19 November 2023

PAL Indonesia Bidik Pendapatan Usaha Rp4 Triliun Tahun Depan

19 November 2023

Target kapasitas produksi baru PT PAL adalah 4 kapal per tahun (photo : Times Indonesia)

Bisnis.com, SURABAYA — PT PAL Indonesia memproyeksikan kinerja pendapatan usaha pada tahun depan bisa mencapai Rp4 triliun sejalan dengan sejumlah rencana bisnis dan potensi pasar baik domestik dan internasional. 

SEVP Transformation Management PAL Indonesia, Satriyo Bintoro mengatakan kinerja pendapatan usaha perseroan dalam beberapa tahun terakhir ini mengalami peningkatan. Pada 2022 mencatatkan kinerja pemdapatan sebesar Rp2,54 triliun atau tumbuh 38,53% (yoy). 

“Lalu pada tahun ini, kami menargetkan bisa mencapai pendapatan usaha sebesar Rp3 triliun lebih. Sampai saat ini sudah terealisasi sekitar Rp2 triliunan. Memang kadang-kadang progres itu di akhir tahun karena menunggu delivery kapalnya,” jelasnya dalam FGD Transformasi Industri Maritim 4.0 di Surabaya, Senin (13/11/2023). 

Dia menjelaskan, pada tahun ini PAL sedang menggarap sebanyak 6 orderan kapal di antaranya 2 unit kapal Landing Platform Dock (LPD) pesanan Filipina, lalu 2 unit kapal Fregat Merah Putih pesanan Indonesia, 1 unit kapal UAE Navy Platform, serta kapal listrik pesanan Indonesia Power.

Target kapasitas produksi baru 4 kapal per tahun
“Kapasitas produksi kami saat ini baru 2 unit kapal per tahun untuk setiap fasilitas dock. Diharapkan PAL bisa meningkatkan kapasitas menjadi 4 kapal pertahun Jika ada tranformasi industri maritim 4.0, lalu kami juga ingin kembangkan kapasitas di luar Surabaya sehingga ada peningkatan,” ujarnya. 

Dia menyebutkan, sejak awal PAL Indonesia memang didesain untuk menjadi produsen kapal perang atau untuk angkatan. Kemudian sejak 2022, PAL Indonesia menjadi bagian dari Defeend ID atau holding industri pertahanan Indonesia. 

“Saat ini kami sedang menerapkan tranformasi industri maritim 4.0 yang pengembangannya, manajemen, design enginering, supply chain itu menjadi terintegrasi menggunakan sistem digitalisasi. Kita perlu belajar dari sejarah industri maritim di dunia, seperti Jepang yang mampu menguasai industri pertahanan di era tahun 90-an, lalu Korea Selatan pada 2015-an,” jelasnya. 

Satriyo menambahkan, industri pertahanan maritim ini merupakan industri dengan investasi tinggi sehingga berdampak pada multiplier effect bagi industri lain. Untuk itu industri ini diharapkan bisa berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia hingga 2045. 

“Sumbangsih sektor industri maritim terhadap perekonomian Indonesia pada 2015 masih sekitar 6,4%. Diharapkan meningkat menjadi 9% di 2030, dan menjadi 12,5% di 2045 saat memasuki Indonesia Emas 2045,” imbuhnya. 

Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengatakan Jatim memang tidak memiliki banyak sumber daya alam (SDA) yang bisa dijual seperti tambang, tetapi Jatim memiliki kekuatan pada human capital yang bisa mendongkrak kinerja ekonomi. 

“Makanya PT PAL Indonesia ini kita dorong investasinya sehingga ketika di situ ada PT PAL, maka banyak galangan dan industri kecil-kecil lainnya ikut buka. Kami juga mendorong agar PAL meningkatkan TKDN nya dan membeli barang UMKM. Kita harus belanja at least 40% untuk produk dalam negeri,” ujarnya.

26 komentar:

  1. "Dia menjelaskan, pada tahun ini PAL sedang menggarap sebanyak 6 orderan kapal di antaranya 2 unit kapal Landing Platform Dock (LPD) pesanan Filipina, lalu 2 unit kapal Fregat Merah Putih pesanan Indonesia, 1 unit kapal UAE Navy Platform, serta kapal listrik pesanan Indonesia Power."
    =========
    Malon mana mampu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah itu kan sama dg BNS MALON om. Saat ini sedang menggarap 6 kapal juga setiap tahun. Sudah bertahun2 malah.
      Bedanya kapalnya itu2 saja gak selesai2
      Hahahaha

      Hapus
  2. Masih bingung dg final designnya....pernah disebut lokasi VLS digeser didepan anjungan, tapi pada gambar diatas tetap dibagian tengah kapal spt desain orisinil Iver huitfeldt class
    ▶️ Tonton reel ini
    https://www.facebook.com/reel/302684062672485?mibextid=NnVzG8

    Dan menurutku desain ori lah yg paling pas, karena pakem "Flexible design" ini adalah roh dari Iver class sampai turunannya si AH-140

    BalasHapus
  3. RSAF to expand in size from now till 2030 to 2040.

    A nugget of important information which was slid under the news on RSAF F16v+ or upgraded F16s.

    Sg is pushing back the retirement of the F16s to mid 2030s at the earliest (previously it was announced that the retirement will be around 2030).

    This would mean that RSAF will operate its F15SGs (4.5 gen but it will still undergo a mid-life upgrade), F16V+s (4.5 gen)and F35s (5 gen - more f35s will be acquired) at the same time.

    This set up is not new. RSAF was previously operating some 49 F5 S/Ts (upgraded to shoot pythons and derby missiles), 70+ F16s and 60 Super Skyhawks (upgraded).

    RSAF then started retiring some of the older aircraft from 2000 onwards and some have yet to be replaced ostensibly because of reduced tensions and threat environment. There was no need then.

    But look at the world now.

    It makes sense for RSAF to continue to use the F16V+ in tandem with the newer F35s and F15sgs.

    Numbers also matter.

    Post F16v+ retirement, RSAF can decide to buy even more F35s or a few batches of the Tempest or NGAD to replace the F16V+ (which will also replace the F15sgs later) and maintain that larger force of combat jets depending on the threat assessment then.

    Alternatively, RSAF can allow its combat jet force to go down in size if the threat environment improves.

    Not a bad plan.


    https://www.channelnewsasia.com/singapore/r...-attack-3796331

    BalasHapus
    Balasan
    1. KeikaFPDA bak pencenkan F-16,,, Indon malah sebaliknya ... Nak terus gunakan F-16 hingga 2080 ...Hehehe

      Hapus
    2. Pendapat usaha hanya Rp 4 triilon atau USD 225 million di tahun 2024...

      Liliput bangat ... Mana cukup bayar utang tertunggak ke supplier lokal dan antar bangsa serta penalti-penalti akibat kontrak yang terlambat atau dibawah standar yang kunun sudah mencapai di atas USD1, 0 billon ..... Hehehehe

      Hapus
    3. Malah lebih hebat malon guys, MKM, horny, mig29 semua dah di pencenkan, dan hanya hawk yang akan terus berkhitmat sampai akhir hayat 😂😂😂

      Beda jauh dengan indonesia yang terus bertransformasi menjadi kekuatan udara yang di segani, yang mana sebentar lagi, rafale, f15 IDN, dan BORAMAE berdatangan secara bertahap 😂😂👍👍👍 sangat menggerunkan guys 🤣🤣🔥🔥🔥

      Hapus
    4. REALITA NEGERI +60 =
      MIG29 = Malaysia recently retired the MiG-29 Fulcrum due to its inability to maintain them.
      MB339CM = the Aermacchi MB-339CM trainer jets that are currently grounded. The Royal Malaysian Air Force (RMAF) has grounded its Aermacchi MB339CM training aircraft pending investigations into the air crash involving the make on May 17
      SCORPION = Scorpions to be retired. The Army has recommended that it’s fleet of Scorpion light tanks be retired due to the high cost of maintenance and obsolescence issues.
      CONDOR = Condor armoured 4X4 and Sibmas armoured recovery vehicle as retired from service as off January 1, 2023.
      SIBMAS = Condor armoured 4X4 and Sibmas armoured recovery vehicle as retired from service as off January 1, 2023.
      V150 = . It was used by the Malaysian Army in Second Malayan Emergency (now retired)
      NURI = 12 Royal Malaysian Air Force (RMAF) Nuri helicopters have been grounded said RMAF chief General Datuk Seri Ackbal Abdul Samad.
      LYNX = The other two are being kept in long term storage due to lack of maintenance funds. Dari segi perolehan kata Panglima TLDM, terdapat kemungkinan angkatan itu mendapatkan helikopter itu menerusi kaedah sewa apabila perkhidmatan helikopter Super Lynx Mk300 yang kini menjangkau usia 20 tahun dihentikan secara berperingkat.
      OPV = He said the finance ministry (MoF) had taken over the OPV project from Tabung Haji (TH) subsidiary, Destini Sdn Bhd, after it was found to be facing major problems.
      LCS = Kementerian Kewangan (MOF) telah menubuhkan syarikat bertujuan khas (SPV) bagi mengambil alih syarikat yang bertanggungjawab terhadap projek pembinaan kapal tempur pesisir (LCS) iaitu Boustead Naval Shipyard Sdn Bhd (BNS) sebagai anak syarikat kepada MOF

      Hapus
    5. Orang gila ini dapat data dari mana kita pakai F-16 sampai 2080? Rafale datang F-16 dikurangi, Hawk pesiun. mirage datang, F-16 di kurangi. F-15 datang, F-16 run down. Sementara Malaysia masih akan pakai Hawk sampai 2045....masa Indonesia Emas tuh.

      Hapus
    6. Betul FPDA akan kurangi F-16. Tapi Malaysia akan tetap pertahankan Hawk ditambah pesawat tempur comel FA-50. Padahal FA-50 secara performance masih kalah jauh dengan F-16 paling "rongsok" sedunia. Tidak ush bicara Su-30MKM karena itu cuma berhala saja. Tidak bisa beri manfaat apapun.

      Hapus
    7. Su-30MKM nasibnya akan sama dengan MiG-29 due to financial constraints. Sementara Su-27/30 RI sudah dan tengah mengalami Overhoul dan upgrade. Kemungkinan besar RI akan melepas KF-21 karena tidak menjanjikan kemajuan apa2. Lebih baik uangnya untuk mengembngan anti stealth. Aamiin

      Hapus
  4. REALITA NEGERI +60 =
    MIG29 = Malaysia recently retired the MiG-29 Fulcrum due to its inability to maintain them.
    MB339CM = the Aermacchi MB-339CM trainer jets that are currently grounded. The Royal Malaysian Air Force (RMAF) has grounded its Aermacchi MB339CM training aircraft pending investigations into the air crash involving the make on May 17
    SCORPION = Scorpions to be retired. The Army has recommended that it’s fleet of Scorpion light tanks be retired due to the high cost of maintenance and obsolescence issues.
    CONDOR = Condor armoured 4X4 and Sibmas armoured recovery vehicle as retired from service as off January 1, 2023.
    SIBMAS = Condor armoured 4X4 and Sibmas armoured recovery vehicle as retired from service as off January 1, 2023.
    V150 = . It was used by the Malaysian Army in Second Malayan Emergency (now retired)
    NURI = 12 Royal Malaysian Air Force (RMAF) Nuri helicopters have been grounded said RMAF chief General Datuk Seri Ackbal Abdul Samad.
    LYNX = The other two are being kept in long term storage due to lack of maintenance funds. Dari segi perolehan kata Panglima TLDM, terdapat kemungkinan angkatan itu mendapatkan helikopter itu menerusi kaedah sewa apabila perkhidmatan helikopter Super Lynx Mk300 yang kini menjangkau usia 20 tahun dihentikan secara berperingkat.
    OPV = He said the finance ministry (MoF) had taken over the OPV project from Tabung Haji (TH) subsidiary, Destini Sdn Bhd, after it was found to be facing major problems.
    LCS = Kementerian Kewangan (MOF) telah menubuhkan syarikat bertujuan khas (SPV) bagi mengambil alih syarikat yang bertanggungjawab terhadap projek pembinaan kapal tempur pesisir (LCS) iaitu Boustead Naval Shipyard Sdn Bhd (BNS) sebagai anak syarikat kepada MOF

    BalasHapus
  5. Pelan pelan admin... nanti si BERUK MALON makin KERASUKAN...HAHAHAHAHAHAH


    6 kapal dalam progres di PT PAL... bukan macam si miskin 6 kapal jadi 5 yang satu kemana ??... Di ALAM GHOIB yah..???...wkwkwkwk

    BalasHapus
  6. BNS MALON luar biasa ... kapal pesan 6 malah jadi 5 .... 5 kapal pun tak tau selesai kapan..??...

    5 kapal tuh tunggu hari KIAMAT ya.... wkwkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  7. SEMOGA CEPAT BISA NAIK JADI 6 KAPAL PERTAHUN UNTUK PERCEPAT LAGI SISTEM PEREMAJAAN KAPAL PERANG NKRI & BISA LAUNCH SEGERA DESIGN BARU MODERN SEPERTI CLASS² SIGMA ASLI PAL UNTUK KAPAL PERMUKAAN DIATAS 135 M & KAPAL LHP DESIGN ASLI PAL NYA SEGERA BISA FIRST CUTTING UNTUK TAMBAH KEKUATAN NKRI DALAM OPERASI TEMPUR & NON TEMPUR TNI AL.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KENAPA LU OTAK IDIOT MUSUH NKRI LOE YA BANGSAT LOE SUDAH IDIOT NYERANG NEGARA GUA LAGI , INGAT DENGAN PRODUK PT PAL ANGKATAN LAUT NEGARA GUA TNI AL TEMPATI NO.4 TERKUAT ALUTSISTANYA DI DUNIA.
      INGAT ITU MONYET IDIOT !

      Hapus
    2. Iya yaah..
      Ternyata komennya emang pakai otak yang itu..😂😂😂

      Hapus
  8. Kesian.... 🤣🤣🤣🤣🤣

    PINOY pilih pun kerena kapal paling murah sekawasan... 😂😂😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. BEDA KASTA = Dia menjelaskan, pada tahun ini PAL sedang menggarap sebanyak 6 orderan kapal di antaranya 2 unit kapal Landing Platform Dock (LPD) pesanan Filipina, lalu 2 unit kapal Fregat Merah Putih pesanan Indonesia, 1 unit kapal UAE Navy Platform, serta kapal listrik pesanan Indonesia Power.
      ----
      1. KD Sri Sabah Launched 1963 Active. Transferred to Malaysian Maritime Enforcement Agency on 27 June 2006 and renamed as KM Labas (3137). Transferred back to Royal Malaysian Navy and recommissioned in 2023.
      2. KD Sri Serawak Launched 1963 Active. Transferred to Malaysian Maritime Enforcement Agency on 27 June 2006 and renamed as KM Sipadan (3131). Transferred back to Royal Malaysian Navy and recommissioned in 2023.
      🤣RMN > MMEA > RMN = 1963🤣

      Hapus
  9. NETIZEN INDONESIA TERTAWA LEPAS......
    HAHAHAHAHAHAHAHAAAAAA....
    WKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWK.....

    malon bousted naval shipyard TIDAK BISA BAYAR MESIN KAPAL kepada MTU JERMAN.....

    HAHAHAHAHAHAAAA....malon MISKIN

    MTU Services filed the petition on July 3.

    "MTU [Services has] alleged that Boustead Naval Shipyard is indebted to them for a total sum of RM56.04 million for the equipment supplied and services it provided to the company," Boustead said in an announcement to Bursa in July.

    https://theedgemalaysia.com/article/boustead-naval-shipyard-gets-restraining-order-against-creditor

    BalasHapus
  10. ada 9 POIN KESALAHAN FATAL HASIL KOLABORASI ELIT REZIM MALON dengan menjadikan kendaraan KORUPSI YAITU BNS malon untuk Project LCS Gowind Class 3.100 ton .....

    salah satu diantaranya adalah Poin no. 7 yaitu:

    7. There’s still no final detailed design!

    BNS still owes Naval Group RM198 million. Without the payment, the design cannot be finalised as Naval is responsible for designing the ships. Without a final detailed design, more delays will happen as variation orders (VO) have to be constantly issued to contractors to tell them, “hey, there’s a change in plans! ;)”

    To date, 3 VOs have been issued. One of which includes the Integrated Platform Management System or IPMS, which MINDEF approved without consulting RMN.

    POIN POIN LAINNYA SILAHKAN LIHAT DI LINK INI:
    https://www.bfm.my/article/the-lcs-project-how-it-went-wrong-explained


    NETIZEN INDONESIA TERTAWA LEPAS ATAS KESERAKAHAN DAN KERAKUSAN REZIM MALON....KEBUSUKAN....KEBOHONGAN...KEBURUKAN PROJECT LCS malon......... dengan membaca perkembangan LCS malon yang MANGKRAK 12 TAHUN TANPA ADA PROGRESS SAMPAI SAAT INI.

    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAAAAA......

    WKWKWKWKWKWKWKWKWWKWKWKKWK.....

    BalasHapus
  11. Buat PT.PAL semoga makin jàya dan membawa kemajuan bagi industri perkapalan Indonesia pada umumnya,,bergerak itu harus karena kita bukan adonan donat yg kalau diam bisa mekar sendiri😎

    BalasHapus
  12. BEDA KASTA = Dia menjelaskan, pada tahun ini PAL sedang menggarap sebanyak 6 orderan kapal di antaranya 2 unit kapal Landing Platform Dock (LPD) pesanan Filipina, lalu 2 unit kapal Fregat Merah Putih pesanan Indonesia, 1 unit kapal UAE Navy Platform, serta kapal listrik pesanan Indonesia Power.
    ----
    1. KD Sri Sabah Launched 1963 Active. Transferred to Malaysian Maritime Enforcement Agency on 27 June 2006 and renamed as KM Labas (3137). Transferred back to Royal Malaysian Navy and recommissioned in 2023.
    2. KD Sri Serawak Launched 1963 Active. Transferred to Malaysian Maritime Enforcement Agency on 27 June 2006 and renamed as KM Sipadan (3131). Transferred back to Royal Malaysian Navy and recommissioned in 2023.
    🤣RMN > MMEA > RMN = 1963🤣

    BalasHapus