18 Maret 2019

Steadfast Marine Bangun 2 Kapal Patroli AL Senilai 86 Miliar

18 Maret 2019


KAL 28m ini harus selesai pada Desember 2019 (photo : Berita Satu)

Pontianak, eMaritim.com - Perusahaan galangan nasional, PT Steadfast Marine, Tbk. menggelar peletakan lunas kapal (keel laying) atau pengelasan kapal pertama dengan TNI Angkatan Laut, hal ini didasari sebagai bentuk peresmian pemesanan kapal angkatan laut (KAL) dengan panjang 28 meter dengan harga 43 miliar per unit kapal yang ditargetkan akhir tahun 2019 rampung pengerjaannya.

Peletakan lunas ini dilakukan oleh kepala dinas materiel Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Budi Sulistyo yang didampingi oleh Rudi Kurniawan Logam Direktur Utama PT Steadfast Marine.

Menurut Rudi, di awal tahun 2019 ini, galangan kapal Steadfast mendapatkan pesanan pertama pembuatan kapal patroli untuk AL dengan Panjang 28 meter, dan harus diselesaikan dalam waktu 310 hari atau rampung pada tanggal 6 Desember 2019.

"Kita (steadfast marine) optimis berdasarkan pengalaman sebelumnya (pembuatan kapal TNI AD), sebelum bulan desember tahun ini kita dapat selesaikan," tuturnya.

Keduanya sepakat untuk meneken kontrak pembuatan kapal patroli AL dengan penggunaan bahan plat alumunium dengan spesifikasi desain; length over all (LOA) 28,98meter (m), length between perpendiculars (LBP) 26,44m, breadth moulded 06,20m, depth moulded 03,15m, draft moulded 01,40m, speed 28 knot(kt), cruising speed 18 kt, power 2 x 1900 Horse Power (HP), fresh water tank capasity 4 meter kubik (m3), fuel tank capasity 15 m3, complement 15 person (p).

Kapal dengan mesin 3800 HP itu nantinya akan mengitari laut kalimantan barat dengan jarak mil tidak terlalu jauh dari bibir pantai yang fungsinya untuk memantau keamanan laut nasional. TNI AL memberikan standarisasi perakitan kapal untuk KAL 28 seperti standar pengelasan yang sama seperti standar aturan klass Bureau Veritas (BV-France) Dual Class.

"Karena ini kapal perang sehingga banyak hal yang harus diperhatikan dari segi estetika dan deformasi dari pada bangunan kapalnya," tutur Rudi di kantor Steadfast Marine, Jalan Khatulistiwa Km. 6,6, Batu Layang, Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Pihaknya juga tengah mengikuti semua rules aturan internasional yang menyangkut tentang struktur dan standar dari perakitan kapal.

Sementara itu Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Kadismatal) Laksamana Pertama TNI Budi Sulistyo mengatakan bahwa proses pembuatan kapal angkutan laut ini semoga berjalan dengan lancar, sebab perjanjian kerjasama ini diharapkan dapat menjadi kerjasama yang dapat membanggakan Indonesia.


KAL 28M TNI AL (photo : Palindo)

Ia juga memberikan ketegasan bahwa dalam proses pembangunan kapal KAL 28 ini merupakan kegiatan rangkaian yang terencana dan spesifik, karena melalui tahapan-tahapan kegiatan yang diawali dengan penentuan operational requirement (opsreq), penentuan spesifikasi teknis (spektek), pembuatan desain sampai dengan tahap pembangunan kapal itu sendiri.

Menurutnya keseluruhan proses kegiatan memiliki keterkaitan yang sangat erat, sehingga keterlambatan pada kegiatan tertentubakan berdampak pada pelaksanaan kegiatan tahap yang selanjutnya.

Sesuai dengan perencanaan strategis TNI AL, pemenuhan alutista merupakan prioritas penting dalam membangun kekuatan keamanan negara. Pembangunan KAL 28 meter salah satunya. Merupakan realisasi dari perencanaan strategis. "TNI AL berkomitmen dan tegas mengenai pemberdayaan industri dalam negeri," tegasnya.

Dia menambahkan bahwa pembangunan KAL 28 ini menyerap anggaran TA tahun 2019 angkatan laut sebesar 86 miliar rupiah yang dipercayai pada galangan kapal Steadfast Marine untuk menggarap 2 unit kapal patrol AL dengan kapasitas mesin 3800 HP per unit kapal.

Seperti diketahui peletakan lunas merupakan awal dari konstruksi kapal, yang biasanya diupacarakan secara resmi karena merupakan tanggal kelahiran kapal. Peletakan lunas diawali dengan pembuatan rangka lunas kapal. Untuk kapal alumunium, pelaksanaan peletakan lunas kapal ditandai dengan pengelasan pertama.

Pada umumnya, pelaksanaan keel laying dilakukan sebelum pelaksanaan pembangunan kapal. Umur kapal dihitung sejak tanggal peletakan lunas (keel laying) yang dilaksanakan oleh galangan kapal dan beberapa pihak seperti owner, biro klasifikasi, dan pihak lainnya yang terlibat dalam proyek pembangunan.

(EMaritim)

57 komentar:

  1. Balasan
    1. KAL : 28 knot.
      LMS : 24 knot.

      Kapan-kapan diadu dragrace 😁

      Hapus
    2. LMS di pasangin Turbo piyeeπŸ€”πŸ€”

      Hapus
    3. Boleh, tapi ntar ngeluh solar boros, maklum budget cut.

      πŸ˜‘

      Hapus
    4. Ono gosip mau neng warung.. Jare Mesir borong su 35 dua lusin. Bner ora mas?

      Hapus
    5. bner mas.. di oijoli nganggo mummyne firaun. soale aq sing menang tendere ngantar mummineπŸ˜„πŸ˜ŽπŸ˜

      Hapus
    6. Mas boy sih sambenane nganter "Mumud"...mummi muda dua anak πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    7. Ojo cepet cepet to mas lek gawe kapal ki,
      Sak aken boustead ngko. orderane boustead mbok garapi kabeh πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    8. nek mesir di ijoli mummine firaun, nek kene di ijoli mumine jengklot gelem pora?

      Hapus
  2. Balasan
    1. Bikin-bikin terus tanpa rehat nie Indonesia tu..

      Hapus
    2. Sing apik kuwi nggawe dewe. .ora tuku trus ora preiπŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. lak nganggo Spike ngko maleh kharom. diwenehi teral wae ndek ngarepan wes cukup πŸ˜‚

      Hapus
    4. ngono yoo ora opo2, setuju wae seng penting entupe medeni hehehe

      Hapus
    5. opo meneh lek di seretne SUT, tan soyo medeni entupe mas πŸ˜‚

      Hapus
    6. Entupe kabotanπŸ€”, ora iso mlayu mengko

      Hapus
  3. LMS Plastik malon pun dah kontrak dengan cina hutang 25 tahun dengan syarat nelayan cina bebas curi ikan dan geal geol di perairan malon sambil pakai SELUAR DALAM JEMBUT GEMILANG

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. tentera kasta Sudra Minta bantuan mat saleh British dan teman2nya... Apa yg bisa di banggain yg mengklaim sebagai patriot Melayu? Lebih baik pakai baju daster urus kuliner. Kihkihkih

      Hapus
  4. Nnnnaaaaahhh.. kapal seperti ini harus ada disetiap LANAL.. minimal 2 unit. Sedangkan LANTAMAL minimal 5 unit kapal patroli sekelas KRI TORANI dan KRI ALBAKORA.. Yg setuju Likeee..!!! πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜…πŸ˜….

    Lanal kita berjumlah 77 tersebar dibeberapa tempat di Indonesia.. jadi 77×2= 154 unit KAL 20meter.
    S3dangkan Lantamal berjumlah 14 tersebar diseluruh Indonesia.. Jadi 14×5= 75 unit KRI 40 meter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kagak setuju !!!!

      Tiap Lanal itu 4 unit kapal patroli sejenis KAL seperti ini atau yang lebih kecil (Patkamla).

      Tiap Lantamal itu 3 unit sekelas Torani PC 40.

      Tiap Pangkalan armada itu dikawal 3 kapal PC 60.

      Jadi imajinasi saya :

      316 KAL/Patkamla
      42 PC 40
      18 PC 60
      12 LST
      8 LPD
      4 LPD RS
      4 LHD
      18 BCM
      2 Kapal Layar Barquantine
      12 Minesweeper
      6 BHO
      24 submarine
      47 KCR 40/60/80/90
      25 PKR 10514
      12 Sigma 9113
      18 OPV 80/90
      16 Real Fregat
      8 Destroyer


      Segitu saja udah bagus banget itu.

      Hapus
    2. Hitungannya bukan 77 lanal yang udah ada, tetapi ditambah 2 lanal lagi sebab garis pantai kita sekarang adalah 99093 km, jika dibagi 1250 km maka ketemu 79 lanal.

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Yang bukan galangan kapal utama sekelas PT PAL saja bisa membuat secara mandiri kapal patroli sekelas LMS dan gak sampe 1 tahun dalam pengerjaan. Sedangkan yang ngaku grade A mesti pesan ke China beserta Loan pula, dan pasti akan naik turun dock cem Maharogol, shipyard BUSTED secara efektif gak ada gunanya, hanya sebagai ladang rasuah je.

    BalasHapus
  7. Banyak amat sih galangan Kapal di Indonesia ? Ampe bingung ngitungnya. Yang ini malah dibuat diJakarta dgn type hampir sama cuma standar TOT Italia.

    http://www.angkasareview.com/2019/01/11/kal-limboto-dan-kal-wayabula-2-kapal-patroli-terbaru-tni-al-produksi-dalam-negeri/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kilang tin saja lebih hi tech daripada shipyard BUSTED malon beruk bro.

      Hapus
  8. Lalalalala tebar 🍌🍌🍌,tebar 🍌🍌🍌🍌...Malon yuhuuu...nih 🍌🍌🍌🍌 mancingmalon.com, xaxaxaxaxaxa...

    BalasHapus
  9. Galangan kapal baru?kok terdengar asing daripada galangan2 yg sering dapat tender

    BalasHapus
  10. 🐷 🐷 yang suka nyamar jadi orang Malaysia belum nongol nich? Yang udah berkoar- koar baru 🐷🐷 Aseng yang sok nasionalis NKRI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hairus baukaki si agen judi halal malon nyamar jadi bencong demi membela negara junjungannya 😁

      Hapus
  11. ...Indonesia dan Aussie telah dirilis Impor Alutsista Militernya di tahun 2018


    ...Malayon Beruk belum atau memang nggak yach ???

















    ...Xixixixixixixixi :D

    BalasHapus
  12. ...kayanya bukan hal MILITER saja yang akan menjadikan INDONESIA sebagai RAJA di Asean, dari Sepak Bola juga

    ...setelah Timnas U-16, sekarang muncul lagi pemain2 U-12 yang diperkirakan lebih hebat dari Timnas U-16, U-19...dst

    ...mantaaaap, Indonesia berada dalam tahap GENERASI EMAS MILENIAL























    ...Xixixixixixixixi :D

    BalasHapus
  13. hmmn, damen aja percaya ama ini galangan. pantes haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    https://steadfast-marine.co.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat kapal kelas 28-60 meter. tni al gak perlu pusink, galangan kapal kita banyak beud yg uda dapet order tni-al haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

      diantaranya: pt. palindo marine, pt tesco. yg bikin kapal 28meter, kmc 12/18meter, mesin propeler ato waterjet, ampe lcu segala, hore mantul khan haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
    2. skrg namba galangan kapan diluar pulau jawa & batam. serprais & membanggakan kapal angkatan laut kita, lebih banyak dikerjakan anak bangsa sendiri, manthul khan haha!πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

      Hapus
    3. Di Palembang bisa gak om? Secara Palembang kan Ancient Maritime City?

      Hapus
    4. http://www.malaysiandefence.com/new-interceptors-boats-wanted/

      lha ini bikin kapal kecil aja kagak mampu, secara kualitasnya seperti apa to melayu semenanjung itu ?

      Hapus
    5. bos Arga, Lah kalo kejayaan sriwijaya dibangkitin lagi bakal kelabakan tuh semenanjung, soalnya kecaplok jadi kekuasaan sriwijaya πŸ˜‚

      Hapus
    6. plembang, bisalah. galangan kapal sono aja bisa bikin yg 5000gt, masa yg kecik kaga, upps...ada yg tersinggung ntar haha!🀫🀫🀫

      slh satu contoh:
      http://www.mariana-bahagia.com/home/

      galangan kita ada byk, ada yg kebanjiran order dari Kemhan, KPLP, Bakamla, KKP, BeaCukai, Navigasi, Basarnas, Kepolisian dan masi banyak lagi.

      serta ada juga yg kebanjiran order dari dephub. makloum, kita kan negeri kepulauan, salah satunya galangan kapal di plembang ini, dpt rejeki haha!πŸ‘πŸ‘πŸ‘
      eh uda ekspor jugak lho haha!😎😎😎

      https://www.antaranews.com/berita/630345/enam-kapal-pesanan-kementerian-perhubungan-selesai-2017

      Hapus
  14. "Menurut Rudi, di awal tahun 2019 ini, galangan kapal Steadfast mendapatkan pesanan pertama pembuatan kapal patroli untuk AL dengan Panjang 28 meter, dan harus diselesaikan dalam waktu 310 hari atau rampung pada tanggal 6 Desember 2019."

    ---------

    gak nyampe setaon, Waks cepet amatttt!...bisa juara nich dibanding ada tuch kaprang tetangga. sama2 pabrikan borneo nich haha!🧜‍♂️🧜‍♂️🧜‍♂️

    BalasHapus
  15. Palindo bikin kapal juga cepat.....yang lelet perasaan pt lundin

    BalasHapus
  16. Balasan
    1. Ane orang banyuwangi sudah lihat sendiri bentuk fisiknya Klewang 2 itu sudah jadi dari tahun lalu ! Mungkin untuk isiannya menunggu import dari swedianya

      Hapus
    2. woyy bukan lambat om daruw, faktanya habis insiden kebakaran dolo, pembangunan klewang ditunda mnunggu penyelidikan pihak militer dan produsen, begitchu haha!πŸ—£πŸ—£πŸ—£

      butuh waktu utk asesmen disain kapal & bahan. keputusan proyek mo dibatalin ato lanjut ada ditangan petinggi al & kemhan.
      denger2 dolo malah mao disetop, soalnya militer kwatir keselamatan awak jika kelak kejadian ini terulang, kan bisa rugi bandar cong haha!😜😜😜
      klo skrg ada lanjutannya, yach artinya militer uda kasi lampu ijo.
      makanya tes melaut kapal2 tempur ituw rata2 setahun. apalagi klewang ini proyek pertama, wajar militer ati2 om daruw

      nach ngapaen sich luh mao buru2, sabar dikit napeh, rusia aja bikin kapal disain baruw total bisa 8 tahun lebih, masa kita gak boleh haha!πŸ™„πŸ™„πŸ™„

      awas yee klo gak sabar lg guwe fentung jidatluh tung tung tungggπŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨ haha!🀣🀣🀣

      Hapus
  17. Sebenarnya seluruh galangan dikumpulin..,.tiap galangan jangan buat kapal gado2..harus punya specialisasi jenis...biar gak saingan antar galangan....siapa spesial boat,kapal ringan,kapal berat,nelayan dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. eiitt brisiikk, amat om daruw, sini setor jidat dolo tung tung tungggπŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨ haha!😡😡😡

      Hapus
  18. Kalau perlu disertifikasi....mana galangan spesial pertahanan militer...mana galangan kapal spesial kapal sipil

    BalasHapus
    Balasan
    1. huss ribet om daruw galangan kapal ada ratusan, terserah pengusaha milih segmen mana dia mau nyebur haha!😏😏😏
      porsi order militer tak sebanyak sipil. emang situw mao kasi kerjaan kalo angkatan laut kagak mesen2, mana klo ekspor barang militer, kudu ijin kemhan dolo, refot
      sini setor jidat dolo tung tung tungggπŸ”¨πŸ”¨πŸ”¨ haha!😡😡😡

      Hapus
  19. Stupid malon no capability like this 😁

    BalasHapus
  20. Masih Binggung Mencari Situs Togel Online, Live Casino & Taruhan Bola Yang Terpercaya ?
    yuk join dengan kami
    Minimal Depo 20rb & WD 50rb
    cs online 1x24 jam
    BBM : areatoto
    LINE : areatoto
    WA : [+855]964630067
    hanya di WWWoAREATOTOoPRO

    BalasHapus
  21. Ni kita kerjakan baru 55 hari,, Hull nya sudh hampir selesai.

    BalasHapus
  22. sekarang kalian bisa memainkan permainan seru
    Mainkan Poker Online di agens128 dan masih banyak game menarik lainnya
    dengan minimal deposit hanya 10rb untuk Poker Online
    dengan pelayanan cepat dan ramah dari cs kami :)
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami sekarang !!

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1 / AGENS128
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus