02 Agustus 2010

Maxxpro-MRAP Baru Milik Singapore

02 Agustus 2010

Navistar's Maxxpro MRAP (photo : kriegketten)

Pada Singapore National Day Parade 2010 pertengahan Juli lalu diantara kendaraan yang melakukan parade terdapat 3 kendaraan jenis MRAP (Mine-Resistant Ambush Protected) yaitu Maxxpro buatan Navistar International Corporation USA (sebelumnya dikenal sebagai International Harvester Company) bersama Plasan Sasa Israel.

Maxxpro dalam Singapore National Day Parade 2010 (photo : kriegketten)

Kendaraan 4x4 ini mempunyai 2 tempat duduk untuk crew, serta 4-6 kursi untuk penumpang termasuk operator senjata. Dirancang untuk bertahan dari serangan alat peledak rakitan/improvised explosive device (IED) dan penyergapan, MaxxPro dapat menahan senjata api balistik dan ledakan ranjau darat. Varian Internasional dapat juga bertahan di lingkungan nuklir, biologi dan kimia.

Kendaraan MaxxPro dengan dengan lambung berbentuk V terbukti dapat menangkis efek ledakan dari ranjau darat. Desain ini memungkinkan MaxxPro untuk menahan ledakan ranjau darat 7 kg tanpa ada yang cedera.

Maxxpro milik Angkatan Bersenjata Singapore (photo : xtemujin)

Maxxpro mempunyai berat kotor 22 ton dan mampu membawa beban 5 ton, panjang 6,25 m, lebar 2,59 m dan tinggi 2,77 m. Singapore menggunakan kendaraan ini untuk pelaksanaan misi di luar negeri.

(Defense Studies)

1 komentar: