21 Juni 2020

Pengamat Asing : 2 Iver Huitfeldt class Belum Cukup

21 Juni 2020


Fregat ocean going Iver Huitfeldt class (photo : Morten Rene)

Akhirnya, Indonesia Bakal Punya Dua Kapal Fregat Raksasa Kelas Gahar untuk Jaga Natuna dari Gangguan China

Sosok.ID - Perairan Natuna yang kian panas gegara aksi slonong boy pihak militer China membuat Indonesia pasang kuda-kuda perang.

Ya siapa yang tak gentar, China mengerahkan Fregat Jiangkai II Class beberapa waktu lalu di Natuna Utara.

Sebenarnya Indonesia sudah punya Martadinata Class untuk mengimbangi Jiangkai II.


Namun saat itu Martadinata Class belum sepenuhnya beroperasi 100 persen dan sebagai gantinya dikerahkan Korvet KRI Usman Harun di Natuna Utara.

Maka pihak TNI merasa perlu menambah kekuatan laut di Natuna Utara.

Gayung bersambut, Indonesia kini bakal punya dua kapal fregat kelas gahar dari Denmark, yakni Iver Huitfeldt class.

Laporan navalnews.com, Selasa (16/6/2020) mengatakan jika Indonesia kekurangan kapal Ocean Going untuk mengimbangi agresivitas China di Natuna Utara.

Maka Kementerian Pertahanan mencanangkan pembuatan fregat baru untuk menjaga Natuna agar lebih aman dari gangguan asing.


Pada Maret 2020 PT PAL Indonesia ditugaskan untuk mengembangkan desain untuk 2 kapal selama 5 tahun seharga USD720 juta (Rp1,1 triliun) bekerja sama dengan Denmark tentunya untuk membuatkan kapal fregat bagi TNI AL.

Denmark sendiri nantinya akan diwakili oleh galangan kapalnya Odense Maritime Technology (OMT) yang akan melakukan Transfer of Technology kepada PT PAL Indonesia.

Bahkan Direktur Pelaksana Tim Angkatan Laut Denmark dan mantan Kepala Angkatan Laut Denmark Laksamana Muda (Purn) Nils Wang mengatakan Indonesia sudah menunjukkan minat kuat untuk akuisisi Iver Huitfeldt class.


Martadinata class dan Diponegoro class (photo : Putut Reza)

"Tim Angkatan Laut Denmark dapat mengkonfirmasi bahwa Indonesia - di antara negara-negara lain - telah menunjukkan minat untuk frigat Denmark Iver Huitfeldt."

"Namun, saya tidak dapat mengomentari pertanyaan spesifik Anda," ujar Nils seperti dikutip dari Naval News.

Bukan hanya itu saja seorang peneliti di Program Keamanan Maritim, Sekolah Studi Internasional S. Rajaratnam, Singapura, Collin Koh malah membuat pernyataan lebih gila lagi.

Collin menyebutkan jika Indonesia tidak akan bisa mempertahankan Natuna Utara jika hanya dibekali dengan dua Fregat kelas berat saja.

Indonesia perlu membangun fregat sekelas Iver Huitfeldt lebih banyak lagi dan lagi ditambah kapal Offshore Patrol Vessel (OPV) untuk menjaga wilayah lautnya yang luas terutama di Natuna karena lawannya China.

"Dua fregat besar tidak cukup untuk menutupi perairan Natuna, di mana serangan China sering terjadi."

"Paling-paling, di setiap titik waktu, 1 dari pasangan fregat baru ini akan ada di pangkalan, meskipun untuk jangka waktu terbatas dan menyediakan perawatan yang tepat, jadwal perbaikan."

"Tentu saja, dengan anggaran yang sama, lebih banyak OPV yang lebih kecil dapat diperoleh. Namun, saya menduga beberapa alasan di balik pencarian untuk kelas Iver Huitfeldt," ujar Collin.

"Dan menambahkan bahwa Iver Huitfeldt juga lebih besar, dan mewakili desain yang sepenuhnya baru yang harus ditangani oleh PT PAL. Dengan transfer teknologi yang tepat di bawah bimbingan rekan-rekan mereka dari Denmark, dan tentu saja dengan komitmen Jakarta terhadap program ini, adalah mungkin bagi PT PAL untuk mengatasi masalah awal dari kurva pembelajaran dan secara bertahap menjadi mampu membangun kapal secara mandiri."

"Kita bisa mengambil contoh dari kolaborasi PT PAL dengan DSME dalam pembangunan lisensi kapal selam. Ada cegukan awal, terutama karena transfer teknologi, tetapi ini kemudian diatasi dan Indonesia akhirnya berhasil membangun kapal selam kelas Nagapasa ketiga, dan menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang membangun kapal selam secara lokal," tambah Collin.

Nah, sekarang tinggal tunggu tanggal mainnya dimana Indonesia bakal mempunyai kekuatan angkatan bersenjata yang sangat diperhitungkan di kawasan.

(Sosok)

276 komentar:

  1. 12 kalo perlu biar setrong ...👍🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. 12? Mau makan apa kalian? 2 buah aja sudah 720 juta..itupun ffbnw

      Hapus
    2. Makan nasi lah om bukan makan pisang cem malon manusia kera

      Hapus
    3. Pakai nanya makan apa, memangnya malon 6 kapal ngga keliatan bentuknya

      Hapus
    4. Mkan nasi lah, budget militer US$9,6 billion itu baru 0,8% GDP dan 3x lipat korang, kalau 2% boleh lah 7x lipat wang korang, boleh beli 4 Iver full-armed, malon boleh guna LeMeS lembap je😂😂

      Hapus
    5. Material untuk bina kapal kami sudah punya hanya CMS dan persenjataan serta mesin atau turbin yang masih di beli , ongkos produksinya tidak semahal beli jadi , kami punya otak dan skill lon , tak macam kerajaan tipu tipu 😋😋😋

      Hapus
    6. Iver konfigurasinya pakai meriam 127 mm...agak gedean biar untuk nyumpal mulut2 sampah 🐒🐒🐒 malon 😁😁😁

      Hapus
    7. https://militaryleak.com/2020/06/20/germany-approves-e13-billion-package-for-mks-180-frigates-and-eurofighter-aesa-radar/#menus desain omega yang ditaearkan DAMEN ke TNI AL bisa disandibgkan dengan Iver

      Hapus
    8. Skill malon kan jauh sama PT PAL dan Pindad huhu
      Iver itu bukan akhir lon setwlah sukses buat Iver melaut kita busa mudah buat kapal sekelas destroyer lon.
      Apalgi kita sudah bisa buat kapal selam di Asia tenggara.
      Malon mana ada kemampuan dak skill

      Hapus
    9. Kalo udah kebeli Iver ya tinggal wassalam sama Omega mas @MAM....karena secara desain dan fungsi, mereka ini sejenis

      Hapus
    10. 6 IVER
      6 OMEGA
      12 PKR SiGma 10514
      6 U 214
      JOSS GANDHOSS...
      Malon cukup LMS je yuhuuu 😁😁😁

      Hapus
    11. Jangan lupa pattimura class dan fatahillah class sudah sangat lanjut usia... Pengganti TOT dengan India seharusnya kemhan melirik INS Kiltan...

      Hapus
    12. 6 iver? 6 omega? 12 pkr? Haha iver pn belum deal..haha kalau udah iver dipilih ngak mgkin omega juga dipilih kerana salah satu..pkr cuman bru 2 haha

      Hapus
    13. Mat Sabu@ AKAN Indonesia selalu jd kenyataan berbanding AKAN Malon cuma wet dream wkwkwk

      Hapus
    14. @matsabu.pengedar narkoba kah???malon itu negara aneh,isinya biang narkoba,biang teroris dan satu lagi biang gay

      Hapus
    15. Plannya TNI AL butuh apa ya mas hari. Frigate AAW atau multirole.

      Hapus
    16. Kalo melihat desain yg beredar saat ini.....Iver hanya diambil platformnya dan menjadi fregat multipurpose, persis spt yg dilakukan oleh inggris dg desain fregat type-31 yg basisnya adalah platform Iver yg telah didesain ulang

      Hapus
    17. Malon indo tu baru MEF...belum MAX jadi 6 iver 6 omega 12 pkr 6 u214 bukan hal yg mustahil 😁😁😁

      Hapus
  2. 2 iver aja belum deal baru mou haha..kalau ngak mmpu byk iver yah tmbah pkr aja..kayak malaysia deal 6 lcs sekaligus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iri hati dan dengki mutlak milik setan dan malon

      Hapus
    2. Pesan 6 ngga keliatan semuanya, kedah class dari 22 hanya 6 yang jadi.










      Selebihnya songlap

      Hapus
    3. Singapore aja nyaranin lebih banyak Iver.




      Tujuannya bukan lawan China tapi buat gebuk malon

      Hapus
    4. Seperti malaysia yg salah potong selevel otak hewan keh 😂😂😂

      Hapus
    5. Berapapun sangguplah kami nak buat , tak macam kerajaan hebat pencipta kapal perang salah potong 😅😅😅😅

      Hapus
    6. @Mat Sabu
      Oh kapal LCS KD.2501-04 yang sudah cacat dari awal produksi itu yaah...kapal rejected product ships....QC saja tidak lulus...dijamin LCS jka beroperasi ..tidak bisa berlayar lurus dan kapal akan bergetar keras....ingat...kapal pelat salah potong , engineer and design failure...kalau boleh tau VESSEL CERTIFICATE KD.Maharaja Lelah siapa yg buat...???

      Hapus
    7. 6 LCS masih di banggain cecah air pun tak... kalah sama patrol boat KAL 28 indo..wkwkkwkwwk

      Hapus
    8. Sitolol blagu komentar, apa yg former malon pahami tentang membangun kekuatan militer???? Berapa banyak kebodohan malon yg blagu beli ini dan itu tp tak pernah mampu membina sendiri???? Ujungnya malon sekarang bangkraps cuman bisa gigit jari karena emang bodoh, lcs nya malon adakah yg nyebur ke laut???? Pkr sigma class tetep lanjut 2 unit lg, dan iver ini misi mengejar ilmu teknologi yg lebih lg, setelah pengembangan iver menjadi destroyer tuntas maka ilmu pt.pal telah lengkap yg artinya kapal combatan permukaan kami tidak akan pernah impor lg begitu jg kapal selam bila ilmunya telah rampung didapat kami tidak akan import lg untuk kapal selam disel, membangun kekuatan militer suatu negara mau tidak mau memang harus dimulai memperjuangkan kemandirian' kalau berharap beli dr import itu hanya bersifat sementara, kemandirian akan sangat2 jauh lebih irit, lebih terawat dan terjamin kerahasiaan kemampuannya jg jumlah unitnya, lha malon dah mampu bina apa???? Peluru aja pon malon masih beli malah ngajarin negara yg udah mencoba berfikir 10 langkah kedepan,,,malon tu hanya sampah asean 🤧😝😜

      Hapus
    9. Pkr lanjut tp belum deal kn iver belum sign kontrak haha

      Hapus
    10. Mat Sabu@ siapa bilang PKR blm deal dan Iver blm sign kontrak

      Hapus
    11. Lha malon tolol, untuk kedepannya sesuatu hal tentang deal2 kontrak pengadaan militer indonesia akan sedikit dipublikasikan karena tipe menhan yg ini aku liat lebih bersifat rahasia, fillingku iver ini sudah deal tp setelah pemotongan plat baja pertama kapan deal kontraknya baru bisa diketahuin publik, contoh kecil aja pra kontrak iver aja baru bulan ini aja diketahuin publik padahal kesepakatan pra kontrak di awal april, dan deal kontrak mungkin saja bisa diketahuin setelah acara pemotongan plat baja pertama, begitu jg dengan deal2 kontrak pespur dan pengadaan lainnya' bisa saja tu pespur setelah selesai produksi baru dipublikasikan ke publik kapan deal kontraknya diteken, DPR dan kemenhan aku rasa sudah menemukan kesepakatan untuk hal2 yg bersifat rahasia ini untuk pengadaan perangkat2 militer.

      Hapus
    12. Btul tulang. Soal goreng2 menggoreng berita, tni lah jagonya. Ibarat puisi, ada sampiran, ada isi. Sampiran ini yg suka didistorsi kemana2. Tapi isinya, suka bikin kjutan.

      😁

      Hapus
    13. Perkembangan rudal kok dak pernah di bahas ya
      Katanya rudal petir kelar di tahun kembar ini

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Bikin panas jiran aja beritanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hari libur di pagi hari, dikasih berita panas buat tetangga yg punya penyakit iri hati dan dengki

      Hapus
    2. Panas..panas..panas..
      Pening..pening..pening..
      Iri..iri...iri..
      Dengki..dengki..dengki..
      🍌🍌🍌🐒🐒🐒 malon

      Hapus
  5. maksudnya???? 6 lcs wkwkwk duh lawak aja si mat sabu, jangan banyak vacot urus aja gowind salah potong itu bodoh, salah potong komen sok pinter, bodoh kok dipelihara

    BalasHapus
  6. 6 kapal LCS salah potong class Jiangkai II manalah takut, apalagi 100 LMS Kapal kaleng pun tak takut lah 😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  7. Apa yang salah emang deal 6 skligus biarpun telat jnji sudah deal dan dan diapprove dana..haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tapi selalu terlambat dan OMPONG tanpa MISIL, CIWS pon tak punya

      MEMALUKAN.....wkwkwkwk

      Hapus
    2. Duit xde lon , nak bayar guna ape ? seluar dalam Rosmah Mansoor ke ? budget ciput kerajaan teruk nak sembang lebat, kerajaan grade A konon , nak beli heli kecik pon xde kuase miror mane miror ..jom miroring yoursef ruk ... 🖓🖓🖓🖓🖓

      Hapus
    3. Tak ukur baju kah tak ada otak mau buat kapal, deal 6 yg nyebur air halimunan kah tak nampak satu ekor pun

      Hapus
    4. kalau ade duit tak mungkin lah kapal container di guna rondaan , KM Bunga Pasir tu ape .. ? destroyer ke ? miror mane miror 😋😋😋

      Hapus
    5. LCS bakal keluar wang lagi lon, kerana perlu steel cutting ulang 🤣

      Hapus
    6. Pengalaman PT PAL jauh dri dri malon apalagi sudah sukses buat kapal selam.

      Hapus
    7. Itu lah kebodohan malon tak punya kepakaran bina kapal perang sign 6 sekaligus...hasilnya salah potong...
      Memang cocok ko bina perahu boat dari kayu je buat mancing 😁😁😁

      Hapus
    8. Ya salah lah sebab tak satu pon cecah air dan malah salah potong, bila nak cecah air harus sediakan biaya lg karena biaya bengkak hampir 2x lipat, dimana harapan cecah airnya???? Iver dan tambahan pkr cecah air tu lcs 100% belum jg cecah air' karena bukan sekedar biaya bengkak aja yg menjadi masalah lcs malon tp rasuah pun jg menjadi masalah dalam pengadaan lcs malon,,,,salah bila ente menasehati indonesia yg udah mikirin strategi 10 langkah kedepan, malon bina peluru belum tamat malah blagu bina kapal ujungnya salah potong 🤧😝😜

      Hapus
    9. Buat kapal selam atau cantum blok kapal selam? Wkwkw..kalau buat itu dari nol dari design haha

      Hapus
    10. ☝😋 salah satu contoh analisa lulusan university 5 besar dunia 🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    11. Mat Sabu@ Indonesia dapat ilmu dari TOT sehingga nanti bisa design sendiri subnya

      Hapus
    12. Xaxaxaxaxaxaxa hareudang...hareudang...hareudang, panas...panas...panas xaxaxaxaxaxaxa bayar 6b dr 9b utk 6 kapal tp satupun blm jadi, padahal sdh hampir 10tahun xaxaxaxaxaxaxa akhirnya terungkap kalau engineer malonte salah membaca n mengimplementasikan blueprint dr design LCS,shg salah potong plat baju jadinya tuh LCS cacat produksi xaxaxaxaxaxaxa coba kalau spt Indonesia kerjasama dgn Korsel bikin kasel cuma dgn metode learning by seeing,apa g berasap tuh kepala para engineer malonte.... Xaxaxaxaxaxaxa Jangankan pengintegrasian segala macam peralatan n mesin serta segala macam sistem ke dalam kasel,ngelas body kasel saja para engineer malonte pasti g akan sanggup xaxaxaxaxaxaxa high educated dr top 5 universitas of the world????????? Xaxaxaxaxaxaxa nih lon.🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    13. Namanya Teansfer of teknologi step by step stupid idiot malon.

      Bahkan korea pun butuh 22 tahun untuk akhirnya buat Kapal selam dari nol semenjak TOT kapal selam dari jerman.

      Malon TOT LCS baca blue print je salah...stupid idiot 😁😁😁

      Hapus
    14. Tapi yg paling utama skill mengelas antar blok kapal selam sudah di kuasai...

      Karena proses welding sangat penting salah sedikit saja akibatnya fatal...KS bisa jadi kaleng krupuk saat nyelam...you know tak malon..?

      Owh ya maklum lah Scorpung malon tak pernah selam jadi tak tau 😁😁😁

      Hapus
    15. Hahaa kalau untuk mengembangkan dan membina blog2 kapal selam indonesia sudah punya pt.barata,,,kemampuan pt.barata: 👇👇👇

      Workshop HMC akan digunakan untuk area fabrikasi dan assembly produk-produk konstruksi bervolume tinggi, seperti Pressure Vessel, Komponen Energi Terbarukan (Wind Power), Bullet Tank, Komponen/Body Kapal Selam, Crane Pelabuhan, Kiln, dan lainnya.


      https://m.antaranews.com/amp/berita/1056580/menteri-bumn-dorong-kemandirian-dalam-pembuatan-mesin

      Hapus
  8. Mana Najib... Mana Najib.smoga Najib bisa jadi sultan malon. Yang Dipertuan Kedekut Agong. Kah..kah...kah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxa the real PRANKERS of the world xaxaxaxaxaxaxa cuma 2 orang bisa bikin satu negara bangkrut xaxaxaxaxaxaxa all hail najib n rosmah xaxaxaxaxaxaxa

      Hapus
  9. Kebutuhan Real Frigate sekelas Iver minimum 8 unit yang dibutuhkan TNI AL karena Ahmad Yani Class sudah seharusnya di pensiunksn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sudah dari 60an..dari desainnya aja sudah tahu kapal tua

      Hapus
    2. Jerong class,handalan class,perdana menteri class kau tuh bkn kapal 60-an wkwkwk

      Hapus
    3. Raga boleh tua tapi jeroan strong dan mantul. Ngga ingat waktu salah satu Ahmad Yani class nembak rudal yakhont, sampai sampai menteri Pertahanan malon datang ke Indonesia sembah sujud dan cium tangan ke presiden Indonesia tanda malon mengaku kalah

      Hapus
  10. @Mat Sabu
    Oh kapal LCS KD.2501-04 yang sudah cacat dari awal produksi itu yaah...kapal rejected product ships....QC saja tidak lulus...dijamin LCS jka beroperasi ..tidak bisa berlayar lurus dan kapal akan bergetar keras....ingat...kapal pelat salah potong , engineer and design failure...kalau boleh tau VESSEL CERTIFICATE KD.Maharaja Lelah siapa yg buat...???

    Hmmmmm cost sudah 6 Billion ringgit, 7 tahun (+3 tahun) waktu pembuatan ..satu pun tidak ada yang selesai....boleh tanya @Mat Sabu....apa sebab..????

    😅😅😅😅😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di Indonesia sdh di denda habis habisan

      Hapus
    2. N seharusnya utk 6b 3 kapal sdh berlayar menjaga laut malonte, lha ini satu saja belum jadi malah minta dana tambahan,xaxaxaxaxaxaxa JOM SONGLAP!!!!!! Xaxaxaxaxaxaxa

      Hapus
  11. Klo sukses PT PAL dlm pembangunan Iver langkah selanjutnya mau buat kapal jenis destroyer bisa mudah nanti.

    BalasHapus
  12. Kita bisa mengambil contoh dari kolaborasi PT PAL dengan DSME dalam pembangunan lisensi kapal selam. Ada cegukan awal, terutama karena transfer teknologi, tetapi ini kemudian diatasi dan Indonesia akhirnya berhasil membangun kapal selam kelas Nagapasa ketiga, dan menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang membangun kapal selam secara lokal," tambah Collin.


    Belajar lon belajar.....jangan coli pikiran mulu hehehehe

    BalasHapus
  13. Iya setuju dengan saran dan masukkannya.

    Iver Class minimal Indonesia butuh 12 unit.

    Mistral class minimal Indonesia butuh 4 unit

    Destroyer butuh 6 unit

    CARRIER minimal 2 unit

    BalasHapus
    Balasan
    1. US masih ada stock tuh Carrier

      USS John F. Kennedy CV 67 sama USS Kitty Hawk CV 63 mesinnya ganti pakai reaktor nuklir buatan Argentina Carem. Kalau Destroyer pakai basis Iver tinggal beli Cruiser, kemarin Korea Selatan sdh nawarin KDX-III sejong the great class. Mistral pakai rancangan PT.PAL aja om

      Hapus
  14. Hahaha Melon Besar Bual 10 Tahun bangun freget hanya 3000 ton tak clear2 go the wind ajalah hahaha

    Cuma Melon negara dunia ini yang seperti itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. 10 tahun elu..baru 4 tahunan..tapi badannya sudah siap 2 tinggal install dan integrate aja kerana kita beli full package bukan kayak pkr elu beli badan ffbnw emang la cepat siap haha

      Hapus
    2. Mat Sabu,4 tahunan tapi body dibongkar lg kerana salah potong,gowind Egypt je cepat selesai berbanding gowind ko tuh 😂😂

      Hapus
    3. Menepuk air di dulang terpercik ke muka sendiri 😁😁

      Hapus
    4. Blaa...bla...bla...
      Siap pun tak...
      Cecah air pun tak...
      🐒🐒🐒

      Hapus
    5. Xaxaxaxaxaxaxa lha punya mesir malah 4 biji sdh berlayar, padahal start pengerjaan duluan malonte, coba mat ente tanya ke bastard eh bousted, kok bisa mesir sdh jadi 4 biji sedangkan malonte 1 bijipun tak nampak2????????xaxaxaxaxaxaxa nih lon.🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  15. Deal 6 terusan joss..4 udah keel laid..2 body sudah beres tinggal install n integrate aja..pkr 3 sama pkr 4 krik3 haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHAHAH 4 laid apanya....boleh kasih info LCS KD.2501-04 siapa yang mengeluarkan VESSEL CERTIFICATE-nya.....??????? sehingga design,engineer failure,salah potong..??? delayed...cost over run...??

      HAHAHAHAHAHAH..you bumiputra punya otak bodoh natural sekali...

      Hapus
    2. Jgn banyak bual lon,LCS kau tuh tak seekorpun cecah air wkwkwk

      Hapus
    3. Memang betul 4 sdh kesel laid tapi...





















      SALAH POTONG SEMUA

      Hapus
    4. Xaxaxaxaxaxaxa HOAX xaxaxaxaxaxaxa 2 body sdh jadi?????????? 1 body saja sdh berkarat jd sarang tikus d limbungan xaxaxaxaxaxaxa nih lon.🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    5. Malon 6 LCS sudah jadi
      Iyaa...iyaa..iyaa
      Tapi Boooong 😁😁😁

      Hapus
  16. Pkr tni siap awal kerana beli ffbnw..patotla kemurahan haha..light fregat doang bawah 3000 ton sekelas jose rizal haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. LCS Malon kemahalan kerana rasuahnya di sana 😂😂

      Hapus
    2. Kedah class malon aja juga ffbnw juga, dari 22 unit hanya 6 yg jadi sisanya dimakan Najib cs.

      Hapus
    3. Jose Rizal belum ada SAM, milik Indo dah ada VL MICA plus Millenium Gun, malon boleh ke limbungan sahaja😂😂😂

      Hapus
    4. Kalau kalah selalu bandingkan dengan yg lain.
      Typical beruk malon.
      Karena malu tak de yg bisa dibanggain malon
      🍌🍌🍌🐒🐒🐒

      Hapus
    5. Padahal banyak netizen pinoy yg ingin spec jose rizal seperti pkr indo...
      Kasian malon.wkkwkk
      Salam LCS tak cecah air 😁😁😁

      Hapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Aku mengendus iver yg dibangun dan dikembangkan pt.pal bersama denmark ini berukuran 150m - 160m yg akan membuat iver indonesia masuk kategori destroyer yg isiannya pasti jg disesuaikan dengan isian destroyer, kalau fillingku ini bener dan proyek pengembangan iver ini berhasil maka kedepannya pkr sigma akan dijadikan dasar untuk dikembangkan sendiri oleh pt.pal menjadi fregaet ukuran 115 - 125m, ukuran 150m - 160m untuk destroyer indonesia aku rasa emang sudah cocok untuk laut indonesia karena kita lebih bersifat bertahan dan bukan agresor,,,semoga apa pun yg direncanakan selalu lancar 🤔🧐😊💪🇮🇩

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dahulu sebelum demen mengembangkan sigma 90-100, sdh mengeluarkan project di 12517 om @tungkir, coba aja cek https://m.kaskus.co.id/thread/54a8e06e31e2e6d41a8b456e/diskusi-pengembangan-sigma/4 diangkat sama om mawasorangutan

      Hapus
    2. @jj maksudnya desain korvet pt.pal yg ini kan 👇👇👇

      https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/d/d6/Korvetnasional.jpg/640px-Korvetnasional.jpg

      Makanya aku bilang aku mengendus bahwa desain dasar pkr sigma class martadinata akan dijadikan dasar pengembangan fregaet pt.pal kedepannya, ilmu yg dibutuhkan pt.pal sebenarnya bagaimana menata isian kapal fregaet dan destroyer dan hitungan2 kesemibangan kapal di kedua tipe kapal tersebut karena gotongan sistem senjatanya pasti berbeda, oleh sebab itulah demen ngotot nyodorkan omega agar pt.pal tetep ketergantungan terhadap demen, saat pt.pal berhasil membagun dan mengembangkan iver jd destroyer berarti demen resmi kehilangan pasar dr indonesia sebab aku berani pastikan pt.pal sudah lebih percaya diri mengembangkan fregaet sendiri' dasarnya pasti dikembangkan dr campuran desain martadinata class dan iver class, pt.pal saat ini bukan tidak bisa membangun fregaet sendiri tp kurang percaya diri karena emang tidak benar2 tau pasti bagaimana theknis hitung2an kestabilan kapal, tata kelola ruangan kapal dan menentukan isiannya untuk fregaet, jd saat pengembangan iver ini berhasil kedepannya untuk pengadaan semua jenis kapal combatan permukaan gk bakal ada lg import, pkr sigma untuk 2 unit lg aku yakin fix lanjut untuk pematangan ilmu dan percepatan penambahan unit tp untuk omega gk ada harapan.

      Hapus
  19. Mat Sabu aka Xavier makin iri dan kepanasan wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan begitu bang Mohamad Franz Firdaus itu lahirnya tidak seperti kita , dia bukan lahir dari persalinan dia lahir dengan cara di DOWNLOAD jadi canggih wakakakakakakakakkkkkkk
      😅😅😅😅😅😅

      Hapus
    2. Biar terbakar dalam panasnya iri hati dan dengki. Biar semakin terpuruk dan gagal dalam melampaui Indonesia

      Hapus
  20. SI VIS PACEM PARABELUM : INDONESIA
    GA DI BAYAR DITUNGGUIN SUDAH DATANG APA BELUM : MALLASIAL




    WHAKAKAKAKAKAKAKKKKKKK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hutang 500 billion won mksudmu? Wkwk

      Hapus
    2. Akhir bulan yg datang apaan yaa debt collector nya
      1. Bomber H-6
      2. PLAN Ship
      3. CCG Ship
      4. PLAN Militia Ship

      Hapus
  21. Yg dibangga oniks terusan padahal cuman 1 kapal..haha..yang lain menggendong rudal cina doang wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gendong rudal Tiongkok tapi jangkauan lebih dari 100 meter, daripada kapal malon gendong rudal exocet generasi II cuma 70 km. Mau nembak deketin kapal musuh keburu mledug

      Hapus
    2. Hebatnya Yakhont (Rusia) itu diinstal di kapal Van Speijk Belanda, KRI OWA. Ditaruh disamping hanggar heli, dua kiri dua kanan. Dah berhasil uji coba, sukses meneggelamkan kapal besar.

      WOW, cukup 1 kapal Van Speijk tuk menghancurkan 4 kapal yg berkarat di limbungan.

      😁😁

      Hapus
  22. Kesalahan LCS itu kerana platnya langsung di potong semua, tak buat satu per satu. Jadi bila ada kesalahan pada kapal pertama bisa di perbaiki di pembuatan kapal berikutnya.
    Sehingga wang yg harusnya bisa buat beli peralatan dah dibuat beli plat semua 😁😁😁😁, dan hasilnya salah potong pula.
    Akhirnya kerja mengulang pengeluaran pun bertambah. Kosongan pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya yakin pennyelesaiannya masih lama, kalaupun selesai dalam waktu dekat pasti dipaksakan dan kosongan tak ada isi.

      Hapus
    2. Itu juga motongnya di Singapura om, berhubung Singapura dan malon lagi skrg di perbatasan makanya disabot

      Hapus
  23. idealnya menurut perhitungan ngawurku.. haha..

    Indonesia memiliki 4 armada, setiap armada diperkuat 3 unit destroyer 165m, dan 4 unit heavy fregat 140 meter utk.

    Jadi total ada 12 destroyer dan 16 heavy fregat utk misi ocean going.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Armada 3 saja cukup om karena jika perang Bakamla back up TNI-AL. Seperti USCG back up US Naval saat perang

      Hapus
  24. 100 kapal LCS salah potong Jiangkai II tak akan takut 😂😂😂😂

    Otak selevel hewan coba bina kapal 😂😂😂


    http://defense-studies.blogspot.com/2019/10/detailed-design-failure-leads-to-late.html?m=1

    BalasHapus
  25. Betul....
    Jangankan dua iver sepuluh iver pun gak akan sanggup lawan cina.karna percuma banyak iver kalau rudalnya kecik2 ha.....Uda Kecik sedikit pula.cina itu segan sama kekuatan bukan sama bacot salah satu kekuatan itu adalah rudal Destro....sama aja dilaut dijaga iver rudal Kecik dan sedikit tapi didarat ompong,disalvo puluhan dongfeng modar Kabeh,jadi kalau bandingi itu jangan sama Malon tapi sama singa,Vietnam,australilli itu baru betul,mosok bandingi sama tentara letoy bin homo ya sama aja jeruk minum racun.
    Kok disini ada yg mengkritik membangun pasti rame2 membuly katanya demokrasi pree....t......alangi matemi....hu....
    Ingat Woi ini lawannya cina bukan Malon bin homo ya jadi sadarlah.....

    BalasHapus
  26. Kalau dirasa belum cukup utk mengcover lautan Indonesia yg luas... bisa ditambahkan 8 unit kapal penjelajah masing 2 unit utk setiap armada.. xixixixiixi..

    Kapal memiliki panjang 180-200 meter memiliki 150 VLS plus meriam laser pengganti CIWS.. wkwkwkkwkwk.. 😂😂😂😅😅

    BalasHapus
  27. Nah Malon apa yg di banggakan

    BalasHapus
  28. >>> Di atas kertas head to head, kita kalah telak disisi aset militer!

    Tapi jika perang, apakah kita secara otomatis akan kalah...???

    Eit tunggu dulu bro. Akan ada banyak negara kuat antri berjejer di belakang Indonesia, diminta atau tidak mendukung Indonesia langsung/tak langsung!

    China adalah musuh bersama USA+Aluansi/sekutu nya.

    So China akan menyerang Indonesia? maka, Perang dunia 3 dimulai!

    BalasHapus
  29. Pada Maret 2020 PT PAL Indonesia ditugaskan untuk mengembangkan desain untuk 2 kapal selama 5 tahun seharga USD720 juta (Rp1,1 triliun) bekerja sama dengan Denmark tentunya untuk membuatkan kapal fregat bagi TNI


    SERIUS la INDON selama 5 tahun....wkwkwkwkwkwkwkwk

    Akan terjadi lagi kes TERTUNGGAK LAMA seperti kes Satelit sewa, KFX dan Su-35...????


    wkwkwkwkkwkwkwkwkw... INDON BARU TUNJUK MINAT JE BRO buakan sign dah mula bina... wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxa panas n irilah tu xaxaxaxaxaxa nih lon.🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    2. Dari 22 hanya jadi 6 unit, dari 6 unit sampai sekarang ngga kelihatan bentuknya

      Hapus
  30. Bahkan Direktur Pelaksana Tim Angkatan Laut Denmark dan mantan Kepala Angkatan Laut Denmark Laksamana Muda (Purn) Nils Wang mengatakan Indonesia sudah menunjukkan minat kuat untuk akuisisi Iver Huitfeldt class.


    BARU MENUNJUKKAN MINAT BRO bukannya dah beli......wkwkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari 22 hanya jadi 6 unit, dari 6 unit sampai sekarang ngga kelihatan bentuknya

      Hapus
  31. "Tim Angkatan Laut Denmark dapat mengkonfirmasi bahwa Indonesia - di antara negara-negara lain - telah menunjukkan minat untuk frigat Denmark Iver Huitfeldt."



    WWKKWKWKWKWKWKWKWKWKW..... BARU TUNJUK MINAT INDON PUNYA GEMBIRA LAIN MACHIAMMMM...wkwkwkkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari 22 hanya jadi 6 unit, dari 6 unit sampai sekarang ngga kelihatan bentuknya

      Hapus
  32. gan sebenarnya anggaran ideal pertahanan indonesia itu berapa ?

    BalasHapus
  33. Martadinata Class belum sepenuhnya beroperasi 100 persen...


    WKWKWKWKWKWKWKWKWKWKKW.... KASIHAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan kebanyakan nonton bokep homo terus lon....

      Hapus
  34. Eeeeh...ada gemfurwaria,yakinlah..INDONESIA..negara kaya,punya skill pula..klo malon????bwahahahaha udah miskin bodoh pula wkkwkwkwk

    BalasHapus
  35. Fuuuur..kpn malon shping2.miskin y pur negara korang?wkwkwkwk

    BalasHapus
  36. SALAM BARU TUNJUK MINAT TAPI FAN INDON GEMBIRANYA MCM INDON DAH SURUH BINA....wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk


    MEMALUKAN...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk fanaaaaaaassss..gemfur fanaaaaaaassss,sana nyebur ke got fur wkwkwkwk

      Hapus
    2. Indonesia shoping teruzz..malon???bwahahaha

      Hapus
    3. Dari 22 hanya jadi 6 unit, dari 6 unit sampai sekarang ngga kelihatan bentuknya

      Hapus
  37. bro nampak tak...saya dah kata INDON baru sign tunjuk minat..maknanya program IVER ni baru 50-50.... tapi kalau saya lihat keadaan INDON sekarang masa corona MEMANG TAK JADI....wkwkwkwkwk

    Program KFX tu sebelum corona pun dah masalah tak bayar...wkwkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fanas fur???shoping doooooonk,horang kaya bebas filih maenan baru?

      Hapus
    2. Dari 22 hanya jadi 6 unit, dari 6 unit sampai sekarang ngga kelihatan bentuknya

      Hapus
  38. "Tim Angkatan Laut Denmark dapat mengkonfirmasi bahwa Indonesia - di antara negara-negara lain - telah menunjukkan minat untuk frigat Denmark Iver Huitfeldt."



    WKwkwkkwkwkwkwkwkwkwkkw.... BARU TUNJUK MINAT je pun....dah BANGGA habis ni...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari 22 hanya jadi 6 unit, dari 6 unit sampai sekarang ngga kelihatan bentuknya

      Hapus
  39. Kasihan...kegembiraan INDON tak lama malahan diketawakan oleh fan pertahanan jiran....wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  40. Indonesia gitu looooh..shoping terus,lha malon????bwahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg ada kita yg ngetawain malon..udh bodoh miskin pula wkwkwkwkwk

      Hapus
  41. Biarpun corona,shoping jalan teruuuuuuuuzzzz wkwkwkwk

    BalasHapus
  42. Bro tunjuk minat tu kira baru 50-50 je sama ada jadi atau tak... wkwkwkkwkwkwkw

    Kalau saya lihat keadaan ekonomi INDON memang tak jadi... Kapal selam tu je wang muka belum dibayar akibat INDON defisit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari 22 hanya jadi 6 unit, dari 6 unit sampai sekarang ngga kelihatan bentuknya

      Hapus
  43. Wkwkwkwk g msalah fur,shoping alutsista tetap jalan teruuuuuzzz wkwkwkwk

    BalasHapus
  44. Shoping ke tu baru tunjuk minat,...??? wkwkwkwkwkwkwkwkwkw

    shoping ke tu kalau masih tak bayar wang muka....???


    INDON jika humor tak pernah mengecewakan....wkkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari 22 hanya jadi 6 unit, dari 6 unit sampai sekarang ngga kelihatan bentuknya

      Hapus
  45. Fuuur nak tanya ni,malon kpn shoping2 fur..blesannya psti krik..krik..krik wkwkwk

    BalasHapus
  46. PAsti ramai fan INDON kecewa dengan berita ini...rupanya INDON baru sign tunjuk minat je bukan dah mula bina...wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Dari 22 hanya jadi 6 unit, dari 6 unit sampai sekarang ngga kelihatan bentuknya

      Hapus
  47. Ayo fuuuuur aku mo tw ni..up berita dong klo malon ada shoping2 wkwkwkwk

    BalasHapus
  48. Balasan
    1. Dari 22 hanya jadi 6 unit, dari 6 unit sampai sekarang ngga kelihatan bentuknya

      Hapus
  49. wkwkwkwkwkwkw... bro kalau sekadar tunjuk minat bukan bermaksud dah beli ye bro... wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari 22 hanya jadi 6 unit, dari 6 unit sampai sekarang ngga kelihatan bentuknya

      Hapus
  50. Partai indon sememangnye kijam gondolin rakyat

    BalasHapus
  51. Malon tumben gak komen... Apa sudah capek ya nangepi alutsista Indonesia... Sudah lelah rupanya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon bloon cape om,g shofing2..beda sm kita..wlpun corona shoping jalan teruuuuuuuzzzzz wkwkwkwk

      Hapus
  52. KASIHAN INDON... baru tunjuk minat pun tapi sembang mcm dah beli...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari 22 hanya jadi 6 unit, dari 6 unit sampai sekarang ngga kelihatan bentuknya

      Hapus
    2. Tnggu sahaje lah pur,,,tak sabarke kau pur liat tni guna boat macem nihh berbeza macem tldm yng guna boat no kualiti macem seapoot sahaje tak bsa lari ompong pula...hutang 25 thn konon guna bayar macam boat macem itu teruk sangatlah pur bina boat ompong sahaje tak becus apalgi bina boat macem gowind pantas sahajelah slah potong.. Wkwkwkkk

      Hapus
  53. Gomen baru indon tak de 1quality,merudum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fanas..fanas..fanas badan ini

      Fusing..fusing...fusing kpla ini



      Taram..taram..taram...

      (By gigi band) wkwkwkwkwk

      Hapus
    2. Sehat kah kau pur,, sudah sarapan nasi lemak blm pur..

      Hapus
    3. Dari 22 hanya jadi 6 unit, dari 6 unit sampai sekarang ngga kelihatan bentuknya

      Hapus
  54. Xaxaxaxaxaxa panas n irilah tu, bahkan yg komen adalah pengamat militer asing xaxaxaxaxaxaxa nih lon.🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

    BalasHapus
  55. SHoping katanya..padahal baru sign tunjuk minat...wkwkwkkwkw


    bro saya nak kata sign tunjuk minat ni bukan bermaksud sudah beli ye... sign beli tu lain lagi... ni baru sign tunjuk minat dengan sesuatu aset...wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yesssss...shoping teruzzzz...biar malon tmbah fanassss wkwkwkwk

      Hapus
    2. Cie" panas lah tu,,,anggarannya sudah ada pur sudah cair tak macam kau yng budget ciput bagi 5 pula,,,shoping boat teruk pun guna hutang 25 thun.. Hadeehhh

      Hapus
    3. Dari 22 hanya jadi 6 unit, dari 6 unit sampai sekarang ngga kelihatan bentuknya

      Hapus
  56. Xaxaxaxaxaxaxa Indonesia yg minat lha kok malonte yg kelojotan kepanasan xaxaxaxaxaxaxa nih lon.🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

    BalasHapus
  57. "Tim Angkatan Laut Denmark dapat mengkonfirmasi bahwa Indonesia - di antara negara-negara lain - telah menunjukkan minat untuk frigat Denmark Iver Huitfeldt."




