12 Juli 2024

TNI AU Tempatkan Radar-radar Baru di Sekitar IKN dan Indonesia Timur

12 Juli 2024

Thales Groundmaster 400 Alpha versi truck mounted (photo: Thales)

Jakarta (ANTARA) - TNI Angkatan Udara berencana menempatkan radar-radar baru buatan Thales dan Retia di beberapa lokasi di Indonesia, diantaranya di sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN) dan di wilayah Papua seperti di Sorong dan Jayapura.

Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Madya TNI Andyawan Martono Putra saat ditemui di kompleks Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu, menjelaskan radar-radar buatan Thales, Perancis, nantinya ditempatkan di kawasan yang berbeda dengan radar-radar buatan Retia, Ceko.

“Kami ada dua (pengadaan, red.), ada pengadaan dari Thales, satu lagi dari Eropa Timur sehingga nanti kita bagi yang di Eropa Timur di mana dan sebagian dari Eropa (Barat, red.) sehingga nanti semua terkelompok,” kata Andyawan menjawab pertanyaan wartawan saat jumpa pers selepas acara Kasau Awards 2024.

Dia menyebutkan beberapa tempat yang direncanakan menjadi lokasi radar, diantaranya di Sorong, Papua Barat Daya; Jayapura, Papua; dan Tambolaka, Nusa Tenggara Timur.

“Ada daerah Sumatera, ada lengkap semuanya,“ kata Wakil KSAU.

Dia menambahkan beberapa radar baru yang dibeli Indonesia dari Perancis dan Ceko juga akan menggantikan radar-radar lama yang saat ini memperkuat pertahanan udara Indonesia.

“Ada beberapa yang nanti mengganti radar-radar kita yang lama. Radar kita yang lama teknologinya dari 1970-an, 1980-an, kita ganti,” kata Andyawan.

Sementara itu, terkait penempatan radar untuk pertahanan udara di IKN, Wakil KSAU menyatakan radar untuk IKN tidak ditempatkan di Ibu Kota Nusantara, melainkan di sekitar IKN.

“Penempatannya, sudah kami rapatkan, tentunya tidak di IKN, tetapi sekitar IKN sehingga nanti bisa mem-back up wilayah udara sekitar IKN. Kami juga sudah punya perspektif pertahanan udara di sekitar IKN. Tidak hanya radar, tetapi ada penugasan pesawat di sana, air defense weapon ada di sana,” kata Wakil KSAU.

Kementerian Pertahanan RI membeli 13 radar GCI dari Thales dan 12 radar dari Retia Ceko untuk memperkuat pertahanan udara Indonesia. Dalam pengadaan radar GCI, Thales bekerja sama dengan PT Len Industri untuk memproduksi 13 radar tersebut.

Octopath diproduksi di PT Len 
Direktur Utama PT Len Industri Bobby Rasyidin dalam sesi jumpa pers bersama jajaran direksi Defend ID di Jakarta, awal Juli 2024, menjelaskan pengadaan radar GCI pesanan Indonesia saat ini masuk tahap produksi. “Progress-nya bisa dibilang 70–80 persen,” kata Bobby.

Dia melanjutkan dalam kerja sama produksi radar GCI, PT Len juga memproduksi komponen utama radar yang disebut octopath.

“Octopath itu kita produksi sendiri. Jadi, komponen utamanya radar itu produksi dalam negeri,” kata dia.

Tidak hanya itu, perakitan akhir (final assembly) dari 13 radar Ground Control Interception (GCI) GM-403 pesanan Indonesia dari Thales juga berlangsung di fasilitas milik PT Len Industri di Len Technopark, Subang, Jawa Barat.

100 komentar:

  1. Logikanya kalo dapet ijin kenapa ngemis sampe 4x wkwkwkwkkw
    ===================
    TIADA BUKTI USA PERMISSION .......
    KUWAIT NO SALE HORNETS ......
    the process will not start until the government asked for permission from the US. Only after the US gives it permission and the Kuwaiti ascends to it that talk on procuring the Hornets can start.
    -----
    NO SALE OF HORNETS = Kuwait's Ministry of Defense on Thursday denied reports about purported negotiations to sell 33 used F/A-18 Hornet aircraft in possession of the Kuwait Air Force to the Malaysian Air Force.
    -----
    2024 KATA KUNCI NGEMIS 4x GUYS .....
    Antara perkara yang dibincangkan adalah berkenaan hasrat negara untuk memperoleh jet-jet pejuang F/A-18 Legacy Hornet milik Tentera Udara Kuwait (KAF) setelah KAF menerima Super Hornet baharunya.
    -----
    2023 KATA KUNCI NGEMIS 3X SURAT ......
    Bercakap di Parlimen semalam, Menteri Pertahanan Datuk Seri Mohamad Hassan berkata, kementeriannya serta Menteri Pertahanan terdahulu telah menulis surat sebanyak tiga kali kepada kerajaan Kuwait menyatakan hasrat negara untuk memperolehi pesawat-pesawat pejuang terpakai F/A-18C/D milik negara Arab itu
    =======================
    SELAMAT TINGGAL F18 : Kuwait Pilih Upgrade, TUDM Boleh Ucapkan Selamat Tinggal Pada Opsi Pesawat F/A-18 Hornet Kuwait, Jabatan Negara Amerika Syarikat mengumumkan ia telah meluluskan kemungkinan Foreign Military Sales (FMS) kepada kerajaan Kuwait kerja-kerja kejuruteraan dan penyelenggaraan bernilai US$1.8 bilion.
    https://defencesecurityasia.com/hornet-kuwait-tudm-pesawat/
    😝SALAM NO SALE HORNETS😝

    BalasHapus
  2. Sebelah cuma shoping 1 biji sembang nya selangit

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.zonajakarta.com/nasional/67313106316/13-radar-gci-gm-403-buatan-thales-prancis-pt-len-industri-masih-kurang-indonesia-bakal-borong-selusin-lagi-dari-retia-ceko


      tambah lagi..
      kok..

      πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚

      Hapus
  3. Mantulll mantapp
    Radar banyak horang kaya

    BalasHapus
  4. Xaxaxaxaxaxaxaxa kontrak kosong yah poor?????πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ

    BalasHapus
    Balasan
    1. wong sogeh radar keleleran, mbah..
      yok opo.. πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
  5. Jaga jaga radar dari perancis di klaim geng BERUK MALON kw dan MALON PEMBUAL dari ITALIA.. Hahahahahah


    Kalau SABAH dari filipina saya percaya... Itu FAKTA... Hahahahah πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  6. Komponen utama sudah bisa bikin di dalam negeri. Berita bagus itu. Agak penasaran pakai proses apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan komponen utama....tapi rangkaian modulnya dibuat disini

      Kalo yg jaman SMP/SMA ikut ekskul elektronik lebih paham modul itu kek apa

      Hapus
    2. Modulnya sebesar apa? Model "kuno", atau yang sebagian besar sudah terintegrasi?

      Hapus
    3. Udah jelas Dirut PT Len bilang komponen utama buatan dalam negri octopat namanya

      Hapus
  7. Radar Ceko, Retia? MADR?
    Bau bau halom...😁

    https://www.retia.eu/military-and-security-systems/system-integration/madr/

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.zonajakarta.com/nasional/67313106316/13-radar-gci-gm-403-buatan-thales-prancis-pt-len-industri-masih-kurang-indonesia-bakal-borong-selusin-lagi-dari-retia-ceko

      vera ng

      πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚

      Hapus
    2. Paling RL-3D. Kalau lihat websitenya, yg radar aktif dan bisa pakai buat ATC hanya itu.

      MADR bagian integrasi sistem, bukan bagian radar.πŸ˜…

      Hapus
  8. Manakala Malon dapat radar hibah, miskiiin wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya juga malon dungu bodoh paling miskin di asean bisanya sombong ASBUN doang hahaha lon lon lon

      Hapus
  9. Panglima TLDM mendedahkan, separuh lebih aset peralatan angkatan Laut TLDM rusak tak bisa digunakan 🀣🀣🀣🀣


    https://youtu.be/Kzfk0ArPqMI?si=uVIm8ANBzmqxeuqv

    BalasHapus
  10. Radar dari retia bukanya disiapkan untuk sistem pertahanan TRISULA/HISAR

    BalasHapus
    Balasan
    1. ADS-400 digunakan sebagai alat utama sistem persenjataan (alutsista) untuk melindungi sebuah wilayah dari serangan pesawat udara generasi ke-5, helikopter, dan pesawat nirawak (UAV). Alutsista hanud ini memiliki jangkauan deteksi hingga 470 kilometer dan jangkauan rudal hingga 100 kilometer. Sistem rudal teranyar ini dikembangkan oleh Roketsan, Turki, dan Retia. Ceko menggaet Republikorp sebagai mitra industri dalam negeri untuk kerja sama produksi dan integrasi lokal.

      Hapus
  11. TNI tempatkan 5 radar di sekitar IKN, Malon 1 radar utk seluruh wilayah KERAjaan beruk. 😁😁😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. adooh cak..

      https://www.zonajakarta.com/nasional/67313106316/13-radar-gci-gm-403-buatan-thales-prancis-pt-len-industri-masih-kurang-indonesia-bakal-borong-selusin-lagi-dari-retia-ceko

      πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
    2. Secara geografis nya masih kurang jumlah radar nya,bbrp radar baru jg bakal gantikan radar yg sudah tuwir

      Hapus
    3. ya iya lah.. archipelage .. yang sabang, lampung, ntt, laut banda.. banyak, jelas kurang lah..

      Hapus
  12. Lagi merhatiin kelengkapan sensor heli AKS kelas medium.....πŸ€”

    Kalo wildcat atau SH-2 kan radarnya ada didagu dan tipe rotating shg coveragenya 360 Drajat

    Sementara tipe panther atau HIL-160 yg lebih baru tidak didesain demikian..... radar nya ditempatkan dihidung, mirip cn-235 MPA "Pinokio"

    Tapi dg pengembangan radar area yg antenenya lebih ringkas dan ringan, sekarang ada opsi utk tipe panther dan H-160 tetap bisa mengcover area 360 drajat dg memasang 3 antene radar Airmaster C.....1 ditempatkan dihidung, hadap depan, sedang 2 lagi ditempatkan disisi atas-belakang, kanan dan kiri (dibawah cowl mesin) menghadap samping kanan-kiri

    Heli H-160 punya MTOW lebih besar dari panther namun footprint nya tetap ringkas dan mudah dirawatnya

    Dg luasan kabin yg lebih besar juga, berati dia bisa ditambahi sonobuoy launcher, VDS dan menyisakan space yg lebih memadai dibanding panther atau wildcat ASW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengingat hidung Pinokio heli H-160 yg panjang bisa juga mengikuti pola penempatan radar sepeti pada pesawat taktis ringan buatan Afsel yg mirip Bronco.....2 radar ada dihidung dg posisi menyamping dikedua sisi πŸ‘‡

      Dan satu radar lagi ditempatkan di pantat heli shg bisa mengcover area 360 drajat

      https://youtube.com/shorts/o6hV1SzIXn0?si=xavElh_lcKIASEmi

      Hapus
    2. Heli kelas H-160 ini menarik karena menawarkan bobot, biaya OPS yg lebih rendah dibanding kelas ROMELO atau NH-90, Merlin tapi mempunyai kemampuan yg lebih tinggi dibanding heli kelas medium (wildcat, panther) πŸ™

      Hapus
    3. mas numpang naik heli.. ya..
      sek.. sek..

      πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ‘‡




      https://www.zonajakarta.com/nasional/67313030648/malaysia-punya-alasan-paskal-pasukan-khususnya-ikut-pakai-helikopter-anti-kapal-selam-as565-mbe-panther-milik-tni-al-indonesia



      bagus ya..

      helinya..

      πŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺπŸ€ͺ

      Hapus
  13. Purr COBA JAWAB purr


    Kalau KAYA.. Kenapa mrngemis F-18 BEKAS... KENAPA TAO BELI BATU SUPER HORNETS BLOCK 3

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga punya duwit..

      rakyat menjerit kenaikan bbm,
      inflasi naik.,
      bangladesh berjoget,
      gempur dengan senang hati menatap kehancuran ekonomi nya..

      πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚


      Hapus
  14. Kontrak kosong ya lon tapi sorry ya radar baru sudah dlm tahap produksi makanya gak nampak karena lagi di buat skrng.
    Hahhaha

    Berbanding cuma 1 biji tpi konon horang kaya🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. nantinya radar kita banyak..

      πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
  15. Kata kuncinya gengsi sekarang malon lagi hobi kumpul pesawat tmpur second bekas.

    BalasHapus
  16. itupun kalau bisa..

    πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚

    BalasHapus
  17. Purr COBA JAWAB purr


    Kalau KAYA.. Kenapa mrngemis F-18 BEKAS... KENAPA TAK BELI BARU SUPER HORNETS BLOCK 3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana si tolol gempurwira lon lon lon bodoh miskin...hahaha

      Hapus
  18. JELAS YA SEMUANYA RADAR GCI YANG DIBELI MENHAN TERTINGGAL JAUH TECHNOLOGYNYA DENGAN YANG TERBARU SERI 406 ,BAHAYA INI SEMUA PROJECT MIRIP PANDUR TERTINGGAL TECHNOLOGYNYA , APANYA YANG HEBAT JUGA MEMANG TIDAK DIBERI TECHNOLOGYNYA UNTUK YANG TERBARU ?
    NGAK BENAR INI TERLEBIH DI PRODUKSI & DI GUNAKAN TAHUN 32 KEMUNGKINAN.
    BARANG VINTAGE BUTUH UP GRADE MESKI BARU DI PAKAI TIDAK BENAR INI !

    BalasHapus
  19. Pinsilnya yg dari Turki y...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lg dibahas sistem pertahanan berlapis sama Turki y untuk jarak pendek dan sedang

      Hapus
  20. Ya MEMBUAL itu ini.. Mana radar .... GHOIB.... 🀣🀣🀣πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

    BalasHapus
    Balasan
    1. Radar ghoib? Mata ko yg ghoib Rusli wakakakaka

      Hapus
    2. Silahkan ngamuk, yg bual dan asetnya ghoib itu cap Malon yah Pork.

      Hapus
    3. Atuk korang yang ghoib...punya cucu dengan gejala gangguan jiwa macam korang

      Hapus
  21. IKN...? Lah bukan IKN tu lagi MANGKRAK ke..? Katanya Jokowi batal pindah kantor ke IKN... πŸ”₯πŸ”₯🀣🀣🀣

    BalasHapus
  22. Belum apa apa sudah MANGKRAK... πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯🀣🀣

    BalasHapus
  23. Laah, yang SUDAH mangkrak macam KD Mahomaho macam mana tuu

    🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  24. Yang komen berturut-turut 5x lebih kebawah, itulah PEMBUAL sejati πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£

    BalasHapus
  25. Ayo lon (te) kapan nih nyampe komen 300 lebih baru nyampe 200 kabur πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£

    BalasHapus
  26. HAMBALANG 2.0 guys... πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Radar baru punya Indo, banyakkkk dibanding punya Malon cuma 1 hehehe

      Hapus
  27. Elak topik si gorilla malaya

    BalasHapus
  28. Elak topik si gorilla malaya

    BalasHapus
  29. πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯🀣🀣🀣🀣

    "Airnya sudah siap, belum? Listriknya sudah siap, belum? Tempatnya sudah siap belum? Kalau siap, pindah,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Guyyss... ada tetangga.. katanya baru punya drone...
      Tapiii... drone nya cuma bisa cari saran yg empuk2... ngga bisa buat kill MBT, HOWITZER, IFV, APC, BUNKER..
      Drone nya cuma bisa buat cari janda pirang yg empuk guyysss..

      Drone.. ape drone nih purrr..
      Jangan2 yg dibeli drane.. drene.. drone... wkwkwkwkwk

      Hapus
  30. πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯🀣🀣🀣🀣...

    "Airnya sudah siap, belum? Listriknya sudah siap, belum? Tempatnya sudah siap belum? Kalau siap, pindah,

    BalasHapus
  31. 403 sama 406 type radarnya sama GM400 Alpha

    403 itu mobile bisa di pindahkan dengan cepat.
    406 itu fixed position.. tidak bisa pindah2
    406 lebih unggul jangkauannya 20% dari 403.

    BalasHapus
  32. 🀣🀣🀣 Looon...malooion....25 radar nanti kami taruh d selat malaka dan perbatasan kalimantan....menghadap ke ente semua Loon....jd ente berak juga ketauan 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya jadi tunjuk dulu saya 1 radar yang siap... πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯🦍🦍🀣🀣🀣

      Ohhhhh... Belum ada... πŸ”₯πŸ”₯🀣🀣

      Hapus
  33. Otak si Rusli pindah ke lutut

    BalasHapus
  34. Ingat lon....ente berak aj ketahuan kami Looon 🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  35. Radar saja belum ada kamu MEMBUAL apa GORILLA...? πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯🀣🦍🦍

    BalasHapus
  36. Bicara militer woy... wkkkkwkk
    Selalu elak topik

    Radarnya cuma beli 1 bijik....kismin... wkkkkwkk

    BalasHapus
  37. Ada daerah Sumatera, ada lengkap semuanya,“ kata Wakil KSAU

    “Penempatannya, sudah kami rapatkan, tentunya tidak di IKN, tetapi sekitar IKN sehingga nanti bisa mem-back up wilayah udara sekitar IKN.

    INGAT LOOON....SUMATRA DAN SEKITAR IKN.....SEMUA MENGHADAP KE ENTE LOOONNN 🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  38. 25 radar...? Ya radar versi MEMBUAL.. Hingga kini semua radarnya GHOIB... πŸ”₯πŸ”₯🀣🀣🀣

    BalasHapus
  39. GORILLA kalau MEMBUAL....ayuh tunjuk saya 1 radar dari 25 radar versi MEMBUAL tu.... πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯🦍🦍🦍

    Ayuh tunjuk mana radarnya ..... 🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  40. Membual Hornet lupa kee..?
    Membual kontena LMS lupa kee..?

    πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  41. MALON kalau MEMBUAL....ayuh tunjuk saya 1 dari 4 kontena LMS versi MEMBUAL tu.... πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯🦍🦍🦍

    Ayuh tunjuk mana kontenanya ..... 🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  42. Hal remeh murah macam kontena LMS saja MEMBUAL...malah bicara Hornet Kuwait

    πŸ€£πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  43. radar di sekitar IKN....??? lah katanya JOKOWI BATAL pindah kantor....HAHAHHAHA

    BalasHapus
  44. radarnya sudah siap belum?πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯🀣🀣🀣🀣...

    "Airnya sudah siap, belum? Listriknya sudah siap, belum? Tempatnya sudah siap belum? Kalau siap, pindah,

    BalasHapus
  45. Siap2 Looonnn....ente di telanjangi radar kami Loonnn 🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
  46. https://news.republika.co.id/berita/rwjxin335/mengapa-indonesia-pilih-radar-ground-master-400-alpha

    Looonnn....siap2 lari ente Loooon 🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.voaindonesia.com/a/indonesia-pesan-13-radar-militer-jarak-jauh-dari-perusahaan-prancis-thales-/7142158.html

      Hapus
    2. https://www.metrotvnews.com/read/KRXCawPd-indonesia-beli-13-radar-militer-jarak-jauh-dari-thales

      Hapus
    3. https://sains.sindonews.com/newsread/1181433/768/4-keunggulan-gm-400-alpha-yang-dibeli-indonesia-radar-jarak-jauh-canggih-buatan-thales-prancis-1692612515

      Hapus
    4. Jgn lupa PT Len nya thales & PT Len Indonesia

      Hapus
  47. Sejumlah pekerja bersiap meluncurkan dua kapal perang tipe Patroli Cepat (PC) 60 M di Galangan Kapal PT Caputra Mitra Sejati, Kabupaten Serang, Banten, Jumat (12/7/2024). TNI AL meluncurkan dua unit kapal perang tipe Patroli Cepat (PC) 60 M yaitu KRI Hampala-880 dan KRI Lumba-lumba 881 buatan dalam negeri yang bertujuan untuk melakukan pengamanan di wilayah Marauke dan Tarakan.

    https://www.facebook.com/share/p/QivKF5k6zdkFgvHr/?mibextid=qi2Omg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti yang kubilang di postingan awal, target akhir tahun diterima AL

      Hapus
  48. 1 radar utk 1 negara, 5 radar utk IKN. Ha ha ha ha ha.... Masih mau ngaku kaya pork ? Ha ha ha ha

    BalasHapus
  49. Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku belum siap untuk mulai pindah berkantor di Ibu Kota Nusantara atau IKN.

    Pasalnya, menurut Jokowi ada beberapa infrastruktur yang belum siap seperti listrik, air dan sebagainya.

    "Airnya sudah siap belum? Listriknya sudah siap belum? Tempatnya sudah siap belum? Kalau siap, pindah," kata Jokowi..

    BalasHapus
  50. Bilang aja klu iriπŸ˜€πŸ€ͺπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ

    BalasHapus
  51. Then what bro ! Tak ade topik ke
    Buat kami biasa aje
    Bodoh otak kau

    BalasHapus
  52. Horang kaya macam malon beli 1 biji radar wkwkkwwk
    Jeli sewa hutang wkwkk

    BalasHapus
  53. Makanala malon beli radar 1 biji
    Horang kaya kata2 hibur diri hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benul...eh betul...Malon ga malu ama biji.....biji aja 2 ...dia cuma 1 🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Lumut... Eh lucu... Si om
      🀣🀣🀣🀣🀣

      Hapus
  54. Tololnya memang gak ada obat beruk yg satu ini, gak bisa baca berita yah, kan dah jelas lagi diproduksi.

    BalasHapus
  55. Beruk kalau dengki sampai tolol, nanti kalau aset tiba pura pura bego (padahal tolol). Aset ghoib kan cuma cap buat Malon termiskin dikawasan sepi shopping dan berita.

    BalasHapus
  56. lon malon coba kasih BUKTI FAKTA KUAT ATAS DELIVERY MILITARY ASSETS:

    >>>> LMS BATCH 2 ADA CLASS
    >>>> HORNET C/D EX KUWAIT
    >>>> ATR 72 / MPA
    >>>> BLACKHAWK SEWA VERSI SIPIL

    BalasHapus
  57. INDONESIA BELI BRAND NEW RADAR 25 UNIT :

    >>> THALES GM400ALPHA = 13 UNIT
    >>> RETIA RL-3DL = 12 UNIT
    TOTAL = 25 UNIT


    malon beli 1 unit Thales GM400Alpha

    WKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWK.....

    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA...

    BalasHapus
  58. Puuurrr... yg ente beli.. drone mata2.. ape drone mata keranjang..
    Cari sasarannya yg empuk2 muluu..
    Di program buat cari MBT.. malah belok ke rumah janda pirang..

    BalasHapus
  59. 25 VS 1 mana yg lebih banyak gaesz haha!πŸ€£πŸ€£πŸ€—

    BalasHapus