22 April 2013

Pindad Siap Luncurkan Tank Pertama Buatan RI

22 April 2013


Tank medium rancangan Pindad : mengadopsi kemampuan Leopard (image : istimewa)

Bandung - PT Pindad (Persero) akan meluncurkan kendaraan tempur roda rantai atau tank. Tank yang rencananya akan dirilis merupakan tank tempur tipe ringan atau light dan medium versi Indonesia. 

Hal disampaikan Kepala Departemen Produksi II (Divisi Kendaraan Khusus), Hery Mochtady kepada detikFinance di Kantor Pusat Pindad, Jalan Gatot Subroto, Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/4/2013).

“Kalau light tank kita sudah punya prototype awal. Kalau medium kita masih tahapan konsep desain atau mematangkan desainnya seperti apa sih,” tutur Hery.

Untuk konsep tank versi light, Pindad mengadopsi tenologi dan desain tank jenis Scorpion buatan Inggris. Nantinya, tank ini, akan dikendalikan oleh tiga orang yakni bertindak sebagai commander, gunner dan driver.

“Kalau light tank itu skala Scorpion, kalau medium itu skala dengan Marder. Ke sana kita akan kembangkan. Kalau kelas heavy seperti Leopard sepertinya kita belum. Itu terlalu berat. Kita lebih cocok di medium tapi persenjentaan kita bisa pakai misil anti tank atau pakai 105 kaliber besar,” tambahnya.

Meskipun akan mengembangkan 2 tipe tank yakni tipe light dan medium. Kemampuan senjata, tetap bisa ditingkatkan atau mengadopsi kemampuan heavy tank seperti Leopard.

“Teknologi sudah berkembang, tank medium pun mampu membawa senjata dengan kaliber besar,” sebutnya.

Untuk komponen, Hery mengakui, pihaknya di Pindad tetap memprioritaskan komponen lokal. Namun, saat komponen tersebut tidak dijual atau dikembangkan di dalam negeri, pihaknya baru membeli dari luar negeri.

“Tapi secara realistis, kita masih terbatas untuk power pack, engine, transmisi, dan cooling. Kita belum ada yang supply. Kalau senjata kaliber besar, kita masih impor karena di dalam negeri belum ada. Tapi kita usahakan, setiap kegiatan development setiap. Kalau terpaksa dengan luar negeri, kita harus ada TOT (transfer of technology), apa yang bisa kita ambil dari sana. Minimal kita tahu, konsep desain dan kalkulisinya seperti apa,” tegasnya.

(Detik)

5 komentar:

  1. semua hal yg baru memang harus belajar tahap demi tahap,dengan niat yg kuat bangsa indonesia yakin Pindad akan mampu membuat produk light dan medium tank...bravo Pindad

    BalasHapus
  2. Jangan sampai kalah dlm rancang bangun pembuatan tank, spt negara sebelah sdh membuat tank dan sdh melatih anggotanya sbg instruktur sebanyak 1300 orang di jerman. Bgmn ahli2 kita, militer kita utk terus berkarya dan lengah/apatis sedikit thd perkembangan alutsisita kita akan menjadi negara pecundang. Slamat...para pejuang

    BalasHapus
  3. INDONESIA SUDAH BISA BIKIN TANK SEPERTI ANOA, YANG LUMAYAN BANYAK DARI TRUK CONTENER DI INDONESIA, SEMOGA AJA TANK BERODA RANTAI KELAS BERAT DAN RINGAN DI BUAT DI PINDAD UNTUK MEREBUT PASAR MARKET INTERNASIONAL ANAK BANGSA INDONESIA UNTUK INDONESIA BESAR DAN RAKSASA KUAT

    BalasHapus