23 Juni 2023

TNI AL Bakal Punya Tambahan Satu Kapal Survei

22 Juni 2023

Kapal survei yang akan dibeli bertipe Kapal Survei Samudera sehingga akan lebih besar dari KRI Rigel dan KRI Spica (photo : Ocea)

JAKARTA, KOMPAS.com - TNI Angkatan Laut (AL) bakal memiliki tambahan satu kapal survei. 

Komandan Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Danpushidrosal) Laksamana Madya Nurhidayat mengatakan, kapal itu buatan Jerman. 

“Itu buatan dari Jerman, sehingga itu dibuat di sana, kemudian dipasang peralatan, komputernya, sehingga nanti dibawa ke Indonesia dalam keadaan siap,” kata Nurhidayat usai acara penyematan brevet hidro-oseanografi di Balai Samudra, Jakarta Utara, Rabu (21/6/2023). 

Nurhidayat berharap, kapal survei itu bisa jadi sebelum 2025 dan bisa digunakan untuk memetakan laut Indonesia. 

“Saya sih berharapnya sebelum 2025 sudah selesai sehingga bisa memperkuat alutsista kita, untuk bisa bagaimana 6 juta 400 kilometer persegi bisa dipetakan dengan baik,” ucap Nurhidayat. 

TNI AL juga sedang membangun kapal yang bisa mendeteksi kedalaman laut lebih dari 6.000 meter. 

Sebab, sejauh ini, TNI AL belum memiliki kapal dengan kemampuan hingga ke sana. 

“Insya Allah nanti 2025 kita punya kapal yang lebih canggih lagi untuk (mendeteksi) kedalaman 10.000 (meter),” ujar Danpushidrosal Nurhidayat di Markas Kolinlamil, Jakarta Utara, 29 Maret 2023. 

Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) dan TNI AL bekerja sama dengan industri Amerika Serikat, OceanX agar bisa membangun kapal yang mampu mendeteksi kedalaman laut lebih dari 6.000 meter. 

Sejauh ini, TNI AL baru memiliki dua kapal survei, salah satu di antaranya KRI Spica-934 yang bisa mendeteksi kedalaman laut hingga 6.000 meter. 

Terbaru, KRI Spica-934 digunakan TNI AL dan puluhan ilmuwan dari berbagai universitas untuk meneliti gunung berapi di bawah Laut Flores. Penelitian itu dilaksanakan melalui Ekspedisi Jala Citra 2023. (Kompas)

Kapal akan dibuat di galangan Palindo Marine Shipyard kemudian dipasang semua peralatan surveinya dari Jerman (photo : Ocea)

Laksdya Nurhidayat: Kapal baru Pushidrosal dilengkapi teknologi Jerman

Jakarta (ANTARA) - Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat menyampaikan kapal survei terbaru yang akan memperkuat Pushidrosal menggunakan teknologi mutakhir buatan Jerman.

Dalam sesi jumpa pers pada peringatan Hari Hidrografi Dunia Ke-102 di Jakarta, Rabu, Danpushidrosal menyampaikan kapal buatan PT Palindo Marine Shipyard, Batam, itu dilengkapi dengan seperangkat teknologi buatan Jerman agar menjadi lebih modern.

“Ke depan pada 2025, mudah-mudahan sebelum itu sudah jadi. Kapal itu dibuat Palindo Batam, kemudian supaya lebih modern, karena ada peralatan-peralatan yang harus dipasang, dan itu buatan dari Jerman sehingga dibuat di sana kemudian dipasang peralatan itu termasuk komputernya sehingga nanti dibawa ke Indonesia dalam keadaan siap,” kata Danpushidrosal Laksdya TNI Nurhidayat.

Dia menyampaikan kapal-kapal survei berteknologi mutakhir dibutuhkan oleh Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL demi menunjang tugas mereka, yaitu membuat peta bawah laut Indonesia yang luasnya mencapai 6,4 juta kilometer persegi.

“Saya berharapnya sebelum 2025 sudah selesai sehingga bisa memperkuat alutsista kita untuk bagaimana 6,4 juta kilometer persegi bisa dipetakan dengan baik bukan hanya semuanya selesai, tetapi harus berkali-kali karena ada obstacle (kesulitan) yang berubah-ubah terutama di laut,” kata Nurhidayat.

Dalam kesempatan yang sama, dia menyampaikan Pushidrosal juga dapat berkolaborasi dengan lembaga lain seperti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang juga mempunyai kapal-kapal survei bawah laut.

“Kebetulan ada rekan-rekan dari BRIN bisa beli (kapal) kami welcome, nanti kita bisa operasi bersama. Data yang mereka dapatkan bisa kami nilai dulu lalu kemudian jadilah itu peta (bawah laut),” kata Danpushidrosal.

Setidaknya saat ini ada lima kapal riset yang bernaung di bawah BRIN, yaitu Kapal Riset (KR) Baruna Jaya I, KR Baruna Jaya II, KR Baruna Jaya III, KR Baruna Jaya IV, dan KR Baruna Jaya VIII. KR Baruna Jaya I buatan galangan kapal CMN Prancis menjadi yang tertua mengingat usianya telah lebih dari 30 tahun, sementara yang termuda KR Baruna Jaya VIII dibuat di galangan kapal Mjellem & Karlsen di Norwegia pada 1998.

Sementara itu, Pushidrosal saat ini diperkuat dua kapal survei, yaitu Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Rigel-933 dan KRI Spica-934. Keduanya dibuat di galangan kapal OCEA Dossier di Les Sables d’Olonne, Prancis, pada 2015.

“Kami berusaha untuk melaksanakan ini dengan baik. Ada dua kapal kami yang baru (KRI Rigel dan KRI Spica), dua-duanya berangkat. Mereka istirahat cuma 1 bulan di darat, di Jakarta, kemudian berangkat 2 bulan lagi, nanti istirahat lagi. Demikian, karena kapal kami terbatas,” kata Laksdya Nurhidayat.

(Antara)

139 komentar:

  1. Beruk pasti iri dan guling2an...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti nanti ada yg bilang meriam nya kecil.... wkkkkwkk

      Hapus
  2. LCS Mangkrak dan OPV Miring made in Beruk Longor

    BalasHapus
  3. Kapal hidro yg bakal dipesan ukuran nya lebih besar dri Kri Rigel,mungkin 90M-120M kah

    BalasHapus
  4. OTAK DIMANA ? OTAK DIMANA ?

    COST FLIGHT PER JAM
    MIRAGE (TAIWAN) $ 24000 LEBIH
    RAFALE $ 21000 LEBIH
    JUGA PLUS PERAWATAN DILUAR NEGERI KOMPLIT
    F 16 $ 4000 /FLIGHT HOUR LEBIH SEDIKIT
    IF 21 🇮🇩 RASIONALAH TIDAK BOROS² UNTUK APBN RI
    TECHNOLOGY PUNYA SENDIRI , MUTAKHIR MODERN JUGA PESAWAT MASA DEPAN MASUK 5 BESAR TERBAIK SAAT INI & BUKTI TECHNOCRATE RI MAMPU ,SEPERTI JUGA MEMBUKTIKAN MAMPU BUAT DRONE ELANG HITAM DSB YANG NEGARA TERJEMUKAPUN MAU PUNYA TECHNOLOGYNYA & BARU MENYUSUL ADA & INGIN LAKU JUGA KE ORANG INDONESIA PASTINYA TERLEBIH SETELAH BISA DRIVE OTAK BLEE , GAYA²AN KELUARKAN DUIT SAMBIL TIPU² GAYA ORBA DI PROJRCT² .
    ATAU SEPERTI DI AW 101 BARANG BEKAS DIUNGUL²KAN SEOLAH BARU & DIBELI HARGA BARU JUGA DI MARK UP PULA , UNTUK DAPAT BAGI² PROFIT HASIL MANIPULASI APBN KE REKAN SEJAWAT SEANGKATAN DALAM RAMPOK NEGARA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapasitas senjata tidak selalu berbanding lurus dengan ongkos perawatan. Cara perhitungan CPH juga berbeda2. Sesuatu yg lebih murah di satu tempat, belum tentu lebih murah di tempat lain.

      Hapus
    2. Ketika data perbandingan di campur adukkan
      Mirage 2000+ Rafale pakai flying hours cost
      F 16 pakai Operation cost

      Maka ya hasilnya akan terlihat jauh beda... wkkkkwkk.

      Hapus
    3. umr-nya 2023 jgn lupa om tsotau haha!🤣🤣🤣

      Hapus
    4. ACNOLOGIA (pemancung KEPALA & pemusnahan gemPORKgila n GENGS)23 Juni 2023 pukul 08.54
      OTAK KAU YANG DI MANA ANJENG

      http://www.mirage-jet.com/AIRFRAME/MAINTE_1/mainte_1.htm

      Numpang nanya ini nomernya waktu pabrik udah tutup linenya ato sebelom? Kalo mendadak perlu parts yg udah nga dibuat lagi mau dapet dari mana? Buat sendiri pake 3D printer? Emang labor cost untuk maintain ama operate bisa di predict tapi gimana bisa di maintain kalo nga ada parts? Beli dari black market? Ato dari India ato Taiwan? Kanibal dari pesawat yg juga kurang parts? In short akhirnya dari 12 cuman 6 yg bisa terbang.

      Dia masih ada otak mikir JAUH nga kaya yg lain cuman mikirin Malaysia melulu kaya nga ada hal lain yg bisa didiskusi.

      Logika udah out of the window disini, barang tua apa aja yah udah pasti lebih banyak kemungkinan rusak mobil bekas aja perlu ganti parts walau jarang dipake.

      So who is da freaking doggo here? Face it! It's you bruh.

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Kita pakai INFO PEMBANDING ya Bro.......COST PER FLYING HOUR / CPFH Mirage 2000-5

    Maintenance
    Dassault is always keen to emphasize the longevity of the Mirage 2000. The airframe life has been increased to 7,500 hours and is guaranteed to 5,000 hours. It is often said that the Mirage 2000 is a completely new aircraft under the skin and bears only a superficial resemblance to the Mirage III E and 5. While this is largely true there can be no doubt that Dassault carefully analyzed the strengths and weaknesses of the older airframe and that the lessons learned were applied to the airframe of the Mirage 2000.

    Reliability is another characteristic that Dassault is keen to emphasize. When the Italian Airforce issued a request for 24 combat ready fighters, Dassault responded with an offer of 28 Mirage 2000-5 planes, consisting of 22 single seaters and six two seaters. This is a good indication of the great confidence that Dassault has in the Dash-5. Indeed, Dassault emphasize that a high availability is crucial to airforces with only small fleets. As it was, Italy selected the F16 A. The Lockheed Martin offer consisted of 30 F16 A´s and an additional four airframes for spares. The Italian Request for Proposal (RfP) is an interesting departure from past procurement practices. Usually, airforces issue a RfP based on a nominal number of planes, and then pray that whatever is procured is also available on the flightline every morning (never the case).
    The Mirage 2000 deep maintenance interval is 900 flight hours or three years. Dassault quote a Mean Time Between Failure (MTBF) of 6.8 hours, which is extremely good. The direct operating costs average approximately US$ 2,700 per hour (compared with US$ 3600 for the F 16C Blk50). The Dash 5 requires 10 Maintenance Man Hours/ Per Flight Hour (MMH/FH). Only the Gripen does better, with SAAB quoting 7.6 hours MTBF. The Gripen requires 12 MMH/FH although this is set to come down to 10 hours. The Gripen direct operating costs average about US$ 2,000. It must be borne in mind that the Gripen is a smaller aircraft and as such doesn´t have the load capacit

    Source:
    http://www.mirage-jet.com/AIRFRAME/MAINTE_1/mainte_1.htm

    BalasHapus
  7. Mau BACA ARTIKEL KOMPARASI COST PER FLYING HOUR (CPFH) ANTARA :
    Rafale vs. F35A

    Ingat ada 6 FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CPFH. DAN TIAP NEGARA PUNYA CPFH YANG BERBEDA BEDA DENGAN JENIS JET FIGHTER SAMA MESKI BEDA VARIAN.

    Baca nich Bro....LEBIH OBYEKTIF LUGAS APA ADANYA ....

    SOURCE:

    https://idrw.org/rafale-vs-f-35-its-important-to-move-from-unit-cost-and-focus-on-operating-costs/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau baca artikelnya, alasan F-35 dapat CPFH tinggi lebih karena software Lockheed sampah.🤣

      Kalau masalah software, Dassault pasti unggul. Mahasiswa sini harusnya sudah banyak yg pernah pakai.😁

      Hapus
    2. Biaya ops bukan segala-galanya ketika membandingkan Mirage 2000-5 vs F-16 (blok berapa nich?)

      Cost tentunya akan dibandingkan dg value yg diterima user-nya.....boleh saja cpfh Mirage-2000 lebih rendah dari F-16, tapi jangan lupa value yg ditawarkan f-16 (blok manapun) pasti lebih tinggi.

      Aspek yg diminati dari pesawat tempur selain kelincahan dan sifat multi role nya adalah : mission computer, radar, avionik.....dan jangan lupa hmcs memberi "Taji"

      Disisi ini Mirage jelas "ampun-ampunan" lawan keluarga besar F-16.

      Dan jangan lupa, tahun 2009 pak Juwono (menhan) pernah menolak hibah Mirage 2000 dari Qatar dg alasan biaya perawatan yg mahal....padahal disaat yg sama AURI mengoperasikan f-16

      Hapus
    3. Jadi kalo mengunggulan Mirage 2000 dg cpfh nya yg lebih rendah dibanding f-16 ga relevan karena AURI tidak mengalami kesulitan mengoperasikan f-16....bahkan dia bisa diremajakan pada teknologi komputer, radar dan avioniknya....sesuatu hal yg sulit diperoleh dari Mirage 2000 yg pabriknya sudah diskontinyu memproduksi pesawat jenis ini.

      Hapus
    4. Yang bikin "ngilu", diujung jabatan KASAU Yuyu sudah optimis memperoleh 2 skuadron f-16 blok 70/72 (dg opsi hibah f-16 gurun) tapi begitu ganti menteri malah khusyuk berburu segala yg berbau secodhand, mulai dari pesawat tempur, fregat hingga kapal selam....sampai pecah perang Ukraine shg punya alibi kenapa tidak beli f-16.

      Dan akhirnya yg didapat hanyalah Mirage seken yg jeroannya sudah kadaluarsa

      Lantas gimana dg rudal dan bom bawaannya.....umur rudal sekitar 10-15 tahun karena seeker, telemetri dan warhead ada kadaluarsa nya, sementara rudal-rudal bawaan mirage seumur dg pesawat nya

      Hapus
    5. Yang dulu ditawarin Mirage apa saja? Saya hanya ingat pernah ada tawaran Mirage, tapi kurang ingat versinya apa saja.

      Mission computer Mirage 2000-9 kalau tidak salah sama dengan yg di Rafale. Kalau lihat subkomponen yg kecil2, bisa2 memiliki commonality yg tinggi dengan Rafale.

      Hapus
    6. Pastinya Mirage 2000-5.....Mirage lawasnya sudah terjual ke Spanyol

      Kalo Mirage 2000-5 teknologi radarnya seumuran APG-68 V3, sementara Mirage 2000 V9 mungkin sedikit diatas kemampuan APG-68 V9

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    8. Mirage f-1 sudah dijual ke Spanyol jauh-jauh hari sebelum 2009.....@isra

      Hapus
    9. nach link jpnn ituw aneh, mirage F1 qatar uda dijual dr taon 90-an spanyol, uda guwe tulis dari taon 1 disini, maren itu inpoin ulang lagi..di luaran banyak linknya kuo haha!🤣🤣🤣
      tp dipake terus ama anak” sini ntahlah buat troll ke warganyet ato emg gak tau jgk om smilikity haha!😆😆😆

      Hapus
    10. Satu hal ttg Mirage 2000-9 UAE.....negri sultan ini pilih menjual semua pespurnya dan diganti dg Rafale setelah disodori biaya upgrade software mission computer dan radar Mirage 2000-9 yg fantastis

      Artinya kita beli Mirage 2000-5 (atau Mirage 2000-9) dalam kondisi "as-is".....beda hal dg f-16 yg bisa diupgrade jeroannya setara f35

      Hapus
    11. Yg mau komplain Mirage langsung ja ke menhan.

      Sy jg nggak setuju dgn Mirage cuma mau gmn lg memangnya kt pengambil keputusan..cuma pengamat militer abal2 doank.

      Cuma pesan nya kalau sudah ambil Mirage 2000 ya jgn 12 unit tanggung... mengingat suku cadang yg ke depan akan sulit...
      Ibarat kalau basah ya biar kuyup sekalian jgn nanggung.

      Hapus
    12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    13. Okay, confirmed MMC sama dengan Rafale terbaru. Hanya saja biaya upgrade software standard pricing Dassault.😰

      Hapus
    14. Silahkan aja kalo mau komplek ke Kemhan ....gue mah disini aja

      Memang sekarang lagi menerapkan elmu bola saat injuried time.....sengaja membuang-buang waktu supaya kehilangan momentum buat beli F-16, demi pespur seken hen.

      Ga tau kenapa sejak jadi Mentri yg diburu alutsista seken yg ga ada patokan harganya.....mulai dari typhoon, frigat F-122, U-209 sampe kesampean beli Mirage 2000

      Padahal yg barunya ada....VIPER blok 70/72

      Hapus
    15. Ngomong-ngomong @DS ini media terbuka kan ya....yg orang bebas menumpahkan uneg-uneg nya tanpa harus mendatangi institusi yg dimaksud

      Lha wong presiden saja woles Bae dikiritk sana-sini....kok menterinya malah sakral banget kek nya 🤔

      Hapus
    16. Dan jangan lupa, tahun 2009 pak Juwono (menhan) pernah menolak hibah Mirage 2000 dari Qatar dg alasan biaya perawatan yg mahal....padahal disaat yg sama AURI mengoperasikan f-16

      Thank God someone with common sense. Kemhan yg dulu udah predict M2000 bakalan susah karena only few buyers, unless they give tot ke Negara lain untuk produce partsnya sendiri, liat aja Saab they gave Brazil tot biar bisa pake dalam jangka panjang kalo Gripen punya factory line di Sweden udah tutup Embraer masih bisa jual ke Thailand ato negara2 lain yg operate Gripen. Dasault nga bagi2 Tot dulu. Yah sekarang kalo perlu parts tinggal ground fleetnya aja lebih hemat tuh 😂😂😂

      Hapus
  8. Kapal by Palindo ukuran kurang lebih 100M
    Sistem elektronik by Jerman.

    Mantul


    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum nya juga sudah buat kapal hidros yg 40 m..KRI POLLUX 935 buatan PT.KAS

      Hapus
  9. satelit INDON 6 bulan baru berfungsi....??? HAHAHAHAHA

    ini satelit pakai pancaran radio zaman dinasour YA....? HAHAHAHAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. SATRIA will be the first VHTS communications satellite in Indonesia, and also the most powerful in the South-East Asia region. With a launch mass of 4,6 tons, it will operate in Ka band and be positioned in orbit at 146° E for a design life of 15 years.

      Hapus
    2. Ha...ha...ha...otak kok tolol begini amet ya. Satelit itu harus ke posisinya dulu baru bisa digunakan tolol

      Hapus
    3. Dia mah cuma ngtroll asal ambil link aja,keliatan begok dungu nya.

      Hapus
    4. Iya 6 bulan wajar karena harus menyiapkan 50 ribu titik VSAT di daerah terluar & terpencil

      Ya kalau titik yg sudah ada VSAT nya ya mudah tinggal migrasi satelit.. langsung received sinyal.

      VSAT adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter.

      Kalau ada satelit tapi VSAT nya nggak ada ya gmn sambung kan sinyal satelit nya... pikir...wkkkkwkk

      Hapus
    5. OTAK GORILLA mana paham...
      Dia pikir seperti beli Proton bekas, kasih duit , langsung bisa gass di jalan raya...
      Memang T0LOL jika dia pikir langit di atmosfer bumi isi nya CUMA ratusan satelit,...🤪

      Hapus
    6. Shopping lagee..!!! Baru lagee...!!! Sultan mah bebas ya pur. Ga kaya malon sewa bekas pula. Bikin malu

      Hapus
  10. Tambah terusss... Sementara semenanjungg..ahhh masa lalu..

    BalasHapus
  11. 6 bulan ya guys.... malah tiada berita adakah pihak kawalan di stasen darat sudah dapat berhubung dengan satelit yang 6 bulan baru berfungsi...HAHAHHHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Otak 1 cc

      Setelah diluncurkan satelit itu harus mencapai orbit yg dituju dahulu.

      Aneh masa satelit abis meluncur langsung operasi di sembarang orbit gt...ya bisa tabrakan dengan satelit 2 lain... wkwkkk

      Idiot koq dipelihara
      Kalau mau pelihara tuh kambing... wkkkkwkk

      Hapus
    2. OTAK Gorilla BANGLAYSIA memang T0LOL, yaaa Gaeeess..
      HAHAHAHAHAAAA...

      Hapus
  12. Sudah direncanakan ya guys,
    Yg pasang sistem elektronik dri Abeking dan rasmussen


    "Persisnya Kemhan punya rencana untuk mengakuisisi kapal hidrografi samudera (ocean-going hydrographic vessel..

    https://www.indomiliter.com/kemhan-buka-peluang-abeking-rasmussen-pasok-kapal-hidrografi-samudera-untuk-tni-al/

    BalasHapus
  13. Otak tolol kok dipamerin. Satelit itu sudah ditentukan posisinya dimana, stasiun bumi juga harus mengarahkan antena ke posisi satelit tsb. Kalau punya paket internet pake utk nambah ilmu. Biar gak tolol seperti sekarang. Bikin malu warga beruk kan

    BalasHapus
  14. Lucu ya warga KERAjaan, mana ada satelit begitu diluncurkan lgs bisa beroperasi. Tolol itu diumpetin jgn dipamerin

    BalasHapus
  15. Kapal pengganti KRI Dewa Kembar? Terakhir kali rencananya hanya 4 KRI BHO. Jadi nanti isinya kapal ini, 2 kelas Rigel dan KRI Pollux-935.

    Kacuali balik ke rencana 232 KRI.

    BalasHapus
  16. tiada berita yang stasen darat sudah berhubung dengan satelit yang dilancarkan guys....??

    BalasHapus
  17. Anwar said he had been astonished to see a navy frigate dating from the 1970s on display at the recent LIMA maritime and aerospace expo in Langkawi.
    “I want to salute these ships but I don’t know where to put my face. The last frigate (on display at LIMA) was from 1998,” he said
    🔥🔥PM KEHILANGAN MUKA🔥🔥

    BalasHapus
  18. 6 bulan....??? tau tau GHOIB...HAHAHAHAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. 09.13
      Ha...ha...ha...otak kok tolol begini amet ya. Satelit itu harus ke posisinya dulu baru bisa digunakan tolol

      Hapus
    2. GOib,tidak terlhat stealth,tpi bisa melihat gempork lagi nangis🤣

      Hapus
    3. Bwahahaha🤣🤣🤣, bodoh jangan dimiliki sendiri pork🤣🤣🔥🔥🔥, kau ni bodoh kok terus 😂😂😂

      Hapus
    4. Otak Gempork aja dah usang gak bisa dipakai cuma dipakai buat komen kerasukan lihat tim elit jiran shopping tiada ganti. Tim sulit berita bermutu saja tidak ada alias sepi senyap sedih sekali.

      Hapus
  19. guys saya tanya satelit sudah dilancarkan pasti sudah di orbit..masa stasen darat tiada maklum bahawa satelitnya berjaya di hubung....???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lucu ya warga KERAjaan, mana ada satelit begitu diluncurkan lgs bisa beroperasi. Tolol itu diumpetin jgn dipamerin

      Hapus
    2. Memang nya hrus laporan sam kamu 😂

      Hapus
    3. Orbit kan luas punya titik koordinat.
      Hadeuuhh....

      Hapus
    4. Sstt..sudah bro...OTAK GORILLA Longor warga BERUK BANGLAYSIA ini memang LONGOR AKUT...🤭

      Hapus
  20. Guys..kalo kapal LCS itu baru terhubung di darat...sekejapa lagi pakai setir mobil pake roda ban

    Wlwkwkkw

    BalasHapus
  21. Bwahahaha🤣🤣🤣, bodoh jangan dimiliki sendiri pork🤣🤣🔥🔥🔥, kau ni bodoh kok terus 😂😂😂

    BalasHapus
  22. Satelit satria sudah terhubung sama.kapal LCS yg di darat lon..nampak jelas mangkrak tuh

    Wkwkwkwkkwkw🤩😂😂🤣🤣

    BalasHapus
  23. Setiap ada berita ttg kapal TNI, pasti beruk pada kejang2 kepanasan. Kenapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kapal balon kuning nya nggak selesai 2.... wkkkkwkk

      Hapus
    2. Karena gempork dulu sangat membanggakan kapal balon kuning yg sekali beli langsung 6 unit...tapi nggak ada yg jadi... wkkkkwkk

      Dulu selalu menghina beli kapal cuma 2 unit ..tapi rata2 yg beli 2 unit sudah berlayar ke sana kemari... wkkwkwkk

      Hapus
  24. Isyarat pertama MEASAT-3d berjaya diterima

    KUALA LUMPUR: Tepat 6.41 pagi waktu Malaysia, isyarat telemetri pertama daripada MEASAT-3d diterima, sekali gus menandakan pelancaran satelit itu berjaya sepenuhnya.

    Detik bersejarah itu diumumkan di Dewan Merdeka, Aras 4, Pusat Dagangan Dunia (WTC) di sini yang menjadi venue siaran langsung pelancaran satelit MEASAT-3d dari Pusat Angkasa Lepas Eropah Kourou, French Guiana, Amerika Selatan pada 5.50 pagi waktu Malaysia (6.50 petang waktu tempatan 22 Jun).

    BalasHapus
  25. guys satelit INDON tak beri isyarat telemetri lagi ke....??? HAHAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anwar said he had been astonished to see a navy frigate dating from the 1970s on display at the recent LIMA maritime and aerospace expo in Langkawi.
      “I want to salute these ships but I don’t know where to put my face. The last frigate (on display at LIMA) was from 1998,” he said
      🔥🔥PM KEHILANGAN MUKA🔥🔥

      Hapus
  26. Biar beruk2 sedikit cerdas. Sedikit aja ya. Karena otak kan cuma 1 cc.

    Kepala Divisi Satelit Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo dan Jubir BAKTI untuk SATRIA, Sri Sanggrama Aradea menyatakan operasional SATRIA-1 berlangsung setelah satelit itu menempati orbit dan stasiun penerima bumi selesai dibangun dan siap beroperasi.

    “Kalau mulai beroperasinya SATRIA-1 untuk titik awal 10Gbps yang kita miliki rencananya di awal tahun 2024, kurang lebih bisa melayani antara 20 ribu sampai 30 ribu titik layanan publik,” tuturnya jelasnya di Orlando, Florida, Amerika Serikat, Kamis (15/06/2023) waktu setempat.

    Menurut Sri Sanggrama Aradea, setelah peluncuran satelit akan ada beberapa fase sebelum siap beroperasi. Salah satunya penyediaan segmen stasiun bumi dan terminal untuk akses internet satelit di titik layanan publik setelah peluncuran.

    "Setelah SATRIA-1 menempati orbit 146 Bujur Timur, kami rencanakan bisa men-deploy stasiun penerima bumi dan Very Small Aperture Terminal (VSAT) agar akses internet dari SATRIA-1 bisa digunakan masyarakat," tuturnya.

    BalasHapus
  27. Tapi beruk mana ngerti beginian. Otak 1 cc kurang.

    BalasHapus
  28. Tapi beruk2 KERAjaan malon kenapa kejang2 setiap indonesia tambah aset ya ? Sementara kita2 di indonesia hanya tertawa saja setiap malon prank atau batal beli aset militer. Ha ha ha ha

    BalasHapus
  29. Isyarat pertama Measat-3D diterima, tanda pelancaran berjaya

    Proses pemisahan pertama daripada roket pelancar Ariane-5 berlaku pada 6.19 pagi waktu Malaysia dan pemisahan kedua pada 6.34 pagi sebelum isyarat pertama diterima oleh Bumi tujuh minit kemudian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. INDONESIA : 33 SATELIT
      THAILAND : 14 SATELIT
      MALAYSIA : 17 SATELIT
      VIETNAM : 9 SATELIT
      SINGAPURA : 11 SATELIT
      FILIPINA : 5 SATELIT
      🔥TERBESAR NOMOR 1 ASIA NOMOR 5 DI DUNIA TERBANYAK DI ASEAN PERTAMA DI ASEAN🔥

      Hapus
  30. guys mau kepastian satelit tu dihantar ke orbit bumi atau orbit planet MARS..masa hingga kini isyarat belum diterima....??? HAHAHAHAH

    BalasHapus
  31. Selalu elak topik saat kalah berdebat, kan tolol. Ha ha ha ha

    BalasHapus
  32. Maksud beruk mungkin bir terlihat sedikit cerdas, padahal bagi kita kalau elak topik itu tanda2 tolol ha ha ha ha

    BalasHapus
  33. Kasihan TLDM hanya punya kapal usang, ha ha ha. Tak mampu beli aset baru. Negara sedang miskin

    BalasHapus
  34. Tiap bulan TNI AL selalu shoping aset baru, berbanding malon tiap bulan ada cancel aset2 yg akan di beli ha ha ha..

    BalasHapus
  35. Anwar said he had been astonished to see a navy frigate dating from the 1970s on display at the recent LIMA maritime and aerospace expo in Langkawi.
    “I want to salute these ships but I don’t know where to put my face. The last frigate (on display at LIMA) was from 1998,” he said
    🔥PM KEHILANGAN MUKA KAPAL USANG🔥

    BalasHapus
  36. nah ini dipertanyakan satelitnya berjaya sampai ke orbit atau tersasar...??? masa belum terima isyaratnya....??? HAHAHAHAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. INDONESIA : 33 SATELIT
      THAILAND : 14 SATELIT
      MALAYSIA : 17 SATELIT
      VIETNAM : 9 SATELIT
      SINGAPURA : 11 SATELIT
      FILIPINA : 5 SATELIT
      🔥TERBESAR NOMOR 1 ASIA NOMOR 5 DI DUNIA TERBANYAK DI ASEAN PERTAMA DI ASEAN🔥

      Hapus
  37. Bwahahaha🤣🤣🤣, gempork itu bodoh kok gak habis", malah tambah terus bodohnya 🔥🔥🔥, katanya lulusan top 5 universiti

    BalasHapus
  38. INDONESIA : 33 SATELIT
    THAILAND : 14 SATELIT
    MALAYSIA : 17 SATELIT
    VIETNAM : 9 SATELIT
    SINGAPURA : 11 SATELIT
    FILIPINA : 5 SATELIT
    🔥TERBESAR NOMOR 1 ASIA NOMOR 5 DI DUNIA TERBANYAK DI ASEAN PERTAMA DI ASEAN🔥

    BalasHapus
  39. Wah....beruk pada kejang2 nih...

    TNI AL dan Angkatan Laut Turki menyepakati peningkatan kerjasama dua negara di bidang pertahanan laut, hal tersebut terungkap saat kunjungan kerja Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali di Turkish Naval HQ, Ankara, pekan ini.

    Dalam kesempatan tersebut, Kasal melaksanakan pertemuan dengan Commander of the Turkish Naval Force, Admiral Ercument Tatlioglu. Sejumlah Kerjasama bilateral dibicarakan diantaranya, kerjasama bidang latihan dan pendidikan, pertukaran informasi, hingga penggunaan teknologi maritim.

    “Kami menyepakati untuk menjadikan pertemuan ini sebagai landasan awal dalam meningkatkan kemitraan strategis antara TNI AL dan Turkish Naval Force, yang mana dilatar belakangi pada sikap saling menghormati dan saling percaya.” Ungkap Laksamana TNI Muhammad Ali dalam pertemuan itu.

    Selain melaksanakan pertemuan antara pimpinan Angkatan Laut dua negara, dalam lawatannya di Turki, Laksamana TNI Muhammad Ali beserta sejumlah delegasi TNI AL melaksanakan peninjauan ke Armada Angkatan Laut Turki dan peninjauan sejumlah produsen Alat Utama Sistem Senjata.

    BalasHapus
  40. INDONESIA : 33 SATELIT
    THAILAND : 14 SATELIT
    MALAYSIA : 17 SATELIT
    VIETNAM : 9 SATELIT
    SINGAPURA : 11 SATELIT
    FILIPINA : 5 SATELIT
    🔥TERBESAR NOMOR 1 ASIA NOMOR 5 DI DUNIA TERBANYAK DI ASEAN PERTAMA DI ASEAN🔥

    BalasHapus
  41. 5 bulan tidak lama berbading 12 tahun bina maharogolele berkarata Rm 12 Billion

    BalasHapus
  42. Gempork kepanasan🔥🔥🔥, liat Indonesia shoping gak henti" 🤣🤣🤣, memang Indonesia negara sultan ya guys😂😂👍👍, semenanjung tak perlu tiru" ntar malah tambah miskin 🤣🤣

    BalasHapus
  43. Tambahan kapal pasti Gempork makin kerasukan heran lihat TNI shopping aset mahal dan terus berdatangan sepanjang tahun. Sementara KL cuma sebatas minat mimpi dan sewa aset bekas.takde lender yg percaya lagi hutangnya dah seleher guys.

    BalasHapus
  44. HAHAHAHA..... sekadar mampu NGUTANG dan NUNGGAK BAYARAN tak payah nak MEMBUAL...HAHAHAH

    soalan saya satelit INDON sudah sampai orbit atau belum....??? HAHAHAHAH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalan LCS sudah bisa berenang belum?.......HAHAHAHAA

      Hapus
  45. Isyarat pertama MEASAT-3d berjaya diterima

    Tepat 6.41 pagi waktu Malaysia, isyarat telemetri pertama daripada MEASAT-3d diterima, sekali gus menandakan pelancaran satelit itu berjaya sepenuhnya.

    Detik bersejarah itu diumumkan di Dewan Merdeka, Aras 4, Pusat Dagangan Dunia (WTC) di sini yang menjadi venue siaran langsung pelancaran satelit MEASAT-3d dari Pusat Angkasa Lepas Eropah Kourou, French Guiana, Amerika Selatan pada 5.50 pagi waktu Malaysia (6.50 petang waktu tempatan 22 Jun).

    Proses pemisahan pertama dari roket pelancar Ariane-5 berlaku pada 6.19 pagi waktu Malaysia dan pemisahan kedua pada 6.34 pagi sebelum isyarat pertama diterima oleh bumi tujuh minit kemudian.



    BalasHapus
  46. Tim elit kok asetnya terus bertambah yah tim sulit 6 LCS karatan saja belum jadi sudah dikurangi cuma 5 guys itupun masih ghoib dan senyap. Ramai buat disingkat saja tuh wang.ampun Pork menyedihkan tapi bikin tertawa dunia nyata.

    BalasHapus
  47. Ha ha ha ha malon nak tanya kapan indonesia akan tambah kapal lagi ya. Ha ha ha ha

    BalasHapus
  48. Silakan baca buku yang sagat menarik untuk mengetahui dan memahami jati diri anda semua sebagai bagian ari bangsa melayu mahawangsa ...

    Banggalah bahwa anda adalah bagian dari bangsa maha besar dan maha hebat itu...

    Melayu Mahawangsa Tanah Air, Sejarah, Kerajaan dan Peradabannya

    Tajuk: Melayu Mahawangsa Tanah Air, Sejarah, Kerajaan dan Peradabannya
    Editor: Md Salleh Yaapar, Nasha Rodziadi Khaw
    Harga: RM35.00 ISBN: 978-967-461-694-6

    Buku ini menampilkan jejak manusia Melayu sebagai suatu rumpun bangsa yang sudah lama wujud, besar populasinya dan hebat pula pencapaiannya. Bangsa Melayu telah berabad-abad lamanya wujud di wilayah asal mereka yang dikenali sebagai Benua Sunda (Sundaland) sebelum benua itu ditenggelami banjir besar sekitar 14,000 tahun dahulu. Tanah air bangsa Melayu kini bukan sahaja tegak di Malaysia, Patani, Singapura, Brunei dan Sumatera, tetapi meliputi seluruh Kepulauan Melayu. Malah, hasil penghijrahan besar-besaran akibat peristiwa banjir pada zaman prasejarah dahulu, tanah air mereka kemudiannya melebar hingga meliputi belahan dunia yang merentasi dua samudera yang amat luas, iaitu Lautan Pasifik dan Lautan Hindi. Sejak awal abad ke-19, tanah air mereka yang bertaburan di dua samudera tersebut telah dirujuk oleh masyarakat antarabangsa sebagai Malayo-Polynesia. Seperti yang dibayangkan oleh peristiwa penghijrahan mereka, pencapaian bangsa Melayu pada asasnya berkisar pada bidang ilmu dan kehidupan yang berkaitan dengan navigasi dan perdagangan maritim. Namun, mereka juga hebat dalam bidang-bidang yang lain. Hal ini antaranya terbukti atas sumbangan mereka terhadap perkembangan budaya bangsa-bangsa lain di dunia, termasuk bangsa China dan India di Asia serta bangsa Perancis dan Itali di Eropah. Semua ini menjadi asas yang kukuh untuk mereka digelar Melayu Mahawangsa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak minat baca buku yg isinya cuma tipu2 😝😝

      Hapus
  49. BRAVO TNI AL
    BRAVO KAPAL SURVEI TERBARU
    BRAVO KEMENHAN INDONESIA

    ASSET BARU BIKIN INDONESIA BERTAMBAH LEBIH KUAT DAN PROFESIONAL DALAM KELOLA ASSET KEDAULATAN LAUT INDONESIA.

    BalasHapus
  50. 6 bulan satelitnya baru berfungsi..masalahnya terima isyarat sudah sampai orbit atau belum saja belum diterima guys...HAHAHAHA

    BalasHapus
  51. guys serius tanya...HAHAHAHAH

    satelitnya tu ke Orbit BUMI atau MARS....??? HAHAHAHAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga punya pertanyaan mudah lon..
      LCS malon sudah launching pake balon kuning bertahun lalu, mulai dipakai tldm kapan?

      WKWKWKWK

      Hapus
  52. LUCU LUCU nya malon malon dI FORUM DS UNTUK LAKUKAN NEGATIVE FRAMING TERHADAP INDONESIA HANYA SEKEDAR TUTUPI KEBURUKAN REZIM malon......

    TAPI malon SELALU GAGAL FRAMING......HAHAHAHAHAHA.....

    BalasHapus
  53. Min up dong berita kapal, pesawat helly dan aset mahal tentang Malon itupun kalau ada, kalau takde berita bermutu berita aset receh pun tak apa biar para beruk gak tiap hari kerasukan lihat tim elit rajin shopping dan aset yg terus berdatangan.ok.

    BalasHapus
  54. Kata-kata agung dari Tun Abdur Rachman ..... Bapak Bangsa Melayu Malaysia dan Bangsa Melayu Mahawangsa

    "Adapun Melayu Mahawangsa itu ialah bangsa Melayu besar yang jiwanya menyatu dan tidak menyempitkan diri semata-mata atas dasar batas geopolitik yang telah secara artifisial dirangka oleh penjajah. Asas pengikat penyatuan Melayu Mahawangsa pada zaman Kesultanan Melayu di seluruh Kepulauan Melayu sejak dahulu ialah akidah dan bahasa Melayu. Kembalilah kita ke akar kita." Kembara Bahasa Melayu Mahawangsa, Kumpulan Kembara Bahasa, 1 April 2012.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gw cuma tau Bangsa Beruk Melayu BANGLAYSIA...🤣🤣🤣🤪

      Hapus
  55. SATRIA - 1 ITU MILIK INDONESIA....NETIZEN INDONESIA HAPPY DAN RELAX AJA SAMPAI LAYANAN SATELIT BISA TERSAJI UNTUK RAKYAT INDONESIA SESUAI TIME SCHEDULE DARI PIHAK KONSORSIUM SATELIT NUSANTARA TIGA....


    TAPI...koq malon malon yang:
    1. LONCAT LONCAT KESANA KEMARI
    2. TERIAK TERIAK HOX DAN BUAL
    3. KEPANASAN DAN KEPANIKAN
    4. IRI DENGKI SAKIT HATI PADA INDONESIA.

    NETIZEN INDONESIA TERTAWA LEPAS......

    HAHAHAHAHAHAHAHAHA......

    BalasHapus
  56. INI BERITA HUEBAATTT ....
    BIKIN BANGGA.....INDONESIA SIGNED PROJECT KAPAL SURVEI TERBARU DAN TERCANGGIH MILIK TNI AL ESTIMASI SELESAI 2025



    kalo malon ???
    JAWAB: Malon Smakin MISKIN...LEMAH....TERPINGGIRKAN.

    BalasHapus
  57. Sekedar info yang bermanfaat untuk Indon semua .... Bukan kenal adalah awal dari CINTA

    Logo Bulan Bahasa Kebangsaan Malaysia

    Keseluruhan konsep logo menggambarkan peranan rakyat pelbagai bangsa di dalam negara bagi membentuk perpaduan dalam konsep Satu Malaysia. “BBK” menjadikan tunggak kecemerlangan negara berasaskan pembangunan yang berteraskan bahasa sebagai wadah.

    HURUF “B”
    Huruf “B” yang direka secara grafik dan dinamik sekilas pandang berbentuk “B” bererti “Bulan” dan “Bahasa Kebangsaan” di hujung pena menjadi tunjang pada huruf “B”. Huruf ini sinonim dengan DBP sebagai sumber ilmu dan juga dataran untuk menyampaikan dan memacukan visi dan misi DBP yang merupakan matlamat bahasa dan sastera yang akan direalisasikan oleh “B”.

    BENTUK DUNIA BERPUSING DAN BENDERA MALAYSIA
    “Bendera Malaysia” secara grafik terdiri daripada pelbagai warna membentuk dunia berpusing tanpa had menggambarkan arah tuju untuk mencapai matlamat masa depan “B” yang cemerlang.

    Dunia berpusing menjadi latar belakang logo melambangkan tema perpaduan serta menitikberatkan cinta bahasa dan negara. Dunia berpusing juga menunjukkan semua kaum sentiasa dipupuk dan dipastikan perpaduan, keharmonian kaum terpelihara untuk menjamin masa depan yang lebih gemilang. Dunia berpusing memberi penyatuan kepada tiga bangsa utama di Malaysia, hidup penuh muafakat, bekerjasama demi memajukan negara.

    Lingkaran tiga jalur merah putih pada bendera Malaysia merupakan kegiatan-kegiatan “BBK” yang meliputi pelbagai bidang ilmu dan bahasa.

    DAUN RESAM DBP
    Daun resam DBP yang terdapat pada logo korporat menterjemahkan bahasa menjadi bumbung logo. Duan resam juga menjadi sumber memperkembang bahasa dalam era globalisasi terpusat di atas logo ini sebagai nadi utama “BBK”.

    PENA DARI HURUF “B”
    Pena yang terletak di penghujung huruf “B” menggambarkan matlamat yang dituju dalam “BBK”. Di samping itu pena ini juga mencerminkan kegiatan bahasa dan sastera.

    WARNA

    MERAH DAN PUTIH
    Merah dan putih menggambarkan semangat rakyat Malaysia untuk mencapai kegemilangan dan juga menjadi simbol wawasan Satu Malaysia yang suci dan ikhlas.

    KUNING
    Kuning mengekalkan sistem raja berpelembagaan dan menjunjung luhur kedaulatan Negara serta menjadi simbol kegiatan “BBK” ke arah kegemilangan.

    BIRU
    Biru bermaksud kestabilan, bersatu hati dan hidup sejahtera untuk mencapai matlamat “BBK” bersama pelbagai kaum dalam negara.

    HIJAU
    Hijau melambangkan keterampilan dan kegiatan berwibawa dalam mengembangkan bahasa yang sentiasa subur ke persada dunia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bodo amat gak ada yg tanya😅

      Hapus
    2. Gen Z kelen saja di KUALA DHAKA sibuk cakap pakai bahasa JAKARTA , logat BANGLAYSIA..🤪🤪🤪🤪🤣🤣🤣

      Hapus
    3. Beh sultan andara keren, serba baru! Shopping terooss!!! Next apalagi ya?

      Hapus
  58. Indonesia memperkuat pertahanan dgn shopping alutsista...malingCHIA kepanasan dan iri...

    Tahniah terima kasih DSAI PM ke X...Laut Ambalat di kuasai dan milik kita🇮🇩...malingCHIA...manyun

    BalasHapus
  59. Malon mahawangsa?.....apaan tuh??? Wakakakakaka

    BalasHapus
  60. Hayuhhh gorilla Malaya kita bahas kapal laut/perang .....ndak usah elak topik......berani tak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon bahas apa dong ? Aset usang ?

      Hapus
    2. Lha mana saya tau om mereka bisa bahas apa.......Hihihihi

      Hapus
  61. JAKARTA, KOMPAS.com - TNI Angkatan Laut (AL) baru memiliki tujuh kapal survei untuk mengetahui potensi bawah laut. Jumlah tersebut dinilai masih kurang ideal. Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal) Laksamana Pertama (Laksma) Julius Widjojono mengatakan, kapal-kapal survei itu memiliki kemampuan multi beam echo sounder.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indonesia Kekurangan Kapal Survei, TNI AL Hanya Punya 7, Idealnya 30", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2023/03/30/21134881/indonesia-kekurangan-kapal-survei-tni-al-hanya-punya-7-idealnya-30.
    Penulis : Nirmala Maulana Achmad
    Editor : Dani Prabowo

    LANJUTKAN.....NETIZEN INDONESIA MENDUKUNG TAMBAHAN KAPAL SURVEI BARU.....BRAVO TNI AL.

    BalasHapus
  62. gk usah elak topik satelit,
    LCS malon sudah launching pake balon kuning, trus mulai dipakai tldm kapan?
    soalan sederhana tuh..

    kalo tak bisa jawab = real TOLOL

    wkwkwk

    BalasHapus
  63. Wah pak wowo lgi lirik2 apa lagi ni di Paris Air show hihi

    https://www.facebook.com/groups/183021936698489/permalink/778526090481401/?app=fbl

    BalasHapus
  64. lha kesian warganyet KL kok 1cc yak?

    mereka gak tau satelit SATRIA kita ada 2 bijik bukan 1 haha!📡📡📡

    yang kedua nanti 6 bulan lagi dikirim keangkasa...

    yaa maklum satelit MAHAL $ 1 milyar dolar haha!🤑🤑🤑

    kesian warganyet KL, KTINGGALAAAN LAAGGIIIiiiii...jauuuhhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan.....gimana tuh gorilla Malaya gak nangis guling2

      Hapus
    2. Sebelah juga ada satelit satria om,tpi satria baja item😅

      Hapus
    3. lorko baja item jiran kebalik gak om haha!🤭🤭🤭

      Hapus
  65. Satelit Malaysia akan segera jatuh dari luar angkasa untuk terbakar di atmosfer Bumi menyusul "anomali" misterius yang menghantamnya di orbit. Satelit komunikasi Measat-3 yang hampir berusia 15 tahun mengalami masalah yang tidak dapat dijelaskan pada 21 Juni lalu, yang melumpuhkan layanan bagi pelanggannya....
    🔥ANOMALI MISTERIUS🔥

    BalasHapus
  66. Maksud Nama Jalur Gemilang Bendera Kebangsaan MalaysaHuraian maksud nama adalah seperti berikut:

    1. Jalur Menggambarkan Bendera yang mempunyai 14 jalur merah dan putih Lambang jalur pada Bendera menggambarkan satu haluan yang lurus, hala tuju yang sama dan arah yang sama yang dianuti oleh rakyat negara ini dari Perlis hingga ke Sabah dalam menuju kegemilangan bangsa dan negara

    2. Gemilang

    Bermaksud bercahaya, terang-benderang dan cemerlang Ianya memberi pengertian bahawa jalur atau bendera itu melambangkan kecemerlangan negara Malaysia dan rakyat Malaysia dalam mengharungi apa bidang kehidupan sekali pun sama ada di dalam atau di luar negara Kesungguhan, kegigihan dan kesanggupan rakyat untuk menaikkan imej negara, sesungguhnya sentiasa mendapat petunjuk dan pedoman yang terang lagi jelas

    Maksud Warna Pada Bendera Jalur Genilang

    Huraian maksud warna pada bendera Malaysia adalah seperti berikut: Biru Menggambarkan perpaduan rakyat yang terdiri daripada berbilang kaum di negara ini seperti Melayu, Cina, India Merah
    Warna merah menunjukkan keberanian dan kesediaan dalam mengharungi segala jenis cabaran demi negara yang tercinta

    Putih Melambangkan kesucian dan keluhuran hati rakyat dalam mengangkat nama negara ke persada dunia

    Kuning Warna kuning melambangkan warna Diraja, secara khususnya menggambarkan kedaulatan Raja-Raja Melayu yang Berperlembagaan

    Maksud Lambang Pada Jalur Gemilang Berikut dikongsikan huraian maksud lambang yang ada:

    BalasHapus
  67. Berikut dikongsikan huraian maksud lambang yang ada:

    Bulan & Bintang Menggambarkan Agama Islam sebagai agama persekutuan negara

    Bintang Pecah 14 Menunjukkan perpaduan 13 buah negeri dan 1 wilayah persekutuan 14 Jalur 14 jalur berwarna merah dan putih yang sama lebar menggambarkan 13 buah negeri anggota dan sebuah Wilayah Persekutuan yang memiliki keanggotaan yang sama dalam negara Malaysia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anwar said he had been astonished to see a navy frigate dating from the 1970s on display at the recent LIMA maritime and aerospace expo in Langkawi.
      “I want to salute these ships but I don’t know where to put my face. The last frigate (on display at LIMA) was from 1998,” he said
      🔥PM KEHILANGAN MUKA KAPAL USANG🔥

      Hapus
    2. Baruu lageee.. Shopping lagee!!! Money can't buy happines, but no money no happy. Aseeekk

      Hapus
  68. Infografik Fakta Menarik Jalur Gemilang Berikut dikongsikan beberapa fakta menarik berkaitan bendera Malaysia yang barangkali ramai tidak tahu: Sekiranya bendera mahu dipasang pada tiang besar seperti pada bangunan pejabat atau sekolah, ia mestilah dinaikkan menggunakan tali pada waktu pagi dan diturunkan pada petang hari yang sama. Kebiasaanya di Malaysia, bendera dinaikkan pada jam 7.00 pagi dan diturunkan sebelum jam 7.00 malam Bendera tidak boleh dibiarkan meleret ke tanah semasa dinaik dan diturunkan. Ia hendaklah ditatang atau diselimpangkan di bahu Individu yang bertugas menaik dan menurunkan bendera mestilah berpakaian kemas. Tidak boleh memakai pakaian yang mencolok mata, atau memakai kain sarung yang disenteng ke paras lutut, tidak berbaju, tidak berkasut dan sebagainya. Dilarang sama sekali menghisap rokok atau vape sewaktu menaikkan bendera Bendera perlulah dinaikkan dan diturunkan secara perlahan-lahan dalam keadaan tidak tergesa-gesa Orang yang berada di sekitar tiang tersebut hendaklah berdiri semasa bendera dinaikkan Sekiranya berlaku kematian pembesar dan bendera hendak dikibarkan separuh tiang, maka ia perlulah dinaikkan sehingga ke puncak dahulu, kemudian diturunkan perlahan-lahan ke separuh tiang sebagai tanda berkabung Bendera tidak boleh dikibarkan dalam keadaan gelap. Sekiranya ingin dikibarkan pada waktu malam, maka bendera perlu disuluh dengan spotlight Bendera boleh dibuat baju dengan syarat memotong kain lain yang mempunyai warna bendera. Memotong bendera menandakan seseorang itu tidak menghormati negara Bendera tidak boleh dibuat kain kelubung untuk menutup kepala Bendera tidak sama sekali boleh dibuat lapik duduk. Oleh itu paling tidak sesuai jika bendera dijadikan seluar Lain-lain Fakta Menarik 1. Bolehkah bendera dibuat baju? Boleh dengan syarat memotong kain lain yang mempunyai warna bendera. Tidak sepatutnya bendera dipotong untuk dibuat baju. Memotong bendera bererti tidak menghormati negara 2. Bendera tidak sama sekali boleh dibuat stokin atau kasut / selipar. Kita lihat banyak juga selipar yang dicetak bendera Union Jack. Itu adalah perbuatan tidak hormat pada bendera. Jangan ikut perangai mereka 3. Jika bendera hendak dipasang pada kereta, pastikan ia dipasang teguh. Banyak yang tercabut dan jatuh ke jalan sehingga dilenyek kenderaan lain. Ini tidak menghormati bendera. Jika dipasang pada kereta pastikan ia diikat atau dilekatkan dengan kuat 4. Jika hendak dipasang pada lori atau bas, pastikan tidak terlalu besar hingga mengganggu pengguna jalanraya lain. Kita suka pasang yang besar-besar. Apabila lori berhenti di lampu merah, benderanya menutup muka penunggang motosikal. Ini sungguh tidak bertimbang rasa 5. Bendera boleh digunakan untuk selimut pemenang sukan tanda kejayaan negara, tapi awas… jangan sampai meleret ke tanah 6. Bendera boleh digunakan untuk menutup keranda perajurit, tetapi jangan bawa masuk ke dalam liang kubur 7. Jangan pijak bendera negara sendiri atau bendera negara orang lain. Jika ada rakyat negara jiran yang pijak bendera kita, jangan ikut. Jika kita ikut mereka, kita juga akan dilihat tidak cerdik 8. Bendera yang telah lusuh warnanya, atau telah koyak akibat dikibarkan terlalu lama hendaklah dimusnahkan. Cara musnahkan bendera ialah dengan dibakar. Jangan buang bendera lama di tong sampah atau tong kitar semula. Jangan kibarkan bendera yang lusuh atau yang sudah koyak atau tinggal separuh. 9. Bendera yang masih cantik dan sempurna jangan dibakar. Meskipun bendera itu kita beli dangan wang kita sendiri. Membakar bendera adalah tanda tidak hormat kepada negara. Ingat yang kita beli hanya kain, yang kita bakar adalah simbol maruah negara 10. Bolehkah bendera digantung terbalik? Boleh. Itu tandanya negara berada dalam keadaan bahaya (distress). Jadi jika negara tidak dalam keadaan bahaya, jangan diterbalikkan bendera Lirik Lagu Jalur Gemilang

    Sumber Asal : https://www.mysumber.com/bendera-malaysia-jalur-gemilang.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melayu malon cuma bisa nyampah di DS

      Hapus
    2. Baru lagee.. Shopping lageee!!! Emang juara sultan elit. Ga nanggung belanja kejer MEF, ga kaya sebelah yg lagi sulit. Maksain sewa, bekas pula! Tapi awas, nanti rasuah! Awokawok

      Hapus
  69. Uji Coba Naik Kereta Cepat Gratis, Simak Tanggalnya
    https://www.youtube.com/watch?v=IgcMWOKq5qE
    -----------------------

    asoooyyy gratis 3 bulan gaesz HST kita keren haha!👍👍👍

    tembus 355km hore haha!👏👏👏

    jiran gak punyak kita yang pertama se-kawasan haha!😆😆😆

    BalasHapus
  70. Ghoib itu cuma milik dan hak paten aset aset Malon yah, sementara aset koran sekawasan real dan nyata, silahkan sembang dan bual Pork buat bahan lawakan.

    BalasHapus
  71. Shopping teroosss..!!! Sultan bikin greget tetangga yang bisanya cuma planga plongo. Bayar hutang sulit, orangnya pelit, kena sembelit. Awokawok

    BalasHapus