/Fixed Wing/073/74/65.
Pesawat CN-235 220 pesanan Kementerian Pertanian Thailand (photo : Abdiel IR)
Penandatanganan kontrak dilakukan oleh Mayjen Purna B. Silawal selaku Master General of Ordnance (Provision) AD Nepal dan Budi Santoso selaku Direktur Utama PTDI pada masa itu.
Khusus untuk pesawat CN235, selain tengah menyelesaikan uji terbang pesanan AD Nepal, PTDI tengah menyelasaikan proses manufaktur CN235 MPA (patroli maritim) pesanan AU Senegal. Pesawat dengan nomer serial N-69 dan dinamai Senegal-2 ini hampir selesai dirakit dan selanjutnya siap untuk di uji terbang.
Seperti diketahui, pada Desember 2016 PTDI telah menerbangkan (ferry flight) CN235-220M pertama pesanan AU Senegal. Pesawat versi angkut multiguna bernomor registrasi AX-2344 tersebut diberangkatkan dari Bandung menuju Dakar, Senegal. Penerbangan memakan waktu 11 hari ini menyinggahi negara Sri Lanka, Maladewa, Pakistan, Arab Saudi, Sudan, Chad, dan Burkina Faso.
Sementara untuk seri NC212i dipesan oleh MoAC Thailand sebanyak dua unit. Pesawat kedua nomor serial N-116 dalam proses penyelesaian perakitannya.
Sebelumnya pada November 2016, PTDI juga telah menerbangkan sebuah CN235 pesanan Polisi Udara Thailand (RTF). Pesawat berregistrasi AX-2343 ini diterbangkan dari Bandara Husein Sastranegara di Bandung menuju Bandara Internasional Hat Yai, Thailand.
Hingga saat ini PTDI telah berhasil memproduksi dan mengirimkan 67 unit seri CN235 dan 114 unit seri NC212.
Selain untuk kebutuhan dalam negeri, kedua pesawat juga diekspor ke manca negara.
Tercatat sebagai pengguna adalah Venezuela, Senegal, Burkina Faso, Uni Emirat Arab, Pakistan, Turki, Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Brunei Darussalam, dan Filipina.
(AirSpaceReview)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
MALON SEMAKIN DI BELAKANG
BalasHapusMalon di ayam2kan AU senegal beli CN235 MPA...malon MPA nya pakai balon di kasih kamera je.π
HapusBetul,malon miskin telah diayam2kan senegal yg telah beli CN-235 MPA PT DI,malon miskin tiada MPA πππ
HapusLiang tai anak haram cinak keluar lagi
HapusMalon tampal stiker TFX pakai capcay
Hapusπ·π· Aseng sudah pada makan dedak campur tai??
BalasHapusKini lagi siap-siap nyolong kekayaan NKRI ya?
Mau dibawa kabur ke negeri komunis Cina apa mau ke negeri singoucrit?
Halo pemakan tai babi, ,pulang sana ke negara asal kamu malongsia,, ,budak2 melayu sdh mau punah tuh krn kebanyakan komunis china yg bermukim di sana, usirlah mereka jgn urus di mari
HapusBocah@ seng iki kartu kluarga ne anggota ragunan..πππππ€£π€£ Tiap dino kok π·..
HapusKetua suku aka babi taik seng aq cabar ko
HapusMaknya pernah dirogol cina itu om pit makanya dia dendam
Hapusπππkasian liang taik seng emaknya pernah di rogol cina,berarti liang taik seng anak haram dong πππ
HapusOh ini yg ngaku ngaku suaminya perwira TLDM, hanya homosex yg doyan dengan sejenis
HapusLho haibat sangat iki lanang kawin lanang malon modern
HapusYa Allah,knapa kalian saling caci maki,kita bangsa serumpun terpecah belah karna ulah orang2 eropa.mari bicara dengan bahasa yang santun.
HapusKalo masa kayak gini aja ngomong serumpun, coba punya uang sedikit hadehhh sombongnya minta ampun, belum lagi perbuatan yg paling hina yaitu menusuk dari belakang ketika kami Indonesia dalam keadaan lemah, kami memaafkan tapi sampai kapanpun kami tidak akan lupa apa yg kalian perbuat.....
HapusLumayan awal semester ono penjualan anyarππ
BalasHapusPenerbangan memakan waktu 11 hari ini menyinggahi negara Sri Lanka, Maladewa, Pakistan, Arab Saudi, Sudan, Chad, dan Burkina Faso.
Hapus---------------------------
11 hari yg melelahkan, cuman ada satu pertanyaan sech gaes, ituw pesawat ngapaen yak ke maladewa?
kan uda ke srilangke, hrsnya tinggal terus aja ke mumbai lanjut pakistan..ini uda sampe srilangka turun lg ke maladewa haha!π€£π€£π€£
lagi mo leha2 apa bawa pnumpang gelep?...konon babehnya om smiling hobi ke pulau yg nama bekennya maldives ituw haha!π€π€π€
jet skiii enyakkk disonooow haha!π€π€π€
Namanya jga sekalian perdinππ,11 dino kuwi suwe mas..kudhu refresing moto lah ben ora beleen goro2 mandheengin indicator,...π§ππππππ
HapusSambil Jualan dan promosi kali bang....kan mayan
Hapus=========================
Laris manis bayar pake wang ya... Tak terima bayar pake minyak...karena kami sudah punya minyak
BalasHapusπππ
HapusPesawat produksi CN 235 yg ke 68 & NC 212 yg ke 116...malon sudah produksi pesawat yg ke berapa...???
BalasHapusMalon sudah bisa produksi stiker buat di tampal je bro πππ
HapusBiar malon gak produksi pesawat yang penting mereka lebih rajin RFI kumpul2 brosur sampe 10 kilo jual buat beli pesawat
HapusJangan lupa stiker di tampal di jidat sigempur juga tuh. Stiker kha fa ro...ππππ
HapusKok yang beli negara itu2 saja, negara gred A kok gak kedengaran pesan apapun tak tertarik,atau tak de wang?
BalasHapusGk ada Wang bro,beli LMS pun mesti utang ke cina 25 tahun πππ
HapusKis min nya terlaaalu sampai ga bisa belanja senjata dan equipment nya....., Sudah di belakang philipin, Myanmar, Laos, campuchea
HapusSedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.
BalasHapusSeperti padi, kian berisi kian merunduk.
jadi gunshipnya mana nich fetedei haha!π€¨π€¨π€¨
Kemarin di LIMA CN-235 versi gun ship dah ditunjukin ompal
Hapusnyoih, maksudnya yg uda jadi om pit, bkn mokap. katanya bulan juni prototaipnya nongol eh skrg juli yak haha!πππ
HapusDah banyak itu. 116 + 69 = 185 unit fix wing.. Belum helo series, Belum nanti n219, kfx, dll.. Kilang pesawat mana yg masih bertahan coba.. Bisa dihitung jari.. Masih bisa berkarya aja dah heibat sekali pt di...ππ
HapusSabar mas.. πππππ
Hapushmmn tergantung dari sisi mana melihatnya om songlaps haha!π€π€π€
Hapuspabrik yg di sepanyol uda produksi lebih 200an cn 235 om selama lebih 35an tahun jenis ini kolaborasi bareng fetedei haha!π€π€π€
dan pabrik sepanyol dapet fesanan india buat c-295 lgs 50-an bijik, sehingga produksi pabrik jadi lebih dari 220an dlm 20an tahun trakhir.
jd bisa diliat kan statistiknya?
dari situw kliatan pertumbuhannya lambat diawal, tp lama2 mulai naik per jenis pesawat.
entahlah ini pesawat uda balik modal blom haha!πππ guwe gak tau dulu modal kerjanya berapa ini pesawat, mungkin om smiling dkk yg tau, secara taon 80an lg nakal2nyah haha!π€£π€£π€£
ini contoh cerita investasi:
Hapusdulu perna guwe tulis, ada perusahaan swasta diluar fetedei, yg akan produksi pesawat komuter, konon butuh $ 1-1,5milyar dolar buat utk fase pengembangan ampe jadi prototaip & sertifikat mnurut pemiliknya.
diklaim pesawat ini antreannya uda lebih 150an bijik.
pertanyaannya balik modal butuh brp pesawat itu yak?
klo pesawat yg ada dipasaran 25-30jt dolar.
asumsi kasar bila utg bersihnya $2.5jt/bijik maka bagi pemilik modal silakan itung sendiri butuh berapa ratus pesawat kira2 haha!πππ
contoh laen:
sementara patnernya jalanin proyek c-295 sendiri, kita py proyek ambisius n-250, uda kluar duwit $2 milyar dolar(bisa banyangin itu duit pada jamannya) itupon masi kurang 15% lg buat sertifikat mnurut mantan bosnya lho?
trus tiba2 kolaps.
siyalnya uang sebanyak ituw ditanggung 100% pemerintahan ri. kebayangankan kapan balik modalnya klo harga pesawat dijaman ituw setara $10-15jt.
butuh brp produksi, berkaca ama c-295 yg didukung erbas aja baru laku 200an ampe skrg haha!π±π±π±
klo imf gak se-7 duwit mrk kesedut proyek mnurut guwe ituw hak mrk, duwit2 mrk kok haha!πππ
yg heran uda tau imf ogah, iptn aka fetedei kok gak nyari sumber keuangan lain yak buat proyek mrk sendiri, klo emg untung menurut perhitungan mrk, pdhl tinggal dikit lho.
apa diduniya gak ada lembaga keuangan yg bersediakah membantu? ampe saat ini kyknya jarang lembaga keuangan duniya ngasi modal buat pabrik pesawat. dan rata2 pabrik pesawat pada bangkrut soalnye haha!πππ
mumet soal investasi, kyknya enakan ngayal gaes haha!π€π€π€
Hapussilakan pake imajinasi sendiri gaes.
itu duwit $2+ milyar dolar milik ri yg ludes. klo gak bikin n-250 bisa jadi brp f-16 ama sukhoi ato alutsista apakek kesayangan kleian haha!π€π€π€
dijaman 90an, f-16 konon dipatok $30juta/bijik, nah si suki lebih murmer lagi kyknya, lg bu soalnye haha!πππ
silaken berkhayal duit $2milyar gaes, disana gunung disini gunung, ditengahnya ada apa gaes haha!π°π°π°
Ada om pal lagi ngayal laah..πππ
Hapusmabuuukkk ikan asin tepatnya om haha!πππ
HapusBagi Sobat AR yang tinggal di sekitar wilayah Bandara Husein Sastranegara, pasti tak asing dengan lalu lalang pesawat berlabur warna hijau ini (belum menggunakan livery pemesan).
BalasHapusTAPI SAYA TIDAK BOLEH DATANG DEKAT PESAWAT ITU, WALAUPUN RUMAH SAYA HANYA BEBERAPA RATUS METER DR PT.DI.
TIDAK SEPERTI TETANGGA SEBELAH YAG KERJA DI PABRIK ISUZU ITU......
WKWKWKWKWKWKWK....
Tepatnya : kerja administrasi Isuzu karena pernah sekulah..ππππ
Hapus-ugly
π Masak pabrik militer bisa di masukin orang luar tanpa pas khusus?
HapusOrang2 grade A ini memang bodohnya nggak ketulungan. Apalagi bisa dilihat dari luar. Itu kalau sampai terjadi direktur produksinya benar benar idiot.
Dia kan security atau ob bro...
Hapuspunya orang dalem kok mas
HapusSekolah kok cuma bs jd admin doang,pasti dia cuma lulusan SMK deh,low education masih πππ
HapusNgakunya kerja di IZUZu yang sebelahan dengan deftec. Mana bisa lihat proses produksi. Pengalaman saya di industri strategis termasuk minyak, gas, atau petrokimia nggak mungkin bisa masuk
HapusAda yg kena "Efek Ikan ASIN' Gak d sni??
