30 Juni 2023

Perisai Trisula Nusantara (1)

30 Juni 2023

Konsep Perisai Samudra Nusantara (all photos : KompasTV)

Memborong Alutsista, Indonesia dalam Ancaman Perang?

AKUISISI 12 pesawat Mirage 2000-5 bekas dari Qatar memicu pro-kontra. Fokus perdebatan bukan hanya pada harga yang terbilang mahal, yakni Rp12 triliun, tapi juga urgensinya.


Sebagian publik mempertanyakan untuk apa mengambil pesawat bekas karena Indonesia telah memesan pesawat Rafale baru dari Prancis, IFX hasil kerja sama dengan Korea Selatan, dan F-15 dari Amerika Serikat (AS). Kontroversi kian kencang karena pemerintah justru menambah pembelian pesawat Mirage 2000-9 bekas milik Uni Emirat Arab (UEA).
 

Merespons sorotan tersebut, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyebut pembelian pesawat bekas sebagai interim solution karena banyak pesawat temput TNI AU berusia sangat tua dan perlu refurbishment. Perbaikan dan modernisasi tidak serta-merta bisa dilakukan karena membutuhkan waktu lama, paling cepat 18 bulan.
 

Sedangkan kehadiran pesawat tempur baru masih membutuhkan waktu lama. Seperti Rafale, paling cepat diterima 3 tahun dan baru kelar selama 5 tahun ke depan. Mirage 2000-5 pun masih laik pakai, karena usia pakai rata-rata 10-15 tahun dan jarak tempuh masih sangat rendah.


Sebenarnya, di era Prabowo ini mendatangkan alutsista bekas merupakan bagian dari belanja alusista besar-besaran. Bisa dibilang gebrakan ini puncak program modernisasi alutsista atau minimum essential force (MEF) yang berlangsung sejak 2009. Pada fase MEF III ini (2019-2024), target belanja bukan kaleng-kaleng, sebab di antaranya merupakan alutsista kelas berat.


Beberapa alutsista yang sudah diakusisi maupun masuk daftar akusisi di era Prabowo antara lain pesawat Rafale, F-15, kapal selam Scorpene, fregat FREMM, fregat Arrow Head atau Merah Putih, rudal jarak jauh (balistic missile) KHAN, dan rudal pertahanan pantai (coastal defense) Brahmos dan lainnya. Selain alutsista impor, Indonesia juga gencar memberdayakan industri pertahanan dalam negeri.


Belanja alutsista yang bisa dibilang terbesar semenjak era Orde Lama, menjadikan Indonesia negara terkuat di belahan bumi selatan, tentu mengundang tanda tanya. Di antaranya apakah Indonesia sedang melakukan perlombaan senjata (arm race) atau bahkan ada ancaman serangan dari negara lain atau perang di depan mata? Skeptisme sangat wajar muncul karena penggunaan anggaran besar untuk memperkuat pertahanan tentu berdasar pertimbangan rasional dan matang. 


Bidak Telah Bergerak 
Keputusan Indonesia belanja alutsista besar-besaran tentu bukan sekadar untuk gagah-gagahan sehingga Indonesia tidak ketinggalan (arm race) dari China, India, Australia, dan sejumlah negara sahabat di Asia Tenggara. Atau, agar target kekuatan militer Indonesia masuk 10 besar dunia bisa secepatnya tercapai. 


Keberadaan alutsista juga bukanlah barang koleksi yang ditumpuk begitu saja dan hanya dikeluarkan untuk parade militer di Harlah TNI. Lebih dari itu, sekuat apa kekuatan militer dimiliki suatu negara, dalam hal ini kuantitas dan kualitas persenjataannya, akan menghadirkan efek gentar (deterrence effect) agar negara lain berpikir seribu kali sebelum mengusik.


Walaupun dalam keadaan damai, suatu negara juga tidak boleh berleha-leha dan menganggap akan berlangsung damai selamanya. Justru, untuk mempertahankan kondisi damai inilah diperlukan upaya strategis memperkuat otot militer untuk mengantisipasi setiap ancaman masa depan, seperti dipercaya kalangan militer semenjak era Romawi kuno: si vis pacem para bellum (jika kau mendambakan perdamaian, bersiap-siaplah menghadapi perang).


Kesadaran inilah yang juga dipahami Prabowo Subianto. Saat menjadi pembicara kunci dalam webinar bertajuk "Optimalisasi Industri Pertahanan dalam Konteks Kepentingan Nasional RI di Abad 21" di Universitas Padjajaran Bandung (9/7). Ia menegaskan bahwa sejarah manusia mengisahkan bangsa yang ingin damai dan merdeka adalah bangsa yang siap perang. 


"Itulah inti pertahanan. Kalau jadi perang, kita tidak bisa buru-buru ke supermarket membeli alat perang," ujar dia.


Berangkat dari pemahaman ini, jika Indonesia ingin siap menghadapi perang, maka minimal mulai dari sekarang negara ini sudah mau berpikir soal potensi adanya perang dan mengoptimalisasi industri pertahanan. 


Dalam momen tersebut, mantan Danjen Kopassus ini memaparkan definisi perang sebagai pemaksaan kehendak oleh sebuah negara dengan tujuan menguasai suatu wilayah atau sumber daya suatu negara. Caranya, yaitu dengan kekuatan fisik atau kekerasan. Mengutip filosopi perang bangsa Athena, suatu negara wajib memiliki pertahanan yang kuat untuk mengantisipasi perang.


"The strong do what they can and the weak suffer what they must. Kalau dia mampu membom dia membom kalau mampu hancurkan satu kota dia akan lakukan. Yang lemah akan menderita," kata Prabowo.

See full article SindoNews

110 komentar:

  1. Nanggung pak menhan,sekalian bikin nuklir biar bangsa ini lebih kuat lagi dan tdk di remehkan bangsa lain

    BalasHapus
  2. Indonesia kuat indonesia hebat

    BalasHapus
  3. Dia lupa mau beritahu ke pembelian tu hasil HUTANG BESAR BESARAN..... HAHAHHAHHA....

    Lepas tu NGEPRANK NGUTANG ALUTSISTA tak akan membebani APBN... HAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah gempur lupa. KERAjaan GK bisa bayar hutang k Sulu yg kena prank petronas

      Hapus
    2. Si Melon lupa sadar diri mau bina 6 LCS sekaligus tapi apa lacur tak de kepakaran sama sekali si Melon 🍈🍈👎👎 alias.kebodohan Absolut 🤮😀 buat malu dan tak punya harga diri si Melonista

      Hapus
    3. Malon takde hutang yah Pork? Sampai sepi shopping dan latihan? Aset usang dan mangkrak sekawasan pun gelak.

      Hapus
    4. Mau berhutang atu tidak, bukan urusanmu pork. Kami sebagai rakyat Indonesia saja tidak masalah. Kenapa kau yang loncat2 kepanasan.

      Hapus
  4. Mau KUAT tapi terpaksa NGUTANG dan NUNGGAK BAYARAN... HAHAHHAHHA

    LAWAK LA

    BalasHapus
    Balasan
    1. MENERUSI KAEDAH SEWA =
      Dari segi perolehan kata Panglima TLDM, terdapat kemungkinan angkatan itu mendapatkan helikopter itu menerusi kaedah sewa apabila perkhidmatan helikopter Super Lynx Mk300 yang kini menjangkau usia 20 tahun dihentikan secara berperingkat.
      🤣BERUK NGAMUK SAMPAI 200 KOMEN🤣

      Hapus
    2. Lebih lawak LG kapal lemes Malon. Beli dengan hutang ke China Bru Dateng sudah rusak. Udah belinya ngutang, gak berkualitas LG wkwkwk...

      Hapus
    3. Lebih lawak kalo hutang cuman jadi tai Dan tas rosmah je

      Hapus
  5. 12 Unit = 12 triliun, bekas pula, wadeuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Efek perang Ukran vs rosiya
      Barat nato lomba2 kasih alutsista nya secara cuma2,imbas disini.
      Sudah dijelaskan sama pak menhan,

      Hapus
    2. Solusi? Hawk bekas atau F/A-50 baru. Kalau ada duit, F-16 bekas dan bayar upgrade. Kalau niat beneran, minta assembly line. Assembly line untungnya lebih gede buat US.

      Hapus
    3. Tunggu Rafale 3 atau 4 tahun baru jadi .. kalau mau murah buat pesawat kertas sebanyak 1.000.000

      Hapus
    4. 1 T untuk 1 fighter plus biaya pendidikam dll ya termasuk murah lah.

      Hapus
  6. HUTANG....buka link ini PM Anwar menjelaskannya...parah kan hutang malingchia...wkwkwkwkwkw

    https://youtu.be/SN2-y_Zbd7o

    BalasHapus
  7. Keputusan Indonesia belanja alutsista besar-besaran tentu bukan sekadar untuk gagah-gagahan sehingga Indonesia tidak ketinggalan (arm race) dari China, India, Australia, dan sejumlah negara sahabat di Asia Tenggara. Atau, agar target kekuatan militer Indonesia masuk 10 besar dunia bisa secepatnya tercapai. ...
    🔥BERUK ARM RACE WITH SIPUT🔥

    BalasHapus
  8. "The strong do what they can and the weak suffer what they must. Kalau dia mampu membom dia membom kalau mampu hancurkan satu kota dia akan lakukan. Yang lemah akan menderita," kata Prabowo....
    🔥PANTAS 5 BULAN 43 PENCEROBOHAN HAHAHAH🔥

    BalasHapus
  9. Malu la tu mau beritahu yang aset pertahanan tu mereka NGUTANG.... HAHAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malu lah.. beli kapal baru dari hutang eh.. kapalny sudah rusak wkwkwk..

      Hapus
    2. Biasa aja pork. Malah senang. Hutang jadi aset

      Hapus
  10. MEMALUKAN.... BAYAR WOIIII... HAHAHAHHA..

    Menurutnya, Pemerintah Indonesia sudah bayar 17 persen tapi 83 persen belum dibayar. Selama program berlangsung, Korea membayar sebagian besar cost share dari periode 2016-2022.

    "Kami harap pemerintah Indonesia bisa segera membayar dan terus berkomitmen dengan proyek ini," kata Lee, ketika menerima kunjungan 13 jurnalis Indonesia program Indonesia Next Generation Journalist on Korea dari Korea Foundation dan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) di KAI, Sacheon, Jumat lalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keputusan Indonesia belanja alutsista besar-besaran tentu bukan sekadar untuk gagah-gagahan sehingga Indonesia tidak ketinggalan (arm race) dari China, India, Australia, dan sejumlah negara sahabat di Asia Tenggara. Atau, agar target kekuatan militer Indonesia masuk 10 besar dunia bisa secepatnya tercapai. ...
      🔥BERUK ARM RACE WITH SIPUT🔥

      Hapus
    2. Coba kau bayar dlu itu Sulu. Negara koq tanahnya sewa. Wkwk..

      Hapus
    3. Sudah dijelaskan berkali Kali tetep saja dungu. Memang cumn bisa nge troll aj kau pork. Otak gak ada.

      Hapus
  11. Pembelian /modernisasi besara2an alutsista tidak lain tidak bukan
    -Buat Deterence efect
    -Si pis pacem para bellum.
    -konflik dunia LCs,taiwan vs cina,korut vs korsel

    BalasHapus
  12. Silahkan..konsep melon sudah pasti
    Berlindung kepada FPDA
    Macam ayam sayur 🤣

    BalasHapus
  13. Ngenes, Malaysia Berharap Segera Dapatkan F-18 Bekas Padang Gurun Kuwait

    ZONAJAKARTA.com - Maklum, Malaysia kekurangan jet tempur Heavy Fighter karena F-18 Hornet miliknya tak terlalu tangguh.

    Malaysia cuma memiliki segelintir F-18 versi standar, cuma 8 unit.

    8 unit tapi tak bisa digunakan untuk berperang lantaran source code F-18 Malaysia ditangan AS.

    Oleh sebab ini Malaysia mencari jet tempur baru.
    Skadron Su-30MKM juga kurang pendanaan untuk perawatan.

    Apalagi MiG-29, sudah dipensiun dini.

    Langkah yang bisa ditempuh oleh Malaysia kini cuma berharap hibah.

    Mantan Menhan Malaysia, Datuk Sri Ikmal Hisham Abdul Aziz mendesak meminta agar pemerintahan PM Anwar Ibrahim serius mengejar hibah F-18 Kuwait.

    Hal itu dilontarkan dalam sidang Perbahasan Belanjawan 2023 Malaysia di Dewan Rakyat pada Rabu 1 Maret 2023.

    Hibah dari Kuwait akan mengisi lowongan aset udara TUDM.

    "Saya rayu supaya Kementerian Pertahanan (MINDEF) berusaha mendapatkan sekurang-kurangnya 8 hingga 10 buah pesawat Hornet Kuwait bagi melengkapkan sekurang-kurangnya 1 skuadron penuh pesawat tempur jenis ini dibawah TUDM," beber Hisham dikutip dari Air Times.

    Menurut Hisham, meski cuma 8 unit saja TUDM pasti girang bukan kepalang mendapat tambahan jet tempur gratisan.

    "Tambahan lagi maklumbalas yang saya terima, anggota TUDM sangat berpuas hati dengan prestasi pesawat ini walaupun ianya sudah hampir 30 tahun digunakan," jelasnya.

    Malaysia harusnya tak usah berharap mendapat F-18 dari Kuwait dimana negara Arab itu lebih tertarik menjualnya daripada menghibahkannya.*

    KESIAN NASIB SI MISKIN...WALAUPUN SUDAH DI RAYU,KUWAIT TETAP MENOLAK PESAWATNYA D HIBAHKAN KE MALON...

    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔🐔

    WKWKWKWKWKWKKWKWWKWKWKWWKWKKWKWKKWKWK

    BalasHapus
  14. BEDA KASTA WKWKWKWKWK

    INDONESIA
    42 RAFALE
    36 F15EX
    12 MIRAGE 2000-5
    12 MIRAGE 2000-9
    KFX BORAMAE

    MALONESIA
    32 RAFALE (VERSI MIMPI)
    33 F18 KUWAIT (VERSI DI TOLAK)
    18 FA50 (VERSI AKAN)
    4 BLACK HAWK (VERSI SEWA)

    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔🐔

    WKWKWKWKWKWKKWKWWKWKWKWWKWKKWKWKKWKWK

    BalasHapus
  15. KESIMPULAN : ALUTSISTA GHAIB, AKAN, CANCEL, USANG, OMPONG, GROUNDED DAN SEWA SERTA MEMBUAL DAN SEMBANG TIDAK AKAN MEMPERKUAT PERTAHANAN, BAHKAN JADI BAHAN TERTAWAAN SEDUNIA ...

    HAHAHAHAHA

    BalasHapus
  16. AWAS SI MISKIN MENJERIT KEPANASAN


    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔🐔

    WKWKWKWKWKWKKWKWWKWKWKWWKWKKWKWKKWKWK

    BalasHapus
  17. Yang menarik sekali pertahanan pesisr pantai pengadaan rudal brahmos asumsi 8 unit brp bterei tuh?
    perisai laut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya 8 Batery gan, kan ada itu rencana titik penempatannya di persentasi yg sama 🔥🔥🔥

      Hapus
  18. Manakala si miskin di TOLAK sama TURKI.....PENGEN FREE F18 RONGSOK HAHHAHAHHA

    MEMALUKAN


    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔🐔

    WKWKWKWKWKWKKWKWWKWKWKWWKWKKWKWKKWKWK

    BalasHapus
  19. GANYANG MALAYSIA JILID 2 GAES...SIAP2 INVASI MALON UTK YG KEDUA KALINYA...

    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔🐔

    WKWKWKWKWKWKKWKWWKWKWKWWKWKKWKWKKWKWK

    BalasHapus
  20. Menurut Hisham, meski cuma 8 unit saja TUDM pasti girang bukan kepalang mendapat tambahan jet tempur gratisan.

    CUMA 8 EKOR F18 CUKUP BIKIN SI MISKIN BAHAGIA...PENGEN FREE GAES...MODAL DONK WOOOOI!!!!


    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔🐔

    WKWKWKWKWKWKKWKWWKWKWKWWKWKKWKWKKWKWK

    BalasHapus
  21. Awacs/AEw segerakan kontrak,
    Rudal Brahmos juga

    Biar ketar ketir sevelah

    BalasHapus
  22. Rudal balistik Khan
    Rudal pesisir pantai /coastal defense Brahmos
    Gak bahaya ta buat..bisa2 gemprok tidur tak nyenyak kejang2 wkwkwk

    BalasHapus
  23. Melon kuat senantiasa bersama fpda,
    (No fpda ayam sayur)
    Ingat tuh baik baik wkwkwk

    BalasHapus
  24. AH MAKSA , LEBIH CEPAT NAGA PASA CLASS BATCH II (SECARA MANDIRI SEHINGGA TIDAK TERJADI LAGI SEPERTI KASUS MOBIL LISTRIK , NKRI TELAH MAMPU BUAT YANG TERCEPAT & PIONEER (MANDIRI) TAPI KEMUDIAN RIBUT CARI TECHNOLOGY DARI LUAR & TIDAK FABRIKASI CAPAIAN TECHNOCRATE RI YANG UNGGUL & TERCEPAT)UNTUK PENGADAAN & PEMENUHAN KEBUTUHAN ALUTSISTA ITU SEPERTI RENCANA AWAL NEGARA ITU JUGA LEBIH ADV , SUB YANG DIPAKSAKAN JENIS NORMAL TIDAK SESUATU YANG WAH , SEMUA JELAS.
    JANGAN SAMPAI PEMBOROSAN & JUGA BERATKAN ANGGARAN SETELAHNYA PADAHAL BIAYA LAIN²NYA CUKUP UNTUK BELI ALUTSISTA LAIN SECARA BERJALAN , MEMBAGUN DI SISIPI EGO & TIDAK SESUAI RENCANA NEGARA INI ANEH !

    KEMANDIRIAN YESS !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lol aneh tapi bin ajaib. Semua negara punya path lain2 ada yg mikir dapet duit dulu baru foya2. Dan ada juga yg foya2 walau nga ada duit. Bisa diliat dari cara mereka masking handle duit. Aneh beli barang bekas mahal? Aneh juga ada yg bisa sewa but paling aneh ini website selalu compare ama Malaysia donk karena negara2 tetangga yg lain nya lebih gahar ato lebih pinter dalam procurement military items. Philippines yg ngak kaya bisa dapet banyak barang karena mereka kasih izin ex master nya tempest untuk buat military base. SG ama.OZ diaper banyak duit dari Cina nga pernah resesi tapi beli barang2 buat contain Cina Malaysia di bilang aneh gara2 pesawatnya campur aduk tapi Indo juga sama but nga digede2in aja. Aneh?? Yeah gitu lah.

      Hapus
  25. Ngeriii jangkauan rudal brahmos di taruh di kalimantan,autoo panas dingin sebelah wkwkw

    BalasHapus
  26. Nuklir adalah solusi instan dengan nuklir kita berdaulat di bumi selatan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoedha30 Juni 2023 pukul 17.08
      Nuklir adalah solusi instan dengan nuklir kita berdaulat di bumi

      Udah telat lah OZ udah mau main nuklir duluan kalo kapal Selam nuklir mereka dateng duluan. Sorry yah OZ selalu yg paling kuat di daerah sono liat aja stealth ada drone banyak banyak barang2 mereka buatan dalem negeri banyak. Dan mereka dukung Timor dan Papua bisa dipake buat kacauin Indo.

      Hapus
    2. Wing mereka tuh dibantu isroel sama mamarika,sekutu dekat.

      Hapus
  27. Biar SEWA tapi dibayar..... dari NUNGGAK BAYARAN hingga ditagih hutangnya... HHAHAHHAHAHA

    MEMALUKAN... HAHAHAHAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. "The strong do what they can and the weak suffer what they must. Kalau dia mampu membom dia membom kalau mampu hancurkan satu kota dia akan lakukan. Yang lemah akan menderita," kata Prabowo....
      🔥PANTAS 5 BULAN 43 PENCEROBOHAN HAHAHAH🔥

      Hapus
    2. Lebih memalukan Malon GK bs bayar hutang sewa tanah aset Petronas disita wkwk.. (negara koq tanahnya sewa) CMA Malaysia truly asia yg bisa begitu.

      Hapus
    3. Tunjuk kapan Malon sanggup bayar sewa. Miskin takde wang dan gak dipercaya lender woi

      Hapus
  28. Biar SEWA tapi dibayar..... dari NUNGGAK BAYARAN hingga ditagih hutangnya... HHAHAHHAHAHA

    MEMALUKAN... HHAHAHHA

    BalasHapus
  29. Kuat apa.... Kalau beli aset pertahanan NGUTANG semuanya... HHAHAHAHHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Negara KORUP dan LAWAK... HAHAHAHA....

      1. BELI ASET PERTAHANAN TAK KUAT NGUTANG LAGI, LAST2 SEWA, WANG NEGARA DI ROGOL EKS PM 🤣🤣🤣

      2. IKUT PROGRAM NGEMIS FA18 HORNET, 3 X NGEMIS...DI TOLAK !

      3. SEWA TANAH LALAI DIBAYAR HINGGA DIDENDA RATUSAN JUTA Dollar DAN DI SITA ASET OLEH "SULU" !

      4. BUAT PROYEK LCS 13 TAHUN GAGAL, DISUNTIK, GAGAL LAGI..MATI AJA LU, MALAYDESH 🤣

      Hapus
    2. Liat bual sembang dan prank guys kasihan beruk malon kerasukan.

      Hapus
  30. 43x kasus cerroboh..parahh gak sih.
    Kemana MKM kornet member fpda
    Melempem sama PLA Cino🤣

    BalasHapus
  31. GIMANA NEGARA ATAM SAYUR MAU KUAT...KALO ASET PERTAHANAN TAK DE....

    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔🐔

    WKWKWKWKWKWKKWKWWKWKWKWWKWKKWKWKKWKWK

    BalasHapus
  32. Eehhh gempork tanya kuat apa ❓🤣🤣🤣🔥🔥, kuat segalanya ya guys, tengok ekonomi indonesia yang selalu surplus, tak macam semenanjung ya guys, tiap bulan setiap tahun MINUS, ringgit terus melemah akibat investor asing yang pada kabur, dan tak ada yang mau datang 🤣🤣🔥🔥🔥,

    Indonesia yang ekonominya kuat tentu saja militer kuat ya guys, 😂😂👍

    Ekonomi lemah===>miskin===>militer lemah===>MALON
    Ekonomi kuat===>kaya===>militer kuat===>INDONESIA

    BalasHapus
    Balasan
    1. DM Sebutkan negara mana yg nggak ngutang? Dan sebutin negara mana yg beli alutsista dari negara lain cash sebelum barang datang? "bekas mahal ngga canggih" Hanya karena Mirage ? Matamu buta apa gimana, itu Rafale, FREMM, Merah Putih, Trisula, Khan, Bayraktar dan Anka, GM-400A, Deep Rescue Vessel, C-130J itu apaan ? Soto? Yang aneh itu ente, dan lagi Indonesia. Nyebut negara sendiri aja masih salah kok sok sokan ikutan nyinyir

      Hapus
    2. Ngutang kalo bisa cetak duit sendiri kaya amrik yah gpp ngutang kalo emang mampu pake yah gpp jangan beli ngutang tapi nga bisa pake gara2 spare parts juga ngutang kalo mau jadi Malaysia kedua yah silakan, tapi mau ikut bodohnya Malaysia nah bro that's too much. Rafale udah dateng belon oh gua buta? Nope I don't see no rafale yet. fremm apa udah layar di laut indo belom??? And u call me buta?? Hahahah loe pada tawa berik panas, kayanya yg panas loe pada dech gua mah cuman stating the fucking OBVIOUS sadar dunk gue belom nyidir nih

      Hapus
    3. Hutang mang salahnya apa coba❓,

      Hapus
    4. Jangan sok bijak sok pintar, sangat kelihatan sekali kalau genk indo membuli malon kau ni sangat tidak suka😂😂🔥🔥, kliatan masih ABG 🤣🤣

      Hapus
    5. "Ngutang kalo bisa cetak duit sendiri kaya amrik yah gpp ngutang kalo emang mampu pake yah gpp jangan beli ngutang" Orang Bego dikasih nyawa ya begini, Emang segampang itu ngeprint duit ? Lu mau Inflasi gede gedean kaya Srilanka ? Atau mau Rupiah nggak ada nilainya macam Zimbabwe ? Sebutin dimana ada negara bayar cash alutsista dari negar lain ?
      "Rafale udah dateng belon oh gua buta?" Rafale batch 1 dan 2 udah dibayar bego uangnya. Udah masuk jalur produksi, lu kira simsalabim langsung jadi gitu ? "loe pada tawa berik panas" Ok fiks, Malon ternyata. Pantes pantes.

      Hapus
    6. Loh panas yah duh org nanya napa ngutang barang bekas dan maksa kasian beli AC dunk minum Kool aid tuh. Sono beli AC ngutang juga yah??? Hahahaha

      Did I expect Rafele udah ada? Nope pake common sense dunk UAE baru order 80 sebelom indo dan loe pada udah bangga oh indo udah bayar Masih di pabrik kok post "Matamu buta apa gimana, itu Rafale, FREMM, Merah Putih" nothing is absolute ini bisa gagal ato dicancel sama kaya kapal selam oz yg di cancel so I asked you already have it yet? NOPE sapa sih yg bego di kasi nyawa??? Ngaca dunk hahahaha so very simp no offense yah

      Oh dah bayar Rafale yah again darimana tuh duitnya indo ada extra duit buat Bayar dp napa nga bayar Korea? Karena Korea minta cash? Rafale Bayar dp pake ngutang lagi? Napa nga bayar Boeing pabriknya lagi ngangur tuh oh mesti cari utang dulu yah? Napa negara lain mau beli ngutang no problem? Karena mereka ada cashnya udah siap.

      Hapus
    7. "Loh panas yah duh org nanya napa ngutang barang bekas dan maksa kasian beli AC dunk minum Kool aid tuh" Yang bekas cuma Mirage goblok, trus ente buta sama alutsista baru lainnya ? "Did I expect Rafele udah ada? Nope pake common sense dunk UAE baru order 80 sebelom indo dan loe pada udah bangga oh indo udah bayar Masih di pabrik kok post" Namanya udah kontrak, udah masuk jalur produksi ya sabodo teuing. Daripada ngimpi hibahan Kornet Kuwait. "nothing is absolute ini bisa gagal ato dicancel sama kaya kapal selam oz yg di cancel so I asked you already have it yet? NOPE sapa sih yg bego di kasi nyawa??? Ngaca dunk hahahaha so very simp no offense yah" Goblok, Rafale sama Merah Putih udah kontrak udah masuk produksi tinggal FREMM nunggu efektif, kok bisa dibilang cancel ?. Emangnya situ yang suka last last cancel. "Oh dah bayar Rafale yah again darimana tuh duitnya indo ada extra duit buat Bayar dp napa nga bayar Korea? Karena Korea minta cash? Rafale Bayar dp pake ngutang lagi? Napa nga bayar Boeing pabriknya lagi ngangur tuh oh mesti cari utang dulu yah? Napa negara lain mau beli ngutang no problem? Karena mereka ada cashnya udah siap." Salah siapa yg duluan yg ngelanggar perjanjian? Rafale bayar DP ? Rafale udah lunas batch 1-2 tinggal batch 3. "Napa nga bayar Boeing pabriknya lagi ngangur tuh oh mesti cari utang dulu yah?" Kok situ sibuk sih, AS aja nggak bingung loh sebagai produsen. Kok situ sibuk ? iri ya nggak dikasih deal Kuwait?. "Napa negara lain mau beli ngutang no problem? Karena mereka ada cashnya udah siap." Emang ente tau kita nggak punya cash? dari pernyaatan ente aja negara lain boleh ngutang, kenapa indonesia nggak boleh ? Oh iya ya, situ kan suka cash, sampai 1MDB aja cash korupsinya. Lon, Malon.

      Hapus
    8. Yang bekas cuma Mirage goblok
      Yg goblok itu org yg iya iya aja dan nga nanya napa Indo mesti beli barang bekas? Are you one of them?

      Namanya udah kontrak, udah masuk jalur produksi ya sabodo teuing.
      Oh bodoh yah? Aww I know most ppl are, so how's Fremm udah brp persen selesai? Oh denger2 kena prank ama Indo? Oz aja yg kaya bisa cancel napa fremm ato Rafael nga bisa di cancel?

      Daripada ngimpi hibahan Kornet Kuwait. "
      Kok loe pada masih nanyi lagu lama sih? Mereka sudah move on, loe pada masih stuck di past tawa trus but what come around goes lebih banyak org tawain Indo dan Malaysia ato Indo and I am one of them.

      Indo boleh ngutang kok tapi siap2 aja tambah susah. Loe tauk nga di amerik kalo loe punya credit history jelek loe ngak bisa mgutang vust beli mobil,rumah etc2 napa nego F-15 lama banget? Napa Lockheed Martin kasih alesan F-35 ngak cocok buat Indo? Suruh beli viper aja? Karena LM tauk Indo kuatnya hutang doank kalo ngak kuat maintenance mana mampu pesawat stealth.

      Kalo indo lebih kaya daripada lon lon kok nga kuat ato mampu beli barang mahal?,🤔 Oh lupa yah Indo Korupnya juga kuat 🤣😆😅🤦🏻‍♂️

      Eww again teriak maling ke sesama maling so very Indo. 😂😂😂😂

      Hapus
    9. "Yg goblok itu org yg iya iya aja dan nga nanya napa Indo mesti beli barang bekas? Are you one of them?" Rafale masih produksi, F-16 sama Sukhoi Overhaul. Kalau nggak ngadain Stopgap mau pake apa? Emangnya kita situ, yang armada sukhoinya tinggal 4 biji, Hornet kena Isolasi, Mig-29 grounded total tapi nggak dikasih cepet penggantinya ? "Oz aja yg kaya bisa cancel napa fremm ato Rafael nga bisa di cancel?" Rafale udah masuk produksi, uang pembayaran udah masuk. Kalau batal berarti pelanggaran kontrak. Ente goblok kalau nggak ngerti pengadaan barang ngapain bacot ? Kok loe pada masih nanyi lagu lama sih? "Mereka sudah move on, loe pada masih stuck di past tawa trus but what come around goes lebih banyak org tawain Indo dan Malaysia ato Indo and I am one of them." Mana ada Malon move on ? https://www.malaymail.com/news/malaysia/2023/03/08/no-decision-yet-on-procurement-of-fa-18cd-fighter-jets-from-kuwait-says-mindef/58631 Itu Mindefmu ngajuin lagi 2023 loh ? "Loe tauk nga di amerik kalo loe punya credit history jelek loe ngak bisa mgutang vust beli mobil,rumah etc2 napa nego F-15 lama banget?" Lu kira pengadaan G to G sama kaya pinjaman bank ? Defisit neraca perdagangan US ke Indonesia lebih besar daripada Indonesia ke US, jadi kalau US nggak ngasih tuh barang US sendiri yg rugi goblok. "Kalo indo lebih kaya daripada lon lon kok nga kuat ato mampu beli barang mahal?" Rafale itu lu anggep kacang goreng? FREMM, Merah Putih itu apaan, gado-gado? Udah deh, kalau negara ente masih mampunya pengadaan LCA nggak usah koar-koar. Ntar kalau udah bisa datengin MRCA baru ngomong. Walaupun itu ntah kapan. "Eww again teriak maling ke sesama maling so very Indo." Takde cermin ke pakcik, di South East Asia itu udah terkenal siapa malingnya, kalau nggak, nggak mungkin negaramu dipanggil Malengsia. Udah gitu sok-sokan lagi promonya "Truly Asia", Matamu truly Asia 😂😂😂😂

      Hapus
    10. Stop gap? Nga nonton tuh YouTube yg palu ganda post? Sigh guess loe ini org yg ignorant https://youtu.be/0OFh16PI8-U
      Org gila mana mau serang Indo? Papua? Timor?maybe oz? F-16 lursng? Sukoi indo russk? Ngak kok cuman nga semuanya serviceable. Jangan mau dibegoin dunk widih kasian amet kalo ada otak pake dunk jangan pake can untuk ngehina org lain

      Rafale udah di buat? Jad lewatin pembeli lain? Fremm juga masih di tunggu tuh ama. Italy mereka aja ragu2 dari beeita yg belom lama ini https://thediplomat.com/2021/06/indonesia-clinches-deal-for-8-italian-made-frigates/
      "Whether this eventuates remains to be seen, given the controversy that the plan evoked in the midst of the COVID-19 pandemic"
      Sono hina si malon for me both dua2nya look silly sama2 korup sama miskin masih pokir berota malon lucu padahal.berita indo lebih kocak merasa kaya tapi korup banget https://www.thejakartapost.com/opinion/2023/02/20/analysis-indonesia-today-more-corrupt-then-when-jokowi-took-charge.html
      So cynical was the public that a joke making the rounds at the time asked how much money Indonesia paid Transparency International to get it off the top rank.
      kuat hutang dan merasa lebih hebat so disgusting now I know why banyak org kaya loe tuh makanya nga pernah maju walau org pinter banyak sumber daya banyak tapi yg bego suaranya lebih terdengar.

      Hapus
    11. "Stop gap? Nga nonton tuh YouTube yg palu ganda post?" Miris, SDM Malengsia ternyata udah jeblok sejebloknya 😂😂😂😂. Masak iya psotingan Youtube jadi Referensi ? Udah gitu yg diambil bukan yg emang ahli Militer, tapi yg katanya katanya (alias Oponi). "Org gila mana mau serang Indo? Papua? Timor?maybe oz? F-16 lursng? Sukoi indo russk? Ngak kok cuman nga semuanya serviceable. Jangan mau dibegoin dunk widih kasian amet kalo ada otak pake dunk jangan pake can untuk ngehina org lain" Lu pikir kita selama ini adem ayem nggak ada konflik ? PRC udah di LCS (oh ya ente kan nggak tau, Coast Guard mereka di Beting Petinggi Ali aja berbulan bulan nggak diusir) Apa lu pikir Overhaul nunggu rusak dulu ? Ente nggak tau servicable Fighter pesawat itu berapa jam sebelum dilakuakn perawatan berat ? OOO, makanya Mig-29 jadi grounded semua, wong Overhaul nunggu rusak dulu 😂😂😂😂. Ente yg dibegoin Najib Magrib, Korupsi segitu besarnya aja masih banyak fansnya. "Rafale udah di buat? Jad lewatin pembeli lain? Fremm juga masih di tunggu tuh ama. Italy mereka aja ragu2 dari beeita yg belom lama ini https://thediplomat.com/2021/06/indonesia-clinches-deal-for-8-italian-made-frigates/
      "Whether this eventuates remains to be seen, given the controversy that the plan evoked in the midst of the COVID-19 pandemic" "Bisa bedain "Udah" dibuat sama masuk Line Produksi nggak sih ? Belajarnya di Tadika Mesra mulu, makanya nggak pinter pinter 😂😂😂😂. "midst of the COVID-19 pandemic" oke dengan ini aja bisa dimaklumi, negara mana emangnya yg nggak acak adut gegara Covid ? "https://www.thejakartapost.com/opinion/2023/02/20/analysis-indonesia-today-more-corrupt-then-when-jokowi-took-charge.html" Ente beneran ngambil sumber dari Jakarta Pos?😂😂😂😂 Dan bandingin korupsi era Jokowi vs Jendral Jagal ? https://www.asiasentinel.com/p/suharto-clan-still-business-stumbling-politics bahkan dinastinya Jagal Jendral masih eksis, bahkan jauh setelah kematiannya. "So cynical was the public that a joke making the rounds at the time asked how much money Indonesia paid Transparency International to get it off the top rank." Ini kalau nggak ada bukti dan referensinya ente bisa masuk lokaploh, karena ente udah bawa bawa Instusi Internasional. "kuat hutang dan merasa lebih hebat so disgusting now I know why banyak org kaya loe tuh makanya nga pernah maju walau org pinter banyak sumber daya banyak tapi yg bego suaranya lebih terdengar." Sekali lagi, negara mana yg nggak hutang ? Dan rasio hutang Indonesia hanya 40% dari PDB sedangkan Malengsia udah nembus 60,4 %, masih bacot lagi ? Dan hutang indonesia sebesar 88,97% adalah hutang dalam negeri dalam bentuk SBN. Jadi aman banget daripada Hutang Maengsia. Yg ngerasa pongah kan ente. Makan tuh hasilnya, See, berani nggak masuk Ambalat lagi ? Kenapa ? Takut tenggelem ? Yg bego ente nyalahin orang lain, dasar penyembah Najib 😂😂😂😂

      Hapus
    12. Oh so I see you are one of those who only see news from one source makanya nama nya berandal doank 😂😂😂😂😂😂 coba tuh check apa artinya bias. Uneducated ppl cuman terima news apa adanya dan terima aja nga mau mikir. Oh you will be surprised news di YouTube itu biasanya nga di control ato sensor ama MSM Google tuh apa artinya MSM, yg bicara di YouTube opini dari org2 bangkotan yah??? okay yg di interview sapa sih? Tukang ojek? Supir angkot? Petani? Buruh? Kalo mereka punya opini yah kita semua bisa cuekin. Tapi kalo dari org yg punya 1000 hours piloting pesawat kok loe nga mau dengerin?? Napa? Loe ada pegalaman pilot pesawat? Kalo loe mau sukses dalem segala bidang loe mesti dengerin mereka yg di front line. They faced the real problem tiap hari, kalo mereka Salah dikit aja ilang kesempatan mereka untuk pulang ke kelurga ato pertahankan negara.

      Nih simple deh buat org simp kaya loe, kalo loe racing F1 loe dengerin siapa untuk menang ? Penonton? Ato drivernya yg tau kenapa mobil nya Masih kurang kenceng? Doooh

      Loe masih nga terima napa indo masih korup? 🤦🏻‍♂️🤦🏻‍♂️🤦🏻‍♂️🤦🏻‍♂️🤦🏻‍♂️🤦🏻‍♂️ loe ini bodoh? telmi? tolol ato??? brain dead??? Oke dech balik ke sejarah napa bule2 mau jajah Indo? Selesai sekolah ngak sih loe? Negara eropa itu makanan nya bland banget!!! Kurang rasa sebelom mereka jajah banyak negara di seluruh dunia. Indo itu kaya banget dulu spices sekarang fossil fuel dan rare raw minerals. Kalo dari dulu di manage bener, Singapore Australia kalah jauh, lokasi strategic, manpower ada, masalahmua dari jaman dulu gampang di adu domba dibodohin yg pinter dikit malah take advantage and corrupt. Nga perlu org genius until tahu masalah Indo.

      Screw Malaysia napa pusingin org lain??? Kalo loe pada stop wasting your brain cells, time and energy on Malaysian Indo itu bisa jadi negara jauh lebih maju.

      Hapus
  33. 10...9...8..7..6...5..4..3..2..1 DAN MISSIL KHAN PUN MELUNCUR MENGARAH MENARA KEMBAR PETRONAS ..DUAAAAAAAAARRR!!! MENARA KEMBAR PETRONAS YANG TADINYA 2 JADI KEMBAR 10...HANCUR DI HANTAM MISSIL KHAN...



    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔🐔

    WKWKWKWKWKWKKWKWWKWKWKWWKWKKWKWKKWKWK

    BalasHapus
  34. Malon cakap sewa di bayar 🤣🤣🤣🔥🔥🔥

    Sewa cuma 4 itu uangnya berapa guys 😂😂🔥🔥, MISKIN GUYS

    BalasHapus
  35. MASA MILTER SEWA...MEMALUKAN


    🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾🇲🇾 🐔🐔🐔🐔🐔

    WKWKWKWKWKWKKWKWWKWKWKWWKWKKWKWKKWKWK

    BalasHapus
  36. Media sudah keterlaluan, udah tau gak ada F-16 bekas yang halal dan ready. Udah bagus Prabowo masih incer yang halal kayak Mirage, masih aja digoreng mulu. Paling bener tu beli F-16 ex Israel lakuin kayak operasi Alfa tahun 1980. biar gak ada demo berjilid-jilid.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaman sekarang pembaca harus lebih cerdas dari media bro, kalo ditelan mentah2 ya salah sendiri ndak cerdas..😁😂

      Gak semudah itu ambil Falcon dari pihak ke-2 tanpa aproval US.
      Kalo toh dikasih ijin paling dah diprotolin jadi standar/basic.
      Btw, barang isroil kilometernya dah jauuuh bro, bekas digeber mulu..😂

      Hapus
    2. aproval US => jelas jadi ndak rahasia lagi 😁😜

      Hapus
    3. Maksute yg "Ndak rahasia lagi" tuh nota nya toh.......🏃💨💨💨

      Hapus
    4. @fairly sword

      Soal gag ada f-16 yg ready dan halal itu hanya soal momentum doang .....dan gimana caranya kita menghindar dari momentum

      Coba ingat diawal menjabat.....bukannya memproses pengajuan pespur dari user malah bilang sama locheed martin :"Sorry kita gag minat sama f-16 VIPER, kita minatnya sama f-35!!!", sembari asyik berburu tipun sekenan.

      Itu kejadian tahun 2019 bro .....dan perang Ukraine pecah 2022, jadi ini semata soal momentum dan gimana berkelit dari momentum ☝️

      Hapus
    5. Don't forget sekalian ngejar Typhon bekas.😋 Padahal waktu itu kalau beli Typhoon baru, langsung green light sama Spanyol dan sekarang sebagian sudah datang.

      Hapus
    6. Ada pepatah lama.: "barang sekenan itu gag ada standar harganya"....itu maka kenapa ada yg ngebet barang sekenan apalagi pake makelar juga

      Hapus
  37. Masalahnya Harganya gak ngotak bro...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana ada penjual yang jual murah kalo tau dagangannya diharap banget..😁😂

      Hapus
    2. Ane kontra Mirage ini, tapi nikmatin aja secara jaman bocil baca Tanguy & Laverdure 😂😂

      cuk!

      Hapus
    3. Gimana gag mahal bro, alutsista buatan Perancis tuh ibarat anggur borderaux.....makin lama disimpan, makin mahal 🤣🤣🤣

      Hapus
    4. Ibarat orang-orang kapok makan di restoran yg mahal....lhaaaaah kita malah penasaran pengen nyobain 😂😂😂

      Hapus
  38. Negara KORUP dan LAWAK... HAHAHAHA....

    1. BELI ASET PERTAHANAN TAK KUAT NGUTANG LAGI, LAST2 SEWA, WANG NEGARA DI ROGOL EKS PM 🤣🤣🤣

    2. IKUT PROGRAM NGEMIS FA18 HORNET, 3 X NGEMIS...DI TOLAK !

    3. SEWA TANAH LALAI DIBAYAR HINGGA DIDENDA RATUSAN JUTA Dollar DAN DI SITA ASET OLEH "SULU" !

    4. BUAT PROYEK LCS 13 TAHUN GAGAL, DISUNTIK, GAGAL LAGI..MATI AJA LU, MALAYDESH 🤣

    BalasHapus
  39. Jom TAMIL rusli malon 😅😅😅😅😀😀😀

    BalasHapus
  40. Tidak ada bom nuklir di dunia ini yg ada pembangkit listrik tenaga nuklir atau nuklir sbg sumber energi tapi jepang kena bom atom...?, itu bukan bom atom tapi bom napalm yg dijatuhkan dlm jlh yg sangat bnyak, bom atom/ nuklir adalah karangan fiksi ilmiah hg.wells dalam proyek manhattan, digunakan utk menakut nakuti lawan

    BalasHapus
  41. Israel Sebut Boeing Setujui Skema Pembayaran Indonesia untuk Beli F-15 Eagle II
    Beryl Santoso
    Kamis, 29 Juni 2023 |Pembelian F-15 Eagle II Indonesia disorot oleh Israel
    Pembelian F-15 Eagle II Indonesia disorot oleh Israel
    ZONAJAKARTA.com - Indonesia berencana membeli F-15 Eagle II.

    F-15 Eagle II akan menjadi jet tempur utama Indonesia bersama Rafale.

    Tak pelak rencana Indonesia membeli F-15 Eagle II jadi sorotan.

    Baca Juga: Nikmati Sensasi Baru dengan WAKA: Kenyamanan di Setiap Hela Nafas[AD]
    Dana yang hendak dikeluarkan Indonesia untuk mengakuisisi 36 unit F-15 Eagle II amat banyak.

    Baca Juga: F-15 Eagle II Indonesia Jet Tempur Ketinggalan Zaman yang Harus Segera Dihentikan Operasionalnya

    Rp 208 triliun lebih harus dikeluarkan Indonesia untuk membeli F-15 Eagle II paket komplit.

    Pemerintah AS tak menghalangi Indonesia untuk memiliki F-15 Eagle II.

    "Departemen Luar Negeri AS telah membebaskan Indonesia untuk membeli hingga 36 pesawat Boeing F-15EX sebagai bagian dari kesepakatan senilai $13,9 miliar, hanya beberapa jam setelah Indonesia mengumumkan investasi besar lainnya di Dassault Rafale buatan Prancis," jelas Breaking Defense pada 10 Februari 2022.

    Menurut Breaking Defense, Menhan Indonesia Prabowo Subianto ingin memproyeksikan Rafale dan F-15 Eagle II sebagai jet tempur utama masa depan.

    "Departemen Luar Negeri AS telah membebaskan Indonesia untuk membeli hingga 36 pesawat Boeing F-15EX sebagai bagian dari kesepakatan senilai $13,9 miliar, hanya beberapa jam setelah Indonesia mengumumkan investasi besar lainnya di Dassault Rafale buatan Prancis.


    YUHUUUUUUUUU...MALON KALAH LAGI😜🤣🤣🤣

    BalasHapus
  42. Laah...infonya malah di umbar

    BalasHapus
  43. Yah....malingchia semakin ketinggalan lagi dari TNI....malon LEMAH..wkwkwkwk

    BalasHapus
  44. weleehh gempa td..aman smua khan gaesz haha!🤘🤘🤘
    guwe cek maren di pantai baron uda ada jalur evakuasi tsunami👍

    selain alutsista kita perlu jgk ketahanan model gini lebih banyak, sepanjang garis pantai kepulauan RI
    ada lanud cabang adi sucipto, ini mo di pindah diluar DIY yaa...ngadep ujung selatan, mayan buat pespur inseptor haha!🧐🧐🧐

    konsep mirip lanud suwondo medan yg pindah ntar lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Genteng rumah rontok 3 bro......golek, gempanya kenceng banget, bunyinya berderak, brasa ada kendaraan berat melintas

      Hapus
    2. Lha pusat gempanya di selatan bandara baru DIY je.....yg nginep hotel sekitar bandara pastinya pada keder

      Hapus
    3. waduww turut prihatin om smilikity koleksi jendesnya aman kan?
      klo ferlue di evak...guwe bs mnuju tkp...free ongkir haha!🤫🤫🤫🤫

      ogut lg parkir di hotel tepat didepan bandara as haha!🤗🤗🤗

      Hapus
    4. Sementara ini aman bro, pastinya genteng-genteng pada melorot dari posisinya.....tapi gapapa deh ketimbang dasternya para jendes yg mlorot 😋😋😋

      Hapus
    5. gaswat sensor⛔️ haha!🤫🤫🤫

      Hapus
  45. uda guwe tulis marenan f-16 stok plng banyak...
    dr timur tengah ada isroil n yordania
    dr asia timur tinggal pilih stok jepun n k-pop...rame..
    macacih malah yg laen?
    klo menhan ga sanggup yah permintaaaln ceo-ri masa ditolak
    bisa G2G haha!😬😬😬

    lagian apa dolo urgensinya ambil jenis baruw yak?

    makanya jgn apgred barengan, tunggu shopping pasti cem rafale bahkan borameb datang dolo ntar 2030 ap

    toh f-16 gurun kita barusan apgred begitu diakusisi dr 2012-2018

    & f-16 ori lagi apgred 2017 slesai 2024
    lha ngapain ke viper, kalo ituw radar n avionik barusan beli haha!🤫🤫🤫

    klo pengen viper yaa beli viper...gausa lain” haha!🤭🤭🤭

    esyu 27/30 uda 8 retrofit & LE,
    tinggal 8 lagi beresss yg terbaruw baruw 10 taon haha!😊😊😊

    dulu wkt mo beli blok 52 6 bijik alesannya tambah kekuatan persiapan ganti tiger
    ditawarin 24 blok 25 seken...2 ska
    1 ganti 2 harusnya cukup yak😳
    makanya tiger 2016 🔚
    eh buka po lagi buat ganti tiger..
    trus diberi rafale 42 bijik.. ini 2 ska gendud lagi... harusnya uda setop eh nambah lagi, katanya buat tiger lagi

    guwe itung” 3x dijadiin bahan shopping tuw tiger haha!🐯🐯🐯

    PS: bedakan antara retrofit & refit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mirage bukannya buat ganti Hawk di Skadron 1? Seharusnya tidak berurusan dengan F-5.

      Selain itu, kalau lihat jumlah Rafale kursi ganda, kita beli buat 3 skadron. Kira2 tiap skadron jumlahnya sama dengan F-5 di skadron 14.

      Mumpung MEF rencananya 11 skadron tempur, harusnya jadi:
      1 Skadron Mirage (gantiin 1 skadron Hawk)
      3 Skadron F-16
      1 Skadron Flanker
      1 Skadron Hawk
      1 Skadron T-50
      3 Skadron Rafale
      1 Skadron Super Tucano

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. klo 12 dpt 3+ ska, 16 dpt 2 ska ndud...td guwe pake pakem yg buntut om irs haha!🤭🤭🤭
      mef target 11 ska,
      buat ganti hawk, dl setau guwe blom ada keputusan tender
      dl guwe pikir salah satunya pilihannya yaa borame
      berhubung pengadaan dikita slaluw bersifat dinamis, tergantung ekonomi ama selera pucuk pimpinan haha!😋😋😋
      skr masyuk mirage 2000-5, katanya buat stop gep, interim, familirisasi rafale, ini hrsnya gak masyuk itungan donk om irs,
      klo mef, maunya yaa baruw setingkat lebih baik dr yg dimiki seblomnya,
      ya silakan nonton ini haha!🤭🤭🤭
      https://youtube.com/watch?v=0OFh16PI8-U

      jika yg punyak proyek sebut mirage ituw interim pengertian lainnya yaa sementara seblom aselinya(rafale) datang, yg guwe mengerti sekali pake buang haha!🥴🥴🥴

      Hapus
    5. F16- 33 = 2 ska +
      Esyu 16 = 1 ska
      TA-50 19 = 1 ska+
      Rafale 42= 2 ska +
      F-15 36 = 2 ska+
      Borame 48= 3 ska

      total 11 ska,
      format masa depan utk 2 dekade kedepan mnurut kamus cucologi haha haha!👏👏👏

      Hapus
    6. dengan catetan smua pengadaan yg skrg direncanakan berjalan mulus,
      klo smua pucuknya ganti, alamat beda lagi ntar tergantung sikon di masa depan haha!😋😋😋
      ingat ganti pucuk = ganti selera, bisa aja bubar tuch format & angka” diatas, kcuali yg uda masyuk inventory saat ini haha!🤭🤭🤭
      apalagi klo ada pespur baruw gen 5 bahkan 6?yuukk Shopping Lagi...yg rongsok dibawah jaman milenial masyuk kotak ajah gaesz haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    7. Tucano jangan dihilangkan dong.😅 Gimanapun juga kodenya TT alias Tempur Taktis.

      Rafale kita beli 12 versi kursi ganda, jadi nyaris pasti 3 skadron. Kalau tambah Mirage, F-16 bisa dihapus semua.

      Hapus
    8. Oiyakkk tukino jelas andelan tt bareng dron keknya yak dimasa depan...lama” skadron kita makin gemuk 11 ituw mef stelah ituw ef bisa jadi dobel 24 ska haha!✊✊✊

      Hapus
  46. Tanah Negara je SEWA ke SULU, Proton Diambil CINA, Petronas DiJUAL... Hahahaha Fix Bakal jadi negara Miskin. Tanda tanda keruntuhan bangsa Malingsial.. Tinggal tunggu waktu

    BalasHapus
  47. Lol great statemanship there, truly genius!

    BalasHapus