11 Juli 2023

Prabowo Sebut PT Dirgantara Indonesia Bisa Produksi 8 Pesawat CN 235 Setahun

11 Juli 2023

CN-235 dipasarkan oleh PT DI dan CASA (kini Airbus Military), daerah pemasaran PT DI adalah Asia dan Afrika serta sebagian Timur Tengah (image : PT DI)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkapkan, PT Dirgantara Indonesia (DI) kini sudah mampu memproduksi 8 unit pesawat CN 235 dalam satu tahun. 

Padahal, sebelumnya, perusahaan pertahanan pelat merah ini hanya mampu memproduksi 2-3 unit pesawat CN 235 pada kurun waktu yang sama. 

"Mereka sekarang mampu, laporannya PT DI, dari yang tadinya 2-3 setahun sekarang mereka mampu (memproduksi) 8 CN 235 setahun," kata Prabowo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/7/2023). 

Prabowo mengatakan, bertambahnya kapasitas produksi PT DI merupakan buah dari revitalisasi dan reformulasi prosedur kerja yang dilakukan perusahaan tersebut. 

Menurut Prabowo, hal ini merupakan perkembangan yang positif karena permintaan pesawat CN 235 dari sejumlah negara cukup tinggi. 

"Perhitungan kita kurang lebih ada permintaan sampai dengan 100 (unit) pesawat CN 235, dari Afrika, Amerika Latin dan sebagainya," kata dia. 

Oleh sebab itu, Prabowo mengeklaim bahwa industri pertahanan Indonesia memiliki kemajuan yang cukup baik, berkinerja baik, dan akan terus diperbaiki

"Saya dorong terus industri pertahanan kita supaya lebih efisien, lebih produktif, lebih inovatif, dan tidak malu-balu kerja sama dengan siapapun yang bisa membawa nilai tambah bagi kita," ujar Prabowo. 

Adapun Prabowo datang ke Istana untuk melaporkan perkembangan industri pertahanan dan hubungan pertahanan kepada Presiden Joko Widodo. 

Prabowo mengeklaim, Jokowi merasa puas dengan perkembangan industri pertahanan yang ia laporkan hari ini. "Sangat puas, sangat gembira," ujar Prabowo. 

Pembuatan pesawat CN-235 (image : rumahstudio)

Pertemuan antara Jokowi dan Prabowo berlangsung selama sekitar 1 jam.

Prabowo tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada pukul 13.52 WIB dan meninggalkan istana pada pukul 14.51 WIB. 

Perlu diketahui, pada 17 Oktober 1979, Industri Pesawat Terbang Nasional (IPTN) dan CASA, yang sekarang Airbus Defense and Space, mendirikan perusahaan baru, Aircraft Technology (Airtech) untuk mendesain CN235. 

Pesawat CN235 memiliki kemampuan Short Take-Off and Landing (STOL), ramp door untuk memudahkan keluar/masuk barang, dan karakteristik biaya perawatan rendah. 

Prototipe pertama pesawat ini bernama "Elena" yang diproduksi oleh CASA dan melakukan penerbangan perdananya pada 11 November 1983. 

Prototipe kedua "Tetuko" diproduksi oleh IPTN (sekarang PT DI) terbang untuk pertama kalinya pada Desember 1983. Produksi serial dimulai pada 1986 untuk 10 dan 100 versi. 

Kemudian, PT DI mengembangkan versi yang disempurnakan seperti versi 110 dan 220, sedangkan Airbus Defense and Space dengan versi 200 dan 300. 

Hingga Maret 2022, lebih dari 300 CN235 telah diproduksi dalam banyak versi dengan dua mesin General Electric CT7-9C terbaru (masing-masing memiliki 1.750 SHP). 

Dalam kolaborasi untuk tujuan ekspor, PT DI menghasilkan sayap luar, stabilisator horisontal, sirip vertikal dan pintu untuk Airbus Defense and Space. 

Sementara itu, Airbus Defense and Space menghasilkan hidung yang dibongkar, kokpit yang dibongkar, dan sayap tengah untuk PT DI.

107 komentar:

  1. Aq kirain tadi aircrod ngoahahaha

    BalasHapus
  2. "..Dalam kolaborasi untuk tujuan ekspor, PT DI menghasilkan sayap luar, stabilisator horisontal, sirip vertikal dan pintu untuk Airbus Defense and Space.

    Sementara itu, Airbus Defense and Space menghasilkan hidung yang dibongkar, kokpit yang dibongkar, dan sayap tengah untuk PT DI..."

    =====
    Terkini, Malon ikut berkolaborasi yaitu Aircrod yang menghasilkan masalah yaitu tak mampu bayar gaji karyawannya..😂😂😂

    BalasHapus
  3. Ya ampun sudah berpuluh puluh tahun baru itu pesawat yang berjaya dijual.....? HAHAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun karena kerasukan sampai gak bisa baca artikel...pertahankan terus tololnya Pork biar bahan lawak.

