31 Maret 2020

Elang Hitam Dirancang Sesuai Kebutuhan TNI AU

31 Maret 2020


UAV Elang Hitam (photo : BPPT)

Elang Hitam Penjaga Kedaulatan Negara

Luasnya wilayah dan besarnya ancaman yang dihadapi membuat Indonesia harus bisa segera mandiri merancang dan memproduksi pesawat udara nirawak (PUNA).  Kemandirian itu penting bukan hanya untuk menghindari potensi sabotase asing dalam komunikasi data selama pengoperasian PUNA, namun juga demi ketahanan negara.

Untuk itu, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertahanan  (Kemhan) menginiasi pembuatan PUNA yang mampu terbang di ketinggian menengah dan terbang lama (medium altitude long endurance/MALE) pada 2015. PUNA bernama Elang Hitam itu dikerjakan  konsorsium yang terdiri atas tujuh lembaga mulai 2017.

Ketujuh lembaga yang terlibat selain Balitbang Kemhan adalah Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan (Ditjen Pothan) Kemhan dan Institut Teknologi Bandung. Sedangkan industri yang terlibat adalah PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dan PT Len Industri.

"Elang Hitam dirancang sesuai kebutuhan TNI Angkatan Udara sebagai pengguna," kata Deputi Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa BPPT Wahyu Widodo Pandoe di Jakarta, Kamis (26/3/2020). Dalam konsorsium ini,  BPPT bertugas merancang dan menguji pesawatnya.

Sesuai kebutuhan, pesawat didesain untuk melakukan patroli wilayah, seperti memantau perbatasan atau mengawasi lautan dari pencurian ikan. Pesawat juga dilengkapi senjata hingga bisa melakukan tindakan awal bagi pelanggar hukum dan kedaulatan negara.

Meski  pesawat tanpa awak, tantangan mewujudkan PUNA ini sangat besar. "Pembuatan PUNA  MALE ini sarat teknologi tinggi," kata Manajer Program Pesawat Terbang Tanpa Awak PTDI  Bona P Fitrikananda. PTDI dalam proyek ini berperan memproduksi dan mengintegrasikan berbagai sistem yang ada.

Tantangan membuat PUNA MALE itu salah satunya berasal dari ketinggian jelajah pesawat. Di ketinggian menengah (medium altitude), antara 15.000-30.000 kaki atau 4,5-9,2 kilometer dari permukaan laut, juga merupakan wilayah terbang pesawat lain, termasuk pesawat penumpang. Karena itu, PUNA harus bisa mendeteksi dan menghindar bila ada pesawat lain di dekatnya. Karena itu, pesawat harus dilengkapi dengan berbagai sensor baik untuk mengukur kecepatan, ketinggian dan kemiringan pesawat.

Selain itu, suhu dan tekanan udara pada ketinggian menengah juga sudah turun. Situasi lingkungan itu juga harus diantisipasi agar tak memengaruhi kinerja pesawat.


UAV Elang Hitam (image : BPPT)

Elang Hitam juga dirancang mampu terbang lama (long endurance) 24-30 jam. Pesawat didesain memiliki waktu terbang optimal 24 jam, sedangkan enam jam sisanya untuk mengantisipasi jika pesawat membutuhkan waktu terbang tambahan akibat adanya persoalan tertentu.

Untuk terbang selama itu, pesawat harus berukuran dan bertenaga besar. Pesawat juga harus bisa membawa banyak bahan bakar avtur. Semua itu akan berimbas pada besar dan beratnya PUNA. Dimensi besar dan berat Elang Hitam ini sudah mirip dengan pesawat berawak kecil.

Untuk mengatasi itu, lanjut Bona, pesawat dibuat menggunakan material komposit hingga 95 persen, termasuk untuk struktur utamanya, seperti rangka pesawat. Komposit itu membuat bobot pesawat menjadi lebih ringan. Untuk PUNA, belum ada aturan keharusan penggunaan logam pada rangka pesawat seperti pada pesawat penumpang.

"Bahan bakar PUNA masih menggunakan avtur yang sudah teruji, bukan listrik atau tenaga surya," ujarnya. Selain penggunaan listrik dan tenaga surya belum teruji, penggunaan baterai untuk menyimpan energinya juga akan menambah berat pesawat.

Tantangan lain membuat PUNA dibanding pesawat berawak adalah memindahkan sistem kendali dari pilot di kokpit pesawat ke pengendali di darat yang tak melihat langsung pesawat. Dengan kondisi itu, selain banyak sensor, pesawat juga harus memiliki sistem kendali terbang (flight control system/FCS) yang mumpuni.

FCS itu akan menjadi otak pesawat. Elang Hitam harus bisa lepas landas dan mendarat secara mandiri dalam berbagai kondisi laandasan pacu. Pesawat juga harus bisa mengikuti jalur terbang yang telah ditentukan dan melakukan sejumlah tindakan, termasuk saat terjadi kedaruratan.

"Sistem autopilot yang mumpuni jadi sangat penting pada PUNA," kata Bona.

Untuk tahap awal, FCS menggunakan produk buatan luar negeri. Namun, saat ini Lapan bersama PT Len Industri sedang merancang FCS sendiri yang akan digunakan pada produksi Elang Hitam berikutnya. PT Len Industri juga membuat sistem kendali di darat (ground control system/GCS) yang akan memandu pergerakan pesawat.

Menentukan misi dan memilih senjata yang akan dilekatkan pada pesawat juga jadi persoalan genting. Misi PUNA ini ditentukan oleh Ditjen Pohan Kemhan, sedangkan senjatanya dipilih berdasar kebutuhan TNI Angkatan Udara sebagai pengguna atau yang menjalankan misi.

Untuk pengintaian, PUNA dilengkapi dengan kamera resolusi tinggi yang bisa bekerja siang dan malam serta radar bukaan sintetis (synthetic aperture radar/SAR). Sedangkan senjata untuk penindakan awal itu masih berupa pilihan, antara roket yang  dikendalikan atau bom pintar (smart bomb).

Pesawat dirancang setidaknya mampu membawa empat roket yang masing-masing memiliki berat 30-40 kilogram.   Jika dipilih roket, tambah Wahyu, roket akan dilengkapi sistem pemandu laser agar bisa pas mencapai  target.

"Pemilihan jenis dan peletakan senjata itu akan sangat memengaruhi performa terbang pesawat," katanya. Penghidupan (firing) senjata pun juga akan memengaruhi stabilitas pesawat.


UAV Elang Hitam (image : Tempo)

Uji terbang

Elang Hitam pertama kali diperkenalkan ke publik (roll out) pada 30 Desember 2019 di hanggar PTDI di Bandung, Jawa Barat. Rencananya, pesawat ini akan terbang perdana pada akhir 2020.

Menurut Wahyu, karena pesawat ini tanpa awak, uji terbang perdana akan dilakukan di daerah yang jauh dari kepadatan penduduk guna menghindari kemungkinan gagal terbang. Meski belum ditentukan lokasinya, namun sejumlah daerah yang memiliki lapangan terbang sudah menjadi pilihan seperti Cirebon dan Pangandaran di Jawa Barat atau Natuna di Kepulauan Riau.

Tahun ini juga, konsorsium akan membuat dua purwarupa Elang Hitam lainnya hingga total ada tiga pesawat yang digunakan untuk keperluan berbeda. Satu pesawat akan digunakan untuk uji pengembangan sebelum sertifikasi, satu pesawat untuk uji terbang dan sertifikasi, serta satu pesawat lain untuk uji struktur dan kekuatan di laboratorium uji milik BPPT.

Pesawat akan disertifikasi sebagai pesawat militer yang membawa senjata (unmaned combat aerial vehicle/UCAV) oleh Indonesia Military Airworthiness Authority (IMAA)  yang ada di Kemhan.

Jika nanti Elang Hitam dimodifikasi untuk keperluan sipil, misalkan untuk pemetaan atau pemantauan wilayah bencana, maka PUNA akan disertifikasi ulang di  Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) Kementerian Perhubungan. Proses sertifikasi pesawat militer dan sipil memang berbeda.

Pada 2022, proses sertifikasi sebagai UCAV diharapkan bisa selesai. Proses sertifikasi memang membutuhkan waktu lama, terutama akibat adanya persenjataan yang dibawa. Namun, "Pemerintah komitmen untuk menyelesaikan PUNA MALE Elang Hitam itu sebelum 2024," tegas Wahyu.

Sertifikasi di dalam negeri itu dipilih karena Elang Hitam akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang sangat besar. Luasnya wilayah Indonesia dan banyak pangkalan udara TNI AU membuat kebutuhan PUNA MALE sangat besar. Dibanding penggunaan pesawat tempur, pemakaian PUNA pun akan menekan biaya  dan meminimalkan risiko operasi. Kalaupun pemerintah mengizinkan inovasi teknologi anak bangsa itu diekspor, maka pasar Asia Afrika sangat menjanjikan.

Wahyu berharap proyek konsorsium PUNA MALE ini berhasil, Elang Hitam benar-benar bisa digunakan, diproduksi, dan dipasarkan. "Sudah saatnya Indonesia masuk dalam jajaran negara-negara  maju yang bisa memproduksi teknologi tinggi," tambahnya.

(Kompas)

152 komentar:

  1. How the region is coping.

    https://www.channelnewsasia.com/news/commentary/coronavirus-lockdown-malaysia-philippines-thailand-indonesia-sea-12589898

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://m.youtube.com/watch?v=3DMgOACsHXo πŸ‘†LAWAN korona

      Hapus
    2. We (Indonesia) probably have a lot more people infected since we're hardly doing any testing. Started well, then we ran out of test kits. Last time I heard it was very hard to get tested.

      I assume the number of actually infected is a lot more than that dengue out break we had at the start of the year. Probably better to look at the US to get an indication of actual numbers.

      Hapus
    3. Dengue is a problem. Over here we see a 3 fold increase in dengue cases compared to previous years. That would mean double problems. The irony is getting people to stay at home to avoid catching COVID 19 increases their chanes of getting dengue at home.

      Hapus
  2. Malon bisa gunakan Nyamok Belang untuk bawa rudal Taming Sari Roti dengan hulu ledak nuklir, kawasan tak ada yang berani ceroboh wilayah malon mulai sekarang πŸ˜πŸ€­πŸ˜‚πŸ€£

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul,UAV nyamok setaraf UAV Rapier US πŸ˜πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
    2. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Nyamook ni versi militernya bisa nawa hellfire..

      Hapus
    4. Drone nyamok bisa bawa virus dengeu, chikungunya, atau malaria

      Hapus
  3. beruk @dani, beruk @gembulwaria, beruk malon lainnya.

    Indonesia sudah mampu bina MALE Drone bersenjata sendiri.
    kita sudah jauh meninggalkan negara idiot malon.
    sedangkan malon masih bangga dengan drone kecik hibah yang 12 lebih banyak dari 14.
    Male Drone ini kita buat banyak dan akan kita tempatkan disempadan untuk membelasan tank butut pendekar dan tentara beruk kera jaan mapon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia masuk dalam jajaran negara-negara maju yang bisa memproduksi teknologi tinggi.

      πŸ‘πŸ‘

      Hapus
    2. KL lagi maju di Sea.. Sanggup bina PTM 6 Gen masa 2 tahun je dalam khayal.. πŸ˜‚πŸ‘

      Hapus
    3. Gembul@ betul,bahkan PTM gen 6 dah berjaya di eksport ke planet namex πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜

      Hapus
    4. Kita sebar nanti drone kamikaze di serawak,πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    5. PTM gen 6 berjaya guna peluru laser..

      Hapus
    6. lon malon beruk
      mana.... kita orang mau lihat pesawat PTM Gen-6 buatan negara bual malassial?

      buktikan

      🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    7. @MALAYDOG MILITARY POWER

      @MALAYDOG DEFENCE REVIEW

      @MALAYDOG DEFENCE AND SECURITY COMMNUNITY

      @GEMPURWARIA

      SEMUA MELAYU PUKIMAK BANGSA BODOH, SUKA KONGKE ANAKNYA,,, MELAYU BANGSA PEROGOL, BANGSA BODOH, BANGSA BABI SUKA ROGOL ANAKNYA......

      Hapus
    8. DRONE COPY TEKNOLOGI CHINA..kwkwwkwkk

      Hapus
  4. Untuk hasil design dan teknologi Prototipe nya saja lumayan apalagi nanti hasil versi militernya, pembangunan secara bertahap
    Selanjutnya terdapat sensor posisi menggunakan data satelite GPS. Sensor ini digunakan sebagai perangkat navigasi yang dapat Kendali dari servo akan menentukan kecepatan dan posisi dari servo tersebut yang nantinya akan berpengaruh pada pergerakan mekanik,secara system yg ada di UAV ini beda2 enginer yg menanganinya (konsorsium ) kira2 nantinya pakai satelite yg mana ya slott BRI apa nanti buat satelite khusus militer sendiri ?!

    BalasHapus
  5. Tinggal tunggu versi military nya..
    Semoga cepat terealisasi protonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya Untuk sementara pakai satelite BANK, sambil nunggu nanti yg khusus militernya karna anggaran untuk sat militernya sudah ada, kalo nha salah karna di data sipri ada

      Hapus
    2. Iki kl versi militer sdh ada, rudale opo yg dipakai ya..apa Joint dg kroya atw turkiye?

      Hapus
    3. @J.Jaka kemungkinan rudal dari turkiye atau thales

      Hapus
  6. Balasan
    1. MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG

      Hapus
    2. MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG MALAYDOG

      Hapus
    3. Degil = keras kepala 😁

      Hapus
  7. Artikel ini cukup bisa menjawab sikap skeptis thd upaya anak bangsa untuk mandiri dlm pembuatan drone elang ini.

    Memang tidak sim salabim:

    "..Untuk tahap awal FCS masih pake dr luar,TAPI LEN DAN LAPAN SEDANG MEMBUAT FCS SENDIRI UTK MENGGANTI PRODUK LUAR tsb.."

    Roket kita dah bisa bikin/produksi, tapi rudal/smart bom masih berproses.

    Kalo body pesawat, ptdi mestinya sudah katam.

    Lanjutken!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju,
      semua adalah proses dan tidak ada yang instan, sim salabim.

      negara2 yg sudah katam bikin pespur saja masih kesulitan mengembangkan pespur gen5, ini negara malassial dengan pongahnya cakap akan buat pespur gen6 dalam waktu 2 tahun.

      bina kapal aja masih salah potong. ini bual2 setinggi langit buat pespur gen6 hanya butuh 2 tahun.

      Hapus
    2. πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜ boro2 bisa bina PTM gen 6,bina seragam tentara aja pun mesti beli dari Indonesia πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜

      Hapus
    3. itupon kena tempel stiker pulak om pit haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    4. Maaf bro, ptm6 itu maksudnya bukan gen 6. Itu pesawat gen 2,5 setaraf mustang...

      Hapus
  8. Scan Eagle Drone kenapa hanya Indonesia yang belum dikasih Amerika? sementara Filipina & Malaysia yang berbarengan hibahnya sudah dikirim, sedih 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawabnya sederhana.
      karena malon dan filipina belum mampu membeli drone. apalagi membuat sendiri.

      sedangkan indonesia selain sudah membeli beberapa drone termasuk drone male. indonesia juga sudah mampu memproduksi sendiri berbagai jenis drone, termasuk memproduksi sendiri drone male bersenjata.

      Hapus
    2. Relax..kita masih byk drone jdi tak perlu yg hibah.

      Hapus
    3. Terus ada masalah dgn mu lon, klo tdk ada masalahnya lebih baik diam saja,, mau di kirim kek mau tdk kek itu urusan kami

      Hapus
    4. Kg mas, alah lon,,, rewel amat.. Comel kali mulurmu ky emak2,, 😁 😁
      Barang jg dikasih k indo bkn negaramu cuk.. 😁

      Hapus
    5. Kemampuan kalian dalam menjaga wilayah perairan sangat minim walaupun saat ini Philipina mulai membangun kekuatannya. Untuk malon wassalam kekuatannya sdh hampir minus

      Hapus
    6. Kok Pede sekali bilang sudah bisa buat, itu prototype sayang, hahaha, satu satunya alasan tidak dikirim ya karena "Indonesia Pro China" paham? 🀣

      Hapus
    7. Xaxaxaxaxaxaxaxaxa pro China??? Lha Amerika utangnya saja bejibun k China xaxaxaxaxaxaxaxaxa malonte malah lebih miris sdh hutang k China g mampu nyicil ,perairan d ceroboh n ikannya d ambilin China n sekarang siap2 jd gedibal China gegara tak mampu bayar hutang xaxaxaxaxaxaxaxaxa utk drone lha sdh bisa bikin sendiri ngapain ngoyak2 Amerika utk kirim cepat itu scaneagle, santuy aja keles xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih lon 🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    8. Ternyata memang Goblok saudara dani ini..cetek ahahaha

      Hapus
    9. Dangkal akal dan pengetahuan, tak pernah update berita, masih ngajarin orang yg melek ilmu....

      Hapus
    10. Bisane komen miris... Otak 1 cc.. Malon bloon..

      Hapus
    11. Teman-teman sudah lihat kan kalau Propaganda UMNO itu kuat, dan hasilnya seperti ini, mereka berpikiran bahwa Drone kita itu tidak buat alias diotak beruk tau nya prototype itu seperti njiplak padahal kita tau memang kalau sebelum membuat suatu asset pasti harus prototype dulu, coba tanya beruk malon AV8 Pars mereka apa ada Prototype kalau memang buatan tempatan ? Takde, yang ada mereka tempel sticker je claim tempatan! Beda dengan kita semua ada prototype dan itu bentuk finalnya bukan miniatur cem malon punya! Otak beruk goblok banget, banyak yang bilang indo itu hanya bisa buat prototype padahal prototype kita juga itu sudah final bukan semacan miniatur yang beruk malon tau hanya pajangan! Wkwk gak jijik kah kalian punya tetangga goblok kek gitu? Gua dukung Soekarno #ganyangmalaysia benar harus dibumi hanguskan negara sampah ini. Malon (MAID OF LONDON) GIVE WAY COUNTRY!

      Hapus
    12. Lebih bagus ada prototipe berbanding malon otaknya cuma bisa bina tampal stiker πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜

      Hapus
    13. Jiah nongol jg si dani dongo beruk malon...hahaha

      Hapus
    14. Malon negara terhina,ngaku negara Islam,judi halal,pro ISRAEL,utang bejibun sama cina,masih jd kacung london seumur hidup....kenyataan pahit lon....hahaha

      Hapus
  9. Gara gara elang hitam Amerika nunda kirim scane eagle takut di preteli trus di modif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Tanpa scan eagle pun TNI-AL sdh menggunakan drone buatan lokal

      Hapus
    4. Scan eagle tak begitu urgent dan mendesak buat Indonesia yg sudah terlanjur punya banyak ragam Pesawat UAV juga MPA. Tak sombong lah. Ha..ha...πŸ˜€πŸ‘

      Hapus
  10. Buat nemenin 6 CH-4B UCAV nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih buat Phillipines telah menjual drone kepada kami πŸ˜…πŸ‘

      Hapus
  11. Malon kepanasan sebab tak boleh bina armed drone, hanya boleh nanti hibah dan derma wakakakakaka

    Taming Sari Roti pun masih tak diproduksi massal, frigate yang dikata tercanggih se kawasan pun masih ompong pula wakakakakaka

    Kasian amat lu lon, nih 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌 mumpung lu kelaparan kena lockdown

    BalasHapus
    Balasan
    1. taming sari yang terbuat dari pipe PVC 6inc itu hanya untuk membual rakyat beruk malon

      Hapus
    2. Malon yang dicakap kaya sekarang tengah menanti F-18 basic version dari Kuwait wakakakakaka, kemarin hina Indo sebab dapat hibah F-16 dari US,terus hina lagi sebab Leopard 2 bekas, ternyata Malon juga masih meminta-minta wakakakakaka, sembang meludah ke langit jatuh najis ke muka sendiri awokawokawok

      Hapus
    3. Mas ESSEN, Taming Sari Roti tu desain macam Sea Skua, agaknya Malon hanya tempel sticker je kt rudal uzur tu wkwkwkwkwk, sama kasusnya seperti AV Gempita yang sebenarnya buatan Turki wkwkwkwkwk

      Malon memang jaguh membual dan tempel sticker je

      Hapus
    4. Milisi Hamas bisa buat drone jee

      Tak malu lah malon

      Hapus
    5. Si tamingsari jarak tembaknya max hanya 3 km dan blm ketahuan berapa kg peledaknya, tapi di kata rahasia oleh malonyet. Ha...ha...πŸ˜€, Klo di Indonesia sekelas cik taming hanya buatan anak komunitas penggemar dan penghobby roket swadaya.

      Hapus
    6. Taming Sari tuh bukan misil tapi bunga api aka mercon je πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜­

      Hapus
  12. Mungkin EH 1 klo bisa di ceperin dikit gt biar gagah

    BalasHapus
  13. Indo udah bisa buat sementara malon masih hara hibah, miskin idiot tiada berpisah dengan malon ni pisang 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pun untuk mengoperasikan barang hibah gk ada budget untuk beli BBM πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜­

      Hapus
  14. Jangan lupa barang goib TNI Au drone Heron dalam proses reserve Engginering

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah step by step indonesia pasti bisa

    BalasHapus
  16. Mas Smili mana ya?

    Udah beberapa hari ini mas Smili nggak muncul. Jangan2 yang dimuat di berita di bawah ini mas smili :

    https://m.cnnindonesia.com/nasional/20200330204409-20-488456/pdp-corona-perwira-menengah-tni-au-meninggal-dunia

    Rest in peace.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Didoakan yang baik aja, sesama umat, sesama anak negeri, sesama manusia..

      Hapus
    2. Didoakan Melayu serumpun Indonesia Malaysia. Aamiin

      Hapus
    3. Anjriit ,bisa jadi soaly si smilinghari provokator laknat πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    4. Siapapun bisa kena ini virus, ga kecuali kita yang disini.
      Sekarang/nanti/besok/lusa/minggu depan/bulan depan..ga ada yang tau.

      Berpikirlah logis, kesombongan ga akan bikin kita resistan, justru rentan.

      Hapus
    5. Dia masih hidup om,akunnya tuh orang banyak

      Hapus
    6. https://m.detik.com/news/berita/d-4958287/kolonel-setiawan-awe-meninggal-dunia-dimakamkan-tanpa-upacara-militer

      Hapus
    7. ada disbelah, lagi ngerjain om kukuluyuk haha!πŸ¦ƒπŸ¦ƒπŸ¦ƒ

      heran ada satu artikel, yg komeng mayoritas doi kali..kek lg drama gt haha!🀣🀣🀣

      Hapus
  17. melayu pukimak takkan bisa buat benda macam ni...kongkek, songlap, rasuah itu saja yg bisa melayu pukimak buat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga sampai nalar otaknya bro, kalah dengan nafsunya yg always horney dengan sesama jantanπŸ˜€

      Hapus
    2. Raja nya doyan perempuan luar negri.. Luxs class.. 😁

      Hapus
    3. Otak malon itu idiot bro,nalarnya cuma bisa tampal stiker buatan tempatan πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜

      Hapus
  18. perhatian..perhatiaaaannn haha!πŸ“’πŸ“’πŸ“’

    sering cuci tangan 20 detik 🚰🚰🚰🧼🧼🧼
    ato pake hen sanitaiser 🧴🧴🧴
    ama pake masker πŸ˜·πŸ˜·πŸ˜·πŸ€’πŸ€’πŸ€’
    pake kaca mata renang πŸ₯½πŸ₯½πŸ₯½

    pisikal distansing
    jaga jarak +/- semeter ama terduga sakit
    gausa jaga jarak ama tetangga kesayangan, gred a, uda jauh soalnye haha!πŸ“ΆπŸ“ΆπŸ“Ά

    moga2 om2, tanta2 dijauhi dr bhy pirus kopid-19πŸ†˜πŸ†˜πŸ†˜

    BalasHapus
  19. Pada 2022, proses sertifikasi sebagai UCAV diharapkan bisa selesai. Proses sertifikasi memang membutuhkan waktu lama, terutama akibat adanya persenjataan yang dibawa. Namun, "Pemerintah komitmen untuk menyelesaikan PUNA MALE Elang Hitam itu sebelum 2024," tegas Wahyu.
    ----------------------------

    bagoossss, lebih cepat lbh baik haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    modif bawa bom p-100L donk, kasi isi spesial haha!πŸ’£πŸ’£πŸ’£

    BalasHapus
  20. Elang item mirip banget ama

    REAPER haha!πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³

    https://www.thedrive.com/the-war-zone/18006/the-usaf-expands-mq-9-reaper-drone-force-in-afghanistan-to-its-largest-size-ever

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo UAV nyamok mirip apaan Yach ? Xixixixi πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€. Itu sebenarnya Drone dji China temfel stiker jenama nyamok.

      Hapus
    2. denger namanya aja pengen nepok...nyamuukkk plokk..plookkk haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
  21. VERY UGLY πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›πŸ˜›
    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mukamu yg very ugly 🀭🀭🀭

      Hapus
    2. Your face design failure is very ugly like pig πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ·

      Hapus
    3. πŸ‘ˆVERY UGLYπŸ‘ˆπŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒπŸŒ

      Hapus
  22. Yes of course, maid of London are very ugly and low IQ πŸ™ˆπŸ·πŸ™ˆπŸ·πŸ™ˆπŸ·

    BalasHapus
  23. kata2 mat sabu eks menhan gred a hore haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

    Mat Sabu: Dulu Indonesia Negara Yang Paling Rasuah, Sekarang Malaysia Ambil Alih Yang Paling Rasuah
    https://www.youtube.com/watch?v=Bht4nvm-GE4

    BalasHapus
    Balasan
    1. SPRM disana kerjanya makan tidur terima suap

      Hapus
    2. suap fisank om haha!🍌🍌🍌

      Hapus
  24. Royal Thai Marine Corps have been supplied and delivered new TOW anti-tanks missile to replace the old model that have been active for a long time.
    πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†
    angkatan darat thailan py carl gustav, marinir thailan dpt TOW haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    https://defense-studies.blogspot.com/2020/03/tow-2a-rf-atgm-of-thai-marines.html
    ------------------------------------------

    smentara gred a/KL malah disamperin BOMBER! kesian gak ada yg bantuin haha!🀣🀣🀣

    BREAKING NEWS!:
    πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

    Malaysia Military Power shared a post.
    March 16 at 3:09 AM ·

    Show of force dalam ZEE Malaysia

    For the first time a H-6J naval bomber was spotted - taken from a Malaysian oil platform - carrying 4 YJ-12 AShMs and ECM-pods during a long range recon/"show of force" mission over the disputed South China Sea.
    (Image via Huitong's CMA-Blog)
    526526

    https://www.facebook.com/611223845748378/photos/a.612193928984703/1375819892622099/?type=3&theater


    Image may contain: airplane
    Modern Chinese Warplanes
    March 16 at 1:05 AM ·

    https://scontent-dfw5-2.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/s960x960/89552050_1375819895955432_6759464795105132544_o.jpg?_nc_cat=100&_nc_sid=8024bb&_nc_oc=AQkFrMkLCyOppDGoB9pEu3D6Ekp30wjI0C_3KDDCIMpZf_W4NFMV7HgzXicCI86sT4y6Qy88ZBUndtpRfZCDvkgw&_nc_ht=scontent-dfw5-2.xx&_nc_tp=7&oh=d41bb770180b5ca4b693faeb9e5fb2ab&oe=5EA126BC

    BalasHapus
  25. The SAF and the Australian Defence Force have a long history of military cooperation, with extensive interactions including bilateral and multilateral exercises, professional exchanges, cross attendance of courses, and joint operational deployment. Notably, the SAF will mark the 30th anniversary of its training in the SWBTA in October 2020.

    http://defense-studies.blogspot.com/2020/03/singapore-australia-signing-treaty-on.html
    πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†
    smentara 2 anggota faif difens pawa maen tembak2an bareng
    KL kok dicuekin yak, pdhl baruw disamperin BOMBER nich! kringet dingin gan asolole haha!🀣🀣🀣

    BREAKING NEWS!:
    πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

    Malaysia Military Power shared a post.
    March 16 at 3:09 AM ·

    Show of force dalam ZEE Malaysia

    For the first time a H-6J naval bomber was spotted - taken from a Malaysian oil platform - carrying 4 YJ-12 AShMs and ECM-pods during a long range recon/"show of force" mission over the disputed South China Sea.
    (Image via Huitong's CMA-Blog)
    526526

    https://www.facebook.com/MalaysiaMilitaryPower/posts/2920616831294647


    Image may contain: airplane
    Modern Chinese Warplanes
    March 16 at 1:05 AM ·

    https://scontent-dfw5-2.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/s960x960/89552050_1375819895955432_6759464795105132544_o.jpg?_nc_cat=100&_nc_sid=8024bb&_nc_oc=AQkFrMkLCyOppDGoB9pEu3D6Ekp30wjI0C_3KDDCIMpZf_W4NFMV7HgzXicCI86sT4y6Qy88ZBUndtpRfZCDvkgw&_nc_ht=scontent-dfw5-2.xx&_nc_tp=7&oh=d41bb770180b5ca4b693faeb9e5fb2ab&oe=5EA126BC

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Russia, Indonesia Agree Upon First Joint Navy Exercises Timeline
    πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†
    korona gini indonesia ama rusiah mo latian militer bareng hore haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    https://defense-studies.blogspot.com/2020/03/russia-indonesia-agree-upon-first-joint.html
    ------------------------------------------

    lah klo gred a/KL malah disamperin BOMBER! gak ada yg bantuin afalagi ngajak latian perang2an, kesian haha!🀣🀣🀣

    BREAKING NEWS!:
    πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡

    Malaysia Military Power shared a post.
    March 16 at 3:09 AM ·

    Show of force dalam ZEE Malaysia

    For the first time a H-6J naval bomber was spotted - taken from a Malaysian oil platform - carrying 4 YJ-12 AShMs and ECM-pods during a long range recon/"show of force" mission over the disputed South China Sea.
    (Image via Huitong's CMA-Blog)
    526526

    https://www.facebook.com/611223845748378/photos/a.612193928984703/1375819892622099/?type=3&theater


    Image may contain: airplane
    Modern Chinese Warplanes
    March 16 at 1:05 AM ·

    https://scontent-dfw5-2.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/s960x960/89552050_1375819895955432_6759464795105132544_o.jpg?_nc_cat=100&_nc_sid=8024bb&_nc_oc=AQkFrMkLCyOppDGoB9pEu3D6Ekp30wjI0C_3KDDCIMpZf_W4NFMV7HgzXicCI86sT4y6Qy88ZBUndtpRfZCDvkgw&_nc_ht=scontent-dfw5-2.xx&_nc_tp=7&oh=d41bb770180b5ca4b693faeb9e5fb2ab&oe=5EA126BC

    BalasHapus
  28. ZEE gred a ditrobos kok gak ada skrambel pespur gituw yak, katanya punya radar TOP 5 haha!πŸ“‘πŸ“‘πŸ“‘

    tp kok macet lg ituw radar,
    ntar ngakunya dijamming lah,
    blom sampe 12 nm lah
    tp blom shadow shadow diudara, knafa??? mesin copot lg mo dikirim ke osi yaaa haha!πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    minimal tengok2 kirim kafal gt cem si LeMeS, weeiii, kangen ktemu abangnya tuch haha!🀭🀭🀭

    BalasHapus
  29. ada BOMBER, pada kemana pasukan gred a ???

    ternyata iniiihhh nich: pasukan gred a bawa m4, kala lari ngejer warganyet yg ogah lokdon haha!🀣🀣🀣

    πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡
    Malaysia Military Power
    March 27 at 3:52 AM ·

    Kami ni dekat Kem

    Kerap PT

    Lari tu satu kem jangan cakap laaa.

    Full gear lagi kami hadap.

    Kang dah mendapat

    MMP

    https://www.facebook.com/MalaysiaMilitaryPower/videos/1203343816708128/UzpfSTQ5MTI5ODQ5MTI1MzMxNToxMDc0NTExMDIyOTMyMDU2/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilot babi gendut malaysia kelaparan gara2 lock down..mereka lebih mementingkan isi perut

      Hapus
    2. ama isi poket om, buat bli fisank, lokdon mahal lho haha!🍌🍌🍌

      Hapus
  30. ada yg keFANASAN abis disamperin BOMBER! haha!🐼🐼🐼

    ada yg keFANASAN abis disamperin BOMBER! haha!🐼🐼🐼

    ada yg keFANASAN abis disamperin BOMBER! haha!🐼🐼🐼

    ada yg keFANASAN abis disamperin BOMBER! haha!🐼🐼🐼

    BalasHapus
    Balasan
    1. felamfiasannya ke warganyet KL, kesian yach gak tau afa2 dikejar pake rotan dan M4 haha!🀣🀣🀣

      felamfiasannya ke warganyet KL, kesian yach gak tau afa2 dikejar pake rotan dan M4 haha!🀣🀣🀣

      felamfiasannya ke warganyet KL, kesian yach gak tau afa2 dikejar pake rotan dan M4 haha!🀣🀣🀣

      felamfiasannya ke warganyet KL, kesian yach gak tau afa2 dikejar pake rotan dan M4 haha!🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Mereka lebih milih disamperin bomber daripada prnagih hutang asal cina hahaha

      Hapus
  31. kesian gred a yg laen dpt gratisan sCanEagle ehh KL uda SEWA duluann haha!🀣🀣🀣

    Insitu Pacific has announced that it has signed a contract with Unmanned Systems Technology (UST) for one ScanEagle system for leasing in Malaysia.
    https://www.shephardmedia.com/news/uv-online/dsa12-insitu-signs-malaysian-scaneagle-deal/

    BalasHapus
  32. Indonesia - Filipin dapat 14 bijik gratisan,
    Vietnam - dapat 12 bijik gratisan

    wak kesian, KL Sewa duluan haha!😭😭😭

    wak kesian, KL Sewa duluan haha!😭😭😭

    wak kesian, KL Sewa duluan haha!😭😭😭

    wak kesian, KL Sewa duluan haha!😭😭😭

    BalasHapus
  33. terlalu cepat dari 2017 udah jadi,copy ch4b??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cepat salah...lambat salah...terus maunya gimana

      Hapus
    2. Memangnya kenapa idiot, mau itu copy,mau buat sendiri persetan itu semua. Yang terpenting kita bisa buat dan ada wujudnya. Bhahahaha

      Hapus
    3. R&D UCAV Elang hitam dari thn 2015 lon,ini bkn copy

      Hapus
    4. Anak dajal disiapkan iblis ya kayak ini

      Hapus
    5. πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘†πŸ‘† malah panggil nama junjungan nya iblis Dajjal. J nya 2 bukan 1 🐷goblok....!!!

      Hapus
    6. ah ngaku copy ch4b aja malu2 πŸ€”

      Hapus
    7. Iya itu drone copy dari drone nyamok belang buatan malon 🀭🀭🀭

      Hapus
  34. Otak iri dengki monkey Malon kita sudah bisa buat karya anak bangsa bertehnologi tinggi di bilangnya cuma prototipe dan copy cina πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  35. wuuuii ini nich UCAV kita CH-4 rainbow...
    dari disain palanya aje uda beda,
    lancip

    kesian yg gak punya, bokek yaaa haha!🀣🀣🀣

    https://inet.detik.com/cyberlife/d-4734953/bedah-teknologi-drone-ch-4-yang-unjuk-gigi-di-hut-tni

    BalasHapus
  36. kesian KL gak punya UCAV haha!😜😜😜

    apalagi bikin, lha itung2an aje aneh
    1+1 = 11
    12 > 14

    pantesan VB bentuknya gak keruan haha!πŸ™„πŸ™„πŸ™„

    BalasHapus
  37. kita donk punya dron banyak

    ada AEROSTAR uhuuyyy haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

    ada AEROSTAR uhuuyyy haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

    ada AEROSTAR uhuuyyy haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰


    ada AEROSTAR uhuuyyy haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

    BalasHapus
  38. ada WULUNG uhuuyyy haha!😊😊😊

    ada WULUNG uhuuyyy haha!😊😊😊

    ada WULUNG uhuuyyy haha!😊😊😊

    ada WULUNG uhuuyyy haha!😊😊😊

    ada WULUNG uhuuyyy haha!😊😊😊

    BalasHapus
  39. ada CAMKOPTER BASARNAS uhuuyyy haha!😝😝😝

    ada CAMKOPTER BASARNAS uhuuyyy haha!😝😝😝

    ada CAMKOPTER BASARNAS uhuuyyy haha!😝😝😝

    ada CAMKOPTER BASARNAS uhuuyyy haha!😝😝😝

    ada CAMKOPTER BASARNAS uhuuyyy haha!😝😝😝

    BalasHapus
  40. ada CAMKOPTER SKELDAR uhuuyyy haha!😝😝😝

    ada CAMKOPTER SKELDAR uhuuyyy haha!😝😝😝

    ada CAMKOPTER SKELDAR uhuuyyy haha!😝😝😝

    ada CAMKOPTER SKELDAR uhuuyyy haha!😝😝😝

    ada CAMKOPTER SKELDAR uhuuyyy haha!😝😝😝

    BalasHapus
  41. da UCAV RAINBOW ciuhuuyyy haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    ada UCAV RAINBOW ciuhuuyyy haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    ada UCAV RAINBOW ciuhuuyyy haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    ada UCAV RAINBOW ciuhuuyyy haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    ada UCAV RAINBOW ciuhuuyyy haha!πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    BalasHapus
  42. ada UCAV ELANG HITAM ciuhuuyyy haha!🦾🦾🦾

    ada UCAV ELANG HITAM ciuhuuyyy haha!🦾🦾🦾

    ada UCAV ELANG HITAM ciuhuuyyy haha!🦾🦾🦾

    ada UCAV ELANG HITAM ciuhuuyyy haha!🦾🦾🦾

    ada UCAV ELANG HITAM ciuhuuyyy haha!🦾🦾🦾

    BalasHapus
  43. sedangkan gred a, kesian cuman ada HIBAH & SEWA gaesz haha!😰😰😰

    jom donasi donk RATU ffelit amat, akibat dimanja fisank kyk gini nich haha!🍌🍌🍌

    BalasHapus
  44. Oi Malon, ada boleh bina drone tempatan ke belum?


    STUPID MALON, CAN'T CUT STEEL CORRECTLY
    πŸ”΅πŸ”΅πŸ”΅πŸ”΅

    BalasHapus
  45. Pandur II Prospect of Extending the Contract to Hundreds of Vehicles

    -------------------

    yg punya pabrik aja bilang ratusan, eh gred a cemburu haha!🀣🀣🀣

    padahal kontraknya puluhan, uda masuk 2x,
    yaaa makloum penganut faham bumi datar haha!😊😊😊
    12 lbh byk dr 14
    1+1 = 11

    BalasHapus
    Balasan
    1. et salah ngapain pandur masok sini haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      Hapus
  46. "Pemilihan jenis dan peletakan senjata itu akan sangat memengaruhi performa terbang pesawat," katanya. Penghidupan (firing) senjata pun juga akan memengaruhi stabilitas pesawat.

    ---------------------

    nembak paje roket2 ffar kite asik juga yakkk...cem maen game haha!πŸ•ΉπŸ•ΉπŸ•Ή

    BalasHapus
  47. BERUKS MALAYS MUST KNOW...

    HAHA.. SATU LAGI BREAKING NEWS MALAYSIA

    Malaysia Lockdown, Produsen Kondom Terbesar di Dunia Tutup
    Dunia diprediksikan akan mengalami kelangkaan kondom

    πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Kondom malaysia mendonia..ini je keheibatan darul kondom malays..

    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    Bukan saje darul kelakar.. Malays sdh jadi Darul Kondom...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸŒπŸ’πŸŒπŸ’

    Biar gak disangka bual.. Cantumkan link pulak..https://www.idntimes.com/news/world/fatimah-8/malaysia-lockdown-produsen-kondom-terbesar-di-dunia-tutup-c1c2

    πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    Gempoor dani xavier dll pasti senang tahu malays mendunia...

    πŸ¦πŸ¦πŸ¦πŸ¦πŸŒπŸ’πŸ’πŸŒπŸ’πŸŒπŸ’πŸŒπŸ’πŸŒπŸ”΄πŸ”΄πŸ”΄

    BalasHapus
    Balasan
    1. juragan KARET haha!πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus
  48. kedepan bikin jugak donk disain cem BOMBER B2!
    jadiin dron kamikaze haha!πŸ—‘πŸ—‘πŸ—‘

    kedepan bikin jugak donk disain cem BOMBER B2!
    jadiin dron kamikaze haha!πŸ—‘πŸ—‘πŸ—‘

    kedepan bikin jugak donk disain cem BOMBER B2!
    jadiin dron kamikaze haha!πŸ—‘πŸ—‘πŸ—‘

    kedepan bikin jugak donk disain cem BOMBER B2!
    jadiin dron kamikaze haha!πŸ—‘πŸ—‘πŸ—‘

    BalasHapus
  49. Jokibola88 adalah situs agen sbobet terpercaya dan bandar judi bola di Indonesia, kami menawarkan banyak sekali jenis permainan judi online mulai dari sportsook, togel, slot, tangkas dan masih banyak lagi permainan judi online yang lainnya.

    BalasHapus