    SALAM BARU TUNJUK MINAT... bukan beli...wkwkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cihuuiiiii...shofing teruzzz fuuuuurr wkwkwkwk

      Hapus
    2. Slam boat seapoot teruk guna hutang 25 thun.. Wkwkwkwkkk

      Hapus
    3. Dari 22 hanya jadi 6 unit, dari 6 unit sampai sekarang ngga kelihatan bentuknya

      Hapus
  58. Xaxaxaxaxaxaxa lha kalau sdh sign harus di tunjukin ke lo,siapa lo??? Xaxaxaxaxaxaxa nih lon.🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

    BalasHapus
  59. Kasihan... baru tunjuk minat INDON dah tunjuk hebat dengan negara jiran... wkwkwkwkwkwk

    MALU LE TU....wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dah sign awal lon 😂😂😂

      Hapus
    2. Kasian hanya bisa tonton jiran shooping macam tonton film booliwooddd acha" nehi" ..wkwkwkkk

      Hapus
    3. Dari 22 hanya jadi 6 unit, dari 6 unit sampai sekarang ngga kelihatan bentuknya

      Hapus
  60. Oopss... from 2016 until today, 0 ship commisioned.



    Malaysia’s LCS project faced latency due to the contractor’s failure

    https://navalnews.net/malaysias-lcs-project-faced-latency-due-to-the-contractors-failure/


    When Thai, Pinoy, Indonesian, Singaporean, Vietnamese, and Burmese on the right track.

    It is a disgrace to be Malon (i.e Malas-ya)
    Such a big shame.


    Xixixixi.. :))

    BalasHapus
  61. Biarin gemfur ngoceh terussss...makin fanas dia wkwkwk

    BalasHapus
  62. wkwkwkwkwkkww... apa khabar hutang KFX dan tak bayar wang muka kapal selam yang diguna oleh INDON tu...wkwkwkwkw

    BAYAR LA....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gempurgila tak paham debt dgn contribution, patutlah Malon bisa salah potong kapal kalo human resourcesnya cem gempur gila...anak sekolah konon wkwkwk

      Hapus
    2. Urus dlu hutangmu pur,,,ingat bntar lgi resesi macam venezuela.. Wkwkwkwkk jom koin pur ramai"...hahahaha

      Hapus
    3. Dari 22 hanya jadi 6 unit, dari 6 unit sampai sekarang ngga kelihatan bentuknya

      Hapus
  63. Xaxaxaxaxaxaxa Indonesia yg minat kok malonte yg kelojotan kepanasan xaxaxaxaxaxaxa nih lon.🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

    BalasHapus
  64. Fuuuuuur kpn malon shoping2..kta gemfur boro2 shoping makan aja susah wkwkwkwk

    BalasHapus
  65. Malon diprank Muhyiddin dgn beri bantuan covid-19 dgn hutang wkwkwk

    BalasHapus
  66. OK la tu walaupun program LCS slow tapi ia tak berhutang dengan mana mana negara dan lebih memalukan hingga dituntut oleh negara lain bila nak bayar hutang yang tertunggak...

    tapi ada sebuah negara di tunggaknya bertahun hingga negara rakan kongsi meminta bila nak bayar mengikut persefahaman awal... Lastnya saya dengan negara tu ditendang oleh korea dalam program KFX..

    manakala kes kapal selam pula dah di pakai tapi sampai sekarang wang muka masih belum dibayar...wkwkwkwkwkwkw

    memang suka BERHUTANG ye...??? wkwkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. MD530,LMS & Paladin tuh tak hutang keh wkwkwkwk

      Hapus
    2. Dari 22 hanya jadi 6 unit, dari 6 unit sampai sekarang ngga kelihatan bentuknya

      Hapus
  67. Woooooooyy...fuuur..kpn malon shoping,aku nak tanya ni wkwkkwkwk

    BalasHapus
  68. Malon diprank jaksa dgn bebaskan Najib dari dakwah rasuah ganas yg telah buat malon bangkrup wkwkwk

    BalasHapus
  69. Xaxaxaxaxaxaxa panas n irilah tu krn tak d ajak korsel jv bikin pesawat tempur n kasel, tp malah Indonesia yg d ajak xaxaxaxaxaxaxa nih lon.🍌🍌🍌🍌🍌🍌

    BalasHapus
  70. Kasihan INDON jenis suka TUNGGAK HUTANG dan TAK BAYAR wang muka... MEMALUKAN

    BalasHapus
  71. nak iri dengan negara yang suka tunggak hutang dan tak bayar wang muka...??? wkwkwkwkwkwkwkkwkwkw serius la bro

    BalasHapus
  72. Ya..ya...ya...aku percaya malon g pernah berhutang



    TAPI BOHONG.....wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  73. Kes KFX ialah TUNGGAK HUTANG LAMA...

    Kes kapal selam korea dan satelit sewa.. TAK BAYAR WANG MUKA...


    wkwkwkwkkwwkwkwkkwkwkw... TUNGAK...TUNGGAK...TUNGGAK dan TUNGGAK.....

    BalasHapus
  74. Malon raja rasuah dunia,apa yg tak di rasuah di Malon,engine jet F5 je pun bisa dirasuah sampai Urugay wkwkwk

    BalasHapus