24 Juni 2020

Delegasi Indonesia Kunjungi Denel Afrika Selatan

24 Juni 2020


Kunjungan KBRI Afrika Selatan ke Denel di Pretoria (photo : KBRI Pretoria)

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Afrika Selatan di Pretoria melaporkan bahwa pada tanggal 12 Maret 2020 lalu delegasi Indonesia mengunjungi perusahaan Denel SOC Ltd di Pretoria.

Denel adalah perusahaan milik pemerintah Afrika Selatan yang bergerak dalam bidang pertahanan, keamanan dan teknologi yang terkait. Denel menyatakan bahwa sanggup menyediakan solusi peralatan pertahanan untuk kustomernya dengan merancang, mengembangkan, mengintegrasikan dan mendukung produk artileri, amunisi, rudal, aerostruktur, pemeliharaan pesawat, sistem kendaraan udara tak berawak dan muatan optik berdasarkan teknologi terkini.


Pertemuan KBRI Afrika Selatan ke Denel di Pretoria (photo : KBRI Pretoria)

Delegasi Indonesia terdiri dari Duta Besar Indonesia untuk Afrika Selatan bersama dengan Atase Pertahanan KBRI Pretoria diterima langsung oleh CEO Denel Mike Kgobe beserta para pejabat Denel lainnya, kemudian dilanjutkan dengan melihat produksi helikopter serang Rooivalk dan presentasi produk-produk pertahanan udara Denel.

Pertemuan ini mendiskusikan potensi kerjasama di sektor industri pertahanan udara, transfer teknologi dan pengembangan kapasitas personel untuk militer. Dari jumlah delegasi Indonesia yang datang maka dapat ditebak bahwa kunjungan ini baru tahap awal untuk dapat dilaporkan ke Jakarta untuk dapat ditindak-lanjuti oleh Kementerian Pertahanan dan industri terkait. Namun karena menyangkut transfer teknologi, kunjungan ini pasti berkaitan erat dengan industri pertahanan. 


UAV dan target drone buatan Denel (photo : Denel, Army Recognition)

Sebagaimana diketahui, Indonesia mencanangkan tujuh program prioritas industri pertahanan nasional yaitu Propelan, Roket, Rudal, Medium Tank, Radar, Kapal Selam dan Pesawat Tempur, sejak tahun lalu ditambah satu dengan MALE UAV. Road Map penguasaan Industri Pertahanan ini dibagi dalam tiga phase yakni Phase 1 Penguasaan Desain 2010-2014, Phase 2 Penguasaan Teknologi 2015-2019 dan Phase 3 Pengembangan Baru 2020-2024.

Dari ke delapan prioritas tersebut, yang sudah menghasilkan produk adalah empat yaitu Roket (Rhan-122), Tank (Harimau Hitam), Kapal Selam (KRI Nagapasa), dan MALE UAV (Elang Hitam), Dua lagi sedang dalam proses akhir yaitu Propelan (pabrik propelan Dahana-Eurenco-Roxel), dan Pesawat Tempur (KFX-IFX). Masih ada dua lagi yang masih berproses dan membutuhkan mitra yaitu Radar (radar GCI ditargetkan selesai 2024) dan Rudal (rudal permukaan ke permukaan proses Reverse Engineering).


Rudal buatan Denel (photo : Denel, Deagel, Craig Nailor, Deagel, Wiki, Reddit)

Dari beberapa produk pertahanan udara Denel yang cocok dengan kebutuhan 7+1 prioritas industri pertahanan Indonesia kemungkinan adalah rudal. Saat ini Indonesia telah menetapkan jalan untuk menguasai teknologi rudal permukaan ke permukaan (SSM) serta melakukan ujicoba rudal anti tank dan rudal panggul anti pesawat terbang, dua yang terakhir ini masih membutuhkan mitra. 

Jika Kementerian Pertahanan menjajagi kerjasama dengan Denel, maka ada beberapa produk rudal udara dan munisi udara buatan Denel sebagai berikut :

-A Darter : adalah rudal udara ke udara jarak pendek hingga 22 km, rudal berpemandu infared homing (pencari panas) ini disebut mempunyai kecepatan Mach 3, saat ini dipakai sebagai rudal pesawat Hawk 100, JAS-39 Gripen, bahkan dapat dipakai untuk pesawat buatan AS F-5 Tiger II. Denel sedang dalam proses pengembangan rudal A Darter menjadi R Darter sebagai rudal BVR.

-Umkhonto : adalah rudal permukaan ke udara (SAM) jarak pendek hingga sedang dengan jarak jangkau 20km (Umkontho IR) hingga 60km (Umkontho R), dapat digunakan di kapal atau sistem pertahanan udara berbasis darat (GBAD). Rudal berkecepatan Mach 2 ini menggunakan pemandu infra red. Rudal ini digunakan untuk fregat Valour class Afrika Selatan, fregat Meko 200 Aljazair, dan KCR Hamina class Finlandia. 

-Mokopa : semula adalah rudal anti tank udara ke darat yang diluncurkan dari pesawat dan helikopter dengan jangkauan 10km, namun dalam perkembangannya rudal berpemandu laser semi-aktif ini dapat diluncurkan dari kendaraan tempur dan kapal. Rudal ini dipakai pada helikoper Super Lynx Aljazair.

-Ingwe : adalah rudal anti-tank berpemandu laser sehingga kemampuan tahan jammingnya tinggi, dapat diluncurkan dari udara (helikopter) dan darat (kendaraan tempur), dan mempunyai jangkauan 250m hingga 5km. Rudal ini dipakai untuk helikopter Mi-24, Fennec dan Rooivalk, juga pada kendaraan Ratel dan Badger IFV Afrika Selatan serta AV-8 Malaysia.

-Umbani (Al Tariq) : adalah kit bom pandu untuk bom Mk81, Mk82 atau Mk83, dengan memakai kit ini maka bom jatuh bebas (free fall) dapat diubah menjadi bom luncur berpemandu (guided glide bombs). Dengan kit standar saja bom dapat mencapai jarak 40km, dengan folding kit dapat meningkat hingga 120km dan bahkan 200km.

-Raptor II : adalah bom luncur presisi berpemandu jarak jauh dengan jangkauan hingga 200 km dan berpemandu infrared homing seeker. Menariknya produk ini dapat dipakai untuk pesawat buatan non AS termasuk Su-27/30.

(Defense Studies)

230 komentar:

  1. Balasan
    1. Kira2 barang maut apa yg bakal dateng dari afsel yaa?

      Hapus
  2. MRO
    MENCUCI
    ROGOL KNALPOT
    OIL CHANGE

    BalasHapus
  3. Nunggu coment malon sdh dl kerjasama dengan danel indonesia selalu meniru 😂😂😂

    BalasHapus
  4. Wah sepertinya ada yg panas nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warganyetnyot Malon pastinya. Siapa lagi ? Tapi ini kok bisa terjadi, padahal grade A class claimnya:

      Ezard Hazard Kerajaan tolongla buka mata seluas luasnya tentang masalah dan ancaman laut yg kite hadapi skrg ni.. Aset2 laut kite sangat terhad dan usang.. Jgnla berpolitikus sangat, rakyat sedang bangkit inginkan aset keselamatan terutama laut dipertingkatkan.. usah layan suara2 barua politaik pembangkang yg xabih2 mempolitikan hal perolehan aset ketenteraan. Dh lebih 1 dekat politaik main isu xbermaruah ni akhirnya ATM yg sengsara, musuh gembira, imigran haram naik tongkang pun xmampu nk halang secara berkesan.. Bangkitla kerajaan hari ini.. Segera dan selesaikan masalah LCS tu secepat mungkin..

      Mohd Faizul Dulu sblm LCS sign kita yg berura2 nk dpt essm...masa tu excited la blh jd pengguna pertama kt asean.....sekali mica jer....hurmmm btul la kajian kita selalu utk org lain rembat....😊😊😊

      Anas Mohd Dua masalah TLDM. Kekurangan aset dan keusangan aset. Beli baru bukan bererti tambah tapi sekadar menggantikan. Sbb tu kena laju sikit buat keputusan dan perolehan.

      Hapus
    2. Malon Mau pemerintahan siapapun tetap masalah utamanya tak de wang 😁

      Hapus
    3. Tak de wang dan tak de nyali

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. Carilah partner dari belahan dunia manapun yg penting berprospek untung meningkatkan industri pertahanan dalam negeri kita,waktu berjalan cepat dan harus cepat gunakan waktu dan dana yg ada guna kemajuan defense industri,contoh yg di regional yaitu china sekarang sdh jd kekuatan NAGA yg sebenarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahh macaciiihhh?????..
      kalo uda jd NAGA bneran, TERBANG2 donk om sambil nyembur lidah api haha!🔥🔥🔥

      kokoh panda🐼 kliatannya setronk, tp mnurutkuh sbnenernya masih RAPUH.
      mrk emg berhasil produksi & jual alutsista.
      tp smua ituw masi hasil kopian dari mana2, dan gak bisa 100% sama. malah bbrp bagian penting masi hrs impor.
      ada dr prancis, jerman, amrik, itali sampe ruski.

      -rudal c-802, turbojetnya masi punyak prancis

      -dongfeng EQ2050, masi pake enjin cummins-amrik

      -pesawat angkut Y-20 Kunpeng pon pake enjin Soloviev D-30KP-2-ruski

      -blom lagi kaprang2, mesin2nya pada pake mtu-jerman

      sejak taon 50-an rrc bergantung sepenuhnya ama soviet, ampe skrg gak LEPAS2, ituw artinya sang NAGA ingkar janji haha!😜😜😜

      klo bnear mrk hebat, gak bakal dech shopping soping ama si beruang MERAH om haha!🤭🤭🤭



      butuh wkt lama,

      Hapus
    2. butuh wkt lama kokoh panda utk menjadi sperti saat ini.

      ternyata uang banyak aja gak cukup utk memenuhi ambisi negeri setajir rrc.

      guwe gak bermaksud mengecilkan hasil yg didapat negeri tirai bambu.

      ada hal yg bisa kita tiru dr kerja keras mereka yg puluhan tahun ituw adalah USAHA pantang mundur hore haha!👏👏👏

      sama seperti tulisan guwe seblomnya ttg kerjasama kapal selam.
      koryo aje ampe bisa bikin kapal selam sendiri kerna py prinsip, kerna ilmu ituw mahal harganya.
      kalo gak punyak kepakaran,
      kalo gak bisa dibeli, yaa dicolong haha!🤓🤓🤓

      Hapus
    3. mangkanye guwe gak perna percaya ada yg bisa jual alutsista dgn iming2 100% teotee haha!😜😜😜





      Hapus
  6. https://www.globaldefensecorp.com/2020/06/24/indonesia-increases-defense-budget-to-10-6-billion-despite-coronavirus-pandemic/

    148,3 triliun pagu anggaran pertahanan 2021

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesian tetangga EM donk om woof2, ngerih2 SEDAP RASA kalo jadi bneran haha!😅😅😅

      Hapus
  7. -Raptor II : adalah bom luncur presisi berpemandu jarak jauh dengan jangkauan hingga 200 km dan berpemandu infrared homing seeker. Menariknya produk ini dapat dipakai untuk pesawat buatan non AS termasuk Su-27/30.
    --------------------------

    nah KUSUKA ini...bole di icip2, dikit ajah gapapah yg ffenting punyak haha!😻😻😻

    BalasHapus
  8. Ntung blegendes ini banyak kali halunya dari dulu!tapi gak ada yg betul?
    Uda lah urus aja barang rongsok dari USA junjungan mu,terus bawa kemari,ntar gue tampung buat gue jual kiloan.

    BalasHapus
  9. CIWS kita donk,

    1. SKY SHIELD
    2. MILENIUM GUN
    3. AK230
    4. type 730
    5. AK630

    iihh KL gak punyak, memalukan. gitu kok ngakunya ranking 44 haha!😂😂😂

    KL, ketinggalan zamaaaaaannn haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  10. ke delapan prioritas tersebut, yang sudah menghasilkan produk adalah empat yaitu Roket (Rhan-122), Tank (Harimau Hitam), Kapal Selam (KRI Nagapasa), dan MALE UAV (Elang Hitam), Dua lagi sedang dalam proses akhir yaitu Propelan (pabrik propelan Dahana-Eurenco-Roxel), dan Pesawat Tempur (KFX-IFX). Masih ada dua lagi yang masih berproses dan membutuhkan mitra yaitu Radar (radar GCI ditargetkan selesai 2024) dan Rudal (rudal permukaan ke permukaan proses Reverse Engineering).

    ----------------------

    jgn lufa min, masi ada proyek...

    1.PKR
    2.IVER-INDO

    uhuuuuyy MAKIN SETRONKKK kita haha!💪💪💪

    lagi2,
    KL, ketinggalan zamaaaaaannn haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  11. duet sukses RADAR TRS-4D fixed array + MSSR yg "AKAN" dipake IVER-INDO
    wuuiii IVER-DENMARK RASA JERMAN cink haha!🥳🥳🥳

    dan kita "AKAN" jadi kastemer KEDUA didunia,
    dan PERTAMA DI ASIA yg pake RADAR CANGGIH jerman hore haha!👍👍👍

    frigat TERBARUW JERMAN 2019 hore haha!👏👏👏
    pake,
    TRS-4D -> Baden-Württemberg-class frigate
    bobot: 7,200
    https://en.wikipedia.org/wiki/Baden-W%C3%BCrttemberg-class_frigate

    kapal lama 1999-2006 pake,
    APAR->Sachsen-class frigate
    https://en.wikipedia.org/wiki/Sachsen-class_frigate

    👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

    " On board the new F125 frigate, the TRS-4D is used in a configuration comprising four fixed planar arrays. This radar system is part of a family of products which also include a ground-based air defence radar, TRML-4D. It thus benefits from shorter production cycles, continuous product improvements as well as advantages in stock levels of spare parts and training."
    "For the second batch, the TRS-4D has now been ordered to be supplied in a version comprising a mechanically rotating antenna (TRS-4D Rotator), which is also under contract for the U.S. Navy’s littoral combat ship (LCS)"

    "The system also includes an MSSR 2000 I secondary radar for friend-or-foe identification (IFF), which complies with all IFF standards, even the latest “Mode S / Mode 5”. This is all the more important as all NATO troops and their allies are currently in the process of converting their IFF systems to Mode 5. The Mode 5 capability enables the troops to take part in joint and combined operations with NATO and other allied forces."

    HENSOLDT to Supply the TRS-4D Radar and IFF Systems to the Germany Navy

    https://www.everythingrf.com/News/details/8703-HENSOLDT-to-Supply-the-TRS-4D-Radar-and-IFF-Systems-to-the-Germany-

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh, mana punyak KL RADAR FIKS ARAY(SENSOR TAK BERKEDIP) cem IVER-INDO punyak...

      kesian yg 2023 "AKAN" nongol, langsung KUNO!
      lagi2....
      KL, ketinggalan zamaaaaaannn haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Dan ada mahluk dr malon tanpa riset langsung bilang iver kita downgrade ga sama dengan denmark ya iyalah pastinya akan kita modif abis tuh iver dan disesuaikan kondisi operasi dan anggaran. Mama elinya malon aja pernah gagal bikin kapal over heating ketika operasi di tropis kita ambil hikmah dr itu lon. Bisa bikin kapal tak kl tak banyak2 belajarlah masuk sekolah lagi

      Hapus
    3. Wih Mantaaabbb om palu, om Jack. Kapal Inggris pernah rusak karena beroperasi di wilayah tropis jadi bahan pembelajaran. Tidak semua hal yg dianggap canggih dan modern dari negara2 Barat bisa langsung digunakan di negara ini. Butuh modifikasi, butuh penyesuaian dengan keadaan alam dan kebutuhan misi, kebutuhan operasional dan anggaran pastinya. Sambil terus belajar dan menyerap ilmu sebanyak2nya untuk jadi lebih baik kedepannya. Mantaaabbbb. Allahu akbar.

      Hapus
  12. duet sukses RADAR TRS-4D fixed array + MSSR yg "AKAN" dipake IVER-INDO
    wuuiii IVER-DENMARK RASA JERMAN cink haha!🥳🥳🥳

    dan kita "AKAN" jadi kastemer KEDUA didunia,
    dan PERTAMA DI ASIA yg pake RADAR CANGGIH jerman hore haha!👍👍👍

    frigat TERBARUW JERMAN 2019 hore haha!👏👏👏
    pake,
    TRS-4D -> Baden-Württemberg-class frigate
    bobot: 7,200
    https://en.wikipedia.org/wiki/Baden-W%C3%BCrttemberg-class_frigate

    kapal lama 1999-2006 pake,
    APAR->Sachsen-class frigate
    https://en.wikipedia.org/wiki/Sachsen-class_frigate

    👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

    " On board the new F125 frigate, the TRS-4D is used in a configuration comprising four fixed planar arrays. This radar system is part of a family of products which also include a ground-based air defence radar, TRML-4D. It thus benefits from shorter production cycles, continuous product improvements as well as advantages in stock levels of spare parts and training."
    "For the second batch, the TRS-4D has now been ordered to be supplied in a version comprising a mechanically rotating antenna (TRS-4D Rotator), which is also under contract for the U.S. Navy’s littoral combat ship (LCS)"

    "The system also includes an MSSR 2000 I secondary radar for friend-or-foe identification (IFF), which complies with all IFF standards, even the latest “Mode S / Mode 5”. This is all the more important as all NATO troops and their allies are currently in the process of converting their IFF systems to Mode 5. The Mode 5 capability enables the troops to take part in joint and combined operations with NATO and other allied forces."

