29 Desember 2017

Lengkapi Pertahanan Udara, TNI AU Siapkan Skuadron F-16 di Ambon

29 Januari 2017


Skadron Udara F-16 TNI AU (photo : IMF)

RILIS.ID, Ambon— Mabes TNI-AU memprogramkan pembangunan skuadron F-16 di Ambon, Maluku, pada tahun anggaran 2018.

Komandan Lapangan Udara (Danlanud) Pattimura Kolonel (Pnb) Antariksa Anondo mengatakan keberadaan skuadron strategis dalam rangka mendukung terselenggaranya tugas operasi udara yang dilaksanakan TNI-AU.

Apalagi, kata Antariksa, Maluku terdiri dari 11 kabupaten/kota dengan 1.340 buah pulau.

Begitu pula dengan 92,4 persen dari wilayah Maluku seluas 712.479,69 kilometer persegi adalah laut.

Strategisnya karena pembangunan skuadron Udara F-16 di Lanud Pattimura sebagai salah satu upaya untuk pengamanan mengingat batas wilayah berdekatan dengan wilayah selatan dekat yang secara geografis dekat Austalia.

"Kami saat ini melakukan tahapan survei maupun kesiapan lainnya untuk membangun skuadron sebagai unsur operasional yang diprogramkan berkapasitas 12 pesawat tempur F-16," ujar Antariksa, Jumat (29/12/2017).

Disinggung pemeliharaan pesawat tempur F-16, dia menjelaskan di Makassar, Sulawesi Selatan, yang memiliki fasilitas tersebut.

"Pemeliharaan tingkat ringan bisa ditangani di Ambon bila telah dioperasikan," tandas Antariksa.

TNI- AU saat ini memiliki dua skuadron udara yang mengawaki pesawat F-16, yakni skuadron udara di Lanud Iswahjudi, Madiun, dan Skuadron Udara Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

(Rilis)

78 komentar:

  1. F-16 Viper makin di depan
    Menggerunkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ow tentu, bidak2 perang kita pasang di depan smua om pit, mau yg didarat, laut, udara..yg melanggar dot kom lgs fentung tung tung tung haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
  2. F16 A/B untuk sementara 10 unit dulu, setelah di MLU baru dibuat markasnya

    BalasHapus
  3. Its unwise for indonesia to bunch its front line assets under the same dispersal shed.

    BalasHapus
    Balasan
    1. A single hit and the whole thing will go up in smoke. Case study terkini. Serangan Camp Bastion pd tahun 2012. 8 Harriers were destroyed. 2 from shrapnel. Aset kita sama2 terhad. Ianya perlu dlindungi dgn sebaiknya. Lihat konsep hardened shelter d Pengkalan Udara Gong Kedak. Guna aplikasi google earth pun boleh rasanya bro panji.

      Hapus
    2. Ga akan ada yg mau nyerang Indonesia, kan zero enemy a thousand friend :)

      Kalau ada yg usil ga perlu serang balik, tinggal kirim nota protes, beres.

      Jadi percuma buat fasilitas pangkalan yg mahal, ga akan ada perang kok.
      Yg penting punya skuadron tempur yg merata buat air cover seluruh negeri.

      #itu inti prinsip Menhan kami.

      Jadi forum di militer mau mimpi/debat muluk sampai jari kriting ya silahkan, ga ada yg melarang kok.

      Hwakakakak... :D

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Pernah lihat videonya pespur Grippen disimpan di dalam hutan sebelah jalan raya yg ditutupi oleh jaring tenda kamuflase. Kalau gak salah ada dua atau tiga grippen yg dihide jauh dari pangkalan umum. Strategi yg ciamik saat pangkalan rata dengan tanah (in case of war) dan masih ada pesawat yg bisa terbang dilokasi rahasia.

      Good video indeed. Inspired.

      Hapus
    5. Superstar

      Yup. Thats right. Never bunch all ur assets in one place.

      Pedang Setan

      Gak kan ada perang tp kamu berbelanja seperti perang akan terjadi esok. Aku sgt mghormati ketegasan Indonesia dlm isu meningkatkan keupayaan agkatan bersenjatanya. Tp ada 1- 2 perkara yg mgkin tidak diambil berat oleh pemikir militer kamu. Theres always room 4 discussion and improvement.

      Hapus
    6. indonesia berbelanja seakan akan bperang esok? aku kurang faham tu bro..aku rasa klu singapore tu mungkin..

      kalau lah....bro tiba2 jadi warganegara indonesia tapi still dengan pemikiran sekarang..adakah bro akan tetap berpendapat yg sama? indonesia berbelanja seolah akan bperang esok?

      Hapus
    7. Cmon shed, peralatan perang Indonesia hampir lumpuh pada saat monetary crisis (1998 - 2000 an). Dan belanja sekarang hanya minimum esensial force.
      Minimum, bro. Jauh dari kata mau perang esok....

      Hapus
    8. Coba bandingkan luas wilayah Indo dengan jumlah & quality peralatan perang. Belum ideal...

      Hapus
  4. F16 A/B Block 15 hanya tinggal 9 unit..satu mengalami kecelakaan baru2 ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fyi,
      Satu unit yang celaka itu sudah dikonfirm masih bisa diperbaiki, sekalian dilakukan MLU.
      Pernah ada pers rilis resmi dari AU.

      :)

      Hapus
    2. takde masalah, ada duwit tinggal beeliiii lg. apalagi baru 9 masih lebih banyak lah daripada lapan(8) haha!πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
  5. Bagus.. tetap pesawat jenis yg sama. X kemanax2. So tak ada yg istimewa sgt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. F16 viper ianya telah guna AESA

      Hapus
    2. X kisah lah viper ka dari gurun ka. X ada istimewa pun. Biasa ja. Cuma kelebihan senang untuk maintenance dan logistik.

      Hapus
    3. Iri ye F16 viper guna AESA Wkwkwk...makanya beli tuh typhoon or rafale biar jet pejuang malaysia ada guna AESA Wkwkwk

      Hapus
    4. Apa kau ni.. iri apa nya. Lah klu setakat radar AESA. semua negara di asteng kedepan pespur pasti akan guna radar AESA. Samaada upgrade atau pesawat baru. Singapore dan Australia juga sudah dulu radar AESA. Aku kata x ada yg menarik sbb pesawat sama. Model sama type saja yg berbeza. Itu saja. Cuba klu ambil pesawat lain mcm tyhpoon, rafale, f15, gripen e ka baru ada kelainan dari yg sedia ada.. tapi ok lah tidak menambah banyak type jenis pesawat. Sukhoi Dan f16 sebagai pespur utama.

      Hapus
    5. F16 block 52 singapore blom guna AESA,pesawat terbaru singapore pun dalam inventorynya blm ada guna radar AESA,begitu jg super hornet australia blom guna radar AESA,kecuali australia yg telah guna F35 yg guna radar AESA

      Hapus
    6. Iya kedepan pasti akan di upgrade juga. Ini bukan cerita pasal radar kawan. Aku kata x Ada yg istimewa sbb x ada kelainan. Sama juga F16 Jadi pilihan. X kisah lah sama Ada f16 baru atau second. Tapi ok sbb baik untuk logistik, maintenance dan lainx2.

      Hapus
    7. Wkwkwk...kata nash V16 viper dgn F16 second sama sahaje Wkwkwk

      Hapus
    8. Huhuhu.. Masih lagi x faham. Aku bukan cerita pasal kecanggihan pesawat, radar pesawat. Kmu pasti yg diambil viper? Klu second mcm Mana? Itu sbb aku tulis f16 baru dan second.

      Hapus
    9. To mat rempit.
      Sebagai contoh, Thailand beli tambahan gripen e, wlupun Thailand sudah punya gripen c/d. so bagi aku x Ada kelainan dan istimewa. Sama saja, Yg menjadi kelainan Dan istimewa bila Thailand ambil pesawat su34, su35, f35, rafale Dan lainx2 di luar dari gripen maupun f16.

      Hapus
    10. Mau ko kata f16 tak menggerunkan,terserah ko,aq tak ambik pusing

      Hapus
    11. @Mat Rempit
      Sg's F-16 is already upgrade with AESA:
      http://2.bp.blogspot.com/-_0X55B4tdKU/VmleOJ8BPfI/AAAAAAAABl0/jsQpAO_Kjfg/s1600/DSCA%2BSingapore%2B13-67%2BF-16%2BBlk%2B52%2BUpgrade.jpg

      Sg's F5SG comes with AESA
      https://www.mindef.gov.sg/oms/imindef/press_room/official_releases/nr/2013/sep/18sep13_nr/18sep13_fs.html

      Hapus
    12. Nhadri Nash

      Dont under estimate the F16s bro. Even without the AESA they r excellent planes.. Longer range compared to our Migs and hornets. And a lot more manouverable too.

      Atau maksud anda tiada apa yg istimewanya @ memeranjatkan dgn perolehan tersebut? Kalau yg itu saya bersetuju.

      Hapus
    13. To shed.
      Saya tidak katakan f16 jelek bro. Baik itu viper atau second. Bahkan juga yg diambil di gurun US sana. Yg Saya katakan tiada yg menarik Dan istimewa itu kerana yg di ambil f16 juga. Bukan pesawat lain. Di atas sudah Saya kasih contoh.

      Hapus
    14. Nhadri@, beli peralatan tentu disesuaikan tugas & budget. Seperti kata mindef RI tidak ada lagi area tanpa tercover pesawat tempur. Artinya butuh pesawat workhorse.
      Pilihannya apa Bro selain F16...?
      Yang wow tentu rafale, typhoon,f35,su35. But not ideal for workhorse (operational costnya mahal...)

      Hapus
    15. Buat sodara ndahari nash...f16 mpk pesawat tempur US, yg paling beredar di dunia saat ini,knapa ia sampai wujud sampai saat ini dg berbagai varian dan kemampuan yg semankin ditingkatkan bai dr segi kemampuan membawa senjata,radar dll yg tdk dpt saya sebutkan, wlaupun f16 V bermesin tunggal tp ia sdh mumpuni dibanding dg pesawat Gripen ,f16 V cocok dipkai sbg pesawat patroli krn lebih efisien dr segi pengeluaran, terutama pilot indonesia sdh familiar dg F16...semoga paham dg mksud dr Pemerintah Indonesia

      Hapus
    16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    17. Ya Saya tau itu, baca Komen Saya d atas. Saya tdk jelekkan f16. Saya juga tdk bicara ttng kecanggihan pesawat. Di atas juga sudah Saya katakan bagus ambil F16 tdk kemana Mana. Sbb baik dari segi cost, maintenance dan logistic. Itu bagus. Cuma klu ambil pesawat lain. Di situ Kan ada kelainan, contoh teknologi beza, senjata beza Dan lainx2. Itu maksud Saya katakan menarik

      Hapus
    18. Kata mat rempit.. kapal tanpa ciws tak hebat... pesawat tanpa aesa radar pun tak hebat juga...ermmmm :)

      Hapus
    19. F16 terpakai dengan radar aesa baginya dah canggih sangat la tu.... hahahaha...

      Hapus
    20. Dein@ makanya sering baca internet biar tahu guna CIWS dan AESA supaya awak tak nak jd troller sejati

      Hapus
  6. Tipikal strategi TNI selama ini. Sebar2in dulu alutsista yg lama keluar pulau jawa dengan didahului membuat hanggar dan landasan2 baru. Dua tahun lagi baru didatengin pesawat2 barunya buat ngisi markas sebelumnya yg pesawatnya sudah dipindahkan ke luar jawa. Mudah2an Viper yg kepilih nanti buat target Panglima TNI bikin tambahan 3 squadron tempur baru sejak 2018 sampai selesai. Aamin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih tepatnya nyebarin alutsista d luar pulau jawa ntah baru atau lama..
      biar kekuatan tak terfokus pada pulau jawa semata melainkan NKRI..

      Hapus
    2. Ya betul. Terutama di bahagian timur Indonesia.

      Hapus
    3. Setiap pulau besar sdah ada yonkav(batalion kavaleri) termasuk daerah timur papua..
      Tpi soal jumlah yonkav beruag cakti papua masih kalah d bandingkan d jawa..
      Maka dari itu fungsi penyebaran biar semuanya menyamai

      Hapus
    4. Jarang pesawat baru ditaruh diluar jawa, biasanya pesawat jadul

      Hapus
    5. Bu Lela lupa ya, kalau Makassar ada di luar jawa....

      Hapus
    6. Hwakakak...
      Mak jleb banget itu pak.. :D

      Hapus
  7. ada yang bisa perkirakan dampaknya jika Trump benar2 jadi embargo suku cadang F-16 dan alutsista RI yg lain yang asalnya dari negara NATO?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg pasti dampaknya Freeport tutup klo Donald duck brani embargo TNI. Jgn lupa aset Trump d Indonesia ada lumayan bnyk yg d kelola HT. Dy brani mcm" tinggal siram bensin trs sundut kelar sdh.

      Hapus
    2. China dan Russia sudah siap mengambil alih Freeport bila Trump benar2 mengembargo Indonesia.

      Rasanya berat saat ini amrik berani menekan Indonesia karena yg punya duit banyak saat ini bukan hanya Amerika.

      Hapus
    3. Ambil alih ga segampang itu laah..

      Hwihihi.. ;D

      Hapus
    4. Ketika US menggertak Malaysia dgn kasus M1D, Malaysia belanja ke China...

      Hapus
    5. Dan USnya rugi / gak mas..?
      Hwihihi... :D

      Hapus
    6. Dan ternyata malaysia lepas dari mulut buaya masuk mulut singa Wkwkwk...ternyata cina jg predator bagi malaysia Wkwkwk...di mana2 di malaysia banyak yg sudah jadi milik cina

      Hapus
    7. Mas PS, doinya cuman bisa nyengir kuda. Ternyata ada kekuatan baru yg lagi ngerayu Asia....

      Hapus
    8. Mat rempit pakar politik dan ekonomi malaysia.. semua benda dia tahu... hahhahaha.. tapi banyak yg merapu...

      Hapus
    9. Dein@ kata media ko lah tuh,media ko katakan merapu Wkwkwk

      Hapus
  8. karena kondisi geopolitik indonesia dan trum tidak bagus.,,,saatnya lakukan manuver balance shopping..,saatnya borong ke rusia dulu

    BalasHapus
  9. Komen emang nikmaaat..
    Nikmatnya kemerdekaan yaa.n

    :D

    BalasHapus
  10. Hadiah smartphone pulsa dll, clik gbr wrna biru
    πŸ’²πŸ’²πŸ’²

    BalasHapus
  11. hey ambong manise, falkon bakalan terbang meliuk2 baku putar kencang toh haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    artinya bentar lg morotai dibangun pangkalan nich kyk di Natuna.

    target slanzutnya, Tarakan, Biak, Merauke, dan Selaru.
    taktik grendel haha!πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo falkon di kirim ke timur, bisa jadi natuna ato ponti bakalan kedatangan sukiyo..begh. mantep apusan euy haha!😊😊😊

      Hapus
    2. Di lapak sebelah malah lagi rame gosip re tender ulang pengadaan pespur pengganti f5 tiger, di karenakan negosiasi yang alot oleh pihak rusia..



      Hapus
    3. Dan Sukhoi pun makin jauh ketinggalan....kata komeng

      Hapus
    4. Efek LM menyalip di tikungan terakhir kah ?

      Gossipnya LM akhirnya mau ngasih 5 teknologi inti karena ternyata banyak vendor lain yg bisa kasih teknologi tersebut per panel, meski saya yakin dari segi link panel2 tsb lebih baik ambil paketan LM langsung yg sudah capable.

      Tapi syaratnya mayan juga.. Korea wajib nambah lagi tahun ini beli F35 dan Indonesia wajib ambil paket viper 2 squadron.

      *ngayal itu nikmat

      Hapus
    5. re tender? bole kirim linknya om upils haha!ini namanya lucu bingits, yg emak2 kirim sini jg dunks haha!😊😊😊

      Hapus
    6. gak lah su 35 itu uda pasti kok.

      standar alutsista pespur kita di masa damai ini, blom beranjak diatas 50% yg dari rusia, pasti dibawah standar barat. perbandingannya kira2 30:70.

      kalo eskalasi mningkat baru dah, borong2 kalap haha!πŸ˜‡πŸ˜‡πŸ˜‡

      Hapus
  12. Viper Berjaya..lupakan Su-35..Beli Viper..Upgrade Blk 15 OCU..Bagian dari deal LM support untuk KFX/IFX..

    Lah Su-35 ngk bakalan bereslah dealnya..syaratnya kan kalau ngk kasih ToT yg cukup atau Ambil Counter Trade alias Imbal Dagang..
    Rusia ngk mau kasih ToT..udah itu 'kaya'nya' ngk duit tuh untuk Counter Trade (makanya deal counter trade ngk beres2)..

    Udah ane bilang dulu di posting F-16..kalau Viper bakalan nikung di pengkolan..deal Flanker bakalan mandek..deal Viper bakalan jalan duluan..

    Fansboy brg Rudia..yah tinggal gigit jari dah..he,he,he..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yesss Viper my Idol...

      Bikin 2 squadron baru khusus Viper lah... sparepart banyak yg jual di asem reges jadi terjamin πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Tambahin nanti warna lorengnya motif batik biar semakin Indonesia yuuhuuu

      Hapus
  13. sudah dalam list tambahan 4 skuadron baru....kalau melihat panasnya hubungan trum dan indo....sepertinya akan merapat jet rusia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngerapat ke Rusia..he,he,he..liat aja yah kenyataan..jangan kecewa lho..kalau deal2 ama Rusia jalan kaya siput..deal2 ama Murikalaju kaya' jalan Tol..

      Hapus
    2. Tenang aja tetep ke beli kog sukhoi sama vipernya..ya memang susah nunggangin sukhoi kan ada tahapannya..apalagi yg solo,begitu juga nunggangin F16 yg solo..heheheh

      Hapus
  14. SU 30 kita ada 11 unit..berarti kalo penambahan SU 35 11 unit masih wajar..soalnya penunggang doble seat sukhoi akan pecah menjadi 11 pilot solo fighter..dan seat dobel sukhoi kita akan diisi 11 pilot baru lagi calon solo fighter juga..bayangkan sekali cetak langsung 1 ska solo fighter..dari segi militer sangat sangat menakutkan bagi rivalnya..(atau mungkin ada yg memesan supaya diperlambat pertumbuhannya???..hanya ALLOH SWT yg tahu)..memang dari segi umur juga dilihat kemampuan pilot solo fighter..ibarat magazine akan ke reload terus jika sekali bentuk 11 pilot solo fighter..beda dgn tetanga kita dobel seat semua..otomatis "mandeg"pertumbuhannya kalo gak ya pensiun..kecuali kalo ditambahi seat jadi 3 haahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang memperlambat ya instansi kita dewe tho, mbulet karepe dingklik.

      Mau mundur terus sampek ex pilot F-5 pensiun juga tha?

      Asal ntar ga kesalip dealnya Viper aja, kalau sampek kesalip benar-benar jahanam daah...

      Hwakakakak.. :D

      Hapus
    2. Horeee more Viper to come... πŸ˜™πŸ˜™πŸ˜™

      Ngayal itu indah...

      https://www.instagram.com/p/BSTvK_zh1Lv/

      Tambahin 50 unit lagih biar makin setronggg... πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

      Hapus
  15. Sementara itu Pihak ostrali sudah mulai was was... begimana ada SU35 sama fasilitas maintenancenya disini nanti ?πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…


    http://mobile.abc.net.au/news/2017-12-30/australia-on-alert-during-russian-military-exercise-in-indonesia/9293362?pfmredir=sm&section=politics

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasalah, tipilal mantan koloni gt rata2 suka ge'er haha!

      pdhl kita latihan buat siap2 ke vanuatu cs kok haha!😀😀😀

      Hapus
  16. 2017 sudah lewat, su 35 belum juga deal..tanda apakah ini

    BalasHapus
  17. tanda tahun 2018 baru deal la bro...tenang bro..masih byk kandidat lain yg lebih bagus dari su35..

    BalasHapus

  18. BOLAVITA Agen Judi Sabung Ayam Online !

    Tersedia :
    Judi Sabung Ayam S128
    Judi Sabung Ayam SV388

    BONUS 100% BILA BERHASIL PASANG TARUHAN MENANG SECARA BERUNTUN 8X,9X,10X

    MENYEDIAKAN TRANSAKSI VIA :
    • BANK
    • OVO
    • GOPAY
    • DANA
    • SAKUKU
    • PULSA
    • LINKAJA

    LINK RESMI PENDAFTARAN » http://159.89.197.59/register/
    KONTAK WA RESMI » https://bit.ly/kontak24jam

    BalasHapus
  19. Jangan ngaku bahwa Anda jago main Kartu Poker kalau belum coba bermain di BOLAVITA.

    Semua permainan real 100% PLAYER vs PLAYER !!

    Dengan 1 USERID dapat bermain 8 permainan yang disediakan:
    - AduQ
    - Bandar Poker
    - BandarQ
    - Capsa Susun
    - Domino 99
    - Poker Online
    - Sakong / Samgong
    - Bandar 66

    POKERVITA merupakan situs permainan kartu online yang menggunakan uang, yang dapat dimainkan langsung melalui KOMPUTER / GADGET yang menggunakan server POKERV.

    Dengan layanan CUSTOMER SERVICE 24 JAM siap membantu Anda dalam segala keluhan, pendaftaran ataupun mengalami kesulitan dalam permainan.

    Berapapun kemenangan Anda, pastinya akan dibayar yahh!! So jangan ragu join di BOLAVITA !!!

    DAFTAR DISINI

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via LIVECHAT , WA / TELEGRAM : +62812-2222-995

    LIVECHAT 24 JAM NONSTOP !!!

    #bolavita #pokeronline #pokeronlineterbaik #situspokerterpercaya #pokerv #pokervita #bandarbolavita #judipokerterbesar #judipokerterpercaya #agenpokerterbaik #agenpokerterpercaya #situspokerterbaik #pokeronlineV #aduq #bandarq #capsasusun #domino #samgong #sakong

    BalasHapus