20 Mei 2024

Pasca Akuisisi Scorpene Evolved, TNI AL Memerlukan 4 Kapal Selam Interim

20 Mei 2024

MBDA menghadirkan Exocet SM39 pada Seminar Kapal Selam di Jakarta (photo: Naval News)

Informasi terkini Scorpene Indonesia dan rencana akuisisi empat kapal selam lagi

Scorpรจne Evolved akan dibangun oleh pembuat kapal milik negara PT PAL Indonesia di galangan kapalnya di Kota Surabaya, Jawa Timur, dengan dukungan dari Naval Group. Dengan total biaya $2,16 miliar, kapal selam tersebut akan dikirim ke Angkatan Laut Indonesia (TNI AL) dalam waktu 96 bulan, atau delapan tahun, sejak kontrak mulai berlaku.

Dengan adanya perjanjian pinjaman untuk membiayai proyek yang sedang dikerjakan oleh Kementerian Keuangan RI, PT PAL telah memulai proses peningkatan fasilitas manufaktur kapal selamnya. Peningkatan tersebut mencakup bengkel torpedo dan elektronik baru serta kantor baru untuk divisi kapal selamnya.

Naval Group menguraikan integrasi Kapal Selam-UUV dalam seminar kapal selam di Jakarta (photo: Naval Group)

Selain itu, pada tanggal 18 April, Syncrolift AS yang berbasis di Norwegia meresmikan kontrak senilai $15 juta untuk memasok PT PAL dengan sistem pengangkatan dan pemindahan kapal yang baru dibangun. Struktur tersebut akan memiliki panjang 100 meter dan memiliki kapasitas angkat 6.000 ton, kata PT PAL. Ini akan digunakan untuk produksi dan pemeliharaan, perbaikan dan perombakan (MRO) kapal selam.

Selain itu, menurut PT PAL, insinyur Indonesia yang terlibat dalam pembangunan Scorpรจne Evolved akan dilatih, disertifikasi, dan diawasi oleh tim TNI Angkatan Laut dan pihak terkait lainnya.

Lampu hijau untuk SM39 dan UUV?
Pada event  Future Submarine International Seminar & Showcase yang diselenggarakan oleh Indonesian Submariner Club antara tanggal 14 dan 15 Mei di Jakarta, tim TNI Angkatan Laut mempresentasikan solusi Kendaraan Bawah Air Tanpa Awak (UUVs) yang dapat diintegrasikan dengan Scorpene Evolved Indonesia. Tergantung pada kebutuhan penggunanya, UUV dapat melakukan berbagai misi termasuk dukungan pasukan khusus dan intelijen, pengawasan dan pengintaian (ISR).

Persyaratan utama untuk kapal selam masa depan Indonesia (photo: NavalNews)

MBDA juga menawarkan SM39 B2 Mod 2, varian keluarga rudal Exocet yang diluncurkan dari kapal selam, yang dapat diluncurkan dari tabung torpedo Scorpene.

Presentasi-presentasi ini menunjukkan bahwa pemerintah Perancis telah menyetujui potensi pembelian sistem-sistem tersebut di atas oleh Indonesia. Dalam beberapa kesempatan, termasuk saat seminar, para petinggi TNI AL menyampaikan keinginannya agar armada kapal selamnya di masa depan tidak hanya mengandalkan torpedo dan sensor onboard.

Teknologi LIB & empat kapal selam lagi
Seminar tersebut dihadiri oleh Panglima TNI AL Laksamana Muhammad Ali yang berasal dari Satuan Kapal Selam sekaligus komandan KRI Nangala (402) yang melakukan patroli abadi pada April 2021.

U212NFS dari Fincantieri Italia dengan teknologi Lithium Ion NFS-1 (2027) dan NFS-2 (2029) yang sedang dalam proses produksi dimungkinkan sebagai kapal selam interim jika ditawarkan ke Indonesia (photo: Naval News) 

Selain kolaborasi yang sedang berlangsung antara Naval Grup dan PT PAL, dalam seminar tersebut, Laksamana Ali mengungkapkan rencana TNI Angkatan Laut untuk membangun lebih banyak pangkalan kapal selam di seluruh negeri dan, dalam waktu dekat, pengadaan kapal selam interim (perantara).

Dia juga mengatakan bahwa kapal selam interim dapat bersumber dari “negara yang dia kunjungi”. Laksamana juga menegaskan bahwa TNI AL membutuhkan setidaknya 12 kapal selam ‘skala penuh’ untuk mencakup wilayah maritim Indonesia yang luas dan mengisyaratkan kemungkinan penggunaan kapal selam yang lebih kecil atau tanpa awak.

Laksamana Ali juga menguraikan beberapa persyaratan utama armada kapal selam TNI AL di masa depan; Sistem propulsi canggih, baterai lithium-ion (LIB), propulsi udara-independen (AIP) dan nuklir, serta sumber daya terbarukan seperti kemampuan tempur multi-domain.

Navantia S-80 class Spanyol yang berteknologi AIP S-83 (2029) dan S-84 (2030) yang sedang proses produksi dimungkinkan sebagai kapal selam interim jika ditawarkan ke Indonesia (photo: Navantia)

Laksamana Ali mengatakan dalam wawancara baru-baru ini di galangan kapal Naval Group di Lorient, bahwa dia telah mengunjungi pabrik baterai lithium-ion Saft di Prancis.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pertahanan Kementerian Pertahanan RI, Laksda Bambang Irwanto, menggarisbawahi perlunya fokus pada teknologi LIB ketika kementerian memilih Scorpรจne Evolved. Laksda Bambang juga menyebutkan bahwa TNI AL telah mengusulkan untuk mengakuisisi empat kapal selam baru, dua unit antara tahun 2025 dan 2029 dan sepasang lainnya antara tahun 2035 dan 2039.

Perancis, Jerman, Italia dan Turki saat ini menjadi pesaing utama kapal selam tambahan tersebut.

112 komentar:

  1. Ngamuk๐Ÿ”ฅ haha!๐Ÿš€๐Ÿš€๐Ÿš€

    BalasHapus
    Balasan
    1. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ, kasi pisang ompal ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. mari kita beriiiiiihhhhhh haha!๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ

      Hapus
  2. warganyet kl ngakunya kaya tapi kok, jawara SEWA se kawasan mnuju klas DUNIYA haha!๐ŸŒ๐ŸŒ๐ŸŒ
    ❌sewa jet latih kanada
    ❌sewa heli latih
    ❌sewa simulator EMKAEM
    ❌sewa simulator heli erbas
    ❌sewa simulator parasut
    ❌sewa heli aw139
    ❌sewa heli blekhok
    ❌sewa motor bmw
    ❌sewa vellfire
    ❌sewa kontener target
    ❌sewa tagbot
    ❌sewa kapal hidros
    ❌sewa bot
    ❌sewa jet vvip

    jimat kos=bokek kata laen bankrut haha!๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
    pepatah mengatakan biar SEWA yg fenting gaya...sewa sedap, seng ada lawan seblah haha!๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—

    BalasHapus
  3. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ rencana shooping maneh..

    BalasHapus
  4. BEZA KASTA...HAHAHAHA

    INDONESIA
    2 SCORPENE EVO

    MALINGCIA
    2 SCIRPENE USANG (VERSI TAK BISA MENYELAM)


    ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พ ๐Ÿ”๐Ÿ”๐Ÿ”๐Ÿ”
    ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    Wkwkwkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  5. Changbogo class apakah masih bermasalah, apakah belum combat ready?

    BalasHapus
  6. Sebaiknya Todaro Class U212 NFS yg lagi diproduksi Fincantieri Utk Pesanan AL Italia skhema nya persis PPA 2 unit lebih jelas dan tidak menggganggu .. dan sudah familiar....

    BalasHapus
  7. INI PROGRAM PROPAGANDA MENYUDUTKAN NAGAPASA CLASS PRODUCT PT PAL & DENGAN TERENCANA MENGHILANGKAN JEJAK & REPUTASINYA (KEGIATAN ANTI PROYEK NAGAPASA) SEPERTI MENYERANG ANOA 3 GURUN PRODUCT ASLI PINDAD YANG SUDAH IKUT TENDER PENGADAAN UNTUK SALAH SATU NEGARA GURUN TIBA² DENGAN PAKSA DI GANTI VAB PRANCIS SERTA DI LABELI ANOA 3 , DENGAN PAKSA & ANOA 3 ASLI YANG SPESIALIS GURUN MATI²AN DISEMBUNYIKAN JUGA KEMHAN & MENHAN SEMBUNYIKAN IDENTITASNYA JUGA MEMAKSA PT PINDAD HILANG KAN SEBAGAI SALAH SATU KEMAMPUAN PRODUKSINYA.

    MODUS & MOTIFNYA SAMA ,TDK MAU AKUI PRODUCT ASLI RI DARI BUMN² RI TAPI HANYA AKUI PRODUCT PRANCIS JUGA TRIK TEMPEL STRIKER DARI PRODUCT² PRANCIS OLEH BUMN² RI JUGA DEFEN ID .
    SEMUA JELAS TIDAK MENDUKUNG & TIDAK SUKA PRODUCT KEMANDIRIAN RI BAHKAN CENDERUNG MEMBERANTAS "MEMERANGI" & MENGGANTINYA DENGAN PRODUCT BERBENDERA PRANCIS DENGAN SANGAT TERENCANA SEOLAH NKRI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA ITU REPUBLIK PRANCIS ,SERTA MEMAKSA APBN RI DI BELIKAN PRODUCT² PRANCIS DENGAN PAKSA !

    BalasHapus
    Balasan
    1. LAMA² SS BUATAN PINDAD JUGA DISINGKIRKAN JUGA PRODUCT ASLI LAIN & HASIL RISET TECHNOCRATE² RI , SEPERTINYA TARGET BESAR LAIN LHP DARI PT PAL YANG AKAN DISINGKIRKAN & DIGANTI TAMPAL STIKER KARENA LHP ITINPROYEK PRESTISIUS LAIN SETELAH IF 21 ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ INDONESIAN FIGHTER JET & GCI RADAR PT INTI SERTA NAGAPASA , ATAU SEMUA PERSONIL DI KEMENHAN RI JUGA SUDAH BUKAN RUPIAH GAJINYA.

      Hapus
    2. Makin mules kau TsetoW......kita dukung penuh embargo Korsel yg membesar2kan kasus pencurian teknologi IFX dan changbego bego

      Hapus
    3. Changbego di banggain TsetoW2, otak dungu udang lu ya, asal lu tauh kasel bermasalah dlm hal operasi, apalagi batre penggeraknya lemah, Indonesia boncos besar loh

      Hapus
  8. 2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    -----
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -----
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    -----
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    -----
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    -----
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    -----
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.
    ========================================
    TIADA UANG - HANYA BAYAR FAEDAH = “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -----
    TIADA UANG NGEMIS KUWAIT - 3X SURAT NGEMIS = Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab itu
    -----
    TIADA UANG - TYPE 23 INGGRIS Tawarkan Malaysia Sepasang Frigat Type 23 Duke Class, Spesifikasi Menarik Tapi ‘TIADA WANG’........
    Masih dari sumber yang sama, meski frigat Type 23 (semisal) dibibahkan ke Malaysia, maka akan berat bagi Angkatan Malaysia untuk mengoperasikan dalam jangka lima tahun. Angkatan Laut Malaysia sebelumnya telah menolak tawaran OPV River class yang dioperasikan Angkatan Laut Inggris.
    -----
    TIADA UANG - M109s PALADIN = United States has offered Malaysia up to 30 M109A5 Self Propelled Howitzer (SPH) under the Excess Defence Articles (EDA) programme. The M109s would be upgraded to the latest A5 standard before entering service with the Army, if the offer is taken up.
    -----
    TIADA UANG - HIBAH USA PERBAIKAN DIBIAYAI USA Back in 2006, the US gifted Malaysia an unknown number and type of coastal surveillance radars which were known colloquially as the 1206 radars. Some 17 years later the 1206 CSS radars have been upgraded which was also paid by the US.
    -----
    TIADA UANG - HIBAH JEPANG PERBAIKAN DIBIAYAI JEPANG KM Arau is an offshore patrol vessel operated by the Malaysian Coast Guard. She was the second ship transferred from the Japan Coast Guard together with KM Pekan and KM Marlin. KM Arau was formerly known as Oki (PL-01) in the Japan Coast Guard.
    Saat ini kapal dengan nama KM Arau ini sedang dalam tahap perbaikan akhir yang dilakukan di Jepang.
    -----
    TIADA UANG - MSA DIBIAYAI MSI USA The program to convert the CN-235 transport aircraft to MSA variants was financed by the US Government under its Indo-Pacific Maritime Security Initiative (MSI)
    ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus

  9. Selain itu, pada tanggal 18 April, Syncrolift AS yang berbasis di Norwegia meresmikan kontrak senilai $15 juta untuk memasok PT PAL dengan sistem pengangkatan dan pemindahan kapal yang baru dibangun. Struktur tersebut akan memiliki panjang 100 meter dan memiliki kapasitas angkat 6.000 ton, kata PT PAL. Ini akan digunakan untuk produksi dan pemeliharaan, perbaikan dan perombakan (MRO) kapal selam.
    -------
    kmaren guwe pikir dari amrik ini dongkrak gaesz, ternyata buatan nurwagiyo haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ
    fasilitas laen sperti=grp, topedo alligment, dll kira2 kapan selesai yak..blom ketauan pulak vendornye, imporkah?
    Dongrak katanya mo bikin sendiri eh akhirnya pesen bule jgk

    BalasHapus
    Balasan
    1. AS itu bukan AMRIK bro.....tapi jenis usaha (PT, Ltd dsb)

      Hapus
    2. koq gak sekalian yg spek 200 m, kapasitas angkat diatas 6000 ton......sekalian maksudnya, khan pt pal mo bangun LHD dimasa mendatang....

      Hapus
    3. iyukkk om smilikity, salfok..abisnya gak ada viking2nya tu nama haha!๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ

      bujet, ituw kan lift kasel yg khusus nempel di dermaga faskasel om angling haha!๐Ÿ˜ต‍๐Ÿ’ซ๐Ÿ˜ต‍๐Ÿ’ซ๐Ÿ˜ต‍๐Ÿ’ซ
      lhd ngapaen diangkat om, langsung aja di dok celup aja beres, bikinnya kan modular macam lpd

      Hapus
    4. nagapasa klas khusus buat teote bangun kasel, utk teknologi canggih bisa nyusul kok,
      toh aip, cms, periskop, torpedo dan laennya ituw hakinya bukan milik galangan kapal/shipyard...
      disini dikasi roadmap 9 kapal, kok pada protes yak haha!๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿคญ
      padahal roadmap nagapasa klas dibikin atas dasar kemampuan finansial, sdm dan ketersediaan infrastruktur.

      Hapus
  10. Terkuak sudah misteri dibalik rumor cacat desain CBG-1400 class......

    Sebenarnya CBG-1400 adalah kasel yg tak dikehendaki oleh usernya ☝️

    Tolok ukur ospreq kasel idaman user adalah dg membandingkan teknologi kasel yg dimiliki negara tetangga sekitar kita dan kapal selam asing yg beroperasi sampai wilayah NKRI :
    1. Sing: AIP
    2. Aussy : nuklir
    3. India : nuklir, SSK AIP
    4. Cina : Nuklir , SSK AIP
    5. Amrik: Nuklir
    6. Malay : kuah kare

    Jadi titik beratnya pada 2 aspek utama :
    1. Ketahanan menyelam aka Stealth
    2. Sistim sensor dan senjata jarak jauh anti kapal permukaan dan serang darat

    Jelas disini ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰ CBG-1400 "Terkobol-kobol" dalam memenuhi kriteria diatas ๐Ÿ‘Œ


    ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰Dia membahas mengenai kemajuan teknologi yang saat ini memungkinkan Indonesia memilih kapal selam non-nuklir dengan sistem propulsi yang mampu bertahan lama di bawah air, bersama dengan torpedo dan sistem rudal yang memiliki akurasi tinggi dan kekuatan serangan๐Ÿ‘ˆ๐Ÿ‘ˆ๐Ÿ‘ˆ.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dsme 1400 alias nagapasa om, ngapaen kite bli cbg/type 209 kan uda punyak duluan cakra klas drpd k-pop haha!๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ

      Hapus
    2. Karena udah ada roadmap dan diikat kontrak.....kalo gentle kan kontrak dibatalin dan siap nanggung penalty jadi sama-sama bermartabat

      Hapus
    3. 6. Malay : Kuah Kare.....ini yg paling EPIC sih sampai sejauh ini......wkwkwkwkwkwkkkk

      Kira2 Indonesia lg krisis ke-GENTLE-an ya om.....padahal bayar pinalty khan praktik biasa dlm bisnis.....kesannya, pingin terlihat GENTLE padahal sebenarnya TIDAK GENTLE....

      Hapus
    4. Naaaah itu dia....toh dimasa depan kita tetap butuh kerjasama dg Korea Selatan

      Hapus
    5. Point 6 itu kasel tipe apa mas ๐Ÿ˜…
      Gurih

      Hapus
  11. Menkeu bakalan nggak bisa tidur nyenyak nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan urusan Menkeu yg sekarang.๐Ÿ˜†

      Hapus
  12. Mantab... Geng MALON makin KERASUKAN... Hahahahahaha


    Yang GAGAL SEWA HELI tuh tepi sedikit... Hahahahah

    BalasHapus
  13. https://www.zonajakarta.com/nasional/67312708730/delegasi-indonesia-diajak-galangan-lunas-malaysia-lihat-kapal-perang-mangkrak-maharaja-lela-class


    Penghinaan terhadap delegasi Indonesia di ajak ke rumah setan bungkus, besi buruk berkarat ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  14. Kecuali ada masalah besar, KS 2035-2039 harusnya Scorpene juga. Tapi kenapa 2030-2034 tidak ada rencana pembelian KS? Masih kurang 2 buat sampai 12, belum lagi pengganti KRI Cakra 401.

    BalasHapus
  15. Sertifikasi TIM AHLI Engineering sub marine.
    Hanya segelintir manusia saja yang bisa mendapatkannya.

    Indonesia Hebat

    Selain itu, menurut PT PAL, insinyur Indonesia yang terlibat dalam pembangunan Scorpรจne Evolved akan dilatih, disertifikasi, dan diawasi oleh tim TNI Angkatan Laut dan pihak terkait lainnya

    BalasHapus
  16. Saya masih gagal paham brother ๐Ÿ™๐Ÿ™
    Tolong jelasin spesifikasi kapal selam interim itu seperti apa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sudah disebutkan diatas(di artikel)
      1. Submerge endurane yg panjang
      2. Kemampuan meluncurkan berbagai senjata mulai dr torpedo, rudal AShM dan rudal jelajah serang darat

      Hapus
  17. Indonesia membatalkan pembelian barang rongsok, eh malingchia malah ngemis barang rongsokan,SDH 3 kali pula mengemisnya,apakah akan genap ke 4 kalinya,hmm kita tunggu episode drama selanjutnya "merindukan hornet"

    BalasHapus
    Balasan
    1. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚..
      https://www.cavok.com.br/depois-da-malasia-e-tunisia-agora-e-o-usmc-que-estaria-interessado-nos-f-a-18-hornet-da-forca-aerea-do-kuwait

      Hapus
    2. jiran kl pelopor beli pespur Gurun RONGSOK pertama di duniya om bot haha!๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰
      jumlahnya fantastis 88 bijik, rekor duniya akherat
      tapi yg kekirim setengah doank..sisanya Songlap Jaya haha!๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      ps:ini respon, buat om pesbuker jiran yg NGAMUK๐Ÿ”ฅ ama om pemburu dr kamar seblah haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  18. "...Perancis, Jerman, Italia dan Turki saat ini menjadi pesaing utama kapal selam tambahan tersebut..."

    =====
    Bye Kpop.....๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  19. Hehehehe .... Sebenarnya serius mau benar-benar beli atau serius mahu cari utang lagi ? Jaminannyaapa yang Indon tawarkan jika nanti gagal bayar lagi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua juga bisnis, bukan cuman kedaulatan , semua negara untuk maju mesti utang.. kita beli LPD dari korea, kapal dari damen dutch,.. buktinya kita jual kepinoy, UEA, export amo perbulan 2 container ke US belum lagi negara lain. kita utang buat ilmu pengetahuan, samasaja orang sekolah.


      nah, malongsia.. itu LCS sebenernya tinggal copypaste aja wes salah potong. mangkrak.. NAVAL GROUP ANGKAT TANGAN..๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ betapa bodohnya

      Hapus
    2. Mesir aja yg kaya dpt lender beli rafale
      Jgn bodoh cong ๐Ÿ˜…

      Hapus
    3. Terus masalah mu apa lon malon....seperti Malon bersih aja tidak ngutang...memangnya duit mu seberapa ? Boleh beli cash...Wong GDP Malaysia aja gak sampai 1/3 GDP Indonesia dan belum dikurangi bantuan utk orang miskin melayu malaysia aja banyak...mana mampu beli alusista macam2...kasel cuma 2 dan versi basic dan sekwrang mangkrak aja belagu...

