23 Juni 2020

Ini Strategi Bisnis PT PAL Tahun 2020 dalam Kapal Perang

23 Juni 2020


Overhaul KRI Cakra 401 (photo : Setkab)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT PAL Indonesia (Persero) di tengah pandemi Covid-19 tetap menjalankan produksi dan proyek-proyek yang sedang berjalan. Perusahaan optimistis dengan prospek bisnis galangan kapal, sebab selain fokus di kapal pertahanan perseroan juga membidik proyek lainnya

Adapun saat ini produksi dan pengerjaan proyek di PT PAL Indonesia (Persero) mengacu pada protokol kesehatan yang berlaku. Beberapa pengerjaan proyek strategis berasal dari pembangunan kapal seperti Kapal Cepat Rudal 60 Meter (KCR) kelima dan keenam pesanan Kementerian Pertahanan.

Serta kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) pertama TNI AL serta produk-produk sektor energi dan rekayasa umum seperti Dual Fuel Barge Mounted Power Plant (BMPP) 150 MW. Selain pembangunan proyek baru, PT PAL Indonesia (Persero) juga memastikan proyek-proyek strategis lainnya.

"Seperti pemeliharaan dan perbaikan kapal kombatan, kapal niaga, maupun produk offshore seperti Single Point Mooring (SPM) tetap berjalan," terang Utario Esna Putra, Kepala Departemen Humas PT PAL Indonesia (Persero) kepada Kontan.co.id, Kamis (18/6).

Utario menjabarkan selama ini komposisi pendapatan perusahaan berasal dari produk Alutsista sebesar 77% dan produk non Alutsista sebesar 23% dalam lima tahun terakhir. Sejak berdiri sampai dengan tahun 2019 PAL telah membangun total 232 unit kapal, 86 unit diantaranya merupakan produk kapal perang.

Sedangkan untuk tahun 2020 ini manajemen mencatat, perusahaan tengah mengerjakan beberapa proyek pembangunan kapal diantaranya adalah Joint Section Kapal Selam-3, Overhaul KRI Cakra-401, Sewaco Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 M Kapal Ke-3 dan Ke-4, Platform dan Sewaco Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 M Kapal Ke-5 dan Ke-6, Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) dan juga pada sektor energi sedang membangun Dual Fuel Barge Mounted Power Plant 60 MW.


KCR-60 class (photo : PAL)

"Industri galangan kapal saat ini terus berkembang selaras dengan program pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia," sebut Utario. Sejalan dengan kebijakan pemerintah mengenai Poros Maritim, kata Utario, perseroan akan berkembang secara signifikan dalam beberapa tahun ke belakang.

Lebih lanjut ia bilang, perusahaan juga menjalankan bisnis pembangunan dan MRO tidak hanya pada produk kapal namun juga sektor energi dan offshore. Meskipun saat ini PAL memang fokus dalam pemenuhan pesanan Kapal Kombatan baik dari Kementerian Pertahanan RI maupun TNI AL karena dari lima tahun terakhir kontribusi segmen kapal pertahanan cukup besar bagi pendapatan perseroan.

Soal target di tahun ini, menurut catatan Kontan.co.id, perusahaan pelat merah ini sempat memperkirakan pendapatan di tahun ini bisa mencapai Rp 2 triliun hingga Rp 2,3 triliun. Manajemen saat ini belum dapat membeberkan target dan proyeksi bisnis untuk tahun 2020 di tengah kondisi pandemi ini.

Utario memaparkan, tentunya pasti ada penyesuaian target pendapatan dikarenakan pandemi ini, dimana melalui mekanisme revisi RKAP yang tentunya nanti akan melalui persetujuan Kementerian BUMN. Sekadar catatan pada 2019 lalu, perusahaan ini sudah mengantongi kontrak pembangunan kapal baru senilai Rp 6 triliun.

"Pada intinya, kami tetap konsisten mengerjakan target pekerjaan yang ada dengan tepat waktu," sebut Untario. Soal investasi atau anggaran belanja perusahaan di tahun ini, manajemen bilang akan diprioritaskan pada persiapan new normal.

Langkah-langkah taktis dan efisiensi juga akan diambil oleh PAL guna menyikapi tantangan pada masa pandemi, namun tidak akan berdampak pada proses produksi pembangunan kapal maupun energi yang ada.

(Kontan)

196 komentar:

  1. Boustdeath dah selesai bina apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. konon BNS trima kontrak 6 bijik frigat

      nyatanya cuman bs tampung 1 bijik kapal TONGKANG, tanpa kipas propeler...kerjaan dibayar uda 70% tp, TAK ADA yg mampu berlayar satupon haha!😅😅😅

      3 lagi blom bebentuk kapal
      2 lagi besinya doank

      kesian yach py tetangga, kapasitas kecil, uda gt
      lamban,
      delay,
      loyo
      gak punya mesin potong, tp bisa SALAH FOTONG, kok bisa?

      DUWIT lemes, KL nunggak RM 3Bn, lgs megap2..kesian kena PRANK haha!😩😩😩
      lama2 bangrut, mao kasi makan ape bule prancis, fisank haha!🍌🍌🍌

      Hapus
    2. Binasa.....🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    3. Bousted telah bina LCS salah potong wkwkwk

      Hapus
  2. BOUSTEAD BARU DAPAT KONTRAK SERVIS KASEL..YAH UTK BOLEHKAN NYELAM WKWKW..OH AND YA BINA LCS 4 SEKALIGUS..LOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxaxa belum genap setahun kasel sdh mau d servis lg xaxaxaxaxaxaxaxaxa jom songlap xaxaxaxaxaxaxaxaxa lcs bina 4 sekaligus??????? Xaxaxaxaxaxaxaxaxa hoax, bayar 6b dr 9b utk 6biji kapal tp tak satupun yang jadi,n lcs 1 sdh hampir 10 tahun masih ompong melompong, terakhir d dedahkan oleh mat sabu malah design failure dg salah potong plat bajanya gegara tak reti baca blue print xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih lon 🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    2. Bina LCS salah potong tak cecah2 air wkwkwk

      Hapus
  3. Balasan
    1. jgn om, kesian kan tetangga kesayangan..tp klo mao nimpuk bole..nich fisank om haha!🍌🍌🍌

      Hapus
  4. dlm pengerjaan pt pal.

    1.kapal selam
    1.kapal LPD
    2.KCR 60m

    MRO
    1.KRI CAKRA 401 RETROFIT

    2021-> selesai smua.

    MANTABBBBbb..khan haha!👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda dgn BNS bina 1 LCSpun tak siap2 wkwkwk

      Hapus
    2. nyooihh..dlm 5 taon terakhir klo diitung2, masi ada lagi temen se-angkatan lcs yg uda zalan2, kliling duniya malah haha!👍👍👍

      PKR 1 & 2
      SSV 1 & 2
      LPD 1

      Hapus
  5. BNS GAK BISA NAMBAH KAPAL LAIN KERANA SHIPYARDNYA UDAH PENUB DENGAN 4 LCS SEKALIGUS..WKWKW..KEEL KE 5 INCOMING..HORANG KAYA DEAL 6 SEKALIGUS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari blog Marhalim, sejak kasus muncul hingga kini, project lcs tak ada progres/kemajuan alias stagnan.

      Kegiatan yg ada hanyalah maintenance, yakni menjaga agar kapal yg sudah jadi/belum jadi tidak rusak atau karatan.

      Kasus ini stagnan dan terkatung-katung krn:
      - masih dalam penyelidikan/audit
      - kontraktor minta extra money,
      pemerintah belum ada kputusan.

      Jadi semakin lama tidak ada keputusan, maka akan semakin jauh delay nya. Lcs 1 saja delay, apalagi 2,3 dan 4.

      Tuk lcs 5 dan 6 nampaknya bakal cancel. Keel laying saja belum.

      😁😁

      Hapus
    2. Mantap!!!!!! Xaxaxaxaxaxaxaxaxa kepakaran malonte benar2 harus d apresiasi Krn ahlinya.................cuma d keel laying .....xaxaxaxaxa xaxaxaxa nih lon 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    3. Terbukti xtapir memang halu pandai mengarang dengan imaginya sendiri. jangan harap sepakar dengan marhalim yg journalist itu tauuu...

      Hapus
    4. Xavier,BNS cuma ada kepakaran maintenance kapal LCS yg tak jadi2 wkwkwk

      Hapus
  6. Para pukimak malingsial gmn dgn shipyard ko rang haaa?

    Dah bina ape? Wkwkkwkwkwkkwkw...

    Negara paling hina se-ASEAN.. POOR COUNTRY..BAHASA INGGRIS GUNAKAN TIAP HARI.. TAPI SALAH POTONG.. OTAK IDIOT..

    KAU LIHAT PT.PAL kami.. SANGAT BERBEZA JAUH LAH DGN OTAK KALIAN PARA SHIPYARD

    BalasHapus
  7. Sip kerjaan tak ada yang delay semua berjalan lancar, pastilah projek selanjutnya ada lagi. Tak macam toko sebelah, delay selalu... Kerja tak jelas minta uang tambah pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toko sebelah yg penting DEAL nya 6 bijik selalu di banggakan.

      Masalah Kapalnya siapnya kapan Gak jadi masalah...mau siap 2055 atau sehari sebelum kiamat pun tak jadi soal 😁😁😁

      Hapus
    2. Bahkan di gaungkan sampai singapura yg ex 1 federasipun ikut tertawakan...geli geli lihat tyipical beruk malon yg sudah fixasi gobloknya.

      Hapus
    3. Dunia gelak lihat BNS mendunia tapi tin kosong wkwkwk

      Hapus
  8. JELAS SUDAH NKRI AKAN BERADA DI PIHAK PAMAN GOBER.
    KAUM 🐷 ASENG SILAHKAN MEWEK. HA, HA,HA,....

    👇👇👇👇👇👇👇👇👇

    Amerika Serikat Hibahkan 3 Unit Radar Maritim Kepada Indonesia dan Malaysia
    Juni 22, 2020 A Ziyadi

    Pemerintah Amerika Serikat menyumbangkan tiga radar solid-state long range mobile surveillance radars kepada Pemerintah Kerajaan Malaysia dan Pemerintah Indonesia, dibawah kontrak pada 9 Juni 2020 antara Amerika Serikat dengan Lockheed Martin yang nilainya $77 Juta (Rp1,09 Triliun). Namun tidak di konfirmasi bagaimana pembagian akan dilakukan, dapat dipastikan antara dua negara itu mendapatkan dua radar.

    Tiga radar yang akan disumbangkan itu adalah TPS-77 Multi-Role radar dari Lockheed Martin, yang bertujuan untuk memberikan sistem Komando, Kontrol, Komunikasi dan Intelijen yang dapat dioperasikan dengan baik dan sistem Sensor yang mendukung Operasi Udara Bersama Amerika Serikat. Jadi, diharapkan radar akan memungkinkan misi pengawasan udara dan maritim jarak jauh untuk kedua negara.



    Radar TPS-77 Multi-Role radar sendiri memiliki jarak deteksi 463 km, target target yang bisa dideteksi seperti low level flight, long range surveillance, hingga UAV, radar ini juga menggunakan frekuensi L-Band.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Sok sok an loe, yg anti asing aseng. Hp loe buatan mana???

      Hapus
    2. Kasihan 🐷 Aseng pada mewek. Ayah kandung mereka ternyata mau dihajar ame ayah angkat barengan ame Paman Gober.
      Waach... Tuch lihat banyak 🐷 Aseng yang MEWEK sambil MENCRET

      Hapus
    3. Paman gober orang indo ya...wkkwkkwkk

      Hapus
    4. 🐷🐷 Aseng itu meweknya semakin menjadi-jadi setelah mereka tau bahwa Paman Gober memberikan hadiah radar itu tidak hanya kepada NKRI, tapi juga kepada Malaysia. Dengan kata lain NKRI faktanya bekerja sama dengan Paman Gober barengan Malaysia.
      Ha, ha, ha..... 🐷🐷 Aseng lanjutkan meweknya, sekalian MENCRET-nya lanjutin terus

      🤪🤪🤪🤪🤪🤪👻👻👻👻👻👻

      Hapus
    5. Xaxaxaxaxaxaxaxaxa hairus main monolog xaxaxaxaxaxaxaxaxa kasihan ngomong2 sendiri d jawab sendiri xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih lon 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    6. Radar itu juga bukan kita yg minta nyet. Indo yg dapat radar loe yg kepanasan, loe dah dapet BLT belom. Loe kan dah jadi pengangguran, lapor gih jadi keluarga miskin biar dapet BLT. Kan loe seneng, dari pada cuma nasi bungkus

      Hapus
    7. Posting sendiri, jawab sendiri...., ciri kurang perhatian dari keluarga, teman sebaya dan lingkungannya.

      Hapus
    8. Wkwkwk, Amerika is much worse than China.

      Hapus
  9. Saiki PT PAL ketok rapi. Koyo perusahaan luar negri. Mantap👍👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepingin tak komen ning akune rung tau neng luar negri 😖😖😖

      Hapus
    2. Nek kamar e. Mbah Gono ambune remashon lan minyak 😀😀😀

      Hapus
    3. Om@Smili,
      Gimana janjinya mau beber soal pkr1054 yg 3 dan 4 serta ToT nya. Ditunggu bocoran ne mas!
      😚😚😚

      Hapus
    4. Om INK, kamar Mbah Gono gawe aroma therapy, hancur harga diri Mbah Gono mosok pengasuh padepokan kemukus kamare ambune balsem Karo minyak angin, opo pancen d nggo ngono Yo om INK????? Ben ora d curigai eyang Putri, alasane masuk angin terus nyelok cantrikwati ben iso d keroki..... xaxaxaxaxaxaxaxaxa 🏃🏃🏃🏃🏃💨💨💨💨💨💨

      Hapus
    5. Mas @mbahpret tanyakan pada om @smiling karena dia sebagai asisten mbah gono 😀😀😀

      Hapus
    6. Om INK, om smiling kalean Mbah Gono niku sami mawon om cuma bedo strategi n kebiasaan, ora ono seng iso madani soho guru kaleh niku, opo maneh pasal Rondo behhh ....seumpomo radar,Soho guru kaleh niku OTH radar,weetttt langsung hongat ehhhhh nyaut ...... xaxaxaxaxaxaxaxaxa 🏃🏃🏃💨💨💨

      Hapus
    7. Bukan ttg pembangunan PKR 3&4 mas @RBL....tapi ttg tantangan dalam menyerap proyek PKR dari pertama dulu 🙏

      Hapus
    8. Nah, bleh juga tu om@smili, ajug-ujug pkr ne jadi dilanjut, apa dah kelar masalahnya. Dapat wangsit apa kira2 PT.PAL?

      Kok bisa Iver masuk Omega lewat Om?
      Apa kasus beli tank Leopard terulang lagi?

      Hapus
    9. 🤦......sayangnya aku lupa je mas @RBL 😭😭😭

      Hapus
  10. Ada yang panas tu... Liat indonesia lebih kehadapan
    Kepakaran PT PAL memang yg terbaik

    BalasHapus
    Balasan
    1. TERBAIK MAMPU BINA 4 FREGAT SEKALIGUS? WKWKW

      Hapus
    2. Shipyard berpengalaman di adu dengan Shipyard kaleng2 ya jauh..wkwkwkk

      Hapus
    3. Yg ada slah potong hihi
      PT PAL sudah produksi ratusan kapal niaga dan kapal perang dan sebagian di Eksport.
      Kedepan membangun kapal selam sendri👍👍👍🇮🇩

      Hapus
    4. Tetap terbaik bastard lah walo salah terjemahkan blue print hingga salah potong plat hull baja. jerman pun siap teken kontrak import kapal produk by bousted





      TAPO BO ONG.....

      Hapus
    5. Hadehhh perusahaan yg sdh buat 232 kapal dg berbagai ukuran d bandingkan bastard ehhh bousted yg buat kapal kecil pun tak mampu, sekali bikin kapal besar malah salah potong plat bajanya gegara tak reti baca blue print xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih lon 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    6. 4 skaligus SALAH FOTONG, kesian dech haha!😊😊😊


      Hapus
    7. Bina 4 frigate sekaligus salah potong wkwkwk

      Hapus
  11. PT PAL sukses terus dan Maju di Asia🇮🇩🇮🇩🇮🇩👍👍👍

    BalasHapus
  12. DSME KORYO senang toh bisnis ama kita,

    proyek 2 kapal selam, JALAN TERUS...hore haha!👏👏👏

    KRI ALUGORO 405 BARUWWwww.. kontrak I, tahun ini dikomisikan..oke oceh👌👌👌
    DSME KORYO HEPI haha!🤑🤑🤑

    KRI CAKRA 401, RETROFIT 40 juta dolar, DSME senang koryo haha!🤑🤑🤑

    BalasHapus
    Balasan
    1. mesin FOTONG lengkap, moderen om, tak harus SEWA cem sebelah haha!🤣🤣🤣

      Hapus
  13. DSME KORYO senang toh bisnis ama kita,

    proyek 2 kapal selam, JALAN TERUS...hore haha!👏👏👏

    KRI ALUGORO 405 BARUWWwww.. kontrak I, tahun ini dikomisikan..oke oceh👌👌👌
    DSME KORYO HEPI haha!🤑🤑🤑

    KRI CAKRA 401, RETROFIT 40 juta dolar, DSME koryo senang haha!🤑🤑🤑

    BalasHapus
  14. Balasan
    1. Habis digondolin Bousted yg kerjanya minta duit selalu tapi hasil kerjaan tin kosong wkwkwk

      Hapus
  15. To @UNKNOWN Sign 6 sekaligus!

    -------------------------------
    Dari blog Marhalim, sejak kasus muncul hingga kini, project lcs tak ada progres/kemajuan alias stagnan.

    Kegiatan yg ada hanyalah maintenance, yakni menjaga agar kapal yg sudah jadi/belum jadi tidak rusak atau karatan.

    Kasus ini stagnan dan terkatung-katung krn:
    - masih dalam penyelidikan/audit
    - kontraktor minta extra money, pemerintah belum ada kputusan.
    -------------------------------

    >>Jadi semakin lama tidak ada keputusan, maka akan semakin jauh delay nya. Lcs 1 saja delay, apalagi 2,3 dan 4.

    >>Tuk lcs 5 dan 6 nampaknya bakal cancel. Keel laying saja belum.

    😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bakal cancel. Masih ada 30 tahun lagi. :D

      Hapus
    2. Unknown aka Xavier jawablah wkwkwk

      Hapus
  16. Nenek moyangku seorang pelaut .....

    BalasHapus
  17. Klo malon nenek moyangnya seorang pelacur... .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan suke ngayal serba enak sudah seperti di Surga, karena negeri daulat tuanku yang tamadun.




      Tapi tipa tipu.....

      Hapus
    2. Malon nenek moyangnya seorang babu British wkwkwk

      Hapus
  18. foto2 nya beda sama foto punya malon.
    kalau di malon banyak yang pada foto SELFIE

    BalasHapus
  19. JAYA LAH PT.PAL INDONESIA....

    SEMENTARA ITU NEGRI JIRAN BaustDEAD...4 KAPAL LCS SUDAH JADI BESI BURUK...SALAH POTONG DAN DESIGN FAILURE.... SUDAH 7 TAHUN....TIDAK ADA SELESAI2 PEMBUATANNYA...WAKAKAKAKAKA GOBLOK..!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. 7 TAHUN APO? LAUNCH 2017..KEEL 2016..PALING BARU 4 TAHUN WKWKW

      Hapus
    2. Bila bertaun taun itu kerat dah berapa banyak lon, jangan lah lupa dicat selalu biar tampak baru

      Hapus
    3. Dari 2013 yg ke 1...2017 sudah selebrasi pake balon kuning GOBLOK..!!

      Hapus
    4. Dari blog Marhalim, sejak kasus muncul hingga kini, project lcs tak ada progres/kemajuan alias stagnan.

      Kegiatan yg ada hanyalah maintenance, yakni menjaga agar kapal yg sudah jadi/belum jadi tidak rusak atau karatan.

      Kasus ini stagnan dan terkatung-katung krn:
      - masih dalam penyelidikan/audit
      - kontraktor minta extra money,
      pemerintah belum ada kputusan.

      -------------

      Jadi semakin lama tidak ada keputusan, maka akan semakin jauh delay nya. Lcs 1 saja delay, apalagi 2,3 dan 4.

      Tuk lcs 5 dan 6 nampaknya bakal cancel. Keel laying saja belum.

      😁😁

      Hapus
    5. Itu kapal LCS sudah produk reject bro...kagak lulus QC sudah bertahun2...kebayang lah kalau barang sudah reject/cacat dari awal produksi...nanti kalau akhirnya jadi seperti apa nantinya 4 kapal.lcs itu...WAKAKAKAKAK

      Hapus
    6. Unknown/xavier@ kl di PT PAL masa 4 tahun itu PT PAL selesai bina 2 LCS

      Hapus
    7. https://www.cnbcindonesia.com/news/20200622130907-4-167067/terungkap-luhut-prabowo-bahas-rare-earth-untuk-bikin-senjata

      Hapus
  20. Belum lagi ada galangan kapal lain yg produksi kapal angkut tank,kapal tangker,kapal patroli dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ada PT Lundin juga hehhe
      Nunggu KRI Klewang 2 diluncurkan🙏🙏🙏

      Hapus
    2. PT DRU,PT TESCO MARITIM dll

      Hapus
    3. Indonesia mampu produksi 50 kapal perang pertahun kalo diperlukan, masak salah potong😁😁😁

      Hapus
  21. Unknown aka Xavier sangat membanggakan malon deal 6 LCS & BNS boleh bina 4 LCS sekaligus walaupun LCS itu salah potong,mangkrak dan kini pengerjaan LCS stagnan,tak de perkembangan,BNS cuma maintenance body LCS yg telah jadi supaya tak karatan dan rusak...Xavier tololnya gk ketulungan wkwkwk

    BalasHapus
  22. PT PAL menghasilkan 232 kapal

    Boustead menghasilkan 6 kapal SALAH POTONG



    😂😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  23. 01. Salam bina kapal LCS salah potong 7 tahun tak cebur air
    02. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA tempel sticker tak boleh eksport
    03. Salam bina senapan tembak tupai VITA BERAPI
    04. Salam bina tank ugly STRIDE mirip kendaraan sedot tinja
    05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI
    06. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah onani insinyur top university
    07. Salam bina drone ugly NYAMUK
    08. Salam bina KERETA TERBANG untuk angkutan antar galaxy
    09. Salam bina kereta PROTON tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
    10. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
    11. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak teman sendiri
    12. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
    13. Salam kapal selam SCORPANE tak bisa selam sebelum MRO
    14. Salam kapal KALENG Khong ghuan LMS hutangan dari CINA untuk lawan CINA
    15. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan
    16. Salam kapal kargo untuk kapal militer BUNGA PASIR 5 (tai kucing)
    17. Salam jet hornet meletup guna parade aja tiada SOURCE CODE
    18. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
    19. Salam Mig29 GROUNDED semua
    20. Salam kilang MRO AIROD lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
    21. Salam heli NURI lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
    22. Salam heli kecik MD tak datang2 DP 30% hangus di GONDOLI najib
    23. Salam engine jet HILANG di SONGLAP untuk beli nasi lemak
    24. Salam askar penjaga istana bagai ANJING british
    25. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
    26. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
    27. Salam PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
    28. Salam JUDI HALAL daulat tuanku
    29. Salam calon PM tikam menikam Homo berhomo ria
    30. Salam RFI dan KAJIAN banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya tidak
    31. Salam tak punya MARINIR, kapal LPD, HELI ATTACK, UCAV, Tank Amphibi dan SPH
    32. Salam PENDEKAR MBT WW II 48 ekor, produsennya buang ke tong sampah dan lebih memilih pakai LEOPARD
    33. Salam Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN
    34. Salam BELI pespur mb339 BARUW TANPA ENJIN
    35. Salam 88 bijik pespur GURUN, hilang setengah jd fisank
    Salam terlemah ASEAN
    Salam Kedekut ASEAN
    Salam Rank 44 Badut ASEAN
    Salam Rank di bawah kaki Myanmar

    🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥Panas...Panas...Panas...Panas...Panas nih pisang 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

    BalasHapus
  24. 01. Salam bina kapal LCS salah potong 7 tahun tak cebur air
    02. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA tempel sticker tak boleh eksport
    03. Salam bina senapan tembak tupai VITA BERAPI
    04. Salam bina tank ugly STRIDE mirip kendaraan sedot tinja
    05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI
    06. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah onani insinyur top university
    07. Salam bina drone ugly NYAMUK
    08. Salam bina KERETA TERBANG untuk angkutan antar galaxy
    09. Salam bina kereta PROTON tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
    10. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
    11. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak teman sendiri
    12. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
    13. Salam kapal selam SCORPANE tak bisa selam sebelum MRO
    14. Salam kapal KALENG Khong ghuan LMS hutangan dari CINA untuk lawan CINA
    15. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan
    16. Salam kapal kargo untuk kapal militer BUNGA PASIR 5 (tai kucing)
    17. Salam jet hornet meletup guna parade aja tiada SOURCE CODE
    18. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
    19. Salam Mig29 GROUNDED semua
    20. Salam kilang MRO AIROD lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
    21. Salam heli NURI lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
    22. Salam heli kecik MD tak datang2 DP 30% hangus di GONDOLI najib
    23. Salam engine jet HILANG di SONGLAP untuk beli nasi lemak
    24. Salam askar penjaga istana bagai ANJING british
    25. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
    26. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
    27. Salam PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
    28. Salam JUDI HALAL daulat tuanku
    29. Salam calon PM tikam menikam Homo berhomo ria
    30. Salam RFI dan KAJIAN banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya tidak
    31. Salam tak punya MARINIR, kapal LPD, HELI ATTACK, UCAV, Tank Amphibi dan SPH
    32. Salam PENDEKAR MBT WW II 48 ekor, produsennya buang ke tong sampah dan lebih memilih pakai LEOPARD
    33. Salam Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN
    34. Salam BELI pespur mb339 BARUW TANPA ENJIN
    35. Salam 88 bijik pespur GURUN, hilang setengah jd fisank
    Salam terlemah ASEAN
    Salam Kedekut ASEAN
    Salam Rank 44 Badut ASEAN
    Salam Rank di bawah kaki Myanmar

    🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥Panas...Panas...Panas...Panas...Panas nih pisang 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

    BalasHapus
  25. Dasar jiran aneh, kapal kaga jadi-jadi masih aja berbangga🙊🙊🙊

    Heh lon, lu mau beli 6 langsung lah, mau beli 10 langsung pon tak ada yang bisa dibanggakan kalau hasilnya cost overrun dan rongsokan besi salah potong, galangan kapal itu berbangga bila kapal binaannya dah dipakai berbagai negara dan sudah terbukti kehandalannya, bukan terbukti rasuah NAJIB dan TAS ROSMAH tuh😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangga deal 6 LCS tapi satupun tak cecah2 air dari thn 2016 wkwkwk

      Hapus
  26. so maknanya sekarang cakra tidak bisa selam la yah hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cakra overhaul bukan macam scorpen rusak trus gak bisa selam.
      Cakra kelas ada 3 kasel
      Nanggala kelas jg ada 3

      Hapus
    2. hahaha scorpene juga ngak bisa selam semasa refit haha

      Hapus
    3. Koreksi bang, Cakra itu cuma dua, Nagapasa ada 3, rencana mau beli Type 214 AIP 3 biji lagi buat bully MALON sampai mampus😂😂😂

      Hapus
    4. lol elu itu wni? cakra kelas itu ada 2 kri cakra sama kri nanggala..kok wni ngak tahu

      Hapus
    5. Salah bicara itu biasa lon, yang tidak biasa itu SALAH POTONG dan SALAH SONGLAP😂😂😂

      Hapus
    6. type 214 bisa lawan type 218 sg kagak?

      Hapus
    7. Bisa dong, kan masih satu generasi, 218SG saja cuma modifikasi (dikecilkan) dari 214 standar, kalau tak cukup bolehlah kami beli A26 Blekinge asal Sweden, baru gerun sekawasan ngan kasel yang terbukti mampu tewaskan satu Carrier strike group US Navy😂😂😂

      Hapus
    8. Cakra walaupun belum di MRO dia bisa selam beda dgn scorpene malon mesti di MRO baru bisa selam,berarti selama ini scorpene malon gk bisa selam wkwkwk

      Hapus
    9. HAHAHA MASIH LAGI ITU AJA..KASEL ITU BILA SAMPAI MASANYA EMANG HARUS REFIT TOTAL..DIBUNGKAH SEMUA LAPISANNYA..JADI WAJAR DIREFIT SELAMA SETAHUN SETENGAH SETELAH BERKHIDMAT HAMPIR 10 TAHUN..SEKARANG PUN KEDUA2 SCORPENE SIAP BERKHIDMAT KOK

      Hapus
    10. YAKIN BISA? BUKAN DULU CAKRA TERSDAI DI JETI KERANA MASALAH BATERI?

      Hapus
    11. Belum direfitpun scorpenepun tak boleh selam,linknya ada dan sahih sebab Mat Sabu yg mendedahkan wkwkwk

      Hapus
    12. HAHAHA..EMANG KASEL BISA BERKHIDMAT PULUHAN TAHUN TANPA REFIT?

      Hapus
    13. Xavier tolol,Cakra tak de masalah dgn bateri wkwkwk

      Hapus
    14. TAKDA MASALAH KENAPA HARUS DIMODERNISASI?

      Hapus
    15. Xavier@ scorpene malon di refit supaya boleh selam bkn refit untuk upgrade sensor weapon,radar atau upgrade teleskop wkwkwk..ada linknya mat sabu yg mendedahkan wkwkwk

      Hapus
    16. BATERAI TINGGAL LEPAS DAN PASANG YANG BARU, MURAH MERIAH KOK HARGANYA DIBANDING KOMPONEN LAIN. YANG PALING PARAH TUH KASEL YANG TAK BOLEH SELAM SEBELUM MRO TAHUN SELEPAS, GELAK TAK TUH? DIMANA-MANA KASEL HABIS KELUAR GALANGAN YA LANGSUNG DIVE TEST DAN SEAWORTHINESS TEST, LHA INI KELUAR KILANG LANGSUNG TAK BOLEH SELAM, ITU PON BELI KOSONGAN, MALU TAK KAU LON? WANG HABIS DISONGLAP KEH HINGGA TAK MAMPU BELI KASEL FULL CEM INDO? BATERAI PON KADANG ADA YANG CACAT DARI PABRIK, TAPI ITU SALAH PABRIK BATERAINYA, BUKAN KAPAL SELAMNYA. TAPI KALAU TAK BOLEH SELAM ITU JELAS CACAT KAPALNYA PLUS RASUAH MERATA-RATA😂😂😂😂

      Hapus
    17. Xavier@ Cakra di refit bkn untuk membuat dia boleh selam tapi Cakra di refit guna upgrade weapon,sensor,radar dan telescopnya wkwkwk

      Hapus
    18. SO INTINYA CAKRA LEBIH BAGUS DARI SCORPENE GITU? WKWKW

      Hapus
    19. EMANG KENAPA KALAU HARUS DIREFIT? UDAH 7 TAHUN BERKHIDMAT EMANG HARUS REFIT..BUKANNYA NGAK BISA SELAM DARI DAY 1..DALAM MASA REFIT EMANG TIDAK BISA SELAM LOL

      Hapus
    20. YA KASEL MEMANG HARUS SELALU DIMODERNISASI TOLOL, SONAR AKTIF PON ADA MASA PAKAINYA, ELECTRIC MOTOR PON ADA MASA PAKAINYA. JUSTRU KALAU RAJIN REFIT DAN UPGRADE ITU PERTANDA ADA WANG DAN NAVY YANG CAPABLE, KALAU BARU MRO SEKALI DAN HANYA UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH SELAM-MENYELAM ITU PERTANDA NAVY PENUH RASUAH, MALAS DAN TAKDE KUALITI😂😂😂

      Hapus
    21. Scorpene malon di refit supaya ia boleh selam
      Cakra Indonesia di refit guna upgrade sensor,weapon,radar dan telescopnya

      Gelak aq ada kapal selam direfit supaya boleh selam wkwkwk

      Hapus
    22. YA IYA DONG, SCORPENE CACAT MALON BILA TAK MAMPU SELAM APA BOLEH LAWAN CAKRA YANG SUDAH TERBUKTI MAMPU GERUNKAN COLLINS-CLASS AUSTRALIA?

      😂😂😂

      Hapus
    23. HAHAHA BUKANNYA SCORPENE NGAK BISA SELAM DARI DAY 1..BUKANNYA XBISA SELAM DARI MULA..

      Hapus
    24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    25. Malon tak ada kualiti dan kemampuan jauh dgn PT PAL yg sekarang berkembang dgn pembuatan kasel sendri nantinya.
      Tahniah PT PAL👍👍👍👍🇮🇩🇮🇩🇮🇩

      Hapus
    26. alugoro itu buat sendiri atau pasang/cantumkan blok aja? install elektronika masih butuh dsme kan wkwk

      Hapus
    27. Xavier@ scorpene tuh tak boleh selam sejak tiba di malon

      Alugoro tak de kami claim Indonesia yg buat,ia hasil TOT dar Koryo,ada bloknya di buat di koryo,ada jg blok2 lainnya di buat di Indonesia,makanya banyak2 baca

      Hapus
    28. Iyes setidaknya Para teknisi Pt PAL sudah bisa rancang bangun kasel mainbody frame.

      Hapus
  27. masih menunggu deal pkr selanjutnya..krik3..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih menunggu LCS cecah air di laut...2025, hahaha😂😂😂😂

      Hapus
    2. KORYO MASIH MENUNGGU 500 BILLION WON..WKWKW

      Hapus
    3. PKR 3 deal tak sampai tunggu 2023 lah wkwkwk

      Hapus
    4. Ya buat apa bayar lon kalau kasel batch 2 saja mahu ganti yang lain😂😂😂😂

      Hapus
    5. Intinbya malon itu iri syrik tanda tak mampu itu aja,.disini kita bisa lihat kemajuan PT PAL terbaik di Asean dan akan bersaing dgn negara2 di Asia lainnya.

      Hapus
    6. Pkr n Iver pasti nambah lah, pelan2 saja bertahap 2 saja dulu, kemudian d tes habis2 an setelah puas dg hasilnya baru nambah lagi n dg penyesuaian n penambahan dgn keinginan user tentunya xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih lon 🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    7. pasti itu bila..kenapa ngak deal 6 terusan..bilangnya kaya hahaha

      Hapus
    8. Xavier@ dah sign kontrak awal kenapa ko bilang itu bila berbanding deal 6 tapi tak de satu pun yg cecah2 air dari thn 2016 dimulakan wkwkwk

      Hapus
  28. Ada kasel di refit supaya ia boleh selam, gelaknya jer wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. so elu mau naik kapal selam yang ngak direfit walaupun seharusnya kasel tersebut harus masanya refit?

      Hapus
    2. Masalahnya scorpene dr awal sdh tdk bisa selam, ketahuan faktanya scorpene malonte beli second rongsok pula xaxaxaxaxaxaxaxaxa makanya mat sabu mendedahkan kalau scorpene malonte bisa selam harus d mro dulu,paham tak?????? Bukan masalah servis n revit yg berkala, sekarang ane tanya kalau memang scorpene malonte selalu perawatan berkala knp mat sabu cakap kalau scorpene g bisa selam?????? Xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih lon 🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    3. dari awal tidak bisa selam tapi total jam selaman menghampiri 12 ribu jam

      Hapus
    4. Mana ada dikatakan di situ scorpene selam wkwkwk

      Hapus
  29. Xavier,bila nak knowledge ko up terus dan tak ditipu2 dgn khayalan dan mimpi basah ko bacalah blog marhalim tuh,jgn ko baca MMP atau MDR yg adminnya si gempurwaria tuh wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa marhalim bilang scorpene ngak bisa selam dari mula?

      Hapus
    2. Marhalim yg mendedahkan scorpene tak boleh selam kerana ia hasil rasuah wkwkwk

      Hapus
    3. Bahkan Marhalim yg mendedahkan cost gempita setaraf MBT Abrams wkwkwk

      Hapus
  30. Berita2 halu,hoax dan wet dream dari MDR & MMP dijadikan rujukan sama Xavier alamat xavierpun jadi halu,hoax dan wet dream wkwkwk

    BalasHapus
  31. Tahniah jaya PT PAL trus berkembang dan kedepan bisa bangun kapal LHD secara mandiri dan siap bersaing dgn negara2 di Asia.

    BalasHapus
  32. waktu refit yah jelas ngak bisa selam..atau pt pal bisa refit sambil nyelam? wkwkw..kalau bisa refit sekalian selam mau juga deh hantar refit scorpene kita kesano hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh kan tololnya keluar xaxaxaxaxaxaxaxaxa yg d maksud adalah scorpene malon tidak bisa selam sebelum d lakukan mro, paham tak????? Yg ngomong pun mat sabu menhan malonte,dari sini paham tak????? Xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih lon 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    2. haha bukannya tidak bisa selam dari day 1..haha

      Hapus
    3. Lho memang tak bisa selam sejak awal a.k.a day 1, xaaxaxaxxaxaxaxaxa bahkan mat sabu yg berani ngomong kalau scorpene malon ingin bisa selam harus d mro dulu, xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih lon 🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  33. ngak bisa selam waktu refit juga heboh..haha..refit itu didaratan..yah pastilah ngak bisa selam lol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxaxa bahkan bahasa Melayu sendiri pun tak paham xaxaxaxaxaxaxaxaxa high educated konon xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih lon 🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    2. Ya iyalah refit mesti di darat,ko nih tak paham bahasa Melayu keh wkwkwk

      Hapus
  34. scorpene ngak bisa selam itu hanya retorik politik aja..lim guang eng sendiri pernah menyelam bersama scorpene kita sebelum dia jadi menteri kewangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya selam cuma 30 minit than swim to on the water,bila selam sampai puluhan jam scorpene ko tuh tak boleh wkwkwk

      Hapus
    2. Retorik politik????? Kalau sekelas menhan sampai ngomong spt itu, berarti selama ini banyak permasalahan thd aset TDM, kenapa?????? Krn ini menyangkut kesiap siagaan TDM dlm menghadapi ancaman entah itu dr dalam ataupun dr luar, noohh buktinya ada nelayan,ccg n bomber cina ngacak2 teritorial malonte, TDM g bisa berbuat apa2 Krn aset2 militer kalian pada rusak semua xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih lon 🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    3. sekarang bisa selam x..haha..yah dia bicara sewaktu kasel masih direfit emang ngak bisa selam

      Hapus
    4. Gue tambahin ya, kita juga pernah mengalami banyak aset TNI yg tidak bisa dipakai maksimal. Eh Malon kurang ajar, terabas di Ambalat, pindah patok, tebang hutan di wilayah Indonesia dll.

      Sekarang aset kita banyak yg beroperasi, tapi kita tidak terabas lahan Malon.

      Sungguh kita negara terlalu sopan....

      Hapus
    5. Asset tdm banyak bermasalah bisa dilihat saat KRI Tedong Naga tabrakan dgn kd reot dimana kd reot rusak parah

      Hapus
    6. Xaxaxaxaxaxaxaxaxa ngeles gaya tolol xaxaxaxaxaxaxaxaxa yg bahas selam waktu revit siapa lon??????? Scorpene lo tak bisa selam sebelum d mro.......ini bahasa yg mudah d mengerti lho, kalau masih g ngerti ya ngapain nyombong kalau pendidikan malonte lebih baik n tinggi dr kita xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih lon 🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    7. Ko tak paham bahasa melayu ya lon,semasa di refit scorpene ko tuh tak boleh selamlah lon kerana ia di darat wkwkwk...scorpene ko direfit di darat supaya ia boleh selam di air

      Hapus
  35. Galangan malon bastard ada pernah dedahkan laporan keuangan tak? Serius tanya

    BalasHapus
  36. bilang scorpene ngak bisa selam dari mula..habis kita tunda scorpene dari perancis ke malaysia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Scorpene ko tuh datang ke malon dgn cara sail on the water,not dive

      Hapus
    2. Baca lagi sono berita pembelian,pengiriman n kedatangan scorpene Lo,biar agak menarik debatnya xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih lon 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
  37. Strategi bastard malon :
    minta project besar, kapal tak jadi, salah potong, minta cast ulang, tak pernah lapor kewangan, tak pernah diusut rasuah, bikin anak perusahaan lagi buat baik nama, kembali ke urutan 1 😂😂😂

    BalasHapus
  38. Xaxaxaxaxaxaxaxaxa JOM SONGLAP!!!!!!!!!!!!!!! Xaxaxaxaxaxaxaxaxa yuhhuuuu malon nih 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

    BalasHapus
  39. Dri LPD menuju LHD kelas semoga PT PAL makin jaya kedepan

    BalasHapus
  40. Scoprpane tak bisa selam karena hasil rasuah dan hasil letupkan wanita hamil

    BalasHapus
  41. Bomber pusing2 sabah jiangkai dan haiyang dizhi acak2 laut itu retorika politik kah xavier?? Itu tandanya malon memang lemah ATM Lembek 😂😂😂

    BalasHapus
  42. Semoga kapal selam jerman kita beli jangan korea yang rada ecek ecek

    BalasHapus
  43. Gan beli aja scorpone nya malon lumayan buat jadi toilet umi di ancol

    BalasHapus
  44. Gan mendingan kita beli scorpone nya malon lumayan buat toilet umum di ancol

    BalasHapus
  45. WAKAKAKAA.. JON TENGOK FAKTA BOUSTEAD..

    MALAYS ELAKAN INI...😂

    Ni kilang bousted..
    https://youtu.be/5Sm6skCUAs4

    Kecik kali, sama kilang batam je tak de apa apa nya..😂

    Lalu apa update LCS malays sekarang..

    👇👇👇tengok
    Rustic berkarat
    https://sosok.grid.id/amp/412001225/fakta-memalukan-malaysia-beli-gowind-class-dari-prancis-cuma-jadi-rongsokan-berkarat-di-galangan-kapal

    SPRM Siasat😂
    https://youtu.be/RWwmTua9ugo

    https://youtu.be/VjIvGi2S_dQ


    Wkakakakk sila simpulkan sendiri lah

    🔴🔴🔴🔴🔴

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuiiidiii link yutub trakhir ada forum "DS" gaesz...
      horeee "KITE" masuk tipi KL haha!😂😂😂


      horeee "KITE" masuk tipi KL haha!😂😂😂


      horeee "KITE" masuk tipi KL haha!😂😂😂


      horeee "KITE" masuk tipi KL haha!😂😂😂

      Hapus
  46. Scorpane itu kena kutuk sama atlatunya. Sudah di henjut bunting pun di bunuh. Cuma itu kepakaran PM malon hanya seputar pepek otak nya.. Wkwkwk

    BalasHapus
  47. Sudah kabur si unknow malon, tinggal nunggu si gemporkwaria yg lagi urut kliping berita jadul

    BalasHapus
  48. https://www.facebook.com/137531102958800/posts/3449185468459997/

    Apakah mau melanjutkan program gandiwa? He he

    BalasHapus
  49. IS THAT WHAT YOU CALL WARSHIP??? 😀😀😀

    🔴🔴🔴

    BalasHapus
    Balasan
    1. What warship ??

      aaahhh...you mean that one whose sitting and rusty in so called “Busted Naval Shipyard“ docks, right ? 🤣🤣🤣

      Hapus
    2. LMS ompong no sensor,no missile we call warship wkwkwk

      Hapus
  50. HAHA NGAK LARI JUGA TAPI YAH NGAK BAKALAN MENANG WKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxaxaxa lha mau kemana lagi kalau g d sini ente bisa komen bebas, berbanding d blog lo yg g ada berita update tentang militer malonte xaxaxaxaxaxaxaxaxa satu lagi memang blog malonte pengecut,g terima komen dr forumer Indonesia xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih lon 🍌🍌🍌🍌🍌🍌

      Hapus
    2. Ya ngak bakalan menanglah,modal hoax dan bual mn bisa menang wkwkwk

      Hapus
  51. Malon cuma belagu gan padahal budak nya negara maju tapi harga dirinya di asean jatoh total malah negara tergila di dunia kli malon kl gak bisa berbuat kalau laut nya di makan china wkwkkwkw

    BalasHapus
  52. WAKAKAKAA.. JOM TENGOK FAKTA BOUSTEAD..

    MALAYS ELAKAN INI...😂

    Ni kilang bousted..
    https://youtu.be/5Sm6skCUAs4

    Kecik kali, sama kilang batam je tak de apa apa nya..😂

    Lalu apa update LCS malays sekarang?..

    👇👇👇tengok
    Rustic berkarat
    https://sosok.grid.id/amp/412001225/fakta-memalukan-malaysia-beli-gowind-class-dari-prancis-cuma-jadi-rongsokan-berkarat-di-galangan-kapal

    SPRM Siasat😂
    https://youtu.be/RWwmTua9ugo

    https://youtu.be/VjIvGi2S_dQ


    Wkakakakk sila simpulkan sendiri lah😂

    🔴🔴🔴🔴🔴

    BalasHapus
  53. Hahahahaha.... Tak payah la tunjuk kapal selam korea yang belum bayar wang muka tu buat malu je....wkwkwkwkkw

    korang tunggu le tindakan korea jika kelewatan pembayaran wang muka masih belum di jelaskan...wkwkwkw

    BalasHapus
  54. LAPORAN CORONA HARI NI...

    MALAYSIA- 3 KES POSITIF DAN TIADA KEMATIAN

    indon- 1.051 KES POSITIF DAN 35 KEMATIAN


    BANGGA MENJADI WARGA MALAYSIA... MALAYSIA BOLEH...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesian Malon rakyatnya kelaparan di masa pandemi corona wkwkwk

      Hapus
  55. INDON SETIAP HARI SEMAKIN SULIT WALAUPUN DATA CORONA CUBA DISEMBUNYIKAN UNTUK MENGELAKKAN PANIK DIKALANGAN RAKYAT...

    KASIHAN INDON..RAKYATNYA SEMAKIN TERHIMPIT....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesian malon rakyatnya dorank dgn bantuan corona hutang wkwkwk

      Hapus
  56. STRATEGI BUSINES ADALAH TUNGGAK HUTANG DAN TAK BAYAR WANG MUKA...WKWKKWKWKW

    BalasHapus
    Balasan
    1. bayar sewa heli ya lon.....hihihi

      Hapus
    2. Tunggak hutang itu typicaly malays grade A...

      Jadi jangan permalukan malays lagi di hadapan Asean ni..


      Malays lagi teruk tambah teruk karna beruk beruk malays ni..

      ,🤠🔴🔴🔴🔴

      Hapus
  57. WAKAKAKAA.. JOM TENGOK FAKTA BOUSTEAD..

    MALAYS ELAKAN INI...😂

    Ni kilang bousted..
    https://youtu.be/5Sm6skCUAs4

    Kecik kali, sama kilang batam je tak de apa apa nya..😂

    Lalu apa update LCS malays sekarang?..

    👇👇👇tengok
    Rustic berkarat
    https://sosok.grid.id/amp/412001225/fakta-memalukan-malaysia-beli-gowind-class-dari-prancis-cuma-jadi-rongsokan-berkarat-di-galangan-kapal

    SPRM Siasat😂
    https://youtu.be/RWwmTua9ugo

    https://youtu.be/VjIvGi2S_dQ


    Wkakakakk sila simpulkan sendiri lah😂

    🔴🔴🔴🔴🔴

    BalasHapus
  58. Sayang sekali, kenapa Malaysia tidak memilih KCR 60m PT PAL ya? Lebih murah, lebih lengkap persenjataannya daripada LMS dr Wuhan.

    BalasHapus
  59. 01. Salam bina kapal LCS salah potong 7 tahun tak cebur air
    02. Salam bina kereta kebal 8x8 GEMPITA tempel sticker tak boleh eksport
    03. Salam bina senapan tembak tupai VITA BERAPI
    04. Salam bina tank ugly STRIDE mirip kendaraan sedot tinja
    05. Salam bina rudal antar Galaxy ugly TAMING SARI
    06. Salam bina jet PTM GEN 6 hasil mimpi basah onani insinyur top university
    07. Salam bina drone ugly NYAMUK
    08. Salam bina KERETA TERBANG untuk angkutan antar galaxy
    09. Salam bina kereta PROTON tak laku utk angkut manusia dan di jual kat cina
    10. Salam Komando LETUPKAN wanita hamil
    11. Salam komando TEWAS saat DEMO, tembak teman sendiri
    12. Salam komando PINGSAN saat latihan berbaris
    13. Salam kapal selam SCORPANE tak bisa selam sebelum MRO
    14. Salam kapal KALENG Khong ghuan LMS hutangan dari CINA untuk lawan CINA
    15. Salam kapal RUSAK oleh JARING nelayan
    16. Salam kapal kargo untuk kapal militer BUNGA PASIR 5 (tai kucing)
    17. Salam jet hornet meletup guna parade aja tiada SOURCE CODE
    18. Salam Su30MKM 18 Ekor hanya 4 yg boleh terbang
    19. Salam Mig29 GROUNDED semua
    20. Salam kilang MRO AIROD lembab cem siput ahli salfie dan pasang baut je
    21. Salam heli NURI lapook selalu terhempas berkhidmad abadi tak ada ganti
    22. Salam heli kecik MD tak datang2 DP 30% hangus di GONDOLI najib
    23. Salam engine jet HILANG di SONGLAP untuk beli nasi lemak
    24. Salam askar penjaga istana bagai ANJING british
    25. Salam EJECT KAT HANGGAR world record 2 kali
    26. Salam kapal militer Gagah Samudra kena sita MYBANK
    27. Salam PM tua bilang raknyatnya Malas,tak tahu malu,bodoh,tak mau bayar hutang
    28. Salam JUDI HALAL daulat tuanku
    29. Salam calon PM tikam menikam Homo berhomo ria
    30. Salam RFI dan KAJIAN banyak2 berbentang kertas putih, shopingnya tidak
    31. Salam tak punya MARINIR, kapal LPD, HELI ATTACK, UCAV, Tank Amphibi dan SPH
    32. Salam PENDEKAR MBT WW II 48 ekor, produsennya buang ke tong sampah dan lebih memilih pakai LEOPARD
    33. Salam Bayar hutang CINA pakai hutang JEPUN
    34. Salam BELI pespur mb339 BARUW TANPA ENJIN
    35. Salam 88 bijik pespur GURUN, hilang setengah jd fisank
    Salam terlemah ASEAN
    Salam Kedekut ASEAN
    Salam Rank 44 Badut ASEAN
    Salam Rank di bawah kaki Myanmar

    🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥🔥Panas...Panas...Panas...Panas...Panas nih pisang 🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌

    BalasHapus