26 Februari 2024

PT Len dan Airbus Helicopters Lakukan Kerja Sama Pengembangan Produk Pertahanan untuk Meningkatkan Konten Lokal

26 Februari 2024

Penandatanganan kerjasama antara PT Len dan Airbus Helicopters (photo: Len)

Perkuat Industri Pertahanan Dalam Negeri, PT Len Industri (Persero) Tandatangani MoU dengan Airbus di Singapore Air Show 2024

Singapura – PT Len Industri (Persero) induk holding BUMN industri pertahanan DEFEND ID diwakili Direktur Bisnis dan Kerjasama PT Len Industri (Persero) Wahyu Sofiadi bersama Senior Vice President Head of Region Asia Pacific Airbus Helicopters Vincent Dubrule melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di booth Airbus, dalam gelaran Singapore Air Show 2024 yang diadakan di Lapangan Terbang Changi, pada 21-22 Februari 2024.

Pada proses penandatanganan Wahyu didampingi Direktur Utama PT Len Industri (Persero) Bobby Rasyidin dan disaksikan secara langsung oleh Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Dirjen Pothan Kemhan) Mayor Jenderal TNI Mohammad Fadjar.

MoU ini menitikberatkan pada kerja sama dalam proyek dan bisnis pengembangan produk pertahanan. Hal ini guna meningkatkan konten lokal dan kapabilitas dalam negeri dan potensi pemanfaatan fasilitas produksi DEFEND ID. Lalu pada MoU ini diperjelas kata dan ungkapan yang harus diartikan seperti produk berarti produk pertahanan seperti helikopter, aero struktur, fixed wing dan MRO. Ada pula kata proyek berarti proyek pertahanan helikopter, struktur Aero, dan MRO.

Selain melakukan tanda tangan MoU dengan Airbus, Direktur Utama dan Direktur Bisnis dan Kerjasama Len juga melakukan pertemuan dengan beberapa perusahaan seperti Leonardo Italy, Thales Perancis, hingga pertemuan dengan Deutsche Bank.

Selama di Singapore Air Show 2024, Bobby dan Wahyu didampingi oleh Sekretaris Perusahaan PT Len Industri (Persero) Irlan Budiman dan beberapa Senior General Manager Len.

Sebagai informasi, Singapore Air Show 2024 adalah pameran yang dilaksanakan selama dua tahun sekali yang diisi dengan beberapa agenda seperti pameran statis pesawat terbang komersial hingga militer, forum diskusi, hingga aerobatics displays. Dalam agenda ini hadir pula para pelaku pemerintahan hingga delegasi militer dari seluruh dunia.

(Len)

126 komentar:

  1. Yang mau ngetroll waktu dan tempat dipersilahkan 🤫

    BalasHapus
  2. ANEH PENINGKATAN KONTEN LOKAL KESANNYA DI PAKSAKAN PADAHAL MASUKAN PRODUCTNYA KE PTDI UNTUK DIATUR PTDI TIDAK DIBUAT² JADI PT LEN DENGAN AIR BUS KERJASAMA , BERBELIT² SEKALI JUGA SEPERTI MEMAKSAKAN KATA LOKAL , SEDANG POTHAN SENDIRI TIDAK MAU BUAT RADAR GCI PT LEN YG NYATA² TKDN NYA 100% JUGA TECHNOLOGYNYA 100% LOKAL & RENCANA AWALNYA SEBELUM 2019 (PRABOWO DI JADIKAN MENHAN)
    GCI BUATAN PT INTI INI YG AKAN DIPAKAI UNTUK MENCUKUPI KEBUTUHAN RADAR GCI INDONESIA TAPI SEKARANG PUN MALAH DIHILANGKAN JUGA JEJAK GCI RADAR PT INTINYA SEOLAH TIDAK PERNAH ADA DENGAN MEMAKSAKSA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau daku PT Inti tidak pernah membuat radar GCI, mereka membuat radar cuaca yang sudah digunakan dibeberapa bandara dan masuk dalam konsorsium radar cuaca nasional, PT Inti lebih fokus pada penelitian dan produksi kabel fiber optik berkualitas tinggi

      Hapus
    2. Eehh ada Malon kerasukan udah ngamuk..

      Hapus
    3. Betul...betul....
      @TsetoW termasuk ODGJ...👍👍👍

      Hapus
  3. Kerjasama Airbus sama LEN paling jatuhnya ke sistem elektronik atau avionik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sistem autopilot mereka salah satu yg paling maju. Asal tidak ada klausa khusus nonmiliter, bisa diterapkan di drone, N219 bahkan sampai KF-X.

      Hapus
    2. Eh, ternyata Airbus helicopters. Kalau gitu, paling drone dan heli saja.😶

      Hapus
  4. "...hingga pertemuan dengan Deutsche Bank..."

    =====
    Kalis barter sawit laah...

    BalasHapus
  5. Dimari, Falcon malah dinyinyirin..😂😂

    ===!!
    https://www.businessinsider.com/ukraine-danish-f-16s-summer-russia-2024-2

    A Ukrainian pilot said that transitioning from old Soviet-made planes to Western F-16s is like upgrading from a Nokia to an iPhone.

    The pilot, with the call sign "Moonfish," is one of six being trained to use the fighter jets at the Skrysdtrup base in Denmark.

    "It's a really awesome jet to fly," he told Ukrainian government-backed platform United24.

    He said that while the F-16s are "much easier to fly" for pilots, it has been a challenge adapting to the more advanced electronic systems on the aircraft.

    He compared it to transitioning from a basic phone "like a Nokia, straight to an iPhone, without all those steps in between."

    BalasHapus
  6. Bantuan Malayasia kepada Indon pasca takluk dan kalah indon yang sangat memalukan itu pada masa era Konfrontasi

    MALAYSIA 🇲🇾🇲🇾 PERNAH HIBAH PESAWAT
    PEJUANG KEPADA INDONESIA 🇲🇨🇲🇨.
    Sejarah pesawat hibah (pemberian percuma/ikhlas) oleh Amerika Syarikat kepada Indonesia dalam bentuk jet pejuang F-16 bukan perkara baru.
    Pesawat-pesawat F16 C/D ini akan disampaikan melalui program "Peace Bima Sena II). Jumlah pesawat F-16 yang memperkasakan Tentera Nasional Indonesia-Angkatan Udara mencapai 24 buah.
    Walaupun merupakan pesawat terpakai, ia sudah cukup untuk melonjakkan kuasa udara Indonesia menjadi yang paling disegani di rantau ini.
    ▪️KONDISI ANGKATAN TENTERA INDONESIA MEMBURUK SELEPAS KONFRANTASI
    Selepas kegagalan Indonesia dalam konfrantasinya dengan Malaysia (1963-1966) Indonesia yang pernah menjadi kuasa yang paling digeruni rantau ini, jatuh merundum.
    Selama beberapa tahun, negara besar itu terpaksa menumpukan perhatian bagi mencipta kestabilan dalam negara sehingga menyebabkan angkatan udara dan lautnya terbiar tanpa latihan disebabkan kekurangan alat ganti.
    Bekas operator radio HMS Dartington, Dave Morris dalam memo lawatannya ke Surabaya selepas tamat konfrantasi mencatatkan,
    "The naval yard at Surabaya contained the remnants of Sukarno's navy. It was crammed full of ships and although they were all fully manned they were generally non operational, mainly due to lack of spares. The Soviets had withdrawn all support on Sukarno's departure and the ships had been systematically depleted of machinery and equipment. They had been cannibalized in an effort to keep some of the major units of the navy afloat and operational. By this time their operational strength was down to two ex-USSR Riga class frigates and one submarine.
    It was the two frigates, Nuku and Lambung Mangkurat, with whom the RN ships would be exercising. A joint planning conference and harbour evolutions did not inspire confidence in the RN personnel who attended as part of the preparations for the forthcoming exercise and harbour training highlighted the material shortcomings and lack of expertise of the Indonesian ships. Luckily the exercise at sea was only to last a few hours, all in daylight. RN personnel sailed on the Indonesian ships, with one Seaman Chief Petty Officer and one Leading Radio Operator (Tactical) on each.
    One of the tasks the Seaman CPOs undertook was to show the Indonesians how to rig a jackstay, which they had not done before. The motivation was great because the RN personnel would be using the jackstay to return to Glamorgan. The exercise went off without any major mishaps apart from one of the Indonesian frigates, the flagship, breaking down and limping back into port. A reliable source stated that the one submarine that the Indonesians had left could not be submerged. Whenever there were foreign ships in port they would steam it out of harbour each morning with due ceremony to attract attention. The boat would spend the day out of sight somewhere on the surface, then steam back into port in the evening with more ceremony. The Indonesians were, however, optimistic about the future, as they were about to take delivery of ex-US Navy ships.
    Angkatan udara Indonesia juga mengalami nasib yang sama, sebaik sahaja Sukarno turun dari berkuasa, Indonesia yang memiliki sebahagian besar pesawat Mig gagal mengekalkan tahap operasi, sehingga ada juruterbang pesawat tempur yang tidak pernah berada dalam kokpit selama tujuh tahun.
    Pesawat-pesawat baharu perlu dicari, selepas komunis ditewaskan di Indonesia, Suharto yang menjadi Presiden selepas jatuhnya Soekarno merupakan seorang pemimpin yang pro kepada Barat.
    Hanya selepas tahun 1975, barulah kondisi

    BalasHapus
  7. Angkatan Bersenjata Republik Indonesia membangkit.
    ▪️ANGKATAN TERTERA MALAYSIA DIPERMODENKAN SELEPAS KONFRANTASI
    Berbanding dengan bekas musuhnya, Malaysia yang berjaya menghalang invasi Indonesia mula melengkapi angkatan laut dan udara dengan aset lebih moden. Pada 1975, penghantaran pesawat pejuang supersonik iaitu F-5 Tiger memasuki inventori Tentera Udara di Raja Malaysia (TUDM)..
    Ya... Malaysia berada di belakang Vietnam sebagai operator pesawat supersonik sebelum diikuti oleh Indonesia dan Singapura.Sebanyak 14 buah pesawat F-5E dan dua F-5B diterima oleh TUDM.

    ▪️BEKAS PESAWAT PEJUANG TUDM DIBERI KEPADA INDONESIA.
    Sebelum kedatangan pesawat pesawat F-5, TUDM menggunakan pesawat pejuang buatan Australia iaitu Avon Sabre. la dioperasikan oleh No 11 Skuadron TUDM antara 1969 hingga 1972.
    Akhirnya dengan keadaan hubungan yang semakin baik dengan Indonesia, Malaysia dan Australia bergabung tenaga untuk membangunkan Angkatan Udara Indonesia melalui penghantaran hibah pesawat itu sebanyak 23 buah antara 1973 dan 1975. la digunakan oleh Skuadron No 14 Indonesia.
    Lima daripada Avon Sabre itu merupakan pesawat hibah dari Malaysia.Nombor sirinya terdiri daripada FM 1369 (kemudian ditukar kepada F 8619 Indonesia dan dieksport ke Amerika Syarikat dalam 1989), FM 1978, FM-1979, FM1987 dan FM1993.
    Kesemua pemberian pesawat hibah oleh Australia dan Malaysia ini dimuatkan dalam program yang dinamakan "Garuda Bangkit"
    a terkenal sebagai "Mig Killer" kerana kejayaannya menembak jatuh 792 pesawat MIG-15 dengan hanya kehilangan 78 unit.
    Indonesia turut mengoperasikan MIG 15 sebanyak 30 unit.
    Kredit MILITARY OF MALAYSIA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kontooool bapak lo kejepit sleting

      Hapus
    2. Kalau ini berita 100% AKURAT ..... Ini bukti betapa baik Malaysia melihat Indon yang nyaris bubar dan sudah bangkrut pasca konfrontasi dengan kami ...

      Sama halnya dengan era sekarang dimana Indon masih bergantug kepada malaysia untuk membantu kehidupan rakyatnya yang menjadi hamba budak di negara kami ....

      Hapus
    3. Ini termasuk komentar dari orang yg statusnya ODGJ (Arab2an ODGJ)....

      Hapus
  8. MoU PT LEN dan Airbus terkait Avionik ga ngajak Infoglobal nih...

    BalasHapus
  9. Akan melaut Ogos 2024 dan akan menjadikan TLDM terkuat di Asia Tenggara dan berperan lebih besar di FPDA

    https://youtu.be/0MfkHYqv1vw?si=T8l-4JiicZtGPboS

    # Maharaja Lela-class frigate (Gowind 3100)
    # Stealth Gowind-class design ship (Firgate)
    # Royal Malaysian Navy / Tentera Laut Diraja Malaysia - TLDM
    ! Berat 3,100 tan
    ! Panjang 111 meter
    ! Kelajuan 28 knots
    6 kapal asal adalah bernama :
    1) Frigate KD Maharaja Lela (2501) proceed ✅
    2) Frigate KD Syarif Masahor (2502) proceed ✅
    3) Frigate KD Raja Mahadi (2503) proceed ✅
    4) Frigate KD Mat Salleh (2504) proceed ✅
    5) Frigate KD Tok Janggut (2505) proceed ✅
    6) Frigate KD Mat Kilau (2506) Canceld ❌
    Sama-sama kita doakan 🤲 belajar dari kesilapan, biar lambat asalkan berusaha, masih belum terlewat 👍
    Mudahan kapal ke 6 dapat dibina selepas itu dan diteruskan dengan 6 buah lagi batch ke 2, merialisasikan RMN 15 to 5, iaitu 12 Littoral Combat Ship LCS ✅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon Hanya Jadi Babu diFPDA..dg Aset Lapok sampai Bang Jamil Mampoooooos

      Hapus
  10. Para Malon kl sembang ky Anjink dikebiri Kontolnya🤣🤣🤣🩲🇲🇾🩲

    BalasHapus
  11. Mou sana... Mou sini... Tau tau BATAL.. 🤣🤣🤣🤣

    Paling LAWAK sudah sign kontrak tau tau BATAL tiada wang... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inovasi Indon ... Modus inovasi para pejabat untuk korupsi wang negara ....

      Sri Mulyani pun takjub dengan cara korupsi yang terjadi di depan matanya itu ... Hehehehe

      Hapus
    2. Jual sana sini gak tahu aset mangkrak jalur shopping kasihan Beruk gak punya kemaluan.

      Hapus
    3. Dunia pun takjub dengan gaya korupsi 1MDB dan LCS.... Hahaha

      Hapus
  12. Kabarnya ada perusahaan beruk Malon beli 23 helikopter dari PT DI untuk buka penyewaan helikopter, HAHAHAHA.....tau aja kalau TDM suka pakai jasa SEWAAA 😛🤪🤪😝

    BalasHapus
  13. Yg makin kerasukan dijogetin aja yah Ruk.kasihan

    BalasHapus
  14. 6 berhala MALON adalah bernama :

    1) Frigate KD Maharaja Lela (2501) MANGKRAK
    2) Frigate KD Syarif Masahor (2502) Potongan MANGKRAK
    3) Frigate KD Raja Mahadi (2503) Potongan MANGKRAK
    4) Frigate KD Mat Salleh (2504) GHOIB
    5) Frigate KD Tok Janggut (2505) GHOIB
    6) Frigate KD Mat Kilau (2506) Canceled ✅

    😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg 1 dah ghoib permanen atau yg 5 juga senasib. Miris.

      Hapus
  15. Heran, yang katanya nama pahlawan Malon, malah dijadikan nama barang MANGKRAK yang memalukan...

    😂😂😂😂😂

    Tolol sangat

    BalasHapus
  16. Bahkan, saat proyek KD LCS belum mulai first cutting, nama kapal mereka sudah dikasih duluan..

    Wakakakkkkkkkkakakak..

    😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  17. Psssttttt.... Patutlah hingga MENCARI LENDER mau NGUTANG.... tiada wang katanya.. 😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hutang tapi ada barang serta bentuk dan pasti dicicil ..
      Malon hutang sudah ga ada bentuk mangkrak pula dan hutang itu ga di bayar.

      Hapus
  18. Patutlah NGUTANG terus kerjanya.... Ternyata tiada wang.. 🤣🤣🤣

    Juru bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan kontrak pembelian dilakukan pada Januari 2023. Kontrak itu kemudian batal karena Indonesia tak memiliki uang untuk membayarnya."Tadi, karena ada keterbatasan fiskal (kontrak batal), gak punya duit tadi kata Bang Hotman," ujar Dahnil dalam konferensi pers di Kantor Kemhan, Jakarta, Senin (12/2/2023).

    BalasHapus
  19. Ternyata senjata ULTIMAX buatan Singapura, masih lebih bagus dari senapan VITA BERLENDIR buatan Malon untuk Planet NAMEX 😛😛🤪🤪😝

    BalasHapus
  20. Psssttttt... Kalau sudah tahu tiada wang buat cara tiada wang.... 🤣🤣

    BalasHapus
  21. Patutlah MENCARI LENDER terus..... Ternyata tak punya wang... 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  22. Walau......Gorilla MALAYA mulai ngamuuuk yaaaa 😛🤪🤪😝

    BalasHapus
  23. Patutlah NGUTANG saja kerjanya.. 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  24. LENDER HARGA MATI... 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Patutlah MENCARI LENDER terus..... Ternyata tak punya wang... Sewa 4 BlackHawk Versi Civil pun mengharap Lender, Menaik Tarafkan Pesawat pun tunggu Wang Derma, Radar kawalan pun hasil Derma ya Rus🩲🇲🇾🩲🤣🤣🤣

      Hapus
    2. SEWA HARGA MATI.....😛😛🤪🤪😝

      Hapus
  25. Tiada wang buat cara tiada wang... 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  26. Patutlah MENCARI LENDER terus..... Ternyata tak punya wang... Sewa 4 BlackHawk Versi Civil pun mengharap Lender, Menaik Tarafkan Pesawat pun tunggu Wang Derma, Radar kawalan pun hasil Derma ya Rus🩲🇲🇾🩲🤣🤣🤣

    BalasHapus
  27. HAHAHAHA.....kalau ada berita kemajuan Industri pertahanan NKRI pasti ada GORILLA MALAYA yang IRI 👺 dan DENGKI 👹👹 sampai Mengamuuk 🤬🤬🤬

    BalasHapus
  28. lon malon....HARE GENE MASIH KOPLAK LOW IQ AJA...

    nich...gue kasih elo 2 point :

    PERTAMA :
    >>> elo hidup di era 2024 sekarang dengan FAKTA LUAR BIASA TERTINGGAL DAN TERPINGGIRKAN kerajaan malon di PENTAS HUBUNGAN INTERNASIONAL.

    >>> elo FRAMING PROCUREMENT F-5 era tahun 1975-an dan FAKTA SEKARANG ADALAH F-5 SUDAH MENJADI BARANG USANG YANG TIDAK DIPAKAI LAGI OLEH INDONESIA.

    HAHAHAHAHAHAHAHAHA.....

    BalasHapus
  29. HAAAAH....Malon untuk sewa helikopter saja cari LENDER ?......Kasihan sekali 😁😄😄😆

    BalasHapus
  30. AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.

    Helikopter Black Hawk tersebut akan digunakan oleh Penerbangan Tentera Darat Malaysia (Malaysian Army Aviation).

    Kontrak ditandatangani pada saat pameran Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) 2023, seperti diwartakan oleh Scramble Magazine (9/6).

    RUS LUPA YA...SIMISKIN YG SEMBANG MENDONIA🩲🇲🇾🩲🤣🤣🤣

    BalasHapus
  31. Dah termiskin no shopping hutang segunung. Kasihan beruk.Makin kerasukan dan cuma ramai bual bikin gelak kawasan. No Slot for Malon.

    BalasHapus
  32. KEDUA :

    >>> elo FRAMING TENTANG LCS GOWIND CLASS 3.100 TON YANG SUDAH DIKERJAKAN STEEL CUTTING SIMULTAN UNTUK 6 UNIT DI BELANDA PADA TAHUN 2014 DENGAN TANPA PERSETUJUAN PENGAWASAN KUALITAS DARI PIHAK NAVAL GROUP .

    malon secara SEPIHAK MENGUBAH DESIGN GOWIND CLASS 2.500 TON MENJADI 3.100 TON TANPA SUPERVISI, CONTROL DAN PERSETUJUAN KELAYAKAN DESIGN DARI NAVAL GROUP.

    HASIL AKHIR ADALAH :
    6 UNIT LCS GOWIND CLASS 3.100 TON BERSTATUS TIDAK ADA PROGRESS / MANGKRAK DI DARATAN SEJAK 2014.

    UANG PINJAMAN LUAR NEGERI DARI 17 LENDER PROJECT LCS GOWIND CLASS DIKORUPSI OLEH REZIM NAJIB RAZAK.


    HAHAHAHAHAHAHAHA......

    BalasHapus
  33. INDON... 😂😂😂

    1. MIRAGE RONGSOK
    sudah la BATAL.... tiada WANG lagi..

    2. KF-21 NGEPRANK
    Sudahlah NUNGGAK HUTANG... MENCURI DATA lagi

    3. SEWA SATELIT NAVAYO
    Sudahlah GAGAL BAYAR SEWA... Didenda puluhan juta USD lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. SiMISKIN SEMBANG MENDONIA..AKAN AKAN AKAN SAMPAI BANG JAMIL MAAAMPOOOOOOS RUS..HAIL NAJIB ROSMAH PAHLAWAN KITE🩲🇲🇾🩲🤣🤣🤣

      Hapus
  34. Gorilla MALAYA ngamooook terus. ...HAHAHAHA 😁😁😄😄😆

    BalasHapus
  35. Dikutip Zonajakarta.com dari media Malaysia Defence Security Asia, proyek untuk meningkatkan tiga pesawat angkut Royal Malaysia Air Force (RMAF) CN-235 ke varian MSA oleh PT DI Indonesia ini didanai oleh program "Maritime Security Initiative" (MSI) pemerintah Amerika Serikat.

    SIMISKIN SEMBANG MENDONIA🩲🇲🇾🩲🤣🤣🤣

    BalasHapus
  36. INDON... 😂😂😂

    1. MIRAGE RONGSOK
    sudah la BATAL.... tiada WANG lagi..

    2. KF-21 NGEPRANK
    Sudahlah NUNGGAK HUTANG... MENCURI DATA lagi

    3. SEWA SATELIT NAVAYO
    Sudahlah GAGAL BAYAR SEWA... Didenda puluhan juta USD lagi

    4. UAV DONALD DUCK
    Sudahlah SALAH POTONG... Program Dihentikan lagi kerana MANGKRAK

    BalasHapus
    Balasan
    1. MONUMEN MIG29 = Sudah tentu, pemindahan MiG-29N sebagai monumen akan menutup pelbagai spekulasi alam maya berhubung masa depan pesawat tersebut
      ---
      (UGV LCS) UNMANNED GROUND VEHICLE TERBESAR DUNIA = Laporan Jawatankuasa Kira-Kira Wang Negara (PAC) berhubung kemajuan projek pembinaan kapal tempur pesisir (LCS) Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) mendedahkan lima kapal itu dijangka siap pada 2029
      😛PARAH MONUMEN MIG = UGV LCS TERBESAR DUNIA😛

      Hapus
  37. Paling lawak.. INDON sendiri mengaku BATAL kerana tiada wang... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  38. Malon semua aset mangkrak dan ghoib dah terpinggirkan dikawasan saatnya Pinoy rebut Kembali Sabah dan Sarawak dengan dukungan neg sekawasan.

    BalasHapus
  39. SiMISKIN SEMBANG MENDONIA..AKAN AKAN AKAN SAMPAI BANG JAMIL MAAAMPOOOOOOS RUS..HAIL NAJIB ROSMAH PAHLAWAN KITE🩲🇲🇾🩲🤣🤣🤣

    BalasHapus
  40. Style INDON.... sign dulu wang bayaran fikir kemudian... 🤣🤪

    Masa baru di tahu tiada wang lepas sign KONTRAK... 🤣🤣

    BalasHapus
  41. Style Malon, sign kontrak lender sudah kasih uang tapi aset mangkrak dan hutang tak dibayar.
    Goblok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di korupsi pula, itulah style Malon yang paling utama..

      Hapus
  42. lon malon ini ....gue mo kasih elo paparan singkat lagi:

    KONKLUSI :

    > elo KAGAK BAKALAN BISA UBAH FAKTA SEJARAH MASA LALU

    > elo MASIH AJA HIDUP DENGAN FRAMING "SEAKAN-AKAN malon itu KAYA" ; faktanya adalah MALON ITU MISKIN DAN LEMAH.

    > elo KAGAK BISA SELESAIKAN PROJECT 6 UNIT LCS GOWING CLASS ITU SELAMA HARTA KORUPSI OLEH REZIM NAJIB RAZAK ITU DIREBUT KEMBALI. KARENA APA ? TUCH KEWAJIBAN BAYAR HUTANG KEPADA 17 LENDER PROJECT GOWIND CLASS BELUM LUNAS.

    > elo SAAT INI ALAMI TEKANAN DEPRESIASI NILAI ringgit malon terhadap US DOLLAR.
    JANGAN BERHARAP TERLALU TINGGI ATAS PROJECT PROCUREMENT MILITARY ASSETS SEBELUM REZIM PEMERINTAH ELO SUDAH BISA ATASI MASALAH KRISIS MONETER ITU.



    BalasHapus
  43. MALON tak ada duit mengharapkan SEWA dan DERMA.....HAHAHAHA 😁😁😆😆😄

    BalasHapus
  44. AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.

    Helikopter Black Hawk tersebut akan digunakan oleh Penerbangan Tentera Darat Malaysia (Malaysian Army Aviation).

    Kontrak ditandatangani pada saat pameran Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) 2023, seperti diwartakan oleh Scramble Magazine (9/6).

    Dikutip Zonajakarta.com dari media Malaysia Defence Security Asia, proyek untuk meningkatkan tiga pesawat angkut Royal Malaysia Air Force (RMAF) CN-235 ke varian MSA oleh PT DI Indonesia ini didanai oleh program "Maritime Security Initiative" (MSI) pemerintah Amerika Serikat.

    SIMISKIN SEMBANG MENDONIA..HEIL NAJIB ROSMAH PAHLAWAN KITE🩲🇲🇾🩲🤣🤣🤣

    BalasHapus
  45. MONYET MENCURI DOKUMEN MILITER MALAYSIA.......
    Menurut laporan Malay Mail, seperti dikutip dari Channel NewsAsia, insiden itu terjadi hari Minggu (31/7) ketika sekelompok monyet mencuri dokumen di kamp militer Terendak.
    ----
    DAPA AND KAI NOT FOUND = the Defense Acquisition Program Administration and KAI have stated that they have been investigating for fifteen days and have not found any evidence of national secrets such as core technology being leaked.....
    ---
    KOREA MILITARY OFFICIALS = the military officials urge restraint and patience as there is no solid evidence to support such rumors. Another military official added, “We believe no content has emerged that would violate military secrets or the Defense Industry Technology Security Act. Thus, it seems that there was no core technology that could be classified as a secret.”
    😝KALAH SAMA MONYET😝

    BalasHapus
  46. MONYET MENCURI DOKUMEN MILITER MALAYSIA.......
    Menurut laporan Malay Mail, seperti dikutip dari Channel NewsAsia, insiden itu terjadi hari Minggu (31/7) ketika sekelompok monyet mencuri dokumen di kamp militer Terendak.
    ----
    DAPA AND KAI NOT FOUND = the Defense Acquisition Program Administration and KAI have stated that they have been investigating for fifteen days and have not found any evidence of national secrets such as core technology being leaked.....
    ---
    KOREA MILITARY OFFICIALS = the military officials urge restraint and patience as there is no solid evidence to support such rumors. Another military official added, “We believe no content has emerged that would violate military secrets or the Defense Industry Technology Security Act. Thus, it seems that there was no core technology that could be classified as a secret.”
    😝KALAH SAMA MONYET😝

    BalasHapus
  47. Malon kerjasama dengan siapa puuur tak ada yang jalan kerjasamanya hahahaha

    BalasHapus
  48. Ada MALON mulai KETAR KETIR... Wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  49. PT Len dan Airbus Helicopters Lakukan Kerja Sama ya guys.... Mantab

    MALON mulai NGAMUK... Wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup ... Maksudnya Indon PT LEN harus "kerja" bersama dibawah arahan kami Airbus iika ingin dapat pekerjaan atau kontrak ...

      Hapus
    2. Memangnya Airbus Pemiliknya orang Melayu Malaysia....orang melayu malaysia di Airbus cuma cleaning Service.....wkwkwkwk ...pandai membual saja....tapi otak zonk..

      Hapus
  50. Yang hanya mampu SEWA heli versi basic tuh minggir sedikit... Wkwkwkwkwmwkwk


    Ini kelas negara hebat bukan negara SEWA HELI... Wkwkwkw

    BalasHapus
  51. Jaga jaga bila berurusan dengan negara tu.... MENCURI DATA, KORUPSI, GAGAL BAYAR HUTANG dan GAGAL BAYAR SEWA.. 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  52. Malon tak ikut Singapore air show su 30 mkm usang sudah tak di undang lagi , pasti grounded wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  53. Jika X ada wang .. janganlah melawat ke luar negeri ..... bisa sengsara dan menjadi gelandangan di sana ....

    Prinsip juga berlaku ... jangan membeli senjata dengan cara hutang jika nanti xmampu membayarnya kembli ... kecuali jika nanti ada pulau yang dijadikan jaminan ...
    -----------------
    Rakyat Indonesia diminta bawa RM1,992 jika melawat Thailand

    https://www.kosmo.com.my/2024/02 ... a-melawat-thailand/

    Oleh KOSMO!
    25 Februari 2024, 1:32 pm


    GAMBAR menunjukkan sebuah pejabat imigresen di Thailand . – TRAVELFISH

    BANGKOK – Kedutaan Indonesia di Bangkok mengeluarkan peringatan kepada rakyatnya yang mahu melawat Thailand supaya membawa wang tunai minimum yang mencukupi bagi mengelak risiko tidak dibenarkan masuk ke negara berkenaan, lapor laman berita Thaiger semalam.

    Kaunselor Menteri Kedutaan Indonesia di Bangkok, Dewi Lestari mendedahkan mengenai syarat kemasukan ketat oleh kerajaan Thailand dalam satu wawancara eksklusif bersama rangkaian berita tempatan, RRI.

    Lestari berkata, tanpa mengira kewarganegaraan, semua pelancong asing yang memasuki Thailand wajib menunjukkan bukti keupayaan kewangan bersamaan minimum 15,000 baht (RM1,992) perlu berada di tangan.

    “Ramai warga Indonesia mendapati mereka tidak dibenarkan memasuki Thailand di sempadan dan ini mendorong kedutaan kami mengeluarkan peringatan penting tersebut,” katanya.

    Menurutnya, senarai yang perlu diperiksa oleh pelawat termasuk pasport sah, tiket pulang, bukti penginapan dan paling penting adalah bukti kewangan bagi membiayai keberadaan mereka di Thailand.

    Di bawah Seksyen 12, Akta Imigresen Thailand 1979, pelawat yang gagal memenuhi kriteria tertentu berisiko tidak dibenarkan masuk terutamanya jika mereka tidak mempunyai kewangan mencukupi, demikian lapor laman berita World of Buzz.

    Lestari juga mendedahkan tentang pemeriksaan lebih ketat oleh Imigresen Thailand dan memetik operasi pihak berkuasa berkenaan dalam membanteras jenayah penipuan pekerjaan dan penyeludupan manusia sejak kebelakangan ini.

    Beliau juga menyatakan tentang perbezaan pendapat dalam kalangan pegawai imigresen Thai mengenai syarat wang tunai tersebut.

    “Walaupun undang-undang tidak menyatakan jumlah tertentu, data kami menunjukkan wang tunai sekurang-kurangnya 15,000 baht untuk pelancong solo dan 20,000 baht (RM2,660) untuk pelawat berkeluarga,” katanya.

    Jelas Lestari, pelawat digesa melengkapkan dokumen yang diperlukan dan memastikan mereka membawa wang tunai minimum bagi mengelakkan kekecewaan di sempadan. – AGENSI

    BalasHapus
  54. France, US , Turkey, kena prank Malon miskiiin wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  55. INDON GAGAL BAYAR SEWA.....bikin MALU 🤣

    Dua perusahaan operator satelit yakni Navayo dan Avanti menang atas gugatan arbitrase internasional kepada pemerintah Indonesia. RI dianggap wanprestasi karena tak memenuhi kewajiban membayar sewa satelit yang ditempatkan di slot orbit 123 derajat bujur timur.

    BalasHapus
  56. Konon nak sewa heli 4 biji tapi takde wabg wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  57. Macam malon tuu, jaminannya NGUTANG ke Jepun buat bayar bunga UTANGnya China..

    😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  58. Singapura aja jijik guys... Wkwkwkw

    Pengalaman memalukan dialami jet tempur Su-30MKM milik Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM).

    Berniat hadir di Singapore Airshow 2022, pesawat tersebut harus balik lagi ke kandangnya karena “tidak mendapat slot” dan di usir di area statis pameran kedirgantaraan akbar tersebut.

    BalasHapus
  59. Konon nak beli heli dari Turkey 20 biji, tapi tipu tipu wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  60. NUNGGAK BAYARAN SEWA Guys hingga Didenda sama AVANTI dan NAVAYO... 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAMBAH HUTANG =
      2024 DEFICIT 4,3%
      2023 DEFICIT 5%
      The Malaysian government remains committed to fiscal consolidation with the fiscal deficit expected to improve to 4.3% of GDP by end-2024 (2023e: 5.0%) and ultimately reach the targeted 3.0%-3.5% by end
      ---
      2024 MYR 19,7 (approx. US$ 4,370 Billion) : LEASE ...
      2023 MYR 17,74 : LEASE
      2022 MYR 16,14 : LEASE
      😝2024 DEFISIT = 2024 LEASE😝

      Hapus
  61. Malon : NGUTANG ke Jepun > cair > okey > transfer ke rekening China...

    😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  62. Konon university grad av, bina kapal LCS sahaja salah potong dan mangkrak wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  63. Tak ada rasa malu kah tentara BERUK nih... Wkwkwkwmwk

    Pengalaman memalukan dialami jet tempur Su-30MKM milik Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM).

    Berniat hadir di Singapore Airshow 2022, pesawat tersebut harus balik lagi ke kandangnya karena “tidak mendapat slot”dan di usir di area statis pameran kedirgantaraan akbar tersebut.

    BalasHapus
  64. Malon ekonomi mengkuncup tak sanggup beli aset wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  65. MENYAKITKAN gak tuh... Wkwkwk

    Pengalaman memalukan dialami jet tempur Su-30MKM milik Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM).

    Berniat hadir di Singapore Airshow 2022, pesawat tersebut harus balik lagi ke kandangnya karena “tidak mendapat slot”dan di usir di area statis pameran kedirgantaraan akbar tersebut.

    BalasHapus
  66. Malon takut dengan Singapore , kena denda project kereta cepat wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  67. MEMALUKAN... SEWA tak dibayar... 🤣

    BalasHapus
  68. Su30 nya takut ROSAK di udara ya guys... Nanti jadi MALU MALUIN singapura... Hahahaha

    Pengalaman memalukan dialami jet tempur Su-30MKM milik Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM).

    Berniat hadir di Singapore Airshow 2022, pesawat tersebut harus balik lagi ke kandangnya karena “tidak mendapat slot”dan di usir di area statis pameran kedirgantaraan akbar tersebut.

    BalasHapus
  69. Malon sewa tanah kerajaan pinbtak mampu wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  70. Mig 29 rosok , pamerkan sahaja puuur di Singapore , biar seluruh dunia tertawa wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  71. Patutlah di USIR belum lunas SEWA SABAH nih guys... Wkwkwkw


    Pengalaman memalukan dialami jet tempur Su-30MKM milik Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM).

    Berniat hadir di Singapore Airshow 2022, pesawat tersebut harus balik lagi ke kandangnya karena “tidak mendapat slot”dan di usir di area statis pameran kedirgantaraan akbar tersebut.

    BalasHapus
  72. Singapura mungkin takut nanti si BERUK MALON bisa MALING MESIN jet di singapura lagi... Wkwkwkwkw

    MALON spesialis Maling MESIN jet.. Wkwkwkwk

    Pengalaman memalukan dialami jet tempur Su-30MKM milik Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM).

    Berniat hadir di Singapore Airshow 2022, pesawat tersebut harus balik lagi ke kandangnya karena “tidak mendapat slot”dan di usir di area statis pameran kedirgantaraan akbar tersebut.

    BalasHapus
  73. VSAT TSGN MALAYSIA DI BELI IDNONESIA =
    PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) menyepakati pembelian mayoritas saham TS Global Network Sdn Bhd (TSGN), perusahaan Malaysia penyedia dominan layanan komunikasi satelit.
    ---
    SATELIT MILITER GEN 2 DAN GEN 3 = BlackSky has also provided Assured subscription-based real-time imagery and analytics services to support the Indonesian MoD.
    😝😛😛😛😛😛😛😝

    BalasHapus
  74. GORILLA TAK BAYAR SEWA guys.. 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  75. VSAT TSGN MALAYSIA DI BELI IDNONESIA =
    PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) menyepakati pembelian mayoritas saham TS Global Network Sdn Bhd (TSGN), perusahaan Malaysia penyedia dominan layanan komunikasi satelit.
    ---
    SATELIT MILITER GEN 2 DAN GEN 3 INDONESIA = BlackSky has also provided Assured subscription-based real-time imagery and analytics services to support the Indonesian MoD.
    😝😛😛😛😛😛😛😝

    BalasHapus
  76. Admin.. Kapal siluman MAHARAJA LELE ikut pameran gak min di SAS...


    itu kan kapal TERCANGGIH min di ALAM GHOIB... Wkwkwk

    BalasHapus
  77. NAMBAH HUTANG =
    2024 DEFICIT 4,3%
    2023 DEFICIT 5%
    The Malaysian government remains committed to fiscal consolidation with the fiscal deficit expected to improve to 4.3% of GDP by end-2024 (2023e: 5.0%) and ultimately reach the targeted 3.0%-3.5% by end
    ---
    2024 MYR 19,7 (approx. US$ 4,370 Billion) : LEASE ...
    2023 MYR 17,74 : LEASE
    2022 MYR 16,14 : LEASE
    😝😛😛😛😛😛😛😝

    BalasHapus
  78. Wooiiii... Malu woooiiii...

    Niat tampil tapi tak di UNDANG... Wkwkwkwkw

    Pede nya KELEWATAN... Wkwkwk

    BalasHapus
  79. NAMBAH HUTANG =
    2024 DEFICIT 4,3%
    2023 DEFICIT 5%
    The Malaysian government remains committed to fiscal consolidation with the fiscal deficit expected to improve to 4.3% of GDP by end-2024 (2023e: 5.0%) and ultimately reach the targeted 3.0%-3.5% by end
    ---
    2024 MYR 19,7 (approx. US$ 4,370 Billion) : LEASE ...
    2023 MYR 17,74 : LEASE
    2022 MYR 16,14 : LEASE
    😝😛😛😛😛😛😛😝

    BalasHapus
  80. Negara sebelah LAWAK la.... 🤣🤣🤣

    GAGAL BAYAR HUTANG.
    GAGAL BAYAR SEWA.
    GAGAL BAYAR DENDA.
    MENCURI DATA .
    Paling terbaru KORUPSI PESAWAT RONGSOK.. 😂😂😂

    BalasHapus
  81. Negara sebelah LAWAK la.... 🤣

    GAGAL BAYAR HUTANG.
    GAGAL BAYAR SEWA.
    GAGAL BAYAR DENDA.
    MENCURI DATA .
    Paling terbaru KORUPSI PESAWAT RONGSOK.. 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. CEP CEP CEP... KESIAN YANG CUMA BISA NGUMPULIN BROSUR

      Hapus
  82. ....malon malon GAGAL FRAMING NICH YEEEE.....

    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAA.........

    malon SUKA HIDUP HOAX BUAL BASIS DATA TIDAK RELEVAN LAGI ......kasihan deh lo !!!!

    BalasHapus
  83. Tinggal buka data SIPRI dan data dari lembaga lain kayak Semar sentinel atau lembaga keris, bakal ketauan kok ☺️, apakah Indonesia dan jiran serius memodernisasi angkatan perangnya atau cuma hoax saja

    BalasHapus
  84. Waaaaah......produk senjata PT PINDAD sudah masuk pasar USA, sementara Vita Berlendir hanya dipakai planet NAMEX 🙂

    BalasHapus
  85. Pakai satelit GEN 2 dan GEN 3 bisa tuh lihat Gempork sedang digilir ramai ramai oleh orang Bangla atau Rohingya 😁😆😆😄

    BalasHapus
  86. PERANG MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA VERSUS INGGRIS DAN BELANDA

    https://www.youtube.com/watch?v=qMmmWiPSz1E

    BalasHapus
  87. Hahahaha komen LAWAK MALON lumayan buat hiburan hari ini
    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  88. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  89. Lah Ajang Singpore Airshow,malon gak ada kontrak sama sekali.
    Malah kumpul2 brosur
    Indonesia byk MOU,ya pasti setelah itu lanjut proses krn indonesia ada kemampuan

    BalasHapus
  90. Byk tawaran datang kerjasama MOU,awal2 yg bagus nnti buat kemajuan industri pertahanan .
    Lah malon...makin kesini makin HALU mau saingi industri militer indonesia.
    Jauhhhh lah..sebelah tuh masih pusing2 sama kapal mangkrak nya.✅🤣

    BalasHapus
  91. Kenapa lon?

    😂😂😂😂😂😂😂

    ===!!!====
    MMW26 Februari 2024 pukul 10.53
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang

    BalasHapus
  92. Mo nanya :
    Selain dapat slot parkirnya 1 bijik MkM, malon dapat apalagi?

    😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  93. Purr....tahun 2026 TNIAU 42 unit Dassault Rafale F4...Singapore air force 12 unit F-35B......tudm 18 unit LCA FA-50.....wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  94. Boasting and Self comforting nonsense from Jiran are welcomed ☺️

    BalasHapus