20 Maret 2019

Nominator Pesawat AEW&C TNI AU : Saab, Airbus dan Boeing

20 Maret 2019


Airbus C295 AEW&C (photo : Muniz Zaragueta)

Saab, Airbus, Boeing Masuk Radar Calon Pesawat AWACS TNI AU, Siapa yang Dipilih?

Tiga pabrikan besar pesawat yaitu Saab dari Swedia, Airbus dari Eropa, dan Boeing dari Amerika Serikat, dipastikan masuk ke dalam daftar calon pemasok pesawat AWACS yang tengah dicari TNI AU.

AWACS atau Airborne Early Warning and Control System adalah sebuah sistem radar terbang yang melaksanakan misi peringatan dini dan kontrol udara di udara.

Pesawat berkemampuan AWACS mampu mendeteksi pesawat, kapal, dan kendaraan dalam jarak jauh dan kemudian melakukan komando dan kontrol ruang pertempuran dalam operasi udara dengan mengarahkan pesawat tempur ke sasaran yang dikunci.

Pilihan atas ketiga pabrikan besar ini disampaikan KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna kepada para pemimpin redaksi dan wartawan di ruang VIP Lanud Adi Sucipto, Yogyakarta, Selasa (19/3/2019).

“Kita belum memutuskan, karena ini masuk ke dalam Renstra III TNI yang dimulai tahun depan, namun kita sudah melihat dan mendengarkan pemaparan dari ketiga pabrik itu terkait pesawat yang ditawarkan,” ujar KSAU.


Boeing 737 Wedgetail AEW&C (photo : David Leonicer)

Renstra (Rencana Strategis) TNI merupakan aplikasi dari program MEF (Minimum Essential Force) yang merupakan gebrakan pemerintah pada subjek strategi pertahanan nasional.

Ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014, MEF merupakan amanat pembangunan nasional di bidang pertahanan keamanan.

Implementasi MEF dibagi ke dalam tiga Renstra yaitu Renstra 1: 2010-2014, Renstra 2: 2015-2019, dan Renstra 3: 2020-2024.

Sasaran utama MEF adalah membangun komponen utama TNI sampai mencapai kekuatan pokok minimum sebagai postur pertahanan yang ideal dan disegani baik pada level regional maupun internasional.

Penekanan diberikan pada kata minimum yang merujuk pada fakta bahwa MEF tidak diarahkan kepada konsep perlombaan senjata maupun sebagai strategi pembangunan kekuatan untuk memenangkan perang secara total, melainkan sebagai satu bentuk kekuatan pokok yang memenuhi standar tertentu serta memiliki efek tangkal.

Meski masuk ke dalam Renstra III, terkait pengadaan pesawat AWACS ini Marsekal Yuyu mengaku tetap menyiapkannya dari sekarang.

KSAU menyebutkan salah satu contoh sistem yang ditawarkan Saab yaitu Erieye.

Sistem radar Erieye adalah Airborne Early Warning and Control System (AEW&C) yang dikembangkan Saab Electronic Defence Systems dari Swedia.

Erieye menggunakan teknologi radar AESA (active electronically scanned array). Sistem Erieye digunakan pada berbagai platform pesawat seperti Saab 340 dan Embraer R-99. Baru-baru ini bahkan diimplementasikan di pesawat Bombardier Global 6000 sebagai Globaleye.


Saab GlobalEye AEW&C (photo : Saab)

Hanya saja ditambahkan KSAU, pengadaan pesawat intai (AWACS) dan pesawat tanker masuk ke dalam Renstra III.

“Namun kami sudah masukkan, saya mulai proses dari sekarang dengan harapan untuk mempercepat supaya tidak terjadi (penumpukan pengadaan-Red) seperti sekarang, kita jajaki dari sekarang dan diharapkan begitu Januari 2020 anggaran ada, langsung kita proses. Supaya dapat tercapai tepat waktu,” ujar Yuyu menjelaskan secara detail.

Dari ketiga pabrikan yang menawarkan, untuk saat ini semua informasi yang sudah dipaparkan perwakilan pabrik dikumpulkan di bagian pengadaan TNI AU.

“Saab bisa pesawat dari mana dan radar dari mana, sedangkan Boeing dan Airbus pesawat dari mereka,” kata Yuyu.

“Semua sudah paparan di Srena dan di kantor saya, sudah intip-intip lah, namun semua harus proses dan saya tidak bisa menentukan sendiri. Karena sekarang saya membentuk tim yang bisa membantu menentukan pilihan jenis alutsista yang dibutuhkan,” ulasnya.

Menurut Yuyu, sejak menjadi KSAU ia membentuk Sidang Dewan Penentu Pengadaan disingkat Wantuada. Sidang yang dipimpin KSAU ini dihadiri oleh seluruh perwira tinggi berbintang 2 serta bintang 1 dan kolonel terkait.

“Sidang menyampaikan apa yang dibutuhkan sesuai kebutuhan pengguna,” tegas Yuyu.

“Terkait AWACS, untuk Wantuada belum dilaksanakan karena masuk Renstra tahun depan, sehingga baru mendengarkan presentasi dari mereka dan dikolek di Disada (Dinas Pengadaan Angkatan Udara),” ungkap KSAU Marsekal Yuyu Sutisna.

Kita nantikan tahun depan, kemana pilihan akan dijatuhkan oleh TNI AU.

(MyLesat)

212 komentar:

  1. Wow belanja lagi nih. Horang kaya emang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Milih SaaB dipasang di Nc 295 uhuyyy๐Ÿ˜‚

      Hapus
    2. Ben halallllll๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

      Hapus
    3. Idealnya buat AWACS, yg kitiran yg speed rendah atau turbofan yg speednya agak cepetan ?

      Hapus
    4. Keduanya perlu๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹, saling menutupi untuk sapuan multi ketinggian, target

      Hapus
  2. Bukannya sudah pernah ada scale model oleh TNI AU untuk 737 Wedgetail, bebarengan dengan KC 46 tanker? Sepertinya TNI AU akan lebih mengarah kesana, walau kalo masalah familiaritas, C295 lebih cocok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. C295 biar bisa dirakit di PT.DI

      Hapus
    2. Hmmm...gimana ya om, saya sih lebih suka kalo pesawat bermesin jet ketimbang prop, karena mungkin rangenya lebih jauh?

      Hapus
    3. Ke arah Boeing deh,. ๐Ÿ™„๐Ÿค”๐Ÿค”

      Hapus
    4. Ada kemungkinan saab, soalnya ada yg dikejar untuk kerjasama avionik ifx, kita gk mungkin beli gripen karena kita lebih tertarik f16v' akusisi globalEYe AEW&C mungkin akan jd syarat tanda jd kerjasama joint sistem avionic ifx #asumsiku_doang

      Hapus
    5. Berita terakhir kearah Boeing...
      Kalau gak salah.

      Hapus
    6. Kelebihan dan kakurangan masing2 apa ya.

      Klw saya vote saab.

      Hapus
    7. Maunya admin DS adakan polling soal pengadaan pesawat AEW & C ini

      Hapus
    8. apakah sang fete mewek2 klo pesawatnya "produksinya" gak dibeli haha!๐Ÿค“๐Ÿค“๐Ÿค“


      Hapus
  3. Babi Aseng yg sok nasionalis NKRI belum ngebully Malaysia nich?!?!. Lalu babi Aseng yg suka pura-pura jadi orang Malaysia belum nongol juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banci loe..
      Jangan kabur loe, menghilang kalau dibully babi !

      Hapus
    2. Bencong item, ga dapet pelanggan mangkanya kerok dulu tu kumis tit*t nya di tekuk biar ga jendol

      Hapus
    3. Ketua suku nyamar jd banci hahaha

      Hapus
    4. Udah beli gincu dan bedak kiloan belum? Untuk stok 1 bulan ke depan...

      Hapus
    5. Ganjalan dada lho copot tuh...buruan pasang daripada ntar ngga laku

      Hapus
    6. Agen judi halal malon rasis jadi bencong cap kaleng rombeng ๐Ÿ˜

      Hapus
  4. Bisa jadi krn berbarengan kebutuhan pengadaan pesawat tanker & AEW&C maka diambil dr pabrikan boeing agar maintenance menjadi mudah. Untuk kebutuhan ToT sepertinya mau juga diambil C295 dgn radar dari SAAB lagian besaran coverage radar & pesawat beda kelas ama Boeing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jga, biar komplit ๐Ÿค—๐Ÿค—. ..

      Hapus
    2. Kalo dugaan saya jg spt itu bung. Mengingat ada kerjasama TNI dan GMF. Dan TNI sdh familiar dng Boeing. 3 Pesawat surveillance nya dr boeing. Sementara radar yg dipake C295 perawatannya lebih tinggi.

      Spt biasa, pengadaannya jatuh di MEF 3, tp persiapannya sdh mulai dr sekarang. Artinya sdh ada jago yg dielus2 TNI, yg lain formalitas belaka. Peryengahan tahun atau akhir tahun ada lagi yg diberangkatkan utk pelatihan operatornya. Latihan dmn dan de negara mana itulah jawabannya....hehehe....mungkin lhoo...bukan pasti

      Hapus
    3. Kalo perkara mudah dlm maintenance, airbus juga mudah. Mlh bisa saling pinjam sparepart atau bisa beli dlm kuantiti lebih byk dn dpt diskon lebih. Karena Garuda dn Lion (akan) memiliki A330 200 dan 300 series.

      Hapus
    4. Jangan salah lho mas choko@...

      Justru diera orba (sebelum anak2 cendana ngemplang ke bisniz), dlm proses evaluasi calon alutsista itu melalui tahapan yg benar.

      Contoh dlm pembelian F-16...AU mengirim 2 delegasi pilot instruktur, tim teknisi ke pabrikan dassault (mirage 2000) dan ke general dynamics (F-16) utk melalukan assesment dlm berbagai aspek. Dan hasil assesment kedua delegasi ini dijadikan sbg tolok ukur utk membandingkan perfoma 2 pesawat tempur tsb scr komprehensif.

      Walaupun tetap saja keputusan akhir berada ditangan pengambil keputusan politik ๐Ÿคท

      Hapus
    5. Nihh.. orang yg tau sejarah๐Ÿ‘ dan menurut penilaian TNI AU mereka "lebih' condong k mirage 2000 yaa.. tetapi harga tinggi dan hub luar negri lah yg membuat kita lebih memilih F16

      Hapus
    6. © mas boys, Lha aku durung lair e mas. makane ga weruh lek ngadakne piye ๐Ÿ˜‚

      @mas hari wes nemui biduane durung kui maeng? ๐Ÿ˜‚

      Hapus
    7. Kalo masalah duel mirage 2000 vs f-16 jaman orba pastinya kang smilinghari sdh tau kenapa jebule jd F-16 toh...hehehe.

      Lha kalo utk AWeWe ehhh...maksudnya AEW&C, itu sdh jauh2 hari lek ne neropong barang kuwi lho kang. Berhubung isin karo pabrikan liane mengko dikiro ora fair.

      Aku sakjane yo wegah neng alergi yoan lek sependapat karo si Ntung rasis, namung yo pancen kuwi seng dipilih kok kang.

      Mong eneng kejadian luar biasa wae sing iso ngerubah putusane koyo ndek ben kae ate tuku Mirage....hehehe

      Hapus
  5. #Ngarepkeduanya๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

    BalasHapus
  6. Maling sedang milih brosur buat dibikin layangan





    Kihkihkih

    BalasHapus
  7. Berita ini udah 45 kali diputar.. Kali terakhir diputar tahun 2003 bila f16 indon dilock hingga tidak terkutik oleh hornet.. Indon mengelabah beruk mencari aewc.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yayayaya...
      Saya juga dapat berita F16 di lock Su30mkm....dari darat

      Kihkihkih

      Hapus
    2. tni kabur naik taksi, atm eject di hanggar. siapa paling bodoh

      Hapus
    3. Diputar???.....hahahahaha
      Emangnya kaset....dasar bahlul ente

      Hapus
    4. Lu ada foto/video pilot tudm eject dihanggar?.itu hoax bro.. Tp gue ada video jelas tni itu kabur nail taxi. Gimana mahu dibilang hoax?

      Hapus
    5. Pilot tudm eject dihanggar.? Gak ada videonya aja sdh memalukan dunia apalagi ada videonya, muka ente bakal nyungsep disampah saking bahlulnya pilot tudm....heheheh

      Aku ada foto panglima TDM cium tangan presidenku . Gimana mua gak ku share? Hahahahaha.....ngacir dia sampe tercirit birit

      Hapus
    6. beruk malons trunan bangla satu ini keknya kepanasan sampai stres nih...mendengar berita Indonesia selalu shopiing2 barang premium.. xiixixixixi.. dibanding negaranya yg selalunya cuma RFI.. RFI.. RFI..itupun cuma ngibul alias hoax karena miskin bujet cut.. bwhahahahhahahhaahhahahaaa... IDIOT MALONS.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

      Hapus
    7. Woi malings.... emang kau tahu arti pembicaraan di video itu. Coba kqu terjemahkan.

      Hapus
    8. Berita ini di ulang2 tapi indonesia beli pesawat AEW&C tuh dah pasti dan TAK AKAN SELALU cem malon yg dari zaman jepun dalam MRCA thn 2009 dah bising sangat nak ganti nuri,nak ganti MIG29 dan nak beli heli tiger tapi sampai sekarang tiada wujud,malon hanya BEGGAR,BESAR MULOT,NEGARA TIPU2 dan NEGARA WET DREAM SELALU wkwkwk

      F16 di lock tapi masih bisa memberikan perlawanan wkwkwk...dari pada kapal malon di lock nelayan cina tiada weaponpun ATM lari tercirit2 wkwkwk

      Hapus
    9. Yang ber ulang - ulang tu KD Maharogolela ntar keluar seremonial pake balon ntar masuk limbungan lagi ntar keluar lagi terus masuk lagi ganti cat gitu-gitu aja ga sentuh-sentuh air sampai kiamat

      Bwahahahahahaha....

      Hapus
    10. Cuba ko nak beber bukti 45x ni berita sdh disiarkan..

      Hapus
    11. Fakta: Eject hanggar ituw bukan hanya 1x kejadian melainkan 2x deploi haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      namun sayangnya yg pertama merengut nyawa dan melukai bbrp teknisi au mereka. turut berdukacita yach:

      "March 19, 2002: An RMAF engineer based at the Butterworth air force base, Leading Aircraftman Shawn Cristopher Chew, 25n was killed when a Hawk 108 ejector seat suddenly deployed. Six other people sufferred burns when they were hit with flames"

      https://www.nst.com.my/news/nation/2017/06/249172/chronology-rmaf-hawk-jet-crashes

      Hapus
    12. Memang TV3 berita diputar berulang kali

      Hapus
    13. Wow Beruk malon low IQ sampai eject di hanggar 2 kali thats very amazing and Funny ๐Ÿ˜

      Kih kih kih

      Hapus
  8. Lihat berapa Tanker yg diambil..kalau jadi 2+2 (2 kontrak + 2 Opsi tambahan)..yah kemungkinan Airbus dg C385 AEW lah..
    Ngk kuat budget kalau 4 tanker kelas MRTT atau KC-46 juga plus Wedgetail..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wooii AQ kira pesawat tanker Made ini malingsia๐Ÿ˜€

      Hapus
    2. jangan salah, mobil bensin mereka bisa terbang ke planet namex .untuk mengirim senjata vita birahi

      Hapus
  9. Kayaknya sekarang yang konsep pakai piringan malah kurang populer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Piringannya suka dipake emak emak buat catering..

      ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    2. Plus tuk menjamu tamu sambil ber hoax ria

      Hapus
  10. Malon pilih apa malon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maling cuma mampu beli sabun buat cokil sambil liat tetangga shopping

      Kihkihkiih

      Hapus
    2. Hadechh,malon moron big mouth aka NATO itu cuma bisa banyak cakap dan wet dream sahaje,jangankan nak beli pesawat AEW&C,pesawat MPApun mereka tak de wkwkwk

      Malon tuh de wang,mereka cuma mampu beli pesawat AEW&C plastic je dgn engine TONG-TONG PROTOL 460 HP dari Cina dengan loan ambil masa 99 tahun wkwkwk

      Hapus
    3. Malon miskin dan low IQ pilih melancap kat bilik termenung ๐Ÿ˜

      Hapus
  11. Boeing :
    VIP B-737
    KC-46 tanker B-767
    Wedgetail AEW&C pengembangan dari B-737
    Poseidon pengembangan dari B-737

    Antara pesawat VIP AURI yang dari B-737, wedgetail dan poseidon juga dari B-737. Suku-cadangnya sama2 dari B-737.

    GMF sudah menguasai pemeliharaan B-737.

    Yang agak lain adalah KC-46 yang berplatform B-767.

    Saya ragu apakah B-767 juga punya spare part yang sama dengan B-737.

    Saya juga ragu apakah GMF juga sudah menguasai pemeliharaan B-767.

    Pesaing KC-46 adalah A-330 MRTT.

    GMF pun juga sudah menguasai pemeliharaan pesawat jenis A-330.

    Kesimpulan :

    Jadi yang bakal diambil dari Boeing adalah VIP, Wedgetail dan Poseidon.

    Sedangkan peluang terbesar untuk tanker adalah A330 MRTT.

    Semua 4 jenis ini bakal menggandeng GMF untuk sistem offsetnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pose edan maning.....kacian...๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

      Hapus
    2. Hooh...padahal baru kemarin promosi mau maketin all boeing fleets ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Mungkin master lagi capek....atau efek kebanyakan makan buntut ayam ๐Ÿ™†

      Hapus
    3. Mas Smili ingat khan beberapa minggu lalu saya pernah komentar bakal ada 96 pesawat surface attack ?

      Di antaranya adalah Poseidon ini.

      Jadi di antara 96 unit surface attack itu dalam imajinasi saya yang berdasar hitungan kebutuhan ada UCAV, Tucano, CN235 Gunship, Poseidon dan F35 seri VTOL.

      Hapus
    4. ☝️๐Ÿป....tuch kan, makane kalo makan naniura bagi-bagi dong ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    5. Nah yg ini saya setuju dan suka. Karena GMF dan TNI AU sudah familiar dgn ke 2 produk.

      Hapus
    6. CN 235 gunship kapan metune iyong ora sabar, kepriben kiye...

      Hapus
    7. Ampun mbah...jamune nopo kok ngantos pun padang dereng medal-medal ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ

      Hapus
    8. Ora nganggo kok suwe yoo? ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    9. Oooooh....niku pun telas santene mbah ๐Ÿคฆ๐Ÿคฆ๐Ÿคฆ

      Hapus
    10. Gubraaakk๐Ÿ˜ต๐Ÿ˜ฑ๐Ÿค•๐Ÿค•๐Ÿค•

      Hapus
    11. Saya malah lihatnya KC-46 punya peluang besar. Offset yang diberikan berupa sertifikasi 767 buat GMF. Kalau MRTT, keuntungan buat GMF tidak sebsesar KC-46.

      Hapus
    12. klo guwe sich uda gak ragu, uda sering guwe tulis 767 mesinnya kan sama aja 747 & mrtt, jd apa masalahnya. dulu aja tni-au punya 707, beda sendiri kan? haha!๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  12. catet.. sejak dulu RFI Indonesia selalu jadi kenyataan.. jadi kemungkinan besar AEW&C juga pasti datang memperkuat TNI selain kemarin berita pesawat Tanker yg ramai.

    Jadi komposisinya kemungkinan 3 Tanker Pegassus dan 2 AEW&C dari Boeing.. Ini juga sebagai implementasi tawaran pemerintah Indonesia membeli 2300 produk Boeing.

    Anggaran Tanker Indonesia $500 juta dollar, kira2 berapa anggaran untuk pesawat AEW&C ini ya..??

    Beruk malons dilarang jealous ye... xixixixii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...betul bro,AKAN versi indonesia selalu jadi kenyataan...beza dgn AKAN versi MALON cuma WET DREAM sahaje wkwkwk

      Hapus
    2. Cuma di kaji kajian terus menerus akhirnya hilang di telan Najib๐Ÿ‘น

      Hapus
    3. uda dicatet om, yg jeles minggir haha!๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ

      Hapus
  13. Bilangin sama "dark rider"...AWACS nya sudah masuk ke renstra, tolong jangan rese lagi ๐Ÿคท

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pesan ke Ntung aja kang Smilinghari. "Dark Rider" itu abang kandungnya si Ntung.Pasti nanti disampaikan....hehehe

      Hapus
    2. Sebenarnya, pesan ini ditujukan buat "cantriknya" @DR: @eki masardika aka @ thomas gredio aka @masuk pak eko....dan banyak lagi aka2 lainnya

      Hapus
    3. Ketua suku aka bidababi 2000 wkwkwk

      Hapus
    4. Waduh aku lama saya kok dimention. Itu aku gak kenal lho " aka "2 yg lain. Aku ya aku

      Hapus
    5. Seng terakhir aka 47...hehehe

      Hapus
    6. Terakhir ya AKA Band jaman dl mas...
      AKA ( Apotik Kali Asin ) di surabaya...hehhee

      Hapus
    7. Aku masih simpen mas Kasetnya Ucok AKA.. hehehehe sambil megang bass..

      Hapus
    8. jgn lufa kirimin pesankuh om smiling buat sang dosen kesayangan, Nominator = Pembanding, ituw beda tipiz haha!๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Hapus
    9. waduww, ini bkn klub justin timbelek yak, salah masyukkk..kaboorr aaahh haha!๐Ÿ•บ๐Ÿƒ‍♂️๐Ÿ’จ

      Hapus
  14. Gw vote Saab deh... modelnya keren gak pasaran.

    BalasHapus
  15. Aku pasang sepasang kotang karo daster temrawang.....#saab erieye-ER @EMB-145 ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, made in Vijay ra melu kontes..๐Ÿ˜

      Njur si sukro piye? Brik, brik rojer ganti?

      Hapus
    2. # edisi taruhan๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
    3. Sukro...๐Ÿ™†

      Biarin aja, khusus buat dia pake kode morse...kutang digantung di kokpit ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    4. Lagi-lagi master bikin blunder ☝️๐Ÿป

      Hapus
    5. Vote saab,,,adil, pemerataan akusisi ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜†

      Hapus
    6. Ternyata yang dipilih malah C-295 dengan radar konde buatan ELTA gimana dong ๐Ÿ™†๐Ÿ™†๐Ÿ™†

      Hapus
    7. C 295 pilihan no. 2๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

      Hapus
    8. Vote Saab di pasang di C295 ben maremne mas gono

      Hapus
  16. bisa jadi kedepan pembelian pesawat dari Boeing akan digenapkan menjadi 1 skuadron atau 16 pesawat.. semisal komposisinya.: 6 Pegassus, 4 AEW&C, dan 6 poseidon
    mantuull.. Mantaaaapp betuuuull.. xixixiixixix.. ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pesawat gede jarang satu squadron isi 16. Biasanya 3-5. Realistisnya 3 skadron dengan masing-masing squadron isi 3-4 pesawat.

      Isi satu pesawat AEW&C bisa sebanyak satu flight gemuk pesawat fighter.

      Hapus
  17. hiya.. hiyaaa.. hiyaaa.. Renstra ke-3 atau tahun 2020-2024 fix Indonesia akan teken kontrak 3 skuadron viper, 3 pegassus, 2 AEW&C, dan 2 heavy fregat Iver.. xixixixii horaaaaang kayaaaaa..

    Maloners pasti teriak-teriak dlm jamban...huahuahuahuahua.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon langsung stroke akut wkwkwk

      Hapus
    2. Langsung sungkem ke PRC, mohon perlindungan, karena sudah di cuekin sama fpda.

      Hapus
    3. Malonjing langsung nganyut ke septic tank

      Hapus
    4. nyoih kita kan PFF, partai foya faya, hiduppp horang kaayaa haha!๐Ÿ’ธ๐Ÿ’ธ๐Ÿ’ธ

      Hapus
  18. Saab globalAye AEW&C =>>> bila emang bener saab jd yg ngisi sistem avionic ifx pengembangan selanjutnya,,,beli gripen gk mungkin karena TNI Au lebih kepincut f16v pelapis sukro, jd pesawat globalAye AEW&C buatan saab adalah syarat deal untuk joint pengisian sistem avionic ifx, dan pesawat ini akan sangat bagus untuk konektifitas ifx.
    #adil_pemerataan_akusisi ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜

    BalasHapus

  19. “Kita belum memutuskan, karena ini masuk ke dalam Renstra III TNI yang dimulai tahun depan, namun kita sudah melihat dan mendengarkan pemaparan dari ketiga pabrik itu terkait pesawat yang ditawarkan,” ujar KSAU.

    Berarti pihak Boeing juga sudah datang ke Indonesia menawarkan barangnya.. artinya Indonesia sudah diizinkan pemerintah atau kongres Amerika memiliki barang premium yg biasanya hanya sekutu terdekatnya yg diizinkan...xixiixiixixii.. Jealous lagi nih malons.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

    Btw.. RFI Tomahawk juga dong ndaan..!!! haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. teringat sistem DCS & FMS.
      klo FMS, kudu persetujuan kongres ame pemerintah sono tentuw harga subsidi.
      tp klo DCS, nach ini barang ghoib bisa masyuk, tp rada mehong om bagaz haha!๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      klo gak salah menhan kita pilih jalur kedua, aman dr gonggongan kongres, mahal2 dech..kan horang kayaaaaa haha!๐Ÿค‘๐Ÿค‘๐Ÿค‘

      Hapus
  20. Sebentar lagi Sultan dungu melayu nya akan di gantikan orang cina
    dan Perdana Menterinya otang bengla

    Apalagi yang kau punya lon??
    Tanah di kontrol British
    Ekonomi di kontrol Cina


    Bwahahahahahaahahahaha ... Miskin + Bangkrap + Idiot = Monkey Malaya

    BalasHapus
  21. Itu Mahatit aja yg iri, wong Filipina di backup USA kok plus ada pangkalan nya lagi,biarin aki2 ngelindur....wkwkkwwk

    BalasHapus
  22. Sebentar lg perempuan2 pribumi malon akan di kongkek orang cina....budak2 laki cem Unknown,harta curian,myms,dein,paul,scan,malon ditelan rosmah,ATM pingsan dll akan di kongkek jg jubornya oleh orang cina wkwkwk

    BalasHapus
  23. untung ae aq ora utang neng wong kono,.... iso2 nak ora iso nyicil aq di pekso kon ngawini anakee wedok (iki musibah opo untung yoo?)

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Hajar pit,,,malon monkey lg termenung di balik bilik sambil antuk2 kepalanya di bilik karena tak percaya indonesia bener2 tancap gas dan melejit di kawasan ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜†

    BalasHapus
  26. Malon gred A dan negara elit ASEAN mana suaramu....yuhuuu,where are u lon ? Lg kutip cukai judi atau lagi jual dadah keh korang semua ? wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedang meratapi nasib di bilik termenung, ssmbil pandangi muka rosmah yang kaya Orc yg buat bangkraps kerajaan ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Hapus
  27. Jadi gini mas, terlepas sudah tua atau uzur, langkah yang dilakukan Mahathir itu sudah benar, rezim Najib itu memang pro China sekali, selama ini laporan keuangan termasuk catatan hutang mereka tidak diexpose angka yang sebenarnya. Pendidikan doktrinasi UMNO memang sukses menina bobokan masyarakatnya hingga terjadinya perubahan suksesi kekuasaan yg akhirnya membuka borok hutang2 mega billion yang selama ini ditutupi.

    Filipina diera durterte memang pro China karena itu janji dia juga sebelum pemilu bahwa pertumbuhan ekonomi akan naik dibawah pemerintahannya nanti. Ekonomi naik diiklim dunia yang sedang collaps begini jelas butuh investasi besar dan saat ini yang memiliki dollar terbesar didunia adalah China (bahkan US pun punya hutang ke China) jadi logis China yang bisa merapat ke Filipina. Tetapi dengan uang China yang banyak maka klausul2 projectnya pun sedikit banyak harus mengikuti aturan2 yg dibuat si orang kaya tadi. Pengaruh hutang China di Filipina memang mengkhawatirkan tetapi efeknya juga terasa, tiap minggu selalu ada berita pembelian alutsista baru di Filipina.

    Makanya dulu saya heran ada salah satu politikus di negara ini yang membandingkan rezim pemerintahan di Indonesia skrg dengan rezim pemerintahan di Filipina. "Indonesia harusnya bisa meniru Filipina yang angka pertumbuhan ekonominya 6 % tidak spt skrg yang hanya 5.2 %, ini kesalahan pemerintah sekarang..!!" begitu kurang lebih bunyinya. Tapi apakah si politikus itu sadar bahwa Filipina mengorbankan sebagian keuangannya kepada China ? dan mau mengambil resiko dengan banyaknya tenaga kerja China di Filipina ?

    Bila Indonesia mau seperti Filipina dengan pertumbuhan 6 % apakah kita2 siap untuk menerima TKA China yang pasti lebih banyak masuk ke Indonesia ? dan apakah si Politikus tadi akan kembali protes kita terlalu open ke China meskipun pertumbuhan ekonomi kita tembus 6 % ???..

    Susah yaa cari yang ideal di hidup ini.
    Hehehehehehehe...

    BalasHapus
  28. Mau Bukti ? Jadi boleh nih kita niru Philipina seperti kata politikus ulung tadi yg bilang Indonesia harus belajar ke Philipina ?

    https://www.forbes.com/sites/panosmourdoukoutas/2018/12/23/duterte-opens-up-the-philippines-to-chinese-workers-as-filipinos-seek-jobs-overseas/

    A total of 3.12 million Chinese citizens entered the Philippines from January 2016 to May 2018, according to the Bureau of Immigration.

    https://news.abs-cbn.com/business/02/25/19/rush-of-chinese-workers-in-philippines-sparks-worry-call-for-caution

    https://www.scmp.com/week-asia/economics/article/2178749/chinese-workers-flood-philippines-yet-dutertes-officials-dont

    Di sana hampir tiap minggu ada demo terkait membanjirnya workers china tapi memang media2 philipina pro Durterte sekali sehingga berita2 demo tsb dikecilkan liputannya.

    BalasHapus
  29. Min tlng dong muat berita bahwa malaysia telah mengurangi pesanan kapal dri china yg semula 4 unit menjdi 2 unit saja, yg disebabkan pemotongan anggaran..pesanan kapal yg semula 4 unit yaitu 2 dibuat dichina dan 2 lgi di galangan kapal lokal malaysia menjdi 2 unit saja dan kesemuanya dibuat dichina..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah ada bro, cek artikel sebelumnya...LMS dipesan ke China karena malau tak mampu buat kat BUSTED Shipyard.

      Hapus
  30. Udah mendingan seperti saat ini stabil tp pasti, silahkan china ciptakan lapangan kerja buat rakyatnya dinegaranya' kalau mau investasi di indonesia kita yg ngatur mereka dan bukan mereka yg atur kita' seperti inilah yg bener,,,china butuh kita jd mereka harus ikuti aturan main kita, gk mau investasi di indonesia mereka jg yg rugi sebab indonesia sekarang salah satu tujuan investasi terbesar dunia, sebenernya nerima TKA boleh aja tp kuotanya dan struktural jabatannya kita yg kontrol dan kita yg nentukan bukan mereka, menurutku apa yg dilakukan pemerintah saat ini adalah yg idealnya' biar sedikit lambat tp pasti tak membebani untuk kedepannya.

    BalasHapus
  31. ILYUSHIN A-50 gak lolos nominasi ya....kesian ๐Ÿ™†๐Ÿ™†๐Ÿ™†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gaenek servisan'e mas, kok aneh aneh nawani Il to to.

      genah genah tenderan pom bensin miber poine ngisor dewe ngono kok.

      westo santai, fansboy Soviet sudah mulai berkurang kok

      Hapus
    2. Adil pemerataan,,,kan setiap keputusan akusisi dipengaruhin politik, tp tdk lepas dr rencana mengejar kemandirian teknologi ๐Ÿ˜„

      Hapus
    3. Setiap tender perlu "pembanding" mas'e...๐Ÿ˜‘



      #penggembira

      Hapus
    4. Wiwit saiki digenti wae dadi "Penelongso" ๐Ÿคง

      Hapus
    5. IL-A50 dasar nya dari berieav 4 mesin turbofan, jelas cost nya ga relevan dan lebih mahal di banding boeing & embraer

      Hapus
  32. Saya kurang paham berapa jumlah persentase TKA di Indonesia tapi feeling saya masih kisaran nol koma sekian persen atau maksimal 1 persen barangkali ?

    Seinget saya porsi TKA terbesar di ASEAN itu Singapura.. kalau tidak salah hampir 40 percent, yg kedua Malaysia sktr 20 percent dan Philipina.

    Sorry saya gak punya data pastinya.
    Tapi bagus juga buat belajar bareng.

    BalasHapus
  33. Request data SIPRI Malaysia toh min,kpn min....indo, Filipina,Thai, ostrali sdh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa kerna yg dibeli mereka alutsista darat udara laut versi halimunan hingga SIPRI pon tak terdeteksi min ..

      Hapus
    2. Gimana malon ada SIPRI,shopping2 pun tak wkwkwk

      Hapus
    3. Sipri malon di penuhi list hutang dan AKAN project ๐Ÿ˜

      Kih kih kih

      Hapus
  34. Masih kisaran 1% kebawah aja dah dipelintir para oknum2 politikus tukang pelintir, gimana kalau lebih????
    inilah idealnya, mungkin sedikit lambat untuk saat ini tp inilah yg sehat untuk perjalanan ekonomi kedepannya, investasi di indonesia menjanjikan kok jd kita gk usah khawatir china gk bakal tergoda untuk ikutin aturan main kita, gk mau investasi ujungnya mereka hanya jd penonton saja dengan geliat investasi di indonesia.

    BalasHapus
  35. Why TNI choose their own PT Dirgantara to build AWACS plane on their fleet?
    Kikikiki

    Since PT Dirgantara have cute Airplane using Indonesian made TONG-TONG 400HP Piston type Engine.

    Kikikiki

    IDIOT INDONS can also build their own AWACS Using Umbrella Antenna and Radar using IPAD with Stampal Sticker.




    Koh koh koh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong buka kepalamu, aku mau kencing....hahaha

      Hapus
    2. Ada yg jealous dan tdk bs terima kenyataan indonesia shopping AWACS wkwkwk

      Hapus
    3. Sekalian buka mulutmu lon, q jejalin bangkai tikus got๐Ÿ˜€

      Hapus
    4. Begini nih kalau kebanyakan minum air septic tank. Otaknya konslet

      Hapus
    5. Low IQ malon dont know how to operated sofisticated Radars,they dont know even to operate ipad. no wonder malon primitive and low IQ use Tok bomoh kelapa to detect airplane ๐Ÿ˜

      Kih kih kih

      Hapus
  36. Kang smiling, klo ada yg ngaitkan dng satelit dan program NCW gmn.? Hayooo...!!!
    Lorenzo bisa nyalip marquez nanti...hahaha

    BalasHapus
  37. Is this newsis new????

    I heard this since 2002 wherein Thailand has already their own AWACS that was talk last 2015. For IDIOT INDONS I think this is FAKE?







    kikikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kuping mu conge'an mas...๐Ÿ˜

      Hapus
    2. AKAN versi indonesia selalu jadi kenyataan,beza dgn AKAN versi malon cuma WET DREAM wkwkwk

      Hapus
    3. Hai unknown...mau sodomi tak????
      ๐Ÿ˜—๐Ÿ˜—๐Ÿ˜—๐Ÿ˜—๐Ÿ˜—

      Tu sama anjing.

      Hapus
    4. Mat sabu hopeless Until 2100 poor Malon low IQ no capabilty, no money and no skill to operate AWACS aircraft ๐Ÿ˜

      Kih kih kih

      Hapus
  38. Pakistan develoo again figther jets right after JF-17 and its good and true.


    Meanwhile IDIOT INDONS being a talkative nation and jealousy, their HOAX IFX will have to talk again next year of 2020 since originated this talking of their Ghost IFX is sinve 2009!
    Kikikikiki




    Kohkohkoh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus malon beli JF-17 binaan pakistan wkwkwk

      Hapus
    2. Ahahahaha...

      "..Kini Malaysia di bawah kontrol China karena pemerintahan Najib Razak mengambil pinjaman ke Negeri Tirai Bambu namun tak bisa dilunasi malah dikorupsi.

      Hal ini membuat Mahathir harus pergi jauh-jauh ke Jepang untuk berhutang.


      Gali lubang tutup lubang, utangan dari Jepang itu untuk melunasi utang Malaysia ke China..."


      Again...

      Hapus
    3. Cuba ko bicara pasal negaramu Cok,apa yg bisa ko banggakan...
      Jgn negara lain dibicarakan, negaramu sendiri ko lupakan Krn bangkrut...๐Ÿ˜

      Hapus
    4. Malon disorder, mental healthnya terganggu stadium 4, kihkihkih

      Hapus
    5. Malon tu sebenernya kepincut made in indonesia tp karena tak kuasa menahan malu bila hutang ke indonesia ya terpaksa ngutang 2 kapal lemes dech ke china ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜

      Hapus
    6. Because Poor malon only use kites to replace old fighter aircraft ๐Ÿ˜

      Kih kih kih

      Hapus
  39. hehehe wong gemblung, rodho owah polonne...

    BalasHapus
  40. Jom kita ramaikan lagi supaya beruk malon tak bebas cakap HOAX nan sembang kat artikel nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon selalu cakap sembang dan hoax kerana mereka iri sangat kpd indonesia

      Hapus
  41. Nuwon sewu kang. Knp TKA di Indonesia kecil prosentasenya.? Gajinya TKA di Indonesia kecil dibandingkan negara tetangga. Simple jawabannya...hehehe

    BalasHapus
  42. Indons are IDIOT and Low IQ people.

    Kikikiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon nak beli JF-17 dan TEJAS MKM indihe ya lon wkwkwk

      Hapus
    2. Maloners IDIOT and Low IQ people.

      Kikikiki

      Hapus
    3. Sdh mkn hari ini...๐Ÿ˜

      Hapus
    4. Komentar ini telah diulang"
      Dan yg koment rupanya beruk idiot forever

      Hapus
    5. IDIOT MALAYDOGSIAL are lazy, unproduktif and shameless.

      IDIOT MALAYDOGSIAL government are totally Garbage because makes bangkraps Their country.

      IDIOT MALAYDOGSIAL Airlines Because lost 2 big plane only 1 year. 

      They (IDIOT MALAYDOGSIAL) dont know what they are doing. 

      They (IDIOT MALAYDOGSIAL) has no directions in life. 

      Kih kih kih

      Hapus
  43. Ya justru kecil itu mereka jd mengincar jabatan2 strategis, kalau di non jabatan mereka gk bakalan mampu saiingi pekerja indonesia, gesit, lebih detail, mau terima gaji yg lebih kecil dibandingin gaji2 diluar indonesia,,,negara mana pun pasti kepincut investasi di indonesia' jd ya mereka wajib dong ikutin aturan main kita, yg pastinya aturan itu gk menyulitkan proses investasi.

    BalasHapus
  44. Malon will use PTM Gen 6 ENGINE TONG-TONG PROTOL to patrol at border all malon's sea

    BalasHapus
  45. IDIOT MALONS stres mental koyak akibat negaranya bangkrup.. bwhahahahahahaaaa.. mantaaaaaaapppp..๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk...malon dah tergadai ke cina wkwkwk...malon dah dikontrol cina selamanya wkwkwk...malon punya majikan baru yaitu cina wkwkwk

      Hapus
    2. Mahluk kasta Sudra belum sadar kalo otaknya sudah berkerak coz brainwash by umno, kohkohkoh

      Hapus
    3. Beruk malon low IQ always stress an frustrated because Jealous ๐Ÿ˜

      Kih kih kih

      Hapus
  46. tepatnya 0,01% TKA cina, itu pun juga cuma tenaga ahli. Tidak signifikan sama sekali yang digembar gemborkan oposisi. Contoh di morowali, Panglima, KAPOLRI, dan Menaker ngecek sendiri.

    BalasHapus
  47. Raden@ Yoi tulang,kita dah gas pull iki wkwkwk

    BalasHapus
  48. Come on vietnam dan china,mari jom kita ganyang malon wkwkwk

    BalasHapus
  49. Nnnnnaaaahh...ini AL Malon sampai berkujung ke PT PAL menengok pekerjaan install VLS MICA, CIWS Millenium, plus EXOCET BLOK 3.. xiixixixi..

    https://lancerdefense.com/2019/03/18/angkatan-laut-malaysia-kunjungi-fasilitas-pt-pal/?wref=tp

    Saya yakin ini akibat beban mental yg ditanggung peronel AL Malons kerana fregat gowind yg mereka dambakan blm juga melaut setelah 5 tahun akibat SDM LOW IQ Plus Rasuah ganas galangan kapal BASTARD SDM.BHD.. bwhahahahahahhahaaaa.. IDIOT MALONS.. ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perwira Malingsia yang berkunjung ke PT PAL sudah di awasi Sniper TNI, kalu ada gerak gerik mau curi Engine dan tempel Sticker tinggal dor kepalanya

      Hapus
    2. Hati2 entar stock engine di pt.pal berhilangan, maharogol kagak punya engine tu ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜

      Hapus
    3. Awas ada maling.... Maling.... Maling.....

      PM maling rasuah... Rakyat maling kayu sepadan jiran... Askar perwiranya maling engine....






      Maling..... Maling..,. Woi malon maling...

      Hapus
    4. PT pal must Becareful because malon is thief ๐Ÿ˜

      Kih kih kih

      Hapus
    5. Wkwkwk...malon idiot tiada kepakaran,malon cuma ada kepakaran melancap dan mencuri wkwkwk

      Hapus
    6. Is true mat rempit ๐Ÿ˜

      Kih kih kih

      Hapus
  50. Askar malaysia banyak kekurangan gizi. Terbukti bila joint exercise askar malaysia banyak jatuh pingsan...๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. No wonder for most Noob armed forces in asean ๐Ÿ˜

      Kih kih kih

      Hapus
    2. Bahkan banyak yg tewas saat exercise wkwkwk

      Hapus
  51. Malaysia adalah koloni buangan yang tak berharga bagi British karena ketotolan dan kemalasan warganya yang hanya akan membuat gerah saat dipikirkan. Makanya dalam waktu dekat akan ada upacara penyerahan Malon yang awalnya adalah anjing British, akan menjadi anjing daripada China seperti haknya pada tahun 1997.

    BalasHapus
  52. Malon jadi jongos china siap jadi anjing jaga lapangan tiananmen ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  53. US$108 miliar. itu duwit ato daon yak, kok banyak bner yak haha!๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ๐ŸŒฟ

    BalasHapus