      Hapus
  20. Purr....kapal PPA full bukan yg ++...
    beda kelas yaa dengan LCS Salah Potong atau LMS batch2...

    https://www.instagram.com/p/C7MC5BJS1t7/?igsh=MXJ4bjc1cGN0bDJrYw==

    BalasHapus
  21. kl shopping si LeMeS aja jaminannya BPA haha!๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
  22. Leonardo ATR72 MPA production faced a slight delay due to final configuration issues. The contracts for these projects were made public at LIMA 2023.
    ———————-

    kalo gak delay, bukan kl namanya haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ
    makanya UTANG mulu sich

    BalasHapus
    Balasan
    1. nunut ngakak yo, cak.. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. nyoiiihh mo lemfar fisank bole kok ke warganyet om haha!๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

      Hapus
  23. HUTANG lagi.... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ maloon.. malooon

      Hapus
  24. Kesian... Mau beli aset pertahanan saja terpaksa NGUTANG.... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. senjata vita min Z ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ naik kapal pake roda di sirkuit sepang ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚.. heli ta ada.. pake layang layang upin ipin... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ PLA datang lempar kaleng dan lariiii... ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. Klu Ndak ada PT PAL dak luncur itu si maharajalelah

      Hapus
  25. Hanya mampu NGUTANG.. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    Dengan adanya perjanjian pinjaman untuk membiayai proyek yang sedang dikerjakan oleh Kementerian Keuangan RI, PT PAL telah memulai proses peningkatan fasilitas manufaktur kapal selamnya. Peningkatan tersebut mencakup bengkel torpedo dan elektronik baru serta kantor baru untuk divisi kapal selamnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kacian d lo... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  26. PINJAM... HUTANG... LOAN... KESIAN.... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sewa heli uang zonk.. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  27. Beli heli tak mampu khas malon bual2 kalis hutang
    Tau nya sewa berbayar Hutang !

    Kerajaan malon penuh bualan belaka ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. INDON SEWA saja tak mampu dibayar.... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    2. Hahahha...anti hutang tapi sewa bauyar hutang
      Tolol otak i cc๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    3. 2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
      -----
      2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
      -----
      2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
      -----
      2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
      -----
      2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
      -----
      2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
      -----
      2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.
      ========================================
      TIADA UANG - HANYA BAYAR FAEDAH = “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
      -----
      TIADA UANG NGEMIS KUWAIT - 3X SURAT NGEMIS = Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab itu
      -----
      TIADA UANG - TYPE 23 INGGRIS Tawarkan Malaysia Sepasang Frigat Type 23 Duke Class, Spesifikasi Menarik Tapi ‘TIADA WANG’........
      Masih dari sumber yang sama, meski frigat Type 23 (semisal) dibibahkan ke Malaysia, maka akan berat bagi Angkatan Malaysia untuk mengoperasikan dalam jangka lima tahun. Angkatan Laut Malaysia sebelumnya telah menolak tawaran OPV River class yang dioperasikan Angkatan Laut Inggris.
      -----
      TIADA UANG - M109s PALADIN = United States has offered Malaysia up to 30 M109A5 Self Propelled Howitzer (SPH) under the Excess Defence Articles (EDA) programme. The M109s would be upgraded to the latest A5 standard before entering service with the Army, if the offer is taken up.
      -----
      TIADA UANG - HIBAH USA PERBAIKAN DIBIAYAI USA Back in 2006, the US gifted Malaysia an unknown number and type of coastal surveillance radars which were known colloquially as the 1206 radars. Some 17 years later the 1206 CSS radars have been upgraded which was also paid by the US.
      -----
      TIADA UANG - HIBAH JEPANG PERBAIKAN DIBIAYAI JEPANG KM Arau is an offshore patrol vessel operated by the Malaysian Coast Guard. She was the second ship transferred from the Japan Coast Guard together with KM Pekan and KM Marlin. KM Arau was formerly known as Oki (PL-01) in the Japan Coast Guard.
      Saat ini kapal dengan nama KM Arau ini sedang dalam tahap perbaikan akhir yang dilakukan di Jepang.
      -----
      TIADA UANG - MSA DIBIAYAI MSI USA The program to convert the CN-235 transport aircraft to MSA variants was financed by the US Government under its Indo-Pacific Maritime Security Initiative (MSI)
      ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
  28. Woiiii.... NGEMIS DISKAUN HUTANG ke tu... ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. RELAX KOREA = "We need to adjust the ratio of cost sharing and secure additional funds so as not to cause delays in the KF-21 development program," Noh said.
      -----
      RELAX INDONESIA BUILD 48 KF21 = Despite the offer for less money and a reduced technology transfer, Indonesia's plan to build 48 aircraft at its local factory remains effective, a senior DAPA official said.
      -----
      MIRAGE BUATAN 1997 = varian Mirage 2000-5 yang dimiliki Qatar dipesan pada tahun 1994, dikirim pada 1996, dan dioperasikan secara resmi oleh Angkatan Udara Qatar pada 1997
      ==============================
      MISSING 48 SKYHAWK = The Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM, or Royal Malaysian Air Force) ordered 88 A-4s (25 A-4Cs and 63 A-4Ls), Only 40 PTM Skyhawks, 34 single seat versions and six two-seat trainers, were delivered......
      -----
      F18 BUATAN 1993 = Pada tahun 1988, Angkatan Udara Kuwait memesan 32 F / A-18C Hornets buatan Amerika dan delapan F / A-18D dua kursi dengan pengiriman dimulai pada tahun 1991 dan selesai pada tahun 1993.
      -----
      TIADA UANG NGEMIS KUWAIT - 3X SURAT NGEMIS = Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab itu
      -----
      TIADA UANG - TYPE 23 INGGRIS Tawarkan Malaysia Sepasang Frigat Type 23 Duke Class, Spesifikasi Menarik Tapi ‘TIADA WANG’........
      Masih dari sumber yang sama, meski frigat Type 23 (semisal) dibibahkan ke Malaysia, maka akan berat bagi Angkatan Malaysia untuk mengoperasikan dalam jangka lima tahun. Angkatan Laut Malaysia sebelumnya telah menolak tawaran OPV River class yang dioperasikan Angkatan Laut Inggris.
      -----
      TIADA UANG NGEMIS USA - M109s PALADIN = United States has offered Malaysia up to 30 M109A5 Self Propelled Howitzer (SPH) under the Excess Defence Articles (EDA) programme. The M109s would be upgraded to the latest A5 standard before entering service with the Army, if the offer is taken up.
      -----
      TIADA UANG NGEMIS USA - HIBAH USA PERBAIKAN DIBAYAR USA Back in 2006, the US gifted Malaysia an unknown number and type of coastal surveillance radars which were known colloquially as the 1206 radars. Some 17 years later the 1206 CSS radars have been upgraded which was also paid by the US.
      -----
      TIADA UANG NGEMIS JAPAN - HIBAH JEPANG PERBAIKAN DIBIAYAI JEPANG KM Arau is an offshore patrol vessel operated by the Malaysian Coast Guard. She was the second ship transferred from the Japan Coast Guard together with KM Pekan and KM Marlin. KM Arau was formerly known as Oki (PL-01) in the Japan Coast Guard.
      Saat ini kapal dengan nama KM Arau ini sedang dalam tahap perbaikan akhir yang dilakukan di Jepang.
      -----
      TIADA UANG NGEMIS USA - MSA DIBAYAR MSI USA The program to convert the CN-235 transport aircraft to MSA variants was financed by the US Government under its Indo-Pacific Maritime Security Initiative (MSI)
      ๐Ÿ˜KOREA INDONESIA RELAX = MALING NGEMIS RONGSOK NGAMUK๐Ÿ˜

      Hapus
    2. program zonk... ki piye.. ditekoni ora gableg arto, pak... oalah.. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃzonk maneh..

      Hapus
  29. Kasihann mau punya heli terpaksa sewa dgn Hutang
    Anehh lon ya ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  30. Sewa Hutang

    Miskin woii๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  31. Hanya mampu NGUTANG.. Kesian๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    Dengan adanya perjanjian pinjaman untuk membiayai proyek yang sedang dikerjakan oleh Kementerian Keuangan RI, PT PAL telah memulai proses peningkatan fasilitas manufaktur kapal selamnya. Peningkatan tersebut mencakup bengkel torpedo dan elektronik baru serta kantor baru untuk divisi kapal selamnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jun kita nak berangkat ke planet x mohon F 18 hornet... menggunakan LCS beroda.. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  32. Cuma malon sewa aset heli bayar dgn Hutang tpi bilang nya anti hutang

    Hahahaa..Malonsial Munafikun๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  33. Malon anti hutang
    LCS hutang
    Sewa hutang
    LCA hutang
    ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  34. Sungguh aneh nan tolol
    Teriak anti hutang kenapa sewa heli bayar hutang lon!!??
    Gimana tuh lon
    Pasti tak bisa jawab
    ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  35. Lagi lawak kontrak kapal selam yang belum aktif di klaim beli... Kesian... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. jun semua berangkat ya jangan lupa senjata vitaberlilin ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃmenggunakan kapal karatan beroda.. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ jangan lupa... ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  36. Nama pun lebih kurang INDON - LOAN... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  37. Lagi lawakk teriak bla bla bla
    Anti hutang
    Sewa pun bayar hutang
    Pork kasihan...di forum ini cuma kau yang bikin malu negaramu hahahahh๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  38. Hanya mampu NGUTANG.. Kesian.. ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    Dengan adanya perjanjian pinjaman untuk membiayai proyek yang sedang dikerjakan oleh Kementerian Keuangan RI, PT PAL telah memulai proses peningkatan fasilitas manufaktur kapal selamnya. Peningkatan tersebut mencakup bengkel torpedo dan elektronik baru serta kantor baru untuk divisi kapal selamnya.

    BalasHapus
  39. Malah paling kesian HUTANG KFX yang sudah lama tertunggak ngemis MINTA DISKAUN HUTANG... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ..

    BalasHapus
  40. RMN Future Force => punya MRSS..

    Future?? LPD jee..future?

    ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    Lagipun yang dicomot foto Makasar Class...๐Ÿคช

    BalasHapus
  41. Wkwkwk ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜:

    Perhaps for "souvenir" hunting...I guess...
    The bitter truth.

    ๐Š๐จ๐ฅ๐ฎ๐ฆ๐ง๐ข๐ฌ: ๐’๐ž๐›๐ž๐ง๐š๐ซ๐ง๐ฒ๐š ๐ญ๐ข๐š๐๐š ๐ฉ๐ž๐ซ๐จ๐ฅ๐ž๐ก๐š๐ง ๐š๐ฌ๐ž๐ญ ๐ฎ๐ญ๐š๐ฆ๐š ๐ฌ๐ž๐ฆ๐š๐ฌ๐š ๐ƒ๐’๐€ ๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ๐Ÿ’

    Seperti dijangka, tiada perolehan besar diumumkan pada Pameran Perkhidmatan Pertahanan Asia (DSA) 2024 melainkan kontrak yang telah pun diketahui sebelumnya.

    Walaupun ada yang mengandaikan kemungkinan kontrak besar melibatkan penerimaan aset baharu kepada Angkatan Tentera Malaysia (ATM) khusus Tentera Darat, tapi ia tidak berlaku.

    Justeru, ini memberi gambaran masih belum ada kata putus mengenainya terutama kontrak pembelian sistem artileri mudah gerak (SP howitzer) walaupun calon akhir telah ada.

    #AirTimes #Malaysia #Pertahanan #DSA2024

    Artikel penuh: https://www.airtimes.my/2024/05/20/kolumnis-sebenarnya-tiada-perolehan-aset-utama-semasa-dsa-2024/

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Kerajaan darul lawak Hanya hunting souvernir je....๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
  44. Lebih dari 4 juga bagus.


    OYASHIO CLASS : 4
    KILO CLASS : 10
    TUPI CLASS : 2
    TURKIYE 209/1500 CLASS : 3

    BalasHapus
  45. RELAX KOREA = "We need to adjust the ratio of cost sharing and secure additional funds so as not to cause delays in the KF-21 development program," Noh said.
    -----
    RELAX INDONESIA BUILD 48 KF21 = Despite the offer for less money and a reduced technology transfer, Indonesia's plan to build 48 aircraft at its local factory remains effective, a senior DAPA official said.
    -----
    MIRAGE BUATAN 1997 = varian Mirage 2000-5 yang dimiliki Qatar dipesan pada tahun 1994, dikirim pada 1996, dan dioperasikan secara resmi oleh Angkatan Udara Qatar pada 1997
    ==============================
    MISSING 48 SKYHAWK = The Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM, or Royal Malaysian Air Force) ordered 88 A-4s (25 A-4Cs and 63 A-4Ls), Only 40 PTM Skyhawks, 34 single seat versions and six two-seat trainers, were delivered......
    -----
    F18 BUATAN 1993 = Pada tahun 1988, Angkatan Udara Kuwait memesan 32 F / A-18C Hornets buatan Amerika dan delapan F / A-18D dua kursi dengan pengiriman dimulai pada tahun 1991 dan selesai pada tahun 1993.
    -----
    TIADA UANG NGEMIS KUWAIT - 3X SURAT NGEMIS = Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab itu
    -----
    TIADA UANG - TYPE 23 INGGRIS Tawarkan Malaysia Sepasang Frigat Type 23 Duke Class, Spesifikasi Menarik Tapi ‘TIADA WANG’........
    Masih dari sumber yang sama, meski frigat Type 23 (semisal) dibibahkan ke Malaysia, maka akan berat bagi Angkatan Malaysia untuk mengoperasikan dalam jangka lima tahun. Angkatan Laut Malaysia sebelumnya telah menolak tawaran OPV River class yang dioperasikan Angkatan Laut Inggris.
    -----
    TIADA UANG NGEMIS USA - M109s PALADIN = United States has offered Malaysia up to 30 M109A5 Self Propelled Howitzer (SPH) under the Excess Defence Articles (EDA) programme. The M109s would be upgraded to the latest A5 standard before entering service with the Army, if the offer is taken up.
    -----
    TIADA UANG NGEMIS USA - HIBAH USA PERBAIKAN DIBAYAR USA Back in 2006, the US gifted Malaysia an unknown number and type of coastal surveillance radars which were known colloquially as the 1206 radars. Some 17 years later the 1206 CSS radars have been upgraded which was also paid by the US.
    -----
    TIADA UANG NGEMIS JAPAN - HIBAH JEPANG PERBAIKAN DIBIAYAI JEPANG KM Arau is an offshore patrol vessel operated by the Malaysian Coast Guard. She was the second ship transferred from the Japan Coast Guard together with KM Pekan and KM Marlin. KM Arau was formerly known as Oki (PL-01) in the Japan Coast Guard.
    Saat ini kapal dengan nama KM Arau ini sedang dalam tahap perbaikan akhir yang dilakukan di Jepang.
    -----
    TIADA UANG NGEMIS USA - MSA DIBAYAR MSI USA The program to convert the CN-235 transport aircraft to MSA variants was financed by the US Government under its Indo-Pacific Maritime Security Initiative (MSI)
    ๐Ÿ˜KOREA INDONESIA RELAX = MALING NGEMIS RONGSOK NGAMUK๐Ÿ˜

    BalasHapus
  46. RM 11.2 BILLION NOT A SINGLE SHIP HAS BEEN DELIVERED YET = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
    -----
    2024 LCS DETAIL DESIGN NOT COMPLETED = Defence Minister secretary-general DS Khaled Nordin told Parliament on March 12 as the detail design has not been completed. The detail design is only expected completed either in June or July, instead of next May
    -----
    DIBAYAR LUNAS 6 UNIT JADI NOL= The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
    -----
    BNS RUGI DIJUAL = BHIC menjual keseluruhan 20.77 peratus pegangannya dalam BNS yang mengalami kerugian kepada Ocean Sunshine Bhd, unit tidak langsung Menteri Kewangan (Diperbadankan) pada harga RM1
    -----
    DIBAYAR 27 JADI 6 = seperti didedahkan Jawatankuasa Kira-kira Wang Negara (PAC) dan CEO LTAT, syarikat BNS menggunakan RM400 juta daripada bayaran pendahuluan bagi projek LCS untuk menjelaskan hutang lapuk bagi projek NGPV,"
    syarikat PSC-Naval Dockyard pada Disember 2005 sebelum dijenamakan semula menjadi syarikat Boustead Naval Dockyard Sdn Bhd
    -----
    DIBAYAR 3 JADI 1 = THHE BANGKRUT : Offshore fabricator and shipbuilder TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13.
    -----
    PRANK MRSS 163 M = “The contract with Malaysia’s Navy will be inked next August. There is a possibility that they will order more than one MRSS. The platform for MRSSs is similar to the one for the Indonesian Navy’s LPD and the Philippines’ SSV. However, the MRSS will be bigger, 163 meter-long, and fully-armed.”
    -----
    NGEMIS LPD NGEMIS AH1Z = Initially, the Malaysian marine corps will lack an amphibious naval platform as the RMN’s only amphibious ship, It is currently in discussions with both France and South Korea over acquiring a landing platform deck (LPD). The U.S. has also offered Malaysia the LPD USS Denver after it decommissions it in 2014. U.S.-based defense companies are also discussing selling Malaysia the AH-1Z
    -----
    TIADA UANG - HIBAH USA PERBAIKAN DIBIAYAI USA Back in 2006, the US gifted Malaysia an unknown number and type of coastal surveillance radars which were known colloquially as the 1206 radars. Some 17 years later the 1206 CSS radars have been upgraded which was also paid by the US.
    -----
    TIADA UANG - HIBAH JEPANG PERBAIKAN DIBIAYAI JEPANG KM Arau is an offshore patrol vessel operated by the Malaysian Coast Guard. She was the second ship transferred from the Japan Coast Guard together with KM Pekan and KM Marlin. KM Arau was formerly known as Oki (PL-01) in the Japan Coast Guard.
    Saat ini kapal dengan nama KM Arau ini sedang dalam tahap perbaikan akhir yang dilakukan di Jepang.
    -----
    TIADA UANG - MSA DIBIAYAI MSI USA The program to convert the CN-235 transport aircraft to MSA variants was financed by the US Government under its Indo-Pacific Maritime Security Initiative (MSI)
    -----
    3X SURAT NGEMIS = Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab itu
    ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
  47. Kontrak NGEPRANK kapal selam Scorpene belum AKTIF... Jawapan mudah... ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    Jelas belum dibeli.. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  48. KONTRAK KAPAL SELAM SCORPENE BELUM EFEKTIF tu ertinya apa guys....?

    ERTINYA BELUM DIBELI... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. RM 11.2 BILLION = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
      -----
      2024 LCS DETAIL DESIGN NOT COMPLETED = Defence Minister secretary-general DS Khaled Nordin told Parliament on March 12 as the detail design has not been completed. The detail design is only expected completed either in June or July, instead of next May
      -----
      DIBAYAR LUNAS 6 UNIT JADI NOL= The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
      -----
      BNS RUGI DIJUAL = BHIC menjual keseluruhan 20.77 peratus pegangannya dalam BNS yang mengalami kerugian kepada Ocean Sunshine Bhd, unit tidak langsung Menteri Kewangan (Diperbadankan) pada harga RM1
      -----
      DIBAYAR 27 JADI 6 = seperti didedahkan Jawatankuasa Kira-kira Wang Negara (PAC) dan CEO LTAT, syarikat BNS menggunakan RM400 juta daripada bayaran pendahuluan bagi projek LCS untuk menjelaskan hutang lapuk bagi projek NGPV,"
      syarikat PSC-Naval Dockyard pada Disember 2005 sebelum dijenamakan semula menjadi syarikat Boustead Naval Dockyard Sdn Bhd
      -----
      DIBAYAR 3 JADI 1 = THHE BANGKRUT : Offshore fabricator and shipbuilder TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13.
      -----
      PRANK MRSS 163 M = “The contract with Malaysia’s Navy will be inked next August. There is a possibility that they will order more than one MRSS. The platform for MRSSs is similar to the one for the Indonesian Navy’s LPD and the Philippines’ SSV. However, the MRSS will be bigger, 163 meter-long, and fully-armed.”
      -----
      NGEMIS LPD NGEMIS AH1Z = Initially, the Malaysian marine corps will lack an amphibious naval platform as the RMN’s only amphibious ship, It is currently in discussions with both France and South Korea over acquiring a landing platform deck (LPD). The U.S. has also offered Malaysia the LPD USS Denver after it decommissions it in 2014. U.S.-based defense companies are also discussing selling Malaysia the AH-1Z
      ===============================
      RELAX EKSPOR MRSS UEA The United Arab Emirates (UAE) announced it had awarded the Indonesian shipyard PT PAL an AED1.5 billion (USD408.32 million) contract to supply a “multimission vessel” during the IDEX 2023 show being held in Abu Dhabi from 20 to 24 February.
      -----
      RELAX EKSPOR B2 SSV FILIPINA Dipercayakannya PT PAL Indonesia dalam pengadaan 2 (dua) unit kapal perang jenis Landing Dock oleh Angkatan Laut Filipina, karena kepuasan Pemerintah Filipina dan Angkatan Laut Filipina atas pengoperasian 2 unit Landing Dock atau Strategic Sealift Vessel (SSV) yang telah diserahterimakan oleh PAL beberapa tahun lalu.
      -----
      RELAX BUILD FRIGAT On August 25, the keel laying ceremony for the first of two Red White frigates was held at Indonesian state-owned shipbuilder PT PAL Indonesia’s facility in Surabaya City, East Java. Based on Babcock's Arrowhead 140 design, it is said that with a 140-metre length and a displacement of 5,996 tons, the Red White frigate will be the largest and most advanced surface combatant ever constructed in Indonesia.
      -----
      RELAX BUILD SUBMARINE The Indonesian government has selected military shipbuilding company Naval Group to supply two Scorpรจne submarines that will be built in Indonesia.
      The full lithium-ion battery (LiB) submarines will be built by state-owned shipbuilder PT PAL in Surabaya through a transfer of technology from Naval Group, the France-based company said in a press statement on Tuesday.
      ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    2. artinya negeri malon julukan baru kerajaan kibul... PALSU... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  49. Kontrak NGEPRANK belum efektif... Sudah membual mau 4 lagi... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    MEMBUAL SESAMA ๐Ÿฆ๐Ÿฆ๐Ÿฆ..... Boleh la NGEPRANK... ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ

    BalasHapus
  50. RELAX EKSPOR B2 SSV FILIPINA Dipercayakannya PT PAL Indonesia dalam pengadaan 2 (dua) unit kapal perang jenis Landing Dock oleh Angkatan Laut Filipina, karena kepuasan Pemerintah Filipina dan Angkatan Laut Filipina atas pengoperasian 2 unit Landing Dock atau Strategic Sealift Vessel (SSV) yang telah diserahterimakan oleh PAL beberapa tahun lalu.
    -----
    RELAX BUILD FRIGAT On August 25, the keel laying ceremony for the first of two Red White frigates was held at Indonesian state-owned shipbuilder PT PAL Indonesia’s facility in Surabaya City, East Java. Based on Babcock's Arrowhead 140 design, it is said that with a 140-metre length and a displacement of 5,996 tons, the Red White frigate will be the largest and most advanced surface combatant ever constructed in Indonesia.
    -----
    RELAX BUILD SUBMARINE The Indonesian government has selected military shipbuilding company Naval Group to supply two Scorpรจne submarines that will be built in Indonesia.
    The full lithium-ion battery (LiB) submarines will be built by state-owned shipbuilder PT PAL in Surabaya through a transfer of technology from Naval Group, the France-based company said in a press statement on Tuesday.
    ==================================
    TIADA UANG - HANYA BAYAR FAEDAH = “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -----
    TIADA UANG NGEMIS KUWAIT - 3X SURAT NGEMIS = Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab itu
    -----
    TIADA UANG - TYPE 23 INGGRIS Tawarkan Malaysia Sepasang Frigat Type 23 Duke Class, Spesifikasi Menarik Tapi ‘TIADA WANG’........
    Masih dari sumber yang sama, meski frigat Type 23 (semisal) dibibahkan ke Malaysia, maka akan berat bagi Angkatan Malaysia untuk mengoperasikan dalam jangka lima tahun. Angkatan Laut Malaysia sebelumnya telah menolak tawaran OPV River class yang dioperasikan Angkatan Laut Inggris.
    -----
    TIADA UANG - M109s PALADIN = United States has offered Malaysia up to 30 M109A5 Self Propelled Howitzer (SPH) under the Excess Defence Articles (EDA) programme. The M109s would be upgraded to the latest A5 standard before entering service with the Army, if the offer is taken up.
    -----
    TIADA UANG - HIBAH USA PERBAIKAN DIBIAYAI USA Back in 2006, the US gifted Malaysia an unknown number and type of coastal surveillance radars which were known colloquially as the 1206 radars. Some 17 years later the 1206 CSS radars have been upgraded which was also paid by the US.
    -----
    TIADA UANG - HIBAH JEPANG PERBAIKAN DIBIAYAI JEPANG KM Arau is an offshore patrol vessel operated by the Malaysian Coast Guard. She was the second ship transferred from the Japan Coast Guard together with KM Pekan and KM Marlin. KM Arau was formerly known as Oki (PL-01) in the Japan Coast Guard.
    Saat ini kapal dengan nama KM Arau ini sedang dalam tahap perbaikan akhir yang dilakukan di Jepang.
    -----
    TIADA UANG - MSA DIBIAYAI MSI USA The program to convert the CN-235 transport aircraft to MSA variants was financed by the US Government under its Indo-Pacific Maritime Security Initiative (MSI)
    ๐Ÿ˜RELAX BUILD SUBMARINE RELAX EKSPOR MRSS SSV = NGAMUK PANAS TIADA UANG๐Ÿ˜

    BalasHapus
  51. RELAX BUILD SUBMARINE The Indonesian government has selected military shipbuilding company Naval Group to supply two Scorpรจne submarines that will be built in Indonesia.
    The full lithium-ion battery (LiB) submarines will be built by state-owned shipbuilder PT PAL in Surabaya through a transfer of technology from Naval Group, the France-based company said in a press statement on Tuesday.
    -----
    RELAX EKSPOR B2 SSV FILIPINA Dipercayakannya PT PAL Indonesia dalam pengadaan 2 (dua) unit kapal perang jenis Landing Dock oleh Angkatan Laut Filipina, karena kepuasan Pemerintah Filipina dan Angkatan Laut Filipina atas pengoperasian 2 unit Landing Dock atau Strategic Sealift Vessel (SSV) yang telah diserahterimakan oleh PAL beberapa tahun lalu.
    -----
    RELAX BUILD FRIGAT On August 25, the keel laying ceremony for the first of two Red White frigates was held at Indonesian state-owned shipbuilder PT PAL Indonesia’s facility in Surabaya City, East Java. Based on Babcock's Arrowhead 140 design, it is said that with a 140-metre length and a displacement of 5,996 tons, the Red White frigate will be the largest and most advanced surface combatant ever constructed in Indonesia.
    ==================================
    TIADA UANG - HANYA BAYAR FAEDAH = “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -----
    TIADA UANG NGEMIS KUWAIT - 3X SURAT NGEMIS = Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab itu
    -----
    TIADA UANG - TYPE 23 INGGRIS Tawarkan Malaysia Sepasang Frigat Type 23 Duke Class, Spesifikasi Menarik Tapi ‘TIADA WANG’........
    Masih dari sumber yang sama, meski frigat Type 23 (semisal) dibibahkan ke Malaysia, maka akan berat bagi Angkatan Malaysia untuk mengoperasikan dalam jangka lima tahun. Angkatan Laut Malaysia sebelumnya telah menolak tawaran OPV River class yang dioperasikan Angkatan Laut Inggris.
    -----
    TIADA UANG - M109s PALADIN = United States has offered Malaysia up to 30 M109A5 Self Propelled Howitzer (SPH) under the Excess Defence Articles (EDA) programme. The M109s would be upgraded to the latest A5 standard before entering service with the Army, if the offer is taken up.
    -----
    TIADA UANG - HIBAH USA PERBAIKAN DIBIAYAI USA Back in 2006, the US gifted Malaysia an unknown number and type of coastal surveillance radars which were known colloquially as the 1206 radars. Some 17 years later the 1206 CSS radars have been upgraded which was also paid by the US.
    -----
    TIADA UANG - HIBAH JEPANG PERBAIKAN DIBIAYAI JEPANG KM Arau is an offshore patrol vessel operated by the Malaysian Coast Guard. She was the second ship transferred from the Japan Coast Guard together with KM Pekan and KM Marlin. KM Arau was formerly known as Oki (PL-01) in the Japan Coast Guard.
    Saat ini kapal dengan nama KM Arau ini sedang dalam tahap perbaikan akhir yang dilakukan di Jepang.
    -----
    TIADA UANG - MSA DIBIAYAI MSI USA The program to convert the CN-235 transport aircraft to MSA variants was financed by the US Government under its Indo-Pacific Maritime Security Initiative (MSI)
    ๐Ÿ˜RELAX BUILD SUBMARINE MRSS SSV versus NGAMUK PANAS TIADA UANG๐Ÿ˜

    BalasHapus
  52. RM 11.2 BILLION = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
    -----
    2024 LCS DETAIL DESIGN NOT COMPLETED = Defence Minister secretary-general DS Khaled Nordin told Parliament on March 12 as the detail design has not been completed. The detail design is only expected completed either in June or July, instead of next May
    -----
    DIBAYAR LUNAS 6 UNIT JADI NOL= The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
    -----
    BNS RUGI DIJUAL = BHIC menjual keseluruhan 20.77 peratus pegangannya dalam BNS yang mengalami kerugian kepada Ocean Sunshine Bhd, unit tidak langsung Menteri Kewangan (Diperbadankan) pada harga RM1
    -----
    DIBAYAR 27 JADI 6 = seperti didedahkan Jawatankuasa Kira-kira Wang Negara (PAC) dan CEO LTAT, syarikat BNS menggunakan RM400 juta daripada bayaran pendahuluan bagi projek LCS untuk menjelaskan hutang lapuk bagi projek NGPV,"
    syarikat PSC-Naval Dockyard pada Disember 2005 sebelum dijenamakan semula menjadi syarikat Boustead Naval Dockyard Sdn Bhd
    -----
    DIBAYAR 3 JADI 1 = THHE BANGKRUT : Offshore fabricator and shipbuilder TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13.
    -----
    PRANK MRSS 163 M = “The contract with Malaysia’s Navy will be inked next August. There is a possibility that they will order more than one MRSS. The platform for MRSSs is similar to the one for the Indonesian Navy’s LPD and the Philippines’ SSV. However, the MRSS will be bigger, 163 meter-long, and fully-armed.”
    -----
    NGEMIS LPD NGEMIS AH1Z = Initially, the Malaysian marine corps will lack an amphibious naval platform as the RMN’s only amphibious ship, It is currently in discussions with both France and South Korea over acquiring a landing platform deck (LPD). The U.S. has also offered Malaysia the LPD USS Denver after it decommissions it in 2014. U.S.-based defense companies are also discussing selling Malaysia the AH-1Z
    ===============================
    RELAX EKSPOR MRSS UEA The United Arab Emirates (UAE) announced it had awarded the Indonesian shipyard PT PAL an AED1.5 billion (USD408.32 million) contract to supply a “multimission vessel” during the IDEX 2023 show being held in Abu Dhabi from 20 to 24 February.
    -----
    RELAX EKSPOR B2 SSV FILIPINA Dipercayakannya PT PAL Indonesia dalam pengadaan 2 (dua) unit kapal perang jenis Landing Dock oleh Angkatan Laut Filipina, karena kepuasan Pemerintah Filipina dan Angkatan Laut Filipina atas pengoperasian 2 unit Landing Dock atau Strategic Sealift Vessel (SSV) yang telah diserahterimakan oleh PAL beberapa tahun lalu.
    -----
    RELAX BUILD FRIGAT On August 25, the keel laying ceremony for the first of two Red White frigates was held at Indonesian state-owned shipbuilder PT PAL Indonesia’s facility in Surabaya City, East Java. Based on Babcock's Arrowhead 140 design, it is said that with a 140-metre length and a displacement of 5,996 tons, the Red White frigate will be the largest and most advanced surface combatant ever constructed in Indonesia.
    -----
    RELAX BUILD SUBMARINE The Indonesian government has selected military shipbuilding company Naval Group to supply two Scorpรจne submarines that will be built in Indonesia.
    The full lithium-ion battery (LiB) submarines will be built by state-owned shipbuilder PT PAL in Surabaya through a transfer of technology from Naval Group, the France-based company said in a press statement on Tuesday.
    ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
  53. 17 KREDITUR = Besides MTU Services, others include Contraves Sdn Bhd, Axima Concept SA, Contraves Advanced Devices Sdn Bhd, Contraves Electrodynamics Sdn Bhd and Tyco Fire, Security & Services Malaysia Sdn Bhd, as well as iXblue SAS, iXblue Sdn Bhd and Protank Mission Systems Sdn Bhd. Also included are Bank Pembangunan Malaysia Bhd, AmBank Islamic Bhd, AmBank (M) Bhd, MTU Services, Affin Hwang Investment Bank Bhd, Bank Muamalat Malaysia Bhd, Affin Bank Bhd, Bank Kerjasama Rakyat Malaysia Bhd, Malayan Banking Bhd (Maybank) and Kuwait Finance House (Malaysia) Bhd.
    -----
    RM 11.2 BILLION = The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
    -----
    2024 LCS DETAIL DESIGN NOT COMPLETED = Defence Minister secretary-general DS Khaled Nordin told Parliament on March 12 as the detail design has not been completed. The detail design is only expected completed either in June or July, instead of next May
    -----
    DIBAYAR LUNAS 6 UNIT JADI NOL= The cost of the LCS project is now RM11.2 billion. It must be noted from that RM11.2 billion, Lunas or the former BNS used around RM1 billion to pay its debts and to upgrade the facilities for the LCS project. And not a single ship has been delivered yet.
    -----
    BNS RUGI DIJUAL = BHIC menjual keseluruhan 20.77 peratus pegangannya dalam BNS yang mengalami kerugian kepada Ocean Sunshine Bhd, unit tidak langsung Menteri Kewangan (Diperbadankan) pada harga RM1
    -----
    DIBAYAR 27 JADI 6 = seperti didedahkan Jawatankuasa Kira-kira Wang Negara (PAC) dan CEO LTAT, syarikat BNS menggunakan RM400 juta daripada bayaran pendahuluan bagi projek LCS untuk menjelaskan hutang lapuk bagi projek NGPV,"
    syarikat PSC-Naval Dockyard pada Disember 2005 sebelum dijenamakan semula menjadi syarikat Boustead Naval Dockyard Sdn Bhd
    -----
    DIBAYAR 3 JADI 1 = THHE BANGKRUT : Offshore fabricator and shipbuilder TH Heavy Engineering Bhd (THHE) is undertaking a voluntary winding-up, a year after it was delisted from Bursa Malaysia. The company resolved to undertake voluntary winding-up as it is unable to continue its operations due to liabilities, it said in a winding-up notice dated Sept 13.
    -----
    PRANK MRSS 163 M = “The contract with Malaysia’s Navy will be inked next August. There is a possibility that they will order more than one MRSS. The platform for MRSSs is similar to the one for the Indonesian Navy’s LPD and the Philippines’ SSV. However, the MRSS will be bigger, 163 meter-long, and fully-armed.”
    -----
    NGEMIS LPD NGEMIS AH1Z = Initially, the Malaysian marine corps will lack an amphibious naval platform as the RMN’s only amphibious ship, It is currently in discussions with both France and South Korea over acquiring a landing platform deck (LPD). The U.S. has also offered Malaysia the LPD USS Denver after it decommissions it in 2014. U.S.-based defense companies are also discussing selling Malaysia the AH-1Z
    ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
  54. Balasan
    1. baperrrr merepek si admin MMR ternyata satu habitat dengan si anu,,,,,,,biasa om kalah debat merepek bocilllll