    HENSOLDT to Supply the TRS-4D Radar and IFF Systems to the Germany Navy

    https://www.everythingrf.com/News/details/8703-HENSOLDT-to-Supply-the-TRS-4D-Radar-and-IFF-Systems-to-the-Germany-

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh, mana punyak KL RADAR FIKS ARAY(SENSOR TAK BERKEDIP) cem IVER-INDO punyak...

      kesian yg 2023 "AKAN" nongol, langsung KUNO!
      lagi2....
      KL, ketinggalan zamaaaaaannn haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Kapal Yg salah potong itu Tahun 2023 juga belum tentu om pal 😁

      Hapus
    3. mangkenye, guwe tulis "AKAN"..maknanya dalam sangat om pbm haha!😛😛😛

      Hapus
    4. Dan pastinya dapat harga diskon gede kl laku dipake negara lain akan dapat fee jg bikin hubungan jd mesra 😂😂😂

      Hapus
  13. amrik jugak pake TRS-4D tapi yg rotator, di kapal "REAL LCS" haha!🤠🤠🤠

    klo LCS KW cem sebelah mah masi ompong, kontrak tak djelas...
    kipas proeler ame RADAR pon tak nampak cuman BALON KONENG 3 bijik, lucu kucink pon tertawa-haha!😹😹😹

    gegare KL nunggak ke BNS cuy RM 3Bn, kesian kan...lama2 bisa bangkrut cem CEO heli kecik ntuw haha!🤠🤠🤠

    kalo kite donk pake yg FIXED ARAY...MELOTOT MULU bagai mata gak bekedip 4 jurusan hore haha!😳😳😳


    👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

    The TRS-4D (recently designated by US Navy as AN/SPS-80) radar for LCS is a rotating version of the Active Electronically Scanned Array (AESA) fixed panel TRS-4D radar currently going aboard the German F-125 frigates. The TRS 4D will be the first AESA rotating radar aboard a US Navy ship. Currently, 8 TRS-4D are under contract for the Freedom Variant LCS. Six of them have passed factory acceptance.

    https://www.navalnews.com/naval-news/2019/08/us-navy-lcs-vessels-now-operate-hensoldt-trs-4d-naval-radar/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap radar TRS-4 iver.. malon ngeces 😁

      Hapus
    2. nyoiihh om pbm, HENSOLDT lagi naek daun,
      pespur yuro taifun jerman pon baru2 ini pake merek ini.

      biasanya alutsista yg kita pake jugak, bakalan jaminan mutu om, tamba naik pamor haha!👍👍👍

      https://www.flightglobal.com/fixed-wing/germany-picks-hensoldt-for-eurofighter-aesa-radar-integration/138897.article

      Hapus
    3. klo diakusisi ama sebelah biasanya berakhir aneh2 om pbm,
      ada yg wangklut,
      ada yg buyar,
      ada yg gak laku,

      tengok aje rudal shorad dr negeri pangeran charles, cuman die doank yg pake..yg bikin uda lama pengsiunin,,maluw haha!😂😂😂

      trus embiti, negeri PRODUSENnye aje skrg tergila2 ama EMBITI BEKAS jerman, LEOPARD-2, mana blom diapgred pulak hore haha!👍👍👍

      sang helik kecik pon tak ketinggalan, bgt dibeli gred a, lgs BANGKRUT noni yg punyak haha!🤪🤪🤪

      Hapus
  14. gagal paham si sama si ma lon te, demennya ngurusin negri orang, tapi dalam negri busuk, memang bego sangat manusia di malon itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. tnang, hanya segilintir WARGANYET aza kok yg begituw..maklum lagi BOKEK om haha!🤑🤑🤑

      sedangkan yg uda NEWNORMAL, rata2 maki2 BNS/BHIC ampe STC haha!😂😂😂

      klo MAEROT blom kena, ntar tunggu 2021, kagak ada kontrak herki lagi ... AMBYARRr haha!🤭🤭🤭

      Hapus
  15. MALAYSEWA SEMAKIN TERPURUK 🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok sekali namanya ayuk segera ditasmiyah nama baru nih MALAYSEWA real leasing country 😂😂😂

      Hapus
  16. MALAYSEWA SEMAKIN TERPURUK 🤣🤣

    BalasHapus
  17. DARI PADA STRESS GA PERNAH BELANJA SENJATA, KHUSUK MIMPI BASAH JE LAH SELAGI GRATIS...., AYAT SAKTI: DIJANGKA, AKAN, DIPERBINCANGKAN.....

    Malaysia Defence Review
    15 hrs ·
    Tentera Laut DiRaja Malaysia (TLDM) dijangka bakal membuat memperolehi 2 buah Kapal Bantuan Pelbagai Guna (MRSS) dalam tempoh masa belajawan 5 tahun negara iaitu Rancangan Malaysia ke-12 tempoh tahun 2021-2025.

    Dijangka Tentera Darat Malaysia (TD) berkemungkinan bakal menubuhkan pasukan marin yang akan diserap dari pasukan Briged ke-10 PARA.

    Terdapat laporan menyatakan pasukan nukleas ditubuhkan untuk penubuhan pasukan marin dibawah Divisyen ke-5 TD yang dijangka berpangkalan di Timur Sabah.

    Dijangka Pasukan Marin berkenaan dijangka akan mengunakan aset udara dan darat sedia ada yang digunakan Angkatan Tentera Malaysia (ATM) antaranya helikopter dan kenderaan perisai.

    TD telah mengoperasikan 46 buah varian amfibia AV8 Gempita 8x8 yang dikenali IFV-25. Ia mempunyai kemampuan untuk berenang dipermukaan air seperti sungai dan tasik dengan adanya 2 unit waterjet serta pelampung khas disisi kiri dan kanan untuk mengapungkan kenderaan berkenaan.

    Oleh kerana AV8 Gempita 8x8 mempunyai tambahan lapisan armor, ia hanya mampu berenang dalam kelajuan 6 kmj sahaja berbanding 8 kmj tanpa lapisan armor.

    Untuk berenang di laut atau pesisir pantai pastinya kenderaan perisai AV8 Gempita 8x8 perlu tambahan aksersori antaranya penghadang serta pemecah ombak dibahagian hadapan kenderaan.

    Kenderaan Perisai AV8 Gempita 8x8 dioperasikan oleh 3 krew terdiri dari pemandu, Gunner dan Komander serta mampu membawa 11 orang Infantri.

    AV8 Gempita 8x8 varian IFV-25 dilengkapi meriam automatik Sharpshooter FNSS 25mm (Bushmaster) dan mesigan sepaksi 7.62mm. Ia dipasang pada turret penstabil yang membolehkan ia ditembak dalam keadaan bergerak disamping sistem pandangan siang dan malam.

    Helikopter mèrupakan elemen terpenting dalam pasukan marin. Dijangka ATM bakal membuat perolehan baharu untuk helikopter dalam tempoh RMK-12.

    TLDM dijangka mahukan 5 buah helikopter pengangkut bersaiz medium, Tentera Udara DiRaja Malaysia (TUDM) 8 buah helikopter pengangkut dan Pasukan Udara Tentera Darat (PUTD) 4 buah helikopter dan bakal menerima 6 buah helikopter ringan pelbagai guna MD530G.

    Elemen udara penting dalam pengoperasian dan peperangan amfibia untuk mengangkut infantri, logistik serta misi menyelamat dan bantuan tembakan udara.

    Dijangka Kapal MRSS mampu mengoperasikan 6 buah helikopter dalam satu-satu masa dengan 2 dek pendaratan helikopter serta hangar mampu menyimpan 4 buah helikopter.

    Penubuhan Pasukan Marin telah dirancang sejak tahun 1980an namun terhalang akibat kekangan kewangan. Namun, ATM menerapkan elemen pasukan marin dan peperangan amfibia pada unit-unit dalam ATM dengan saban tahun menjalani latihan bersama dengan pasukan luar seperti Kor Marin Amerika Syarikat (USMC)

    -MDR-


    Azam Mustafa Marin kita bwh TD...sama macam australia xde kor marin...Tp tentera darat dyeorg ade batalion amfibia

    Malaysia Defence Review Azam Mustafa buat masa nie ada rejimen dlm 10 Briged khas utk eleman amfibia

    Mohamed Faisal Azam Mustafa , pasukan Marin lebih afdal dibawah seliaan TLDM sebagaimana doktrin Marin sebagai pasukan amfibi dan kelaziman negara2 lain. Belum pernah dengar pasukan Marin di bawah seliaan army dimana mana negara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mustaffa Hussin Mimpi disiang hari belaka tu pemimpin Msia bukan jenis suka hebatkan Militari dari dulu lg contohnya Helikopter Taktikal mcm UH 60 BLACHAWK , BELL 412, dan CH47 CHINOOK mana ada dlm kegunaan dan helikopter yg ada pun tidak cukup untuk operasi sebab kuantiti kecil , sepatutnya dah lama kita banyak heli kerana kita berhutan belantara bukit paya dan bodohlah operasi diangkut kenderaan darat dari satu tempat ke satu tempat kerana dlm perang hutan kita perlu cepat masa operasi.

      Kovacs Kuznetsov Dapat MRSS type ape?.wasp class ke,ehek����.simpan jelah angan2 aku ni��

      Malaysia Defence Review Kovacs Kuznetsov paling kurang pun light Mistral

      Kovacs Kuznetsov Malaysia Defence Review lagi ok��,wasp class tu dah Kira heavyweight class��.Kita baru nak up dengan low bajet,dah besar group marine Kita baru amik besau sikit��

      Malaysia Defence Review Kovacs Kuznetsov ambik besor2 nanti mendatangkn kegentaran pada jiran

      Kovacs Kuznetsov Malaysia Defence Review dapat 1 Mistral dengan 1 skuadron sea dragon pun ok

      Muhammad Franz Firdauz Brp 140 ke..cun jugak tu tp kena nego cun2 la bleh dpt bwh 500m

      Kovacs Kuznetsov Muhammad Franz Firdauz
      1 Mistral MRSS
      30/15 pt 91m marine
      60/30 IFV 25 gempita
      10 sea dragon or 20 EC 725

      Asrizal Rusli Ada sebuah negara mendonia (kononnya) mengatakan angkatan tentera Malaysia ketinggalan dan tidak power kerana tiada kor marin. Betapa ceteknya pemikiran mereka dengan perbandingan ini.��
      Cuba lihat tentera Australia dan Singapore yang tiada kor marin namun mereka adalah antara angkatan bersenjata yang terbaik di rantau ini dan cuba lihat tentera Philippine yang mempunyai kor marin namun mereka adalah antara angkatan bersenjata yang terlemah di rantau ini. Tidak mempunyai kor marin tak bermakna tidak mempunyai kebolehan marin. Contohnya ATM, SAF dan ADF tidak mempunyai kor marin tetapi tetap mempunyai anggota tentera dan aset yang mempunyai kebolehan itu di dalam angkatan bersenjatanya.��

      Sky Walker Asrizal Rusli indon tu nak hairan apa korea pun dia org boleh hina boleh rendah rendahkan macam indon tu lah yg terkuat d bumi ni. Tapi tak sedar diri projek jet pejuang dgn korea pun x bayar dan pihak terlibat pun kata indon ni datang korea gi lepak je kerja tak jalan kah kah kah cibai mendonia

      Malaysia Defence Review Asrizal Rusli ade Kor Marin kalau persenjataan level Wataniah lupakan la

      Asrizal Rusli Hahahaha. Aku perasan jugak tu. Mesti kau baca post di page Korea Selatan kan pasal KFX tu? Sampaikan ada komen org dari negara mendonia berkhayal kononnya engineer Don lagi bijak dan diperlukan daripada engineer Korea Selatan dalam projek KFX. Lagi satu gelaran IFX tu hanyalah gelaran org dari negara Don sendiri aka claim

      sepihak sedangkan Korea Selatan dan media antarabangsa sentiasa rujuk KFX sebagai pesawat buatan Korea Selatan.

      Muhammad Franz Firdauz Negara kepulauan kot..haha tang hutang tu dorg ckp sumbangan xwajib byr dy kabo korea xleh pksa indon byr

      Arnold Asrizal Rusli jgn kutuk sgt Silap2 kita tempat mrss dari diorg.. Hahaha

      Malaysia Defence Review Arnold tp PT PAL kata diorg xmampu nk buat sbb fasiliti diorg xbesar n kekurang tenaga kerja mahir

      Ashriful Amin Malaysia Defence Review cuma itu lah yang ATM mampu buat skrg, kalau nk tubuhkan unit marin memang makan modai jugak lah, lagipun smua 3 cabang kita pun masing2 ada kekurangan aset lagi ... Tapi tentera kita tetap diperlengkapkan dgn latihan dan ilmu perang marin sbgai persediaan, sebab perang macam2 dimensi yg kita xdapat nk jangka.. itu dari pemahaman saya lah

      Amerul Ashraf US dengar ni boleh dia offer mana2 aset yg dia boleh bg dahulukan

      Malaysia Defence Review Amerul Ashraf US dari Azali mmg offer Makaysia je masuk air p tolak

      Roymantika Roy Itulah ambk dulu bayar kemudian dengan sawit

      Khairul Zack Roymantika Roy amerika nk cash...Susah nk sawit kita...lain la Russia...

      Roymantika Roy Khairul Zack boleh hutang lah baik ambk kapal laut kita perlu sgt sekarang ini nak halau pati

      Hapus
    2. Muhammad Franz Firdauz Sblom buat kor marin bia lengkap semua aset dulu..nnti half cook..kor marin kena ada pendarat dan amphibious ship..huhu

      Abu Navaradeeforty Kor Marin Di Raja
      beli 2 buah MRSS
      tiba2 dapat pula 4 buah V-22 Osprey (seherrrr)

      Khairul Azhar Wow enam helikopter dlm satu satu masa.besar tu kapal mrss nie..mintak terkabul lah impian setinggi gunung nie....

      Muhammad Shah Rizal Jasmin Khairul Azhar LPD sama ada Damen Enforcer 10000tan, atau PT PAL Makassar 170, jikalau LHD Sama ada Mistral BPC 170 atau CSOC ataupun TAIS
      Gempita upgrade wave breaker kat depan
      fuh
      * mimpi basah di siang hari *

      Asrizal Rusli Mula2 kerajaan perlu fokus pada perolehan aset yang utama dan mendesak.Harap percepatkan perolehan 2 buah MRSS untuk TLDM dahulu, semoga dalam tahun ini atau tahun hadapan dapat dimuktamadkan. Jangan dilupa juga 3 buah helikopter maritim untuk TLDM yang sudah diluluskan budget itu. Disebabkan TLDM juga amat memerlukan kapal peronda order baru untuk LMS paling kurang 2 buah juga perlu. Kemudian fokus dalam perolehan helikopter medium saiz TUDM untuk pengganti Nuri yang mungkin dalam 12+ buah pula dan diikuti perolehan 3 buah UAV/UCAV untuk TUDM. Semua ni adalah keutamaan yang mendesak untuk memenuhi tempo pengoperasian ATM. Selit deal F-18 Hornet Kuwait pun ok juga. ��


      Muhammad Franz Firdauz Dapatkn dlu heli maritim 3 bjik yg dh approve bajet..utk heli tudm beli blackhawk s70i lightly armed utk putd kalau mampu caracal xmampu mi38t..haha nk jugak mi38t

      Muhammad Shah Rizal Jasmin Harap sangat TAIS Turkey LPD spec 170long, 15000tan atau Damen Enforcer 170long 15000tan sebab 2jenis ini ada 3dek heli pendaratan. Selainnya sedia ada 10000tan Damen Enforcer n PT PAL Makassar

      Bukh AZ Gilo adminMalaysia Defence Review mati2 igt kjaan nk bli osprey... Gmbar osprey punya la besar... Bt suspen je admin ni...

      Mhd Taufiq Arif Che Kamaruddin tak akan beli sbb trlampau mahal. Heli tempur ringan yng murah pun lembap nk siap.. 1 unit osprey anggaran 70juta USD.. 70x4= Rm280juta .. baik beli chinook hrga 1 osprey dpt 2 chinook..

      Mhd Taufiq Bukh AZ maintanance still mahal.. hrga sukhoi malaysia lebih murah dri v22 osprey pun maintenance tak terjaga..��

      Arif Che Kamaruddin Mhd Taufiq Sedih!

      Ferdaus Baharum Oleh sb kakitangan dan aset terhad dimana tak upaya mengawal lautan yg luas ATM disyorkan adakan unit UAV yg berteknologi tinggi yg berupaya membawa misil utk pencegahan dr pencerobohan mana2 pihak keatas kawasan lau t kita yg luas..dlm2 trasport heli yg efisyen bg marin adalah V22 Opsrey walsupun mahal..

      Malaysia Defence Review Ferdaus Baharum sbb tu unit marin akan under TD bukan TLDM, TLDM cuma urus kapal, unit udara kongsi antara 3 perkhidmatan
      Jd nmpk cost operation under control dari tubuh unit kor

      Hapus
    3. Muhammad Franz Firdauz Kalau buat kor marin msti ada tmbhan aset perisai..mlrs..artileri pertahanan udara..artileri medan..heli khas utk marines..lancang pendarat..nk lebih power hoverkraf trus haha

      Rafee bajet utk asset yg diperlukan sekarang bagi lepas dulu, baru up benda lain. Sekadar berpendapat

      Muhammad Franz Firdauz Rafee sbb tu ckp kena lengkapkan aset mendesak skrg dulu

      Mohd Saiful Zolkiflee Tambah aset lagi. Cadang 5 tapi minta 15.mana tau dapat 10.

      Mhd Taufiq Mohd Saiful Zolkiflee last² diam mcm heli littlebird tu..

      Fiezul Anwar ‘Dijangka’...

      Malaysia Defence Review Fiezul Anwar belum lulus lg

      Abdul Majid Fiezul Anwar di jangka..kemungkinan..maseh dlm perbincangannnn..gitu lh al kisah dr dulu lg..bincang2..

      Akuni Woii Fiezul Anwar dr 1980an lg atm merancang utk tubuh marin..selagi MRSS x sampai malaysia selagi tu kita akan d hidangkn dgn dijangka..

      Moss Bakar Klu beli osprey utk askar marin kita mmg terbaik..

      Mhd Taufiq Moss Bakar mahal bro.. 70juta USD satu.. heli tempur ringan yng murah pun snyap, xsmpai kesudah inikan pula osprey��

      Koo Noo Haa �� perlu sangat ka marin ?? cuba bagi faham konon..bukan tugas marin ni mcm 10PARA ka ??

      Akir Mat Lazi Koo Noo Haa perlu utk worse case scenario..sb kita byk pulau termasuk sabah sarawak tp asset byk kat semenanjung

      Xazziq Othman Min cukup ke utk PUTD hanya 4biji je alang2 kerajaan kita ni jenis beli hanya sekali pastu tak tahu nak tambah baik beli 10biji terus baru mantap heheh

      Muhd Harrith "Dijangka", "merancang", "menilai", "menyenarai","dipertimbangkan",..
      penat dah dgr perkataan2 ni

      Bahtiar Padli Muhd Harrith ok la tu selepas kajian.

      Muhd Harrith Bahtiar Padli tmbah lagi perkataan, "dikaji"��

      Kovacs Kuznetsov Muhd Harrith lepastu penilaian semula��

      Fahrulruzi Mohd Jusoh Bro hang lupa satu perkataan lagi iaitu
      " BERGANTUNG KEPADA KEMAMPUAN KEWANGAN KERAJAAN "
      ����������������

      Ameir Farhan menhan-bergantung kepada kemampuan kewangan kerajaan
      Menteri kewangan- ekonomi kita berada dalam keadaan baik
      Tp tak beli² jgk

      Bang Long Last2..."melepas"...

      Muhd Harrith Bang Long salah bang, last perkataan dia, "ditunda"..tu je 1 keyword yg meranapkan perancangan ATM ni

      Eqbal Makmon Tertangguh? Ditangguhkan?

      Mat Sinki Perkataan 'Dijangka' dah muak dengar.

      Amirul Faizal John Kol dorang guna kajian kita utk buat pembelian ��.
      Jimat masa, tenaga & kepakaran.
      Malaysia sedia membantu rakan ASEAN!

      John Kol Sembang pom pang pom pang..tgk2 jiran sebelah pakai

      Malaysia Defence Review John Kol jiran pki pe? Spender terbalik?

      Akuni Woii Amirul Faizal tula..malaysia bantu asean..asean pulak mcm taik prangai..yg prangai 'jiran' yg prangai 'serumpun'...kita pulak berdiplomasi sampai ke sudah..

      Muhammad Franz Firdauz Heli utiliti tldm yg 3 bjik dah lulus dana tu mcmne min..mcm xdgr crita dh ke kena scrap dh huhu..apmm 4 bjik heli on lg ke

      Firdaus Cohcek Harap dgn penubuhan marin ni, kita beli skali overcraft bersaiz besar utk angkut aset marin n anggota marin..

      Ameir Farhan Mrss apa min?dari damen ke Makassar class

      Mohd Firdaus MU Ameir Farhan X yah la Makasar����

      Mohd Faisal B. Alias perkasa dulu sistem pertahanan udara baru fikir marin

      Mhd Taufiq Mohd Faisal B. Alias betul tu.. sokong.. payung satu malaysia dngn sistem pertahanan jrak sederhana pun dh ckup.. smpai bila asyik nk pkain short range je��

      Arnold Malaysia Defence Review aku jangka malaysia akan ambik mrss secondhand je mcm dulu2.. Mgkin dari jepun ke mana tau. Itupun seketol.. Pilipin tempah mrss kelas ahmad yani berapa biliun seketol min?

      Hapus
    4. Malaysia Defence Review Arnold x TLDM nk baharu, skrg xde negara nk jual secondhand

      M'rose Mumin Kapal MRSS tu bkn kapal jenis dokdo Korea yg msia ingin bli sblum ni ke tuan Admin????

      Malaysia Defence Review M'rose Mumin bila Malaysia nk Dokdo?

      Mhd Taufiq M'rose Mumin dngar dlu bukan dokdo tpi mistral.. prancis offer mistral kt malaysia tpi ermm masalah duit.. last² dpt kt mesir.

      M'rose Mumin Malaysia Defence Review salah satu calon yg bakal pganti kapal besar tldm yg hangus sblum nie kalau xsilap Aku lh tuan admin???hehe..Mistral??lama dh Aku x ikut perkembangan ATM nie semenjak x bli lg buku perajurit tuan admin..haha

      Shahfizal Shah mcm tak kena nak tubuhkn marin dlm masa terdekat aset darat, laut, udara kurang tak mungkin semua aset ni dpt dicipai sehingga 2025.

      Malaysia Defence Review Shahfizal Shah sebenarnya unit marin nie dh ada under 10 Briged PARA boleh tgk latihan setiap tahun ada latihan Amphibios Warfare Operation

      Asrizal Rusli Untuk MRSS harap sangat Mistral-class LHD (downsized version) jadi pilihan. Tapi agak mustahil dari segi budget. Atau pilihan kedua bagi aku adalah TAIS LPD dari Turkey. Kedua pilihan ini nampak terbaik kerana Malaysia sudah ada kerjasama baik dengan kedua negara ini (Perancis & Turkey) dalam bidang pertahanan.

      M Fitri M Shukri Asrizal Rusli mungkin beli dari Indonesia... design Korea Selatan

      Shah'z Ryzals Asrizal Rusli mungkin Mitsui LHD jenis Izumo atau CSOC LHD. Kalau Mistral LHD downsized mungkin BPC 170 lah atau TAIS LPD 3 heli deck

      Asrizal Rusli Nak buat mcm mane min kalau dapat Makassar-class..terima je lah.. Hahahaha. Lagipun aku tak la kisah mana sebab Makassar-class tu asalnya dari Korea Selatan dan Indonesia dapat lesen untuk bina sendiri dan jual kepada negara lain. Peru pun dapat ToT yang sama utk bina dalam negeri. Jadi kalau Malaysia dapat ToT mcm tu dari Korea Selatan pun ok je.

      Malaysia Defence Review Korang sembang nk tu ini, last2 Kerajaan order Makassar Class ��������

      Muhammad Franz Firdauz Haha smpai kiamat mendunia nganjing



      *KOK GA BELAJAR DARI SANG JUNJUNGAN MAT BRITISH DARI DULU GUNA BENTUK KORPS MARINIR? LON MALON.....MENTAL KOYAK...

      Hapus
    5. Penubuhan Pasukan Marin telah dirancang sejak tahun 1980an namun terhalang akibat kekangan kewangan


      Penubuhan Pasukan Marin telah dirancang sejak tahun 1980an namun terhalang akibat kekangan kewangan


      Penubuhan Pasukan Marin telah dirancang sejak tahun 1980an namun terhalang akibat kekangan kewangan



      KEKANGAN KEUANGAN SAMPAI HARINI ? FACTANYA SAMPAI SEKARANG BELUM TERBENTUK PASUKAN MARINIR TU...

      Hapus
    6. Malaysewa Defence Review KUMPULAN PENGHAYAL MABUK LEM AIBON

      Hapus
  18. KAMI PERCAYA MALAYS TAK KAN BISA KELUAR DARI JERAT HUTANG PGN DAN CHINA....

    KARNA KEWANGAN MALAYS SUDAH HABIS BUAT STIMULUS BERUK BERUK MALAYS PEMALAS YG TERDAMPAK WABAH COVID...


    ITU BANYAK DI SEBUTKAN DALAM TAJUK TAJUK NEWS DI KAWASAN...

    MALAYS MISKIN ASEAN MENGETAHUINYA...

    MALAYS BUAL ASEAN MENGETAHUINYA..


    😂😂😂😂😂

    🔴🔴🔴🇲🇾👎

    BalasHapus
    Balasan
    1. PASTI BRO, HUKUM LINTAH DARAT BERLAKU DARI CHINA KEPADA MALONSIAL....

      Hapus
  19. Apakah program rudal ini mencakup semua jenis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena industri pertahanan afsel butuh partner dan investasi yg cocok...nah indonesia juga sama lg cari partner gw lbh fokus ke teknologi SAM dan mungkin helikopter serang rooivalk, blue printnya dan wujudnya sdh ada walau AB afsel kekurangan duit utk maintenance

      Hapus
  20. Nak Info je yang Malaysia dah pakai turret 30mm DENEL untuk AV8 GEMPITA, Misil anti tank INGWE ye.... wkwkwkwkwkwkwkwkkw....


    nampaknya mereka ke Afrika untuk PRANK lagi....wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu pake misil tapi kita ToT rudal pur hahha

      Hapus
  21. Kapal selam saja masih belum dibayar wang muka dan TUnggak hutang KFX lagi nak ke tempat lain...??? wkwkwkwkkwkw

    SHOPING katanya wkwkwkwkwkwkkw Asyik PRANK saja INDON ni

    BalasHapus
  22. Selesaikan dulu tunggakan HUTANG tu baru sembang lain....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penubuhan Pasukan Marin telah dirancang sejak tahun 1980an namun terhalang akibat kekangan kewangan. Masya allah dari th 1980 sdh tak de wang
      MALAYSEWA TRULLY PRANK ASIA

      Hapus
    2. Check this:

      Shoping Indo : + Transfer ilmu

      Shoping gred a: + uang kopi
      Facts:
      - Membayar seharga 12 kapal, tapi cuma dapat 6 kapal. Kes Kedah class ngpv (marhalim)
      - .. Lms Wuhan?
      - .. Lcs gowind?
      - .. baru aset laut je.

      😁😁😁

      Hapus
  23. HUTANG TERUS YA....MALAH BANGGA....wkwkwkwk


    Kemenhan Bakal Dapat Pinjaman Luar Negeri Paling Banyak Tahun Depan

    Kementerian Pertahanan direncanakan memperoleh pinjaman luar negeri paling tinggi untuk tahun depan.

    Dalam RAPBN 2020, Kementerian Pertahanan diusulkan untuk memperoleh pinjaman luar negeri sebesar Rp9,05 triliun, terpaut jauh dibandingkan dengan kementerian dan lembaga (K/L) lain.

    Kementerian PUPR direncanakan memperoleh pinjaman luar negeri sebesar Rp5,07 triliun, jauh dibawah Kementerian Pertahanan.

    Dua K/L yang memperoleh pinjaman luar negeri di atas Rp1 triliun selain Kementerian Pertahanan dan Kementerian PUPR adalah Kementerian Perhubungan dan Polri dengan perolehan pinjaman luar negeri sebesar Rp2,93 triliun dan Rp1,8 triliun.

