26 Maret 2019

Light Combat Aircraft for RMAF

26 Maret 2019


HAL Tejas (photo : Alert5)

Light Combat Aircraft (LCA) merupakan pesawat tempur yang diasaskan dari pesawat jet latihan yang mana diubahsuai untuk kegunaan pertempuran udara, serangan darat dan bantuan rapat, pengintipan serta rondaan.

LCA mengunakan kelajuan subsonic tetapi mampu mencecah kelajuan 1 Mach+. Ia dilengkapi misil anti udara, bom panduan laser malah misil serangan darat. Ia membolehkan pesawat melakukan misi serangan anti Insurgensi (COIN) dan bantuan rapat udara (CAS) secara berkesan.

Berbeza dengan jet pejuang Lightweight seperti F-16 Fighting Falcon atau JAS-39 Gripen yang digunakan untuk pertahanan dan penguasaan udara, LCA lebih pada misi pertahanan sendiri dan menghapuskan ancaman jarak pendek.

LCA turut dilengkapi radar multi mod, pod saaran, pod peperangan elektronik serta pod tangki bahan api tambahan.


CL-41G Tebuan TUDM (photo : Mir ZafriZ)

Malaysia memiliki pesawat jenis LCA sejak 1967 dengan kemasukan 20 buah CL-41G Tebuan dari Canada untuk melawan Komunis ketika Insurgensi 1970 -1989. Ia diasaskan dari pesawat latihan jet CL-41 Tudor yang digunakan oleh Tentera Udara DiRaja Canada untuk Latihan. Ia dibersarakan berperingkat dengan yang terakhir aktif pada 1987 di Pangkalan Udara Kuantan.

Kemudian Tentera Udara DiRaja Malaysia (TUDM) mengunakan 21 buah Aermacchi MB339 (13 AM pada 1983 dan 8 CM pada awal 2000an). Kemudian pada 1994, 28 buah pesawat jet BAE Hawk (18 varian Light Attack Hawk 208, 10 varian LIFT Hawk 108) memasuki perkhidmatan pada 1994. Hawk 208 terlibat dengan Ops Daulat pada 2013 untuk mengebom kedudukan penceroboh Sulu dari Selatan Filipina dengan mengunakan bom panduan laser Paveway II.

Namun menjelang 2010, TUDM mula merancang untuk mengantikan Aermacchi MB339 dan BAE Hawk atas faktor keselamatan, untuk mendapatkan teknologi serta untuk meningkatkan keupayaan juruterbang.

Pada 2012, TUDM dilaporkan membuat penilaian terhadapa Yakolev Yak-130 Mitten semasa Pameran Udara Zhuhai di China. Selain itu, Leonardo menawarkan M346 Master dan KAI menawarkan T-50 Golden Eagle kepada Malaysia dengan dapat dilihat mereka hadir pada pameran DSA dan LIMA.


MB-339CM TUDM (photo : mdsaleh)

Pada 2019, media melaporkan Malaysia telah memohon mendapatkan maklumat (RFI) dari KAI untuk FA-50, Leonardo untuk M346 FA dan Yakolev untuk Yak-130. Selain itu, pesawat tempur dari PAC iaitu JF-17 Thunder dan HAL Tejas turut menerima RFI dari Malaysia.

FA-50 dan M346 FA diasaskan dari pesawat LIFT namun dipertingkatkan ke LCA setaraf keupayaan jet pejuang Lightweight seperti F-16 dan Gripen. Yak-130 selain untuk LIFT ia turut boleh dipertingkatkan tahap kombatannya dan sistem persenjataan. Russia dilaporkan berminat mengunakan Yak-130 sebagai penganti pesawat tempur serangan darat Su-25 Frogfoot.

FA-50, M346 FA dan Yak-130 juga digunakan sebagai pesawat latihan persediaan untuk juruterbamg mengendalikan jet pejuang Generasi ke-4+ dan Generasi ke-5.

JF-17 Thunder dan Tejas sebenarnya jet pejuang Lightweight tapi dikelaskan LCA masih bergelut dalam pembangunan dan peningkatan keupayaan.


BAE Hawk 108 dan 208 TUDM (photo : Blaster Aviagraphey)

JF-17 sebelum ini menghadapi sekatan dari US sebelum ini, dilihat sedang melakukan pembangunan peningkatan pesawat ini ketahap lebih tinggi seperti Block 2, Block 3 dan LIFT. Mengunakan teknologi Russia - China berbanding blok barat pada awalnya dilihat JF-17 tidak mencapai tahap optimum. Baru-baru ini China dilaporkan enggan berkongsi teknologi jet pejuang Generasi 4+ pada Pakistan untuk JF-17 sebaliknya menawarkan J-10 untuk kegunaan Tentera Udara Pakistan.

Tejas dilaporkan gagal dalam pengauditan untuk menilai tahap keupayaan untuk diuji nilai oleh Tentera Udara India (IAF). Tejas Mk1 dilaporkan gagal memenuhi kriteria yang dikehendaki IAF sekaligus ia gagal mendapatkan pelepasan (IOC) untuk diterbangkan dalam perkhidmatan IAF. HAL dilaporkan telah meningkatkan keupayaan Tejas dengan pengenalan varian Mk1A dan Mk2. Namun program Tejas dilihat bakal tergugat apabila Lockheed Martin - TATA memperkenalkan F-21 iaitu varian F-16 Viper Block 70.

Malaysia dilaporkan akan membuat perolehan 12 buah LCA dengan pilihan tambahan 24 buah pada masa akan datang dengan kos USD 300 juta. Jika Malaysia menempah pesawat berkenaan dalam tempoh 2019 - 2020, dijangka pesawat pertama bakal tiba pada 2021.

