03 Oktober 2020

PAL Sukses Modernisasi KRI Malahayati-362: Siap Laksanakan Fungsi Peperangan Laut Modern

03 Oktober 2020

KRI Malahayati 362 setelah upgrade (photos : PAL)


Surabaya - Kementerian Pertahanan secara resmi melaksanakan penyerahan operasional KRI Malahayati-362 kepada TNI AL di PT PAL Indonesia (Persero) pada Jumat, 02 Oktober 2020. KRI Malahayati-362 telah rampung menjalani Program Mid Life Modernization (MLM) yang dilaksanakan oleh PT PAL Indonesia (Persero) sehingga siap untuk kembali beroperasi mendukung kesiapan armada TNI AL. Serah terima operasional KRI Malahayati-362 dilaksanakan secara simbolis oleh Kapuskod Baranahan Kementerian Pertahanan Laksma TNI Yos Sumiarsa mewakili Kabaranahan Kementerian Pertahanan kepada Asisten Logistik (Aslog) KASAL Laksda TNI Moelyanto disaksikan oleh Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) Budiman Saleh, Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, dan pejabat teras di lingkungan TNI AL. Serah terima operasional juga dihadiri oleh Jajaran Direksi PT PAL Indonesia (Persero) dan tamu undangan tidak lebih dari 30 orang sesuai dengan protokol kesehatan.

Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) Budiman Saleh dalam sambutannya menyatakan MLM merupakan tahap modernisasi pada kapal yang sudah mencapai batas umur yang ditentukan. Dalam tahap modernisasi tersebut instrumen baik platform, sensor dan senjata, serta performa kapal ditingkatkan sehingga dapat maksimal menjalankan tugas operasional TNI AL. Selain itu Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) mengucapkan terima kasih atas kepercayaaan dan dukungan yang selalu diberikan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan TNI AL kepada PT PAL Indonesia (Persero) baik dalam pembangunan maupun pemeliharaan dan perbaikan kapal perang.

Sementara Kabaranahan Kementerian Pertahanan dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kapuskod Baranahan Kementerian Pertahanan Laksma TNI Yos Sumiarsa menyatakan Program MLM yang telah selesai dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tempur KRI Malahayati-362 sehingga dapat kembali melaksanakan tugas operasional sesuai fungsinya dalam menjaga kedaulatan NKRI. Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan terimakasih kepada PT PAL Indonesia (Persero) atas keberhasilan Program MLM KRI Malahayati-362.

Pada kesempatan tersebut Aslog KASAL Laksda TNI. Mulyanto dalam sambutannya menyatakan apresiasi terhadap PT PAL Indonesia (Persero) sebagai galangan mampu menyelesaikan program MLM terlebih di saat Pandemi Covid-19. Setelah serah terima operasional ini KRI Malahayati-362 akan diproyeksikan akan memperkuat jajaran armada di Komando Armada (Koarmada) 3 di Sorong, Papua.


Program MLM KRI Malahayati-362 yang dilaksanakan oleh PT PAL Indonesia (Persero) berhasil diselesaikan sesuai kontrak. Modernisasi mencakup peremajaan ship platform, modernisasi CPP & Sensor-Senjata, penggantian propulsi CODOG menjadi CODAD, diesel generator, dan pembaharuan CMS, serta training kepada pengawak kapal TNI Angkatan Laut dalam pengoperasian dan pemeliharaan tingkat organik. Salah satu aspek yang menarik dalam proyek MLM adalah penggantian sistem penggerak combine diesel or gas turbine (CODOG) dan dimoderinasi menggunakan combine diesel and diesel (CODAD) melalui penggantian Gas Turbin dengan 2 unit Diesel Engine, sehingga total menjadi 4 Diesel Engine yang menjadikan lebih powerful, stabil dan ekonomis. Penyesuaian atau modernisasi dengan teknologi terkini juga dilakukan pada combat management system (CMS). Setelah melaksanakan program MLM, KRI Malahayati-362 mampu melaksanakan fungsi peperangan laut modern dan estimasi operasional selama 15 tahun ke depan. Hal tersebut menunjukan kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki oleh PT PAL Indonesia (Persero) dalam menjalankan proyek yang telah dipercayakan.

Seluruh pekerjaan program MLM KRI Malahayati-362 telah diselesaikan dan telah lulus Verifikasi 1, Verifikasi 2 dan Verifikasi 3 (uji fungsi) serta Uji Kelaikan atau Harbour Acceptance Test (HAT) dan Sea Acceptance Test (SAT) yang dilakukan bersama oleh PT PAL Indonesia (Persero), Satgas MLM KRI Malahayati-362 dan Puslaik Kementerian Pertahanan yang dibantu oleh Satlaikmattim sesuai ketentuan dalam kontrak. KRI Malahayati-362 telah mendapatkan Sertifikat Laik Laut Militer dari Puslaik Kementerian Pertahanan dan Certificate of Final Acceptance (COFA) dari Baranahan Kementerian Pertahanan.

Nama KRI Malahayati-362 diambil dari Pahlawan Nasional asal Aceh yaitu Laksamana Malahayati yang dengan gagah berani memimpin Inong Balee melawan Armada Kapal Belanda pimpinan Cornelis de Houtman. Setelah Program MLM yang bertujuan untuk memperpanjang usia pakai dan modernisasi semua sistem yang ada, KRI Malahayati-362 diharapkan akan terus mewarisi keberanian dan semangat Laksamana Malahayati.

KRI Malahayati-362 merupakan korvet kelas Fatahilah yang dibuat oleh galangan kapal Wilton-Fijenoord di Belanda dan masuk dalam operasional TNI AL pada tahun 1980, memiliki panjang 83,85 meter dan berat 1484 ton. Program MLM KRI Malahayati-362 adalah keberhasilan anak bangsa untuk memperkuat TNI AL dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. PT PAL Indonesia (Persero) sebagai Lead Integrator Matra Laut untuk kapal kombatan selalu siap mendukung program Pemerintah dan mewujudkan kemandirian Industri Pertahanan Nasional.

(PAL)

98 komentar:

  1. GenderuWO.....

    tamat sudah riwayat kamu ya dek!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dek bowo koen takut dibully sama teman teman disini?

      Gunta ganti nickname segala....

      Kita tau loe tetap mantauin kesini kaya beruk hendak curi pisang.

      Wkwkwkwkwkwk


      Hapus
  2. PT.PAL memang hebat, dah diakui sebagai galangan kapal perang.

    Kalau malon salah potong sudah diakui paling tolol di dunia

    Ya dek.....

    BalasHapus
  3. Mantap pt.pal..hmmm kapan mulai pembangunan pkr batch II dan kasel alugoro class batch II😷🤗..












    agak pagian dikit nih min!haha!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasel alugoro Batch II pasti dimulai karena negara sudah memberikan PMN 1T++ ke PT. PAL untuk membangun Kasel Batch II. Menhan lagi mempertimbangkan teknologi AIP dan VLS apakah ambil dari Sewdia, Korsel atau Jepang.

      Untuk PKR 3&4 sudah pasti lanjut karena sudah di publikasi Janes maybe tahun depan mulai di buat

      Hapus
  4. Bhousted Malaysia pun pandai bina Gowind Class KD.Maharaja Salah potong..hahahaha
    Sekarang Gowind Class Malon jadi Kapal penangkap Ikan paling menggerukan serantau ASEAN...hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bismillah hibahkn saja keTNI.AL biar berfungsi ditambh rudal neptune dan rudal tor m.2 biar canggih

      Hapus
  5. Bravo, bisa operasional hingga 2035. Di saat itu, adik2 nya spt Iver dan pkr1054 dah banyak dan wara wiri jaga laut nusantara.

    Di angkasa: Elang Hitam, Ifx, Su35, Viper, F35, Chinook, osprey pun dah operasinal.

    Di darat: Harimau dan pandur cobra cs dah ratusan!
    .......

    Mestinya,😁😁


    BalasHapus
  6. Masih pending loh yaaa

    https://twitter.com/putut_reza/status/1311953546233880577?s=09

    🍻🍻🥳🍻🍻

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu nomor surat penundaannya tahun 2019, kita tuggu aja hasil resmi renegosiasi minggu lalu.

      Hapus
    2. Pemerintah Indonesia kan sudah deal dengan pihal korsel untuk kontribusi 20% dengan Offset ada airframe atau part yg di rakit PT. DI.

      Deal 20% itu belum tau apakah termasuk barter dengan produk olahan, produk PT.DI, dll.

      Tunggu aja publikasi resminya.

      Hapus
  7. KRI Nala & Fatahilah ikut diupgrade ngga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. KRI Fatahillah malah sudah pertama.

      KRI Nala yg belum

      Hapus
    2. Bismillah ditambah dengan rudal brahmos 2 india,kalibr rusia dan tzircon biar tngguh

      Hapus
  8. .
    "......PT PAL Indonesia (Persero) sebagai Lead Integrator Matra Laut untuk kapal kombatan...."

    semoga dapat menjadi sebesar Damen-belanda.
    pekerjaan profit dan tepat sesuai schedule.
    Ekspor jasa layanan ke negara2 sahabat.
    Amiiin YRA.

    BalasHapus
  9. Kenapa dalam program modernisasi ini tidak dilakukan dengan melengkapinya dg rudal anti kapal yg baru (ssm) sekaligus dengan pemasangan rudal anti pesawat (sam)?
    Modernisasinya nanggung sekali...
    🤔🤔🤔🤔🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...
      Naaah...
      Ini satu lagi, baru MUNCUL kembali.

      Memang banyak SPESiES-nya.
      Ckckckck.....hadeuh..
      Hahaaa....

      Hapus
    2. Gaperlu dijawab nih ntar jadi gila sendiri 🤣

      Hapus
    3. 👈Nah ini dia si liang tai antek si genderuWO👈

      Hapus
    4. Jawabannya ada di indomiliter, silahkan cari sendiri

      Hapus
    5. Sengaja gk dipublikasikan karna merupakan rahasia pertahanan negara

      Hapus
    6. Halo taik seng, bapakmu ditunggu di Mabes nih. Kok nggak pernah dateng, padahal kan udah disurati resmi 😁😁😁

      Hapus
    7. Alasan standar kalau tak de wang, selalu cakap rahasia

      Hapus
    8. @Unknown Alasan standar kalau tak de wang, selalu cakap dijangka, dijangka, last last Cancel atau tak jadi museum mengambang macam Maharogol 🤣🤣🤣

      Hapus
  10. Singapore dalam pengadaan ALUTSISTA TERTENTU terutama yg tekhnologi tinggi dan mahal.

    Dia punya strategi / perjanjian dengan negara produsen . Seperti pengadaan pesawat tempur canggih dari Amerika yg jumlahnya cukup besar dan penempatannya justru diluar Singapore.

    Logikanya dgn keterbatasan personil militer, pangkalan dan urgensi operasional keamanan dalam negeri. Semuanya jelas mubasir ditambah Singapore adalah anggota / jongos FPDA.

    Tentu keamanan Singapore terjamin dan tdk ada negara yg mau melakukan agresi ke negara kepulauan kecil itu.

    Singapore melakukan strategi militer mereka selama ini dgn membeli alut sista yg terbaik dan jumlah yg banyak semata" memang utk pamer dan menjaga marwah negaranya yg CETEK / KECIL supaya kelihatan GAHAR / KUAT dari negara tetangga terutama INDONESIA.

    Segala alutsista yg dibeli itu dgn suatu sistem kerja sama pembelian yg sebenarnya bisa dibilang BELI dgn perhitungan SEWA .

    Logika berpikir sederhananya begini.
    ALUTSISTA itu dibeli dan dijual kembali dalam kurun waktu tertentu yg SUDAH DISEPAKATI BERSAMA krn tdk mungkin Singapore menimbun dan menyimpan ALUTSISTA itu dinegaranya.

    Kesimpulannya wajar Singapore selalu beli ALUTSISTA yg terbaik dan termahal tapi sebenarnya mereka hanya negara PSG yg ingin kelihatan BEROTOT dan kita semua tau mental tentaranya 😃😃

    Maju terus Indonesia dalam produksi dan rekayasa tekhnologi militer 💪💪🇮🇩🇮🇩

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku setuju Bung @Koteka 👍🏽😁

      Disuruh latihan tempur masuk kedalam hutan belantara saja takut sama setan alas.

      Kelihatannya saja petantan petenten pakai alat canggih tapi mentalitynya drakor.

      🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    2. ..
      Hmm...
      Pendapat bung@Koteka BENAR.

      Saya sekedar sedikit menambahkan saja,


      ____________________________________
      Singapore tidak ada riwayat sengketa wilayah-perbatasan dengan IndONEsia.
      Paling-an hanya masalah uang-koruptor yang disimpan disana.

      KeKHAWATiRan terBESAR singapora adalah MALASyia.
      Karena,
      1)singapora bekas wilayah malaSyia,
      Dan malaSyia masih dendam dengan singapora.

      2)sengketa wilayah perbatasan singapora vs. malaSyia.
      Antara-lain, tuas-strait dan batu-poteh.

      3)singapora adalah ancaman perekonomian malaSyia.
      wilayah Johor-malaSyia LANGSUNG berHADAPan dengan singapora.

      Singkat-cerita,
      Singapora KHAWATiR di-CAPLOK kembali oleh KERAjaan malaSyia.

      Hapus
    3. Singapor gk pubya hutan belantara om...punyanya hutan pondasi doang

      Hapus
    4. ..
      makanya strategi mereka seperti dibawah ini,


      Singaporean Leopard 2 Tanks Are Equipped For Urban Warfare
      Link,
      https://defense-studies.blogspot.com/2020/10/singaporean-leopard-2-tanks-are.html

      Hapus
    5. ..
      Nampaknya Singapore akan menjiplak strategi politik dan militer ISRAEL.
      ........
      Namun, kalau pun hendak ekspansi, itu kemungkinan besar Singapora lebih-condong ke arah regional malaSyia.
      ..........
      Singapore akan berfikir ribuan kali, kalau hendak menyebrangi lautan dan ganggu kedaulatan IndONEsia.
      Resiko mobilisasi pasukan ke IndONEsia TERLALU BESAR,
      namun lebih masuk-akal apabila Singapora invasi mobilisasi pasukan ke malaSyia.
      ..........................
      wilayah malaSyia masih masuk jarak jangkauan ARTiLERi milik singapore.
      Ingat, artileri adalah "queen of the battle".


      Mohon dilihat link berikut dibawah ini sebagai referensi saja,
      link,
      https://www.youtube.com/watch?v=y-hrbdsOP-E

      Hapus
  11. Setidaknya masih cukup mampu untuk bertubrukan dengan negara berkembang tetangga.

    Lagian udah tua, ga perlu dipaksa pake rudal, nunggu diganti saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup!

      Serahkan pekerjaan merudal pada yang muda & berudal.

      Semua ada fungsi masing-masing..

      Hapus
    2. Yang muda biasanya jomblo belum ada lawan tanding untuk merudal.

      Serahkan kepada yang sudah punya pengalaman saja untuk rudal merudal.


      Hapus
    3. Gue yakin untuk SSM nya menyusul untuk di upgrade sambil nunggu anggaran. Karena banyak stok C705 dan Exocet Blok III

      Hapus
  12. Utk hadapi strategi ini semua , sebenarnya sederhana. Semua kekuatan elemen Indonesia harus bersatu 🙏🙏

    Sy suka mengikuti DS dan sering senyum dan ketawa melihat perdebatan terutama perdebatan dgn kelompok malon cs 💪💪🇮🇩🇮🇩

    BalasHapus
  13. Koarmada 3 makin berotot 👍👍👍

    BalasHapus
  14. Dankodiklatad dan Sekjen Kemhan Tinjau Latihan Kavkaz-2020
    Oktober 2, 2020 Oleh Anggaraman Saragih
    Jakartagreater – Dankodiklatad Letjen TNI AM. Putranto S.Sos. mendampingi Sekjen Kemhan, Marsdya TNI Donny Ermawan T., M.D.S. menghadiri latihan puncak gabungan Angkatan Bersenjata (AB) Rusia “Kavkaz-2020” yang digelar di wilayah Selatan Rusia, dirilis Dispenad, Kamis 1-10-2020.





    Hal ini disampaikan Kepala Penerangan Kodiklatad Letkol Kav Christian Gordon Rambu dalam keterangannya di Bandung. Dijelaskan Kapen Kodiklatad, latihan Kavkaz-2020 yang berlangsung dari 21 sampai 26 September 2020 tersebut bertujuan untuk mengukur kemampuan tempur Angkatan Bersenjata Rusia dalam menghadapi berbagai skenario.

    Tidak hanya Rusia saja yang turut serta dalam latihan berskala besar ini, tetapi ikut juga kontingen militer dari Armenia, Belarusia, China, Pakistan dan Myanmar. Pengamat militer juga turut diundang dalam latihan ini, seperti dari Azerbaijan, Indonesia, Iran, Kazakhstan, Tajikistan dan Sri Lanka

    Angkat beritanya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh garde A tak di undang ke?? Kasian Malon tak di undang Rusia 🤭🤣🤣

      Hapus
    2. Delegasi Indonesia liat uji coba Iskander, Bastion P, TOR M, BUK M, Pantsir.

      Delegasi Indonesia pulang bawa oleh-oleh barang itu ke tanah Air.

      Aammiiiinn

      Hapus
    3. Johari@ tentara yg suka pingsan di latihan sengaja gk di undang Rusia karna cuma jadi beban aja 🤣🤣🤣

      Hapus
  15. Tambah lagi LPD nya dan install rudal brahmos atau exocet blok III

    BalasHapus
  16. Biar canggih pun tak punya rudal sma shaj bohong kahkahkahkha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...
      Naah...
      Ini, satu lagi makhluknya.
      Yang lain lagi.

      Memang banyak SPESiES-nya...!!!
      Wkwkwkwk.....

      Hapus
    2. Xaxaxaxa emang menaklukan sebuah negara cukup hanya dgn menggunakan rudal????xaxaxaxaxaxa nih🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛

      Hapus
    3. Dek mbah Wowo....

      Kenapa korang ganti nickname???

      Gak punya titit kah.....

      Hapus
  17. Dek BOWO....

    Yuhuuuuuuu,
    sembunyikah korang?

    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  18. TNI DAN PT.PAL MEMANG WOKEY, LANJUTKAN!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sinergi 3 matra TNI dan perindustrian persenjataan dlm negeri baik PT PINDAD, PT LEN, PT PAL, PT DI bisa menghasilkan kerjasama yg baik dan perkembangan kemajuan oerindustrian alutsista untuk indonesia khususnya u TNI...ttp naju dan jaya

      Hapus
  19. Informasi gaeeez.....

    Si gempoorwaria menghilang karena terkontaminasi corona-19.


    🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senjata makan tuan
      Kasus covid di malysia turus naik..tp media sana gak mau posting takut di bully

      Hapus
    2. Innalilahi wainnailaihi rojiun

      Hapus
  20. Diem diem geser patok diem" geser langitt diem" laut di bor minyak nya. Eaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxa muncul nih makhluknya xaxaxaxaxa nih🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛

      Hapus
    2. kurang satuw, didatengin BOMBER, DIEM! itulah KL, si pendiem...KASIHAN haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  21. Mat rempit kmna dia tuh ,tumben dia absen terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin defense studies sudah tidak menarik lagi buat netizen indo

      Hapus
    2. Kerena banyak berkumpul proxy komunis

      Hapus
    3. contohnye kyk luh kan om DARUW haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  22. Kadang-kadang berita itu tidak seindah aslinya ...teringat dengan berita pembuatan PKR-10514 dahulu yang dikalim sepenuhnya di buat oleh PAL .. tetapi nyatanya hanya 5% saja dari nilai kontrak keseluruhan yang didapat oleh PAL .. selebihnya 95% porsinya jatuh kepada vendor pihak luar negeri ..

    BalasHapus
  23. Nape senjata indon always kalah canggih banding Singapura dan Australia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena doktrin perang Indo berbeda dengan Singapore atau Australia ... Kami hingga saat ini masih menggunakan dokrin perang yang telah berhasil kami gubakan untuk mengusir Belanda dalam perang kemerdekaan kami dahulu ..

      Dalam doktrin perang kami (Perang Gerilya Rakyat Smesta) .. rakyat adalah komponen terpenting dan terkuat negara kami .. rakyat adalah unsur terpenting ,, sedangkan senjata adalah komponen pelengkapnya .. cukup dengan senjata-senjata sederhanan semacam bambu runcing, golok, pisau dapur, tombak, ketapel, sumpit, panah dan sejenisnya .. kmai yakin mampu mengalahkan senjata-senjata modern yang ada saat ini .. Ingat motto kami ... Mati Satu Tumbuh Seribu ..

      Jadi untuk mengalahkan kami,, musuh harus membunuh terlebih dahulu seluruh penduduk atau rakyat Indon yang berjumlah 270 juta .. sesuatu usaha yang sulit untuk dilakukan ... bayangkan jika 270 juta rakyat kami gugur .. akan lahir 270 milyar penggantinya ...

      Hapus
    2. Indo non-blok bro. Kalo mau senjata bagus, jadi sekutunya US.

      Anehnya, ada yg dah masuk fpda tapi senjatanya teruk sangat.

      🤗🤗

      Hapus
    3. @unknown+perkasa, tanya sendiri jawab sendiri, monolog.

      @perkasa, kalo gerilya nya cam tu, tak perlu payah2 beli Apache, F-16 Block 52, Sistem Rudal Nassam, PKR+Iver+changbogo, MT harimau+Pandur cobra 8x8, Astros.

      Kalo tak faham konsep gerilya di jaman modern, jom tepi dikit.

      😁😁

      Hapus
  24. Salah satu aspek yang menarik dalam proyek MLM adalah penggantian sistem penggerak combine diesel or gas turbine (CODOG) dan dimoderinasi menggunakan combine diesel and diesel (CODAD) melalui penggantian Gas Turbin dengan 2 unit Diesel Engine, sehingga total menjadi 4 Diesel Engine yang menjadikan lebih powerful, stabil dan ekonomis.

    -------------------

    guwe baru tau, bahwa ternyata kri malahayati dari kelas kri fatailah, dulunya pake sistem CODOG.
    pnasaran pake mesin turbin apa dulunya yak?

    pake sistem CODAD, 4 mesin diesel semangkin irit, semakin jau jalan2nya hore haha!👏👏👏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu pas masih barunya ditest pake mesin turbin, start dari surabaya full speed dan pas sampai pulau belakang padang di kepri.....disitu pas bbm ny habis

      Hapus
    2. Yang itu ☝️ pake kri bala....tapi pas merapat ke dermaga malah makan korban 1 personel shg gugur, sedang 1 perwiranya terluka dan belakang hari beliau menjadi KASAL.

      Fatahillah class propulsinya tergolong canggih dimasanya....pake tipe Variable pitch propeller yg sudut kemiringan baling2 bisa diatur sbg manuver kapal sangat lincah, bahkan bisa merapat ke dermaga tanpa perlu dibantu kapal tunda.

      Ketika.itu kapal.sdg diposisikan merapat dg gerakan mundur, tapi berhubung sang perwira yg bertugas mengendalikan kapal kurang langsam (power masih besar saat tali kapal sudah kencang) akibatnya, putuslah tali penambat kapal.

      Layaknya pecut raksasa yg dilecutkan....bagian tali yg putus tersebut mengenai kaki sang sersan yg bertugas mengawasi sisi kapal yg akan menempel dermaga, hingga putus kakinya dan terlempar ke laut. Sedangkan sang perwira yg baru lulus AAL, yg posisinya dibelakang sang sersan terlempar kebelakang dan pingsan.

      Sayang....walaupun sudah diupayakan membawa sang sersan dan perwira tab dg menyetop kapal FPB28 milik bea cukai yg kebetulan sdg melintas, nyawa sang sersan tak tertolong akibat kehabisan darah 🤧

      Hapus
    3. Oya nama perwira yg akhirnya mjd KASAL adalah pak Marsetiyo 👍

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. ahh om daruw bisa aja mao aduw domba cem prokom haha!😆😆😆

    yang fenting kami,
    -punyak UCAV
    -punyak Yakhont
    -punyak bom sendiri
    -punyak pabrik kasel sendiri
    -punyak pabrik pesawat sendiri
    -punyak pabrik tank sendiri
    -punyak temen yg punyak pesawat BOMBER!
    -punyak temen yg punyak NUKLIR
    -punyak temen yg punyak kapal induk
    -punyak temen yg punyak pesawat tempur gen 5
    -banyak lagi dech punyaknyaaaaa...

    faifdifens ciut kok haha!🤭🤭🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan sekarang Indonesia punya sekutu juga ....

      Hahahaha ...

      Hapus
  27. Ni kapal MESAKKE, nggak ada SAM dan SSMnya.
    Ada yg tau kalo BOFORS ASROCnya masih berfungsi????
    Kalo senjatanya cuman GUN tok mendingan di kasih ke PENJAGA PANTAI....
    Hayo Pak Bowo LENGKAPI SEMUA KRI KITA. Kasian disuru perang senjatanya seadanya....

    BalasHapus
  28. Kata nya moderenzation korvet mahalayati 362 menghabiskan dana 18 juta dolar . tapi senjata masih jadul bro

    BalasHapus
  29. the spirit of humanity
    = xxxyyyzzz
    = norman hakim


    mbah bowo
    = vasco

    BalasHapus
  30. ...
    the spirit of humanity
    = xxxyyyzzz
    = norman hakim

    mbah bowo = vasco

    xxxYYYzzz,
    malaysia indonesia serumpun,
    gempurwira,
    matsabu,
    putrajaya,
    boboy,
    perkasa,
    unknown,
    .................

    BalasHapus
  31. ...
    the spirit of humanity
    = xxxyyyzzz
    = norman hakim

    mbah bowo = vasco

    xxxYYYzzz,
    malaysia indonesia serumpun,
    gempurwira,
    matsabu,
    putrajaya,
    boboy,
    perkasa,
    liang tai sek,
    suwandaru,
    unknown,
    .................

    BalasHapus
  32. ...
    the spirit of humanity
    = xxxyyyzzz
    = norman hakim

    mbah bowo = vasco

    malaysia indonesia serumpun,
    gempurwira,
    matsabu,
    putrajaya,
    boboy,
    perkasa,
    liang tai sek,
    suwandaru,
    unknown,
    .................

    BalasHapus
  33. semua KRI kombatan yg ga ada rudal itu akan dipasang rudal PAS terjadi konflik sama cina di LCS... kata org dalam... ini fakta

    BalasHapus