    Selain 4 K/L yang sudah disebutkan, perolehan pinjaman luar negerinya diusulkan di bawah Rp1 triliun.



    linknya
    http://defense-studies.blogspot.com/2019/09/kemenhan-bakal-dapat-pinjaman-luar.html

    BalasHapus
  24. dalam berhutang tu pun masih tak bayar wang muka dan TUNGGAK HUTANG KFX...wkwkwkkwkw

    BalasHapus
  25. Manakah sevutan paling cocok untuk malonyet?

    a. MALAYSIAL
    b. MALAYSEWA
    c. BANGLASIA
    d. Semua jawaban benar

    BalasHapus
  26. Adoiiii... HUTANG...HUTANG...HUTANG....wkwkwkkwkw

    Kementerian Pertahanan Paling Banyak Berutang

    JAKARTA–Kementerian Pertahanan menyepakati banyak perjanjian utang pada Oktober 2019. Hal ini tertuang dalam laporan pengelolaan pinjaman dan hibah yang dirilis oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR).

    Sepanjang Oktober 2019, pemerintah menandatangani 10 perjanjian pinjaman yang terdiri dari tujuh perjanjian realisasi pinjaman dalam negeri, dua pinjaman bilateral, dan satu perjanjian pinjaman KSA/LPKE.

    Sembilan dari pinjaman tersebut digunakan untuk keperluan kegiatan Kementerian Pertahanan, sedangkan satu sisanya untuk mendanai kebutuhan Polri.

    Perjanjian realisasi pinjaman dalam negeri yang ditandatangani antara lain enam perjanjian pinjaman dengan Bank Mandiri untuk lima kegiatan pengadaan alutsista untuk Kementerian Pertahanan dan satu kegiatan pengadaan almatsus untuk Polri.


    linknya
    https://ekonomi.bisnis.com/read/20191115/10/1170736/kementerian-pertahanan-paling-banyak-berutang

    BalasHapus
  27. HUtang...HUTANG..... HUTANG.... TUNGGAK HUTANG....wkwkwkkwkw

    BalasHapus
  28. Kemenhan Bakal Dapat Pinjaman Luar Negeri Paling Banyak Tahun Depan

    Kementerian Pertahanan direncanakan memperoleh pinjaman luar negeri paling tinggi untuk tahun depan.

    Dalam RAPBN 2020, Kementerian Pertahanan diusulkan untuk memperoleh pinjaman luar negeri sebesar Rp9,05 triliun, terpaut jauh dibandingkan dengan kementerian dan lembaga (K/L) lain.

    Kementerian PUPR direncanakan memperoleh pinjaman luar negeri sebesar Rp5,07 triliun, jauh dibawah Kementerian Pertahanan.

    Dua K/L yang memperoleh pinjaman luar negeri di atas Rp1 triliun selain Kementerian Pertahanan dan Kementerian PUPR adalah Kementerian Perhubungan dan Polri dengan perolehan pinjaman luar negeri sebesar Rp2,93 triliun dan Rp1,8 triliun.

    Selain 4 K/L yang sudah disebutkan, perolehan pinjaman luar negerinya diusulkan di bawah Rp1 triliun.



    linknya
    http://defense-studies.blogspot.com/2019/09/kemenhan-bakal-dapat-pinjaman-luar.html

    BalasHapus
  29. INDON semakin bertimbun hutang ya...wkwkwkwkkw

    BalasHapus
  30. Kemenhan Bakal Dapat Pinjaman Luar Negeri Paling Banyak Tahun Depan


    SHOPING ATAS HUTANG.... wkwkwkwkwkwkwkkw itu pun masih TUNGGAK dan Tak bayar wang muka...

    BalasHapus
  31. HUTANG ATAS HUTANG.... MANTAP.... wkwkwkkwkkww

    BalasHapus
  32. Nampaknya ada yang panas hati le tu...

    BalasHapus
  33. Rupanya INDON hutang beli aset pertahanan... MANTAP....wkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hutang aset pertahanan demi kwdaulatan negara pur hohoo

      Hapus
  34. nak panas apanya...sekadar ke sana tengok tengo barang nak dengki...wkwkwkwkwk

    yang saya PANAS bila INDON rupanya raja hutang juga...wkwkwkwkkw

    BalasHapus
  35. Malassia masih kumpul uang kah poor, sehingga baru beli HT cash, tapi beli LMS hutang kat cina 😄😄😄

    BalasHapus
  36. Awal memang tengok, abis tu beli lalu dapat tot. Kau beli barang kat denel dapat tot apa? Malassia dah bisa buat apa poor

    BalasHapus
  37. Ini Risiko RI Beli Alat Tempur Pakai Utang

    Pemerintah berencana membeli alat utama sistem persenjataan (alutsista) dari pinjaman dalam maupun luar negeri untuk di Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018. Rencana pengadaan dari utang itu memiliki risiko bagi fiskal yang harus diantisipasi pemerintah.

    "Kalau sebagian besar diambil dari pinjaman luar negeri (beli alutsista), ada risiko ketika mau membayar, dan lainnya. Ini yang harus dijaga, jangan sampai mengganggu APBN," kata Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Eko Listiyanto, saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Selasa (26/9/2017).

    Eko berpendapat, pengadaan alutsista yang berasal dari utang luar negeri rawan dengan risiko nilai tukar (kurs). Potensi terjadinya gejolak kurs ini diakuinya semakin besar, lantaran ada peluang The Fed menaikkan suku bunga acuan, uji coba bom nuklir oleh Korea Utara yang diprediksi akan menggoyang perekonomian global maupun stabilitas kurs rupiah.

    BalasHapus
  38. Kemenhan Bakal Dapat Pinjaman Luar Negeri Paling Banyak Tahun Depan

    Kementerian Pertahanan direncanakan memperoleh pinjaman luar negeri paling tinggi untuk tahun depan.

    Dalam RAPBN 2020, Kementerian Pertahanan diusulkan untuk memperoleh pinjaman luar negeri sebesar Rp9,05 triliun, terpaut jauh dibandingkan dengan kementerian dan lembaga (K/L) lain.

    Kementerian PUPR direncanakan memperoleh pinjaman luar negeri sebesar Rp5,07 triliun, jauh dibawah Kementerian Pertahanan.

    Dua K/L yang memperoleh pinjaman luar negeri di atas Rp1 triliun selain Kementerian Pertahanan dan Kementerian PUPR adalah Kementerian Perhubungan dan Polri dengan perolehan pinjaman luar negeri sebesar Rp2,93 triliun dan Rp1,8 triliun.

    Selain 4 K/L yang sudah disebutkan, perolehan pinjaman luar negerinya diusulkan di bawah Rp1 triliun.



    linknya
    http://defense-studies.blogspot.com/2019/09/kemenhan-bakal-dapat-pinjaman-luar.html

    BalasHapus
  39. BANGGA ya buat HUTANG....wkwkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
  40. Yes lah alatan baru, dengar tahun hadapan buget pertahanan akan naik yuhuu... Ada yang panas...

    BalasHapus
  41. hahahaha.. sekadar cakap siapa pun boleh cakap bro....

    benda yang dah sign pun boleh Tunggak hutang dan tak bayar sewa hingga kena denda.. apa la sangat

    INDON kan terkenal dengan PRANKnya...wkwkwkkw

    oh lupa mcm juga 11.000 Trilion.... kalau sekadar cakap siapa pun boleh cakap kan...wkwkwkwkkw

    BalasHapus
  42. Hutang untuk kepentingan negara tak apa, banding najib hutang kat tapi di makan sendiri. Prank najib memang sedap

    BalasHapus
  43. Kasihan ya rakyat INDON sekarang....wkwkwkwkkw penuh dengan PRANK...

    BalasHapus
  44. cuba kamu baca risiko hutang untuk beli aset.... nampak kesannya...

    yang akan tanggung adalah rakyat...mcm sekarang rakyat INDON kena bayar yuran kesihatan lebih tinggi, bil eletrik naik, minyak tak turun, potong gaji... itu antara sebahagian kesan akibat kena bayar bunga hutang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. INGAT...INGAT!

      HUTANG Gred a cecah >50% GDP
      Indo < 30% GDP

      DUA HAL YG JELAS BERBEDA!

      Hapus
  45. Bagus ni tapi kita sudah sering berurusan dengan denel..ada denel g5 155mm towed howitzer, ada denel ingwe atgm..ada turret utk gempita juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Gred a cuma beli-beli je!
      Kalo Indo, beli+transfer ilmu!

      Sangat berbeda bro!
      😁😁😁

      Hapus
    2. Malon beli ngaku2 paling canggih
      Hahha
      Indo beli atau kerjasama TOT dgn negara lain yg sudah maju alutsista dlm negerinya untuk program alutsista nasional.

      Hapus
  46. Denel juga sudah selesai hantar turet utk gempita yang yang rakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Gred a cuma beli-beli je!
      Kalo Indo, beli+transfer ilmu!

      Sangat berbeda bro!
      😁😁😁

      Hapus
    2. Malon cuma beli
      Kita mau ToT rudal pengembangan propelan roket Lapan hahayy
      InHan RI maju trus

      Hapus
  47. Sangka beli aset pakai CASH rupanya semuanya HUTANG dalam negara dan luar negara.... wkwkwkwkwkwk

    PARAH....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu yang kasih kemudahan pinjaman produsen alutsista bro.

      Terserah Indo mau dpake/tidak!
      Terserah kita mau +barter/tidak!
      Cash bisa dialihkan ke yg lain!

      Suka2 kita lah!
      😁😁😁

      Hapus
  48. Balasan

    1. Ya, Gred a cuma beli-beli je!
      Kalo Indo, beli+transfer ilmu!

      Sangat berbeda bro!
      😁😁😁

      Hapus
    2. Masih dibawah level CAESAR dan KH179😂😂😂

      Hapus
    3. haha caesar itu lain tipe la tolol..kalau mau bahas bia tahu jangan sok tahu

      Hapus
    4. Yang penting MALON tak punya SPH😂😂😂

      Hapus
  49. dalam hutang tu pun Masih TUNGGAK HUTANG KFX dan TAK BAYAR WANG MUKA Kapal selam dan potong kos perawatan.... wkwkwkwkwkkwkw memang Lawak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ingat ..ingat...

      Kfx: Contribution payment!

      Kapal Selam:
      Barang belum ada pun!

      😂😂😂

      Hapus
    2. so jetnya mau tapi ngak mau nyumbang? haha useless

      Hapus
    3. Jgn di klaim kfx nanti pur hahah

      Hapus
    4. Indo dah nyumbang 30% dari seharusnya.
      Sementara belum terima barangnya apa pun.

      kurang apalagi baiknya Indo....hayo..

      Hapus
    5. 30% dari seharusnya..tapi hutang 500 billion won..hahah tolol...nyumbang harus sesuai ikut kesepakatan

      Hapus
  50. Wakakakak...mimpi basah malon punya marines...duit dari mana dari China Komunis??

    brigade 10 para saja perutnya buncit²,minim latihan dan hanya bisa nembak kertas sasaran doank...

    BalasHapus
  51. @Gempur mo bicara soal hutang?!

    INGAT...INGAT!

    HUTANG Gred a cecah >50% GDP
    Tapi Indo < 30% GDP

    DUA HAL YG JELAS BERBEDA!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan di indo ada UU yang membatasi persentase hutang negara, ga boleh lebih dari 33,3%

      Hapus
    2. iya iya lah beda gdp..cuba gdp kita sama dgn gdp ri

      Hapus
  52. Beli HT je yang pakai wang Cash, lalu LMS ??? 😀😀😀

    BalasHapus
  53. jetnya pasti mau..nyumbang ngak mau..korsel ngak bisa maksa ri bayar hahaha

    BalasHapus
  54. kalau ngak mau nyumbang yah udah keluar aja..tunggu siap dan beli senang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha klo keluar kita tak mslh mau tendang kita korsel gak brani krn Indonesia punya pengalaman bidang pesawat.
      Malon hanya iri bual

      Hapus
    2. apa ri memang udah punya pengalaman buat pesawat tempur? korsel itu sudah bina f50 loh..peswat tempur ringan bukan pesawat angkut

      Hapus
    3. Indo dah nyumbang 30% dari seharusnya.
      Sementara belum terima barangnya apa pun.

      kurang apalagi baiknya Indo....hayo..

      Hapus
  55. Meriam G5 ni meriam yg mudah di kesan musoh lah lon susah di atur gerak. Lain banding ngan caesar, yang mudah di atur gerak.

    Sekali kau tembak guna G5 elang hitam dah balas balik kat posisi atm, hancur sudah atm kau

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorg lagi tolol kalau mau banding banding yang sama tipe jangan tipe lain haha..

      Hapus
    2. meriam tarik dibanding meriam gerak sendiri haha tolol

      Hapus
    3. Panas leh tu, tak ada caesar juga paladin 😄😄😄

      Hapus
    4. xpanas juga tenang2 aja..hahaha

      Hapus
    5. Meriam G5 kau tu guna lawan zulu yang guna senapan je, tak boleh balas

      Hapus
  56. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  57. Makanya TNI beli caesar lagi karena mudah di atur gerak, tak macam G5.

    Bila caesar dah ujian kat ATM lalu bagaimana lon bagus tak, jom kumpul wang dulu biar boleh beli cash 😄😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha jadi meriam tni semua caesar? ngak punya yang tarik? haha

      Hapus
    2. Ada yang tarik juga, tp perkembangan tehnologi bro. Liat musoh yang kau hadapi siapa, kalau pejuang zulu boleh lah kau pakai meriam G5. 😀😀😀

      Hapus
    3. Masalahnya kau iri...

      Susah liat orang lain senang, tapi senang liat orang lain susah

      Hapus
    4. Masalahnya lu panas hati liat orang lain senang, tapi senang liat orang lain susah

      Itu tabiat orang iri, yang tak mampu. Cakap bual je boleh... 😄😄😄

      Hapus
  58. Bagus kerja sama TOT dgn Afsel buat rudal sndri dan propelan untuk Roket Lapan RX 450.

    BalasHapus
  59. SANGAT MENYEDIHKAN...askar beruk malon KAGAK PUNYA SPH 155mm...

    Hahahahahah..kismin

    BalasHapus
    Balasan
    1. lalu apa masalahnya bagi elu..

      Hapus
    2. Mslh malon kpn disini nongkrong
      Kasihan ya tak ada shoping gt gak suka ya dger berita oerkembangan InHan RI kerjasama dgn negara2 lain memabangun alutsista mandiri

      Hapus
  60. Lon kau shoping banyak banyak kat denel kau dapat TOT apa? TOT pasang turet ke

    Oiya aku mengerti gomen malassia memang bijak, malassia tak nak ambil TOT kerena gomen tau malassia tak ada kepakaran apapun jadi sia sia je

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang semua harus tot? kenapa tak tot singa afrika badak afrika sekalian haha

      Hapus
    2. Malon gak ada kepakaran dri dulu tau nya gempitol huhuu
      RI beli sekaligus Ambil TOT.
      Apalgi ToT propelan Roket Lapan
      Salam tak aada kwpakaran

      Hapus
    3. 👆👆👆 TOLOL...😄😄😄

      Hapus
    4. Iya TOt itu penting ilmu wawasan biar luas In Han hahha
      Malon buat senapan aja gak bisa🥺😅😅

      Hapus
    5. Om Dab, malon yang satu ini dah panas 😄😄😄

      Hapus
  61. KAHKAHKAH.....MALAYSIA KALO KOMEN, LAGUNYA SAMA KAHKAKAH....

    SALAM SEWA SEWA SEWA....

    TAKDE BELANJA MILITER MALON

    BalasHapus
  62. Tahniah InHan RI 😅🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩👍👍👍

    BalasHapus
  63. Tahniah InHan RI 😅🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩👍👍👍

    BalasHapus
  64. DAH TAK BAYAR MEMANG LA SAMA...

    takan nak lain pula ye tak... wkwkwkwkkw

    rupanya beli Aset dengan HUTANG...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lu sewa aset dengan hutang...kere lon

      Hapus
    2. Eaahhh ada kutang lewatt
      Malon ada kekapakaran apa ya saya tanya?? Sudah kah bisa senapan atau seragam militer sndri pur

      Hapus
  65. ala rileks la..Malaysia siap pasang turet termoden denel 30mm tau kat GEMPITA wkwkwkwkwkkw

    kasihan INDON dengki le tu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempita utangan itu ya lon...ato sewa lon ??

      Hapus
    2. Iyaa siap pasang aja cuma beli
      Kita beli trus ambil ToT pur biar pintar nanti.apalgi klo dpt ToT Propelan roket Untuk RX 450 hehhehe.

      Hapus
  66. bro saya nak tanya jika truk Ceasar rosak atau bermasalah saya tanya kamu bagaimana nak gerakkan meriam yang ada atas truk ceasar ayuh jawab...wkwkwkwkkw

    maknnya meriam towing lebih praktikal ia masih ada mobilasi gerak walaupun truknya rosak ia masih boleh dibawa oleh kenderaan lain untuk menggantikan truk asal pembawa..takde masalah bro... wkwkwkwk

    Nampak tak praktikalnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhhaha towiing towing duaaarrr werr kewer pur

      Hapus
    2. Ish..ish..ish

      Cem ni lah jawaban yg tak punya Caesar.
      Perancis pun senyum-senyum je!

      Kalo begitu kita guna panah je + meriam bambu!

      Hapus
    3. HAHAHAHAHA...MENYEDIHKAN YA NUR...HANYA MALONaNJING DI SEA YG TIDAK PUNYA SPH 155mm...KASIHAAN...

      LEMBIK....

      Hapus
    4. Yeleh pertanyaan orang tolol, lalu kalau meriam G5 rosak sapa yang mau perbaiki 😄😄😄😄

      Hapus
    5. kalo truk lain rosak?
      ganti truk lain lagi!
      Kalo truk lain lagi rosak?
      Kau kah yang tarik?

      ish..ish..ish

      Hapus
  67. @unknown
    MENYEDIHKAN YA....SUDAH TAHUN 2020 HANYA askarberuk Malon ENGGAK PUNYA SPH 155mm...Thai,Sing,Indo,Phil,viet,Myanmar PUNYA SEMUA. SUNGGUH SANGAT MENYEDIHKAN...LEMBIK SANGAT.

    Sssst.. DEFENCE BUDGET TNI 2021 NAIK LOH...😅🤣😂🤑🤑🤑🤑🤑

    BalasHapus
  68. To @Gempur + Unkno

    Ingat..Ingat!

    Tuk Kfx/ifx, Indo dah nyumbang 30% dari seharusnya.
    Sementara belum terima barangnya apa pun!

    Ayo, kurang apalagi baiknya Indo ke Korea!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau betul indo sudah cukup baik kenapa korsel harus nuntut hutang? harus nyebut2 nama ri dalam koran2 disana

      Hapus
  69. Kasihan ya Rakyat INDON masih percaya dengan kenaikan budget pertahanannya dalam keadaan INDON masa corona ni...wkwkwkwkkw

    PRANK bro....

    BalasHapus
  70. Kemenhan Bakal Dapat Pinjaman Luar Negeri Paling Banyak Tahun Depan

    Kementerian Pertahanan direncanakan memperoleh pinjaman luar negeri paling tinggi untuk tahun depan.

    Dalam RAPBN 2020, Kementerian Pertahanan diusulkan untuk memperoleh pinjaman luar negeri sebesar Rp9,05 triliun, terpaut jauh dibandingkan dengan kementerian dan lembaga (K/L) lain.

    Kementerian PUPR direncanakan memperoleh pinjaman luar negeri sebesar Rp5,07 triliun, jauh dibawah Kementerian Pertahanan.

    Dua K/L yang memperoleh pinjaman luar negeri di atas Rp1 triliun selain Kementerian Pertahanan dan Kementerian PUPR adalah Kementerian Perhubungan dan Polri dengan perolehan pinjaman luar negeri sebesar Rp2,93 triliun dan Rp1,8 triliun.

    Selain 4 K/L yang sudah disebutkan, perolehan pinjaman luar negerinya diusulkan di bawah Rp1 triliun.



    linknya
    http://defense-studies.blogspot.com/2019/09/kemenhan-bakal-dapat-pinjaman-luar.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. TIDAK APA² KOK PINJAMAN....TAPI ANGGARAN MILITERNYA TNI NAIK +× USD.1 BILLION...

      GIMANA ASKARBERUK MALON....Uuupppps SORRY MALON MENJELANG RESESI EKONOMI YAA...SUKURIIIN...

      Hapus
  71. Kenaikan budget pertahanan dengan HUTANG luar negeri ya....??? wkwkwkkwkwkwk

    BalasHapus
  72. Kasihan malon gak ada kepakaran sampe2 iri trus tabiatnya dgn RI huhuuhu

    BalasHapus
  73. masa hutang di bangga... ANEH ya INDON...wkwkwkwkkww

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Gempur mo bicara soal hutang?!

      INGAT...INGAT!

      HUTANG Gred a cecah >50% GDP
      Tapi Indo < 30% GDP

      DUA HAL YG JELAS BERBEDA!

      Hapus
  74. wkwkwkwkwkw... Versi turret DENEL milik MALAYSIA 30mm dan versi ATGM Ingwe yang dipasang pada GEMPITA...wahhhh TERCANGGIH...INDON mana ada lagi...

    INDON masih tunggu HUTANG CAIR...wkwkwkkww

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya gemipta kan kemampuan mu lon?
      Bisa buat senapan tidak bisa buat amunisi tidak? Bisa buat tank medium tidak?
      Dimana kepakaran mu lon

      Hapus
    2. gred a cuma pandai beli je.

      Indo beli+transfer ilmu

      Berbeza lah!

      Hapus
    3. ada je buat peluru dan senjata.... wkwkwkwkwkkw

      Kasihan INDON dia perasan mereka je di rantau ASEAN ni boleh buat senjata...wkwkwkwkkwkw

      Hapus
    4. Hahahhha mana link buktikan pur hahhaha seragam militer aja msih buatan Sritex solo kahkah

      Hapus
  75. Klo dpt ToT rudal atau proepelan nya mas Umkhonto dan Raptor 2 bisa lumayan buat Roket Rx 450 lapan nnti 👍👍🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩

    BalasHapus
  76. Kemenhan Bakal Dapat Pinjaman Luar Negeri Paling Banyak Tahun Depan



    Wkwkwkwkkwkwkwkw.... APBN HUTANG, KFX HUTANG, PERTAHANAN pun HUTANG....

    PARAH INDON....

    BalasHapus
  77. HUTANG...HUTANG....HUTANG...Anehnya bayar sewa satelit tak punya wang hingga kena denda USD 20 Juta...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Gempur mo bicara soal hutang?!

      INGAT...INGAT!

      HUTANG Gred a cecah >50% GDP
      Tapi Indo < 30% GDP

      DUA HAL YG JELAS BERBEDA!

      Hapus
  78. Tulah maknaya kau tak punya SPH CAESAR jadi tak tau hal lalu tolol. Gamepoor Caesar bergerak tak sorang sorang bodoh, ada pun team mekanik yang selalu ikut. Tolol nak cakap besar lagi... 😄😄😄

    BalasHapus
  79. sembang je lebat...malah perawatan C130 INDON hantar MALAYSIA...wkwkwkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Gempur bicara herky ke Airod,
      Indo dah ada GMF, Garuda Maintenance Fasility yg siap merawat herky

      Hapus
    2. Yeleh sembang ngan tempat servis je... Sama je lah macam tempat servis kerete. Tak ada special pun

      Hapus
    3. Tes kemampuan mu lon hahhay.
      MRO ternyata slse 3thun ilmu dangkal.

      Hapus
    4. Maintenance di RI sibuk lon byk pelnggan makanya kmi kirim herky ke malon MRO biar gak nggagur tu pabrik mu lon

      Hapus
  80. @Gempur mo bicara soal hutang?!

    INGAT...INGAT!

    HUTANG Gred a cecah >50% GDP
    Tapi Indo < 30% GDP

    DUA HAL YG JELAS BERBEDA!

    -----------------------------

    @Gempur bicara Kfx/Ifx:

    Ingat..Ingat!

    Tuk Kfx/ifx, Indo dah nyumbang 30% dari seharusnya.
    Sementara belum terima barangnya apa pun!

    Ayo, kurang apalagi baiknya Indo ke Korea!

    BalasHapus
  81. Yeahhh asek beli dpt TOT buat sndri trus dipake dlm negeri dan bisa di eksport nntinya dpt pemasukan modal
    Tak macam negara jiran sebelah hanya mampu bgun gempita diam di tmpt gak ada kemampuan.
    Mau buat seenapan VB saingi RI pun jdi olok2 dunia.
    Buat kapal salah salah potong huhuu😅😀

    BalasHapus
  82. mekanik dibawa sekali kamu ingat semua truk tu boleh di baiki dalam masa singkat...??? maknnya rosak saja satu truk ceasar maka satu ceasar berkurang kerana meriamnya tak semudah itu untuk dibuka dan dipindahkan ke truk ceasar baru... nampak kelemahan tu...

    jika meriam G5 takde masalah truk lain rosak ia masih boleh dinbawa dengan truk lain... tapi jika truk ceasar rosak makna sebuah ceasar dah tak berfungsi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAPAL PERANG ROSAK, MALON PAKE SAMPAN..KAHKAHKAH

      Hapus
    2. kalo truk lain rosak?
      ganti truk lain lagi!
      Kalo truk lain lagi rosak?
      Kau kah yang tarik?

      ish..ish..ish

      Hapus
    3. Maknanya kau tak punya SPH CAESAR. itu salah satu guna dari TOT pur, boleh perbaiki sendiri meriam yang rusak. Ada kereta recovery, buat tarik

      Hapus
  83. KAHKAHKAHKAH.... ADA YANG PANAS ..ANGGARAN MILITER INDONESIA NAIK DI TAHUN 2021...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panas dengan HUTANG...??? wkwkwkwkwkkw serius la bro... HUTANG akan turun ke rakyat... bangga dengan aset namun terikat dengan hutang...

      INDON BANGGA ye...wkwkwkwkkw

      Hapus
    2. utk 2021 bagus naik tp utk 2020 sudah dislash

      Hapus
    3. COBA LON NEGARA MALAYSIA ADA TAK DI DAFTAR HUTANG DI LINK INI

      https://www.ceicdata.com/id/indicator/malaysia/external-debt

      KAHKAHKAH..

      Hapus
  84. wkwkwkwkwkw... kasihan ya INDON tak nampak kelemahan yang ada pada ceasar.... setiap kekurangan jumlah adalah satu kelemahan... maknnya ceasar kena pastikan setiap truk jangan ada masalah sepanjang konflik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. TERSERA LU NGOMONG LON, YANG PENTING BELANJA BELANJA...KAHKAHKAH....MALON BISANYA NGELUH DOANK KOMENNYA KAHKAHKAH..

      Hapus
    2. Eaaahhh blah blah blah pur hohoo

      Hapus
    3. Betul, kerana G5 banyak kelemahannya makanya perancis buat Caesar!

      Hapus
  85. 50% dari 350billion lebih dikit atau sama dgn 30% dari 1 trillion hahaha

    BalasHapus
  86. Saya sangka INDON beli aset dengan Tunai dan sebahagiannya hutang 50-50...

    rupanya 100% HUTANG....wkwkwkkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAHKAH,....MALON2 .... SEWA HELI AJA PAKE HUTANG BAYARNYA.....KAHKAHKAH...DONGOK GA ILANG2

      Hapus