25 September 2020

3,600-ton South Korea's Sub Installed with Lithium-Ion Batteries to be Delivered in 2026

25 September 2020

New 3.600 tonnes submarine of South Korea (all photos : NavalNews)

SEOUL -- A 3,600-ton submarine installed with lithium-ion batteries will be delivered to South Korea's submarine fleet in 2026. Lithium-ion batteries are more power-efficient, take up less space and improve underwater navigation capability and high-speed maneuvering compared to conventional lead-acid batteries.

South Korea has carried out the preliminary design of a diesel-electric submarine carrying lithium-ion batteries. A prototype for performance verification will be produced by the first half of next year, according to the Defense Acquisition Program Administration (DAPA), a state body controlled by the defense ministry.

South Korea has a three-stage project to develop a fleet of submarines. Through the first phase, nine 1,200-ton diesel-electric submarines have been built with technical help from Germany’s Howaldtswerke-Deutsche Werft (HDW). The second phase calls for the construction of six 1,800-ton vessels. Through the third phase, submarines of 3,000 tons or more are to be built with indigenous technologies.


The first 3,000-ton submarine unveiled in 2018 carried lead-acid batteries which are relatively inexpensive and reliable. Submarines using lead-acid batteries surface regularly to vent poisonous fumes created in the processes of cooling and charging. DAPA was upbeat over the development of lithium-ion batteries, citing advanced technologies accumulated by South Korea's battery industry.

Still, safety and reliability will be prioritized for the development of lithium-ion batteries for submarines, DAPA said, adding that a harsh test environment was set to prevent explosion during research and development. Before loading lithium-ion batteries into submarines, DAPA said it would verify performance and safety at land test sites

With the development of lithium-ion batteries for submarines, South Korea can strengthen submarine performance and secure competitiveness in large-capacity lithium-ion battery technology, Cho Dong-jin, who is in charge of DAPA's submarine development, said in a statement. "We expect to gain an edge in submarine exports in the future, considering the global competitiveness of our lithium-ion batteries."

156 komentar:

  1. "Mas @superhind, kalau mau ikut ngobrol, silahkan narasinya yg agak panjang.....kalau singkat gini, susah nanggapinya 🤔"

    SuperHind25 September 2020 13.31

    Peh sampean ki opo melu rundingan ng kotrak e kfx/ifx mas? Smpean seng tanda tangan kontrak po?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yesss....pertamax, rejeki anak soleh 😂

      Hapus
    2. Katon solehe seko ngendi Pak, ra tau dolan neng kemukus soleh pora ? Ming guyon Pak ampun misuh mangke mboten dibparingi cantrikwati sing hehehehe ..

      Hapus
    3. Bapakku ki asmane Amat Soleh, mas......😂😂😂

      Hapus
    4. odading mang oleh....
      rasanya anj*ng banget !!!

      Hapus
    5. Odading, yen neng kampungku, jenenge galundeng......tur le produksi biasane isuk-isuk pas tangi tiru kae 😷

      Hapus
    6. Mbah Gono kae yo produksi "galundeng" lho mas....adate yen bar tangi turu kae, gage produksi neng pabrike mburi omah, neng gir kali 😷

      Hapus
    7. Jare malon nek nggawe galundeng ki ratau wituh, meatine ambyar lha wong silite wis ajur di nggo ngono ngonoan ... Jare

      Hapus
    8. Bener kui....mergo "kenyotane" wes ra maksimal, mulo ambyar terus 😂🤣🤣

      Hapus
    9. Ora sah angel" nek bales i mas. Mok bales i oke ae aku wes seneng

      Hapus
  2. "BREAKING NEWS: " Diam-diam korsel melakukan uji terbang KFX (bukan IFX !!!) .....saking geramnya dengan perundingan yg berbelit-belit 😰😰😰"

    https://youtu.be/HgeFCCmyqQE

    BalasHapus
    Balasan

    indONEsia_satu (id.wikipedia.org/wiki/Daftar_suku_bangsa_di_Indonesia)25 September 2020 14.02

    ..
    Oh.. iya...!!!
    sudah saya cek link youtube-nya...!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ki lo asline

      kaefex....
      ipeex

      Saab F-39E Gripen Do Flight Testing

      Hapus
    2. ..
      Hahahaa...
      Kejadian 'kan..?..
      bung@Hari kena umpatan orang banyak....
      Wakekekek....Wkwkwkwk...

      Hapus
    3. Saya gak ingin berdebat kusir isi kontrak yg dikatakan wan prestasi.
      Saya hanya menggaris bawahi posisi SBY yg kang Hari ributkan itu dimana?

      KFX/IFX ini kan prosesnya melalui 3 fase kang. Fase pertama sdh dilewati dan kewajiban Indonesia pd fase ini sdh dibayar krn masih berjalan on the track.
      Yg bermasalah itukan di fase ke dua. Penundaan dari pemerintah Indonesia di Agustus 2015. Krn DAPA yg diserahi tanggung jawab pengembangan KFX/IFX melaporkan pihak pemerintah AS menolak menyetujui transfer 4 teknologi kunci dan tidak menyetujui transfer teknologi ke Indonesia yg bukan sekutu AS. Letak salahnya SBY disini dimana.?

      Masalah pihak 3 dan ke 4 itu ada dibawah tanggung jawab DAPA donk, sebagi pihak yg ditunjuk pengembangan KFX/IFX. Artinya kontrak berlaku antara DAPA dan LM,
      Dan penunjukan LM pun mengalahkan semua kontestan diantaranya EADA dr uni Eropa dan Boeing dr AS. Ini kontrak yg berdiri sendiri. Sementara kontrak pengembangan pespur KFX/IFX itu antara pemerintah RI dng pemerintah korsel menunjuk DAPA.
      Begitu transfer teknologi gagal didapat, masa kesalahan pihak DAPA dijadikan kesalahanan SBY.? Lucu banget kan?
      Indonesia pd saat MOU gak tau klo yg terpilih oleh DAPA itu LM, krn melalui proses pemilihan. Jd menurut kang hari yg salah kontrak antara pemerintah RI dan Korsel yg dibuat jaman SBY gitu.? Kaitannya dimana.?

      Hapus
    4. Isi komen saya bukan menunjukkan saya pendukung SBY, cuma mau nanya, dr penjelasan itu korelasinya dng SBY itu dmn.?

      Hapus
    5. Iya mas, diawal sudah bilang males melayani debat mbulet ala di indomil.....🤗🤗🤗

      Hapus
    6. Ya sdh kita debat ala di JKGR aja kang hari....🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    7. Komen di artikel sebelumnya sudah cukup jelas 🤗🤗🤗

      Hapus
    8. Yg mana.? Aku gak sempat lg buka disebelah. Barusan mampir ke indomiliter soale......🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    9. Entok dalam perahu......etok-etok tidak tahu 😏

      Hapus
  3. Semoga kasel changbogo batch II yg lagi menggunakan teknologi AIP baterei Lithium Ion. Aaamiinn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo cuma baterai jangan risau Indonesia punya baterai nuklir bikinan ugm

      Hapus
  4. ...buat Mas Smile, Mbah GONO, ESSEN, Sri dll...joget yuch ach ;

    MANTAN DJANCUK by Kalia Siska feat SKA 86

    👇👇👇

    https://youtu.be/z9nle01XI_A



















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
  5. Saya kira kfx/ifx dah dipersiapkan dgn matang dari A sampe Z sebelum teken perjamjian dgn Korea. Kita percaya mereka bukan kaleng2.

    Check this:

    ....
    Tidak hanya bersiap diri dari segi infrastruktur, Indonesia juga sudah mulai mempersiapkan sumber saya manusia sejak beberapa tahun lalu untuk mendukung proyek pengembangan pesawat tempur modern ini. Pemerintah Indonesia dan PT Dirgantara Indonesia dikabarkan telah mempersiapkan sekitar 200 sampai 300 orang tenaga ahli untuk dilibatkan dalam mega proyek militer Indonesia ini. Namun jumlah tenaga ahli yang banyak ini akan datang ke Korea Selatan secara bertahap selama 10 tahun kedepan. Namun ada juga tenaga ahli yang akan terlibat selama 10 tahun sejak awal.
    Sebagian dari antara tenaga ahli dari Indonesia ini sendiri akan disekolahkan terlebih dahulu keluar negeri terutama ke Negara Eropa untuk mempertajam ilmunya, sebelum terlibat langsung dalam proyek ini. Tambahan ilmu yang mereka dapatkan dari Negara Eropa ini diharapkan akan menjadi tambahan nilai positif untuk pengembangan pesawat tempur Indonesia dimasa mendatang ini.
    Jumlah tenaga ahli Indonesia yang terlibat dalam fase kedua yang disebut dengan fase Engineering and Manufaturing Development (EMD) ini jauh lebih banyak dari fase pertama (Technical Development Fase) yang hanya berjumlah 52 orang ketika itu. Fase pertama (Technical Development Fase) sendiri berlangsung selama 18 bulan dari tahun 2011 sampai 2012 yang lalu. Sedangkan fase kedua (EMD) ini akan berlangsung selama 10 tahun dengan melibatkan 200-300 tenaga ahli Indonesia.
    Tidak hanya tenaga ahli kedirgantaraan saja, pihak militer Indonesia juga sudah mempersiapkan beberapa orang pilot dari TNI Angkatan Udara sebagai pilot uji pesawat tempur ini nantinya. Dikabarkan saat ini sudah dipersiapkan 5 orang pilot uji untuk pesawat tempur KFX/IFX ini nantinya. Kelima orang pilot ini dikabarkan sudah memiliki kualifikasi dan jam terbang cukup dengan pesawat latih KT-1B Wongbee dan T-50i Golden Eagle.
    Tidak hanya sampai disitu saja, kelima calon pilot uji pesawat tempur KFX/IFX ini juga sudah diskolahkan secara khusus di S1 Teknik Penerbangan – Institute Teknologi Bandung (ITB). Hal ini dilakukan agar kelima calon pilot uji tersebut juga dibekali dengan ilmu penerbangan yang memadai selain kemampuan sebagai pilot pesawat tempur.
    ....
    Jika ada dispute, pasti seputaran teknologi kunci (dari US) yg tidak bisa diakses oleh pihak Indo. Dan memang isu ini sudah mencuat sebelumnya.

    Logicnya, gak mungkìn orang2 yg sangat berkompeten di bidangnya yg melibatkan uang dan sdm yg besar, buat perjanjian asal2an/setengah matang!

    🤗🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya manusia memang tempatnya salah dan khilaf mas.....🤗

      Hapus
    2. Setuju, ptdi punya program mirroring project, apa yg di kerjakan si KAI juga di kerjakan di PTDI saya yakin karena masalah share teknologi kunci yg jasi penghambat, nudah mudahan ada jalan yg terbaik buat bangsa ini, amiin.

      Hapus
    3. Langkah Indo sekarang adalah "buying a time".

      Jika cost sharing dibayar penuh, namun teknologi kunci tidak bisa didapatkan/diakses/dipelajari...dan kemudian diganti dgn yg KW....? Rugilah awak!

      Saya kira langkah Indo menunda pembayaran dah tepat! Sambil melihat sejauh mana produknya sesuai/tidak dgn rencana!

      Jika sesuai, bayar penuh!
      Jija tak sesuai, kurangi pembayaran!

      ☝😤

      Hapus
    4. "Ini salah satunya 👇"

      Namun, pada Juli 2020 Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sakti Wahyu Trenggono sempat buka-bukaan mengenai nasib proyek ini ke depannya. Meski tak secara eksplisit menyebut bahwa proyek ini batal, namun dia menyampaikan bahwa benefit yang didapat Indonesia dalam proyek ini tak terlalu signifikan.

      Hapus
    5. Mau nanya nih, R-80 PT DI itu proyeknya bakalan lanjut apa nggak ?

      Hapus
    6. Opini "buying time" semakin mempertegas adanya klausul kontrak yg disusun dg tidak cermat, tidak bisa mengantisipasi adanya potensi kendala di depan dan diujungnya merugikan kita sendiri 👉👉👉 paling tidak kita kehilangan opportunity cost ☝️

      Dan sebuah proyek yg diulur-ulur krn adanya kesepakatan yg merugikan akan semakin merugikan karena selain kehilangan opportunity cost juga teknologinya sendiri akan semakin usang termakan waktu 🤗

      Hapus
    7. Bung @RBL

      Bukan teknologi kunci yg diributkan, klo itu gak dikasi saya kira ya sangat wajar. Tp yg dituntut itu 21 teknologi sisanya.
      Logikanya share indonesia walau cuma 20% dana yg digelontorkan, tp program itukan dibiayai bersama. Artinya 21 item itu klo toh hrs dibagi berdasarkan sharing,paling tidak kita dpt 5 - 6 item yg menjd bagian kita. Bukan semua diambil korsel. Tp korsel berdalih itu harus persetujuan AS. Klo memng dr awal gak mungkin dpt persetujuan AS, seharusnya DAPA memilih pihak lain sbg kontraktor yg terlibat yg bisa menerima Indonesia tentunya. Tp DAPA abai terhadap itu.
      Makanya yg dinegosiasikan masalah itu melulu. Dan alasan korsel harus meminta persetujuan AS dulu

      Hapus
    8. Indonesia minta bisa jual tapi korea ndak mau mungkin takut kalah saing kayak ssv, tapi kita tunggu aja hasil delegasi Korea yg datang ke Indonesia, kalo Indonesia di depak pasti minta ganti rugi hak intelektual rancang bangun, karena pake mesin ganda adalah rancangan enginer Indonesia, sedang Korea rancangannya single engine

      Hapus
    9. @om smili
      Dan sebuah proyek yg diulur-ulur krn adanya kesepakatan yg merugikan akan semakin merugikan karena selain kehilangan opportunity cost juga teknologinya sendiri akan semakin usang termakan waktu 🤗

      Tapi tidak terbukti!, kfx/ifx jalan terus, tidak ada yg tertunda.

      Buying a time terjadi krn jalan buntu negosiasi, Korea masih kekeh. Telunjuk tidak bisa hanya diarahkan ke Indo!

      Dulu juga 2013 Korea menghentikan secara sepihaķ proyek kfc/ifx padahal Indo sedang bersemangat-semanhatnya!

      Untuk negara yg banyak duit, bayar saja dulu, urusan belakangan.
      Tapi tuk yg duitnya dieman-eman, sebaliknya, clear dulu baru bayar belakangan!

      Ini langkah yg paling aman!

      Hapus
    10. Lha ini, mas @RBL sudah menemukan masalahnya "clear dulu baru bayar belakangan!".......lha dari tadi itu yg dibahas yo soal kesepahaman yg belum clear tapi sudah teken kontrak duluan 🤗

      Hapus
    11. Karena kalau berurusan dg pembelian alutsista dan sistemnya dari amerika, kita berurusan dg 3 lapis pihak: produsen, pemerintah AS dan konggres.....dan harus clear dulu semuanya ☝️

      Lha kalo kita berpegang pada komitmen salah satu pihak saja yg bukan domainnya.....ya siap terima resiko besar menanti diujung gang 🤔

      Padahal sudah banyak contoh nya : proyek Lavi-israel, proyek pespur jepang, juga taiwan, pembatalan pembelian AEW cina buatan israel oleh amerika dsb.....

      Hapus
    12. https://finance.detik.com/industri/d-2384637/ri-korea-akan-buat-jet-tempur-canggih-bj-habibie-itu-salah-dan-omong-kosong

      Hapus
    13. "Lha dari tadi ya soal itu yg dibahas......kok dulu gampang banget kita percaya dg janji korea sampai teken kontrak, padahal dalam hal akuisisi sistem persenjataan dari amerika itu domainnya 3 lapis pihak : produsen, pemerintah amrik dan kongres ☝️.

      Terlalu percaya janjinya makelar .... ..mbulet ae bang ruskey 🤦🤦🤦"

      bang Ruskye25 September 2020 14.38

      Bung @RBL

      "...... Tp korsel berdalih itu harus persetujuan AS. Klo memng dr awal gak mungkin dpt persetujuan AS, seharusnya DAPA memilih pihak lain sbg kontraktor yg terlibat yg bisa menerima Indonesia tentunya. Tp DAPA abai terhadap itu.
      Makanya yg dinegosiasikan masalah itu melulu. Dan alasan korsel harus meminta persetujuan AS dulu"

      Hapus
    14. smilinghari21225 September 2020 11.30

      Tanpa menyertakan link saja sudah ketahuan dimana bolongnya.....seperti yg saya tulis diatas ☝️.

      "Anda melibatkan pihak ketiga (LM) (dan keempat 👉 dalam hal ini kongres USA/Pemerintah USA) dalam kontrak KFX/IFX....tapi tanpa diikat kontrak, maka jika belakang hari terjadi wanprestasi oleh pihak yg tidak tercantum dalam klausul kontrak, maka kesalahan sepenuhnya adalah ditanggung oleh pihak yg tercantum dalam kontrak.....simple kan ☝️

      Cuma dugaaan lho ini.....mungkin bang ruski belum pernah meneken kontrak kerjasama atas nama anda sendiri (diluar polis asuransi, kredit kendaraan dsb), tapi kontrak kerjasama antar 2 perusahaan/institusi.....dan anda adalah pihak yg meneken kontrak tsb 🤔

      Kalo sudah pernah ....pasti mudah memahami 🤗

      Hapus
    15. Waktu tanda tangan kontrak kan blom terpilih kontraktornya boss, setelah fase 2 baru diselwksi kontraktornya boss. .

      Hapus
    16. "Mbuh aku sing silap mata opo kepiye......iki link juli 2014🤔"

      https://jakartagreater.com/19918/jet-tempur-kfx-menggunakan-twin-engine/?amp

      Hapus
    17. Om@smili, apakah ada kontrak yg sempurna?

      Selalu ada celahnya. Itulah pada setiap pasal ada pasal pamungkas yg berbunyi:
      ... Jika dikemudian hari terjadi perselisihan (dispute) maka akan diselesaikan secara....

      Nah, utk pasal inilah terjadi negosiasi!

      😊

      Hapus
    18. Mas @RBL itu kan poin-poinnya sudah difokuskan.....tapi kalo bahasannya terlalu lebar ya mentah lagi

      Hapus
    19. Sdh jelas ada masalah malah bilang masalah bisa diatasi. Spy dana bisa dibayarkan.

      https://m.detak.co/detail/berita/sekjen-kemhan-terima-delegasi-dapa-korsel-bicarakan-perkembangan-kerjasama-pesawat-kfx-ifx

      Lha begitu diminta hasil kesepakatan transfer teknologi buat indonesia malah lagu yg sama yg dipake DAPA. Bergantung dr pemerintah AS.....🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    20. Anda melibatkan pihak ketiga (LM) (dan keempat 👉 dalam hal ini kongres USA/Pemerintah USA) dalam kontrak KFX/IFX....tapi tanpa diikat kontrak, maka jika belakang hari terjadi wanprestasi oleh pihak yg tidak tercantum dalam klausul kontrak, maka kesalahan sepenuhnya adalah ditanggung oleh pihak yg tercantum dalam kontrak.....simple kan ☝️

      Hapus
    21. Saya setuju dengan bung hari. Tapi memang sedari awal, isi kontrak kemungkinan besar sangat mengambang/ambigu. Bagaimana bisa membuat kontrak tanpa dijelaskan secara detail mengenai bagaimana mendaptkan 4 + 21 atau plus plus teknologi kunci. Artinya sign kontrak kemaren hanya untuk membuat fus3lage saja. Rugi mamang dek.

      Pengalaman saya sign kontrak dengam kroya kompani ya begitu. Selalu ambigu, bersayap. Akhirnya dispute. Pengadilan. Tapi kalahnya kroya kompany juga dengan indonesia kompany. Bener2 dikadalin sama Indonesia kompani.

      Intinya harus detail, point demi point. Jangan mengambang atau bersayap. Dan paling penting buat dalam 3 bahasa (agar tak salah persepsi). Walau bhs inggris lebih baku artinya. Terkadang jadi celah. Tim legal harus bener2 qulified.

      Hapus
    22. @bang ruskie. Dalam kontrak yang sudah disepakati tidak boleh ada point2 yang seperti yang anda katakan. Kotrak itu harus menyeluruh dan detail serta mengikat. Bagaimanq m3n3ntukan pakai radar apa, kalau kontrak utama saja tidak dijelaskan atau malah tidak ada. Gak mungkin donk.

      Hapus
    23. @RBL. Dalam kontrak profesional tidak boleh ada kata2 tersebut. 7 tahun Pengalaman saya belum pernah lihat ada kata2 tersebut dalam kontrak. Apalagi ini m3libatkan negara.

      Hapus
  6. Yuhuu.
    Yuhuu....malaSyia @putrajaya...?
    Muncul...muncul-lah kamu disini segera..!!
    Ditunggu oleh forumer IndONEsia........



    (sambil bakar kemenyan dan baca-baca mantra)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @indONEsia_satu (id.wikipedia.org/wiki/Daftar_suku_bangsa_di_Indonesia) jangan bung, si goblok nanti malah bacot lagi, males. Bacot tapi nggak pakai data 🤗🤗🤗

      Hapus
  7. Berharap sistem ini di oasang di proyek
    Pembangunan kasel NGPS class batchII amiin😁

    BalasHapus
  8. Dinar candy akui puting sebelah kanan lebih besar banding kiri

    BalasHapus
  9. ..
    Ini Lho....
    Ini Lho senjata-pamungkas IndONEsia untuk menghadapi korea-selatan, dan mungkin masih ada strategi-strategi yang lain.

    Judul berita,
    Indonesia SUSPENDs nickel exports as it eyes domestic processing

    "...Nickel is used in lithium batteries..."

    Industri elektronika (dan baterai) korea-selatan SANGAT...sangat...sangat bergantung kepada mineral NiCKEL.
    ..............................
    IndONEsia salah-satu produsen Nickel-ore (bijih mineral nickel) terbesar di dunia.

    Macam-macam dengan IndONEsia...., maka CUT supply nickel-ore ke korsel....!!!
    ...........................
    Langsung HABiS itu devisa negara korsel, secara pendapatan mereka sangat bergantu dari industri elektronika (dan baterai)

    Link,
    https://www.indopremier.com/ipotnews/newsDetail.php?jdl=Indonesia_suspends_nickel_exports_as_it_eyes_domestic_processing&news_id=1453630&group_news=ALLNEWS&news_date=&taging_subtype=CHINA&name=&search=y_general&q=CHINA,%20&halaman=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini saya s7.. Kroya macem macem pakai jurus mabuk atau jurus ngambek aja skalian.. riview smua kerja sama kroya, nikel stop buat kroya..😁

      Hapus
  10. Kedua Scorpene Malaysia, KD Tunku Abdul Rahman dan KD Tun Razak tidak dilengkapi dengan teknologi AIP (Air Independent Propulsion). Ini artinya varian Scorpene yang digunakan adalah jenis CM-2000 alias basic

    BalasHapus
    Balasan
    1. varian dasar tapi harga AIP om,
      KL mudah digondolin ternyata haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Oiya, diatas sy kutip dr indomiliter

      Hapus
    3. Uangnya di gondol Najib buat beliin Rosmah Handbay Hermes, Berlian dan operasi plastik..

      😆😁😄😂😂🤣🤣

      Hapus
  11. Scorpene Asli : https://en.wikipedia.org/wiki/Scorp%C3%A8ne-class_submarine

    Scorpene basic : https://en.wikipedia.org/wiki/KD_Tunku_Abdul_Rahman

    BalasHapus
  12. SEOUL -- A 3,600-ton submarine installed with lithium-ion batteries will be delivered to South Korea's submarine fleet in 2026. Lithium-ion batteries are more power-efficient, take up less space and improve underwater navigation capability and high-speed maneuvering compared to conventional lead-acid batteries.

    -------------------------------------

    teknologi masa depan, super batre yg yahuddd..

    abis kasel nagapasa, lanjut
    bersama koryo, di jalan yang TEPAT haha!🤓🤓🤓

    2035-kita bikin kasel 3600 ton yuuukk hore haha!🤭🤭🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kasel changbogo batch 2 jadi 2000ton, pake teknologi AIP Baterai Lithium Ion dan VLS rudal jelajah.

      Semoga kasel changbogo batch 3 jado 3600ton,pake teknologi AIP Baterai Lithium Ion dan VLS rudal jelajah.

      Hapus
    2. Kenapa pemerintah kita lebih senang ToT kasel dengan korsel, dibandingkan dengan jepang, Jerman & Prancis..

      🤔🤔

      Hapus
    3. Kerana Korea bersedia memberi pinjaman (export credit) kepada Indon + janji memberikan ToT kapal selam CBG yang diminta Indon ..

      Hapus
  13. Aneh betol Indon ini .. X mahu menepati komitmennya yang sudah ditanda-tanganinya (secara tertulis).. jika ini terjadi di dunia bisnis .. maka salah satu pihak yang dirugikan dapat menuntut kerugiannya melaui proses legal (arbitrase) ...

    Terkait minimnya teknologi yang di dapat .. Jangan mengkambing-hitamkan Korea .. itu adalah kesalahan sendiri mengapa tidak cermat membuat risk sharing agreement yang melindungi posisi indon jika terjadi suatu masalah atau default ...

    Tekait nilai tambah .. apakah Indon tidak sedar diri bahwa nilai tambah yang ddapat PT PAL dalam project PKR 10514 (dengan Damen) dan kapal selam CBG Batch I (dengan DSME) juga sangat keci .. hanya 5% dari nilai kontrak keseluruhan...

    Sekarang pasti anda bertanya mengapa porsi PT PAL sangat kecil .. hal ini terkait karena pembeayaan PKR 10514 dan CBG Batch I hampir 85% adalah pinjaman (Export credit) dari Belanda dan Korea .. jadi bargaining position anda gak sekuat jika anda membeayai kedua project tersebut 100% dari kantung sendiri ...

    Jadi berpikir waraslah dan tahu diri ..Indon X ada wang untuk membeayai pembelian military assets baru ... Sikapa sembang Indon ini mirip dengan proverb melayu lama "Burok Rupa .. Cermin Dibelah" atau "Gajah dipelupuk Mata X tampak .. Tetapi Lalat di seberang lautan terlihat Jelas"

    Indon ini ibarat Orang miskin tetapi masih saja bersikap Bodoh dan Sombong .. X tahu diri ..

    Please don't blame others because of your stupidity .. ... Wake up and Open your eyes .... Hahahaha



    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang lebih Bodoh itu orang yang ngakunya hebat grade A tapi begitu bikin kapal Udah bayar semua gal jadi barang lebih teruk, Bodoh, dungu, bebal, Bego, sok, belagu cuma jadi tong sampah.

      Hapus
    2. ..
      Eh iyaa...
      ini malaSyia sudah muncul kembali.

      Katanya kamu hendak menguasai ASiA-tenggara..?
      Ayo 'lah disegerakan.
      Kami menunggu malaSyia menyerang IndONEsia.
      Hahahaa....

      Saya khawatirkan kamu TAKUT
      dan hanya berani cakap-BUAL saja di media-sosial.
      ...............
      Ayo provokasi kami, tunggu apa lagi.
      Atau serang-lah langsung negara kami IndONEsia.
      'Kan kamu KERAjaan yang dipertuan AGONG malaSyia...?!
      Wkwkwkwk....

      Jangan BANYAK ALASAN 'yah..?!
      Kami tunggu lho BUKTi dari cakap-BUAL KAMU.
      SERiUS ini.....!!!

      Dan kalau kamu merasa TERHORMAT dan TAMADUN dan MULiA.....
      berTARUNGlah SATU lawan SATU, tidak pakai bantuan MAT-PUTEH kulit-putih FPDA.
      ...........
      Katanya suku melayu-nusantara tamadun...
      Jadi jangan bantuan FPDA yang KULiT-PUTiH itu yah...?
      Wkwkwkwkwk....
      ________________________________

      Putrajaya25 September 2020 11.56
      .. Konsep Nusantara kami jauh lebih luas dan agong ..
      ....................
      bukan saja wilayah Malaysia dan Indon saja
      ............................
      .. tetapi juga termasuk Philipina, Champa, Timor Leste, Brunei, Madagskar dan Kepulauan di Pacific) ...
      .........................
      Perlu dingatkan lagi bahwa dalam konsep Nusantara kami ...
      Bangsa Melayu Malaysia pewaris yang syah dan legitimate untuk memimpin seluruh bangsa melayu nusantara .. bukan Indon .. ..

      Hapus
    3. Emangnya scorpene malon beli 100% tunai tanpa ktedit. Malon bahlul sangat nih

      Hapus
  14. Orang yang bijak dan pintar adalah orang yang mahu belajar dari kesalahannya sendiri ...

    Orang bodoh adalah orang yang jika membuat kesalahan selalu menyalahkan orang lain (mencari kambing Hitam)

    Nah silakn anda menilai Indon ada di posisi mana ?


    BalasHapus
    Balasan
    1. "Orang yang bijak dan pintar adalah orang yang mahu belajar dari kesalahannya sendiri"

      Lha terus rakyat malay apa mau menyadari kesalahan nya sendiri setelah merebut ligitan dan sipadan? Brarti rakyat malon bodoh dong, pantes aja kalah bersaing dengan warga asing 🙈🙈

      Hapus
    2. "Orang bodoh adalah orang yang jika membuat kesalahan selalu menyalahkan orang lain (mencari kambing Hitam)"

      Berarti rakyat malon bodoh dong...kesalahan parlemen pemerintah malay sendiri, ehh yg di kambing hitam kan ras kulit putih dan china 🙈🙈🙈malu aku, aku balikan keadaan seperti itu kamu terima tidak?

      Hapus
    3. orang bijak dan pintar bisa buat kapal

      Hapus
    4. Kami X merebut .. tetapi mendapatkannya secara percuma dari Jendral Besar Tun Suharto ...

      Jangan lupa Pulau Sipada LIgitan dan perairan sekitarnya (Blok Ambalat) sekarang menjadi object tourism (diving) yang sangat terkenal di seluruh dunia ..

      Khusus untok Blok Ambalat .. Petronas sudah menanda-tangani kontraks exploration oil and gas yang sangat melimpah di perairan itu .. tetapi sayangnya Indon masih menceroboh Blok Ambalat secara kasar dengan aksi agresi militernya terhadap wilayah rasmi dan legal milik Malaysia dan menyalahi kesepakatan Tun Mahathir dengan Suharto dahulu ..

      Hapus
    5. BIJAK ADALAH MENERUSKAN PROJECT YANG SUDAH JELAA JELAS GAGAL NAMUN DI TUTUP TUTUPI KEGAGALAN NYA DENGAN DALIH MENYELAMATKAN ASET NEGARA YANG SUDAH TERLANJUR MENGURAS KEUANGAN KERAJAAN HINGGA AKHIRNYA PROJECT BATAL, BIJAKSANA BUKAN ? JADI ENGINEER KD MEROGOLELAH ADALAH ORANG ORANG BIJAKSANA ! SETUJU ?

      Hapus
    6. Tentunya indonesia di posisi orang bijak. Sedangkan malon diposisi orang tolol bin bahlul....gitu aja kok bingung...🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    7. 01. Salam bina Monumen kebodohan LCS Maharogolela kapal besi rongsok tak cecah air seharga RM 9 Billion
      02. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA Tambun tempel sticker tak boleh eksport
      03. Salam bina senapan tembak tupai VITA lendir BERAPI
      04. Salam bina tank ugly STRIDE bentuk KOTAK Turet Letoy
      05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI ROTI
      06. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah onani insinyur 5 top university
      07. Salam bina drone ugly NYAMUK
      08. Salam bina KERETA TERBANG untuk angkutan antar Planet
      09. Salam bina kereta PROTON tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
      10. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
      11. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak Komandan sendiri
      12. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
      13. Salam kapal selam SCORPANE tak boleh selam sebelum MRO
      14. Salam kapal KALENG Khong ghuan LMS hutangan dari CINA untuk lawan CINA
      15. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan nguyen
      16. Salam kapal kargo untuk kapal militer BUNGA PASIR 5 (tai kucing)
      17. Salam jet hornet meletup guna parade aja tiada SOURCE CODE
      18. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
      19. Salam Mig29 GROUNDED semua
      20. Salam kilang MRO AIROD lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
      21. Salam heli NURI lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
      22. Salam heli kecik MD tak datang2 DP 30% hangus di GONDOLI najib
      23. Salam engine jet HILANG di SONGLAP untuk beli nasi lemak
      24. Salam askar penjaga istana bagai ANJING british
      25. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
      26. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
      27. Salam PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
      28. Salam JUDI HALAL daulat tuanku
      29.Salam Pilihan Raya Abal - Abal, PM dari jalur belakang hasil pilihan raya di gondoli Agong
      30. Salam RFI dan KAJIAN banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya HT dan Bot kecik pemintas
      31. Salam tak punya MARINIR, kapal LPD, HELI ATTACK, UCAV, Tank Amphibi dan SPH
      32. Salam TANK PENDEKAR MBT WW II 48 ekor, produsennya buang ke tong sampah dan lebih memilih pakai LEOPARD Second
      33. Salam Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN
      34. Salam BELI pespur MB339 BARU TANPA ENGIN
      35. Salam 88 bijik pespur GURUN, hilang setengah jd pisank
      36. Salam BOMBER Cina pusing - Pusing tidak berani Scramble
      37. Salam kapal Eksplorasi Petronas west capella di usir kapal Survei Haiyang Dizhi di laut sendiri
      38. Salam 89 kali perairan di rogol Cina, TLDM APMM dan MENTERI Pura pura Buta dan tuli bilang tak ada pencerobohan


      Salam terlemah ASEAN
      Salam Kedekut ASEAN
      Salam Rank 44 Badut ASEAN
      Salam Rank di bawah kaki Myanmar

      Hapus
    8. @putrajaya. Kata2 bijakmu itu melambangkan KERAjaan dan manusia malon. Bener2 membuka aib sendiri.

      Hapus
    9. Kami X merebut .. tetapi mendapatkannya secara percuma dari Jendral Besar Tun Suharto ...

      Jangan lupa Pulau Sipada LIgitan dan perairan sekitarnya (Blok Ambalat) sekarang menjadi object tourism (diving) yang sangat terkenal di seluruh dunia ..

      Khusus untok Blok Ambalat .. Petronas sudah menanda-tangani kontraks exploration oil and gas yang sangat melimpah di perairan itu .. tetapi sayangnya Indon masih menceroboh Blok Ambalat secara kasar dengan aksi agresi militernya terhadap wilayah rasmi dan legal milik Malaysia dan menyalahi kesepakatan Tun Mahathir dengan Suharto dahulu ..

      Yang lebih halus itu Indonesia meminta Natuna dari malasial. Sebuah kepulauan yg jaraknya lebih dekat dari malasial dengan mudah diambil oleh Indonesia yang pada akhirnya menjadikan bumerang ke pihak malasial. Natuna kini menjadi pangkalan militer Indonesia yg memisahkan antara semenanjung dgn Sabah-Sarawak

      Hapus
  15. Om@smili:

    "Ini salah satunya 👇"

    Namun, pada Juli 2020 Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sakti Wahyu Trenggono sempat buka-bukaan mengenai nasib proyek ini ke depannya. Meski tak secara eksplisit menyebut bahwa proyek ini batal, namun dia menyampaikan bahwa benefit yang didapat Indonesia dalam proyek ini tak terlalu signifikan.
    --------

    Tergantung siapa yg menilainya. Beda waktu, beda rezim, bisa berbeda penilainnya.

    Nah, bagaimana membuat benefitnya signifikan...???

    Ya nego ulang!

    Inilah yg sedang dilakukan.

    Korea akan sulit menerima jika........... tak ada kompensasinya alias gula2.

    Kepastian Cangbogoo batch2 + ......

    😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ukurannya jelas dan tegas.....tingkat penyerapan TOT (dan kejelasan hak jual utk proyek bersama), TKDN dan perputaran ekonomi sbg akibat positif dari proyek ini.

      Proyek PKR dan CBG menunjukkan taraf kita "saat ini" baru merakit....bagaimana utk join production pespur 🤔

      Mungkin bisa kita gali lagi, pendapat pakar penerbangan kita.....almarhum Pak Habibe 🤗

      Hapus
    2. ..
      Bapak-bapak,
      Korea-selatan BUTUH mineral NiCKEL dari IndONEsia.

      Itu kata-kuncinya.
      Tanpa bijih nickel, industri elektronika (dan baterai) korea-selatan akan LUMPUH.
      Sumber devisa terbesar korsel dari industri elektronika (dan baterai)

      Judul berita,
      Indonesia SUSPENDs nickel exports as it eyes domestic processing

      Link,
      https://www.indopremier.com/ipotnews/newsDetail.php?jdl=Indonesia_suspends_nickel_exports_as_it_eyes_domestic_processing&news_id=1453630&group_news=ALLNEWS&news_date=&taging_subtype=CHINA&name=&search=y_general&q=CHINA,%20&halaman=1

      Hapus
    3. Justru yg dikhawatirkan kalo proyek IFX ini berlanjut.....kita akan menerima sistem yg inferior dari rancangan awal karena US menolak mentransfer 4 teknologi kunci ☝️

      Mungkin kita bisa mengakses teknologi dari produsen non amerika .....tapi bukankah "source code" nya buatan amerika dan dia pengendalinya 🤔

      Kemudian pemakaian radar aesa buatan hanwa......yakin kita mau pakai teknolgi radar yg belum proven (kecuali terpaksa) 🙆🙆🙆

      Hapus
    4. smilinghari21225 September 2020 11.30

      Tanpa menyertakan link saja sudah ketahuan dimana bolongnya.....seperti yg saya tulis diatas ☝️.

      "Anda melibatkan pihak ketiga (LM) (dan keempat 👉 dalam hal ini kongres USA/Pemerintah USA) dalam kontrak KFX/IFX....tapi tanpa diikat kontrak, maka jika belakang hari terjadi wanprestasi oleh pihak yg tidak tercantum dalam klausul kontrak, maka kesalahan sepenuhnya adalah ditanggung oleh pihak yg tercantum dalam kontrak.....simple kan ☝️

      Cuma dugaaan lho ini.....mungkin bang ruski belum pernah meneken kontrak kerjasama atas nama anda sendiri (diluar polis asuransi, kredit kendaraan dsb), tapi kontrak kerjasama antar 2 perusahaan/institusi.....dan anda adalah pihak yg meneken kontrak tsb 🤔

      Kalo sudah pernah ....pasti mudah memahami 🤗

      Hapus
    5. Yang jadi pertanyaan, oramg2 dibalik pembuatan Master Aggreement ini faham atau tidak faham alur sebuah project dan apa yang dibutuhkan agar project ini done. Milestone masing2 item hingga menyatukan menjadi sebuah mahakarya itu bagaimana.

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Orang yang bijak dan pintar adalah orang yang mahu belajar dari kesalahannya sendiri ...

    Orang bodoh adalah orang yang jika membuat kesalahan selalu menyalahkan orang lain (mencari kambing Hitam)

    Nah silakn anda menilai Malon ada di posisi mana ?

    BalasHapus
  18. ...
    Eh iyaa...
    ini malaSyia sudah muncul kembali.

    Katanya kamu hendak menguasai ASiA-tenggara..?
    Ayo 'lah disegerakan.
    Kami menunggu malaSyia menyerang IndONEsia.
    Hahahaa....

    Saya khawatirkan kamu TAKUT
    dan hanya berani cakap-BUAL saja di media-sosial.
    ...............
    Ayo provokasi kami, tunggu apa lagi.
    Atau serang-lah langsung negara kami IndONEsia.
    'Kan kamu KERAjaan yang dipertuan AGONG malaSyia...?!
    Wkwkwkwk....

    Jangan BANYAK ALASAN 'yah..?!
    Kami tunggu lho BUKTi dari cakap-BUAL KAMU.
    SERiUS ini.....!!!

    Dan kalau kamu merasa TERHORMAT dan TAMADUN dan MULiA.....
    berTARUNGlah SATU lawan SATU, tidak pakai bantuan MAT-PUTEH kulit-putih FPDA.
    ...........
    Katanya suku melayu-nusantara tamadun...
    Jadi jangan bantuan FPDA yang KULiT-PUTiH itu yah...?
    Wkwkwkwkwk....
    ________________________________

    Putrajaya25 September 2020 11.56
    .. Konsep Nusantara kami jauh lebih luas dan agong ..
    ....................
    bukan saja wilayah Malaysia dan Indon saja
    ............................
    .. tetapi juga termasuk Philipina, Champa, Timor Leste, Brunei, Madagskar dan Kepulauan di Pacific) ...
    .........................
    Perlu dingatkan lagi bahwa dalam konsep Nusantara kami ...
    Bangsa Melayu Malaysia pewaris yang syah dan legitimate untuk memimpin seluruh bangsa melayu nusantara .. bukan Indon .. ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang yang smart selalu nak mencapai GOAL sebanyak mungkin dengan effort sedikit mungkn ...So, .. Buat apa perang jika ada cara lain yang boleh digunakan (Contoh Nyatanya ...> Sipadan Ligitan dan Blok Ambalat)...

      Inilah bezanya kami dengan Indon ... buat apa punya sekutu yang powerfull di FPDA .. tetapi X kami manfaatkan secara optimal untuk keselamatan kami ...

      Hapus
    2. Kebodohan terbesar Indon adalah Invasi militer merebut dan menjajah Timor Timur di tahun 1975 ...

      Apa yang Indon dapat .. Nothing .. bahkan setelah berkurban banyak nyawa dan wang ... warga di sana tetap memilih MERDEKA ...

      Itulah contoh nyata kebodohan Indon ...

      Hapus
    3. Bahasa naluri bangsa pengecut " tolong kami " kapan kau dewasa lon ? Sudah guna pampersmu hari ini ?

      Hapus
    4. ..
      BwaHahahaaa....

      You do NOT have a DiCK, don't you...?!!
      malaSyia TiDAK punya PENiS....


      SAH.....!!!
      Syah... sudah malaSyia PENGECUT.
      Troller PENAKUT......


      Jangan berani-berani lagi ya...?!
      Kamu hendak cakap pemimpin nusantara sedangkan SELALU berKELiT dan BANYAK ALASAN karena TiDAK berani berhadapan dengan BANGSA IndONEsia.........


      Sebanyak ini, SEMUA forumer yang ada di blog defense-studies.blogspot.com ini yang menjadi SAKSi-NYA......!!!!
      ......................
      AlhamduliLLAH
      Amin YRA.
      Allah SWT. telah menunjukkan TERANG dan gelap-nya karakter-kepribadian sesungguhnya dari jiran KERAjaan malaSyia.

      Hapus
    5. Natuna+lautannya yg strategis sangat sangat tak sebanding dgn sipadan Ligitan

      Dan hanya dgn memasang mercusuar, kami dah dapat Ambalat!

      Indo punya 17.000 pulau. Sipadan Ligitan baru 2 pulau.

      Dan peta baru kami yg telah disetujui UN menambah luas laut kami secara signifikan shg sipadanligitan jadi tak berarti.

      😁😁😁

      Hapus
    6. @putrajaya. Kami sangat belajar dengan kehilangannya sepadan dan ligitan serta timles. Reaksinya kami melakukan hal yang sama dengan yang telah dilakukan oleh malonsial. Kami hadir disitu (ambalat) dengan membangun mercusuar. Sejak dibangun, hampir dipastikan 0% malon bisa ambil ambalat. Itu khan yang kalian lakukan di s3padan dan ligitan.

      Untuk timles, biarkan p3ngalaman pahit itu berlalu.

      Hapus
  19. Hahahaha .. DITUNDA ... DIBATALKAN ... DITANGGUHKAN ... BELUM MENDAPATKAN PNJAMAN LUAR NEGERI ... DINEGOSIASI ULANG ... etc etc ...

    Hasil akhirnya SAMA ---> Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...
      Woeiyy....DUNGU ToLOL malaSyia..!!!

      di jawab 'tuh cabaran tantangan dari KAMi..!!
      Jangan pura-pura GiLA kamu dungu-idiot malaSyia....!!!

      Hapus
    2. Betul hasilnya sama, malon nunggu tahun 2055 baru nak beli pespur. Tunggu ada yg percaya ngasi kredit.
      Yg percya cuma china, yp dng syarat beting petinggi Ali hrs segera dikosongkan oleh warga beruk malon.....🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    3. HASILNYA INDONESIA PUNYA KILANG DAN BINA KAPAL SENDIRI

      Hapus
    4. 1 jari tunjuk Indo.. 10 jari tunjuk malon..

      put.. oh put.. simple nya liat lah kerajaan ko sendiri put.. sudah kdekut pon tetap sembang.. with or without bacotan bersayap ko put.. INHAN INDO TETAP GERAK MAJU NO MATTER WHAT.. 😁😁

      salam kedekut dan salam menunggu 2055..

      INGET, ORANG SABAR DIKASIHI TUHAN.. DAN ANWAR IBRAHIM TENTUNYA.. 😂😂

      Hapus
    5. 01. Salam bina Monumen kebodohan LCS Maharogolela kapal besi rongsok tak cecah air seharga RM 9 Billion
      02. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA Tambun tempel sticker tak boleh eksport
      03. Salam bina senapan tembak tupai VITA lendir BERAPI
      04. Salam bina tank ugly STRIDE bentuk KOTAK Turet Letoy
      05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI ROTI
      06. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah onani insinyur 5 top university
      07. Salam bina drone ugly NYAMUK
      08. Salam bina KERETA TERBANG untuk angkutan antar Planet
      09. Salam bina kereta PROTON tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
      10. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
      11. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak Komandan sendiri
      12. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
      13. Salam kapal selam SCORPANE tak boleh selam sebelum MRO
      14. Salam kapal KALENG Khong ghuan LMS hutangan dari CINA untuk lawan CINA
      15. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan nguyen
      16. Salam kapal kargo untuk kapal militer BUNGA PASIR 5 (tai kucing)
      17. Salam jet hornet meletup guna parade aja tiada SOURCE CODE
      18. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
      19. Salam Mig29 GROUNDED semua
      20. Salam kilang MRO AIROD lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
      21. Salam heli NURI lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
      22. Salam heli kecik MD tak datang2 DP 30% hangus di GONDOLI najib
      23. Salam engine jet HILANG di SONGLAP untuk beli nasi lemak
      24. Salam askar penjaga istana bagai ANJING british
      25. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
      26. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
      27. Salam PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
      28. Salam JUDI HALAL daulat tuanku
      29.Salam Pilihan Raya Abal - Abal, PM dari jalur belakang hasil pilihan raya di gondoli Agong
      30. Salam RFI dan KAJIAN banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya HT dan Bot kecik pemintas
      31. Salam tak punya MARINIR, kapal LPD, HELI ATTACK, UCAV, Tank Amphibi dan SPH
      32. Salam TANK PENDEKAR MBT WW II 48 ekor, produsennya buang ke tong sampah dan lebih memilih pakai LEOPARD Second
      33. Salam Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN
      34. Salam BELI pespur MB339 BARU TANPA ENGIN
      35. Salam 88 bijik pespur GURUN, hilang setengah jd pisank
      36. Salam BOMBER Cina pusing - Pusing tidak berani Scramble
      37. Salam kapal Eksplorasi Petronas west capella di usir kapal Survei Haiyang Dizhi di laut sendiri
      38. Salam 89 kali perairan di rogol Cina, TLDM APMM dan MENTERI Pura pura Buta dan tuli bilang tak ada pencerobohan


      Salam terlemah ASEAN
      Salam Kedekut ASEAN
      Salam Rank 44 Badut ASEAN
      Salam Rank di bawah kaki Myanmar

      Hapus
  20. Tengok Lon gambarku, sudaj lebih 20 tahun lalu jet aeronimbus ini mengudara, tengok gambar uji terbamg private jet 6 passenger ini, apa bedanya dengan jet pejuang ? Cuma airframe saja mudah untuk PTDI mencipta, aeronimbus jet yang di tinggal kabur investor malon dengan alasan tak jelas, aifat beruk , pengecut, tidak bertanggung jawab, faham tak ko lon ?

    BalasHapus
  21. Jewawut25 September 2020 02.36

    BERBINCANG 'MIMPI BASAH', DI KAJI, AKAN, DI JANGKA....LAST LAST KELAUT

    Malaysia Defence Review
    Yesterday at 11:29 AM ·

    Russia mensasarkan pengguna Su-30MK seperti India, Malaysia, Algeria, China dan Vietnam untuk menaiktaraf jet pejuang Su-30MK masing-masing ketahap Su-30SM2 merupakan naiktaraf terbaharu Su-30 yang diperkenalkan baharu ini di Moscow.

    Su-30SM2 atau "Super Sukhoi" dijangka bakal mula memasuki perkhidmatan Tentera Udara Russia pada hujung tahun 2020 selepas melepasi ujian kelayakan. Su-30SM2 dikatakan mencapai keupayaan Jet Pejuang Generasi ke-4++ seperti Rafale, Typhoon, F-16 Viper, F-15X dan F/A-18 Super Hornet Block 3.

    Su-30SM2 dilengkapi radar Irbis-E Passive Electronically Scanned Array (PESA) dimana ia lebih baik dari radar sedia ada iaitu Bars. Ia meningkatkan keupayaan pengesanan serta kemampuan menangkis serangan peperangan elektronik.

    Pengenalan enjin AL-41F-1S membolehkan jet pejuang Sukhoi terutama Su-35s mempunyai kuasa dan tenaga tambahan melalui "Plasma Ignition System" serta lebih ekonomikal dengan pengunaan bahan api lebih efisien dari enjin AL-31FP yang digunakan pada Su-30 sedia ada. Russia dilaporkan menawarkan pakej termasuk enjin terbabit untuk naiktaraf Su-30SM2.

    Tambahan kuasa terbabit memberi kelebihan buat Su-30SM2 mengunakan sistem peperangan elektronik lebih berkesan dan meningkatkan keupayaan radar untuk mengesan sasaran dengan 24 sasaran satu masa dengan jarak sejauh 100km persegi.

    Beberapa negara penguna Su-30MK dilaporkan sukar untuk membaikpulih dan menyelenggara jet pejuang Su-30MK. Ia berhubung kait masalah diplomatik antara Russia dan negara Eropah terutama Peranis yang merupakan pembekal peralatan elektronik serta persenjataan pada pengguna Su-30MK seperti India dan Malaysia.

    Malaysia pula dilaporkan hanya berjaya menjalankan proses servis dan baikpulih intensif pada sebuah Su-30MKM sahaja. Russia dilaporkan mencadangkan agar Su-30MKM kembali ke kilang pengeluaran asal (OEM) iaitu Irkut di Russia untuk baikpulih dan dinaiktaraf dengan mengunakan teknologi Russia sepenuhnya.

    Malaysia Defence Review MDR


    Abdul Qadir Better jual semula mig 29 & su 30mkm kpd Russia ganti dgn su57..baru pinoy & china goyang

    Mohd Faisal B. Alias Abdul Qadir siam pun ancaman kita dari zaman melaka

    هايرول سهلي جوهري seboleh2nya rusia nak korek rahsia kelebihan pd persawat Su30 Mkm.Mcm2 syarat ketat supaya bawa ke kilang mereka .kebabian betul

    Zul D Iskandar
    هايرول سهلي جوهري tak boleh bawak paveway dah le kalau upgrade russia

    Malaysia Defence Review
    هايرول سهلي جوهري
    Dia nk korek apa, dia yg pasang, buat qualification, terbangkn jet nie

    Paly Fazley Marzuki
    هايرول سهلي جوهري xdak rahsia pun bgi depa MKM 2..sbb diorang yg pasang n uji terbang sblm bgi kt kita...semua ada dlm data diorang

    Malaysia Defence Review Siong Tuing Wong F-16V not suitable for Malaysia

    Mohd Zairol La ni min jet negara mana yang sesuai ambil tanpa masalah birokrasi ni...

    Fazzry Fazri Muhammad Jefri Bin Jamaludin xla usa bkn paksa kita guna la alasan china confirm dpt pye..sbb kita msih dpt sokongan dri british

    Muhammad Jefri Bin Jamaludin Fazzry Fazri masa beli FA-18D tu, cuba korek balik syarat2 dia. Camana PM masa tu Tun M gasak/kritik habis-habisan.

    Malaysia Defence Review Upgrade Hornet TUDM sebenarnya sbb Presiden Obama klu presiden sebelum tu mmg xla dia nk bg

    Mohamed Sharul Azlan Source code xdoo

    Hanapi Harun Kalau malaysia beli jet fighter dari us mmg terlopong jerung2 dlm malaysia ni x boleh mkn komisen..sbb tu barang us ni mmg tiptop after sales..tgk cik nonet kita tu beli dari tahun 1997 smp skrng gagah terbang gagah membelah awan sbb spare part boeing x banyak karenah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jewawut25 September 2020 02.40

      Abby Slumber II X kan sebuah ke mkm yg selesai slep service min?

      Malaysia Defence Review Abby Slumber II sebuah je yg serah masa LIMA19

      Aizat Azmi Ni lah susah bila guna teknologi rojak...susah nak maintain bila negara2 tersebut tak ngam

      Muhammad Franz Firdauz Lah byr 2 billion kepada atsc bleh mro sebuah je? Kalau org seberang tahu smpai kiamat dia troll

      Malaysia Defence Review Muhammad Franz Firdauz xde kaitan dgn 2 billion tu

      Malaysia Defence Review Muhammad Franz Firdauz 2 billion tu utk routine maintainence, yg sebuah tu under 10SYP utk SLEP xde kena mengena

      Malaysia Defence Review Muhammad Franz Firdauz yg RM2 Billion tu xjelas akan ikut program yg memula tu

      Muhammad Franz Firdauz Klau hnya sebuah mknanya sebuah yg diserahkan masa lima 2019 jela ye? Haha hari2 kena scam oo..mknanya nnti klau silap gaya mkm pn kena grounded mcm mig lepastu kita xde jet utk terbang yahoo..no wonder pinoy berani dgn kita skrg

      Malaysia Defence Review Muhammad Franz Firdauz program SLEP dgn Maintainence RM2 Billion tu program berbeza

      Ahmad Fakhrulfaizi Harap lepas upgrade hornet kita, gomen upgrade cik su plak..mana bleh ketinggalan dgn SG..

      Muhammad Franz Firdauz Ahmad Fakhrulfaizi mkm ni in certain area lg supreme dr f15sg tp tula susah nk jage

      Ahmad Fakhrulfaizi Muhammad Franz Firdauz SG beli f35 pun lps tgok kemampuan mkm kita..harap menhan baru nie dpt selesai isu LCA, Mrca, Lcs dll scpt mungkin

      Azhar Yyz Ya ke SG beli (sebab ada $) f35 lpas tgok mkm kita haha..dia punya jet berjibun bhai. Xyh momok kn SG dlm bab aset2

      Mie Zan jgn lah malaysia jual balik pd russia...beli baru je..xpun yg terpakai...

      Muhammad Franz Firdauz Kalau russia nk bg su35 tkr dgn mkm semua pn xpe haha tp kena tmbh duit la konfem

      Muhammad Franz Firdauz Xpn kalau nk all western tkar dgn f15e

      Muhammad Franz Firdauz Sh gnti legacy hornet..f15e ni utk gnti f15e kalau ssh sgt nk jge..tp sebaiknya go for fifth gen terus

      Sharul Arul Mengarut btl la...pening layan russia ni,dhla sukhoi yg ad pn x bnyk...nk mkn komisyen lg, org tengah lg nk suap, pttla india bengang dgn rusia..klo india x pkai sukhoi deorg,mau mengelupur russia rugi besar..

      Faizal S Malaysia hanya berjaya baikpulih dan servis sebuah sahaja.. Biar betul statement ni..

      Muhammad Franz Firdauz Faizal S tula pasal deal 2 billion kot..

      Muhd Jafnizul Faizal S tertanya jugak tadi...takkan sebiji ja?

      Faizal S Muhd Jafnizul itulah, sbb tahun sudah tudm ada kuar statement kata yang depa dah start servis dua biji yang kedua selepas yang memula tu berjaya buat sendiri

      Malaysia Defence Review Faizal S sebuah yg diserahkan tahun lepas masa LIMA19

      Muhammad Franz Firdauz Erk mksudnya deal tu xjln ke mcmne..mcmnepun kena hantar ke irkut jugak? Jemm

      Muhammad Franz Firdauz Kalau xde kaitan deal yg 2.2 billion tu utk apa? Ke deal tu xmeterialize pn?