HapusOjo2.. kui pabrik Isuzu melu2 mambu iwak Asin jugaa koyone
Hahahahaha
HapusTerbaik Broooo
wkwkwkwkwkwkwkwkwk
Waaaah mas boyπ±π±π±... Sekali muncul lsg dgn ucapan paling viralπ³π³π΅π΅π΅π€π€π€
Hapusmari semedi kok mas boy
Hapus"Dekem karo bajo' mas@van muttππππ
Hapus#efekseringdinasluar'
Jangan kan admin isuzu, tukang gorengan aja bisa masuk dalam deftech, apa yang mao di tutup tutupi kilang tempek sticker doangan
HapusBwahahhahahahaahahhaππππ
Iya benar om essen sy aja yg pernah mengunjungi PT.DI & Pindad...security checknya aja beberapa lapis + ada restricted area yg hanya boleh masuk pas khusus...bukan asal sembarang masuk aja...wkkwkkwkk
HapusAku yakin si xavier itu orang jawa.. Sebab dia ngaku orang "dalem".. Sekarang aku lg di solo makan di RM dapur solo setiap aku perintah sesuatu pasti pelayannya bilang "Dalem pak".. Aku jadi ketawa sendiri inget si Xavier yg ngaku dalem di kilang Usuzu... πππππ
HapusMalon..ilmunya enggak nyampe gaes utk bikin pesawat....bikin RC Nyamook sudah hebat bangeet..π π
BalasHapusWahhh...kurang wawasan ente bro...
HapusMalon dh bisa bikin kondom bergerigi khusus lubang dubor...rasanya geli2 gatel gt...coba tanya gempurhomo dia dh tes d dubornya...
LoL
Di Indonesa UAV nyamuk tuh cuma jadi mainan anak tadika πππ
HapusAIROD seberang senyap jer.. tak ada pesanankah... jom kita ke kedai kopi bagi duit projek nyamuk yang siap dibina.. kahkahkah
BalasHapusAirod pemalas bung BT modif 1 pesawat aja 3 thn ky bikin pesawat aje didatangin kasau baru selesai makanya kemarin menhan nego ke LM sxan beli versi J n chinox alhasil GMF dapat izin perbaikan mantap jiwa malon semakin tertinggal jauuuuh
Hapus3 taon mah cepat itu om 1 jam kerja 1 jam selfi 6 jam melancap 3 taon jadi ( jadi homo 1 negara)
HapusWhaaaaaa hahaha......kasimaaan si Malon yg tak pernah tahu diriπ
Hapusπππ MRO 1 biji pesawat pun butuhkan masa 3 tahun,tuh engineer malon kelamaan melancap je sehingga kerjapun tak de hasilπππ
Hapus6 Jam Melancap ...???..... wooow...apa barang diberi casing HP bung...hahah
Hapus============================
MRO Malon Dari 8 jam kerja 4 jam ngepel 2 jam selfie cengengesan 2 jam nya liat tutorial youtube bongkar engine
HapusBwahahahahahhahaha....ππππ
Penting selpi dulu biar jadi malon beken edisi lelaki cari suami
HapusMRO 3 tahun sebagai service center koq terkesan lama penerjaannya..tuh di apain aja herkynya..setau ane di indo overhoul service berat mulai bongkar sampai pasang cat baru cuma 2 tahun di sathar.
HapusBukan buatan airod?
BalasHapusTipu lar...nie buatan airod
BalasHapusπππ
HapusTak boleh...?tak boleh ini pasti airod punyer
BalasHapussuwandaru detected... ππ
Hapussuwandaru detected... ππ
HapusAirod bina macam nie cukup 1 minggu jer
BalasHapusIye bro,tuh dalam mimpi je πππ
HapusBolehlah malon punya AIROD namun indonesia juga punya MAKEROD dambaan tiap lelaki didunia add size no problem. konon banyak pasien malon jugaπ
BalasHapusπππ
HapusTapi pasien sono pakenya beda laah..buat ke lubang eek...πππ
HapusForward aja. Dyard Dagang Masih ingat akhir tahun lepas Bousted keluar statement pasal brg dari US ni jd penyebab LCS xleh bwk utk LIMA19. Semua tu alasan memperbodohkan kerajaan je. Kalau basic construction mcm wiring dan piping pun sampai sekarang x masuk lagi,dia nak cerita pasal brg engine integration bagai?? Cukup2 la bousted duk menipu kerajaan dan rakyat...
BalasHapusZzu Uzz min. sy terlibat direct project ni. mmg delay truk. bkn nk tuduh or buruk2 kan, tapi pd pandangan saya, ada beberapa unsur “tak kompeten, tak professional, tak layak” terutama dlm pemilhan sub-kon & kontraktor. tp apa sy tau, sy hanya kuli batak company 100 tahun dari USA yg terlibat hampir smua persenjataan USA, Nato & sekutu... bkn mcm sub-kon yg x smpai 5 tahun wujud, tiada “related past experiences” mahupun fasiliti yg busuk2 pun “masuk akal”, bkn mcm kilang besi buruk tepi sungai kim kim tu
HapusRealnya problem boustead yg bikin KD maharajalela delay. Wkwkwkwkak...... GEMPURWARIA cs bisa kasi respon balik. Waktu dan tempat kami persilakanπ
HapusTak lepas dari songlap dan Mark up untuk Wang kopi. Bwahahahahaha... Malon Malon.....
Hapusjgn2 kl diembargo amrik om but. ipm tak jelas, heli telat eh tiada kejelasan. jgn2 soal duwit ppulak haha!π°π°π°
HapusTanggapan Gempurwira soal kacaunya Boustead & Maharajalela = Papua OPM Papua!
HapusBhwakakakak..Gepurwideot π
Maklum ternyata bininya si gempoor pernah di kongkek opm pak.. Sakit hatinya gak ilang ilang..πππ
HapusMALAYDOG MELAYU BERAK DI CELANA,,,,, BANGSA MELAYU BANGSA BODOH LA, PENYAMUN PEROGOL PENAGIH DADAH, PENCURI,, PEMALAS,, ORANG ORANG CINA SAJA BANYAK MENHINA BANGSA MELAYU KARNA KEBODOHANNYA,,,
BalasHapusaku nak tau pola pikir otak malon yang bisa bina pesawat terbang sekaligus ekspor lebih haibat dengan yg cuma bisa servis aje,yang bisa bina kapal perang dan ekspor lebih haibat yg bisa servis,yg bisa bina kapal selam,yang bisa buat tank,ranpur 6x6,4x4 yg bisa diekspor lebih haibat dari yang tampal stiker,kalau mau buat perbandingan dengan timor leste atau vanuatu aq nak percaye malaysia lebih unggul
BalasHapusGempur...mana GemPur ...(Gemar Dupur)
BalasHapusGak sopan mao di bully gak nongol kabur !!
Gempoor masih ngamen di terminal nanti juga muncul klw dpt wang
BalasHapusEsiabet adalah Salah Satu Bandar Situs Judi Online Uang Asli Terbersar & Terpercaya
BalasHapusDisini kamu jangan pernah takut untuk WD Gede...
Karena berapapun kemenangan anda pasti di bayar !!
Kelebihan ESIABET
SPESIAL BONUS :
- UANG TUNAI SEBESAR 2.000.000
- BONUS MEMBER BARU 20%
- BONUS CASHBACK MINGGUAN 5% - 10%
- BONUS NEXT DEPOSIT 5%
- BONUS ROLLINGAN POKER 0.5%
- BONUS REFERRAL 5%
- Mega Jackpot Rp 60 JUTA
Permainan di ESIABET 1 ID untuk Semua Games :
π° SPORTBOOK
π° LIVE CASINO
π° POKER ONLINE
π° TOGEL SGP
π° SABUNG AYAM
π° SLOT GAMES
Minimal Deposit & Withdraw 25.000
Support bank BCA, Mandiri, BNI, BRI
▬▬▬▬
π€³Hubungi kami segera :
☎Whatapps: +855 96 844 6193
π±LINE : SENTABET888
π±IG = BANDARESIABET303
Link Alternatif :
◘ www,esiabet,live
◘ www,esiabet,club
Versi Mobile :
◘ m,esiabet,live
◘ m,esiabet,club
▬▬▬▬
DAFTAR .. BERMAIN .. dan MENANG‼ππ
Normalnya 18 bulan, kalau lebih dari 18 bulan artinya masih lambat
BalasHapusSenegal punya Wang nak beli pesawat MPA....why malasia kalah dg African country...π
BalasHapusBelajar dg Senegal cem mn cari Wang la... π
HapusMalon miskin berpisah tiada la..ππ
Hapus