09 Juli 2023

Menengok Sisa-sisa Landing Vehicle Tracked (LVT) di Tambrauw, Papua Barat

09 Juli 2023


Kendaraan pendarat amfibi beroda rantai (LVT) tentara Sekutu Perang Dunia II di Tambrauw, Papua Barat (photos : Okezone)

Menyingkap Cerita di Balik Tank-Tank Sisa Perang Dunia II di Papua Barat

Nama besar Jenderal Douglas MacArthur erat kaitannya dengan Perang Dunia II yang terjadi di wilayah timur Indonesia. Ia dikenal karena memimpin pasukan Sekutu melawan Jepang di Morotai.

Namun tak banyak yang tahu bahwa sebelum ke Morotai, MacArthur lebih dulu datang ke Jayapura, Papua pada 1944. Dari Jayapura, pasukannya bergeser ke Sausapor (sekarang ibu kota sementara Kabupaten Tambrauw), Papua Barat untuk memutus rantai logistik tentara Jepang yang saat itu menguasai Papua.


Sisa-sisa sejarah pertempuran tentara Sekutu melawan tentara Jepang ada di sebuah hutan di Kampung Es Mambo, Distrik Kwor. Peninggalannya berupa tank-tank jenis Landing Vehicle Tracked (LVT) atau kendaraan perang amfibi milik Angkatan Laut Amerika Serikat. Pada masa Perang Dunia II yang terjadi selama 1939-1945, LVT digunakan oleh para tentara dari AS, Inggris, dan Kanada.

Bersama rombongan Kementerian Pariwisata, Okezone mengunjungi dua titik lokasi tempat 9 tank tersimpan pada Rabu, 6 Maret 2019. Di titik pertama terdapat 5 tank amfibi, sisanya berada di titik kedua yang lokasinya hanya berjarak sekira 100 meter.

Pendaratan pasukan Sekutu dengan LVT (photo : museumofamericanarmor)

Dikelilingi pepohonan yang tumbuh lebat menjulang, kondisi tank-tank sudah rusak berat, berkarat, dan berlumut. Usut punya usut, kerusakan itu sengaja disebabkan oleh tentara Amerika Serikat agar tidak dapat digunakan lagi.

Isak (50), warga setempat yang juga bertugas menjaga dan membersihkan tank-tank tersebut turut menceritakan sejarah yang ia dengar dari keluarganya. Kakeknya adalah salah satu warga yang direkrut tentara Sekutu untuk membantu melawan Jepang.

Kendaraan pendarat LVT 3, mirip kendaraan KAPA era Uni Sovyet (photo : net maquettes)

"Kakek saya bergabung dengan tentara Sekutu. Tentara Amerika merekrut masyarakat untuk melawan Jepang. Masyarakat ikut melawan karena Jepang kasar. Setiap kali bertemu warga, suka langsung pukul," ungkap Isak.

Perangai tentara Jepang yang kasar kepada warga dimanfaatkan tentara Sekutu untuk membangun kekuatan. Distrik Sausapor, oleh Sekutu disebut Sansapor kemudian digunakan sebagai markas besarnya. Sausapor dinilai strategis karena lokasinya berada di antara Manokwari dan Sorong, dua wilayah yang dikuasai Jepang.

Kendaraan pendarat LVT 3, mirip kendaraan KAPA era Uni Sovyet (photo : 447bbg)

"Pasukan MacArthur memotong perbekalan tentara Jepang sehingga logistik Jepang lemah, membuat mereka kocar-kacir," jelas Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tambrauw, Abraham D. E. Mayor.

Usai tentara Sekutu berhasil mengalahkan Jepang, tank-tank amfibi sengaja dirusak sendiri. Bahkan lapangan udara yang digunakan pasukannya saat itu dihancurkan dengan membuat lubang-lubang besar.

Kendaraan pendarat LVT 4 (photo : Topwar)

"Setelah mau pulang, mereka rusak tank-tank dan disembunyikan di pohon-pohon. Sengaja dirusak biar tidak digunakan lagi. Termasuk di bandara dikasih lubang-lubang untuk menghilangkan jejak," kata Isak.

Kini lokasi lapangan udara tersebut dibangun kembali menjadi Bandara Douglas MacArthur. Dalam proses pembangunan, Isak mengaku dirinya turut menutup lubang-lubang yang dibuat tentara Sekutu.

Kendaraan pendarat LVT 4 (photo : Topwar)

Keberadaan tank-tank di Distrik Kwor tersebut akan dimanfaatkan oleh pemerintah daerah setempat sebagai wisata sejarah. Dalam waktu dekat, akses dari jalan menuju lokasi kendaraan tempur peninggalan Perang Dunia II akan dibuat jembatan. Menara pandang pun akan dibangun untuk memungkinkan wisatawan melihat keseluruhan tank-tank tersebut dari atas.

26 komentar:

  1. BUALAN HALUSINASI =
    The Royal Malaysian Navy (RMN) is creating a marine corps and establishing a new naval base in the South China Sea near waters it disputes with China, IHS Jane’s reported this week, citing a press release from Defense Minister Hishammuddin Tun Hussein....
    🤣NO MARINES🤣

    BalasHapus
  2. Air dominance not dogfighting. These are two different things. Air dominance is much more than just dogfighting.

    Ngad and gcap are built for air dominance as part of an integrated system of sensors and shooters. So these platforms carry a lot of sensors apart from bona fide weapons.

    It is an integrated web of situational awareness with AI now being integrated at various levels. The shooter does not have to be a missile from a specific combat aircraft. It can be from a companion buddy drone or a naval ship with long range anti missile like aster 30 (with speed in excess of mach 4.5-5) or the future Aquila which is hypersonic. How youd outrun that?

    In the region, RAAF and RSAF are constructing these systems.
    ---------------

    Inilah bukti baha airforce FPDA (khasnya RAAF dan RSAF) adalah yang terbaik di kawasan ...

    Menga[a terbaik .. karena dibangun secara sistematissdengan pola pikir yang mode dan tepat .... beza betol dengan dengan Indon yang dibangun tanpa konsep yang utuh dan terpadu .. jadi akhirnya pastilah ngawur+ modus korupsi tampak jelas di pemnagunan/pembekian senajatanya juga ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. SUPREMO = SUKA PREA HOMO....
      Sebanyak 43 pencerobohan ruang udara Malaysia direkodkan sepanjang 5 bulan pertama 2023. Perkara tersebut dinyatakan dalam penyata jawapan lisan oleh Menteri Pertahanan di Dewan Negara.....
      🔥5 BULAN 43x PENCEROBOHAN 8x SEBULAN 2x SEMINGGU = LEMAHHH🔥

      Hapus
    2. Kacung FPDA,hahaha...mana TUDM hahaha
      MKM asam Urat
      Horni meletup..letup

      Hapus
    3. Sebanyak 43 pencerobohan ruang udara Malaysia direkodkan sepanjang 5 bulan pertama 2023.Perkara tersebut dinyatakan dalam penyata jawapan lisan oleh Menteri Pertahanan di Dewan Negara...
      🤣PANTAT SUPREMO KATARAK🤣.

      Hapus
    4. Kalau Negara Lain saya percaya Terbaik tapi kalau TUDM Melon saya rase yang terlemah sekawasan dan kumpulan FPDA... Sorry Melon You punya Jet Pejuang tak de power lha ..

      Hapus
  3. 2013 BUALAN HALUSINASI =
    The Royal Malaysian Navy (RMN) is creating a marine corps and establishing a new naval base in the South China Sea near waters it disputes with China, IHS Jane’s reported this week, citing a press release from Defense Minister Hishammuddin Tun Hussein....
    🤣2023 NO MARINES🤣

    BalasHapus
  4. Kalau berita beginian beruk2 pada tenang

    BalasHapus
  5. Banya indon x tahu dan paham baha basis minimal kekuatan yag dibangun FPDA adalah 3 kali lebih kuat dan moden dibandingkan TNI ...

    Jadi X ada pikiran bahwa Indon akan mengalahkan FPDA ... jadi selama ada FPDA .. Malayia, Singapore, Brunei yang semuanya adalah negara dibawah naungan persemakmuran empire britania aya akan tetap aman, makmur dan hidup bahagai selamanya ..

    Bagi kami rakyat Malaysia .. Indon hanalah bagian dari kuasa kami sebagai pengasa, pebuh dan pemimpin bangsa melayu mahawangsa yang maha luas itu....Kamiah penguasa seluruh Alam Melayu Nusantara yang merentang dari Madagaskan hingga Lautan Pacific..

    Jadi bayangkan besarnya kuasa Malaysia ,,,Penguasa dan Pemimpin Melayu Mahawangsa + Peran khas kami sebagai bagian dari Empire Britania Raya yangamat kami banggakan itu ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah makan lon??? Nih🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌🍌😂😂🤣🤣🤣😛😛😛😛😛

      Hapus
    2. Sebanyak 43 pencerobohan ruang udara Malaysia direkodkan sepanjang 5 bulan pertama 2023.Perkara tersebut dinyatakan dalam penyata jawapan lisan oleh Menteri Pertahanan di Dewan Negara...
      🤣PANTAT SUPREMO LEMAH SYAHWAT🤣.

      Hapus
  6. MIRAGE JANGKAUAN = 1550 KM
    Pontianak – Sabah = 500 KM
    Pontianak – Kinabalu = 1440 KM
    RAFALE JANGKAUAN = 1850 KM
    Pekanbaru – Kuala Lumpur = 709 KM
    Pekanbaru – Johor = 390 KM
    NATUNA = Radar WEIBEL 1000 KM
    Natuna Sabah = 960 KM
    Natuna Kuala lumpur = 736 KM
    🔥BERUK DALAM RADIUS TEMPUR🔥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha mabuk dadah ini beruk ......FPDA diandalin...militer RI dan semenanjing beruk ga ada bandingan apa apa sekarang...,dalam semalam hanya gunakan marinir RI bisa kuasai pantai banglasia ...lon lon isep dadah jangan kebanyakan...

      Hapus
  7. Bagi FPDA... sema kekuatan Indon yang andabanggakanitu hanyalah mitos belaka yang selalu dibualkan-bualkan BARU MAHU AKAN ... beza betol dengan FPDA yang dibangun selalu 3 kali lebih kuat dari kekuatan yang ada di kawasan .. jadi memjadi lucu jika FPDA memandang INdon sebagai ancaman ..

    Jadi boleh berbangga .. tetapi janganlah narsis .. akan memalukan diri sendiri nantina ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malon di bully china, singapura FPDA hanya diam saja. Ha ha haha. Karena malon hanya dianggap jongos bagi britania raya

      Hapus
    2. lu Melon punya Askar Lemah Apalagi lu punya jet pejuang .. di kumpulan FPDA lu punya Negara hanya sebagai jongos pengembira je .. apa yang lu mau banggakan pada TUDM 🇧🇩❤️🏳️‍🌈🇲🇾

      Hapus
  8. Kalin tampaknya perlu dan paham hal ini ...

    Malaysia bukanlah negara persendirian saja .. tetapi Malaysia adalah juga bagian dari Empire Britnia Raya dengan aliansi militer terkuat di dunia FPDA dan NATO + AKUS sekarang ini ...

    DEngan posisi itu ... Indon sebagai bagian dari Alam Melayu Mahawangsa seharusnya TUNDUK, PATUH, PASRAH dan BERTEKUK LUTUT kepada KUASA MALAYSIA sebagai KUASA BESAR MELAYU MAHAWANGSA ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malaysial itu jongosnya britania raya. Beda dg indonesia yg negara merdeka

      Hapus
    2. 2013 BUALAN HALUSINASI =
      The Royal Malaysian Navy (RMN) is creating a marine corps and establishing a new naval base in the South China Sea near waters it disputes with China, IHS Jane’s reported this week, citing a press release from Defense Minister Hishammuddin Tun Hussein....
      🤣2023 NO MARINES🤣

      Hapus
    3. Sebanyak 43 pencerobohan ruang udara Malaysia direkodkan sepanjang 5 bulan pertama 2023.Perkara tersebut dinyatakan dalam penyata jawapan lisan oleh Menteri Pertahanan di Dewan Negara...
      🤣SUPREMO LEMAH SYAHWAT🤣.

      Hapus
    4. Habis MABOK DADAH, si Malayu Mahabangsat...🤪🤣🤣🤣

      Hapus
  9. kayak pernah denger ada unit militer yang mau dibangun di Tambrauw tapi lupa tentang apaan

    BalasHapus
  10. TUDM hanya punya 18 SU30M....sebagian besar GROUNDED dan belum pernah MRO...F18 Hornet hanya 8 unit tersikit didunia...😂🤣😂🤣.....

    TNIAU menunggu kedatang 6 unit TA-50, 48 unit Dassault rafale + 12 Dassault Mirage 2000-5 + 12 unit Mirage 2000-9...GANK PEMBUAL malingCHIA iri dan ketar ketir...

    BalasHapus
  11. TUDM hanya bengong di hanggar takde scramble lihat pencerobohan ruang udara Malon oleh pesawat neg lain. di lautpun juga gak ada action lihat kapal asing lalu lalang di teritori laut KL. Kasihan lah yah.

    BalasHapus