01 Desember 2011

11 Helikopter Seasprite untuk TNI AL Diproses Pengadaannya

01 Desember 2011

Helikopter SH2G Seasprite buatan Kaman Helicopters AS (photo : Jetphotos)

Heli Antikapal Selam Perkuat TNI AL

JAKARTA – Kekuatan alat utama sistem senjata (alutsista) TNI Angkatan Laut akan bertambah menyusul proses pengadaan 11 unit helikopter antikapal selam, antikapal permukaan, serta dua pesawat patroli laut.

Tambahan alutsista itu akan mengisi kelemahan-kelemahan yang dimiliki kapal TNI AL. Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Untung Suropati mengatakan, keberadaan pesawat sayap tetap maupun sayap putar (helikopter) penting bagi TNI AL, karena mereka merupakan kepanjangan “mata” dan “telinga” dari kapal TNI AL (KRI). Wilayah laut Indonesia yang luas, menurut dia, tidak memungkinkan untuk dijangkau oleh KRI mengingat kekuatannya yang terbatas.

Karena itu, keberadaan tambahan dua unit maritime patrol aircraft (MPA) dan11 helikopter anti kapal selam Seasprite itu sangat penting untuk mengisi kekosongan yang tidak terkover kapal-kapal TNI. “Pesawat tentunya memiliki kelebihan di manuver, fleksibilitas, jangkauan yang luas, dan kemampuan deteksinya juga lebih cepat,” tegas Untung di Jakarta, kemarin. Dua unit MPA yang akan menambah kekuatan TNI AL yaitu pesawat CN-235 yang rencana sudah mulai diterima TNI AL pada 2013.

Selain radar deteksi, pesawat ini juga akan dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan penindakan. Adapun untuk helikopter Seasprite sejumlah satu skuadron itu, memiliki kemampuan penindakan yang lebih ampuh. Enam dari 11 helikopter dilengkapi dengan senjata antikapal selam, sisanya lima unit merupakan antikapal permukaan. “Rencananya pada 2012 pengadaannya,” ujarnya. Sekretaris Komite Kebijakan Industri Pertahanan Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin mengatakan, pengadaan CN-235 untuk MPA TNI AL masuk dalam prioritas alutsista TNI.

Rencananya, biaya pengadaan menggunakan alokasi dari pinjaman luar negeri sebesar USD60 juta, namun pemesanan di PT Dirgantara Indonesia. Sjafrie yang juga wakil menteri pertahanan itu menuturkan, dalam strategi pertahanan Indonesia, saat ini memang sedang dikembangkan penguatan di kawasan Indonesia bagian timur.

4 komentar:

  1. Mudah2an bukan 11 SH-2G ex australian navy yg bermasalah, yang sekarang berada di inventory KAMAN AEROSPACE, helicopter div,connecticut USA.
    mudah2an TNI-AL tidak membeli helicopter yg bermasalah....

    BalasHapus
  2. BELI S70 R ROMEO DONG... AS565 PANTHER YG LINCAH KOK BELI PNYA AMRIK TRUS...?

    BalasHapus
  3. Lebih baik beli dr Russia, apa ini krn kunjungan Obama kemarin? Sehingga dpt kemudahan dlm pengadaan, itu krn amiriki Ada maunya sama Indonesia, cb nanti kl ada masalah HAM yg mengada2 , pasti di embargo, senang sekali kita di iming2 seperti anak kecil

    BalasHapus
  4. helikoper jelek ... cuma promonya saja yng spt heli hebaat..

    BalasHapus