03 September 2020

Akuisisi Typhoon Austria dan Peluang ToT Bagi Indonesia

03 September 2020

Typhoon Angkatan Udara Austria (photo : Gerhard Vysocan)

Akuisisi Typhoon Austria: Pintu Masuk Loncatan Teknologi Pesawat Tempur Indonesia?

NUSANTARANEWS.CO –Akuisisi Typhoon Austria bisa menjadi pintu masuk loncatan teknologi pesawat tempur Indonesia.  Melihat Program The Falcon Structural Augmentation Rodmap (Falcon Star) Enhanced Mid-Life Update (eMLU) dan kemampuan para Spesialis Teknik 042 Lanud Iswahjudi mengupgrade dua jet tempur F-16 A/B Blok 15 milik TNI AU yang sudah di atas 6.000 jam, baik modifikasi struktur, avionik, radar dan persenjataan patut diapresiasi. Kini Pesawat buatan Lockheed Martin, Amerika Serikat (AS) tersebut, memiliki kemampuan Beyond Visual Range (BVR) sehingga dapat dipersenjatai dengan Advance Medium Range Air To Air Missile AAMRAM-C dan Air Intercept Missile AIM-9 X atau sekelasnya.

Boleh dikata, F-16 A/B eMLU telah sejajar dengan pesawat tercanggih di kelasnya dengan ditanamkan ALR-69 Radar Warning Receiver (RWR), ALQ-213 Electronic Warfare Management System (EWMS), ALE-47 Countermeasures, dan New radar APG-68 (V) 9. Bahkan memperpanjang usia operasional pesawat hingga 14.000 EFH (equivalent flight hours).

Program upgrade ini jelas merupakan penghematan yang luar biasa dibandingkan dengan membeli pesawat baru yang harganya bisa mencapai US$ 90 juta per unitnya. Dengan anggaran sekitar US$ 10 sampai 12 juta per pesawat, kini F-16 eMLU tidak kalah gahar dengan F-16 Viper.

Modernisasi Typhoon Tranche 1 Spanyol

Spanyol telah memulai program modenisasi perangkat keras dan perangkat lunak Typhoon Tranche 1 nya menjadi standar Tranche 3. Program upgrade yang dikembangkan oleh Airbus mencakup modifikasi yang mengintegrasikan peralatan Tranche 2 dan Tranche 3 di pesawat, seperti Computer Symbol Generator, Digital Video and Voice Recorder, Laser Designator Pod dan Maintenance Data Panel. Termasuk integrasi rudal Meteor yang menjadi andalan produksi konsorsium perusahaan Eropa yang dipimpin oleh MBDA. Menjadi teknologi Eropa sepenuhnya yang revolusioner.

Peningkatan Fase 3 (P3EB) adalah mengintegraiksn radar Captor E-Scan baru (dikenal sebagai Radar One Plus, atau Captor E Mk0), turunan active electronically scanned array (AESA). Pabrikan mengklaim, “Standar ini adalah varian paling canggih dari jet tempur yang pernah dibuat” untuk meningkatkan kapasitas deteksi, serangan dan identifikasi; Mode SAR (radar apertur sintetis); transmisi gambar; pengukuran elektromagnetik; dan integrasi senjata pintar.”

Typhoon tranche 3 (image : Airbus)

Integrasi radar E-Scan adalah program dwi-nasional yang melibatkan Spanyol dan Jerman. Seperti untuk standar ekspor “Typhoon Kuwait” misalnya, Kemampuan operasional penuh akan mencakup radar E-scan yang ditingkatkan, kemampuan jangkauan penuh Sniper yang ditingkatkan, peningkatan pod P5 ACMI, Bom Dipandu Presisi GBU-31 JDAM, Mk 82, 83, dan 84 serta rudal Meteor, AIM-120 AMRAAM (hingga AIM-120C7). Pesawat juga akan memiliki kemampuan navigasi VOR.

Andai Indonesia Beli Typhoon Austria

Modernisasi Typhoon Tranche 1 ke standar Tranche 3 Spanyol tidak jauh berbeda dengan program Falcon Star-eMLU F-16 Blok 15 Indonesia. Singapura pun telah mulai mengupgrade 60 F-16 C/D setara Viper dengan anggaran US$ 40 – 50 juta per unitnya di Lockheed Martin Aeronautics, Fort Worth, Texas dan di Singapura. Amerika Serikat (AS) sendiri juga mulai memodenisasi kemampuan armada F-15 Eaglenya untuk menghadapi perang elektronik di masa mendatang. Bahkan hampir sebagian besar jet tempur Typhoon akan diupgrade dengan mengintegrasikan radar Captor-E (E-Scan) pada tahap selanjutnya.

Kembali ke masalah pembelian Typhoon Austria. Benarkah Indonesia akan rugi bila membelinya? Mari kita berandai-andai.

Bila Indonesia jadi membeli dengan 1 skuadron dengan harga miring, katakan US$ 500 juta setelah mendapat persetujuan dari Jerman, Italia, Spanyol, dan Inggris, Indonesia dapat meminta paket modernisasi paling tidak sama dengan standar Tranche 3 Spanyol. Selain itu, ada paket imbal beli yang bisa dinegosiasikan sebesar US$3,5 miliar (kesepakatan offset senilai 200% dari harga pembelian oleh Austria) yang bisa melibatkan perusahaan dan tenaga kerja Indonesia. Di samping TOT tentunya.

Belajar dari kejasama IPTN Indonesia dan Construcciones Aeronauticas SA (CASA) Spanyol, Indonesia akhirnya mampu memproduksi CN-235 yang saat ini menjadi pesawat paling sukses pemasarannya dikelasnya sebagai pesawat regional dan angkut militer. Lebih dari 250 pesawat dari semua versi CN-235 melayani lebih dari 30 negara, dan telah mengumpulkan lebih dari 500.000 jam terbang.

Dengan program upgrade jet tempur Tyhpoon, Indonesia dapat melakukan loncatan teknologi dalam waktu singkat dengan meningkatkan kerjasama strategis IPTN-CASA – dengan target pembuatan jet tempur Typhoon di dalam negeri. Paling tidak dengan mengintegrasikan proyek IFX ke dalam program semacam “IFX Eurofighter” tampaknya tidak akan banyak kesulitan, karena standar teknologi KFX Korea Selatan juga masih standar AS (Barat).

Jet tempur IFX Indonesia juga bisa menggunakan mesin EJ200 Eurofighter, termasuk sistem persenjataan dan teknologi radarnya. Prancis bahkan telah menawarkan mesin dassault untuk proyek IFX.

European Aeronautic Defence and Space Company (EADS) adalah sebuah perusahaan industri dirgantara besar Eropa, dibentuk dengan penggabungan pada 10 Juli 2000 Aérospatiale-Matra dari Perancis, Dornier GmbH dan DaimlerChrysler Aerospace AG (DASA) dari Jerman, dan Construcciones Aeronáuticas SA (CASA) dari Spanyol.

E-Scan AESA radar (photo : BAE Systems)

Eurofighter Typhoon dirancang oleh 4 negara, yakni Inggris, Jerman, Italia dan Spanyol, dengan melibatkan perusahaan kedirgantaraan dan pertahanan terkemuka masing-masing negara: Eurofighter Jagdflugzeug GmbH, yang berbasis di Munich dan sepenuhnya dimiliki oleh BAE Systems dari Inggris, Alenia Aerospazio dari Italia dan EADS Deutschland (sebelumnya DaimlerChrysler) dan EADS Spanyol (sebelumnya CASA). Prancis mengundurkan diri karena fokus dengan Dassault Rafalenya.

Pesawat tempur sayap delta dengan kemampuan tempur di luar jangkauan visual, serangan permukaan serta kemampuan ‘supercruise’ dan terbang dengan kecepatan lebih dari Mach 1 tanpa menggunakan afterburner, diproduksi sebanayk 620 pesawat, ditandatangani pada Januari 1998, dengan 232 untuk Inggris, 180 untuk Jerman, 121 untuk Italia dan 87 untuk Spanyol.

Pesanan awal telah diselesaikan untuk 148 pesawat: Jerman (44), Italia (29), Spanyol (20) dan Inggris (55). Pelanggan utama adalah NATO Eurofighter and Tornado Management Agency (NETMA), yang mewakili empat pemerintah. Produksi seri pesawat sedang berlangsung di EADS Military Aircraft (Jerman), BAE Systems, Alenia Aerospazio dan EADS CASA (Spanyol). Pengoperasian perdana pada Februari 2003 dan pengiriman akhir dijadwalkan pada 2015.

Angkatan Udara Austria (Luftstreitkräfte) menerima Eurofighter Typhoon pertama pada 2007, sedangkan Arab Saudi menerima pesawat pertama pada 2008.

4 negara inti dari konsorsium pendiri menerima tahap kedua dari pesawat, yang melakukan percobaan penembakan rudal udara-ke-udara (AMRAAM) jarak menengah saat radar dalam mode pasif, untuk menunjukkan kemampuan mengunci sasaran secara senyap.

Juga pada tahun itu, ditetapkan pesawat akan menerima upgrade setiap dua tahun dan upgrade perangkat keras utama setiap empat tahun. Pada 2010, pesawat ini menampilkan sistem simbologi yang dipasang di helm canggih (HMSS).

Pada November 2011, pesawat ke-300 dikirim ke Angkatan Udara Spanyol. Pada Desember 2012, sebuah kontrak untuk pasokan 12 pesawat ke Kesultanan Oman ditandatangani. Pada 2013, kontrak ditandatangani untuk integrasi Meteor dan Peningkatan Fase 2 (P2E). Pada tahun yang sama, Eurofighter ke-400 dikirim ke Angkatan Udara Jerman.

Selama 2014, upgrade P1E mulai beroperasi, kontrak integrasi Storm Shadow ditandatangani serta kontrak untuk pengembangan radar Captor-E (E-Scan) untuk Typhoon pada 2020. Pada Februari 2015, kontrak Fase 3 Enhancements (P3E) ditandatangani selama Pameran Pertahanan IDEX.

(NusantaraNews)

218 komentar:

  1. Pertamax diamankan dari gank malon

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Kakeyan berandai-andai .....tur sakngertiku poro pemilik typhoon trance 1 pilih mempensiunkan dini armadane ketimbang ngupgrade manut standar tranche 3 🙄

      Hapus
    2. ......ditandatangani selama Pameran Pertahanan IDEX. (Agus Setiawan)......"


      Agus Setiawan, Pak....!!!
      (emboeh sopo kuwi...heheee)

      Hapus
    3. Pengalaman yg udah-udah tiap ada rencana pembelian alutsista yg kontroversial selalu muncul berita yg isinya menyesatkan......yg dibuat oleh tim sponsor (spt kasus heli aw-101)

      Hapus
    4. ..
      Harga baru tranche-3 typhoon adalah sekitar 8x (delapan kali) F-16 seri tercanggih.

      Harga SECOND-nya PLUS cost upgrade itu jatuhnya berapa 'sih...?
      Masih layak untuk dibeli atau tidak....?
      ___________________________

      https://www.quora.com/Is-the-Eurofighter-Typhoon-really-worth-the-price-You-can-buy-about-8-F-16s-for-the-price-of-1-Typhoon-Is-the-Typhoon-much-better?ch=3&share=0599b8c2&srid=aUTR

      Hapus
    5. Hahahaha ...Jangan-jangan ini adalah TCD-nya Prabowo ya ..

      TCD .. TARGET CARI DUIT

      Hapus
    6. "Emoh achhhh.....luwung Viper gres.

      Tur typhoone austria ki rak seko varian sing podo duweke jerman.....dudu spanyol 🤷.

      Iki mesti menyesatkan......🤔"

      🦌🦌🦌The report cited brigadier general Leon-Antonio Maches Michavila as saying at a conference in Berlin last year that the country intends to take Eurofighter Tranche 1 capability upgrades as far as the early 2030s, with an out-of-service date (OSD) scheduled for 2040.🦍🦍🦍

      Hapus
    7. ..
      Disebutkan pula,
      >"...Ground missions are not the strength of the Eurofighter Typhoon....."
      > strength-nya di air to air warfare.



      Disebutkan pula,
      >"....There are a lot of capable fighter jets out there which are cheaper than the European jet:

      >F-16 Block 70 -
      not as agile, but with an excellent avionics update, and other important updates versus earlier versions (communal fuel tanks, improved jet engines, better AESA radar etc)......"

      Hapus
    8. Andai a..a..a..ku jadi horang KAYA...😁

      Harganya secondnya kalau andai2nya ja sudah mahal.
      Belum biaya upgradenya lagi tambah mahal.
      Belum pusing mikirkan biaya operasional twin enjin.mahal

      Ya bagus di beliin VIPER ja wes..GRESS NEW LONG HOURS...NO Logistic Nightmare...TOT nya F 16 C/D yg kemarin di up ke Viper.

      Hapus
    9. Sebenarnya aw 101 tu bagus sesuai dengan keinginan AU.

      Cuma yg jadi masalah ada sontoloyo2 mafia yg mark UP...
      Yg seharusnya harganya 11-12 dengan caracal bisa jadi 11-17.
      Hal itu buat presiden geram..akhirnya sampai skrg ya gitu deh awewe sendirian.

      Hapus
    10. Tapi intinya mbok AU ini mainan pesawat tempur jangan di kasih yg bekas terus.
      Kalau AD atau AL dapat bekas masih di maklumi resikonya gak terlalu.

      Kalau AU di kasih pesawat tempur bekas terus...
      Ya BAGUS di bubarkan aja lah..!!!

      Hapus
  3. Moga kedepan F16 bisa dipasangi eksternal tanki agar bisa terbang lebih lama .....
    Ngak masalah juga meng akuisasi Typoon ini untuk menutup sementara sampai Ifx bisa terbang .

    BalasHapus
  4. "Barangkali temen2 ada yg punya link orinya.....dan berapa biaya uogradenya jika benar, sepadan enggak gitu lho 🤔"

    🐛🐛🐛Modernisasi Typhoon Tranche 1 Spanyol

    Spanyol telah memulai program modenisasi perangkat keras dan perangkat lunak Typhoon Tranche 1 nya menjadi standar Tranche 3. 🐜🐜🐜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu jaman kasus aw-101 semua media massa gencar banget dlm mengarahkan opini publik utk membenarkan pembelian heli aw.....belakangan ketahuan belangnya dan siapa yg main

      Hapus
    2. Contoh nyata project TCD TNI-AU ..

      TCD .. TARGET CARI DUIT para jendral ....

      Hapus
    3. 6 bijik LCS->TAMAT
      kasihan hilang RM 6 BN lebih bahaya daripada 1MDB haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    4. AWEWE ahh macacihh...gak ada masalah kok haha!🤠🤠🤠

      Hapus
    5. Heli nya awewe gak masalah om pal tapi orang yg mark up nya yg bermasalah 😁

      Hapus
    6. kan cari untung ituw biasa dlm bisnis.
      masa suplayer kagak boleh om tupz haha!😊😊😊

      yg jadi kasus adalah, ketika tender ada dua perusahaan dimiliki satu pemilik.
      dan hal ini yg dikejer para aparatur hukum kita.

      ampe skrg audit BPK blom perna rilis resmi atas kasus ini.
      artinya AWEWE bae2 ajah, lah klo mark ap, berapa coba angkanya..pasti gak bisa jawab.
      kan spek tiap negara beda2, apalgi py kita kan yg spesiyal haha!🤭🤭🤭

      Hapus
    7. lagi pula ini bisnis, cari untung masa gak bole??
      yang penting ada BARANGNYA jadi bisa terbang hore haha!👏👏👏


      beda ama KL, bikin kapal RM 6 Bilyun pon..tak ada yg ketemu AIR LAUT haha!🤣🤣🤣

      oleh krna ituw marikita kasi

      SALAM 42%
      SALAM TAMAT
      SALAM AMBYARRR

      buat WARGANYET KL seluruh mayapada haha!😛😛😛

      Hapus
  5. Tetep aja ribet, gk usah bikin alibi pembenaran untuk memuluskan akusisi typhoon ini,,,,beli yg baru jelas gk bakal ribet dan pasti dapat tot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar tulang kita beli second dari Austria yg bukan termasuk negara yg membuat Thypoon jadi jangan berharap dapat TOT.

      Lagian untuk upgrade Thypoon ke Tranche 3 cukup mahal..Jerman aja mau phase out Tranche 1 alih2 di upgrade ke Tranche 3.

      Hapus
  6. Balasan
    1. Awak intuk bagian ora Yo kang
      Kok awak intuk_Yo uwes Ndang dituku,Ojo sui2 men awak iso shoping.

      Hapus
  7. Hahahaha .... Mimpi Basah baru lagi nih bagi Indon ..

    Apakah masih X sedar bahwa penjualan Typhon dari Austrial masih memerlukan "consent" atau "Approval" dari negara konsotium pembuat Typhon tersebut (Alenia Aeronautica, BAE Systems dan EADS - melalui syarikat pemegangan Eurofighter GmbH -- Semuanya anggota NATO)

    Jadi ... X semudah itu FERGUSO ..Apalagi juga menginginkan atau mengharapkan mendapatkan ToT ... MUSTAHIL TAMPAKNYA ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetangga miskin selain nyinyir dan dengki apalagi yg bisa di lakukan??

      Hapus
    2. Ada om strike, bisa jadi topeng monyet di jalan

      Hapus
    3. Boleh tuh sambil jualan balon kuning 😂😂

      Hapus
    4. Gak usah banyak bicara kau orang missqueen. Kami juga tak nak typhoon ini. Mending baru sekalian.

      Hapus
    5. wet dream tu liat gowind ga kelar2 wkwkwk

      Hapus
  8. KFX berjalan mulus tanpa Indonesia, uang tidak disetor di era Jokowi, nasib.

    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1066115300458490&id=709687686101255

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ndar sudah minum obat ?. Mata kau sehat. Jelas-jelas ada tulisan ifx 🤣🤣🤣

      Hapus
    2. https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=3168754409889591&id=783570155074707

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Video perawan sebelah

      https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=3168927219872310&id=783570155074707

      Hapus
    5. Kalau misal tanpa indonesia harusnya tulisan ifx di sebelah kfx hilang ndar. Minum obat dulu ndar wkwkwk

      Hapus
    6. covid selesai mulai bergerak lagi kita proyek IFX nya,, orang sabar disayang tuhan ndar!

      Hapus
    7. Bhuahahaa engeiner indonesia udah disana,,,kacian dech loe 🤧😂😂😂

      Hapus
    8. Macam tak betul je budak ni, macam sebelah...orang Indonesia kok pesimis ya padahal kelihatan banget pake mata telanjang

      Hapus
    9. Kl ada tulisan IFX berarti Indonesia ada peran dan telah bayar 🤣🤣🤣

      Hapus
    10. Ndar. Minum baygon dulu sana. Seperti omongan gue di thread sebelum ini.

      ☠💀

      Hapus
    11. Ndar engineer kita masih tetep ada di kroya ndar. Kok tahu. Ya iyalah, kasih tahu nggak ya...

      Hapus
    12. Yg jelas Indonesia blm bayar, di era Jokowi program Alutsista Indonesia amburadul.

      Hapus
    13. terus kalau menurut lo blm bayar kenapa dar...? Korea nya aja santai ko luh yg pusing dar...hahaha

      Hapus
    14. Banyak bacot kalau iri bilanglah... macam tak amburadul alutsista kau tuh... ngaca malon sendirinya juga amburadul... makan tuh f18 tak boleh terbang, su30 banyaj di grounded skyhawk banyak yg jatuh, kapal tak cecah air... apc tak menuhi syarat pbb... hutang china melebar... konon grade kapal pun salah potong mane katanya engginer terbaik... tapi kapal salah potong, pesawat tak bisa upgrade... malon malon... sadar diri lon

      Hapus
    15. kasihan om ndar, begituw ada TuLISAN IFX pon dia gak bisa TIDUR,

      kenafa? KEFANASAN yach om ndar cem MAHLUK KL yg gentayangan disini, wuiii haha!👻👻👻

      uda kalah2 aje...gt aja kok refot

      Hapus
  9. Yang penting beli, mau saya sih baru saja, tapi klu memang terpaksa seken dengan berbagai alasan ya nggak pa2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalaupun second ya tetep harus menguntungkan. Jangan malah merepotkan ke depannya.

      Hapus
  10. fungsi pesawat tempur canggih gahar supaya ada efek deteren di kawasan secara tidak langsung kita ingin memaksa tetangga untuk menghormati kedaulatan kita.
    Kalau semua alat tempur yg kita beli barang seken lawas yg negara lain aja ogah make nya terus bukan efek deteren yg kita dapat tapi efek lucu lawak dan ketawa sampe terkencing tetangga tetangga kita sekawasan.

    BalasHapus
  11. BLAH BLAH BLAH 😝😝😝😝😝

    🔴🔴🔴

    BalasHapus
  12. Kalian datang ke negara yg tepat karena sudah berpengalaman bina pesawat terbang,, tinggal dikompromikan lg benefits ke dua belah pihak, jika menguntungkan dan ada peluang kedepannya pasti diambil oleh indonesia,, semoga sukses!

    BalasHapus
  13. Aja berandai andai lah luuur....

    BalasHapus
  14. Selain nyinyir dan iri dengki apa saja yg bisa di lakukan beruk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain nyinyir dan iri dengki, yang bisa dilakukan si malon, yaitu:

      1.Merusak citra orang dengan merusak karyanya (scorpene tak boleh selam, gowind salah potong design faillur, MKM eject kat hanggar, F18 meletup didepan tamu undangan)

      2.membuat PBB marah (karena mencuri ransum pasukan PBB asal spanyol, mengurangi spek kendaraan yang dipesan PBB)

      3.ATM bisa rogol istri rakan sendiri, ATM rogol rame rame anak orang

      4.ATM jadi anjing penjaga istana english

      5.teriak help help saat bomber dan destroyer china masuk wilayahnya.

      6.bendera malon bisa dijadikan seluar dalam oleh anggota fpda asal australia

      7.kapal malon bisa hilang oleh jaring nelayan nguyen

      8.blah blah blah

      9.judi di malon bisa jadi halal

      Hapus
  15. F16 sajalah, 32 unit yang sekarang ada di sini, 24 unit viper, 48 unit EDA, 50 unit ex Norway... Udah 154 unit alias 11 skuadron tuh!

    Jadi bukan lagi EDA or Norway tetapi EDA and Norway. Dua2nya diambil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekalian 48unit Rafale nya. Lupakan lah SU35.

      Hapus
    2. kalau malon EDAn

      🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    3. Sepakat om ntung. Kalo boleh vipernya 48 biji. Rafale boleh juga tuh kalo emang ada duitnya.

      Hapus
  16. Kalau niat mau trampil ya ambil aja f15 gurun, up grade sendiri

    BalasHapus
  17. Biarlah indon wet dream, hakikat Corona pon nak hutang, Premium pon nak hapus kerena tak de wang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wes ngombe obat rung le, ndang di ombe ndak modar ngko SAKAU 🤢🤮💀☠️

      Hapus
    2. Hapus karena banyak uang, gunakan pertamax karena memang banyak uang 😜😂😂😂

      Hapus
    3. Premium nak di hapus bukan pasal negara bengkrapt cam semenanjung beruk.
      Premium nak di hapus pasal rakyat dah mampu beli minyak Ron92 keatas.
      Premium di hapus pon takde efek buat rakyat indonesia sebab selama ini premium sudah non subsidi.
      Bukan cam negera korang rakyat hidup dari subsidi kerja lembik otak lembab

      Hapus
    4. Kesian indon vaksin hanya dapat kat BPJS jer

      Hapus
    5. Yang penting barang datang. Jangan cem beruk real wet dream.

      Hapus
  18. Om jewawut aku njaluk artikel forumer re neng blog e malon kang, tulung

    BalasHapus
  19. Malaysia akui zaman yudhoyono alutsista indon maju, nak zaman now kucing pon tertawa, apa nak harap sangat?? Tapi biarlah diorang melancap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xaxaxaxaxaxaxa Ruw obate ndang d ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxaxa nih🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣🤣😛😛😛

      Hapus
    2. Kita tidak membutuhkan pengakuan dari negara kecil yg miskin.
      Tapi kita membuktikan pada negara besar " ini indonesia" lo colek gw bacok (di natuna)

      Hapus
    3. Eh ada oramg missqueen lagi omong.

      Kami focus di infra 5 tahun lalu, sekarang waktunya geber alutsista.

      Hapus
  20. Vaksin kat dunia luar kena bagi free, hanya kat indon suruh bayar?? Kah kah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ruw obate ndang d ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxa nih🍌🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛😛

      Hapus
  21. Kejap lagi indon nak tulis nak beli piring terbang ufo kih kih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ruw obate ndang d ombe ben ora koplak xaxaxaxaxaxa nih 🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣😛😛😛

      Hapus
    2. Kejap lagi, malon jadi provinsi baru negara tiongkok.

      Hapus
    3. Kejap lagi suwandaru dapat nasi bungkus....hahaha

      Hapus
    4. @Pwanita.sebentar lagi malon hanya KL saja.sebab Sabah dan Serawak sudah di blok sm TNI di Natuna..

      Hapus
  22. SElama ini banyak Indon yang X sedar bahwa semua manuver Menteri Pertahanan mereka nak beli barang bekas dan macam-macam item persenjataan ternyata memang untuk menyembunyikan maksud terselubung yang X boleh dikeahui oleh publik Indon ..

    Apa itu .. Ada Udang di Balik Batu ?

    Ingat bukan hanya Menteri Perthanan dengan partinya itu .. juga menteri-menteri Indon lainnya ...

    Inilah program mereka sebenarnya selama berkuasa ..Mencari logistik sebanyak-banyaknya untuk hidup selesa bagi diri dan kelompoknya ..Apalagi di situasi dan komdisi Indon kacau balau atau chaos sekarang ini akibat covid-19..Perlu bergerak lebih cepat dan cergas sebelum uang dan kekayaan milik negara habis sama sekali ..

    Sedarlah itu .. Itulah behavior asli politician .. Indonesia dan Malaysia sama saja TERUKNYA ...



    BalasHapus
    Balasan
    1. Curahan hati negara kena prank goverment.
      Salam prank dari kak rosmah 😂😂🤭🤭

      Hapus
    2. Wkkwkkwkwwk..jangan di samaain indonesia dengan malon..

      Hapus
    3. N manuver apa yg telah d perbuatan menhan malon???????................krik.....krik.....krik.....xaxaxaxaxaxaxaxaxa nih lon🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌😂😂😂🤣🤣😛😛😛

      Hapus
    4. Cermin diri,rasuah scorpene,rasuah gempita,rasuah MD-530,rasuah LCS,rasuah engine pesawat pejuang F-5 disonglap telah membuat PM,Yang Dituan Agung dan pejabat2 malon makin makmur dan kaya berbanding rakyat malon tambah miskin dan cuma bisa makan dedak 🤣🤣🤣...beza dgn rasuah di Indonesia selalu pelakon rasuahnya kena jail dan harta pelakon rasuah di sita kerajaan Indonesia 😂😂😂

      Hapus
    5. S3NGKETA POLITIK DI MALINGSIA LEBIH PARAH...TIDAK ADA DEMOKRASI...K3MBALI KEJAMAN KERAjaan...MONARKI...NAK GELAK TAWA TENGOK KELAKUAN POLITISI MALON....BELUM DEWASA DAN TERPECAH BELAH...

      SEMOGA PARTI DAP..KELUAR S3BAGAI PEMENANG DI PRU YG AKAN DATANG....😂🤣😅

      WANG KOPI....ORANG TENGAH...

      Hapus
    6. @Putrajaya Lagi baik ko ganti nickname pake Puchong bahasamu mirip pocong tulisanmu pake bahasa toyol 🤭🤭😂😂

      Hapus
    7. Wkwkwkwkw ada WN Malon missqueen sedang curhat. Sabar bro, kami sedang memainkan strategi.

      Hapus
  23. Modernisasi Typhoon Tranche 1 ke standar Tranche 3 Spanyol tidak jauh berbeda dengan program Falcon Star-eMLU F-16 Blok 15 Indonesia. Singapura pun telah mulai mengupgrade 60 F-16 C/D setara Viper dengan anggaran US$ 40 – 50 juta per unitnya di Lockheed Martin Aeronautics, Fort Worth, Texas dan di Singapura

    -----------------------------

    a/b-> apgred EMLU AM/BM
    c/d-> apgred setara blok 50/52
    c/d-> apgred setara VIPER(blok 70/72)

    falkon gurun kita bisa sj ke viper.
    mengingat waktuw produksinya sama2 lama, keknya enakan ambil baruw dech haha!🤑🤑🤑

    BalasHapus
  24. perkembangan proyek pespur kita,

    TERTULIS DI BANNER: KFX/IFX!

    UDE YACH WARGANYET KL GAUSAH SIRIK,
    makin KEFANASAN makin senang kita JOM TERBAKARRRRR haha!🔥🔥🔥

    kado ULTAH RI-75

    http://pbs.twimg.com/media/Eg9Qqs4UMAAToGV.jpg

    http://pbs.twimg.com/media/Eg9QpweVkAAXhp9.jpg

    http://pbs.twimg.com/media/Eg9QpW5U0AA1gKX.jpg

    http://pbs.twimg.com/media/Eg9QqRxUwAAdQ41.jpg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry luuur....
      Kok ga bisa dibuka ya ?

      🤔🤔🤔

      Hapus
  25. perkembangan proyek pespur kita,

    TERTULIS DI BANNER: KFX/IFX!

    UDE YACH WARGANYET KL GAUSAH SIRIK,
    makin KEFANASAN makin senang kita JOM TERBAKARRRRR haha!🔥🔥🔥

    kado ULTAH RI-75

    http://pbs.twimg.com/media/Eg9Qqs4UMAAToGV.jpg

    http://pbs.twimg.com/media/Eg9QpweVkAAXhp9.jpg

    http://pbs.twimg.com/media/Eg9QpW5U0AA1gKX.jpg

    http://pbs.twimg.com/media/Eg9QqRxUwAAdQ41.jpg

    BalasHapus
  26. ...tujuan beli Typhoon second untuk mengisi STOP GAP,

    tapi BO'ONG





















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
  27. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200725154715-37-175397/erick-thohir-sebut-vaksin-ri-diproduksi-januari-bye-corona

    BalasHapus
  28. ..
    Plus-Minus membeli jet tempur Eurofighter Typhoon bekas Austria

    https://www.airspace-review.com/2020/07/26/plus-minus-membeli-jet-tempur-eurofighter-typhoon-bekas-austria/

    Minus-minusnya,
    1) soal harga maupun biaya pengoperasiannya yang dikabarkan tinggi.

    2) Faktor minus utama justru adalah karena ketiadaan varian tandem (dual seater) dari Typhoon bekas pakai Austria ini.
    ........
    kemampuan dan kecakapan pilot-pilot TNI AU akan mudah “terbaca” oleh negara lain.

    3) perlu diperhatikan kalimat dalam rilis persnya yang berbunyi “…now have the latest capability standard for Tranche 1 aircraft”, yang berarti upgrade tersebut sudah maksimal untuk Tranche 1.
    ...................
    Yang perlu ditanyakan adalah. apakah kemampuan Typhoon eks Austria tersebut dapat ditingkatkan setara dengan Tranche 3 (teknologi terkini)?

    4) perlengkapan avionik pada Typhoon Austria tidak selengkap Typhoon negara pembeli lainnya
    ......................
    Typhoon Austria pun tidak dilengkapi perangkat penjejak pasif IRST (infra red search and tracking system) khas Typhoon
    yang disebut PIRATE (Passive Infrared Airborne Track Equipment).

    BalasHapus
    Balasan
    1. ...
      Maaf sepotong-sepotong kutipannya.

      Untuk PEMAHAMAN yang LEBiH-JELAS,
      diMOHON memBACA LANGSUNG pada artikel sesuai link-internet yang disertakan.

      Mohon-MAAF.......
      Semoga IndONEsia mendapatkan YANG TERBAiK.

      Hapus
  29. AKIBAT JIKA KONFRONTASI INDONESIA TERHADAP MALAYSIA TERUS DILANCARKAN.

    Konfrontasi ini merupakan salah satu penyebab pendekatan Presiden Soekarno dengan Parti Komunis Indonesia, menjelaskan aktiviti ketenteraan yang menggabungkan diri dalam gerakan G30S/Gestok (Gerakan Satu Oktober), dan juga pada akhirnya menyebabkan PKI melakukan penculikan pemerintah tertinggi Tentera Darat.