      Hapus
    2. terusno, cak... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ tambah kobong lag uwes.. gak melok duwe anak ae๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
  55. Beruk lagi stress ? Ha ha ha ha ha

    BalasHapus
  56. PARAH RAKYAT KERAJAAN STREEEZ BERAAT.. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  57. Waktu acara DSA 2024 mau di bayar pakai Orang Hutan ๐Ÿฆง๐Ÿฆง๐Ÿฆง, siapa jg lah yang mau ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  58. Apa lagi mau di bahas... KONTRAK KAPAL SELAM SCORPENE BELUM EFEKTIF....
    ..
    ertinya belum beli kapal selam...... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
    Balasan
    1. RELAX BUILD SUBMARINE The Indonesian government has selected military shipbuilding company Naval Group to supply two Scorpรจne submarines that will be built in Indonesia.
      The full lithium-ion battery (LiB) submarines will be built by state-owned shipbuilder PT PAL in Surabaya through a transfer of technology from Naval Group, the France-based company said in a press statement on Tuesday.
      -----
      RELAX EKSPOR B2 SSV FILIPINA Dipercayakannya PT PAL Indonesia dalam pengadaan 2 (dua) unit kapal perang jenis Landing Dock oleh Angkatan Laut Filipina, karena kepuasan Pemerintah Filipina dan Angkatan Laut Filipina atas pengoperasian 2 unit Landing Dock atau Strategic Sealift Vessel (SSV) yang telah diserahterimakan oleh PAL beberapa tahun lalu.
      -----
      RELAX BUILD FRIGAT On August 25, the keel laying ceremony for the first of two Red White frigates was held at Indonesian state-owned shipbuilder PT PAL Indonesia’s facility in Surabaya City, East Java. Based on Babcock's Arrowhead 140 design, it is said that with a 140-metre length and a displacement of 5,996 tons, the Red White frigate will be the largest and most advanced surface combatant ever constructed in Indonesia.
      ==================================
      TIADA UANG - HANYA BAYAR FAEDAH = “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
      -----
      TIADA UANG NGEMIS KUWAIT - 3X SURAT NGEMIS = Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab itu
      -----
      TIADA UANG - TYPE 23 INGGRIS Tawarkan Malaysia Sepasang Frigat Type 23 Duke Class, Spesifikasi Menarik Tapi ‘TIADA WANG’........
      Masih dari sumber yang sama, meski frigat Type 23 (semisal) dibibahkan ke Malaysia, maka akan berat bagi Angkatan Malaysia untuk mengoperasikan dalam jangka lima tahun. Angkatan Laut Malaysia sebelumnya telah menolak tawaran OPV River class yang dioperasikan Angkatan Laut Inggris.
      -----
      TIADA UANG - M109s PALADIN = United States has offered Malaysia up to 30 M109A5 Self Propelled Howitzer (SPH) under the Excess Defence Articles (EDA) programme. The M109s would be upgraded to the latest A5 standard before entering service with the Army, if the offer is taken up.
      -----
      TIADA UANG - HIBAH USA PERBAIKAN DIBIAYAI USA Back in 2006, the US gifted Malaysia an unknown number and type of coastal surveillance radars which were known colloquially as the 1206 radars. Some 17 years later the 1206 CSS radars have been upgraded which was also paid by the US.
      -----
      TIADA UANG - HIBAH JEPANG PERBAIKAN DIBIAYAI JEPANG KM Arau is an offshore patrol vessel operated by the Malaysian Coast Guard. She was the second ship transferred from the Japan Coast Guard together with KM Pekan and KM Marlin. KM Arau was formerly known as Oki (PL-01) in the Japan Coast Guard.
      Saat ini kapal dengan nama KM Arau ini sedang dalam tahap perbaikan akhir yang dilakukan di Jepang.
      -----
      TIADA UANG - MSA DIBIAYAI MSI USA The program to convert the CN-235 transport aircraft to MSA variants was financed by the US Government under its Indo-Pacific Maritime Security Initiative (MSI)
      ๐Ÿ˜RELAX BUILD SUBMARINE MRSS SSV versus NGAMUK PANAS TIADA UANG๐Ÿ˜

      Hapus
  59. Kapal selam belum beli sudah di klaim beli... LAWAK la... ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    BalasHapus
  60. 2024 HUTANG JATUH TEMPO - MENUNGGU 2053 = The federal government's debt is expected to be fully settled in 2053 if no new loans were to be taken to finance the deficit and to refinance maturing debts from 2024 onwards, said the Finance Ministry (MoF)
    -----
    2023 TIDAK BAYAR HUTANG = “Kalau dikira daripada peratus, (hutang) 82 peratus daripada KDNK (Keluaran Dalam Negara Kasar) dan untuk hutang kerajaan persekutuan sudah mencecah 60.4 peratus. “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -----
    2022 HUTANG BAYAR HUTANG 52,4% = Kah Woh menjelaskan pada tahun lalu, kerajaan ada membuat pinjaman yang meningkat sebanyak 11.6 peratus daripada RM194.5 bilion pada tahun sebelumnya. Daripada jumlah itu, beliau berkata 52.4 peratus atau RM113.7 bilion digunakan untuk membayar prinsipal pinjaman matang.
    -----
    2021 HUTANG BAYAR HUTANG 50,4% = Sejumlah RM98.058 bilion atau 50.4 peratus daripada pinjaman baharu berjumlah RM194.555 bilion yang dibuat kerajaan pada tahun lalu digunakan untuk bayaran balik prinsipal pinjaman yang matang.
    -----
    2020 HUTANG BAYAR HUTANG 60% = Jabatan Audit Negara (JAN) bimbang dengan tindakan kerajaan menggunakan hampir 60 peratus pinjaman baharu untuk membayar hutang .
    -----
    2019 HUTANG BAYAR HUTANG 59% = Laporan Ketua Audit Negara mengenai Penyata Kewangan Kerajaan Persekutuan 2018 mendapati sejumlah 59 peratus pinjaman baharu kerajaan dibuat untuk membayar hutang kerajaan terdahulu
    -----
    2018 OPEN DONASI = Kementerian Keuangan Malaysia pada hari Rabu membuka rekening donasi supaya masyarakat dapat menyumbang.
    ========================================
    TIADA UANG - HANYA BAYAR FAEDAH = “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -----
    TIADA UANG - 3X SURAT NGEMIS = Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab itu
    -----
    TIADA UANG - TYPE 23 INGGRIS Tawarkan Malaysia Sepasang Frigat Type 23 Duke Class, Spesifikasi Menarik Tapi ‘TIADA WANG’........
    Masih dari sumber yang sama, meski frigat Type 23 (semisal) dibibahkan ke Malaysia, maka akan berat bagi Angkatan Malaysia untuk mengoperasikan dalam jangka lima tahun. Angkatan Laut Malaysia sebelumnya telah menolak tawaran OPV River class yang dioperasikan Angkatan Laut Inggris.
    -----
    TIADA UANG - M109s PALADIN = United States has offered Malaysia up to 30 M109A5 Self Propelled Howitzer (SPH) under the Excess Defence Articles (EDA) programme. The M109s would be upgraded to the latest A5 standard before entering service with the Army, if the offer is taken up.
    -----
    TIADA UANG - HIBAH USA PERBAIKAN DIBIAYAI USA Back in 2006, the US gifted Malaysia an unknown number and type of coastal surveillance radars which were known colloquially as the 1206 radars. Some 17 years later the 1206 CSS radars have been upgraded which was also paid by the US.
    -----
    TIADA UANG - HIBAH JEPANG PERBAIKAN DIBIAYAI JEPANG KM Arau is an offshore patrol vessel operated by the Malaysian Coast Guard. She was the second ship transferred from the Japan Coast Guard together with KM Pekan and KM Marlin. KM Arau was formerly known as Oki (PL-01) in the Japan Coast Guard.
    Saat ini kapal dengan nama KM Arau ini sedang dalam tahap perbaikan akhir yang dilakukan di Jepang.
    -----
    TIADA UANG - MSA DIBIAYAI MSI USA The program to convert the CN-235 transport aircraft to MSA variants was financed by the US Government under its Indo-Pacific Maritime Security Initiative (MSI)
    ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
  61. RELAX KOREA = "We need to adjust the ratio of cost sharing and secure additional funds so as not to cause delays in the KF-21 development program," Noh said.
    -----
    RELAX INDONESIA BUILD 48 KF21 = Despite the offer for less money and a reduced technology transfer, Indonesia's plan to build 48 aircraft at its local factory remains effective, a senior DAPA official said.
    -----
    RELAX BUILD SUBMARINE The Indonesian government has selected military shipbuilding company Naval Group to supply two Scorpรจne submarines that will be built in Indonesia.
    The full lithium-ion battery (LiB) submarines will be built by state-owned shipbuilder PT PAL in Surabaya through a transfer of technology from Naval Group, the France-based company said in a press statement on Tuesday.
    -----
    RELAX EKSPOR B2 SSV FILIPINA Dipercayakannya PT PAL Indonesia dalam pengadaan 2 (dua) unit kapal perang jenis Landing Dock oleh Angkatan Laut Filipina, karena kepuasan Pemerintah Filipina dan Angkatan Laut Filipina atas pengoperasian 2 unit Landing Dock atau Strategic Sealift Vessel (SSV) yang telah diserahterimakan oleh PAL beberapa tahun lalu.
    -----
    RELAX BUILD FRIGAT On August 25, the keel laying ceremony for the first of two Red White frigates was held at Indonesian state-owned shipbuilder PT PAL Indonesia’s facility in Surabaya City, East Java. Based on Babcock's Arrowhead 140 design, it is said that with a 140-metre length and a displacement of 5,996 tons, the Red White frigate will be the largest and most advanced surface combatant ever constructed in Indonesia.
    ==================================
    TIADA UANG - HANYA BAYAR FAEDAH = “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -----
    TIADA UANG NGEMIS KUWAIT - 3X SURAT NGEMIS = Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab itu
    -----
    TIADA UANG - TYPE 23 INGGRIS Tawarkan Malaysia Sepasang Frigat Type 23 Duke Class, Spesifikasi Menarik Tapi ‘TIADA WANG’........
    Masih dari sumber yang sama, meski frigat Type 23 (semisal) dibibahkan ke Malaysia, maka akan berat bagi Angkatan Malaysia untuk mengoperasikan dalam jangka lima tahun. Angkatan Laut Malaysia sebelumnya telah menolak tawaran OPV River class yang dioperasikan Angkatan Laut Inggris.
    -----
    TIADA UANG - M109s PALADIN = United States has offered Malaysia up to 30 M109A5 Self Propelled Howitzer (SPH) under the Excess Defence Articles (EDA) programme. The M109s would be upgraded to the latest A5 standard before entering service with the Army, if the offer is taken up.
    -----
    TIADA UANG - HIBAH USA PERBAIKAN DIBIAYAI USA Back in 2006, the US gifted Malaysia an unknown number and type of coastal surveillance radars which were known colloquially as the 1206 radars. Some 17 years later the 1206 CSS radars have been upgraded which was also paid by the US.
    -----
    TIADA UANG - HIBAH JEPANG PERBAIKAN DIBIAYAI JEPANG KM Arau is an offshore patrol vessel operated by the Malaysian Coast Guard. She was the second ship transferred from the Japan Coast Guard together with KM Pekan and KM Marlin. KM Arau was formerly known as Oki (PL-01) in the Japan Coast Guard.
    Saat ini kapal dengan nama KM Arau ini sedang dalam tahap perbaikan akhir yang dilakukan di Jepang.
    -----
    TIADA UANG - MSA DIBIAYAI MSI USA The program to convert the CN-235 transport aircraft to MSA variants was financed by the US Government under its Indo-Pacific Maritime Security Initiative (MSI)
    ๐Ÿ˜RELAX BUILD SUBMARINE MRSS SSV versus NGAMUK PANAS TIADA UANG๐Ÿ˜

    BalasHapus
  62. RELAX KOREA = "We need to adjust the ratio of cost sharing and secure additional funds so as not to cause delays in the KF-21 development program," Noh said.
    -----
    RELAX INDONESIA BUILD 48 KF21 = Despite the offer for less money and a reduced technology transfer, Indonesia's plan to build 48 aircraft at its local factory remains effective, a senior DAPA official said.
    -----
    RELAX BUILD SUBMARINE The Indonesian government has selected military shipbuilding company Naval Group to supply two Scorpรจne submarines that will be built in Indonesia.
    The full lithium-ion battery (LiB) submarines will be built by state-owned shipbuilder PT PAL in Surabaya through a transfer of technology from Naval Group, the France-based company said in a press statement on Tuesday.
    -----
    RELAX EKSPOR B2 SSV FILIPINA Dipercayakannya PT PAL Indonesia dalam pengadaan 2 (dua) unit kapal perang jenis Landing Dock oleh Angkatan Laut Filipina, karena kepuasan Pemerintah Filipina dan Angkatan Laut Filipina atas pengoperasian 2 unit Landing Dock atau Strategic Sealift Vessel (SSV) yang telah diserahterimakan oleh PAL beberapa tahun lalu.
    -----
    RELAX BUILD FRIGAT On August 25, the keel laying ceremony for the first of two Red White frigates was held at Indonesian state-owned shipbuilder PT PAL Indonesia’s facility in Surabaya City, East Java. Based on Babcock's Arrowhead 140 design, it is said that with a 140-metre length and a displacement of 5,996 tons, the Red White frigate will be the largest and most advanced surface combatant ever constructed in Indonesia.
    ==================================
    TIADA UANG - HANYA BAYAR FAEDAH = “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -----
    TIADA UANG NGEMIS KUWAIT - 3X SURAT NGEMIS = Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab itu
    -----
    TIADA UANG - TYPE 23 INGGRIS Tawarkan Malaysia Sepasang Frigat Type 23 Duke Class, Spesifikasi Menarik Tapi ‘TIADA WANG’........
    Masih dari sumber yang sama, meski frigat Type 23 (semisal) dibibahkan ke Malaysia, maka akan berat bagi Angkatan Malaysia untuk mengoperasikan dalam jangka lima tahun. Angkatan Laut Malaysia sebelumnya telah menolak tawaran OPV River class yang dioperasikan Angkatan Laut Inggris.
    -----
    TIADA UANG - M109s PALADIN = United States has offered Malaysia up to 30 M109A5 Self Propelled Howitzer (SPH) under the Excess Defence Articles (EDA) programme. The M109s would be upgraded to the latest A5 standard before entering service with the Army, if the offer is taken up.
    -----
    TIADA UANG - HIBAH USA PERBAIKAN DIBIAYAI USA Back in 2006, the US gifted Malaysia an unknown number and type of coastal surveillance radars which were known colloquially as the 1206 radars. Some 17 years later the 1206 CSS radars have been upgraded which was also paid by the US.
    -----
    TIADA UANG - HIBAH JEPANG PERBAIKAN DIBIAYAI JEPANG KM Arau is an offshore patrol vessel operated by the Malaysian Coast Guard. She was the second ship transferred from the Japan Coast Guard together with KM Pekan and KM Marlin. KM Arau was formerly known as Oki (PL-01) in the Japan Coast Guard.
    Saat ini kapal dengan nama KM Arau ini sedang dalam tahap perbaikan akhir yang dilakukan di Jepang.
    -----
    TIADA UANG - MSA DIBIAYAI MSI USA The program to convert the CN-235 transport aircraft to MSA variants was financed by the US Government under its Indo-Pacific Maritime Security Initiative (MSI)
    ๐Ÿ˜RELAX BUILD SUBMARINE MRSS SSV KF21 versus NGAMUK TIADA UANG๐Ÿ˜

    BalasHapus
  63. RELAX KOREA = "We need to adjust the ratio of cost sharing and secure additional funds so as not to cause delays in the KF-21 development program," Noh said.
    -----
    RELAX INDONESIA BUILD 48 KF21 = Despite the offer for less money and a reduced technology transfer, Indonesia's plan to build 48 aircraft at its local factory remains effective, a senior DAPA official said.
    -----
    RELAX BUILD SUBMARINE The Indonesian government has selected military shipbuilding company Naval Group to supply two Scorpรจne submarines that will be built in Indonesia.
    The full lithium-ion battery (LiB) submarines will be built by state-owned shipbuilder PT PAL in Surabaya through a transfer of technology from Naval Group, the France-based company said in a press statement on Tuesday.
    -----
    RELAX EKSPOR B2 SSV FILIPINA Dipercayakannya PT PAL Indonesia dalam pengadaan 2 (dua) unit kapal perang jenis Landing Dock oleh Angkatan Laut Filipina, karena kepuasan Pemerintah Filipina dan Angkatan Laut Filipina atas pengoperasian 2 unit Landing Dock atau Strategic Sealift Vessel (SSV) yang telah diserahterimakan oleh PAL beberapa tahun lalu.
    -----
    RELAX BUILD FRIGAT On August 25, the keel laying ceremony for the first of two Red White frigates was held at Indonesian state-owned shipbuilder PT PAL Indonesia’s facility in Surabaya City, East Java. Based on Babcock's Arrowhead 140 design, it is said that with a 140-metre length and a displacement of 5,996 tons, the Red White frigate will be the largest and most advanced surface combatant ever constructed in Indonesia.
    ==================================
    TIADA UANG - HANYA BAYAR FAEDAH = “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    -----
    TIADA UANG - 3X SURAT NGEMIS = Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab itu
    -----
    TIADA UANG - TYPE 23 INGGRIS Tawarkan Malaysia Sepasang Frigat Type 23 Duke Class, Spesifikasi Menarik Tapi ‘TIADA WANG’........
    Masih dari sumber yang sama, meski frigat Type 23 (semisal) dibibahkan ke Malaysia, maka akan berat bagi Angkatan Malaysia untuk mengoperasikan dalam jangka lima tahun. Angkatan Laut Malaysia sebelumnya telah menolak tawaran OPV River class yang dioperasikan Angkatan Laut Inggris.
    -----
    TIADA UANG - M109s PALADIN = United States has offered Malaysia up to 30 M109A5 Self Propelled Howitzer (SPH) under the Excess Defence Articles (EDA) programme. The M109s would be upgraded to the latest A5 standard before entering service with the Army, if the offer is taken up.
    -----
    TIADA UANG - HIBAH USA PERBAIKAN DIBIAYAI USA Back in 2006, the US gifted Malaysia an unknown number and type of coastal surveillance radars which were known colloquially as the 1206 radars. Some 17 years later the 1206 CSS radars have been upgraded which was also paid by the US.
    -----
    TIADA UANG - HIBAH JEPANG PERBAIKAN DIBIAYAI JEPANG KM Arau is an offshore patrol vessel operated by the Malaysian Coast Guard. She was the second ship transferred from the Japan Coast Guard together with KM Pekan and KM Marlin. KM Arau was formerly known as Oki (PL-01) in the Japan Coast Guard.
    Saat ini kapal dengan nama KM Arau ini sedang dalam tahap perbaikan akhir yang dilakukan di Jepang.
    -----
    TIADA UANG - MSA DIBIAYAI MSI USA The program to convert the CN-235 transport aircraft to MSA variants was financed by the US Government under its Indo-Pacific Maritime Security Initiative (MSI)
    ๐Ÿ˜RELAX BUILD SUBMARINE MRSS SSV KF21 versus NGAMUK TIADA UANG๐Ÿ˜

    BalasHapus
  64. RELAX KOREA = "We need to adjust the ratio of cost sharing and secure additional funds so as not to cause delays in the KF-21 development program," Noh said.
    -----
    RELAX INDONESIA BUILD 48 KF21 = Despite the offer for less money and a reduced technology transfer, Indonesia's plan to build 48 aircraft at its local factory remains effective, a senior DAPA official said.
    -----
    RELAX BUILD SUBMARINE The Indonesian government has selected military shipbuilding company Naval Group to supply two Scorpรจne submarines that will be built in Indonesia.
    The full lithium-ion battery (LiB) submarines will be built by state-owned shipbuilder PT PAL in Surabaya through a transfer of technology from Naval Group, the France-based company said in a press statement on Tuesday.
    -----
    RELAX EKSPOR B2 SSV FILIPINA Dipercayakannya PT PAL Indonesia dalam pengadaan 2 (dua) unit kapal perang jenis Landing Dock oleh Angkatan Laut Filipina, karena kepuasan Pemerintah Filipina dan Angkatan Laut Filipina atas pengoperasian 2 unit Landing Dock atau Strategic Sealift Vessel (SSV) yang telah diserahterimakan oleh PAL beberapa tahun lalu.
    -----
    RELAX BUILD FRIGAT On August 25, the keel laying ceremony for the first of two Red White frigates was held at Indonesian state-owned shipbuilder PT PAL Indonesia’s facility in Surabaya City, East Java. Based on Babcock's Arrowhead 140 design, it is said that with a 140-metre length and a displacement of 5,996 tons, the Red White frigate will be the largest and most advanced surface combatant ever constructed in Indonesia.
    ==================================
    HUTANG BANYAK - HANYA BAYAR FAEDAH = “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi.
    ๐Ÿ˜PANTAS NGAMUK PANAS๐Ÿ˜

    BalasHapus
  65. RELAX KOREA = "We need to adjust the ratio of cost sharing and secure additional funds so as not to cause delays in the KF-21 development program," Noh said.
    -----
    RELAX INDONESIA BUILD 48 KF21 = Despite the offer for less money and a reduced technology transfer, Indonesia's plan to build 48 aircraft at its local factory remains effective, a senior DAPA official said.
    -----
    RELAX BUILD SUBMARINE The Indonesian government has selected military shipbuilding company Naval Group to supply two Scorpรจne submarines that will be built in Indonesia.
    The full lithium-ion battery (LiB) submarines will be built by state-owned shipbuilder PT PAL in Surabaya through a transfer of technology from Naval Group, the France-based company said in a press statement on Tuesday.
    -----
    RELAX EKSPOR B2 SSV FILIPINA Dipercayakannya PT PAL Indonesia dalam pengadaan 2 (dua) unit kapal perang jenis Landing Dock oleh Angkatan Laut Filipina, karena kepuasan Pemerintah Filipina dan Angkatan Laut Filipina atas pengoperasian 2 unit Landing Dock atau Strategic Sealift Vessel (SSV) yang telah diserahterimakan oleh PAL beberapa tahun lalu.
    -----
    RELAX BUILD FRIGAT On August 25, the keel laying ceremony for the first of two Red White frigates was held at Indonesian state-owned shipbuilder PT PAL Indonesia’s facility in Surabaya City, East Java. Based on Babcock's Arrowhead 140 design, it is said that with a 140-metre length and a displacement of 5,996 tons, the Red White frigate will be the largest and most advanced surface combatant ever constructed in Indonesia.
    ==================================
    HUTANG BANYAK - HANYA BAYAR FAEDAH "Hutang Kerajaan Persekutuan telah mencecah RM60.4%. Dia termasuk khidmat hutang. (Pada) 2022 kita bayar khidmat hutang RM41 bilion dan 2023 RM46 bilion.
    "Peratus hasil 2022 sebanyak 14%, 2023 16%. Ini hanya membayar faedah bukan membayar hutang tertunggak," kata Anwar lagi. menjawab pertanyaan Ahli Parlimen Wong Kah Woh (PH - Taiping).
    ๐Ÿ˜PANTAS NGAMUK PANAS IRI DENGKI๐Ÿ˜

    BalasHapus
  66. 01. Salam bina Candi LCS MaharajaLele Mangkrak Karatan SALAH POTONG, 12 tahun di darat Phobia air seharga RM 12 Billion
    02. Salam bina senapang Allien tembak tupai VITA lendir BERAPI
    03. Salam KERAjaan BANGKRAP di gondoli Jho Law
    04. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA tampel sticker tak boleh eksport
    05. Salam bina tank ugly STRIDE bentuk KOTAK Turet impoten
    06. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI
    07. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah insinyur 5 top university
    08. Salam bina drone ugly NYAMUK
    09. Salam bina KERETA KIPAS TERBANG tampal Sticker dari Cina
    10. Salam bina kereta PROTON tak laku di jual ke gelly cina
    11. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
    12. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak Komandan sendiri
    13. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
    14. Salam Komando TEWAS dilempar GRANAT teman sendiri
    15. Salam Komando tewas Saat BERENANG
    16. Salam kapal selam SCORPANE tak boleh selam sebelum MRO
    17. Salam LMS Ompong, plat tipis, lambat, setahun pakai radio rusak, dari CINA untuk lawan CINA
    18. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan NGUYEN
    19. Salam kapal TONGKANG untuk kapal militer BUNGA MAS LIMA
    20. Salam Jet Tersikit dunia F18 hornet meletup guna parade je tiada SOURCE CODE
    21. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
    22. Salam Mig29 GROUNDED
    23. Salam kilang AIRCROD Lembab MRO 1 pesawat butuh masa 3 tahun
    24. Salam heli TELUR PUYUH MD530 KILANGnya Bangkrut
    25. Salam engine jet HILANG di SONGLAP ke Uruguay
    26. Salam ASKAR BERSARONG bangga jadi penjaga ISTANA british
    27. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
    28. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
    29. Salam JUDI HALAL BERSYARIAH Gentting Highland daulat tuanku
    30. Salam tak punya korps MARINIR,Kapal HOSPITAL,LPD,LST,UCAV, Tank Amphibi dan SPH
    31. Salam TANK PENDEKAR WW II cuma 48 ekor MOGOK tengah jalan
    32. Salam HUTANG Rm 1.5 Trillion 84% PDB, Kumpul koin, Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN, gali LOBANG tutup LOBANG
    33. Salam BELI pespur MB339 BARU TANPA ENGIN baru 12 tahun pakai sudah Grounded
    34. Salam 88 bijik Jet Bekas GURUN A4 Skyhawk hilang setengah di parkiran GURUN
    35. Salam BOMBER Cina dan 16 Pesawat Cina pusing - Pusing langit Sabah cuma kirim NOTA Protes
    36. Salam CCG KEKAL 289 hari pertahun di betting Ali, CCG dan nelayan Cina sudah makan tidor berak sedot ikan sedot minyak buang tahi
    37. Salam Komando tewas kena tembak SENAPAN ANGIN penyelundup Perlis
    38. Salam TAMPAL STICKER Batik,Reog,Wayang,Rendang,Anklung,kuda lumping,Keris,lagu rasa sayange,lagu halo halo bandung dan lagu terang bulan
    39. Salam 9 APC Guardian di tolak PBB tiada RCWS hendak prank PBB dengan harga komplit RCWS
    40. Salam dapat SEDEKAH Amerika Convert CN235 basic ke versi MSA Upgrade di PT DI
    41. Salam UCAV drone DJI di tempel dua senapan M4 untuk menakuti Kelalawar
    42. Salam di bully Singapure, bayar air murah, di ceroboh Jet dan Apache, di ambil batu puteh, bayar denda kereta Cepat, Su 30 MKM di usir dari singapure tiada SLOT
    43. Salam dapat SEDEKAH Merdeka semu 999 tahun Tanah mesti sedia di tempati
    44. Salam HMAV 4X4 TARANTULA SEWA, Tempel Sticker Hizir Turki
    45. Salam RADAR IMPOTEN tak bisa kesan MH370
    46. Salam satu satunya LST KD Sri Idrapura Terbakar tiada ganti
    47. Salam pesawat intai ISRAEL kencing di langit Ibu negara tak takut di salvo Jernas Lapook
    48. Salam TERJUN PAYUNG tersasar ke PASAR
    49. Salam 3 kali NGEMIS hornet bekas Kuwait di balas No sale of hornets
    50. Salam Eksportir kondom Unisex,Narkoba,Teroris,Togel,Maling ikan,Maling patok
    51. Salam tak bayar SEWA Sabah, aset Petronas kena sita SULU
    52. Salam GFP Rank 48 di bawah kaki Myanmar
    53. Salam SEWA Merata untuk militer Heli AW139,Heli EC120 B,Kapal Hidrografi,Simulator heli,Boat FIB,Boat RHFB,Rover,Motosikal,ATV, Vellfire
    54. Salam OPV Fatima berenang MIRING
    55. Salam Rehull kapal USANG di Make Over KD Sri Sabah, KD Sri Serawak, PC ex KD Sundang, PC ex KD Panah
    56. Salam PM ex Narapidana Korupsi dan ex Narapidana Sodomi
    57. Salam tentara tanam SAYUR
    58. Salam KD Ganas Kapal Peyot Tua Rongsok Ompong

    BalasHapus
  67. Goblok malon ini ..jelas2 mau diproduksi di Indonesia yaa disiapkan dulu Infrastrukturnya... begitu sudah disiap baru diefektifkan...maklum cuma bisa beli tak boleh buat yaa gitu otaknya 1cc...

    BalasHapus
  68. Takkan cecah air si mahalelah klu tak de kunjungan PT Pal

    BalasHapus