      Malaysia Defence Review Muhammad Franz Firdauz ade ke listkn pape? Admin rasa xleh rutin maintainence shj utk 18 buah smpi 2035

      Malaysia Defence Review Muhammad Franz Firdauz ATSC dgn Pusat Servis tu xlebih utk MRO bukan intensif overhaul utk keseluruhan part, mungkin hnya pada enjin, tp utk airframe dgn peralatan tertentu perlu juga dihantar ke Irkut
      Mcm upgrade hornet irframe dlm negara, tp part tertentu hntr ke St Louis US

      Muhammad Franz Firdauz Last2 jd betul mcm mat sabu ckp hanya 4 yng boleh trbang..mat sabu ni pintar jugak meramal..boleh terbang mybe lebih tp fully operational yg membimbangkan..flyable dgn fully operational berbeza haha

      Hapus
    2. Rizal Hamid Sebenarnya Malaysia ada banyak pilihan untuk memiliki jet jet pejuang yg hebat, murah dan mudah , tetapi yang menghairankan kenapa perlu yang twin engine apa masalah dengan single enjin, single enjin adalah lebih murah dari segi kos operasi,minyak dan sebagainya, oleh itu pada pendapat saya Malaysia turut tidak berminat dengan f-35 sekarang kerana single enjin macam tu betul,
      Polisi pembelian yang mungkin merugikan,,perlu ada perubahan seiring kemajuan teknologi

      Faizal S Rizal Hamid sebabnya sejarah jet tudm terhempas dilautvsalah satunya.. Perairan yang luas jika rondaan oleh jet pejuang dua enjin, jika satu enjin rosak masih boleh pulang ke pangkalan, berbanding satu enjin

      Rizal Hamid Malaysia Defence Review mungkin nk cuba jet2 Europe plak kot,, Malaysia kan terkenal suka rojak dan x suka bergantung 1 sumber

      Firdaus Kik Ishak Hntar balik ke Rusia lah utk naiktaraff buat apa melalui prancis

      Akmal Ariff Dengar cita F15 negara mna yg nk jual tu...jepun ka korea selatan...sapu yg tu ja la dlu...upgrade pelan2...

      Muhammad Anwar Beli Su-30SM2 dan Su-35 sebagai MRCA, Su-34 Fullback sebagai strike bomber/light bomber dan Su-39 Frogfoot sebagai CAS

      Aswad Mohamad Nor mlysia boleh je beli bnyak jet pilihan tapi tu la..kerajaan asyik nk mng'KAJI'an tempatan...tiberr

      Peng Yu Ganu Mahukah tudm pakai teknologi rusia sepenuhnya pada MKM?
      Ape cadangan yg sesuai pada tahun ke depan2 nt untuk peganti MRCA su30mkm?
      Untuk masa hadapan, 2 jenis pesawat tudm operasikan iaitu MRCA & LCA, Adakah masa akan dtg pilihan tudm adalah gen5 dari US atau eropah?
      Atau adakah tudm nak try technology dari russia sepenuhnya?
      Mari kita lihat tp lama lagi lah.

      Malaysia Defence Review Program 10SYP sebenarnya berjaya sebuah shj melalui penyerahan M52-11 pada LIMA19 tahun lepas
      Program 10SYP sebenarnya dh scrap under kerajaan dahulu, ada statement dari Menhan masa tu
      RM2.2 Billion yg deal masa LIMA19 xlebih utk rutin penyelenggaran smpi 2035
      Masa tu Russia pun ada mention agar Malaysia upgrade pada teknologi Russia sepenuhnya ada kaitan dgn Su-30SM2
      Super Sukhoi yg asal sepatutnya membolehkan Su-30 operasikan misil Mica, Meteor dan Scalp termasuk pod Talios yg Rafale guna
      Program 10SYP menjurus pada program Super Sukhoi yg asal, tp Russia x support, well kini dh terdapat Su-30MKM dh ada yg trsadai

      Tejah Nathan Malaysia Defence Review kalau guna teknologi Rusia sepenuhnya baik tambah sekali SU-30SM2 18bijik sekali hahaha

      Di Caprio Lorez Malaysia Defence Review elok la jual balik pada russia pastu beli rafale je

      Jebat Syah Kalu su-30mkm tu ditetap kan saja begitu ,tapi tambah kuantiti jaa lebih up . contoh ambil su-35 ... boleh ke camtu

      Mohd Ismid Mohd Said Belajarlah dari pengalaman perit guna pesawat Mig29 buatan Russia dulu.

      Wanz promote la macam mana pun kalau service after mcm tah apa2. lupakan ajalah. bagus tudm bagi kat USAF dan trade in dgn F/A-18E/F

      Al Azmi Tak yah la penat2 fikir.. Korang hengat rusia nak offer upgrade tu..free ka? Kirim salam la.. Tunggu je la budget akan dtg sbb pembelian jet baru mmg dah masuk dlm list budget.. Buat masa ni..kalau korang nak mimpi..aku bagi kompom korang mimpi kencing atas tilam je la..

      M'rose Mumin Bli Rafale & superhornet ajelh utk TUDM..kapal selam & heli xda masalah maintenen dr peranciskn tn admin???kalau kapal lcs d buat kat Perancis b4 ni mesti dah siap jugakn admin???maksud aku or skdar pendapat aku, kta dgn Perancis mcm xda masalah sgtlh kn tn admin??

      Azua Zuharada elok jual jer SU30MKM tur kat US pastu mnta beli SH cukup kan 1 SQN penuh abih cieta cukup laa dgn Russian beli mahal maintenence mahal spare part pong sakit last2 jd bangkai mcm MIG29 hanya gagah di udara utk sementara jer

      Kovacs Kuznetsov 6 skuadron (76 plane) SH,4 skuadron Kat semenanjung dan 2 Kat labuan
      4 skuadron T 50 ganti tempat hawk

      Megat Senin Kovacs Kuznetsov beli hornet 36 sudah ,guna tanpa was was��

      Ahmadi Hamdan Musman Beli LCA dulu, amik M346fa, boleh masukkan sekali pakej missile otomat dan aspide utk ngpv, lms dan training ships tldm

      Hapus
    3. Aswad Mohamad Nor sye akan usul kan bnda ni ke parlimen untuk dikaji dn kaji dgn terperinci...

      Ijai Yop Kan ke hawk 208 ada 13 dan hawk108 ada 5

      Malaysia Defence Review Ijai Yop rasanya makin berkurang sbb ada isu mantainence dgn safety pastu yg terhempas yg last jd jumlah makin berkurang

      Pean Abdul kalau ikutkan peristiwa terhempas tu 10 dari 28 kesemua pesawat hawk.. tak pasti lak ada yang dah sadai

      Malaysia Defence Review Haziq Othman sbb tu kena order LCA atleast 18 buah, klu nk ikut kehendak TUDM smpi 62 biji mmg x la

      Mie KeCheq Cakap kat MenHan buat geram sekali beli F-18 Super Hornet or Rafele 54 buah. Tambah pulak beli sekali dengan Medium Extended Air Defense System. Baru berkompang Asia Tenggara..

      Azeedy Osman MB339 tu rasanya enjin pon takde lagi, still grounded

      Heybad Niche Yun Fariz kita ada masalah dgn single engine...klu negara kita kurang pesawat pejuang...guna single engine akan membebankan tugasan dan pesawat kurang ampuh menjalankan tugasan

      Peng Yu Ganu Jd cita2 untuk tambak su 30mkm tolak tepi lah ye? Klu mcm tu kne beli f35 ataupon rafale untuk MRCA, Tambah hornet.
      Untuk LCA beli lh gripen @ yak @ kimchi kobis masam.
      Tudm kan nk kurangkan jenis jet jd 2 jenis sahaja. Atau 2 jenis negara pengeluar? Us atau rusia atau perancis

      Peng Yu Ganu Sorry. No only talk and only in white paper. Or i only wet dream, i must go bath mandatory. ��

      Peng Yu Ganu Malaysia Defence Review ooo. Ok faham dah. 2 jenis MRCA & LCA. maknanya MRCA 2 jenis. LCA 1 jenis...
      Hehehe. Tuan. Kita mcm dah dpt rasa je, mungkin tudm ambik jet us, rusia or perancis untuk mrca & lca. Tp ni cuma bayang2, kita tengok dulu. Biasa malay ni x suka sama mcm jiran2, kita suka lain dari yg lain.
      Klu mcm tu lambat lagi lh kita tukar MRCA. Terdekat ni munkin LCA.

      Khai Niz Min yg F-15 jepun tu pe cite? Jadi hibah x jepun kepada kita...

      Sam Sul klu ikut bajet 10 thn akan dtg dgn mase terdekat,elok tambah heli+drone+kapal. yg laintu pelan2 planing tp biarlah yg berkualiti.

      Akmal Ariff Ikut pendapat saya bgus beli pesawat MPA...pastu SAM...kita dah xmampu nk beli MRCA...10 tahun lagi pon kita xkan beli...percaya laa ckp saya...dgn sikap rakyat mslaysia yg mcm ney...sorry to say laa...

      Hakeem Zahari amik 54 SH pastu beyond 2030 beli 5th gen 2 full sqdrn baru fuhh tapi tula berangan je mampu uhuk

      Muhammad Franz Firdauz Hakeem Zahari 54 sh? 12 sh pn belum tentu mampu bang..sh utk ganti hornet legacy stu skuadron pn dah ckup smada 12,18 or skuadron penuh 22 unit

      Scott Al Baik malaysia beli saja FA18 SUPER HORNET BLOK 3 dan GROWLER skali..walaupon mahal tapi berbaloi. US suka dan cinta sama MALASIA..mesti lulus jual punya..

      Dewa Barbarossa Lama betul cerita perolehan fighter jet Malaysia ni �� asyik mimpi basah d siang hari.



      KESIAN SI KERAJAAN DARUL KELAKAR

      Hapus
    4. Kan kemaren udh gw bilang,
      Internal tudm sendiri yg bilang sekarang 18 su 30 mkm gk ada satupun yg layak terbang,
      Klo ditanya masalahnya banyak banget mulai dari avionik sampe kekurangan sparepart,
      Jadi klo masih ngeyel bilang mkm salah satu seri tercanggih,
      Adalah salah besar.

      Hapus
    5. Gue juga dah tau kalo 18unit SU30MKM cuma bisa terbang pada saat parade HUT TUDM dan parade kemerdekaan. Itupun terbangnya di paksain supaya ga keliatan lemah SU30MKM nya.

      Hapus
  22. Mudah-mudahan di tahun 2020 hingga 2022 .. proses intrspeksi dan perenungan diri berhasil sempurna .. dan Indon kembali kembali menjadi bangsa yang waras .. Ingat bualan-bualan selama ini itu hanya fatamorgana saja ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus gue harus bilang WOW gitu..

      🤸‍♂️🤸‍♂️🤸‍♂️🤸‍♂️🤸‍♂️🤸‍♂️

      🖕🖕🖕🖕🖕🖕🖕

      Hapus
    2. SALAM SEJAHTERA, BERJAYA DAN PANJANG UMUR DAN MURAH REZEKI PARA VVIP JERUNG, ORANG TENGAH DI MINDEF DAN ATM.

      KAUM GRASSROOT MILITER ENTHUSIAST MALONSIAL HARAP KETEPI LAUT SONOH...


      KIHKIHKIH....

      Hapus
    3. 01. Salam bina Monumen kebodohan LCS Maharogolela kapal besi rongsok tak cecah air seharga RM 9 Billion
      02. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA Tambun tempel sticker tak boleh eksport
      03. Salam bina senapan tembak tupai VITA lendir BERAPI
      04. Salam bina tank ugly STRIDE bentuk KOTAK Turet Letoy
      05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI ROTI
      06. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah onani insinyur 5 top university
      07. Salam bina drone ugly NYAMUK
      08. Salam bina KERETA TERBANG untuk angkutan antar Planet
      09. Salam bina kereta PROTON tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
      10. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
      11. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak Komandan sendiri
      12. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
      13. Salam kapal selam SCORPANE tak boleh selam sebelum MRO
      14. Salam kapal KALENG Khong ghuan LMS hutangan dari CINA untuk lawan CINA
      15. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan nguyen
      16. Salam kapal kargo untuk kapal militer BUNGA PASIR 5 (tai kucing)
      17. Salam jet hornet meletup guna parade aja tiada SOURCE CODE
      18. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
      19. Salam Mig29 GROUNDED semua
      20. Salam kilang MRO AIROD lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
      21. Salam heli NURI lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
      22. Salam heli kecik MD tak datang2 DP 30% hangus di GONDOLI najib
      23. Salam engine jet HILANG di SONGLAP untuk beli nasi lemak
      24. Salam askar penjaga istana bagai ANJING british
      25. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
      26. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
      27. Salam PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
      28. Salam JUDI HALAL daulat tuanku
      29.Salam Pilihan Raya Abal - Abal, PM dari jalur belakang hasil pilihan raya di gondoli Agong
      30. Salam RFI dan KAJIAN banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya HT dan Bot kecik pemintas
      31. Salam tak punya MARINIR, kapal LPD, HELI ATTACK, UCAV, Tank Amphibi dan SPH
      32. Salam TANK PENDEKAR MBT WW II 48 ekor, produsennya buang ke tong sampah dan lebih memilih pakai LEOPARD Second
      33. Salam Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN
      34. Salam BELI pespur MB339 BARU TANPA ENGIN
      35. Salam 88 bijik pespur GURUN, hilang setengah jd pisank
      36. Salam BOMBER Cina pusing - Pusing tidak berani Scramble
      37. Salam kapal Eksplorasi Petronas west capella di usir kapal Survei Haiyang Dizhi di laut sendiri
      38. Salam 89 kali perairan di rogol Cina, TLDM APMM dan MENTERI Pura pura Buta dan tuli bilang tak ada pencerobohan


      Salam terlemah ASEAN
      Salam Kedekut ASEAN
      Salam Rank 44 Badut ASEAN
      Salam Rank di bawah kaki Myanmar

      Hapus
    4. nak tanya, malon sendiri kapan bisa introspeksi dirinya put.. bacotin INHAN Indo yg sudah bergeliat tapi tutup mata melihat INHAN sendiri..

      Ingat bualan-bualan selama ini yg ko lemparkan akan slalu jadi "senjata makan tuan" tuk diri ko & kerajaan ko sendiri put.. cmmiiww.. 😁😁

      Hapus
    5. Sebaiknya malon kembali jdi bangsa yg waras..apalgi kerjaaan yg blm waras..gimana mau bgus PM nya aja Anwar ibrahim,mahatir lah..apakah tak ade PM laen?

      Sebaiknya malysia intropeksi krn samapi saat ini otak2 orang malon masih diisi dgn pemikiran IRi dengki..

      Hapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. 01. Salam bina Monumen kebodohan LCS Maharogolela kapal besi rongsok tak cecah air seharga RM 9 Billion
    02. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA Tambun tempel sticker tak boleh eksport
    03. Salam bina senapan tembak tupai VITA lendir BERAPI
    04. Salam bina tank ugly STRIDE bentuk KOTAK Turet Letoy
    05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI ROTI
    06. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah onani insinyur 5 top university
    07. Salam bina drone ugly NYAMUK
    08. Salam bina KERETA TERBANG untuk angkutan antar Planet
    09. Salam bina kereta PROTON tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
    10. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
    11. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak Komandan sendiri
    12. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
    13. Salam kapal selam SCORPANE tak boleh selam sebelum MRO
    14. Salam kapal KALENG Khong ghuan LMS hutangan dari CINA untuk lawan CINA
    15. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan nguyen
    16. Salam kapal kargo untuk kapal militer BUNGA PASIR 5 (tai kucing)
    17. Salam jet hornet meletup guna parade aja tiada SOURCE CODE
    18. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
    19. Salam Mig29 GROUNDED semua
    20. Salam kilang MRO AIROD lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
    21. Salam heli NURI lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
    22. Salam heli kecik MD tak datang2 DP 30% hangus di GONDOLI najib
    23. Salam engine jet HILANG di SONGLAP untuk beli nasi lemak
    24. Salam askar penjaga istana bagai ANJING british
    25. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
    26. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
    27. Salam PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
    28. Salam JUDI HALAL daulat tuanku
    29.Salam Pilihan Raya Abal - Abal, PM dari jalur belakang hasil pilihan raya di gondoli Agong
    30. Salam RFI dan KAJIAN banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya HT dan Bot kecik pemintas
    31. Salam tak punya MARINIR, kapal LPD, HELI ATTACK, UCAV, Tank Amphibi dan SPH
    32. Salam TANK PENDEKAR MBT WW II 48 ekor, produsennya buang ke tong sampah dan lebih memilih pakai LEOPARD Second
    33. Salam Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN
    34. Salam BELI pespur MB339 BARU TANPA ENGIN
    35. Salam 88 bijik pespur GURUN, hilang setengah jd pisank
    36. Salam BOMBER Cina pusing - Pusing tidak berani Scramble
    37. Salam kapal Eksplorasi Petronas west capella di usir kapal Survei Haiyang Dizhi di laut sendiri
    38. Salam 89 kali perairan di rogol Cina, TLDM APMM dan MENTERI Pura pura Buta dan tuli bilang tak ada pencerobohan


    Salam terlemah ASEAN
    Salam Kedekut ASEAN
    Salam Rank 44 Badut ASEAN
    Salam Rank di bawah kaki Myanmar

    BalasHapus
  26. 01. Salam bina Monumen kebodohan LCS Maharogolela kapal besi rongsok tak cecah air seharga RM 9 Billion
    02. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA Tambun tempel sticker tak boleh eksport
    03. Salam bina senapan tembak tupai VITA lendir BERAPI
    04. Salam bina tank ugly STRIDE bentuk KOTAK Turet Letoy
    05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI ROTI
    06. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah onani insinyur 5 top university
    07. Salam bina drone ugly NYAMUK
    08. Salam bina KERETA TERBANG untuk angkutan antar Planet
    09. Salam bina kereta PROTON tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
    10. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
    11. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak Komandan sendiri
    12. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
    13. Salam kapal selam SCORPANE tak boleh selam sebelum MRO
    14. Salam kapal KALENG Khong ghuan LMS hutangan dari CINA untuk lawan CINA
    15. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan nguyen
    16. Salam kapal kargo untuk kapal militer BUNGA PASIR 5 (tai kucing)
    17. Salam jet hornet meletup guna parade aja tiada SOURCE CODE
    18. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
    19. Salam Mig29 GROUNDED semua
    20. Salam kilang MRO AIROD lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
    21. Salam heli NURI lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
    22. Salam heli kecik MD tak datang2 DP 30% hangus di GONDOLI najib
    23. Salam engine jet HILANG di SONGLAP untuk beli nasi lemak
    24. Salam askar penjaga istana bagai ANJING british
    25. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
    26. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
    27. Salam PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
    28. Salam JUDI HALAL daulat tuanku
    29.Salam Pilihan Raya Abal - Abal, PM dari jalur belakang hasil pilihan raya di gondoli Agong
    30. Salam RFI dan KAJIAN banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya HT dan Bot kecik pemintas
    31. Salam tak punya MARINIR, kapal LPD, HELI ATTACK, UCAV, Tank Amphibi dan SPH
    32. Salam TANK PENDEKAR MBT WW II 48 ekor, produsennya buang ke tong sampah dan lebih memilih pakai LEOPARD Second
    33. Salam Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN
    34. Salam BELI pespur MB339 BARU TANPA ENGIN
    35. Salam 88 bijik pespur GURUN, hilang setengah jd pisank
    36. Salam BOMBER Cina pusing - Pusing tidak berani Scramble
    37. Salam kapal Eksplorasi Petronas west capella di usir kapal Survei Haiyang Dizhi di laut sendiri
    38. Salam 89 kali perairan di rogol Cina, TLDM APMM dan MENTERI Pura pura Buta dan tuli bilang tak ada pencerobohan


    Salam terlemah ASEAN
    Salam Kedekut ASEAN
    Salam Rank 44 Badut ASEAN
    Salam Rank di bawah kaki Myanmar

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang yg smart tak kan kehilangan Natuna beserta lautnya yg luas dan strategis!
      🤣🤣🤣

      Hapus
  28. ..
    BwaHahahaaa....

    You do NOT have a DiCK, don't you...?!!
    malaSyia TiDAK punya PENiS....


    SAH.....!!!
    Syah... sudah malaSyia PENGECUT.
    Troller PENAKUT......


    Jangan berani-berani lagi ya...?!
    Kamu hendak cakap pemimpin nusantara sedangkan SELALU berKELiT dan BANYAK ALASAN karena TiDAK berani berhadapan LANGSUNG dengan BANGSA IndONEsia.........


    Sebanyak ini, SEMUA forumer yang ada di blog defense-studies.blogspot.com ini yang menjadi SAKSi-NYA......!!!!
    ......................
    AlhamduliLLAH
    Amin YRA.
    Allah SWT. telah menunjukkan TERANG dan gelap-nya karakter-kepribadian sesungguhnya dari jiran KERAjaan malaSyia.

    _______________________________________

    Putrajaya25 September 2020 15.24

    Orang yang smart selalu nak mencapai GOAL sebanyak mungkin dengan effort sedikit mungkn ...So, .. Buat apa perang jika ada cara lain yang boleh digunakan (Contoh Nyatanya ...> Sipadan Ligitan dan Blok Ambalat)...

    Inilah bezanya kami dengan Indon ... buat apa punya sekutu yang powerfull di FPDA .. tetapi X kami manfaatkan secara optimal untuk keselamatan kami ...

    BalasHapus
  29. 01. Salam bina Monumen kebodohan LCS Maharogolela kapal besi rongsok tak cecah air seharga RM 9 Billion
    02. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA Tambun tempel sticker tak boleh eksport
    03. Salam bina senapan tembak tupai VITA lendir BERAPI
    04. Salam bina tank ugly STRIDE bentuk KOTAK Turet Letoy
    05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI ROTI
    06. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah onani insinyur 5 top university
    07. Salam bina drone ugly NYAMUK
    08. Salam bina KERETA TERBANG untuk angkutan antar Planet
    09. Salam bina kereta PROTON tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
    10. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
    11. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak Komandan sendiri
    12. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
    13. Salam kapal selam SCORPANE tak boleh selam sebelum MRO
    14. Salam kapal KALENG Khong ghuan LMS hutangan dari CINA untuk lawan CINA
    15. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan nguyen
    16. Salam kapal kargo untuk kapal militer BUNGA PASIR 5 (tai kucing)
    17. Salam jet hornet meletup guna parade aja tiada SOURCE CODE
    18. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
    19. Salam Mig29 GROUNDED semua
    20. Salam kilang MRO AIROD lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
    21. Salam heli NURI lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
    22. Salam heli kecik MD tak datang2 DP 30% hangus di GONDOLI najib
    23. Salam engine jet HILANG di SONGLAP untuk beli nasi lemak
    24. Salam askar penjaga istana bagai ANJING british
    25. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
    26. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
    27. Salam PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
    28. Salam JUDI HALAL daulat tuanku
    29.Salam Pilihan Raya Abal - Abal, PM dari jalur belakang hasil pilihan raya di gondoli Agong
    30. Salam RFI dan KAJIAN banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya HT dan Bot kecik pemintas
    31. Salam tak punya MARINIR, kapal LPD, HELI ATTACK, UCAV, Tank Amphibi dan SPH
    32. Salam TANK PENDEKAR MBT WW II 48 ekor, produsennya buang ke tong sampah dan lebih memilih pakai LEOPARD Second
    33. Salam Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN
    34. Salam BELI pespur MB339 BARU TANPA ENGIN
    35. Salam 88 bijik pespur GURUN, hilang setengah jd pisank
    36. Salam BOMBER Cina pusing - Pusing tidak berani Scramble
    37. Salam kapal Eksplorasi Petronas west capella di usir kapal Survei Haiyang Dizhi di laut sendiri
    38. Salam 89 kali perairan di rogol Cina, TLDM APMM dan MENTERI Pura pura Buta dan tuli bilang tak ada pencerobohan


    Salam terlemah ASEAN
    Salam Kedekut ASEAN
    Salam Rank 44 Badut ASEAN
    Salam Rank di bawah kaki Myanmar

    BalasHapus
  30. Indonesia sekarang posisinya lagi menunggu dan melihat. Apakah akan terjadi perang antara Malaysia dengan Philippine untuk memperebutkan Sabah. Dan kalopun terjadi perang, apakah Mat Puteh AKA FPDA akan bantu Malaysia untuk gangbang pinoy??

    Sangatlah menarik, karena kita akan membuktikan cakap Putrajaya yg selalu mengagungkan Mat Puteh AKA FPDA.

    👇👇👇

    Putrajaya25 September 2020 15.24

    Orang yang smart selalu nak mencapai GOAL sebanyak mungkin dengan effort sedikit mungkn ...So, .. Buat apa perang jika ada cara lain yang boleh digunakan (Contoh Nyatanya ...> Sipadan Ligitan dan Blok Ambalat)...

    Inilah bezanya kami dengan Indon ... buat apa punya sekutu yang powerfull di FPDA .. tetapi X kami manfaatkan secara optimal untuk keselamatan kami ...selalu nak mencapai GOAL sebanyak mungkin dengan effort sedikit mungkn ...So, .. Buat apa perang jika ada cara lain yang boleh digunakan (Contoh Nyatanya ...> Sipadan Ligitan dan Blok Ambalat)...

    Inilah bezanya kami dengan Indon ... buat apa punya sekutu yang powerfull di FPDA .. tetapi X kami manfaatkan secara optimal untuk keselamatan kami ...

    BalasHapus
  31. @putra:
    Orang yang smart selalu nak mencapai GOAL sebanyak mungkin dengan effort sedikit mungkn ...So, .. Buat apa perang jika ada cara lain yang boleh digunakan (Contoh Nyatanya ...> Sipadan Ligitan dan Blok Ambalat)...

    Orang yg smart tak kan kehilangan Natuna beserta lautnya yg luas dan strategis!

    Bagaikan pisau membelah jantung

    🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pulau Natuna sudah membelah beruk malon semenanjung dengan Malon Sabah Sarawak.

      Di pulau Natuna ada pangkalan kapal selam TNI, Rudal Nasams II, F16, Yakhont, C705, KRI REM, Kopassus, Denjaka, Kostrad, Astros II MK6, Vera NG, Tank BT3F, Tank Leopard, LPD, BRS, Kapal Bantu Cair Minyak, KCR60, dll

      Hapus
    2. Cobalah malon ambil Ambalat sekarang dari Indonesia melalui perang. Dipastikan KL & Putrajaya akan hancur total dan cukup 1minggu menghancurkannya.

      🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀

      Hapus
  32. @putra

    Jika aku jadi Korang, aku akan meratap selamanya menyesali nasib, mengapa wilayah Natuna menjadi Indonesia dan persis membelah negaraku jadi dua. Bagaikan belati menusuk jantung!

    😭😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kau terhibur sesaat dgn sipadan Ligitan,....tapi kau menangis sepanjang hayat melihat Natuna Indonesia.

      Kim tengok peta, jangan menangis!😭😭😦

      Hapus
    2. @RBL

      Putrajaya lagi menghibur diri karena tidak ada yg di banggakan dari industri pertahanan negaranya.

      Pulau Sipadan dan Ligitan tidak ada kekayaan sumber daya alam nya seperti gas dan minyal bumi.

      Pulau sipadan dan ligitan itu cuma pulau kecil, menang untuk pariwisata aja.

      Hapus
    3. Kita bkokade nnti di Natuna..
      Sabah di klaim pinoy.
      Lalu..malon tak punya lagi laut kan hahha

      Hapus
    4. @Nomad

      Targetnya kan memang begitu. Sabah buat pinoy. Sarawak buat Indonesia.

      Malon masih punya laut tapi yg di semenanjung.. hahahaha

      Hapus
  33. Putrajya lol..aka dungu

    Negara maaysia yg blm demokrasi masih tipu2 rajyatnya dgn kerajaan bodoh nya .

    BalasHapus
  34. Putrajya..saya tanya malysia tanpa FPda apa masih bisa sok kuat sok brani..yaelahh malysi negara pengecut kan looserr.mana brani berdiri sndri.

    BalasHapus
  35. Salam bousteed BNns yg dungu tiada kepakaran enjjner yg tak punya ilmu.
    Kalian gak bisa saingi Inhan indonesia.
    .rank 44 terlemah di asean grade A malon kiat sembunyi di pantat british

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malaysia is a Slave of British.

      Hanya negara bodoh yg mau menjaga istana buckingham negara yg menjajah negaranya selama 999tahun.

      Negara FPDA lain seperti Aussie, SG, New Zealand, Brunei, tak ada yg mau jaga istana buckingham.

      😂😂🤣🤣🤣

      Hapus
  36. Yuhuu.
    Yuhuu....malaSyia @putrajaya...?
    Muncul...muncul-lah kamu disini segera..!!
    Ditunggu oleh forumer IndONEsia........
    JANGAN kabur melarikan diri yah..?


    Katanya kamu hendak menjadi pemimpin melayu nusantara kawasan ASiA-tenggara...?
    Ini kami IndONEsia sudah siap kok, ayuh jangan jauh-jauh asia-tenggara, pilih yang terdekat saja.... IndONEsia.
    ..................
    Ayohh.... malaSyia SERANG-lah kami IndONEsia..!!
    BUKTiKAN cakap-BUAL kamu yang pemimpin melayu nusantara itu.
    Wkwkwkwkwk.....


    (sambil bakar kemenyan dan baca-baca mantra)
    __________________________________

    Putrajaya25 September 2020 11.56
    .. Konsep Nusantara kami jauh lebih luas dan agong ..
    ....................
    bukan saja wilayah Malaysia dan Indon saja
    ............................
    .. tetapi juga termasuk Philipina, Champa, Timor Leste, Brunei, Madagskar dan Kepulauan di Pacific) ...
    .........................
    Perlu dingatkan lagi bahwa dalam konsep Nusantara kami ...
    Bangsa Melayu Malaysia pewaris yang syah dan legitimate untuk memimpin seluruh bangsa melayu nusantara .. bukan Indon .. ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ras melayu malon Rasis. Seperti ras Arya di zaman Hitler. Rasa Yahudi di Israel.

      Ras melayu malon yg pemalas, suka nongkrong di kedai kopi 24jam, malas bayar hutang.

      Tinggal menunggu waktu aja Ras Melayu Malon punah seperti punahnya Ras Arya di zaman Hitler.

      Hapus
  37. Putrajaya..dungu people
    Kau tengok Natuna membelah 2 negara malysia..gak ada laut lagi disabah serawak aapalgi Di timur ada Cina malon cuma bisa diem aja..
    Krn apa sabah serawak kartu truft buat indonesia jika ada klaim dri pinoy.
    Bayangkan Ntuna kmi blokade jalur logistik dri semenanjung kerjaaan tolol ke sabah..

    BalasHapus
  38. hiburan dulu aaah....
    mau ke philipina ketemu Morissette Amon

    https://www.youtube.com/watch?v=vqcxM7dSJtw

    BalasHapus
  39. China global,....wajar!
    (1,3 milyar, mental bisnis)

    Inggris Raya,....wajar!
    (Kerajaan besar, bangsa penakluk dan penjelajah samudera!)

    Gred a Raya,....??????
    (Apanya yg unggul ya?)

    🤔🤔😣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Grade A unggul sebagai negara produsen pengekspor dadah No 1 di ASEAN.
      Grade A unggul sebagai negara pengekspor teroris No. 1 di ASEAN.

      👏👏👏

      👍👍👍👍

      🤝🤝🤝🤝

      Hapus
  40. Malon kontol memek puki bangst anjing ngentot.mana buktinya klo ambalat punya anjing coba saja kau berani tak masuk ambalat palingan baru juga jalan udh di tembak kcr hahahahah .jendral kau saja yang tak tau diri melihat keadaan dan sikap kita tunggu saja berani atau tak ,pasti tldm kau juga gak berani melihat tni al sangat memadai


    Dan yang empire malaka kau cakap itu terkuat?🤣 CUUUIIIH... NAJIS NAJIS HARAM PERCAYA. Langkahi dlu kesultanan aceh dan kerajaan majapahit baru boleh cakap macam tu, jangan kan dengan kesultanan aceh dan majapahit kau lawan saja dlu ternate dan tidore yang tidak pernah terkalahkan oleh portugis💪 sedangkan melaka saja hancur di tangan portugis hahhahahahahahahahahahahhahaha


    Salam @putrakontol lagi mimpi basah
    Salam @putrakontol lagi mimpi basah
    Salam @putrakontol lagi mimpi basah
    Salam @putrakontol lagi mimpi basah
    Salam @putrakontol lagi mimpi basah
    Salam @putrakontol lagi mimpi basah
    Salam @putrakontol lagi mimpi basah
    Salam @putrakontol lagi mimpi basah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Santai" hadapi semua dengan santai..kalahkan dan patahkan omongan maloners dengan santai...toh fakta yg ada membuktikan bahwa MALON itu memang bodoh xixixi mudah patahkan omongan mereka..kalau gk didengerin am mereka,diemin aja😴..gak perlu toxic😷😅

      Hapus
  41. Dri awal DAPA di bentuk buat ngeruk devisa negara. Kok indonesia malah join. Wong orang dalan pemerintahan aja bilang"manabisa bedain gen 4,5 dan 5 lah wong desain dan detailnya mirip-mirip walau ga 100%" kai dan kontraktor juga doyan suap. Uda sering tu di demo dan kritik, sampe di angkat di drakor dan film box office. Saking babelnnya tu kuping petinggi negara korsel.

    BalasHapus
  42. Waktune sholat isya dek ojo ghibahi jiran ae😋😊

    BalasHapus
  43. Kapal selam changbogo class berat 1800 ton atau 3000 ton panjang 80 meter sangat moderen dan indonesia harus bermain cantik kalau tidak bisa ambyar

    BalasHapus