29 Juni 2020

Spek Persenjataan Iver class Selesai Diputuskan

29 Juni 2020


Kanon utama fregat Iver Huitfeldt class dari Denmark (photo : Alamy)

Pekan lalu beredar kabar di kalangan defense netizen bahwa spesifikasi teknis atas persenjataan fregat Iver Huitfeldt class untuk Angkatan Laut Indonesia telah selesai diputuskan. 

Adapun konfigurasi persenjataan fregat Iver Huitfeldt untuk Indonesia adalah :
-1x Leonardo 76 mm, meriam utama,
-1x Rheinmetall Milenium 35 mm, meriam CIWS,
-Leonardo A244/S Mod-3, torpedo,
-MBDA Exocet MM40 Block 3, 8 cells, rudal anti kapal,
-MBDA VL Mica, 16 cells, rudal pertahanan udara,
-2x FN M3 12.7 mm,
-2x Torpedo Decoy System,
Defense Studies telah melakukan konfirmasi pada sumber yang dapat dipercaya bahwa spesifikasi ini benar sebagai persenjataan standar dengan sistem sebagian besar FFBNW (fit for but not with).

Modul Stanflex

Odense Steel Shipyard mendapatkan kontrak konstruksi pembangunan 3 fregat dari Kementerian Pertahanan Denmark pada tahun 2006 senilai USD 850 juta atau senilai USD 283 juta per kapal, kontrak Odense tidak ada hubungannya dengan pengadaan senjata, AAW (anti air warfare) dan integrasi sistem. Integrasi persenjataan dan sensor dilakukan oleh DALO (Denmark's Defence Acquisition and Logistic Organization).



Persenjataan fregat diperoleh dengan melakukan daur ulang atas persenjataan dengan sistem modul Standard Flex (Stanflex) yang sebelumnya digunakan untuk kapal patroli Flyvefisken class, Knud Rasmussen class (OPV) dan Absalaon class (Auxilary Ship). Dari ketiga tipe kapal ini Iver Huitfeldt mendapatkan persenjataan meriam 76mm Oto Melara, peluncur torpedo MU-90, senapan mesin 12,7mm, meriam CIWS Rheinmetall 35mm, peluncur rudal anti kapal Harpoon Block II, dan peluncur rudal anti pesawat jarak pendek RIM-162 ESSM.

Modul StanFlex (juga dikenal sebagai STANFLEX atau Standard Flex) adalah sistem muatan misi modular yang dipergunakan oleh Angkatan Laut Kerajaan Denmark (Kongelige Danske Marine). Dengan adanya stanflex ini maka dalam konstruksi kapal ada pemisahan antara platform (hull) dan payload (mission system). Setiap modul dibungkus kontainer baja tahan karat berukuran panjang 3 meter, lebar 3.5 meter dan tinggi 2.5 meter. Mesin yang presisi memastikan bahwa setiap modul bisa cocok dengan koneksi untuk tenaga listrik, ventilasi, komunikasi, air, dan data. Senjata atau sistem dipasang di atap kontainer, sedangkan mesin-mesin, elektronik dan peralatan pendukung ditempatkan di dalam kontainer. Konsol Standar ditempatkan di ruang Combat Information Centre (Pusat Informasi Tempur).


\
Fregat Iver Huifeldt yang pertama terdiri dari 6 modul stanflex, sistem modul ini terus dilakukan pengembangan hingga sekarang bisa didapatkan 12 modul stanflex, dari mulai meriam utama hingga ke RHIB dibuat menjadi modul tersendiri. Dengan adanya modul stanflex ini maka persenjataan fregat ini dapat dibongkar pasang atau dipertukarkan dengan mudah dengan kapal lainnya yang juga memakai modul stanflex dalam waktu yang singkat.

Untuk modul Stanflex ini dalam kontrak pembangunan Iver class versi Indonesia sudah terkonfirmasi tidak masuk.

Komparasi persenjataan standar Iver versi Denmark dan Indonesia

Denmark melakukan daur ulang persenjataan pada fregat Iver Huitfeldt class hampir pada semua persenjataannya karena tersedia stok dan dirawat dengan baik serta dibuatkan modul-modul tersendiri (modul stanflex), itulah sebabnya biaya fregat ini menjadi murah. Indonesia tidak melakukan daur ulang namun membeli baru untuk persenjataan fregat ini. 

Antara Denmark dan Indonesia persenjataan standar fregat Iver class adalah serupa, kalaupun ada perbedaan jumlah dan merek itu karena alasan commonality dengan produk sejenis di kapal lainnya, Yang berbeda diantara keduanya adalah rudal VLS nya, berikut adalah komparasi persenjataan selain VLS.



Vertical Launching System

Dengan bobot standar kapal 5.900 ton dan bobot maksimal 6.645 ton tentu saja banyak persenjataan yang dapat ditampung di fregat dengan ukuran dek senjata sekitar 12,0x17,5m ini. Meskipun Iver class versi Denmark dan Indonesia keduanya sama-sama memiliki radar fixed array AESA dengan jangkauan yang cukup jauh namun terlihat ada perbedaan persenjataan versi Denmark dan Indonesia khususnya pada pilihan rudal Vertical Launching System untuk pertahanan udara, kita dapat melihatnya dalam beberapa tahapan.

Tranche 1 
Denmark memilih Raytheon RIM-162 ESSM (24 cells) sebagai rudal jarak pendek, karena alasan commonality dengan rudal yang dipakai pada kapal AL Denmark lainnya.
Indonesia memilih rudal MBDA Mica (16 cells) sebagai rudal jarak pendek, karena alasan commonality dengan rudal yang dipakai pada fregat Martadinata class dan Bung Tomo class.

Tranche 2
Denmark memilih Raytheon Standard Missile SM-2 sebagai rudal pertahanan udara jarak menengah setelah memenangkan persaingan dengan MBDA Aster 30 VL. Dalam catatan SIPRI pesanan rudal SM-2 dilakukan pada tahun 2018.
Indonesia belum memilih rudal jarak menengah karena belum ada kapal TNI AL yang dipersenjatai dengan rudal jarak menengah. Namun jika melihat Rencana Kebutuhan TNI AD tahun 2020-2024, salah satu kontestan untuk rudal jarak menegahnya adalah MBDA Aster 30 VL, rupanya peluang untuk commonality rudal pertahanan udara jarak menengah ada disini.

Tranche 3
Pada tahapan ini AL Denmark akan melakukan penggantian meriam utama dari kaliber 76mm menjadi kaliber 127mm yang diikuti dengan penambahan rudal jelajah serang darat Tomahawk, tentu saja sebagai anggota NATO Denmark bisa mendapatkannya.
Masih belum jelas apakah Indonesia akan berhenti dengan tranche 2 atau meneruskan persenjataan kapal ini untuk menjadi destroyer dengan beberapa tambahan persenjataan.

Dengan telah selesainya pemilihan atas paket persenjataan, paket sensor, serta paket Combat Management System maka fregat Iver Huitfeldt class untuk Indonesia telah siap untuk dibuat di galangan kapal PT PAL Surabaya. 

(Defense Studies)

280 komentar:

  1. Sign kontrak 6x LCS Meherejelelet mana...?

    😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kertasnya jadi bungkus nasi lemak om ps tipe siluman

      Hapus
    2. Kapal Frigate yang digadang-gadang adalah Iver tetapi yang menjadi pertanyaan ??? Tolong jangan jangan setengah hati memperkuat armanent Kapal Frigate ini VL MICA dan hanya 16 peluncur... Badan Gede Titit Kecil...

      Hapus
    3. Dan satu kunci seharusnya kapal frigate kebanggan kita, harus mempunyai kemampuan menyerang darat... Setara rudal Kalibr..

      Hapus
  2. Balasan
    1. Luwih mantul maneh..nak tuku jumlahe minimal 6

      Hapus
  3. kog gur MICA, tak kiro ASTER 15/Aster 30

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yen duwe ragat, iso di kombo Mica & Aster 30.

      Hapus
    2. Biar kawasan jangan ketakutan, nanti kalau sdh adem isinya bakalan woow

      Hapus
    3. Sayang sih kalau speknya benar seperti itu ya...
      Ini seperti martadinata class yanh di kasih platform kapal yg besar aja.
      Seharusnya naval gun yg 127mm.
      Dan rudal Aster lah.

      Kalau spek kapal gede persenjataan seperti martadinata class ya sama aja bodong.

      Hapus
    4. Tapi ya di doakan ajalah semoga ada revisi di persenjataannya.
      Mengingat membuat platformnya saja membutuhkan waktu cukup lama.

      Hapus
    5. Mugo2 ono warto revisi gegaman yoo...

      Hapus
  4. sasaran empuk pesawat terbang ki, jarak jangakau pertahaan udara kurang adoh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa atase pertahanan RI di Afsel pergi ke pabrik senjata Afsel, pasti ada yg di incar.... Missile ukhomto berjarak 60km

      Hapus
    2. Lebih enak lagi ambil aspide mk2 range setara dgn AIM 120 bisa vls lg menggunakan kontainer rudal ESSM

      Hapus
    3. Minimal Sylver VLS A-50 menggunakan Aster 30..

      Hapus
  5. Karena iri dan dengki dengan kejayaan Indonesia gempoorwira jadi dungu, bodoh dan tolol..

    kwkwkwkwkwwkwik..wik..wik

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Liat gambar ke-2 sama 3 om, satu stanflex bisa dipasang 2x4 Canister Exo

      Hapus
    2. Makanya Iver denmark bisa gotong 16 harpoon 😁

      Hapus
    3. Nih bisa diimajinasikan, 16 mica sama 8 harpoon itu cuma makan 2 modul stanflex

      https://thaimilitaryandasianregion.files.wordpress.com/2016/01/screenshot-images1-sw-cdn-net-2018-06-03-04-36-50.png

      Masih luas spacenya, mau ditambah apapun,kapanpun bisa 😍😍🥳🥳🍻

      Hapus
  7. rudal kapal ke kapal karo rudal pertahahan udara gur setara diponegoro, gede awak e tok, persenjataan kog minim banget yo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ambil ukhomto yg range 60km atau Aspide MK2 range setara AIM-120 bisa di VLS menggunakan container VLS mk29 ESSM

      Hapus
  8. mbok diganti aster 30, cocok karo awak e

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha kui spek e gur mica bro, eman eman body gede gur mica, sasaran empuk dari udara

      Hapus
    2. Mugi Mugi isi di tambahi yakhon and kaliber jos kui

      Hapus
    3. Mbah2 neng nduwur mesti wes mikir ora mungkin mandek tranche 2 thok

      Hapus
  9. Kawujud wae wes syukur, isine tergantung niat nyediani ragate..

    BalasHapus
  10. ciws yo gur 1, waduh, minimalis banget kok en, body gede lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bondone piro kuwi?
      Ngerti ra?

      Sampeyan ki koyo bondo duit 300jt njaluk innova anyar..😛

      Hapus
  11. SAYANG SEKALI..CUMAN 16 SILO KEBANDING MARTADINATA 12..SEHARUSNYA SAIZ BESAR TARUK 32 SAM SEKALIAN..ITUPUN CUMAN MICA DOANG HARUSNYA PALING NDAK ASTER GITU LOH..KRUISE MISSILENYA JUGA TIADA..TIDAK JAUH BEDA SAMA MARTADINATA KALAU CUMAN PAKAI EXO

    BalasHapus
  12. Tembak ee opo jare sesok wes, asal wes enek wujud ee, ileng kene sek nduwe KRI Klewang kang akang, pertama kui akehno kapal ee sek, bar kuwi senjata ne mergo kene darurat kapal sek, lawane enek China vs India, karo China vs USA dadi kene kudu iso halaman rumah sek gak koyok Malon selalu di ceroboh Vietcong ambek china

    BalasHapus
  13. DISAYANGKAN JUGA KALAU TARUK GUN 100MM BISA SERASA DESTROYER..KALAU CUMAN SEGINI CUMAN MENINGKAT SEDIKIT DARI MARTADINATA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Destroyer sebenarnya lebih bagus 57mm. 100mm agak overkill. 120mm kita adanya di corvette loh. Cocok buat NGS.

      Hapus
  14. KAN BENAR TELAHAN SAYA 320 JUTA SEBUAH FFBNW HUHU

    BalasHapus
  15. DISAYANGKAN SEKALI MASIH GUNA EXO BLOCK 3..EMANG PROVEN TAPI SUDAH LAMA SEKALI..HARUSNYA MILIH RBS ATAU NSM..UTK SAM HARUSNYA PLIH ESSM ATAU RIM 66 STANDARD GITU

    BalasHapus
  16. SAIZ BESAR2 HARUS TARUH KRUISE MISSILE LAND ATTACK SEKELAS TOMAHAWK SEHARUSNYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iver Denmark gak FBNW? Sudah pasang tomahawk?

      😛

      Hapus
    2. TAPI ADA ESSM DUAL GUN ADA PHALANX YA

      Hapus
    3. Omong mencla mencle..
      Gidhalmu apek.. 😂😂😂

      😛
      Endi ono iver nggae Phalanx?

      Hapus
    4. Kalau Indonesia dikasih Tomahawk missile boleh juga sih, kalau ngga cari alternatif Nirbhay India, Neptune Ukraina, SOM Turki, hyunmoo 3 Korsel

      Hapus
    5. Gak bakal, isroil wae ra dikek'i Tomahok.
      Sing duwe mung US & UK.

      Hapus
  17. JADI APA SEBENARNYA PENINGKATAN DARI MARTADINATA? CUMAN BOBOT SAMA PANJANG?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SIGN 6 SEKALIGUS? SAMA LMS OMPONG HAHA

      Hapus
    2. Sign 6 LCS itu sebelum kita sign PKR...😂😂😂

      LoL
      😂😂😂

      Hapus
    3. PKR CUMAN 2? PKR YG LIGHT FREGAT ITU?

      Hapus
    4. Sabar lon.. lek duek akeh mung di isik no.. saiki wis gae sik.. kon ra due ae sok ngenyek.. ngisini cuk

      Hapus
    5. LCS berapa?
      Mana sekarang? Ada?

      LoL
      😂😂😂😂

      Hapus
    6. PKR = DEG
      Jadi yang pasti PKR bukan destroyer. Frigate atau corvette atau OPV tergantung pemilik dan pengamat. :P

      Hapus
    7. LCS sign 6 last2 cancel wkwkwk

      Hapus
  18. 16 MICA ITU SETARA LCS AJA ATAU BUNG TOMO AJA HUHU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca yg bener. Itu untuk sementara. 16 vls tuk pertahanan udara jarak dekat dulu. Nanti jika masuk renstra bisa pake jarak menengah.

      Sabar bro, semua ada proses.
      🤗

      Hapus
  19. KALAU CUMAN SEBATAS INI GAK GAHAR SANGAT JUGA..GAHAR DISISI BOBOT SAMA PANJANG AJA

    BalasHapus
  20. "..telah siap untuk dibuat di galangan kapal PT PAL Surabaya. " 😁👍👍👍👍👍👍👍

    BalasHapus
  21. Tak pikir meriamnya bakal pake yang 100mm masih berkutat di 76mm ternyata

    BalasHapus
  22. PERSENJATAANNYA MASIH DIBAWAH FORMIDABLE DAN BHUMIBOL THAI HUHU

    BalasHapus
  23. artikel ini bahas senjata minim abis itu modul stanflex, maksudnya ngerti nggak? sitem modular memudahkan copot pasang ganti sesuai keinginan kedepan, kita emang udah biasabeli ketengan, karena teknologi alusista updatenya lumayan cepet, bikin kapal kan bukan sulapan, hari ini kontrak indem 3 bulan jadi.... su be smart klo komen

    BalasHapus
  24. Lawak betol Indonesia ini ... membangun kapal heavy frigate 6,650 ton tetapi dengan armament persenjataan selevel light frigate atau corvette ... Dalam bahasa melayu dikenal proverb terkenal ini ..."Bagak badannya tetapi tak kuat mengangkat beban ringan" ... Inilah yang akan terjadi jika Iver jadi ... cantik dan mempesona untok parade militer .. tetapi X dapat digunakan untuk deterence atau perang .. apalagi terhadap sang perkasa China ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peningkatan TLDM apa? Ada?

      LoL
      😂😂😂

      Hapus
    2. persenjataanya bisa nyusul, yang penting proses TOT yang dibuat oleh PT.PAL.

      ada kemungkinan bisa ditambah dan diinstal oleh rudal blok timur seperti rudal ONIX / KALIBER atau BASTION-P bisa juga pakai BRAHMOS

      dan bisa juga ditambah dengan container rudal VLS-MICA

      Hapus
    3. Mang kapal mu dah jdi lon?.cina aja msih bisa kita cegah msih punya nyali kita berbanding dgn malon kapal cina datang hanya diam tak ada action takut sma kapal2 cina.

      Hapus
    4. Peningkatan kapal TLDM cem apa wkwkwk

      Hapus
  25. Torpedonya pakai 2x3 LEONARDO Black Shark cuuy.....

    sangar iki torpedo kelas berat

    BalasHapus
  26. beritanya begini juga Su-35 halimunan INDON...wkwkwkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo dtang jgn furstasi ya purr

      Hapus
    2. Ada gempur stress tak boleh terima kenyataan Indonesia shopping wkwkwk

      Hapus
  27. CADANGAN SAYA UTK IVER YANG SEPATUTNYA

    100MM GUN OR 2X75MM GUN
    PHALANX CIWS
    32 MARK41 LAUNCHER (ESSM,RIM66 STANDARD OR ASTER 30 +ASTER 159 DAN ASROC)
    8X RBS/NSM SSM
    TORPEDO LAUNCHER
    ASW ROCKETLAUCHER

    BalasHapus
    Balasan
    1. LCS CUMAN FREGAT BIASA SETARA LCS ITU PUN SDH SETANDING MALAH LEBIH BAIK DR MARTADINATA HAHAHA

      Hapus
    2. Pelan tp pasti jadi hahhayy yg pnting gak slh potong PT PAL sudah pengalaman

      Hapus
    3. LCS Malon setanding dgn KCR Indonesia wkwkwk

      Hapus
  28. Emang tujuannya Ocean Going dulu lon.
    Armament kalo ada budget bisa ditambah, kapal modular gausah bingung mau modifikasi

    BalasHapus
  29. Still much better than 20 years Maharogol scam project 🤣🖕🏻🇲🇾

    BalasHapus
    Balasan
    1. MUCH BETTER DARI SEGI BOBOT DAN SAIZ DOANG..ARMAMENTNYA MASIH DIBAWAH FORMIDABLE DAN BHUMIBHOL THAI

      Hapus
    2. Soo whatt yg pnting jadi nanti cecaj air bisa berenang dulu senjata belakangan.tak usah risau.
      Yakhont pun kami bisa modif
      PT PAL bukan kaleng2 lon

      Hapus
    3. YAKHONT ITU SUDAH LAMA SEKALI OM LIAT DESAIN AJA..SEKARANG INI SUDAH ZAMAN HYPERSONIC ZIRCON KALIBR KHINZAL

      Hapus
    4. Coba ko minta Zircon n Kinzal, paling2 ditukar dengan sabah sarawak 😁🖕🏻🇲🇾

      Hapus
    5. Malon beli hornet je mesti ada kelulusan parlemen US wkwkwk

      Hapus
  30. TAMBAH TOMAHAWKNYA JUGA ATAU BISA INTEGRASI BRAHMOS TERUSAN KERANA KATANYAN TNI INCAR BRAHMOS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa itu diatur PT PAL sudah pengalaman modif kapal

      Hapus
    2. Tomahawk susah dapat,brahmos masih mungkin

      Hapus
  31. Menunggu Kontrak Fregat Iver Huitfeldft Berlaku Efektif

    Industri pertahanan Indonesia yang sebelumnya berada di bawah naungan Badan Pengelola Industri Stategis (BPIS) dengan dijabat langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi semula mengelola 10 perusahaan terkait, namun saat ini pengelolaannya diserahkan di bawah Kementerian Pertahanan dan membawahi 5 perusahaan saja yaitu : Pindad, PAL, Dirgantara Indonesia, LEN dan Dahana. Dalam operasionalnya di Kementerian Pertahanan, Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) membawahinya secara langsung.

    Dalam wawancara dengan Detik.com dengan tema "Blak-blakan Wamenhan: 3 Industri Pertahanan Unggulan" pada 13 Maret 2020 lalu khusus untuk PT PAL Wamenhan Wahyu Sakti Trenggono mengatakan bahwa :
    - memberi order 2 fregat baru kepada PT PAL yang kontraktualnya masih dalam proses,
    - nilai pekerjaan adalah USD 720 juta (sekitar Rp 11 trilyun),
    - 100% dikerjakan di PT PAL dengan skema Transfer of Technology dari Denmark,
    - waktu pelaksanaan 5,5 tahun (66 bulan),
    Pasti timbul pertanyaan dari para pembaca, obyek sudah ada, nilai sudah ada, waktu pelaksanaan sudah ada, lalu apanya yang belum selesai ?


    Linknya
    http://defense-studies.blogspot.com/2020/03/menunggu-kontrak-fregat-iver-huitfeldft.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha,, belum selesai pembaguan uang kopinya ...

      Hapus
    2. Uang kopi itu istilah khas jiran gred a. Di Indo, jika rasuah siap-siap dirangkap KPK.
      😁

      Hapus
    3. Putrajaya@ Wang kopi itu adalah hobi kerajaan malon wkwkwk

      Hapus
  32. Kontrak dah efektif ke...?? tanya je...wkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Pur, bikin kontrak hrs hati2. Tidak boleh ada pasal abu2. Bakal bermasalah nanti.
      😁

      Hapus
    2. Kontrak awal udah Pur wkwkwk

      Hapus
  33. Kita yg ahopping malon yg repot..

    DO MALON REALLY HAVE BRAIN?

    ❌❌❌❌

    BalasHapus
  34. Sistem persenjataan yg unik, kedepannya bisa upgrade sendiri.baik dr rudal yg lbh besar atau penambahan sam jarak menengah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoaaa PT PAL kan bukan kaleng2 bisa modif kapal semau gue wwooo.

      Hapus
    2. Jadi ingat mainan bongkar pasang lego yg juga berasal dr denmark. Sistem plug and play iver bs jadi terinspirasi dr lego 🙂

      Hapus
  35. benda belum buat tapi INDON punya cerita macam dah confirm beli...wkwkwkwkwkkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu namanya rencana lon begok lbh cepet lbh baik
      Malon krik krik kirk

      Hapus
  36. SEBELUMNYA GUE SUDAH BILANG 320JUTA SEBUAH PASTI FFBNW HUHU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca yg bener. Itu untuk sementara. 16 vls tuk pertahanan udara jarak dekat dulu. Nanti jika masuk renstra bisa pake jarak menengah.

      Sabar bro, semua ada proses.
      Pt.PAL pasti akan fokus bikin body kapalnya dulu.

      Kalo persenjataan nya. Gampang bro. Bisa di install / diupgrade kemudian.

      🤗

      Hapus
  37. Isunya prancis nawarin offset transfer teknologi vls sylver klau Aster 30 yg jadi Sam menengah dan jauhnya ada konfirmasi ga?

    BalasHapus
  38. Untuk rudal jarak menengah ada pilihan aster 30 dr Perancis atau dr afrika Selatan karena TNI belum pernah pakai.. kalau mica pasti terpasang... untuk rudal jelajah masih ditunggu info lanjutan info A1 departemen pertahanan RI

    BalasHapus
  39. Kita tunggu sinetron IVER pula...wwkwkwkwkwkwk

    Sinetron Su-35 halimunan dan tamat.... Sinetron KFX pun dah tamat dengan tragis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tp nnti jgn frustasi ya pur..

      Hapus
    2. Baca yg bener. Itu untuk sementara. 16 vls tuk pertahanan udara jarak dekat dulu. Nanti jika masuk renstra bisa pake jarak menengah.

      Sabar bro, semua ada proses.
      Pt.PAL pasti akan fokus bikin body kapalnya dulu.

      Kalo persenjataan nya. Gampang bro. Bisa di install / diupgrade kemudian.

      🤗

      Hapus
    3. Sinetron cem MD530 yg pelik,dah DP 35% pun last2 cancel wkwkwk

      Hapus
  40. Kemampuan sebenarnya sekelas iver fregat adalah meriam utama 155 mm naval,sam missile kelas s400/500 mampu,..3 ciws,ashm long range,long range land attack missil3,balistik,heavy torpedo,towed sonar

    BalasHapus
    Balasan
    1. 155mm pakai apa? AGS USN gagal. 15.5cm gun IJN terakhir kali dipasang di Oyodo (1943). 6" gun juga sama saja, sudah lama tidak diproduksi.

      Hapus
  41. Enak nya klo dpat TOT bisa buat sendri order dlm negri sndri nanti modif sendri kapalnya.
    Jomm PT PAL tahniah👍👍👍👍🤩🤩🤩

    BalasHapus
  42. Makanya penelitian roket rx 350,rx450,rx 550,rx 750 harus cepat diubah menjadi rudal,.,roket rx 350 sampai rx 550 bisa menjadi sam missile...rx 750 bisa menjadi long range ashm,dan land attack

    BalasHapus
  43. Kalau biar cepat selesai,pekerjaan jangan di monopoli PT PAL,bagi kerja dengan shipyard lain,indonesia ada 200 galangan kapal yg bisa dimanfaatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kontrak PAL & Odense, ga bisa sembarangan nge sub con kan..😛

      Hapus
    2. Odense itu sudah gak punya galangan kapal,hanya ada tenaga ahli dan blue print,jadi pengerjaan total ada di indonesia,nah terserah pal,mau. Bagi kerja dengan galangan kapal dalam negeri lain tidak?

      Hapus
  44. HAHAHA BUDAK INDON TOLOL, SPESIFICATION STANDAR FRIGATES PON BANGGA GILA 😂😂😂, BARU MAHU BELI 2 SENANG GILA, PADAHAL 6 AHMAD YANI MAHU PENSIUN LUPA 🤣🤣🤣🤣🤣, BUDAK INDON TOLOL SAMPAI KAPAN INDON SELALU TERTINGGAL DARI MALAYSIA BODOH BUDAK 🤣🤣🤣, MALAYSIA BELI 6, INDON BELI 2 😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. LCS SUDAH MUMPUNI MENGINGAT CUMAN LCS/FREGAT..

      Hapus
    2. Baca yg bener. Itu untuk sementara. 16 vls tuk pertahanan udara jarak dekat dulu. Nanti jika masuk renstra bisa pake jarak menengah.

      Sabar bro, semua ada proses.
      Pt.PAL pasti akan fokus bikin body kapalnya dulu.

      Kalo persenjataan nya. Gampang bro. Bisa di install / diupgrade kemudian.

      🤗

      Hapus
    3. Baca yg bener. Itu untuk sementara. 16 vls tuk pertahanan udara jarak dekat dulu. Nanti jika masuk renstra bisa pake jarak menengah.

      Sabar bro, semua ada proses.
      Pt.PAL pasti akan fokus bikin body kapalnya dulu.

      Kalo persenjataan nya. Gampang bro. Bisa di install / diupgrade kemudian.

      🤗

      Hapus
    4. Ini bkn baru mau beli lon,dah sign pun

      Hapus
  45. DISAYANGKAN SEKALI..SEHARUSNYA DITINJAU ULANG SPEKNYA UTK MEMAKSIMUMKAN BOBOT DAN PANJANG IVER INI..RADARNYA SUDAH KEREN TAPI ARMAMENTNYA SETARA ATAU LEBIH BAIK DIKIT AJA DARI MARTADINATA..KAN RUGI HUHU..KALAU CUMAN SEGINI HANYA BISA DISETARAKAN DENGAN FORMIDABLE SG, BHUMIBHOL THAI DAN LCS KITA..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca yg bener. Itu untuk sementara. 16 vls tuk pertahanan udara jarak dekat dulu. Nanti jika masuk renstra bisa pake jarak menengah.

      Sabar bro, semua ada proses.
      Pt.PAL pasti akan fokus bikin body kapalnya dulu.

      Kalo persenjataan nya. Gampang bro. Bisa di install / diupgrade kemudian.

      🤗

      Hapus
  46. LEBIH2 LAGI MENGINGAT SINGAPUR AKAN SEGERA NEMPAH MRCV BARU BUAT GANTI KORVET LAMA MEREKA..MENGINGAT SINGAPUR PASTI ARMAMENTNYA GAHAR KALI..FORMIDABLE AJA MENGUSUNG 32 SAM..HUHU..PASTI MRCV BARU SG INI PLING DAK MENGUSUNG 48 SAM SAMA 16 SSM PASTI ADA ANTI BALLISTIC MISIL JUGA

    BalasHapus
  47. SIAPA YANG NDAK PERCAYA GUE BARUSAN YANG GUA BILANG 320JUTA IVER SEBUAH FFBNW..HUHU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iver Denmark pakai Phalanx & Tomahawk?

      Hapus
    2. 320 juta memang hull kapal saja,dari dulu semua sudah tau

      Hapus
    3. TAPI ADA YANG ARGUE SAMA GUE KEMARIN DISINI KATANYA 320JUTA FULL ARMAMENT HUHU

      Hapus
    4. Lha LCS salah potong wkwkwk

      Hapus
    5. Baca yg bener. Itu untuk sementara. 16 vls tuk pertahanan udara jarak dekat dulu. Nanti jika masuk renstra bisa pake jarak menengah.

      Sabar bro, semua ada proses.
      Pt.PAL pasti akan fokus bikin body kapalnya dulu.

      Kalo persenjataan nya. Gampang bro. Bisa di install / diupgrade kemudian.

      🤗

      Hapus
  48. TIDAK SERASA DESTROYER KALAU ARMAMENTNYA CUMAN SETAHAP INI HUHU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca yg bener. Itu untuk sementara. 16 vls tuk pertahanan udara jarak dekat dulu. Nanti jika masuk renstra bisa pake jarak menengah.

      Sabar bro, semua ada proses.
      Pt.PAL pasti akan fokus bikin body kapalnya dulu.

      Kalo persenjataan nya. Gampang bro. Bisa di install / diupgrade kemudian.

      🤗

      Hapus
  49. CADANGAN BUAT IVER INDONESIA : HYPERSONIC CRUISE MISSILE ANTARA ZIRCON ATAU MINIM KALIBR KERANA KALIBR ADA VARIAN SSM DAN LAND ATTACK JUGA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua tergantung ada wang...standart kapal iver memang seperti arleigh brugkhe...harga lebih 1 milliar dolar

      Hapus
  50. Yang mahal memang senjatanya,dan untung iver fregat standar memang mampu diisi senjata sekelas destroye3,memang untuk full spec iver fregat bisa berharga sekitar 1 milyar dolar per biji,iver dalam kondisi full leeds sama dengan arleigh brugke

    BalasHapus
  51. Untungnya iver pakai stanflex,jadi bisa diubah senjata secara cepat oleh PT PAL,tinggal punya uang gak beli senjata mahal?mungkin varian iver ini di indo akan jadi banyak macam dan macam2 senjata beda,seperti kcr,basic sama tapi isi beda2

    BalasHapus
    Balasan
    1. dah baca artikelnya? versi indonesia ga pake stanflex

      Hapus
  52. Yang penting ada dulu, jadi dulu.. nanti senjata klo pengin upgrade yg punya iver bisa dilungsurin ke kapal baru lainnya 😁

    BalasHapus
  53. Alhamdulillah akhirnya TNI AL DAN PT.PAL mendapatkan kapal perang baru juga ilmu pembuatan kapal perang bertonase lbh besar lagi,, perlahan dan pasti TNI AL menuju kekuatan maritim disegani di kawasan ASEAN,, soal senjata masih ada slot buat YAKHONT minimal 4 lah macam di KRI OWA,, bravo TNI AL DAN PT.PAL

    BalasHapus
  54. MAAF BILANG DEH KALAU CUMAN SEGINI ARMAMENTNYA BAIK TAMBAH PKR AJA LEBIH MURAH SUDAH MAHIR BUAT HUHU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca yg bener. Itu untuk sementara. 16 vls tuk pertahanan udara jarak dekat dulu. Nanti jika masuk renstra bisa pake jarak menengah.

      Sabar bro, semua ada proses.
      Pt.PAL pasti akan fokus bikin body kapalnya dulu.

      Kalo persenjataan nya. Gampang bro. Bisa di install / diupgrade kemudian.

      🤗

      Hapus
  55. KD Maharogol 6 billion cuma dapat senjata 3 balon kuning dan 6 kapal takut air


    Terbaik Tololnya 😂😂😂😂

    BalasHapus
  56. JUJUR GUE MENGHARAPKAN LEBIH DARI SEKADAR INI..BIAR BUKAN MASALAH GUE KALAU ARMAMENTNYA LEBIH GAHAR GUE BISA TUMPANG BANGGA BUAT CEGAT TIONGKOK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tumpang ndasmu, teritori2mu baik ko lindungi sendiri lah 🤣

      Hapus
    2. Tumpang simpati buat LCS salah potong tak cecah2 air wkwkwk

      Hapus
  57. fasti kata SPEKULAN MILITER lagi dech, hadeeuuuhh cafe dech haha!😅😅😅

    guwe kok kgk fercaya klo sumbernya dr si chihwawa haha!🤭🤭🤭

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. https://sosok.grid.id/amp/412001225/fakta-memalukan-malaysia-beli-gowind-class-dari-prancis-cuma-jadi-rongsokan-berkarat-di-galangan-kapal?page=all

    Program yang awalnya menghabiskan dana hanya US$1.9 milyar ini membengkak menjadi US$2.8 milyar.

    Parahnya lagi pengerjaan kapal ini terbilang lelet karena dana yang harusnya dibelikan besi, piranti dan kebutuhan kapal malah dikorupsi sehingga terkesan program berjalan di tempat.

    Meski demikian kepala program pembuatan kapal Mr.Anuar mengatakan jika semuanya on the track.

    "Program ini berjalan, beberapa bagian telah memasuki tahap peninjauan ulang rancangan kritis" dan "Kami berharap kapal pertama dapat diselesaikan pada 2017 atau awal 2018".


    Menhan Malaysia Mat Sabu saat tinjau KD Maharaja Lela yang dongrok di galangan kapal
    Namun proses peluncuran kapal pertama yakni KD Maharaja Lela molor setahun.


    Itupun saat diluncurkan kapal masih terlihat 'ompong' tanpa sistem senjata maupun elektronik lainnya dan tentunya belum berani dicemplungkan ke laut layaknya peresmian kapal-kapal dari galangan.

    Lebih mirisnya lagi usai acara peresmian, KD Maharaja Lela kembali dimasukkan ke galangan kapal.

    Bukannya dipasangi sistem senjata, kapal tersebut diprotoli kembali dan dibiarkan jadi besi rongsokan berkarat di galangan kapal.

    KD Maharaja Lela, ngedok di galangan kapal, diprotoli lagi hingga berkarat
    Meski mendapati kenyataan pahit ini, Panglima Tentera Laut Malaysia, Laksamana Datuk Mohd Reza Mohd Sany sesumbar jika KD Maharaja Lela bakal segera operasional di tahun 2021.

    “Lagi dua tahun, yang lain akan diterima dan ditauliahkan secara berperingkat selepas itu,“ katanya pada April 2019 silam. (Seto Aji/Sosok.ID)


    Terbaik TOLOL nya 😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  60. Kalau dibanding dengan Type 31 frigate gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kerenan radar IVER-INDO om irs, uda fiks aray, maunya gt hore haha!👏👏👏

      Hapus
    2. Kalo dari meriam utama, menang kita.

      Meriam ciws, menang tipe 31.

      VLS belum tahu jumlahnys untuk tipe 31.

      Torpedo nggak ada di tipe 31, di kita ada.

      Hapus
    3. Sudah lumayan kalau gitu. Paling tidak "mata" sudah bagus.

      Hapus
    4. btw knp om irs bilang diatas,

      "Destroyer sebenarnya lebih bagus 57mm. 100mm agak overkill."

      prasaan destro nyari yg lbh kuwat dech.
      57mm terlaluw LOYO, buat bodi gde.
      daya hantamnya rendah, guwe uda liat hasil vidionya..

      ada angkatan laut asing yg nyoba ngancurin
      kaprang pake 57 & 76.
      hasilnya dibrondong 57mm, biasa2 aja targetnya.
      ketika dihajar 76mm, cuman butuh 3-4x tembakan..trus tenggelem dach haha!😉😉😉

      nah kalo 127mm keatas masalah jarak jangkaunya yg lbh jau aja, lbh sip gt haha!😎😎😎

      Hapus
    5. btw freem italy VLS 16 bijik, masi gagah kemana2.
      trakhir jd pemenang kontestan frigat di amrik.
      tp amrik kmungkinan filih konfigurasi 32 bijik vls haha!🤠🤠🤠
      tetep pake CIWS setronk haha!👍👍👍
      rudal anti kapalnya naek..

      --------------------
      "In terms of weapon systems, the frigate will be fitted with all the government furnished equipment as outlined by the U.S. Navy requirements:

      A Mk110 57mm main gun
      32x Mk41 VLS
      Up to 16x NSM anti-ship missiles
      A RAM close in weapon system

      --------------

      Hapus
    6. cuman netijen amrik masi gak trima, meriam utamanya pake 57mm, dimana2 komplen...yaiyala uda kbukti, gak bisa nenggelemin kaprang, tp kok dibeli???

      mungkin amrik uda gak mao pake 76mm, tp lgs ke 127mm buat destro/kruser.
      ngurangain suplay logistik mrk, mulai bokek haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    7. Lebih ke RPM kalau dibanding dengan 76mm. Tapi kalau maksa multi-role memang amannya 76mm. 100mm keatas lebih berguna buat torpedoboat destroyer. Untuk air defence setahu saya kurang bagus. Sedangkan untuk NGS lebih baik pasang di lambung yang bisa lebih dekat ke daratan.

      Hapus
    8. klo liat spek senjata frigat baruw amrik, prancis, itali, masi kalah malahan ama milik tetangga mungil kita.

      rudal anti kapalnya bisa ampe 24 haha!🤭🤭🤭

      Hapus
  61. Baca yg bener. Itu untuk sementara. 16 vls tuk pertahanan udara jarak dekat dulu. Nanti jika masuk renstra bisa pake jarak menengah.

    Sabar bro, semua ada proses.
    Pt.PAL pasti akan fokus bikin body kapalnya dulu.

    Kalo persenjataan nya. Gampang bro. Bisa di install / diupgrade kemudian.

    🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bijaksana tenan ora grusa grusu gawe geger tonggo🙄🤔☝👍

      Hapus
  62. Prepare bully malon, bila gajah bergaduh maka semut kecik yg mati terinjak 😂😂😂😂😂😂

    BalasHapus
  63. Ehem.

    Kapal ini akan masuk satuan kapal eskorta dengan nomor lambung 3xx

    Kapal eskorta tidak akan dipersenjatai dengan senjata yang garang, juga jumlah senjatanya tidak akan banyak.

    Yang penting nambah hull saja dulu untuk kapal dengan kemampuan multi misi / multi role.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak bacot lu ntung blegendes
      Sok tau ente,bilang aja pemerintah gak punya uang beli rudal selesai.
      Kalau kere gak usah banyak gaya

      Hapus
    2. Lumayan setuju dengan kalimat terakhir.

      Tetapi maksud senjata garang apa? Eskorta kita dibagi tiga 30x-32x, 33x-360 dan 36x-39x. Kalau masuk blok pertama minimal harus bisa serang darat kalau lihat komentar petinggi AL. Blok kedua punya AAW yang lumayan. Kira2 masuk mana?

      Hapus
  64. IVER NI CUMA LEBIH BERAT JE INDON TOLOL, WEAPONS BIASA SAJA TOLOL BUDAK 🤣🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa bilang weapons biasa tolol,misil pertahanan udara kelas menengah blm ditentukan Indonesia bodoh,ko baca artikel tuh

      Hapus
  65. Mathalim bego marhalim tolol

    BalasHapus
  66. Agak mengecewakan armamentnya, tp setidaknya lebih baik dr F-125 Jerman.Sehingga F-125 masih memegang rekor buruk sbg frigat paling aneh di dunia.

    BalasHapus
  67. SUDAH LA WEAPONS STANDARD, BUY CUMA 2 BIJIK, AHMAD YANI PENSIUN 6 BIJIK 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣 INDON LAWAK TERUS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ko baca tuh lon ini hanya senjata sementara je,misil pertahanan udara class menengah blm di pilih lon...Malon cuma ada 2 frigate lapok wkwkwk

      Hapus
    2. Malaysia anjing Lms cina lebih berjaya ye.....wwkwkwkwkwkwkwkw

      Hapus
  68. Xaxaxaxaxaxaxa bisa ae kasih hembusan angin sepoi2, sekelas iver dg senjata yg standar saja, lagian yg d perdebatkan masih rencananya, faktanya hanya kemenhan n TNI AL yg tahu spt apa n bagaimana iver versi Indonesia nanti xaxaxaxaxaxaxa kalau ane Alhamdulilah nih iver sdh positif akan d pinang Indonesia n d kerjakan oleh PT PAL dg tot xaxaxaxaxaxaxa urusan senjata n modif serahkan saja sama ahlinya dah, yakhont aja sukses d instal ke sistem nato xaxaxaxaxaxaxa

    BalasHapus
  69. Bila fregat OSW pensiun bisa lah missil yakul di over ke iver, bikin yang di sebelah kejang kejang

    BalasHapus
  70. Bila fregat OSW pensiun bisa lah missil yakul di over ke iver, bikin yang di sebelah kejang kejang

    BalasHapus
  71. KESIAN KL GAK PUNYAK CIWS SEUMUR HIDOOPPNYAAA haha!🤣🤣🤣

    kita donk punyak MILENIUM GAN, dr namanya aja milenial abis haha!🥳🥳🥳

    yg serem2 cem, AK-230, AK-630m, type730...mana punyak gred a haha!🤓🤓🤓


    CIWS SETRONK haha!🦾🦾🦾

    BalasHapus
  72. HARAP BERITA ni tak menyebabkan geng INDON menangis di bucu katil....wkwkwkwkwkwk

    Indonesia Dalam Krisis

    Sektor Riil dan Keuangan

    Pertumbuhan ekonomi Indonesia diyakini akan menurun sampai minus atau kontraksi. Sisi penawaran atau supply side maupun demand menyusut drastis yang dapat dilihat kasat mata dari tutupnya pabrik, toko, tempat rekreasi dan rumah makan/warung, transportasi dll.

    Singkat cerita semua penjualan barang dan jasa termasuk mobil dan motor turun drastis. Ekspor-impor juga susut. PHK terjadi dimana mana. Disektor formal tercatat 6 juta PHK. Ini yang termonitor Kemennaker. Tentunya ada yang tidak termonitor. Ini baru yang disektor formal yang hanya 35% dari tenaga kerja. Artinya tenaga kerja di sektor informal 65%, sehingga bisa jadi yang kehilangan lapangan kerja disektor informal mencapai dua -tiga kali lipatnya. Itu baru data sampai dengan Mei. Sudah dapat diduga PHK akan terus berlanjut.

    Jadi “terkendalinya” inflasi bukan sebuah prestasi tapi semata mata karena hilangnya daya beli.

    Sektor pengolahan jelas ambruk. Nilai ekspor turun 28,8%, impor bahan baku turun 29,6%. Make a long story short, -meminjam istilah kawan Kadin,- bahwa sebelum Covid 19 sektor riil kita sudah goyah tapi kini benar benar ambruk.

    Di sektor keuangan, investasi portofolio asing terus mengalir keluar atau capital outflow. Neraca Transaksi Berjalan defisit kronis tidak kurang dari 3% PDB alias diatas USD30Miliar. Makanya nilai tukar rupiah meski sering di dongkrak dengan intervensi BI tapi cenderung selalu melemah sebab penyakit intinya adalah kekurangan supply dolar. Pasar cenderung berebut dolar.

    Obatnya adalah kenaikan ekspor dan investasi asing disektor riil untuk mendatangkan atau mengisi dolar, bukan dengan utang dalam bentuk dolar. Sementara itu, investasi asing di Indonesia sebenarnya masih kecil, antara 5-10% saja. Dan kini kita sedang mengharapkan berkah relokasi investasi asing yang meninggalkan China agar bersedia ke Indonesia.

    Tapi melihat regulasi dan pengalaman jelek selama ini, nampaknya investor asing itu tidak tertarik untuk ke Indonesia. Berbelit, mahal dan banyak gangguannya. Makanya asing lebih senang hanya bermain di sektor portofolio yang sebetulnya tidak menciptakan lapangan kerja, tapi sewaktu waktu mudah kabur bersama keuntungan yang di dapat.

    Keuangan Negara (APBN)

    Sudah menjadi rahasia umum bahwa APBN kita sekarat. Roda pemerintahan apalagi pembangunan tidak akan berjalan tanpa topangan utang. Bank Sentral (BI) sudah disiagakan. APBN yang katakanlah bervolume Rp2500Triliun, defisitnya Rp1000Triliun atau 40%nya.

    Mau tidak mau menggenjot utang untuk menutupinya. Sehingga utang negara tahun depan diperkirakan melejit ke 40% PDB. Dilain pihak tax ratio terus menurun tinggal 8%, sehingga rasio pembayaran bunga utang terhadap pemasukan pajak mencapai 28%. Belum cicilan utang pokok dan keperluan pembelanjaan yang lain. Dulu kekayaan bersih BUMN lebih besar dari utang negara sehingga teoritis mampu menjamin utang negara. Kini tidak lagi. Tidak solvable.

    Perbankan

    Ditengarai bank bank sudah mulai menghadapi banyak kesulitan. Kredit macet dan restrukturisasi kredit kabarnya mencapai sekitar Rp600Triliun. Kesulitan likuiditas juga sudah terasa. Ada Bank yang kalah kliring atau tidak mampu mencairkan uang nasabahnya. Deposito tidak bisa dicairkan menjadi pembicaraan sehari hari.

    Situasi ini mengingatkan kita saat saat Krismon 1998. Dan akibat beruntun dari kesulitan Bank dalam mencairkan uang nasabah tentu mempunyai efek ganda kemana mana.
    Jadi ekonomi Indonesia benar benar krisis multi-dimensi, tapi sense of crisis-nya nampaknya hanya ada pada Presidennya.

    BalasHapus
  73. kesian lagi ada katanya 4 bijik kapal lagi dibina,

    terkuak cuman 1 bijik, dari 2017. TP GAK ADA KIPAS PROPELERNYA haha!🤣🤣🤣

    yg laen gak brani disambungin KANAFA????

    --SALAH FOTONG--GAN haha!🙀🙀🙀

    BalasHapus
  74. Bro saya nak kata dengan kondisi ekonomi dan kewangan INDON yang sudah tunggak hutang anda pasti program semahal IVER akan diluluskan...??? wkwkwkwkwkwkwkwk

    TEPUK DADA TANYA SELERA bro...

    BalasHapus
  75. jgn PEDULI HOWAKS kan lebih FENTING cadangan DEVISA kita naek haha!👍👍👍

    beda ama yg menifis kyk disebelah..BAYAR HUTANG PAKE UTANG haha!😅😅😅

    SALAM 59 peratus haha!🤑🤑🤑
    SALAM RANK 44!
    SALAM SALAH FOTONG haha!🤣🤣🤣

    BalasHapus
  76. Paket hemat iver yang penting jd dl kl mau tambah tinggal pasang sdh ada kepakaran dr pada sok jaguh ternyata delay dan sewa 😂😂😂

    BalasHapus
  77. NEGARA MARITIM LAUT BESAR, PALING BESAR ASEAN, PENDUDUK 270 JUTA, BUY FRIGATES CUMA 2 BIJIK, MAHU PENSIUN 6 BIJIK 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus