05 Mei 2024

Inilah Tujuh Pangkalan Udara TNI AU Terbesar dan Terkuat di Indonesia

05 Mei 2024

Kesibukan di salah satu pangkalan udara TNI AU kelas B (photo: Keris)

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) merupakan salah satu militer Indonesia yang memiliki fungsi untuk menjamin kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI yang bertugas di wilayah udara.

Sebagai ujung tombak pertahanan Indonesia di wilayah udara, tentunya TNI AU dilengkapi oleh berbagai alat tempur seperti pesawat dan helikopter yang ditugaskan di berbagai Pangkalan Udara TNI AU di seluruh Indonesia.

Pangkalan udara atau Lanud sendiri merupakan lapangan terbang dan semua fasilitasnya yang digunakan pihak militer sebagai bagian dari sistem pertahanan.

Di Indonesia sendiri, Lanud yang ada kebanyakan merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda yang kembali dikembangkan.

Tidak hanya digunakan sebagai kebutuhan pertahanan dan perang saja, Lanud juga berguna sebagai tempat angkut udara kemanusiaan (Humanitarian Airlift).

Deretan Pangkalan TNI AU Terbesar di Indonesia
Pangkalan udara TNI AU terbesar di Indonesia tidak hanya diukur dari luas wilayahnya saja. Namun, dapat dilihat juga dari kekuatan yang dapat dilihat dari kelengkapan skadronnya.

Berikut 7 Lanud terbesar di Indonesia yang diambil dari berbagai sumber:

Lanud Halim Perdanakusuma juga dikenal sebagai Bandara Internasional Halim Perdanakusuma ini memiliki luas secara keseluruhan sebesar 1.700 hektar dengan landasan pacu sepanjang 3000 meter.

Pangkalan TNI AU yang sebelumnya bernama Pangkalan Udara Cililitan ini termasuk sebagai Lanud tipe A yang memiliki dua skadron, yakni Skadron Teknik 021 dan Wing Udara 1 yang terdiri dari Skadron Udara 2, Skadron Udara 17, Skadron Udara 31, dan Skadron Udara 45.

Selain itu, salah satu Lanud terbesar di Indonesia yang berada di Jakarta ini ditempati lebih 20 satuan lain TNI/TNI AU termasuk ada disana Markas Komando Operasi TNI AU I, Markas Komando Pendidikan TNI AU, Markas Komando Pertahanan Udara Nasional, dan Rumah Sakit Pusat TNI AU

Terletak di Kota Pekanbaru, Riau, Lanud Roesmin Nurjadin adalah salah satu Pangkalan TNI AU terbesar di Indonesia dan merupakan Lanud terbesar di Sumatera. 

Pangkalan TNI AU yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda ini merupakan Pangkalan Udara Militer tipe A yang berada di bawah jajaran Komando Operasi Angkatan Udara I.

Di dalamnya terdapat satuan udara Wing 7 yang meliputi Skadron Udara 12 dan Skadron Udara 16.

Pangkalan TNI AU yang satu ini merupakan salah satu Lanud terbesar di Indonesia dengan luas mencapai 3000 hektar. Namun, baru sekitar 200 hektar saja yang digunakan sebagai kantor dan landasan pacu pesawat.

Lanud Iskandar yang terletak di ibukota Kabupaten Kotawaringin Barat ini termasuk sebagai Lanud tipe C ​​di bawah jajaran Koopsau II. 

Sebagai Lanud tipe C, Pangkalan TNI AU yang satu ini belum memiliki pesawat tempur yang stand-by di dalamnya.

Lanud Sultan Hasanuddin merupakan Pangkalan Udara TNI AU tipe A dalam Jajaran Koopsau II. Letaknya sangat strategis bagi TNI AU, yakni di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Salah satu pangkalan TNI AU terbesar di Indonesia ini memiliki Base Ops dengan luas 4047,48 meter persegi yang berfungsi sebagai tempat mengatur flight plan, briefing cuaca, dan briefing penerbangan militer.

Lanud Sultan Hasanuddin termasuk sebagai Lanud tipe A yang membawahi Wing 5. Di dalamnya terdapat dua skadron yakni Skadron Udara 5 dan Skadron Udara 11.

Pangkalan TNI AU terbesar di Indonesia yang selanjutnya adalah Lanud Atang Sendjaja yang terletak di Kecamatan Kemang, Bogor. Lanud ini merupakan Pangkalan Udara Militer tipe A dalam jajaran Koopsau I.

Lanud yang dulunya bernama Pangkalan Udara Semplak ini membawahi Wing 4 yang memiliki beberapa Skadron Udara Helikopter, yakni Skadron Udara 6 yang mengoperasikan helikopter NAS-332 Super Puma dan Skadron Udara 8 yang mengoperasikan helikopter EC 725 Caracal.

Selain itu, Lanud yang hanya memiliki landasan pacu sepanjang 1,4 km ini juga menjadi markas bagi Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan yang memiliki tugas untuk melakukan Search and Rescue (SAR).

Lanud Suryadarma sebelumnya bernama Pangkalan TNI AU Kalijati ini pertama kali digunakan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 27 Desember 1949. 

Selain itu, Pangkalan Udara Militer tipe A ini merupakan yang tertua di Indonesia dan sudah didirikan sejak masa penjajahan Belanda, tepatnya pada 30 Mei 1914.

Lanud Suryadarma membawahi Skadron Udara 7 yang menggunakan helikopter EC-120 B Colibri. 

Skadron ini sebelumnya ditugaskan di Lanud Atang Sendjaja dan dipindahkan ke Lanud Suryadarma setelah Operasi Boyong 7 pada tahun 1990.

Lanud Supadio yang terletak di Kota Pontianak, Kalimantan Barat ini memiliki dua fungsi kewilayahan, yakni sebagai Komando Operasi Angkatan Udara I untuk komando kewilayahan Indonesia Bagian Barat dan Komando Operasi Angkatan Udara II untuk komando kewilayahan Indonesia Bagian Timur.

Pangkalan TNI AU terbesar di Indonesia yang terakhir ini membawahi Wing 7 yang didalamnya terdapat Skadron Udara 1 dan Skadron Udara 51. 

Skadron Udara 1 sendiri memakai pesawat tempur dengan jenis Hawk 109/209 yang memiliki call sign Elang.

Sedangkan Skadron Udara 51 dilengkapi dengan pesawat UAV berjenis Aerostar yang memiliki tujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengamatan perbatasan.

Lanud Supadio yang sebelumnya bernama Lapangan Terbang Sungai Durian ini termasuk sebagai Pangkalan Udara Militer tipe A. 

17 komentar:

  1. WITH 1MDB ANNEXATION ....
    43 PENCEROBOHAN = Jumlah keseluruhan pesawat asing yang dikesan dan direkodkan menceroboh ruang udara negara dari bulan Januari 2023 sehingga Mei 2023 ialah berjumlah 43 kes pencerobohan.
    -
    316 BTA = Bilangan hari di mana kapal-kapal pengawal pantai China melakukan rondaan di Beting Patinggi Ali berhampiran dengan operasi minyak dan gas penting Malaysia telah meningkat daripada 279 hari pada 2020 kepada 316 hari pada tahun lepas
    =====
    READINESS 58.6% = Panglima Tentera Laut, Laksamana Tan Sri Abdul Rahman Ayob hari ini menyatakan tahap kesiagaan armada Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) adalah di bawah sasaran.
    Perkara tersebut dinyatakan oleh beliau semasa menyampaikan Perutusan Tahun Baharu 2024 dan Setahun Pemerintahan Panglima Tentera Laut di Wisma Pertahanan.
    “Kesiagaan TLDM masih berada di bawah sasaran iaitu 58.6% berbanding sasaran 75%,
    -
    The supplementary funds will pay for utility bills – electricity, internet, and sewage – (RM115 million); Maritime Security Operations (RM139 million) and Air Defence Operations (RM49 million).
    😝😝😝😝😝

    BalasHapus
  2. Mantab....

    Manakala negara miskin NGEMIS NGEMIS perlindungan di bawah telapak kaki FPDA... Wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah jadi tabiat kerajaan semenanjung sejak jaman kedah tua dahulu yg menjadi bawahan sriwijaya sampai malaka yg membayar upeti ke cina agar mendapat perlindungan. Berlanjut dengan memuja british dst

      Hapus
  3. Pangkalan tipe A khusus skadron tempur layak ditambah pada kota : Jakarta, Medan, Palangkaraya, Balikpapan, Gorontalo, Menado, Kendari, Kupang, Biak, dan Timika

    BalasHapus
  4. Mudah2an ada Lanud yg khusus buat basecamp pesawat Pembom...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga wacana pengaktifan kembali pesawat pembom jadi..👍

      Hapus
    2. Lebih bagus pakai Drone Kamikaze....

      Hapus
    3. Setahuku lanud khusus bomber sudah disebutkan semua di atas.

      Selain itu, paling salah satu yg di Biak.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Setuju banget bang @Aa 👍👍👍

      Sebenare AURI sudah punya lanud khusus pembom
      rahasia peninggalan jaman Belanda yg sampai sekarang masih di rahasiakan keberadaanya.

      Lokasinya nggak terlalu jauh dr Maospati, cuma dia lokasinya masih di Jawa tengah.... tepatnya di kabupaten Sragen.

      Saat ini sarana "landasan pacu"
      masih mulus dan sangat terawat....hanya tertutup ilalang dan semak belukar karena lama tidak terjamah serta tinggal menyiapkan fasilitas apron, shelter dll

      Cek lokasi secara virtual 👇

      https://www.facebook.com/share/r/hyxvpFufK2rWGttw/?mibextid=oFDknk

      Hapus
    6. Kalau nanti nya ada pesawat pembom ya pasti lanud Iswahjudi...lanud yang full dioperasikan TNI AU tanpa ada penerbangan sipil.

      Cuma isinya mau di isi pesawat pembom apa... wkkkkwkk.

      Hapus
    7. @bang Tupez

      Diluar lanud Sumberlawang, Sragen diatas, sebenare kita masih punya bbrp lanud peninggalan belanda/sekutu yg sangat layak....baik dari panjang landasan maupun tingkat kesterilan lanud dr pemanfaatan non militer

      Contohnya lanud biak 👇 dan lanud Morotai....tapi ngomong-ngomong emang kita mau nyerang negara mana sig

      https://youtu.be/NILuHh8jHe4?si=wvMqo9o0pAvHrbF7

      Hapus
    8. Maksudnya lanud yg langsung ready di isi pembom ya lanud Iswahjudi, Maospati.

      Lanud biak & lanud Morotai...itu lebih ke pangkalan aju...tapi nggak cocok jadi sarang pembom.

      Hapus
  5. MKM 2 YEARS TO DEATH The question is how long more can we fly it? 2 years ago ATSC said it had 2 years worth of spares. We can’t buy from the Russians [assuming they can fulfil the order in the first place] and HAL can’t supply everything we need. China? It too can’t supply all we need. The days of the type in RMAF service really seems numbered
    2025 F18 STOP PRODUCTION stop production of the F/A-18 Super Hornet in late 2025 after delivering the last of the fighter jets,.
    PT91 DISCONTINUING THE PRODUCTION According to Hisham, this decision raises questions because the Polish original equipment manufacturer Bumar Laberdy has stopped producing spare parts for Twardy.discontinuing the production of some main MBT components.
    LCS DETAIL DESIGN NOT COMPLETED = Defence Minister secretary-general DS Khaled Nordin told Parliament on March 12 as the detail design has not been completed.
    ===
    WITH 1MDB ANNEXATION ....
    43 PENCEROBOHAN = Jumlah keseluruhan pesawat asing yang dikesan dan direkodkan menceroboh ruang udara negara dari bulan Januari 2023 sehingga Mei 2023 ialah berjumlah 43 kes pencerobohan.
    -
    316 BTA = Bilangan hari di mana kapal-kapal pengawal pantai China melakukan rondaan di Beting Patinggi Ali berhampiran dengan operasi minyak dan gas penting Malaysia telah meningkat daripada 279 hari pada 2020 kepada 316 hari pada tahun lepas
    ===
    READINESS 58.6% = Panglima Tentera Laut, Laksamana Tan Sri Abdul Rahman Ayob hari ini menyatakan tahap kesiagaan armada Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) adalah di bawah sasaran.
    Perkara tersebut dinyatakan oleh beliau semasa menyampaikan Perutusan Tahun Baharu 2024 dan Setahun Pemerintahan Panglima Tentera Laut di Wisma Pertahanan.
    “Kesiagaan TLDM masih berada di bawah sasaran iaitu 58.6% berbanding sasaran 75%,
    -
    The supplementary funds will pay for utility bills – electricity, internet, and sewage – (RM115 million); Maritime Security Operations (RM139 million) and Air Defence Operations (RM49 million).
    😝😝😝😝😝

    BalasHapus
    Balasan
    1. MKM 2 YEARS TO DEATH The question is how long more can we fly it? 2 years ago ATSC said it had 2 years worth of spares. We can’t buy from the Russians [assuming they can fulfil the order in the first place] and HAL can’t supply everything we need. China? It too can’t supply all we need. The days of the type in RMAF service really seems numbered
      2025 F18 STOP PRODUCTION stop production of the F/A-18 Super Hornet in late 2025 after delivering the last of the fighter jets,.
      PT91 DISCONTINUING THE PRODUCTION According to Hisham, this decision raises questions because the Polish original equipment manufacturer Bumar Laberdy has stopped producing spare parts for Twardy.discontinuing the production of some main MBT components.
      LCS DETAIL DESIGN NOT COMPLETED = Defence Minister secretary-general DS Khaled Nordin told Parliament on March 12 as the detail design has not been completed.
      ===
      PRANK PT PAL : "The contract with Malaysia’s Navy will be inked next August. There is a possibility that they will order more than one MRSS
      PRANK NEXTER : LoI is signed during day three of DSA 2016. 20 units are to be supplied, which include the supporting vehicles, and will boost the Malaysian Army's firepower inventory
      .PRANK DASSAULT : Malaysia, which wants to buy up to 18 combat planes in a deal potentially worth more than $2 billion, is now talking to only one supplier, France's Dassault Aviation, about its Rafale jets,
      PRANK MKE : The Malaysian Ministry of Defence has reportedly reviewing its planned acquisition of Yavuz 155mm
      PRANK KDS : Malaysia is expected to conclude a deal with Slovakia for the supply of EVA 155mm
      ===
      SEWA BOAT sewaan Bot Op Pasir merangkumi 10 unit Fast Interceptor Boat (FIB); 10 unit Utility Boat; 10 unit Rigid Hull Fender Boat (RHFB); 10 unit Rover Fiber Glass (Rover).
      SEWA HIDROGRAFI tugas pemetaan data batimetri bagi kawasan perairan negara akan dilakukan oleh sebuah kapal hidrografi moden, MV Aishah AIM 4, yang diperoleh menerusi kontrak sewaan dari syarikat Breitlink Engineering Services Sdn Bhd (BESSB)
      SEWA HELI Kementerian Pertahanan Malaysia pada 27 Mei 2023 lalu telah menandatangani perjanjian sewa dengan penyedia layanan penerbangan lokal, Aerotree, untuk menyediakan empat helikopter bekas Sikorsky UH-60A+ Black Hawk.
      SEWA HELI 4 buah Helikopter Leonardo AW 139 yang diperolehi secara sewaan ini adalah untuk kegunaan Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM)
      SEWA HELI = Kerajaan sebelum ini pernah menyewa Helikopter Latihan Airbus EC120B dan Flight Simulation Training Device (FSTD) Untuk Kegunaan Kursus Asas Juruterbang Helikopter TUDM. Selain itu, kerajaan turut pernah menyewa 5 unit Helikopter EC120B; 1 unit Sistem Simulator
      SEWA MOTOR The Royal Military Police Corp (KPTD) celebrated the lease of 40 brand-new BMW R1250RT Superbikes for the Enforcement Motorcycle Squad on December 22nd, 2022
      SEWA PESAWAT ITTC is currently providing Fighter Lead-In Training (FLIT) to the Royal Malaysian Air Force in London, Ontario. ITTC operates a fleet of Aero Vodochody L-39
      SEWA 4x4 Pejabat perusahaan mengatakan kepada Janes di pameran bahwa Angkatan Bersenjata Malaysia sedang mencari untuk menyewa Tarantula.
      ===
      RETIRED MIG29 Malaysia recently retired the MiG-29 Fulcrum due to its inability to maintain them.
      RETIRED MB339CM the Aermacchi MB-339CM trainer jets that are currently grounded
      RETIRED SCORPION Scorpions to be retired. The Army has recommended that it’s fleet of Scorpion light tanks be retired due to the high cost of maintenance and obsolescence issues.
      RETIRED CONDOR Condor armoured 4X4 and Sibmas armoured recovery vehicle as retired from service as off January 1, 2023.
      RETIRED SIBMAS = Condor armoured 4X4 and Sibmas armoured recovery vehicle as retired from service as off January 1, 2023.
      RETIRED V150 = . It was used by the Malaysian Army in Second Malayan Emergency (now retired)
      😝😝😝😝😝

      Hapus
  6. Selamat pagi. Semoga trio LAWAK MALON hari ini banyak komen pamer kebodohan ....
    Buat hiburan 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  7. Lanud Abdul rahman Saleh Malang & Lanud Iswahyudi Madiun tidak termasuk terbesar & terkuat kah

    BalasHapus