      Hapus
    2. Dari pada negeri eloe, miniaturnyapun gak mampu bikin. Kl pun kalian bikin, begitu terbang langsung menuju akhirat

      Hapus
    3. Lebih 300 unit CN-235 sudah diproduksi dan diekspor... Berbanding negara HIGH IQ MALAYSEWA 🇲🇾 tag masih memproduksi KONDOM rasa nasi lemak

      Hapus
    4. Semoga yg ngetroll ini dosa-dosa nya diterima Allah SWT dan diberikan azab yang setimpal...Amin..amin..yarobbalalamin.....

      Hapus
    5. Ya ampun dah puluhan tahun bikin LCS aja gak ada yg jadi...kasihan

      Hapus
    6. 300 berjaya dijual tuh sikit kat gank miskin sebelah ngoahahaha

      Hapus
    7. Ya ampun dah puluhan tahun Kedah class masih ompong belum ada misil anti kapal dan misil pertahanan udara,masih kekal sebagai Gun Boat ngoahahaha

      Hapus
    8. Mmg itu yg baru jaya di jual tp anda boleh tanya apa pesawat teansport military yg laris di dunia yaitu cn 235 plg laris di dunia kedua setelah c130 hercules di gunakan lbih dr 30 angkatan bersenjata di dunia sekarang katakan apa kmampuan malasia kecuali tipu2 dan pindahin patok perbatasan

      Hapus
    9. Ya AMPUUNNN Aircrot tak de kepakaran sama sekali cuma bisa bersih bersih body pesawat .. Kasihan Lu Gempork PU ya Engineer Low IQ 🐷🐷

      Hapus
    10. Lawak ??? Malaysia sudah jual apa? Seluar/sempak jalur gemilang? Oh kondom uni sex depan bisa belakang bisa berjaya menjual produk cabul

      Hapus
  4. Masih setia menunggu berita bermutu dari Malon.

    BalasHapus
  5. Turkish navy will buy six CASA CN-235s

    The Turkish Navy is to buy six CASA CN-235 Persuader maritime patrol aircraft (MPAs) to fulfil a naval aviation requirement. The aircraft will be manufactured by Tusas Aircraft Industries, which already has 52 CN-235s on order for the Turkish defence ministry, 48 of which have been delivered. Selection of mission systems for the navy's MPAs has yet to be finalised. The coast guard will also receive three CN-235s.

    Source: Flight International

    BalasHapus
  6. 8 CN-235 dibeli malon.. menggerunkan ya lon pesawat buatan Indonesia sehingga dibeli banyak NGOAHAHAHA

    BalasHapus
  7. Jelas CASA CN235 MPA TURKI buatan CASA dari Sepanyol.. HHAHAHHAHA

    The AirTech CN-235 maritime patrol aircraft has been developed in two versions with different avionics systems: the CN-235MP Persuader developed in Spain by CASA EADS and the CN-235MPA developed in Indonesia by Dirgantara (formerly IPTN).

    The maritime patrol variant is in service with: Spain, Ireland and Turkey (manufactured by EADS CASA)

    and Indonesia, Brunei and UAE (manufactured by Dirgantara).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebanyak 43 pencerobohan ruang udara Malaysia direkodkan sepanjang 5 bulan pertama 2023. Perkara tersebut dinyatakan dalam penyata jawapan lisan oleh Menteri Pertahanan di Dewan Negara.....
      "Sebelum itu saya nak minta maaf, Perdana Menteri tak harus lewat, hari ini saya lambat sebab pesawat rasmi PM rosak.
      “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
      🔥KASIAN ANWAR GUYS = BERUK KERASUKAN🔥

      Hapus
    2. Bego tuh Ada CN 235 nya. Tahu gak pork simbol CN...cari tahu jangan asal kerasukan.

      Hapus
  8. Kuat KLAIM... buat MALU je.. HAHHAHAHA

    BalasHapus
  9. Si tolol malon mengamuk lagi guys..

    Wakakakakakakaka

    BalasHapus
  10. Terkuat MALU tuu GAGAL bikin kapal laaah..
    Atau MIRING..

    Hahahahahahah

    Itupon tak malu yaah..?

    BalasHapus
  11. Berkali-kali membual target penyerahan KD LCS...

    Wakakakakakakkka

    Satu pon tak jadi..

    Dasar tak tahu Malu..😂😂😂

    BalasHapus
  12. Dimana yang kononnya Turkiye pakai CN235 buatan INDON..? Jelas mereka pakai CASA CN235 Buatan Sepanyol....


    Meltem II is a Turkish Aerospace Industries (TAI) Maritime Patrol Aircraft (MPA) modification of the proven Spanish CASA (Airbus Military) CN-235 high-winged, turboprop-powered tactical transport. With lead assistance from French-based Thales Airborne Systems (TAS), TAI completed work on nine CN-235 airframes for the role.

    BalasHapus
  13. HAHAHHAHHA.... KUAT klaim....

    BalasHapus
  14. Kesian IQ GORILLA mudah DI PRANK

    BalasHapus
  15. Malon miskin pun pakai cn 235 , malah upgrade ke MSA derma dari US wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  16. Manakala negara miskin sebelah memuji CN-235 PT DI adalah pesawat yang menggerunkan sehingga beli banyak sampai 8 biji ngoahahaha

    BalasHapus
  17. Si GORILLA lupa CN235 adalah imbal pembayaran HUTANG INDON untuk pembelian pesawat T50 Korea... HAHAHHAHHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata kuncinya kalo tak berquality tak mungkin Korea Selatan beli lewat barter kek, lewat broker kek,yg penting Korea Selatan beli ngoahahaha

      Hapus
  18. Sebenarnya kerjasama PT DI dan Airbus itukan sistem bagi produksi bagian pesawat jadi secara harfiah pemasaran dilakukan sama Airbus atau PT DI maka keduanya tetap untung karena lini produksi tetap jalan.

    BalasHapus
  19. Sering Rosak guys.. HAHHAHAHHA

    SEOUL, KOMPAS.com — Pesawat patroli maritim buatan Indonesia, CN 235, yang dibeli dan digunakan Pasukan Penjaga Pantai Korea Selatan untuk berpatroli dan memonitor kawasan ekonomi eksklusif negeri itu dinilai gampang rusak. Kritik itu disampaikan Kim Jae-won, anggota parlemen Korsel dari partai politik berkuasa, Partai Saenuri. Dia menyampaikannya dalam hasil audit di Gedung Majelis Nasional (parlemen)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keseluruhannya, TUDM memiliki tujuh buah pesawat CN-235 dalam varian pengangkut.
      Projek menaiktaraf tiga buah pesawat pengangkut CN-235 TUDM kepada varian MSA dibiayai oleh program “Maritime Security Initiative” (MSI) kerajaan Amerika Syarikat.
      🤣MSI (MINTA SEDEKAH INISIATIFNYA) PANTAS BERUK KERASUKAN🤣

      Hapus
  20. Malon konon klaim punya university grad A , tapi tak satupun engginer yg punya kepakaran bina pesawat, semua engginer Malon tipu tipu wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  21. Sorry guys mau cerita je, se umur" belum pernah dengar malon bikin pesawat terus di beli indonesia tapiiiii kalau pesawat bikininan Indonesia dibeli malon tuh dah biasa senapan serbu buatan Indonesia di beli malon dah biasa, kenapa ya guys ❓ 🤣🤣🔥🔥🔥🔥
    Malon tuh IQ nya sangat tinggi tapi kok bodoh" ya 😂😂😂🔥🔥🔥, kalau di tengok" bodohnya melebihi keledai guys 🤣🤣🤣
    Tengok tuh korupsi di ulang" tapi para maloner tetap senang je 😂😂

    BalasHapus
  22. Mereka tak beli.. Tapi hanya itu yang INDON mampu bayar pakai pesawat CN-235 untuk T50 KOREA

    BalasHapus
  23. Kalo Fulcrum Malon tuu sudah PASTI rosak, bukan kata sering lagi..

    Wakakakaakakak

    Macam tank Pendek-kar tuu

    😂😂😂

    BalasHapus
  24. Mantap Indo , manakala Malon semakin teruk tak bisa kuasai teknologi modern , bangsa Melayu Malon memang bangsa pemalas wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  25. Manakala Malon tak pandai rawat pesawat, tengaok sahaja pesawat pejuang grounded terbanyak sekawasan alias mangkrak wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  26. Tercatat Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, dan Australia memakai CN-235 yang keluar dari hanggar dan bengkel kerja PT Dirgantara Indonesia.

    Amerika Serikat juga akui performansi CN-235 itu. National Guard Air Force bahkan memakai basis CN-235 untuk pesawat pemantau badai, HC-133, yang menghendaki standar spesifikasi sangat tinggi dalam misi operasi.
    ____

    Hahahaha😂😂😂😂, amerika saja mengakui performansi yang tinggi ya guys

    BalasHapus
  27. Sebanyak 43 pencerobohan ruang udara Malaysia direkodkan sepanjang 5 bulan pertama 2023. Perkara tersebut dinyatakan dalam penyata jawapan lisan oleh Menteri Pertahanan di Dewan Negara.....
    "Sebelum itu saya nak minta maaf, Perdana Menteri tak harus lewat, hari ini saya lambat sebab pesawat rasmi PM rosak.
    “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    🔥KASIAN ANWAR GUYS = BERUK KERASUKAN🔥

    BalasHapus
  28. Malon tunggu derma US sahaja kalo nak beli cn 235

    BalasHapus
  29. CN -235 MSA versi sedekah milik MALONS buatan AIRCROOD yaa PUR🤣🤣

    BalasHapus
  30. AIROOD yang tak laku pun tak bisa rawat cn235 wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  31. Pada kesempatan ini PTDI telah mengirimkan pesawat tersebut ke Malaysia, dimana sebelumnya PTDI juga telah menyelesaikan pekerjaan konversi yang sama terhadap 2 unit lainnya yang telah dikirimkan pada bulan Juni dan Oktober 2022....
    Tim Pelaksana Teknis Sertifikasi Kelaikudaraan Pertahanan (IDAA) dari Puslaik Kemhan yang diketuai oleh Letkol Tek Sugiri, S.T sebagai Supervisi bersama 4 anggota Tim Kelaikan Puslaik Kemhan melaksanakan Sertifikasi Kelaikudaraan Pertahanan Flight Test Video Downlink Pesawat CN235-220M RMAF yang bertempat di kantor PT. Dirgantara Indonesia (DI) Bandung Jawa Barat....
    🤣 DISERTIFIKASI PUSLAIK = BERUK KETAHUAN SPESIFIKASI🤣

    BalasHapus
  32. Tim Pelaksana Teknis Sertifikasi Kelaikudaraan Pertahanan (IDAA) dari Puslaik Kemhan yang diketuai oleh Letkol Tek Sugiri, S.T sebagai Supervisi bersama 4 anggota Tim Kelaikan Puslaik Kemhan melaksanakan Sertifikasi Kelaikudaraan Pertahanan Flight Test Video Downlink Pesawat CN235-220M RMAF yang bertempat di kantor PT. Dirgantara Indonesia (DI) Bandung Jawa Barat....
    🤣 DISERTIFIKASI PUSLAIK = BERUK KETAHUAN SPESIFIKASI🤣

    BalasHapus
  33. Sebanyak 43 pencerobohan ruang udara Malaysia direkodkan sepanjang 5 bulan pertama 2023. Perkara tersebut dinyatakan dalam penyata jawapan lisan oleh Menteri Pertahanan di Dewan Negara.....
    "Sebelum itu saya nak minta maaf, Perdana Menteri tak harus lewat, hari ini saya lambat sebab pesawat rasmi PM rosak....
    🔥KASIAN ANWAR JET SEWA ROSAK = BERUK KERASUKAN🔥

    BalasHapus
  34. Kata gempur gorilla cn 235 sering rosak , tapi Malon malah masih guna cn235 , malah dapat derma upgrade MSA dari US WKWKWKWK wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus

  35. Jngn lupa guys, MALONS dah bisa bina jet HALIMUN lho guys 🤣🤣🤣


    TAK TERLIHAT KASAT MATA


    KUALA LUMPUR: Malaysia is expected to have its very own combat aircraft by 2030, said Universiti Putra Malaysia (UPM) Mechanical Engineering and Manufacturing Faculty senior lecturer Dr Mohd Roshdi Hassan.

    He said he was now embarking on a study which involved various technical aspects, including the design and capability of the engine, for the aircraft.

    "We already have the design of the aircraft body according to its functions. Basically, it is the design of a two-engine multi-role combat aircraft or MRCA.

    "(In fact,) the design can be modified into a single-engine light combat aircraft (LCA). It is up to the government to determine which type of design to be developed into the real aircraft," he told Bernama when met at the Defence Services Asia (DSA) and National Security (NatSec) Asia 2018 exhibitions here.

    Mohd Roshdi said the aircraft would take at least 10 years to be built if it was given the go-ahead by the Defence Ministry and there were interested parties from defence companies to work together in developing the design.

    This was because the process would involve various developments of the aircraft and weapons prototypes before it could be fully operational or marketed to the regional and international markets, he said.

    The academician explained that the size of the aircraft was similar to the Russian's MiG-29 and also categorised as fifth generation, at par with other fighter aircraft produced by developed nations that were now entering the sixth generation.

    Asked on the aircraft specifications, Mohd Roshdi said among them were high-performance radars, electronic warfare system and stealth technology to make the jet invisible to enemy radar.

    "The thing about this aircraft is that it will be covered by a special type of paint, namely the Hydrophobic Radar Absorption Material Coating which serves to strengthen the stealth technology. It can also be used in any kind of situation and climate.

    "Compared to United States' technology, they use the Hydophilic Radar Absorption Material Coating. Although this material has the same effect in terms of stealth technology, the downside is when the aircraft is flying in rain or wet weather as this kind of paint absorbs water and is feared will disrupt the aircraft's systems," he said.

    Mohd Roshdi, who is also the founder of the Aerospace Malaysia Innovation Centre (AMIC), said the idea of building a Malaysian-made fighter aircraft started back in 2007 when he worked at the Rolls-Royce University Technology Centre, University of Sheffield in the United Kingdom.

    "Upon returning to Malaysia in 2008, I began gathering a group of experts to conduct research in every area such as weaponry, aerospace, radar and navigation system.

    "We are only ready to discuss this with the Defence Ministry more seriously after 10 years," he said.

    The four-day exhibition at the Malaysia International Trade and Exhibition Centre (MITEC) which started Monday brought together about 1,500 defence-related companies and 350 foreign delegates from 45 countries.





    BalasHapus
  36. YA BAGUS LAH PT DI MEMENUHI PERMINTAAN PASAR LEBIH CEPAT DENGAN SEMAXIMAL MUNGKIN ITU YANG TERBAIK , PT DI JUGA HARUS BISA PERKUAT LINE PRODUKSI N 219 JUGA YANG PESANANNYA KURANG LEBIH SAMA JUMLAHNYA.

    TENTUNYA PT DI SEKARANG BENAR² JADI YANG TERBAIK MEMBANGGAKAN KARENA AKAN PRODUKSI PESAWAT TEMPUR MUTAKHIR , MODERN 5 TERBAIK DUNIA SAAT INI DALAM TECHNOLOGY IF 21 🇮🇩 INDONESIAN FIGHTER JET HARUS TERUS MENINGKATKAN QUALITAS PRODUCT²NYA SERTA MEMASTIKAN TETAP YANG TERBAIK TERLEBIH IF 21 🇮🇩 INDONESIAN FIGHTER JET.

    "SELAMAT PT DI ATAS SEMUA PENCAPAIAN PENCAPAIANNYA ,TETAP JAGA QUALITAS PRODUCT PRODUCTNYA UNTUK TETAP JADI YANG TERBAIK".


    KEMANDIRIAN YESS !

    BalasHapus
  37. Dalam jangka 10 TAHUN
    MALONS DAH BISA BINA JET HALIMUN TAK KASAT MATA 🤣🤣🤣

    KUALA LUMPUR: Malaysia is expected to have its very own combat aircraft by 2030, said Universiti Putra Malaysia (UPM) Mechanical Engineering and Manufacturing Faculty senior lecturer Dr Mohd Roshdi Hassan.

    He said he was now embarking on a study which involved various technical aspects, including the design and capability of the engine, for the aircraft.

    "We already have the design of the aircraft body according to its functions. Basically, it is the design of a two-engine multi-role combat aircraft or MRCA.

    "(In fact,) the design can be modified into a single-engine light combat aircraft (LCA). It is up to the government to determine which type of design to be developed into the real aircraft," he told Bernama when met at the Defence Services Asia (DSA) and National Security (NatSec) Asia 2018 exhibitions here.

    Mohd Roshdi said the aircraft would take at least 10 years to be built if it was given the go-ahead by the Defence Ministry and there were interested parties from defence companies to work together in developing the design.

    This was because the process would involve various developments of the aircraft and weapons prototypes before it could be fully operational or marketed to the regional and international markets, he said.

    The academician explained that the size of the aircraft was similar to the Russian's MiG-29 and also categorised as fifth generation, at par with other fighter aircraft produced by developed nations that were now entering the sixth generation.

    Asked on the aircraft specifications, Mohd Roshdi said among them were high-performance radars, electronic warfare system and stealth technology to make the jet invisible to enemy radar.

    "The thing about this aircraft is that it will be covered by a special type of paint, namely the Hydrophobic Radar Absorption Material Coating which serves to strengthen the stealth technology. It can also be used in any kind of situation and climate.

    "Compared to United States' technology, they use the Hydophilic Radar Absorption Material Coating. Although this material has the same effect in terms of stealth technology, the downside is when the aircraft is flying in rain or wet weather as this kind of paint absorbs water and is feared will disrupt the aircraft's systems," he said.

    Mohd Roshdi, who is also the founder of the Aerospace Malaysia Innovation Centre (AMIC), said the idea of building a Malaysian-made fighter aircraft started back in 2007 when he worked at the Rolls-Royce University Technology Centre, University of Sheffield in the United Kingdom.

    "Upon returning to Malaysia in 2008, I began gathering a group of experts to conduct research in every area such as weaponry, aerospace, radar and navigation system.

    "We are only ready to discuss this with the Defence Ministry more seriously after 10 years," he said.

    The four-day exhibition at the Malaysia International Trade and Exhibition Centre (MITEC) which started Monday brought together about 1,500 defence-related companies and 350 foreign delegates from 45 countries.

    BalasHapus
  38. Keseluruhannya, TUDM memiliki tujuh buah pesawat CN-235 dalam varian pengangkut.
    Projek menaiktaraf tiga buah pesawat pengangkut CN-235 TUDM kepada varian MSA dibiayai oleh program “Maritime Security Initiative” (MSI) kerajaan Amerika Syarikat.
    🤣MSI (MINTA SEDEKAH INISIATIFNYA)🤣

    BalasHapus
  39. PUR , COBA KAU TUNJUK BUKTI

    CN-235 MSA MALONS YG VERSI SEDEKAH BUATAN MANA


    🤣🤣🤣

    BalasHapus
  40. Sementara itu Kepala Staf TUDM Jenderal Tan Sri Affendi Buang mengatakan, RMAF sangat puas atas kinerja layanan PTDI dalam mendukung kebutuhan logistik (suku cadang) dan operasional pesawat CN235-220....
    “Pada masa ini kita dapat lihat pesawat yang serviceable. Dukungan logistik dan juga operasi begitu bagus. Saya berharap bahwa ini akan berketerusan dan kita berharap kerja sama dengan PTDI ini dapat meningkat satu tahap yang tinggi lagi,” ungkapnya....
    🤣BERUK TAMBAH TOLOLLLLL🤣

    BalasHapus
  41. Prabowo Sebut PT Dirgantara Indonesia Bisa Produksi 8 Pesawat CN 235 Setahun

    bandingkan

    PM Malon sebut BNS semenanjung bisa produksi 1 kapal cacat selaman 12 tahun beserta 4 kapal salah potong lainnya


    WKWKWKKW

    BalasHapus
  42. kamu mau bilang, design dan produk Airbus dan PTDI buruk?
    padahal negerimu jg menggunakan CN 235

    WKWKWKKW
    MUNAFIK

    BalasHapus
  43. malon kepanasan.. sebagian part of CN 235 dibuat oleh Indonesia

    sudah ada pembagian pembuatan masing-masing komponen lon, sebagian dibuat oleh CASA sebagian dibuat oleh PTDI.

    Assembling bisa dilakukan di CASA maupun di PTDI

    level otak beruk tentu tak paham.

    BalasHapus

  44. Kerosakan pesawat pada waktu yang sama.... Korea Selatan

    Pesawat lain kerosakan sekitar 20 kali

    Pesawat CN-235 kerosakan sekitar 78 kali

    BalasHapus
  45. Milik Brunei pun sudah 3 tahun grounded baru di servis semula.... Nah lama guys....

    BalasHapus
  46. Kalau mau CN235 bagus beli terus dari pembuatan asal CN235 CASA..... Lebih bagus dan bermutu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sementara itu Kepala Staf TUDM Jenderal Tan Sri Affendi Buang mengatakan, RMAF sangat puas atas kinerja layanan PTDI dalam mendukung kebutuhan logistik (suku cadang) dan operasional pesawat CN235-220....
      “Pada masa ini kita dapat lihat pesawat yang serviceable. Dukungan logistik dan juga operasi begitu bagus. Saya berharap bahwa ini akan berketerusan dan kita berharap kerja sama dengan PTDI ini dapat meningkat satu tahap yang tinggi lagi,” ungkapnya....
      🤣BERUK TAMBAH TOLOLLLLL🤣

      Hapus
    2. CASA tidak adalagi sudah diambil oleh AIRBUS... Dan Airbus sudah menyerahkan PRODUKSI CN-235 sepenuhnya ke PT.DI (IAe)


      Jadi mau CN-2345 tahun ini dan seterusnya ONLY IN PT.DI


      Itupun kau tak tau ya.. TOLOL

      Hapus

  47. GEMPURWIRA 11 Juli 2023 pukul 15.34
    Kalau mau CN235 bagus beli terus dari pembuatan asal CN235 CASA..... Lebih bagus dan bermutu

    __-_-_-_-__--__-&-_-_-_-_-_-_-_-_-
    CASA tidak adalagi sudah diambil oleh AIRBUS... Dan Airbus sudah menyerahkan PRODUKSI CN-235 sepenuhnya ke PT.DI (IAe)


    Jadi mau CN-2345 tahun ini dan seterusnya ONLY IN PT.DI


    Itupun kau tak tau ya.. TOLOL TOLOL

    BalasHapus
  48. Sementara itu Kepala Staf TUDM Jenderal Tan Sri Affendi Buang mengatakan, RMAF sangat puas atas kinerja layanan PTDI dalam mendukung kebutuhan logistik (suku cadang) dan operasional pesawat CN235-220....
    “Pada masa ini kita dapat lihat pesawat yang serviceable. Dukungan logistik dan juga operasi begitu bagus. Saya berharap bahwa ini akan berketerusan dan kita berharap kerja sama dengan PTDI ini dapat meningkat satu tahap yang tinggi lagi,” ungkapnya....
    🤣ADA BERUK KERASUKAN🤣

    BalasHapus
  49. Engginer Malon otak gorilla semua tak satupun sanggup bina pesawat wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  50. GEMPUR BABI "IRI, DENGKI, KOYAK"


    sebab negaranya tak mampu bina Pesawat, cuma mampu bina CONDOM RASA NASI LEMAK

    Tolol... Tolol

    BalasHapus
  51. Korang cari berita usaaang puuur MNA sudah tak ada , smart dikitlah wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  52. HHAHAHAHHA.... 78 KALI ROSAK berbanding pesawat lain...

    BalasHapus
  53. Parah si GORILLA klaim.. HHAHAHAHHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. PARAH BABI TOLOL

      CUKA BOLEH IRI

      -bina kapal tak boleh
      -bina pesawat otak tak ade
      -bina rifle IQ low
      -bina ARMORED VEHICLE tampal stiker

      Hapus
  54. CN (CASSA NUSANTARA) kalau murni air bush hanya C Puur wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  55. Gempuur tak terima reality turkeuy beli cn 235 Indonesia , wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  56. PARAH BABI TOLOL

    CUMA BOLEH IRI & KOYAK

    -bina kapal tak boleh
    -bina pesawat otak tak ade
    -bina rifle IQ low
    -bina ARMORED VEHICLE tampal stiker
    -bina LCS hasil 11 tahun MANGKRAK hutang menggunung
    -ONLY CLAIM Ibnu IRI

    BalasHapus
  57. Dimana yang kononnya Turkiye pakai CN235 buatan INDON..? Jelas mereka pakai CASA CN235 Buatan Sepanyol....HAHAHHAHHA


    Meltem II is a Turkish Aerospace Industries (TAI) Maritime Patrol Aircraft (MPA) modification of the proven Spanish CASA (Airbus Military) CN-235 high-winged, turboprop-powered tactical transport. With lead assistance from French-based Thales Airborne Systems (TAS), TAI completed work on nine CN-235 airframes for the role.

    BalasHapus
  58. Ya ialah njalau dah parah GROUNDED TOLOL.

    N FACTnya.. CN-235 masih laris dibeli banyak negara ASIA & AFRICA

    BalasHapus
  59. Patutlah Korea bising CN235 mereka rosak 78 kali... HHAHHAHAHHA

    BalasHapus
  60. Mantap engginer Indonesia bisa bina pesawat, kapal, rifle dll, manakala gorilla Malaya tak satupun dapat bina aset moden wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  61. Ingat CN 235 ingat gorilla Malaya dapat derma usa upgrade MSA wkwkwkwk wkwkwkwk wkwkwkwk

    BalasHapus
  62. Keseluruhannya, TUDM memiliki tujuh buah pesawat CN-235 dalam varian pengangkut.
    Projek menaiktaraf tiga buah pesawat pengangkut CN-235 TUDM kepada varian MSA dibiayai oleh program “Maritime Security Initiative” (MSI) kerajaan Amerika Syarikat.
    🤣MSI (MINTA SEDEKAH INISIATIFNYA)🤣

    BalasHapus
  63. Sementara itu Kepala Staf TUDM Jenderal Tan Sri Affendi Buang mengatakan, RMAF sangat puas atas kinerja layanan PTDI dalam mendukung kebutuhan logistik (suku cadang) dan operasional pesawat CN235-220....
    “Pada masa ini kita dapat lihat pesawat yang serviceable. Dukungan logistik dan juga operasi begitu bagus. Saya berharap bahwa ini akan berketerusan dan kita berharap kerja sama dengan PTDI ini dapat meningkat satu tahap yang tinggi lagi,” ungkapnya....
    🤣ADA BERUK KERASUKAN🤣

    BalasHapus
  64. Wkwkkww lucu melon menyalak
    Padahal mereka beli cn235 dri ptdi
    Upgrade MSA ke ptdi

    Wwkwkwk..logika kemamluan melon
    1cc

    BalasHapus
  65. Pak Menhan Indonesia...buruan dong Pak rilis berita gembira Kontrak Efektif CN235 untuk 3 matra TNI di Juli 2023 ini....

    Yang penting ASSET BARU TNI BERTAMBAH LAGI Ya Pak Menhan.....



    BalasHapus
  66. HAHAHAHAHAHA 😁😄😄😆......GORILLA MALAYA katakan pesawat CN 235 mutunya jelek ?......US Coast Guard saja pakai CN 235 dan juga untuk pesawat mata mata, hanya Buzzer MALON yang TOLOL tidak akui itu 🙂

    BalasHapus
  67. Bicara mutu kenapa malon beli cn235 dulu malah upgrade ke MsA lewat pTdi

    Wkwkkw...malon lawak 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  68. Gempork makin gak jelas otak ny🤣🤣

    BalasHapus
  69. Dapat ngemis hibah derma dri US buat upgrade MSA itu yg gak bermutu lon...

    Wkwkqkw..konyol gempork gila🤣🤣🤣

    BalasHapus
  70. Ada pesanan sampai 100 pesawat CN 235 dan 8 unit pesawat setahun.....makin oke doooong 👍👍🙂

    BalasHapus
  71. LOOOON......Baca info ini udah pasti elo KERASUKAAN 😡😡👹 dan langsung NGAMUUUK 🤬🤬🤬.......itu semua karena IRI 👿👿 juga DENGKIIII 👺👺

    BalasHapus
  72. Hore..nnti tambah lagi

    Kemhan dalam waktu yang tidak lama lagi akan tandatangani kontrak 10 unit CN235, bahkan saya rencanakan untuk tambah lagi, karena kita akan butuh lebih banyak lagi CN235,” ujar Prabowo tanpa menyebut waktu pastinya, dikutip Aviatren dari akun Instagram resmi PTDI, Jumat (4/2/2022)

    https://aviatren.com/2022/02/04/kemhan-bakal-pesan-10-pesawat-cn235-ng-dari-ptdi/

    BalasHapus
  73. LOGIKA DASAR NETIZEN INDONESIA:
    Beli mobil Toyota Innova Januari 2023 Brand New from Toyota Dealer . Toyota Innova ini kemudian dipakai dan dioperasikan oleh pemilik tiap hari berjalan sekitar 500 Km.
    Maka sebelum 1000 Km pertama untuk masuk Workshop Toyota jalani Sevice Berkala:
    Ganti Filter Oli
    Ganti Pelumas
    kemudian setelah 6 Bulan diketahui bahwa ada kerusakan bagian Toyota Innova yaitu:
    Kampas rem tipis >>>rusak >>>replace pasang baru
    Filter Oli >>>rusak >>>replace pasang baru
    Accu >>>rusak>>>replace pasang baru
    Head Lamp >>>rusak>>>replace pasang baru

    secara Teknik : komponen rusak sehingga tak berfungsi optimal maka harus replace dengan spareparts baru agar mobil dapat beroperasi kembali.
    setiap parts mobil rusak akan tercatat pada Log Book internal Toyota Dealer secara lengkap dan akurat.
    Ketersediaan Anggaran Maintenance dan Repair adalah KUNCI agar mobil bisa beroperasi kembali.

    ingat ASSET itu berupa Sistem Mesin dan sistem pendukung lainnya. Ada Usia Pakai yang terbatas bisa jadi kerusakan alami pemakaian rutin atau karena kecelakaan sehingga ada parts mobil yang rusak.

    konklusi:
    ASSET yang harus Replace Parts artinya Asset itu dipakai dan beroperasi sesuai tujuan dari memiliki asset itu. Manfaatnya Indonesia menjadi AMAN, NYAMAN, KUAT SEHINGGA MEMBERI MANFAAT PERTUMBUHAN EKONOMI NASIONAL.


    logika BUZZER malon:
    beli asset maka selamanya tak akan pernah rusak.
    (karena asset tak pernah dipakai atau asset tak dapat anggaran maintenance and repair sehingga ada kerusakan parts tapi diabaikan bahkan sampai asset menjadi GROUNDED)

    NACH....PAHAM KAN BEDANYA INDONESIA DENGAN malaysia UNTUK TATA KELOLA BUDGET (ANGGARAN) MAINTENANCE DAN REPAIR.

    BalasHapus
  74. Bwahahaha🤣🤣🤣, malon panaaaas🔥🔥🔥, seumur umur belum pernah dengar malon jual pesawat maupun senapan serbu ke Indonesia kalau Indonesia jual pesawat maupun senapan serbu hal yang biasa ya guys 🤣🤣🔥🔥

    BalasHapus
  75. Hahaha.. tong kosong bunyi nya nyaring emang ya purrr. Wkwkwkw
    Parah parah.. apakah bangsa malon kayak lu semuanya ya...hahaha

    BalasHapus
  76. Imbal CN 235 dengan T50 i keren baru setara bukan imbal dengan sawit busok...

    BalasHapus
  77. Hahaha.. kualitas gempur mah sudah terasa sejak awal... ngapain diladenin sih... biarkan saja.. capek juga ga mutu ngeladenin orang orang malonesia

    BalasHapus
  78. WKWKW

    ada 1 beruk malon kepanasan..
    tak terima sebagian part of CN 235 dibuat oleh Indonesia

    sudah ada pembagian pembuatan masing-masing komponen lon, sebagian dibuat oleh CASA sebagian dibuat oleh PTDI.

    Assembling bisa dilakukan di CASA maupun di PTDI

    BalasHapus
  79. kesian gaesz ada warganyet tak tau perjanjian pembagian daerah penjualan pesawat cn-235 haha!🤭🤭🤭

    -casa pegang wilayah eropa, asia tengah, amerika utara dan selatan

    -sang fetedei pegang wilayah afrika, asia barat, selatan, timur serta asia tenggara dan oceania
    makanya, yang beli dari fetedei ituw
    -senegal
    -uae
    -pakistan
    -korsel
    -brunei
    -thailan
    -nepal
    -png
    -kl
    dan sebagainya hore haha!👏👏👏






    BalasHapus
    Balasan
    1. yg kesian KL sampe kiamat pun takkan perna bisa bikin pesawat gaesz haha!🤣😛🤣

      abis gimana yak selain kismin yaa 1cc haha!😂😂😂

      Hapus
  80. Begonya gempur,wilayah Eropa ,Amerika itu penjualan CASA,Afrika Asia dan Amerika latin itu Indonesia...paham ga Pur....hahahha

    BalasHapus
  81. Betul itu pembagian wilayah casa di eropa km tau pur yg bikin cn235 mpa anti kapal selam turki adlh engginer Indonesia karena turki minta bantuan waktu itu malon bisa bikin apa..?? Kondom aja licenci negara muka badak ta'i kucing

    BalasHapus
  82. mgoahahaha berita 10 yang lalupun dikutip sama gempur wkwkwk

    BalasHapus
  83. Sekarang tinggal dapat pesanan saja. Bagusnya kalau kita bisa bantu financing. Mau bank swasta atau BUMN tidak masalah.

    Saing terbesar sebenarnya India. Mereka dapat lisensi bikin C295 dan boleh diekspor.

    BalasHapus
  84. Jelas jelas malon pake cn 235 produksi PTDI. Upgrade pun ke indonesia kan? Malu dong orang malay ga berdaya sama tetangga

    BalasHapus
  85. Pur, kalo goblok jangan kebangetan. Liat kode belakangnya. Kalo casa ya C aja, ga pake CN. Pesawat lu aja beli dr PTDI. Hhu, otak udang

    BalasHapus