    Pembentukan Malaysia pada 16 September 1963 tidak disenangi oleh Indonesia dan Filipina tetapi juga tidak diiktiraf oleh Pakistan melalui Menteri luar Pakistan, Zulfiqar Ai Bhutto. Malaysia tidak dijemput menghadiri Sidang kemuncak Afri-Asia 1965 di Algeria. Malahan wakil Malaysia turut dihalang menghadirinya. Rampasan kuasa Algeria 1965 dapat menjatuhkan Presiden Algeria, Ahmed Ben Bella.

    Sekiranya Jeneral Suharto yang ditugaskan Soekarno menggerakkan tentera Indonesia rasmi menyerang Malaysia, peperangan terbuka pasti akan berlaku. Armada British berlabuh di Laut China Selatan lengkap dengan senjata nuklear dan bersiap-sedia menyerang Jakarta jika perlu. Tentera Amerika pula sedang terlibat dalam Perang Vietnam da tidak mahu Indonesia jatuh ke tangan komunis. CIA memberi 50 juta rupiah, walkie-talkie dan ubat-ubatan kepada Adam Malik. Adam Malik bertemu buat pertama kali dengan Tunku sebelum solat Jumaat di Masjid Negara.

    MILITARY OF MALAYSIA
    ----------------------------------------------

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohd Affandi Shah Apa peranan singapura sekiranya malaysia dan indonesia berperang di zalman sekarang..adakah singapura akan bersama blok malaysi
      Suka

      Military Of Malaysia

      Pembuat
      Military Of Malaysia Mohd Affandi Shah soalan yg bagus. Ok min nak jelaskn disini.
      Singapore antara ngara gabungan dri 5 ngara yg dikenali sbg Five Power Defence Arrangements (FPDA). …Lihat Lainnya
      18
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · Lihat Terjemahan · 1 hari · Diedit
      Tampilkan 8 balasan lain
      Rider Penigale
      Rider Penigale Hal sebegini akan berulang Admin?
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · Lihat Terjemahan · 1 hari
      Sembunyikan 12 Balasan
      Paling Relevan dipilih, sehingga beberapa balasan mungkin sudah difilter.
      Military Of Malaysia

      Pembuat
      Military Of Malaysia Rider Penigale Melalui pandangan min, perkara sebegini tidak akan berulang kembali kerana min percaya terhadap kepimpinan Jokowi yang baik dan ikhlas dengan Malaysia. Walaupun hubungan Indo-Msia ada bau2 nak lancar perang bagai. Tapi, masih dalam kawal…Lihat Lainnya
      14
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · Lihat Terjemahan · 1 hari
      Rider Penigale
      Rider Penigale Kita sebagai Negara Islam bersama Negara Islam .. sepatutnya kukuh hubungan
      6
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · Lihat Terjemahan · 1 hari
      Hakim Kimi
      Hakim Kimi Military Of Malaysia so kira prabowo tak suka malaysia sangat lah min
      2
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · Lihat Terjemahan · 1 hari
      Rider Penigale
      Rider Penigale Hakim Kimi
      Banyak ilmu kententeraan .. Agama apa tak pasti .. tapi wife Islam ( Siti Hediati )
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Gambar mungkin berisi: 1 orang, teks yang menyatakan 'Prabowo Subianto Defense Minister of Indonesia + Follow OVERVIEW OVERVIEW DUCATION PEOPLE ALSO SEARCH FOR Akademi Militer- The National Military Academy.. 1970-1974 The American School in London 1969 The American School in London Akademi Militer- The National Military Academy...'
      1
      Suka
      · Balas · Lihat Terjemahan · 1 hari
      Hakim Kimi
      Hakim Kimi Rider Penigale aku tengok prabowo ni dah macam iras sukarno pula
      3
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · Lihat Terjemahan · 1 hari
      Amirul Amirul
      Amirul Amirul Kata serumpun
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · Lihat Terjemahan · 1 hari
      Mohd Hamdan Andaq
      Mohd Hamdan Andaq Mmg serumpun tp ideologi berbeza.....mcm sokarno d soharto....serangan komunis thdp sultan di Sumatra d pembunuhan ulama adalah penyebab kpd jatuh sokarno d sbb kukuh kenapa soharto hapuskan komunis..skang lihat...pro komunis giat mghapuskn pengaruh sultan melayu dgn fahaman liberal serta merasuah pegawai kerajaan
      1
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · Lihat Terjemahan · 1 hari
      Amirul Amirul
      Amirul Amirul Mohd Hamdan Andaq tulah harap 2 kita MALINDO jangan la ada perseteruan..berbeza sedikit pendapat tak pa janji jangan perang
      2
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · Lihat Terjemahan · 1 hari
      Azizan Ariff Ariffin
      Azizan Ariff Ariffin Mengikut pengelaman sendiri, mereka memang pandang rendah pada kita dari dulu. Mereka hanya pandang tinggi pada singapore sahaja. Itu sebab bila KLCC dirasmikan mereka terkejut sakan malaysia ada bangunan tertinggi di dunia pada ketika itu.
      Pada tahun…Lihat Lainnya
      6
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · Lihat Terjemahan · 1 hari
      Rider Penigale
      Rider Penigale Page Military Of Malaysia & Tentera Darat@Laut@Udara Admin sama ke ?
      1
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · Lihat Terjemahan · 1 hari
      Rha Dee
      Rha Dee Jokowi itu naik presiden dari partai PDI. Partai yg dibuat & diketuai megawati (anak sukarno). PDI adalah partai ultra nasionalis indonesia, kebijakan jokowi mengikuti garis partai.
      Masa 2005-2009 (isu ambalat) partai ini menggerakan masa membakar …Lihat Lainnya
      3
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · 1 hari · Diedit
      Azizan Ariff Ariffin
      Azizan Ariff Ariffin Military Of Malaysia saya ingat Prabowo pro Malaysia. Dia anak menantu Soharto kan.

      Hapus
    2. Wan Ajerr Kenapalah tak bg sebijik nuklear dulu..aku geram je dgn dorang tu.biar jadi abu semua.
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · Lihat Terjemahan · 7 jam
      Syaiful Mohamed

      Penggemar Terbaik
      Syaiful Mohamed sarang tebuan jangan dijolok!
      1
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · Lihat Terjemahan · 23 jam
      Yoga Stwn
      Yoga Stwn Konfrontasi tu terjadi kerna malaya melanggar perjanjian manila/manila accord, andai malaya tak melanggar mungkin tak da konfrontasi macam ni
      https://translate.google.com/translate...
      Sembunyikan atau laporkan ini
      TRANSLATE.GOOGLE.COM
      Google Terjemahan
      Google Terjemahan
      1
      Suka
      · Balas · 17 jam
      Mohd Nazri Abd Majid
      Mohd Nazri Abd Majid sejarah utk jadi pengajaran dan pelajaran...bukan adu domba berdendam segala bagai...sesama islam nak berperang..?
      1
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · Lihat Terjemahan · 10 jam
      Ardhian Syah
      Ardhian Syah Indonesia vs british and babu babunya
      4
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · 1 hari
      Toyol Kayum
      Toyol Kayum Rakyat sabah lbih suka d dlm mlsia berbnding mkuk ke indo atau filipina
      2
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · Lihat Terjemahan · 1 hari
      Brian
      Brian Whattt,,,,negara giveaway😂😂
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · 1 hari
      M Danu Hasan
      M Danu Hasan Dibantu inggris aja bangga, 1 lawan 1 lah gak usah sama inggris dan babu babunya termasuk pasukan ghurka
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · 5 jam
      Rafananda
      Rafananda Malaysia tuh berani karna ada backingan british
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · 7 jam
      Brian
      Brian Jilatt kaki british!
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · 1 hari
      Avan Jogia
      Avan Jogia Indon takyah ckp lah..dari dulu sampai skrng dengki..
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · 21 jam
      محمد يان
      محمد يان negara kecil jangan sok keras
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · 21 jam
      Jetie Jantai
      Jetie Jantai Seandainya peperang meletus skrg mampukah negara kita mempertahankan diri tanpa bantuan negara lain. Sedangkan aset udara kita hanya beberapa buah dan aset laut yg.kebanyakan sudah usang dan jumlah yg.sedikit
      5
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · 1 hari
      Tampilkan 30 balasan lain
      Fazlan Mahmud
      Fazlan Mahmud Rha Dee oi Sukarn0porn00@, Gak usah koar2, Kalo berani serang aja Malaysia wahai Covid 19 😂😂😂
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · Lihat Terjemahan · 28 menit
      Paling Relevan dipilih, sehingga beberapa balasan mungkin sudah difilter.
      Arel DM
      Arel DM https://www.facebook.com/312456128784829/videos/345086900189979/
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · 5 jam
      Mohd Adam
      Mohd Adam Akhir sekali rakyat Indonesia & filipna berpusu2 masuk secara HARAM di Malaysia. Negara sendiri macam tongkang pecah.
      17
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · Lihat Terjemahan · 1 hari
      1 balasan

      Hapus
    3. Agung Andap Undup Negara giveaway jangan sok bangga
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · 1 hari
      Paling Relevan dipilih, sehingga beberapa balasan mungkin sudah difilter.
      Santos Danillo
      Santos Danillo Agung Andap Undup negara payway ind00ggg
      2
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · 21 jam
      Military Of Malaysia

      Pembuat
      Military Of Malaysia M Danu Hasan bangsa Indon goblok😂😂😂🐸🐸🐸🐸🐸
      1
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · 1 jam
      Military Of Malaysia

      Pembuat
      Military Of Malaysia Kopaska kodok katak melompat 🐸🐸🐸🐸🐸
      1
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · 1 jam
      Paling Relevan dipilih, sehingga beberapa balasan mungkin sudah difilter.
      Dani Danta
      Tulis balasan...

      Agung Andap Undup
      Agung Andap Undup Di tunggu kedatangan kalian!
      Sembunyikan atau laporkan ini
      Suka
      · Balas · 1 hari
      Paling Relevan dipilih, sehingga beberapa balasan mungkin sudah difilter.
      Avan Jogia
      Avan Jogia Agung Andap Undup gak usah di tunggu..tsunami pun sudah cukup..

      Hapus
  30. Albertigo alias suwandaru...., bangkrut dalam bisnis jualan durian musang king yg di import dari malonsial, maka sakit jiwanya kambuh....😁

    BalasHapus
  31. ...Vita Birahi,

    Soeharto itu BENCI PKI...tapi dia meniru gaya PKI untuk mengejar Ambisinya dan juga bergaya DIKTATOR seperti Komunis

















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk....ni anak gerwani masih kepanasan gak ada sejarah nya PKI antek cina komunis bisa menang udah 3X kudeta masih keok juga

      Hapus
    2. PKI yg sebenarnya adalah Soeharto

      Hapus
    3. ...Soeharto yang bagi2 Aset BUMN itu untuk keluarganya yach ?
















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    4. @Mat Sabu & jen civil.yg jelas tidak ada tempat di NKRI untuk pki.dan dalang pki yg sebenarnya sudah ada dlm sejarah

      Hapus
    5. PKI secara resmi organisasi memang tak ada, tapi otak, simpatisan, dan pendukung nya selalu siap munculkan kembali.. PKI bukanlah tulisan, tapi semangat ideologi

      Hapus
  32. ...kalau Pak Jokowi juga KOMUNIS seperti yang dituduhkan para KAMPRET dan juga DIKTATOR, mungkin para Kampret dan Kadrun yang suka NYINYIR dan MENGHINANYA...sudah dikarungin semuanya

    ...tapi kenyataannya Pak Jokowi tidak seperti itu, dia tetap merangkul walaupun terhadap lawan politiknya sendiri




















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. PKI generasi kedua terang2an anak gerwani.....emak sama anak beda cuma beda umur 10 tahun.......dendam kesumat PKI kepada ulama lihat zaman sukarno saat puncak kejayaan PKI byk kyai kyai NU yg di bunuh di potong potong jasad nya cemplungin ke sumur.....lihat sekarang arah politik nya jadi jongos cina komunis......wak waw

      Hapus
    2. ...tapi kenyataannya NU dan BANSER sekarang mendukung sepenuhnya Pemerintah Pak Jokowi


















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    3. dari ulama sampe jendral yg kritik dia di masukin penjara......jadikan Islam musuh negara kasih cap radikal radikul , khilafah ujung ujung nya mau ganti pancasila jadi trisila......wkwkwkwk....permainan anak gerwani udah kebaca bentar lagi juga tumbang

      Hapus
    4. krn ada makruf amin wapres nya.......siapa yg bantai PKI zaman sukarno ?
      ya banser bong.....wkwkwkwk

      Hapus
    5. ...kalau KH. Ma'ruf Amin saja mendukung, berarti Pemerintahan Pak Jokowi bukan gerombolan PKI donk ?












      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    6. wkwkwkwk....mana ada PKI ngaku
      zaman sukarno gembong PKI bahkan nulis buku aku pancasila.....wkwkwkwk begitu licik nya komunis yg atheis pun demi strategi politik ngaku percaya tuhan

      Hapus
    7. ...udah dech, intinya KAMPRET tetap saja KALAH dan SONGONG...mau dilanjut ke Pilpres tahun 2024 ?

















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    8. PKI yg sebenarnya adalah gerombolan HTI,gank habib Rizieq,gank Cendana,gank Barisan Sakit Hati,gank koruptor,gank negara2 asing & perusahaan asing yg bisnis kotornya telah dimatikan Jokowi,gank2 inilah yg ingin menggantikan Pancasila dgn sistem khilafah,gank HTI & gank Rizieq menempuh cara2 PKI dgn memfitnah,menzholimi dan dgn cara2 kotor seperti PKI kpd pemerintah sekarang yg sah

      Hapus
    9. ...Mat Sabu3 September 2020 16.40
      PKI yg sebenarnya adalah gerombolan HTI,gank habib Rizieq,gank Cendana,gank Barisan Sakit Hati,gank koruptor,gank negara2 asing & perusahaan asing yg bisnis kotornya telah dimatikan Jokowi,gank2 inilah yg ingin menggantikan Pancasila dgn sistem khilafah,gank HTI & gank Rizieq menempuh cara2 PKI dgn memfitnah,menzholimi dan dgn cara2 kotor seperti PKI kpd pemerintah sekarang yg sah

      ---------------->

      ente betul sekali bro

















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    10. wkwkwkwk.....anak gerwani gonta ganti akun biar di bilang banyak pendukung nya tuh
      gagal maning son agenda PKI .....ganti pancasila dengan trisila........rakyat sendiri jutaan kena PHK eh si anak gerwani malah impor buruh cina dan cebong jongos cina mingkem sambil teriak kodran kadrun....khilafah , radikal radikul......VIRUS CINA gagal di atasi rakyat mau test di suruh bayar......PKI mmg kejam.......3X gagal kudeta mmg guoooooblok nya kebangetan anak anak gerwani kemaren mau cabut TAP MPR no 25 tentang PKI baru di gertak MUI si anak gerwani ciut nyali nya cari aman gandeng kyai NU.....WKWKWKWK bahkan jendral gatot udah baca skenario si anak gerwani......usaha lagi yg pinteran dikit ya

      Hapus
    11. ...drun pret drun pret, doma nini euntreu2an


















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    12. PKI sekarang sudah kehabisan akal.
      Buat bendera sendiri bakar sendiri tuduh sana tuduh sini ntar balik kerumah buat lagi bendera pki di sebarin lagi sambil teriak pki kesana kemari udah capek teriak teriak bakar lagi bendera buatannya sendiri.😂😂😂
      Hebatnya jokowi bisa buat para PKI gila... 😂😂

      Hapus
    13. Yg PKI kau cuk hai HTI DAJJAL 😂😂...mana ada buktinya Pancasila diganti jadi Trisila,itu cuma fitnah HTI komunis karna sakit hati pemerintahan sekarang bubarkan HTI 🤣🤣...bkn di Indonesia aja naker kehilangan pekerjaan,di seluruh dunia jg cuk,banyak2 baca cuk...mana buktinya import TKI CINA jgn ko fitnah kontol,data resmi aja di proyek kereta cepat Jakarta Bandung dari 20 ribu tenaga kerja TKA cina cuma 2000 ribu dan TKA Cina itu adalah para ahli engineer cina yg mengerti dan dah pengalaman dgn pekerjaan kereta cepat dibandingkan dgn engineer Indonesia yg blm ada pengalaman membuat kereta cepat...otak kau goblok ya,seluruh dunia masih gagal menanggulangi corona karna obatnya blm ditemukan goblok...Gatot kau itu kau banggakan pauk,kau gk tahu ya cuk Gatot kau dah lama dibidik KPK dalam korupsi heli AW 101 dan korupsi pengadaan panser Marder dari Jerman,teman mafia Gatot seorang pengusaha TW yg berasal dari Arta Graha Group,asal kau tahu lg uang hasil korupsi Gatot sebesar Rp 15 Triliun berada di rekening bank Arta Graha milik TW

      Hapus
    14. ...si Haikal Hasan dan Tengku Zul, disuruh jadi SAKSI tentang kebangkitan PKI...nggak mau dia


















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    15. Inti nya negara ini hurus tetap lurus dengan PANCASILA.
      Pengalaman pahit bangsa ini dari dulu sudah pernah mau di geser2 baik ke paham kiri maupun kanan.
      Ujung2nya yg terjadi hanyalah Perang saudara.
      Ingat jangan lupakan & Belajarlah dari SEJARAH.

      Hapus
    16. Vita birahi ko*tol@ Haikal Hasan kau itu bekerja sama dgn hacker opposite buronan mabes polri telah menjebol data2 pribadi Denny Siregar di Telkomsel dan Haikal Hasan membayar Opposite untuk menyebarkan berita2 fitnah dan hoax tentang pemerintahan sekarang,apa ini bkn cara2 komunis tol dgn menyebar berita2 fitnah dan hoax terhadap pemerintah sekarang,kl mengkritik it's okey tapi kl dah memfitnah itu namanya dah criminal cuk

      Hapus
    17. ...Vita Birahi @ kamu pernah lihat kan Heikal Hasan dan DOSEN nya berfoto berdua...yang merupakan seorang Yahudi - IsraHELL ?



















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    18. Jenderal Civil@ kl soal foto Haikal Hasan foto bareng dgn dosennya orang israel si Vita Birahi pura2 bego browww 😂😂😂

      Hapus
    19. wkwkwkwk....si anak gerwani gonta ganti akun ....pantesan 3X kudeta PKI gagal lah anak anak gerwani nya dungu dungu
      gubernur jendral cina di indonesia dulu mau bikin rekonsiliasi dengan PKI gagal gara gara di tentang anak anak kolong FKPPI
      mau cabut TAP MPRS NOMOR 25 TENTANG PKI gagal lagi baru di gertak umat Islam ciut nyali nya si anak gerwani tapi bukan komunis nama nya kalau nyerah sebagai bahaya laten PKI terus persiapkan kudeta merangkak melaui kader nya yg duduk di senayan mrk rancang RUU HIP ganti pancasila jadi trisila lagi lagi gagal di tentang berbagai kalangan

      virus cina gagal di atasi eh malah dia impor buruh cina pembawa virus padahal jutaan rakyat jadi pengangguran........duit rakyat di pake buat danain buzzer , bumn jadi bancakan pki perjuangan.....jadi komisaris makan tidur , BBM gak turun2 padahal harga minyak dunia turun berkali kali eh malah rugi 11 triliun kan bangsat.....PLN buat nutup kerugian peras rakyat naikan tarif diam2.......semoga secepat nya KAMI di bawah duet maut Diin syamsudin & Jendral gatot bergerak rakyat di bawah udah siap ganyang anak anak gerwani yg cuma bisa ngebacot doang koar2 kodran kadrun, radikal radikul , khilafah, HTI,FPI......ganyang PKI siap perang lawan anak anak gerwani.....wakakakakak

      Hapus
    20. ...Jendral Gatot N dan Din Syamsudin...ditambah antek2 CENDANA lainya yach ?



















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    21. Om...sebelum berdebat...ane kasih dikit masukan ya...ga segampang itu mengganti pancasila jd trisila...jd isu yg di hembuskan itu ga benar...sampai kapan pun pancasila ga bs di ganti,karena pancasila dalam posisinya sebagai sumber semua sumber hukum, atau sebagai sumber hukum dasar nasional, berada di atas konstitusi, artinya Pancasila berada di atas UUD 1945. Jika UUD 1945 merupakan konstitusi negara, maka Pancasila adalah Kaidah Pokok Negara yang Fundamental (staats fundamental norm).

      Hapus
    22. Pancasila sebagai staats fundamental norm diletakkan sebagai dasar asas dalam mendirikan negara, maka ia tidak dapat diubah.

      Hapus
    23. Kalau di jabarin ntar panjang berjilid2,macam demo...hehehe


      Jd isu soalan pancasila di ganti itu ,isu yg ingin indonesia gejolak,pd hal mau partai apapun yg mimpin siapapun MPR/DPR nya ga bs merubah Pancasila ,krn pancasila dasar pendirian negara....

      Paham sekarang...

      Hapus
    24. Vita birahi kadrun komunis lg ngefitnah itulah salah satu ciri2 komunis wkwkwk

      Hapus
    25. wkwkwkwk....anak gerwani kalau fitnah dan putar balikin fakta emang jago nya dalam ideologi komunis itu di sebut agitasi.......PKI neo generation mau nyamar kek apapun juga ttp ketauan krn ciri utama PKI yg sangat benci Islam dan ulama......maka nya impor terus buruh buruh cina komunis buat nemenin PKI yg mau kudeta dulu kan PKI usulkan angkatan kelima buruh dan petani di persenjatai tapi sayang2 nya anak anak dan cucu gerwani sekarang pengecut semua cuma berani ngebacot sebar fitnah , adu domba di sosmed doang...wkwkwkwk

      Hapus
    26. ...hadeuuuuuuuuh si Vita Birahi, BEGO kok diborong sendirian...dia menyangka Account Google Ane banyak

      padahal cuma ini saja JC githu lho



















      ... Xixixixixixixi 😁

      Hapus
    27. LU KIRA GW TAU MAINAN ANAK ANAK GERWANI DI SOSMED ?.....AKUN KLONENGAN......Bukan rahasai duit rakyat di pakai cecunguk anak gerwani danain buzzer tebar fitnah, adu domba, hasutan.....wkwkwkwk anak gerwani udah goyang.....kapal oleng kapten.....wkwkwk

      Hapus
    28. Haikal Hasan,Rocky Gerung,Tengku Zul dll bkn buzzer bayaran dari kadrun komunis yg suka adu domba,fitnah dan menghasut drun 😂😂😂

      Hapus
    29. Yang pasti tidak ada tempat untuk pki di NKRI.

      Hapus
    30. Prof reffly harun"benturan keras apa sih yg sekarang susah di satukan? Sudah bukan rahasia lagi zaman sukarno pancasila akan di satukan di dampingkan dengan komunisme lewat ideologi nasakom, sedang zaman Suharto pancasila yg tanpa kompromi hapuskan Komunisme, semangat itulah yg akan dikembangkan PDI-P, " Prof reffly harun

      Hapus
    31. Isu macam gt dijaan sekarang ga kepake om...hahaha

      Hapus
  33. Komentar ini telah di hapus oleh istri ke 2

    BalasHapus
  34. ...seumpamanya Typhoon dibeli Indonesia, percaya dech sama Ane ?

    hanya akan MENYUSAHKAN saja




















    ... Xixixixixixixi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perawatan, kasih Aircrod aja biar di kasih TOT, Tai Orang Thailand

      Hapus
  35. http://pbs.twimg.com/media/Eg9Qqs4UMAAToGV.jpg

    http://pbs.twimg.com/media/Eg9QpweVkAAXhp9.jpg

    http://pbs.twimg.com/media/Eg9QpW5U0AA1gKX.jpg

    http://pbs.twimg.com/media/Eg9QqRxUwAAdQ41.jpg




    MALON tambah edan tenan iki, wes mbayar lon celak ke matamu kui ono tulisan IFX, bukan Aircrod...rak sah halu nek malon nggawe pesawat helikopter wae sewo rak bakal iso nggawe...iso ne nyinyir karo dengki awak mu le, mak mu mesak ke ndelok kue 😂

    BalasHapus
  36. @Putrajaya
    LCS KD.SALAH POTONG....LCD-nya UMNO,Bumiputra,Najib dan Madame ROSMAH...😅🤣😂

    BalasHapus
  37. TNI & Polri harga diskon. Asyik berantakan sesama sendiri.

    BalasHapus
  38. Hemm udah tau klo indonesia tidak boleh membeli alusista bekas dan semua usah di atur dalam undang2 masih jg ada yg nulis artikel beginian mrncoba melemahkan tni au,sopo seng nulis artikel iki kon metu tak antemane!!..
    Klo istri bekas gak papa tapi kalo alusita bekas pasti banyak rakyat indonesia yg gak setuju..😎

    BalasHapus
  39. Silent Killer3 September 2020 11.24

    Om smiling.. ini ada yang pengin link jing ping mei 🤣🤣🤣🤣 daritadi ngode2 ga dikasih link . Kasian sekali. Bandar link nya kurang peka

    BalasHapus
  40. "Berikut ini biaya upgrade SEWACO pada fregat kelas 3000-an ton milik AL NZ......total nyaris menyentuh 320 juta dollar/kapal. Lantas kalo kemhan jadi beli eks Lubeck.....kira-kira seberapa besar sanggup menyisihkan bujet, supaya kapal bekas ini jadi benar2 bertaji 🤔"

    https://amp.rnz.co.nz/article/4f8e220b-3cbd-43f2-a18b-08c1515f6711

    BalasHapus
  41. Kok muncul lagi tulisan tentang Typoon ini? Kalaupun bekas, jangan pernah beli alutsista bekas dimana user origin merasa rugi dan eneg mengoperasikannya! Belilah alustista bekas, karena:
    1. Surplus
    2. Direplace karena hadirnya alutsista lebih canggih
    3. Upgradable.

    Ngotot banget ya para sales Typoon! Oalah. Hey! F16 adalah fighter paling cocok sebagai tulung punggung TNI AU saat ini! Jika F16 harus dibeli second, eMLu yg berproses sekarang itu kita lihat sbg ToT sesuai amanah UU, apalagi konten eMLu nya sangat mewah dan kompleks. Kita sangat beruntung mendapat proyek eMLu! Buka mata dong ah, mana ada kita mendapat porsi yg sama atas proses upgrade figther jenis lain, sukhoi misalnya, jauuuuhhhh! Satu lagi, harga unit F16 paling realistis sesuai budged Kemenhan. Satu lagi, F16 masih sangat tangguh hingga beberapa dekade ke depan, mengawal udara nusantara.
    Jadi, fokus pada perbanyakan unit F16, borong entah darimana pun di bumi ini, eMLu sudah kita kuasai. Minimal TNI AU harus memiliki 150 unit F16 upgraded! Typoon Austria buang ke laut!

    BalasHapus
  42. Sering mendengan Pancasila .. Pancasila tetap X tahu maknanya ..

    Apakah ini sejenis makanan asli Indon yang enak ketika dimakan bersama cheess dan secangkir kopi di pagi hari .. seperti yang biasa I lakukan makan nasi lemak berikut ayam goreng di pagi hari sebelum berangkan kat office ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak perlu repot2 paham krn memang otak dungu melayu tak akan sampai brader, pahami saja slogan negaramu yg bahasanya campur2 kaya nasi babi

      "Bersekutu bertambah mutu"
      apa pula bahasa monyet dipakai2, ada bahasa arab pula tp judi legal di genting, wkwkwk munafik malonjing, kesultanan prostitusi

      Hapus
    2. Rukun Negara....wahahhaa...negara malon emang ga pernah rukun,bangsa rasis

      Rukun negara isinya ngikutin pancasila ya ruk...

      "KEPERCAYAAN KEPADA TUHAN"
      Dasar tukang jiplak..xixixi

      KESETIAAN KEPADA RAJA DAN NEGARA
      KELUHURAN PERLEMBAGAAN
      KEDAULATAN UNDANG-UNDANG
      KESOPANAN DAN KESUSILAAN
      Raja nya aja sering ga sopan dan berbut asusila...wakakkaa


      Bangsa gagal KERAjaan beruk malon

      Hapus
    3. Bersekutu karena tak de mutu...hahaha

      Hapus
    4. cuma satu yg original dari malonjing

      KEBODOHAN DAN KESOMBONGAN

      eh itu 2 ya, ya udh lah y gpp wkwkwk

      Hapus
    5. Malaysia tertarik untuk mempelajari nilai-nilai Pancasila dan juga pengamalannya. Menurut Presiden Majlis Bekas Wakil Rakyat Malaysia Tan Sri Dr. Abdul Aziz Rahman, nilai-nilai Pancasila tersebut mirip dengan Rukun Negara di Malaysia.
      Saat ini di Malaysia segi pembangunan bangsanya, nation buildingnya masih mempunyai masalah yang sangat serius," jelas dia.

      Ia mengatakan, ego rasial di Malaysia masih tinggi sehingga segregasi antar ras pun masih terjadi. Sementara itu, di Indonesia meskipun masih terjadi beberapa kasus terkait SARA, namun masyarakat Indonesia masih dapat hidup berdampingan. Karena itu, Malaysia akan mempelajari nilai-nilai dari Pancasila untuk meningkatkan persatuan.

      "Bahkan katanya perayaan hari kemerdekaan (di Malaysia) itu, memang semua merayakan tapi dirayakan masing-masing garis etnisnya," ujarnya.

      KERAjaan Beruk malon Kaum rasis gagal otak...hahaha

      Hapus
    6. .
      Kami BANGSA IndONEsia adalah RATUSAN SUKU...!!!
      BANGSA IndONEsia itu LEBiH dari satu suku melayu sahaja.
      Kau tengok dan FAHAM-kan link berikut ini,
      ........................
      https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_suku_bangsa_di_Indonesia

      Kami BANGSA IndONEsia adalah
      "Bhinneka Tunggal Ika".
      ..................
      Berbeda Suku, Agama, Bahasa.... namun TETAP SATU keSATUan BANGSA IndONEsia.

      Kami adalah NKRI.
      Negara KeSATUan Republik Indonesia.
      ___________________

      JANGAN engkau samakan kami dengan kaum KERA-jaan MALASyia yang CHAUViNiS.
      BANGSAT RASiS kaum KERA-jaan malaysia.
      Memang OTAK kau sudah di doktrin untuk rasis oleh penjajah INGGRiS.

      Link:
      https://id.m.wikipedia.org/wiki/Ketuanan_Melayu

      https://tirto.id/supremasi-melayu-di-malaysia-sudah-rasis-sejak-dalam-konstitusi-dbL9

      "....Isi Pasal 153 Konstitusi MALASyia sering dijadikan dasar untuk propaganda ketuanan melayu. Ketuanan melayu adalah sebuah kontrak sosial yang mendudukkan orang-orang ras melayu atau bangsa melayu sebagai penguasa atau tuan di MALASyia....."

      "......Tapi beberapa sejarawan juga menganggap kebijakan pro-melayu ini sebagai strategi pecah-belah (devide et impera) oleh pemerintah Britania Raya....."

      Memang kaum KERAjaan MALASyia RASiS dan bodoh (POLiTiK inggris / UK)

      Hapus

    7. Hmm....sejarah NUSANTARA...?!!

      kita tengok pendapat dari pihak NETRAL, akademisi mat-puteh kulit-putih luar-negeri.

      https://en.m.wikipedia.org/wiki/Nusantara

      "....The word NUSANTARA is taken from an oath by Gajah Mada in 1336, as written in the Old JAVANESE Pararaton and Nagarakretagama.[5]...."

      NUSANTARA from JAVA-IndONEsia.
      NUSANTARA adalah IndONEsia....!!!

      Lagi-lagi malaysia INFERiOR rendah-diri tidak punya karakter sehingga KLAiM meniru-niru MiLiK IndONEsia.

      NUSANTARA adalah sumpah MAJAPAHiT Jawa-IndONEsia.
      Jawa adalah IndONEsia.
      Suku Jawa berasal dari IndONEsia..!!!
      NUSANTARA adalah IndONEsia.

      Pengecut kau malaysia.
      malaSyia bebal-dungu, TiDAK punya rasa-malu sedikit-pun...!!
      NUSANTARA adalah MiLiK IndONEsia...!!!

      Hapus
  43. UDA diambil Pak bowo. Lalu di upgrade pak!

    Ini uda kluar di ''WELT'' media jerman.

    https://youtu.be/zV2L7wvSnt0

    BalasHapus
  44. Ini adalah bukti bahwa FPDA masih tetap exist higga hari ini ..

    Inilah motto FPDA .. KITA BERSATU UNTUK SEMUA ..

    https://twitter.com/BDSSU_UK

    BalasHapus