Ia penting untuk TUDM sebagai persediaan mengendalikan jet pejuang generasi baharu selain membantu jet pejuang utama dalam inventori TUDM.

(MDR)

152 komentar:

  1. Aku cerita sama suamiku,"bang ada cerita lucu. Ada 🐷 Aseng ngomong masa ada anggota Persit seperti itu. Lucu persit kan untuk istri anggota TNI AD, sedangkan aku istri perwira TNI AL. Dasar Babi Aseng dungu...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si babi ini tititnya sudah dikebiri

      Hapus
    2. dikebiri ?? kayak junjungannya dong om. laki-laki montok tak bertitit wkwkwkwkkw

      Hapus
    3. Embeeeer gitu bro
      Wkwkwkwkwkwkwk

      🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    4. Kalau istri perwira TLDM atau MMEA wajar... Mereka itu homosex jadi istrinya banci kaleng karatan

      Hapus
  2. Yang lebih dungu lagi si 🐷 Aseng unknown. Ngaku orang Malaysia tp gak bisa ngomong Melayu, kl lagi nyamar jadi orang Malaysia dan menghina TNI dia pake bahasa Inggris, tp kalau diledek sama aku dia marah pake bahasa Jawa. Tandemnya itu si 🐷 Aseng Mat Rempit. Dia sok belagak paling NKRI. Dia suka pura-pura main bully-bullyan dengan si unknown, padahal dia tahu si unknown itu sama-sama kaum 🐷 Aseng juga kayak dia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuihhh,jijik ane sm bidababi cem ko tuh lah

      Hapus
    2. Bidababi Bencong item tua sini taro muka lu di bawah gw berakin

      Hapus
    3. Pagi2 dah lapar ni bidababi,,,ni ane kasih taik 💩💩💩

      Hapus
    4. Idiot babi banci kaleng karatan moron pagi pagi malah ngigau... Bangun

      Hapus
  3. 👆👆👆👆
    Sak nyocotmu wes, ra urus...😁😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. guwe heran om ps, bidadari kedodoran diatas ituw pikir smua id unknown orangnya "pasti" sama tuch haha!😎😎😎

      padahal yg sering mampir sini py "nyanyian" kode beda2 haha!🤣🤣🤣
      ada:
      unknown370
      unknown607
      unknown571 DLL. smua asal tana seberang

      dikita ada
      unknow660
      unknown3088
      unknown40088 DLL.

      ampe di blog sebelah py om jp, ngomel2 doi padahal beda2 olang loh, ada 3 malah, kocak dot kom haha!😆😆😆

      unknown861
      unknown298
      unknown212

      cekidot:

      Bidadari 2000 Schmidt said...

      He, he, he....babi Aseng unknown yang suka nongkrong di formil Defense studies biasanyapura-pura jadi orang Malaysia dan menghina NKRI, kini nongol dengan Cuapan yang berbeda
      January 19, 2019 at 12:31 PM

      https://analisisalutsista.blogspot.com/2019/01/matahari-alutsista-bersinar-terang.html

      Hapus
    2. lah doi sendiri kagak djelass dari menong haha!😂😂😂

      "Bidadari 2000 Schmidt6 Juni 2018 16.02
      MatRempit@. I'm not malaysian neither Indonesian guy. I'am only a muslimah who has concern on Indonesians and Malaysians destiny. They are my brothers and sisters that are being suppressed by their governments collabored with asengs the bastard kufars"

      http://defense-studies.blogspot.com/2018/06/japan-agrees-to-supply-uh-1h-parts-to.html


      tp guwe yaqeen ini pasti ada hubungannyeh ama ttm om ps yg dibawa ntuw, mister yunohu haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  4. Balasan
    1. pemisi om unknown088, numpang brisik dolo haha!😎😎😎

      Hapus
    2. Kemudian Tentera Udara DiRaja Malaysia (TUDM) mengunakan 21 buah Aermacchi MB339 (13 AM pada 1983 dan 8 CM pada awal 2000an).
      --------

      gaes mao tao tentang kisah Aermacchi MB339c 8 bijik ituw?

      nich:

      Percaya gak percaya:
      Masa ada tetangga, negeri yg katanye elit perna shopping soping pespur Aermacchi MB339c TANPA ENJIN! butulkah haha!😱😱😱

      makloum sblomnya trauma ada kes terkenal enjin zalan2 ampe ke uruguay haha!🛫🛫🛫

      total akusisi tanpa enjin:
      88,8juta euro/8 bijik = 11,1 juta euro

      sebagai bandingan,
      angkatan udara eritria beli pesawat Aermacchi MB339 lengkap pake Enjin! $8,8juta/bijik haha!👍👍👍

      omegot mehong x tanpa enjin haha!🤣🤣🤣

      cekidot menit 5:30:
      https://www.youtube.com/watch?v=f5E4vqZ1Jo8

      Hapus
    3. enjin hilang=trauma bingit
      nilep=no trauma, hepi gan..lanjutken haha!😆😆😆

      Hapus
  5. "..Berbeza dengan jet pejuang Lightweight seperti F-16 Fighting Falcon atau JAS-39 Gripen yang digunakan untuk pertahanan dan penguasaan udara..

    =======
    JF-17 better than F-16? 😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aermacchi masih unyu-unyu dah mau pensiun, padahal kan jam terbangnya (...)...😁

      Hapus
    2. Apa sih sudahnya bilang "berbeda".....dasar malon 🤦

      Hapus
    3. Of course JF-17 better than F-16......karena 17 > 16, kan begitu cara berpikir kaum malon 😂😂😂

      Hapus
    4. Duta JF 16

      applause,

      terserah malonshit

      Hapus
    5. Maz zmiling..
      Tidak biza, karena mereka zudah biaza begitu, jadi biarkan zaja..😂😂😂

      #malih rodo "melambai" 💁

      Hapus
    6. Mana nih si Unknown brand ambasador JF-17 SULFUR wkwkwk

      Hapus
  6. Budget ciput sangat lah, katanya Grade A, tapi kok budget cuma 300 million USD??? Untuk Indonesia, Akuisisi 11 Su35 saja 1.1 billion USD, upgrade F-16 Block52ID saja 750 million USD, Akuisisi 8 unit Apache AH-64E Guardian saja makan biaya 540 million USD, kontrak untuk hull dan ToT Kapal Selam Nagapasa Class 1.1 billion USD dan 1.2 billion USD, total 2.3 billion USD untuk 6 hull dengan beberapa kasel modulnya diproduksi di PT PAL.

    Memanglah beda kelas antara Indonesia dengan malon, Indonesia jelas Horang Kaya dan kuat, yang satu lagi, malon, bangkraps, lemah, budget ciput, kalah dengan Singapura, Alutsista tua seumur dengan PMnya, dan WET DREAM! JF-17 is better than F-16 block52????? Lolololololol

    BalasHapus
    Balasan
    1. US$ 300 juta untuk 24 jet LCA,cuma mampu beli JF-17 SULFUR atau TEJAS MKM wkwkwk

      Hapus
    2. Ssst...
      Tanyain dulu, itu US$ 300 mill termasyuk engine & eject seat / gak?

      😂😁

      Hapus
    3. Udah donk,masa beli jet pejuang tanpa engine dan eject seat,nanti cem Aermachi pula tak de enginenya wkwkwk

      Hapus
    4. Wkwkwkwkwk.....engine bajaj

      Hapus
  7. JF17 : more cheaper 3 times than F16
    JF17 : more deadly 3 times than F16


    Source : (unknown)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk....only malon idiot can talked like that like Mr Unknown aka AP wkwkwk

      Hapus
    2. Tanyain dulu mas itu JF-17 tipe "Q" atau tipe "J"..😂😁

      Hapus
    3. JF17 sulfur block 3 pesawat dg kemampuan AESA yg sanggup memusnah F22 raptor/pakfa Sukhoi su57 or UFO sekalipon...syahbass...

      Hapus
    4. wooooo...ganas binggit blok 3 nya....

      Hapus
    5. @pedangsetan JF-17 type MKM bang, dengan fitur advanced eject seat dan 3 pasang Canard.

      Hapus
    6. iya mas super, 3x deadly. 3x memusnah

      deadly & memusnah pilotnya sendiri 😂

      Hapus
    7. JF17 : more deadly 3 times than F16.....buat pilotnya, lantaran ejection seatnya lebih sensitif 😂😂😂

      Hapus
    8. Ga jadi beli kok mas, tenang wae.

      duwite gawe MRO; nuri, flanker, hawk, herky, karo hornet.


      https://www.nst.com.my/node/472758/amp

      paribasan omong coro

      Hapus
  8. Aku pon nak sokong mr.unknown dr Malay tu for next menhan Malaysia...😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju,aq jg Sokong bro wkwkwk

      Hapus
    2. Sangat setuju, aku juga nak sokong tu budak beruk jadi menhan malon

      Wkwkwkwk

      Hapus
  9. Just got the information from Highly Ambassador of JF17 (mr.Unknown) that effectively in April 2019, Lockheed Martin will sending some 500 engineers from their company flyin to Pakistan and China for training and education since they admit their product F16 is far more inferior compare to the JF17 (rebadging from Mig21).

    LM want to change the stigma that US products are nothing compare to China products since JF17 was born.

    We will catch you up for more information in details.

    Worst Regards
    - mr.Unknown

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...mr Unknown where are u ???,yuhuuu...answer please question from Mr Superstar wkwkwk

      Hapus
    2. unknown 607 itu

      yang unknown 370 belom nongol

      Hapus
    3. Bukan saya ya om...hahhaha

      Hapus
  10. Min,ane numpang ngakak ya wkwkwk....kah kah kah...qiqiqi....kih kih kih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga

      BWAHAHAHAHAHAHAHAH
      KIKIKIKIKIKIKIKIKI
      KOHKOHKOHKOHKOHKOH

      Hapus
  11. Kata tun M,gred A tak butuh jet pejuang modern kerana akan memusnah semua,gred A hanya butuh CESSNA CARAVAN wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jet Tempur Filipina, Indonesia dan Singapura bisa menari-nari indah di langit Malon bila yang cegat hanya sekelas CESSNA wkwkwkwkwk.....

      Hapus
  12. Balasan
    1. KL jf17 sulfur block3 sdh beraksi dg misi memusnah,kita sbg umat manusia cm bisa berdoa je, selebihnya hanya TUHAN YME yg bisa menjatuhkan nya..

      Hapus
  13. Mr Unknown nih brand ambassador segala punya lah,selepas jd brand ambassador Gred A,jadi brand ambassador Plastic,lepas tuh jadi brand ambassador Engine TONG-TONG PROTOL 460 HP,selepas tuh jd brand ambassador UGLY DESIGN,lepas tuh pula jd brand ambassador ELITE ASEAN,lepas tuh pula jd brand ambassador JF-17,besok pun aq tak tau Mr Unknown nih jd brand ambassador apa pula wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sungguh beruntung beliau diberi karunia dlm berbagai ilmu kepakaran yg heibat.... sudilah berbagi sikit ilmu pakcik KPD hamba yg bodoh ni...🤝

      Hapus
    2. Sebaik-baiknya orang yang merasa bodoh adalah yang sadar mau belajar.

      Kalau bebal & ga mau sadar ya tanggunglah sendiri...😂😂😂

      Hapus
    3. Brand ambasador seluar dalam jalur gemilang

      🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    4. What !!! Brand Ambassador Seluar Dalam Jalur Gemilang wkwkwk

      Hapus
  14. Mari sokong malon gunakan Tejas MK1, MK2, MK3, ... MK10

    Tahniah India tejas berhasil di beli kerajaan Grade A, terjaguh dan terutama di Kawasan .... bodohnya 😂😂😂

    BalasHapus
  15. "pengintipan serta rondaan" itu bahasa kok ngeres yaa..ronda sambil ngintip janda maksudnya?

    BalasHapus
  16. F16 block 52id..


    LOL.......


    indon mula sembang babi boleh terbang...


    BalasHapus
    Balasan
    1. Babi pon mirip la dg mukamu itu pakcik...😁😁😁

      Hapus
    2. Iyo, aku (doyan) babi....kowe @unknown tai ne 🤣🤣🤣

      Hapus
    3. babi-babi pon boleh terbang pakai CN235 TUDM yg jadi pesawat VIP


      hahahah.. looser country

      Hapus
    4. Tejas atau sulfur





      Cessna caravan terpilih sebagai pesawat pejuang malonjing.

      -PM Mahathir Muhamad

      SHAME ON YOU IDIOT MALONJING MORON

      Hapus
    5. Babi malon moron said JF-17 SULFUR is better than F-16 wkwkwk

      Hapus
  17. Aku jagoin Cn 235 gunship aja buat lawan JF Sulfur malon

    https://garudamiliter.blogspot.com/2019/03/foto-cn-235-gunship.html?m=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. KT1 B wongbee dilengkapi petasan kembang api roket cukuplah...

      Hapus
  18. FA 50 korsel nggk masuk ya dlm radar inventori malon..?? Itu light combat jg.

    Klo yg di incer bener2 tejas atau JF17..yakin deh..tu anggaran keuangan negara bener2 lg bangkrut.

    Tejas n jf17 ni masalahnya ntar nggk akan jauh2 dari umur mesin dan air frame yg rendah..tiap sebentar masuk bengkel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka ga mw la sm dg filipin
      Grade A...😁

      Hapus
  19. Comparation between JF17 which is 3 X stronger than F16 probably like diz :

    http://rpdefense.over-blog.com/article-chinese-jf-17-is-a-cheap-competition-for-the-f-16-89855058.html





    BalasHapus
    Balasan
    1. Refer to those article :

      "Pakistan is offering the JF-17 for a low price ($25 million in the cheapest configuration) and touts the fact that this is a third the price of an F-16. But this is comparing apples and oranges"

      "The hundreds of JF-17s to be built in Pakistan are mainly composed of Chinese parts, and the Chinese Air Force has not shown any interest in obtaining the aircraft for its own use" 

      "The aircraft is assembled in both Pakistan and China, with the engines coming from Russia, and most of the other components from China (which calls the aircraft the FC-1)"

      "When the first JF-17 fighter arrived in Pakistan four years ago, it ended over twenty years of development for what was first called the Super 7 fighter"

      "At the time, China had nothing comparable to the early model F-16s Pakistan already had"

      "China says it does not want to use the JF-17 itself"

      Hapus
    2. Thats why gw vote Tejas..
      lha China sendiri ogah pake JF17 😅😅😅

      The new Engine powered by Geely Vvti kah ? Hail Shenyang Nanchang DongFeng Aeroproject !

      Hapus
    3. Percaya sama Pakistan ? Ini copy paste berita per December 2012 !

      Over a dozen Pakistani air force planes have crashed in roughly the past 18 months, raising concerns about the health of an aging fleet that officials are struggling to upgrade because of a lack of funds.  


      At least 13 planes have crashed since May 2011, many because of technical problems, according to a record maintained by The Associated Press. The air force did not respond to request for comment on the crashes.


      Gw kok feeling yah Tejas lebih baik daripada JF17. Melihat Pakistan aja kesulitan maintain begitu bagaimana membuat produk sendiri ?

      Saran saya go get Tejas MKM atau kalau ada uang ambil FA50 MKM. Memang tidak sedeadly 3 X spt JF17 MKM tapi minimal pilot2 punya rasa percaya diri yg tinggi dalam hal safety.

      Hapus
    4. itu yg konyol mas super. Sino aja yg punya porsi besar dalam pengembangan tidak memasukkan itu kedalam inventorinya.

      malah masi make j 10(asli pesaing f16), kalaupun memilih tejas itupun masi tahap pengembangan. dengan airframe tejas yang seperti mirage bakal sulit nandingi aerobatik F 16.

      ya mungkin kalau mau aman beli FA 50 atau GRipen NG sekalian.

      pertimbangan selain harga beli adalah maintenance cost yg harus dibayar dan safety

      Hapus
  20. Banyak cakap nie negara beruk...
    Seperti yang sudah2 hanya tin kosong.

    Kita IYA kan saja kalau FA50 dan JF17 sabun sulpoor setaraf F16 dan Gripen...supaya bodoh begar beruk2 nie.

    Analisa orang guoblok, buat menghibur diri !!!
    Dari sini kita sudah tau sampai dimana orang2 malon dalam berpikir

    Indonesia yang punya T50/FA50 saja tak mengaku setaraf F16. Hanya sebagai jet pejuang lapis ke tiga.



    BalasHapus
    Balasan
    1. Mr unknown cakap pesawat sulfur ni guna AESA bro...mgkn mksd beliau disitu keistimewaan nya...

      Hapus
  21. Buat ngejek malon mah mudah...

    Kalo malon beli 24 JF17, maka demi keseimbangan kawasan, kita beli juga 30-60 unit pesawat jet yang lebih canggih dan lebih lengkap.

    Nah, kalo malon nggak beli apa pun, kita beli aja nyicil sedikit2, yang penting punya, tapi malon nggak punya.


    Artinya : kita lebih kaya dari malon sebab bisa beli lebih banyak.

    Soal beli nyicil, jangan malu.

    Singapore aja beli F16nya juga nyicil dikit-dikit bertahun-tahun sampai 40 unit, trus pembelian terakhir nambah lagi 20, jadi total 60 unit. Terakhir Singapore juga mau beli F35 sedikit juga, nyicil beli cuma 4 unit dulu buat dicicipin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jngan cem malon... beli langsung borongan 18 MIG-29, 18 SU-30MKM.. Groundednya pun borongan . ngohahahhaaaaa.. Maklum grade A.. 😅😅😅

      Hapus
    2. banyakin F 16 nya aja deh om.
      Lagian AN/APY 80 sudah AESA
      buy buy buy

      Hapus
    3. Yups...
      Seperti IFX yang beli 16 unit dulu. Terus beli lagi versi yang lebih lanjut sehingga menjadi 80 unit.

      Dan...ini yang buat gua ngakak biar groundednya biar gak borongan can tetangga sebelah.

      Wkwkwkwk

      Hapus
    4. Betul itu mas Bagaz,

      Kita itu beli nyicil bukan karena nggak punya duit, tetapi terlebih karena ingin mendapat teknologi terbaru.

      Kalo belinya nyicil bertahap maka untuk mensiuninnya juga bertahap.

      Andai setiap tahun kita beli 4 unit jet tempur, maka pada tahun 2044, kita sudah punya 100 unit jet tempur baru.

      Kalo tiap tahun dianggarkan dana yang cukup untuk beli 8 jet tempur lengkap senjata, maka di tahun 2044 nanti kita sudah punya jet tempur sebanyak 200 unit.

      Nah, sekarang tergantung targetnya kita berapa jet tempur di tahun 2044 ? Apakah 100, 200, 300, 400, 500 ?

      Hapus
    5. Nah, pak menhan khan bilang nggak ada perang dalam 15 tahun ke depan, maka untuk menghadapi tahun ke-16 kita harus bersiap untuk memetakan potensial enemy di tahun ke-16 nanti, negara mana yang akan kita hadapi, berapa kekuatan udaranya, berapa kekuatan lautnya dan siapa yang akan jadi sekutu kita.

      Jadi renstra kita nanti dalam 15 tahun ke depan ini akan mengarah ke apa yang akan kita hadapi di tahun ke-16.

      Hapus
    6. mari kita berandai2 mas TN.. hehe.. idealnya Indonesia minimal memiliki 10 skuadron tempur.. lokasinya tersebar di Pekanbaru 2 skuadron, Pontianak 1 skuadron, Makassar 1 skuadron, Madiun 3 skuadron, Kupang 1 skuadron, Ambon 1 skuadron, Biak 1 skuadron. Mungkin sampai 2030.. 1 skuadron = 16 unit pesawat.. kalau 10 skuadron berarti 10×16= 160 unit pesawat.

      Kalau 2044 berhubung ekonomi kita pasti meningkat dan diprediksi berada diposisi 5 ekonomi dunia.. Tidak salah dong jika ditambah 6 skuadron pespur.. 😁😁.. Tambahannya mungkin di Aceh 1 skuadron, Jakarta 1 skuadron, Tarakan 1 skuadron, Batam/Natuna 1 skuadron, Manado 1 skuadron, Merauke 1 skuadron.. berarti 6×16= 96 unit pespur.. jadi 160+96= 256 unit pespur atau 16 skuadron pespur sampai tahun 2044.. mantaaaaappp.. 👍👍

      Hapus
    7. Menghitungnya bukan soal berapa banyak skuadron tempurnya tetapi juga harus dipertimbangkan sebagai faktor untuk dihitung pula :

      Luas wilayah
      Max combat radius
      Max altitude
      Potensi ancaman ringan / berat
      Fungsi pespur

      Cara yang mudah untuk menghitungnya adalah membandingkan luas Indonesia dengan luas Eropa.

      Luas Indonesia hampir sama dengan luas Eropa.

      Berapa banyak pespur untuk masing2 jenis heavy, medium dan light di Eropa ?

      Kalo mau ideal sambil tutup mata jumlahnya ya mesti sama dengan Eropa.

      Tapi bukan itu yang dicari, ada yang namanya balance of power, keseimbangan kawasan. Kalo mau seimbang, ya jumlah alutsista kita seharusnya mendekati jumlah alutsista di kawasan. Mengapa demikian ? Jika negara2 di kawasan bisa dijadikan sekutu maka kekuatan akan meningkat jadi dua kali lipat.

      Hapus
    8. lhaa menurut sampeyan berapa jumlah ideal skuadron pespur kita mas TN..?? sekalian ya.. lokasi skuadronnya.. 😁😁

      Hapus
    9. kalau mengikuti jumlah pespur gabungan seluruh Eropa.. keknya berat bagi kita mas TN.. lhaaa Prancis saja pespurnya 200-an unit dari jenis Raffale..

      Hapus
    10. Kalo menurut ibu tukang roti, RI butuh 700 unit pespur.

      Kalo nurut saya, jika semuanya light fighter maka butuh 714 unit. Tapi khan nggak bisa seperti itu, sebab ancaman beragam.

      Kalo RSAF sekarang punya 40 unit F15 dan 60 unit F16, serta paling sedikit akan punya 12 F35. Kemungkinan 60 unit F16 RSAF akan diganti semua dengan F35.

      Kalo RAAF punya 72 hornet yang akan diganti 100 F35, dan 28 unit Super hornet.

      F35 = 100+60 = 160
      F15 = 40
      F18 Super hornet = 24

      160 + 40 + 24 = 224

      Berdasar prinsip keseimbangan kawasan, jadi untuk mengimbangi 224 pesawat ini :

      F15 40 unit diimbangi dengan 40 IFX atau campuran IFX dan F15 seperti punya Saudi.

      24 Super hornet diimbangi 40 FA-50 dan 8 IFX.

      160 F35 diimbangi 48 F35 + 104 setara F16V.

      40+40+8+48+104 = 240

      224 banding 240

      Hampir seimbang

      Hapus
    11. Nah, jika Sing dan Ozy jadi sekutu kita untuk mempertahankan diri dari serangan dari Utara, maka kekuatan tempur kita jadi hampir 2x lipat

      2 x 240 = 480

      224 + 240 = 464

      464 hampir mendekati 480 bukan ?

      Hapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Not sure how they are going to get 12 aircraft with that budget. The JF-17 and Tejas might be their only realistic option.

    As a comparison:
    Singapore, 12 M346, $410 million (2010)
    Philippine, 12 FA-50, $361 million (2014)
    Laos, 10 Yak-130, about $300 million

    Can't find the Yak-130 deals for Myanmar and Vietnam, but you can see 12 aircraft for that price doesn't have many options.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon banyak kibul, banyak bual.
      Kalau gak paling beli ompongan.
      Versi paling basic.

      Hapus
    2. pernah dengar tak option cara pembayaran....??? kita boleh bayar sekali gus, kita boleh pilih bayar ansur ansur dan kita boleh pilih bayar cara bater trade komuditi separuh cash separuh... errrr pernah dengar ke tak pernah....???

      dia ingat semua beli aset ni kita kena bayar cash terus sekali bayar... komen anda buat saya KETAWA.... HAHAHAHAHA

      Hapus
    3. Silahkan ketawa gempur tai xixixixi,, tdk ada yg larang koq

      Hapus
    4. Nampaknya 300 million USD itu adalah total budget yang dialokasikan kepada program LCA, tidak disebutkan terlebih lanjut mengenai hal-hal yang anda asumsikan akan mendongkrak nilai budget yang diberikan untuk program LCA ini.

      Hapus
    5. Apakah di list yang saya tunjukan ada yang sekaligus bayar pakai cash? Kalau anda ada rencana dengan budget tertentu dan suplier tidak bisa memenuhi dengan budget tersebut gimana?

      Berani menaikan budget, terima downgrade dari suplier atau tender ulang? Kalau terima downgrade dalam hal support, itu kan mengkhawatirkan jika melihat pengalaman RMAF.

      My suggestion, increase the budget. And the last option just happened with the Type 31e, so it isn't unprecedented.

      Hapus
    6. Bayar cash pakai kerupuk pun boleh...kalau ada kerupuk masuk angin,boleh report kat makcik kerupuk tu...

      Hapus
    7. MKM pon nyicil plus tuker pakai minyak goreng....

      Wakakakaka
      Ngaku negara grade A,ternyata barter aama minyak goreng

      Hapus
    8. Malon ditelan rosmah@ tak de lah indonesia beli jet pejuang guna kerupuk wkwkwk...hoax ko tuh lon wkwkwk...yg ada sekarang malon sekarang besar mulot je,nak beli rafale,nak beli typhoon,tapi cuma JF-17 je yg malon boleh beli wkwkwk

      Hapus
    9. Malonjing ditelan rosmah, beli sukhoi barter pakai CPO ngga bisa diperbaiki karena ngga ada uang.

      SHAME ON YOU IDIOT MALONJING MORON

      Hapus
  25. KEREEEEN....

    https://www.indomiliter.com/terungkap-inilah-desain-cn-235-220-gunship-dari-pt-dirgantara-indonesia/#more-68829

    malon jangan jealous
    Indonesia bisa buat sendiri.

    BalasHapus
  26. Pakistan nampaknya cukup beria ia nak Malaysia memilih pesawat mereka semasa kunjungan Tun Dr Mahathir dan dikatakan Malaysia berminat dengan sistem ATGM dan JF-17.... tapi apa yang saya lihat pesawat yang akan dipilih oleh TUDM adalah pesawat yang lebih berorentasikan sistem blok barat berbanding Rusia dan China.... pandangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadinya mau beli yg mana om?
      Tejas
      atau
      JF-17
      ??

      Hapus
    2. Pakistan akan shock kalau melihat malaysia cuma banyak hutang tak de wang

      Hapus
    3. MKM Malaysia saja pakai avionics Thales, jadi compatibility sudah cenderung Eropa daripada China.

      Hapus
    4. PTM-6 pakai Avionics dr Planet Namex...

      Wakakaka

      Hapus
    5. Beli PTM halimun generasi 6 je lah pakcik,the bestlah PTM tuh

      Hapus
  27. JF17 engine Klimov Russian engine
    Tejas engine F404 US general electric

    Lebih reliable mana ? Jelas US made.

    Vote Tejas ketimbang JF17 tapi lebih vote lagi FA50 Ketimbang Tejas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepatnya :
      Kalo beli Tejas (apalagi JF17), artinya ga mampu beli F/A-50 ( dan artinya kalah ama Pinoy) 😂😂

      a.k.a setara Nigeria

      Hapus
    2. Bukan masalah gak mampu kayane mas.. tapi memang ada prioritas lain yg lebih penting. Sepertinya saya kok yakin ya thn ini mereka fokus ke MRSS ketimbang LCA.

      Ini mas kutipan beritanya dari nst.my.. ngeri juga sih pakai heli umur 40 thn dan masih tetap dipakai hingga 20 thn kedepan, kalau orang udah punya anak 5 kali umur segituan.


      "We are planning to undertake life-extension work for the remaining of the RMAF's fleet in stages," she said.

      The New Straits Times has learnt that the preventive and restoration work was done to the tune of tens of millions of ringgit, but accounted for huge savings for the government by extending the aircraft's service life.

      Affendi had recently voiced his concern that 40 per cent of the RMAF's assets required immediate upgrading.

      These include the BAE Systems Hawk 100/200 fighter jets, Boeing F/A-18D Hornets and a fleet of 14 Lockheed C-130 Hercules, in service for over 20 years.

      The Sikorsky S-61A-4 Nuri helicopters have also served the RMAF for over 40 years.

      Hapus
    3. MRSS seharusnya tidak mempengaruhi LCA. Kecuali budget mereka parah sekali. Terutama jika sudah ada rencana jangka panjang.

      Hapus
  28. Alhamdullilah Wa Syukurillah JF-17 ente dapat JF yak hahaha

    BalasHapus
  29. TUDM mempunyai skil yang ahli robohkan pokok pisang dengan jet di tambah skil manuver eject kat hanggar dan di tambah mempunyai jet tempur modern JF-17 membuat seluruh kawasan ASEAN takut dan Gemetar 😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Numpang om..bwahahahaha..xaxaxaxaxaxaxaxa...kahkahkahkah...kohkohkohkoh...Malon Malon nih 🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    2. Wokwokwokwokwokwok.....idiot miskin Malon

      Hapus
  30. Suatu ketika F35 Singapura menceroboh semenanjung malaya dan SU35 Indonesia menceroboh Sabah-Serawak

    Komandan TUDM pun memerintahkan pencegatan dengan pilihan yang sulit
    a SU30MKM 18=4 , 4 hanya siap terbang tidak siap tempur
    b Hawk 25 tahun di paksa memusnah
    C JF-17 Sulfur

    Akhirnya komandan TUDM hanya memerintahkan pengkajian dan berdo'a supaya tidak di ceroboh lagi

    Bwahahahahahahaha....😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai bomoh juga bro, cem waktu pencarian MH370

      Hapus
    2. Wkwkwk...akhirnya gred A hantar tok bomoh guna memusnahkan semua jet pejuang indonesia dan singapore wkwkwk

      Hapus
  31. Imagine su30mkm, fa18, tejas vs f-16sg (upgrade with aesa radar and advance avionic), F-15sg and F35 A/B

    🤦‍♂️

    BalasHapus
  32. Again, IDIOT INDONS Are JeLous of KL.

    Kikikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mulia Ambassador JF-17 bersabda : JF-17 malonjing is bedes

      Hapus
    2. JF-17 Sulfur is better than F-16 wkwkwk

      Hapus
  33. A single HAL TEJAS could wipe up IDIOT INDONS toothless Jets in an hour. And besides IDIOT INDONS PILOTS are low IQ.


    Koh koh koh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mulia Ambassador JF-17 bersabda :JF-17 malonjing is bedes

      Hapus
    2. Yup,TEJAS MKM dgn COBRA PUGACHEVnya akan memusnah lawan wkwkwk

      Hapus
  34. Then seconded by TUDM F-18 and kill entire TNI soldiers in one day like pest and rats.



    Kikikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mulia Ambassador JF-17 bersabda : JF-17 malonjing is bedes

      Hapus
    2. Before F-18 RMAF shoot our TNI, F-18 RMAF shoot down first by slingshot Indonesia kids

      Hapus
    3. Wkwkwk...to much wet dream n to much delution wkwkwk

      Hapus
  35. Pada 2019, media melaporkan Malaysia telah memohon mendapatkan maklumat (RFI) dari
    KAI untuk FA-50,
    Leonardo untuk M346 FA dan
    Yakolev untuk Yak-130.
    Selain itu, pesawat tempur dari PAC iaitu JF-17 Thunder dan HAL Tejas turut menerima RFI dari Malaysia.

    ------------

    dr smua RFI, again?
    yg dateng cmn 2 bijik, satu lg malu2 haha!😋😋😋


    kira2

    BalasHapus
    Balasan
    1. kira2 RFI sebanyak ituw dijawab tulus ato kagak yak?
      1 yg malu2 ampe harus didatengin, kepefefet gt haha!😆😆😆

      Hapus
    2. Wkwkwk...JF-17 SULFUR dan Aermachi tak datang ompal kerana malon cuma PHP wkwkwk

      Hapus
  36. busyett ini brita mimin comot prom MDR, demenan om daruw, pantesaan selon haha!🤪🤪🤪

    BalasHapus
  37. wow tetangga kesayangan ternyatah pemegang rekor galaksi, 2x eject hanggar haha!🛸🛸🛸

    su 30 mkm eject hanggar haha!😬😬😬

    http://www.klsreview.com/HTML/2010Jan_Jun/20100603_04.html

    hawk jugak duluan loncat haha!😱😱😱
    upss ada korban, turut beduka yak

    March 19, 2002: An RMAF engineer based at the Butterworth air force base, Leading Aircraftman Shawn Cristopher Chew, 25n was killed when a Hawk 108 ejector seat suddenly deployed. Six other people sufferred burns when they were hit with flames.

    https://www.nst.com.my/news/nation/2017/06/249172/chronology-rmaf-hawk-jet-crashes

    BalasHapus
  38. replot lg ahhh haha!🧐🧐🧐

    tentu gaes tau, pada masa jayanya(mnurut mereka tapi haha!😋😋😋) antara 2000-2010, tudm miliki: 4 jenis jet tempur(pejuang) bermesin ganda sekaligus, terbanyak diantara negeri2 faif difens pawa bahkan negeri petrodolar timteng cem arab saudi pon lewat cuy haha!😉😉😉

    diantaranya:
    klan rusia: mig29, su30
    klan amrik: f-5tiger, f/a-18
    dan satu jenis jet tempur mesin tunggal dr oma eli hawk100/200 haha!👏👏👏

    gampang ditebak, miliki jet mesin ganda itu hrs negeri tajir petro dolar cem di timur tengah ato negeri super pawa. kerna pespur gini butuh banyak duwit buat maintenans dan bbm yg smuanya serba dobel haha!🤑🤑🤑

    setelah lalui masa2 indah yg singkat ituw, satu persatuw "hilang" kerna faktor umur pakai & keadaan ekonomi yg memburuk. apalagi tetangga kesayangan punya 4 jenis jet tempur(pejuang)yg beda2 merek pulak haha!😋😋😋

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada masa selanzutnya tentuw repot bila ingin mengulangi "masa2 indah" tersebut. selain duwit cekak, harga2 pespur naik cukup drastis, apalagi merek eropa barat & amrik. program mrca pon tertunda 1 dekade dan tak menunjukan tanda2 eksekusi haha!🤣🤣🤣
      dan satu2nya pembelian pespur dalam 10 taon terakhir, yaa sukhoi doank haha!🙄🙄🙄
      ditambah aermacchi MB339c TANPA ENJIN! omegot haha!😱😱😱

      proyek LCA, ini yg menarik. sebab pespur ringan hawk pon kudu dilipat sesegera mungkin. bila proyek LCA ini tak dieksekusi tahun INI! mk sudah dipastikan antara taon 2020-2025 hawk akan berangsur2 lenyap haha!😱😱😱

      mencermati f-5 tiger & mig29 yg telah punah, duluan(hutang 2 skuadron). berarti tinggal 2 jenis pespur. ama 1 jet latih haha!😄😄😄

      MRCA pending, rumornya ada yg bilang su-30MKM itulah yg disebut MRCA, sebab termasuk pespur "baru"(baru 10 taon haha!😂😂😂) dlm inventori tudm.
      kalo begituw mrca hanya butuh 1 skuadron lg donk yak hmmn.

      Hapus
    2. apakah tetangga kesayangan akan tinggal diam? apalagi isunya su-30mkm tidak banyak kombet redi, kbr terkhir 4 sahaje pdhl takde isu embargo, cemane pulak ini haha!😉😉😉

      mencermati isu tejas, menarik juga dikulik hub kedua au negeri ini haha!🤓🤓🤓

      kedua negeri punya kesamaan jet tempur andalan haha!😎😎😎
      malaysia: su 30MKM, mig 29N & bae hawk
      india: su 30MKI mig 29UPG/K/KUB & bae hawk

      RFI pilihan proyek LCA tetangga kesayangan: tejas, jf17 & fa/50 dst.

      dari 3 pilihan ituw, hanya tejas yg blom ekspor. tetangga kesayangan punya kesempatan menjadi yang PERTAMAX hore haha!👍👍👍

      tejas pon pespur bagus. ada unsur komonalitas misal persenjataan dgn sukhoi dan juga rudal harom punya si upil haha!🚀🚀🚀

      Hapus
    3. guwe ada ide buat tetangga kesayangan, moga2 bs bantuw haha!🧐🧐🧐, spy bisa dapetin tidak hanya LCA, tp MRCA skaligus prok prrok proook haha!👻👻👻

      langkahnya seperti ini:
      jual sukhoi 30mkm & sisa mig 29N sebagai barter buat tejas 2 ska Baru!

      ini bukan lelucon, tp jalan keluar terbaik, dan rasanya opa menhan se-7 haha!🚨🚨🚨

      guwe rasa india berminat sekali terhadap keduanya pula, dan tetangga kesayangan bisa dapat 2 skuadron tejas baruw yg sehat dgn pengeluaran yg kecil haha!🤝🤝🤝

      dengan demikian tudm bisa dibelikan pespur baruw guna melengkapi 1 skuadron f/a 18 hornet. ato bahkan pespur mana pon yg tudm minat, cem rafale ato typoon. dengan demikian MRCA tahap 2 selesai.
      dapet 2 skuadron tejas
      dapet 1 skuadron hornet full
      dapet 1 rafale/typoon

      total 4 skuadron pespur mulus dlm 5-10 tahun kedepan, ajibb gan haha!👍👍👍

      Hapus
    4. percayalah ini filihan terbaik utk masa 10tahun kedepan, kan lebih enyak drpd
      nunggu CAPCUS 55 = 37taon haha!😳😳😳

      komonalitas mesin tejas & hornet: GE F404
      rudal2 eks sukhoi masi bs dipake.

      catatan: ini klo indihe selon yak haha!🤪🤪🤪

      Hapus
    5. Wah malon bingung milih tuh om,bingung milih kerana tak de wang wkwkwk

      Hapus
  39. Kimak asal aku tak bole komen ni klu mat sabu ni komen

    BalasHapus
  40. permisi ya
    mau numpang promosi bo kelinci99
    menyediakan 18 live game dan 4 pasaran togel ya bos
    untuk Diskon 2D: 29%, 3D: 59%, dan 4D: 66%
    Hadiah 4D x 3000, 3D x 400, 2D x 70, 2D Depan&Tengah x 65
    pelayanan yang cepat dan ramah
    untuk cashback kami berikan sebesar 5% untuk permainan live casino ya bos
    silahkan kunjungi www.kelinci99.casino ya
    BBM : 2B1E7B84

    BalasHapus
  41. Sekarang Hadir pembayaran melalui OVO.
    Sangat Mudah dan Praktis bisa anda lakukan dimana saja dan kapan saja..
    Tersedia Akun user id secara gratis dan bisa memainkan 7 permainan poker online serta banyak game menariknya di Agens128..
    Untuk info selanjutnya bisa menghubungi Pihak ANAPOKER dan juga AGENS128 di
    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus