01 Februari 2020

Mantan Pilot F-16 TNI AU Mereview Pesawat Tempur Su-35

01 Februari 2020


Pesawat tempur Sukhoi Su-35 (photo : Julian Herzog)

Purnawirawan TNI AU: Jangan Terlalu Berharap dengan Su-35

Seorang purnawirawan TNI Angkatan Udara berpendapat bahwa jangan terlalu besar memberi harapan terhadap jet tempur Sukhoi Su-35 Flanker E. Ada empat alasan yang dikemukakan Marsdya TNI (Purn) Eris Heriyanto terkait pendapatnya tersebut.

Alasan pertama, alumni Akademi Angkatan Udara tahun 1976 ini mengatakan bahwa platform Su-35 merupakan pengembangan dari jenis sebelumnya, yakni Su-27 Flanker. Seperti diketahui, Su-27 merupakan jet tempur generasi ke-4, sementara Su-35 generasi 4++. Akan terkesan tanggung bila Indonesia mengakuisisi Su-35, karena jet tempur generasi ke-5 dengan kemampuan siluman telah hadir.

“Kemampuan platform ini (Su-35) bagus dikecepatan rendah dan stabilitasnya,” imbuh Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional periode 2006-2007 ini kepada IndoAviation beberapa waktu lalu.

Merujuk pada sejarah bangsa ini, kekuatan udara Indonesia pernah disegani dunia internasional. Bagaimana tidak, pada tahun-tahun awal kemerdekaan Angkatan Udara Indonesia pernah disokong sejumlah pesawat paling canggih di masanya.

Pesawat-pesawat itu antara lain adalah pembom strategis Tupolev Tu-16 Badger; pesawat intai OV-10 Bronco dan P-51 Mustang; pesawat tempur F86F Sabre, MiG-15 Fagot, dan MiG-17 Fresco, MiG-19 Farmer, dan MiG-21 Fishbed.

Meskipun pada saat itu perekonomian belum sangat kuat, ditambah lagi stabilitas politik hingga keamanan rutin dipecahkan Belanda dan pemberontak lokal, tapi Indonesia masih mampu mengakuisisi deretan pesawat legendaris tersebut.

Walaupun kondisi perekonomian Indonesia saat ini mengalami degradasi ketimbang sejumlah negara tetangga di kawasan Asia Tenggara, mungkin pemerintah perlu mempertimbangkan kembali untuk memperkuat TNI AU dengan generasi pesawat yang superior pada era sekarang seperti jet tempur generasi ke-5 yang berkemampuan siluman dan memiliki radar aktif.

Alasan kedua, dari segi avionik Flanker E hanya didukung radar pasif PESA (passive electronically scanned array). Padahal jet tempur sekelasnya seperti Saab JAS 39E/F Gripen, Dassault Rafale, dan Eurofighter Typhoon telah dilengkapi radar aktif AESA (active electronically scanned array).

“Avionik memegang peranan yang sangat penting bagi pesawat tempur, khususnya radar. Radar yang ada di Su-35 bukan EASA radar, namun pasif scanned array (PESA) yang mana akurasinya jauh dari EASA radar,” jelasnya.

Mantan pilot penempur F-16 Fighting Falcon dan F-5 Tiger II TNI AU dengan callsign “Mustang” ini menerangkan, pada pertempuran udara modern, siapa yang mendeteksi lebih dulu dialah yang memperoleh kesempatan memenangkan pertempuran lebih besar.

Alasan ketiga, pria yang masih aktif menjadi anggota Tim Pelaksana Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) ini menjelaskan bahwa bentuk Su-35 lebih besar dari pesawat tempur sekelasnya, sehingga akan mudah terdeteksi pesawat lawan.

Terakhir, mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan ini menilai dukungan logistik pesawat buatan Rusia tersebut sangat mahal.

“Selain itu, kelemahan pesawat Rusia adalah logistic support yang sangat mahal (life cycle cost). Dengan pertimbangan-pertimbangan ini, kita tidak bisa menaruh kepercayaan terhadap Su-35. Masih jauh dibandingkan dengan kemampuan pesawat F-35 yang dimiliki tetangga-tetangga kita,” tandasnya.

Sebagai informasi, Sukhoi Su-35 Flanker-E atau Super Flanker merupakan pesawat jet tempur multiperan kelas berat buatan Rusia yang memiliki jangkauan lebih luas dari Su-27. Su-35 dikembangkan dari Su-27, dan awalnya diberi nama Su-27M. Pesawat ini dikembangkan untuk menandingi F-15 Eagle dan F-16.

Karena kesamaan fitur dan komponen yang dikandungnya, Su-35 dianggap sebagai sepupu dekat Sukhoi Su-30MKI, sebuah varian Su-30 yang diproduksi untuk India. Pesawat Su-35 perdana kemudian dikembangkan lagi menjadi Su-35BM, yang memasuki deretan produksi sebagai Su-35S untuk AU Rusia.

(IndoAviation)

243 komentar:

  1. Monggo mbah ..pinisepuh ... 👍

    BalasHapus
  2. Komando Penjaga Keamanan Laut AS Ajak Bakamla Kerja Sama

    https://dunia.tempo.co/read/1302030/komando-penjaga-keamanan-laut-as-ajak-bakamla-kerja-sama/full&view=ok

    BalasHapus
  3. Baru su35 aja amerika udah kepanasan, apalagi kalo su35 di cancel terus diganti sama su57😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sing panas disik dewe ki panboine....yen sukhoi gak sido dituku, malah dijoli sukoco 😤😤😤

      Hapus
    2. Sukhoi diganti Sugiono luweh sangar poll 😝😝😝

      Hapus
    3. Lha iku jeneng pak lurah Karo pak carik Ning tonggo desoku jarem

      Hapus
  4. Wes kono do padudon dewe kono....aku pilih nyambangi bazar durian neng embung tonogoro ing kalibawang, kulon progo 😋😋😋

    Baline ngira mampir neng guo kiskendo, ziaroh neng petilasane harus baukaki 🐒🐒🐒

    BalasHapus
  5. Selatan ep35 utara es u35 hmmmmm ... diutara kita pake viper tpi buat diselatan harus dri block timur ..klo viper ya diketawain sama ep35

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Sayange su-57 yo durung jelas kinerjane ing babagan kadar stealth, teknologi radar aesa lan keandalan mesine 🤔"

      https://youtu.be/8dGgNa256rM

      Hapus
  7. Ya sudah kalo memang seperti ini keadaanya, kita batalkan saja SU35 dan langsung dealkan SU57, bukankah neng ruskaya menjanjikan offset berupa ijin produksi part untuk negara pembeli SU57, jadi untuk masalah part SU57 lebih kecil resikonya... dan jangan lupa sekalian S400/500...

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. Akeh sing loro ati, ditinggal rabi gantilaning ati 🤧😢😭

      Hapus
    2. Absurd kali tuh 😅😅😅😅😅

      Hapus
  9. Halamak. Indo gak jafi beli su-35 @ gak cukup dana. Dengan ini su 30mkm malaysia masih terunggul di asia. Tapi x apa. Karna kita serumpun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sultan mah bebas milih2 jet teempur..

      Hapus
    2. Gk bisa terbang dibilang terhebat?? Kau tuh serumpun dengan virus corona 😪😪

      Hapus
    3. Pesawat bobrok dibilang tercanggih di kawasan, pesawat terbaik di kawasan tetap Indonesia 🤔

      Hapus
    4. Malon sile lah kelaut aje... Indonesia kalo dah kaji basti ada yg dibeli... Kalo malon sengaje lakukan kajian untuk dicancel...

      Hapus
    5. Malon dan cancel berpisah tiada... Hahahaha...

      Hapus
    6. Saking terunggul nya, Sukro Malon,ga bisa terbang..jago ngandang,mau servis pun tak de uang.kasihan kasihan kasihan

      Hapus
    7. Wkwkwkwkw 30mkm kau mahal kalao di perbaiki, udah gitu hanya 4 saja yg benar bisa terbang sisanya butuh perbaikan,,,, jgn berkhayal kau malon,

      Hapus
    8. Sukhoi MKM asam urat gt di bilang tercanggih di kawasan ,hahahaha....lawakan kaum beruk...hahaha

      Hapus
    9. Korang serumpun dengan beruk malaya dan kemiskinan

      Hapus
  10. Saya nunggu komentar mantan pilot su27/30 saja hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha sing wingi kae mas.....@letkol Anton Palaguna 👮

      Hapus
    2. Gk ada anton palaguna bilang rafale lebih tangguh dr flanker, namanya orang lg ngomong santun ya kagak mungkin menjelekkan siharga mencekik leher' coba suruh pak anton pilih mana su35s atau rafale???? Pasti dia milih su35s 😂😜😝

      Hapus
    3. Aku tunggu komentar mantan pilot P-51 dama MIG-21 aja ah om....hehehe

      Hapus
  11. Bisa jadi! Mungkin kita hrus ambil su57 generasi terbaru itu lbh baek.

    BalasHapus
  12. Bertahun2 ngga jelas... akhirnya ketinggalan dari para tetangga....

    BalasHapus
  13. Su35 digunakan sbg pesawat penyergap bukan pesawat patroli. Bila pesawat musuh sdh terendus di radar maka su35 lah jawabannya krn bagus di dogfight. Harus diperkuat radar yg berjangkauan jauh dan bisa mengendus pesawat siluman.

    BalasHapus
  14. Udah di biling tehnologi avioic rusia itu jadul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walo jadul, kamu jg ga bisa buat.

      Hapus
    2. Kata Anton Palaguna Su35 jagonya di dogfight tapi Rafale unggul di bvr. Kalau begitu batalkan aja su35 ganti su57 atau beli saja Rafale.

      Hapus
    3. Khan ruski sudah ngakui kalo masih tertinggal soal radar jika dibandingkan us dan sekutu. Jadi gak usah kaget.

      Hapus
  15. Sekilas analisa pribadi kenapa USA sangat khawatir bila indonesia menjadi negara yg kuat.

    1. Berdasarkan letak geografis indonesia merupakan negara yang berada sangat dekat dg dua sekitutu utama USA dikawasan indo pasifik, yaitu australi dan singapura. Dan indonesia pernah bersinggungan secara keras dengan kedua negara tsb, bahkan indonesia pernah berencana menginvasi singapura dimasa yg lalu. oleh sebab itu USA sangat khawatir bila indonesia menjadi kuat tentu indonesia akan menjadi ancaman bagi kedua sekutu utama tsb.

    2. australi dan singapur pernah merasakan betapa ngototnya indonesia bila menyangkut urusan kedaulatan dan maruah bangsa ini.. Mereka pernah merasakan langsung bagaimana indonesia dg peralatan militer yg masih jauh jika dibandingkan dg mereka namun indonesia dan seluruh rakyatnya tidak akan tinggal diam dan mengalah begitu saja. Oleh sebab itu mereka sangat khawatir, dg alutsita militer seadanya saja indonesia berani menentang mereka apalagi bila indonesia memiliki peralatan militer yg mumpuni.

    3. USA akan selalu mendengarkan masukan dan saran dari Singapura dan australi terkait dampak apa yg akan terjadi thdp singapura dan australi jika indonesia memiliki alutsista kelas wahid di dunia. MENGAPA DEMIKIAN...?? Karena dimata USA singapur dan ostrali adalah anak baik serta penurut yang tidak akan menentang kebijakan USA dan juga australi dan singapur adalah sumber penghasil uang yg sangat besar dari USA dari swgi penjualan senjata mereka.. Kita lihat saja betapa besar pembelian alutsista amerika yg dilakukan ostrali dan singapur.

    4. Dimata USA indonesia adalah bukanlah sekutu yg setia, bisa dibilan indonesia hanya sekedar kenalan baik... Mangapa demikian...??? Karena USA sangat sulit untuk mengintervensi indonesia agar menuruti kebijakan USA sepenuhnya... Pun bila USA berhasil menundukan dan memaksa pemerintah RI untuk mematuhi keinginan USA yg merugika kepentingan nasional RI maka rakyat indonesia akan serentak bangkit menentang pemerintahnya sendiri. Jika ini sudah terjadi maka untuk menjaga stabilitas keamanan nasional pemerintah RI mau tidak mau harus menuruti kemauan rakyatnya, walaupun itu bertentangan dg kebijakan pemerintah USA, contohnya dalam hal peralihan saham mayoritas dari USA ke RI.

    5. Indonesia tidak akan membantu USA dalam menghadapi musuh musuh USA di kancah perebutan HEGEMONI GLOBAL... contohnya saja RI tidak mau membanti USA dalam perang dagang dg CINA, dan RI juga menolak bantuan USA untuk memfasilitasi indonesia dalam menghadapi CINA terkait masalah LNU.. Dalam perang ekonomi saja indonesia tidak mau membantu USA apalagi dalam perang konvensional, maka dari itu USA beranggapan percuma saja jika mereka membantu membesarkan otot militer indonesia hingga mencapai level top 5 militer dunia.

    6. RI adalah negara yg kekeuh dg kepentingan nasionalnya sendiri. Pemerintaj RI sangat sulit untuk dia ajak ikut berkonflik dan berpolemik dalam urusan negata lain. Namun diantra kepentingan kepentingan nasional RI pihak USA dapat menganalisa dan menemukan kepentingan RI yg sejalan dg kebijakan dan kepentingan USA, oleh sebab itu USA tidak akan benar benar menelantarkan Otot militer indonesia TAPI untuk melindungi sekutu utama mereka dikawasan USA juga tidak akan membesarkan otot militer RI. Kita lihat saja USA masih tetap menjual alutsistanya kpd RI dan bahkan USA tetap memberikan bantuan hibah alutsista kpd indonesia. Dg kata lain indonesia tetap harus kuat tapi dibatasi.

    Itulah sekilah pandangan saya mengenai posisi RI dimata indonesia terkait otot militer indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika dibiarkan kuat indonesia akan menjadi THE NEXT RUSIA yg hanya peduli pada kepentinganya sendiri...

      Lihat saja rusia tidak pernah pilih pilih pembeli senjatanya, selagi itu menguntungkan baginya, rusia pasti akan mengizinkan penjualan senjatanya.

      Hapus
  16. Meskipun perekonomian Indonesia mengalami degradasi untuk saat ini di bandingkan dengan Asia tenggara lainy .....

    Jelaskan pertumbuhan ekonomi Indonesia sekarang ini masih peninggalan sby bahkan alutsista y pun mayoritas masih peninggalan sby hasil dari mef I 😆😆😆, @ si simura tunggir biasay suka menghibur diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan salah bos, saat indonesia salah satu kekuatan ekonomi yg sangat disegani dunia,... Perbanyak lah tonton chanel CNBC indonesia, disitu banyak pelajaran ekonomi nasional dan global..

      sy kasih 1 contoh... Bahkan sat ini RI berani melakukan perang dagang dg EROPA yg sejak dulu merupakan raksasa ekonomi global..

      Hapus
    2. Sudahlah,Semua Presiden RI itu punya Andil untuk Bangsa dan Negaranya.tidak perlu di perdebatkan.Kita harus bersyukur masih bisa Jadi NKRI

      Hapus
    3. Kata siapa peninggalan pak sby aja om...ada ko peninggalan Alm Pak Harto salah satunyanya Hawk 109/209,F-16A/B dan beberapa lainnya,bahkan masih banyak peninggalan Alm Pak Karno,Bu mega jg ada ,bahkan mayoritas peninggalan Alm Pak Harto cb diliat liat lagi dah...Korvet,Vs class,LST,pespur perhatiin dah ,hehehe

      Hapus
  17. Kita serahkan ke user utama yaitu TNI AU,, yg masih aktif tentunya!

    BalasHapus
  18. Ngak mampu beli dibilang macam2..haha what a loser..bukan udah mah sampe kah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia sudah terbukti sejak dulu bila sudah lakukan kajian pasti ada yg dibeli, entah itu yang mana.... Ko lihat saja nanti diantara SU35,VIPER,dan RAFALE pasti salah satunya ada yg dibeli..

      Tak macam negara miskin mu itu las, korang sengaja lakukan kajian untuk dicancel...
      Hahahaha....

      Hapus
    2. Loh bukan dulu dibilang pasti jadi kah ini su35..lalu disebut2 viper kerana su35 ngak jadi wkwkw

      Hapus
    3. Kalau su35 ndak jadi lalu itu bukan cancel haha

      Hapus
    4. Intinya kami lagi cari pesawat tempur modern kelas berat... Kalo masalah jadi beli yg mana itu urusah pemerintah dan USER TNI AU....

      Tugas kami sbg rakyat adalah mendukung dan memberikan pandangan...

      Dan yg terakhir tugas kami yaitu.... PANAS PANASIN DAN BULY MALASSIAL.... Hahahaja...

      Hapus
    5. Udah lah jf sulfor lama kali kene cancel kah?
      Little bird macemmane?
      Maharogolela nak cancel kah? Karena tak jadi jadi, design failure, jual aja ke tni AL buat sasaran tembak black shark u209

      Hapus
    6. Hahaha gi mana mau tembak kalau baterai lemah..torpedo gagal luncur dan cms outdated wkwkwk

      Hapus
    7. Lebih lemah kapal scorpung punya maloy enggak bisa nyelam 🤭🤭🤭

      Hapus
    8. Wahahaha...paladin gagak,little emprit hilang tak berbekas,pespur hanya kajian kajian termasuk JF sulfur...kapal laut kajian...deal cm si lemes bin letoy...itupun hutang 30tahun...hahahaha kerajaan beruk bangsa sodom bangkrut akibat ulan kaumnya sendiri...maharogol jogrok aje di darat macam monumen...scorpung gagal nyelem...hahahaha

      Hapus
  19. Kalau su35 xjd su57 bisa jadi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau beli PTM gen 6 buatan maloy 🤭🤭🤭

      Hapus
    2. Bener om...konon PTM Gen 6 malon bs terbang sampai planet namex...makanya kita sedang tunggu dan kaji hahaha

      Hapus
    3. Bahkan drone nyamuk bisa halimun
      Vitabirahi pun langsung berahi liat jubor

      Tapir memang tolol sangat

      Malon senang digondolin umngok ph bangla n cino

      Kihkihkih

      Hapus
    4. Bastard tak mampu bina kapal lms sehingga beli ke serumpunnya yaitu cina
      Malon bodoh sangat

      Malon senang digondolin umngok ph bangla n cino kihkihkih

      Hapus
  20. Balasan
    1. Ya memqng malonte kumpulan orang idiot😂😂

      Hapus
    2. Idiot kayak kamu dan para beruk maloy 🤭🤭🤭

      Hapus
    3. Bastard tak mampu bina kapal lms sehingga beli ke serumpunnya yaitu cina
      Malon bodoh sangat

      Malon senang digondolin umngok ph bangla n cino kihkihkih

      Hapus
  21. Balasan
    1. Dan mana pula ptm gen6 koh koh koh si idiot berhayal 😄😄

      Hapus
    2. Ptm gen 6 buatan maloy sudah di gunakan oleh alien dari planet namex 🤭🤭🤭

      Hapus
    3. Bahkan drone nyamuk bisa halimun
      Vitabirahi pun langsung berahi liat jubor

      Malon memang tolol sangat

      Malon senang digondolin umngok ph bangla n cino

      Kihkihkih

      Hapus
  22. Habis video di youtube mcmne ni om wkwk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahkan drone nyamuk bisa halimun
      Vitabirahi pun langsung berahi liat jubor

      Tapir memang tolol sangat

      Malon senang digondolin umngok ph bangla n cino

      Kihkihkih

      Hapus
  23. Contohi malaysia..su30mkm terbaik di asean tapi tiada video bangga2 diri..hanya ada video dr avition spotter asing aja haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Wkwkwkwk tak ada video karena bengap di hangar sekali di video landing gear asam urat tak bisa masuk dan mendarat darurat mau ditaro mana muka mahatir lon? Muka mahatir taruh mana?

      Hapus
    3. Terbaik palak bapak mu itu lon.... Yang boleh terbang pun tak sampia 5 bijik ko bilang terbaik... Terakhir mesin kornet lapok mu itu pun meletop pas lagi peragaan AIR SHOW Lima laengkawi..

      Hapus
    4. Ada om latihan di dilabuan sama merdeka flypass hahas

      Hapus
    5. Hanya 4 terbang mau divideo apanya? Wkwkwk darul kelakar

      Hapus
    6. Contohi negara Malon😂😂😂apanya yang bisa dicontoh?? Otak punow quality

      Hapus
    7. Napain ngurus contohi km malon

      Hapus
    8. Bahkan drone nyamuk bisa halimun
      Vitabirahi pun langsung berahi liat jubor

      Tapir memang tolol sangat

      Malon senang digondolin umngok ph bangla n cino

      Kihkihkih

      Hapus
  24. Katanya sih Mesir juga cancel SU35 gara gara sanksi Caatsa.

    Apakah RI berani ambil resiko ??


    https://www.wsj.com/articles/u-s-threatens-egypt-with-sanctions-over-russian-arms-deal-11573769929

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beranilah, mesir daya tawarnya apa??? Silahkan sanksi indonesia dengan caatsa agar jelas kemana arah indonesia dikawasan pasifik, kita gk ada niat dukung sana sini dan kita beli alutsista murni untuk membangun pertahanan yg emang rapuh untuk negara sebesar indonesia ini dan bukan untuk mau menyerang negara lain, justru mereka yg takut dengan 16 unit itu yg harus dipertanyakan' kenapa harus takut dengan 16 unit su35???? Lha kan katanya punya mereka lebih modern dan kwantitasnya lebih banyak moso takut ame yg cuman 16 unit, berarti ada apa denganmu???

      Hapus
    2. Vietnam oke2 aja beli dari rusia...seng penting niat ora tukune

      Hapus
    3. Yang bikin pemerintah pikir-pikir lagi, saat ini kita banyak proyek kerjasama transfer technologi dengan negara yang mayoritas dari blok barat, kalau hanya gara" jet tempur Su-35 terus project yang lain terkena imbasnya bisa berabe kita😅 gpp lah saat ini bersikap nurut dulu karena saat ini posisi kita sebagai murid bukan guru 🤗

      Hapus
  25. Rupanya takut juga kena jurus sanksi haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus Bijak berpikirlah cukup negara kau saja yang bangkraps 😁😁😁

      Hapus
    2. Hutang malon 1 mdb jaman Najib. Harga sawit dan getah tak kunjung naik drastis. Income kerajaan Malon drop😀

      Hapus
    3. CPO kaum beruk di ditolak India...malon makin bangkrap....hahaha

      Hapus
    4. Bahkan drone nyamuk bisa halimun
      Vitabirahi pun langsung berahi liat jubor

      Tapir memang tolol sangat

      Malon senang digondolin umngok ph bangla n cino

      Kihkihkih

      Hapus
  26. beli Gundam 4 biji, sebar di Kepri...

    BalasHapus
  27. Bhuahahaa yg ngomong MANTAN PILOT F16,,,,ane maklum kalau dia ngomong begitu 😂😜😝

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesekali bengal tuh boleh, wong cuman beli 16 unit kok 🤗

      Hapus
    2. Pilot f16 ngomongin falanker, ane cuman bisa ngakak 😂😂😂😂

      Hapus
    3. Beli f16v akan jd PECUNDANG ABADI 😂😂😂😂

      Hapus
    4. Beli rafale akan abadi jd budak penjajah 😂😂😂😂

      Hapus
    5. Kalau emang bener seperti yg dikatakan eks pilot f16 ntu kenapa us, australia dan singapur kelonjotan dengar indonesia mau beli su35s' kalau su35s pespur kacangan ya dikasih aje dan kagak perlu diancam takuti pakai caatsa,,,dasar sales jadul ngomong asal muncrat' mentang2 pilot pespur jd dah tau segalanya, yg ditunggangi pun pespur ompong produk asu.

      Hapus
    6. Ya itu pilot kan mantan hanya mantan Biarkan saja gk usah terlalu didengar

      Hapus
    7. Berbicara fakta aja su 27/30 mengayam2kan F 18 kornet aussy di pitch black.
      & di akuin oleh pakar kedirgantaraan aussy dan mantan kepala staf airforce aussy.
      Bahwa mereka keteteran menghadapi Su 27/30.
      & berharap bisa beli F 22 raptor namun tak di kasih mamarika.
      Akhirnya aussy akhirnya mengimbangi dengan F 35.

      Hapus
    8. Terlalu banyak sales jadul berkeliaran dibelakang wowo, mudah2an wowo tahan godaan 🙏😊

      Hapus
  28. Ini siasat rusia indonesia aja kamuflase knp lama sekali krn mungkin dibalik pembeliaan su35 ada alutsista laen nya yg dibeli.
    Asumsi aja beli su35 plus su57 spt itu

    BalasHapus
  29. Udah batalin aja, nggak ada manfaatnya. Toh nanti Sukhoi yang ada sekarang ini bakal diganti IFX, jadi buat apa nambah sesuatu yang semu seperti itu.

    RCS kegedean, radar kuno, boros bbm, kemampuan dog fight yang digembar-gemborkan tidak pernah terjadi jadi belum battle proven untuk dog fight. Cuma mampu terbang 6000 jam doang. Logistik spare part bahkan sering tidak tersedia di negeri supplier sendiri, gimana mau nyedia'in buat negeri lain?Battle provennya hanya untuk serang darat saja. Trus kemampuan menjangkau altitude juga kalah jika dibanding eurofighter typhoon. Lebih banyak ruginya daripada untungnya.

    Katanya mau menghadapi China kok pakai pesawat yang China udah lebih dulu punya dan tahu kelemahannya.

    Piye toh ?

    Ganti Rafale aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau beli dari Rusia mending beli :

      1. Rudal pertahanan pantai
      2. Naval CIWS seperti AK630
      3. Radar OTH
      4. Truck militer Kamaz atau Ural.
      5. Pechora 2M atau Tor M2.

      Hapus
    2. Gak ada gunanya Su 35..?
      Ya blm dtg ya belum berguna lah.
      😁

      Hapus
    3. Battleproven against who? Civilian? Wkwkwkkwk

      Sukhoi buat Osi n SG om
      Vipernya buat China 🤣

      Hapus
    4. Su 27/30 yg uda berguna nangkapin black flight.
      & semenjak ada sukhoi pesawat2 tempur asing gak berani selonong boy.
      Kalau liat yg objektif.

      Hapus
    5. Mana bisa dia liat objektif, yg penting ame dia kebarat baratan 😂😂😂😜

      Hapus
    6. Su 35 akan tetap dibeli.. why?? Karena kita udah bisa bikin bom nya.. hiya hiya hiya 😁😁

      Hapus
    7. Logistic nightmare terus ganti rafale ?? Bukannya tambah parah logisticnya...su35 masih turunan su30 yang kita punya...kalo rafale turunan mana om...bangla...gimana sih ??

      Hapus
  30. Tapi kenyataan nya di suriah f35 sama f22 ,ngibrit alias menghindar kalo ketemu shukoi 35,....

    BalasHapus
  31. Ok batalin deal
    Terus untuk mengimbangi australili dan singaporn pesawat apa ntung?Rafale itu masih sekutu asu dan nato,pesawat cina
    Ya gak mampu,terus pesawat apa coba.
    Pilihan Sukhoi karna untuk meredam Singa dan austrlili ntung.emang kalau kita beli dari as dikasi ya yg canggih nggak ntung,tapi yg dwongrade sama rudalnya,Sukhoi wajib kalau Viver nggak
    Buat sampah aja nya itu karna gak ada rudalnya kalaupun ada hanya sedikit,dwongrade akut dan menunggu sampai 15 tahun baru datang pesawat sama rudalnya,Uda aki2 lah ntung.
    Biar mahal ntung tapi bertaji
    Murah tapi ompong

    BalasHapus
  32. Shukoi 35 harga mati, jgn dengerin tuhh mantan pilot,,,

    BalasHapus
  33. BIASALAH TUDM IRI ENGGAK KETULUNGAN...MAU BELI LCA SAJA ENTAH SAMPAI RMK 11,12,13...dst..

    TNI-AU MAH SANTUY BRO TINGGAL NUNGGU KEDATANGAN SU-35 DAN F-16V.....

    KALAU BICARA KAPAL SELAM...SCORPENE tldm SAJA CUMAN DAN HANYA 2 BIJIK SAMPAI 2040...HAHAHAHAHA..KITA SAAT INI MENUJU 8 UNIT....DAN MAU TAMBAH LAGI..MASALAH TEKNIS BATERE ITU KECIL XAFIR...

    SEBENTAR LAGI INDONESIA PRODUKSI BATERE LITHIUM ION SENDIRI...KITA PRODUSEN NICKEL TERBESAR DIDUNIA LON...

    KASIHAN CPO/MINYAK SAWIT malingsia KEHILANGAN PENDAPATAN EKSPORT USD.3 BILLION DARI INDIA...DAN BERALIH MEMBELI KE INDONESIA


    VERY2 POOR MALINGSIA....HAHAHAHAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2020 dan kehadapan, ekonomi Malon di jangka akan makin memburuk, kata bank dunia😁

      Hapus
  34. Makjleb 😅😅😅tapi malon otak mereka udah bebal tetep aja indonesia selalu jelek harus jelek 😅😅😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bebal sampai bikin bendera negara pun salah, bintang bucu 5.

      Hapus
  35. BELI TAK BELI JOM NYANYI DULU SAMA CIKGU TAK LUPA HORMAT DAN HADAP BENDERA CHINA, MAJIKAN BARU KITA ORANG..

    1..2..3..

    Malingsial ku

    Negaraku…
    Tanah tumpahnya muntahku…
    rakyat mati…
    bercerai dan runtuh…

    Rahmat sengsara…
    anjing karuniakan…
    Raja maling…
    selamat bersenggama…

    Rahmat sengsara…
    Tuhan kurniakan…
    Raja maling…
    selamat bersenggama…

    Negara ku…
    Tak berbu……daya…
    Kebudayaan orang…
    …Karuniakan untuk ku…

    Negaraku…
    Tanah gersang ku…
    Tak punya malu…
    Dan kemaluan…

    Rahmat senggama…
    Nikmat selangkangannya…
    Raja kita…
    Selamat Bercinta…

    Rahmat tuhan
    Tak bernyawa
    Mati terkutuk
    Selama lamanya

    BalasHapus
  36. Rafale untuk meredam cina
    Sukhoi untuk meredam australili dan singaporno
    Kalau Viver untuk meredam siapa,beruk?
    Cina pun Uda tau kemampuan F-16 dari Pakistan,mereka deal...cina diberikan akses sebesar2 F-16 termasuk melihat,menjajal,dan sebagainya gantinya Pakistan diajari buat jf sulpur,ya Pakistan mau wong sekutu dekat,jadi mengimbangi cina dinatuna dengan F-16 Uda basi ntung,tapi Rafale yg cocok makanya India pun beli Rafale dan menolak f21 .
    Viver buat sampah karna mandul,dwongrade akut,rudal lemot,dan lama.
    Rafale mantap
    Sukhoi mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kagak perlu beli rafale, nambah jenis pespur aje bikin susah merawatnya trus harganya ntu harga pembodohan.

      Hapus
    2. Setuju gak nambah rafale...logistic nightmare...nambah jenis pesawat...yang aku heran entung pilih tafale daripada su35 ?? Su 35 logistic nightmare katanya...kan masih turunan su 30 kita..ntung tukang hitung gimana sih lu

      Hapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. F16v & f35 pespur yg ngidap stroke penyebar missi pembodohan ala us, jd kacung abadi 😂😂😂😝😜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa tulang mereka yg gak ngerti terus berkoar cancel apa lah ini lah...
      Tapi saat air force kita di embargo AS...mereka ada di mana ya...atau anak kemarin sore masih ngedot mimi susu x.
      Jadi mereka gak ngerti apa yg namanya balancing power.

      Punya pesawat AS eropa semua begitu di embargo selesai semua.
      Kita tunggu bertempur di darat aja.

      Hapus
    2. Baru kena isu HAM aja sudah di embargo...gimana perang ya 1000000000 % ya PASTI di embargo.

      Hapus
    3. Ya itu, ini bukan saatnya memilih idola tp harus berani memilih demi kepentingan keamanan pertahanan negara,,,bingung ane mereka kok kagak ada tobat2nya di bodoh2in us dan antek2nya 🙆‍♂️🤦‍♂️

      Hapus
    4. Padahal dulu sy bilang hati2 bahayanya embargo tulang untuk pertahanan suatu bangsa...
      Tapi tetap aja ada yg nyerocos...zaman skrg gak ada bakal dan gak mungkin embargo2an...yg ada Sanksi CAATSA...sama aja malah tambah parah karena embargo bukan hanya sektor militer tapi ekonomi jg...hahhaaahaa

      Hapus
    5. Pesawat kita yg full armament ya cuman Flanker.. 😁

      Inget lho ya, kita ndak dapet Amraam dari dulu karena Osi mencak2 ke Samiri 🤣

      Hapus
  39. Donate f35 to malonsial,buat proyek tampal stiker 😁😀😁

    BalasHapus
  40. Untuk menghadapi china kita butuh ifx 😍😍😍

    BalasHapus
  41. Mantul menhan dirusia yg mau di beli ada 4 barang, apa saja ya???

    BalasHapus
  42. RI : kami mau beli SU35

    US : awas gw CATSA LU pada

    RI : Jadi Kami pake pespur apa

    US : Beli aj viper dari GW

    RI : Ogah...!! ntar viper di ayam ayamin ame F35 osi dan singer.. Gini aja... Biarkan kami beli SU35 dan kami juga bakal beli VIPER tapi jangan CATSA kami...

    US : Ntat ya gw pikir pikir dulu...

    RI : Lama amat mikirnya... Ya udah gw beli rafale aja..

    US : Sabar dikit ngapa...?? Orang lg mikir digangguin...

    RI : Gak bisa tong...!! Singer ame osi dah punya F35.



    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Nyoiih om....
      Ntu dialog pak de jokowi ame mbah trump waktu mereka berak sebelahan wc di sela sela pertemuan PBB... Kira kira seperti itu suasananya...

      Hahahahaha...

      Hapus
    3. Akhirnya sukro di ambil !!! Hahahaha aminnn,ternyata bukan sukro aja ada alut cangih juga yg di beli dari sana hahahah

      Hapus
    4. Belum tahu ending nya om senopati....

      Soalnya waktu dialog mau diambil keputusan bel tanda masuk berbunyi jadi to be continued next episode...

      Hapus
    5. Tapi sukro di ambil bung, nanti kita lihat berita pertengahan tahun ya

      Hapus
    6. Mudah mudahan om...
      Tapi apapun itu mari kita berdoa jangan sampai pemerintah kita kayak malon... Kaji yang ini dan yang itu gak taunya yg dibeli cuma sulfur 2 bijik,.. Itupun mereka tak sanggup tebus hingga 2055...

      Hapus
  43. Su35s murni untuk pespur kartu trop indonesiq, yg menolak adalah mereka yg menginginkan indonesia dijajah dan dijadikan negara boneka selamanya, berharap us mau memperhatikan indonesia???? Ngaca dan liat warna kulitmu, hey negaramu begitu menggoda untuk dirampok sumber daya alamnya' udah berapa dekade us dan antek2nya menghisap sumber daya alam kita, apa yg diberikan???? Kejatuhan ekonomi dan EMBARGO,,,SIAPA YANG MENOLONG EKONOMI INDONESIA, SIAPA YANG MENOLONG PENGADAAN ALUTSISTA INDONESIA DISAAT SUSAH???? jangan dustai kerjasama ekonomi indonesia china sangat2 membantu indonesia, jangan dustai rusia selalu menolong kita disaat susah dalam pengadaan alutsista.
    #buka_mata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar bumi terbelah seribu ane gk bakal pernah percaya us dan antek2ny.
      #dendam_abadi

      Hapus
    2. Us kok di percoyo mbah yoh tambah mangkel,

      Hapus
    3. Mereka lupa tulang...yg memberi bantuan militer dengan utangan yg cukup besar beli peralatan militer untuk bebaskan irian barat.
      Tapi ujung2nya yg ngelola tambang malah ASU & di bodohin puluhan tahun.

      Hapus
    4. Pembangunan Mesjid istiqlal dan monas jg dibantu rusia/uni sovet, pengadaan alutsista dibantu dr nol, lha us apa??? Cuman bikin indonesia menderita, tp itu pun masih aja ada yg mau di bodoh2in us dan antek2nya,,,bingung aku 🤷‍♂️🤦‍♂️

      Hapus
    5. Andai saja kita bisa kembali kemasa lalu bisa INDAH HIDUP KITA HARI INI, ingat tak ada sahabat yg abadi tapi kepentingan yg abadi, MASALALU negri ini harus menjadi contoh untuk masa depan bangsa ini, dari MASA LALU KITA TAU SIAPA YG BENAR2 SAHABAT.....

      Hapus
    6. Bantu pemberontakan prri/ permesta 😁

      Hapus
    7. Us adalah otak dr sekenrio G30/S/PKI, dan ini tidak dibantah cia.

      Hapus
    8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    9. Satu lagi tulang, tim tim juga lepas gara gara US...

      Hapus
    10. Justru prri dan permesta itu konspirasi ASU, ASU and londo di balik semua pemberontakan di INDONESIA INI

      Hapus
    11. Saudara sekandung pun terkadang sering tidak akur tp tetep ada batasan karena sesungguhnya manusia punya hati, lha apa yg dibuat us kalau kita bener2 sadar sesungguhnya udah sangat2 menginjak injak indonesia.

      Hapus
    12. Wakil presiden soekarno itu agen CIA.....kita blak blakan aja,kapolri di era soekarno juga agen cia,

      Hapus
    13. Jadi banyak penghianat di tubuh bangsa ini,

      Hapus
    14. Salut buat om2 yg masih ingat tentang sajarah 👍
      Dengan ingat sejarah biar kita belajar mengerti agar gak di bodohin terus menerus.

      Hapus
    15. GBK jg rusia om yang bangun...bahkan bantuan pembuatan roket Kartika dari Rusia om....banyak lagi di era itu bantuannya om...hehehe

      Hapus
    16. Hotel indonesia yg ada di bundaran HI uang dari mana kalo nga dari rusky

      Hapus
    17. TimTim itu asli konyol parah

      Waktu disana Komunis berkembang, Amerika menekan Suharto buat nyerang TimTim padahal itu kelas2 melanggar UUD 1945. Maka masuklah TimTim ke Indonesia.

      Lah pas mereka memberontak tahun 90an yang disupport Aushit, kita yang ngelawan pemberontak malah kena Embargo wkwkwk. Dan Cendana Cs hanya tersenyum aja

      Amerika itu pemerintahannya bobrok gaes, orang sebaik JF Kennedy yang ingin melepaskan Amerika dari cengkraman Elit Global aja dibunuh 😡

      Hapus
    18. Kita tuh 1 sekolah sama china untuk membuat peluru kendali tapi bedannya kita sama china, china sampai lulus kalo kita nga sampe lulus, yah beginidah jadinya rudal yg kita buat hanya sampai di kartika lalu tidak ada perkembangan kedepan nya lagi, kalo china jgn di tanya dia udah jadi negara rudal,

      Hapus
  44. Rafale aja, Su-35 cukup di cancel. Tapi untuk menjaga hatu Russia, duit Su-35 jadiin S-400

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begh sama aje, tanggung mending borong kedua duanya su35 ame s400

      Hapus
    2. Mau kena sanksi koq beli nya tanggung pilih2...sekalian borong sak gerobaknya. 😁

      Hapus
    3. S400 100% kena catsaa malah, wong asu paling benci sama sistem itu ,entqh apa alasannya😒

      Hapus
    4. Karna s400 moncer mbah bukan system rudalnya saja tapi system radarnya kwi lo mbahh, iso deteck pespur siluman, dan juga jangkauannya

      Hapus
    5. Kalau mau aman...borong barangnya jng ambil dikit dikit banyak sekalian misalnya sekali ambil dua amp tiga ska...pespur,rudal ambil beberapa batalyon...jd begitu kena caatsa ga terlalu pengaruh...paling kan yg kaga bs maksimal cm alut yg buatan barat,masih bs di tutup oake buatan timur kalau ambilnya banyak...hehehe

      Hapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. Pilot MKM malaysia pun mereview JF 17 Sulfur

    BalasHapus
  47. Mat Sabu pun banyak mereview pesawat mulai dari JF 17, Tejas, Yak , dan T 50

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi tak nak beli, tak de wang jom songlap 😂🤣😂

      Hapus
  48. https://youtu.be/Rot_r6a8W8Y
    Monggo 🦑🦑🦑🦑😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bungkus langsung 24 biji 😍😍😍

      Hapus
    2. https://jakartagreater.com/rusia-akan-pamerkan-sistem-viking-dan-rudal-kalibr-versi-ekspor-di-india/

      Sama beli ini yoo.. Biar para leluhur tenang 😌😌😇

      Hapus
  49. russia fansboy pasti kepanasan ni. yg ngomong itu mantan pilot tempur. bukan pengamat abal2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa dia pernah nunggangin flanker???? Jangan samakan mig21 ame flanker, gk semua pengamat bisa berkata jujur meskipun dia mantan pilot' apalagi dia bisa kecipratan fee dr pembelian f16 ya udah pasti kagak jujur.

      Hapus
    2. Ya kalo sukro jelek kenapa pihak AU sendiri yg mau beli sukro lagi, pihak AU sendiri loh yg mau sukro lagi, brarti jelaskan sukro emang srtong

      Hapus
    3. F16 cuma pembodohan, mau f16 A.b.c.d.v tetap aja nga moncer, inget dulu kita nga punya sukro pesawat tetangga sesuka hati main2 kewilayah kita,

      Hapus
  50. Baca di IG dah dateng ya F35 Indobesia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru bangun tidur ya mas, cuci muka dulu sana,

      Hapus
  51. Nyocot sana sini....eeee...jebule sales F-35 dapurane.
    Kalo sdh pensiun itu lebih baik momong cucu, nikmati masa pensiun.
    Ora usah nyambi dadi sales maneh....😂😂😂
    Ketauan banget ambisi sbg salesnya...😂😂😂

    BalasHapus
  52. Yg logis 2 skuadron f 16 viper . Kalo su 35 dpt saingan Rafael meski jg cuma baru tertarik ke rafael ,, Karna perspur kelas berat TNI jg perlu. Di luar viper... Kelak past bakal nongol Tah Rafael atau su 35• atau malah keduanya xiii xiii

    BalasHapus
  53. Bahkan drone nyamuk bisa halimun
    Vitabirahi pun langsung berahi liat jubor

    Malon memang tolol sangat

    Malon senang digondolin umngok ph bangla n cino

    Kihkihkih

    BalasHapus
  54. Kalo su-35 udah mendarat di madiun komplit 11 unit tentu bapak yang mengkritisi su-35 jelek bla bla,kita bayar dia buat mengeluarkan komentar buruk nya.... masalah nya kita (tni-au,kemhan) putuskan beli tapi tak mampu mewujudkan pembelian tersebut bukan lantaran ga punya uang ,..lalu lantaran apa dong?? Lantaran ndak punya...??

    BalasHapus