01 Juli 2023

Perisai Trisula Nusantara (2)

01 Juli 2023

Konsep Perisai Dirga Nusantara (all photos : KompasTV)

Untuk itu, Prabowo menekankan, jika Indonesia ingin menjadi bangsa yang kuat, maka wajar pemerintah menyiapkan rencana dan skenario pertahanan. Termasuk, mempersiapkan rencana alutsista untuk memperkuat pertahanan.


"Kita ini dalam keadaan tidak kuat, tidak sehat, kalau tidak kuat hadapi ancaman virus, lebih cepat kita hancur. Pertanyaannya kembali, apakah Indonesia mau kuat atau lemah. Kalau mau kuat lakukan hal-hal yang jadi kuat," kata Prabowo.


Walaupun sekilas terlihat kondisi geopolitik sedang baik-baik saja, sesungguhnya kawasan sedang menyimpan bara panas, yang setiap saat bisa meletus menjadi perang terbuka. 


Secara langsung atau tidak langsung perang yang bakal terjadi rawan menyeret Indonesia ke dalamnya pusarannya.


Potensi perang dimaksud tidak lain terkait agresivitas China di kawasan Laut China Selatan atau Indo-Pasific, yang memaksakan klaimnya terhadap 90% wilayah laut hingga bergesekan dengan beberapa negara di kawasan dan mengancam kebebasan lalu lintas di salah satu laut strategis dan tersibuk dunia tersebut.


Gesekan yang terjadi pun tidak lagi melibatkan China vis a vis Vietnam atau Filipina, tapi juga telah menyeret Australia, AS, Inggris, dan beberapa negara barat lainnya yang memiliki kepentingan terhadap akses lalu lintas transportasi dan keamanan kepentingan geopolitiknya.


Potensi perang di kawasan juga terkait dengan Taiwan, dan dengan beberapa negara Asia Timur yang menjadi sekutu AS, yakni Korea Selatan dan Jepang. Tingkat kerawanan meledaknya perang di kawasan tersebut menguat seiring dengan pecahnya perang Rusia-Ukraina.


Ibarat permainan catur, China, AS dan sekutunya sudah menggerakkan bidak-bidak kekuatan militer ke tempat-tempat strategis. China misalnya telah lama membangun pangkalan rudal di LCS, meskipun wilayah masih menjadi sengketa.


Fasilitas pangkalan China yang pernah tertangkap citra satelit berada di Kepulauan Paracel, tepatnya di Pulau Woody. Di pangkalan ini diketahui negeri panda tersebut telah menempatkan rudal darat-ke-udara HQ-9 untuk pertahanan udara.


Sebagai informasi, sistem rudal SAM HQ-9 China memiliki jangkauan operasional 200 kilometer (124 mil) di ketinggian dan dapat menimbulkan ancaman serius bagi lalu lintas udara militer dan sipil.


Selain pangkalan rudal, China juga disebutkan sedang membuat fasilitas militer di tiga pulau buatan yang telah sepenuhnya dimiliterisasi.


Berdasar citra satelit pula, diketahui keberadaan struktur serupa dengan atap yang dapat dibuka terdeteksi di terumbu Subi, Mischief, dan Fiery Cross yang merupakan bagian dari Kepulauan Spratly.
 

Di pangkalan-pangkalan itu pulalah, China menimbun berbagai alutsista strategis, mulai dari kapal induk, kapal selam, destroyer, hingga pesawat tempur yang belakangan masif dibangun negeri tersebut.


Masih di wilayah LCS, China juga dilaporkan telah membangun kota seluas 800.000 mil persegi di Kepulauan Paracel. Kota yang dinamai Shansa itu memiliki luas 1.700 kali wilayah New York City.


Di kota itu, China sudah membuat beberapa fasilitas kelas kota yang memiliki fasilitas seperti desalinasi air laut dan fasilitas pengolahan limbah, perumahan publik baru, sistem peradilan yang berfungsi, jangkauan jaringan 5G, sekolah, dan penerbangan charter reguler.
 

Dari sisi lain, negeri Paman Sam telah membentuk Aukus bersama Inggris dan Australia. Kehadiran aliansi yang diarahkan untuk mengimbangi kekuatan China sudah barang tentu kian memanaskan konflik di Indo-Pasifik. Apalagi melalui aliansi ini, AS membantu Australia membuat kapal selam bertenaga nuklir.


Selain melalui Aukus, militer AS juga memperluas jejaringnya dengan membuat pangkalan baru yang dekat dengan Indo-Pasifik, tepatnya di Papua Nugini. 


Melalui kesepakatan yang telah dibuat dengan negara yang berbatasan darat langsung dengan Papua tersebut, AS dapat menempatkan tentara dan kapal perangnya dengan akses tanpa batas di enam pelabuhan dan bandar udara penting, termasuk Pangkalan Angkatan Laut Lombrum di Pulau Manus dan sejumlah fasilitas lain di ibu kota, Port Moresby.
 

Walaupun belum pecah menjadi perang, intensitas gesekan militer China versus AS dan sekutunya kian terasa. Apalagi sejak China memberlakukan hukum maritim terbarunya di LCS. Sejak 1 September, China memberlakukan aturan identifikasi maritim, yakni meminta setiap kapal khusus melaporkan posisinya ketika memasuki perairan yang diklaim.


AS misalnya telah mengirim kapal induk USS Ronald Reagan dan beberapa armada tempur. Dengan dalih untuk menjamin kebebasan navigasi, Inggris juga telah mengerahkah HMS Spey and HMS Tamar untuk melakukan patrol di sana.


Fakta-fakta tersebut menunjukkan baik China maupun AS telah menggerakkan bidak-bidak militer untuk saling berhadap-hadapan di kawasan Indo-Pasifik.


Kepala Komando Mobilitas Udara AS, Jenderal Mike Minihan melalui memo dinas yang terungkap ke publik memprediksi perang kedua negara raksasa akan pecah pada 2025. Perang dipicu pemilihan presiden Taiwan pada 2024. Walaupun berfokus di selat Taiwan, dampaknya juga pasti akan terasa hingga Indo-Pasifik.

See full article SindoNews

34 komentar:

  1. MANTAB.....

    Si BERUK pasti makin KERASUKAN guys... Hahahahahah

    BalasHapus
  2. Wuuuuuh.....pasti ada DENGKIIII πŸ‘ΊπŸ‘ΊπŸ‘Ί luar biasa lihat PERISAI TRISULA NUSANTARA......JIAHAHAHAHA πŸ˜πŸ˜„πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£

    BalasHapus
  3. Indinesia hebat indonesia kuat.

    BalasHapus
  4. China akan membangun pangkalan militer di Beting Patinggi Ali....malingchia dan atm nya tidak bisa berbuat apa²....wkwkwkwk LEMAH...UZUR....dan PONDAN.

    BalasHapus
  5. BPA bentar lagi diuruk Elder brader jiran mo dijadiin pangkalan ojek BOMBER ama CCG haha!πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

    BalasHapus
  6. Dari gambarnya AEWC tipe GLOBALEYE niiih.....tapi kabarnya TNI AU lebih berminat WEDGETAIL AEWC buatan Boeing tuuh, jangkauan radar lebih jauh πŸ™‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ngefans berat sama Wedgetail, jadi semoga memang bisa terlaksana. Masih in production dan sepertinya bakal jadi platform AEWC terbanyak di dunia.

      Pikir2 apa ada alasan tidak bisa pasang Erieye di E-7?

      Hapus
    2. Bisa aja, asal duit kuat bayar riset, proto & sertifikasinya..πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  7. Semoga tercapai dan sukses demi NKRI!
    Maju dan Jaya INDONESIA KU! πŸ‘πŸ˜Ž

    BalasHapus
  8. ADS HISAR O/U nya brp baterei ni

    BalasHapus
  9. Negara KORUP dan LAWAK... HAHAHAHA....

    1. BELI ASET PERTAHANAN TAK KUAT NGUTANG LAGI, LAST2 SEWA, WANG NEGARA DI ROGOL EKS PM 🀣🀣🀣

    2. IKUT PROGRAM NGEMIS FA18 HORNET, 3 X NGEMIS...DI TOLAK !

    3. SEWA TANAH LALAI DIBAYAR HINGGA DIDENDA RATUSAN JUTA Dollar DAN DI SITA ASET OLEH "SULU" !

    4. BUAT PROYEK LCS 13 TAHUN GAGAL, DISUNTIK, GAGAL LAGI..MATI AJA LU, MALAYDESH 🀣

    BalasHapus
  10. Ngenes, Malaysia Berharap Segera Dapatkan F-18 Bekas Padang Gurun Kuwait

    ZONAJAKARTA.com - Maklum, Malaysia kekurangan jet tempur Heavy Fighter karena F-18 Hornet miliknya tak terlalu tangguh.

    Malaysia cuma memiliki segelintir F-18 versi standar, cuma 8 unit.

    8 unit tapi tak bisa digunakan untuk berperang lantaran source code F-18 Malaysia ditangan AS.

    Oleh sebab ini Malaysia mencari jet tempur baru.
    Skadron Su-30MKM juga kurang pendanaan untuk perawatan.

    Apalagi MiG-29, sudah dipensiun dini.

    Langkah yang bisa ditempuh oleh Malaysia kini cuma berharap hibah.

    Mantan Menhan Malaysia, Datuk Sri Ikmal Hisham Abdul Aziz mendesak meminta agar pemerintahan PM Anwar Ibrahim serius mengejar hibah F-18 Kuwait.

    Hal itu dilontarkan dalam sidang Perbahasan Belanjawan 2023 Malaysia di Dewan Rakyat pada Rabu 1 Maret 2023.

    Hibah dari Kuwait akan mengisi lowongan aset udara TUDM.

    "Saya rayu supaya Kementerian Pertahanan (MINDEF) berusaha mendapatkan sekurang-kurangnya 8 hingga 10 buah pesawat Hornet Kuwait bagi melengkapkan sekurang-kurangnya 1 skuadron penuh pesawat tempur jenis ini dibawah TUDM," beber Hisham dikutip dari Air Times.

    Menurut Hisham, meski cuma 8 unit saja TUDM pasti girang bukan kepalang mendapat tambahan jet tempur gratisan.

    "Tambahan lagi maklumbalas yang saya terima, anggota TUDM sangat berpuas hati dengan prestasi pesawat ini walaupun ianya sudah hampir 30 tahun digunakan," jelasnya.

    Malaysia harusnya tak usah berharap mendapat F-18 dari Kuwait dimana negara Arab itu lebih tertarik menjualnya daripada menghibahkannya.*

    KESIAN NASIB SI MISKIN...WALAUPUN SUDAH DI RAYU,KUWAIT TETAP MENOLAK PESAWATNYA D HIBAHKAN KE MALON...

    πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‡²πŸ‡Ύ πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”

    WKWKWKWKWKWKKWKWWKWKWKWWKWKKWKWKKWKWK

    BalasHapus
  11. ANWAR BERKATA .....
    Anwar said he had been astonished to see a navy frigate dating from the 1970s on display at the recent LIMA maritime and aerospace expo in Langkawi
    “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi.....
    πŸ”₯KAPAL USANG = TIDAK MEMBAYAR HUTANGπŸ”₯

    BalasHapus
  12. Rudal HISAR Turki minta ToT guidenya yg bisa diaplikasi pada roket RX 450/550 ..kan kmrn ToT guide dari beli rudal C 705 ga lanjut y..

    BalasHapus
  13. BEDA KASTA WKWKWKWKWK

    INDONESIA
    42 RAFALE
    36 F15EX
    12 MIRAGE 2000-5
    12 MIRAGE 2000-9
    KFX BORAMAE

    MALONESIA
    32 RAFALE (VERSI MIMPI)
    33 F18 KUWAIT (VERSI DI TOLAK)
    18 FA50 (VERSI AKAN)
    4 BLACK HAWK (VERSI SEWA)

    πŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‡²πŸ‡ΎπŸ‡²πŸ‡Ύ πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”πŸ”

    WKWKWKWKWKWKKWKWWKWKWKWWKWKKWKWKKWKWK

    BalasHapus
  14. ANWAR BERKATA =
    "Sebelum itu saya nak minta maaf, Perdana Menteri tak harus lewat, hari ini saya lambat sebab pesawat rasmi PM rosak.
    “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
    πŸ”₯JET SEWAAN ROSAK = TIDAK MEMBAYAR HUTANGπŸ”₯

    BalasHapus
  15. Kesian..... Hanya MEMBUAL DI atas Kertas tapi hakikatnya..? HAHHAHAAHHA

    Sama lah seperti FOOD ESTATE MANGKRAK , BANDARA MANGKRAK, SIRKUIT MANDALIKA RUGI, IKN MANGKRAK, KERETA CEPAT MANGKRAK... HAHAHAHAHA

    1. SU30 Bermasalah GROUNDED malah misil EXPIRED...

    2. F16 SEDEKAH BLOCK 25 PRODUKSI 1980

    3. HAWK USANG dan berjatuhan

    4. T50 yang masih baru tu pun sudah berjatuhan masalah perawatan

    5. RAFALE sign hanya 6 itu pun HUTANG

    6. F15.... Lagi sibuk mau HUTANG pakai FMS... HAHHAHHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. ANWAR BERKATA .....
      Anwar said he had been astonished to see a navy frigate dating from the 1970s on display at the recent LIMA maritime and aerospace expo in Langkawi
      “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi.....
      πŸ”₯KAPAL USANG = TIDAK MEMBAYAR HUTANGπŸ”₯

      Hapus
    2. 1. MKM Malon rongsokan banyak yg grounded cuma 4 yg boleh terbang,ada linknya menhan malon yg dedahkan ngoahahaha

      2. F-16 Indonesia diupgrade setaraf block 52 dgn wang US$ 750 juta berbanding 18 Mig-29 malon dibeli baru tapi sudah grounded semua ngoahahaha

      3. Hawk malon banyak terhempas,cuma 5 yg boleh terbang dan hawk Malon gunakan sparepart buatan Indonesia,ada link sahihnya ngoahahaha

      4. Malon kuat MEMBUAL klaim telah beli FA-50 block 20 tapi realiti sign kontrak efektif pembelian dan sign bukti bayar uang downpayment tak de,ada link sahihnya ngoahahaha

      5. Siapa bilang Indonesia cuma beli 6 biji Rafale berbanding malon kuat MEMBUAL dari zaman Jepun koar2 nak beli rafale sampai Malon buat web www.rafalemalaysia.com sampai bang Jamil mampus habukpun tak ada,ada link sahihnya ngoahahaha

      6. Indonesia nak beli F-15 pake hutang atau tak kenapa malon pula yg sibuk dan panas berbanding malon nak berhutang lagi pun tak boleh kerana hutang malon sudah mencekik leher cecah 82% ada link sahihnya ngoahahaha

      Hapus
  16. Baca artikelnya, sumber ancaman keamanan terbesar itu Amerika? Sebesar2nya ancaman China, yg jadi trigger sepertinya tetap Amerika. Prediksi hasil pemilu Taiwan agak mengkhawatirkan. Kesannya, siapa pun yg menang, kita perang.

    BalasHapus
  17. Lepas tu MEMBUAL konon buat jiran ketar ketir... HAHAHAHAHA

    PEJUANG OPM hanya pakai panah saja masih menguasai medan tempur di papua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pejuang Sulu lagi haibat tanpa senjata dan tanpa perangpun berjaya rampas aset kerajaan malon ngoahahaha πŸ˜‚πŸ˜€

      Hapus
  18. Negara kuat MEMBUAL... HAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. ANWAR BERKATA =
      "Sebelum itu saya nak minta maaf, Perdana Menteri tak harus lewat, hari ini saya lambat sebab pesawat rasmi PM rosak.
      “Ini bermakna bayaran khidmat hutang banyak…hanya membayar faedah bukan bayar hutang tertunggak,” kata Anwar lagi
      πŸ”₯JET SEWAAN ROSAK = TIDAK MEMBAYAR HUTANGπŸ”₯

      Hapus
    2. Yang kuat MEMBUAL tuh baru sign MOU,sign MOI,sign MOA sudah klaim telah beli cem malon ngoahahaha

      Hapus
  19. Belajar dr perang di ukraina maka Indonesia perlu segera beli rudal jarak jauh & uav + usv

    BalasHapus
  20. Purr....malon buat pangkalan dengan elder bro di BTA...singapura ambili pulau layang dan batu puteh....Indonesia kuasai Laut Ambalat yg kaya minyak itu....

    Atm.....LEMAH..πŸ˜†πŸ˜…πŸ€£πŸ€£πŸ€£

    BalasHapus
  21. Negara dan warganya KUAT MEMBUAL. Kerajaan MALON MAHAWANGSA, omongannya MAHABUAL.
    ALUTSISTANYA HEBAT2 SEMUA TAPI VERSI KAJI, AKAN, CANCEL, GHOIB ATAU SEWA ......

    BalasHapus
  22. Pejuang Sulu lagi haibat tanpa senjata dan tanpa perangpun berjaya rampas aset kerajaan malon ngoahahaha πŸ˜‚πŸ˜€

    BalasHapus
  23. Hyundai,Toyota Corp dan Amazon yang dulu melabur kat malon sekarang lari dari malon datang ke Indonesia untuk melabur ngoahahaha....kasian banget keadaan malon sekarang kerana stability economic, politik dan lawnya paling buruk di Asean sehingga pelabur banyak yg lari dari malon ngoahahaha

    BalasHapus